Sunday, March 7, 2010

Misteri Anak-anak hijau dari Woolpit

Inggris memiliki banyak kisah dan legenda. Kadang susah diterima oleh akal sehat. Misalnya yang satu ini. Kebenarannya diragukan sebagian orang. Tapi sebagian lain mempercayainya sebagai sebuah kesaksian sejarah. Walaupun cerita ini lebih mirip kisah dalam salah satu karya HC Andersen atau JRR Tolkien, namun hingga kini, kisah ini masih banyak dipelajari oleh berbagai kalangan, baik sejarawan, ahli kisah rakyat hingga Cryptozoologyst. Ini adalah legenda mengenai The Green Children of Woolpit atau anak-anak hijau dari Woolpit. 

Legenda ini terjadi di abad ke-12, saat masa pemerintahan raja Stephen (1135 - 1154 Masehi) dan terjadi di sebuah desa kecil di Suffolk yang bernama Woolpit. Nama "Woolpit" mungkin berasal dari Wolfpitt yang berarti lubang/parit besar yang digunakan untuk menjebak serigala yang ada di desa itu.


Suatu hari, para penduduk desa menyaksikan dengan takjub ketika dua orang anak kecil merangkak keluar dari parit itu. Seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki yang lebih muda. Mereka berdua menggunakan pakaian yang aneh dan berbicara dalam bahasa yang tidak dimengerti oleh penduduk desa. Namun, yang membuat para penduduk desa keheranan adalah kulit mereka - seluruhnya berwarna hijau!

Karena tidak bisa berkomunikasi dengan mereka, para penduduk kemudian membawa kedua anak yang terlihat sedih dan menangis itu ke rumah Sir Richard de Calne, seorang tuan tanah lokal. Di rumah itu, mereka tinggal dan diperlakukan dengan baik oleh Sir Richard dan para pelayannya.

Namun, tidak berapa lama kemudian, anak laki-laki itu jatuh sakit dan kurang dari setahun, ia meninggal. Untungnya, anak yang perempuan berhasil bertahan hidup. Sejalan dengan perkembangan usianya yang semakin dewasa, warna hijau pada tubuhnya perlahan menghilang dan berubah menjadi normal. Ia diberi nama Agnes. Kemudian, Agnes menikah dengan seorang bangsawan dari Norfolk dan menggunakan nama Agnes Barre.

Karena nama ini pula, banyak yang percaya bahwa pemegang gelar Earl Ferrers (gelar bangsawan Inggris) yang sekarang adalah keturunan langsung dari Agnes (Salah satu leluhur dari Earl Ferrers bernama Sir John Barre).

Selama di rumah Sir Richard, Agnes belajar bahasa Inggris. Ketika ia sudah lancar berkomunikasi, ia mulai menceritakan bagaimana ia dan adik laki-lakinya bisa sampai ke Woolpit. Ia mengatakan bahwa mereka berasal dari sebuah tempat yang bernama St.Martin yang hanya memiliki sedikit cahaya matahari dan para penduduknya semua berkulit hijau. Sebuah sungai besar memisahkan desa mereka dengan desa lain yang selalu terang benderang.

Suatu hari, ketika mereka berdua sedang membantu ayah mereka menjaga ternak, Agnes dan adiknya mendengar suara lonceng di dalam gua, mereka mengikutinya menuju ke dalam gua sampai menemukan lubang di permukaan tanah (parit) yang sampai ke Woolpit. Saat itulah kedua anak itu terlihat oleh para penduduk desa yang ada di ladang.

Kisah anak-anak hijau ini pertama kali diceritakan oleh penulis abad ke-13 bernama William of Newbridge dan Ralph of Cogestal. William (1136-1198), seorang sejarawan Inggris, menceritakan kisah ini dalam karyanya berjudul "Historia rerum Anglicarum" atau "History of English Affairs" yang menceritakan sejarah Inggris dari tahun 1066 hingga tahun 1198.

Sedangkan Ralph (meninggal tahun 1228) menceritakan kisah ini dalam karyanya "Chronicon Anglicanum" atau "English Chronicle" yang menceritakan sejarah Inggris antara tahun 1187 hingga 1224. Ralph juga mengaku bahwa ia sering mendengar mengenai anak-anak hijau ini dari Sir Richard de Calne sendiri.

Selain kedua sumber utama di atas, kisah misterius ini juga bisa ditemukan sebagai referensi dalam buku-buku abad pertengahan lainnya seperti "The anatomy of Melancholy" yang ditulis oleh Robert Burton pada tahun 1621 dan "The Fairy Mythology" yang ditulis oleh Thomas Keightley pada tahun 1828.

Kisah ini juga beredar dengan beberapa versi yang sedikit berbeda. Ada yang mengatakan kalau sesungguhnya anak-anak hijau ditemukan pada masa pemerintahan raja Henry II, bukan Raja Stephen.

Bagi sebagian orang, kisah ini hanyalah sebuah mitos. Seorang ahli cerita rakyat Inggris bernama Dr.Katharine Briggs menulis dalam "A Dictionary of Fairies" yang terbit tahun 1976 bahwa kisah ini mengandung banyak unsur legenda dan mitos, seperti warna hijau, tanah yang selalu gelap dan dunia bawah tanah. Ia menganggap cerita ini penuh dengan aspek mitologi dan dongeng.

Namun bagi yang lain, kisah ini mungkin benar-benar terjadi. Karena itu beberapa penjelasan berusaha diberikan.

Teori yang paling ekstrem mengatakan kalau kedua anak ini datang dari dunia lain di dalam bumi yang dengan suatu cara menemukan pintu dimensi lain yang telah membawa mereka ke Woolpit.

Teori lain mengatakan bahwa mereka adalah anak-anak alien yang secara tidak sengaja mendarat di bumi. Salah satu pendukung teori alien ini adalah astronom Skotlandia bernama Duncan Lunan. Pada konferensi yang diselenggarakan oleh majalah Fortean Times, ia mengatakan bahwa kedua anak itu adalah alien yang dikirim ke bumi dari planet lain. Teori ini terdengar seperti kisah Clark Kent.

Namun, para penduduk Lokal Suffolk punya teori sendiri. Mereka percaya bahwa legenda ini berasal dari kisah nyata yang terjadi di Waylan Wood.

