Friday, April 23, 2010

Bigfoot Patty - Kontroversi rekaman Patterson Gimlin

Di dalam dunia Cryptozoology, tidak ada yang bisa menyaingi ketenaran dua monster ini, Nessie dari Lochness dan Bigfoot Patty dari Bluff Creek.


Selama ini, saya belum pernah membahas soal Bigfoot secara khusus. Walaupun sudah sering dibahas di media, saya ingin mengajak kita untuk mereview kembali salah satu rekaman Cryptozoology paling mengagumkan yang pernah ada.

Dalam rekaman ini, satu makhluk besar yang dipercaya sebagai Bigfoot tertangkap kamera dengan sangat jelas, tidak samar-samar seperti rekaman cryptozoology lainnya. Bigfoot ini, dikemudian hari diberi nama Patty, dari nama Roger Patterson, pria yang mengambil rekaman itu.

Bigfoot di Bluff Creek
Pada abad ke-19, sebenarnya sudah banyak laporan mengenai penampakan makhluk besar berbulu di wilayah Kanada dan Amerika Serikat. Namun, makhluk ini baru terkenal ke seluruh dunia pada tahun 1958.

Saat itu, di wilayah Bluff Creek, California Selatan, para pemburu menemukan sekumpulan jejak-jejak kaki besar di tanah dan jejak-jejak ini tidak sesuai dengan deskripsi hewan apapun yang dikenal sains pada masa itu.

Lalu, pada tanggal 5 Oktober 1958, seorang jurnalis surat kabar Humbolt Times bernama Andrew Genzoli mulai menyebut makhluk ini dengan nama Bigfoot.

Dengan demikian, nama Bigfoot mulai terkenal ke suluruh dunia dan wilayah Bluff Creek mulai terkenal sebagai tempat kediaman Bigfoot. Karena itu, selama puluhan tahun berikutnya, para pemburu dan penjelajah sering mendatangi wilayah ini untuk berburu atau hanya sekedar berkemah.

Pada tanggal 20 Oktober 1967, seorang pensiunan penunggang rodeo dan peternak kuda bernama Roger Patterson sedang mengendarai kuda bersama temannya yang bernama Robert Gimlin di sepanjang wilayah Bluff Creek untuk mencari jejak Bigfoot.

Apa yang mereka jumpai hari itu jauh melampaui perkiraan.

Ketika sedang mengelilingi wilayah itu, mereka mendengar suara gemerisik di antara pepohonan. Beberapa saat kemudian, sebuah figur besar berbulu muncul di pinggir sungai dan berjalan menjauhi mereka.

Kuda yang ditunggangi Patterson mulai gelisah, mungkin karena mencium bau makhluk itu. Patterson segera meraih kamera yang ada di tasnya dan segera berlari mendekati makhluk itu. Ia lalu meminta Gimlin untuk berjaga-jaga dengan senapan.

Lalu, Patterson mulai mengambil rekaman sepanjang 53 detik yang dikemudian hari akan menjadi rekaman Cryptozoology yang paling kontroversial.

Menurut Patterson, awalnya makhluk itu berjarak sekitar 37 meter darinya. Lalu, Patterson mulai bergerak mendekatinya hingga hanya berjarak 24 meter.

Makhluk itu terlihat berjalan dengan santai di pinggir sungai. Lalu memandang ke belakang sehingga memperlihatkan wajahnya untuk sesaat, seakan-akan mengetahui kehadiran Patterson dan Gimlin. Lalu, ia menghilang di antara pepohonan. Menurut Perkiraan Patterson, makhluk itu memiliki tinggi sekitar 1,8 meter hingga 2,1 meter.

Jika makhluk ini benar-benar Bigfoot yang legendaris, maka Patterson dan Gimlin mungkin adalah orang yang paling beruntung di dunia.



Setelah makhluk itu menghilang, Mereka berdua masih sempat berusaha mengikutinya sejauh 5 kilometer, namun tidak menemukan apapun. Lalu, keduanya kembali dan membuat cetakan jejak kaki makhluk itu.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, rekaman ini mungkin adalah rekaman Cryptozoology yang paling kontroversial. Patterson meninggal tahun 1972 karena kanker. Jadi, ia tidak mengalami kontroversi itu terlalu lama. Sedangkan Gimlin yang masih hidup sampai sekarang harus menghadapi tuduhan-tuduhan atas pemalsuan.


Setelah lebih dari 40 tahun sejak rekaman itu dibuat, sepertinya masih belum ada kesepakatan mengenai keaslian rekaman ini. Sebagian ahli mengatakan dengan yakin kalau Bigfoot yang terlihat adalah Bigfoot yang palsu. Ahli lain menyangkalnya. Menurut mereka, manusia dengan kostum kera tidak akan bisa mampu menghasilkan gerakan seperti itu.

Yes, it is Bigfoot - pendapat ahli

Ahli spesial efek

Ketika rekaman Patterson pertama kali muncul, banyak yang percaya kalau rekaman itu palsu dan kostum Bigfoot tersebut dibuat oleh ahli spesial efek Holywood bernama John Chambers yang membuat kostum untuk film planet of the apes keluaran tahun 1968.

Namun, tuduhan ini dibantah oleh Chambers sendiri. Ia mengatakan:

"I am good. But I am not that good".

Patterson dan Gimlin juga membawa rekaman tersebut ke departemen spesial efek Universal Studio. Salah seorang teknisi disana mengatakan:

"Kami bisa saja mencoba untuk mereka ulang rekaman ini, namun, kami harus membuat ulang sebuah sistem otot artifisial yang baru dan menemukan seorang aktor yang mau diajarkan untuk berjalan seperti itu. Bisa saja dilakukan, Tapi, kami harus mengatakan kalau hal itu sepertinya hampir mustahil."

Bahkan pada tahun 1969, salah satu direktur perusahaan film Disney bernama Ken Peterson juga mengakui kalau mereka tidak bisa meniru rekaman Patterson.

Kesimpulan para ahli spesial efek ini kembali diteguhkan oleh Janos Prohaska yang membuat kostum untuk film seri televisi Star Trek. Ia mengatakan kalau makhluk itu bisa saja seorang pria dengan sebuah kostum. Namun, jika benar, maka kostum itu adalah kostum terbaik yang pernah dilihatnya dan hanya bisa diciptakan dengan menempelkan rambut asli kepada sebuah kostum.

Ahli Biomekanik

Saat merekam, Patterson menggunakan kamera Kodak K-100 yang kecepatan filmnya 16 frame per detik. Menurut ahli biomekanik bernama Donald W.Grieve, pada kecepatan ini, maka gerakan makhluk itu sangat natural dan sulit ditiru, terutama mengingat bahunya yang lebar. Donald juga mengatakan kalau untuk seorang pria bertubuh besar, gaya berjalan seperti yang terlihat pada rekaman akan sangat sulit ditiru.

Temuan serupa juga didapatkan oleh Dmitri Donskoy, kepala departemen biomekanik di Central Institute of Physical Culture, Rusia. Ia menyimpulkan kalau makhluk itu bukan manusia dengan kostum. Donskoy mengambil kesimpulannya berdasarkan gaya berjalan dan pergerakan otot. Menurutnya, gaya berjalan makhluk itu benar-benar alami dan terkordinasi dengan baik.

Ahli Film

MK Davis
adalah seorang ahli film. Ia percaya kalau rekaman itu asli dan benar-benar menunjukkan seekor Bigfoot.

Davis adalah seorang yang biasa menyelidiki sebuah foto dan mencari detail-detail tertentu yang biasa terlewat. Dengan menggunakan teknologi yang belum ada pada tahun 1960an, Davis bisa menemukan adanya kesesuaian antara gerak Patty dengan gerakan kulit tubuhnya. Davis juga melihat adanya otot seperti milik manusia di punggungnya dan gerakan otot ini sesuai dengan gaya berjalannya.

Bukan itu saja, Davis juga bisa melihat adanya luka di paha kanan Patty.

MK Davis menyimpulkan kalau makhluk itu bukan manusia berkostum dan mungkin merupakan salah satu hewan yang belum teridentifikasi oleh sains modern.

Common Sense

Pada tahun 1975, Peter Byrne mengatakan kalau waktu pengambilan rekaman adalah hari jumat. Rute menuju wilayah Bluff Creek saat itu dipenuhi oleh para pemburu. Ini membuat sebuah rekayasa menjadi sulit karena pasti akan ada orang lain yang menyadarinya.

Lagipula, siapa yang berani menyamar menjadi Bigfoot dengan risiko ditembak oleh para pemburu yang berkeliaran?

Cukup masuk akal.

I am not sure - Pendapat ahli Primata
Jika ada yang percaya dengan keaslian rekaman itu, tentu saja ada juga yang tidak percaya.

Pada tahun 1973, ahli primata bernama John Napier mengatakan, kalau keberadaan makhluk itu tidak masuk akal baginya karena makhluk itu memiliki tubuh bagian atas seperti kera sedangkan kaki dan gaya berjalannya seperti manusia.

Tapi, Napier mengakui kehebatan rekaman itu.

"Mungkin saja makhluk itu adalah seorang pria dengan pakaian kera. Jika demikian, maka itu adalah sebuah hoax yang sangat brilian dan pria tersebut akan mendapatkan tempat bersama hoaxer terhebat lainnya di dunia."

Yes, It is a Hoax

Tayangan Fox News

Tahun 1998, Stasiun televisi Fox News pernah menayangkan sebuah film dokumenter berjudul "World's Greatest Hoaxes: Secrets Finally revealed". Dalam acara itu, Patterson dituduh sebagai orang bayaran yang disewa untuk membuat film Bigfoot.

Dua bintang tamu dalam acara itu, Cliff Crook dan Chris Murphy, mengaku bisa melihat adanya kancing logam di perut Patty, sementara Erik Beckjord mengatakan kalau ia telah menemukan adanya tabung logam di pundaknya. Sayangnya, benda-benda yang disebutkan oleh mereka tidak bisa terlihat oleh ahli lainnya.

Philip Morris Costume
Lalu, tantangan terhadap keaslian rekaman ini datang pada tahun 2002. Philip Morris, pendiri perusahaan Morris Costume di Carolina Utara mengatakan kalau ia telah membuat kostum gorila yang kemudian digunakan dalam film Patterson. Morris mengatakan kalau ia telah menjual kostum itu kepada Patterson lewat pesanan pos pada tahun 1967.

Ketika ditanya mengapa ia baru mengungkapkannya sekarang, ia menjawab kalau ia takut pengungkapan itu akan berdampak buruk terhadap bisnisnya.

Mengenai cara berjalan makhluk itu yang disebut sulit ditiru, Morris berkata kalau cara berjalan itu bisa ditiru dengan menambahkan beberapa aksesoris pada kostum, seperti bantalan pundak. Siapa saja yang menggunakan kostum itu, akan berjalan dengan gaya seperti yang terlihat di rekaman.

Sayangnya, Morris tidak memberikan bukti yang kuat untuk pengakuannya.

I was the Bigfoot

Lalu, pada tahun 2003, Kesaksian Morris dikuatkan oleh seorang pria bernama Bob Hieronimus yang mengklaim kalau ia adalah pria di dalam kostum itu. Saat ia menciptakan hoax itu, ia berusia 26 tahun dan ia juga menyebutkan kalau Patterson menawarkannya uang sebesar $1.000 untuk membantunya menciptakan rekaman itu

Ketika ditanya mengapa ia baru mengaku sekarang, Hieronimus menjawab kalau ia takut ditangkap karena telah membantu usaha penipuan. Ia juga mengharapkan mendapatkan bagian uang dari hasil rekaman Patterson. Tetapi, ketika ia tidak mendapatkan jatahnya dari Patterson ataupun janda Patterson setelah Patterson meninggal, ia mulai berani mengakuinya.

"Saya tidak pernah dibayar sepeserpun untuk rekaman itu. Tentu saja aku ingin mendapatkan sedikit uang dari situ. Aku merasa, setelah 36 tahun, seharusnya aku mendapat sebagian hasilnya."

Bob Hieronimus dan Phillip Morris

Tapi kesaksian Heironimus memiliki banyak inkonsistensi dengan kesaksian Morris. Lagipula, kostum yang diperlihatkannya berbeda dengan Bigfoot yang terekam di kamera tersebut. Karena itu, banyak orang yang menduga kalau Hieronimus berbohong untuk mendapatkan keuntungan finansial.

Is that you Bigfoot?
Dalam dunia sains, sepertinya hanya ada sedikit ketertarikan terhadap makhluk di dalam rekaman itu. Mungkin karena asumsi hoax yang cukup kuat, sampai-sampai, Gimlin dan Patterson sendiri merasa kalau mungkin mereka memang menjadi sasaran permainan sebagian orang.

