Friday, June 11, 2010

Inbox: Cahaya misterius di langit malam Surabaya

Email di bawah ini berasal dari Ricky di Surabaya. Isinya mengenai foto cahaya putih kecil misterius yang bergerak di langit malam. Walaupun fotonya sederhana, namun saya rasa cukup menarik sehingga saya memutuskan untuk mempostingnya.

Siang Bro Enigma,
Perkenalkan Saya Ricky dari Surabaya, pembaca setia blog enigma...


Begini bro, saya ingin cerita sedikit tentang kejadian aneh yang dialami pacar saya..


Malam kemarin lusa (Jumat 28 Mei 2010) dia melihat kejadian yang tidak biasa. Ketika itu, langit Surabaya cerah sekali, hanya ada 1 cahaya di langit yaitu cahaya bulan, tidak ada bintang, lampu pesawat atau cahaya yang lainnya, bahkan awan pun sedikit sekali.


Karena pemandangan yang jarang itu, dia berniat untuk memfotonya dengan kamera seadanya yaitu kamera Hp SE W380 1,3 Mpixel.


Setelah mendapat foto pertama, dia mengamati hasil fotonya dan dia kaget karena ada dua cahaya di langit, satu cahaya bulan dan satunya cahaya yang dia tidak tahu berasal darimana.



Setelah mengamati foto di HP, dia pun mengecek langsung dengan melihat langit, dan memang benar terdapat dua cahaya, namun dia tidak mengerti cahaya apa itu karena cahaya itu bergerak, dan gerakannya tidak beraturan, tidak seperti pesawat yang hanya melaju dengan satu arah.

Melihat kejadian aneh ini, kemudian dia mencoba untuk memfoto lagi.



Namun ketika akan memfoto untuk ketiga kalinya, cahaya itu menghilang. Sebelumnya memang ada niatan untuk merekam, namun ternyata kendala ada di HP yang tidak bisa digunakan untuk merekam.

Dua foto tersebut saya lampirkan di attachment, walaupun terlihat tidak terlalu jelas, mungkin bisa dianalisa oleh bro enigma...


Sekian bro, terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca.


Nah, sekarang, menurut kalian, cahaya apakah yang terlihat di foto itu?


UPDATE: 03 Juli 2010

Update ini adalah alternatif penjelasan terhadap identitas cahaya kecil di atas.

Menurut Ricky di emailnya yang saya tampilkan di atas, cahaya kecil yang bergerak tersebut bisa terlihat dengan mata telanjang. Ini memang membuat identitasnya menjadi misterius. Entahkah UFO ataukah Satelit.

Namun, anggaplah jika cahaya kecil yang bergerak tersebut hanya terlihat dari kamera, maka mungkin misteri ini telah terpecahkan.

Menurut salah satu pembaca enigma yang memiliki pengalaman dalam bidang fotografi, Ragil Setio Pranowo penampakan ini mungkin hanya terjadi karena efek dari kamera:

"Penampakan itu muncul setelah difoto atau sebelumnya? Maksudnya apakah si pemotret melihat dengan mata telanjang memang ada 2 cahaya (bulan & something) dan kemudian berinisiatif untuk memotret? kalau iya, entah itu cahaya apa..kalau nggak, kemungkinan objek itu adalah pantulan dari cahaya bulan itu sendiri. "

"Pantulan ini muncul akibat pembiasan yang tidak sempurna dalam optik kamera HP. Fenomena ini juga sering terjadi pada kamera digital apapun. Bila anda memotret matahari secara frontal, maka akan terbentuk cahaya2 lain di sekitarnya, ini disebut flare. Atau bisa juga ini ghosting, istilah lain pembiasan cahaya dalam kaidah fotografi, namun efek ini lebih karena jenis material optik yang kurang baik untuk menangkap cahaya."


Pendapat Ragil ini juga dikemukakan oleh Hawkson dari Blog misteri Hawkson dan ia juga melakukan eskperimen dengan memotret bulan. Hasilnya, UFO Surabaya muncul kembali.


Eksperimen yang hebat! Kalian juga bisa mencobanya dan menciptakan UFO kalian sendiri.

Terima Kasih untuk Ragil dan Hawkson.


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

210 comments:

  1. Pertamax juga deh kayaknya..,
    bleeeeeeeeeee :p

    ReplyDelete
  2. pertamax, cahaya UFO...()by : dwiero

    ReplyDelete
  3. Big Fans...
    Planet???tapi bergerak...Meteor???tapi berputar...Mungkin UFO...
    Cuma Pendapat Dari orang Awam.. ^^V

    ReplyDelete
  4. great job kak enigma :D

    ReplyDelete
  5. Tidaaaak...
    ternyata gagal PertamaX!!!

    berarti selang waktu terlihatnya cahaya aneh tersebut hanya beberapa detik ya..,
    hmmm..,
    tapi sayang ya datanya kurang banget, gak mungkin bisa diteliti sebenarnya objek apa itu sebenarnya ya!?

    ReplyDelete
  6. @Tyrips: Nggak nonton bola nih ceritanya? malah asyik buka-buka blog.

    ReplyDelete
  7. sedikit awan... tak ada bintang... saya agak bingung disini.. oh mungkin krena berada di kota ya jd cahaya bintang terhalang lampu...
    mungkinkah itu MIR?? huumm...

    by:h

    ReplyDelete
  8. dulu pernah ada juga di surabaya, ternyata itu layang2. dulu kejadian di sekitar juanda.

    ReplyDelete
  9. wkwkwkwkwk..,
    males ah, yang tanding bukan Jerman..,

    Trus menurut Bro Enigma di foto itu cahaya apaan??
    kalo TYrips udah nyerah karna kurangnya data nih..,

    ReplyDelete
  10. Dulu pernah terjadi juga, dikira UFO, trnyata layang-layang. kalau di daerah banyuwangi, banyak hal semacam itu, "layangan sowangan" kalu disana.

    ini URL dari detik
    http://surabaya.detik.com/read/2008/07/26/180100/978377/466/misteri-ufo-di-juanda-terungkap

    ReplyDelete
  11. Solar! Bensin! Premium! Minyak tanah!
    Msh ada lg... Minyak jelantah!
    xixixi...^^


    Yg jelas itu adalah UFO^^
    Kira2 apa yach??
    Kalo pswat rasax gk mgkn..
    Mgknkah itu satelit mata2 alien bwt nyelidiki bumi?

    @anonymous: kalo dblg polusi cahaya seyh kykx enggak...kykx mlm itu mgkn lg mndung aja..so bntang2x gak kliatan,, tp area dket bulan gk ikut ktutup awan...
    MIR? Stlitx Rusia itu yach?? Bkanx dah rontok k bumi?? Lgian kalo stlit grakanx brputar n mghlg bgtu saja...

    ReplyDelete
  12. dari Tresna Asti

    Kak enigma..
    Kemaren saya kan nyari tugas ttg fluoride.. Eh dapetnya malah ttg penciutan populasi dunia mpe 93%.. Konspirasi geDe"an katanya.. Ngeri dah saya baca itu pdf.. Fluoride jg dkatakan brbahaya.. Setahu saya siy fluoride emg brbhya pd batas penggunaan trtentu.. Nha,, yg saya mau tny,, steroid it kan protein ya kak? Protein kena panas kan rusak ya? Kok makanan fastfood spt kfc, mcd, it katany stlh dmasak hormoN steroid pertumbuhan yg diinjeksiin ke ayam ny dulu waktu masih hidup trnyata masih ada di tubuh ayam itu dan itu bisa menyebabkan obesitas bagi yg makan fastfood..? Kan uda dimasak, steroidny mestinya kan rusak, ga brfungsi lg, kq bisa bikin obese??
    Maaf kak, melenceng jauh dr artikel ini.. Saya ga tau mau nanya kemana lagi.. Maav ngrepotin.. Smg kakak mau bantu saya nemuin jawbannya..

    Baca dulu ahh..
    ^___^

    ReplyDelete
  13. kunang2 kah?

    hmmmm..... cuma menebak2.


    TTD: Aeshnir

    ReplyDelete
  14. oh itu namanya white spot.kalau kamera yg kena cahaya matahari yg panas di siang hari namanya black spot nah kalau kamera yg kena kegelapan malam yg pekat namanya white spot. haha...

    ReplyDelete
  15. Goooolllll.......

    ReplyDelete
  16. dari Tresna Asti

    saya kalo liat bulan siy emang punya temen bintang kecil di deketnya.. Kadang kalo mata saya lagi lelah, bintangny keliatan gerak, nari" kedip" gt di langit.. Bahkan kadang tiba" hilang.. Hahaha, tidak tahu mau berkata apa lagi.. Otak saya crowded karena fluoride..
    >___<v

    ReplyDelete
  17. PASTI UFO GAN....YAKIN DAH GAN...

    ReplyDelete
  18. komen pertama nih di blog anda,salam kenal bro Enigma :)

    Itu penampakannya muncul setelah difoto ato sebelumnya udah muncul?
    Maksudnya apakah si pemotret melihat dengan mata telanjang emang ada 2 cahaya (bulan & something) terus ada inisiatif untuk memotret gitu?

    kalo iya entah itu cahaya apa..
    kalo nggak, kemungkinan itu pantulan dari cahaya bulan itu sendiri. Pantulan ini muncul akibat pembiasan yang tidak sempurna dalam optik kamera HP tersebut. Fenomena ini juga sering terjadi pada kamera digital apapun bila anda memotret matahari secara frontal, maka akan terbentuk cahaya2 lain di sekitarnya, ini disebut flare. Atau bisa juga ini ghosting, istilah lain pembiasan cahaya dalam kaidah fotografi, namun lebih karena jenis material optik yang kurang baik untuk menangkap cahaya.

    Yah tapi bisa juga saya salah ^_^

    satu lagi, sekalian disini aja...

    artikel anda mengenai Chemtrail & objek misterius di atas Borobudur juga menarik.
    Disitu yg saya baca dari seluruh komentar, ada yg bilang karena penampakan balon gas dari kejauhan. Kalo menurut saya itu lebih karena sensor kamera yang kotor (berdebu). Jadi debu masuk melalui lensa, tersedot, dan menempel di depan sensor kamera di dalem body. Titik debu ini mikroskopis banget ukurannya. Walau kecil banget, nambun akan tampak seperti UFO bila udah terekam menjadi sebuah file foto. Hal ini sering terjadi pada kamera DSLR (Digital SLR), sebab debu masih dapat tersedot melalui lensa pada waktu fokusing atau zooming (puter2 lensa). Asumsi saya kamera yang dipakai saat itu adalah DSLR, sebab anda mengatakan resolusinya samapai 3000 an pixel.
    Namun sayangnya di foto tersebut juga kurang jelas sih, lebih enak kalo saya liat file aslinya, jadi bisa kami teliti lebih lanjut.
    Bila berkenan mungkin sekiranya bro mau mengirimkan file2 itu, atas seijin pemilik juga tentunya.

