Monday, March 1, 2010

Misteri Ningen - Makhluk raksasa humanoid dari Antartika

Dalam beberapa tahun ini, di Jepang beredar rumor mengenai keberadaan makhluk raksasa mirip manusia yang mendiami perairan es di Antartika. Makhluk misterius ini disebut Ningen.


Entah kenapa, dalam beberapa hari ini, banyak yang meminta saya untuk menulis mengenai Ningen. Saya menduga kalau seseorang pasti telah mengangkat kisah Ningen di forum-forum Internet (Kaskus misalnya) sehingga nama ini menjadi lebih dikenal.

Okelah, saya tulis soal Ningen. Tapi, tidak akan banyak berbeda dengan blog lain karena informasi mengenai Ningen sangat terbatas dan baru muncul dalam 3 tahun ini. Jadi, harap maklum. Saya juga minta maaf kalau postingan ini menjadi lebih berat loadnya karena banyaknya gambar dan adanya embed rekaman dari youtube.

Dalam galeri makhluk misterius, Ningen termasuk ke dalam "New Cryptid on the Block". Maksud saya adalah, Newbie dalam dunia Cryptozoology. Kisahnya hanya beredar terbatas di Jepang. Karena itu, saya belum mengetahui ada ahli Cryptozoology yang membahasnya.

Ningen, dalam bahasa Jepang berarti "manusia". Nama ini muncul karena wajah makhluk ini yang disebut mirip dengan rupa manusia. Penampakan makhluk ini pertama kali dilaporkan oleh para awak kapal penelitian ikan paus milik pemerintah Jepang.

Menurut mereka yang menyaksikannya, Ningen memiliki tubuh berwarna putih seluruhnya dengan panjang sekitar 20-30 meter. Makhluk itu juga memiliki rupa seperti manusia, memiliki kaki, lengan dan bahkan telapak tangan dengan lima jari. Kadang para saksi mata juga melihat makhluk itu memiliki sirip dan ekor seperti putri duyung. Satu-satunya fitur wajah yang bisa terlihat dari ningen adalah mata dan mulutnya.

Menurut salah satu kesaksian, para anggota kru kapal pada awalnya melihat sebuah objek di kejauhan yang dikira sebagai kapal selam asing. Ketika objek itu mendekat, semakin jelas bahwa bentuk objek yang tidak biasa itu bukan buatan manusia - objek itu hidup. Tak berapa lama kemudian, makhluk itu dengan cepat menghilang ke dalam air.

Ningen paling sering muncul pada malam hari sehingga membuatnya sangat susah dipotret. Makhluk ini kadang juga bisa terlihat seperti bongkahan es, walaupun disebut memiliki kulit halus seperti manusia.

Foto-foto di bawah ini beredar luas di internet dan disebut sebagai foto Ningen. Tapi mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa kumpulan foto-foto di bawah ini sebenarnya hanyalah Ilustrasi yang dibuat dengan photoshop, bukan foto yang sebenarnya.


Laporan mengenai Ningen ini pertama kali di ceritakan oleh seseorang disebuah forum internet 2channel di Jepang yang mengatakan bahwa ia mendengar cerita ini dari seorang temannya yang bekerja untuk kapal penelitian paus pemerintah Jepang.

Kisah ini menjadi lumayan populer sehingga majalah MU, sebuah majalah paranormal Jepang, mempublikasikan sebuah artikel mengenainya pada bulan November 2007.

Dalam majalah itu, ada beberapa spekulasi mengenai Ningen yang disebut mendiami laut bagian selatan. Screen Shot dari Google Map yang beredar luas di web-web Indonesia dan disebut menampakkan sosok Ningen juga berasal dari majalah itu.


Screen Shot itu berasal dari Laut atlantik selatan di pantai Namibia. Kordinatnya adalah 27°36'14"S/15°29'20"E.

Apakah citra putih itu Ningen ?

Hmm, menurut saya tidak. Citra itu lebih mirip buih ombak. Karena efek Pareidolia, kita menganggapnya sebagai Ningen. Lihat sekali lagi gambar dari google map tersebut. Ini dari jarak pandang yang lebih jauh. Citra putih kita ditandai dengan huruf A. Tidak terlihat ? tidak apa, tapi lihat, citra putih lainnya memenuhi sekelilingnya. Jadi, menurut saya bila ia berbentuk seperti makhluk hidup, itu hanyalah sebuah kebetulan.


By the way, Pareidolia itu adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan sebuah stimulus ambigu dan acak (umumnya gambar atau suara) dan dipersepsikan sebagai sebuah bentuk yang signifikan.

Fenomena ini sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika kita melihat citra kelinci di bulan atau segumpal awan yang berbentuk kucing.

Hingga saat ini tidak ada bukti yang solid mengenai keberadaan Ningen. Jadi statusnya kurang lebih sama seperti putri duyung. Ada laporan, tidak ada bukti, misterius.

Namun, beberapa orang percaya bahwa pemerintah Jepang sebenarnya mengetahui keberadaan makhluk ini namun menolak untuk mempublikasikannya. Hmm, malah berubah menjadi teori konspirasi.

Jika kita mengabaikan teori konspirasi, adakah kemungkinan para pelaut Jepang itu salah mengidentifikasi ?

Bisa saja. Memang ada makhluk laut yang memiliki wajah mirip dengan manusia, yaitu Ikan Pari.


Karena kemiripan ini pula, para pelaut sering menganggap ikan pari sebagai monster atau setan laut. Tapi tentu saja tidak ada ikan pari yang memiliki panjang 20-30 meter. Pari Manta yang dianggap sebagai pari terbesar di dunia hanya memiliki panjang sekitar 7-8 meter.

Atau, mungkinkah Ningen adalah gurita yang salah identifikasi ? Gurita memiliki kepala bulat dan lengan panjang.


Atau kemungkinan terakhir :

Pernahkah kalian mendengar pepatah yang berbunyi "Jika seekor hewan memiliki bentuk seperti bebek, berjalan seperti bebek, mengeluarkan suara seperti bebek, maka hewan itu kemungkinan besar memang bebek."

Mungkinkah Ningen memang benar-benar bongkahan es yang salah identifikasi ? Lagipula, katanya Ningen biasanya terlihat pada malam hari. Bukankah kemungkinan salah identifikasi sangat besar ?

Tapi, saya belum pernah menjelajahi lautan luas dan menyelam hingga ke dasar samudera. Saya juga belum pernah melihat semua makhluk yang bernafas di dalam lautan. Jadi saya tidak bisa mengatakan dengan yakin bahwa Ningen tidak ada. Di suatu tempat di samudera, mungkin memang ada Ningen yang sedang bersantai ria.

Begitulah dunia Cryptozoology, misterius dan penuh tanda tanya.

Sebelum saya menutup tulisan ini, Ini ada salah satu dari dua video yang beredar dan dianggap sebagai ningen. Saya cuma mengambil satu karena saya menganggap rekaman ini lebih menarik. Tujuan saya memasukkan rekaman ini adalah untuk menambah kadar kemisteriusan tulisan ini :)


Bisakah kalian menebak identitas makhluk di dalam rekaman itu ? Atau kalian menganggapnya sebagai hoax ?

(pinktentacle.com, forgetomori.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

122 comments:

  1. wakakakakakakaka..............ningen....ningen....akhirnya...mau tidak mau anda posting juga tentang ningen...biarpun bahan postingan ini kurang lebih apa yang juga saya dapat dan kita diskusikan saat awal perkenalan kita....wakakakaka...but this creep still don't have any answer isn't it...?...

    ReplyDelete
  2. Ya, memang mbah ware yang memperkenalkan saya dengan Ningen.sdh agak lama memang. Seperti yang saya bilang, infonya cuma itu-itu saja. hehe

    ReplyDelete
  3. "... Atau kalian menganggapnya sebagai hoax juga ?"

    menurut bang Enigma ini hoax?

    Menurut saya,
    -foto ilustrasi yg pertama permukaan tubuhnya kelihatan berupa bulu, bukan kulit (walaupun cuma ilustrasi).
    -Kalau tidak salah, Beruang kutub hanya ada di salah satu kutub (kalau tidak utara ya selatan, lupa aku . . . . :-D), lagipula itu kalau lokasinya didekat kutub, bisa saja itu sejenis beruang kutub.

    §

    ReplyDelete
  4. Oh bukan, maksudnya hoax saja. haha. saya hapus kata "juga" nya. Oh ya beruang kutub ada di kutub utara (arktik), bukan kutub selatan (antartika).

    ReplyDelete
  5. blom ad yang bilangg pertamax nih gan

    ya udah wadoloa an pertamax

    ReplyDelete
  6. Bang enigma posting tentang pterodactyl dong denger2 ada yang masih hidup sampai sekarang

    ReplyDelete
  7. foto k-3 kayak ikan duyung yaa ?

    ReplyDelete
  8. WOW yg divideo keren juga bentuknya, terus di video itu ada putih kecil yg bergerak itu apa enigma?
    saya baru tau ni cerita ttg ningen dari blog ini, dan yg gambar pertama itu kocak bgt ya hhhhahhaa.
    tp memang mahluk di lautan itu penuh misteri apalagi laut sangat luas sekali (70,8% bumikan diliputi air) jadi kehidupan di laut sulit atau jarang untuk diteliti.
    oiya Enigma, dasar dari makhluk cryptozoology apa si selain mereka itu makhluk/hewan yg misterius ? terus apakah jika nanti makhluk cryptozoology ini tertangkap, makhluk tersebut masih termasuk cryptozoology?

    ReplyDelete
  9. waktu tak search di google ada tu ilustrasi yang lain mirip ikan duyung cuma lebih kelihatan jari tangannya. kurang lebih 90% kelihatan badannya.