Menurut legenda, ada seorang pria yang menjadi wali dua anak kecil, seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki.



Pria ini adalah paman kedua anak itu. Untuk menguasai harta warisan kedua anak itu, sang paman meracuni kedua anak ini dengan arsenik dan membuangnya ke hutan. Kedua anak ini tidak mati, namun karena efek arsenik, kulit mereka berubah menjadi hijau hingga mereka berhasil sampai ke Woolpit. Teori ini cukup rasional, walaupun tidak diketahui apakah arsenik bisa mengubah warna kulit menjadi hijau.

Teori terbaru mengenai anak-anak hijau ini diajukan tahun 1998 oleh Paul Harris.

Menurutnya, sebelum masa pemerintahan Henry II, Inggris timur banyak dimasuki oleh para pedagang Flemish (Belgia - Belanda). Ketika Henry II menjadi raja, para pedagang ini mengalami banyak penganiayaan dan pada perang St.Edmund tahun 1173, banyak diantara mereka yang dibantai.

Harris mengatakan bahwa kedua anak itu kemungkinan adalah keturunan para pedagang yang berasal dari desa dekat Fornham St.Martin yang berada hanya beberapa mil dari Woolpit dan dipisahkan oleh sungai Lark.

Kedua anak tersebut mungkin berhasil melarikan diri dari pembantaian menuju hutan Thetford. Hutan itu hanya sedikit menerima cahaya matahari sehingga membuat mereka mengira bahwa mereka berada di daratan yang gelap. Jika kedua anak itu melarikan diri dalam waktu yang cukup lama, mereka akan mengalami penyakit kekurangan gizi yang disebut Chlorosis (Green Sickness) yang membuat kulit menjadi hijau.

Harris juga percaya kalau suara lonceng yang mereka dengar adalah suara lonceng gereja di dekat St.Edmund yang kemudian menyebabkan mereka sampai ke Woolpit. Ketika mereka sampai ke Woolpit, mereka menjadi disorientasi karena lama tidak melihat cahaya. Pakaian mereka yang berasal dari pedagang Flemish dan bahasa yang berdialek Flemish tentu saja akan membuat penduduk desa keheranan.

Teori Harris sepertinya cukup masuk akal dan bisa menjelaskan banyak teka-teki yang meliputi kisah ini. Karena itu teori ini dianggap sebagai teori terbaik mengenai anak-anak hijau dari Woolpit. Namun, soal benar tidaknya teori ini, tentu saja tidak ada yang bisa memastikan.

Apakah anak-anak hijau tersebut benar-benar ada ?

Mungkin kita tidak akan pernah tahu. Bisa saja, legenda ini hanya sebuah imajinasi dari penulis abad pertengahan yang ditulis dengan gaya alegori.

Atau, mungkinkah kisah ini benar-benar terjadi, namun diceritakan dengan dramatisasi ?Jika teori Harris memang benar, agak mengherankan memang. Mengapa kedua anak itu tidak berkata saja : 'Orang tua kami dibantai, kami melarikan diri dan tersesat di hutan'. Mengapa harus ada cerita mengenai daratan gelap, Penduduk St.Martin yang semuanya berkulit hijau, masuk ke gua misterius dan sampai ke Woolpit ?

Menurut saya, kisah ini akan tetap menjadi salah satu dari sekian banyak kisah yang tidak terpecahkan.

Catatan Tambahan :
Green sickness adalah salah satu jenis anemia yang memang bisa menyebabkan warna kulit berubah menjadi hijau. Gejalanya termasuk, kekurangan tenaga, nafas pendek, sakit kepala dan memiliki selera untuk memakan sesuatu yang bukan makanan, seperti garam dan abu.

Selain Green sickness, dalam dunia kedokteran, ada juga yang disebut sebagai Argyria, yaitu sebuah kondisi dimana warna kulit akan berubah menjadi biru, ungu atau abu-abu karena tubuh terkontaminasi oleh elemen perak.

Efek perubahan warna kulit ini biasanya terjadi secara permanen. Tapi pengobatan dengan teknologi laser konon dapat memberikan hasil yang cukup baik.

Baca juga : Kisah Zana - Bigfoot Rusia yang melahirkan anak-anak dari manusia.

(llewellyn.com, mysteriouspeople.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

88 comments:

  1. Klo g salah,ada juga lgenda mnusia biru y bang enigma?klo ksah mnusia biru bnyak yg blng i2 bkn hoax,tp sy g thu jg seh..bhas tntang urantia book y bang?

    ReplyDelete
  2. @van sahryu: Memang ada juga legenda manusia biru yang setengah dongeng. Tapi ada juga satu keluarga besar yang semua kulitnya berwarna biru dan hidup di kentucky hingga tahun 1960an.

    ReplyDelete
  3. Ada yg aneh dg ksahnya,td bang enigma blng klau prbhan wrna klitny prmanen,lantas mngpa wrna kulit agnes ktka dwasa brangsur2 mnjdi nrmal sndri?apakah hnya dgn trkna efek snar mthri,pigmen klitnya brbh?ini yg buat sy hran,he..he.btw,lgnda mnusia biru mgkn sjenis pnykit yg bang enigma blng td,tp ttp msteri bg sy krna pigmen kulit mnusia trnyta bsa termanipulasi,he..he

    ReplyDelete
  4. Yang permanen adalah perubahan kulit akibat Argyria, bukan green sickness. Kalu green sickness terjadi karena kekurangan gizi seperti zat besi. jadi bisa normal kalau gizinya terpenuhi.

    ReplyDelete
  5. nice post bro..
    ohya posting tentang monster danau lagi dong bro enigma..
    soalnya saya suka banget sama monster danau hehe :)
    keep up the good work!!

    ReplyDelete
  6. Sy jd smkin trtarik bt blog msteri jg nih cuz psti msh bnyak msteri2 di dunia ini,tp sy gpnya kmampuan mnganalisis sprti bang enigma,jd..mhon bntuannya y bang,mgkn bila nti ad ksulitan.blog msteri skrg mkin bnyak,tp sdikit skli yg brasal dr hsil krya sndri,bt kmunitas blogger misteri bang,biar mkin rme,he..he.
    Trima kasih sblmnya

    ReplyDelete
  7. Analisa itu tidak butuh otak yang luar biasa. Yang penting kan rajin mencari data, bisa lewat google atau sumber lain. Kebanyakan orang cuma malas saja kok, bukan karena tidak bisa.

