Monday, July 26, 2010

Misteri tengkorak-tengkorak aneh dari Peru

Ketika para arkeolog menemukan tengkorak-tengkorak aneh berbentuk memanjang di beberapa bagian dunia, segera muncul teori kalau tengkorak-tengkorak tersebut sebenarnya adalah milik para alien yang pada masa lampau mendatangi bumi. Benarkah begitu?


Saya sering mendapatkan pertanyaan mengenai tengkorak ini. Tetapi baru kali ini saya memutuskan untuk mempostingnya. Tengkorak ini telah banyak menimbulkan banyak kesalahpahaman karena bentuknya yang aneh dan tidak biasa. Namun, sebenarnya, ada penjelasan yang masuk akal mengenai keberadaannya.

Elongated Skull
Tengkorak-tengkorak misterius tersebut dinamakan elongated skull atau tengkorak memanjang yang mulai dikenal luas ketika Robert Connolly mempublikasikan foto-foto yang diambilnya dari seluruh dunia.

Kebanyakan tengkorak seperti ini ditemukan di Peru di antara tengkorak-tengkorak suku Inca lainnya. Karena itu, tengkorak memanjang ini juga dikenal dengan sebutan Peruvian Skull atau Inca Skull.

Tengkorak serupa kemudian juga ditemukan di banyak negara lain di dunia, mulai dari Jerman, Perancis, Mesir, Afrika dan yang terbaru adalah di Siberia. Menariknya, di Mesir kita bisa menemukan relief pada bangunan-bangunan mereka yang menunjukkan adanya tokoh-tokoh yang memiliki bentuk kepala memanjang seperti ini.

Salah satu contohnya adalah ratu Nefertiti yang termashyur. Lalu, konstruksi ulang yang dilakukan terhadap kepala raja Tutankhamon juga menemukan kalau raja ini memiliki bentuk kepala memanjang seperti Nefertiti.

Dari dulu, memang banyak yang percaya kalau bangsa Mesir telah membangun piramida dengan bantuan alien. Adanya relief ini semakin membuat banyak orang yang percaya kalau beberapa tokoh Mesir yang ternama adalah keturunan alien.

Relief yang menunjukkan ratu Nefertiti dengan topi besar

Raja Tutankhamon dengan kepala memanjang

Walaupun koleksi Peru adalah yang paling terkenal di dunia, namun tengkorak Peru yang diperkirakan berusia sekitar 1.000 tahun itu bukanlah tengkorak memanjang tertua yang pernah ditemukan.

Pada tahun 1982, para peneliti menemukan tengkorak yang diklaim sebagai milik manusia Neanderthal yang berasal dari tahun 45.000 SM di gua Shanidar di Irak. Ini membuat tengkorak gua Shanidar menjadi tengkorak memanjang tertua yang pernah ditemukan.

Karena karakteristiknya yang aneh, maka spekulasi pun berkembang mengenai asal-usulnya.

Lalu, benarkah tengkorak ini milik dari alien atau makhluk misterius lainnya?

Darimana asal Tengkorak ini?
Sebagian peneliti UFO percaya kalau tengkorak ini adalah milik alien atau manusia keturunan alien (alien hybrid). Tetapi, tentu saja teori ini tidak bisa dibuktikan karena argumen ini juga didasarkan pada teori lain (teori ancient astronout) yang juga belum terbukti.

Lalu, peneliti lain menyatakan kemungkinan kalau tengkorak itu adalah milik ras manusia tertentu yang memang memiliki karakteristik kepala seperti itu. Namun, masalahnya adalah tengkorak memanjang ternyata ditemukan tersebar luas di banyak tempat di dunia. Ini membuat teori ini menjadi semakin tidak mungkin karena penyebaran ras di masa lampau sangat terbatas. Lagipula, hingga hari ini, para peneliti belum bisa mengidentifikasi ras yang dimaksud.

Teori yang lain lagi menyatakan kalau tengkorak memanjang tersebut mungkin adalah hasil dari sebuah penyakit yang mengubah ukuran kepala. Ini cukup bisa diterima karena pada masa modern ini, penyakit seperti itu memang ada. Namanya Craniosynostosis.

Tulang tengkorak bayi tersusun atas beberapa lempeng tulang. Celah di antara lempeng ini disebut sutura. Pada bayi yang baru lahir, sutura ini masih lebar dan belum tertutup rapat.

Jika Sutura tersebut menutup secara prematur, otak bayi akan bertumbuh ke arah sutura yang masih terbuka. Dengan demikian, kepala anak akan mulai memanjang. Inilah yang disebut Craniosynostosis.

Namun teori ini juga dipersoalkan mengingat Craniosynostosis tidak bisa menghasilkan kepala dengan bentuk memanjang yang sempurna. Pada banyak tengkorak memanjang yang ditemukan, bentuknya cukup sempurna sehingga terlihat kalau kepala itu seperti dibentuk dengan sengaja.

Karena itu, sekarang kita akan melihat teori lainnya yang dianggap sebagai jawaban paling masuk akal mengenai asal-usul tengkorak ini.

Cranial Binding - Modifikasi bentuk kepala
Menurut teori ini, tengkorak memanjang tersebut dihasilkan dari modifikasi kepala yang memang sengaja dilakukan oleh suku-suku purba. Teknik modifikasi ini disebut Cranial Binding.

Praktek seperti ini cukup umum ditemukan di negara-negara Amerika Latin pada masa lampau. Namun mulai menghilang ketika para misionaris kristen masuk ke wilayah-wilayah itu.

Sebagai catatan, modifikasi tubuh bukanlah sesuatu yang aneh dalam tradisi suku-suku purba di seluruh dunia. Misalnya, kita mungkin mengetahui mengenai suku Karen di Burma yang menaruh banyak gelang besi di lehernya sehingga leher mereka menjadi lebih panjang. Lalu, praktek Foot Binding yang dilakukan pada perempuan Cina masa lampau yang membuat telapak kaki mereka menjadi lebih kecil dan lain-lain.

Mengenai Cranial Binding, kita bisa menemukan tradisi ini disinggung dalam banyak catatan-catatan kuno.

Cranial Binding di dalam sejarah

Hippocrates, pada tahun 400 SM, pernah menulis mengenai sebuah suku yang disebutnya suku Macrocepheles karena praktek mereka dalam memodifikasi bentuk kepala.

Lalu, Freidrich Ratzel dalam bukunya yang berjudul The History of Mankind yang terbit tahun 1896 juga melaporkan adanya tradisi modifikasi kepala di Tahiti, Samoa, Hawai dan New Hebrides.

Lalu, suku Huns di Jerman juga mempraktekkan tradisi ini yang kemudian juga diikuti oleh suku-suku lain yang ditaklukkannya. Praktek serupa juga dilakukan oleh suku Aborigin di Australia dan beberapa suku Indian Amerika seperti Chinookan dan Choctaw.

Princess of the House of Este - Bangsawan Italia abad ke-15

Jika kita tidak memasukkan tengkorak memanjang yang diklaim sebagai kepunyaan manusia Neanderthal, maka mungkin bangsa Mesir adalah bangsa yang paling awal melakukan modifikasi kepala, yaitu sejak tahun 3.000 SM. Ini menjelaskan adanya relief yang menunjukkan beberapa tokoh yang memiliki bentuk kepala memanjang.

Jadi, budaya ini cukup mendunia.

Proses Cranial Binding
Proses Cranial Binding dilakukan sejak seorang bayi baru lahir ke dunia. Umumnya, mereka akan menggunakan kulit, tali atau kain untuk mengikat kepala bayinya hingga beberapa tahun ke depan untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Cranial Binding

Modifikasi kepala yang dilakukan oleh suku-suku purba juga tidak hanya untuk menghasilkan bentuk kepala yang memanjang. Kadang, ada suku yang justru menginginkan bentuk kepala yang datar. Ini disebut Flattening Skull atau meratakan tengkorak kepala.

Flattening Skull

Mengapa Cranial Binding dilakukan?
Umumnya, modifikasi ini dilakukan sebagai tanda kecantikan dan penanda status. Di banyak suku, kepala yang memanjang mengindikasikan kalau ia adalah keturunan ningrat.

Selain itu, ada suku lain yang percaya kalau memanjangkan bentuk kepala dapat meningkatkan kecerdasan seseorang dan membuatnya lebih dekat kepada dunia roh. Kepercayaan ini salah satunya bisa ditemukan di suku di pulau Tomman, Vanuatu.

Lalu, apakah tradisi ini masih bisa ditemukan pada masa kini?

Jawabannya adalah: Tentu saja!

Walaupun Cranial Binding dengan teknik yang ekstrim telah lenyap sekitar 100 tahun yang lalu, namun praktek yang lebih moderat masih bisa ditemukan pada masa modern ini.

Cranial Binding di Masa Modern

Karena itu saya mengatakan kalau penjelasan ini lebih masuk akal karena kita masih bisa menemukan contoh-contohnya di masa modern ini.

Misalnya adalah suku Mangbetu di Kongo Utara dan suku Zande di Afrika Tengah. Dalam kasus suku Mangbetu, Modifikasi kepala dilakukan sebagai ekspresi kecantikan dan tanda kepintaran. Mereka melakukannya dengan mengikat kepala bayi mereka dengan tali. Lalu, ikatan itu akan dikencangkan setiap beberapa bulan sehingga menghasilkan bentuk kepala yang diinginkan.


Walaupun banyak contoh yang bisa kita lihat, sebagian peneliti masih ragu dengan teori modifikasi kepala. Menurut mereka modifikasi yang dilakukan tidak bisa menyamai besarnya tengkorak-tengkorak Peru yang ditemukan.