    ReplyDelete
  10. Ariel 10 said...
    OKE ,monster yang cantik ,heh hoax yang cukup menghebohkan ini faktor kenapa Ningen itu hoax'
    Yang saya fokuskan adalah videonya karena video jarang di rekayasa:
    1.Lihatlah videonya buakankah objek yang disekitarnya tidak bergerak mungkin banyak yang mengira itu ikan (objek disekitar ningen)sebenarnya itu ikan mainan.
    2.Seharusnya warna air laut itu biru
    3.Objek Ningen itu sendiri hanya bergerak keatas dan kebawah.
    ya... ini faktor sepengetahuan saya.HEHE HAHA HIH

    ReplyDelete
  11. Jd gambarnya cuma ilustrasi... Pantesan gambarnya tidak mengikuti standar pemotretan makhluk criptyd yaitu samar2 dan tidak jelas...

    ReplyDelete
  12. @old trafford: makhlu kriptid itu adl makhluk yg blm terdokumentasi oleh sains modern. Jd blm dpt pengakuan. Kalo ketangkap, akan diksh nama latin, lalu diklasifikasi. Maka ia resmi pindah dr cryptozoology ke zoology. Yg putih bergerak itu mungkin ikan.

    ReplyDelete
  13. hoax sepertinya bang
    kalaupun asli, tetap aj tak terlihat seperti humanoid
    seperti benda mati yang bentuknya menyerupai
    tpi tak tahu juga
    mungkin kita perlu bantuan Mbah Ware untuk menjelajahinya ke sana.
    hehehe...

    -UC-

    ReplyDelete
  14. kayaknya hoak tuh! katanya mahluk tapi kok gak gerak(kaku) btw posting soal putri duyung donk

    ReplyDelete
  15. akhirnya anda "menyerah" juga bro...??? posting ningen...????
    heheheheeee.....
    g banyak komen ah, cuma...klo liat gambar pertama, jd inget gambar homo sap di buku sejarah...heheheee....
    keep outstanding bro ; adam bridge - nya ane ttp tunggu loh...

    ReplyDelete
  16. buih laut....atau gumpalan es....lebih tepat...

    oh jadi namanya pareidolia ya..., soalnya sy kadang ngalamin...ya awan yg berbentuk pterodactyl n ky nya terbang ngikutin mobil yang saya kendarain..., atau bahkan batu di sungai belakang rumah saya yang keliahatn timbul tenggelam dan bergeser..padahal batu itu tetap di tempatnya ^_^
    nggak th deh penyebabnya apa,,,mkn krena daya khayal sy yg kelewat tinggi..^_^, mungkin juga org2 yang ngaku ngelihat ningen seperti saya juga ^_^

    ReplyDelete
  17. buset....prestasi dalam artikel misteri yang hebat bang...aq selalu kagum deh...oh ya bang.....aq mau buat novel fiksi tentang nine unknown man dan inspirasinya dari blog ini.....mohon nanti kasih saya sarana komunikasi selain email yah bang...jadi kita bisa diskusi lebih banyak tentang dunia misteri .... khususnya misteri dunia...bukan indonesia saja

    ReplyDelete
  18. owh smua gambar itu cuma ilustrasi ta kirain beneran, tapi saya yakin di samudra yang luas pasti masih banyak mahluk aneh yang belum di ketahui oleh manusia..,
    thx banged bang enigma dh posting ningenya, saya puas banged penjelasanya..

    ReplyDelete
  19. oh ningen (sekiranya) kayak begitu.

    Klo beruang kutub menurut sepengetahuan saya tidak bisa menyelam terlalu dalam sampai tidak terlihat. Ikan pari kemungkinanya besar karena warna pada bagian yang ada mukanya putih, tapi dalam ilustrasi diatas, ningen itu punya bagian yang seperti kaki dan tangan dan setahu saya ikan pari ga punya bagian mirip tangan dan 2 kaki. Mungkin memang bongkahan es karena salah liat. Bener ga bang?

    ReplyDelete
  20. itu videonya hoax ato bukan sih?? kalo dari sekitarnya itu kayaknya emang ikan... tapi kecil artinya objek yang disangka ningen itu mungkin agak lebih besar dari ikan tersebut... kalo menurut saya itu sejenis burung camar ato burung laut yang lagi mencari mangsa deh...

    ReplyDelete
  21. Menurut saya Ningen hanya sebuah HOAX.

    Waktu pertama saya baca Komentar di ENIGMA yang request tetang NINGEN. saya coba untul cari videonya di "youtube"(saya coba googling tapi keterangan gambarnya hanya ILUSTRASI) dan ternyata dari Kata NINGEN yang coba saya search, saya menemukan hanya 3 video yang berbeda. 2 video yang lain menurut saya kualitas gambarnya sangat buruk tp pada video yang ketiga memang terlihat agak jelas(video yg ke 3 ada di atas) tapi ada yang ganjil pada video itu. di situ terlihat objek yang di sebut NINGEN terlihat seperti hanya melayng2 di tempat saja. hewan air pada umunnya adalah hewan yang aktiv bergerak kesana kemari. lagi pula siripnya sama sekali tidak bergerak.

    yang berikut di situ terlihat AIR nya kabur untuk daerah yang dalam seukuran samudra. hewan LAUT raksasa seperti PAUS hidup di daerah yang dalam yang semestinya airnya biru tidak kabur seperti itu.

    Karna itu SAYA tdk pernah percaya dengan mahkluk CRYPTO (atw apalah namanya). karena kebanyakan bukti yang di ambil(gambar dan video) sangat2 tdk jelas untuk dapat di identifikasi. SO...semua CRYPTOLOGI hanya TIPUAN kamera. tdk ada yang betul.

    Itu menurut saya saja... :D

    O ya..makasih ya om ENIGMA sdh mau mampir ke blog saya. senangnya blog saya bisa di kunjungi om ENIGMA :D

    PEACE!!!!!!

    ReplyDelete
  22. wah, brother enigma menggunakan pepatah....

    saya juga ah..,
    saya mempunyai pepatah jepang mengenai ningen ini, yaitu :
    " ningen yo ningen tpee yo o jo ningen" kemudian diadaptasi menjadi pepatah jawa " ngono yo ngono tapi ojo ngono" artinya kurang lebih " berbuatlah terserah kamu tapi jangan berlebihan" (mungkin inilah hoax dalam bidang linguistik, ya bro?) hehe...

    sadis...itu gambaran pertama setelah tahu mengenai adanya makhluk ningen ini.Mengapa saya katakan sadis? karena mungkin ini adalah salah satu atau bahkan makhluk cryptid terbesar yang ada. Bayangkan panjangnya makhluk ini setara dengan 3 buah bus! dan anehnya sedikit sekali informasi mengenai makhluk ini.
    Ayolah coba kita diskusikan mengenai ningen.

    Kita punya beberapa modal awal untuk menganalisanya, yaitu :

    1. makhluk raksasa yang hidup dilaut
    2. berwarna putih, mempunyai struktur yang 'mirip' manusia.
    3. dilihat oleh krew kapal penelitian jepang

    dan beberapa modal penunjang lain yang tidak perlu disebutkan.

    Mari kita mulai dari modal awal kita.

    1. makhluk raksasa yang hidup dilaut.
    setelah gugling, saya merangkum beberapa ikan yang terbesar yang paling mungkin mempunyai ukuran hingga puluhan meter, yaitu paus dengan rajanya paus biru. Hiu dengan raksasanya hiu paus dan cumi-cumi dengan bossnya si Giant Cranch Squid (colossal squid).
    2. berwarna putih dan punya kemiripan dengan manusia. wah ini yang sulit, kemiripan inilah yang memang sering menjadi biang kerok makhluk misterius, namun tetap saya coba untuk mengklasifikasikannya, yaitu ikan pari khususnya yang gede yaitu manta ray, ikan saya si sunfish, gurita dan cumi.

    dari kombinasi kedua makhluk ini, serta setelah saya menimbang-nimbang dengan melihat kemungkinan kemiripannya, pilihan saya jatuh pada si cumi raksasa. ya squidward raksasa kalo di film spongebob. Saya kemudian berselancar mencari keberadaan si cumi ini ( jelas berselancar di dunia maya, bukan di laut...) akhirnya saya menemukan 2 jenis cumi terbesar yaitu Architeuthis dan colossal squid.

    Wah singkatnya (karena dah ngantuk) cumi ini ketika meluncur menyerupai bentuk tubuh manusia dengan kepala yang besar dan matanya juga seperti manusia (see:http://news.nationalgeographic.com/news/2006/12/061222-giant-squid.html)
    kalian tahu, cara berenang cumi ini akan menjadi terlihat langsing ketika meluncur, agak mirip manusia bentuknya.

    Dari sinilah saya kemudian menemukan keanehan, yaitu ketika saya membaca detail mengenai giant squid ini di wikipedia (see:http://en.wikipedia.org/wiki/Giant_squid). Mata saya terbentur (halah bonyok donk) pada paragraf yang mengatakan :

    "On September 30, 2004, researchers from the National Science Museum of Japan and the Ogasawara Whale Watching Association took the first images of a live giant squid in its natural habitat.[1] Several of the 556 photographs were released a year later. The same team successfully filmed a live adult giant squid for the first time on December 4, 2006."

    Bingo...bagaikan archimedes ketika menemukan teorinya...

    Terdapat sebuah benang merah dengan ningen ini menurut saya. yaitu bahwa :

    1. kapal peneliti jepang dari National Science Museum of Japan dan the Ogasawara Whale Watching Association memngabadikan pertama kali kehidupan cumi raksasa. hmmm, bukankah orang yang pertama kali mengenduskan berita ini adalah para kru kapal peneliti paus jepang???