    Lagipula, tidak semua blog misteri harus ada analisanya. Coba lihat link-link teman di sidebar tengah yang bagian blog misteri.

    Soal komunitas, sepertinya di blog ini sudah terbentuk juga kan ?

    ReplyDelete
  8. Nice post..btw,mana nih post tntng crop circleny..koq udah jarang

    ReplyDelete
  9. Crop circle memang belum ada yang muncul lagi bro. mungkin satu atau dua bulan lagi.

    ReplyDelete
  10. Blm ad yg bilang : ketigaxxx!!!

    ReplyDelete
  11. mas enigma, kalo lycanthropy tuh beneran ada ga sih?? kayak dracula gtu, dracula kan beneran ada... si vlad itu... selidiki lycanthropy dong... hehehe...

    ReplyDelete
  12. Saya rasa lycant itu cuma fiksi. Sebenarnya dracula itu juga fiksi, cuma dibuat berdasarkan tokoh nyata. Dan saya yakin Mr.Vlad tidak menghisap darah orang dan abadi.

    ReplyDelete
  13. oh gtu ya mas... tapi kayaknya di wikipedia ceritanya meyakinkan banget... apa wikipedia gak selamanya bener ato emang itu kategorinya fiksi?? tapi selama ini saya bikin tugas nyari sumber di wiki bener2 aja... hehehehe...

    ReplyDelete
  14. Saya rasa tidak ada yang pernah mengatakan kalau benar ada drakula yang hidup abadi dan tukang menghisap darah manusia.

    ReplyDelete
  15. wah ini cerita yg pernah saya minta!! :D
    hmm menurut saya si 50:50, tp kemungkinan besar si hanya dongeng, memang tidak ada bukti atau kuburan si agnes atau laki2 manusia hijau itu ?

    ReplyDelete
  16. Saya beri nilai 8 deh buat postingan ini... Hehe..

    ReplyDelete
  17. seperti dongeng nina bobok, ya?
    menilik dari tahun terjadinya, saya kira agak mustahil untuk menemukan fakta atau kebenarannya. Bagaikan sebuah minuman kopi susu, kita tidak bisa memisahkan lagi secara pasti mana kopi dan susunya.

    biasanya sebuah folklore membiaskan antara secuil fakta, sekerat nasehat, serta seember imajinasi liar.

    Namun setidaknya saya menemukan beberapa perbedaan dari cerita ini dan dongeng belaka, yaitu kesederhanaan ceritanya yang mendekati sebuah fakta alami...

    coba kita urai kisah ini:

    1. Saya tidak mendapatkan satupun referensi yang mengatakan bahwa anak-anak tersebut muncul dari sebuah gua besar. Saya hanya mendapatkan keterangan bahwa mereka muncul dari parit penjebak serigala. Namun bila memang benar anak-anak ini muncul dari gua besar, saya kira akan lebih mudah bagi para peneliti untuk mencari keberadaan gua ini yang terhubung ke wilayah st martin.
    2. saya setuju dengan pendapat paul harris, karena itu yang paling memungkinkan.

    berdasar teori p.harris, saya mempunyai asumsi yaitu:

    1. orang tua mereka tidaklah mati terbunuh, itu bahkan sudah dikatakan oleh agnes sendiri, bahwa mereka sedang membantu ayahnya. Saya mengira, mereka adalah sisa-sisa pedagang flemish yang menyembunyikan diri di sebuah daerah (menurut saya daerah berhutan lebat). Para pelarian ini bersembunyi dan mulai bermukim di sebuah daerah yang karena begitu lebatnya, sehingga cahaya mataharipun sulit untuk menembusnya. di sinilah agnes dan adiknya lahir dan tumbuh. Mengenai penduduknya yang semuanya hijau, adalah karena sulitnya mencari bahan pangan di hutan yang lebat dan terisolir tsb. Karena minimnya cahaya matahari dan sulitnya bahan makan, menyebabkan mereka menderita green sickness. Menurut saya makanan yang mampu mereka budidayakan adalah sejenis buncis atau kacang-kacangan hijau. hal ini diperkuat dengan adanya keengganan agnes dan adiknya untuk memakan makanan selain makanan jenis kacang, hingga si adik meninggal karena tidak mampu menyesuaikan diri dengan makanan dan lingkungan baru. Berkebalikan dengan Agnes yang mampu menyesuaikan diri dengan pola makan dan lingkungan baru. Oleh karena itu, agnes bisa sembuh dari penyakit hijaunya....

    bila mereka makhluk angkasa luar yang tersesat ke dimensi lain, saya rasa kulit hijaunya permanen dan tidak akan berubah, kecuali tiap hari mandi cat...

    ReplyDelete
  18. Inoshi : Ya, soal apakah gua atu parit memang meragukan. Kebanyakan sumber memang menyebutkan parit penjebak serigala (wolfpitt). Namun ada satu sumber yang menggunakan kata Gua (cave) yaitu :

    http://hubpages.com/hub/Green-Children-of-Woolpit

    Saya memutuskan untuk menggunakan kata gua karena kisah anak hijau perempuan yang mengatakan bahwa ia masuk ke sebuah gua karena mendengar lonceng. Agak aneh kalau masuk gua lalu keluar dari parit.

    Karena itu saya menggunakan kata gua sesuai hubpages.

    Tapi, setelah dipikir2 lagi, sebaiknya saya koreksi saja supaya sesuai dengan mayoritas sumber. Jadi tulisan di atas sudah saya rubah menjadi parit/lubang penjebak serigala seperti kata Bro Inoshi.

    Thanks

    ReplyDelete
  19. keknya ad yang kurang, pernah saya baca klo mereka cuman makan kacang polong.

    Keknya harris benar. Tapi ya itu dia, agnes ga bilang dia kabur dari pembantaian.

    Kenapa ga diperiksa aja goanya yang di woolpit?

    ReplyDelete
  20. hmmm....legenda yg mnarik....
    trnyta penyakit hijau itu ad y..?

    oiy k'enigma sy lgi posting ttg Catatan Penglihatan Masa Depan, Dr. Ernesto A. Moshe Montgomery di "Blog Misteri Hawkson"...
    bgmn mnrt k'enigma?

    buat teman-teman,mampir y di "Blog Misteri Hawkson"...

