Sunday, May 9, 2010

Crop Circle pertama di tahun 2010 muncul di Old Sarum!

Crop circle is Back! Setelah ditunggu-tunggu, crop circle pertama di tahun 2010 akhirnya muncul di Old Sarum, Nr Salisbury, Wiltshire, pada tanggal 05 Mei 2010. Crop circle ini sepertinya akan menjadi pertanda dimulainya musim kemunculan crop circle di Inggris.


Crop circle ini muncul di ladang tanaman Oilseed rape, bukan jagung seperti biasa. Diameter crop circle ini sekitar 55 meter.



Kemunculan crop circle ini boleh dibilang sedikit terlambat karena pada tahun-tahun sebelumnya, crop circle biasa muncul di bulan April dan terus meningkat hingga pada puncaknya di bulan Juli dan Agustus.

Tapi paling tidak, Ia sudah muncul, dan mungkin masih akan muncul lebih banyak lagi. Jelas kabar baik bagi kalian yang gandrung dengan fenomena ini.

Baca juga: crop circle - sejarah, penjelasan dan karakteristik.

(dailymail.co.uk)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

144 comments:

  1. untuk kali pertamaanya....., hohoy

    ReplyDelete
  2. emang aneh bgt CropCircle ini...., Hmmm...... siapa n buat apa tujuannya masih belum ada yg tau? huuu

    ReplyDelete
  3. dhimas hydestroyerMay 9, 2010 at 8:14 PM

    PERTAMAX...
    waahh teruss posting ya bro enigma
    gw senang banget bacablog ini,,
    thanks info bermanfaatnyaa
    by hydestroyer

    ReplyDelete
  4. ,,, g peduli siapa yang bikin yg jelas Kuereeeeeennnnn !!!!!

    ReplyDelete
  5. Wah ini yg di tunggu-tunggu oh ya mas kok bisa di tumbuhan lain selain jagung dan gandum(mohon pencerahan)

    ReplyDelete
  6. Kelimax!
    Akhirnya muncul juga karya seni raksasa plg misterius ini.
    Nice info brother!
    ~BIgmaN~

    ReplyDelete
  7. waduh kayanya postingan nya kalah cepet ni sama vahn hahaha

    ReplyDelete
  8. Oh iya, van sharyu duluan. haha, hebat.

    ReplyDelete
  9. kalo saya boleh tahu,
    emangnya crop circle yang muncul itu selain di ladang jagung dan gandum itu dimana saja ?
    dan apakah crop circle tersebut yang pertama kalinya yang muncul di ladang oilseed rape ?

    ReplyDelete
  10. Wah, yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga. Makasih ya bung enigma :)

    Menurut bung enigma itu gambar apa? Kalau saya melihatnya seperti laba-laba.

    u-tell

    ReplyDelete
  11. @Mystery of the world: Wow, saya tidak ingat soal itu, tapi yang pasti banyak kok yang muncul di ladang selain jagung, dan jelas bukan yang pertama di oilseed rape.

    @Ghassan: selama itu ladang dan bisa dibentuk, crop circle bisa muncul disitu.

    ReplyDelete
  12. @U-tell: saya lihat tidak mirip laba2. Tapi saya juga tidak tahu gambar apa itu.

    ReplyDelete
  13. nandar:

    stelah nunggu lama akhir nya muncul juga

    good posting brother

    ReplyDelete
  14. @enigma : apa arti dari crop circle bagi mas pribadi? Kalo pendapat saya mengatakan itu seperti lambang koloni ET atau bagi kita manusia seperti bendera begitu..

    ReplyDelete
  15. @Jesky53: saya benar-benar tidak tahu artinya.

    ReplyDelete
  16. terlihat seperti sebuah wajah , dengan satu mata yang besar diatas , satu hidung bulat , dan gigi bulat2 yang menyusun senyum , betul kan ? mungkin pareidolia saja ya ... hehe . Nice post

    -Jeanne Mar-

    ReplyDelete
  17. bang, tdi kan blng crop circle thn ini sdkt telat (skrng muncul mei, tpi biasa'a april udh ad). Ap mungkin crop circle itu emang bikinan manusia yg d kaitkan dgn alien?
    jagung n gandum udh tumbuh skitar p'rtengahan - akhir april, arus'a crop circle udh selesai pas itu. klaupun blom tumbuh arus'a dy ngambil inisiatif pke pdng bunga kyk d gambar, tpi ap mikir'a gg klamaan?
    mungkin gg klo crop circle itu s'benar'a d bkn pke alat yg sgt sederhana hingga gg ad s'orgpun yg sadar klo d bkn'a cuma pake alat itu?

    By : Koe-Chink

    (btw, kok macet sih ini? nulis b'rkali" gg kluar kata2'a.)

    ReplyDelete
  18. Sip! Keren!

    Buat saya pecinta okultisme sih, menduga kalo ini diciptakan oleh manusia yang punya dark power, tujuannya jelas, untuk melemahkan iman penontonnya.

    Setan juga punya taste yang bagus kan? Lucifer aja katanya dulu malaikat puji2an.. Enteng buat dia bikin yang bagus-bagus.

    Tapi ini sekedar pendapat lho. Kalo Iman kuat sih, gak khawatir. Nikmati aja pemandangan indah ini, siapapun creatornya. Jangan tersinggung atau marah ya peminat corp circle. Saya juga maniak banget sama corp circle koq.

    Thanks..^^

    ReplyDelete
  19. kayak gelang ben 10 yah <<<<search aj di google kalo ga tau

    hmm cropcricle di buat pake sejenis penyedot debu yg cukup besar dengan menyedot gandum dengan arah sedotan yg memutar sehingga dapat membuat bulatan yg sempurna biasanyah kapal Alf4T bisa buat yg kaya gitu cmn kemaren lagi bikit sketsa nyah jadi telat sorry yah pengemar setia :D

    ReplyDelete
  20. Thanks infonya bro, postingan yg mantap. ditunggu berita kemunculan berikutnya..

    ReplyDelete
  21. Dea .
    Yahuuuuy !!!!
    Akhirnyaaaaa ! Makasih bnyak bgt ka Enigma !!
    Hmmm , kalo dea mah lbih ngeliatnya itu kayak mata burung hantu (2 lingkaran yg trbsar) terutama di gambar yg prtama . . Tp itu cm pndapat dea ajaa . . :)
    Welcome Back Crop Circle !!!
    Ka , ntar kalo ada crop circle baru lg cpet posting yaaa . . Waah tmbah smangat nih liat crop circle.nya . . . .

    ReplyDelete
  22. Saya kok merasa ada yang janggal pada fenomena crop circles yah... Yang paling janggal adalah, kenapa paling banyak muncul di Inggris... Dan kenapa negara2 besar seperti India, China, bahkan Indonesia crop circle tidak terdokumentasi? Kalau dibilang negara dunia ke 3 (berkembang) sehingga gak didatangi alien okelah... Tapi kok gak ada di Rusia? Jerman yang hi-tech?

    IMHO, crop circle cuman mainan iseng orang inggris dengan konsep modern-art nya...

    CMIIW

    ReplyDelete
  23. @Topazo: mungkin karena ada spesialis grup yang menyelidiki crop circle di Inggris. mereka boleh dibilang sejenis pemburu crop circle. jadi, mereka mendokumentasikan semuanya dengan baik.

    Di Rusia pernah muncul kok crop circle, apalagi di eropa.

    Kalau di Indonesia ada grup seperti itu, mungkin kita bisa menemukan ada crop circle juga dan dokumentasi yang sama bagusnya.

    ReplyDelete
  24. setelah sekian lama menunggu akhirnya dahaga akan karya mistery crop circle muncul juga...
    makasih bang enigma...
    saya salah satu penggemar blog anda, dari smester satu ampe smester dua gak ketinggalan untuk baca topik menarik di blog enigma tercinta ini...
    sekali lagi makasih dah bikin blog yang bagus dan menginspirasi ini..
    keep posting....

    ReplyDelete
  25. kyaaaaaaa!!! my favorite!!! crop circle i love you!!
    semoga bang enigma semakin bahagia, amin amiiiin!!!

    ReplyDelete
  26. Msh bingung sm crop circle. Masa iya kjadian musiman gini dan ud tjadi slama btahun2 tp blm ad yg bs mecahin asal muasal & tujuanny ya? >.<

    DeeLaBeLLe

    ReplyDelete
  27. halo bro enigma,
    saya terkesan sekali dengan postingannya..
    tapi ada yg ingin saya tanyakan mengenai hal ini, mumpung masih hangat2nya..
    kira2 kalo di google map, posisinya di mana ya? apa bisa di lihat untuk saat ini melalui google earth?
    trims buat infonya

    ReplyDelete
  28. bisa tulis tentang orgonite, bro?

    menarik membaca testimoni ber-tubi2 tentang keampuhan alat / benda ini

    ReplyDelete
  29. Salah bro yang bener bukan di Inggris...tapi di Italia....cek tulisan saya yang terbaru...hehehehehe....dan juga gak telat...crop circle tetap nongol di bulan April..

    ReplyDelete
  30. IIn said
    Wah.. Cantiknya.. Gambarnya abstrak kali..

    ReplyDelete
  31. Kenapa yg terbentuk byak lingkaran, ga persegi?

    ReplyDelete
  32. Crop circle, salah satu misteri yang selalu menarik perhatian ^_^

    Saya tidak melihat bentuk yang khas dari crop circle menunjukkan suatu objek tertentu.

    Sepertinya crop circle sudah menjadi suatu tradisi rutin yang kehadirannya selalu di nanti.
    Seorang pengunjung blog ini pernah bertanya kepada Mr.Enigma, apakah petani gandum di Inggris tidak merasa rugi oleh adanya crop circle di ladang mereka? Kalau tidak salah, Mr.E menjawab 'tidak'. Saya rasa juga tidak. Jika dihitung secara matematis, saya rasa kerugian petani akibat rusaknya tanaman mereka oleh adanya crop circle tidak signifikan jika dibandingkan dengan luas lahan keseluruhan.
    Justru mereka untung, karena crop circle menarik wisatawan untuk berwisata ke sana dan dikenai biaya masuk yang jika ditotal saya rasa bisa berjumlah cukup besar.
    Lambat laun crop circle menjadi aset pariwisata.