    2. cumi ini dikatakan pernah ada yang panjangnya hingga 20 meter! bayangkan bila ada cumi raksasa sedang ronda malam di laut lepas...bagi orang yang melihatnya pastilah seperti makhluk aneh.

    Saya kemuidan menyimpulkan:

    ketika prosesi perburuan pengambilan gambar dan film mengenai cumi raksasa inilah kemudian terimajinasikan oleh seorang kru kapal menjadi makhluk kriptid baru yaitu NINGEN!

    (bersambung)

    ReplyDelete
  23. sambungan....

    kemungkinan para kru awalnya memang sedang meneliti ikan paus, namun secara kebetulanmereka melihat sesosok benda raksasa, kemungkinan mereka melihat dari arah kepala atau arah cumi meluncur. Setelah didekati, cumi ini terkejut dan kemudian meluncur ke dalam laut ( cumi memang cepat sekali gerakannya). Bagi kru yang melihatnya, tubuh cumi ini bergerak sangat cepat hingga hanya terlihat seperti silhouette manusia laut raksasa. Meski kemudian kapal ini berhasil menemukan cumi ini dan mengambil film dan gambarnya,namun para kru kapal membawa oleh-oleh sebuah cerita imajinasi mereka mengenai makhluk ningen. dan inilah yang dibawa oleh teman dari pembawa awal kisah ini...

    tahun pengambilan gambar dan film cumi ini adalah akhir tahun 2006, sama dengan mulai merebaknya issue ningen ini yaitu tahun 2007, hingga sebuah majalah supranatural jepang menguploadnya dalam sebuah artikel.....

    singkatnya seperti itu...sebenarnya ada beberapa clue yang masih bisa didiskusikan, namun saya ngantuk banget....

    ReplyDelete
  24. mirip Adam dari Evangelion :D

    ReplyDelete
  25. Hi bro Enigma,
    itu videonya... lokasinya dalam air kan..
    tapi aneh juga masa gak ada gerakannya / alias seperti diam kaku, bener gak yah..atau saya yg salah lihat yah..Lol.
    Request topic tentang naga atau putri duyung yang lebih lengkap dong bro..tapi kalo gak ada yah gak papa.. :)
    Thanks ya..
    Keep Posting ya :)

    ReplyDelete
  26. waaauuu,,, hallo ka enigma aq br buat blog nih,, blog aq masih kacau balau ngga ada bentuky,,, trus aq mau temenan ama blog mas enigma gimana caranya ya???? maklum masih katro di dunia bloger (",) salam kenal ya untuk semua fans enigma
    "HIDUP ENIGMANIA"

    ReplyDelete
  27. Surono said . . .

    evolusi x gan hohoho
    ngsal mode on . .

    ReplyDelete
  28. baru lage ne.....
    ningen baru denger ni,tapi kaya duyung (manatee) ya foto ke 2
    trus foto ke 3 terlihat seperti bongkahan es.namanya es kan bisa terbentuk seperti apa saja bukan?kadang kita lihat awan bisa terbentuk seperti binatang?
    btw,bang enigma makasih ya dah bahas soal SS Ourang Medan itu..Mary Chelestenya ditunggu....

    - don quixote doflamingo -

    ReplyDelete
  29. Waduh..mkin rame aja blognya mas enigma,maaf mas sblmnya,knapa g pndah k wrdpress aj?kn ad mbile vrsionya tuh,jd load lwat hp g brat.sori ye mas,cm usul,he..he btw,bkannya brta ttg ningen udah lama y mas?

    ReplyDelete
  30. Haha. Buat blog kan cuma iseng. Jadi pilih yg plg gampang, yaitu blogspot krn pnya google. Kalo pindah2 sdh males. Hehe. Mudah2an blogspot ada mobilenya ntar.

    ReplyDelete
  31. Dharma The Blue RagnarMarch 2, 2010 at 3:13 PM

    Asiiiikkk, akhirnya permintaan saya untuk membahas Ningen direspon juga sama bro Enigma !!!
    Thanks bro. =)

    ReplyDelete
  32. keren bang....saya jd pnasaran ttg profil bang enigma ne...

    ReplyDelete
  33. Bro enigma,request makhluk Kushii/Ishii donk,,makhluk legenda n misterius dari Jepang..

    ReplyDelete
  34. Menurut saya Ningen itu mungkin saja hanya semacam hoax, karena walaupun munculnya pada malam hari, teknologi kamera yang dipakai saat ini sudah bisa dipakai untuk mengambil gambar pada malam hari masa tidak ada gambar yang jelas sama sekali? dan lagi gambar pada film youtube tsb sepertinya diambil dari bawah, kalau diambil dari bawah berarti mahluk tsb sedang berda di dalam air bukan? harusnya mahluk tersebut sudah menyerang dan melarikan diri bila melihat benda asing, tapi tadi mahluk tsb hanya diam saja, apakah mahluk tsb bodoh atau terlalu pintar hingga ingin tampil dimuka dunia? :)

    ReplyDelete
  35. Myheart2105 berkata....
    Akhirx..akhirx Ningen ditulis jg!
    Girang! ^_^
    Q sempetin k sini wlwpun rada2 sibuk gt...
    Kayakx datax emang sdkit yach...
    Mm..kalau aku mikirnya, yach itu hoax. Soalnya gak da fotonya. Yg ada malah gambar imajinasi dgn photoshop yg mudah ditebak...hu huy!

    Tapi yang buatq percaya ni hoax adalah banyaknya cerita dgn versi yg beda2. Ada yg blg ningen ada tanganx, ada yg blg ningen punya tp ekorx kyk ikan. Ada yg blg punya kaki...dst. Kayaknya gambar yg dibuat emang berdasarkan versi2 yg beredar. Kalau ni beneran ada. Knapa hanya org Jepang aja yg melihatnya?
    Kalau bukan hoax, knapa harus drahasiakan? Apa motifnya?
    Apa benar orang Jepang mendpt keuntungan karena merahasiakan kbradaan ningen?? Rasax gak ada :p

    @inoshi: spt biasa pikiranmu tajam menganalisa. Q saluut :)
    Tapi q da yg krg sreg. Menurutq ksalahan identifikasi ningen sbg cumi2 raksasa krg bs q terima. Karna:
    1. Gambaran ningen punya tangan tp ekor kayak paus gak cocok ma giant squid..trus da juga yg blg ningen tu memang kayak manusia bnget, ada 2 tangan. Nah kalo cumi2 kan keliatannya jd bnyak tanganx, en gak bisa menggambarkan lengan, dan jari2 kayak manusia. Cumi2 kan punya tentakel yg jauh beda dgn tangan manusia.

    2. Mengenai kmungkinan giant squid adalah ningen, q gak bs lgsg prcya semata krn ada rekaman giant squid yg berhasil dibuat oleh peneliti Jepang pd waqtu yg hmpr bertepatan.

    Q dah buka youtube dan ktemu rekaman yg dmaksud, ini linknya:
    www.youtube.com/watch?v=kjp_jumlO3A

    So tu bukan ningen, bnar2 cumi2 raksasa.

    Trus, kalo dblg ningen tu cumi2 raksasa jg kurang cocok menurutq, karna cumi2 raksa gak ada/hampir gak pernah ktemu di kutub selatan. Ini brdasarkan data dari link wikipedia yg inoshi berikan loch..ini data pnyebaran giant squid di dunia:
    en.m.wikipedia.org/wiki/File:Architeuthis_distribution.gif

    Tapi trus trang ja q pengen bisa analisisq bs lbh baik kayak mr.inoshi ma chris.
    Tapi gak papa. Q kan jdkan ni sbg motivasi tuk lbh baik lg...
    Gud work bro! :)
    Btw, si chris kok blum muncul?

    ReplyDelete
  36. bukti plg otentik dari video tadi y brader?
    tapi kok kayanya ada yang aneh y?
    kalo sepintas emang kaya deskripsi ningen gambar yg kedua..
    tapi kalo dicermati,ningen dalam video itu tampak kaku seperti manekin dan terkesan tidak natural,jadi saya beranggapan kalau dalam video itu bukanlah makhluk hidup
    dan kalaupun itu makhluk hidup maka saya tidak akan langsung menyebut sbg gurita atau cumi cumi,
    karena sepengetahuan saya cumi cumi,ketika meluncur,tentakelnya cenderung akan merapat ke belakang(eh,kebelakang ato kedepan yak?palanya d sblh mana si?)
    dan btk tubuhnya lebih mengerucut,
    tidak seperti dalam rekaman yg tidak terlihat adanya tentakel,melainkan sepasang lengan dikedua sisinya..

    terlepas dari video tersebut,saya lebih setuju dgn brader inoshi
    yg menyatakan bahwa kemungkinan ya terlihat oleh para kru kapal tsb adlh giant squid,


    @Brader abzalom:
    tidaklah menutup kemungkinan akan eksistensi dr makhluk cryptyd..
    bukankah definisi dari makhluk cryptyd ialah makhluk yang belum terdokumentasikan dlm sains modern,...dan jika suatu saat tertangkap akan diklasifikasikan,seperti dulu ketika seorang belanda(lupa namanya)datang ke pulau komodo,dia kaget melhat komodo(di belanda cuma ada cicak di indonesia ada moyangnya cicak,hagz,hagz..),dan mengira makhluk itu adalah naga,berarti pada masa itu,komodo juga termasuk dalam kelompok makhluk cryptozoology kan...berarti tidak menutup kemungkinan akan adanya makhlu makhluk ini ,:-)

    -insurgent army-

    ReplyDelete
  37. Saya setuju dengan kamu Mr.Insurgent.