Belum lama ini, Gimlin pernah berkata:

"Aku begitu yakin kalau tidak ada orang yang bisa menipuku. Dan tentu saja, aku sudah tua sekarang..dan aku rasa, memang ada kemungkinan kalau rekaman itu sebuah hoax. Namun, kalaupun ada, aku rasa Pattersonlah yang telah merencanakannya."

Bob Gimlin

Roger Patterson meninggal tanggal 15 Januari 1972 karena kanker. Di ranjang kematiannya, ia bersumpah kalau ia tidak pernah memalsukan rekaman itu.

Jadi, apakah kita benar-benar sedang menyaksikan wajah makhluk legendaris sang Bigfoot?


(wikipedia, Oregonbigfoot.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

150 comments:

  1. pertamax, om enigma.. hehe :p

    ReplyDelete
  2. keduaaaa~~~
    huaaaa!! dah sabar menunggu, sampe deg2an.... ga dapet pertama.... T__T
    harus lebih sabar lg....

    ReplyDelete
  3. Pettamax?haha..baca dulu deh

    ReplyDelete
  4. Menoeroet Bang Enigma gimana?

    ReplyDelete
  5. Saya tidak punya bukti, Pendapat saya terbagi 70:30 untuk Real bigfoot.

    ReplyDelete
  6. Kalo saya sih manut Bang Enigma aja deh....TARIIIIIIK MAAAAANG........hehehe...

    ReplyDelete
  7. Mash menjadi misteri tuh Bigfootnya...

    ReplyDelete
  8. wah, ternyata keduapun bukan.... hiks.... T___T
    videonya kurang jelas ya.
    ngomong2, bigfoot itu mirip gorila yah.... hehe :)

    ReplyDelete
  9. yaah, gagal pertamax deh.. T.T
    padahal dari pagi tadi mantengin blog ini terus..

    ReplyDelete
  10. @anakkucing : iya, saya setuju. saya juga sama kayak kamu. hiks T_T

    ReplyDelete
  11. ih .. siapa ya ?? iya kostumnya rada" beda warnanya !! hahahaa pertamax deh !! =feeling sih beneran --

    ReplyDelete
  12. wow.....
    disni mulai jadi tempat lompa pertamax......
    klo mau nyari pertamax dipomp bensin banyak nung.....
    he he he


    btw selain 2orang tu da saksi lain g didaerah tu?????
    klo lebih banyak saksi kan bisa dipastikan klo tu real bigfoot....

    ReplyDelete
  13. nandar say:

    kalau pun big foot itu ad, pasti para ahli bisa menemukan sosok hewan fisik tersebut hidup ato mati. dan teknologi jaman sekarang bs melacak ny,jika pun ad. trus kemunculan ny juga pasti akan sering diliat oleh sebagian org ( dr taon 1958 sampe sekarang, masa seh selama itu para ilmuwan g menemukan sosok hewan tersebut, jika ad ).

    namanya juga hewan, pergerakan ny pasti bisa di lacak lah, g mungkin g bisa. hewan segede itu, jago ngumpet, yg benar aj.

    jd, kesimpulan saya seh, ini kemungkinan kuat the greatest hoax.
    klo yg lain berpendapat lain, y gpp,hehehe..

    btw,thx bgt bro enigma, artikel ny bagus.

    ReplyDelete
  14. mirip gorila ya?
    cara bedainy gorila am bigfoot gmana?

    ReplyDelete
  15. Kita tunggu tehnologi mendatang yang bisa mengungkapkannya!

    ReplyDelete
  16. nandar say:

    oia 1 pemikiran lg.
    knp org2 dr industri perfilman meng-iya-kan keberadaan big foot tersebut??

    simple aj,itu semoa karena alasan komersil juga. ya mungkin spy jika mereka bikin film tentang big foot,bisa laku keras.

    dan kita juga tau bahwa industri perfilman sering melakukan hal2 seperti itu, seperti halnya pelem ... hmm ( lupa ), ngedadak juga muncul website yg membahas ny. mungkin tuk memancing penasaran penonton kali ya,hehehe...

    thx.

    ReplyDelete
  17. Susah banget tuk bilang kalo ini Hoax . Because I think it's real He .
    Ka Enigma kapan nih mau posting tentang Hoax ?? Saya kangen dengan Analisis2 hebatnya .

    ReplyDelete
  18. Dea .
    Kalo mau meneliti big foot , kasih aja pengumuman kalo ada yg ktemu ama big foot langsung tembak aja , trus bawa ke lab bwt di teliti . Kalo gtu kan bisa jelas smua ttg big foot , yah itupun kalo big foot bener2 ada . . Hehehe
    Hehehe , big foot bukan hewan yg dilindungi kan ? Lah kberadaanya aja msi dperdbatkan . .
    Ya kan kak :)

    ReplyDelete
  19. Menurut bung enigma dan para ahli termasuk kedalam jenis apa bigfoot?Keturunan manusia purba atau primata?

    ReplyDelete
  20. baca dulu ah,..ke Top 20th!
    hehehee

    ReplyDelete
  21. viva cryptozoology !!

    ReplyDelete
  22. Heran saya... kalau rekaman itu benar2 asli.. itu jenis makhluk apa ya..?
    maksud saya, apakah sejenis makhluk purbakala yang sudah punah tapi masih tertinggal beberapa yang hidup sampai sekarang..?

    ReplyDelete
  23. klo melihat rekaman itu, menurut saya kok gak ada yg aneh ya, seperti cara jalannya, gerak tubuhnya, dll. Tidak seheboh menurut analisa para ahli diatas yg mempercayai. Normal sj, Seperti orang yang memakai kostum saja.
    joni

    ReplyDelete
  24. Nur Andika
    Untuk saat ini saya tidak yakin Bigfoot benar-benar ada atau lebih tepat HOAX!.
    Kenapa saya katakan demikian
    1. Kera adalah hewan memiliki kekuatan motorik tangan yang dominan, sehingga hampir mustahil jika mereka hidup di Salju.
    2. Jika mereka benar-benar ada tentunya akan ditemukan sisa2 biologis mereka(fosil dll)
    3. Jika Bigfoot benar-benar ada tidak mungkin teknologi manusia sekarang tidak dapat menemukan mereka dalam kondisi yang meyakinkan(Fisik)
    4. Bigfoot sebagian besar, dipercaya hanya berada di wilyah Himalaya dan sekitarnya. Sehinnga menimbulkan pikiran itu hanya ideologi yang melegenda atau lebih tepat Folktale.
    5. Jika Bigfoot dapat berdiri tentunya mereka termasuk golonga hewan ber IQ, patut di beri ?? mengapa tidak ada Artefak tentang mereka(entah mereka yang membuat atw penduduk lokal terdahulu).
    5. Bigfoot tidak pernah tertangkap dengan jelas, dan muncul ketika dunia beranjak modern(dimana 1960an orang2 mulai gila HOAX, sperti layaknya orang Middle age yang gila sihir)
    6. Fenomena ini selalu dalam bentuk yang tidak jelas(potrait, Video)

    ReplyDelete
  25. ...solar...pertamax mahal...hahahaaakkk....

    prtama, ane g yakin klo bro En cuma 70:30...dr label n "aura" hasil postingan, pl g ane yakin lbih dr itu...80:20...maybe??? deep inside, ap bro En bharap bhw mr.B ini bnr n cpt trbukti... (tnang bro...sayah jugah...)

    kdua, bro En prnah kalkulasi hoax-buaya...so, mnurut bro En kira2 brapa yak tingginya?
    dun wrry, ane g bkl bandingin sm ukuran kaki kok...namanya jg Bigfoot...heheheee...btw, kbtulan or "kbtulan" yah? cuacanya sangat pas untuk mengambil gambar...(foto yg ada pohonnya)

    ktiga, stau ane, yg jalannya tegak tu orang utan...klo gorila kyknya lbh "males" ; mksudnya g bgt aktif bgrak, itupun cndrung "mbrangkang" (duuh, bhs Indonesia-nya apa yak...???). Ada data gua diskitr st g bro En?

    keempat,
    @nandar: kyknya bkl susah deh...mnurut ane, rntang wkt Patterson-Gimlin "saw n shot", aplg cm jarak 24m, trus mr.B ngilang n dibuntutin smp 5km, it g bkl makan rntang wkt lama...
    (ane sndiri klo ngalami hal ky gt, pst pgnnya buru2...curiosity kills...pfffhh...) itu aja g ktm lg...dr skian bny ane dgr ttg mr.B, knp yah slalu brhubungan sm tmpat2 yg mirip...hutan, smak2, pgunungan...
    klo ttg komen org2 film, yah...no komen deh...
    @Dea: g sayang tuh...bknnya lbih brharga dan "brharga" klo bs ktangkep hidup2...???

    klima, maap...
    kynya ane mulai ktularan Chris + Myheart nih...heheheee...haloooo..
    piss...
    (^_^m)

    ReplyDelete
  26. kok video-nya kabur ya? tidak sejelas hasil capture-nya..,

    ReplyDelete
  27. @Nur Andika: Bigfoot bukan tinggal di Himalaya. Yang di Himalaya itu Yeti. Mungkin makhluk yang sama, tapi bisa juga tidak. Soal identitas Bigfoot, orang memang sering membandingkan dengan Gorila. Padahal, kedua makhluk itu bisa saja berbeda. Jenis baru mungkin.

    @Aweng: Sebenarnya saya tidak berharap apa-apa. Saya cuma melihat makhluk itu dan memberikan penilaian.

    Tinggi makhluk itu menurut perkiraan para ahli sekitar 1,8 hingga 2,1 meter.

    Soal kualitas foto, itu adalah hasil enhancement dari rekaman sehingga terlihat lebih jernih. Kalau soal cuaca, jelas dong. Masa mau berburu Bigfoot pas lagi Hujan. hehe.

    ReplyDelete
  28. Myheart2105 berkata...

    wah ada bigfoot?!

    ini toch yg jd kontroversi itu?? weleh..weleh..bnyk jg ahli yg mngeluarkn pndptx.. tp koq ahli primata mlh gak ykin itu bigfoot yach? kalo yg s7 tu bgfoot koq kykx dr org2 film smua ya?? mgkn ja khan mreka da kpntgan agar msteri bgfoot tetap ada,, byar filmx laku kali yach..^_^v

    tp feeling aq seyh video ini cm buatan ajah...hehe..
    mau menganalisis tp mata udah ngantuk.. 3_3
    pnasaran si chris bkalan kmen kyk apa.. tp dia blm mncul yach...

    @aw3ng: hehe.. q mlh gak hbs pkr trnyata q bs jd inspirasi jg.. 3_3 (halah.. :p)

    ReplyDelete
  29. Kalo gw berpendapat dari POLA PIKIR SEDERHANA aja de.. menurut gw itu HOAX.. KENAPA???? SEDERHANA.. dua orang yang BERHASIL merekam video tersebut (GIMLIN ama PATTERSON kalo ga salah) adalah dua orang PEMBURU.. tahu kan MAKSUD gw??? bagaimana REAKSI seorang PEMBURU ketika melihat BINATANG BURUAN (macan, singa, beruang, etc)??? jika PEMBURU yang punya OTAK tentu yang dipikirkan dan diambil PERTAMA adalah SENJATA dan bukan KAMERA (karena pada saat itu kalo NALURI pemburu mereka BAGUS tentu mereka tahu kalo mahluk tadi adalah mahluk BERBAHAYA yang bisa jadi SANGAT mengancam KESELAMATAN mereka). Jadi saya PIKIR sangat aneh jika mereka justru mengambil KAMERA untuk MEREKAM yang menegaskan bahwa KEJADIAN itu sudah mereka rencanakan. Lagian dari sisi FINANSIAL tentu Bangkai BIGFOOT yang berhasil mereka buru dan tembak akan lebih mendatangkan KEUNTUNGAN daripada sekedar VIDEO rekaman. Kenapa mereka justru MEREKAM bukan langsung MENEMBAK??? (gw rasa dua senapan dengan 2 pemburu lebih dari cukup untuk membuat mahluk tersebut TUMBANG, apalagi dari jarak TEMBAK yang cukup baik 24-50 meter).. tetapi itu tidak mereka lakukan karena jika mereka MENEMBAK mahluk tersebut itu ARTINYA mereka MENEMBAK TEMAN SENDIRI YANG MEMAKAI KOSTUM BIGFOOT.. its just that simple..

    beda pendapat boleh kan??? PENGUNJUNG BARU 3 X 24 JAM

    nick name : mindhack

    ReplyDelete
  30. seingat saya, kalo gak salah ada pendapat seorang ahli jg yang mengatakan kalo dilihat dari cara/gaya makhluk itu berbalik badan jika diperhatikan mulai dari bahu sampai lengan tdk identik dgn jenis primata, itu lebih mirip dgn gaya manusia , benar begitu gak Bro enig?

