Friday, July 30, 2010

Baghdad Battery - Teknologi Listrik di masa Irak purba?

Dari sebuah gua kuno di Irak, Baghdad Battery membuat sebagian orang bertanya-tanya. Mungkinkah lebih dari 2.000 tahun yang lalu, bangsa Irak telah mengenal teknologi yang berhubungan dengan listrik?


Teka-teki Baghdad Battery

Baghdad Battery atau Baterai dari Baghdad yang kadang disebut juga Parthian Battery adalah nama yang diberikan kepada sebuah artefak berbentuk guci/vas yang diperkirakan berasal dari masa kebudayaan Parthian yang berkembang antara tahun 250 SM hingga 224 M.


Tinggi guci ini adalah 13 cm. Di dalamnya terdapat sebuah pipa tembaga berongga dan sepotong besi yang tersusun dengan rapi. Satu ujung besi direkatkan ke mulut guci dengan aspal sedangkan ujung yang lainnya direkatkan ke dasar tembaga.


Guci ini ditemukan pada tahun 1936 di dalam sebuah makam kuno di Khujut, selatan Baghdad. Namun artefak ini dibiarkan berdebu begitu saja di dalam gudang Museum Baghdad hingga dua tahun lamanya.

Pada tahun 1938, Arkeolog Jerman bernama Wilhem Konig yang saat itu merupakan direktur laboratorium penelitian museum Baghdad menemukan guci itu di gudang museum dan segera menyadari adanya sesuatu yang aneh.

Guci itu memiliki pipa tembaga dengan sebatang logam di dalamnya. Desain ini tidak umum untuk sebuah guci. Penelitian awal yang dilakukannya juga menemukan adanya bekas cairan asam seperti cuka atau anggur.

Konig menyadari kalau mungkin ia telah menemukan sebuah Sel Galvanic kuno yang bisa digunakan untuk membuat Baterai. Jika benar, maka ini menjadikan guci ini sebuah Ooparts (Out of place Artefacts), karena baterai baru ditemukan pada tahun 1800 oleh Alessandro Volta.

Konig menjadi bersemangat dengan kemungkinan kalau teknologi listrik mungkin telah dikenal pada masa Irak purba. Pada tahun 1940, walaupun kontroversial, Ia mempublikasikan teorinya mengenai artefak ini.

Apakah fungsi baterai ini?
Setelah perang dunia II berakhir, Willard Gray, seorang insinyur di General Electric High Voltage Laboratory di Massachusets, yang membaca tulisan Konig segera membuat replika Baghdad Battery. Dengan memasukkan jus anggur sebagai elektrolit, ia berhasil menciptakan listrik sebesar 0,5 volt.

Eksperimen ini membuat Baghdad Battery terkenal ke seluruh dunia.

Lalu timbul pertanyaan selanjutnya. Apakah guci sederhana ini benar-benar sebuah alat yang digunakan oleh bangsa Irak purba untuk menghasilkan listrik?

Benarkah mereka telah mengenal prinsip-prinsip kelistrikan?

Jika benar, untuk apakah alat tersebut digunakan?

Electroplating
Dalam publikasinya mengenai Baghdad Battery, Konig menyebutkan kemungkinan kalau baterai ini mungkin digunakan sebagai alat untuk melapisi logam dengan emas atau perak. Proses pelapisan ini disebut Electroplating, sebuah teknik yang masih sering digunakan hingga saat ini.

Untuk menguji ide ini, pada tahun 1978, Dr. Arne Eggebrecht, direktur di Museum Roemer and Pelizaeus di Hildesheim membuat beberapa replika Baghdad Battery dan melakukan eksperimen Electroplating. Kemudian, ia disebut berhasil melapisi sebuah objek dengan lapisan perak setebal 1/10.000 milimeter. Sama seperti eksperimen Willard Gray, Ia menggunakan jus anggur sebagai elektrolit.

Eksperimen ini cukup menghebohkan. Namun tidak butuh waktu lama bagi para ilmuwan untuk menolak keabsahannya.

Masalahnya satu. Tidak ada satupun peneliti lain yang bisa meniru hasil eksperimen Dr.Eggebrecht. Listrik yang dihasilkan oleh Baghdad Battery ternyata tidak cukup kuat untuk bisa melakukan proses electroplating.

Jadi, ada kemungkinan kalau eksperimen tersebut sesungguhnya tidak pernah dilakukan. Ini dikonfirmasi oleh Dr. Bettina Schmitz, seorang peneliti di museum yang sama, yang tidak bisa menemukan satupun catatan mengenai adanya eksperimen tersebut.

Bukan cuma itu, masalah lain yang berkaitan dengan teori ini adalah tidak pernah ditemukannya objek atau perhiasan yang terindikasi dilapisi emas atau perak dengan menggunakan electroplating dari Baghdad Battery.

Keperluan Pengobatan
Bangsa Yunani dan Mesir kuno pernah mencatat mengenai kebiasaan mereka menggunakan ikan listrik untuk meredakan rasa sakit pada telapak kaki. Ini menunjukkan kalau mereka cukup familiar dengan aliran listrik, walaupun mereka tidak menggunakan istilah "listrik" untuk menyebutnya.

Jadi, sebagian peneliti mulai memikirkan kemungkinan penggunaan artefak ini sebagai sebuah alat untuk mengurangi rasa sakit.

