Friday, April 16, 2010

Kisah Richard Parker - Premonition atau Kebetulan yang luar biasa?

Premonition, secara sederhana berarti: Firasat akan terjadinya sesuatu. Kadang, istilah ini juga disamakan dengan Precognition. Biarkan saya memberikan sebuah contoh yang mungkin belum pernah kalian dengar. Ini kisah singkat mengenai seorang pemuda bernama Richard Parker.

Orang yang percaya dengan hal-hal supranatural akan menyebutnya premonition. Tetapi, mereka yang skeptis akan menyebutnya kebetulan, walaupun kebetulan itu sangat luar biasa. Apakah kisah di bawah ini merupakan contoh dari premonition ataukah hanya sekedar kebetulan, kalianlah yang menentukan.

Pada tahun 1838, Edgar Allan Poe, seorang master dalam novel misteri dan horor menerbitkan sebuah novel yang berjudul The Narrative of Arthur Gordon Pym of Nantucket.

Novel ini mendapatkan banyak kritikan dan dianggap sebagai buku yang tidak bermutu. Saking banyaknya kritikan, Poe sendiri akhirnya setuju dengan para kritikus dan menyebut novelnya sendiri dengan kalimat "a very silly book".

Tokoh utama dalam novel tersebut bernama Arthur Gordon Pym yang berlayar bersama rekan-rekannya dengan sebuah kapal penangkap ikan paus bernama Grampus.

Suatu hari terjadi pemberontakan di dalam kapal dimana sebagian besar awak dibunuh.

Pym bersama dua rekannya bernama Dirk Peters dan Augustus yang tidak ikut dibantai lalu menyusun rencana untuk merebut kembali kapal tersebut.

Usaha mereka berhasil. Sekarang mereka bertiga adalah pemimpin kapal Grampus. Para pemberontak yang ditaklukkan kemudian dibunuh atau dilempar kelaut.


Namun, mereka memutuskan untuk mengampuni satu orang yang bernama Richard Parker supaya bisa membantu mereka di atas kapal.

Setelah berlayar beberapa lama, persediaan makanan dan air mulai habis. Dalam beberapa hari, mereka mulai menderita kelaparan dan kehausan. Lalu, empat orang ini mengambil sebuah keputusan yang mengerikan.

Salah seorang dari mereka harus dikorbankan!

Tentu saja, yang dimaksud dengan dikorbankan adalah dibunuh untuk dimakan.

Jadi, mereka mengadakan undian, dan hasilnya menunjukkan kalau Richard Parker harus mati.

Lalu, mereka bertiga membunuh Richard yang malang dan bertahan hidup dengan memakan dagingnya.

Nah, ada sesuatu yang menarik dari novel ini. Poe mengklaim kalau novel ini terinsipirasi oleh peristiwa-peristiwa nyata.

Klaim ini ternyata tidak salah sepenuhnya, tetapi masalahnya adalah, peristiwa yang sesungguhnya baru terjadi hampir setengah abad kemudian.

Pada tahun 1884, sebuah kapal bernama Mignonette berlayar dari pelabuhan Southampton menuju Australia. Kapal itu dipimpin oleh kapten Tom Dudley dengan dua awak senior bersama seorang remaja yang baru berusia 17 tahun yang diperbantukan sebagai Cabin Boy.

Kapten Tom Dudley

Ketika mereka telah berada di lautan lepas, badai atlantik selatan menghantam. Tidak ada kapal yang lewat dan mereka berada 1.600 mil jauhnya dari daratan. Sebuah ombak besar datang dan segera menenggelamkan Mignonette.

Empat penumpangnya berhasil lolos dengan menggunakan sebuah sekoci. Sayangnya, mereka tidak berhasil membawa persediaan makanan dan air yang cukup selain dua kaleng kecil lobak.

Selama sembilan belas hari berikutnya, mereka mengapung dengan memakan lobak itu bersama-sama. Namun, tidak butuh waktu lama sebelum keputusasaan menjalar.

Sang remaja yang kehausan malah meminum air laut yang menyebabkannya kehilangan kesadaran.

Melihat peristiwa ini, kapten Dudley kemudian membicarakan sebuah ide bersama rekan-rekan lainnya.

Sesuatu harus dilakukan untuk mempertahankan hidup.

Ya, seseorang harus dikorbankan untuk menjadi makanan bagi yang lain. Jadi, kapten Dudley mengusulkan untuk segera mengadakan undian.

Sekonyong-konyong, sebuah pikiran merasuk ke dalam benaknya. Sepertinya, ada ide yang lebih baik ketimbang mengadakan undian. Kapten melihat ke arah remaja yang tergeletak tanpa sadar dan mengajak kedua rekannya untuk membunuh remaja itu.

Dua rekannya yang lain menganggap itu bukan ide yang baik, namun, kelaparan, kehausan dan keinginan untuk bertahan hidup menyingkirkan semua keraguan di kepala mereka.

Kemudian, mereka bertiga berlutut dan berdoa.

Kapten Dudley menyentuh pundak remaja itu dan berkata: "Anakku, waktumu telah tiba."

Lalu, mereka membunuhnya dan mulai memakan mayatnya.

Dengan memakan mayat itu, mereka berhasil bertahan hidup hingga 35 hari berikutnya sampai mereka diselamatkan oleh sebuah kapal lain yang lewat.

Ironisnya, nama kapal yang menyelamatkan mereka adalah SS Montezuma, yang diambil dari nama seorang raja Aztec yang kanibal.

Sepertinya, Kanibalisme telah menyelamatkan mereka sebanyak dua kali.

Sesudah diselamatkan, mereka bertiga mengakui perbuatannya dan pengadilan Victoria menjatuhkan hukuman enam bulan kerja paksa.

Sampai sini, kalian akan berpikir, Memang ada kesamaan, tetapi tidak terlalu luar biasa sehingga bisa saja disebut sebagai sebuah kebetulan. Naluri bertahan hidup mungkin akan membuat semua orang melakukan hal yang sama.