    ReplyDelete
  31. Mungkin yang kamu maksud adalah MK Davis yang saya singgung di atas. Dia percaya kalau Bigfoot adalah "manusia", tapi bukan manusia dengan kostum. melainkan "manusia" yang terisolasi.

    ReplyDelete
  32. @Mindhack: Tentu saja boleh berbeda pendapat. sepertinya besok, kamu akan segera menjadi pengunjung 4 x 24 jam. :)

    ReplyDelete
  33. ini rekaman jadul bgt mas, pernah saya nonton di antv, dan si penipu juga ketauan n ngaku kalo dy make kostum bigfoot ntu..

    ReplyDelete
  34. Sebenarnya "si penipu" itu bukan ketahuan menipu. Tetapi, ia mengaku kalau ialah yang memakai kostum itu. Yang kamu tonton adalah si Bob Hieronimus sendiri.

    ReplyDelete
  35. nandar say:

    msh penasaran,pengen komen lg,blh ya bro enigma ^^.

    manusia terisolasi, hmmm... bisa jadi.
    manusia pake kostum, itu juga bisa.
    hewan primata langka, hmm... boleh lah.

    ada yg mengganggap itu siluman, dedemit,ato penampakan mahluk gaib?? ( wkwkwkk, bcanda )

    saya cuman heran aj, mereka berdua kan pake kuda. masa seh big foot lari ny kenceng melebihi kuda,lagian kan bigfoot segede itu mana bisa bergerak cepet. lewat pohon?? g mungkin, pasti klo lewat pohon g bisa lari jauh.
    ngumpet?? ah masa,badan ny gede,ngumpet ny gmn,lagian hewan gede jarang ngumpet,yg ad pasti kabur.
    lagian mereka bawa senapan, tembak aj, dooorrr... mokad,trus jd org yg lbh terkenal karena mempunyai bukti kuat tentang keberadaan bigfoot. rekaman ad, bukti fisik ad ( mayat bigfoot ).

    1 pertanyaan tolong d jawab y brother:
    saksi mata nya kira2 banyak ga waktu itu? ( menurut laporan yg valid )
    jd bukan sekedar cerita dr mulut ke mulut gtu.

    thx

    ReplyDelete
  36. good posted bang enigma..saya syarif.menurut saya dengan teknologi yang dimiliki amerika sekarang .aneh aza kalau sampai sekarang misteri seperti itu belum terpecahkan.atau atau apakah pemerintah amerika sudah tahu jawabannya atas segala misteri dunia..entahlah .terlalu banyak misteri dunia ini dari UFO,piramida mesir dan misteri planet mars yang ekosistemnya mirip dibumi tapi digambarkan dengan ekstrem oleh nasa.sampaikan donk bang enigma kalau penduduk dunia itu ingin kebenaran bukan rekayasa.

    ReplyDelete
  37. @nandar: karena kamu komen sampe 3 kali, sy rasa kamu sangat tertarik dgn patty. Hehe. Waktu pengambilan rekaman, tdk ada saksi lain.

    ReplyDelete
  38. Mnrt filingklu itu hoax deh..g ad primata jlan ky gtu.
    (='3'=)

    ReplyDelete
  39. Brotha,

    Saya sebenarnya kurang tertarik dengan makhluk makhluk sejenis ini, dan saya selalu berkesimpulan bahwa penampakan yang satu ini palsu.
    Asumsi saya pada tahun 1967, apalagi di hutan yang masih terjaga kelestariannya ( tidak seperti hutan kita ), binatang ataupun manusia yang terisolasi pastilah mempunyai naluri alamiah yang langsung bereaksi berlari menjauh dan bukannya bersikap seperti sengaja tampil seperti itu.
    Saya sependapat dengan nandar dan mindhack di atas, reaksi 2 pemburu itu sendiri sangat tidak wajar untuk ukuran naluri pemburu. Heheheheh

    Keep up the good work bro !
    Rachel

    ReplyDelete
  40. mungkin itu hasil perbuatan bejad pemburu mabuk yg pernah camping d hutan itu. saking mabuknya, gorila (yg kebetulan betina) hasil tangkapan mereka yg di tembak dg obat bius mereka perkosa. who knows yg d video itu adalah anak hasil perkawinan manusia & gorila. setelah munculnya pendapat dari sy ini, bagi yg merasa, ngaku deh siapa yg berbuat?

    ReplyDelete
  41. @Rachel: soal reaksi patty, saya setuju.
    Mengapa saya bilang pendapat saya terbagi 70:30 untuk real bigfoot? Karena saya tidak melihat kemiripannya dengan kostum. Herannya, tidak ada yang bisa meniru kostum itu. Ini pendapat pribadi saja.

    Kalau ini memang hoax, maka saya rasa mereka telah berhasil menciptakan kostum yang hebat. Memang, rekaman ini "too good to be true". Wajar kalau banyak orang menganggapnya hoax.

    ReplyDelete
  42. Jika melihat rekaman itu memang rekaman yang luar biasa.. Tapi saya yakin itu adalah sebuah hoax,mungkin Bob Hieronimus yang mengklaim kalau ia adalah pria di dalam kostum itu menurut saya benar dan soal kostum yang berbeda warna mungkin karena sudah lama dan bertahun - tahun disimpan dan mengalami perubahan warna, dan menurut saya ada yang ganjil dan menjadi pertanyaan, bukankah Gimlin membawa senapan dan kenapa dia tidak menembak saja makhluk itu kalau saja Gimlin menembak makhluk itu pastinya akan menjadi penemuan terbesar dalam sejarah dari pada sebuah video yang berdurasi 56 detik dan penuh pertanyaan.

    ReplyDelete
  43. by:agus
    menurut q, banyak kejanggalan seperti yg diatas, dari mendengar bunyi semak2 sampai kelihatan bigfoot berapa menit?, katanya cuma sesaat, kok sudah jauh sampai 30an meter padahal cuma jalan bigfootnya,
    trus kok cuman ambil kurang dari 1 menit?, emang kameranya cuma segitu ya bisanya,
    trus kok nggak ada poto2, atau ndak bisa foto
    trus bigfoot cuman jalan santai kok ndak bisa ngejar.

    ReplyDelete
  44. kadang kala mistery jauh lebih indah dari apa yang telah diketahui. ..

    tapi benar juga lho,kalo gw jadi pemburunya..bakal gw tembak tuh mahkluk..kan mayatnya bisa di lego dengan harga mahal...ataukah mereka sebenarnya ingin bigfoot tetap jadi misteri?? nantikan kisah selengkapnya minggu depan..dadah..



    -=see no evil,say no evil,hear no evil=-

    ReplyDelete
  45. nambahin om agus dikit:
    b'rhubung mereka b'r2 p'mburu n patterson udh minta tolong gimlin bwat ngjagain dy mank mereka gg bawa peluru bius ataw peluru yg gg t'rlalu bahaya bwat nglumpuhin bntr ajh bigfoot itu.

    n knapa p'mburu laen bahkan suara" binatang yg lain gg k'dengeran sama sekali pdhl itu kan hari untuk b'rburu.

    ReplyDelete
  46. yes!!!!,....Crypto is Back!!!love this...

    ReplyDelete
  47. @mind hack : emang lo ga baca yua?? " seorang pensiunan penunggang rodeo dan peternak kuda bernama Roger Patterson sedang mengendarai kuda bersama temannya yang bernama Robert Gimlin di sepanjang wilayah Bluff Creek untuk mencari jejak Bigfoot."

    mereka bukan kesana tuk berburu.. lagian ngapain berburu bawa kamera segala? kalo jaman sekarang mungkin kemana mana bawa kamera... tapi kan itu jaman dulu, dimana kamera masih jarang, ya jadi meraka memang kemungkinan 85% berniat merekam bukan "berburu" baca dulu bang...

    trus > "Patterson segera meraih kamera yang ada di tasnya dan segera berlari mendekati makhluk itu. Ia lalu meminta Gimlin untuk berjaga-jaga dengan senapan."
    berjaga jaga dengan senapan > sangat jelas maksudnya mereka kesana bukan buat berburu..

    lagian gw yakin pendapat lo yang skeptis itu udah pernah ada yang ngungkapin dulu.. tapi tetep aja "tidak terbukti" karena gw setuju ama enigma 70:30 atau malah 90:10...

    ReplyDelete
  48. oh ya sedikit tambahan > apa ruginya kalo kita percaya kalo masih banyak mahluk lain di bumi ini... berpikirlah luas jangan terlalu sempit, karena tidak semua tanah dibumi ini pernah kita injak.. dunia masih luas bro...

    segala kemungkinan ada.. buktikan sesuatu jangan dari sebuah kata komentar, atau kalo mau buktiin itu hoax lebih baik langsung terjun ke lapangan... =P

    gw still 70:30 sampai saat ini...

    ReplyDelete
  49. bang enig, kata teman john titor udah ketemu yach orangnya ? jadi hoax dong ?
    tlg dijawab...thx

    ReplyDelete
  50. Temen john titor? Maksudnya?

    ReplyDelete
  51. gini bang..saya dengar john titor sudah ketemu orangnya.benar gak
    thx

    ReplyDelete
  52. Menarik. Saya blm pernah tahu soal itu. John titor blg ketemu org yg nyamar jadi patty? Thn berapa dia ketemunya? Siapa nama orgnya? Apa bukti yg disodorkan oleh org itu?

    ReplyDelete
  53. Mengapa pemburu itu tidak menembaknya ?
    dan malah mengambil rekaman ?
    MUDAH SAJA, harga bogfoot hidup akan sangat mahal daripada bangkai. Mungkin mereka merekan dahulu dan memburunya kemudian, ketika rekaman masuk publik, mereka baru akan memburunya, dan video itu sebagai pegangan publik, ada video dan bigfoot hidup sama dengan uang.

    Tapi mengapa mereka tidak memburunya kembali ya ?? Apakah terlena karena popularitas video mereka ??

    Tapi pernyataan terakhir yang bersumpah kala akan meninggal sungguh misteri BESAR.

    Tapi bila itu adalah kostum, terlalu ngetat untuk sebuah kostum, terutama di bagian wajah, sepertinya lebih tepat bila disebut MAKE UP seperti yang dilakukan oleh make upper manusia rubah yang mendapat penghargaan aduh siapa namanya lupa..

    ReplyDelete
  54. penjelasan dari youtube:

    http://www.youtube.com/watch?v=7NoTZ_OUd5w&feature=fvw

    http://www.youtube.com/watch?v=P4PvDC8W22E&feature=related

    http://www.youtube.com/watch?v=PXQSmD2HWFE&feature=related

    ReplyDelete
  55. tambah banyak pengemar ni blog bang!!salutt

    ReplyDelete
  56. bigfoot pasti adaaaaaa !!!!!! yakin 100% donks hehe

    ReplyDelete
  57. @om /bang / kak enigmaaa : maksudnya si anonymous tuh orang yg jadi john titor pura-pura itu lhoo ... katanyaa orangnya yg pura-pura jadi john titor ketemuu?

    ReplyDelete
  58. Mav, saya ijin menyampaikan beberapa hal yang mengganjal dipikiran saya.

    1. Di amerika ada gak keluarga primata besar yang bisa mirip dengan bigfoot & hidup di alam liar?
    2. Kalo bigfoot itu bener ada, pastilah dia gak sendirian, pasti ada bigfoot2 lain. Soalnya gak mungkin kan bigfoot muncul tiba2 spt seolah lahir dr batu (kayak kera sakti)
    3. Kalo emang gak ada bigfoot2 laen (coz yg kliat cma 1 ato mgkn emg cma dia aja yg hidup) berarti bigfoot itu adalah mahluk dgn kelainan genetika.
    4. Kalo bener dia mahluk/manusia dgn kelainan genetika itu berarti dia mengidap penyakit gigantisme n penyakit yg mengakibatkan tumbuh rambut di sekujur tubuh spt si TEBO anak genderuwo.(hehe, saya g tw nama ilmiah utk penyakitnya)
    5. Kalo dia itu mahluk purba yg bertahan hidup smpe sekarang, knapa dalam dunia sains tidak pernah ditemukan fosil ato artefak yg mengarah kpd keberadaan bigfoot?
    6. Sampai saat ini saya masih berpegang pada kenyataan bahwa bigfoot itu hoax, karena gak mungkin ada mahluk yang hanya sendirian n seolah muncul tiba2 dr batu n hilang seperti ditelan bumi. Kalo dia manusia dgn kelainan genetika yg bersembunyi di hutan mungkin karna malu, pasti ada keterangan dr bekas masyarakatnya tentang keberadaan dia.
    7. Kalo ada yg tetep beranggapan bigfoot itu mahluk asli, maka harus ada mahluk primata besar di amerika utara. Coz itu utk mendukung teori saya tentang bigfoot itu mahluk primata besar dgn kelainan genetika. Saya nggak pernah bisa menganggap bigfoot itu adalah mahluk purba yg bertahan hidup sampai sekarang karna saya belum menemukan bekas ato fosil yg bisa menunjukan keberadaan bigfoot di masa lalu.