Tetapi, sama seperti teori sebelumnya, ada alasan yang cukup untuk meragukan teori ini. Catatan kuno masa purba tidak pernah menyinggung mengenai penggunaan alat sejenis Baghdad Battery dalam pengobatan. Mereka biasa menggunakan daun Cannabis (Ganja), Opium dan anggur untuk mengurangi rasa sakit.

Patung Dewa yang memiliki kekuatan
Lalu, selain dua teori yang cukup ilmiah di atas, ada teori yang menyentuh konspirasi keagamaan.

Dr.Paul Craddock, seorang ahli metalurgi purba dari British Museum, berpendapat kalau pada masa lampau beberapa Baghdad Battery mungkin telah dihubungkan secara paralel dan diletakkan di dalam patung Dewa untuk menipu para penyembahnya.

Katanya:
"Para pendeta mungkin akan mengajukan pertanyaan kepadamu. Jika kamu memberikan jawaban yang salah, kamu akan disuruh menyentuh patung itu dan akan mendapatkan sebuah kejutan listrik kecil. Jika kamu menjawab dengan benar, maka para pendeta akan melepaskan hubungan baterai dan tidak ada kejutan listrik yang dihasilkan. Dengan demikian kamu akan percaya dengan kekuatan Dewa, pendeta dan agamanya."
Teori ini, tentu saja terlalu liar untuk dianggap sebagai fakta karena tidak ada satupun patung yang pernah ditemukan dengan rongga didalamnya yang bisa mengisi beberapa Baghdad Battery.

Jadi, apa kegunaan artefak ini sebenarnya? Benarkah guci ini sebuah peralatan elektrik?

Baghdad Battery - Alat elektrik?

Seorang peneliti hanya bisa menarik sebuah kesimpulan berdasarkan pada fakta atau bukti yang ditemukan. Teori yang mengatakan kalau guci ini adalah sebuah baterai memang cukup memiliki dasar. Namun, bagi sebagian peneliti yang lebih skeptis, ada beberapa lubang besar di dalam teori ini.

Ya, banyak replika yang telah dibuat untuk keperluan eksperimen dan memang berhasil menciptakan arus listrik, namun ini tidak membuat guci ini otomatis menjadi sebuah baterai.

Dr.Marjorie Senechal, Profesor Sejarah Sains dan Teknologi di Smith College yang pernah membuat replika Baghdad Battery untuk keperluan eksperimen berkata:
"Saya rasa tidak ada yang bisa memastikan manfaat guci itu. Namun bisa saja benda itu memang sebuah baterai karena bisa digunakan untuk itu."
Sebuah replika yang dibuat oleh para mahasiswa Prof.Senechal bisa menghasilkan listrik berkekuatan 0,8 hingga 2 Volt.


Untuk mengerti apa yang dimaksud dengan lubang besar pada teori Baghdad Battery, pertama-tama, kita harus mengerti cara kerja sebuah baterai. Untuk itu, mari kita kembali sejenak ke pelajaran kimia sekolah kita.

Seperti yang saya katakan di atas, Dr.Konig mengatakan kalau Guci itu kemungkinan adalah sebuah Sel Galvanic.

Pada tahun 1780, Luigi Galvani, dalam sebuah eksperimen menemukan jika ia menghubungkan dua logam berbeda jenis yang masing-masing dicelupkan dalam larutan elektrolit yang juga dihubungkan dengan salt bridge (peralatan penghubung seperti tabung kimia yang diisi dengan elektrolit dalam bentuk gel), maka aliran listrik akan tercipta.


Kita mungkin juga ingat kalau Galvani berhasil membuat kaki katak yang sudah mati berkontraksi oleh listrik yang dihasilkan oleh sel ini.

Sel Galvanic itu tidak sama dengan baterai.

Yang dinamakan baterai adalah gabungan dari beberapa sel Galvanic yang dihubungkan secara seri atau paralel dengan kabel (atau penghantar lainnya).

Dengan penggabungan ini, barulah aliran listrik yang cukup kuat dapat tercipta.

Nah, disinilah masalahnya. Jika guci itu memang sebuah sel Galvanic yang digunakan sebagai bagian dari Baterai, maka seharusnya ada lebih dari satu guci sejenis yang ditemukan lagi.

Namun, hingga sekarang, hanya ada satu Baghdad Battery yang ditemukan. Dengan kata lain, sebenarnya kita tidak bisa menyebut guci itu sebuah baterai, melainkan sel Galvanic.

Jika kita menemukan beberapa guci serupa, maka argumentasi baterai menjadi lebih kuat.

Namun, itupun belum cukup. Jika ada beberapa guci serupa yang ditemukan, kita masih harus menemukan "kabel" yang digunakan untuk menghubungkan beberapa guci tersebut. Sampai sekarang, kabel tersebut, atau bahan yang mungkin bisa dijadikan kabel belum pernah ditemukan.

Para peneliti pun mengakui kelemahan argumen Baterai karena ketiadaan kabel tersebut.

"Sayangnya kita tidak pernah menemukan kabelnya." Kata Dr. Craddock.

"Ini berarti interpretasi kita mengenai kegunaan artefak ini bisa jadi salah total."

Lalu, selain masalah kabel, keberatan lain yang diajukan oleh para peneliti yang menolak teori ini adalah desain guci tersebut.

Aspal yang digunakan untuk merekatkan batang besi tersebut ternyata menutupi silinder tembaga sepenuhnya. Ini membuat aliran listrik menjadi terhambat. Untuk menghasilkan listrik, mau tidak mau, desain guci tersebut harus diubah.