    Referensi mengenai flare, ghosting, debu nempel, dll banyak anda temui di situs-situs fotografi manapun.

    Maap yah bro saya banyak ngoceh, soalnya saya ada sedikit basic fotografi, desain, ama videografi. So, sekiranya saya bisa sedikit bagi2 ilmu, walau masih dangkal banget ^_^

    tengkyu brother Enigma..
    keep posting yah ;)

    salam

    Ragil SP

    ReplyDelete
  19. http://surabaya.detik.com/read/2008/07/26/135700/978272/466/goflykite-layang-layang-yang-indah-di-malam-hari

    ReplyDelete
  20. Sering Liat kayak gt,,Obyeknya klo diliat bener2 seperti Api yang berjalan gt,,Jalannya Pelan n g tentu arah Biasanya pecah ato menghilang dilangit,,Denger2 se itu "kiriman" dari orang buat orang lain yg niatnya jelek,,

    ReplyDelete
  21. @Dahliar: Hmm, yang layangan ufo Juanda itu memang luar biasa. Ini satu kemungkinan yang luar biasa dan cukup masuk akal

    @Tresna Asti: konspirasi Fluoride memang termasuk salah satu teori konspirasi. Tapi, ini cuma teori lho, belum ada pembuktiannya. Soal Junk Food, saya kira yang bisa bikin obesitas karena kebanyakan junk food itu digoreng dengan minyak sehingga memiliki kalori yang tinggi. Jadi, bukan proteinnya yang menyebabkan kamu gemuk.

    ReplyDelete
  22. @Ragil SP: Komen pertama yang luar biasa.Justru komen seperti ini yang memberi nilai tambah bagi para pembaca. Soal kemungkinan pembiasan cahaya juga terpikir oleh saya (mirip ufo kendari). Tapi masalahnya saksi melihat dengan mata telanjang, bukan cuma melihat objek itu lewat HP.

    Soal ufo di borobudur, saya juga setuju kalau bisa jadi itu adalah kotoran mikroskopis di lensa. masuk akal soalnya.

    ReplyDelete
  23. @Tyrips: Saya juga belum tahu objek apa itu, karena itu saya minta pendapat para pembaca sebagai bahan pertimbangan. haha.

    ReplyDelete
  24. @Anonymous: setahu saya kalau "kiriman/santet" itu bentuknya seperti bola api jatuh. Soalnya saya pernah melihatnya.

    ReplyDelete
  25. ini baru namanya UFO (Unidentified Flying Object)...

    bener2 benda terbang yang sulit diketahui apa itu sebenarnya...

    ReplyDelete
  26. kalo Bola Api jatuh itu setahu saya setelah sampai di tempat tujuan,,tp kalo dalam perjalanan bola api itu berjalan di langit yg sering saya lihat,,"Jatuh" dalam arti kiriman bukan berarti api selalu mengarah ke darat tp bisa juga menghilang ato pecah tepat diatas tempat yang dituju,,

    ReplyDelete
  27. saya juga pernah melihat objek langit seperti ini...
    Bgini ceritanya:
    Waktu itu langitnya cerah, dan bintang2 bertaburan disana,, ketika saya sedang asik mengamati bintang2, saya menemukan ada 1 cahaya kecil (sekilas mirip bintang) bergerak perlahan melintasi langit malam itu..
    Awalnya saya mengira itu adalah pesawat ataupun benda langit seperti komet n meteor, tpi menurut saya gerakannya terlalu lambat untuk sebuah meteor n terlalu cepat untuk sebuah pesawat/komet...

    Jdi untuk kasus ini n yg saya alami sendiri, saya simpulkan bahwa jelas itu adalah UFO (unidentified flying object) karena yah memang objek ini tak bisa dikenali....

    ReplyDelete
  28. mungkinkah.... Kita kan slalu bersama... Eg maksudne mungkinkah itu lampu sorot mungkin? Kliatan karena mantul ke awan, ilang karena awannya dah ilang ketiup angin?

    ReplyDelete
  29. kalau cahaya yang lambat pelan bergerak, kemungkinan itu adalah satelit... ^^

    om enigma, tolong mampir ke youtube saya, tadi sore (11-6-2010) saya ngerekam awan yang terbelah dari ujung timur ke ujung barat...

    ini linknya :

    http://www.youtube.com/watch?v=j_E6Dd84gDs

    trimakasih om sebelumnya untuk analisisnya... ^^

    ReplyDelete
  30. ,..*garuk2*itu pantulan cahaya lampu mobil yang tertangkap uap air(embun)diudara kah??namanya apa ya??lupa...hahaha

    KraKen

    ReplyDelete
  31. bung mungkin itu cahaya satelit buatan manuasia,,,

    ReplyDelete
  32. sebenarnya seberapa jauh sih objek yg bercahaya kecil itu..
    kan bisa juga kalo itu cuma kunang2 ^.~v
    analisisnya cetek ya hihihi :P

    ReplyDelete
  33. nandar:

    lum bs komentar, bahan analisa ny terlalu sedikit. lagian, saksi mata ny cuman sepihak. bs saja hasil editan. jd lum bs pastiin. lum cukup bukti, bukti itu lbh kuat dr pada omongan.

    klo d situs luar, klo hanya foto kek ny kurang bs d jadikan patokan. berupa pelem aj mereka pintar2 ngedit ny,wkwkwk... ( youtube conto ny )

    1 pertanyaan, jam brp pengambilan gambar nya?
    klo aj waktu jam pengambilan gambar nya d kasih tau, mungkin ad saksi lain yg juga ikut melihat. ato bs sebagai acuan analisa.

    *biasanya dr metadata gambar hasil kamera hp,biasanya suka ada informasi waktu pengambilan gambar ny.

    btw,good posting....

    ReplyDelete
  34. Myheart2105 berkata...

    Waduh,, q lp nulis nick aq,, yg jualan bnsin sampe mnyk jelantah d ats tu adlh diriq..xixixi^^

    @dahliar: layang2 yach?? Tp chayax gk warna/i kyk yg di berita,, yg ini cm putih aja, bulat, gk kelap-kelip, n mghlg tiba2...

    ReplyDelete
  35. Myheart2105 berkata...

    Senangx q hr ini...pg2 brkunjg k sini,.. eh,msh sepi..

    Kalo cerita ini bnar, brarti ufo-x bner2 ada, bkan krn snsor kmera yg lg eror, ato kslhn ftgrafi,,krn org yg ngmbil fotox,,mlihat ufo itu scr lgsg. N pd foto kmera, emg ufox brgerak, pd foto 1 ufox tpat d bwh bulan, terang, tp pd fto 2 ufox dah pndah k kanan, tp chayax lbh rdup..apkah ufox kelap-kelip?? Mm..bs aja gk, tp krn pngaruh snsor kmera jdx intnsitas chya ufox brbda...
    Oya, trnyata hp s.e w380i emg gk bs ngerekam...kykx pngakuan ini emg jujur dech..

    @Om Enig: gmana dgn METADATA fotox? Pa bner di ambil dgn kmera s.e w380i? Trus jm brapa??

    kmgkinanx smpai saat ini kalo crita ni bnar:
    1. Satelit
    2. Kunang2
    3. Layang2 pke LED
    4. Sntet kiriman
    5. Fnomena gaib, kyk jin
    6. Satelit mata2 alien

    Ada yg mo nambahin??

    ReplyDelete
  36. "mungkin bisa dianalisa oleh bro enigma..."

    udah tau suruh di analisa. eh jawabnya:

    "Nah, sekarang, menurut kalian, cahaya apakah yang terlihat di foto itu?"

    malah nyuruh orang.
    cacad banget dah.

    *ga di tampilin ga asik

    ReplyDelete
  37. wew ga ada ide itu apa, btw,yang fluoride disalah satu komen atas, menarik spertinya :)

    ReplyDelete
  38. dari Tresna Asti

    Susah koMen pake hape.. Hehehe
    makasiy Kakak..
    Nb: koMen yg dluan masuk ga y? Lupa ngisiin nama.. Hee
    =D

    ReplyDelete
  39. Itu pulung gantung ... menurut saya ... atau balon udara malem2 kan suka ada api putihnya haha. terus mendadak mati dan jatoh ...

    (Ga masuk akal)
    -jean-

    ReplyDelete
  40. @tresna: masuk. Cuma krn saya tau itu komen km, saya delete krn jd dobel dgn komen berikutnya.

    ReplyDelete
  41. @bondanph: ok nanti saya mampir.

    ReplyDelete
  42. Kemungkinan besar i2 bintang coz bintang jg biasax tiba2 menghilang.. Tapi i2 cm teori az lo maz enigma.. Cz bisa az obyekx tu UFO

    ReplyDelete
  43. wah ini pasti alien lg mata2i bumi!!!!! udah pada lapor densus88 belum?

    ReplyDelete
  44. sm kyk gw liat yg di youtube dulu, terbangnya gk beraturan, bedanya yg gw liat di youtube kejadianya pd wkt langit terang.
    ufo munkin.. :D

    ReplyDelete
  45. hmm,,,,bingung deh,,,kalaw bintang gak mungkin yah hehe...

    ReplyDelete
  46. ternyata bro En percaya santet jg :P

    ReplyDelete
  47. Bro enigma, apakah ufo dikendari sama dengan ini? sy baca di kompas.com
    http://regional.kompas.com/read/2010/06/12/08561246/UFO.Mendarat.di.Pontianak-4
    nb. kendari itu pontianak bukan ya???
    *sanwa*

    ReplyDelete
  48. wah,jauh amat,k0men ke-50++... hri ni om enigma mw p0sting lg ga?

    ReplyDelete
  49. Hai bung enigma,kenalan yuk.Saya punya blog,namun hanya satu artikel yang diambil bung enigma blogspot.Websitenya lochness-monster.blogspot.com
    Oh ya...menurut saya,apakah ada kaitannya dengan cahaya aneh di australia? Waktu itu diperkirakan Space-x kan meluncur,mungkin saja itu pecahan dari bagian cat space-x yang terkelupas.Ato,Roket pembantu space-x,namun melayang-di udara tanpa udara dan jatuh ketika sampai Surabaya,dan langsung menghilang,karena pembakaran di atmosfer selesai.