    Demikian beberapa uneg2 saya smga bisa menjadi masukan yg berguna.
    Salam..
    Hendra.

    ReplyDelete
  59. @shiirnyaak: ooh, itu. Saya kira apa. Hehe. Sepertinya tdk ada berita baru soal Jhon titor tuh.

    ReplyDelete
  60. Menurut saya itu cm hoax yg tujuannya agar nama kedua pemburu terkenal trs sampai anak cucu mereka

    ReplyDelete
  61. @lica lawliet, kita mesti berusaha lebih keras untuk mendapatkan pertamax.. >.<

    @nandar, say

    ada yg mengganggap itu siluman, dedemit,ato penampakan mahluk gaib?? ( wkwkwkk, bcanda )

    ada, saya.. hehehehe.. saya berpikir, jgn2 itu adalah genderuwo nyasar.. XDD
    (yaah, syapa tau kan.. abis bangkenya aja juga ngga perna ketemu..)

    @nur andika, knp tidak mungkin kera tinggal di daerah bersalju? trust me, ada kok sejenis kera yg tinggal di daerah bersalju..
    lagipula, bigfoot kan belum jelas ada atau tidak, knp bisa menyimpulkan bigfoot adalah kera? hanya karena seluruh tubuhnya ditutupi bulu dan menyerupai gorilla? well, belum tentu juga bisa disebut kera.. bisa saja kan ternyata bigfoot bukan hewan? :)
    dan, hewan yg dapat berdiri, belum tentu bisa melakukan apa yg dilakukan manusia (seperti membuat artefak, dll).. tergantung neuron otaknya ada berapa.. (hayaaahh, saya ngebahas otak lagi deh..)

    @hendra, well, cerita bigfoot yg lain ada juga kok.. seperti yeti di himalaya dan sasquatch..
    (*bener ngga bro enigma? cmiiw ya bro..hehehe..)
    lagipula, ngga ada yg bilang bigfoot hanya satu di dunia.. kebetulan aja yg keliatan cuman satu.. tp kita kan ngga tau di hutan perawan sana ternyata ada setumpuk..

    yah, berhubung saya tidak bisa membuka videonya ("thx" to my internet connection which became so slow, T.T), so saya tidak bisa berkomentar banyak..

    ReplyDelete
  62. mr. enigma, anda tidak tertarik memasukkan Chlamydoselachus anguineus ke dalam artikel hewan unik?
    barusan saya lihat di fanpage FB. saya tertarik buat kenal makhluk aneh bin ajaib ini lebih dalam. hehe :)

    ReplyDelete
  63. Saya sih selalu menduga mungkin Bigfoot tuh sejenis manusia purba yang terisolasi dan terlewatkan dari siklus evolusi. Contohnya Pterodactil, ikan purba yang di perairan sulawesi, komodo dll, common sense mengharuskan mereka sudah punah, tapi nyatanya mereka survive, mungkin juga terjadi pada bigfoot kan? Kuasa Tuhan dan kebijakan alam itu dashyat brother, otak kita yang kecil ini mana mampu menampung semua kebijakan-Nya. Jadi enjoy aja..

    I always love this blog. Mr. Enigma is the cleverest writer ever!!!! Thousands aplause for you bro...

    ReplyDelete
  64. Apa mungkinkah seorang manusia yang menderita Gigantisme sekaligus Hyper-Trichosis?

    from: YNS

    ReplyDelete
  65. ...bbrapa komen mengacu pada "kok g ada buktinya slain foto+video? kok g prnah ada bangkai-nya? kok g prnah ada artfak ttgnya?"

    ...jd inget hal yg simpel, mgk lucu...tp buat ane menggelitik...

    emang prnah ada yg liat ular mati????
    inget, mati...bukan "di-mati-in"...
    jujur, ane ttp brharp bigfoot ini real, biar tmn2 dsni bs diskus jauh lbh panjang. coz klo dia cm hoax...ya udah to...full stop...

    @myheart: aah, inspirasi sbnrnya bs dtg drmana aja kok, cm kbtulan dsni anda salh satu trigger-nya...heheheee.... (^_^m)

    ReplyDelete
  66. wkwkwk....mas enigma dah error.... :) kebanyakan menganalisis tuh....perlu d shut down sekali2....daripada nanti otaknya harus di instal ulangg!?!?!

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  67. Myheart2105 berkata...

    @aw3ng: hehe..kykx kata 'terinspirasi' gk cocok yach? hihi...maav kalo bgtuh ^_^v

    @ms terry: kalo nick km dbaca jd ' mister' yach?
    he?? maxudx om Enig dah error tu apa??

    @chris: ksh kmen jg dunks dsini.. td km smpat kmen di postingan foto time traveler..km gak trtarik ma bgfoot yach??

    ReplyDelete
  68. @Anonymous > "maka harus ada mahluk primata besar di amerika utara" > ada... > bigfoot primata besar =P

    "karna saya belum menemukan bekas ato fosil yg bisa menunjukan keberadaan bigfoot di masa lalu." >> udah pernah meneliti kesana ya??? =P

    ReplyDelete
  69. Dari atas ampe bawah gw baca yang skeptis cuma berkomentar "menurut gw", tanpa membawa sebuah bukti, cuma "menurut gw"....

    seperti manusia dulu yang kekeh dengan anggapan bumi itu kotak.... > karena mereka belum menjelajahi seluruh permukaanya...

    sori bang enigma, kali ini saya sangat bernafsu berkomentar...

    ReplyDelete
  70. HOAX, kalau nyata,waktu tempat tsb dioprek pemburu apa dia bisa ngumpet didalam tanah? lagian kala dia bawa senapan berburu ngapain gak ditembak saja,kan bisa diteliti? apa takut melanggar HAM ? Kan bukan manusia.

    ReplyDelete
  71. komen perdanaku nih...
    setelah berbulan2 jadi fans tetap blog ini :)

    mungkin aja bigfoot memang ada..mungkin juga gak ada..hehehe.
    yang tahu pasti ya si Roger Patterson & Robert Gimlin..kalo gak bohong hehehhe

    jagat raya ini terlalu kompleks untuk dipahami oleh otak manusia.. :)

    -dhuatiga-

    ReplyDelete
  72. adoh telat gara-gara hp ga bisa wifi

    kayaknya.... hmmm..
    sekiranya ane sih bisa niru tuh gerakan (kali aja, blum dicoba). jalan rada bungkuk, tangan kemana-mana, langkah jauh. hampir kayak ane jalan caranya. cuman tangan ane diam aja

    munkin ini hoax, ane yakin ke Bob Hieronimus deh
    klo asli, berarti primata terbesar tuh dibawah manusia (ato mungkin lebih tinggi??)

    ReplyDelete
  73. apakah rekaman asli ini ada di internet?

    ReplyDelete
  74. kingkong kena kutuk,atau kekurangan gizi tuh!

    ReplyDelete
  75. misteri itu indah brother..inget azaz dualitas galileo..smua di dunia ini berpasangan..ada yang percya pasti juga ada yang ga percaya...

    so,di manapun kamu pijakan kepercayaanmu,tetep...VIVA ENIGMA.. huahahaha..

    ReplyDelete
  76. Humm... Menarik sekali. Jadi dengan browsing internet dan membuke jendela pengetahuan melalui situs2 dan blog2 pengetahuan seperti ini, kita bisa mengetahui segala hal di dunia tanpa harus datang langsung ke tempatnya.
    Keren...
    Mulai sekarang tinggalkan situs2 porno dan beralih ke blog bang enigma!!!
    Hahahaa....

    ReplyDelete
  77. Humm... Menarik sekali. Jadi dengan browsing internet dan membuke jendela pengetahuan melalui situs2 dan blog2 pengetahuan seperti ini, kita bisa mengetahui segala hal di dunia tanpa harus datang langsung ke tempatnya.
    Keren...
    Mulai sekarang tinggalkan situs2 porno dan beralih ke blog bang enigma!!!
    Hahahaa....

    ReplyDelete
  78. Klo Menurut gw sich tu ad bener na bro nig...
    soal na para ahli sudah membuktikan klo tu bener kan ?
    N klo menurut pendapat brother yg tidak setuju dan mengatakan mraka pemburu harus na di buru dluan,,saya rasa mereka berpikir bahwa makhluk tu primata dan primata harus di lindungin bkn ?
    dan klo sampe mraka membunuh makhluk tersebut dan sampe ketaun penduduk laen so pasti penjara ganjaran mraka....

    ReplyDelete
  79. nandar say:

    komen ke 4 kali ny neh,hehehe...

    saya nemu d youtube mengenai analisa dr para ahli.
    yg paling menarik adalah analisa pergerakan otot paha dari si patty ini.
    di saat berjalan, otot paha si patty ini terlihat bergerak, seperti real. jika manusia memakai kostum, hal ini pasti tidak akan mungkin terjadi.

    sayang ny bro enigma ga nampilin video ini di sini. video analisa para ahli yg membahas tentang pergerakan otot paha si patty ini.

    http://www.youtube.com/watch?v=r5tvXoGQ4UI

    saya jadi bingung mo bilang apa lg,hahaha.. bukti nya terlalu banyak, tp sayang ny buktinya ini msh tetep jd kontroversi,karena sampe sekarang lum juga d temukan bentuk fisik si patty ini,seperti yg di ingin kan banyak org.

    ReplyDelete
  80. @nandar: memang sebaiknya melakukan cross check dari berbagai sisi sblm menarik kesimpulan, walaupun nanti kesimpulan akhirnya tetap sama. Dan kamu melakukannya. Hehe. I like that.

    ReplyDelete
  81. Myheart2105 berkata...

    @chris: chris,,.. muncul dunks,, ksh kmen apaa gtu,, kalo bs skalian d analisis yach... tiap org bebas brpndpat asal sopan,, q tunggu loch analis km... :D

    ReplyDelete
  82. Brother, tukeran link yah? Blog anda sudah saya taruh di blogroll saya. BAru buat blog nih, jadi maaf kalau masih banyak yang kurang dan sederhana,thanks.

    ReplyDelete
  83. horeee.. akhirnya bisa liat videonya juga..
    tp ada yg mo ditanjakeun nih..
    ada yg tau ngga, ketika si bigfoot menoleh, doski melihat ke arah mana yah kira2?
    soalnya, kl si bigfoot menoleh ke arah patterson, bagi saya bigfoot ini hoax..
    well, dgn asumsi si bigfoot adalah hewan liar, logikanya hewan liar akan kabur ketika melihat manusia..apalagi kl sadar ada manusia mengikutinya, pasti ambil langkah seribu..
    tp dari rekaman, setelah si bigfoot menoleh ke arah patterson, doski tetep aja jalan santai seolah tau bahwa si manusia ngga akan ngapa2in..bagiku kurang masuk akal..
    kl dgn asumsi bigfoot is a monster, taruhan, patterson ngga akan selamat..
    trus dgn asumsi bigfoot adalah manusia primitif yg terisolasi dari dunia luar, reaksinya bisa kabur atau bisa juga menyerang balik..
    kl soal gaya berjalan, saya pikir ngga sulit berjalan seperti itu, apalagi dgn menggunakan kostum dan berjalan di daerah bersalju..
    para ahli hanya hiperbolis ah soal gaya berjalannya..
    ketika saya mengunjungi tkp (youtube gan, bkn tkp t4 patterson ngambil gambar ya, hehehe..), ada beberapa video yg menunjukkan bukti2 bahwa it was the real bigfoot, seperti pergerakan otot di paha bigfoot..
    tp sebenarnya pergerakan otot itu mungkin saja efek cahaya yg terpantul dari bulu2nya..
    dan kalau memang hoax, it was brilliant..
    eniwei, patterson bersumpah di akhir hayatnya bahwa dia tidak memalsukan rekaman itu..
    menarik bukan? saya yakin, patterson memang tidak memalsukan rekamannya itu, rekaman itu memang asli.. tp bisa jadi bigfootnya yg tidak asli.. hehehehehe..

    nah, kl si bigfoot menoleh ke belakang dan tidak mengetahui kehadiran patterson, saya menganggap bigfoot ini 70% aseli.. karena doski ngga sadar ada orang, makanya tetep berjalan santai..
    dan sumpah patterson di akhir hayat, rekaman = bigfoot.. ^^

    ReplyDelete
  84. @Anakkucing: Kalau ada orang lain yang menipu Patterson dan Gimlin, maka, hebat itu orang, karena dia tidak takut ditembak sama Patterson dan Gimlin. Hehe

    ReplyDelete
  85. @anakkucing : @lica lawliet, kita mesti berusaha lebih keras untuk mendapatkan pertamax.. >.<
    gpp qta ngalah aja, kasih giliran buat yg lain. (ngga mau malu) hehehe ;)

    ReplyDelete
  86. Yup, memang cerita seperti ini mengundang kontroversi. Menurut saya, kalau cerita ini palsu, biarlah menjadi sebuah referensi bagi pembuatan film. Tapi kalau ini asli... wah! sepertinya kita harus giat lagi melakukan pencarian, untuk melakukan penangkaran terhadap mahluk Tuhan ini.