    Apa yang terpikir di benak anda akan realita ini?
    Kalau saya, terbersit dugaan konspirasi/rekayasa. Maksud saya begini. Pada awalnya muncul crop circle di suatu daerah (seringnya di Inggris), yang menghebohkan daerah lokal atau bahkan beritanya hangat dibicarakan di seluruh Inggris. Pada awalnya mungkin ini terjadi oleh beberapa kemungkinan:
    1. Iseng. Perekayasa memiliki bakat seni grafis yang luar biasa dan tertantang (iseng) menjadikan lahan gandum sebagai media seninya. Mungkin ternyata cara membuat crop circle cukup sederhana, dan tidak serumit yang kita bayangkan.

    2. Fenomena alam. Fenomena alam apapun yang bisa membuat gandum rebah dan kebetulan memberi efek artistik bagi pandangan manusia, pada awalnya tidak harus terlalu rumit. Tapi peristiwa itu menjadi inspirasi bagi seniman iseng untuk menghasilkan karya yang jauh lebih indah dan rumit. Fenomena alam ini bisa karena badai, badai magnetik, dsb. Tapi kelemahannya adalah apa fenomena alamnya? Apakah hanya karena 1 fenomena alam saja? Ataukah kombinasi, misalnya badai/tornado dengan badai magnetik yang menghasilkan listrik statis luas di suatu lokasi di ladang gandum dan memanaskan udara secara tiba-tiba yang menyebabkan bengkoknya batang gandum?

    3. Fenomena supranatural, berhubungan dengan makhluk gaib 'iseng'.

    4. Alien.

    Alasan saya menganggap kemunculan crop circle pada beberapa tahun (dekade/atau mungkin juga abad) terakhir ini sebagai rekayasa:

    1. Dominan muncul di tempat-tempat tertentu saja, misalnya lahan gandum di Inggris.

    2. Tidak ada (sepertinya) komplain dan usaha penghentian dari petani atas kehadiran crop circle di ladang mereka.

    (Bersambung...)

    ReplyDelete
  33. (Sambungan...part 2)


    3. Keuntungan finansial yang mereka (petani) gandum dapatkan atas kunjungan para wisatawan yang penasaran dengan crop circle lumayan.

    4. Sepertinya belum ada usaha serius mengungkap bagaimana crop circle ini terbentuk. Dengan teknologi sekarang, memungkinkan mengamati ladang gandum, pada malam hari, jarak jauh atau bahkan merekam apa yang terjadi.
    Dari realita ini, terlihat kesan bahwa hal ini seperti dibiarkan saja tetap menjadi misteri.

    5. Munculnya crop circle seolah-olah menunggu musim panen atau setidaknya gandum berbunga di Inggris. Sedangkan masa panen atau berbunga gandum atau tanaman sejenisnya di ladang gandum seluruh dunia saya rasa berbeda-beda, tapi kenapa tidak ada laporan dari tempat lain itu??
    Jika crop circle itu karena perbuatan alien dan mengandung maksud tertentu, mengapa tidak memakai media (lahan gandum lain di luar Inggris?, atau taman bunga atau padang rumput atau ilalang??)
    Bukankah jika ini karena alien, maka message yang disampaikannya tergolong 'sangat penting', karena merupakan media kontak antar spesies/peradaban atau antar galaksi??
    Seharusnya muncul dengan intens tanpa dijeda oleh masalah waktu panen gandum.

    Jadi pada awalnya crop circle memang bisa muncul karena tidak sengaja ataupun disengaja, dengan pola yang lebih sederhana. Tapi selanjutnya ini menjadi inspirasi bagi lahirnya crop circle-crop circle buatan dengan motif seni, dan pada akhirnya petani menyadari bahwa keberadaan crop circle menguntungkan. Maka mereka (atau creator yang mereka sewa) kemudian tetap mempertahankan kemunculan-kemunculan crop circle 'misterius' yang memukau dunia. Tetapi tentu saja mereka komitmen untuk merahasiakannya. Di samping itu saya rasa, konspiratornya berjumlah sedikit, sehingga kemungkinan rahasia ini bocor, lebih kecil.

    Ini cuma opini pribadi saja.

    ReplyDelete
  34. Well... sudah dimulai ternyata.
    Crop Cyrcle is back.
    Dan artinya semakin banyak lagi misteri yg harus diselidiki.

    Thks berat buat bro enigma...

    ReplyDelete
  35. kalo disini disebut tebu circle.hehe

    -fd

    ReplyDelete
  36. kenichi said
    kak enigma, menurut kakak,ini crop circle buatan manusia atau buatan yg masih misterius, kalau ga salah ketika aku baca blog punya temen kakak mbah ware(kalau ga salah) itu banyak crop circle buatan manusia lho..

    ReplyDelete
  37. @bung enigma: hehe, berarti saya yang terlalu imajinatif ya. Saya sih melihat gambarnya setelah saya putar 180 derajat. Seperti laba-laba dengan 6 pasang kaki. Yah, saya akui sebenarnya 6 pasang kaki ini juga yang bikin saya gak begitu yakin kalau ini laba-laba. Tapi apapun itu, ini memang karya yang bagus :)

    u-tell

    ReplyDelete
  38. fiuuuuh...akhirnya keluar juga..... ditunggu2 baru muncul :)
    ulasannya pendek y? saya mau mampir ke simbah ware dulu ya...

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  39. bang enig...saya baru baca sesuatu yg bikin saya terkaget2!!!! TIME TRAVEL DI INDONESIA... ni linknya http://gokiel-abiez.blogspot.com/2010/05/pesan-tahun-2034.html

    Gimana menurut bang enigma? hoax kah??? MOHON ANALISA BANG.....

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  40. VIC said . . .
    sbenarnya bagaimana crop circle itu bisa terbentuk lebih jelasnya???

    ReplyDelete
  41. WOW...setelah ditunggu2 akhirnya nongol jg..kayaknya Alien mendengar rasa penasaran manusia bumi...hehehe...
    Di Indonesia ( mungkin ) sebenarnya jg sering ada Crop Circle...cm tekhnologi ( untuk melihat view CR dr atas ) n masyarakat pedesaan Indonesia yg tidak mengetahui CR...( karena kl liat CR dikiranya karena faktor angin/ alami )
    Nice posting Bang...!!!

    ReplyDelete
  42. @ms. Terry : itu aslinya thread di kaskus( dan kebetulan udah ditutup tuh threadnya)...gak perlu dianalisa....it's hoax...maunya sih jadi john titor Indonesia but prediksinya kurang mantabsss..wakakakaka...cerita pendukungnya kurang meyakinkan, contoh..Quagmire..berarti sang traveller peminat tokoh kartun atau maniak game warcraft...The catastrophe...mungkin aja dia pernah baca catastrophe theory...wakakakakaka...
    it's only a joke...
    sorry bro numpang komen..sebelum si chris juga ikutan komen...wakakakaka

    ReplyDelete
  43. @ms terry: saya setuju dgn mbah ware. Dari 3 thread yg dibuatnya, terdapat kontradiksi dlm time tablenya. Jadi saya kira kt tdk perlu menganggapnya dgn serius.

    ReplyDelete
  44. @chris: Nice komen bung. Tapi kalau anda buka postingan bung enigma (http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/09/crop-circle-sejarah-penjelasan-dan.html), ada beberapa hal yang perlu saya garis bawahi. Mohon dikritisi kalau salah.

    Pertama, SUDAH ada upaya serius untuk mengungkap crop circle, seperti usaha untuk membuatnya dengan teknologi canggih oleh MIT dan Jepang, tapi belum berhasil.

    Kedua, ciri2 unik yang ditunjukkan crop circle asli bukan hanya merunduknya batang gandum, tapi juga adanya partikel besi bermagnet, perubahan struktur kristalin batang gandum, dsb, dan ini belum dapat terjawab sampai sekarang. Dengan kata lain, ini tidak 'sesederhana' merundukkan batang gandum dengan pola2 super rumit 'saja'.

    Ketiga, saya pikir pemilihan tempat yang dominan di Inggris MEMANG memiliki maksud tertentu. Taruhlah kalau dominan di Indonesia, saya yakin dokumentasinya tidak akan sebaik di Inggris. Saya pikir alasan dokumentasi ini pula yang jadi masalah kalau kemunculannya terlalu tersebar. Saya tidak begitu yakin ada pesan2 tersirat dalam crop circle, tapi saya yakin si pembuat karya pasti ingin karyanya diabadikan. Apalagi karya yang dibuat di ladang gandum, yang pastinya bakalan hilang kalau gandum itu dipanen.

    Kalau ini karena alien yang ingin menyampaikan pesan penting, saya setuju dengan anda, kenapa tidak dilakukan di wilayah yang permanen(tidak perlu hilang gara2 panen seperti ladang gandum). Kecuali kalau ini pesan alien baik yang bermaksud melindungi bumi dan khawatir pesannya akan dilihat alien jahat yang bermaksud menyerang bumi *wacko*.

    Saya setuju dengan anda bahwa ada pihak2 yang terlibat di balik pembuatan crop circle ini (terlepas siapa/apa pun pembuatnya). Seperti yang anda katakan, teknologi sekarang memungkinkan untuk merekam dan mengamati ladang gandum, pada malam hari, jarak jauh atau bahkan merekam apa yang terjadi, tapi rekaman tersebut sampai saat ini tidak ada (kalau ada rekaman yang BUKAN hoax, tolong dikoreksi).

    Jadi intinya, menurut saya siapa yang membuatnya? hehe Saya tidak tahu. Saya tidak punya kemampuan analisis yang baik dan pengetahuan saya juga kurang. Yang saya tahu, saya menikmati karya ini :)

    Ini juga hanya pendapat pribadi saja. Sekali lagi, mohon dikoreksi kalau salah.

    u-tell

    ReplyDelete
  45. @mbah ware: iya betul, memang di italia muncul duluan. Sayang tdk ada foto aerial nya.