    ReplyDelete
  50. banyak amat enigma mania, baru sehari absen ngenet, dah buanyak amat yang komen! ^^

    itu kunang - kunang? atau kayak pendapat kakak - kakak diatas? layangan nyala? kalo balon terbang? soalnya dikampung aku suka bikin balon terbang pake plastik yang diiket ke ke bambu bulet, yang dikasih sumbu yang direndem minyak tanah 3 hari, terus, malem - melem dibakar deh!!!....

    hah! atau, pendapat terakhir, UFO? disurabaya? kurang keren ah... kenapa gak diatas rumah? (^^V)

    _shinta_

    ReplyDelete
  51. http://twitter.com/Hanungbramantyo/status/15924444240

    mengamati langit memang mengasyikan bro. apalagi sambil bakar jagung hehehehe... :P

    ReplyDelete
  52. yg mgkin bikin smua penasaran adalah pernyataan bahwa, ketika akan memfoto untuk ketiga kalinya, cahaya itu menghilang.

    dari sini akan timbul pertanyaan apakah itu UFO?
    Hmmm....
    tp sy coba kembalikan lg kepada komentar yg menyebutkan soal layang2.

    kira2 kalo itu layang2 yg berlampu, mungkin gak bang?

    ReplyDelete
  53. masalah flouride memang menarik sekali bung, karena dibahas cukup panjang di kaskus.

    sampai ada juga petisi utk menolak penggunaan flouride di pasta gigi oleh ratusan/ribuan dokter di luar negri sana. tp lupa linknya euy hehehehe... :P

    anyway... saya pernah meneliti satu2 berbagai merk pasta gigi yg beredar di toko yg saya kunjungi, dan hasilnya: semua merk pasta gigi masih menggunakan flouride euy...

    btw fakta ilmiah bahwa flouride di pasta gigi itu merugikan tubuh atau tidak, itu belom pernah saya baca.

    ReplyDelete
  54. Ufo tipe orb ya..Orbx muncul tiba2..Jalan pelan ampe chyax redup..Mgkn smph antrksa yg ngelewatn atmsfir (CMIIW)..Bgtu kebakar d atmsfr abis trus ga ad chyax lg..Klw d daerh sya sbagian org brpkir orb2 gt adlh kuyang..Horor

    ufobeliever

    ReplyDelete
  55. kak enigma....wah, sebenernya saya dah lama lho baca jd penggemar blog ini, MANTAFFF.....,
    enigma itu kalo gak salah sebuah alat ya, yang artinya teka teki. denger denger enigma itu berpengaruh dalam perang dunia 2 ya kalo gak salah * maklum baru lulus SMP, pengetahuan Q minus*
    oh ya kak, tolong posting tentang alasan malaysia neror indonesia donk,dari mulai pencurian budaya, teroris, juga pencurian pulau pulau di indonesia, kayanya ada konspirasi deh dibalik'nya....???
    tolong tanggepin komentar Q ya...good luck, semoga tambah rame blog'nya....

    ReplyDelete
  56. Salam kenal...
    mas enig, mo nanya neh..., tp takut.
    Ketika liat foto profilnya mas enigma (satu mata/ menyembunyikan mata kiri), ko jadi inget postingannya Tyrips yang ngebahas Lady Gaga dan all-seeing eye yah ??? (maap, berbau-bau konspirasi).
    selebihnya, aku kagum dng pengetahuan mas. Semoga pengetahuan ini menjadikan kita lebih dekat pada-Nya.

    ReplyDelete
  57. gak ada yang namanya ufo tuh kasian banget si kalian korban hoax

    ReplyDelete
  58. tuh kotoran hidung lagi gue lempar,maaf kalo bercahaya.hehe,jd bikin khawatir.
    --ARD

    ReplyDelete
  59. MENARA SIGNAL TELKOMSEL, TIBA2 ILANG KARENA PADAM LISTRIK ! HE HE HE

    ReplyDelete
  60. wah,...saya lebih cenderung ke sampah antariksa yang terbakar,

    aku juga curiga foto ini sengaja dibuat,mengingat latar foto yang sangat gelap..apa benar gkda cahaya sama sekali diposisi pengambil gambar?aku coba take bulan dengan Nokia N97 malam tadi ,suasana juga mirip tapi hasilnya tidak lebih bagus seperti itu,...CMIIW

    ReplyDelete
  61. barangkali cuma balon udara.

    ReplyDelete
  62. @midun, biarin donk korban hoax, cuma buat hiburan doank. Dari pada korban tsunami . . .

    ReplyDelete
  63. bro enigma, ada berita baru " ufo mendarat di pontianak" http://regional.kompas.com/read/2010/06/12/08561246/UFO.Mendarat.di.Pontianak-7

    hoax tidak kah bro en??

    ReplyDelete
  64. @Bondan ph
    penjelasan ttg awan terbelah itu ada di sini

    ReplyDelete
  65. UFO Pontianak di facebook:

    ada yang ganjil disitu:
    detik 0:42 terdengar suara laki2 yg mungkin ayahnya bicara,"kalau matahari nak tenggelam tu,tepi laut tu masa kita pegi piknik ditepi pantai ...canteek cantek"

    kata2 ini terulang kembali di
    01:06 dengan suara seperti dari speaker kompi,lalu ada suara menekan tombol Pause pada 01:44 ketika sedang menayangkan UFO berbentuk bintang hitam dengan tengah agak bundar dan di sambung dengan video UFO klasik!!

    ini bukan video aseli.

    iam not sure about this,..KraKen

    ReplyDelete
  66. frans:
    bro kmrin denger2 dyogya dhebohkan sama fenomena langit terbelah,bisa djelasin g apa penyebabnya?

    ReplyDelete
  67. @sanwa : beda! Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat, sedangkan kota Kendari adalah ibukota provinsi Sulawesi Tenggara...

    Soal berita itu, memang benar Jumat lalu warga pontianak dihebohkan oleh fenomena 'Halo' pada matahari (saya melihatnya dgn mata kepala saya sendiri lho), tapi saya yakin 100% kalau video tentang pendaratan ufo itu adalah HOAX, anda bisa lihat sendiri kalau video itu adalah hasil editan dengan menggabungkan 2 buah video yang berbeda..!

    It's too bad to deceive us, right?

    d'Darkspades

    ReplyDelete
  68. kunang-kunang kali........serangga kan punya pola terbang ga beraturan


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  69. penjelasan yang masuk akal menurut saya adalah satelit.. langit sebegitu cerahnya sehingga satelit yang mengorbit terlihat karena terkena pantulan cahaya bulan.. kenapa satelit tersebut menghilang? bisa jadi karena tertutupi awan malam yang tidak terlihat dan bisa juga karena satelit tersebut berotasi sehingga bagian yang tidak memantulkan cahaya yang menghadap ke bulan... rotasi satelit tersebut yang menyebabkan cahaya tersebut terlihat seolah2 bergerak tidak beraturan....

    -Gabriel-

    ReplyDelete
  70. dari Tresna Asti

    huwaw.. Huwaw.. Saya senang.. Saya senang.. Makasi Kak Enigma.. Makasi blog misteri Enigma..
    ^___^
    Enigma, TYrips, Vahn Saryu, The Noock, pluz gagas meDia (lho?!) TOoOp!!

    ReplyDelete
  71. "ZeuzTheHumanCreator"June 12, 2010 at 11:06 PM

    Bung enigma! dah pernah nonton film "The X-file,I Want To Believe".
    ada kisah yg serupa kyak gitu gak ya?

    ReplyDelete
  72. Hallo,para enigma lovers,cahaya itu memang benar terjadi,karena memang saya tinggal di surabaya. Sby pusat tepatnya.cahaya tsb memang bergerak agak lambat tepatnya terlihat pada arah selatan. saya kira cahaya itu hanya fenomena alam biasa,karena cahaya tsb tdk berpendar

    ReplyDelete
  73. @viruz alien,mang kenapa kalo jadi korban stunami ?, ga lebih buruk kok dari pada jadi korban hoax..,

    ReplyDelete
  74. YH:


    1, benda itu mengeluarkan cahaya sendiri, karna cahayanya bulat. jika itu pantulan cahaya bulan maka sisi yang terang hanya bagian atasnya saja, sedang sisi yang kita lihat tetap gelap, minimal cahayanya terlihat berbentuk sabit walaupun posisinya lebih menjauh lagi dari bulan. dengan langit seterang itu cahaya seperti itu dan pergerakan yang tidak beraturan itu bisa ditanggung jawabkan oleh beberapa makhluk bumi, kunang kunang mungkin.

    2, jika benda itu terlihat karna pantulan matahari layaknya bulan, maka jarak benda itu selevel dengan bulan, karna bila lebih dekat ke bumi, benda itu akan tertutup bayangn bumi. ukurannyapun besar selevel bulan (1/10) mungkin. dan jika memang benar pergerakannya tidak beraturan, berarti benda ini pasti UFO. karna tekhnologi manusia belum bisa membuat benda sebesar itu bergerak dengan cepat secara bebas seperti itu.

    ReplyDelete
  75. mas enig, mau nanya, kalo blog'nya the noock itu alamat'nya apa ya ? Aku cari di google kok gak ada . . .?

    ReplyDelete
  76. noda di lensa.....yaak selesai......

    ReplyDelete
  77. @anonymous: alamat noock, http://noock.blogspot.com.

    ReplyDelete
  78. saya setuju dgn pendapat di atas yg mengatakan kemungkinan pembiasan cahaya oleh kamera...
    sapa taw aj yg foto menggerakkan kamera sehingga cahaya tersebut terlihat bergerak...
    oh ia 1 lagi bang enigma. pembiasan cahaya berbeda tempat berbeda letak dan kemungkinan muncul atau tidaknya???
    sekian trima kasih mohon di jawab

    --wiLLiam--

    ReplyDelete
  79. Dee says :
    @ bondan PH ....apa sama dengan foto yg sudah kukirim ya ke enigma ttg awan terbelah jadi dua...krn kemarin temen saya upload foto itu....jadi awannya kebagi dua gitu..(om enigma..tolong dongg dipost juga ya komenku ini..)thankyou

    ReplyDelete
  80. Wuihh keren nih blog,, ga nyangka ada blog isinya keren gini. top dah. jd keasikan baca, tdnya gw nemuin blog ini gara2 nyari fenomena sleep paralysis di google.

    Oya jd mikir, bro, soal foto wajah di api kebakaran di jakarta kmren ma mata awan di langit dah dibahas lum? gw nyari gak ketemu. Klo udah, dimana? klo belum, analisa ya. Kek Conan nih hihi..

    ReplyDelete
  81. hhmmmm..
    Keren Bung Enigman... ^^
    Meteor mungkin??? kan "menghilang" gitu..^^
    hehehehe...^^
    maaf ya klo rADA aneh..^^v

    ReplyDelete
  82. enigma said...
    @Anonymous: setahu saya kalau "kiriman/santet" itu bentuknya
    seperti bola api jatuh. Soalnya saya pernah melihatnya.