    ReplyDelete
  21. mungkin org org di st martin pengidap green sickness semua

    ReplyDelete
  22. benar bang enigma, sulit dimengerti bila hanya sebuah lubang penjebak serigala...

    oh ya, mengenai makanan mereka sejenis kacang, saya koreksi...karena ternyata mereka awalnya juga tidak terbiasa dengan kacang, bahkan menangis ketika pertama kali diperlihatkan...

    lalu makanannya apa ya??

    ReplyDelete
  23. Bang tio : kacang polong itu cuma awal2 waktu baru ditangkap. Seterusnya, mereka juga makan roti. Karena itu warna kulit agnes berangsur2 normal karena dianggap gizinya mencukupi. Karena itu saya tidak menyinggung soal kacang polong karena saya anggap tidak terlalu penting.

    ReplyDelete
  24. @Inoshi : awalnya saja mereka bingung sama kacang. Tapi setelah diberitahu cara membuka kelopak kacang polong, baru mereka mau makan. Di banyak sumber memang disebut mereka hanya makan kacang polong selama berbulan2 sebelum mereka kenal roti.

    ReplyDelete
  25. nah, dosen saya juga pernah bilang bang, kalo yang sering disebut2 orang dracula itu kemungkinan penderita PORPHYRIA. Bgs jg tuh buat dibahas... ^_^

    Trus, mo nanya, organisasi K.K.K tuh misterius ngga bang?? Klo iya, bisa dibahas dong disini? hehehe...

    makasih.

    ReplyDelete
  26. Ya, memang ada kemungkinan itu. KKK sama sekali tidak misterius. Cuma sekumpulan preman rasis.

    ReplyDelete
  27. maksud saya, sebelum mereka ditemukan di woolpit, makanan mereka apa...

    atau anak-anak itu di persembunyian terbiasa memakan makanan yang hanya ada di hutan?

    entahlah....bila saja kedua anak itu diketahui umurnya ketika ditemukan, dan umur berapa anak perempuan itu bisa bercerita mengenai asal dirinya. Karena anak-anak secara psikologis bisa bercerita bohong sesuai imajinasi mereka (white lies)

    ReplyDelete
  28. Ya, soal itu memang kita tidak bisa tahu. Saya setuju kalau anak-anak bisa bercerita dengan cara hiperbolik. Bohong mungkin tidak. Tapi mereka menginterpretasikan sebuah peristiwa dan keadaan dengan imajinasi yang ada di kepala mereka.

    ReplyDelete
  29. kalau diracun arsenik bukannya mati bang??
    mau nanya bang.itu KKK yg ditanyain lalitis, yang ada di lagunya ramones "KKK took my baby away" bukan? kalau iya,ikut request dibikinin artikel donk:D

    ReplyDelete
  30. tq buat postinganya. bung enig, knp gak pindahkan ke facebook aja semua tulisannya. buat fans page / group aja. pasti lbh heboh hahaha ....

    ReplyDelete
  31. om enigma sy ingin anda menyilidiki ttg ini yg br aja d temukan,,,
    http://www.zevs.net/weird-creature-measured-6ft-long/

    ReplyDelete
  32. Saya pernah baca tetang kisah ini, tapi lupa merequestnya sama om enigma. tapi saya sdh puas sekarang..!!

    PEACE!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  33. Akhirnya. Ada posting baru lagi :)
    Mungkin dari awal kisah ini sudah kita anggap 'fairy tale' dgn segala pernak-perniknya. Ya, terlalu fantastis. Kalau sesuatu itu terdengar seperti dongeng dan memiliki ciri2 dongeng, mungkin saja itu dongeng kan?
    Hmm..apapun yg mr.Enigma tulis akan selalu menarik bagi saya ^_^
    Beberapa fakta yg saya temukan:

    1) Terdapat versi cerita yang berbeda-beda:
    -Green children keluar dari gua: hubpages.com/hub/Green-Children-of-Woolpit
    -Green children keluar dari parit perangkap serigala: www.mysteriouspeople.com/Green-Children.htm

    2) Ketika saya mengklik foto papan nama desa Woolpit di atas (yang ada gambar anak hijaunya), linknya adalah ini: myths.e2bn.org/library/1165751436/wool01_mid.teach.jpg
    Saya coba buka website myths.e2bn.org, dan saya menemukan kalimat pengantarnya berbunyi:
    ''Welcome to Myths and
    Legends. This site is for pupils, teachers and all those who enjoy stories and storytelling. The British Isles is rich in myths, folktales and legends.''
    Kemudian saya temukan halaman ini: myths.e2bn.org/mythsandlegends/view_myth.php?id=24
    Hmm..anda bisa tebak bukan? Website (Inggris ?) ini mengklasifikasikan Green Children of Woolpit sebagai myth (mitos). Disediakan ceritanya bagi para guru dan murid sebagai story-telling, dan diberi id nomor 24.

    3) Jika kisah ini dianggap bukan mitos, terdapat beberapa teori yang berusaha menjelaskan. Mulai dari teori alien hingga teori yang dianggap terbaik, seperti teori oleh Paul Harris. Cek beberapa teori itu dan juga teori Paul Harris di sini: www.llewellyn.com/journal/article/175