    ReplyDelete
  38. Wah, akhirnya Ningen diposting juga oleh Mr. Enigma.
    Fenomena Ningen ini jadi tiba-tiba tersebar di internet dengan cepat. Ada apa gerangan? Apakah ini hoax? Ataukah ingin mencari sensasi belaka? Atau hm..konspirasi?
    Saya bukan tipe penganut teori konspirasi, tapi JIKA ada indikasi kuat ke arah sana, saya rasa tidak ada salahnya dieksplorasi lebih lanjut.

    Kisah ini benar-benar membuat saya penasaran. Jika diikuti feeling dan kesan saja, saya ingin menganggap ini sebuah hoax. Tapi, apalah artinya jika tanpa didukung bukti dan data.
    Berikut saya ceritakan 'petualangan' saya di dunia maya untuk melepas 'dahaga' penasaran. Ya, jika ada yang kurang cocok, harap maklum, ini cuma investigasi sederhana dengan handphone kesayangan saya, SE W890i (wah, kenapa jadi promosi? ^_^ )

    Oke, mari kita lanjut.

    1.Setelah bertualang dengan Om Google pertama kali ke beberapa situs, saya menyimpulkan bahwa sumber merebaknya kisah Ningen pada awal tahun ini adalah tulisan tentang Ningen di situs pinktentacle.com. Tulisannya dipublikasi pada tanggal 7 Januari 2010. Saya tidak mendapatkan situs lain yang menulis hal serupa dengan tanggal yang lebih awal daripada tanggal publikasi di pinktentacle.com . Yang saya temukan justru tulisan yang sama dengan redaksi yang sama, di beberapa situs lain dan juga blog. Mereka kebanyakan mencantumkan linkback ke pinktentacle.com , tapi ada beberapa juga yang tidak. Tidak masalah, karena situs-situs itu tidak ada yang memposting tulisan yang lebih awal daripada pinktentacle.com. Jadi, saya yakin bahwa sumber kehebohan Ningen di awal tahun ini bersumber dari pinktentacle.com .
    Berikut link ke tulisan tentang Ningen di pinktentacle.com:
    pinktentacle.com/2010/01/ningen-humanoid-sea-creatures-of-the-antarctic/

    2. Sebenarnya cerita tentang Ningen pertama kali bukanlah diangkat oleh pinktentacle.com. Pada point 1, yang saya maksudkan adalah, tidak ada situs lain yang lebih awal memposting tulisan tentang Ningen daripada pinktentacle.com pada awal tahun 2010. Karena pada periode inilah kehebohan tentang Ningen (kembali ?) melanda.
    Bisakah anda menebak situs apakah itu?
    Ya, jika anda menelusuri tulisan di pinktentacle.com, maka anda akan diberikan link ke situs Jepang yang disebutkan sebagai '2channel forum' . Situs inilah yang pertama kali mendiskusikan tentang Ningen. Nanti saya paparkan lebih detail.
    Tapi tahukah anda ternyata ada situs yang tidak berbahasa Jepang, yang lebih dulu mengulas mengenai Ningen daripada pinktentacle.com?
    Saya tersenyum, ketika Mr.Enigma juga menemukan hal yang sama. Situs itu adalah forgemori.com, yang mengulas Ningen pada tanggal 9 November 2007. Berikut link-nya:
    http://forgetomori.com/2007/criptozoology/ningen-a-bizarre-japanese-cryptid/

    Berikutnya saya menemukan situs lain yang juga mengulas Ningen, yaitu disclose.tv. Saya rasa situs ini semacam forum diskusi internet. Terdapat 34 posting/komentar pada tulisan tentang Ningen. Posting pertama pada tanggal 5 Juni 2009. Di situs ini juga dibicarakan kemungkinan Ningen itu adalah makhluk cryptid yang disebut Bloop. Untuk lebih lengkap, silakan kunjungi di link ini:
    www.disclose.tv/forum/behold-the-ningen-a-terrifying-cryptoid-t4782.html

    (Bersambung...)

    ReplyDelete
  39. (Sambungan....part 2)

    3. Hal penting yang perlu diperhatikan, yang pasti dari gambar-gambar yang beredar tentang Ningen di internet (bukan snapshot videonya yang diklaim sebagai Ningen) adalah: semuanya adalah ILUSTRASI saja. Mr.Enigma telah menjelaskan hal ini. Hal ini bisa kita temukan dari tulisan di forgemori.com, berikut saya kutip:
    ''Continue reading for more pictures and even videos. All ARTISTIC ILLUSTRATION, but being Japanese, they are extremely nice, and as imagined sea monsters, they sure are terrifying.'' Pada tulisan di bagian akhir, forgemori.com juga menambahkan:
    ''Acknowledging that, though, we can appreciate what’s surely a nice modern version of the old sea monsters legends. Here are some more ILLUSTRATIONS:..."
    Kemudian kita diberikan beberapa gambar ilustrasi Ningen yang beredar di internet.
    Daftarnya semakin panjang, karena juga ada update gambar-gambar ilustrasi Ningen di bagian yang lebih akhir dari tulisan.
    Semuanya ada di forgemori.com. Silakan tinjau kembali:
    forgetomori.com/2007/criptozoology/ningen-a-bizarre-japanese-cryptid/


    4. Tapi tunggu dulu, bisa saja kan forgemori.com hanya mengklaim begitu saja? Ya benar. Untuk itu kita perlu sumber yang lebih kredibel.
    Di sinilah kita akan mengeksplorasi lebih lanjut tentang 2channel forum yang disebutkan oleh pinktentacle.com sebagai asal munculnya kisah Ningen di internet.
    Saya klik link di pinktentacle.com ke sumber yang dimaksud.
    Cari tulisan ini (warnanya merah) : ''[Read the full Japanese text of the original story that first appeared on a 2channel forum]''.
    Kemudian kita akan dibawa ke situs berbahasa Jepang (lengkap dengan tulisan kanji-nya). Alamatnya adalah ini: homepage3.nifty.com/Daiou3/Ningen.html .
    Apa, tulisan Jepang??!
    Tenang, mari kita gunakan Google Translate. Saya lebih suka versi bahasa Inggris daripada versi Indonesia, karena (menurut saya pribadi) hasil terjemahan dalam bahasa Inggris lebih mudah dipahami daripada versi Indonesia.
    Ini link dari Google Translate setelah menerjemahkan situs itu ke bahasa Inggris:
    translate.google.com/translate?hl=en&ie=UTF-8&sl=auto&tl=en&u=http://homepage3.nifty.com/Daiou3/Ningen.html&prev=_m&twu=1
    Walaupun tidak sempurna, tapi sudah cukup membuat kita paham apa yang tertulis di sana.
    Kita akan menemukan posting oleh seseorang dengan nick 'Mr.bytes' yang menceritakan pengalaman perbincangannya dengan seseorang yang bekerja pada program penelitian paus pemerintah Jepang, yang berinisial 'F'. F menceritakan tentang makhluk besar aneh di Antartika. Deskripsi selanjutnya serupa seperti cerita yang beredar di internet.
    Siapa Mr. F ini? Tidak ditemukan informasi lebih lanjut.

    Tapi, saya rasa tulisan di 2channel forum adalah sebagai joke belaka.
    Mengapa?
    Pada awal tulisan terdapat semacam sarkasme yang mengolok-olok. Saya kutip terjemahan bahasa Inggrisnya:
    ''Why spread this development board two occult Neru-chan "Ningen Hitogata" speak of.
    While the 胡散臭 explosion, was expected to spread to area residents as well as general Oka plate.
    Of course, UMA board so there Sure, entered the state also participated 諸氏 regular site.
    Even the site has been
    developed to involve common situations, such as cross-linked.
    What captivated the hearts of the inhabitants of what, or lack of skills to master literary talent of a hoax.
    No, what's true I was actually just a mixture of realism to the story too ... the first
    order.''

    (Bersambung....)

    ReplyDelete
  40. (Sambungan....part 3)

    Oya, ''Ningen Hitogata'' secara langsung artinya mungkin adalah: 'mirip manusia '. 'Hitogata', saya tidak menemukan artinya dari Google Translate. Tapi saya menemukan kata 'hitogata' dari situs berbahasa jepang yang lain, yang juga membahas tentang Ningen (nanti saya ulas lebih detil). Di sana terdapat istilah 'hitogatabuttai' dalam tanda kurung, yang teks bahasa Inggris-nya tertulis : ''body shape similar to that in
    humans (Hitogatabuttai)''
    Jadi, saya kira yang dimaksud dengan 'Ningen Hitogata' disini adalah 'Ningen' itu sendiri, seekor makhluk raksasa misterius yang mirip manusia, di Antartika.

    Tapi, point yang ingin saya sampaikan adalah: bahwa di 2channel forum itu, pada halaman yang sama, terdapat tulisan yang mengatakan bahwa gambar-gambar Ningen yang beredar di internet hanya ILUSTRASI saja. Anda bisa melihatnya pada bagian bawah.
    Berikut saya kutip terjemahan bahasa Inggris-nya:
    ''Black cat from friends
    And I visited the site.
    "Ningen Hitogata" I looked worrying things
    "Ningen Hitogata" and found
    the picture.
    It is MADE ARTIFICIALLY images sent 一応 clue, I guess.''

    Kemudian diikuti oleh gambar Ningen yang mempunyai tangan. Gambar ini di bawahnya terdapat tulisan:
    ''↑ The author's image, animation, and Kudasaru nice
    touch.''

    Tapi sayangnya di sini hanya ada 3 gambar dari sekian gambar Ningen yang beredar di internet. Point saya adalah: bahwa saya sudah hampir bisa meyakinkan diri saya bahwa gambar-gambar Ningen yang beredar di internet adalah HANYA ILUSTRASI saja. Tapi saya tetap belum puas.


