Tuesday, March 2, 2010

Inbox: Chemtrail dan UFO di atas langit Borobudur?

Email di bawah ini berasal dari "Sanserita" yang menceritakan mengenai dua foto yang sepertinya menunjukkan chemtrail dan dua objek hitam yang misterius di langit. Kedua foto itu diambil pada waktu dan lokasi yang sama, yaitu Candi Borobudur.


Salam kenal buat kakak enigma..


Kak, perkenalkan dulu nih, nama saya Sanserita, saya seneng banget baca blog kakak, keren banget pokoknya.

Gini nih kak, sekitar setahun yang lalu saya sama temen-temen wisata ke borobudur, tepatnya tanggal 14 februari 2009. Kira-kira pukul setengah 5 sore sewaktu mau pulang, temen saya ada yang nyeletuk, dia liat awan yang unik (awan keren). Lalu iseng saya foto.


Memang agak aneh awannya, bentuknya memanjang sebanyak kurang lebih ada 7 dengan posisi yang sejajar. Saya berpikir itu adalah gas buang dari pesawat, tapi setahu saya, selama kurang lebih 1,5 jam saya berada di lingkungan candi borobudur, saya tidak menjumpai adanya pesawat ataupun parade pesawat (tempur) seperti yang biasa saya lihat di TV yang melakukan manuver atau akrobat di angkasa. Lalu saya ketemu sama blog anda, dan saya membaca habis semua artikel anda, termasuk tentang Chemtrail.


Nah, pertanyaan saya, apakah awan yang ada di foto saya itu termasuk chemtrail ? trus klo nggak, kira-kira apa ya ? Masalahnya unik banget tu awannya...

Terus mengenai foto saya yang kedua, saya iseng membuka album foto saya, dan masih di borobudur, saya menemukan ada 2 titik hitam di angkasa pada gambar tersebut, karena saya tersugesti sehabis membaca artikel anda, termasuk tentang UFO, jadi saya mengkaitkan dengan itu, tapi setelah saya perbesar, masih tidak jelas.


Kakak enigma, itu yang dibelakang bener UFO nggak yah?? (hehehe, pertanyaan bodoh, tapi saya penasaran)

Thankz so much brother Enigma apabila kakak mau bales email saya. Apapun hasilnya itu (menurut kakak), mau itu dugaan saya bener atau salah besar sekalipun, saya seneng banget. Yang penting saya puas aja dan nggak penasaran lagi..

Thanks ya kak sebelumnya...
Salam,

Sanserita


Notes :
Soal foto pertama, saya tidak bisa menentukan apakah itu chemtrail atau bukan. Kemungkinan besar memang tercipta karena angin karena awan tersebut terlihat merupakan bagian dari awan yang lebih besar. Walaupun bukan Chemtrail, pemandangan itu tetap luar biasa bukan ? Bayangkan, 7 awan berbentuk garis sejajar dan paralel, kapan kalian terakhir melihatnya ?

Soal foto kedua, mungkin kalian tidak terlalu jelas melihatnya karena memang hanya dengan ukuran foto yang besar, titik itu bisa terlihat. Tapi, demi mencegah beratnya load postingan ini, saya telah memperkecil ukuran foto itu. Namun, saya meng-crop dua titik itu dan menampilkannya di bawah.

Pertama kali saya melihat objek seperti itu adalah dari blog mbah ware mengenai ufo di kota Lawang. Di foto yang didapat mbah ware, juga terdapat dua titik hitam seperti di atas. Setelah mengetahuinya dari Mbah Ware, saya juga sempat melihat beberapa foto UFO di website luar negeri yang menunjukkan objek serupa. Nah, sekarang pertanyaannya, apakah objek yang ada di foto Mbah Ware sama dengan objek yang ada di foto Sanserita ?


Ini objek hitam yang ada di atas foto


Ini objek hitam yang ada di bawah foto

Saya tidak percaya kalau kedua objek tersebut adalah tetesan air, burung, daun yang sedang terbang atau kotoran di lensa kamera. Apakah serangga yang sedang terbang ?

Apapun itu, yang pasti kita bisa menyebutnya sebagai UFO, benda terbang tidak dikenal, bukan ?

What do you think ?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Chemtrail, Baca juga : Chemtrail Conspiracy - Jejak-jejak asap apakah yang terlihat di langit ?


Komentar Pilihan

inoshi said...

Wah...awannya menarik, tapi saya tidak tahu itu apa...tapi memang asyik untuk foto, saya dulu lahir dan besar di magelang, tentunya akrab dengan lingkungan di sekitarnya....Dulu, untuk merayakan hari-hari besar, banyak para penduduk yang secara turun-temurun membuat balon terbang yang terbuat dari kantong plastik hitam besar yang dibawahnya diberi sesuatu yang dibakar. asap dari hasil pembakaran inilah yang menyebabkan kantong itu terbang. Biasanya balon ini diberi petasan yang dirangkai banyak sekali, sehingga ketika terbang, petasan tersebut meledak di udara, keren sekali....


Dari obyek yang terfoto, balon itu menjadi sesuatu yang menurut saya paling memungkinkan Obyek yang pertama adalah balon yang masih mampu terbang dengan baik, dan yang kedua adalah balon yang bahan bakarnya sudah habis dan mulai jatuh

March 2, 2010 9:32 PM


Grimjow sama said...


Bro enigma..
ne cm mo nanggepin teori nya inoshi...

Emang bener klo dulu byk masyarakat sini(ak asli anak borobudur)byk yg bikin balon kek gitu, tapi klo dari pertanyaan nya mbk sanserita yg tgl 14 februari 2009, g mungkin masih ada balon dari plastik kresek...di sini masyarakat sudah tidak lagi membuat balon semacam itu.ini disebabkan pernah terjadinya kebakaran rumah yg diakibatkan oleh balon plastik kresek yg jatoh di atap rmh penduduk.terakhir kali saya melihat(secara saya tiap hari di borobudur), serta pernah membuat balon semacam ini saat saya sd klas 4-5.itu pada taon 95!!dan pada 14 feb 2009 bahkan tidak ada perayaan yg memungkinkan untuk membuat balon ataupun diikat petasan.(petasan sudah sangat jarang ditemukan disini,cm ada petasan kecil2), bahkan dulu yg diikat petasan seukuran jempol kaki...

Oh iya, msh nanggepin bro inoshi yg ttg ponpes, klo dilihat dr foto sista sanserita, km di selatan candi ya??g ada ponpes di selatan candi!!!tu cuma pendapat aku lho bro inoshi, bukan maksud hati menjelek2an teori nya si bro...Jadi intinya, g mungkin kalo itu balon udara(balon plastik kresek)...mungkin itu memang bener2 UFO......