    ReplyDelete
  87. Salam bang enigma. q mau request nich.. tolong donk bahas mengenai organisasi rasisme KKK (Ku Klux Klan) di amerika. yg katax sangat terkenal kejam suka membunuh ras selain kulit putih. please penasaran dgn organisasi itu. apakah masih ada sampai skrang atau udah g ada. soalx sy baca2 dari artikel di internet ktx organisasi itu masih ada tapi mengubah namax menjadi knight of ku klux klan. tapi pembahasan di artikel itu g lengkap seperti bang enigma klo mengupas suatu misteri. tolong pencerahannya bang enigma.
    by. ichwan di makassar.
    ditunggu responx.

    ReplyDelete
  88. haha pernah nonton nih di discovery channel atau national geographic

    ReplyDelete
  89. Saat itu yg ditembak bisa saja kakinya,jadi gak koit,tapi gak dilakukan,padahal bawa senapan berburu, jadi ..HOAX..spy holywood laku kali.dan biasa sensasi ala orang bule.

    ReplyDelete
  90. Mungkin orang tsb terlalu niat sampe bikin kostum kyak gitu, tanpa dikenal org bukan berarti tidak ada kan? lagippula ada kemungkinan kostum tsb dimaksudkan untuk direkam oleh orang lain, namun tidak sengaja terekam Roger Patterson, bisa saja. trus knp sih kalo UFO tuh kalo pas direkam kamera pasti langsung kabur? kalo gitu film-film tentang alien gak usah pake senjata berat dunkz, tinggal kita keluarin kamera aja, beres kan? ;D

    ReplyDelete
  91. keren bang tapi ntah nyatanya tolong bahas tentang mahluk aneh yang lainya, atau alien yang nyata


    (by Anax_Alim)

    ReplyDelete
  92. Saya salut dengan perkembangan blog misteri ini. Saya merasa komentar-komentarnya semakin hangat, akrab dan berbobot. Soal artikel, no doubt, good as always :)

    Bigfoot, makhluk misterius seperti kera berbulu lebat, berjalan dengan dua kaki ini memang selalu hangat dibicarakan. Jika ingin mengetahui keberadaannya dengan pasti, mungkin ungkapan 'go catch it!' cocok untuk diterapkan. Tapi untuk menilai keberadaan sesuatu, saya rasa TIDAK SELALU harus melihatnya dengan mata kepala secara langsung, kita bisa menilainya dengan common sense.

    Pada dasarnya, selama tidak ada bukti konkret yang tidak bisa lagi diperdebatkan, perbedaan pendapat lumrah terjadi. Itu semua tergantung dari pemikiran dan sudut pandang masing-masing. Ada yang percaya, ada yang skeptis. Keduanya tentu didasarkan atas argumennya masing-masing. Jadi semua pendapat ditampung dan dihargai.

    ''Ashlan a.k.a GelZa said...
    oh ya sedikit tambahan > apa ruginya kalo kita percaya kalo masih banyak mahluk lain di
    bumi ini...''

    Saya rasa ini, ini bukan tentang untung-rugi mempercayai sesuatu. Untuk bersikap percaya atau skeptis terhadap sesuatu, misalnya bigfoot, tidak mesti karena motif atau alasan tertentu. Mereka yang skeptis mungkin di dasarkan pada common sense. Mereka mendapati dalam kisah patty banyak kejanggalan. Bagi mereka yang percaya, mungkin didasarkan atas banyaknya pengakuan penampakan dari orang-orang.

    ''segala kemungkinan ada.. buktikan sesuatu jangan dari sebuah kata komentar, atau kalo mau buktiin itu hoax lebih baik langsung terjun ke lapangan... =P''

    Untuk yang ini, saya setuju dengan kamu. Memang jika mau mengungkap misteri ini secara tuntas: 'go catch it!'. Tapi sekali lagi, berkomentar dengan berdasarkan common sense bukan akan selalu tidak dapat diandalkan, tapi bisa menjadi prediksi yang mendekati kenyataan.


    @Myheart2105: hehe.. Myheart, sebaiknya kamu tidak terlalu mempedulikan kehadiran saya, perlakukan saya biasa saja.. Ada atau tidak adanya saya di sini, tidak akan berpengaruh apa-apa, karena saya percaya blog ini berkualitas dengan tulisan, penulis dan komentatornya yang cerdas dan dewasa :)
    Bigfoot? Jika kamu menanya saya tentang ini, terus terang memang saya kurang berminat, karena jika mau diusut lebih detil, berpeluang terhadap perdebatan tentang teori evolusi yang pada titik tertentu akan sangat kontras sekali dengan ajaran agama.
    Tapi, tidak apa-apa, jika seandainya nanti sempat menyinggung wilayah evolusi dan agama, saya percaya para pembaca di sini sudah cukup dewasa untuk menyikapinya...

    ReplyDelete
  93. Kalau saya memandang tentang misteri Patty si Bigfoot ini, saya membaginya menjadi 2. Pertama, yang berhubungan tentang video bigfoot Patterson-Gimlin dan kedua, mengenai eksistensi bigfoot secara umum.

    A. Yang berhubungan dengan video Patterson-Gimlin.

    1) Tujuan mereka memang BUKAN pergi berburu, tetapi pergi mencari jejak bigfoot. Tetapi ternyata, menurut pengakuan mereka, mereka mendapatkan yang lebih dari itu.

    ''Pada tanggal 20 Oktober 1967, seorang pensiunan penunggang rodeo dan peternak kuda bernama Roger Patterson sedang mengendarai kuda bersama temannya yang bernama Robert Gimlin di sepanjang wilayah Bluff Creek UNTUK mencari jejak Bigfoot.''

    Keterangan ini bisa menjelaskan mengapa Patterson dan Gimlin tidak menembak Patty, karena memang mereka tidak berniat memburu bigfoot.

    Tapi akan menjadi janggal, mereka tidak mempersiapkan senapan bius, mengantisipasi kemungkinan bertemu dengan bigfoot. Bukankah jika mereka berhasil 'melumpuhkan' bigfoot itu, mereka bisa mengambil rekaman dan foto-foto yang lebih detil dan meyakinkan, atau bahkan bisa mengikat dan mengerangkengnya? Semua itu jika dilakukan, tentu menjadi bukti yang sangat kuat. Tapi ternyata tidak demikian. Alasan skeptis bisa muncul dari sini.
    Saya yakin senapan bius sudah ada dan lazim digunakan pemburu pada masa itu, suatu jurnal juga menyebutkan tentang ini. Jurnal itu menyebutnya sebagai 'remote delivery system'. Ini kutipannya:
    ''In the late 1950s,
    the first complete remote delivery system became available (1) but the concept was not new. People of South America, Asia, and Africa have for centuries used arrows and spears with plant or animal poisons for hunting...''
    (www.ispub.com/ostia/index.php?xmlFilePath=journals/ija/vol2n3/zoo.xml)

    2) Saya telah mendownload video bigfoot di Youtube dari vuclip.com, beberapa hal yang saya soroti:

    1. Awal rekaman, kamera terguncang, sehingga mengaburkan gambar yang terekam.
    2. Awal fokus pengambilan gambar pada pepohonan di yang berada sekitar 10-20 meter dari kamera, kemudian pada sekitar detik ke-20, kamera tiba-tiba dialihkan ke bigfoot yang terekam sedang berjalan, goncangan pada kamera masih terlihat jelas.
    Tidak terlihat bigfoot keluar dari semak-semak atau semacamnya, dan di sekitarnya juga tidak terlihat tempat yang memungkinkannya bersembunyi. Saat terekam, bigfoot telah dalam keadaan sedang berjalan. Cukup aneh bukan? Mengapa tidak langsung saja mengarahkan kamera kepada bigfoot? Dari rekaman, bigfoot tidak muncul secara tiba-tiba.

    3. Kemudian si perekam bergerak mendekat beberapa meter, di rekaman terlihat bigfoot berjalan santai dan menoleh ke belakang. Dari sudut pandangnya, saya rasa si bigfoot ini menoleh ke belakang karena si perekam mendekat. Saya yakin bigfoot melihat si perekam.
    Tapi dia tetap jalan dengan tenang.

    Saya sependapat dengan teman-teman yang lain, jika bigfoot ini menyadari ada orang yang mendekatinya, seharusnya jika dia primata liar, dia akan bereaksi karena merasa terintimidasi: berlari menjauh atau balik menyerang.

    4. Gerakan dan gaya berjalan. Saya pribadi menilai bahwa gerakan dan gaya berjalan seperti itu bisa diperankan oleh manusia.

    5. Seandainya itu kostum, berarti kostum itu dibuat dengan cermat. Mungkin pada bagian tertentu terdapat bantalan-bantalan yang memberikan efek bigfoot yang besar dan berisi, seperti pada bagian lengan, tungkai, bokong dan dada. Saya rasa kostum seperti ini mampu dibuat pada zaman itu.


    3. Di Youtube juga beredar video yang mengelaborasi 'muscle movement' di paha kanan bigfoot. Ya bisa saja demikian. Ini adalah poin tambahan untuk keberadaan bigfoot. Tapi pihak skeptis bisa memberi pendapat yang berbeda dari hal yang sama, seperti pendapat anakkucing; garis otot di paha bisa karena efek pantulan cahaya. Atau bahkan bisa karena lekukan kain kostum yang tepat di sana (kostum yang ketat mungkin?)

    (Bersambung...)

    ReplyDelete
  94. (Sambungan...part 2)

    4. Saya memperhatikan wajah bigfoot yang telah mengalami enhancement, seperti pada gambar terakhir pada tulisan di atas. Jika anda cermati, mata bigfoot tidak terlihat dengan jelas, iris-pupil yang memberikan warna mata, tidak terlihat. Tapi di sekeliling daerah mata berwarna putih dan terdapat garis tipis yang memberi batas dengan area mata.
    Selanjutnya, jika anda mengamati foto wajah bigfoot yang tampilkan Mr.Enigma di atas, jika ini bukan pareidolia, anda bisa melihat titik putih yang di sebelah kanannya ada garis putih, yang keduanya memberi kesan bahwa itu adalah mata! Bisakah anda melihatnya?

    Poin saya:
    1. Memperhatikan wajah secara keseluruhan, gambarnya cukup buram dan kurang tajam. Bahkan kita tidak bisa melihat mata yang satu lagi, karena hanya berwarna hitam saja. Tapi ini cukup kontras dengan mata kanannya, refleksi cahaya (putih) tampak dengan jelas. Sangat jelas jika dibandingkan dengan wajah secara keseluruhan yang tampak kabur. Saya khawatir ini cuma pareidolia.

    2. Anggaplah itu benar-benar matanya, saya masih mendapati kejanggalan yang lain: ukuran orang-orangan matanya (pupil-iris) terhadap area mata secara keseluruhan. Bisakah anda melihatnya agak lebih kecil dari pada semestinya?
    Bandingkan dengan proporsi pupil-iris mata dengan primata lainnya, ini foto mata gorilla:

    static.zsl.org/images/originals/bobby-gorilla-face-2611.jpg

    wildlifeart.files.wordpress.com/2008/04/mountain-gorilla-face-blog.jpg


    Jika lebih diamati lagi, gabungan garis tipis melengkung di area berwarna putih di sekeliling mata, lebih jelas terlihat di bagian bawah, ditambah dengan ketidakproporsionalan pupil-iris dengan area mata (lebih kecil) mengantar saya pada kesimpulan itu adalah topeng!
    Jika titik putih pada mata itu bukan efek pareidolia, maka saya cenderung mengatakan itu adalah mata orang yang berada dalam kostum bigfoot itu.