    (Sambungan...part 3)

    5. Ada satu gambar yang membuat saya penasaran, yaitu gambar dari pinktentacle.com yang menampilkan gambar Google Earth tentang objek putih di lautan yang dikatakan sebagai Ningen.
    Berikut fotonya:
    pinktentacle.com/images/10/antarctic_humanoid_1.jpg

    Benarkah objek itu adalah Ningen?
    Saya pribadi menilai itu bukan Ningen, tapi awan. Karena objek itu tampak terlalu putih untuk Ningen yang berada di dalam atau di dekat permukaan laut.

    Tapi, kemudian saya tergelitik. Perhatikan tulisan di sudut kanan bawah gambar. Sepertinya ada kombinasi angka dan huruf Cina atau Jepang yang menyatakan tanggal 14 November 2002. Kemudian di bagian tengah bawah gambar ada tulisan 'Image © 2006 Digital Globe'. Hmm, saya rasa ini adalah gambar milik Digital Globe.
    Hmm..benarkah Ningen dipotret lebih awal? Padahal tulisan yang mengulas tentang Ningen sudah cukup lama jaraknya dari tanggal 14 November 2002. Kenapa setelah sekian lama baru menghebohkan?

    Saya ajak Om Google untuk menyelidiki Digital Globe. Dan saya mendapatkan hasil bahwa Digital Globe adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan gambar-gambar geografis beresolusi tinggi.
    Cek disini:
    www.digitalglobe.com/

    Saya bermaksud hendak mencari clue tentang gambar yang diklaim sebagai penampakan Ningen. Tapi saya cukup kecewa, ketika saya tidak berhasil menemukan gambar itu dan informasinya di situs Digital Globe.

    (Bersambung....)

    ReplyDelete
  41. (Sambungan....part 4)


    Tapi tidak apa-apa. Saya kembali mengamati gambar itu. Kali ini di bagian tengah gambar. Ada jarum yang menunjukkan koordinat objek putih itu, yaitu:
    27 36' 14.48'' S 15 29' 19.77'' E

    Saya kemudian berselancar di Google dengan mengetikkan koordinat itu.
    Hmm, di bagian tengah halaman pertama hasil pencarian, saya menemukan 2 situs Jepang yang memuat koordinat itu. Saya jadi bersemangat! ^_^
    Kedua situs itu adalah:
    www.monomiru.com/2007/08/uma_1.html
    dan
    mayutubahonpo.blog53.fc2.com/blog-entry-10.html

    Tapi entah kenapa situs yang pertama tidak pernah berhasil dibuka oleh Opera Mini saya.
    Tapi untunglah situs kedua berhasil dibuka.
    Karena situs itu berbahasa Jepang aku memakai Google Translate. Ini link-nya:
    translate.google.com/translate?hl=en&ie=UTF-8&sl=auto&tl=en&u=http://mayutubahonpo.blog53.fc2.com/blog-entry-10.html&prev=_m&twu=1

    Dan tahukah anda, ternyata saya beruntung! Saya singgah pada situs yang tepat. Situs itu saya nilai merupakan situs yang menulis tentang misteri dengan data yang bagus. Mungkin bisa juga dikatakan sejenis dengan Blog Misteri Enigma.
    Judul tulisan di situs itu adalah: ''UMA Ningen captured in Google Earth''
    Saya kira UMA adalah singkatan untuk makhluk cryptid. Saya cari di Google, tapi tidak mendapat hasil apa yang dimaksud dengan UMA. Karena ada kategori posting UFO dan UMA, saya rasa UMA adalah singkatan dalam bahasa Inggris. ini hanya buatan saya saja: UMA = Unidentified Mysterious Allien.. Yah, diperbolehkan tertawa disini ^_^

    Situs ini juga memberikan konfirmasi bahwa koordinat objek putih pada gambar Google Earth berlokasi di Pesisir Namibia di Afrika. Sebelumnya saya juga mendapatkan info yang sama dari komentar seseorang bernama 'Rick' di situs forgemori.com . Anda bisa temukan komentarnya di bagian paling bawah.
    Berikut saya kutip:
    ''Rick June 30th, 2009 6:34 pm
    Yeah I looked up that last pic on google earth and that area is full of masses that are
    white, and they ’re all different shapes. And that was off the coast of Namibia not Japan, plus why do they all look different? Some have arms, some don ’t, some are smiling, and some look menacing…..
    FAKE!!''


    Sekarang PERTANYAAN yang harus diajukan: Mengapa Ningen bisa berada di Pesisir Namibia? Bukankah seharusnya di Antartika?
    Memang terasa aneh. Tapi bisa saja dijawab dengan: ketika itu, kebetulah Ningen sedang di Pesisir Namibia. Jika paus saja bisa migrasi, kenapa Ningen tidak?

    Yah, kita tinggalkan saja pertanyaan dan jawaban debatable itu.
    Karena pointnya bukan itu. Di situs misteri Jepang itu terdapat jawaban logis mengenai apa objek putih di gambar Google Earth itu. Dan seperti yang saya duga, ternyata objek putih itu BUKAN Ningen tapi adalah awan putih. Alasannya adalah karena jika itu Ningen, maka seharusnya warna putihnya tidak seterang yang pada gambar. Situs itu juga memberikan contoh gambar paus putih di laut yang di ambil dengan satelit Google Earth.
    Ini gambarnya:
    blog-imgs-19.fc2.com/m/a/y/mayutubahonpo/20090227142846.jpg

    Saya kira apapun benda objek putih itu, yang jelas adalah itu bukan Ningen atau paus. Tapi bisa jadi awan atau arus/buih air laut. Jadi pendapat Mr. Enigma juga bisa benar.

    (Bersambung....)

    ReplyDelete
  42. (Sambungan....part 5)

    6. Dalam situs Jepang yang sama
    (translate.google.com/translate?hl=en&ie=UTF-8&sl=auto&tl=en&u=http://mayutubahonpo.blog53.fc2.com/blog-entry-10.html&prev=_m&twu=1)
    saya juga menemukan ada 3 tulisan tentang Ningen. Silakan perhatikan di bagian kiri atas halaman, pada kategori UMA. Satu sudah kita bahas. Dua lagi adalah sebagai berikut:
    1. Mengenai gambar-gambar Ningen yang beredar di internet adalah ILUSTRASI saja, dapat anda baca di sini:
    translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=en&ie=UTF-8&sl=auto&tl=en&u=http://mayutubahonpo.blog53.fc2.com/blog-entry-15.html&prev=_m&rurl=translate.google.com&twu=1&usg=ALkJrhiGOL_ehbO8pZlI6E7HHldCChVtnw#15
    Dengan tambahan data ini, dugaan-dugaan kita bahwa gambar-gambar yang beredar di internet adalah palsu, menjadi lebih meyakinkan.

    2. Mengenai video tentang Ningen di situs-situs berbagi, seperti Youtube, ternyata juga mendapat perhatian. Situs ini mengatakan tingkat kepalsuannya (Fake Degree) adalah 60 persen.
    Baca di sini:
    translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=en&ie=UTF-8&sl=auto&tl=en&u=http://mayutubahonpo.blog53.fc2.com/blog-entry-2.html&prev=_m&rurl=translate.google.com&twu=1&usg=ALkJrhjUaWrho5RXbu7fGD291tyD2tHfNw#2


    6. Sekarang saya akan beralih ke masalah video yang diklaim sebagai penampakan Ningen.
    pinktentacle.com memberikan link video Ningen di Youtube.com.
    Ada 2 video.
    Yang pertama, berjudul nin1:
    www.youtube.com/watch?v=5wWHLT0Idpw

    Dan yang kedua berjudul nin2:
    www.youtube.com/watch?v=bc2bAbQWBFM
    Keduanya diupload oleh seseorang dengan nick 10jon. Jika anda melihat profilnya dia berlokasi di Jepang. Di antara beberapa video mengenai Ningen di Youtube, 2 video ini memiliki viewer terbanyak. Yaitu 425 ribu dan 375 ribu jika dihitung secara kasar.

    Mari beralih sejenak ke 2channel forum. Ketika kita membuka situs itu (translate.google.com/translate?hl=en&ie=UTF-8&sl=auto&tl=en&u=http://homepage3.nifty.com/Daiou3/Ningen.html&prev=_m&twu=1)
    Di sini kita akan temukan link upload video Ningen. Lihat di bagian bawah halaman. Kedua video itu diupload di situs Vume.com.
    Tapi sebelumnya, dikatakan bahwa link video yang lama sudah mati, dan video yang baru telah diupload di Vume.com. Ini saya kutip:
    ''I (Igarashi) from Mr. Nice to meet you.
    I found a video from 2ch
    Ningen. (Made perhaps)
    ↑ 2005.8 UPDATES FOR BROKEN LINKS
    Furthermore, the DEAD LINK
    UPDATED TO 2007.5
    Is Igarashi.
    Is capped by the e-mailed them about the video before Ningen.
    Ningen's NEW VIDEO came out
    and forgot the time.
    THE SOURCE is 2ch. My guy is the one sent previously.
    What kind of free neta Hey.
    Personally I'm not happy neta.
    Please ask me ... (by the site
    administrator)
    1 Http://Www.vume.com/
    Videos/View/1070
    ★ and then click Start.
    2 Http://Www.vume.com/
    Videos/View/4826 ''

    (Bersambung....)

    ReplyDelete
  43. (Sambungan.....part 6)


    Kita lanjut dulu. Saya rasa ini adalah sumber video yang berada di Youtube dan situs lainnya, yaitu di 2ch (saya yakin maksudnya adalah 2channel forum).
    Dari data di atas kita bisa menyimpulkan:
    1. 2 (atau sebenarnya cuma 1) video tentang Ningen pertama kali beredar di 2channel forum.
    2. Video itu kemudian diupload di suatu situs (misal situs X) SEBELUM bulan Mei 2007.
    3. Tapi kemudian karena sesuatu hal, link video itu mati.
    4. Kemudian video baru diupload ke Vume.com pada bulan Mei 2007.

