Thursday, July 22, 2010

Count St. Germain yang misterius

Di tengah-tengah berkembangnya filsafat dan seni di Eropa pada tahun 1700an, muncul seorang pria misterius yang dipercaya mengetahui segalanya dan tidak pernah mati.


Pria tersebut adalah Comte de saint Germain atau Count St.Germain. Banyak legenda yang tercipta di sekeliling kehidupannya. Ada yang percaya kalau ia adalah manusia abadi yang telah berusia 2.000 tahun dan bahkan mengenal Yesus secara pribadi. Ada yang mengatakan kalau ia adalah reinkarnasi dari orang-orang besar seperti Plato atau Hesiod. Ada lagi yang percaya kalau ia adalah orang yang sama dengan Merlin, sang penyihir penasehat raja Arthur, dan banyak lagi.

Hanya sedikit yang bisa diketahui dari kehidupan St.Germain. Sebagian orang menyebutnya sebagai keturunan Yahudi Alsatian, Yahudi Portugis atau bahkan keturunan raja Portugis. Ia fasih dalam berbagai profesi yang dijalaninya: petualang, penemu, herbalis, alkemis, pianis, pemain biola dan komposer.

Ia memiliki banyak permata dan emas yang dibawanya kemana-mana. Dalam satu kesempatan, ia mengatakan kalau ia memiliki kemampuan untuk mengubah logam dasar menjadi emas dan mampu mengubah beberapa permata kecil menjadi satu permata yang lebih besar. Bukan hanya itu, ia bahkan juga mengklaim mampu mengubah batu biasa menjadi berlian.

Figurnya yang misterius membuatnya mendapatkan tempat yang begitu mulia di kalangan para penganut okultisme seperti Teosofi yang menjulukinya Master Rakoczi atau Master R yang merupakan salah satu dari para Master kebijakan kuno yang hidup abadi dan dipercaya memiliki kekuatan seperti dewa.

Ia pertama kali muncul ke publik pada tahun 1743 di London dan kemudian di Edinburgh pada tahun 1745 dimana kemudian ia ditangkap karena diduga sebagai mata-mata. Tidak ada satu orangpun yang mengetahui asal-usul atau keberadaannya sebelum tahun 1743. Ini membuat spekulasi mengenai identitasnya terus berkembang.

Horace Walpole, seorang penulis Inggris kenamaan yang kemudian menjadi temannya, menyinggungnya dalam sebuah surat yang ditulis pada tahun 1745:
"Pada hari itu, mereka menangkap seorang pria aneh bernama Count St.Germain. Ia sudah ada di kota itu selama dua tahun dan ia menolak untuk mengatakan siapa dia sebenarnya dan darimana dia berasal. Namun, ia mengakui kalau nama itu bukan nama aslinya. Ia juga bisa menyanyi dan bermain biola dengan sangat baik."
Ketika diadili, pengadilan tidak bisa menemukan bukti kalau ia adalah seorang mata-mata sehingga ia dilepaskan. Segera setelah itu, ia mendapatkan reputasi sebagai pemain biola yang hebat yang menjalani kehidupan seperti pertapa yang selibat (Tidak menikah).

Pada tahun 1746, ia menghilang dari publik begitu saja.

Count St.Germain - lukisan tahun 1745

12 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1758, ia muncul kembali di Versailles, Perancis. Pada tahun-tahun itu, ia berhasil masuk ke lingkungan istana dan menjadi teman dekat raja Louis XV. Ia juga sering memberikan nasihat mengenai pola makan yang sehat dan kadang memberikan ramuan awet muda kepada keluarga kerajaan. Konon ia mendapatkan pengaruhnya di hadapan raja Louis XV karena pernah mengubah beberapa batu permata kecil menjadi satu permata besar yang kemudian membuat nilainya bertambah.

Kepada beberapa orang yang mengenalnya, ia mengaku telah berusia ratusan tahun walaupun secara fisik ia masih terlihat seperti seorang pria berusia 40 tahun. Di Perancis, juga terungkap kalau ia menguasai banyak bahasa dan memiliki pengetahuan yang sangat luas mengenai sejarah. Pengaruh yang diciptakannya di Perancis cukup besar sehingga filsuf besar Voltaire pernah mengatakan kalau Count St.Germain adalah "pria yang tahu segalanya dan tidak pernah mati."

Tahun 1760, ia meninggalkan Perancis menuju Inggris karena salah seorang pejabat kerajaan Perancis bernama Duke of Choiseul yang iri melihat kedekatannya dengan raja memerintahkan penangkapannya dengan tuduhan penipuan.

Dari Inggris, ia pergi ke Rusia dan berdiam sementara di St.Petersburg. Kebetulan, pada saat yang sama, militer Rusia melakukan kudeta terhadap raja dan menempatkan Catherine the Great sebagai ratu. Ini membuat banyak orang percaya kalau St.Germain sebenarnya memiliki andil dalam peristiwa itu.