Lagipula, desain ini cukup aneh karena aspal tersebut menutupi seluruh mulut guci itu. Di lain pihak, Sel Galvanic membutuhkan pengisian cairan elektrolit terus menerus. Bagaimana cara mereka mengisinya jika cairan elektrolit di dalamnya menjadi kering?

Lalu, argumen lainnya dari para penentang teori baterai adalah kenyataan kalau kita tidak pernah menemukan adanya catatan atau ukiran yang menunjukkan mengenai peralatan yang dinyalakan oleh baterei ini. Jika kita menemukan ukiran bergambar alat elektronik yang menggunakan baterai seperti kamera atau jam dinding, mungkin kita bisa menarik kesimpulan kalau memang ada baterai di masa lampau.

Cukup masuk akal mengingat kita hanya bisa menerima suatu teori sains sebagai kebenaran jika didukung oleh bukti-bukti yang memadai.

Lalu, jika bukan baterai, apa manfaat guci tersebut?

Bagi mereka yang keberatan dengan teori baterai, guci itu hanyalah sebuah tempat penyimpanan biasa. Yang disimpan di dalamnya adalah perkamen atau gulungan-gulungan kitab. Mereka berargumen kalau kitab yang disimpan di dalam guci tersebut mungkin telah hancur dan menyisakan residu asam yang dikira sebagai residu cairan elektrolit.

Argumen ini cukup bisa diterima. Tetapi dengan menggunakan logika yang sama untuk membantah teori baterai, maka, mengapa hanya ada satu guci serupa yang ditemukan?

Jika memang digunakan untuk menyimpan gulungan kitab, bukankah harusnya kita menemukan lebih banyak guci lain yang serupa?

Jadi, menurut saya, Baghdad Battery masih menyisakan banyak ruang bagi kita untuk berspekulasi. Mengenai kebenaran yang sesungguhnya, mungkin hanya waktu yang bisa menjawabnya.

(wikipedia, corrosion-doctors.org, news.bbc.co.uk)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

113 comments:

  1. wahhh.... batere dr irak... hehehe

    ReplyDelete
  2. Wahhhhh sialan GAGALLLLLL


    ('.')

    ReplyDelete
  3. wah keduax...
    gantika

    ReplyDelete
  4. jaman purba ada baterai...

    ReplyDelete
  5. yes, aku 5 besar...hahaha tapi bener2 keren di masa lalu ada baterei

    ReplyDelete
  6. Danu pratama IMFo maniacJuly 30, 2010 at 9:00 PM

    keempatxxx
    keep posting

    ReplyDelete
  7. bro en
    Dalam paragraf "patung dewa yang memiliki kekuatan"
    Konspirasi kegaman? Keagamaan maksudnyakah..

    ReplyDelete
  8. Danu pratama IMFo maniacJuly 30, 2010 at 9:01 PM

    lica puas banget dapet pertamax
    skali skali premiumdlu kek
    gantian pertamaxxnya
    hahaha

    ReplyDelete
  9. Myeyes0125: Betul, saya salah ketik. Senengnya punya pembaca yang teliti. :D

    ReplyDelete
  10. ha!! masuk 5 besar!

    ReplyDelete
  11. gagal pertamax aaaaaaaaaahhhhhh....

    ReplyDelete
  12. Bro Enigma,

    Apakah anda tidak tertarik untuk membukukan karya abang

    ReplyDelete
  13. @Andika: Saya kira semua penulis akan sangat senang jika karyanya bisa dibukukan.

    ReplyDelete
  14. lica lg.. lica lg.. bosen yo liat komen sy.. wkwkwk! :P

    ReplyDelete
  15. Pertamaxxx biaran 20 besar juga wkwkwkwk

    ReplyDelete
  16. Bukukan aja bang hehehehehe.

    Siapa tahu dapet sambutan hangat.

    ReplyDelete
  17. rizal achmad ..

    satu lagi kehebatan jaman dahulu ..
    masa2 zaman dulu yg semakin misterius hehe ..
    semakin banyak masa skarang menguak keajaiban masa lalu smakin menambah kemisteriusan masa tsb ..

    mantab bang enigma, keep posting ..

    ReplyDelete
  18. Waw..btre irak..jgn2 ada tamiya dr irak jg..
    :3
    Like this!

    ReplyDelete
  19. Hihiy, baca dulu yaaaaaa :)))

    -lannyi-

    ReplyDelete
  20. bukan bosen say.. cuman karena berbau konspirasi, jadinya gimana gitu.. hehe.. ^.^v

    ReplyDelete
  21. sorrry lupa
    @lica maksudku yang di atas
    belum post lg say??

    ReplyDelete
  22. mgkn semacam bom molotov pd jaman dulu..
    hehe..

    @lica: hmm..

    loet

    ReplyDelete
  23. keduapuluh enamx
    bener juga ya..kalau ada kegunaannya, apapun itu harusnya lebih dari satu ditemukan di sekitar situ.

    ReplyDelete
  24. wew...ternyata iraq itu sudah maju ya peradabannya dulu.sayang sekali skrg iraq lg porak poranda karna perang.

    ReplyDelete
  25. sebenarnya banyak penemu berasal dr arab sana...,
    hanya bangsa eropa dan amerika yg meneruskannya

    ReplyDelete
  26. @myeyes0125 : ya.. post di blog tiap bulan cm 3 cerita gitu... wkwkwkwkwk! :P

    @loet : -n,n-v

    ReplyDelete
  27. Penasaran, emang aspal t gimana si cara bikinnya, sama dibuat dari apa? Trus dari dulu apa emang digunakan buat jalan atau ada kegunaan lain?
    *yang lagi males ngegoogle ^^;

    ReplyDelete
  28. Myheart2105 berkata...