Namun, Beatrice Blackwood dan PM Danby yang sejak lama menyelidiki modifikasi kepala percaya kalau ukuran kepala yang dihasilkan bisa berbeda tergantung dengan metode yang digunakan. Ini bisa ditemukan pada praktek salah satu suku di Papua Nugini yang ternyata menggunakan beberapa metode yang berbeda untuk membentuk kepala.

Metode tertentu mungkin bisa menghasilkan ukuran kepala yang super ekstrem seperti pada tengkorak-tengkorak Peru.

Lalu, bukti lain yang menguatkan teori ini adalah fakta kalau tengkorak-tengkorak tersebut ditemukan di wilayah yang suku-sukunya diketahui memang mempraktekkan Cranial Binding, seperti Peru, Mesir dan Eropa.

Jadi, saya rasa penjelasan ini lebih masuk akal dibanding teori lainnya yang tidak didukung oleh bukti yang kuat.

Satu-satunya pertanyaan yang mungkin masih belum terjawab oleh para peneliti adalah mengapa praktek ini bisa dilakukan di banyak wilayah di dunia oleh suku-suku yang berbeda yang terpisah oleh wilayah Geografis yang cukup jauh?

Siapakah yang mengajarkan mereka untuk melakukannya?

Apakah mereka belajar dari orang yang sama?

(bmezine.com, ahotcupofjoe.net, class.ufl.edu, wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

164 comments:

  1. Keduax kah, akhirnya stelah sminggu online nungguin kesempatan ini . . .

    Koq kalo di liat2, kya di film ALIEN?

    ReplyDelete
  2. keduax.....
    Nice post....

    ReplyDelete
  3. .hmmmm..baca dulu ahh.....

    ReplyDelete
  4. lica mana nih..? DeeLaBelle yg nongol duluan.. :D

    ReplyDelete
  5. Masuk 10 Besar gan,, hahahaha,,
    baca dulu ah,,

    ReplyDelete
  6. 10 besar ga ya..?ririn

    ReplyDelete
  7. keduaxxxxxxxxxxxx...mantabsssss!!!!!!!

    ReplyDelete
  8. nice posting...kalau boleh request ini tentang aktivasi otak tengah.ini labih banyak bahayanya atau manfaatnya bung.terimakasih

    ReplyDelete
  9. Bagi saya itu adalah tradisi yang menyeramkan..

    ReplyDelete
  10. wah dahsyat banget tuh... tengkorak aja dimodif

    ReplyDelete
  11. Mengerikan juga ya... dai semua penjelesan di posting ini, saya sangat menyukai pertanyaan Anda yang terakhir : mengapa praktek seperti itu ada di beberapa belahan bumi? saya rasa mereka itu belajar dari satu sumber.. karena kebetulan tidak mungkin lebih dari du atau tiga kan? Jika tiga maka sama saja dengan keberuntungan.. Sama seperti ini: manusia di belahan bumi bisa menggambar dan membuat patung. Jika ada manusia dari tempat A bisa membuat karya yang sealiran dengan tempat yang B, maka kemungkinan besar, ada yang pernah mengajarinya atau pernah melihat proses pembuatan karya itu.. Jadi, menurut pendapat saya, pernah terjadi pembelajaran teknik pembesaran kepala dari suku kepala besar (macrochepeles-macro, cephalo) jika memang suku kepala besarlah yang pertama kali melakukannya, oleh suku atau bangsa lain yang melihat teknik tersebut

    ReplyDelete
  12. menyeram kan kalau kayak gitu biasanya di ledek panjul sama teman teman kayak kakak saia tuh oh ya bro enigma game yang dulu dah saia modifikasi makin seru http://duniacz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. setelah sekian lama absen akhirnya muncul lagi ane

    Di Indonesia kira-kira ada ga? Mau tau aja

    Cranial binding, serem banget ngeliatnya (ngeliat prosesnya :D )

    Suku inca kli emang kepalanya gede makanya beda

    ReplyDelete
  14. Buseeeeeeetttttt

    Didominasi oleh ANONIM

    ReplyDelete
  15. Komen saya yg pertama setelah setahun menyimak.
    Good job Mr.E

    Gerry_Gahara

    ReplyDelete
  16. *cepty*
    dengan sangat menyesal saya menyatakan saya ke-enambelassxxx

    ReplyDelete
  17. aku takkan bisa tidur dg kepala spt itu..
    menyusahkan
    hexachlor

    ReplyDelete
  18. Spa yg mw nyoba metode itu bwt anaknya bsk?
    :3

    ReplyDelete
  19. Lica... where're you?
    Bro E lupa ga kasi tau yah..?

    baca dulu ah...

    ReplyDelete
  20. ngeri coy, jadi alien mode: ON

    ReplyDelete
  21. yach 30 besar ga apa2 dech PERTAMAXXXXXX wkwkwkwk
    Aneh baru tahu ada kepala yang kaya gitu,yang saya tahu ada yang lehernya panjang,trs telinganya yang dibolongin ampe lebar n satu lg ada yang bibirnya pake sejenis plat kaya piring dan hasilnya bibirnya jadi dewer hehehe.Bang enigma ini selalu beda artikelnya Update trs.keren...keren...keren...nice posting bang

    ReplyDelete
  22. Owh...Pantesan ada istilah "Jidat Jenong", kepalanya bisa melebar sejak bayi ya...??Hhohoho...

    ReplyDelete
  23. Bro Enigma,Cranial Deformation dan Cranial Binding apakah sma Bro? Klo sm,mgkn msteri myt alien peru yg jtuh pd thn 1947 (cmiiw) bs dipecahkan..

    ReplyDelete
  24. saya tahu jawabannya! karena ada seorang/seekor alien yang mengajarkan ke beberapa manusia di tiap belahan manusia... *hehehe... bcanda... ;)

    ReplyDelete
  25. wew tengkorak bisa digituin..

    ReplyDelete
  26. kapan ya pertamax bisa ku beli...wkwkwkwkkw
    mas enig kok jarang posting c,sibuk apa bahanya posting(yang menarik) lagi sepi....!???___fidirose

    ReplyDelete
  27. kok mirip kepalanya harits ya? wkwkwkwkwk just kidding

    ReplyDelete
  28. Myheart2105 berkata...

    Manusia emg aneh2..eh maxudx unik2 yach...
    Q br tau yg kyk gini,,nambah pngetahuan lg neyh..Thank you om Enig ^0^

    Oya om, postnganx bguz,,n q pnya bbrapa prtnyaan:

    1. Om ada gk info kalo cranial binding pnya efek negatif bg orgx? Apa otakx gk pa2 yach?

    2. Apa ada info ttg tknik cranial binding suku di papua nugini yg bs membuat kpalax jd gde sgede tngkorak lonjong yg di Peru?

    3. S7 ma pertanyaanx, apakah cm kebetulan yach..misalx suku2 trtentu d berbgai belahan dunia,,melakukan cranial binding? Tp dgn tujuan yg brbeda2. 1 suku menganggapx lmbg kecntikan, suku yg lain mnganggapx sbg lmbg kebangsawanan,,atw suku yg lain mnganggapx sbg tnda kcerdasan atau kearifan,,dll..bs kyk gtu gk yach??
    Tp mncul lg prtnyaan, knapa kepala lonjong bs dbilang cantik/ningrat/cerdas ?_?
    Jd bingung..?_?

    ReplyDelete
  29. @Vahn Saryu: Cranial deformation itu artinya perbuahan bentuk kepala secara umum, baik karena penyakit, tidak sengaja ataupun sengaja.

    Kalau Cranial binding adalah metode mengikat kepala supaya berubah bentuk.

    ReplyDelete
  30. Bang E, prtanyaan anda menurut saya dpt dijwb dgn pemikiran bhw 'Setiap org istimewa pd dsrnya memiliki jln pikiran yg cenderung sama dlm hal2 trtentu yg kemudian akan ditularkan di kebudayaannya. No need globalization there. The specials all over the world n time in same orientation. Keliatan kan kalo mereka hanya mempraktekkannya hanya kpd mereka dan keturunannya, bknnya kpd keseluruhan masyarakatnya? Mereka memiliki pemikiran yg sama utk membuat mereka istimewa diantara masyarakatnya. CMIIW...

    ReplyDelete
  31. Menarik sekali Mr.Anonymous, cuma memang kalau banyak suku di dunia bisa memiliki pikiran yang sama untuk melonjongkan kepalanya, maka itu cukup membingungkan. Kalau misalnya sama-sama kepikiran untuk membangun jalan. membuat bangunan besar dll, mungkin masih cukup masuk akal.

    ReplyDelete
  32. @myheart2105: Pasti ada efek sampingnya. Kerja otak memang bisa terganggu. Soal papua nugini, saya tidak punya informasinya.

    ReplyDelete
  33. wah keren tengkoraknya...
    lagi - lagi bro Enigma memberikan teka - teki pada akhir tulisannya.., bro Enigma orangnya emang ngegemesin deh...hihihihi
    btw, hampir mirip dengan prosesi pemanjangan leher oleh beberapa suku yang saya lupa namanya (kalo gak salah dayak juga ada)...


    by Petinggi perusahaan minyak terbesar didunia, TYrips oil corporation

    ReplyDelete
  34. @Petinggi perusahaan minyak: kan saya sudah singgung soal suku yang manjangin leher di tulisan atas. Namanya suku Karen dari Burma. Kamu nggak konsentrasi ya? apakah lagi mikirin tumpahan minyak di teluk Meksiko? Katanya itu konspirasi lho.