Benar, sampai disini, cerita ini biasa saja, walaupun memiliki kesamaan cukup menakjubkan dengan kisah dalam novel Poe. Tetapi yang membuatnya menjadi lebih aneh adalah, nama remaja yang dibunuh dan dimakan oleh kapten Dudley dan rekan-rekannya adalah: Richard Parker!

Sama dengan nama awak kapal yang dibunuh dan dimakan di novel Poe!

Seakan-akan, Poe mengalami premonition yang kemudian dituangkan ke dalam novelnya.

Jika semua ini hanyalah sebuah kebetulan, menurut kalian, berapakah persentase kemungkinan terjadinya kebetulan ini?

Hmm, terlalu kebetulan, bahkan untuk sebuah kebetulan!

Seperti yang saya katakan, penjelasan untuk peristiwa ini sangat tergantung dengan apa yang kalian percayai.

Kapten Tom Dudley menjalani hidup dengan rasa malu hingga akhir hayatnya. Penduduk lokal mengenalnya dengan sebutan Cannibal Tom.

Walaupun sisa-sisa tubuh Richard Parker dibuang ke laut oleh ketiga rekannya, sebuah nisan dibangun untuknya di Woolston, Southampton. Konon, kapten Dudley telah membayar satu keluarga lokal untuk merawat nisan tersebut.


Ini yang tertulis di atasnya:

To the memory of Richard Parker Aged 17 who died at sea July 25th 1884 after nineteen days dreadful suffering in the open boat in the tropics having been wrecked in the yacht Mignonette

Though He slay me yet I trust in Him.

JOB 13:15

Lord, lay not this sin to their charge

ACTS 11.60

(psychics.co.uk, wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

107 comments:

  1. "betul" dan "benar" terkadang sama artinya. tetapi apakah "kebetulan" dan "kebenaran" itu sama bobotnya?

    ReplyDelete
  2. pertamax nih?
    oke bro baca dulu ah...

    ReplyDelete
  3. ya, kebetulan yang terlalu kebetulan.. :)

    ReplyDelete
  4. _kA^zHa said :
    keLimAXXX gan,wakakakka..
    reAd duLu ahh..

    ReplyDelete
  5. KeSekianX...
    Wakaka...
    baca dolo ah...^^

    ReplyDelete
  6. sugoooi..
    well, if i might say, it's coincidencely serendipity.. ;)

    ReplyDelete
  7. nandar say:

    kebetulan sebenarnya hal yg lumrah. kebetulan termasuk ke dalam "kemungkinan" dan ini ad pada elmu statistik.

    walo perbandingan kemungkinan nya sejuta banding satu pun, tetap "diakui" dalam statistik jikapun terjadi.

    ReplyDelete
  8. Bs aj org tua remaja itu dpt ide ngasih nama dr novel itu, trus kbtln nasibny sama :P

    ReplyDelete
  9. Wow, mengerikan !!

    ReplyDelete
  10. Maaf bro, tapi dimana letak prediksinya?

    ReplyDelete
  11. baca dlu aaahhh...

    ReplyDelete
  12. hmmmm..... Ga tau deh kebetulan ato premonition. Kayaknya sih iya premonitiom.

    Dari kata2nya alan poe buku ini terinspirasi dari kisah nyata, ga mungkin kebetulan.

    But, who know....

    ReplyDelete
  13. tragisssssssss......

    ReplyDelete
  14. Bang, mau tanya.
    Siapa yang pertama meyadari kesamaan kisah tsb dgn novel tsb?

    Menurut saya kl dari sekilas novel tsb ceritanya bagus, :-D. Tapi kok dikritik?
    Kok sudah hampir seabad masih ada yang baca (kan novel "a very silly book")?

    §

    ReplyDelete
  15. kayaknya itu emang premonition deh, tapi bneran ngeri ya kalo misalnya kita yang jadi richard parker yang dimakan. Bayangin deh...

    ReplyDelete
  16. kebetulan yang aneh.

    ReplyDelete
  17. Wah ngebacanya jadi ngeri!!!!
    kanibalisme hiihihiii

    ReplyDelete
  18. @Mohammad Reza said..
    "Maaf bro, tapi dimana letak prediksinya?"

    Ayo...baca dengan lebih konsentrasi :D

    ReplyDelete
  19. Prediksinya cocok,,
    Jmlah org yg tersisa sama2 4 org,, trus nama yg jd korban jg sama . . .
    :D

    ReplyDelete
  20. Memangnya bisa minum air laut berakibat hilang kesadaran bung enigma?

    ReplyDelete
  21. _badboy :
    mungkin dia memang seorang yang punya kemampuan lebih kek anggota dinas rahasia usa di posting mr enigma yang sebelumnya..
    tapi knapa dia ga mencoba memperingatkan kalau hal itu akan terjadi yah???
    atau memang suatu kebetulan yang mengingatkan kita akan sifat dasar manusia yang akan memakan yang lain saat dalam keaddan terdesak???
    >_<

    ReplyDelete
  22. Gmn dengan kisah tenggelamnya kapan titanic bro ? Bukannya itu jg udah ada novel : Futility, or the Wreck of the Titan, novel ini terbit 14 tahun sebelum Titanic tenggelam, silahkan tanya mas Wiki untuk lebih jelasnya :)

    ReplyDelete
  23. @anonymous: minum air laut pasti akan memberikan pengaruh buruk bagi tubuh. Saya rasa bisa mengakibatkan hilang kesadaran.

    ReplyDelete
  24. @idiotevil: ya, titanic jg pernah diramalkan dlm novel. Krn sdh bnyk yang tau, maka saya posting yang ini. Oh ya, peristiwa wtc jg sdh diramalkan, walau bukan lwt novel.

    ReplyDelete
  25. @idiotevil: ya, titanic jg pernah diramalkan dlm novel. Krn sdh bnyk yang tau, maka saya posting yang ini. Oh ya, peristiwa wtc jg sdh diramalkan, walau bukan lwt novel.