    Selanjutnya saya mengalihkan pikiran saya dari video bigfoot itu.
    Hmm.. Patterson mengatakan bahwa rekaman itu di ambil pada 20 Oktober 1967. Terlihat bahwa pada saat itu sedang musim dingin (winter), karena terlihat ada salju, dan pohon-pohon meranggas. Saya menjumpai sedikit keanehan. Ini: ''apakah memang pada waktu itu (bulan Oktober, tanggal 20) sedang winter di Bluff Creek, South California?''
    Tapi, saya tidak menemukan informasi bahwa Winter terjadi pada bulan Oktober
    Beberapa situs yang menyediakan info ini mengatakan bahwa Winter di Amerika Utara dimulai pada bulan Desember dan berlangsung sampai Februari.
    wiki.answers.com/Q/What_are_the_winter_months
    Di Kanada winter juga dimulai pada bulan Desember:
    answers.yahoo.com/question/index?qid=20090610095111AAqHtuZ

    Saya rasa jawaban mereka dapat diandalkan, karena mereka yang mengalaminya secara langsung.
    Apakah ini sebuah kesalahan atau telah terjadi perubahan iklim, yang menyebabkan winter lebih awal hampir 2 bulan di Bluff Creek pada tahun 1967?
    Saya pikir ini murni kesalahan/kecerobohan. Karena tidak mungkin adanya perubahan panjang musim (season) di bumi, apalagi hanya pada Bluff Creek saja. Perubahan 4 musim terjadi di selain daerah tropis. Perubahan/pergantian 4 musim ini disebabkan karena kemiringan sumbu bumi berotasi, yaitu 23,5 derjat. Kemiringan ini selalu bertukar antara utara dan selatan setiap 6 bulan yang menimbulkan musim dingin (winter) di wilayah bumi yang menjauhi matahari dan musim panas (summer) di wilayah bumi yang mendekati matahari. Belahan bumi utara mengalami winter pada bulan Desember-Februari. Pergantian ini terjadi setiap 3 bulan, dan tidak pernah berubah durasinya.
    Penjelasan lebih lengkap di sini:
    www.woodlands-junior.kent.sch.uk/time/seasons.htm


    (Bersambung...)

    ReplyDelete
  95. (Sambungan...part 3)

    Bukti lebih lanjut bahwa winter di Bluff Creek berlangsung Desember-Februari, saya mendapati bahwa pada tahun 1967 terdapat badai salju hebat dengan ketebalan salju 23 cm. Itu terjadi pada Januari 1967. Ini linknya:
    www.illinoishistory.com/deepsnow.htm
    ''When 23 inches of snow fell on Chicago in less than a day and a half in the late winter of 1967...''
    Artikel itu mengatakan bahwa Januari 'masih' menjadi 3 bulan musim dingin, yaitu Desember-Januari-Februari. Jadi ini menegaskan pergantian musim selalu teratur dan panjang masing-masing musim memang 3 bulan.
    Jika anda mengatakan: ''tapi, bisa saja kan itu karena climate change (perubahan iklim)?''
    Jawab: ''well, selain memang hal itu mustahil terjadi, karena pergantian 4 musim disebabkan kemiringan bumi, mungkin sebaiknya anda juga membaca definisi 'climate change':
    en.m.wikipedia.org/wiki/Climate_change?wasRedirected=true

    Jadi, saya rasa ini adalah 'poin yang SANGAT memberatkan' terhadap penerimaan kebenaran pengakuan Patterson dan Gimlin dan juga terhadap validitas rekamannya.

    Poin saya berikutnya: ''Tahukan anda jika Roger Patterson sangat tertarik dengan bigfoot, dan pernah menulis buku tentang bigfoot??''

    Ya, dia pernah menulis buku berjudul: ''Do abominable snowmen of
    America really exist?''
    Ini gambar bukunya, tampak cover depan:
    www.librarything.com/work/1152960

    Setelah saya googling buku ini diterbitkan pertama tanggal 15 Desember 1966, dan cetakan kedua (dicetak ulang) tanggal 1 April 1996 (april mop?? Atau sekedar kebetulan? Hehe..)
    Anda bisa mengeceknya di sini:
    www.librarything.com/work/1152960
    Deskripsi buku ini ada di tengah halaman. Supaya mudah, anda cukup gunakan fasilitas 'find' pada browser, biasanya 'ctrl+F' atau bagi pengguna Opera Mini 5 beta 2, tekan 'tanda pagar, kemudian angka 3'' atau ''#,3'', ketikkan kata 'roger', anda akan segera menemukannya :)

    Buku itu berisi hasil interview orang-orang yang mengaku melihat bigfoot, ilustrasi bigfoot dan beberapa peta yang digambar manual. Anda bisa temukan ini di sini, pada bagian 'background':
    en.m.wikipedia.org/wiki/Patterson-Gimlin_film?wasRedirected=true

    Dari halaman yang sama juga dikatakan bahwa Patterson menjadi tertarik dengan bigfoot karena artikel bertema sama yang ditulis oleh Ivan Sanderson pada Desember 1959 di majalah 'True Magazine'.
    Dari wikipedia, lokasi perekaman berada di Six Rivers National Forest di California bagian utara (?), di mana banyaknya laporan tentang bigfoot dan jejak-jejak kaki (yang diduga sebagai jejak kaki bigfoot) di sana. Salah satu yang terkenal adalah penemuan jejak kaki bigfoot oleh Ray Wallace yang (sayangnya) terbukti hoax di kemudian hari.

    Nah, dari uraian di atas, saya menduga kuat bahwa Patterson ingin membuat makhluk cryptid-nya jadi 'kenyataan' setelah tidak cukup puas menulis hasil interview dan ilustrasi di bukunya, akhirnya dia memilih melakukan 'gebrakan'.

    Jika anda ingin tahu lebih dekat tentang si Patterson ini silakan langsung buka link di atas, ataupun link wikipedia yang dituliskan Mr.Enigma di akhir tulisan. Saya rasa tidak perlu saya kutip lebih lanjut, karena saya pikir ada bagian yang kurang pantas untuk diekspos.
    Dan oya, di halaman itu juga disediakan segmen analisis dari berbagai ahli :)

    Untuk video Patterson-Gimlin ini,saya meragukan keasliannya.


    (Bersambung...)

    ReplyDelete
  96. mas enigma, ad yang aneh, masa naluri pemburu lebih kekamera, bukan kesenapan, menurut saya kejadianya sepertinya ga alami, seperti ad sesuatu yg sudah direncanakan,

    nice artikel, keep posting..

    ReplyDelete
  97. (Sambungan...part 4)

    B. Tentang bigfoot secara umum.

    1. Tidak pernah ada bukti-bukti fisik yang benar-benar meyakinkan yang pernah ditemukan tentang keberadaannya. Menurut saya, laporan orang-orang mengenai bigfoot bisa jadi merupakan salah identifikasi, atau memang hoax.

    2. Seharusnya jika bigfoot adalah primata, maka dia memiliki tingkat reproduksi yang cukup tinggi, sehingga jumlahnya banyak. Hal ini paling tidak sudah bisa menjadikannya terekspos oleh masyarakat lebih dari 1 kali, dan mempunyai kemungkinan terlihat sepanjang tahun sejak dulu, dan bukan dimulai atau pada waktu tertentu saja.

    3. Jika primata ada yang bipedal (berjalan dengan 2 kaki), saya rasa kemampuan/rentang aktivitasnya menjadi lebih variatif, dapat melakukan banyak hal yang produktif: menangkap ikan, berenang, dan sebagainya. Kalau menurut pandangan evolusionisme, bipedal berarti memiliki derjat evolusi yang lebih tinggi, dengan kemampuan (otak) yang lebih tinggi. Jika ini benar, seharusnya pernah dijumpai bigfoot yang sedang berenang atau menangkap ikan bukan? Atau bigfoot yang membangun sarang untuk menghindari cuaca dingin.

    Tapi, walaupun begitu. Saya pribadi tidak pernah setuju dengan teori evolusi. Jika anda pernah mempelajari genetika, ataupun biomolekular-biokimia, sitologi, saya rasa anda akan berpendapat sama. Menurut saya bigfoot kemungkinan besar memang tidak ada, apalagi jika mengatakan dia adalah hasil evolusi. Konsep 'manusia yang terisolasi'? Hm..saya cuma bisa tersenyum :)

    Saya percaya seluruh makhluk hidup diciptakan, dan tidak pernah berevolusi menjadi spesies yang lain. Saya percaya bahwa manusia pertama adalah Adam. Saya tidak percaya tentang konsep manusia purba. Pandangan saya ini memang pada awalnya dilandasi oleh iman saya, tetapi kemudian saya mendapatinya bukan hanya sekedar keyakinan. Apa yang saya pelajari selama ini, menguatkan keimanan saya :)

    4. Hypertrichosis + gigantisme?
    Well, gigantisme adalah kelainan hormon pertumbuhan yang membuat seseorang tumbuh raksasa, tapi dia tetap manusia. Maksud saya, bentuk/morfologi tubuhnya tetap manusia, tidak berubah sedikitpun. Begitu juga dengan sifat-sifatnya, seperti manusia normal. Apakah gigantisme membuatnya lupa memakai pakaian dan suka bertelanjang? Hehe..kidding..
    Hipertrikosis. Adalah kelainan pertumbuhan rambut, dimana jumlah rambut yang timbul memenuhi semua daerah yang berambut. Tapi, rambut yang tumbuh tetap seperti rambut manusia, dan tidak akan berubah seperti bulu (rambut) gorilla.

    Semua ini hanya pendapat pribadi saya saja. Jika ada perbedaan pendapat, hal itu adalah wajar.

    ReplyDelete
  98. @Chris: soal teori evolusi, saya sepakat kalau itu bukan science yang sudah settled.

    ReplyDelete
  99. Ni John Doe,

    Di tumit kanan bigfoot ada seperti bagian yang menempel dan tergantung2 selama bigfoot berjalan. Bagi yang pro bigfoot, dibilang itu adalah kaki yang luka.
    Bagi yang tidak percaya bigfoot, itu adalah bukti bahwa itu bagian dari kostum yang sobek dan tergantung2 selama berjalan.

    Pilih percaya yang mana ya?

    ReplyDelete
  100. @k chris : waw.... k, apa tips anda sampe segitu rajinnya ngetik pake hp gitu? salut banget saya sama anda. hehe :)

    ReplyDelete
  101. ...akhirnyaaa....banguuuunnnn....se lamat malam Chris...
    ...ehm...maap sblmnya,trutm buat MyHeart...skr ane sdikit mragukan Chris yg ber-jurusan kedoktrn...
    klo emg iya, bukannya post dr umum dipasang lbh? dulu? bukannya kita bkl "mengedepankan" apa yg kita kuasai?

    ...Jika anda pernah mempelajari genetika, ataupun biomolekular-biokimia, sitologi, saya rasa anda akan berpendapat sama...

    piss bro...heheheee....
    btw, tanda tanya itu maksudnya apa yak...?

    ...lokasi perekaman berada di Six Rivers National Forest di California bagian utara (?), di mana banyaknya...

    ReplyDelete
  102. ...nambah bro En...mumpung lg jelas2 nya, numpang ng-iklan...
    cb kluar, liat si Bulan...ada hal yg keyen...
    ada yg bs liat? ane di JaTeng, jlas bgt...

    ReplyDelete
  103. Myheart2105 berkata...