    Sekarang, coba kita perhatikan 2 video Ningen yang diupload di Youtube. Di bagian kiri bawah video, ada tulisan 'eefoof'. Nah itulah clue-nya. Saya rasa eefoof adalah situs tempat upload 2 video Ningen yang ada di 2channel forum untuk PERTAMA KALI, alias situs X.
    Kemudian saya cari di Google, kata kunci 'eefoof'. Dan eureka! Saya menemukan info tambahan. Di sini:
    www.prweb.com/releases/2007/05/prweb526825.htm
    Judul tulisan di situs itu adalah: ''View This! eefoof Relaunches as "VuMe" ''.
    Artikel itu dipublikasi pada tanggal 23 Mei 2007.
    Nah sekarang bisa kita tarik kesimpulan bahwa penyebab kerusakan link video yang diupload di situs upload yang pertama (situs X, eefoof) adalah karena situs eefoof diluncurkan ulang menjadi Vume.com, yaitu pada atau sebelum tanggal 23 Mei 2007.
    Setelah, Vume.com fungsional, maka video baru diupload lagi.

    Tapi sayang, sekarang vume.com sudah tidak bisa di akses. Tapi untunglah ada seseorang dengan nick 10jon mendapatkan video itu dan menguploadnya ke Youtube. Tanggal uploadnya adalah: 10 November 2006, yaitu pada saat situs eefoof masih aktif. Makanya pada video Ningen di Youtube terdapat tulisan 'eefoof' dan bukan 'vume.com'. Kenapa bisa ada tulisan yang dilampirkan pada video di eefoof? Saya rasa ini adalah salah satu kelebihan situs eefoof.

    Sekarang kita bisa YAKIN bahwa 2 video yang diupload oleh 10jon adalah video asli dari 2channel.

    8. Nah sekarang kita bisa dengan yakin menilai video Ningen di Youtube.
    Di sinilah letak MISTERI yang sebenarnya. Kita tidak punya alat bukti langsung untuk menyatakan video itu palsu atau asli.
    Di sini kita akan memainkan logika dan beberapa info yang telah kita dapatkan sebelumnya.

    1. Kita asumsikan dari awal sebagai 2channel forum adalah situs dengan alamat: http://homepage3.nifty.com/Daiou3/Ningen.html
    Dimana ke situs inilah kita di bawa setelah klik link sumber utama tulisan di pinktentacle.com. Inilah kejanggalannya: Anda bisa perhatikan alamat situs itu tidak mengandung kata '2channel forum' sedikitpun.
    Dan juga komentar ini pada awal tulisan di situs itu:
    ''I (Igarashi) from Mr. Nice to meet you.
    I found a video from 2ch
    Ningen. (Made perhaps)''
    Seseorang yang mempunyai nick Igarashi menemukan SATU video Ningen dari 2ch (2channel) dan diposting di http://homepage3.nifty.com/Daiou3/Ningen.html.
    Igarashi juga tidak yakin keaslian video itu. Ia mengira video itu bisa saja REKAYASA.

    2. Hanya 1 video yang berasal dari 2ch. Dan itu pun tidak bisa dipastikan keasliannya.

    3. Saya menemukan bahwa memang ada penelitian paus di Antartika oleh pemerintah Jepang, disini:
    www.au.emb-japan.go.jp/e_web/news/whaling.html
    Tapi saya tidak menemukan info tentang Ningen di situs itu.

    (Bersambung.....)

    ReplyDelete
  44. (Sambungan..... part 7)


    4. Saya juga tidak menemukan artikel-artikel tentang Ningen di media-media mainstream seperti National Geographic, BBC, CNN , New Scientist.

    5. Jika video ini diambil secara tidak sengaja pada saat pengamatan paus, mengapa kualitas gambarnya jelek sekali? Bukankah diperlukan kamera dengan resolusi dan ketajaman tinggi untuk dapat mempelajari paus-paus?

    6. Video Ningen nin1 yang diupload oleh 10jon di Youtube terdapat beberapa keanehan:
    A. Bagian tubuh objek (ningen) tidak ada yang bergerak, tapi kaku dan hanya mengambang begitu saja. Ikan paus saja menggerakkan siripnya di dalam air.
    B. Kamera yang dipakai tidak memakai aksara Jepang sedikitpun. Jika video itu asli, bukankah pemerintah Jepang seharusnya mempergunakan produk dalam negeri?

    C. Dengan apa video itu diambil? Bukankah videonya diambil dalam laut? Dengan menyelam? Atau dengan kapal selam?
    Kalau dengan menyelam, kenapa tidak tampak gelembung-gelembung oksigen penyelam di sekitarnya?
    Jika dengan kapal selam, tentu ada bagian kapal selam seperti yang ikut terekam bukan?
    Terkadang pertanyaan kita terjawab oleh pikiran kita sendiri. Berikut contohnya:
    Q: mengapa lautnya tidak biru?
    A: karena video itu diambil pada malam hari.
    Q: mengapa ningen bisa tampak pada malam hari di dalam laut?
    A: karena menggunakan kamera night vision.
    Q: mengapa tidak terlihat gelembung oksigen atau bagian kapal selam yang terekam?
    A: karena menggunakan kamera bawah air yang dikendalikan jarak jauh.
    Q: apakah bisa menyelam di laut Antartika yang sangat dingin?
    A: bisa, menggunakan baju selam khusus, silakan baca ini:
    www.divediscover.whoi.edu/expedition10/hottopics/colddiving.html
    Q: tapi, kan ada batasannya. Berdasarkan artikel itu, penyelam tidak bisa menyelam terlalu dalam karena tekanan air akan menghancurkan insulasi udara, dan akhirnya bisa hipotermia?
    A: ya, itu adalah kelemahannya. Paus tidak selamanya berenang di permukaan. Mungkin begitu juga ningen.
    Q: benarkah semua itu benar-benar terjadi? Sebab tidak ada data pendukung?
    A: bisa saja terjadi, walaupun tidak ada data pendukungnya. Ia hanya tidak bisa dibuktikan.


    Saya juga telah berusaha mencari bagaimana penelitian paus oleh pemerintah Jepang dilakukan. Apakah dengan mengambil gambar dengan kamera
    khusus? Ataukah dengan kapal selam? Ataukah dengan menyelam?
    Saya tidak/belum berhasil menemukan info tentang ini.
    Bahkan di website resmi seperti di bawah ini juga tidak ada (atau sebenarnya ada, hanya saja saya yang tidak menemukannya).
    www.whaling.jp/english/iwc.html

    www.au.emb-japan.go.jp/e_web/news/whaling.html


    Ataukah ini konspirasi?
    Ada 2 kemungkinan:
    1. Ningen itu ada. Tapi dirahasiakan.
    Pertanyaan: dirahasiakan oleh siapa? Pemerintah Jepang? Kalau begitu, mengapa hanya pemerintah Jepang saja yang tahu? Apa untungnya Jepang merahasiakan ningen dari dunia? Bisakah Jepang menyembunyikan keberadaan ningen sampai selama ini?

    2. Ningen itu memang tidak ada. Tapi, pemerintah Jepang ingin mengalihkan isu perburuan paus yang sangat disorot oleh dunia itu. Makanya pemerintah Jepang membangun kesan bahwa ningen itu ada, tapi mereka dirahasiakan.
    Pertanyaan: apakah dengan pengalihan semacam itu akan berhasil mengalihkan sorotan dunia?? Saya rasa tidak.

    Teori konspirasi yang saya ajukan juga menghadapi pertanyaan-pertanyaan sulit untuk dijawab.
    Ini menjadikan teori konspirasi menjadi sangat sulit dipertahankan.

    Hmm, bagaimana dengan allien atau sejenisnya?
    Hm, saya rasa dalam kisah ini kita tidak punya clue sama sekali.


    KESIMPULAN?

    Jika disimpulkan NYATA vs. HOAX, maka saya memberi skor 5 vs 95 ^_^


    Ps: maaf tulisan saya jadi panjaaang sekali ^_^v

    ReplyDelete
  45. buat myheart2105 :

    thanks kamu menemukan videonya, kemarin saya tidak sempat searching lama di google.

    saya sudah mengatakan bahwa rumor ini bisa saja terbentuk ketika kapal peneliti paus tersebut melihat pertama kalinya penampakan cumi raksasa. Padahal niat mereka kan meneliti paus? lagian sebelumnya dikatakan belum pernah ada yang mengabadikan kehidupan cumi ini. Mungkin mereka terkejut ketika pertama kalinya melihat itu. lihatlah di awal-awal videonya, bukankah obyeknya terlihat begitu putih?

    mungkin ketika pertama kalinya melihat, para kru jepang bertanya-tanya makhluk apa itu...mereka saling berandai-andai dan menciptakan imajinasi mereka menurut pandangan mereka. meski akhirnya cumi itu tertangkap, namun imajinasi awal tersebut sudah bisa dikemas menjadi sebuah obrolan hyperbolik asyik mengenai makhluk aneh sebagai oleh-oleh para kru di darat.Kita semua tahu betapa hebatnya efek omongan, gossip dan bualan yang meluas....

    Mengenai cumi yang tidak ada di antartika, saya kira, saya juga belum melihat secara faktual bahwa ningen benar-benar dilihat di antartika....but sekedar tahu saja, bahwa salah satu teman giant squid yang bernama colossal squid juga sering dipanggil sebagai Antarctic...

    mengenai video yang ditampilkan oleh bang enigma, menurutku itu lebih tampak sebagai bangkai burung camar yang mengambang direkam dengan alat rekam yang jelek

    ReplyDelete
  46. Saya baru tau soal cumi yg disebut antartic. Bagus sekali inoshi. Utk chris, my God, kamu menulis semua itu dgn opera mini ? Anyway. Good job. Kamu memeriksa sampe ke akarnya.