    ReplyDelete
  26. @idiotevil: ya, titanic jg diramalkan di novel. Cm krn sdh bnyk yang tau, saya memilih memposting soal richard parker. Oh ya, wtc jg sdh diramalkan walaupun bkn lewat novel.

    ReplyDelete
  27. Rara:

    peristiwa wtc diramalkan lewat apa ya bung?
    (bukan lewat uang 1 dollar itu kan ya?)
    btw, saya pernah denger kalau uang 1 dollar engga bakal mau diubah disainnya, tapi saya ngga tau alasannya. kenapa ya bang kira-kira? apa ini adalah salah satu permainan freemason?

    ReplyDelete
  28. @rara: bukan lewat 1 dolar. Tapi lewat bbrp media spt cover album dan film seri tv. Soal desain, amerika mmg tdk mau mengubah desain uang, ini membuat dolar us menjadi uang yg paling gampang dipalsukan. Alasannya, saya tdk tahu.

    ReplyDelete
  29. kelapax gan...

    hahahaha...

    ini namanya hyper kebetulan...

    ReplyDelete
  30. menarik menarik :)

    ReplyDelete
  31. VIC said...
    keren bang, tp tlat posting
    "precognition", hmmm...

    ReplyDelete
  32. andika.
    firasat...judul tulisan yang sangat sederhana..tapi di tangan mas enigma tulisan tersebut yadi menarik...tapi ngak apa-apalah maklum hari sabtu jadi tulisannya ngak terlalu berat...enigma juga manusia.

    ReplyDelete
  33. waw, mengerikan sekaligus menarik.

    bung enigma pernah dengar awan morning glory?

    kalo berkenan saya pengin tahu dong peyebabnya apa?

    Thx banget bung

    from: YNS

    ReplyDelete
  34. oh.. mungkin ini penyebab novel-nya jeblok. ada 'sesuatunya' d kemudian hari. hmm...

    ReplyDelete
  35. artikel yg bagus..sy suka..mm..krn saya sepertinya pernah mengalami premonition, walau tak pernah sy tuangkan ke dalam sebuah buku apakah khayalan yg sy khayalkan 50% lebih terjadi beberapa bulan ato tahun berikutnya merupakan premonition?

    -indah-

    ReplyDelete
  36. kayak pernah kubaca ini ceritanya di sini.....
    DEJA VU deh...

    ReplyDelete
  37. sebuah kebetulan yg mengerikan,,!!!

    tp sisi baiknya 1 org mati untuk beberapa orang yg lainnya,,,

    kadang hidup mmang penuh dngan pilihan" yg sulit,,,

    ReplyDelete
  38. Merinding aku bacanya..
    makan org di tengah laut..
    hyiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    mentah2 gitu!!!!!!!!

    ReplyDelete
  39. om enigma pasti selalu membaca pada pembukaan sebuah sinetron atau film,
    "Semua kisah yang ada di film ini hanyalah fiktif belaka. Apabila ada kesamaan pada cerita atau nama pada tokoh film ini, itu hanyalah KEBETULAN saja..."

    Jadi intinya peristiwa ini hanyalah kebetulan saja..

    tapi ada sesuatu yang menarik. yaitu:
    Poe mengklaim kalau novel ini terinsipirasi oleh peristiwa-peristiwa nyata.

    Kemungkinan memang cerita dalam novel itu kisah nyata yang terjadi sebelum Poe menulis novel itu, entah kapan yang pasti sebelum tahun 1838.
    Lalu yang terjadi pada kapal Mignonette dan para kapten beserta awaknya kemungkinan sebuah Reinkarnasi dari Kapal Grampus beserta kapten dan awaknya yang ditulis oleh Poe, yang berasal dari kisah nyata..

    seperti Abraham Lincoln dan John F. Keneddy..
    yang sebagian orang percaya bahwa John F. Keneddy adalah reinkarnasi dari Abraham Lincoln..

    ~sekian pendapat Aries Takarai~

    ReplyDelete
  40. jadi inget sumanto... hohoho...

    ReplyDelete
  41. Jadi intinya ini bukan Premonition tapi sebuah Reinkarnasi..

    saya percaya kalau setiap manusia itu pasti memiliki kesamaan dengan beberapa orang lain didunia ini entah waktunya kapan (berbeda waktu hidupnya) yang pasti memiliki kesamaan..

    kenapa saya percaya begitu, karena Manusia itu sangat banyak, coba om enigma hitung berapa jiwa manusia yang hidup sebelum Masehi sampai sekarang.. pasti hampir tak terhingga..
    dan walaupun ciptaan Tuhan semuanya berbeda (bahkan orang kembarpun memiliki perbedaan), tapi pasti beberapa memiliki kesamaan juga (yang pasti kesamaan kehidupan)..
    Umpamanya seperti ini, coba om enigma menggambar 100 gambar wajah.. pasti 2 atau 3 ada wajah yang sama, mugkin hanya diganti hidungnya sedikit, tapi tetap saja gambar wajah itu dari gambar yang sama hanya diganti sedikit (ini seperti kisah kedua kapal itu)

    Itu hanya gambar yang jumlahnya 100, bagaimana kalau merencanakan kehidupan manusia, yang banyaknya manusia di bumi ini hampir tak terhingga, pasti banyak yang sama..
    karena itulah saya percaya dengan adanya kesamaaan pada kehidupan setiap manusia di bumi ini..

    Tapi ini tidak seperti kepercayaan umat hindu yang percaya Reinkarnasi. tapi ini hanya kesamaan pada setiap manusia dibumi. karena reinkarnasi itu manusia yang sama yang hidup kembali pada waktu yang berbeda..