    ReplyDelete
  46. @kenichi: memang bnyk jg crop circle yang buatan manusia. Tapi, tentu saja ada jg crop circle yg belum atau tdk terbukti dibuat oleh manusia.

    ReplyDelete
  47. @mr oke:crop circle yg br muncul tdk bs langsung dilihat di google earth krn google earth menampilkan gambar2 lama. Kecuali kalau sdh update.

    ReplyDelete
  48. premier-nya nih!!!
    ditunggu sekuelnya yang lain (kayak film aja yah?)walapun gw bukan fanatiknya

    ReplyDelete
  49. dari selama ini saya memperhatikan bentuk corp circle tu ada yang berbentuk simetris, da yg bentukny kayak tulisan yg berbentuk symbol gmna tuh?

    499

    ReplyDelete
  50. untuk @chris, mungkin bukannya mereka(alien mungkin) tidak mau membuat ditempat lain yang lbh dapt mngabadikan karyany yg berupa corp circle tpi mungkin saja teknologi mereka hanya dapat membuat corp circle diatas benda organik atau mungkin juga karena tempat yang rata, luas dan tidak terhalang apa2 hanyalah ladang saja entah itu ladang apa saja. itu hnya teori saja

    499

    ReplyDelete
  51. AKHIRNYA...crop circle is back !!...
    to @bung chris..crop circle juga pernah muncul di negara lain..mis Rusia.China dll..
    (tulisan berdasar kategori-Crop Circle)..
    andika

    ReplyDelete
  52. ladang di luar negeri cakep banget.... kenapa ngga ada crop circle di padang bunga tulip yah? pasti lebih cakep, warna-warni. tp sayang tulipnya. hehehehe :P

    ReplyDelete
  53. lala said,,
    wow,, fenomena alam yg indah itu muncul lg y???
    ga sabar liat pola yang lain,,,

    ReplyDelete
  54. Kalau crop circle sudah bisa di perkirakan kapan datangnya, mengapa tidak dilakukan penelitian yang serius? Seharusnya di pantau beberapa ladang setiap malamnya seperti di pasang kamera. Mungkin sajakan pelakunya ketahuan? Kalau saya tinggal di dekat ladang yang sering terdapat crop circle pasti saya sering menjaga-jaga daerah sekitar situ agar pelaku crop circle bisa ketahuan.

    ReplyDelete
  55. dear mr enigma. saya cuma punya pertanyaan. apakah mr. enigma pernah membahas asal usul dari mana kata misteri atau mistery itu berasal? tolong di bahas ya, asal usul kaya mistery. thank before...

    ReplyDelete
  56. hmmmmmmm....bentuknya makin aneh aja....XD

    tapi ttp bagus...hahahaha

    ReplyDelete
  57. @dear anonymous: kata misteri itu berasal dr bahasa yunani "musterion" yang artinya rahasia. Kata ini sering dipakai utk merujuk kepada janji utk merahasiakan sesuatu yg diwajibkan oleh ritual keagamaan.

    ReplyDelete
  58. horee.. horee...
    akhirnya muncul juga wahai kau crop circle.
    mas E, ada nggak crop circle yg terlambat d temukan/dlm keadaan udah agak rusak bentuknya?
    soalnya sll terbesit sedikit konspirasi d benak sy (prikitiww..).
    trus ada berapa crop circle yg d temukan d USA?

    ReplyDelete
  59. @jemon: saya tdk punya data soal itu.

    ReplyDelete
  60. Mas Request Tentang kapal nabi nuh yg ditemukan diatas gunung yg di turki ^_^

    ReplyDelete
  61. WOOOOOOOOOOHOOOOOOOOOOOOOOOOOO!!!!!!
    akhirnya yg ditunggu keluar juga....
    keep posting!!!
    menunggu crop circle ep. 2

    ReplyDelete
  62. to @Lica lawliet...yang bikin pola cropcircle di atas sebenarnya ngak tegaan...lah kalau bikin pola di kebun bunga tulip..kan rusak tuh bunga..kalau di ladang gandum kan masih bisa tumbuh dan di panen..
    andika

    ReplyDelete
  63. bung Enigma,di postingan Crop circle "Tidcombe"polanya sama ya dengan postingan crop circle "Tidak ada yang abadi di dunia"
    andika.

    ReplyDelete
  64. Kenapa cuman di eropa atau amerika?????Di Indonesia yang luas cuman sawah dan padang golf...jadi males bikin crop circle nya kalo di sawah...becek boo.........

    ReplyDelete
  65. Season start ya..
    perasaan saya saat liat 1 buah crop circle sama ketika saya melihat huruf bahasa jepang (padahal bhsa jepang memiliki arti yg tidak saya mengerti)..saat melihat lebih dari 1 crop circle..perasaannya sama ketika melihat bagian puzzle dari papan puzzle berukuran besar..bagian yang mungkin belum saya perlukan saat pertama kali tapi akan saya cari untuk melengkapi puzzle saya..
    terlepas dari siapa pembuatnya..crop circle karya yang mengagumkan..kebayang gimana susahnya bikin pola yg simetris n rumit..(susah dengan melihat kemampuan saya skrg tentunya)

    ufo believer

    ReplyDelete
  66. Bro...

    Aku memang menunggu crop circle. Maaf baru sempet mampir setelah dua minggu lebih... Lagi stress stressnya UTS.

    Good job, bro

    ReplyDelete
  67. dulu saya pernah liat vidio pembuatannya malah bentuknya elisabet kalo d liat dr atas

    ReplyDelete
  68. Wah, udh diposting duluan nih...!
    keren bgt bang, akhirnya yg ditunggu2 dtg jg...
    kita tunggu lg kedatangan yg laennya.
    Sukses Enigma!

    ReplyDelete
  69. crop circle.,.,ini nih yg gw tunggu2...lm g post jg bro om enigma...

    ReplyDelete
  70. di indonesia pernah ada crop circle yg muncul gak yah??? ada yg tau gak...?

    ReplyDelete
  71. hyaaa.. uda banyak bgt komennya.. telat bgt saya.. >.<

    @topazo dan ojikasep, pertanyaan yg sama perna saya ajukan ke diri sendiri..kenapa munculnya di ladang gandum yang mostly ada di eropa yah? di ladang tebu atau sawah padi seperti yg ada di indonesia knp ngga perna?
    akhirnya saya menemukan jawabannya, yaitu si pembuat crop circle takut sama lintah atau pacet! ladang gandum kan ditanam di lahan yg tidak basah, tidak seperti tebu atau padi yg basah atau lumpur dan banyak pacetnya.. hehehehehe..
    *maaf bro, bercanda.. komen saya ngga mutu bgt! >.<*

    @chris, kl ttg teori fenomena alam, saya kurang setuju.. karena kl memang benar fenomena alam, maka kemungkinan besar akan terjadi hampir di seluruh belahan dunia yang memiliki ladang, dan tidak hanya ladang gandum saja..
    yah, lain hal kalau fenomena alamnya memang terjadi karena disebabkan oleh kumpulan tanaman gandum itu sendiri..
    tp karena kejadian crop circle juga terjadi selain di ladang gandum, berarti fenomena alamnya bukan disebabkan oleh kumpulan tanaman gandum..CMIIW
    (mohon maaf sebelumnya bro chris, saya berani2nya menyanggah komentar org yg saya anggap guru sendiri, hehehehehee..)
    selebihnya saya sependapat dengan kamu..

    tp sebelum itu, saya mau tanya ke bro enigma, untuk crop circle yg di korea selatan kemaren itu, di ladang apa ya bro?

    @anis, untuk mencari crop circle yg ada di indonesia tidak harus menggunakan alat mahal seperti yg km sebutkan, pake google earth aja, hehehe..

    ReplyDelete
  72. @Andika: crop circle "tidak ada yang abadi" memang menunjukkan crop circle Tidcombe yang sedang dipanen.

    @Anakkucing: crop circle juga pernah muncul di ladang tebu, bukan cuma gandum.

    Untuk crop yang di Korea selatan, itu pertanyaan bagus. Soalnya jenis tanamannya tidak diketahui. haha. mungkin pembaca yang melihat fotonya bisa membantu?

    ReplyDelete
  73. @u-tell
    saia setuju sm ente,,
    and soal rekaman proses terbuatnya kek na ada 1 video yg berdurasi beberapa detik,, dan "katanya" gak ada editan,, soalna gambarna d ambil malam ato dini hari dgn kualitas kurang bagus,, tp lumayan jelas ada 2 spheres yg muter2 gitu,, dlm hitungan detik lgsg terbentuk,, hehe,, silahkan cari d youtube,, saia yakin udh pd nonton smua,, klo yg lain bykan hoax

    saia ikut nambahin,,
    dari sekian byk karya mengagumkan ini,, cm bs dihitung dgn jari yg benar2 "otentik" yg lainnya buatan manusia,, ada bbrp situs mereka sang creator berbakat yg menyebut diri mereka crop circle maker, atau apalah byk skali kelompok2 kek gitu,, bs di cari sendiri lwat google,, termasuk bentuk logo Mozilla Firefox bbrp bulan yg lalu,, 100% made by human and cool enough,, :D

    CMIIW

    [Watch The Sky,, How Beautiful It Is,, Open Your Mind,, Open Your Heart,, Keep Down To Earth,,]

    ReplyDelete
  74. wiihh... crop circle...
    bentuknya keren ya...
    tuh lahan yang digarap ama 'mahkluk gak jelas' itu masih bisa tumbuh gak tumbuhannya? *pertanyaan bodoh*
    :)
    keep posting om enigma :D

    -L8-

    ReplyDelete
  75. saya sebenarnya adalah orang yang cukup berpikir skeptis tentang adanya alien di alam semesta, tapi setelah saya melihat crop circle ini, saya mulai berpikir lebih tentang alien..
    kalau tentang crop circle ini saya melihat kalau crop circle benar-benar terlihat simetris..mungkin memang buatan alien, tetapi tidak membantah juga bahwa manusia pun juga tidak sulit membuat sesuatu seperti crop circle ini..
    mungkin jika di teliti lebih lanjut misteri tentang crop circle ini akan terpecahkan..