    Skrg ttg bterai yach...uwaah..menarik! ^0^
    Pnjelasanx udh lgkp bngtz..kmgknan besar emg BUKAN baterai yach...mgkn qt yg hdup d zmn modern ini ajah yg m'nganggapx bterai,,xixi^.^

    Gmna kalo itu emg bner2 tmpat pnyimpanan yg unik bwt manuskrip yg pntg/brharga? Manuskripx dgulung dmasukkan kdlm silinder tmbaga dsesuaikan agar bs muat, n dtengahx adlh btg besi supaya bgn tngah gulungan gk brsntuhan. Mgkn tujuanx agar lbh awet,.. N mgkn emg ada cairan asamx, agar kuman2x mati kali yach..so krtasx gk rusak..hehe.. :p

    Trus yg ini:

    ''Argumen ini cukup bisa
    diterima. Tetapi dengan
    menggunakan logika yang sama untuk membantah teori baterai, maka, mengapa hanya ada satu guci serupa yang ditemukan?''

    Mngapa cm 1 guci yg dtmukan? Umm..apa sdah pasti guci itu CUMA ada 1? Atw yg ditemukan baru 1? Mgkn aja khan kalo guci itu ada lbh dr 1 tp yg ktemu (baru) 1...mgkn yg lain blm ktemu atw udh hancur...

    @Om Enig:
    Kykx Om Enig suka kalo pmbca mngoreksi ejaan yach..
    Oya om Enig, di artikel ada yg krg tpat ejaanx..''ekspermen'',, huruf ''i'' x ktinggalan..^.^

    ReplyDelete
  29. Gladiat:
    wah, ternyata bro.E sdh punya 2 postingan baru. Baca dulu ya.

    Harap maklum bro, saya lagi kkn. Koneksi internet sulit apalagi lewat hp.

    ReplyDelete
  30. Wew.. Sprti'a 40 bsar nich..
    Hha..
    Lica truz ah pertamax..
    Jd da knspirasi baru nich..
    Hha..

    Hhm.. Mnurut saya tu btre bwtn abu nawas x..
    Haha.. : D

    bang enigma tu pnlitian msh brlnjut mpe skrng gk..?
    X ja saya bsa ikutn..
    Hhe..

    Oia.. ReQ donk tntng knspirasi pmbca enigma yg kta'a bang enigma da apa2 sma lica..
    Hhe..
    Qdink.. ^_^

    dtnggu postngan'a yha bang..

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  31. @Myheart2105: Ejaannya sudah saya koreksi. Kamu ternyata juga sama telitinya. haha.

    Soal penemuan guci itu, saya cuma menggunakan logika penentang teori baterei. Jika ada lebih dari satu guci yang ditemukan, maka argumen baterai ataupun tempat penyimpanan gulungan kitab akan menjadi sama-sama kuat.

    ReplyDelete
  32. Ditunggu komentar bro Hawkson dan Reza (selain kata hore diatas)sebagai anak teknik buat ikut nyumbang analisisnya...hehe

    btw, Bro Enigma bisa saja bertanya dalam sebuah pertanyaan...hehe...
    tapi kan bro apakah karna memang karna hanya ada 1 biji yang ditemukan maka harus dijudge bahwa benda itu bukanlah batere atau guci penyimpanan kitab??
    kalo menurut saya itu hanyalah ujicoba dari kebudayaan Parthian entah itu sebuah batere ato guci penyimpanan bahkan mungkin benda yang lain..hehe

    sorry, bukan anak teknik jadi menggunakan pemikiran subjektif yang lagi2 ngawur...hihi

    komen ini dipersembahkan oleh salah satu penggemar blog dan Bro Enigma yang telah dicerahkan hatinya baru2 ini, TYrips.

    ReplyDelete
  33. Gladiat:
    Bro E, saya sdh selesai baca 2 postingan yg terakhir. Dan saya lebih tertarik dgn postingan ttg tengkorak2 aneh.

    Tapi, postingan yg ini juga bagus kok buat nambah pengetahuan.

    So, tetap buat postingan yg menarik ya.

    ReplyDelete
  34. eh,
    .mengapa tutupnya dari aspal? yg lain bisa ga y?
    .aspal kedap thd apa aja?
    .bukannya aspal itu hasil akhir dari sisa pengolahan minyak bumi?
    .jaman segitu??
    .apakah ada aspal alami? (tdk dr olahan minyak bumi)
    .jika ada, banyak kah tersedia?
    hehehehehe
    hexachlor

    ReplyDelete
  35. im number 39 :D
    ooparts itu emang menarik ya^^ ... hemmm yang ketemu kan baru satu , tapi siapa tau nanti2 ketemu lagi , semoga ooparts banyak ketemu lagi yaa ... :)

    ReplyDelete
  36. Bagus bagus.. Agak berbeda dari postingan sebelum-sebelumnya. Sayang,kegunaan sebenarnya dr guci itu msh belum terungkap. =)

    ReplyDelete
  37. Om,coba bahas tentang teori lampu yang tergambar di dinding dalam piramid dong, yang ini lebih aneh lagi kan. Soalnya bagaimana orang2 jaman dulu menerangi ruang2an dalam yang gelap. Kalo baterai bagdad ini menurut saya ini masih dalam percobaan mereka. Mereka sudah mampu membuat listrik (kalo teori lampu terbukti) baterai coba teknologi percobaan lanjutan..mungkin.