March 6, 2010 12:46 PM

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

110 comments:

  1. Wow luar biasa ,kok bisa y? keduax

    ReplyDelete
  2. artikel yang bagus

    ReplyDelete
  3. Wow Blog paling keren, kok bisa kebetulan gitu y fotonya

    ReplyDelete
  4. q prng bc brta d intrnet,lpa dmana stusnya,tp dstu djlaskan klo g slh d daerh austrlia tjdi fnomena awn yg sjajar sprti i2.dstus i2 jg tlah djlaskn bhwa i2 hny fnomena alam,nature are amazing right?mgkn brther inoshi n myheart pnya pnjlsany.q bkn analist sh,just mistery seeker.mas enigma prnah dnger maine cryptid g?bhs y mas

    ReplyDelete
  5. Hah...akhirnya udah nga bahas CRYPTO lagi..! soalnya bosan dari kemrin bahasnya CRYPTOLOGI melulu. Tapi apapun itu, saya yakin itu bukan benda terbang biasa. menurut saya kalo di sangkut pautkan dengan fenomenah UFO agaknya kurang begitu Pasti.

    kalo untuk gambar pertama MENURUT SAYA mungkin saja itu bagian dari awan besar yang menguap karena tertiup angin. coba di lihat lagi 7 awan itu menyatu dengan awan besar yang lain.

    Untuk gambar yang kedua JUGA MENURUT SAYA gambarnya agak kurang jelas. sdh saya coba untuk zooming tapi tetap saja tdk jelas. jadi mungkin saja itu benda2 terbang lain seperti BALON gas mainan. soalnya di sekitar borobudur kan benyak tu penjual balon gas mainan (kalo nga salah).

    Tapi oke juga tuh..bisa di bilang Misteri.


    PEACE!!!!! :D

    ReplyDelete
  6. waduh ga tau mau ngomong apa klo soal chemtrail. Foto ufo pertama diatasnya sepertinya ada pantulan cahaya dan keliatan mengkilat jadi belum tentu serangga. Tapi ga tau juga sih. Foto dua ndak tau mau ngomong apa.

    Ini foto susah juga ya? Mungkin emang ufo, atau.....?

    ReplyDelete
  7. aku malah suka awan yang disamping ketujuh awan berjajar itu...kya burung berleher panjang lagi terbang ya ^_^

    >Achel<

    ReplyDelete
  8. wah , kebetuln yg seperti itu saya pernah liat ... tapi kalau mau sengaja di foto pasti keburu hilang ... memang kebetulan itu tidak ada , hanya rencana yg di Atas :)

    ReplyDelete
  9. Awnnya mmg amazing,tp bkn kah bntk awn yg aneh,g biasa,atau luar biasa i2 mnimbulkan suatu prsepsi bntk yg qta knal,sprti yg mas enigma blng dpstingan sblmnya,aduh..ap nmany..,sy lupa..walau sgla kmngkinan bsa sja trjdi,trllu cpat mnympulkn kalau i2 adlh chemtrail,kdang misteri-msteri yg ad di dunia adlah kreatifitas dr alm i2 sndri.just my opinion

    ReplyDelete
  10. Namanya Pareidolia. Tapi saya rasa ini tidak pas untuk disebut sebagai pareidolia karena semua orang melihat hal yang sama. Tapi kalau disebut sebagai kreatifitas alam, saya setuju.

    ReplyDelete
  11. kesebelaxxx. . . .

    good job dude, many mystery about borobudur... and I can't believe people can build it... I just say WONDERFULL...

    ReplyDelete
  12. yippiie !!
    akhirnya posting tentang UFO ..
    hehe

    ReplyDelete
  13. yippiie !!
    akhirnya posting tentang UFO ..
    hehe

    ReplyDelete
  14. Love the clouds! Gara2 tiap hari bc blog ini jd sering2 liat keatas, mandangin langit, siapa tau bs 'nemu' sesuatu ^_^

    ReplyDelete
  15. 7 garis paralel, abis itu ada pelangi g? kalo ada brarti ada bidadari turun...heheheee...
    bro En, ane pernah baca kalo awan, dgn bntuk tertentu bisa mjd pertanda sesuatu ; misal gempa Jogja-Klaten, ane dgr ada testi orang yang liat awan brbntuk lurus, kaya paku dan mengarah ke daerah Jogja-Klaten (maap, g tau namanya awan apa...\m/) apa mungkin foto awan diatas bisa jd pertanda? coba kalo sanserita mash inget dan bisa kasih tau, buntut awannya kearah mana...
    bisa g yah (malah g yakin sndiri...heheheee....)
    btw, soal foto...Ur d expert...ane no komen ah...

    ReplyDelete
  16. Akhirnya sy mnemukan brtanya,dstus forums.unpad.ac.id djlaskan ada awan dg bntk sngat pnjang hngga 900 km mnck d australia(sy ralat,he.he)brgrak dg kcpatan 56 kpj.awn i2 dknal dg nma morning glory dan sllu mncul d tiap msim gugur.cb googling dg kt knci awan aneh di australia.BUT,this is indonesia right?mana ad msim gugur?yg ad msim bnjir mlulu,he..he like i said alam memang kreatif..

    ReplyDelete
  17. @aw3ng: maksudnya awan vertikal. Saya pernah memposting soal itu, sdh lama. Para ahli blg itu awan biasa kok.

    ReplyDelete
  18. OK nih... ceritanya menarik... masih menyimpan misteri... hehehehe

    ReplyDelete
  19. wah...awannya menarik, tapi saya tidak tahu itu apa...tapi memang asyik

    untuk foto, saya dulu lahir dan besar di magelang, tentunya akrab dengan lingkungan di sekitarnya....

    dulu, untuk merayakan hari-hari besar, banyak para penduduk yang secara turun-temurun membuat balon terbang yang terbuat dari kantong plastik hitam besar yang dibawahnya diberi sesuatu yang dibakar. asap dari hasil pembakaran inilah yang menyebabkan kantong itu terbang. Biasanya balon ini diberi petasan yang dirangkai banyak sekali, sehingga ketika terbang, petasan tersebut meledak di udara, keren sekali....

    dari obyek yang terfoto, balon itu menjadi sesuatu yang menurut saya paling memungkinkan

    obyek yang pertama adalah balon yang masih mampu terbang dengan baik, dan yang kedua adalah balon yang bahan bakarnya sudah habis dan mulai jatuh

    ReplyDelete
  20. Hohoho.....
    Nice post brother enigma....
    ^^

    ReplyDelete
  21. nice pic...btw, bung enigma sy minta dong dibahas beberapa artikel mengenai urban legend seperti mothman dan mengenai kastil london. thx

    ReplyDelete
  22. mnurut sy itu jejak buangan pesawat..dl sy pernah tinggal dpekalongan.dsana srg skali trjadi pnampakan awan panjang.prtama melihatnya sy takjub,smpe2 dmarahi org gr2 brhenti trlalu lm dlampu merah.trs dketawain org2 "blm prnah lihat pesawat y?"..besok2nya sy perhatikan lg emang jejak itu adlah hasil dr pesawat.sy melihat sndiri wktu awan itu trbentuk.wktu kjadian pesawatnya trbang sngat tggi,hingga g trdengar suara,bahkan ujud pesawat sngat kecil..