    ReplyDelete
  35. PERTAMAXXX!!
    (pede aja lg)
    -indra nur revolusi-

    ReplyDelete
  36. Trkadang bangunan monumental tdk cukup utk mengekspresikan keistimewaan kita bang E, fisik diri jg kdg menjd korbannya, hahaha... Hanya org2 trtentu di kebudayaan itu serta keturunannya yg boleh mempraktekkannya kan? Tp yg pasti, utk kasus kepala ini, sang pemilik ide awal tak berkesempatan melakukannya kpd dirinya sendiri. Hmm, ironic!!

    ReplyDelete
  37. Setuju. Karena itu modifikasi tubuh masih dipraktekkan oleh manusia masa modern ini. Bahkan ada yang sengaja menanam tanduk di kepalanya.

    ReplyDelete
  38. di indo jg ada bro,tp bkn kepala yg dipanjangin..
    nama sukunya klo ga slh suku Mak Er+t..

    ReplyDelete
  39. wah...kebetulan saya lagi banyak masalah nih bro!! gak tahu kenapa konsentrasi sayapun jadi gak fokus dan bahkan saya jadi malas melihat bog saya... apakah ini tanda - tandanya orang dalam masa puber ya bro?? (gak usah dibahas bro, saya jadi kelihatan curhat disini)...hihihi


    by Orang yang pengen liat bro Enigma bikin blog Motivasi hidup, TYrips

    ReplyDelete
  40. @Tyrips: Hmm, saya doakan masalah kamu segera beres Tyrips.

    ReplyDelete
  41. anggap saja kebetulan, haha
    banyak kenyataan yg memang sulit dipercaya.. :D
    hexachlor

    ReplyDelete
  42. Angulus Ludovici:
    Awesome posting! Bravo Bung Enigma!!! Luar biasa.
    Semakin mengikuti blog anda, semakin ketagihan...
    Gawat nih.
    Btw bahas dong tentang Sphere Stone dari Costa Rica. Bung Enigma, apakah sphere stone ada penjelasan bagaimana CARA pembuatannya di jaman sebelum ada perkakas canggih? Saya penasaran bagaimana mereka bisa membuatnya.

    ReplyDelete
  43. pertanyaan terakhir mengingatkan saya kenapa candi sukuh berbentuk seperti piramida begitu, yang mirip dengan bangunan Inca...

    ReplyDelete
  44. @Bondan: betul sekali. Piramida bisa ditemukan juga ditempat2 yang sama dengan tempat penemuan tengkorak memanjang, seperti mesir, Peru dan Eropa.

    ReplyDelete
  45. selalu telat untuk comment yg pertam, hanya berhasil 60 besar.
    Bro enigma curang nih, akhir2 ini posting pagi2 mulu. Eh skrg malah malam.

    ReplyDelete
  46. ko kepalanya peyang? ha ha
    sadis ngebentuknya

    ReplyDelete
  47. wuih, sadis amat. Ga kebayang bayi mungil dan lucu diikat kepalanya ditambah bla bla bla pula.. Kasihan. Kenapa ada orang tua yg tega melakukan hal ini kpd anaknya? Di mana nuraninya.
    Orang yang masih mempraktekkan ini di jaman skr bisa dijerat hukum tdk ya? UU perlindungan anak.

    Iiihh.. Ngeri aku membayangkannya...

    ReplyDelete
  48. di dunia modern masih ada bro enigma, di US malah.namanya Marge Simpson.wkwkakakka.
    K'

    ReplyDelete
  49. Myhead 5012 said :

    haha...

    benar - benar manusia.... selalu memiliki kebudayaan yang aneh2 (unik2)...

    kalo menurut saya mungkin mereka melakukan hal tersebut bukan hanya untuk kelihatan sebagai orang yang cantik atau pintar... melainkan agar mereka juga kelihatan "tidak sama" dengan yang lain (seperti dikatakan di atas, gol. ningrat misalnya)

    tapi kalo punya bentuk kepala seperti itu kelihatannya cocok jadi pemain bola (haha)

    haha

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  50. wuaseeeeeeeeme,
    tu pala orang afrika kok mirip ky semangka non-biji yang tadi gw bli yak?!
    aneh2 aja tu orang,xixixi......

    ReplyDelete
  51. mungkin mereka terinspirasi waktu nonton film E.T :p hahha

    ReplyDelete
  52. hahaha. Meskipun ga jd yg pertama komen, tp sy jd yg pertama baca.. Huhuyy! :P

    Ohya, itu kepala puanjang bngt ntar rambutnya gmana ya.. Hmm.. Ga bs dibayangin klo iklan shampo kepalanya kyk gt.. Huahahahaha! :D

    ReplyDelete
  53. antony :
    nice posting bro.. baca dulu ah..

    ReplyDelete
  54. Ni John Doe,
    Moga2 tidak jadi trend, karena desain tinggi pintu standar cuma 2 meter, kasian kalo kebentur kusen pintu.. hehe

    ReplyDelete
  55. Mau ke berapapun whatever deh yg penting saya bisa ngomen ahirnya :)
    Om Enigma tulisannya bagus² banget Om serius .
    Setelah ketemu blognya om Enigma beberapa bulan yang lalu saya jadi punya alternatif lain ketika buka internet selain hanya update status di situs² jejaring sosial loh hehe
    Berkat om saya jadi tau tentang teori konspirasi, ufo, crop circle, teleportasi, alchemist dan istilah2 lain yg sangat menarik perhatian saya yang sebenarnya baru pertama kali saya ketahui dari blog ini dan langsung membuat saya jatuh hati (FYI saya sulit sekali jatuh hati pada apapun kecuali tidur dan bermalas malasan haha) .
    Menarik banget lah pokonya om . Good joob . I liike it (hahaa meniru kata²nya siapaa gtu )
    Tapi om saya mau subscribe via email ko ga bisa terus ya?! Si email verifikasi dari feedburnernya ko ga ada terus?!
    Sekalian mau tanya juga subsribe via email itu maksudnya jadi setiap ada postingan terbaru langsung ada email alert ke email saya begitu kan ya?!
    Hehe CMIIW
    Mohon bantuannyaa
    Terimakasiih

    ReplyDelete
  56. hahaha...akhirny saya ktularan brebut pertamax jg :P smlm sempet deg2an pas komen eh ternyata dpt ^_^
    Kasian bayiny djepit papan ky gitu T_T
    kpala saya jg rada2 ky gitu tuh (eh itu mah panjul hehe)
    kl penyakit hydrochepalus tengkorak kpalany brubah jg ga?

    ReplyDelete
  57. @reremi: iya. Betul, setiap ada postingan br akan dialert. Kalo word verification nggak muncul, pastikan browser km diset utk menampilkan image. Kalau tdk muncul jg, coba gunakan browser yg lain.

    ReplyDelete
  58. tumpahan minyak di teluk mexico adalah konspirasi...??? heemmmm ... kapan mau di posting bor... ? :-D

    ReplyDelete
  59. menurut sy mengapa mereka bisa punya pemikiran sama untuk memanjangkan kepala, mungkn karena pada awalnya manusia emang berasal dari satu sumber manusia, sebelum akhirnya terpecah2 keberbagai tempat di bumi sehingga mewariskan kebudayaan yang sama dari leluhur mereka yg mungkin sama juga....
    yang jelas manusia itu menirukan sesuatu yang mereka pernah liat sebelumnya ..., berarti mereka pernah melihat manusia berkepala panjang juga yang bisa di asumsika orang itu mempunyai kasta yang tinggi dan terhormat kalo ga ga mungkin ditiru... ^^

    ReplyDelete
  60. kalo kristal skull gimana om?

    ReplyDelete
  61. by:agus
    teori menurutku,
    dulu sudah terjadi kontak budaya atau komunikasi antar pusat2 peradaban di dunia, baik itu Mesir Peru maupun Eropa,
    dari kunjungan2 itu kemudian ada keinginan untuk meniru hal yg sedang menjadi mode di suatu tempat.
    untuk kontak budayanya bisa jalan darat atau udara atau laut, teknologi sekarang belum tentu lebih baik dari teknologi mereka.

    ReplyDelete
  62. Terima kasih bro Enigma...ini adalah penjelasan paling progresif (menurut saya) setelah kehadiran film "Crystal Skull" beberapa waktu yang lalu, akhirnya saya menjadi tahu ternyata hal tersebut adalah benar2 nyata dan masih "move-on" untuk suku pedalaman ckckckckckckck tak habis pikir aku. Bro Enigma, itukan tengkorak asli (mksdnya benar2 tersusun dari jaringan tulang) kalo yg "Crystal Skull"-nya (tengkorak Kristal) sendiri itu benar nyata, atau bagaimana ya?

    Budi

    ReplyDelete
  63. pepoez said:
    good info gan @!!
    .
    menurut gw seh mereka hanya ingin memiliki sesuatu yg lebih dari pada yg lain...

    kali aj ad lomba gede2an kepala..
    .

    ReplyDelete
  64. @budi: soal crystal skull, skrg artifak itu sdh dianggap sebagai hoax. Tp sy belum menemukan bukti utk menyatakannya sebagai hoax.

    ReplyDelete
  65. kalo menurut saya, hal tersebut bisa ditemukan diberbagai penjuru dunia, dikarenakan, perkembangan kecerdasan manusia secara global. seperti misalnya terdapat piramida dibeberapa tempat yang saling berjauhan di dunia, tapi pembuatan bangunan tersebut, masih berada dalam kurun waktu yang berdekatan.
    Sederhananya, kita sering mendengar ada lagu dari band berbeda negara yang mungkin dari masing2 personilnya belum pernah saling mendengarkan lagu satu sama lain, tetapi mereka mempunyai sebuah lagu yang nadanya mirip.
    sekian pendapat saya..terima kasih atas perhatiannya.. :) CMIIW

    ReplyDelete
  66. siapa yg bilang suku mak er*t td. saya minta pertanggung jawabannya; kata-kata yg anda tulis menyebabkan sy tersiksa krn ketawa smp sakit perut..