    ReplyDelete
  38. Mgkn itu cm koleksi pribadi seseorang-yg mgkn hsl coba2nya sendiri, jd mmg blm dimanfaatkan scr umum di zamannya- yg ikut disemayamkan waktu dia meninggal, mmg ada tradisi mcm itu kan bang E? Mknya mmg blm jelas kegunaannya, jmlhnya cm satu dan kekuatan listriknya jg blm besar. Semcm eksperimen yg blm selesai saat penemunya sudah meninggal. Unfinished invention...

    ReplyDelete
  39. sulit dikatakan baterai
    tp mungkin p'cobaan bangsa irak untuk buat baterai
    Bang enig, bahas ttg jembatan situbanda a.k.a sri rama's bridge

    ReplyDelete
  40. k'30x. . .it's ok. .bs jd itu tmpt pnympanan ramuan obt2n d msa lampau. . (terlalu mengada2 ya. ?hehehe)

    agus edogawa

    ReplyDelete
  41. Antony :
    Absen trus baca.. he he he..

    ReplyDelete
  42. Bang E,kpan2 posting tentang jejak mason d indonesia donk..pliss yah

    ReplyDelete
  43. Lima puluh besar deh kayaknya. :D

    Sekedar berandai saja. Kala itu, insinyur2 mereka sedang melakukan percobaan membuat baterei, karena gagal mereka tidak meneruskan usahanya. Makanya tidak pernah ditemukan baterei lainnya.

    Temanku yang suka banyol malah bercerita, jika di Irak ditemukan baterei apa itu berarti mereka sudah mengenal listrik? tidak donk, lalu jika di Indonesia tidak pernah ditemukan jaringan kabel dalam penggalian arkeologi apa berarti kita pernah punya teknologi wireless???

    wkwkwkwkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  44. sebenarnya, yang modern itu kita atau mereka(peradapan "yg dianggap" kuno)?

    ReplyDelete
  45. wah bang enig udah lama hak komen soalnya akun google saya ilang
    langsung aja bang menurut saya baterry ini termasuk OOPATSU atau barang yang memiliki nilai sains yang seharusnya belum ditemukan saat itu.
    jadi pertanyaanya berarti orang orang pada masa lampau punya teknologi yang maju dong bang???
    thanx
    dhimasyuki

    ReplyDelete
  46. Bang enigma: saya mendukung usul Andika, kalau bisa dibukukan.... ato apa harus diajak polling pendapat para Enigmalovers?....(lebih bagus lagi kalau comment2 yg ok di setiap materi ditampilkan juga.... cuma usul aja)...

    ReplyDelete
  47. Waahhh..sangat menarik. Jadi apakah itu hihihih..
    Aq juga mau koreksi ah, Bang. (ikut2an si Myheart2105 yang banyak koreksi dan teliti ^^) pada bagian "Apakah fungsi baterai ini?" di sana kan ada kalimat "ia berhasil menciptakan arus listrik sebesar 0,5 volt" klo emang satuannya volt seharunya jadi ia berhasil menciptakan tegangan listrik sebesar 0,5 volt. klo mau pakai kata2 arus seharusnya jadi ia berhasil menciptakan arus listrik sebesar 0,5 ampere. Jadi maksud Bang enigma 0,5 Ampere ato 0,5 Volt nie? Itu aja deh, Bang..(n_n)..

    ReplyDelete
  48. bro, tau gak ??? The Noock ada lagi !!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  49. @agachi: kamu benar. Teliti sekali. Saya sdh cek ulang, dan memang yg dihasilkan adl 0,5 volt. Jd kata "arus" nya sdh saya singkirkan. Thanks ya bro. :D

    ReplyDelete
  50. Ni Jhon Doe,
    Apakah yakin Alessandro Volta yang menemukan baterai?
    Mungkin jaman dulu orang udah pernah menemukan dengan nama dan bahan yang lain. Hanya saja Alessandro Volta yang berhasil mempublikasikan dirinya penemu.

    ReplyDelete
  51. nandar:

    apakah mungkin,itu adalah barang2 penelitian para irak purba?
    sapa tau aja, pada jaman dulu juga ada org2 yg bisa kita sebut ilmuwan jaman dulu. mereka melakukan penelitian2. ini sebabnya juga hanya d temukan 1 buah benda.

    ReplyDelete
  52. nice post bro..
    keep up the good work

    ReplyDelete
  53. Zetta's opinion

    Ow, ooparts...
    Kalau dilihat dri sejarah penemuan2 benda2 penting hasil observasi/percobaan di dunia,bangkit dr zaman renainsance d Eropa
    Sedangkan, ilmu pengetahuan d timur tengah telah bangkit jauh sebelumx yg dikarenakan digiatkan bgi masyarakat sana.
    Boleh jadi saat bangsa eropa mendatangi timur tengah, mereka juga mempelajarix n mengembangkanx

    Interested article E!

    ReplyDelete
  54. Postingan keren,,
    N spt biasa sllu nambah info dgn gaya bhs yg enak d baca...
    Keep on posting bro
    -likethis-

    ReplyDelete
  55. Ada isu yg mengatakan, tsunami aceh terjadi karena uji coba/ledakan nuklir.
    Dan saat ini di beritakan 60% terumbu karang di pulau weh, aceh, mati.
    Apa mungkin terumbu karang itu mati karena radiasi?
    Atau isu tersebut benar adanya?