    Ulas dong...
    Please...
    Stuju ngga temen2?
    (stujuuuuuuuu...)

    ReplyDelete
  83. iya om! bahas tentang "kiriman" itu donk!

    ReplyDelete
  84. bro, secara pribadi tadinya saya ingin menyampaikan bahwa itu adalah pantulan sinar lampu, namun setelah saya amati (yg besarnya itu bulan y?) objek yg kecil tersebut sedikit berwana hijau??!!(entah hasil fotony atau mata saya yg berkata bahwa benda itu hijau), jadi kemungkinan yg pasti, UFO, orb, fenomena alam yg belum diketahui, thx

    ReplyDelete
  85. Sungguh kejadian alam yang luar biasa,

    ReplyDelete
  86. by:agus
    saya kira, bro E. "NO" u/ mistik.
    kasus:
    cahaya tiba2 muncul2, tiba2 hilang, gerak zig-zag.
    dilihat dg mata, di poto dengan kamera.
    emang kalo cerah ndak keliatan bintang2 nya ya?

    kemungkinan:
    1. kunang2, karena gelap persepektif jarak nya jadi ndak pas, dikira jauh ternyata cuman deket. kalau berkelip kelip. tapi seharusnya ndak tiba2 hilang.
    2. satelit, saya kira tidak, satelit itu bergerak perlahan lahan melintasi langit dengan kecepatan tetap.
    3. meteor, saya kira tidak, meteor terlihat sebentar bentuk seperti garis lurus. bukan titik.
    4. "kiriman" , hmmm, sepertinya bentuk kiriman bukan cahaya titik putih. tapi ndak tau juga sih.
    5. layang2 dengan lampu. kalo layang2 saya kira tidak akan tiba2 muncul dan tiba2 hilang.
    6. jin, bisa jadi. ndak tau nih,
    7. UFO, bisa jadi. tapi biasanya berpendar, cahayanya lebih terang.
    8. gangguan lensa. kan juga diliat dengan mata, kecuali berbohong, saya kira tidak.
    9. sampah antariksa. posting bro enigma dulu kayaknya bukan titik ya?.
    kesimpulannya: ndak tau. :)

    @allay'er:
    kalo bisa dikasih translate. walau bisa baca tapi memerlukan energi dan waktu tersendiri. terimakasih.

    ReplyDelete
  87. BANYAK BENER COMENTYA JADI MALES BACA=_="

    ReplyDelete
  88. menurutku sih tu refleksi cahaya bulan,...

    ReplyDelete
  89. Pas d foto ada kaca apa nggak tuh d depan kamera?
    Biasanya sih kalo ada kaca ya sudah umum kalo ada cahaya pada foto

    ReplyDelete
  90. hhhmmm sesuatu yang hanya bisa diliat oleh kamera tapi ga bisa diliat oleh mata???
    pantulan cahaya mungkin ato blitz kameranya??? ato bisa aja mahluk halus yang berbentuk bola cahaya

    ReplyDelete
  91. sering2 deh liat k atas/langit. suatu saat anda jg pst ktmu ma ky gituan. sya jg prnh cahaya sbsar itu 3 biji jaln beriringan warna orange. 5 menit mnghilang sperti trbang vertcl. untung kluarga sy smua ngliat. cuma saran aja sih cb deh dhari2 besar agama, negara,dunia, taun baru islam/masehi sy ngalamin sdiri. klo lg bruntung ktemu deh....jd curiga buatan manusia bukan jg g apa2 sih hee..goodluck.

    ReplyDelete
  92. wahduhh..tumben bung...ngasi nya pertanyaan???wahhhhh bikin penasarraaaannnnnn!!!!!

    ReplyDelete
  93. mungkin itu kunang-kunang??

    ReplyDelete
  94. Myheart2105 said...

    One judged by their quality and not by their cover..

    Have you ever learned and be wise that we that so-called 'human' are colorful??
    Think you're 'normal', because you consider representing the majority, and see me as 'abnormal' because I'm minority?

    No dude, please show some respects, and you will earn that from others free...

    ReplyDelete
  95. Saya juga pernah liat yg semacam itu di atap rumah saya. Tapi yg saya liat itu warnanya merah meyala gitu, dan melayang-layang di atas genting rumah, ukurannya kira-kira sebesar bola tenis. Mirip Jack O' Lantern lah. Entah itu apa, sayangnya ga sempat difoto ketika itu.

    ReplyDelete
  96. @ Anonymus

    Iya betul! Bola merah yg saya liat juga munculnya pas bulan puasa! Tapi bukan kembang api lho.

    ReplyDelete
  97. I agree with U MyHeart2015 ! I wrote that Alay language. in this blog, Mr.Enigma's blog, is so colourful. if we look at the positive way, we can see the fact. this blog is for all age. the Alay's language usually use by the teenager. and teenager with "adult" is a unity in this blog. this is a "rare" blog,very unique. if they a long time not make a comment,the other person feel missing. they finding the missing one. we here like a family. I'm very proud to be here. I'm very sad if I leaving this blog.

    ReplyDelete
  98. I'm leave now, foregive me with my Alay language and disturbing your blog, Mr. Enigma. I know who you are Mr.Enigma, You're a very kind person. your e-mail give me a reason to continuing life,even not directly.
    all of us can feel like a family in this blog. it's a truth.
    forgive me. I'm so sorry...

    ReplyDelete
  99. Wow...
    Q percaya tuh ufo bro!!! Soalnya q pernah liat sndiri d Nganjuk...
    Tapi yang waktu itu q liat gak cuman terbang doank. Tapi mondar mandir beberapa menitan. Dan juga gak ngilang tiba tiba tapi terbang diatas ku.
    Yang bikin tambah bingung lagi, tak lama setelah obyek itu menghilang dari pandangan ada pesawat tempur (nganjuk deket lapter iswahyudi madiun) terbang. Kayaknya mau nyari ufo itu deh.
    Q pernah mau tanyain soal ini tapi malu coz gak punya gambarnya.
    Thanx bro reply komen aku ya...

    ReplyDelete
  100. apakah ada 2 "Myheart2105" yg berbeda nulis komentar di sini? hmmm...

    ReplyDelete
  101. emang sering kok, saya juga pernah liat cahaya seperti itu di langit malem. bentuknya bulet kecil kayaknya jauh, sementara ini c saya menyimpulkan itu satelit atau pesawat yang mempunyai ketinggian terbang yang besar.

    ReplyDelete
  102. request tentang keaslian video mesum luna, ariel & tari mas.

    ReplyDelete
  103. @myheart2105, knp say? apakah ada yg menyinggungmu?
    yg sabar ya hunny.. nothing personal, i believe.. sini sini.. *hugs*

    ReplyDelete
  104. is there any reason to be that "kind of" minority?, minority that dislike by majority?. i don't hate minority but i dislike something.
    am i not normal?

    ReplyDelete
  105. itu adalah 2 lampu (ato sumber cahaya apapun deh), yg satu rada gede yg satu kecil.. trus digantung diruangan yg gelap banget.. trus difoto deh.. ;)

    ReplyDelete
  106. by:agus
    comment yg alay di kasih spoiler saja kayak di forum2 bisa tidak?,
    mohon maaf bagi allay'er yg kurang berkenan.
    bagaimanapun blog reader Enigma saya kira dari segala usia, tingkat pendidikan penghasilan agama suku dan sebagainya. jadi tidak fair kalo mengedepankan ego pribadi.
    Kalo bro enigma, cahaya itu lebih cenderung apa?

    ReplyDelete
  107. Myheart2105 said...

    There is only ONE Myheart2105 here and it's me...and I love this blog very much so I won't leave just because of this stuff..

    Yeah, there were some ''discrediting-people-issue' around here...it makes me inflame >.<! ,
    But thanks for Mr. enigma, he deleted those rude comments...

    Please, accept people as what they are...I don't want to be someone else,..just like myself as what I am...

    @anakkucing: thanks for the hug, it really comforts me a lot...

    ReplyDelete
  108. lala said,,
    wah wah udah lama juga neeh ga kasih comment, tumben c bang enigma ga kasih analisis yang jelas,, malah suruh reader buat memprediksi,,
    akhir2 ini sering bahas ufo dan alien y?? ganti topik dunt brother,,
    qu tunggu postingan berikutnya y!!!!

    ReplyDelete
  109. @myheart2105: saya minta maaf krn sempat mengapprove komen yg buat kamu kecewa. saya rasa para komentator itu hanya mengkritik cara menulis kamu kok, bkn menyerang pribadi kamu. Jd, anggap saja sebagai masukan, walau mungkin caranya tdk asyik. Hehe. Saya malah pernah terima yang jauh lebih kasar. Oya, tdk perlu sedih menjadi minoritas. Kalau saya malah bangga menjadi minoritas asalkan tdk merugikan org lain.

    ReplyDelete
  110. Myheart2105 said...

    Thanks for your wisdom mr. E..it's very comforting...

    Yah, just can't stand anymore by yesterday, this one:

    'tolak alay...bla..bla..'

    And I know sure that was pointed toward me...and I felt that's rude...and wanna clarify, I'm not alay!

    It's must be something personal that I don't have any clue about...unless, they will protesting me as early as I post my first comment...

    But that's OK...just wanna share my feeling about that...

    ReplyDelete
  111. Myheart2105 berkata...

    I miss Chris, u-tell,... they never had problem with my writing style..(so do mr.E, anakkucing, Lica, DellaBelle, Dea, ms.terry)...

    Luv u all...

    ReplyDelete
  112. @Myheart2105: Saya baru tahu arti alay dalam bbrp hari ini. Sebenarnya, protes mereka itu untuk anonymous lain yang menulis dengan gaya alay yang hampir tidak bisa kebaca. Jadi, tidak ditujukan untuk kamu sebenarnya. Hehe. Tapi, kalau saya pribadi, komentator mau menulis dengan gaya apapun tidak masalah bagi saya karena orang bisa dengan mudah melewati komentar yang tidak ingin dibaca. Yang terpenting adalah isi dari komentarnya. saya rasa sebagian besar dari pembaca setuju dengan saya.

    ReplyDelete
  113. @myheart 2105 : gpp. Saya ga pernah terganggu loh bc komen km. Gaya penulisannya beda. Lagipula, sy pikir semua org punya ciri khasnya masing2. Just be urself aja sis.. (or bro?) hoho :P
    klo ada yg bilang gitu lg... Just flip your hair! *ngikut fansnya britney yg di youtube* hehe -n,n-v
    sini, sini sy peluk jg. Gantian sm sis anakkucing. *bighug* (/^,^).<\)

    ReplyDelete
  114. @myheart2105, hehe, you're welcome my dear.. thats what fren are for.. ^^
    oh ya, i just want to say that you are unique as you are.. you are not alay.. maybe, the way you type such as substitute "-nya" in to "x" is the way you make a trademark for yourself..
    but trust me, it doesnt bug me at all.. and i'm sure it doesnt bug bro enigma and even chris either..
    coz we know the content of your comment is so much more valuable than just the typing style.. hehehe..

    and hunny, theres nothing to worry about being a minority..it means that you are unique..
    oh ya, my comment in bigfoot post, i said that the majority is not always be true.. beside, true or false is all about perspective.. ^^

    so dont be bothered with what ppl think.. lets say, those ppl just dont know how to respect others with their shallow mind..

    cheer up ya hun.. we love you too.. ^^
    *peluk2 myheart2105 lagi*

    ReplyDelete
  115. Myheart2105 said...