    ReplyDelete
  47. wakakakaka...........mau tahu ningen itu apa...coba cek postingan saya...

    http://mbahware.blogspot.com/2010/03/ningen.html

    ReplyDelete
  48. Allow Mr. Enigma.. comment saya kali ini bukan membahas hal diatas. . .maap. Gue cuma ingin mbok ya pilihan profile yang comment diperluas misalnya pake nama atau email. . nggak hanya anonymous. . biar lebih saling mengenal komunitas di blog ini. kok sepertinya nama yang muncul special yang punya blog saja,yang lain kan kacian.(atau Gue sendiri yang nggak ngerti ? maap )gimana bung. . . ?
    kalo saya yang kliru mohon petunjuk . . maklum gue newbie di dunia ini. biasanya cuma baca-baca doang. tapi setelah mengenal blog anda sepertinya tangan ini gatal kalo gak comment... gitu aza thanks. . .met berkarya . . .__G 7039__

    ReplyDelete
  49. Sebenarnya, pilihan identitas komentar sdh ada kok. Sewaktu komen, dibwh ada kotak "comment as". Bisa masukin nama, email atau blog yg bersangkutan. Tp semua tergantung dgn yg kasih komentar, apakah mrk mau menyebut identitasnya atau tdk. Apapun keputusannya, saya hormati, bhkn walaupun anonymous.

    ReplyDelete
  50. jangan- jangan hoax lagi. Dan kepengaruh dari anime Evangelion. sadar ngga kalo bentuk badan Ningen ini rada mirip dengan Adam dan Sachiel, di Evangelion 'You're [not] Alone'...

    ReplyDelete
  51. Myheart2105 berkata...

    Wow,,dah rame aja neyh pmbahasan ningen :)

    Asiikk, komenq direply ma inoshi.. :)

    @inoshi: oh, bgtu ya. Q br tau da sodarax giant squid. Oya, apa antarctic tu jg sgede giant squid? Tunggu bntar, giant squid ama arctic makhluk yg brbeda??, kalau ya, brarti yg inoshi maxud yg jd tersangka ningen (halah! tersangka.. :p) tu arctic ya, bukan giant squid?
    Kalo sama, brarti data d wikipedia salah dunk? Kan shrusx jg ada d ktub selatan giant squidx, soalx kt inoshi arctic kan jg ada disana?
    Hmm..bngung *_*
    Ya, soalx aneh aja, wqtu k buka wikipedia kyknya gmbr bola bumi yg mnunjkkan pnyebaran giant gak mndkg teorix inoshi...*_*

    @chris: busyeet..7 kmentar berturut2??
    Q salut lg ma usahax chris. Mm..q gak kbyang dech, gmana cr dapetin data2, disusun, n dianalisis smpe kyk gt n_nv

    Btw, posting kmentar segitu bnykx pke operamini?
    Gak bgkak tuch jarix bro?


    @mr Enigma: q br kale ini lihat mr. Enigma bilang 'my God' hehehe....:)

    @mbahware: q dah kunjungi tulisan ningenx mbah. Bagus :)
    Q jg dah ninggalin komen, dibls yach,,,

    ReplyDelete
  52. hi bang enigma,,
    aq lala nih,,
    sbnernya aq ud kirim comment,, tp mungkin gagal kekirim cz networknya lg err..
    oh,, iy mo tanya nih,,
    ningen kan katanya dari antartika,, tp qo cuma di expose-nya sama orang2 jepang c??
    ap yang lain ga tau???
    o'iy,, aq sbelumya riquez riwayatnya vlad tepes ma bang enigma,, apa ada kaitannya sama tokoh dracula karya Bram Stoker???
    mohon dibahas ya,,
    txx...

    ReplyDelete
  53. Iya. Itu juga pertanyaan. Mungkin kebetulan cm awak kapal jepang itu yg melihat. Hehe.

    ReplyDelete
  54. liat si ningen ini saya jadi ingat evangelion... mirip banget sama "adam"....


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  55. Artikel keren lainnya :D. Aku suka banget baca blog oom enigma, sampe hampir tiap hari ngecek kalo" ada artikel baru. Tapi, kayaknya ada yg berubah ya. Tampilannya jadi mendatar kalo diliat dari hape. Aku jadi susah bacanya, trus kalo pake tampilan hape (yg udah disediakan), gambarnya malah ga keluar. Kira" bisa ga tampilannya jadi ga terlalu mendatar gitu? Kalo ga bisa juga gpp, sih.
    Thanks.

    ReplyDelete
  56. Saya sudah jawab di sidebar tengah paling atas.

    ReplyDelete
  57. Buset... akhirnya ningen muncul di enigma.. hehe.. saya sudah keliling2 nyari ningen, isinya kurang lebih sama dengan yang di ulas bang enigma. mungkin karena makhluk ini baru2 dikenalin di internet. tapi namanya misterius, tetap aja terliat nyaris hoax..

    oia.. komen2 diatas pada cadas2 semua euy, kerenlah.. besok2 pada next posting bang enigma cukup kasih judulnya aja, biar komentator yang membahasnya hahahhaa.... sukses enigma.!!!

    ReplyDelete
  58. thank ya om sdah menampilkan link ke blog saya!!! semoga tmbah sukses aja ya om. Makasih bngt lho...

    ReplyDelete
  59. akhirnya dibahas juga soal ningen.....

    ReplyDelete
  60. oh iya.. klo ningen itu ada. kira2 dy mamalia, reptil ato ikan ya ? trus dy jadi mirip manusia karna apa ? klo evolusi, kok bentuknya aneh ?

    ReplyDelete
  61. Ni John Doe,
    Ikan pari juga mengalami siklus menstruasi. Dulu sewaktu saya kerja di daerah pelabuhan, saya sering mekan siang dengan daging pari goreng. Maklum saat itu gaji pas2an, harga satu porsi dengan secuil daging ikan pari lumayan untuk mengenyangkan. Tapi semenjak mendengar cerita dari teman saya, saya tidak mengkonsumsi lagi daging ikan pari. Menurut teman saya, kadang ada nelayan yang berhari2 di lautan dan "kesepian", suka melampiaskan hasrat seksual pada ikan pari, karena organ ikan tersebut mirip dengan manusia.

    ReplyDelete
  62. lala said,,
    buat "Ni john doe"..
    baca komennya jd merinding gimana gitu!!!
    apa bener ya??
    mungkin klo lain kali aq makan ikan pari, aq pikir2 dlu dh!!!

    ReplyDelete
  63. bang enigma tolong dong informasi tentang godzilla

    ReplyDelete
  64. buat lala dan ni john doe:

    ikan pari bukanlah mamalia or primata

    tidak ada ikan pari yang menstruasi

    ReplyDelete
  65. aduh2, ikan pari koq menstruasi sih ==" fisiologisnya beda.

    analisis om chris panjang bgt, tp cukup memuaskan rasa penasaran ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kayanya om Ni John Doe bener deh, soalnya kalu Pari organnya hapir sama kaya manusia, jadi kemungkinan Ningen lahir dari ikan pari yang dibuahi si nelayan 'kesepian' , so ningen pun lahir dengan bentuk awal mirip ikan pari tapi punya tangan (pencampuran DNA) kemudian Ningen pertama itu kawin silang sama ikan duyung , jadi ada bentuknya yang beda-beda gituloh (menurut q gitu (umurku 12 ) )

      Delete
  66. Aku barusan trdampar kesini. Pas cari2 info ttg ningen yg bkin pnasaran. Banyak blog yg me-refer ksini.
    Ulasannya mantap. Beda dgn artikel2 ningen yg prnah kubaca.
    Komentar2 dsini kritis dan bagus2.
    Sempat kaget bc komen Chris di atas. Waduh..detail banget, benar2 dikupas ke akar2nya. Dan aku puas.
    Katanya pake hp+opera mini ya?
    Waduh, gak repot tuh? Gmana cr copy-paste link dan mengutip kata2 spt dlm kmennya chris?
    Aku jg pake opera mini. Yg versi 5 beta 2. Tapi cuma bs copas di dlm operamini aja. Kalau lgsg ke kotak komentar kayaknya sulit, dan repot. Atau jangan2 mang hp SE w890i support copy paste?? Aku gak tau, soalna gak pake SE.
    Trus gmana caranya nonton video di Youtube? Pake 3g, kalo bs pasti pulsa lgsg amblas tuh.
    Gak habis pikir...ck..ck..ck..

    @bang Enigma: gmana buat tulisan yg bagus dan brkualitas spt tulisan2nya bang Enigma??

    ReplyDelete
  67. Caranya adalah dengan banyak menulis. Semakin banyak, semakin terbiasa. Jangan biasakan copy paste karena kamu harus menulis dengan cara berpikir kamu sendiri. Dan terakhir, Selalu melihat sisi lain sebuah persoalan.

    ReplyDelete
  68. itu paus beluga kali... soalnya kan beluga warnanya putih, udah gitu mamalia lagi.

    ReplyDelete
  69. hmm..menarik nih bang enigma, soalnya menurut gw itu mirip bgt sama musuhnya Evangelion (kartun jepang) di episode pertama, coba cek di google deh...

    salam

    ReplyDelete
  70. Memang betul. Banyak yang bilang begitu. Karena itu ada yang bilang kisah ningen ini terinspirasi dari Evangelion.