    ReplyDelete
  23. @alvi: mothman sdh pernah saya posting. Coba ketik kata mothman di kotak search di kanan atas.

    ReplyDelete
  24. :@inoshi: menarik sekali. Objek di atas mmg terlihat spt kempes dan yg dibwh terlihat spt meluncur ke atas. Tp apakah bs setinggi itu? Kalo bs, maka jawaban kamu memang msk akal.

    ReplyDelete
  25. bro enigma : ketinggian di foto tersebut, adalah karena perspektif kamera. sebenarnya bukan tinggi karena masih dibawah awan, tapi jauh...

    btw, saya suka lihat langit dan saya sering melihat anak menerbangkan balon mainannya hingga balon itu terbang tinggi, bahkan sampai tidak terlihat balonnya(bener2 kurang kerjaan gw...)
    meski hal itu harus didukung dengan angin yang tenang, kalao anginnya keneceng pasti keseret angin...
    apalagi kalo balon besar...dia bisa lebih tinggi. Saya sering melihat balon itu terbang disekitar kaki gunung sumbing. kalau malam, hanya terlihat suara dan kerlip petasan yang meledak di udara

    ReplyDelete
  26. Menarik. Benar2 menarik. Jika ada yg bisa mengkonfirmasi ini, maka saya rasa kamu mungkin sdh memecahkan kasus ini.

    ReplyDelete
  27. pesawat pengintai kali
    dulu saya pernah melihat ke langit
    ada objek bewarna putih-hitam seperti kapsul dan karena jauh, jadi terlihat sangat kecil
    karena kamera HP sya jelek dan sya ga pny cam-D
    maka saya tidak bisa menabadikannya

    ReplyDelete
  28. wow....!! finally i'm not the only one...!!
    UFO...wakakaka...benda ini memang sering nongol dimanapun dan kapanpun...
    btw buat inoshi..mungkin juga itu perspektif kamera tapi bagi saya yang mendapatkan gambar UFO di atas gunung( pada postingan saya yang lalu ) mungkin akan sedikit sulit menerima pandangan anda karena benda itu berada tinggi diatas gunung yang mencapai 3000 meter diatas permukaan air laut..(sorry no offense..just more curious) btw keep your mind open inoshi...
    wakakaka

    ReplyDelete
  29. Memang, objek itu juga terbang tinggi. Jadi kita juga harus memikirkan kemungkinan lain. Teori Inoshi memang masih harus dikonfirmasi. Semakin banyak teori, semakin kita dekat kepada kebenaran, i hope. hehe.

    ReplyDelete
  30. Bang enigma. Saya px fto n vdeo yg menurut sya adlh trjadix chemtrail. Bsk mdh2n sya bisa kirim. Skalian gambaran saya.
    Ufo believer

    ReplyDelete
  31. udh itu UFO elah ribet amat kwkwkwkww

    ReplyDelete
  32. awan brbntk pararel' unik ci! tp dgn 2 uf0 it? br0 klo mnrt saya uf0 it mungkin tdk brukuran b3sar'

    ReplyDelete
  33. awan brbntk pararel' unik ci! tp dgn 2 uf0 it?
    kt tdk dpt menganalisa..
    krn ukuran ny terlalu kecil..ehe tp menarik br0

    ReplyDelete
  34. Keren analisisnya, bahas tentang Manusia burung hantu dari Mawnan donk!

    ReplyDelete
  35. Bang enigma.. request

    "Awan Hitam Garis Kuning Menyala di Tangerang"

    ReplyDelete
  36. Tambah lagi.. request tentang Hujan binatang-binatang kecil semacem ikan, kodok, ular. yang terjadi di California, England, India
    thx Bang enigma

    ReplyDelete
  37. knp sih, selalu aja gmbrnya samar, kan bikin penasaran...

    ReplyDelete
  38. mau nanya bang,ufo di turkey beneran ga sih,
    tolong di bahas, ini link youtubenya

    http://www.youtube.com/watch?v=7QprbbKk8tM

    ReplyDelete
  39. @ anonymous: saya rasa itu bukan jejak pesawat, karena pertama, saya selama kurang lebig 1,5 jam di Candi tidak ada satu (apalagi tujuh) pesawatpun yang melintas, kedua, misal itu memang jejak pesawat mengapa jejaknya cuma sampai di situ saja (tidak berlanjut sampai seterusnya), jadi mungkin itu klo memang bukan chremtail ya murni lukisan alam ^^

    @ inoshi: memang di sekitar lokasi wisata candi banyak yang berjualan balon gas, tapi itu berwarna-warni. soal balon gas yang dari kantong plastik hitam yang digunakan (para penduduk sekitar borobudur, Magelang) saat perayaan hari besar saya tidak tau. memang jika benar, ada kemungkinan hal itulah yang ikut terpotret disana.
    tapi, menurut saya, jika kantong plastik tersebut digunakan untuk perayaan/peringatan, pasti tidak hanya beberapa melainkan banyak kantong plastik dan itu pasti sudah terpotret juga di gambar2 yang lain atau ada orang (banyak orang) yang menyadari ada kantong plastik berterbangan, kecuali klo kantong gas tersebut sudah berterbangan kesana-kemari tentunya.

    yah, apapun itu, yang jelas sangat membuat saya penasaran,, hehehe ^^

    trimakasuh ya kak Enigma dah memposting, jadi semakin kliatan menarik setelah ada komen2 dari Enigmers (penggemar Enigma, heheeh)

    salam saya,
    Sanserita

    ReplyDelete
  40. mungkin itu burung pipit yang sedang menyamar.. sekarang ini semua hewan sedang dilatih sebagai hewan intelejen dari negara-negara maju.. kamu harus waspada Sanserita.. hati-hati, mungkin burung tersebut sekarang sedang menyamar sebagai nyamuk di sekitar kamu..