    ReplyDelete
  56. Sebenarnya saya punya teori tentang fungsi batere itu, tapi saya malu untuk menceritakannya..

    ya saya ceritakan deh..
    mungkin tabung itu digunakan untuk menciptakan api, untuk memasak dll. kemungkinan pemerintah bhagdad saat itu sedang krisis minyak tanah. sebagai pengganti minyak diproduksilah tabung itu.
    masuk akal jg kan?
    tentang kenapa tabungnya cuma ada satu, itupun yang masih tersegel, ya karena tabung2 yang lain pada MLEDAKK!!!
    jelas para ahli2 dari negara lain tidak memikirkan teori ini karena mereka tidak pernah mengalami fenomena seperti ini. berbanggalah Indonesia!
    mohon tanggapan bang Enigma

    Saint Germain

    ReplyDelete
  57. nice article bro E,, seperti biasa berkualitas,, hehe btw ufo di jembatan suramadu itu apakah hoaz bro??? sapa tau tertarik u/ mengupas nya :)

    ReplyDelete
  58. @kraken
    Wuakakakaka... Bisa aja temen anda bro..
    Btw, pertanyaan ku di postingan enigma kmrn bgm?

    ReplyDelete
  59. wah
    banyak sejarah disini
    makasih yaw

    ReplyDelete
  60. enigma, w prnh bca bku tntng unicorn judulnya historia et veriate unicornis kalo gk salah, tolong d tndk lanjuti soal'a d bku itu bnyk manuskrip2'a

    arczick

    ReplyDelete
  61. @hexachlor: aspal itu sudah ada sejak jaman mesir kuno. Malah dipake juga untuk proses mumifikasi.

    @myeeyes0125:Pertanyaan yang mana ya? saya cek lagi di postingan sebelumnya nggak ada.

    @anonymous 62: ufo jembatan suramadu sudah pernah ditulis oleh hawkson. ini linknya:

    http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2010/06/penampakan-ufo-di-suramadu-bukan-hasil.html

    ReplyDelete
  62. Eeh.. Kok ga ada ya? Ga msk kali bro. Mungkin cuma 1x aku klik "post comment" kali ya, karena harus diulang agar bisa masuk.
    Kalau di blognya KRAKEN, malah ga bisa masukin komen. Isi profile-nya itu loh, bgm? Gagal mulu..
    It's ok dah, never mind. Thx 4 ur att bro enig

    ReplyDelete
  63. hehe,
    spertinya bentuknya terlalu rumit, krn lebih praktis jika logamnya berbentuk lempengan dan disusun sperti sel volta.. itu kalau saya yg buat.. hehe..
    tapi saya jg blum menelitinya :D, mungkin ada kelebihannya jika logam dirancang sebegiturupa.
    hexachlor

    ReplyDelete
  64. menurut analisa saya, objek berupa guci yang bisa menghasilkan listrik skala batre ini merupakan pekerjaan orang2 zaman modern..!!

    orang itu menggunakan mesin waktu untuk kembali ke masa lalu, entah untuk tujuan apa (time traveler) ,dan ia membawa kamera digital untuk mendokumentasikan objek2 yang ditemuinya dimasa purba untuk dibawa ke masa depan..

    ketika telah beberapa hari ia berada dimasa lampau, orang itu pun ingin balik lagi kemasa depan, dan disaat itu pula mendadak didepan matanya mendarat sebuah pesawat bulat dan pipih alias piring terbang, ketika hendak memotret, eeh batrenya habisss.. lalu ia pun mengamati rombongan alien dari piring terbang tersebut, ternyata mereka sedang membuat taman gantung babylonia..

    lalu si orang ini memutuskan menunda kepulangannya, jiwa jurnalisnya terpanggil untuk mendokumentasikan peristiwa tersebut.
    dan dengan sedikit ilmu elektronik yang ia pelajari disaat sekolah dulu, ia pun mulai mengumpulkan bahan2 untuk membuat batre,

    selama beberapa hari ia telah berhasil mengumpulkannya dan mulai merakit batre ala macgiver.. dan ia pun berhasil menyalakan kameranya kembali.. dan memotret alien2 yang sibuk..

    ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, orang itu emang macgiver...

    ReplyDelete
  65. nandar said...
    @joe3lack hahaha.. saya suka komen anda ^^

    ReplyDelete
  66. Tolong kupas tentang teori konspirasi 'tabung gas 3kg'.....Mungkin ni salah satu cara mengurangi populasi penduduk. Hehe.
    Blog mantav suratav

    ReplyDelete
  67. Mungkinkah hasil eksperimen yang gagal?

    Kalabang.wordpress.com

    ReplyDelete
  68. Saya pikir ini adalah sejenis alat peledak atau granat versi kebudayaan kuno.

    Kemungkinan isi tabung seharusnya adalah sejenis bubuk mesiu atau minyak yang mudah terbakar.
    Dua lempengan logam (copper cylinder dan iron rod) adalah mekanisme untuk membuat pemantik. Prinsip kerjanya sederhana, dua lempengan logam dari percobaan terbukti bisa menghasilkan listrik, maka sebenarnya yang dibutuhkan bukan listriknya tapi percikan api yang dipantik dari dua lempengan logam tersebut.

    Tinggal lempar granatnya... pemantik memercikkan api... dan BUMMM!!
    (mungkin daya ledaknya gak kalah sama tabung elpiji hehehe)

    Sederhana namun luar biasa mengingat usia penemuannya 2000 tahun yang lalu.