    ~sekian tambahan dari Aries Takarai~

    ReplyDelete
  42. kesamaannya cuma di kanibalisme sama namanya aja. kesamaan lainnya terkesan maksa.
    @aries, saya kurang setuju, perhitungan seperti itu hanya dilihat dari sdut pandang manusia. tapi yang nyiptain manusia itu kan tuhan. tuhan itu kejeniusannya kan sangat-sangat-sangat jauh lebih dari manusia. sama aja bilang kalo tuhan "gak sepintar itu" lagian orang kembar aja beda napa orang yang gak ada hubungannya disama-samain....

    sori kalo tersinggung.

    septi

    ReplyDelete
  43. by:agus
    seandaianya nama Richard Parker adalah nama pasaran, atau banyak digunakan, (kayak Agus) maka kemungkinan untuk terjadinya kejadian ini pasti besar, oleh karena akan terjadi kebetulan.

    ReplyDelete
  44. by:agus
    @aries
    kalau menurutku, jumlah manusia yg paling banyak adalah sekarang ini, karena zaman dulu banyak penyakit wabah yg mengakibatkan kematian banyak orang. sekarang kan ilmu pengobatan sudah maju jadi, manusia menjadi banyak. berdasarkan riset ilmuwanpun juga demikian, saya pernah liat grafiknya tapi lupa tempatnya.

    ReplyDelete
  45. =============saatnya menyapa teman-teman.
    @anakkucing : Hi, anakkucing! pus,puus! menepati janji untuk kembali ke sini
    @DeeLaBeLLe : Hi, DeeLaBeLLe!
    @idiotevil : Hi, idiotevil!
    @Rara : Hi, Rara!
    @Mihael Keehl: Hi, Mihael Keehl!
    ======================================
    Kalau diramalkan atau ada "peringatan dini" ;
    peristiwa nyata tersebut [kebenaran] dikatakan sebagai "suatu kebetulan".
    dan kebanyakan adalah peristiwa tragis.

    ReplyDelete
  46. kalau nulis Tuhan...awalan musti huruf besar broooooooo....(T)

    ReplyDelete
  47. Myheart2105 berkata...

    kayakx cm kbetulan duank...

    dari ini neyh:
    ''Poe mengklaim kalau novel ini terinsipirasi oleh
    peristiwa-peristiwa nyata.''

    terinspirasi oleh pristiwa2 nyata?? brarti bukan firasat dunks,, bisa aja krn peristiwa kanibal, pristiwa kpal tggelam, mengundi pnumpang kapal,,
    semuax dirangkai dgn imajinasi..jadi deh,, dan kebetulan jg ada pristiwa yg mirip dgn nvel itu,,
    lgian aq ngrasa nama 'richard parker' kayakx lumayan pasaran zaman itu,,

    ReplyDelete
  48. Myheart2105 berkata...

    @chris: (q lg ksel, krn kmenq n prtnyaanq km cueqin..hikz T_T)
    Q mau tau apa pndpatmu ttg posting kali ini??

    ReplyDelete
  49. hiyyy!!! kanibalxx~~ >.<
    btw, Richardnya dimakan tanpa bumbu udah berasa asin kena air laut. ahahahaha! :D

    lama ngga comment. ketinggalan banyak nih. tp aku tetep baca smua postingan loh. ^^

    ReplyDelete
  50. tidak ada kebetulan di dunia ini, semua sudah direncanakan

    ReplyDelete
  51. buset...dah jauh aja nih postingannya bang enigma...

    ijin kopas,buat bacaan weekend ya bang.... ;)
    -don quixote doflamingo -

    ReplyDelete
  52. @Myheart2105: hehe..sebaiknya jangan kesal lagi ya, karena saya sudah menjawab pertanyaanmu di tulisan 'Stargate' :)

    Pendapat saya?
    Hehe..saya sependapat dengan kamu. Saya rasa ini bukan premonition, tapi kebetulan yang tidak biasa dari sudut pandang manusia.


    @anonymous: pada hakikatnya memang tidak ada yang namanya kebetulan di atas dunia ini. Semuanya terjadi atas izin Tuhan.

    Tapi, 'kebetulan' yang lazim kita maksud adalah efek yang kita rasakan saat 2 peristiwa memiliki kesamaan atau secara tidak terduga berhubungan, walaupun kita mengetahuinya dengan pasti tidak berhubungan.

    ReplyDelete
  53. Kutip: "Anakku, waktumu telah tiba" klo dibayangkan benar2 ngeri, kasian, dan tragis..T_T..hiks2..
    Kutip lagi: "Naluri bertahan hidup mungkin akan membuat semua orang melakukan hal yang sama" Iya kemungkinan kebanyakan orang akan berpikir hal2 yang sama saat terpojok dan tak berdaya.
    Klo menurutku mungkin aja ini kutukan dari si Edgar Allan Poe hehe.. Soalnya tuh buku yang judulnya The Narrative of Arthur Gordon Pym of Nantucket dah susah payah dia buat eh malah banyak dapat kritikan dan diomongin gak bermutu?? pasti sakit hati lah dia, buktinya dia ndiri jadi nyebutin bukunya a very silly book. Kebanyakn orang juga gitu kan klo dah dapat semprotan yang jelek dari lingkungan sekitar dan banyak orang, jadi down, sebagian orang malah jadi menyalahkan diri sendiri dan menyebutkan diri sendiri "rendah" dan sambil bergumam kesal dan terkadang sadar ato tidak sadar akan mengeluarkan kata2 balasan ato kutukan...ngeriiii..
    Jadi siapa tahu aja si Edgar Allan Poe gitu. Saking kesalnya, ida malah ngutuk hal dalam buku akan terjadi, dan menarik perhatian orang, sehingga bukunya dikenal banyak orang dan menyadari bukunya bagus fufufufu..mengerikan..
    haha..bercanda..tapi siapa tahu juga..(n_n)v..

    ReplyDelete
  54. Pembaca sekalian ada yg namanya Richard Parker gak? Hohoho.

    Btw, kalo diantara pembaca ada yg suka game online, mampir ya ke blogku :
    Http://www.nemesis-rip.co.cc
    ^_________^

    ReplyDelete
  55. mas bro, ada berita nih
    http://regional.kompas.com/read/2010/02/05/10034445/Sepasang.Naga.Gemparkan.Kutai.Barat#
    baru baca sih entah pernah dibahas atau belum ya.