    ENIGMA@
    "Pada tahun 1982, para peneliti menemukan tengkorak yang diklaim sebagai milik manusia Neanderthal yang berasal dari tahun 45.000 SM di gua Shanidar di Irak. Ini membuat tengkorak gua Shanidar menjadi tengkorak memanjang tertua yang pernah ditemukan."

    ko enigma, yang mau sy tanyakan apakah tengkorak neanderthal tsb pembentukannya secara alami(kelainan) atau memang cranial binding.?
    kalau ternyata buatan (cranial binding) bukankah 45.000 tahun merupakan waktu yang tergolong sangat lama untuk menyebarnya teknik cranial binding lewat interaksi yang mereka lakukan zaman dulu? hanya saja, kalau bnr tengkorak neanderthal itu bnr" hasil cranial binding, tetap akan kembali ke pertanyaan di akhir artikel ko enigma

    "Siapakah yang mengajarkan mereka untuk melakukannya?
    Apakah mereka belajar dari orang yang sama?"

    dan akhirnya tetap menjadi mistery...

    "Don't let a mistery just be a mistery"

    ENIGMA n' LICA LOVER

    ReplyDelete
  67. nice article...
    Kepala lonjong atau conehead
    kan udah ada filmnya
    soundtraknya judulnya soul to squeze by.RHCP
    ga nyambung ya..
    Minta posting jalan bahimi dong yg ada di kep bahama
    thanks

    ReplyDelete
  68. sundul gan!!! premium makin langka, jadi make PERTAMAX aja!!!!!

    ReplyDelete
  69. kalo menurut sy, kepala dengan model begitu kemungkinan merupakan mode atau pelengkap fasion yang berada di lingkungan pendudukan mereka/ budayanya... ya.. kaya kiat aja kalo ngeliat backam di sriker yang keren itu pake gaya rambut apa ..kita mauuu..uu aja ngikutin biar kaya dia.. biar keren gitu..hehehehe yang jelas kalo orang kepalanya kaya gitu posisi tidurnya cuman 2 kalo gak ngadep kiri ya.. ngedap kanan...hehe..

    Teguh

    ReplyDelete
  70. haduh,...untung orang tua ai bukan keturunan orang2 yg suka manjangin kepala getu...manjangin rambut sih bagus nah ini, manjangin kepala...GA BUANGETS DECH..
    btw, Tyrips ga update2 neh konspirasinya,ga sedang ngikutin jejak the noock kan? tar tau2 resign lagi dari dunia konspirasi.

    ReplyDelete
  71. Bang Enigma, bahas tentang fluoride dong..
    katanya fluoride yang dimasukkan pasta gigi itu berbahaya, benar atau tidak?
    THX

    ReplyDelete
  72. Wlwpn lum pnh jd pertamaxx gpp..
    (pdhl ru cmant 2x)
    hhe..

    Dasar nich om enigma..
    D akhr mlah nmbhin misteri lgy...
    Jd tmbh pnjang dah msteri'a..
    Hhe..

    Hhm.. Om enigma kn nulis gni

    "Jika kita tidak memasukkan tengkorak memanjang yang diklaim sebagai kepunyaan manusia neanderthal, maka mungkin bangsa mesir adalah bangsa paling awal melakukan modifikasi kepala, yaitu sejak tahun 3000SM."

    koq tngkorak mnusia neanderthal gk anda msukan pdhl kn kt'a umur'a 45.000SM..??

    Pa mngkn krna tngkorak tu da prbdaan dgn yg lain..?

    Atw tu mngkin bkn hsil dr tknik yg anda jlaskn td..?
    Jd bngung saya..
    Hhe..

    Tpi info dr om enigma bguz2..
    Dtnggu posting trbaru'a..

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  73. "Satu-satunya pertanyaan yang mungkin masih belum terjawab oleh para peneliti adalah mengapa praktek ini bisa dilakukan di banyak wilayah di dunia oleh suku-suku yang berbeda yang terpisah oleh wilayah Geografis yang cukup jauh?

    Siapakah yang mengajarkan mereka untuk melakukannya?

    Apakah mereka belajar dari orang yang sama?"

    Terkadang apa yang ada dalam pikiran kita dipikirkan juga oleh orang lain yang sama sekali tidak kita kenal. Sebagai contoh saya sering mendapatkan sebuah ide bisnis yang belum pernah ada sebelumnya dan mencatatnya kemudian saya simpan untuk saya realisasikan kemudian, namun ketika saya take action dengan ide saya tersebut, ternyata ada juga orang lain tidak saya kenal yang memiliki ide sama seperti saya sehingga menjadi comfetitor bagi saya. Dan saya yatin ide saya tersebut adalah murni buah pikiran saya sendiri. Jadi disaat kita memikirkan sesuatu, sangat mungkin orang lain juga sama seperti kita.

    ReplyDelete
  74. Bro.. yang jadi pertanyaan Gw... Jika tengkorak2 memanjang yang di temukan di peru dan di tempat lainnya hasil cranial Binding, berapa lama waktu untuk mencapai bentuk memanjang yang bisa dikatakan sempurna...

    Soalnya Tulang tengkorak bayi yang lembek (ubun-ubun) sudah mengeras di bawah usia 2 tahun.

    dan tertutup semua pada usia 2 tahun (ini dibarengi dengan disapihnya seorang bayi dari Ibuanya.

    nah, itu yang bikin gw bingung :D.. heheh maklum bukan pakar menganilis

    Oh ia dapat datanya tentang cara2 cranial binding ga? step by stepnya gitu :D...

    share doong penasaran neeeh....
    Via email juga gak apa2... lebih bagus... heheh..

    mampir ke blog acak2an w..

    ReplyDelete
  75. hmm adat jaman dulu emang aneh2 standar kebangsawanan dan kecantikannya, seprti perempuan2 burma itu @.@

    btw,mata mereka ga ikut ketarik2 gtu ya, alien biasanya matanya seperti ketarik kebelakang

    nice post! keep writing :)

    ReplyDelete
  76. @enigma and lica lover: sebagian peneliti percaya kalau panjangnya tengkorak neanderthal jg hasil cranial binding.

    ReplyDelete
  77. @wahyu: yg saya maksud di kalimat itu cm utk membedakan sj antara manusia yg dijuluki neanderthal dgn manusia modern.

    ReplyDelete
  78. SORE BANG ENIGMA
    pertama liat blog kamu jujur aku langsung tertarik karena dari penjelasan dll jadi terjawab selama ini,
    satu hal aku mau tanya aku lupa kapan th nya, yang jelas waktu itu aku pernah baca artikel di majalah INTISARI maaf sebut produk, di situ dibahas mengenai peri yang dapat difoto, kalo gak salah di negara inggris, jadi semacam fairy ring dan yang memfoto 2 anak kecil, dan sampai sekarang aku masih percaya akan hal itu, bisa gak di ulas biar sugesti ku terjawab mengenai kebenaran ato HOAX nya
    sebelumnya trimakasih bang ENIGMA, aku tunggu hasilnya,
    oh ya kalo bisa di buat buku gimana mengenai semua ulasan punya bang ENIGMA, nanti biar aku bantu untuk penerbitnya
    terimakasih

    ReplyDelete
  79. @sang zundhi: saya ada singgung soal lamanya kepala bayi diikat. Disebutnya bbrp tahun. Bs jd 2 thn. Soal tekniknya, tuh ada saya tampilkan gambarnya.

    ReplyDelete
  80. nah itu dia Bro.... gw nya jadi mikir gara2 angka 2 tahun itu. apa sesingkat itu?
    Tapi mang ada si trik2 mengubah tekstur bentuk tubuh... :D
    tapi gw baru tau sebatas pada Ayam Jago... cuz Gw dulu waktu kecil sering liat Kakek saya masukin Anak ayam yang jantan ke lubang kecil dari bambu.

    pas gw tanya kenapa digituin.. Kakek gw bilang biar badannya tegap dan berdiri. jadi nanti jadi ayam jawara...

    Tapi metode perubahan tekstur tubuh pada manusia.. baru sekarang gw taunya...

    Mantab Bro Nice Info...

    Semangat Bro...

    ReplyDelete
  81. kyk salah satu jedi yg di star wars deh, sapa tuh namany?

    ReplyDelete
  82. dulu dunia kn cuma 1 benua dan 1 samudera... Mgkn waktu ithu udah tersebar,

    By dhimazjo

    ReplyDelete
  83. Myheart2105 berkata...

    @Om Enig:
    Umm...kpala mnusia naenderthal jg lonjong..n sbgian ahli mempercayaix sbg hasil dr cranial binding?
    Umm..ada gk gmbr tngkorak naenderthalx? Kalo para ahli yg lain blg tngkorakx lonjong bkan krn cranial binding yach? Krna apa? Atw tngkorakx emg lonjong dr sonox?

    Tp om Enig, kalo aq seyh mragukan bgtz ttg tngkorak lonjong mnusia naenderthal...krn mnusia naenderthal kalo gk slh dblg bgn dr mnusia purba..n konsepx brkaitan dgn teori evolusi,, kalo aq gk prcya sm teori evolusi.