    4) Beberapa argumen yang menyanggah teori Paul Harris:
    A. Dari sumber yang saya baca, pendapat Paul Harris mengenai Green children melarikan diri ke hutan (Thetford) setelah pengusiran berdarah kelompok flemish oleh raja Henry II(termasuk orang tua mereka) dapat dibantah oleh suatu fakta. Fakta itu adalah: yang diusir dan dibunuh oleh raja Henry II (karena peperangan) hanya golongan merceneries (tentara bayaran) saja. Sedangkan para pedagang dan penenun tidak. Mengenai 3 golongan bangsa Flemish ini (pedagang, penenun, tentara bayaran) dapat dicek di sini: www.houseofnames.com/xq/asp/sId./kbId.65/qx/knowledgebase.htm
    Lanjut, karena yang diperangi/diusir hanya tentara bayaran saja, maka dapat kita pikirkan hampir mustahil para tentara bayaran ini membawa serta anak istri mereka, karena akan sangat berbahaya di medan perang. Oleh karena itu pendapat Harris mengenai 2 anak yang melarikan diri ke hutan dan menjadi hijau, menjadi kurang kuat.
    Saya mencoba mencari data mengenai pengusiran tentara bayaran bangsa Flemish oleh raja Henry II di internet. Hmm, lumayan sulit. Tapi saya menemukannya. File-nya ada di Google Books, tapi sayang tidak bisa dilihat/dibaca (ini yang saya alami). Tapi untunglah saya menemukan info yang menguatkan melalui beberapa baris kalimat dari hasil pencarian google. Kalimat itu berbunyi: ''In fact he expelled all Flemish
    mercenaries from England in 1155 and thereafter they are
    generally found in ranks …''
    Kalimat itu merupakan potongan kalimat dari file di Google Books setelah saya ketik kata kunci ''Henry II expel flemish merceneries'' di Google. Entri hasil pencarian yang menuju kalimat yang saya maksud adalah entri paling terakhir/paling bawah di halaman pertama (Bisa jadi terdapat perbedaan dengan pencarian Google di komputer , karena saya memakai Opera Mini). Sedangkan kalimat itu berasal dari buku di Google Books berjudul ''Henry II: a medieval soldier at war, 1147-1189 By John D. Hosler''. Halaman 120. (Saya tidak bisa melihat preview-nya). Berikut link-nya: books.google.co.id/books?id=h_H2a8PPvjcC&pg=PA120&lpg=PA120&dq=Henry+II+expel+flemish+merceneries&source=bl&ots=TdijjfXYvo&sig=E3uxwTszPUjcOgSR4WnJnrwLxSo&hl=en#v=onepage&q=&f=false

    (Bersambung...)

    ReplyDelete
  34. (Sambungan...)
    B. Teori Harris mengatakan bahwa Green child adalah bangsa Flemish. Seharusnya minimal Tuan Tanah Richard de Calne atau orang-orang di rumahnya, atau tamu-tamunya bisa mengenali bahasa si Green child. Karena bahasa bangsa Flemish ada beberapa: Perancis, Belanda dan Jerman. Silakan cek di sini: en.m.wikipedia.org/wiki/Flemish_people
    Seharusnya orang-orang yang terpelajar dapat mengenali dan mengerti ketiga bahasa itu.

    C. Teori Harris juga mengatakan anak-anak hijau itu bersembunyi di hutan Thetford dan kemudian mendengar bunyi lonceng gereja di sekitar Bury St. Edmund, kemudian mengikuti bunyi itu dan akhirnya sampai di Woolpit. Teori ini mendapat halangan dari faktor geografis. Mengapa? Karena (berdasarkan sumber yang saya baca) jarak antara hutan Thetford dengan Bury St. Edmund adalah 40 km. Dengan jarak sejauh ini mustahil dapat terdengar bunyi lonceng gereja itu oleh Green child. Kemudian, 40 km bukanlah jarak yang memungkinkan kedua anak hijau itu melakukan perjalanan, apalagi dalam keadaan lelah dan kelaparan.
    Saya coba googling berapa jarak antara hutan Thetford dengan Bury St. Edmund. Hmm..saya temukan jarak Thetford (bukan hutan Thetford) ke Bury St. Edmund adalah 11,8 mil atau kurang lebih 18,88 km. Silakan cek di sini:
    www.distance-calculator.co.uk/distance-from-bury_st_edmunds-to-thetford.htm
    Hmm, memang lebih dekat daripada yang saya temukan di sumber saya. Tapi tidak apa-apa, saya yakin sumber saya adalah sebuah website Inggris yang tentu saja lebih dapat dipercaya daripada hasil pencarian/kalkulasi jarak sederhana saya. Saya yakin itu adalah website Inggris, karena ada kata 'colour' yang dipakainya untuk 'warna'. 'Colour' adalah kata Britain English untuk 'warna'. Lagipula saya rasa jarak 18,88 km itu sudah sangat jauh untuk tidak bisa mendengar bunyi lonceng gereja, apalagi untuk ditempuh oleh anak kecil. (Lagipula saya sudah ngantuk untuk mencari lebih detail mengenai jarak itu.. ^_*v)

    D. Berdasarkan ini: www.mysteriouspeople.com/Green-Children.htm
    www.llewellyn.com/journal/article/175
    Ada beberapa fakta yang tidak sesuai. Anak hijau perempuan setelah pandai berbahasa Inggris mengatakan bahwa mereka pada awalnya bersama ayah mereka di pinggir sungai. Sedangkan Harris berspekulasi orangtua mereka dibunuh.
    Kemudian, keterangan si gadis hijau tentang penduduk negerinya yang semuanya juga berkulit hijau. Seolah-olah memberitahu kita itu bukan penyakit/kelainan, tetapi memang demikian warna kulit mereka. Jika didasarkan pada teori Harris, berarti semua orang bangsa anak yang berkulit hijau itu menderita green sickness. Sedangkan green sickness dispekulasikan oleh Harris di dapati oleh kedua anak hijau itu pada saat mereka kelaparan dan kekurangan gizi, ketika berada di dalam hutan Thetford. Jika demikian, apakah semua orang-orang dimana kedua anak hijau itu berasal juga mengalami kurang gizi?? Padahal mereka kan tinggal di hutan lebat (sampai-sampai tidak melihat cahaya)?? Bukankah hutan kaya akan makanan (yg juga bergizi)?
    ---

    5). Yang di atas adalah beberapa argumen yang memberatkan teori Paul Harris, sehingga bisa jadi tidak benar.
    Berikutnya fakta dan logika-logika sederhana yang dapat diamati pada kisah Green child ini:
    1. Anak-anak hijau ini hanya makan beans (kacang buncis) saja. Awalnya ditawari roti mereka tidak mau. Kemudian diberikan kacang buncis, mereka baru semangat makan. Walaupun sempat salah cara memakannya ^_^
    Apakah karena mereka hanya makan buncis, yang menyebabkan kulit mereka hijau? Tentu tidak.
    (Bersambung...)

    ReplyDelete
  35. (Sambungan...)