    ReplyDelete
  56. @sastra-sunda :
    potongan beritanya:
    "...Saat itu sebuah longboat berangkat dari Long Bagun menuju Long Pahangai. Longboat tiba siang hari di Kampung Long Tuyuq, hulunya Riam Haloq. Saat itulah motoris dan penumpang longboat melihat sepasang ular raksasa melintas di permukaan Sungai Mahakam dari arah berlawanan..."

    link fotonya:
    http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/02/05/0959369p.jpg

    result :
    antara potongan berita dengan hasil foto something happens atau something wrong?

    ReplyDelete
  57. @mihael : "Merinding aku bacanya..
    makan org di tengah laut..
    hyiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    mentah2 gitu!!!!!!!!"

    gpp, makan mentah2 kaya makan sashimi. hehehehe :P

    ReplyDelete
  58. kemungkinan besar kapten tom atau kawan yang selamat pernah baca novelnya. dan karena 'kebetulan' richard parker ada bersama mereka, paling gampang dibunuh dan juga 'kurang berharga' dibandingkan kapten tom cs, maka kapten tom cs berniat menyempurnakan kisah dalam novel itu. gimana?

    ReplyDelete
  59. 'insting kepepet' memang bs mmbuat mnusia nekad,tmennya msh hidup,diembat juga.Kenapa nggak nunggu si Richard mati dulu aja y,mgkn dah 'keluwen'(kelaparan,red) he..he
    Nanti malam posting kn bang?sy tnggu deh

    ReplyDelete
  60. kejadian seperti ini barangkali sering terjadi, dekat dengan kita. tapi kita tidak begitu memperhatikannya.
    25 mei 2010.

    ReplyDelete
  61. ada yg ganjil disini. mereka berempat naik sekoci penyelaman dengan hanya berbekal 2 kaleng lobak dan bisa mempertahankan diri selama 19 hari sebelum memakan parker. parker yg kehausan meminum air laut yg menyebabkan ia pingsan lalu dibunuh dan dimakan teman2 nya. teman2nya yg lain berhasil bertahan hidup selama 35 hari berikutnya sampai ditemukan kapal yg lewat.

    so it's means that: selama 19+35 hari (yaitu 54 hari atau hampir 2 bulan) ketiga orang itu berhasil hidup tabpa MINUM AIR. MUSTAHIL....kecuali jika hujan sering datang n mereka minum dengan menampung air hujan.
    Manusia akan lebih mampu menahan lapar dibandingkan menahan haus.
    jadiiii....????


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  62. @Ms Terry : "ada yg ganjil disini...so it's means that: selama 19+35 hari (yaitu 54 hari atau hampir 2 bulan) ketiga orang itu berhasil hidup tabpa MINUM AIR. MUSTAHIL....kecuali..."

    Ms Terry, MUSTAHILNYA jadi hilang karena Ms Terry menambahkan kata "Kecuali". Hehe. jadi sudah tidak mustahil lagi kan?

    Kamu sudah menjawab pertanyaan kamu sendiri.

    ReplyDelete
  63. aah...yaya...itu penjelasan sebelum ada yg bertanya mas....kikiki *membela diri*

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  64. mastah enigma, ane ketemu trit hxxp://www.kaskus.us/showthread.php?t=3896620 di kaskus, nah disana dimunculin gambar2 ombak membeku, kalau bisa ane request dong gimana tuh bisa sampai terjadi, lumayan misteri juga nih. hehe, maaf OOT.

    ReplyDelete
  65. @virya.. hai juga.. =3

    @anonymous yg nanya minum air laut bisa menghilangkan kesadaran, jawabannya bisa.. karena pada kondisi tubuh yg haus, memerlukan cairan pengganti secepatnya, sementara kl minum air laut akan mengakibatkan tubuh semakin haus karena air laut mengandung ion yg semakin cepat mengakibatkan dehidrasi..
    kl tubuh sudah dehidrasi akut, jangankan menghilangkan kesadaran, menghilangkan nyawa juga bisa..

    @ms terry, good quetion, tp bagi saya, justru pertanyaannya bukan itu..

    mereka berhasil bertahan hidup selama 35 hari setelah memakan parker..
    pertanyaannya, apakah mereka memakan parker langsung dihabiskan atau disisakan untuk perbekalan hari selanjutnya?
    kl lgsg dihabiskan, mustahil mereka bisa bertahan hari2 selanjutnya..

    tp kl disisakan untuk perbekalan, mustahil parker tidak membusuk..pertanyaan selanjutnya, apakah mereka memakan parker yg telah membusuk?
    kl iya, mustahil mereka tidak mengalami diare atau keracunan karena makan makanan yg telah membusuk (tidak dimasak pula!)..
    kl tidak, trus mereka makan apa dong??

    ReplyDelete
  66. bener dan masuk akal,...premonition yg luar biasa!!
    kalau untuk bertahan dilaut tanpa bekal makanan(selalunya sekoci ada makanan instan)tapi kalau boat kecil tidak ada,...mengumpulkan air saat embun turun diwaktu mlm dan pagi dengan kain lap/baju,juga saat turun hujan..semua sisi boat bisa menampung air!!easy
    Tapi daging buat makan yg gk ada..kalau sekoci yg mereka pakai,...selalunya ada kail buat mancing dgn umpan karet....tragis sekali

    ReplyDelete
  67. anakkucing:
    paling juga yg diambil cuma 2kaki aja sampai paha,..bagian lainnya dibuang kelaut..
    berandai2 aja:mereka membakar terlebih dahulu potongan kaki tsb,..kira2 daging bakar tahan brp lama ya??hehheee

    ReplyDelete
  68. @haryadi..
    apakah cukup daging kaki sampai paha menghidupi 3 orang laki2 dewasa selama 35 hari? saya rasa tidak.. apalagi porsi makan laki2 kan banyak, hehehehe..
    jikalau apabila seandainya dimisalkan mereka membakarnya untuk mencegah pembusukan, uhm.. ano, pertanyaan di kepala saya justru semakin banyak dan jadinya melebar kemana-mana..
    seperti: mereka membakar menggunakan apa? api, tentu saja.. lalu, pasti perlu kayu bakar..
    cari dimana? dan apakah sekoci yg mereka tumpangi tidak ikut terbakar? apalagi biasanya sekoci jadul kan terbuat dari kayu..
    ataukah salah satu dari mereka adalah pyrokinesis? XD

    maaf bro enigma dan para komentator, saya memang konyol sekali kl sudah mendetail seperti ini.. hehehehe.. ^^;
    karena itu, saya lebih suka kasi komen seperti komen saya yg pertama sekali: its such a coincidencely serendipity..
    hehehehe..