    ReplyDelete
  76. @andika : hahahaha! iya, makanya saya bilang sayang tulipnya. cakep2 gitu dirusakin. ternyata pencipta crop circlenya bae juga yah.... masih milih2.... hahahahaha! :P

    ReplyDelete
  77. Mungkin karena ga da perhatian kalo di indonesia mah...dan masyarakatnya Mungkin lebih baik nyari uang dari pada merhatiin ladang..

    ReplyDelete
  78. Unik banget crop circle ini. Kalau bisa rumah saya berbentuk seperti itu jika di lihat dari atas.

    :D

    ReplyDelete
  79. saya termasuk orang awam mengenai crop circle, boleh gak saya berkomentar(bertanya)...meskipun komentar saya(pertanyaan saya) nanti terlihat konyol n ga masuk akal atau kampungan.mungkinkah crop circle itu dibuat bukan oleh ET atau Ufo? apakah ada kemungkinan crop circle itu dibuat oleh manusia sendiri? bisa saja sebuah satelit milik NASA atau satelit2 lain yg kebetulan melintas di orbit bumi n para operator -di Houston misalnya- membuat sebuah crop circle dengan menembakkan gelombang elektromagnetik yg membuat tanaman gandum membengkok. tentu saja hal ini dilakukan dengan cara sangat rahasia dan hanya segelintir orang saja yg tau. tujuannya adalah untuk membangun opini masyarakat agar persepsi terhadap ET n UFO sangat kuat sehingga pemerintah yg terkait bisa dengan leluasa melakukan penelitian ttg senjata rahasia milik mereka.ttg penampakan cahaya oleh saksi mata sesaat sebelum crop circle terbentuk itu juga mungkin salah satu cara agar fenomena ini adl murni hasil karya ET, mungkin itu adl pesawat tanpa awak yg bertugas membuat fenomena ini lebih misterius.dan sekali lagi tujuannya adalah agar uji coba senjata rahasia milik pemerintah terkait tak dicurigai oleh sipil. seperti tulisan anda tentang area 51.

    ReplyDelete
  80. seperti cincin pipih berukir yang difoto dari samping....

    ReplyDelete
  81. Kalau menurut saya crop circle ini MUDAH untuk dibuat oleh manusia..
    apalagi di negara maju sekelas inggris, di Indonesia saja saya yakin, untuk membuat crop circle itu pasti bisa..tapi daripada bikin kaya gituan, mending mikir makan aja deh..
    bagaimana menurut bung enigma?

    ReplyDelete
  82. Wah,udah musim crop circle lagi nih...

    ReplyDelete
  83. saya perhatikan beberapa crop circle punya pola yang sama tapi beberapa yang lain berbeda... kalau benar crop circle dibuat oleh alien/ET/whatever, mungkin pembuatnya juga alien dari planet yang berbeda mungkin? haha

    yang jelas pola yang tak lazim untuk desainer manusia... tapi ga mustahil ko.. :D

    ReplyDelete
  84. bro,enigma...tlg ulas foto2 hantu di primbon dong...
    thanks...

    ReplyDelete
  85. apa ada pesan@ khusus pda corp circle ini, sprti pda corp circle yg lain. .?

    ReplyDelete
  86. Waahh crop circle nya membentuk gambar apa yah ?

    ReplyDelete
  87. @anonymous : "tlg ulas foto2 hantu di primbon dong"

    duh, jangan mr.enigma.... ntar blognya jd sepi pengunjung loh!! >.<

    ReplyDelete
  88. mungkin kalo di indonesia para petani mikir gara2x angin atau ddirubuhin tikus mungkin hehehehhe


    shikamaru nara......

    ReplyDelete
  89. @u-tell: terimakasih atas tanggapannya :)

    Saya pernah membaca artikel yang ditulis Mr.E itu.

    ''Pertama, SUDAH ada upaya serius untuk mengungkap crop
    circle, seperti usaha untuk membuatnya dengan teknologi canggih oleh MIT dan Jepang, tapi belum
    berhasil.''

    Mereka berusaha menirukan efek yang terjadi pada tanaman crop circle yang 'ASLI', yaitu batang membengkok, terdapat pori halus pada batang, dan partikel besi bermagnet di sekitarnya. Dikatakan asli, karena muncul tiba-tiba dan tidak bisa direproduksi oleh manusia (seperti oleh tim MIT itu. Dengan demikian kemungkinan crop circle dengan ketiga ciri di atas, sangat kecil bisa dibuat oleh manusia, kemungkinannya bisa dicoret. Dengan demikian, kemungkinan yang tertinggal hanya 'fenomena alam unik', 'aktivitas supranatural/makhluk gaib' dan 'alien'. Dari penjelasan Mr.E di tulisannya itu, sepertinya kemungkinan yang paling besar adalah 'fenomena alam unik'. Alam punya misterinya sendiri yang hampir-hampir kita tak mempercayainya. Sejauh mana kita sudah paham tentang alam dan fenomenanya??

    Selain itu, usaha mereka (teknisi dari MIT) untuk mereproduksi crop circle asli, (menurut saya), bukan suatu cara/USAHA yang efektif untuk mengungkap misteri crop circle. Kenapa? walaupun mereka tidak bisa mereproduksi 'crop circle asli', itu tidak akan berpengaruh apa-apa, karena wajar saja crop circle asli karena 'fenomena alam unik' tidak dapat direproduksi, dan sama sekali TIDAK meneguhkan bahwa itu adalah perbuatan alien.

    Jika mereka ingin mengungkap misteri crop circle, kenapa tidak memasang kamera/rekaman di daerah 'langganan' crop circle saja?? Tentu ini lebih murah dan efektif, karena dapat menjadi bukti otentik penyebab munculnya crop circle.


    Berikut beberapa poin dari tulisan Mr.E tentang sejarah Crop Circle:
    (xfile-enigma.blogspot.com/2009/09/crop-circle-sejarah-penjelasan-dan.html)

    1. Dikenal sejak tahun 1678 di Inggris, di kenal dari ukiran kayu 'mowing devil'. Jika crop circle pada masa itu benar-benar ada, maka pada zaman itu masyarakat Inggris bukan menganggapnya karena alien, tapi karena iblis.

    2. Ini adalah kutipan dari penjelasan Mr.E yang menguatkan dugaan saya bahwa crop circle yang muncul dewasa ini adalah rekayasa bermotifkan keuntungan finansial:

    ''Pada awalnya, crop circle hanya berbentuk lingkaran-lingkaran sederhana, namun memasuki tahun 1980an, crop circle berkembang hingga memiliki pola yang rumit dan tidak hanya berbentuk lingkaran.''

    Pada awalnya crop circle memang ada dengan bentuknya yang sederhana, kemungkinan karena 'karya alam yang unik', 'seniman iseng' atau 'aktivitas paranormal'. Tapi di kemudian hari hal ini menjadi propaganda/inspirasi untuk merekayasa crop circle demi keuntungan finansial.

    Saya mau menanggapi fenomena yang dilaporkan para saksi, sebelum crop circle muncul:
    Kutipan tulisan Mr.E:

    ''Crop Circle - tanda
    kemunculan
    Menurut para saksi mata, sebelum Crop circle muncul,
    selalu ada tanda-tanda aneh yang mendahului :
    1. Adanya lingkaran-lingkaran
    cahaya aneh yang melayang-layang diatas ladang.
    2. Terjadinya badai petir
    hebat.
    3. Benda-benda elektrik tiba-tiba mati dengan sendirinya termasuk mesin mobil.''


    Jika ketiga hal di atas memang benar terjadi, maka itu BUKAN berarti crop circle adalah karena ulah alien. Saya rasa cahaya-cahaya aneh yang melayang di atas tempat yang akan muncul crop circle, tetap terbuka kemungkinan itu bagian dari 'fenomena alam unik'. Misalnya, itu karena aktivitas gelombang magnetik bumi pada saat badai, yang dikombinasikan dengan kondisi udara suhu setempat dan pemunculan kilatan listrik statis karena aktivitas elektromagnet, dapat menghasilkan ciri-ciri unik yang dimiliki crop circle asli.
    Mengenai matinya benda-benda listrik/mobil secara tiba-tiba, itu bisa disebabkan oleh aktivitas elektromagnet setempat.

    ReplyDelete
  90. @u-tell:

    ''Ketiga, saya pikir pemilihan tempat yang dominan di Inggris MEMANG memiliki maksud tertentu...dst''

    Ya, bisa saja begitu. Saya rasa motifnya bukan hanya karena 'ingin terdokumentasi dengan baik', atau 'populer', tapi juga karena faktor 'uang', crop circle dijadikan objek wisata...Kalau 'ingin terdokumentasi dengan baik' maka saya rasa Inggris bukanlah satu-satunya negara yang mendominasi tentang crop circle ini, tapi seharusnya juga negara-negara maju Eropa lainnya, atau bahkan AS. Tapi kenyataannya jika berbicara crop circle, Inggris-lah yang terbayang di benak kita.