    Oya, trus mngenai knapa tknik cranial binding bs mncul d brbgai blhan dunia..kalo nurut aq ada 2 kmgknan
    1. S7 sm yg blg ini sblmx. Mgkn krn ada ksamaan dr proses brpikir, ksamaan anggapan..buktix cranial binding cm dtemukan pd suku2 bgsa trtentu sj yg brjauhan. Tp kalo yg suku2 yg brdkatan yg memungkinkn adax kontak, mgkn bs krn proses meniru..

    2. Kmgknan lain krn mempunyai smbr yg sama,, tknik cranial binding turut trsebar krn persebaran/expansi suku2/pradaban yg mempnyai teknik cranial binding turut mnybrkanx seiring expansi mereka.

    3. Umm..transfer budaya mlalui pnaklukan. Budaya yg mnaklukkan jd dominan ats budaya yg dtaklukkan...

    Kalo nurut aq, ketiga kmgknan tsb pnya andil msing2. So gk ada jwbn tunggal..n q dah rnduu bngtz mo blg: MULTIPLE FACTORS,, pas Nakashima main tbak2an di pstngan cattle mutilation..huhu..^_^

    Umm..Anakkucing, Dea, Dwiero kmana yach? Main ksini dunks^0^

    @Dee: Slmt yach dpt pertamax..^0^ akhirx..^_^

    ReplyDelete
  84. Ga usah pake konde lg pas hari kartini..

    ReplyDelete
  85. bro.. gw pnah dngr ktnya napoleon bonaparte tu berdarah indo. udh pnah d bahas blm ya?

    ReplyDelete
  86. nandar said:

    masuk akal juga. papun harus d pikir secara 4 dimensi.

    btw, postingan yg sangat menarik ^^.

    ReplyDelete
  87. Bang Enigma, kalo di National Geographic : Royal Mayan Massacre, ditemukan juga tengkorak seperti itu. Katanya dibentuk sejak bayi untuk menghormati dewa jagung.

    ReplyDelete
  88. dari Tresna Asti

    haiyaaaaahhh...
    kok digituin kepalanya...!!!
    haee semua..

    ReplyDelete
  89. komen pertama pake nama ini..
    >___<
    hmm.. pertanyaan Kak Enigma bikin kepala bercabang.
    hmm.. mungkin saja ada pengembara jaman dulu yang menyebarkan ilmu bangunan berbentuk piramid dan cranial binding kepada penduduk setempat. makanya kepala peyang itu ada di mana-mana. heehhee

    ReplyDelete
  90. @myheart2105: Untuk foto tengkorak Nenaderthal, kamu bisa klik link sumber yang class.nfl.edu. ada disitu dan disitu juga disebutkan kalau tengkorak itu adalah hasil artificial cranial deformation. Teori adanya manusia Neanderthal itu memang bagian dari teori evolusi.

    @Loet: saya belum pernah denger kalau Napoleon berdarah Indonesia.

    @Jason Vorhees: Bisa jadi seperti itu. Yang pasti bentuk kepala seperti itu memang dibentuk.

    ReplyDelete
  91. keberapa nih?

    kl menurut aku sih kenapa praktek ini bisa dilakukan di banyak wilayah di dunia oleh suku-suku yang berbeda yang terpisah oleh wilayah Geografis yang cukup jauh dikarenakan adanya kesamaan pemikiran bahwa kepala merupakan bagian tubuh yang dapat mewakili derajat seseorang, jadilah tuh pala dipanjangin, contoh gampangnya setiap orang pasti marah kl palanya di toel ato di pegang itu nunjukin bahwa kepala adalah bagian terpenting dari tubuh yang nunjukin harga diri seseorang ato derajatya, ah pokoknya gitu deh, pada ngertikan?

    (D-dheque)

    ReplyDelete
  92. jgn terjadi deh sama bangsa kita untuk apa kita memodifikasi kepala kita cukup bersyukur aja sama allat swt di kasih kepala yang bagus kok ..

    ReplyDelete
  93. wew....kasihan tuh kepala di lonjongin.apalagi ntar kan kalau main bola pasti susah tuh sundul nya.haha...

    ReplyDelete
  94. http://top10ufo.com/photos/displayimage.php?album=14&pos=69 adakah yg mw menjelaskan tentang poto2 yg terpampang di situ................

    ReplyDelete
  95. Wah udah rame komennya .. dari kemaren mau komen tp ga sempet..

    Di daerah saya kalo bentuk kepala lonjong begini namanya panjul..:p Banyak Orangtua menggosok-gosokan belakang kepala bayi agar tidak berbentuk melonjong (panjul). Katanya kalo bentuk seperti itu karena proses melahirkannya di vacuum..CMIIW

    Ada pertanyaan sedikit buat Om E..

    Apakah disebutkan ukuran (Panjang,Lebar & Tinggi) dari tengkorak-tengkorak ini? (maaf saya ga baca semua link yg di referensikan karena Inggris saya jelek..:p )
    Logika nya begini, kalau memang kepala tsb di modifikasi sehingga berbentuk memanjang kebelakang seperti itu, lebar kepala sebelah depan akan sama dengan ukuran standar kepala manusia lainnya (karena yg dimodifikasi sebelah belakang)

    Jadi menurut saya :
    Apabila sama, berarti teori memodifikasi kepala bisa diterima.
    Tapi apabila memang ukurannya lebih besar dari ukuran standar manusia, maka mungkin memang ada manusia yg berjenis dengan kepala besar seperti itu.. Ini yang jadi misteri..apa memang ada ?.........

    ReplyDelete
  96. thats what i call an art.. :)

    dan saya juga tidak heran kenapa bisa terdapat di banyak wilayah, walaupun masyarakat di wilayah yang satu dengan yang lain tidak pernah berkomunikasi sebelumnya..
    saya setuju dengan pendapat anonymous (pada tgl July 26, 2010 9:54 PM), pendapat regulo, dan chyp..
    bahwa memang terkadang ada pemikiran kita yg sama dengan pemikiran orang lain, walaupun belum perna berhubungan sama sekali..

    menurut saya, untuk mengetahui apakah memang berasal dari satu sumber pengetahuan, dapat dilihat dari teknik yg dilakukan..
    apabila di setiap daerah/ suku yang melakukan crinical binding ini menggunakan teknik yg sama persis, maka mungkin memang berasal dari satu sumber..
    tp kalau teknik yg digunakan berbeda, maka menurut saya bisa dianggap tidak berasal dari satu sumber..

    CMIIW..

    ReplyDelete
  97. ah, maaf, saya lupa menyapa..
    selamat pagi enigma-neighbourhood.. ^^

    ReplyDelete
  98. saya kurang se7 dg anakkucing ataupun regulo dan chyp..
    pertama-tama coba pikirkan kata2 berikut:
    "orang bertanya karena dia tahu"
    dari sini kita bs ambil kesimpulan bahwa pemikiran/ide bisa muncul karena ada sesuatu hal yg terlebih dahulu menyebabkannya..(pengetahuan)..
    dalam hal ini adalah kepala berbntuk lonjg tsb...
    brati mereka itu telah tahu terlebih dahulu jika kepala lonjong itu adalah milik sesuatu/seseorang/apapun itu yg memiliki keistimewaan lebih dari manusaia yg ada di saat itu...sehingga mrk menghormatinya dan dari situlah akar pemikiran utk membentuk kepala mereka sendiri agar menyerupainya..dari sini sy baru se7 dg kalian..(muncullah ide cara/proses melonjongkan kepala)..
    jadi menurut sy, awal mulanya mrk tdk diajarkan tapi menciptakan sendiri caranya, akan tetapi akar pemikirannya berasal dari apa yg terlebih dahulu mereka lihat dan ketahui (bntuk lonjg pd kepala)

    ReplyDelete
  99. maaf ijin baca bung......

    it's very nice head....

    ReplyDelete
  100. Wehehe, jadi ingat ama film terbaru Indiana Jones. Disitu tengkoraknya juga lonjong. Aye pikir awalnya itu cuma fiktif, ternyata ada beneran yg kayak gitu :D

    ReplyDelete
  101. bung .. john wayne gacy .. hiks.hiks ..

    wahyenx666

    ReplyDelete
  102. modifikasi bentuk kepala memanjang dipercaya sebagai penyembahan terhadap dewa jagung

    ReplyDelete
  103. @anonymous, "orang bertanya karena dia tahu"
    well, saya kira orang bertanya karena dia TIDAK tahu.. ..errm, atau memang saya yg salah selama ini yah?
    biasanya orang yang tau, akan bertanya HANYA untuk memastikan.. atau orang yang tau, akan bertanya kepada orang lain untuk MENGETES orang itu..
    setau saya begitu..
    seperti pepatah (ntah nyambung ntah tidak): malu bertanya sesat di jalan.. itu artinya, kalau kita berada di tempat asing, dan TIDAK TAHU mau kemana, maka kalau kita tidak BERTANYA akan tersesat..
    jadi, intinya, kita HARUS bertanya, karena kita TIDAK TAU.. :)

    oh ya, pemikiran yang sama bisa muncul walaupun belum perna berkomunikasi, saya pikir bisa saja..
    selain yg sudah dicontohkan oleh regulo dan chyp, analogi lainnya adalah pemujaan terhadap patung..
    kita bisa menjumpai banyak patung2 yg dianggap sebagai perwakilan dewa-dewi yang istimewa oleh berbagai suku kuno di dunia ini..
    padahal suku2 kuno tersebut belum perna berkomunikasi sebelumnya..
    atau saya analogikan lagi dengan hal yang lain..
    banyak daerah yang tidak perna saling berkomunikasi, tapi mempunyai ide begini: orang yang sakit parah, bisa jadi karena dihinggapi mahkluk gaib..
    walaupun mungkin nama2 mahkluk gaibnya berbeda, tapi esensinya sama: dia sakit karena roh halus..
    orang indian kuno percaya hal ini, dan orang indonesia tradisional juga percaya hal ini..
    tapi apakah suku indian kuno dan orang indonesia kuno pernah bertatap muka dan berkomunikasi soal ini?
    saya rasa tidak..
    kira2 begitu maksud saya.. ^^

    lagipula, makna crinical binding di setiap daerah kan ngga sama, ada yang menganggap sebagai tanda kebangsawanan, tanda kecantikan, atau tanda kecerdasan atau seperti kata chester di atas, pemujaan terhadap dewa..
    (@chester, dewa jagung atau dewa agung? :p)
    itu menandakan bahwa memang ada ide atau pemikiran yang sama namun memiliki perbedaan, baik dari segi makna maupun dari segi teknik..