    ReplyDelete
  41. salah tulis, maksud saya:
    trimakasih buat Enigma yang dah memposting,,

    piss....

    salam saya,
    Sanserita

    ReplyDelete
  42. ehm.. biarlah misteri itu terus menjadi misteri, ada baiknya kita sedikit refresh dengan objek poto yg kedua, yaitu si sanserita nya, manis jg..
    salam deh buat sanserita..

    fikar_daron

    ReplyDelete
  43. mau nanya, awan yg gbr 1 itu...tanda2 awan mau gempa itu bukan?

    thx

    ReplyDelete
  44. Bukan zack. Awan pertanda gempa itu menurut bbrp ahli cuma mitos.

    ReplyDelete
  45. woow foto awannya keren bgt.. beruntung bgt sanserita bisa dapet objek sebagus itu. klu foto benda berwarna hitam, msh mistery ya.. tp pendapat inoshi mgkn ada benarnya jg

    ReplyDelete
  46. Gan, tolong bahas tentang URANTIA BOOK dong ! buku wahyu yang hebat ( katanya ).

    ReplyDelete
  47. Myheart2105 berkata....

    Hwahwey,,,,dah da postingan br lg setelah ningen :)
    Q jg mo komen!

    Kalau dibilang 2 titik hitam d langit tu UFO, Benar. Memang itu UFO kok: Unidentified Flying Object ^.^

    Kalau ditanya itu apa? Bs aja kan tu balon kyk tman2 smua dah bilang.

    Trus tentang awan. Q bc di wikipedia, chemtrail tu ada hubunganx ma konspirasi. Kayak projek pengendalian cuaca gt, atw apalah...
    Q punya 3 kmungkinan bwt awan unik itu:

    1. Contrail?
    Contrail adlah jejak awan/asap yg memnjang d langit krna semburan panas pesawat jet. So, tu adalah gumpalan uap air yg trbntuk krn pesawat jet.
    Dan kata si pngirim, dia gak ada melihat jet pd waktu itu. Q percaya, gak mgkn dia salah, sebab suara jet kan menggelegarrr??
    So, contrail perlu dicoret (cieeh, pake istilahx inoshi nih, byar dblg qeren ^.^v)

    2. Chemtrail?
    Kayakx bukan dech,, di Indonesia mana ada yg wah-wah kyk gt? Efek Sistem pengendali cuaca? Di Indonesia??
    Ahahaha...bangun,,bangun hari sdh pagi ^^v!

    3. Karya alam yg unik?
    Hmm..kayakx cuma pilihan ini yg tersisa. And why not?? Gak da yg gak mgkn di alam ^o^

    Yg jd misteri tinggal 'ufo'...
    Kalau alien jalan2 ke borobudur kira2 mo ngapain ya? Jngan2 mreka pnasaran lg dgn salah 1 keajaiban dunia yg namax borobudur ...hehehe... :)

    ReplyDelete
  48. tentang balon plastik udara:

    jangan bayangkan balon plastik ini sebesar balon mainan, untuk lebih detail mengenai cara pembuatan dan dimensi balon ini, saya menyertakan link-link di bawah ini:
    1. http://nursapto.com/perjalananku/balon-udara-di-hari-lebaran.html
    2.http://www.suaramerdeka.com/cybernews/harian/0611/01/dar8.htm

    dan ini artikel mengenai balon sebagai salah satu tradisi pada suatu perayaan keagamaan khususnya di magelang

    - http://mashanafi.wordpress.com/2009/09/
    pada judul "Tradisi Seputar Ramadhan" di bagian selikuran. atau kalau tidak mau ribet mencari, untuk browser mozilla tekan F3 (akan tampil taskbar Find: ketik balon.

    dan bagi pertanyaan mengenai seberapa tinggi balon ini bisa terbang, maka bacalah :

    http://nasional.kompas.com/read/2009/09/27/15585810/Balon.Udara.Diduga.Penyebab.Kebakaran.Lereng.Lawu

    bro...lihatlah foto gunung lawu yang terbakar, dibagian mana saja yang terbakar. dan berapa tinggi gunung lawu? 3.265 meter dpl....

    meski saya yakin yang buat balon itu penduduk sekitar lereng gunung lawu yang notabene memang sudah terletak di daerah yang cukup tinggi.

    jangan mengira pembuatan balon ini secara massal karena agak sulit membuat balon ini dan dibuat secara manual, jadi tidak akan pernah terlihat balon plastik ini mengudara secara bergerombol.

    pertanyaan terakhir kepada bro sanserita, kapan foto itu diambil?

    ReplyDelete
  49. hmm..pantesan jogja makin hari makin panas aja huhh....jangan jangan awan itu konspirasi angkatan militer amerika yang mencoba mengendalikan populasi di indonesia,,, arhhh masih geraahhh >:O

    ReplyDelete
  50. waduh, kok bro sich?
    cewe' ini....

    itu foto diambil 14 februari 2009,
    kan dah ada di atas, di email yang saya tulis kepada Enigma...

    ReplyDelete
  51. Haha. Iya, bkn bro. Berarti waktunya sama ya. Saya salah posting jg berarti dgn mengatakan waktunya berbeda. Saya revisi deh. Berarti kalo 14 feb, tdk pas dgn ramadhan atau idul fitri.

    ReplyDelete
  52. menurut saya, potonya terlalu buram!!
    mungkin aja itu editan soalnya pake di blur" segala.. kalo di donlot gitu!!
    uda di cek berkali"

    ReplyDelete
  53. @anonymous: foto itu bkn editan. Saya menerima foto original dr sanserita dgn ukuran panjang lbh dr 3000 px, jadi saya kecilkan. krn titiknya kecil, ketika diperbesar menjadi blur. Jadi memang percuma berusaha melihat detail objek itu.

    ReplyDelete
  54. ternyata sis...

    oke, asumsi saya berarti salah
    meski ada kemungkinan pondok2 pesantren di sekitar magelang(yang memang terdapat banyak sekali) sedang melakukan perayaan ultah ponpes atau ada prosesi haul. tapi saya tidak punya bukti sama sekali mengenai itu dan saya tidak akan berkeras kepala.

    saya akui berarti itu benda langit tak dikenal (unidentified sky object) bukan ufo, karena dia tidak terlihat terbang...(masih berusaha keras kepala ...ck..ck)

    ReplyDelete
  55. Anyway brother inoshi, teori kamu tetap saya anggap yg plg msk akal.

    ReplyDelete
  56. salam kenal bung enigma..setiap postingan anda selalu saja menarik untuk dibaca.tolong posting juga dong tentang sungai bawah laut di meksiko cenote angelica. informasi yang saya dapet kurang memuaskan nih.