    Hikz...thanks Lica and Anakkucing...your words shine my world again...the flowers blooming...

    Think that 'friendship' is theoretically exist,,but I was wrong..even we never met, the warmth of your love fill my heart...

    Thanks for the words and the warm hugs...they help me much..i luv u both.. ^^

    ReplyDelete
  116. Untuk 2105:Ur quality is good when u are sad kykny ya.., hehe-becanda lho kawan-...
    Tp mmg jujur kok, klo misalny kamu curhat pake bhs yg biasa kamu pake, aku malah gak ngerti apa yg jd mslhny, trnyta...
    Critics r good too kok..
    Cheers up friend..!!

    ReplyDelete
  117. hohoho...kok jadi ajang curhat n peluk - pelukan yak...kaya teletubies...*peace*...

    klo kata saya sih...apa pun bentuk hubungan dan bagaimana pun...kuncinya cuma 1 "saling menghargai dan saling mengerti"...so
    @yang ngomongin Myheart2105 : kita saling hargain aja deh bro...blom tentu kita juga lebih bener ato lebih baik
    @Myheart2105 : ngertiin aja deh...ya anggap aja emang "ilmunya segitu"...

    sooo...mari kita tetep memeriahkan blog kesyangan kita ini...:D...dengan cara kita masing2...

    be uself all...

    *ikutan meluk my heart aaah*...hihihi

    ReplyDelete
  118. saya memiliki bbrapa penadapat yaitu:
    1. kalau tidak salah saya prnh membaca kisah cahaya misterius di Kanada yang ternyata adalah buangan dari wahana antariksa, ada kemungkinan juga mengenai hal itu.
    2. Mungkin juga itu merupakan sebuah lampu sorot dengan kekuatan besar.

    ReplyDelete
  119. Ok, that's enough! Girls..you should stop that hugging things, plis back to the topic bro E!

    ReplyDelete
  120. enak nih bisa belajar inggris,
    cuman ada beberapa kata yg nggak ngerti,
    saya ndak ikut meluk, bukan muhrim, peace...

    ReplyDelete
  121. hadoh da panjang amat komennya ya..ruar biasa!!gara2 baca alay2an...jadi ga fokus ma yang ditulis mr.E..hua...@ myheart: kayana betul tuh kata mr.E..komen soal alay ga ditujukan ke myheart deh tapi buat yang lain..sepanjang yg pernah baca komen2 u kayana ga ada yang aneh deh cuma akhiran "x" doang yang emang my heart banget gitu loh..:) @ anonymous : ..be honest boleh dong, yang nulis bahasa alay..emang sih puyeng juga bacanya..apalagi yang belom terbiasa, hua pening bow..coba aja masukan dari mas agus tuh...dikasih translate..biar mr.E ada ide juga buat kolom RIDDLESNYA...bikin teka teki pake bahasa alay..puyeng2 deh...plus buat enigmania yang laen ..kritik boleh aja..pi yang membangun lah jangan yang ngejatuhin dan menghina..coz no body's perfect..xiexie

    ReplyDelete
  122. @Anonymous said...
    "Ok, that's enough! Girls..you should stop that hugging things, plis back to the topic bro E!"

    ayo back to topic.. dimulai lagi dari kamu yaa.. ^^
    nah, menurut kamu cahaya di atas apa?

    ReplyDelete
  123. Dea . (maaf telat)
    Hey kak MyHeart2105 jangan sedih lagi dong , mnurut dea , yg kka tulis bkan bahasa 4LaY kok , cuma ngerubah 'nya' jadi 'x' itu gak mslah , lgiankan style nulis kan tergantung masing2 orang , kalo ada yg ngerasa terganggu ya ga usah d baca jg bisa , kalo mau baca ya silahkan , , jgn sedih lg ya . .
    Banyak jg kok yg gak terganggu sma skali dgn style kka . .
    Kak , jgn krna itu (comment org2 yg ngerasa trganggu ma comment kk) kka jadi takut ato malu ato apalah bwt comment d blog ini ya ka , blog ka Enigma ga akan serame ini kalo ga ada kka . . .
    ^_^

    ReplyDelete
  124. Myheart2105 said...

    @my city_van: actually there WAS a comment that blatantly 'shot' directly toward me...but it has been deleted by mr.e...thanks for him..and yes, I'm sure and NOT hallucinating...

    But, I got over it, forget it, don't wanna mind my self and don't care...I'm almost completely immunized...

    Sorry talk in english, think this alleviate my pain...

    ReplyDelete
  125. Myheart2105 said...

    @Dea: thanks dear..^^
    Nope, I won't let myself down because that 'kinda-alay' stuff...
    I was protesting, take a chance to wake someone up,,they who judge people with shallow perspective...and hope that recreate the balance...
    Thanks for your support Dea..^^

    ReplyDelete
  126. hnggg... maap numpang nimbrug... mnurut saya itu semacam kertas yang mantulin cahaya gitu (kayak kertas bungkus coklat), ato plastik yang nimbulin pembiasan cahaya...

    memang biasanya barang2 kayak gitu ga bakal sampe bercahaya, tapi kondisi sekitar waktu itu sangat mendukung:
    1. cahaya bulan paling nampak tanpa ada gangguan cahaya lain, jadi pemantulan/pembiasan cahaya lebih mudah terjadi
    2. langit bersih tanpa awan (menandakan angin di ketinggian awan lumayan kencang), yahh.. plastik/kertasnya jadi goyang2
    3. objek/kertas goyang2, jadi objek pindah dari lokasi efektif pemantulan/pembiasan cahaya, jadinya terkesan ilang.

    gitu deh, tapi itu cuma pendapat saya... ^^'

    ReplyDelete
  127. Yup ! Anytime my sis / bro . . :D
    yippiee MyHeart2105 is back ! *big smile*

    ReplyDelete
  128. Lai

    @myheart : be patient and be yourself....i dunno about alay(apa sih alay? will someone tell me??) and since bro Enigma has deleted it, i will never know what that comment is....but i know it must have hurt you....so i just say....you are what you are and you MUST proud of who you are (regardless what people say or might say)...you're not hurting someone...so feel free to express yourself, okay? and forget those useless comments from shallow people... oyeah, one more thing, whether you want to write your comments in english or in the way you were (with that unique form) i believe it will not bother bro Enigma and others...but maybe you should consider writing in indonesia again just to help your friends that are maybe not so familiar with english...hehehehe....
    @ Bro enigma : mungkinkah itu kesalahan optik di kamera atau kotoran mikroskopik atau lainnya... yang menjadi pertanyaan yang lebih menarik adalah pengakuan melihat lewat mata telanjang....Mungkinkah ketika pacar ricky memperhatikan hasil di kamera dengan seksama kemudian melihat lagi dengan mata telanjang, untuk beberapa detik dia merasa seperti melihatnya juga(seperti fenomena ketika kita melihat / memperhatikan sesuatu yang terang kemudian tiba2 kita mengalihkan pandangan, kita seperti melihat spot tersebut??)....maybe....

    ReplyDelete
  129. To myheart: honestly i'm one of those comentator who's annoyed by alay thingy but it's not u that i'm talkin bout. I never thought that u're alay. When the 1st time I read alay's comment that's 'attacking' I send a message to bro En directly cause it's so annoying me.
    Miss u too myheart, be a tough girl ~_^

    ak br tau kl anakkucing itu seorang perempuan :P

    ReplyDelete
  130. Dea .
    Oh ya tadi Dea yg bilang : yup , anytime my sis / bro , maksud.nya bwt ka MyHeart2105

    @kak Lai : alay tuh banyak singkatan.nya kak , Anak LebAY , Anak LAYangan(maksudnya anak kampung) , dll . .
    Jd alay tuh ya org2(kbanyakan remaja) yg berpenampilan ato style ato gaya bicara yang berlebihan mnurut yg bukan org alay tp bwt org alay sih mereka cma mw nge.ekspresiin diri mereka aja . .
    Tp Dea sndri bukan alay , hehehe

    ReplyDelete
  131. Myheart2105 berkata...

    Ok, back to real me again ^^

    Yuk qt bahas lg misterix...^^

    Apa yg qt tau?
    Fotox diambil pake kamera SE w380i, resolusi 1,3 megapixel (tp yg aq buka dr hp, trbaca resolusix 640 x 480, alias VGA, CMIIW), SE w380i gak pnya autofokus ataupun flash..

    Kykx UFOx terbang dg tdk terlalu cepat. Soalx jarak pngambilan foto 1 n foto 2 kira2 hanya beberapa detik aja. N cahaya UFOx gak kelihatan berpendar ato memanjang, yg artix kecepatanx luar biasa cepat.
    Trbangx kykx mendatar, n UFOx bisa jd kelap-kelip..(bndingkan foto 1 n foto 2), kalo ini bukan pengaruh sensor kamera..
    Durasi terlihat, kalo cm ngandelin foto, mgkn hanya sekitar 10-15 detik, soalx saat mau ngmbil foto yg ke-3, UFOx udah hilang..tp bisa aja lbh dari itu, jika UFOx udh muncul sebelum diambil fotox..
    Next, UFOx hilang tiba2.

    Next, pengambil foto mngaku melihat objekx scr lgsung dgn mata telanjang..yg jika ini bnar,,maka pmbhasan qt dpt dilanjutkan..^^

    Apkah pcr Ricky mmg melihatx?
    Kalo mnurut aq, kykx dia jujur koq, pd foto objekx kliatan natural, warnax kehijauan brcahaya, bntukx tdk persis bulat,..kykx bkan rekayasa photoshop dech..
    Mm..cara lain, dgn mengecek metadata foto itu, apa sesuai ato gak dgn wktu pngambilan foto...n mnurutq rasax sesuai,..
    N kalo dilihat motif mengirim k enigma, kykx rasax emg gak kan cari sensasi,, kalo iya, knapa gak di koran ato koran online aja?
    N kalo mlihat inbox yg sudah2, emg motifx mereka yg ngirim foto, mau tau itu kira2 apa..n gk ada indikasi cari sensasi sm skali..
    Lagian, ada identitas pengirim sm om Enig..
    So, kalo nurut aq fotox asli..