    @chris: waaaaw..chris, wlwpun km nasehatin aq agr tdk care ma km,, koq aq mlh jd tmbh pnasaran+care+ngefans ma km?? wkwkwkwk ^0^
    gak ngaruh? ngaruh bngtz,, rasax ada yg krg kalo km blm kmen..hehe..

    weleh..weleh..km makanx apa seyh?? pdhal q niat mo analisis, tp bngung mau mulai dr mana? xixixi... :p

    soal winter, q gk prnh kpkiran,, iya ya? trnyata di amrik sana winter tuch bln desmber-fbruari..yg q tau seyh xmas ada saljux kalo dsana..wkwkwk..^0^

    trus 1 lg, q dah bc kmen km, 1 kata: MANGSTAB!!
    tp kykx da link yg gak cocok dech..
    yg ini:
    ''Setelah saya googling buku ini diterbitkan pertama tanggal 15 Desember 1966, dan cetakan kedua (dicetak ulang) tanggal 1 April 1996 (april mop?? Atau sekedar kebetulan? Hehe..)
    Anda bisa mengeceknya di sini:
    www.librarything.com/work/1152960''

    kykx linkx slh tuch,, q gk nemu yg km maxudkan,, linkx sm ma yg diatasx...km lg ngantuk yach??
    q bs tau ini krn smua tulisan d kmen km aq lahap..nyam :D
    btw, chris, q dah catet 2 bkti lg kalo km mhs kdokteran :D

    @aw3ng: he?? justru aq tmbh yakin kalo si chris tuch mhs kdokteran..
    dlm kmenx dia kn blg, kalo dia bljr gnetika, biokimia, sitologi,, nah,, itu khan pljrn di jurusan kdokteran,, tmbh lg dia tau gigantisme ma apa 1 lg? (loading... :p) oya,, hiprtrikosis,, nah tmbh ykin dech jadix..xixixi :)

    ReplyDelete
  104. @Lica: hehe...itu karena saya suka internetan di hp. Tidak ada tips khusus, mungkin karena kebiasaan, jadinya tidak terasa berat :)

    @aw3ng: tanda tanya itu maksudnya, saya menemukan hal yang sedikit janggal (yang menimbulkan tanda tanya :) ), yaitu mengenai lokasi perekaman. Ada sumber yang mengatakan lokasinya di Bluff Creek, California Selatan, sementara wikipedia mengatakan di Six Rivers National Forest, California bagian utara.
    Awalnya saya mengira lokasi itu adalah 2 tempat yang berbeda. Tapi kemudian saya berpikir, jika lokasi perekaman ternyata (terbukti) bukan di Bluff Creek, berarti ini sangat jelas hoax, dan mestinya sudah banyak disinggung sebelumnya. Tapi ternyata tidak.
    Saya googling. Saya menemukan ternyata Bluff Creek berada di area Six Rivers National Forest, ini linknya:

    www.visitredwoodcoast.com/content/bluff-creek-day-use-area,-six-rivers-national-forest/ncoB0A69C7D9711D57AA

    Lokasi Six Rivers National Forest, sebagai konfirmasi informasi dari wikipedia (California bagian utara):

    www.arborday.org/enterprise/about/forest05.cfm

    Di sana dikatakan lebih rinci lagi, yaitu northwestern (arah barat laut). Di insert sebelah kanan, juga dapat kita amati bahwa Six Rivers National Forest, terdapat di bagian kiri-atas (utara) dan memanjang ke arah selatan.

    Ini sedikit membingungkan, mana yang benar: Bluff Creek di California Selatan ataukah di California bagian Utara??
    Setahu saya California Selatan bukan nama negara bagian. Yang ada hanya negara bagian California. Ini berarti kata 'selatan' dan 'utara' menunjukkan wilayah spesifik di negara bagian California. Nah, agak kontradiktif bukan? California Selatan atau Utara?
    Inilah sebabnya saya memberi tanda tanya.


    @Myheart2105: terimakasih atas pemberitahuan kamu, hehe..kamu teliti juga ya. Ya itu kesalahan. Link yang kamu bilang tidak cocok itu, seharusnya ini:

    www.faqs.org/copyright/english-for-meaning-vol-3-by-paul-mckee-m-lucile-harrison-3/
    Silakan dicek lagi :)

    ReplyDelete
  105. @aw3ng : wah, enak ya. saya jauh dari sana jd tidak tahu ada apa dengan kondisi bulan. T__T

    @k chris : hebat. rajin sekali. saya saja, ngetik sms 1 baris sudah males. hahahaha :)

    ReplyDelete
  106. lala said,,
    waduh ketinggalan postingan nee..
    good job brother.. :D

    ReplyDelete
  107. bro, bs kluar kantor g???
    cb liat ke Selatan...chemtrail kah??? ane di Jateng, kbtulan langit lg gut feriwel...jlas bgt...

    ReplyDelete
  108. @aw3eng: di jkt tdk terlihat. Mgkn cm di jateng.

    ReplyDelete
  109. waaaah, akhirnyaaaa.. bro enigma berbicara padaku jugaaa.. *melting* :">

    hehehe..
    menurut saya patterson yang merencanakan dan bekerja sama dengan orang lain tanpa sepengetahuan gimlin bro..
    trus pasti juga sudah direncanakan untuk menoleh sedikit untuk memperlihatkan wajah untuk menunjukkan seolah itu asli..

    ReplyDelete
  110. Chris = Anigma.. Anigma = chris.. Mungkinkah..? .. From = mrmrmr

    ReplyDelete
  111. muantapp Bro Enigma.....
    oh ya,were wolf nya mana nih....?

    ReplyDelete
  112. @anonymous yg bilang "Chris = Anigma.. Anigma = chris.. Mungkinkah..?"

    saya yakin 10.000.000% mereka adalah 2 orang yg berbeda. sama sekali bukan 1 orang yg sama. :)

    ReplyDelete
  113. Ariel 10 said...
    Apa??? jadi ini masih misteri ??????????????????????????

    ReplyDelete
  114. ataw jangan2 bro Chris adalah kepribadian gandanya bro Enigma.....hehehe..:)
    bro En,request were wolf doong...

    ReplyDelete
  115. were wolf bahasss.........

    ReplyDelete
  116. aku orang manado brother!!!
    aku juga pernah denger kisahnya di daerahku, tepatnya di kampung halamanku daerah Sonder..,
    tapi blum ada bukti konkrit sih.
    btw nice share Mr.Enigma

    ReplyDelete
  117. Kalo melihat rekaman itu, jika itu adalah bigfoot beneran, kenapa dia malah berjalan dengan begitu santainya pada saat ada 2 orang asing yang mengikutinya dengan membawa kamera..?? Kenapa dia tidak berlari saat ada orang asing didekatnya..?? Kenapa dia tidak merasa terancam dirinya didekati 2 orang asing itu..??
    BAnyak bertanya ya,...:)

    ReplyDelete
  118. @Myhearth2105: kayaknya chris itu kemungkinannya gak cuma mahasiswa kedokteran aja deh. ada kemungkinan dia juga mahasiswa biologi... wkwkwk... :D

    @chris: aku gak terlalu paham sama soal beginian.. jadi maaf2 nih kalo pertanyaannya terlihat bodoh. (apalagi kalo dibandingin mahasiswa kedokteran :D)..
    mengenai alasan bigfoot adalah hewan primata yang memiliki tingkat reproduksi yang tinggi, jadi seharusnya berpopulasi besar... aku jadi keinget tentang orang pendek di sumatra.keberadaan mereka merupakan legenda juga, malah fosil mereka ampe ditemukan (jadi terbukti secara ilmiah). dan tentu mereka sejenislah sama primata. tapi populasi mereka juga gak besar. buktinya, gak ada tuh cerita orang pendek tertangkap kamera apalagi tertangkap hidup2...

    -dina- :)

    ReplyDelete
  119. saya ngerequest hellhound dong mr.enigma.
    tentang anjing neraka yg klo kita lihat mereka 3 kali, kita bakal mati. bisa dimasukin ngga itu? hehehe :)

    ReplyDelete
  120. Myheart2105 berkata...

    @dina: mmm.. kykx chris ini emg punya pngetahuan yg luas..bkan lebay maxudx,,tp emg knyataanx gt..
    kalo aq msh ykin kalo dia mhs kdokteran, nih aq analisis,, (cielah...gayaq..*ditampar :p*)

    1. prtma x mncul d pstngan 'taman shud', dia blg itu knspirasi lgkp dgn alasan2x, truz dia blg sbb kmatian pria msterius krna.. (apa yach??..) oya, emboli udara, n ngelasin dtil bngtz,, kykx dia tau bngtz ttg fornsik..

    2. di 'sleep paralysis' kmenx dokter bnggtz..
    3. di 'yeti dr guangzhou' jg dia analisis,, kmenx dkter bnggtz..
    4. mm.. di pstngan 'richard parker' dia ngjelasin dtil bnggtz ttg knapa mnum air laut bs bkin hlg ksadaran.. dkter bnggtz..

    5. trus d kmenx di ats,, jlas bnggtz kalo dia ngasih pnjlsan bgtu (gk prcya teori evolusi), dia bljr gnetika, biokimia, sitologi... nah itu khan pljran di kdokteran bnggtz..
    truz dia tau jg ttg gigantisme n hiprtrikosis..
    seingatq seyh gt..

    nah knpa aq blg dia pnya pngtahuan yg luas.. itu krn dia kykx jg ngrti fsika, dia prnh kmentr kalo massa itu ttap dmana aja,, tp kalo berat brubah2.. lp d pstingan yg mana..
    n d pstngan 'cnote angelita' dia ngejelasin knapa kayux bs tggelam,, trus yg plg hboh,, dia ngasih kmen ttg time travel di pstngan foto time travel 1940an... mantabs bnggtz.. ampe aq aj gk ngrti smua pnjlasanx... hihihi..

    trus dia jg seorg muslim yg phm mndlm agamax,, cb liat kmenx di pstingan 'stargate',,

    tu aja dulu... invstigasiq lg brlanjut..hehe ^_^v

    ReplyDelete
  121. hari ini ada berita di vivanews.com, tentang ditemukannya bahtera nabi nuh di gunung ararat turki, mungkin bro enigma bisa kasih info lain tentang ini, thanks

    ReplyDelete
  122. @myheart : ckckck.... sekarang, yg bikin saya kagum bukan k chris tp kamunya. hebat banget ya, sampe hapal di mana2 aja k chris komenin (dan selalu komen analisis)
    ngomong2, klo soal komen tentang massa itu klo saya ngga salah ingat dia komen di postingan 2 jet tempur ngejar ufo itu. klo ngga salah ya. hehehe :)

    ReplyDelete
  123. eh, maaf kelupaan.
    @atn0329 : saya sempat lihat artikel tentang bahtera nabi nuh itu ada di postingan terbarunya blog hawkson. mungkin anda juga bisa baca disana. :)
    (ngga apa2 kan nih mr.enigma? hehehe :))

    ReplyDelete
  124. Saya adalah Nur Andika

    Wah Baru ditinggal 2 Hari comment di Enigma sudah menggila

    Oke sebelumnya saya mau menjawab teman2 yang telah menaggapi comment saya.

    @ Anak Kucing :
    1. Macaca fuscata itulah nama monyet yang hidup di disalju(jepang)dan mereka adalah salah satu hewan endemik. Jika anda menghubungkan Monyet Salju satu ini dengan big foot tentunya sangat berbeda jauh mulai dari ukuran dll.
    2. Jika menurut anda Bigfoot bukan hewan lalu apa?????
    3. Sudah banyak comment yang dapat memastikan bahwa mereka adalah primata.
    4. Yang saya maksud dalam membuat artefak penduduk lokal atau bigfoot(bukan bigfoot saja), Kenapa saya katakan demikian mereka seperti manusia purba.
    5. Dan seperti yang dikatakan comment2 diatas Jika BigFoot Makhluk Purba Mengapa fosil mereka tidak pernah ditemukan.

    ReplyDelete
  125. @dina: pertanyaan kamu bagus, karena kritis :)

    Primata memang memiliki tingkat reproduksi yang tinggi. Hampir mirip dengan manusia. Pada manusia wanita, mempunyai potensi reproduksi yang tinggi, karena rata-rata sekali 28 hari mengalami ovulasi (bahasa awamnya: kematangan indung telur/ovum yang siap dibuahi.) Selama hidupnya manusia wanita mempunyai potensi ratusan indung telur.

    Selain itu, masa kehamilan manusia kurang lebih kurang 266 hari (sekitar 9 bulan). Ini tergolong singkat jika dibandingkan gajah (640-660 hari) atau paus (kurang lebih 400 hari).
    Sumber:
    www.applet-magic.com/gestation.htm

    www.changbioscience.com/genetics/gestation.html

    Manusia bisa saja mempunyai 20 orang anak :) . Tapi pendidikan atau alasan tertentu, membuat orang zaman sekarang memutuskan 'dua anak sudah cukup'. Intinya manusia merupakah makhluk dengan tingkat reproduksi yang tergolong tinggi.

    Nah, primata betina lain juga memiliki siklus bulanan yang mirip dengan manusia, dan masa kehamilan yang juga mirip.
    Dari sumber di atas, gorila memiliki masa kehamilan 257 hari, lebih pendek daripada manusia. Orangutan 260 hari.
    Dengan demikian, tingkat reproduksi primata sebenarnya tergolong tinggi. Yang membuat spesies tertentu langka adalah karena banyak faktor: habitat, makanan, perburuan, bencana alam, dsb.