    ReplyDelete
  69. ~cHii said...

    emh om, waktu itu saya perna ikut ESQ yang menurut saya harganya rada ga masuk akaL untuk pembicaraan yang "itu itu adja"...karna saya sudah sering mengikutinya...

    jadi gini om,ada metode atau apa ya namanya yang disebut sugesti yang menghasiLkan kebetuLan, tapi itu bukanya kebetuLan meLainkan energi yang kita keLuarkan saat memikirkan sesuatu akan kembaLi ke dunia sama dengan apa yang kita pikirkan...dimana pun itu akan terjadi apabiLa kita memikirkanya sangat kuat atau berkata tanpa berpikir panjang...

    seperti pengaLaman saya saat mengitari aLun aLun tasik,saya tidak memakai heLm,ada poLisi,tapi mereka mengacuhkan saya...
    dan untuk ketiga kaLinya, saya berkata kepada teman saya...

    "oy,kita uda buLak baLik tapi kagak ditiLang...keknya sekarang kita bakaL ditangkep dech...hahahhaha"

    dan ternyata "PRIIIIITTT"

    ditiLang!

    nah, di ESQ waktu itu yang diterangin tentang sugesti atau ucapan yang jadi kenyataan terjadin pada :
    1.Lagu naif "biLa ku mati,kau juga mati"...band naif Langsung turun pamor dan ga pernah cuat Lagi seteLah modeL banci di pidio kLipnya meninggaL dunia...
    2.Bah Surip meninggaL seteLah jadi hantu di pidio kLip nya...
    3.Kisah modeL yang bernama Manohara yang sesuai dengan kisah pada jaman dahuLu pada kerajaan apa saya Lupa yang nama putrinya adaLah Manohara...
    4.Kekasih geLapku dari ungu...dan terbukti...
    5.Nyokapnya she Santi pas Lagi hamiL demen banget ama yang namanya Anggun C.
    dan ternyata anaknya she Santi mirip ama Anggun...

    sebenernya masi banyak banget kisah kisah kebetuLan yang ngagetin saya waktu itu...tapi saya Lupa...

    so,gitu om menurut saya...jadi itu bukan kebetuLan...

    ReplyDelete
  70. Ya, itu namanya the law of attraction. memang sering diajarkan untuk motivasi.

    ReplyDelete
  71. Kebetulan yang luar biasa, itu bukan sebutan yang tepat mungkin ini adalah precognition, banyak sekali novelis terkenal yang memiliki cara unik dalam mendapatkan sebuah inspirasi cerita, seperti si pencipta frankenstein, alexander corpinus dan lain sebagainya, dan terkadang novel mereka sering menjadi kenyataan, bahkan novel "back to the future" akhirnya sedikit demi sedikit menjadi kenyataan dengan di temukanyqa mayat di kutub yang di sinyalir tlah mengalami perjalanan waktu, meskipun waktu yang di maksud adalah masa sebelum masehi ke masehi, dan telah berlalu dari masa sekarang, mungkin mayat tersebut di bahas di blog ini klo ndak salah, kesimpulanya, terkadang ada campur tangan supranatural di dalam goresan tinta seorang penulis, sehingga kemungkinan terjadinya precognitif pada fenomena ricard parker sangat besar, contoh mudahnya ndak usah jauh2, ituloh bang si ranggawarsito dan prabu joyoboyo, mereka penulis sajak, tapi ratusan tahun kemudian baru disadari kalau sajak2mereka adalah ramalan masa depan,

    ReplyDelete
  72. tidak ada kebetulan didunia ini
    semuanya adalah takdir
    itu menurut saya

    ReplyDelete
  73. @anakkucing: emmm....ikan asin bisa tahan brapa lama yak...???? heheheeee....(u know d point...) smtr itu, kita ignore dl si ikan hiu...

    btw, ada sdikit beda, Parker-nya si Pym "hasil" undian, smtr Parker-nya Dudley "hasil" kesepakatan...

    ...mmm...jd inget gosip dibalik tragedi tinombala...pfffhhh....

    ReplyDelete
  74. Wah, bisa aja Tom Dudley itu membaca buku Poe, lalu nama remaja 17 tahun itu ia ganti menjadi Richard Parker, supaya lebih 'kebetulan' lagi. Tapi, ganti nama alasannya apa? ga ada untungnya juga.....

    ReplyDelete
  75. bisa juga dinamakan pygmalion efect mungkin mas enig...?

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  76. @haryadi, got d point sih.. nah itu, baru mau disungging soal hiu, tp uda disuru lupain duluan.. hihihii..

    weiz ah, saya anggep ajah "kebetulan cerita di atas suatu kebetulan yg sangat kebetulan.."

    ReplyDelete
  77. Ni Jhon Doe,
    Waktu kos dulu, saya pernah benar2 kehabisan duit dan tidak makan selama 2 hari (cuma minum air putih saja). Tapi kok tidak ada dorongan tuk jadi kanibal ya? hehehe

    Btw, yang ada adalah rasa pusing dan lemas karena kelaparan. Sempat berpikir juga, begini kali ya rasanya orang yang mati kelaparan.