    ReplyDelete
  57. Ariel 10 said...
    Horeeeeeeee akhirnya ufo lagi.Om mau cerita tahun 2009 saya pernah lihat ufo disekolah(saya dibangunan atas sekolah jadi pandangan saya lebih dekat dengan langit),waktu itu temen- temenku
    tidak memperhatikan keluar jendela.Karena suka dengan awan saya pandang awan yang bergerak tiba-tiba terlihat objek yang lonjong berwarna putih keluar dari awan dengan cepatnya melintasi rumah - rumah yang ada dibawahnya ,kira kira 3detik dia melewati rumah-rumah menrut om bagaimana???

    ReplyDelete
  58. Hmm. Itu bisa berarti apa saja. Sayang tdk ada foto. Hehe.

    ReplyDelete
  59. Ariel 10 said...
    O.... maaf om soalnya kalo disekolahku tidak boleh bawa barang elektronik om. ^_^

    ReplyDelete
  60. kenapa sih dari dulu gambar ufo gak pernah keliatan jelas?

    ReplyDelete
  61. menurut ku sih...
    foto ufo di bawah itu kyknya mothman....?
    karna kalau di liat" mendaratnya persis seperti mothman...?

    ReplyDelete
  62. Mr.inoshi punya blog misteri juga g?

    ReplyDelete
  63. Myheart2105 berkata....

    Anonymous: ''kenapa sih dari dulu gambar
    ufo gak pernah keliatan jelas?''


    Kalo menurutq karena ia adalah UFO : Unidentified Flying Object ~ Benda Terbang Tak teridentifikasi.

    Knapa dbilang 'tak teridentifikasi'? Ya..itu, krn foto/rekamanx kabur alias ga jelas alias gambarx kabur gitu :p

    Kalau fotox jelas, maka kmgknan ia gak kan dsebut UFO tapi IFO (Identified Flying Object...hehehe b'canda ^^v)

    Tp ada jg kasus dmana fotonya jelas alias gak kabur, tp objek tsb tetap gak bs diknali. Bisa karena keanehan gerakanx atw memang blm pernah dilihat sblmx. Bisa aja khan?
    Nah, yg kayak gini nih yg biasax jd bahan spekulasi seru!

    Dan yg plg seru, apalagi kalau bukan pesawat alien atw piring terbang???
    Q rasa imajinasi liar manusia scr tdk sdr menginginkn itu adalah pesawat alien, wajar, krn q rasa manusia cenderung suka pd seswatu yg 'amazing' dan 'exotic', yah kayak alien gitulah.

    Padahal ternyata bisa aja nantinya trbukti bhwa objek itu hanya balon cuaca atau pecahan satelit, atau pesawat tanpa awak militer, de el el... Kcewa dech...

    Tapi apapun objekx, slagi dia blm dpt dikenali, maka dia akan tetap dsbut sbg UFO... :)

    Hmm,,ini cm pndptq aja lho... :)

    ReplyDelete
  64. om enima akk kurang mengerti tentang yg mn foto ufo yg hoax atw yg beneran neh...
    om enigma tw gk foto ufo yg beneran plizz.....

    ReplyDelete
  65. ...nambah lagi ah, makin seru...heheheee....
    borongan @sista sanserita,inoshi + bro En :
    bisa kira2 gak, objek itu ada di ktinggian brapa? (bro En, anda pernah "mematahkan" panjang buaya hanya dgn clue gelas). so, klo dah bisa diprediksi, kynya lbh gampang mengkrucutkan sekian banyak kemungkinan...
    btw, bro En dah prnah post Cenote Ang eli ta blm yah??? (ngarep mode on...heheheee...)
    look, its a bird ; no, its a baloon...salah smua...itu pic.pny sanserita...

    ReplyDelete
  66. buset...aq tertarik ma ceweknya bukan ufo nya hehehe

    ReplyDelete
  67. Cenote Ang belum. Mengukur ketinggian dua objek itu hampir mustahil. Kita tidak punya patokannya.Jika kita tahu ukuran objeknya, kita bisa mengukur ketinggiannya. Jika kita tahu ketinggiannya, kita bisa memperkirakan besar objeknya. Karena dua2nya kita tidak tahu, pasrah deh.

    ReplyDelete
  68. ...???...
    sejauh ane ikutin blog ini, br kali ini anda nulis pasrah...heheheee....
    klo liat foto 1, diskitar obyek ada bagian yg kabur...efek panas mesin kah? atw efek zooming foto??? yg jelas, yg saya liat, bayang nya lebih ke bagian atas dan kanannya...klo foto 2, cm atas sm bawah, lbih banyak diatas...uso deh, unidentified seen object...heheheee...

    ReplyDelete
  69. oya, saya lupa menerangkan ke kan Enigma. foto kedua(yang ada UFO nya) itu diambil lebih dahulu dari foto awan, yaitu tanggal 14 februari 2009 menurut properties foto, gambar tersebut diambil pukul 15:34:09 sedangkan foto awan saya ambil saat saya mau meniggalkan Candi (mau pulang) yaitu pukul 16:19:13.
    jadi kedua foto tersebut diambil di lokasi yang sama (Candi Borobudur), di hari yang sama (14 februari 2009), yang membedakan hanya waktunya saja..

    menurut cerita teman saya yang rumahnya di daerah Borobudur juga mengatakan bahwa di sana ada tradisi menerbangkan balon dari plastik seperti yang inoshi katakan, yang biasanya dilakukan menjelang Idul Fitri.
    namun, selain Idul Fitri, mungkin saja ada penduduk yang menerbangkannya...


    hemmmm,,, memang baru balon terbang itu ya yang teorinya masih bisa diterima..

    padahal, sebenarnya saya mengharapkan itu lebih menghebohkan dari sekedar balon, hehehe


    salam,
    Sanserita

    ReplyDelete
  70. keren" siapa tau itu memang bener2 ufo.. jarang2 ufo terlihat di indonesia.. Hahaha..

    ReplyDelete
  71. Myheart2105 berkata....

    @Sanserita: ehm, stlh q bc info tmbahan dr sis yg di atas, hmm... imajinasiq menari-nari lg..

    Awalx q kira 2 foto itu diambil dlm hari yg trpsh, tp trnyata dlm hari n lokasi yg sm...cm bda krg lbh 1 jam.

    Pendapatq sblmx atas msteri ini: foto awan unik karena peristiwa alam byasa, karya alam unik.
    Dan foto ke-2 adalah balon spt yg sdh bnyk diterangkan n dicurigai sm tman2 dsini...
    Tapi, sbnarx, teori balon msh meninggalkn celah bwt spekulasi bhwa tu adlah piring trbang alien.
    Knapa? Soalx teori tu pasti diterima jk foto ufo itu diambil pas waktu lebaran. Dan trnyata mmg tdk, yaitu pd hr Sabtu 14 feb 2009. Hmm, bro inoshi jg tlah melihatkan gambar balon udara yg dibuat dr kantong plastik gede warna abu2,, tp kemgknanx org menerbangkan balon itu kecil slain hari lebaran, krna kesanx pelepasan balon abu2 itu adlah kebiasaan dlm merayakan lebaran atw hari2 bsar agama...