    ReplyDelete
  104. saya setuju dengan bro anymous diatas bro enigma, yang jadi pertanyaan paling besar sepanjang sejarah adalah, bagaimana peradaban diseluruh dunia "terkadang" memiliki pandangan yang sama dalam menilai sesuatu, selain diatas contoh lainnya adalah, seperti perempuan yang memanjangkan rambut dan memakai pernak-pernik seperti gelang atau anting. saya tinggal di daerah timur, saya pernah melakukan ekspedisi kecil2an memasuki belantara salah satu hutan dan saya menemukan sekelompok suku yang rata2 wanitanya memiliki rambut panjang dan menggugakan semacam daun yang dilipat untuk menghiasi telinganya, padahal.. saya berani menjamin 100% mereka sama sekali tidak pernah mengetahui dunia luar, apalagi soal pernak-pernik dan mode rambut.. saya cukup mengerti bahasa setempat, walau tidak semua sama, tapi dialeknya bisa dibilang tidak jauh berbeda, dari kepala suku saya tau bahwa saya orang pertama semenjak dia kecil yang pernah datang disuku mereka, yang datang pun kata dia waktu itu cuman penduduk setempat yang sedang berburu, dan rata2 laki-laki... sepertinya memang masih banyak yang kita ketahui diluar sana...

    ReplyDelete
  105. @Anonymous yang nanya soal foto peri:

    Foto peri itu adalah foto peri cottingley yang sudah diakui sebagai hoax. Soal buku, terima kasih untuk penawarannya. Tapi mungkin belum dulu. :)

    ReplyDelete
  106. Myheart2105 berkata...

    Uwaaah,,makin seru ajah diskusix...

    @anonymous yg blg ini:

    ''pertama-tama coba pikirkan kata2 berikut: "orang bertanya karena dia tahu"..

    Trus dlanjutin dgn yg ini:

    ''dari sini kita bs ambil kesimpulan bahwa pemikiran/ ide bisa muncul karena ada sesuatu hal yg terlebih dahulu menyebabkannya.. (pengetahuan).. ''

    Kykx scr umum q s7 dgn seswatu hal yg PADA AWALX mnybabkan adax tknik cranial binding...mgkn jwbnx adlh anggapan/asumsi thdp tngkorak lonjong itu..atw bs juga dari informasi sebelumx..msalx dlm kepercayaan msyrkt/suku stmpat, dceritakan/dgmbrkan kalau dewa mereka brkepala lonjong, maka mreka berupaya m'buat kpalax lonjong jg..yg mgkn bs mewakili sifat2 dr dewa mreka, msalx cerdas, bijaksana, rupawan atau kaya raya..

    Tp mgkn yg GAK dsetujui olh Anakkucing lbh pd kata2 yg ini:
    ''pertama-tama coba pikirkan kata2 berikut: "orang bertanya karena dia tahu"

    Anakkucing jd FOKUS pd kata2 kamu (anonymous), yg kalo mnurut aq, sbnrx mgkn kata2 itu krg tpat/nymbung dgn ide yg km cb smpaikan.
    Mgkn sbaikx dbilang:
    ''orang jd kreatif krn terinsipirasi dr sesuatu hal yg dia prnah kenal/dengar...''

    Kalo dblg ''orang bertanya krna dia tau'', jadix kalo mnurut aq, bgn manax dr cerita cranial binding yg m'buat suku/msyrkt stmpat bertanya ttg kepala lonjong? Mgkn bkan ''bertanya'' tp ''dapat ide/inspirasi''.
    CMIIW juga ^^

    @anakkucing:
    Welcome again Sis ^0^
    Kmana aja koq kmrin2 gk main ksini?
    Oyach, btw, bukan ''crinical binding'', tp ''cranial binding''.

    ReplyDelete
  107. Myheart2105 berkata...

    Huhu..jd ktagihan kmentar..^0^

    @anonymous di atas yg blg ini:
    ''yang jadi pertanyaan paling besar sepanjang sejarah adalah, bagaimana peradaban diseluruh dunia "terkadang" memiliki pandangan yang sama dalam menilai sesuatu,..''

    Berikut kmgkinan2x mnurut aq (Umm..bcanda cmpur seurius: on ^0^):

    1. Kebetulan ajah, khan gk semua suku2 di dunia itu kyk gtuh..tp kbtulan ini trgolong yg luar biasa, soalx anonymous di ats blg ''slh satu pertnyaan trbsar spnjg sjarah'' xixixi..^.^

    2. Proses brpikir yg sama dlm mghadapi atw breaksi thd sesuatu..

    3. Meniru atw trinspirasi oleh budaya lain, atw mgkn krn ingin meniru/trinsipirasi olh alam

    4. Kesamaan itu brasal dr sumber yg sama, mgkn suku yg asli mnybr ke tmpat2 lain n membawa kbudayaan nenek moyangx...

    5. Penaklukan budaya

    6. Ada org yg mngajarkanx ke suku2 itu

    7. Mgkn ksamaan itu krn sumberx dari alien yg mngajari mreka (xixixi :p)

    Huhu...mau plh yg mana?? :p

    ReplyDelete
  108. @myheart2105, hehehehe.. sbnrnya kemaren mampir, tp ga sempet komen.. real life is still tough.. ^^;
    oh cranial ya? wakakakakaka.. iyah, saya memang lemah ingatan soal istilah2.. makasih sis atas koreksinya.. hehehehe.. ^^

    ReplyDelete
  109. saya setuju sama anonymous di atas ini beberapa pemikiran saya :

    1.wajar saja terjadi di setiap tempat di seluruh suku di dunia, hanya... tidak mungkinlah kalau terjadi di waktu yang bersamaan. kalaupun tersebar pasti membutuhkan "waktu" untuk penyebarannya. (mulut ke mulut)

    2.nah sedangkan penyebarannya bisa terjadi dari setiap suku bila terjadi :

    a. perkawinan antar suku dimana yang kawin sang anak kepala suku dan anak kepala suku lainnya.

    b. terjadinya pengkhianatan seorang penting dalam suku tsb (semisal : dukunnya/ Jubirnya) atau pengembaraan seseorang dalam suku tersebut dan dia menjadi orang penting dalam suku yang baru ia tempati.

    3. dll ( masi banyak hanya tak terpikirkan )

    sedangkan manusia selalu belajar setiap harinya dan dengan cara yang berbeda. semisal ketika seseorang menciptakan sebuah lagu atas dasar pemikirannya sendiri dan lagu tersebut kebetulan mirip dengan lagu orang lain.

    1 hal saja ketika kamu berpikir sesuatu yang kamu pikir orang lain belum pernah lakukan. itu salah, banyak orang yang terlibih dahulu sudah mendapatkan ide tersebut hanya 1 hal dia tidak tahu harus memulainya dari mana dan dia tidak mendapat kesempatan untuk itu.

    mohon maaf bila kepanjangan.

    n good nite.

    ReplyDelete
  110. zy copy postingnya di blog ku yah gan . . .
    makasih . . .
    http://im-clever.blogspot.com/

    ReplyDelete
  111. wuuehhh sueremm tenan broer

    ReplyDelete
  112. yang ke berapa yah...
    salam enigma brotherhood,. oiya mampir nih ke My heart, thx ya dah nyapa. kangen ya ama Naka dan chris hehehe, btw.. kepala panjang banyak juga menginspirasi film2 fiksi dan kartun, dan selalu diperankan jd tokoh jahat. nice posting bro enigma....nice comment my heart, anakkucing, dellabelle, lica.. tresna ati, dea kmana ya sibuk skolah lg heheh
    ..By Dwiero

    by : Dwiero

    ReplyDelete
  113. Bro saya chek Linknya bener ya... ^_^....

    ngarah ke blog2 yang dipasang...

    bentar deh cari orang (temen2) suruh ngeklikin dari PC laen....

    sapa tau ajah cuma bisa dari lepi saya ajah...

    ntar saya infoka kelanjutannya

    ReplyDelete
  114. @dwiero, hi dwiero.. :)
    hehehe, but i think my comment wasnt nice, since i was wrong saying crinical instead of carnial.. but thanks anyway for the compliment.. ~^^~

    ReplyDelete
  115. Brother enigma tolong selidiki kasus yang satu ini dong... kayaknya bukan hoax... http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4505534

    Thanks before

    Chyp

    ReplyDelete
  116. Laler_ijo said :

    Menurut pendapat saya sih dari dulu peradaban manusia TIDAK terjadi begitu saja,selalu ada bantuan dari langit yg membimbing/mengarahkan manusia dlm membangun peradaban,,biasanya dlm bntuk OKNUM MISTERIUS (mungkin saja utusan langit/malaikat)yg memberi bnyk pengajaran kpd manusia...
    for example :
    -Bagaimana manusia jmn dulu bs mengetahui manfaat/fungsi tumbuh2an tertentu scr spesifik(untuk dimakan/obat,beracun/tidak)
    -Metode pembangunan,pengobatan,,dll...
    jika di flashback maka alur asal datangnya informasi akn jd bgini :
    Manusia skrng => Manusia jmn dulu => Siapa ??
    #Sbnernya kurang relevan membandingkan antara pola pikir rasional dgn hal2 berbau gaib sprti diatas,,tp smkin jauh prkembangan dunia sains trnyata smkin membuka kesadaran Qta bhwa TIDAK SEMUA hal bs dijelaskan dgn IPTEK,,hal itulah yg mungkin juga melandasi berdirinya FISIKA KUANTUM,slh satu cabang ilmu Fisika modern yg mencoba menggali Masterplan of the Universe (gaib)...
    Sorry klo Out of topic,,itulah yg dr dulu ada di benak saya...
    Silakan klo tmn2 mau menambahkan,mengkritik,ataupun mematahkan argumen saya,,
    ^_^
    Oia I wanna say hello bt Myheart,myhead,dwiero,lica,tresna asti,terlanjur_cantik,Chip99,lica..etc..