    ReplyDelete
  78. @anonymous:

    ''Anonymous said...
    Memangnya bisa minum air laut berakibat hilang
    kesadaran bung enigma? ''

    Saya izin menjawab ya.
    Bisa. Itu karena peristiwa osmosis. Saat meminum air laut, maka kita sedang memasukkan cairan yang mempunyai konsentrasi zat terlarut lebih tinggi dari pada cairan tubuh (cairan hipertonis). Ini disebabkan karena kadar garam yang tinggi, berupa natrium. Berikutnya dalam lambung atau pun usus, terjadi peristiwa osmosis: perpindahan cairan dari konsentrasi rendah (banyak air), hipotonis, yaitu cairan tubuh, ke cairan yang konsentrasinya lebih tinggi (sedikit air), hipertonis, yaitu air garam, perpindahan itu melalui membran semipermeabel seperti mukosa saluran cerna dan epitel pembuluh darah kapiler.
    Itu artinya cairan tubuh 'ditarik' dari ruang antar sel di tubuh dan cairan dalam darah, mengakibatkan volume darah menurun. Insufisiensi volume darah yang berkelanjutan (misalnya karena minum air laut berlebihan) dapat menyebabkan volume darah menjadi sangat turun dan tidak mampu lagi terkompensasi oleh tubuh melalui penyempitan pembuluh darah dan/atau peningkatan denyut jantung, maka sirkulasi darah ke otak menurun signifikan, akibatnya glukosa dan oksigen ke otak juga menurun. Semua ini dapat menyebabkan penurunan kesadaran baik berupa stupor-somnolen (seperti mengantuk, tidak tanggap dengan rangsangan) dan tidak menutup kemungkinan juga koma.

    ReplyDelete
  79. @chris.. O.o
    waa, kereeeeenn..
    kita menjawab hal yg sama, tp lgsg keliatan kl chris uda kelas 6 sedangkan saya masi kelas 1.. >.<

    ReplyDelete
  80. lala said,,
    waduh2 ktinggalan banyak postingan nee,,,
    top deh buat brother,,
    aq baca dulu y!!!

    ReplyDelete
  81. Myheart2105 berkata...

    Myheart2105 berkata...

    bukti ksekian bhwa chris adlh mhs kdokteran :D
    Pnjelasanx yg di ats itu loch,, dokter bnggtz...
    xixixi...kalo q maksa ngaku,, ntr djwb: 'bisa aja khan.. aq bc dari intrnet..'
    xixixi...cape de :p

    ReplyDelete
  82. jd kesimpulan nya?
    bnarkah ada org yg bs melakukan premonition?

    ReplyDelete
  83. ngeriii! klo aq pny anak' aq ga bklan beri nama it! sprt nama lauk bung?

    ReplyDelete
  84. ~cHii said...
    owh...Law of attraction ya! gyahahaha...kagak tau namanya gue...

    oiya...bwat motipasi apa om maksudnya?

    ReplyDelete
  85. Maksudnya motivasi untuk menjalankan kehidupan dengan lebih baik. seperti yang dibutuhkan oleh para marketer, bagaimana cara mencapai hal-hal yang besar dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  86. waaah gw ketinggalan bales komen:

    anakkucing;xixiixixi

    jiaaaah..klw kapal kayu tenggelam itu bukan berarti semua puing kapal langsung nyosor ke dasar laut...tekanan air yg kuat memecah kapal menjadi serpihan2 kecil..(gw pernah liat langsung kapal kayu karam di laut)..nah kepingan kayu yang mengapung beberapa saat setelah kapal tenggelam bisa di ambil,....

    tinggal dayung aja mendekat..lalu kumpulin serpihan2nya...lalu susun rapi..bakar !!hehehee...
    perahu gk sekecil yg kalian kira...maen deh sekali2 ke hinterland..kami bisa bakar ikan sambil mancing ditengah laut....

    porsi mkn bisa di atur,..daging asap/bakar kn alot tuh....klw di umpan ke laut bisa buat nangkep ikan..caranya?...mainin kayu di air..buar swara berisik..tar dtg hiu/ikan karang....lalu tombak pake kayu yg di tajamkan....nah..sekarang udh dapat ikan buat ganti daging paha..simple kan..tpi bgtulah dilaut....
    perahu buat emergency itu selalunya lengkap(meski tdk selengkap jaman sekarang)..kalau cuma pisau/pemantik api/belerang/dan cangkir kaleng/tali sllunya tersimpan rapi di perahu..

    kemungkinannya: 35 hari tuh mereka BUKAN hanya makan daging paha..tapi itu BAHASA paparazzi aja..

    ReplyDelete
  87. @haryadi,

    hehehe.. saya sebenarnya sudah perhitungkan soal itu juga..
    okeh, memang pasti banyak serpihan2 kayu, yg bisa dibakar, dan walaupun basah, bisa dijemur dan kemudian dikeringkan, dan kemudian dibakar..
    tp saya pikir, ketika mereka menyelamatkan diri, mereka pasti tidak berpikir di kemudian hari akan bakar2 daging atau ikan..
    apalagi jarak mereka dari lokasi kapal karam adalah 19 hari, mustahil mereka repot2 kembali ke tkp hanya untuk mengumpulkan kayu, dan kayunya juga pasti uda melanglang buana di tengah laut..

    memang sekoci ngga sekecil t4 duduk saya, pasti muat mengangkut lebih dari 10 org dewasa (kl liat di pilem titanic, malah 20 cukup)..tp saya yakin, sekoci yang mereka gunakan untuk menyelamatkan diri adalah sekoci kayu.. tahun 1884 gitu..
    nah, kl ngadain pesta barbeque di atas perahu kayu, menurut saya itu sama saja dengan bunuh diri, hehehehe..