    Tp q punya alternatif lain. Balonx bkn balon yg spt diceritakan inoshi, tp balon valentine!! :)
    Hari itu kan hr Valentine, hr libur lg (sabtu, saatx berlibur). Mgkn aja ada org yg merayakan valentine d sktr borobudur dgn melepas balon (yg diatasx ada nama mereka pake lambang hati yg ditusuk panah...hehehe :) )


    Lanjut brikutx, bgian yg bikin imajinasiq brdisko ^o^!
    Pencinta alien pasti suka! Pd sore itu memang ada pesawat alien di atas langit borobudur dgn aktivitas trtentu. Salah 1 efek aktivitasx adlah trbntukx awan unik itu!
    Ayo berimajinasi: pesawat alien melepaskan smacam 'beam' dari langit utk men-scan area disktar borobudur utk tujuan pengambilan data sblm invasi!
    Ahahahaha... Ternyata candi borobudur adalah slh 1 perangkat mereka di bumi...

    Ada yg pnya imajinasi lbh liar?? ^_^???

    ReplyDelete
  72. j├Čaah...
    @myheart 2015....di magelang mana ada acara nglepasin balon di hari valentine(aku orang magelang juga lho,)
    lagian,kalo emg sngaja nerbangin balon,kan lebih asik yg warna pink...uda gitu balon yg di foto terlalu gede untuk ukuran
    "orang yg nglepasin balon di hari valentine"

    haaaah...invasi alien....ato,para alien adalah manusia dari masa depan yg sengaja datang ke borobudur untuk mengetahui sejarah,
    karena bukti bukti sejarah mereka telah hilang akibat perang nuklir.....
    ahiak...


    -insurgent army-

    ReplyDelete
  73. jangan2 awan itu sebuah (atau beberapa) pesawat alien yang melakukan stealth untuk melakukan penyelidikkan di bumi :)

    ReplyDelete
  74. Myheart2105 berkata....
    Q suka kalo da yg mengomentari aq..^.^
    @insurgent army: hmm...benar jg ya..hehehe...awalx q pkr jg begitu,,^.^v

    Tapi lantas q mkr gn:
    ''Tapi khan gak mesti orang magelang yg melakukannya. Q kira memang gak da tuch ' acara melepas balon di hari valentine' ma warga magelang, spt yg dibilang ma insurgent army :)

    Tapi siapa yg sangka jika yg melepas balon adalah para pelancong or bule2 dsekitar borobudur, who knows? Semuax itu hanya tindakn/kreatifitas perorangan, dan mmng bukan kebiasaan pa lg budaya :)

    Mengenai ukuran balon. Q rasa qt tak bs memastikanx, krn qt gak tau pasti jarakx. Bs sj balon klhtan lbh kecil, pdhal dia lbh dkt, dan bs klhatan lbh bsar pdhl dia lbh jauh,,,so, mata qt bs trtpu, bs krn ukuranx, bs krn jarakx...

    Walaupun cuma balon valentine tp dr kjauhan bs kok mnimbulkan ksan spt ufo, spt titik hitam melayang d langit yg cerah..
    Q punya contoh fotonya, ini:
    farm2.static.flickr.com/1275/1387630261_161bcf1295_m.jpg

    Coba prhtkn lg titik hitam di foto mbak Sanserita, keliatan titikx tdk bulat mrata. Q pikir ni krn balonx bukan cuma 1 tp ada beberapa, diikat jd 1.

    Tntang warnax yg gelap, q punya 2 alasan:
    1. Kualitas gmbr yg diambil memang krg bgs, krn pake hp.
    2. Efek visual. Jika swatu objek, berada di dpn ltr belakang yg terang, maka objek tsb akan trlihat lbh gelap.
    Q dpt artikel ttg ini. Sini q kutipkan ya:


    www.visualexpert.com/FAQ/Part3/cfaqPart3.html

    ''induce or reduce brightness: a dark background makes and object look brighter and a bright background makes an object look darker. This is usually called "simultaneous
    brightness contrast."


    background: Objects appear brighter on a dark background and darker on a bright background.''


    Oya, imajinasimu bgus jg: alien=manusia dr dpn ^.^ , tp kamu prcaya itu benar?
    Thx ya, dah reply komenq. Q senang... :)

    ReplyDelete
  75. sy gak konsentrasi bcanya,,,abis objeknya cantik bgt,,,

    ReplyDelete
  76. fotonya sanserita cantique..hhe

    ReplyDelete
  77. bro enigma..
    ne cm mo nanggepin teori nya inoshi...
    emang bener klo dulu byk masyarakat sini(ak asli anak borobudur)byk yg bikin balon kek gitu, tapi klo dari pertanyaan nya mbk sanserita yg tgl 14 februari 2009, g mungkin masih ada balon dari plastik kresek...di sini masyarakat sudah tidak lagi membuat balon semacam itu.ini disebabkan pernah terjadinya kebakaran rumah yg diakibatkan oleh balon plastik kresek yg jatoh di atap rmh penduduk.terakhir kali saya melihat(secara saya tiap hari di borobudur), serta pernah membuat balon semacam ini saat saya sd klas 4-5.itu pada taon 95!!dan pada 14 feb 2009 bahkan tidak ada perayaan yg memungkinkan untuk membuat balon ataupun diikat petasan.(petasan sudah sangat jarang ditemukan disini,cm ada petasan kecil2), bahkan dulu yg diikat petasan seukuran jempol kaki...
    oh iya, msh nanggepin bro inoshi yg ttg ponpes, klo dilihat dr foto sista sanserita, km di selatan candi ya??g ada ponpes di selatan candi!!!tu cuma pendapat aku lho bro inoshi, bukan maksud hati menjelek2an teori nya si bro...
    jadi intinya, g mungkin kalo itu balon udara(balon plastik kresek)...mungkin itu memang bener2 UFO......