    Nah, skrg: APA ITU?

    1. Meteor
    Kykx bukan. Krn meteor bntukx spt kilatan cahaya memanjang k arah bwh, n sangat cepat..sdgkn ufo qt trbngx lambat n mendatar.

    2. Serpihan sampah ruang angkasa, cntohx serpihan satelit.
    Kykx jg gak. Soalx kalo smpah antariksa jatuh k bumi, tampilanx ya jg kyk meteor..gak mgkn trbg mendatar..

    3. Balon udara
    Kykx gak jg dech. Balon udara mgkn gk ada ato jarang di Indonesia, lgian kykx pemanfaatanx mmg blm prnh trdngar kyk balon udara cuaca. Lgian kalo balon udara, kyk gk ada pke lampu dech..trus kalo msalx emg ada, itu gk mnjelaskan knapa cahayax hilang tiba2..

    Bersambung...^^

    ReplyDelete
  132. Myheart2105 berkata...

    Part 2...^^


    4. Layang2 pake LED/lampu
    Kykx jg bukan. Soalx kalo layang2 gerakanx statik aja biasax..ato kalo gak goyang2 kiri-kanan..n itu jg gak mnjelaskan knapa cahayax hilang tiba2...

    5. Pantulan cahaya dr bhn yg mengkilat..kyk layang2 ato plastik..
    Kykx jg bkan. Soalx kalo pntulan cahaya knapa warnax kehijauan? N gk sewarna dgn cahaya bulan? Trus kalo pntulan chaya bulan, harusx pntulanx gk bulat dunks..kalo layang2, ya pntulanx cahayax sesuai bntuk permukaanx, msalx kyk segi empat, ato kyk belah ketupat ato layang2..
    N btw, SIAPA cb yg mau main layangan malam2? Khan gk msuk akal, soalx layanganx gak kelihatan...xixixi..^^
    Kalo plastik yg trbg, kykx jg bukan, soalx gk mgkn rasax trbg stinggi itu, n gerakanx jg seharusx gak beraturan..bukan mndatar..lgian soal pantulan cahaya, argumenx sm kyk yg diatas...

    6. Lampu sorot yg kuat..
    Kykx gk jg..soalx harusx kelihatan tuh sorot/pncaran sinar lampux..n ini gk menjelaskan knapa warnax hijau, lampu sorot setauq gk da yg warnax hijau, apa lg disorotkan k langit..
    Lgian, intensitas cahayax kykx fokus/padat n gk menyebar..kalo lampu sorot, kykx udah kabur tuh n gk fokus, gk seterang UFO qt..

    7. Kunang2
    Hmm..bisa aja seyh..tapi dgn jarak pngambilan yg aq kira lumayan jauh, n UFOx lumayan tnggi, kykx kunang2 gak kan keliatan secerah n sbesar itu ukuranx...
    Lgian kalo itu kunang2..jarakx pasti lumayan dekat sama si pengamat,, n rasax pengamat (pacarx Ricky) bisa tau kalo itu adlh kunang2..
    Lgian, kalo itu kunang2, itu gak mnjelaskan knapa cahayax hilang tiba2..

    8. Fenomena gaib: santet kiriman, ato jelmaan makhluk gaib..
    Hmmm..bisa aja..krn namax jg gaib..

    9. Pesawat alien, ato satelit mata2 alien?
    Bisa aja..tp kan ini msh kontroversi..kalo itu emg mereka..knapa mesti smbunyi2 gtu? Kalo mereka makhluk yg berperadaban..kenapa gk datang sbg tamu yg beradab pula??
    Lgian qt gk pernah pnya hard evidence ttg alien.
    So, yg ini kmgkinan besar jg bukan.

    10. Fenomena alam unik...(jd ingat Chris...)
    Hmm..bisa jg..tp mslhx apa?? Apa ini hmpir sama dgn pristiwa bola cahaya naga di sungai Mekong?
    Hmm..gak tau jg..tp bs aja emg fnomena alam..soalx langitx pd saat itu kykx lg mendung..(bintangx ketutup awan), n mgkn lompatan listrik statis di awan menciptakan bulatan cahaya itu...dgn cara yg blm diketahui..who knows?

    So, nurut aq, KEMUNGKINANX adalah:
    1. Fenomena alam unik, sebut saja: 'Lightning ball/orb' alias 'Myheart Orb' (xixixi..^^)

    2. Fenomena gaib.

    ReplyDelete
  133. welcome back!! Myheart2105!!! analisis ini yang hilang setelah kehadiran chris...
    ini yang saya rindukan..

    ReplyDelete
  134. Myheart2105 berkata...

    @anonymous:
    Kyaaa...^0^
    Aq sngguh trsanjung...
    Btw,, kalo gk slh kamukah orgx yg komen d postingan manaa gtuh kalo aq gak sprti yg dulu??

    Q jg pengagum si Chris loch...^^
    Miss him...udh hmpr 2 mggu gk main ksini...

    ReplyDelete
  135. wah hari sabtu lalu juga gw dapet foto seperti itu pas memfoto candi sumberawan, waktunya antara jam 18.00 - 19.00

    ReplyDelete
  136. @myheart2105, welcome back dear.. hehehehe..
    mau menanggapi soal ini: Fotox diambil pake kamera SE w380i, resolusi 1,3 megapixel (tp yg aq buka dr hp, trbaca resolusix 640 x 480, alias VGA, CMIIW), SE w380i gak pnya autofokus ataupun flash..

    kamera w380i memang 1,3 megapixel.. maksudnya kemampuan kameranya maksimal sampe 1,3 megapixel..tp mungkin pada pengaturan kamera dibuat ke vga sehingga resolusi yg terjadi adalah 640x480 (ntah si empunya hape sadar atau tidak soal pengaturan ini)..
    cmiiw juga yah, soalnya saya tidak ahli soal kamera, tp hape saya sony ericsson, jadi saya tau, hehehe..

    ReplyDelete
  137. Aku juga pernah liat kayak gitu... Sebenernya cahaya itu adalah bayangan cahaya bulan, aku juga susah jelasinnya, tapi coba aja kalo malem2 ada bulan penuh arahin kamera ke bulan, pasti ada bulatan cahaya itu. Terus kalau cerita tentang cahayanya yg bergerak kayaknya di buat-buat, karena kan yg memfoto bkn Ricky tp pacarnya, bisa aja dia berbohong. Cahayanya juga ga kelihatan oleh mata kita. Lagipula kalau bergerak kenapa ga di rekam aja, bulatan cahaya itu berpindah kalau posisi kamera yg kita pakai juga di ubah... Aku ada bukti kok aku dah pernah foto bulan ada bulatan cahayanya...

    ReplyDelete
  138. by vandzz..

    bang enigma, jujur baru kemarin saya ngalami kejadian serupa, awalnya saya nggak percaya sampai saya lihat dengan mata kepala saya sendiri, saya mau cerita tapi entah orang bilang saya bodoh atau apa?

    tanggal 15-juni-2010

    waktu itu malam hari, di daerah Cikarang, Bekasi. waktu itu saya lagi di rumah kekasih saya. kebetulan rumah kekasih saya dekat pintu tol cikarang dekat menara, saya kurang tau tepatnya jam berapa yang pasti lebih dari jam 7 malam, waktu itu kami sedang berbincang-bincang di teras rumahnya. saat itu sedang hujan dan lagit malam merah, saya sih mikirnya langit merah karena lampu rumah warga di tambah lampu truk kontainer yang kebanyakan warna merah marun(jalan tol sedang macet) waktu itu posisi duduk kami berhadapan, mata saya juga tertuju pada menara yang memiliki lampu merah. tetapi ada 1 kejanggalan di menara tersebut. awalnya saya datang menara tersebut hanya punya 1 lampu merah, saat itu juga bertambah 1 lampu lagi tapi ini warnanya putih dan anehnya bergerak, saya sih awalnya ngira itu pesawat, tapi ada kejanggalan lagi, lampu itu bergerak nggak lurus, alias zig-zag(pesawat pada umumnya nggak bisa bergerak zig-zag) secara spontan saya dan kekasih saya mengamati benda tersebut, ternyata ya bentuknya berupa piring dan berwarna hitam(karena warna langit yang beda)kejadiannya berlangsung selama 10 detik, karena terkagum-kagum cz apa yang kita liat saya nggak sempet merekammya(maaf). pada awal 7 detik pertama, cahaya itu mulai hilang, cepat cepat saya ambil hp, belum celesai hp saya setting, cahaya itu sudah keburu hilang, lalu kami menungguny selama 5 menit, tapi cahaya tersebut nggak muncul lagi.

    saya tau kedengarannya konyol tapi ya terserah bung enigma saja, saya anngap ini nyata, karena saya ngeliat kejadian itu dengan mata kepala saya sendiri.. thx

    ReplyDelete
  139. venus mungkin om?
    soalnya kan planet cahayanya ngga konsisten
    dan posisinyapun dibawah bulan

    ReplyDelete
  140. bintang kejora kalee tuh..ato ada yang maenin senter ke langit..

    ReplyDelete
  141. cahaya yang dimaksud cahaya yang kecil atau yang lebih besar?

    ReplyDelete
  142. Myheart2105 berkata...

    Wah..udah 3 hari gak main ksini..rasax gmanaa gtu ^^

    @anakkucing: yuppy..^^ kykx emg kamerax gak disetting sm yg punya sampe maximal 1,3 mpx, tp cm VGA aja...

    @verisky: kalo mnurut aq, itu emg UFO koq, bukan krn misinterpretasi aja ato ksalahan kamera..
    Bayangan bulan? Kykx gak dech..gmana bs trbntuk byangan bulan di udara, apa media yg mjd sbg screen/layarx? N warnax kehijauan lg..plus bergerak...
    Knapa gak direkam aja??
    Wew..khan udh dijelasin sm Ricky, kalo SE w380i gak bisa merekam video..syg skali..

    @vandazz: q percya cerita km..soalx tmanq jg prnh ngalamin kjadian yg serupa...

    @banyakomonk: komenx aneh2? Kalo nurut aq mlh kmen km yg aneh ^^ p.e.a.c.e^^v

    @ghaghagha: venus? Kykx gak dech..venus khan warnax cerah..terang..n gak kehijauan..n yg pasti gak bergerak aktif..

    @arif: bintang kejora? Alias venus..kmenq sm kyk di atas..kykx gak mgkn..
    Mainin senter ke langit??
    Wkwkwk..lelucon km lucu jg ^^v

    @anonymous: maxudx? Kalo nurut aq ya cahaya misterius pd kedua foto itu..keduax objek yg sm, itu UFO (objek terbang tak dikenal)

    ReplyDelete
  143. Nakashima:

    Sepertinya kalau komet, meteor atau benda yg jatuh dari atmosfer gak mungkin, soalnya gerakannya mendatar.