    ReplyDelete
  71. Hai John Doe lagi nih,
    Teman aku yang bilang kalo ikan pari mengalami menstruasi. Udah saya konfirm ma teman saya tuh, katanya bener kok ikan pari mengalami siklus menstruasi.
    Tapi tepatnya coba tanyakan ama bung enigma deh..

    Bung enigma.. ikan pari mengalami menstruasi gak bung? (hehehe.. makin lama makin jauh dari tema-nya ..)

    ReplyDelete
  72. Ikan pari tdk bs menstruasi krn dia bukan mamalia. Tp memang ada mitos itu diantara pelaut krn ketika ikan itu mau dibersihkan utk dipotong, ia kadang mengeluarkan bnyk darah. Tapi, itu bkn darah menstruasi.

    ReplyDelete
  73. setuju sama yang bilang ningen terinspirasi dari manga Evangelion (Eva, Angel, and Lion.... hehehehe..)

    muuiiiriip sama angel pertama tapi angel pertama ndak punya kaki.....

    -JV-

    ReplyDelete
  74. Hebat..
    pmbaca baru...
    moHon bimbingannya ^^

    ReplyDelete
  75. Mirip Dementor yang terlalu tegang. Hahaha..

    ReplyDelete
  76. Makhluk ini mirip dg salah satu Angel, musuhnya Evangelion...

    ReplyDelete
  77. badannya sih emang.. kyk manusia,, tpi kpalanya mn ??

    ReplyDelete
  78. Video-nya nggak bisaaa . .

    ReplyDelete
  79. kalo menurut saya sih, sperti yg tdi mas enigma bilang mungkin hanya bongkahan es, tapi mungkin juga itu adalah spesies paus yang belum diketahui

    ReplyDelete
  80. Ningen,Yeti, Greys, UFO, apakah sebuah pertanda bahwa ini bawah sadar manusia yang merasa kesepian di alam semesta? kalau mereka ada mengapa selalu sembunyi dari manusia? Ataukah kita memang mempunyai habit untuk selalu menemukan teman baru?

    ReplyDelete
  81. videonya rada aneh tu bang enigma
    kalok monster itu di air minimal kan dia harus menggerakan tangan or kainya untuk berenang tapi kog di hanya diam terus tanpa bergerak?

    ReplyDelete
  82. ijin nyimak gan ...
    baru denger pertama kali nih
    hehe

    ReplyDelete
  83. menarik skali!! tapi itu paus beluga bukan?

    ReplyDelete
  84. hmmmm..ketika melihat monster ini,saya jadi ingat Gabadon (seekor monster di serial Ultraman)

    ReplyDelete
  85. Om Enigma,Aku Post Thread Di Kaskus Boleh kan????

    ReplyDelete
  86. Boleh, jgn lupa cantumkan sumber dan linkback ya.

    ReplyDelete
  87. keren juga, btw ada bukti lain ga?

    ReplyDelete
  88. kayak Spirit of Fife lagi terbang ya....

    ReplyDelete
  89. Assalamualaikum...Sbelumnya bung Enigma, maaf saya baru ngasi comment skrng...Padahal jujur saya udah sering banget baca artikel anda...entah sejak kapan.

    Awalnya saya kira ini semacam situs resmi tntang cryptid & folktales...Tp sy kmudian sdar klo ini cm blog cryptid...^^

    Sy mnemukan bhwa artikel2 ini amat mmenarik & ga sprti official site atau artikel cryptid lain yg pernah sy temukan. Ad beragam teori yg tersusun beserta kemungkinan2nnya yg sngat berguna.

    Sy maw izin artikel2 ini sbgai slh satu acuan dlm membuat graphic novel sy...Bolehkah/

    Terima kasih atas perhatiannya.

    NB: Tntang makhluk ningen...Dalam artikel disebutkan bhwa kulitnya halus sprti kulit manusia.Pertanyaannya, bagaimana mungkin seseorang berani bilang demikian padahal menyentuhnya saja belum pernah?

    ReplyDelete
  90. menurutku !
    yag di vidio tuh cuman mainan
    dan siapa saja bisa but tuh mainan
    di masukin ke air trus di rekam

    ReplyDelete
  91. KAYAK POKEMON AJA

    ReplyDelete
  92. wah saya puas ni baca di blog ini ,awalnya saya baca di kaskus, pingin tau lebih lanjut, cr di om google dapet bebrapa blog , tpi tlsan y sama, begitu nemu blog ini saya puas ada ulasan yang berbeda, ditambah ulasan om cris , wihh mantep bro . pke opera mini ?? mantap , jadi tertarik saya menulis blog, bisa sharing wawasan, mas enigma , bisa kirim artikel terbaru nya ke email saya ? heheh .. pingin jadi pembaca setia :)
    bls ya

    ReplyDelete
  93. @video: itu cman gurita gede gan!

    ReplyDelete
  94. wah sempat takut juga ketika baca judul postingan, setelah baca lengkap ternyata cuma ilustrasi hehheehehhe

    ReplyDelete
  95. videonya kok kayak ad setan lewat gitu... itu manusia kan?
    ni video HOAX gan...

    ReplyDelete
  96. bentukmya kok kayak deoxis ya

    ReplyDelete
  97. Ahhh aku ingtkn ianya hanye karut ningen ningen nmanya saja ok nmun ckup untuk membuatkn budk tkut tidur mlm ishhh menyrmkn takut si

    ReplyDelete
  98. kyk Deoxys hahahaha

    ReplyDelete
  99. Hmm....memang masih terlalu sedikit fakta2nya untuk disimpulkan sebagai cryptid. Masuk hoax sajalah :)

    ReplyDelete
  100. makhluk Ningen kayaknya makhluk baru nih di Antartika

    ReplyDelete
  101. video: kyak pari, cuma kyk pinguin juga(kurang gendutsih) .
    thanks infonya,, keep posting~!

    ReplyDelete
  102. Kayaknya itu hoax . Menurut saya :
    -setahu saya hanya binatang yang hidup di dasar laut ataupun di bawah pasir laut.
    -karena rekamannya kurang jelas , saya rasa itu bisa jadi hanya seekor ikan atau mamalia laut atau apalah .
    Maklum , saya baru kelas 6 dan saya hanya menyatakan pendapat saya di sini .

    Archie_Medan_grade 6

    ReplyDelete
  103. Menurut saya itu hoax...
    Bentuknya tidak pasti dan gambar yang jelas juga gak ada...
    Mungkin saja itu hasil mengarang indah para saksinya...

    ReplyDelete
  104. menurut saya itu adalah orang yang kecebur lalu saat mau keluar malah masuk ke air es





    By
    sandi

    ReplyDelete
  105. kalau menurut ku itu mungkin hewan laut dalam yang belum pernah kita ketahui spesies a,itu kemungkinan saja,masalah a belum banyak yang mengetahui tentang semua makhluk hidup air laut dalam,itu menurut ku ya

    ReplyDelete
  106. hehehe paus? bukan paus?
    mungkin aja cuma hewan spesies baru

    ReplyDelete
  107. Mungkin ningen adalah paus beluga, karena beluga punya beberapa kemiripan dengan ningen yaitu berwarna putih dan berukuran cukup besar, tapi beluga ada di wilayah kutub utara. Mungkin beluganya nyasar ke kutub utara.

    ReplyDelete
  108. Salah satu fotonya juga mirip paus beluga

    ReplyDelete
  109. Mirip ama pokemon yg satu ini ya XD
    http://img.pokemondb.net/artwork/deoxys-defense.jpg

    ReplyDelete
  110. Lihat video itu tiba-tiba jadi keingat deoxys dari pokemon. Bentuknya memang nyaris mirip sih. Deoxys itu ada 3 bentuk dan bentuk ningen ini mengingatkanku pada defense mode nya deoxys. Kepalanya bulat tanganya panjang seperti tentakel dan kaki meskipun kaki ningen tidak begitu kelihatan di video tersebut...

    ReplyDelete
  111. banyak sebenarnya cerita rakyat bahkan di indonesia ... di sekitar perairan kab. Kubu raya kalimantan barat sudah sejak zaman penjajahan sering terlihat oleh penduduk, bahkan beberapa yang berukuran kecil (mungkin anaknya) tersangkut di pukat nelayan setempat jenis sauropod pemakan tumbuhan. Namun tipikal masyarakat kita cenderung menganggap hel tersebut adalah sekedar penampakan (makhluk halus) saja sehingga tidak terlalu membesar-besarkan ... saya senang diskusi ini dan berharap ada forum yang lebih besar.

    ReplyDelete
  112. Ya menarik sekali karena memang 70% lautan bumi masih belum terjamah kita tidak tahu mahluk misterius apa yg mendiaminya seperti banyakna mahluk aneh di laut dalam dan cumi2 raksasa sebesar 12 meter it still mystery bro but I like the article very Logic :)

    ReplyDelete
  113. bagaimana kalau mahluk itu sy katakan itu alien atau manusiabangsa lain dr planet lain sedang berenang dan menjaga situs yg ada dilaut berupa piramid di laut jepang, mahluk ini bisa saja hasil rekayasa sperti anubisbuatan alien dewa ras mosram di mesir, analisa sy kemungkinan ini salah satu manusia raksasa yg masih eksis ada dan sengaja di hoaxan supaya gak diteliti lgh, bgmna menrut anda...

    ReplyDelete
  114. wahhhh saya baru tahu hewan yang bernama ningen itu..
    itu memang benar adaanya atau hny isu sja gan?
    ko bentukny aneh sepertinya..
    terimkasih ;)

    ReplyDelete
  115. Perasaan ane Bentuknya mirip Pokemon apa gitu lupa ?....

    ReplyDelete
  116. memang ukura makhluk tersebut sebesar apa gan?
    terimakasih ;)

    visit to http://veriska.com/

    ReplyDelete