    (grimjow sama)

    ReplyDelete
  78. hihi...garuk-garuk deh,

    buat grimjow:

    benar bila sekarang sudah jarang sekali, orang bermain balon plastik ini. Karena faktor bahaya yang bisa ditimbulkan. Namun tetap saja masih ada yang melakukannya. lihat saja link-link yang saya sertakan di atas masih berkisar dari tahun 2006-2009.
    Ini saya berikan satu link lagi, yang bisa menjadi catatan penting, bahwa tradisi pembuatan balon ini masih lestari hingga sekarang. Oh ya link ini asli menggambarkan tentang magelang, jadi menurut saya bisa dipertanggungjawabkan.

    http://sangnanang.dagdigdug.com/2008/10/10/balon-kobong/.

    di situ, pada paragraph ke 5 tertulis :

    "Tradisi yang hingga kini masih diamalkan oleh kaum muda di dusun kami pada saat lebaran adalah pembuatan balon."

    ini menunjukkan setidaknya pada tahun 2008, tradisi ini masih hidup dan lestari.

    Saya yakin Anda benar mengenai tidak adanya ponpes di bagian selatan candi, karena Anda hidup di sana, dan saya tidak akan protes mengenai hal itu, namun mungkin ada yang terlupa, bahwa terbangya balon itu tidak melulu lurus secara vertikal, sehingga bisa disimpulkan bahwa balon yang terbang diatas berasal dari daerah sekitar dibawahnya....

    balon tersebut selain bergerak vertikal karena daya dorong dari asap pembakaran yang lebih ringan dari udara, namun juga bisa bergerak horizontal karena daya dorong angin, sehingga sangat mungkin bila balon tersebut bukan berasal dari daerah sekitar selatan candi saja, namun bisa meluas ke seantero magelang.

    Satu lagi, balon ini bisa menempuh perjalanan yang sangat jauh dan sangat tinggi, bahkan gunung lawu saja puncaknya bisa terbakar karena ulah balon ini...

    bro grimjow, bagaimanapun saya menghormati pendapat Anda, dan selalu ada kemungkinan bahwa itu adalah memang benar-benar ufo

    ReplyDelete
  79. Sedikit koreksi saja.
    Judul tulisan di atas adalah "Inbox : Chemtrail dan UFO di atas langit Borobudur ?"

    Seharusnya "Inbox: Chemtrail dan UFO di atas langit Borobudur?"

    Jadi, sebelum titik dua(:) dan tanda seru(!) gak ada spasinya. Alangkah baiknya jika tulisannya berkualitas dan juga tetap memperhatikan kaidah bhs indonesia yang baik & benar.

    ReplyDelete
  80. Hmm, sangat teliti. Tapi sebenarnya memang blog ini tidak memakai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Soalnya blog ini isinya adalah cerita saja untuk memberikan informasi. Bukan skripsi. Bukankah tujuan dari bahasa adalah untuk komunikasi? Seperti berbicara empat mata?

    Misal, kamu menulis "Jadi, sebelum titik dua(:) dan tanda seru(!) gak ada spasinya."

    Kamu menggunakan kata "gak ada spasinya". Saya kira itu juga bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Seharusnya "tidak ada spasinya"

    Namun kamu menggunakannya karena kamu merasa kata itulah yang paling nyaman digunakan untuk menyampaikan pikiran kamu ke saya.

    Begitulah saya memandang manfaat sebuah bahasa. Untuk komunikasi.

    Anyway, saya suka dengan usul kamu. Jadi saya koreksi judulnya.

    ReplyDelete
  81. Blog yg keren! Aku terpesona pas baca tulisan ttg 2 korban titanic yg selamat. Nice!
    @inoshi:
    ''di situ, pada paragraph ke 5
    tertulis :
    "Tradisi yang hingga kini
    masih diamalkan oleh kaum
    muda di dusun kami pada saat
    lebaran adalah pembuatan balon."

    Msh ada titik lemahnya bro, di artikel itu dikatakan tradisi langka membuat balon yg spt bro sebutkan itu, hanya pada hari lebaran. Tanggal 14 feb 2009 kan bukan hari lebaran??
    So, kemungkinannya jd kecil sekali.

    Kalau teori UFO alien? Aku pribadi gak percaya pd yg namanya alien..just my 2 cents.

    Stlh aku baca2 komentar2 disini, mgkn teori myheart bisa jadi benar. Walaupun aku sempat merasa skeptis, (sdkt lucu rasanya, mngenai balon valentine) tp, memang mungkin aja bs. So, menurutku itu memang balon2 biasa di hari valentine...

    Komentar disini bagus2.. Jadi bs berimbang dgn artikelnya.
    Met bermalam minggu!

    ReplyDelete
  82. permisi, numpang ngetik beberapa kata..
    apa faktor kebersihan lensa kamera bisa jadi tersangka adanya titik hitam pada foto kedua??

    ReplyDelete
  83. He? Ternyata jg bs mengulas surat pembaca juga ya? Mantap donk.

    Kalo menurut aku, ya kayaknya emang balon. Kalo msalnya itu bukan balon kresek spt yg dikatakan inoshi, ya jelas bs balon biasa aja pd hr valentine. Aku stuju sm myheart2105.
    Kalau ada kotoran yg nempel d kmera, kayaknya gak deh kan nanti warnanya pasti beda, kelihatan deket banget dgn kamera trus pastinya ukurannya gede.
    Kalau kotorannya dlm kamera, bukan diatas lensa, mnrtku lbh kcil lg kmgkinannya. apalagi kamera hp atau digicam, rasanya hmpir gak mgkn. Kalau ya, bs rusak tuh kamera...

    ReplyDelete
  84. Menurut saya, kecil kemungkinan karena kotoran pada lensa. Jika kotoran pada lensa, mungkin titiknya akan lebih besar dan hitamnya lebih padat. Tapi, itu cuma pendapat saya lho.

    ReplyDelete
  85. @inoshi
    hmm...link nya d tak buka...trus saya baca2 nyampe beberapa kali, g ada tuh yg nyebutin klo itu berasal dari daerah borobudur. disitu ada yg komentar nanya : "di daerah mana ada kebiasaan ini"(komentar nmr 7), trus yg punya blog ngomong klo dia dr barat gunung merapi (berarti tu daerah sekitar secang+temanggung), sedangkan borobudur ada di barat daya merapi+sangat jauh dr temanggung(sktr 30km)...yah itu sih jg pendapat saya...tp tetep klo menurt saya itu UFO(hmmmmmm aneh jg)...di daeah sekitar borobudur kadang memang ada beberapa kali terlihat cahaya merah di langit...kakak saya pernah liat di langit saat malam ada beberapa cahaya merah yang diam selama sekitar 15 detik dilangit(yakin bukan bintang, apalagi helikopter/pesawat), kemudian setelah beberapa detik, berjalan pelan...eee kemudian hilang secara tiba2...hmmm tp g tau itu apa...
    pokoke tetep menghormati pendapat bung inoshi jg saya ko om...hehehehehe
    oh iya, apalagi klo balon valentine(teori nya sapa td saya lupa)...(wong ndeso ko ngerti valentine barang)...walah lucu bgt klo itu...hahahahaha..maap kebanyakan ...