    Setelah sy baca2 semua komentar, sy sangat stuju dgn Myheart :)

    @Myheart: O Myheart, selain cantik, cute, kamu pinter sekalee..ck..ck..
    I absolutely agree with your opinion!
    Saya pernah melihat cahaya aneh di senja hari, tapi warnanya warna-warni, dan sy yakin sekali itu pasti bukan lampu pesawat, karena saya rasa tidak setinggi ketinggian pesawat, tidak bersuara, dan daerahnya sama sekali bukan jalur lintas pesawat. Selain itu, cahayanya berkelap-kelip warna-warni, warnanya bertukar dari biru, merah, kuning dari 1 titik cahaya itu saja setiap krg lbh tiap detik...

    ReplyDelete
  144. Ariel 10 said...
    menurut saya itu bintang om, soalnya bukankah selalu ada bintang yang terletak tidak terlalu jauh dari bulan itu menurut saya ...? kan langit cerah & tidak mendung.

    ReplyDelete
  145. Abirama Vindra . Jogja .
    Satu kata , SATELIT .
    bener nggak broo ??

    ReplyDelete
  146. ga mungkin ufo tuh, atau debu dikamera...org bendany tu bergerak...
    kalo lihatnya lebih dari jam 2 pagi,kemungkinan besar itu santet yang biasany berwarna merah...klo dari jarak jauh kliatan bulat....

    ReplyDelete
  147. yg komen asik2 y..slam knal :D

    -eky-

    ReplyDelete
  148. @abirama-YK : dua kata,bro. SATELIT BUANGETT ! satelit kan memantulkan cahaya matahari,jd seakan2 satelitnya yang bercahaya. kalau tiba2 cahayanya menghilang,itu kan karena sudut pantulnya berubah seiring dengan bergeraknya satelit itu.
    BTW libur panjang ntar rencananya mo ke YK, kita ngumpul2 bareng yuks, bikin acara khusus enigmania di YK. gimana ya? klo bro enig datang ga ya? hihi ga mungkiiiiiin.

    ReplyDelete
  149. jawabannya simple, itu foto cahaya satelite yg melintas

    ReplyDelete
  150. Abirama Vindra . Jogja .
    yya ayo kapan ??

    ReplyDelete
  151. maaf , bukan saya menanggapi negatif . berdasar penelitian yang saya lakukan tanggal 23 juni . pada gambar tersebut merupakan pantulan bayangan gambar semu dari objek yang di tangkap , dan itu pun hasil dari kalibrasi gambar yang saya urai menggunakan picasa , dan pendapat dari teman saya dari Beta ufo , jdi maaf hal tersebut bukanlah hal aneh , ingat pelajaran fisika dengan penggunaan lensa cembung ...:)

    ReplyDelete
  152. saya masih kurang yakin tentang foto itu

    ReplyDelete
  153. Bisa jadi itu efek pantulan dari lensa kameranya sendiri, memang kadang-kadang suka gitu.

    ReplyDelete
  154. ngg..dlu pernah ngalamin kejadian serupa pas lg keluar abis magrib bwt nyari makan di Bandung bareng temen..udah dua kali ngucek mata tetep aja masih ada..pindah-pindah ke sana kemari,,waktu ntu cuma takjub ja,n gk trpikir bwt motret (pdhl klo gk slah tmen bwa hp kamera..heee)
    yahh,wAllahu 'Alam..>_<

    ReplyDelete
  155. - Hari Pantja -

    buset, pada belum pernah liat yang namanya [/b]KUNANG - KUNANG[b] apa..??

    ReplyDelete
  156. mngkin bntang2 yg hlang krena rotasi bumi or obyek lain seperti komet yg ltaknya jauh

    ReplyDelete
  157. katanya saksi melihat dengan mata telanjang??? kok masih di anggep cuma efek kamera???

    Bro enigma, blognya arsi joker itu kok g dimasukin blog misteri? saya suka buka blog itu juga, selama ini saya ga tau kalau linknya ada di sini karena dikumpulin di non misteri. isinya lumayan misteri.

    ReplyDelete
  158. Nakashima:

    Penjelasannya mantep bro E!
    Oya penjelasan alternatif ttg flare itu kalo dianggap kalo bulatan cahaya misterius itu cuma tampak di kamera aja, alias pcrnya Ricky ato Ricky bohong..wkwkwk..
    Soalnya Ricky bilang:

    ''Setelah mengamati foto di HP, dia pun MENGECEK LANGSUNG dengan MELIHAT langit, dan memang benar terdapat dua cahaya.''

    Nah, kalo trnyata pacarnya Ricky ato Ricky-nya sndiri gak bohong, maka jadinya spt yg dibilang Ragil:

    ''Penampakan itu muncul setelah difoto atau sebelumnya? Maksudnya apakah si pemotret melihat dengan mata telanjang memang ada 2 cahaya (bulan & something) dan kemudian berinisiatif untuk memotret? kalau iya, ENTAH itu cahaya apa..''


    Sy jg mau menanggapi ttg kemungkinan SATELIT.

    Di emailnya, Ricky bilang:

    ''..dan memang benar terdapat dua cahaya, namun dia tidak mengerti cahaya apa itu karena cahaya itu bergerak, dan GERAKANNYA TIDAK BERATURAN, tidak seperti pesawat yang hanya melaju dengan satu arah.''

    Jika itu satelit, maka seharusnya gerakannya BERATURAN, karena satelit punya ORBIT.
    Lagipula, kalau itu satelit, maka kenapa pantulan chy mthari yg mengenainya bulat? Harusnya kan sesuai dgn permukaan satelit yg memantulkan chy mthari itu, misalnya kalo yg kena solar panelnya, maka cahaya yg dipantulkannya harusnya berbentuk segi empat. Kalau yg kena bgn sisi badan satelit, maka bentuk pantulannya harusnya seperti garis saja, vertikal ato horizontal. Kayaknya sulit skali kalau chy pntulannya berbntuk bulatan.

    Sampai saat skrg ini, sy msh setuju dgn sangat dgn Myheart Sweety...hahaha...XD

    @Myheart: 'Myheart orb'? haha...kalo bgtu sy jg mau menamakan chy misterius warna-warni yg sy ceritakan sblumnya dgn nama 'Nakashima orb'
    wkwkwkwk...XD XD

    ReplyDelete
  159. saya ngasih saran neh, klo jawaban mengenai objek tsb adalah efek lensa itu sih semua / hampir semua udh tau. klo yg punya hp berkamera / kamera alakadarnya pst objek itu slalu ada. sy dari dulu mengalaminya kalo sy ngsut mathar ato bulan. sy ykin yg dimaksud oleh pengirim email adalah objek yg jg terlihat dgn mata telanjang. sy dibandung jg mengalaminya bbrpkali. sy tdk dpusingkan oleh hasil camera abal2, krn saya melihatnya dng mata tlnjang, dan ada saksi lain
    jd sy lbh fokus k satelit ato pswt rahasia yg canggih milik ngr laen, klo emang mikir ufo terlalu extrem. ato gjala cuaca yg janggal. jd jgn terlalu pd dgn analisanya samp anda mengalaminya sendiri.
    salut buat blog ini...jd pr buat cr analisa alternatve.

    ReplyDelete
  160. Myheart2105 berkata...

    Met malam smua ^0^
    fiuuh...^.^/~
    Akhirnya, bisa ksini juga...

    @om Enig:
    Nice update Om Enig ^_^

    Oya, gmana dgn metadata foto yg dkirim Ricky? Mgkn ada seswatu yg bs diexplore?

    ReplyDelete
  161. itu saya sedang terbang sama pesawatnya batman !
    lho ????

    ReplyDelete
  162. Kalo gitu si Ricky bohong dong?

    ReplyDelete
  163. Halo bang, salam kenal :D .
    Saya dulu pernah liat objek berwarna merah gelap besar di langit. Waktu itu musim kemarau. Kata teman saya itu bulan tapi saya gak yakin, karena bulan warnanya gak seperti itu. Kira2 itu apa ya? Mohon penjelasannya :D

    ReplyDelete
  164. untung masih 1000000 besar gakpapalah....
    ohh... jadi gitu tho penjelasannya.....
    .....

    ReplyDelete
  165. waw.. bikin buku dong tips cara membuat ufo palsu hahaha.. just kidding. oiya bro enm nitip blog aku ya namanya : www.wiro.co.nr thx ya brooo from dwiero

    ReplyDelete
  166. Myheart2105 berkata...

    @om Enig:
    Om, gmana ttg metadata fotox??

    ReplyDelete
  167. em bung enigma..
    saya juga pernah melihat cahaya seperti itu..
    waktu itu sekitar jam setengah 5 pagi, ketika itu langit cerah dan bintang masih terlihat walau masih gelap. Lalu saya melihat ada cahaya kecil yg berkelap-kelip merah dan putih dan bergerak tidak beraturan. Kecepatannya pun cukup tinggi. Saya tidak sendiri, 2 orang teman saya juga melihatnya, namun tidak sempat saya potret.

    Apakah itu satelit? kalau tidak, benda apa itu?

    ReplyDelete
  168. @Myheart2105: Sewaktu sampai ke saya, foto itu sdh diedit sehingga tidak ada metadatanya. Tapi, menurut saya, metadata foto ini tidak penting karena saya yakin ini bukan hasil fotoshop.

    @Muhammad Rizky: Saya yakin kamu memang melihat benda seperti itu. Tapi, saya tidak bisa memastikannya apa karena tidak ada foto. Tujuan saya update postingan ini adalah untuk memberikan sebuah pemikiran alternatif sehingga jika para pembaca menemukan kasus seperti ini di kemudian hari, dia bisa mempertimbangkan faktor kamera seperti ini.

    ReplyDelete
  169. @Myheart2105:
    Hi....just wanna say, g usah khawatirin apa kata orang. if u really like ur self as u are, be it! :) betul kata bang enig, selama kita ga ngerugiin n bs bermanfaat bwt org lain knp ga? Jgn jd down gara2 itu n jd males nulis comment. blog ini gakan rame kalo gada analisa campur plesetan dari dirimu :) kan khasnya disitu...jadi, komen kamu bisa dibaca n dipahami tanpa harus "menyiksa otak" krn diselingi candaan... :D soal cara penulisan c bwt aku, selama org lain bs memahami berarti gada masalah kan? :) sx lg betul kt bang enig, anggep aja masukan...keep the spirit up!!!

    @ bang enigma: syukur dirimu dah hapus komen2 itu. i've warned u utk lebih berhati2 memoderatori komen yg mulai nyerempet2.