    ReplyDelete
  69. tolong kupas tentang alchemist nicolas flamel, apakah memang ada nicholas flamel bung......

    gud posting:D

    ReplyDelete
  70. Wow, artikel ma komen, lbh byk komennya...!

    ReplyDelete
  71. bung enigma, tolong bongkar habis konspirasi maha besar kasus ini, century gate... kayaknya bakal rame yang komen

    ReplyDelete
  72. wouw...my fave topics!! OOPARTS n any other artefacts.... bahas juga yg jet emas itu dong mas... :)

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  73. kakak itu yakin dah dari jaman purba pasti yang buat pintar banget ya pada masih main batu yang ini main listrik

    ReplyDelete
  74. Kok tumben yg komen sepi ya? Biasanya udah lebih 100 komen. Postingannya masih dingin nih. Ayo diangetin!

    ReplyDelete
  75. masuk 100 besAr ga ya.. hihihi, komennya lucu2.. bisa jadi dulu sudah mulai ditemukan, tp saya ga yakin klo peradaban dulu lebih maju, ingat teknologi terkini adalah elektronika. adakah artifak masa lalu yg mnunjukkan elektronika?... salam buat my heart, lica sukses ya always numero uno...

    ReplyDelete
  76. bang bahas juga tentang lampu kuno dari mesir dong bang, kan ada hieroglifnya juga ,,, di youtube aye pernah liat ada yang coba bikin replikanya dan berhasil ....

    ReplyDelete
  77. Bang enigma, mau saran :) bagimana kalau komentar seperti pertamax, keduaxx dan axx lain2 nya tidak usah di approve saja. Jujur saya gerah baca komen dgn kata-kata seperti itu. Kalau mau main pertamax lebih baik di kas**s saja teman. Mari kita ciptakan komentar yang bermutu, hilangkan kata pertamax khas kask**s yg mulai tak terkontrol di mana-mana

    ReplyDelete
  78. seperti biasa .. john wayne gacy ..
    wahyenx666

    ReplyDelete
  79. saya senang membaca artikelnya..
    mungkin saya pembaca yang baik.. bkn komentator yang baik..
    hehehe :D

    ReplyDelete
  80. jauh dari pertamax XD

    hmmm mungkin barang2 iseng yg dibuat jaman dulu *skeptis* XD

    ReplyDelete
  81. Boz, ada 3 video aneh yang saya dapet dari youtube beberapa waktu lalu.. Tolong komentarnya ya..

    1. Singa mengaum Allah (OnixRoom/video1)
    2. Ikan muka manusia (OnixRoom/video2)
    3. Mata misterius (OnixRoom/video3)

    Trims b4.. | Onix Room - AHONX in ACTION

    ReplyDelete
  82. bang enig, mw tanya, jembatan garam to salt bridge itu bukanny wujudnya agar-agar ya, beda sama tabung kimia kan? dan fungsinya kan bukan cuma penghubung, namun yang membuat rangkaian menjadi tertutup dan sel galvani bisa bekerja terus-menerus karena mengalirkan elektron yang tadinya terpindahkan lewat kabel kan??

    o y, request pembangkit nuklir kuno di daerah afrika yang katanya jauh lebih aman pengolahan dan tata tempatnya daripada sekarang dong.

    terima kasih...

    ReplyDelete
  83. Ariel 10 said...
    Ah akhir2x ini Temanya tentang misteri masa lampau ya?..

    ReplyDelete
  84. masih misterius ternyata...

    ReplyDelete
  85. @pradipta25: salt bridge itu bs berbentuk tabung kimia. Tp kamu jg benar krn didalam tabung kimia itu hrs diberi elektrolit yg dibuat jd spt gel. Info ini sdh sy tambahkan di tulisan atas. Thks ya bro. Soal reaktor nuklir purba, sdh pernah saya tulis di sini: xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/reaktor-dan-ledakan-nuklir-purba-kisah_31.html.

    ReplyDelete
  86. bang bro, saya baca kok malah yang melintas di otak fuze mechanism dari hand grenade yah?
    mirip... cuma ga ada striker-nya aja.....

    ReplyDelete
  87. Haha. Iya. Memang mirip. Si loet di komen no.27 jg blg itu kyk bom molotov.

    ReplyDelete
  88. Myheart2105 berkata...

    @Dwiero:
    Halo dwiero,,salam balik yach..^0^
    Sukses slalu,,..^0^

    ReplyDelete
  89. wah telat ane
    internet eror berapa hari aja commentnya udah segunung gini!
    @lica: skali skali bagi bagi dong pertamaxxnya!
    wakaka

    ReplyDelete
  90. Mungkin saja dulu peradaban begitu maju, layaknya mitos tentang Atlantis yang konon katanya adalah Indonesia.

    ReplyDelete
  91. bagaimana kalau ternyata artefak itu dibuat untuk menyimpan listrik?
    dan sumber listriknya berasal dari ikan listrik.
    o(@@)o
    .(-).
    hihi..

    ReplyDelete
  92. @linus tua ; linus, di irak tidak ada ikan listrik. kecuali kamu bawa dulu ke sungai nil, disana baru ada ikan listrik. baru bisa ngisi tu artefak. hahaha...dasar linus! atau raja irak itu miara ikan listrik gitu maksudnya?

    atau barangkali artefak itu barang impor dari mesir kah? mungkin dalamnya buat nyimpan emas atau batu2 permata dari mesir. untuk safety-nya dibuat semacam alat yang bisa nyimpan listrik. kalau tutupnya dipegang bisa bikin orang pingsan.
    untuk mengambil isinya, tabung itu dipecahkan dulu, makanya artefak ini tidak banyak ditemukan.