    (grimjow sama)

    ReplyDelete
  86. ...kynya smakin seru nih...bro En, sjauh anda "berkelana" (^_^)...prnah g ada penampakan UFO di Indonesia? klo emg prnah ada, dmana yah??? daerah Jawa Tengah kah??? im pretty sure U know the point-walopun ane sndiri brpikir, klo mo muncul mah, bs dimana aja...suka2 si UFO dong...heheheee...

    ReplyDelete
  87. ...nambah dikit, soalnya sdikit menggelitik...heheheee...
    @grimjow: ra popo kok mas, wong saiki yo uakeh tenan wong ndeso sing pesbukan...heheheee....
    -oh iya, apalagi klo balon valentine(teori nya sapa td saya lupa)...(wong ndeso ko ngerti valentine barang)...walah lucu bgt klo itu...hahahahaha..maap kebanyakan ...-

    ReplyDelete
  88. @aw3ng: tentu saja ufo pernah muncul di indonesia. Bbrp teman saya pernah menyaksikannya. Tp saya rasa betaufo lbh kredibel utk menjawabnya. Soalnya saya bkn pengamat ufo.

    ReplyDelete
  89. saya tahu....

    itu fliying rod..... Eh, bentuknya ndak kotak ya? whehehehe.....

    -JV-

    ReplyDelete
  90. om enigma akk mw blank tp klo itu bener" balon udara..
    balon udara kan gk selonjong seperti itu...
    klo balon udaranya mendarat pasti balonnya membesar kan...
    gk lonjong kayak foto bawah....

    ReplyDelete
  91. Masih ada kemungkinan angin yang bertiup sehingga balon yang dibawah terlihat lebih elips. Tapi teori balon masih kemungkinan

    ReplyDelete
  92. jadi koq bsa ea balon udara kalau mendarat seperti meteor yg ad d foto bawah..
    ato memang cara maennya kyk gtu...?
    hhe..

    ReplyDelete
  93. Klo d indonesia itu disebut balon!!
    klo di luar negri itu dusebut ufo!!!

    ReplyDelete
  94. Menurut saya !!! itu benda langit yang jatuh kebumi ya bisa di katakan meteorit atau komet
    yang habis larut oleh atmosfer
    sekian
    sukri

    ReplyDelete
  95. Cweknya manis tuh yg lagi duduk di candi :D

    ReplyDelete
  96. hahahaha! semua pada bilang mba sanseritanya cantik....
    nanti saya juga ngasih foto yg ada 'benda2 misterius' kesini juga ah, biar pada bilang saya cantik. hahahaha! :P

    ReplyDelete
  97. aku yakin itu UFO. Allah itu Maha Pencipta. lagian langit itu ada 7 lapis tho? so pasti di 'luar' sana ada tata surya lain selain tata surya kita.

    ReplyDelete
  98. sya prnh baca artkel yg isinya tntang negara" yg pling sring d knjungi ufo. n indonesia jg trmasuk. n ksmpulannya, ufo bnyak mnjelajahi tmpat yg bnyak artefak" sjarhnya gitu. . .
    borobudhur kan trmasuk. . .
    jd,mgkin itu ufo bnran kali. . .

    ReplyDelete
  99. oh iya, kalo bukan lalet, ya hewan terbenhg lainnya! pokoknya bukan UFO!! sya paham bentuk UFO ketika zoom mode seperti apa!!! ^_^

    ReplyDelete
  100. keliatannya.... emang bener2 mirip UFO abiss

    ReplyDelete
  101. halo enigma,,,

    kebtulan saya sedang melihat2.

    dan kebetulan saya di bidang fotografi,,

    mengenai foto yang mengatakan adanya 2 buah UFO tsb,,mungkin bisa ditanyakan kembali.

    kamera apa yang digunakan?

    kalau yg digunakan kamera DSLR (Digital SLR),,mungkin sy memberikan salah satu kemungkinan,,yakni titik hitam itu adalah debu/kotoran yang terdapat pada hot mirror kamera tsb(body kamera, bukan di lensa) para fotografer yang sudah paham pun akan mengerti dengan apa yang saya maksd kan, jika pada hot mirror yg terdapat di kmaera DSLR, maka akan memungkinkan terjadinya spot/bintik2 hitam pada hasil foto, dan bintik-bintik hitam tersebut akan dihasilkan pada bukaan-bukaan kecil (diafragma sekitar f.10-keatas)

    Hanya sekedar sharing..anyway,,blog yang sangat bagus dan bermanfaat :)

    ReplyDelete
  102. mungking ianya hanya debu atau kotoran tapi bnyk kawan gue kata mustahil debu sekecil itu dn gmbrnya diambi hmpir sejauh itu.

    ReplyDelete
  103. pernah denger istilah "sensor kotor"?
    atau "film kotor"?

    karna debu atau jamur yang menempel di sensor kamera atu film...

    menurut saya itulah penyebab "keanehan" (baca:noda) pada foto diatas...

    percayai yg nyata guys!
    original, real n' cleared! (ORC!)

    ReplyDelete
  104. UFO itu emang ada dan sudah menjadi rahasia umum di USA,kemunculan UFO sudah ada sejak jaman prasejarah dan dapat dilihat di lukisan leonardo da vinci,juga dalam peristiwa hangar18 di USA,serta kejadian di Rosswell mexico,whatever will do just take it easy,i beleived everything will be fine bro...
    buat tmn2 yg mau tau resep makanan please visit blog saya ya:
    http://tourculinaryexplorer.blogspot.com
    makasi

    ReplyDelete
  105. malam bang enigma,

    di bahas dong penampakan UFO di hutan amazon. saya tadi waktu surfing nemu artikel yg ngebahas penampkan alien ini. videonya ada di youtube . berikut linknya: http://www.youtube.com/embed/5bHDKsmaRbE

    saya tunggu bang. . . :)

    ReplyDelete
  106. Mohon diperiksa, kami ke brorobudur tanggal 5 Jan 2012 foto kami sbb : http://www.facebook.com/photo.php?fbid=143530349095797&set=at.143529989095833.29445.100003164970680.1653933694&type=1&theater

    ReplyDelete
  107. Jimin :
    Waktu melihat foto pertama saya langsung berpikir : kerennnn banget awannya membentuk 6 kepala naga ( awan hitam ) . setelah membaca email sanserita, ternyata yang dimaksud adalah awan putih. walaupun awan putih spt diatas jarang terlihat tp fokus saya leih tertuju ke awan hitam yang menyerupai 6 kepala naga yg meliuk2. sudut pandang orang memang beda2 y

    ReplyDelete