    @all komentator: saya yakin para pembaca setia blog misteri enigma adl org2 yg cerdas n beretika yg mau belajar :)

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  170. saya sudah +/- tahun ini akses blog anda. sangat menarik. dan kemungkinan sudah membaca hampir keseluruhan postingan anda. SALUT.

    namun saya ada ganjalan, yaitu sebuah pertanyaan akan fenomena yang pernah saya alami. setelah beberapa lama baru kali ini saya memberranikan diri mendeskripsikannya kepada anda. namun sayang semuanya tanpa bukti gambar, kalo saudara berkenan akan saya uraikan. untuk kebenaran case ini saya jamin 100% bukan kebohongan saya (DEMI ALLAH).dan ini PERTAMA KALI saya mencoba menceritakannya kepada pihak yang menurut saya kompeten yaitu ANDA.

    1. di pesantren setingkat SMP,menjelang subuh, saya melihat kearah langit,cerah. dan melihat bulan yang terang. keanehannya adalah ada objek seperti bintang (1 buah dan terang/seperti bintang kejora) yang mengitari bulan (bulan sebagai titik sumbu/seperti jangkar)dengan diameter yang konstan.posisi nya sekitar vertikal berat ke barat. Penjelasan ustad itu mungkin adalah pesawat/satelit Amerika yang mengitari bulan??. Mohon penjelasan Saudara.

    2. sekitar tahun 1998, malam +/- jam 21.00. arah Tenggara. saya dan dua orang adik saya (saya 18 tahun, adik saya masing2 17 dan 15 tahun). langit cerah dengan banyak bintang. Keanehan yang kami lihat adalah ada dua bintang berukuran sama dengan perbandingan mungkin setengah terangnya bintang kejora dengan jarak antar bintang (bukan jarak sebenarnya/ hanya jarak sesuai mata) sekitar 13atau 15 cm.
    Dari bawah (ufuk pandangan mata) bergerak secara vertikal/lurus keatas dengan ritme seolah2 saling menyusul dan akhirnya menghilang.
    ilustrasi mungkin bergerak dari sudut 75 bergerak keatas dan pada akhirnya hilang kira2 pada ketinggian sudut 22,5 (angka2 ini adalah perkiraan).
    Nah, objek apakah itu, mohon penjelasan lebih lanjut.

    Sekali lagi saya sampaikan ini bukan cerita rekaan, hanya sayangnya tanpa bukti gambar.

    Terima Kasih atas kesediaan Saudara Enigma menanggapi pertanyaaan saya.

    nb. maaf atas redaksional tulisan, terburu2 dan berusaha menjelaskan sesederhana mungkin. TQ

    ReplyDelete
  171. ga suka deh kalau komen di blog enigma

    soalnya jarang dijawab(dilewati)

    Tapi harus tetep komen

    biar mas enigmanya eling(inget)

    Lagipula ga sopan bertamu ke blog orang ga nyapa sepatah kata

    Keep posting ajah ya mas(offline)

    ReplyDelete
  172. Haha. Saya minta maaf. Soalnya blm sempet jawab komen. Ohiya, supaya saya ingat, bagaimana kalau lain kali komentarnya jgn pake anonymous? Pake nick name sj spy gampang diingat, soalnya saya bingung km nanya yg mana. Tp thanks lho utk bersedia memberikan komentar walau tdk ditanggapi.

    ReplyDelete
  173. @Anonymous diatas komen ku yg komennya ga pernah d jawab:

    Maaf mas/mbak...saran saya, kalo mau diingent pk nickname dong...jgn Anonymous aja...kan banyak yg pake tuh Anonymous, jd gimana kita bisa inget mas/mbaknya :) salam kenal n pilih lah satu nick name sesuka mu :)

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  174. @Anonymous yang nanya soal identitas objek: saya kira akan sangat sulit memberikan identitas nya kalau tidak ada foto. cuma bisa kira-kira. Soal benda yang mengitari bulan, saya rasa nggak mungkin ada pesawat mata2 yang bisa mengitari bulan, apalagi sampai keliatan mata telanjang.

    Soal pertanyaan kedua, saya juga tidak tahu identitasnya. Memang lebih bisa dianalisa jika ada foto.

    ReplyDelete
  175. soalnya pertanyaan saya sebelumnya juga pake anonim, lg pula pertanyaannya g terlalu penting. cma nanya kenapa link arsijoker di taroh di non misteri,
    kalo saya pakai namanya nick(nick name) nick pake nama siapa?

    haha, bercanda.. lain kali kalo saya nanya yang lbh penting saya pakai nick dah

    ReplyDelete
  176. Blog arsijoker bkn murni blog misteri, krn itu sy masukan ke non misteri.

    ReplyDelete
  177. klo nurut guru geo saya, itu cm satelit gan,soalnya ane pernah liat jg ni yg kayak ni gan

    ReplyDelete
  178. ehhhhh ini cuman pengakuan pribadi ...
    bahwasanya aku juga pernah liat sesuatu yang mirip pesawat tapi terbangnya lambat trus bentuknya segitiga putih (agak abu-abu) punya satu lampu kecil di bawahnya....trus terbangnya ga terlalu tinggi sekitar dibawahnya awan..... yang aneh lagi nih pesawat terbangnya udah pelan trus bisa belok n bersembunyi di atas awan...
    juga di surabaya ... tanggal 7-juli-2010 pas malam hari tapi sayang aku g bawa kamera.......
    jadi g bisa di bukti'in secara konkret......
    ......terima kasih atas perhatianya.........
    hohoohohohohohoh moga ih blog tambah jaya!!!!

    ReplyDelete
  179. baru mampir nih. seru bgt yah blog nya.
    saling bersambut gitu, salut. aku si pengumpul artikel nih, alias si tukang copas. haha.. salam kenal yah..

    ReplyDelete
  180. Mau lihat tanpa foto??....dengan mata telanjang??....Saya bisa tunjukkan asal langit tidak mendung....mereka berjalan tiap hari dengan waktu yang tetap, saya tahu jadwal mereka....karena sudah sejak tahun 70 an saya amati.....ternyata sejak abad ke 5 sudah diterangkan bahwa mereka memang sudah ada sejak dulu dengan jadwal waktu yang tetap berdasarkan waktu setempat mereka dapat terlihat di seluruh dunia....mereka tidak jahat koq....manusia yang jahat...mereka sebenarnya sudah berkomunikasi dengan kita tanpa kita sadari...kita saja yang kurang memperhatikan...untuk lebih jelasnya kontak saya akan saya informasikan per email, bila berkenan akan saya berikan alamat email...anda yang terpilih yg akan mendapat informasinya....saya akan pilih berdasarkan pertanyaannya..........O

    ReplyDelete
  181. mantab dan bagus banget nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis =p

    ReplyDelete
  182. pengalamanQu ditahun 2010 ini nih..dilokasi kebun cengkeh kami yang berbuah dibulan juli sampai agustus nih..setiap musim cengkeh di kampung kami selalu musim hujan..jadi susah nih menjemurnya..ceritany aQ lagi berteduh dirumah mungil dilokasi kebun saat turun hujan rintik-rintik mulai pagi sampai sore hari itu..namun saat itu aQ nekat kekebun cengkeh kami dengan pakai jas hujan..disaat aQ duduk-duduk berteduh itu..aQ liat sebuah layang-layang berwarna coklat..pelan-pelan bergerak di angkasa seperti begitu tenangnya dia melayang walau hujan rintik-rintik itu..layang-layang itu melayang jauh..dan saat aQ hampir tidak melihatnya lagi..layang-layang itu tidak melayang secara tenang tapi melayang dengan mengepak-ngepak dan menukik kebawah dan menukik keatas sampai hilang dari pandanganQu..aQ coba mengambil gambarnya dengan hpQu namun memori di hpQu penuh jadi tak sempat aQ rekam..peristiwa itu pun selesai dan aQ pun pergi memanjat cengkeh walau masih dalam keadaan hujan..setelah berada diatas pohon cengkeh..aQ baru mengingat kembali peristiwa itu..aQ terbayangkan bahwa tadi itu sebuah pesawat siluman AS tanpa suara yang memata-matai keberadaan kota kami yaitu kecamatan banggai, kab. banggai kepulauan, prop. sulawesi tengah..aQ berpikir kalau seandainya itu layang-layang kenapa tetap melayang walau hujan rintik-rintik..kalau layang-layang itu putus kenapa melayangnya begitu tenang tidak bergetar dan bergerak-gerak..dan kenapa juga layang-layang itu besarnya tetap sama saat aQ lihat pertama kali dan saat layang-layang menukik kebawah dan keatas sampai menghilang bentuknya tidak berubah menjadi kecil karena aQ lihat sudah jauh dari pandangan tetap tidak berubah ukurannya..jadi aQ berpikir sekali lagi itu adalah pesawat siluman AS karena mirip dengan yang pernah aQ tonton di TV tapi anehnya layang-layang itu tidak bersuara..sedangkan setahu aQ kalau pesawat itu bersuara..kira-kira menurut anda..kejadian yang aQ saksikan dengan mataQu sendiri itu apa ya..mohon penjelasan!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  183. UFO?......baca juga http://id.shvoong.com/books/2031035-ufo-ruh-manusia-atau-jin/

    ReplyDelete
  184. info di enigma sangat berkualitas & bisa menjawab hal-hal yang bersifat hoax ataupun bukan dengan bahasa yang sangat mudah dipahami & dicerna...i like it...tq

    ReplyDelete
  185. saya pernah...suatu malam..melihat cahaya bergerak seperti itu...
    kadang arahnya dari barat ke timur dari barat daya ke tenggara, dari utara keselatan....tapi saya NGGAK PEDULI....malah ada yang seperti jatuh menuju saya sinarnya membesar tapi kemudian naik lagi sangat cepat trus menghilang...saya kirain apa...tapi kemudian saya bilang NGGAK PEDULI ....

    Biar ada UFO kek
    Biar ada Alien Kek
    Biar ada OFU kek
    Biar Tekek Kek..
    SeKali Lagi Nggak PEDULI....
    Soalnya Percuma Kalo Kita ceritain nggak bakalan ada orang yang percaya....
    Ntar Kalo UFO Itu Datang Lagi biar Aku maki...
    ato biar jatuh bergesekan dengan udara biar mampus itu Ufo...biar hidup kembali normal....

    ReplyDelete
  186. SPMD
    hahahaha...sedikit puas..tapi belum tuntas...

    postingan ente nyang ini, saya juga pernah mengalaminya.....
    believe it or not, I don,t care....
    I saw it too in 2003-2004

    sepertinya cahaya itu mau turun persis di atas kepala seperti roket kelihatan ekor apinya kemudian naik lagi dan menghilang....

    UFO I don't care....

    ReplyDelete