    @Anonymous:

    ''Anonymous said...
    untuk @chris, mungkin
    bukannya mereka(alien
    mungkin) tidak mau membuat ditempat lain yang lbh dapt mngabadikan karyany yg berupa corp circle tpi mungkin saja teknologi mereka hanya dapat membuat corp circle diatas benda organik atau mungkin juga karena tempat yang rata, luas dan tidak terhalang apa2 hanyalah ladang saja entah itu ladang apa saja. itu hnya teori saja''

    Hmm..ya, bisa saja seperti itu, segala kemungkinan terbuka lebar. Saya pribadi lebih cenderung pada penjelasan yang non-alien. Awalnya crop circle muncul dengan bentuk sederhana, karena 'faktor alam' atau 'seniman iseng'. Kemudian dengan berjalannya waktu, crop circle 'dimanipulasi' sehingga semakin misterius dan rumit polanya. Motif di belakangnya 'uang'.
    Tanggapan saya, jika itu benar-benar karena alien, mengapa teknologi mereka terkesan 'kurang canggih'?? Hehe..iseng menanya saja :)

    @Andika:

    ''AKHIRNYA...crop circle is back !!...
    to @bung chris..crop circle juga pernah muncul di negara lain..mis Rusia.China dll..
    (tulisan berdasar kategori- Crop Circle)..
    andika''

    Yup benar. Itu makanya saya mengatakan: 'DOMINAN di Inggris'. Kalau dipakai teori 'fenomena alam unik' atau 'seniman iseng', maka kemunculan crop circle selain di Inggris, adalah hal yang lumrah saja. Pertanyaannya, kenapa DOMINAN di Inggris??
    Saya rasa itu karena Inggris memiliki ladang-ladang gandum yang luas, artinya, memilili 'media berkreasi' yang luas untuk 'mencetak' crop circle. Mungkin saja para (beberapa) petani berkonspirasi merekayasa crop circle secara diam-diam agar menjadi objek wisata. Masyarakat akan berduyun-duyun datang menyaksikan apa yang mereka anggap sebagai 'bukti karya seni alien'.

    ReplyDelete
  91. @anakkucing:

    ''@chris, kl ttg teori fenomena
    alam, saya kurang setuju.. karena kl memang benar fenomena alam, maka kemungkinan besar akan terjadi hampir di seluruh belahan dunia yang memiliki ladang, dan tidak hanya ladang gandum saja.. yah, lain hal kalau fenomena alamnya memang terjadi
    karena disebabkan oleh
    kumpulan tanaman gandum itu sendiri.. tp karena kejadian crop circle juga terjadi selain di ladang gandum, berarti fenomena alamnya bukan disebabkan oleh kumpulan tanaman
    gandum..CMIIW''

    Hmm..nice argument sister :)
    Teori 'fenomena alam unik' yang saya tulis itu tepatnya saya masukkan ke dalam kemungkinan penyebab crop circle yang asli, pada masa sebelum masa kita. Bentuknya sederhana saja, tanpa pola-pola rumit. Pola-pola rumit itu (seperti pada tulisan Mr.E yang saya kutip), terjadi pada akhir-akhir ini saja.

    Mengenai yang ini:

    ''karena kl memang benar fenomena alam, maka kemungkinan besar akan terjadi hampir di seluruh belahan dunia yang memiliki ladang, dan tidak hanya ladang gandum saja.. ''

    Saya rasa MEMANG terjadi di seluruh dunia, seperti yang di Jepang, Italia, atau bahkan Korea Selatan,dll, tapi yang paling dominan memang di Inggris. Ada juga laporan crop circle tidak terjadi ladang gandum, tapi ladang tebu...

    Dan yang ini membuat saya merasa mau tertawa, sekaligus :blushing: :blushing (hehe.. :D ):

    ''(mohon maaf sebelumnya bro
    chris, saya berani2nya
    menyanggah komentar org yg saya anggap guru sendiri, hehehehehee..)
    selebihnya saya sependapat dengan kamu..''

    Tidak ada yang perlu dimaafkan. Saya senang ada diskusi :)
    Dan bukankah kita semua sama-sama berstatus 'komentator' alias 'Enigma-lover'?? Hehe..^_^v

    ReplyDelete
  92. @skywatcher:
    terima kasih atas tanggapannya. oh, dan terima kasih juga atas ralatnya. Saya sebenarnya juga sudah nonton rekaman itu kok (karena link-nya sudah disediakan sama bung enigma di artikel lain tentang crop circle sebelumnya, jadi pastinya sudah saya lihat :) ). Saya hampir 80% menganggap rekaman itu asli (cat: saya melihatnya dengan mata orang awam yang tidak paham soal sinematografi). Dan maaf, yang sebenarnya mau saya tekankan di paragraf itu adalah "Kalau memang ada yang benar2 asli, kenapa tidak dilakukan penjagaan yang lebih intensif di sekitarnya atau di ladang2 lain, terutama saat 'musim crop circle'?". Dan saya setuju dengan Verisky, kalau saya tinggal di sekitar ladang luas di Inggris saat 'musim crop circle', saya juga bakal jaga2, atau setidaknya pasang kamera tersembunyi.


    @welcome to my blog:
    Tidak masalah kok kalau anda mau berpendapat. Dan tidak perlu khawatir untuk menyampaikan pendapat anda, karena setiap orang punya pendapat masing2 dan bebas untuk mengutarakannya. Masalahnya tinggal bagaimana cara kita untuk menghargai pendapat orang lain saja :)

    Hmm, maksud anda, fenomena crop circle ini dibuat oleh pihak2 (dalam hal ini anda menyebut 'pemerintah') sebagai pengalih perhatian, agar masyarakat lebih fokus pada fenomena ini dan bukannya senjata rahasia mereka? Menarik juga. Dan saya setuju, ini memang bukan sesuatu hal yang mustahil :)

    Semua yang ada di sini juga bukan orang yang 100% percaya kalau crop circle asli bikinan alien kok. Pendapat ini muncul karena beberapa karakteristik dari crop circle masih sulit dijelaskan oleh ilmu pengetahuan yang diketahui orang awam (kalau ilmu pengetahuan yang diketahui 'pihak2 tertentu' sih lain soal). Dan karena ketidaktahuan itulah, banyak yang langsung menyatakan kalau ini buatan makhluk dengan intelegensi di atas manusia, dalam hal ini mereka merujuk pada alien.

    Seperti biasa, ini hanya pendapat pribadi. Terbuka untuk dikoreksi :)

    u-tell

    ReplyDelete
  93. to chris....kamera sdh pernah di pasang pada saat terjadi pola cropcircle....baca lagi deh...to mas Enigma..cara penulisan masih top.padat singkat dan berisi ngak bertele tele.

    andika

    ReplyDelete
  94. crop circle tertangkap kamera,lihat di Cropcircle "UFO CROPCIRCLE TERTANGKAP KAMERA?"

    andika

    ReplyDelete
  95. Bang, bahas tentang Death Note !!!!!!!!!

    ReplyDelete
  96. mister memang asik untuk di ungkap..
    monster Tianchi dari China
    Bigfoot dari Rusia
    Yeti di Polandia
    Nessie si leher panjang dari Skotlandia
    CROPCIRCLE...dari Inggris
    dari Indonesia??...Mahkluk Hominid dari Sumatera.

    andika

    ReplyDelete
  97. @chris: terima kasih untuk tanggapannya bung :)

    Dan terima kasih untuk penjelasan 'fenomena alam unik'-nya. Masuk akal juga. Saya jadi punya pikiran, apa sudah ada pihak yang meneliti kondisi lingkungan di lokasi ditemukannya crop circle yang asli tersebut.

    Seperti dalam komen saya, saya setuju dengan pendapat Anda kalau ada pihak2 yang terlibat di balik fenomena ini, entah itu untuk tujuan finansial seperti yang anda bilang, atau (terinspirasi oleh komen Welcome to My Blog) siasat 'beberapa pihak' untuk mengalihkan perhatian masyarakat dunia dari hal lain yang lebih besar (wah, jadi masuk konspirasi deh).

    Dan seperti yang saya katakan dalam komen saya, saya juga tidak yakin ini 'kerjaan' alien yang menyampaikan pesan, karena jika memang benar demikian, maka saya pikir mereka akan membuatnya di tempat yang lebih permanen (batu misalnya?), bukan di tempat yang tidak permanen seperti ladang gandum.

    Btw, sudah nonton video di youtube tentang 'pembuatan' crop circle? Menurut saya itu asli, tapi saya tidak yakin kalau itu alien. Saya pikir itu semacam mesin terbang yang dibuat 'pihak2 tertentu' yang saya katakan sebelumnya, dengan tujuan menguatkan opini masyarakat kalau ini perbuatan alien. Bagaimana menurut anda?

    u-tell

    ReplyDelete
  98. pas 100..
    harus ada postingan baru nih !!..
    ok boss

    ReplyDelete
  99. @andika: terimakasih atas tanggapan anda. Sebelumnya, saya ingin bertanya, apakah anda termasuk orang yang mempercayai crop circle sebagai perbuatan makhluk lain yang berintelegensi lebih tinggi daripada manusia, yang biasa disebut ALIEN??

    Mengenai video crop circle, ada 2 kondisi.

    1. Itu tidak asli, hoax! Maka ini adalah 'pukulan' bagi 'alien-lover'.
    Saya pernah menontonnya, terlihat rekayasa bagi saya.
    Jika benar, seharusnya sudah sejak waktu itu ada organisasi PROFESIONAL yang meneliti secara TERBUKA fenomena crop circle yang 'tak terbantahkan' ini.
    Apakah ini cuma saya saja yang tidak mendengar berita organisasi profesional melakukan penelitian setelah adanya rekaman crop circle itu?? Atau mungkin anda ada mendengarnya?

    2. Rekaman itu asli.
    Hmm..rasanya itu pun tidak bisa buru-buru menyatakan itu adalah ulah alien. Kemungkinan lain masih terbuka: 'badai elektromagnetik dengan cahaya dari listrik statis' ataukah 'jin' ataukah 'salah identifikasi'?

    Anggaplah ALIEN itu ada? Kenapa harus bersembunyi? Kenapa harus menyampaikan pesan di atas media yang tidak permanen seperti crop circle? Kenapa tidak memakai cara yang lebih mencerminkan peradaban mereka, misalnya, masuk ke line komunikasi rahasia militer, atau memanipulasi sinyal satelit dan menyampaikan pesan-pesan mereka??
    Bukankah itu hal yang sedikit kurang cerdas: menyampaikan pesan 'kaleng' di mana penerima pesan kemungkinan besar meragukan itu adalah pesan, atau meragukan si pengirim exist??