    ReplyDelete
  117. Myheart2105 berkata...

    @anakkucing: bener, life is tough..so be a tough girl ^0^
    Umm..tp kalo anakkucing ngomong enak dbaca loch..mngalir lncar n kata2x kreatif dech..bgus tuch kalo bkin novel ^0^
    Tp masa sih anakkucing sering lupa dgn istilah2 baru? Umm btw, ''cranial'' itu artix ''tengkorak'' kalo gk salah..^_^

    @Green_Fly (Laler_ijo): halo juga...^0^

    ''tp smkin jauh prkembangan dunia sains trnyata smkin membuka kesadaran Qta bhwa TIDAK SEMUA hal bs dijelaskan dgn IPTEK,''

    S7! ^0^
    Dlm alam smesta yg dciptakan Tuhan ini ada 2 kbradaan,,alam nyata dmana qt tnggal, n alam gaib yg gk bs qt indra.
    IPTEK lahir dr prsepsi indrawi manusia,,apa yg qt lhat, qt dngr, qt rasa, qt raba, n qt baui,, smuax digali, dipelajari, dtarik ksimpulanx..bla..bla..,,tp kalo hal2 yg gk bs qt indra mgkn sngt sulit dpahami olh SAINS..atw mgkn tdk akan dtemukan jwbnx dlm SAINS...krn itu trmasuk hal2 yg gaib yg domainx adlh alam gaib,, hukum2 yg mengatur alam gaib brbeda dgn hkum2 alam yg mngatur alam nyata qt...rahasia gaib yg plg tnggi n luhur q rasa adlh tntang Tuhan,, CMIIW...^_^

    ReplyDelete
  118. wuih, skrg komenny ada no urutny!!! ^_^

    ReplyDelete
  119. @anakkucing dewa jagung. dulu pernah diputerin film national geographic atau apa gitu, bentuk kepala suku inca sebagai persembahan ke dewa jagung

    ReplyDelete
  120. @Chyp

    Soal itu sudah pernah dibahas di Blog HAWKSON, lihat sidebar kanan bagian Blog Misteri.

    atau cari link ini

    http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2010/06/penampakan-ufo-di-suramadu-bukan-hasil.html

    ReplyDelete
  121. hmmm,,dah yan9 keberapa ya ini,,,seratusxx,,duaratusxx?
    ------>salam kenal semuanya,, q udah lama baca nie
    blo9, ini comment pertamaku..
    nice post bro En,,

    ----->>ocom sek ^0^

    ReplyDelete
  122. yesh.. terakhir..
    wiro sableng 212

    ReplyDelete
  123. zetta's opinion
    kerenz3x!!!
    aneh tapi unik namun patut disimak

    ReplyDelete
  124. Laler_ijo said :

    @ myheart : yup,,,u know exactly what i mean sweetheart....
    Maka dari itu sering kali terjadi kerancuan manakala Qta salah mengklasifikasikan sbuah kasus kdlm ruang lingkup yg keliru...
    Misal kesalahan identifikasi fenomena gaib dgn pendekatan metode ala Sains,maka akan sulit terungkap jwbnya (gaib dsni bkn hny berarti dunia setan lho)...
    Menurut saya Pengingkaran atas existensi gaib jg sbgai indikator tinggi/rendahnya keilmuan seseorang...
    Karena saya prcaya cepat atau lambat SAINS modern akn brkembang kearah sana_
    of course,,CMIIW.... ^_^
    I'm so sorry Mr.E,,still out of topic....

    ReplyDelete
  125. @Myheart2105 & anakkucing :
    maksud dari "orang bertanya karena dia tahu" itu begini:
    misal kita ingin tanya soal integral matematika trus kita tanya ke guru ato siapa saja..
    untuk bisa bertanya mengenai soal integral tsb maka sudah lebih dulu tau apa itu integral paling ga' bagaimana bentuk lambang integral dan tau kalo integral itu adalah dalah satu bagian dalam matematika dan paling ekstrimnya lg tau ada istilah yg namanya integral sehingga kita bisa tanya apa itu integral.....
    jadi maksud saya suatu pemikiran itu sebelumnya memiliki landasan pengetahuan terlebih dahulu..
    sama halnya dengan kasus ini...
    mereka terlebih dahulu melihat sosok yg bekepala lonjong itu memiliki kelebihan dari mereka dan intinya mereka menghomatinya.. dlm perwujudannya mereka mencoba utk menirunya..
    begitu maksud dari pemikiran sy...
    salam utk semua penghuni blog ini ...
    mari kita ramaikan blog mr.enigma yg hebat ini...^_^

    ReplyDelete
  126. kalau bentuk piramida dikatakan terinspirasi dari gunung, lalu apa yang menginspirasi suku2 seluruh dunia untuk membentuk kepala lonjong? kenapa tidak membentuk kepala pesek atau lainnya? adakah makhluk berkepala lonjong yang dijadikan idolisasi

    ReplyDelete
  127. wah.. Ada garis batas tiap komen. Jd tambah enak bacanya bro..

    Mana postingan barunya?

    ReplyDelete
  128. @anonymous, hehehehe, sebenarnya saya paham maksud kamu ttg "orang bertanya karena dia tahu", yaitu adalah tau "ide"nya kan? tapi belum paham ttg "gambaran keseluruhan" ide tersebut..
    misal, seseorang perna mendengar (tau) sebuah kata yaitu, illuminati, tapi tidak benar2 paham illuminati itu apa.. maka dia akan bertanya: "bro enigma, illuminati itu apa?"
    benar begitu, bukan?
    hanya saja kalimat "orang bertanya karena dia tau" itu sangat ambigu..
    saya setuju dengan myheart2105, kalimat itu kurang tepat sedikit dengan ide yang kamu sampaikan.. :)

    @myheart2105, siyap komandan, saya akan berusaha menjadi tough girl.. :D
    hehehehe.. dan makasih banyak sis, pujiannya.. dadi malu.. ~^^~
    tp saya sama sekali belum percaya diri untuk membuat novel.. hanya perna beberapa kali menelurkan fanfiction.. dan kl untuk bikin cerita, mba lica yang ahli bikin cerpen..
    dan saya juga masi belum seperti dirimu sis, kritis dan analitis..
    ah, dan iyah, saya memang penderita STM akut.. makanya susah mengingat2.. hehehehehe..

    @chester, oohh beneran dewa jagung..

    ReplyDelete
  129. @anakkucing :
    iya betul seperti itu maksudnya...
    kata2 itu sbenarnya adalah ungkapan yang sy dpt ketika kuliah filsafat hehehe..
    makanya terlihat ambigu soalnya maknanya hanya tersirat aja bukan yg tersurat...

    ReplyDelete
  130. @anonymous, hehehehe, dari awal saya sih sbnrnya mengerti dan tau maksud kamu.. maaf kl saya lebih suka mengomentari makna ambigu yang satu lagi..
    hehehe, think out of the box is good, tp mungkin ngga semua pembaca blog ini adalah mindreader, hehehehe.. :)

    ReplyDelete
  131. @sis anakkucing : hah, sy pinter bikin cerpen... ngga koq... masih banyak banget yg harus diperbaiki... hehehehe
    tp makasih banyak yah udh dipuji... jd merona.. >.<v

    ReplyDelete
  132. Myheart2105 berkata...