    2. Jika warna kulit hijau itu karena green sickness, saya menemukan malah green sickness itu khusus pada perempuan, karena berhubungan dengan kehilangan darah saat siklus bulanan. Cek di sini:
    www.encyclopedia.com/doc/1O39-greensickness.html
    chestofbooks.com/reference/The-Domestic-Encyclopaedia-Vol2/Green-Sickness.html
    en.m.wikipedia.org/wiki/Chlorosis_(medicine)?wasRedirected=true

    Jadi, chlorosis (green sickness) tidak dapat diterapkan pada penjelasan untuk anak hijau yang laki-laki dan bangsanya yang laki-laki.

    3. Saya (pribadi) tidak setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa penyakit green sickness itu diakibatkan oleh kekurangan gizi karena hanya mengkonsumsi beans (kacang buncis) saja. Kenapa? Karena green sickness adalah penyakit hypochromic anemia (wikipedia) karena kekurangan zat gizi pembentuk hemoglobin, yaitu besi. Sedangkan besi banyak terkandung dalam kacang buncis. Zat besi juga banyak terkandung dalam daging, hati, kacang-kacangan serta tumbuhan berdaun hijau.
    Silakan cek di sini:
    www.vrg.org/nutrition/iron.htm
    www.lautanindonesia.com/serbarasa/artikel/in-topic/5-sumber-energi


    6) Teori para penduduk setempat yang menganggap kisah ini terinsipirasi dari kisah nyata (sang paman meracuni kedua keponakannya dengan arsen untuk mendapatkan harta warisan) , saya rasa juga kurang tepat, karena keracunan arsen (dalam dosis tinggi) berakibat fatal (kerusakan paru-paru, ginjal, gangguan kardiovaskular) dan dapat seketika menyebabkan kematian. Dalam dosis yang lebih rendah, dapat menyebabkan mual, muntah, perdarahan saluran cerna, gangguan pigmentasi berupa hiperpigmentasi (kulit kecoklatan/kehitaman, karena kelebihan melanin atau terwarnai oleh senyawa arsen, jadi warnanya bukan kehijauan).
    Silakan cek di sini: www.greenfacts.org/en/arsenic/l-2/arsenic-7.htm

    mukono.blog.unair.ac.id/2009/09/09/arsen-as-dampak-terhadap-kesehatan-serta-penanggulangannya-prof-drdrhjmukonomsmph/


    Beberapa spekulasi yang mendukung kisah Green Child of Woolpit ini bukan mitos (nyata) sudah dapat ditunjukkan kelemahannya. Sehingga menjadikan kisah ini benar-benar seperti dongeng. Satu lagi, saya juga menemukan kisah 'anak-anak hijau' dalam dalam versi yang berbeda tapi jalan ceritanya sama, yaitu kisah anak-anak hijau di Spanyol tepatnya di Banjos. Dan kisah ini terbukti palsu, karena 'Banjos' adalah daerah fiktif, tidak ada di Spanyol sama sekali.
    Silakan cek di sini:
    unveiledsecretsandmessagesoflight.blogspot.com/2009/08/green-children-of-banjos.html
    Dan di sini juga (pada bagian akhir, tips: cari kata 'Banjos', dengan komputer tekan Ctrl+F, operamini 5 beta 2 tekan #,3):
    www.mysteriouspeople.com/Green-Children.htm

    Oya, hampir lupa. Website sumber saya yang saya jadikan panduan dalam membantah teori Paul Harris adalah website milik Inggris (saya yakin), dan sudah berkali-kali saya tuliskan ^.^, yaitu ini: www.mysteriouspeople.com/Green-Children.htm

    Nah sekarang, jika suatu cerita terdengar seperti dongeng dan memiliki ciri-ciri dongeng, jangan-jangan itu memang dongeng..^_^

    Bagaimana menurut anda?
    Selamat malam,,hoaheemm... 3_3zZz...

    ReplyDelete
  36. Myheart2105 berkata...

    Mantabs! Sdh ada postingan br lg neyh...stlh smpt absen bbrp hr :)

    Kalo aq bc emang kyk crta dongeng tulen..hehehe..
    Knapa gak balik aja kdunia asalnya aja?? Ini malah sempat2nya menikah :p

    Q rasa crita ni mirip kayak crita2 peri atau goblin yg brwarna hijau..

    Q ada yg mo disoroti, yg ini:
    '' Jika kedua anak itu melarikan diri dalam waktu yang cukup lama,
    mereka akan mengalami
    penyakit kekurangan gizi yang disebut Chlorosis (Green
    Sickness) yang membuat kulit
    menjadi hijau.''

    Q bngung, maxudx 'dlm waktu yg ckp lama' tu brapa lama?
    Kalo utk badanx jd ijo2 semua mestix kan emang lama banget..mgkn berbulan2.
    Stlh q bc2 d wikipedia, katanya green sickness itu adlh sjenis pnyakit anemia hipokrom, karena kekurangan zat besi.

    Kok bs mreka kkurangan zat besi? Kan mreka dlm hutan?? Kacang2an , sayur2an Daun2 hijau tua bnyk mngandung zat besi tuch...makan daging juga bnyak tuch zat besinya...
    Ini linknya: www.nutrisibali.com/details.php?aid=6&catid=&inpage=articles
    Kalo mreka di hutan kykx mreka gak bakal klaparan deh, apapun disktr mreka kykx mengandung zat besi,, so kok bs kkurangan ya?? Apalagi sampe jd green sickness,, kayakx ada q ada yg krg sreg ma teorix p.harris.
    Kalo kulit hijau dianggap krn green disease, brarti org2 hijau di st. Martin kena defisiensi besi jg dunk semuanya?!
    Mang mreka tnggal d gurun?

    Trus, 1 lg. Teori ttg kedua anak hijau itu diracun pake arsen, lho bukanx jd mati? Kyk kasusx munir...
    Lol,, q jd aneh sndri..hehe.. :p
    Tp, q yakin ni cm dongeng nina bobok aja..hehe.. :)

    @om Enigma: good post om :), slnjtx bs request 'hujan hewan'? Q pnasaran bnggetz..mudah2an dikabulkan :)

    ReplyDelete
  37. @kingofjail: itu sbnrnya berita lama. Makhluk itu sbnrnya adl kumpulan tiram. Di artikel itu jg disebut kok. Cuma krn panjang, jd terlihat aneh.