    ReplyDelete
  93. Inspired from KraKen’s & joe 3lack’s | comment number: 48 & 69
    Dalam sebuah proyek intelejen yang sangat rahasia, Negara Utara sedang membuat alat yang diberi nama Portable Time Surfer – PalmS - yang hemat energi, seukuran telapak tangan. Minggu depan, prototipe alat ini akan didemonstrasikan di depan petinggi militer Negara Utara. Dalam mempersiapkan acara tersebut, maka dilakukan uji coba intensif. Karena kelalaiannya sendiri, seorang kandidat profesor sains yang terlibat dalam proyek ini terdampar ke masa Parthian tepat malam hari di samping rumah pembuat gerabah yang baik hati, Portable Time Surfer masih di tangannya.
    Setelah membaur beberapa lama [dengan kamuflase:pura-pura bisu dan tuli], ia memutuskan menghidupkan kembali prototipe Portable Time Surfer. Satu-satunya jalan adalah dengan membuat baterai darurat dengan bahan yang ada disekitarnya ditambah dengan seutas kabel kecil dari saku jas lab-nya.
    Singkat kata, prototipe Portable Time Surfer mulai booting, indikator baterai menyala penuh. Setelah loading beberapa saat, muncul tulisan :”… Loading halted, all data formatted..”
    “Oh my GOD… I believe YOU now… Please send me back to home… I’m begging YOU, please POOR me.. I want YOUR mercy. I want to go home – I want to go home….”, ujarnya secara reflek dengan suara keras.
    Keesokan harinya, ia digiring ke hadapan raja dengan tuduhan merapalkan mantera sihir yang tidak dimengerti dan berpotensi membahayakan pertahanan negara. Barang bukti baterai disita untuk kerajaan, sedangkan Portable Time Surfer dimusnahkan. Dia dihukum seumur hidup, dan tercatat dengan nama : Magayaffar.

    ReplyDelete
  94. mungkin aja tuh beneran baterai walaupun bentuknya benar2 pas2an, mungkin zaman purba dlu sudah ada ilmuwan lalu bikin penemuan, namun karena saat itu belum ada alat yg pake listrik, dan ngga ngerti listrik, jd ngga kepakai alat itu. tapi mungkin saja itu benar adanya baterai zaman purba, seperti ditemukan artifak batu baterai pada kapal yg diperkirakan kapal nabi nuh

    memang misteri masa purba sulit dipecahkan dan banyak teori2 berkembang seperti tentang perang nuklir zaman prasejarah atau pesawat terbang prasejarah. smuanya masih menjadi misteri....

    ReplyDelete
  95. hm... mungkin ini digunakan sbg tempat penyimpanan anggur/cuka
    mengingat ada residu dari 2 bahan ini...
    dan penggunaan aspal sbg penutup

    lalu guna besi dan yg lain berada didalam guci tersebut?

    mungkin dengan besi bisa merubah cita rasa

    CMIIW
    bro Enigma

    ReplyDelete
  96. madesv:

    kyknya asumsi kegunaan 'baterai' ini bs lebih byk dari itu loh. coba diliat lagi, itu 'baterai' kan bentuknya ga umum tuh, lagian cuma ad 1 (asumsi hanya berdasarkan fakta tulisan ini aj). berarti kita bs beranggapan klo baterai itu sebenernya emg ga lazim bahkan utk kalangan orang Irak pd masa itu...

    ReplyDelete
  97. tolong dong boss,, cerita mengenai segitiga bermuda dan titanic agar sedikit lebih di posting lagi yang terbaru soalnya saya tertarik dengan cerita misteri tersebut..
    mkasii salam hangat blog enigma :)

    ReplyDelete
  98. lebih kritis lagi... mungkin saja ada seorang ilmuwan yang berusaha mengembangkan sesuatu dan hanya membuat 1 prototype saja

    ReplyDelete
  99. Mungkin itu memang bukan baterai, tapi penyimpanan sejenis jus, kemudian antara kedua logam dihubungkan. Sehingga terjadi arus dan jus tersebut jadi minuman lain yg lebih 'menyenangkan', kira-kira gt ya?

    ReplyDelete
  100. kesalahannya adalah, bahwa sebenarnya zaman purba itu tidak pernah ada!

    ReplyDelete
  101. kalian pikir manusia zaman dahulu seperti monyet yang tak punya akal pikiran?
    sehinakah itu tuhan menciptakan manusia :makhluk paling sempurna?

    ReplyDelete
  102. aku pernah loh baca komik doraemon yang intinya hampir sama kayak gini, katanya listrik bisa dihasilkan jika menyentuhkan logam? (apa nih gtw ato timah, emas, perak, tembaga entahlah, pokoknya elemen yg digunakan untuk bikin koin jepang)dengan cairan asam yg dihasilkan jeruk *di komiknya* selengkapnya aku lupa

    ReplyDelete
  103. Bang bener ga ya kayakny seperti bom lempar ato petasan lempar hehehe

    ReplyDelete
  104. mungkin ini masih percobaan yg dilakukan seseorang? makanya cuma satu, krn gagal dan gak tau mau diapakan lagi akhirnya terbuang LOL

    ReplyDelete
  105. nah, pas seperti anon atas saya. guci tersebut niatnya mau untuk percobaan, tapi gagal jadi ditinggalkan.

    ReplyDelete