    @Green_Fly (Laler_ijo):

    ''Maka dari itu sering kali terjadi kerancuan manakala Qta salah mengklasifikasikan sbuah kasus kdlm ruang lingkup yg keliru... Misal kesalahan identifikasi fenomena gaib dgn pendekatan metode ala Sains,maka akan sulit terungkap jwbnya (gaib dsni bkn hny berarti dunia setan lho)... Menurut saya Pengingkaran atas existensi gaib jg sbgai indikator tinggi/rendahnya keilmuan seseorang... ''

    Uwaah,,q suka suka suka komenx Green_Fly ^0^
    Absolutely agree...^0^
    Bner, pndkatan yg slh thdp suatu hal yach bkalan gk ktemu jwbnx..n bs mnyesatkan..
    Yg plg hot mnurutq adlh jwbn utk ASAL MULA KEHIDUPAN dan MANUSIA di bumi. Bnyk org yg dgn maksa bilang jwbnx dpt djelaskan dgn teori evolusi,,pdhal teori evolusi udh mnanggung 'burden of proof' yg bnyk bngtz..ledakan kambrium, komplexitas DNA yg luar biasa rumit, n trbntukx 2 jenis kelamin dlm spesies yg sm, brtahanx ikan coelecanth..de el el..
    Itu smua gk kan trjelaskan oleh teori evolusi yg seharusx mampu djelaskan dgn baik kalo ASAL USUL KEHIDUPAN n MANUSIA adlh dlm domain NATURAL. Tp nyatax gak trjelaskan dgn tntas khan? Itu krn ASAL MUASAL KEHIDUPAN n MANUSIA bkan masuk kdlm domain NATURAL dmana SAINS akan mampu memahamix,,ttpi msuk kdlm domain SUPERNATURAL. Pnjelasan trbaik yg prnh ada adlh bhwa KEHIDUPAN n MANUSIA tdk muncul dr bnda2 mati scr kbetulan, ttp ia DICIPTAKAN olh Tuhan. Bgmana PENCIPTAANx, itu trmasuk hal yg SUPERNATURAL..yg gk bs dpahami oleh Sains.
    Jd sngt NAIF jadix kalo memaksakan teori evolusi sbg satu2x pnjelasan. Dan lbh NAIF lg blg kalo Tuhan itu GAK ADA, hnya krn qt GAK MAMPU MENGINDRA-NYA dgn indra qt...Tuhan adlh yg Maha Gaib (Supernatural), maka wajar kalo DIA diluar pemahaman SAINS.
    CMIIW ^_^

    Btw,, koq bs yach qt pnya pndapat yg SENADA? Hmm..misteri..^_^


    @Anonymous:

    ''jadi maksud saya suatu pemikiran itu sebelumnya memiliki landasan pengetahuan terlebih dahulu.. ''

    Yuppy,,s7 ^0^
    N maxudx pngetahuan itu mgkn informasi awal yg menuntun kpd pemahaman yg lbh dalam lg..mgkn awalx skedar pernah dngar atw tau sj,,trus mncul rasa ingin tau, trus nanya dech..atw bkin kreasi yg kreatif..huhu..bner gk yach..?_?
    CMIIM

    @anakkucing:
    Gud gud ^0^
    Waaw..fancfiction? Komik yach..hebat euy..^0^
    Huhu..Skrg giliran aq yg dadi malu..huhu :blusling: ^///^v dblg kritis n analitis,, pdhal q byasa ja koq..q cm gk mau ngecewain usahax Chris biar aq jd diriq lg..biar sll dlm ''Myheart Critis Mode: on''..hikz,, jd kangen ma Chris lg..T_T
    n eh, Naka jg..(ntr kalo q cm blg Chris, dia protes lg..xixi :p)

    ReplyDelete
  133. Mungkin diajarin sama alien kali, kalo misalnya alien yang datang dengan UFO memang ada, berarti memang kebudayaan kita tertinggal jauh sekali.

    ReplyDelete
  134. Laler_ijo said :

    @ Myheart : Penjabaran yg bagus sweetheart,,I like the way you think.... ^_^
    Mungkin bisa diringkas jd seperti ini kali ya :
    "Bahwa Setiap kejadian menuntut suatu sebab. Tidak ada rangkaian tak terhingga dari sebab, sehingga mesti ada suatu "sebab pertama" bagi sesuatu"
    Tentang kesamaan pikiran Qta...biarlah tetap jd sebuah misteri....
    Asal Qta G sama2 punya pikiran klo kepala lonjong itu keren aja,,hehehe....
    Nice share nona manis,,,
    of course,,CMIIW..
    ^_^

    ReplyDelete
  135. ini mirip di film indiana jones and the kingdom of crystal skull
    udah pada nonton belooomm???

    ReplyDelete
  136. Dah gila Iniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    ReplyDelete
  137. Di Philipina juga ada suku yg modif2 tubuh. Para wanitanya memanjangkan leher dengan memasang cincin logam secara bertahap. Semakin lama cincin akan semakin banyak dan leher tambah panjang kayak jerapah XD

    ReplyDelete
  138. Ariel 10 said...
    Wah..... kepala yang aneh ^_*

    ReplyDelete
  139. mngpa orang zaman dlu koq aneh2 ea , pke acara memenjangkan bntuk kpla ...

    ReplyDelete
  140. Bung Enigma, kalo menurut saya, kebudayaan itu memang bsa trsebar di beberapa wilayah, meskipun trpisah scra geografis, soalnya dulu benua-benua di bumi ini menyatu (menurut teori apungan benua -> alfred lothar wegener).
    Jadi, kalo menurutku, mungkin dulu ada sebuah suku yg memiliki bnyak pnduduk, mereka memiliki kebudayaan cranial binding, dan mengajarkannya pada generasi-generasi berikutnya.. Dan kemudian, benua-benua itu terpisah (menurut teori tersebut), dan suku-suku trsebut ikut memisah, namun tetap memegang adat budaya trsebut, sehingga sisa tengkorak mereka bsa ditemukan di mana-mana..
    Gimana menurut anda?

    ReplyDelete
  141. widih.. gak nyaman banget kalo ada orang yang kepalanya gitu di deket2 kita dan dia pikir tidak ada yang salah. hihi. menurut ane itu emang trend jaman dulu aja. kayak trend fashion jaman sekarang, jadi gak musti berasal dari satu sumber juga. kayak piramida. thnx.

    ReplyDelete
  142. Seorang mahasiswa antropologi menulis sebuah jurnal yang berjudul “Cranial Binding Theory – An Ancient Culture in Present Day”. Dalam jurnal ini dibahas mengenai memodifikasi bentuk kepala dengan tujuan tertentu. Menurutnya, kebiasaan memodifikasi bentuk kepala masih dipraktekkan sampai sekarang, Dan hampir semua orang melakukannya. Bahkan dengan tujuan dan efek psikologis yang hampir sama dengan jaman dulu. Namun perbedaanya, jaman sekarang memodifikasi bentuk kepala sudah dilakukan dengan suatu alat. Dan alat untuk memodifikasi bentuk kepala itu dinamakan : Topi.
    Menurutnya lagi, negara yang paling parah mempraktekkan “Cranial Binding” ini adalah Kerajaan Britania Raya.

    ReplyDelete
  143. belum pernah aku melihat gambar kepala lonjong kalau diijinkan kopas artikel dengan source blog ini ,thx

    ReplyDelete
  144. @chester - persembahan u/ dewa jagung...jd bentuk kepalanya kyk jagung. CornHead-MyCornHead, hahaha..!jd nick-name. TQ Chester! U'r my inspiration.
    -MyCornHead-
    bisa saja manusia memiliki ide yang sama.pd awalnya manusia kan satu nenek moyang.mungkin ide ini ada dlm hidden memory setiap manusia.ide apa pun itu. tinggal kmampuan manusia itu sendiri meng-eksplore-nya.asal tdk salah eksplore aja,krn memori yang ada menyajikan bad habbits & nice habbits. jd jgn salah colok kabel jaringan. mycornhead-hihihi

    ReplyDelete
  145. adakah orang yang kepalanya lebih lonjong kayak gitu lebih pinter?

    ReplyDelete
  146. Jikalau ada kemiripan dalam peradaban manusia itu karena memang seluruh manusia di bumi saat ini berasal dari satu keturunan (sekelompok keturunan) manusia yg selamat dari bencana tambora sekitar 70 ribu tahun silam. Ini dibuktikan dari penelusuran jejak kromosom (baca tentang Mitochondrial Eve dan Y-chromosomal Adam).

    Jadi ga heran kalo kita sebenarnya banyak memiliki kesamaan seperti yg disebutkan postingan2 diatas contohnya: cewek berambut panjang, mengutamakan tangan kanan, mengangguk berarti ya, bersamalan dll.

    ReplyDelete
  147. sama seperti filmnya Indiana Jones,,, tp di film itu menggambarkan bahwa mereka membentuk kepalanya demikian sebagai wujud penyembahan kepada dewa dari nenek moyang mereka yang memiliki bentuk kepala seperti itu... yaitu Alien

    ReplyDelete
  148. g kebayang cara tidurnya gimana y??? ketahan kepala kan.

    ReplyDelete
  149. saya penasaran sama yang meratakan tengkorak kepala ( flattening skul ). tolong buatkan artikelnya ya !!! thanks

    ReplyDelete
  150. cranial binding yang paling masuk akal

    ReplyDelete
  151. Penjelasan yg komplit..saya cm mau menambahkan tengkorak2 yg di peru itu adalah tengkorak bangsa MOSRAM ( alien ) bangsa yang mensejahterakan bangsa mesir kuno dan juga suku maya dan jg memberikan teknologi2 canggih d masa lalu..Nefertiti adalah bangsa NEPHILIM manusia hybrid antara Mosram dan manusia 2,5%

    ReplyDelete
  152. @enigma sm kya d film Indiana Jones Crystal skull salah satu dialog indy dgn ank.ny

    ReplyDelete
  153. agan pernah bilang bahwa, 'alien pernah membantu bangsa mesir pada masa lalu' (klo ga salah sih) mengingat adanya peninggalan piramida yg ktanya orang2 dahulu belum bisa membuatnya tanpa bantuan lain (alien).
    Nah d atas klo ga salah ada teks bahwa yang pertama kali mempraktekan Cranial Binding adalah bangsa mesir pada 3000 SM.
    mungkin ngga sih gan kalo bangsa mesir yg pertama mlakukan Cranial Binding ini ternyata ingin meniru 'bentuk' kepala 'si yang ktanya' ngbantu mereka bikin piramida itu (alien)

    ReplyDelete
  154. informasi yang sangat menarik.. terimakasih.

    ReplyDelete