    @u-tell: ya, saya setuju dengan pendapat anda mengenai 'media yang permanen' :)

    Saya memakai hp. Dulu rasanya saya pernah menonton. Tapi tidak yakin apakah kita menonton video yang sama. Secara umum, saya berpandangan makhluk yang berintelegensi lebih tinggi daripada manusia, memiliki kemampuan telepati, berbadan 'simpel', atau singkatnya yang biasa disebut ALIEN itu tidak exist.
    Hmm..mungkin banyak yang tidak sependapat. Ya, tidak masalah. Setiap orang BEBAS mempercayai apa yang ingin dia percayai dengan motif apa pun :)

    ReplyDelete
  100. Wah, namanya ada yang sama lagi......

    ReplyDelete
  101. @Andika (dengan huruf A besar):

    ''Wah, namanya ada yang sama
    lagi......''

    Hehe..iya benar. Rasanya ada yang berbeda dengan penulisan nam dan gaya bicaranya :)

    ReplyDelete
  102. Aliya Faith DiCaprioMay 11, 2010 at 8:34 PM

    Bang Enigma,,, kmarin waktu saya main ke daerah pesawahan di daerah Kuningan JaBar, secara ga sengaja, saya liat ada bagian dari sawah itu yg merunduk.... trus.. bagian sawah yg merunduknya juga lumayan banyak & luas banget,, n' rapih lagi.., nah.. sketika itu, saya jadi inget tentang Crop Circle, yg ciri2nya adalah merunduknya tanaman2 di ladang...
    nah... saya penasaran banget pengen liat bentuk sawah yg merunduk itu dari tempat yg lebih tinggi, mungkin aja membentuk pola2 aneh & unik.. tapinya ga bisa, soalnya saya ga punya heli (hehe..)
    kira2 itu crop circle juga atau bukan?
    atau karena angin aja? (tp saya rada mikir lagi kalau itu karena angin, soalnya rapih banget, & cuma dibagian tengah sawah itu aja... padi2 yg lainnya tetep berdiri tegak...)
    mohon penjelasannya Bang Enigma...
    terima kasiih
    ^_^

    ReplyDelete
  103. @Aliya: susah untuk dipastikan. Sayang kamu tidak memotretnya. Crop circle standar itu umumnya membentuk lingkaran kok. Jadi, kalau sudah melingkar, mungkin memang crop circle.

    ReplyDelete
  104. aneh ya, selama ini ane bingung, kenapa munculnya crop circles itu gak masuk berita, padahal kan ini fenomena yang sangat aneh...

    ReplyDelete
  105. ...wedew...udh pd bikin teh+kopi, dah pd lama diskusi...maap ane trlambat bgt...

    dr namanya aja crop CIRCLE...brarti klo polanya jd kotak2 namanya jg brubh yak...???
    btw, ada bbrapa hal yg sdikit ngganjel nih...

    @bro En + Chris : maaf, apa ane yg "kurang banyak" mlihat, atw emg bgt adanya...
    kok selain bentuk yg dominan lingkaran, kynya jg dominan bilangan ganjil yah...
    foto diatas, lingkaran kcilnya 7 ; trus di CC_tdk ada yg abadi, lingkaran kcilnya 3+2 ; trus...ini yg keren...
    Julia Set...foto 1 ada 33 lingkaran gede, kecilnya 5 - foto 2 ada 29 - foto 3 ada 13 gede, kecilnya 7...CMIIW
    (bayar royaltinya ke siapa nih??? heheheee....)

    @all (trkhusus bro En): ada info kira2 jam brapa CC Old Sarum tbntuk g? trus klo ada, kira2 Old Sarum jam sgt pas lg ngadep kmana yah? Mars? Venus? (you know what the point...)

    trus...ini sbnarnya silly question...maap...gedean mana sih batang gandum sm batang padi? (again, you know the point)

    trus...ntar lg deh...heheheee....(^_^m)
    thx b4...

    ReplyDelete
  106. @aw3ng: Crop circle memang mengandung bilangan2 seperti itu. Soal jam berapa terbentuk tidak ada yang tahu. Rata2 crop circle ditemukan sdh jadi di pagi hari. Soal mengahadap kemana, saya tidak tahu. Soal batang padi dan gandum, sepertinya gandum lebih gede (kalau saya nggak salah - CMIIW).

    ReplyDelete
  107. Soal batang padi dan gandum, sepertinya gandum lebih gede...
    byuhhh...brarti bnr2 kcw donk CC g akan prnah ada di Indonesia??? dibanding sm padi yg kna angin "puting beliung" udah pd ambruk(Aliya Faith DiCaprio said...bagian sawah yg merunduknya juga lumayan banyak & luas banget,, n' rapih lagi..) , brarti kmungkinan tgl tebu dong, yg disembur pk steamer aja g miring...heheheee...
    wel, thx bro En...still...outstanding...
    ups, ada yg lupa...angka2 ini ada artinya g yah?
    1-3-29-87-5

    kalau saya nggak salah - CMIIW
    ...bsok kita byr royalti bareng2 yah...hahahaakk... (^_^m)

    ReplyDelete
  108. Hanya makhluk ghaib yang bisa membuatnya. Mereka bekerja sama dengan orang2 penggerak NWO untuk mempropagnda agenda mereka. Itu terbukti dari simbol2 yang mereka buat di ladang2 yang merupakan symbol2 pagan.

    ReplyDelete
  109. Myheart2105 berkata...

    C.r.o.p c.i.r.c.l.e....!!! Waaaooow...i luv it!^0^

    Fiuuh^.^/~
    Akhirx q bs online jg...haha!
    Rasax da yg krg kalo gk main2 ksini...

    D inggris lg ya?? Polax rada aneh gt..mirip laba2 gk jd..xixixi...
    Baidewei,, knapa yach cc plg srg mncul d inggris?? Mncl d indonesiaq trcinta napa? xixi.. :p

    @chris: uwaah,, komenx mangstab abiezz.. Owh, jd nurut km gt ya.. Ada 2 vrsi, dulu n skarg..kalo doeloe kmgknan emg asli y? N skrg emg sngaja dbwt utk cr duit??
    Hmmmm...(mikir...niru gayax chris) kykx msuk akal jg..
    Kalo aq mkrx mlahan itu krjaan setan iseng..wkwkwk...
    S7 chris,, alien tu gk da.. tu smua cm krjaan org2 barat paranoid yg gk pnya krjaan..haha..freak, Tuhan gk prcaya, tp kalo alien prcaya...
    Siapa yg bs jmin, smua pnampkan ufo2 itu adlh alien?? Gk da khan?? Kbnykn slh idntifikasi, hoax..xixixi...
    Kalo crop circle, q s7 ma argumen2x chris,, msuk akal bnggtz kalo motifx duit...
    Kmajuan tknologi kykx yg m'buat pola2 crop circle jd tmbh rumit n indah,, hehe...
    Btw,, kapan yach ada fieldrice circle..wkwkwk..^0^

    @u-tell: waah.. Dtektif qt brtmbh 1 lg neyh ^.^,, komen km bgus2.. Ngomgnya jg sopan,, n ejaanx nyaris sempurna..wow!

    ReplyDelete
  110. Myheart2105 berkata...

    @aw3ng: waaah..km jeli jg yach..smpai jmlh lngkran jg dhtung..xixixi...
    Kykx gk msti jmlhx gnjil dech,, cc yg diatas, lngkrn kcl yg d dpn ada 7, emg gnjil seyh,, tp da lngkran lbh bsar 2 buah d tngah..nah tu khan gnap..tmbh lg lngkaran plg luar + lgkrn tmpt berkreasi (halah.. :p),,nah tu khan jmlhx da 2 jg,, gnap maxudx..
    So kykx gk da arti khusus dr jmlh lngkaran2 itu...trmsuk jg yg mnygkut ganjil ato genap.
    Lgian,,gmbrx kykx rada aneh gt, kyk prcobaan prdana bkin cc, bntukx kyk laba2 gk jd...wkwkwk^0^

    ReplyDelete
  111. Saia mau nambahin lg,,, biar tambah seru dan rame diskusi nya,, atau malah tambah bikin pusing,, hehehee,, :D

    Sebelumya, mungkin agak melenceng dikit dari topik, tp masih berhubungan juga sih,,

    Gimana,,,
    seandainya "another life" tsb, ternyata datang ke planet biru ini dgn tujuan / misi "menengok cucu" hehehehehee,,, XD
    atau "mengawasi" atau apalagi ya? "melihat perkembangan" seperti semacam inspeksi mendadak [sidak] klo dlm dunia kerja, atau yg lebih ngaco dan ekstrim lg,, "inspeksi rahasia" karena "mereka" tidak ingin kehadirannya di ketahui oleh kita {manusia bumi] :D

    Mungkin,,, yg ingin "ditinjau" adalah sudah seberapa maju teknologi kita sekarang, sudah seberapa byk populasi kita sekarang, sudah seberapa parah kerusakan planet biru ini, dsb, dsb,,, dan mungkin timbul pertanyaan: teknologi mereka kan sdh sangat maju, seharusnya dr planet tempat tinggal mereka sdh bisa "ditonton lewat monitor mereka" tdk perlu jauh2 kemari, ya,,, mungkin juga mereka kurang puas klo tdk melihat langsung,, seperti kita nonton bola,, klo lihat secara langsung lebih puas gitu,, heheeehe,, :D
    dan yang pasti bisa dapet "souvenir" hehe :D bisa ambil sampel air contohnya, sampel tanah, sample tumbuh2an, hewan, dsb, dsb, tdk tahu untuk diteliti apanya oleh "mereka"