    ReplyDelete
  38. thanks ya bro enigma untuk artikelnya dan pembahasannya keren....

    juga untuk diskusinya seru abis !

    ReplyDelete
  39. mirip kisah manusia biru yang juga pernah ditulis brother eigma :D:D

    ReplyDelete
  40. Hmm. Saya tidak ingat pernah menulis soal manusia biru.

    ReplyDelete
  41. mas setelah film 2012 tayang kok g ada lagi artikel tentang Kalender Maya dan 2012?

    ReplyDelete
  42. Bro ulas dong soal segitiga Masalembo
    Ditunggu yah...

    ReplyDelete
  43. mungkin mereka berasal dari Hollow Earth

    ReplyDelete
  44. w rasa tu adalah anak2nya Mr. n Mrs. Hulk......
    hiahahaaaaa XD


    w setuju tu ama anonymous....w rasa mereka berasal dari hollow earth,,secara w suka bgt ma teori2 konspirasi dan berpikir secara fantasi.....heheee

    b(^.^)d
    Two Thumbs Up tuk braw Enigma!!

    ReplyDelete
  45. " Suatu hari, para penduduk desa menyaksikan dengan takjub ketika dua orang anak kecil merangkak keluar dari parit itu . . . ." setidaknya dari ulasan tersebut, yang menyaksikan keluarnya bocah itu bukan hanya satu dua orang, tapi amat banyak ( kecuali desa tersebut hanya dihuni beberapa keluarga he..he..he ) tentunya dari sekian banyak orang tersebut pasti ada satu dua yang penasaran. namun kenapa kok gak ada satupun yang berani memeriksa parit tersebut.
    Jika cuma parit untuk menjebak serigala tentunya tak akan sebesar lapangan bola kan? namun keterangan tentang parit tersebut kok tidak ada sama sekali. Sensasinya kalah sama kemunculannya. ataukah Bro enigma yang lupa tulis ataukah memang gak ada ?
    Seharusnya parit itu bisa jadi jawaban. Bisa jadi anak tersebut adalah penjelmaan serigala..he..he..he....
    Btw...thanks atas tulisannya...anda gak pernah kekeringan bahan. Aku jadi bete kalau sehari gak menemukan ulasan terbaru di blog anda.
    Selamat berkarya bung... -- Mr.7039 --

    ReplyDelete
  46. kalo secara mitologi kan banyak mahluk yang serupa seperti itu namun misterius juga seperti goblin maupun browny

    ReplyDelete
  47. Ariel 10 said...
    Wah jangan-jangan .... itu anak HULK hahahaha ^_^.Tapi ceritanya lumayan menarik.HAHIHEHI

    ReplyDelete
  48. Menurut saya, tidak semua hal didunia ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Kadang ada juga hal yang tidak dapat dijelaskan dengan penjelasan apapun tetapi hal itu benar adanya. Seperti kisah kisah jaman dulu kala, saya yakin tidak semua mitos dan khayalan semata.

    ReplyDelete
  49. si Chris niat banget ya commentnya.. wkakakaka..

    ReplyDelete
  50. Rasanya dulu pernah dengar. Katanya memang kisah nyata oleh seorang ahli. Oh, mgkn itu Paul Harris. Tapi ada kelemahannya, seperti yg bang Enigma bilang, si gadis hijau tdk menceritakan orangtuanya dibunuh sama sekali. Komennya Chris juga oke. Bahas tuntas pake data2, terpaksa copy paste link yg diberikan chris. Ternyata teori paul harris jg bnyk kelemahannya.
    Tapi, ada yg beda sama data dr Chris. Stlh aku cek dr link yg diberikan, jarak Thetford - Bury st.edmund 11 mil (17,7 km), bukan 11,8 mil. Tapi, ya gak ngaruh signifikan.

    @bang Enig: menurut abang ini cuma mitos?
    Boleh request bg? Tlg ulas ttg astral projection atau glossolalia atau telekinesis atau telepati atau teleportasi. Diulas semuanya jg boleh :). thx 4 your attention...

    ReplyDelete
  51. Kalau di Indonesia, namanya bonek..

    ReplyDelete
  52. Denger2 sih glossolalia itu spt kemampuan berbicara dgn bahasa asing scr tiba2 yg tdk pernah dipelajari sebelumnya...

    ReplyDelete
  53. Saya cukup heran kamu pernah mendengar soal itu.

    ReplyDelete
  54. Kok heran si bang? Pernah dnger dr teman jg, dr internet jg. Tp lp bc dmana, di wikipedia sptnya artinya beda...
    Bg enig kerja sambil ngenet ya?

    ReplyDelete
  55. goblin juga warna badannya ijo kan?

    ReplyDelete
  56. @anonymous : lemper juga ijo. :p
    nice post bang enigma :)

    ReplyDelete
  57. mas enigma bahas tentang Misteri 'Sungai' di Dalam Laut Mexico kayanya keren tuh!!

    ReplyDelete
  58. bang tolong bahas tentang hujan darah yang terjadi di India donk. apa bener?

    ReplyDelete
  59. Hello Mr. Enigma...
    Bisa g' postingin tentang Sejarah'a Rasputin, dan Misterius'a kematian Rasputin....
    Please !!!

    Thanx !!! *_^

    ReplyDelete
  60. kemungkinan besar ini hanya dongeng karena tidak ada bukti kuat.
    oiya bro enigma kapan2 bahas ttg USO (Unidentified Submerged Object) ya

    ReplyDelete
  61. Hujan darah india sudah pernah saya posting, Ini linknya:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/05/hujan-alien-di-kerala.html

    ReplyDelete
  62. @anonymous: sungai dlm sungai yg di mexico itu adalah jalur sulfur dalam sungai. Fotonya diambil pertama x oleh penyelam Rusia.

    ReplyDelete
  63. rizal achmad said ..

    bang, saya ada sedikit argumen, meskipun gak kreatif krn saya pemula hehe ..


    "Karena nama ini pula, banyak yang percaya bahwa pemegang gelar Earl Ferrers (gelar bangsawan Inggris) yang sekarang adalah keturunan langsung dari Agnes (Salah satu leluhur dari Earl Ferrers bernama Sir John Barre"


    -kalo kira2 bisa ditelusuri silsilah keluarganya sir john barre mungkin bisa diketahui kebenaran fakta adanya agnes barre tsb.