    Nah, jika bigfoot adalah primata, maka alasan apa yang logis yang membuatnya langka sehingga sulit dijumpai?
    Bukankah penampakannya banyak di hutan-hutan?
    Ini adalah hambatan yang dihadapi dalam penerimaan eksistensi bigfoot.

    Mengenai 'orang pendek' dari Sumatera. Masalahnya adalah dia juga tergolong sebagai makhluk cryptid. Sehingga tidak bisa diperbandingkan dengan bigfoot, karena sama-sama makhluk cryptid. Keberadaannya saja diragukan, apalagi jumlahnya. Jadi kurang tepat jika dikatakan orang pendek jumlahnya sedikit.
    Oya, ada juga yang beranggapan bahwa orang pendek Sumatera itu adalah jin, sehingga muncul tiba-tiba, hilang tiba-tiba, katanya.

    ReplyDelete
  126. ~cHii said...

    hoax...

    no comment...

    ReplyDelete
  127. akhirnya...memberanikan diri comment...secara males banget ngetik....yang udah2 selalu error.........btw eniwe buswe...
    CHRISSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS...........WAITINGFOR YOUR OWN BLOG.....PIZZZZZzzzzzzZZZZZ

    ReplyDelete
  128. @nur andika.. salam kenal :)
    kembali menanggapi:
    1. yups, maksud saya adalah kera salju yg di jepang.. hehehe, kenapa saya membandingkan? adalah karena kamu secara tersirat menyimpulkan bigfoot adalah kera dan "Kera adalah hewan memiliki kekuatan motorik tangan yang dominan, sehingga hampir mustahil jika mereka hidup di Salju"
    kl memang mereka berdua sama2 kera, kenapa tidak bisa dibandingkan?
    saya hanya menanggapi kalimat kamu yang mengatakan kera tidak bisa hidup di salju, karena kenyataannya memang ada kera yang habitatnya adalah daerah bersalju..
    bahkan di daerah pegunungan bersalju himalaya, ada juga folktale ttg sepupunya bigfoot, yaitu yeti..
    2. saya masih belum bisa menyimpulkan bigfoot itu apa, karena saya belum perna ketemu langsung dan belum perna meneliti secara langsung..
    mungkin bigfoot adalah hantu, spt komen saya yg mengatakan bigfoot adalah genderuwo nyasar.. :p
    mungkin monster..
    mungkin manusia yg mengalami kelainan genetika..
    mungkin alien..
    hehehehe, saya rasa kita semua belum bisa menyimpulkan apa itu bigfoot, karena keberadaannya saja sampai saat ini masi diragukan..
    3. kalau hanya sekedar mayoritas "komentar" yang mengatakan bigfoot itu hewan, tidak berarti bigfoot memang hewan.. saya tidak pernah setuju dengan kalimat yang menyatakan "mayoritas adalah yang benar, dan minoritas adalah yang salah" sampai saya sendiri membuktikannya atau ada penelitian sebagai bukti otentik yang membuktikannya.. dan satu lagi, menurut saya benar atau salah hanya masalah perspektif.. :)
    4. wah, kalau kenapa penduduk lokal tidak membuat artefak soal bigfoot ya saya tidak tau..
    5. hehehe, i never said that bigfoot is an ancient creature.. jadi saya tidak tau kenapa ngga ada fosilnya.. hehehehe..
    bahkan saya beranggapan sama, kenapa ngga perna ketemu bangkenya? karena itu saya beranggapan ada genderuwo nyasar.. ;p

    ReplyDelete
  129. aaaaaaaaaahhhh!!! suka banget sama cara penulisan dan cara bercerita bang enigmaaaaaaa!!!

    awalnya dikasih fakta dan omongan2 yg bikin percaya trus disuguhin yg bikin ga percaya dan terakhir dibikin gantung lagi dan penasaran!! cool!! bikin novel dong mas..hahahaha

    ReplyDelete
  130. BIG FOOT ITU NYATA!!AKU BERANI TARUHAN SERATUS RIBU!!

    ReplyDelete
  131. @ anymous : jangan" lo itu big foot y? kok yakin amat mpe ngajak taruhan segala??
    hi.. serem..

    ReplyDelete
  132. ~
    Gambar bigfoot nya sama dengan yang disini, dan disini tampak jelas, berkulit hijau.

    gambar seorang anak perempuan dengan background hutan dan "bigfoot" yg berjalan dibelakangnya, seperti gambar bigfoot yg ada diatas.

    langsung ke tkp, foto ke-26:
    http://www.nyebur.com/saat-saat-sebelum-sesuatu-yang-buruk-terjadi/

    jadi, darimana sumber gambar bigfoot ini? kalau dr rekaman Gimlin tentu tdk sejernih ini...

    mungkinkah sesosok makhluk "tertangkap" kamera dgn posisi yang sama di tempat yg berbeda?

    ~Rizki~

    ReplyDelete
  133. @rizki, semua potonya sotosop gan..

    ReplyDelete
  134. wah klo saya masih 50 : 50 nih
    mungkin benar, mungkin tidak
    aspek kemungkinan benarnya sudah dipaparkan, apalagi sampe si patterson sumpah sbelum mati, mungkin aja foto itu bukan rekayasa, atau mungkin itu gorilla (jadi bingung)

    klo masalah kenapa ngga ditembak, itu masalah situasional, karena cara berpikir orang pada suatu kejadian mendadak berbeda. kayak contoh aja, misalnya beberapa orang ditanya (terutama cowok) apa yg kamu lakukan ketika bertemu penjahat, mungkin jawabnya melawan tetapi misalnya udah kejadian ketemu penjahat, mungkin lari kebirit-birit

    klo saya jadi patterson, mungkin saya melakukan hal yg sama, dia jg udah nyuruh gimlin, berjaga, klo misalnya nembak dlu, ngga kena trus lari kan repot jg, atau misalnya deketin tu bigfoot trus dia nyadar dibuntuti, ya bigfootnya kabur, mungkin aja si patterson ngga mau bertaruh kemungkinan itu. mungkin stelah itu dikejar tapi ngga ketangkep.
    yah smua hanya spekulasi dan tetap menjadi misteri...

    ReplyDelete
  135. kykny mirip sm manusia kera jaman dulu deh...
    mungkin missing link?

    ReplyDelete
  136. om enigma cocok jadi detektive ,
    knp ngga jadi detektive aja om kaya shinici kuda atau detektive conan..
    :D
    jiakakakakakak

    ReplyDelete
  137. ane yakin ini beneran, bukan hoax.

    ReplyDelete
  138. Pertamaxxx,Di temukannya di Bluff creek?
    sampe sampe di buat di GTA yang lokasi big foot nya di shady`s creek

    ReplyDelete
  139. Saya sudah membaca artikel tentang video Bigfoot rekaman Patterson sekitar puluhan kali di buku, maupun website/blog. Para ahli mengatakan bahwa setelah pengamatan seksama film itu, ditemukan sepasang kelenjar susu (buah dada) di tubuh bagian depan tubuh Bigfoot itu. Mereka pun berhipotesa bahwa yang ada dalam rekaman itu adalah seekor Bigfoot betina. Beberapa ilmuwan Russia yang mencoba menemukan kecepatan yang tepat dalam film itu, juga menemukan bahwa Bigfoot itu berjalan dengan sangat lamban, seolah dia susah berlajan. Saya membaca ini dari sebuah buku berjudul "100 Misteri Teraneh Yang Tidak Dapat Dijelaskan" karya Matt Lamy. Yang pasti, kebenaran film itu belum dapat dipastikan secara spesifik.

    ReplyDelete
  140. yang jelass...
    bagi saya big foot itu nyata...

    80:20


    krna mngkin orang'' yg mengatakan bhwa bigfoot hoax
    itu cuma iri gara'' ada orang yg nemuin tu hewan....

    -fandy

    ReplyDelete
  141. kalau itu emang nyonya patty, untuk apa ia berjalan di tempat seperti itu? Dari mana dan hendak kemana dia?

    ReplyDelete
  142. How I wish, I could understand what you guys. Especially what your talking about.

    ReplyDelete
  143. bang enigma, foto bigfoot yg terakhir itu hoax ato enggak? soalnya saya rasa wajahnya kelihatan kayak manusia....

    ReplyDelete
  144. Saya telah terpesona dengan kaki besar. Hal ini masih misteri bagi saya tapi masih merupakan topik yang menarik untuk sebagian besar.

    ReplyDelete
  145. http://www.youtube.com/watch?v=V9TguyKXac8&feature=related
    itulink video yang aku dapet dari youtobe... iseng" aja. toong dong cari kebenarannya... aku enasaran banget.. apa itu hoax belaka? pleaseee...!!!

    Rama @Bandung

    ReplyDelete
  146. big foot

    sudah lama sekali saya tertarik dengan makhluk yang satu ini, pertama kali saya membaca kabar tentang big foot ini ketika saya masih duduk di bangku smp. awalnya saya prcaya bahwa big foot memang benar2 ada, bahkan teman sya smpat memanggil saya FREAK! karena percaya tentang big foot. tapi setelah beranjak dewasa, dunia telah merubah cara berfikir saya tentang makhluk ini.
    pertanyaannya, apakah big foot benar2 ada?
    jika memang benar ada kenapa sampai sekarang makhluk ini masih saja tetap menjadi misteri. para ilmuan sudah banyak menemukan spesies binatang baru, tapi untuk makhluk ini nihil. apakah sebenrnya big foot ini? bintang? manusia? manusia purba? atau makhluk halus?

    binatang, sangat tidak mungkin jika big foot ini adalah binatang, walaupun sjenis kerapun. spesies kera tidak ada yang bisa berjalan tegap secara sempurna seperti itu. jadi jelas big foot ini bukan binatang.

    manusia, sunggu sangat tidak mungkin, kecuali manusia memakai kostum.

    manusia purba, jika memang makhluk ini manusia purba, jenis apakah ia? africanus? robustus? boisei? habilis? homo erectus? neanderland? cromagnon? dan jika big foot adalah manusia purba bagai manakah selama ini dia bertahan dari seleksi alam? jadi big foot bukan lah manusia purba.

    mahluk halus, kalo ini saya 50:50. jika di indonesia mengenal gederuwo, maka mungkin di amerika sana big fot namanya. kenapa pikiran saya sampai ke tahap ini. pertama dengan sulitnya di lacak keberadaan makhluk ini membuat saya befikir bahwa big foot adalah makhluk dari dunia lain. seperi halnya gederuwo. tidak semua orang pernah berjumpa makhluk ini. dan keberadaanya sangat sulit di lacak, seperti halnya big foot ini.
    dan ada hal lain yang mengganggu pikiran saya jika memang big foot sejenis makhluk halus kenapa ada jejak kaki dan penampakan pada video patterson? ataukah mereka hanya pencari keuntungan?

    entahlah itu urusan mereka. disini saya akan memberikan pernyataan saya.




    BAHWA SAYA PERCAYA BAHWA BIG FOOT ITU BENAR ADA, TETAPI KEBRADAAN ITU SAYA MAKSUDKAN KEBENARANYA HANYA LAH LEGENDA. BIG FOOT ADALAH LEGENDA! BIG FOOT LAYAKNYA SEBUAH CERITA LEGENDA YANG HAMPIR SAMA DI NEGERI KITA, SEPERTI BUTO IJO YANG ADA DALAM LEGENDA. JIKA KALIAN MASIH MEMPERTANYAKAN KEPADA SAYA KENAPA ADA VIDEO DAN BUKTI JEJAK? SAYA HANYA BISA KATAKAN, SEMUA ITU HANYALAH BUALAN YANG MENGUNTUNGKAN, DAN TUJUAN DARI SEMUA ITU HANYALAH UANG. JEJAK KAKI BISA KITA BUAT, KENAPA MASIH MEMPERTANYAKAN. BIG FOOT ITU MEMANG BENAR ADA, TTAPI BIG FOOT ADALAH LEGENDA.



    mungkin pernyataan saya agak sedikit keras. tapi terima kasih bung enigma. saya telat dalam kasus ini.

    terimakasih

    "misteri akan tetap jadi misteri jika ada seorang dalang yang mempermainkannya. dan semua yang ada di dunia ini hanyalah rantai konspiras, layaknya rantai makanan."
    (Putra Negara)


    salam damai 1<0175p112451


    ReplyDelete
  147. saya pernah melihat acara tentang hal ini, di National Geographic disebutkan bahwa kesimpulan rekaman ini memang HOAX, para peneliti dari berbagai bidang juga menyebutkan kalau sebenarnya rekaman ini bukan pada 1968 tapi di tahun 70an, di NetGeo juga ditayangkan para ahli menganalisa menggunakan alat tercanggih saat ini

    ReplyDelete