    Sayang sekali teknologi kita sekarang ini masih berkisar pd gelombang radio, microwave, dan gelombang2 lain,, hampir semua gadget berbasis pd yg namanya satuan Hz [CMIIW]. Micro chip, processor, bluetooth, satelit, dsb, dsb, dsb,,,
    nah,, sementara "mereka" sdh mencapai teknologi "unknown" mungkin??? sehingga gadget terbaik yg dilempar ke antariksa pun, tdk mampu "pairing" atau istilahnya apa ya?? yah gitu lah pokoknya :D

    sebaliknya,,, mereka mudah sekali untuk melakukan apapun, tapi mereka tidak ingin saja atau belum saatnya dan itu keinginan mereka sendiri,,, mungkin,,,,, :D

    Saia punya pertanyaan aneh:
    1. Kenapa ya, alam semesta [The Universe / Antariksa lepas] berwarna gelap/hitam??? kenapa tidak biru, atau hijau, atau merah?? [serem bgt..XD] apa rahasianya??
    2. Adakah diantara temen2 yg pernah baca ttg hipotesis: DNA manusia tdk ada kecocokan/korelasi dgn bumi itu sendiri?? bahkan dgn manusia purba,, DNA manusia berdiri sendiri dgn susunan sendiri [walau hampir sm dgn katak, klo gk salah]bener gak ya nulisnya? pokoknya intinya dlm bahasa awam : manusia sepertinya bukan berasal dari sini[bumi] karena dr hasil penelitian [msh diragukan untuk saat ini] mahkluk asli planet ini dengan planet ini sendiri memiliki persamaan karakteristik [saia lupa itu apa dan bagaimana]

    CMIIW

    Dengan senang hati jika bro Enigma dan teman2 mau berbagi pendapat :)


    [Watch The Sky, You'll See, You're Just Dust, And Knowledge From Dust, Is Nothing,,,]

    ReplyDelete
  112. benar2 luar biasa... sp sih yg mmbuatnya ini!!!!
    hehehehe sungguh sangat luar biasa.. detil yg mengagumkan.. mana lagi lagi ukurannya besar
    d buat dari tanaman lagi.. hihihih

    ReplyDelete
  113. Myheart2105 berkata...

    Mangkal pagi2 aaah... Soalx mo 'nebus ksalahn' krn absen bbrpa hr dr sini wkwkwkwk...^0^

    @skywatcher: wuih,, imajinasimu extrem bnget seyh,,xixixi..yach g pa2 seyh,stiap org brhak brimajinasi...
    Q mo nanggepin nih:

    1. Kenapa luar angkasa wrnax htam?
    Jwb: krn gk da udara,, lngit kt brwarna krn kalo g slh itu efek pmbiasan cahaya olh atmosfr kt,, atmosfr brfgsi kyk prisma gt deh..

    2. Q kutip yach:

    Adakah diantara temen2 yg pernah baca ttg hipotesis: DNA manusia tdk ada kecocokan/korelasi dgn bumi itu sendiri?? bahkan dgn manusia purba,,??


    Blum prnah tuch..btw, tu pmbandgx dgn apa?? Kok bs dblg gak da korelasi? Dbndingin ma mnusia purba??
    Hehe.. Kalo aq seyh gak prcya ma teori PRIMITIF darwin (evolusi), q gk prcya adax evolusi,, nenek moyang qt khan nabi adam..

    ReplyDelete
  114. Keren...
    kok bsa nggak ktahuan ya buatnya ...
    hem ???

    ReplyDelete
  115. awesome!!

    mas request tentang penemuan bahtera nabi nuh di turki, beneran atau hoax?

    ReplyDelete
  116. Kerjaan jin kalee...

    ReplyDelete
  117. Om enigma bahas tentang kapal nabi nuh dong...
    gag yakin saya mengenai itu.
    itu hoax ato bener" kapal punya nabi nuh sih ??
    Please yah Om.

    ~EuzztazzKiD

    ReplyDelete
  118. om enigma, bahas tentang kepribadian ganda atau alam bawah sadar dong.......

    ReplyDelete
  119. @Myheart2105: kan ane nulisnya dominan...jd maksude bukan scr detil, itu smua ganjil...
    (ngelesdotcom...heheheee...) ^_^m

    ReplyDelete
  120. wooow crop circle lgi awesome...^^//

    gmna ya crna mrka bwad tuh crop circle
    gbr"na jga bgs....

    bang enigma req dong sekali" tulis ttg poltergeist

    keep posting
    artikelna bgs"

    ReplyDelete
  121. @mbah ware: waduh...thanks to simbah atas pencerahannya.... aku ga ngikut kaskus...jadi mana tahu itu thread lawassss.... lumayan kaget...sebal juga!!!

    @Mr.E: sip lah bang....dasar......cuma seru aja kali ya kalo thread nya dijadikan catatan trus kita buktikan apa dia cuma omong bohong. :D

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  122. kapan terjadinya peristiwa Crop circle yang pertama kali diketahui oleh manusia? apakah setelah ditemukan pesawat terbang?

    ReplyDelete
  123. http://www.youtube.com/watch?v=JDidNzQ12ZY
    Gmana Link Ini?
    Bner ga Vidnya?

    ReplyDelete
  124. Mr.E kalau dibaca jadi misteri
    kalau Ms.Terry dibaca jadi mistery
    CMIIW - Correct the Mistery If I Wrong.

    saya dengar di negeri cina (jaman kaisar) ada batu kodok yang bisa meramal gempa, apa iya?

    ReplyDelete
  125. @chris.. yups, saya setuju kl fenomena alam unik tersebut tidak menimbulkan pola2 rumit yg disinyalir mengandung kode2 tertentu..

    tp bro, kalau penyebabnya adalah fenomena alam unik, knp crop circle tidak terjadi di setiap negara yg mempunyai ladang? hehehe, sebenarnya ini maksud pertanyaan saya..
    jadi begini, fenomena alam biasanya terjadi karena sebab musabab tertentu, misalnya tornado, terjadi adalah disebabkan karena adanya pemanasan yang kuat, sehingga udara dapat terangkat dengan kuat dan cepat. pengumpulan udara yg berlangsung sangat cepat ini yg mengakibatkan terjadinya angin yg berputar..
    jadi, dimana saja dan kapan saja, jika ada pemanasan yg cukup kuat untuk mengumpulkan udara dengan sangat cepat, dapat menyebabkan tornado..

    saya pikir seharusnya begitu juga dengan crop circle jika memang crop circle ini disebabkan oleh fenomena alam unik yg disebabkan oleh ladang..
    (?? ladang bisa menyebabkan fenomena alam?)
    jd seharusnya ngga akan pandang bulu, eh pandang ladang..baik itu ladang gandum, ladang tebu, ladang ganja, ladang singkong, ilalang, sawah, atau apapun..
    yahh, memang sih crop circle belum tau disebabkan oleh apa.. tp yg bikin saya ngga habis pikir,
    kl memang sekumpulan tanaman yg terdapat di ladang dapat menyebabkan gelombang elektromagnetis yg membuat tanaman merunduk, seharusnya tidak hanya dominan di ladang gandum saja, lain hal kl memang gelombang elektromagnetis itu disebabkan oleh tanaman gandum.. tp karena ada beberapa crop circle yg memang tidak terjadi di ladang gandum, maka berarti bukan tanaman gandum yg menyebabkan gelombang elektromagnetis itu, melainkan tanaman lain juga bisa..
    tp saya sudah mencoba mencari informasi kesana-kemari, saya belum menemukan informasi bahwa sekumpulan tanaman dapat menghasilkan gelombang elektromagnetis.. (ngga tau kl keyword saya yg ternyata salah, hehehehe.. ^^;)

    mengenai crop circle yg di ladang tebu, saya sudah mencoba untuk mencari informasinya, tp saya belum nemu nih.. terutama gambarnya bro, hehehehe.. ada yg bisa bantu? >.<
    ada sih beberapa situs ttg crop circle yg mengatakan crop circle terjadi di ladang tebu, kentang, bahkan stroberi, tp karena gada gambarnya, saya tidak mau menjadikannya sebagai referensi..
    dan menurut saya sepertinya tebu terlalu keras untuk dirundukkan, hehehehe..
    (saya penasaran sekali ttg crop circle di ladang tebu, karena di dekat kota t4 saya tinggal, banyak ladang tebu.. dan saya lumayan sering ke sana, sekedar lewat atau untuk poto2.. hehehehe.. :p
    tp ngga perna ada gosip2 tanaman tebu yg merunduk secara serentak dan membentuk pola tertentu dengan ukuran yg besar.. kl untuk ukuran ladang tebu tersebut, saya yakin crop circle raksasa dapat dibentuk di situ..
    dan kl memang crop circle perna ada di situ, gosipnya pasti menyebar dengan cepat, karena org indonesia pasti menganggap ini peristiwa mistik, dan dengan segera diagung2kan, jadi bahan tontonan, atau malah dijadikan t4 untuk minta nomor judi buntut, hehehe..)
    padahal kl memang crop circle disebabkan oleh ladang atau sekumpulan tanaman yg menghasilkan gelombang elektromagnetis, seharusnya ada juga di situ bukan? CMIIW

    anu, maaf bro, saya emg rada cerewet akhir2 ini.. dan saya senang bisa berdiskusi dengan teman2 sekalian.. hehehehe..

    ReplyDelete
  126. @anakkuching: saya senang berdiskusi dengan siapa saja. Dengan kamu juga senang, karena kritis :)

    Ya sister, bisa juga begitu. Yang saya maksud 'fenomena alam unik itu' semacam keadaan alam yang multiple, yang terjadi pada daerah tertentu saja, bukan semua daerah yang berladang gandum, misalnya Inggris. Saya rasa ini 'fenomena alam unik' yang menciptakan crop circle itu karena faktor-faktor alam yang hanya ditemukan di daerah tertentu saja (misalnya Inggris). Misalnya berupa faktor suhu, musim, arah angin, kelembaban, posisi lempeng dataran Inggris secara magnetis, dsb. Itu makanya crop circle karena 'fenomena alam unik' tidak dapat terjadi di sembarang tempat.
    Dan oya, dalam teori saya, crop circle yang asli itu ada, dulunya. Saya mengasumsikannya karena 'fenomena alam unik' itu. Tapi (sesuai dengan penjelasan Mr.E), crop circle asli kreasi alam ini bentuknya lebih sederhana, tapi juga memenuhi 3 ciri yang sepertinya tidak bisa direproduksi sampai sekarang:
    1) batang gandum membengkok
    2) terdapat pori-pori aneh pada batang
    3) adanya partikel besi bermagnet di sekitar tanaman gandum.