    "Ia mengatakan bahwa mereka berasal dari sebuah tempat yang bernama St.Martin yang hanya memiliki sedikit cahaya matahari dan para penduduknya semua berkulit hijau. Sebuah sungai besar memisahkan desa mereka dengan desa lain yang selalu terang benderang"

    -kenapa gak dicari aj kira2 daerah yg sesuai dengan asumsi diatas,-selain yg para penduduk berkulit hijau-

    korelasi dari pertanyaan diatas saya asumsikan dari waktu yg sama dengan kejadian yaitu waktu mereka tinggal di rumah sir charles menurut yg saya baca dari tulisan abang..

    kalo dari kedua pertanyaan tsb diatas memiliki kepastian kebenarannya, bisa jadi hal tersebut kemungkinan "ada", tapi kalo tidak ada data valid yg menegaskan tentang jawaban dari pertanyaan diatas jawabannya "hanya dongeng pengantar tidur" saja hehe ..

    trims bang ..

    ReplyDelete
  64. Mungkin si Agnes gk mau bilang yang sebenarya (bahwa orang tua mereka dibantai) karena takut dia akan dikirim ke pihak kerajaan untuk dibantai seperti yang terjadi terhadap bangsa Flemish yang lainnya...:)

    ReplyDelete
  65. Mas ceritanya kurang detail kedua green child itu cuman makan kacang polong!karena mereka cuma tahu itu. Artinya ditempat mereka berasal kacang polong adalah salah satu makan utama, coba anda riset lagi apakah kaum flemish bertani kacang polong pada masa itu?.

    ReplyDelete
  66. Tidak benar kalau dibilang mrk cuma makan kacang polong. Mrk jg makan roti. Kacang itu cm makanan awal waktu ditangkap. Krn itu sy anggap tdk terlalu penting.

    ReplyDelete
  67. Manusia Hijau/Orc ya? Wkwkwk..

    Btw.. Mas Enigma.. request Artikel tentang "ORC"..
    Plis.. Hehehe..

    ReplyDelete
  68. bagus tu critanya..
    eh bang enigma, uda bwt artikel tntang John Titor, yg katany dri thn 2030an itu blm?

    ReplyDelete
  69. "Di Indonesia kan juga ada, tapi namanya Buto Ijo, kenapa tidak dibahas??? Kwokwokwokwokwokwok.."

    ReplyDelete
  70. bisa benar bia jg hanya dongeng

    ReplyDelete
  71. saya jadi ketawa membaca komentar mas enigma spt ini:

    "Ya, soal itu memang kita tidak bisa tahu. Saya setuju kalau anak-anak bisa bercerita dengan cara hiperbolik. Bohong mungkin tidak. Tapi mereka menginterpretasikan sebuah peristiwa dan keadaan dengan imajinasi yang ada di kepala mereka."

    anak-anak memang suka begitu mas enigma, tapi mereka adalah manusia yang tdk pernah berbohong. tapi anak2 jaman sekarang juga sudah pandai manipulasi(cthnya murid saya yg pura2 marahin temen'y yg lg maen upin ipin d dekat saya dg bilang 'dsni buat belajar, tau ga sih! bukan buat main!' pdhl stlh saya menjauh dia malah ngeluarin stick'y dan ikutan main.hahahaha)

    mereka bukan menambah dg imajinasi mereka sendiri, tapi karena bingung cara penyampaian suatu peristiwa mereka menginterpretasikan'y dg bahasa yg cenderung berlebihan dan mengada-ada. Sebenar'y yg mereka ceritakn itu beneran.

    ReplyDelete
  72. Saya setuju, soal itu. zaman sekarang itu adalah zamannya internet, game dan televisi. Jadi, anak-anak akan semakin pintar karena mereka mengikuti apa yang mereka lihat.

    Tapi, anak-anak memang menyenangkan, asalkan jangan kayak crayon sinchan. haha.

    ReplyDelete
  73. bahs dong hoax pendaratan manusia ke bulan.

    ReplyDelete
  74. tapi klo ngga salah baca, osiris diilustrasikan berkulit hijau dan isis berkulit biru, bahkan klo ngga salah dewa krisna dari india jg berkulit biru, apa jangan2 mreka penyakitan ya

    oh ya ada yg tau asal-usul kata2 mesir dan yunani ngga?
    dlu waktu masih sma saya tanya ke guru sejarah karena kan klo di inggris mesir itu egypt dan yunani itu greek tapi guru aq ngga tau tuh
    mungkin ini sederhana jadi klo misalnya bro enig tau email saya ya di near.mello0@yahoo.com

    oh ya pernah memuat tentang artikel hantu ngga? seperti kisah bloody mary atau tuyul mungkin (sori saya belum baca smua postingan bro enig, mungkin bro enig udah posting tp saya ngga tau)
    smoga bisa kebaca smua, nambah ilmu nih

    ReplyDelete
  75. bangga....ternyata bumi kirim 2 perwakilan utk ikut GREEN LANTERN

    ReplyDelete
  76. nice info,,, saya juga senang baca cerita rakyat kayak misteri anak hijau dari woolpit dari berbagai sumber di internet tapi yang ada di enigma ini yang paling lengkap.terus tolong tambahkan tentang cerita-cerita makhluk misteriusnya ya!

    ReplyDelete
  77. derpy derp diddly derp

    ReplyDelete
  78. Saya dulu pernah mengalami penyakit seperti leukimia ato mungkin leukimia saya kurang paham krn ibu saya yang berhadapan dengan dokter dan saya masih berumur 2thn, pertama kali terdeteksi oleh seorang dokter anak yang bilang kulit saya ini hijau bukan putih, tp ibu saya melihatnya putih jd kemungkinan kalo misalnya itu penyakit sejenis dengan lekimia harusnya hanya orang2 tertentu saja yang bisa melihat nya *menurut pemikiran saya*

    ReplyDelete
  79. versi saya, mereka adalah anak pedagang yang bersembunyi dan orang tua mereka memberi sesuatu bagi mereka yb mrubah pigmen tubuh sementara agar bs berkamuflae d rimbunnya pohon,

    ReplyDelete