    soal perlengkapan yang ada di perahu penyelamat, memang pasti ada beberapa alat seperti yang bro haryadi sebutkan..
    tp pada pemantik api, saya ingin berikan sedikit catatan..
    pada abad ke-19, pemantik api yang ada ngga seukuran pemantik api sekarang yg portable, bisa disimpan di kantong..
    tp ukurannya segede gaban.. (eniwei, gaban itu segede apa yah? ^^;)

    kl memang mereka adalah pemancing ulung (saya yakin mereka pelaut ulung), knp ngga dari awal aja berpikiran untuk bertahan hidup dengan makan ikan? knp harus membunuh seseorang untuk bertahan hidup? apakah karena terkena penyakit malarindu tropikangen makan daging? XD

    ReplyDelete
  88. kl saya c pernah denger kisah itu bang enigma..kebetulan dulu waktu kuliah di fak hukum (mata kuliah ny saya lupa lg :D) dosen saya mengangkat kisah itu bwt materi debat..tapi bukan premonition ny yg dibahas,,melainkan apakah dengan kondisi seperti dlm kisah itu,,para pelaku "kanibalisme" tersebut tetap harus dihukum sesuai kaidah hukum positif??!!kl dilihat dr perspektif perbuatanny,,jelas itu merupakan perbuatan yg "ngga bgt"!!tp situasiny kan harus menjadi pertimbangan jg..kl g salah c pas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum dibahasny!!heuheu..

    ReplyDelete
  89. Bg E, prnh tau novel 'The Life of Pi'? Ada si Richard Parker jg di situ, jgn2 nama Richard Parker udah identik ama kisah kapal tenggelam ya? Haha..

    ReplyDelete
  90. G3ll4: Mungkin ibunya dari Richard Parker pernah ngebaca novel itu, terus dia suka sama nama "Richard Parker", jadi pas anaknya lahir, dinamainlah Richard Parker juga. Eh ternyata nama itu membawa sial.Kebetulan atau Kesialan??

    ReplyDelete
  91. Jangan2 Edgar Allan Poe dapat ilham juga dari bisikan2 atau dia menulisnya dengan menggunakan alam bawah sadar. Makanya setelah membaca ulang karyanya dia jadi berpikir novelnya sendiri adalah 'a very silly book' karena dia merasa ga pernah punya ide 'aneh' kayak gini dalam menulis buku2nya. Setahu saya Edgar Allan Poe itu penulis kisah-kisah yang ada tema keluarga. Terkadang ada kan penulis2 atau pelukis yang bahkan ga sadar pernah menulis atau melukis karyanya sendiri. Semacam 'wahyu' gitu deh (kata mereka sih, tapi wahyu itu kan turun ke org2 khusus saja yg mendedikasikan hidupnya kepada Tuhan) Kayak di serial Supernatural season 4 ada penulis bernama Carver Edlun yg menulis dengan pikiran bawah sadar.

    Tapi ini cuma perkiraan saya aja. Jangan diambil pusing. Hehe :D

    ReplyDelete
  92. keknya sy juga akan sperti captn TOM klo situasinya sprti itu.. walaupun jijik hehehehehe

    ReplyDelete
  93. wuissssss
    premonition....


    tlg dijelaskan secara gamblang donk bung enigmaaaaaa

    apaaaa sihhh premonitooon entuhhhh
    trims

    ReplyDelete
  94. Mungkin saja Edgar merupakan salah satu dari 3 orang yg selamat itu

    ReplyDelete
  95. setelah membaca kisah ini, aku terpikir sebagaimana @anakkucing, ketika ingin kutanyakan eh udah keduluan. kalo diruntut lebih jauh, kok ketika balik ke kampung, ga ada keterangan kaitannya dg keluarga dr richard parker? jangan2 sosok parker itu fiktif yang sengaja di bikin oleh sang kapten biar bikin heboh, dg asumsi dia dah baca novelnya (tidaklebih masuk akal dari kisah itu kan).

    ReplyDelete
  96. Subhanalloh
    masa jeruk makan jeruk..!

    ReplyDelete
  97. Kebetulan atau tidakkah ? Semuanya akan menjadi lebih jelas dengan logika

    ReplyDelete
  98. richard parker= nama harimau di film life of pi o_0

    ReplyDelete
  99. wah artikel lama yang menarik...
    Bang E,bagaimana jika ada penumpang sekoci itu yang tau novel itu dan emang sengaja dipilih dia karena namanya Richard Parker biar sama seperti di novel?
    Bukankah mereka tidak mengundinya,tapi memilihnya. . .

    ReplyDelete
  100. Mudah saja sih sebenarnya kalau bisa mencari tau riwayat si kapten tom
    Mudahnya gini bang E "seandainya" kaptep tom itu pernah membaca novelnya si poe kebetulan ini bukanlah kebetulan
    Saat lampu ide dlm pikiran kapten tom menyala mungkin saat itu dia teringat tentang novelnya poe karena pada saat itu kapten juga sedang memikirkan ricard parker, itu bisa jadi memanggil ingatannya dan munculah ingatan tentang novel poe yah mungkin seperti itu, coba dicari pengakuan sikapten dipengadilan bang, apa dia juga mengatakan kalau perbuatannya terinspirasi dari novel, terima kasih
    Si kutil

    ReplyDelete
  101. Fiktif ya fiktif, nyata ya nyata. Apa yg sebenarnya terjadi, cuma kapten kanibal itu. Tapi yg jelas di antara pelaut, terutama bajak laut, makan manusia itu biasa. Pernah diceritain teman dari Ruteng. Katanya dulu pnh makan daging orang waktu kecil, waktu ikut kakeknya melaut. Ternyata kakeknya bajak laut. Penasaran, tanya2 walhasil berujung muntah2. Dia yg cerita aja ngeri, untung dia cuma sekali itu doang makan orang...ngakunya... hihh.

    Precognition beda toh sm premonition...

    Poe diejek gitu, skrg bahan studi kejiwaan juga karyanya. Masuk kategori sastra klasik, analisa karakternya kepake dr sastra sampe hukum. Yan Martel yg nulis Life of Pi emg sengaja pake nama Richard Parker buat si maung.

    ReplyDelete
  102. gara-gara baca blog ini, lupa kalo lagi merebus kacang sampe gosong n tutup pancinya meleleh.

    ReplyDelete