    Tapi, saya juga tidak menafikan, kejadian crop circle karena 'fenomena alam unik' ini bisa terjadi kapan saja, bukan saja zaman dulu.

    Next, tapi crop circle ini dieksploitasi oleh sekelompok orang yang bekerja secara rahasia, dengan membuat crop circle-crop circle baru yang berpola lebih rumit. Tujuannya adalah wisata dan final goalnya adalah keuntungan finansial. Saya mencurigai kelompok yang merekayasa crop circle-crop circle akhir-akhir ini, yaitu orang-orang (petani gandum) di Inggris itu sendiri.

    Mengenai mengapa sangat jarang terjadi crop circle di ladang tebu, saya rasa itu karena daerah tertentu (misalnya Inggris), yang berpotensi untuk terjadinya 'fenomena alam unik' penghasil crop circle, pada umumnya ditanami gandum, bukan tebu.
    Saya rasa jika di Inggris ladangnya adalah tebu dan bukan gandum, saya rasa juga terjadi crop circle ladang tebu..hehe..
    Jadi intinya, ini tergantung dengan potensi 'fenomena alam unik' di daerah tertentu. Sepertinya di Indonesia tidak berpotensi untuk 'fenomena alam unik' :)

    Dan mengenai ini:

    ''padahal kl memang crop circle disebabkan oleh ladang atau sekumpulan tanaman yg menghasilkan gelombang elektromagnetis, seharusnya ada juga di situ bukan? CMIIW''

    Oke, let me do correction :)
    Menurut saya, crop circle BUKAN disebabkan ladang atau sekumpulan tanaman yang menghasilkan gelombang elektromagnetis, TETAPI, ladang atau sekumpulan tanaman itulah yang menjadi OBJEK dari gelombang elektromagnetis (atau tepatnya 'fenomena alam unik'), sehingga menghasilkan crop circle yang khas :)

    Dan ini:

    ''anu, maaf bro, saya emg rada cerewet akhir2 ini.. dan saya senang bisa berdiskusi dengan teman2 sekalian.. hehehehe..''

    It's OK sister :)
    Nice to discuss with you too :)

    ReplyDelete
  127. @chris, wah, iya juga sih bro.. :D
    hehehehe, saya setuju kl fenomena alam dipengaruhi beberapa faktor seperti suhu, kelembaban, cuaca, musim, letak geografis, dll..
    dan yah memang sih ada beberapa fenomena alam yg hanya terjadi di daerah2 tertentu karena faktor strategis..

    oke, i got the point.. teori fenomena alam bisa saya terima..

    it is nice having a brainstorming with you, sensei-san, hehehehe.. :)

    ReplyDelete
  128. apakah ada crop circle yang bisa dilihat lewat google earth?

    ReplyDelete
  129. wah wah, diskusi yang panjang
    tapi saya rasa semua setuju bahwa yang dapat menunjukkan bagaimana terjadinya crop circle adalah rekaman. Kalau memang serius mengungkapkan penyebabnya satelit bisa digunakan.. jadi masa sih ga ada rekaman otentik mengenai hal ini?

    ReplyDelete
  130. yah sekedar menambah info terkait crop circle :

    http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2010/05/menguak-pesan-tersembunyi-pada-crop.html

    ReplyDelete
  131. hallo bung Enigma, saya mau tanya soal gambar koloner sanders di gurun Nevada itu ada penjelasannya ga?

    ReplyDelete
  132. Saya baru tahu soal itu. nanti saya cek dulu ya.

    ReplyDelete
  133. seni yang kreatif :D

    ReplyDelete
  134. mas enigma, bahas tentang ufo yg mendekati matahari donk mas..

    ReplyDelete
  135. kanz said...
    mas, gambar yg ktga gag mncul tuh, btw mksih infox..
    dtnggu postingan slnjutx!!!

    ReplyDelete
  136. Di sini juga hilang...

    REPOST!


    Crop circle, salah satu misteri yang selalu menarik perhatian ^_^

    Saya tidak melihat bentuk yang khas dari crop circle menunjukkan suatu objek tertentu.

    Sepertinya crop circle sudah menjadi suatu tradisi rutin yang kehadirannya selalu di nanti.
    Seorang pengunjung blog ini pernah bertanya kepada Mr.Enigma, apakah petani gandum di Inggris tidak merasa rugi oleh adanya crop circle di ladang mereka? Kalau tidak salah, Mr.E menjawab 'tidak'. Saya rasa juga tidak. Jika dihitung secara matematis, saya rasa kerugian petani akibat rusaknya tanaman mereka oleh adanya crop circle tidak signifikan jika dibandingkan dengan luas lahan keseluruhan.
    Justru mereka untung, karena crop circle menarik wisatawan untuk berwisata ke sana dan dikenai biaya masuk yang jika ditotal saya rasa bisa berjumlah cukup besar.
    Lambat laun crop circle menjadi aset pariwisata.

    Apa yang terpikir di benak anda akan realita ini?
    Kalau saya, terbersit dugaan konspirasi/rekayasa. Maksud saya begini. Pada awalnya muncul crop circle di suatu daerah (seringnya di Inggris), yang menghebohkan daerah lokal atau bahkan beritanya hangat dibicarakan di seluruh Inggris. Pada awalnya mungkin ini terjadi oleh beberapa kemungkinan:
    1. Iseng. Perekayasa memiliki bakat seni grafis yang luar biasa dan tertantang (iseng) menjadikan lahan gandum sebagai media seninya. Mungkin ternyata cara membuat crop circle cukup sederhana, dan tidak serumit yang kita bayangkan.

    2. Fenomena alam. Fenomena alam apapun yang bisa membuat gandum rebah dan kebetulan memberi efek artistik bagi pandangan manusia, pada awalnya tidak harus terlalu rumit. Tapi peristiwa itu menjadi inspirasi bagi seniman iseng untuk menghasilkan karya yang jauh lebih indah dan rumit. Fenomena alam ini bisa karena badai, badai magnetik, dsb. Tapi kelemahannya adalah apa fenomena alamnya? Apakah hanya karena 1 fenomena alam saja? Ataukah kombinasi, misalnya badai/tornado dengan badai magnetik yang menghasilkan listrik statis luas di suatu lokasi di ladang gandum dan memanaskan udara secara tiba-tiba yang menyebabkan bengkoknya batang gandum?

    3. Fenomena supranatural, berhubungan dengan makhluk gaib 'iseng'.

    4. Alien.

    Alasan saya menganggap kemunculan crop circle pada beberapa tahun (dekade/atau mungkin juga abad) terakhir ini sebagai rekayasa:

    1. Dominan muncul di tempat-tempat tertentu saja, misalnya lahan gandum di Inggris.

    2. Tidak ada (sepertinya) komplain dan usaha penghentian dari petani atas kehadiran crop circle di ladang mereka.

    (Bersambung...)

    ReplyDelete
  137. (Sambungan...part 2)


    3. Keuntungan finansial yang mereka (petani) gandum dapatkan atas kunjungan para wisatawan yang penasaran dengan crop circle lumayan.

    4. Sepertinya belum ada usaha serius mengungkap bagaimana crop circle ini terbentuk. Dengan teknologi sekarang, memungkinkan mengamati ladang gandum, pada malam hari, jarak jauh atau bahkan merekam apa yang terjadi.
    Dari realita ini, terlihat kesan bahwa hal ini seperti dibiarkan saja tetap menjadi misteri.

    5. Munculnya crop circle seolah-olah menunggu musim panen atau setidaknya gandum berbunga di Inggris. Sedangkan masa panen atau berbunga gandum atau tanaman sejenisnya di ladang gandum seluruh dunia saya rasa berbeda-beda, tapi kenapa tidak ada laporan dari tempat lain itu??
    Jika crop circle itu karena perbuatan alien dan mengandung maksud tertentu, mengapa tidak memakai media (lahan gandum lain di luar Inggris?, atau taman bunga atau padang rumput atau ilalang??)
    Bukankah jika ini karena alien, maka message yang disampaikannya tergolong 'sangat penting', karena merupakan media kontak antar spesies/peradaban atau antar galaksi??
    Seharusnya muncul dengan intens tanpa dijeda oleh masalah waktu panen gandum.

    Jadi pada awalnya crop circle memang bisa muncul karena tidak sengaja ataupun disengaja, dengan pola yang lebih sederhana. Tapi selanjutnya ini menjadi inspirasi bagi lahirnya crop circle-crop circle buatan dengan motif seni, dan pada akhirnya petani menyadari bahwa keberadaan crop circle menguntungkan. Maka mereka (atau creator yang mereka sewa) kemudian tetap mempertahankan kemunculan-kemunculan crop circle 'misterius' yang memukau dunia. Tetapi tentu saja mereka komitmen untuk merahasiakannya. Di samping itu saya rasa, konspiratornya berjumlah sedikit, sehingga kemungkinan rahasia ini bocor, lebih kecil.

    Ini cuma opini pribadi saja.

    ReplyDelete
  138. Lihat video di youtube banyak, dimulai dari ini nech :

    http://www.youtube.com/watch?v=Ql1PPkZiHl8

    Itu memang dari alien yang mengirim pesan lewat crop circle. kalian harus percaya.

    waktu itu sempat dapat crop circle dan di decode :


    beware the bearers of false gifts, much pain but still time , believe there is still good out there, we oppose the deceivers , the conduit is closing

    ReplyDelete
  139. bahas tentang crop circle di djogdjakarta dong enigma

    ReplyDelete
  140. crop circle diatas terlalu rapi !!
    saking rapinya sy jadi yakin kalo itu adalah buatan manusia !!!
    hoax !!!

    ReplyDelete