Tahun berikutnya, ia muncul di Belgia, membeli sebidang tanah dan hidup dengan nama alias "Surmont". Kemudian, ia menawarkan metode pewarnaan kain dan ramuan minyaknya kepada pihak kerajaan. Dalam proses penawaran ini, ia bertemu dengan salah seorang menteri Belgia bernama Karl Cobenz.

Kepada Cobenz, Count mengungkapkan kalau ia adalah seorang keturunan raja. Belakangan, Cobenz mengaku kalau ia telah melihat count mengubah segumpal logam menjadi emas. Ini cukup menarik karena seorang menteri kerajaan tidak biasa mengucapkan sesuatu yang bohong.

Cassanova yang termashyur juga pernah melihat Count mengubah logam menjadi emas. Suatu hari, ia mengunjungi laboratorium Count dan memberikannya sebuah koin logam biasa. Tidak lama kemudian, ia melihat koin logam itu telah berubah menjadi emas.

Sekarang, orang mulai mengenalnya sebagai seorang alkemis yang juga keturunan raja. Namun, segala sesuatu mengenai pria ini masih kabur dan misterius.

Lalu, ia menghilang kembali selama 11 tahun.

Tahun 1774, ia muncul kembali di Bavaria dengan menggunakan gelar Count of Tsarogy. Di sini ia berjumpa dengan salah satu bangsawan Bavaria bernama Freherr Reinhard Gemmingen.

Dua tahun kemudian ia muncul di Jerman dan menyebut dirinya sebagai Count Welldone dan sekali lagi menawarkan resep-resep kosmetik, anggur, minuman, pengobatan tulang, kertas dan gading kepada kerajaan.

Di hadapan raja Frederick, ia mengaku sebagai anggota Freemasonry dan mengaku memiliki kemampuan mengubah logam menjadi emas. Ia diberi tempat tinggal di kediaman pangeran Karl yang juga anggota Freemasonry dan di tempat itu ia mempelajari obat-obatan herbal untuk diberikan kepada orang-orang miskin. Ia tinggal di tempat ini hingga tahun yang secara resmi dianggap sebagai tahun kematiannya.

Walaupun telah dikenal di banyak kalangan, kehidupan Count masih diselubungi oleh misteri.

Pernah suatu hari, Count berkata kepada sekumpulan teman-temannya: "Siapa di antara kalian yang pernah melihat saya makan?"

Tidak ada satupun yang mengangkat tangan. Mereka memang sering melihat Count duduk di meja makan bersama teman-temannya, namun mereka mengakui kalau Count tidak pernah menyentuh makanan yang tersaji.


Orang-orang disekelilingnya menjadi semakin yakin kalau Count telah menemukan rahasia Elixir of Life. Kepada mereka, Count juga sering mengatakan kalau ia telah berumur ratusan tahun dan pernah tinggal di masa Kaldea kuno dan mengetahui rahasia para master dari Mesir.


Dalam kesempatan yang lain, Count sedang duduk di sebuah meja bersama teman-temannya sambil menceritakan sejarah dunia ratusan tahun yang lampau. Untuk sesaat, ia terdiam, lalu menoleh kepada pelayannya sambil bertanya: "Adakah yang saya lewatkan?"


Tanpa diduga, pelayan itu berkata: "Tuan, anda lupa kalau saya baru tinggal bersama anda selama 500 tahun sehingga saya tidak hadir pada saat peristiwa itu. Mungkin pendahulu saya yang mengetahuinya."


Setelah bertahun-tahun menjalani kehidupan yang luar biasa di Jerman, sebuah kejadian tak terduga terjadi pada tahun 1784.

Pada tanggal 27 Februari 1784, Count St.Germain sedang berada di kastilnya di Eckenform ketika ia disebut menderita pneumonia dan meninggal dunia. Kematiannya disaksikan secara langsung oleh dokter yang merawatnya.

Reputasinya yang dikenal sebagai seorang alkemis membuat banyak orang menyangsikan kalau Count sudah meninggal karena di Eckenform sendiri tidak pernah ditemukan satupun batu nisan bertuliskan namanya.

Mungkin ada benarnya juga kalau tahun itu count belum meninggal karena ada sebuah dokumen resmi Freemasonry yang menyebutkan kalau pada tahun 1785, Freemasonry cabang Perancis telah memilih dia sebagai perwakilan mereka di sebuah konvensi yang diadakan pada tahun itu bersama dengan Mesmer, Saint-Martin dan Cagliostro (yang juga dipercaya sebagai alkemis dan hidup abadi).

Count St.Germain - Lukisan tahun 1784

Tidak sampai disitu, pada tahun 1789, St.Germain disebut muncul di istana Rusia dan disambut sang ratu sendiri. Lalu pada tahun 1789, 5 tahun setelah kematiannya, Comtesse d'Adhemar mengaku berjumpa dengannya dan mengalami percakapan yang cukup panjang di Gereja Recollets.

Pada Comtesse, ia memberikan ramalannya kalau ratu Marie Antoinette akan tewas dengan mengenaskan dan keluarga kerajaan akan hancur berantakan. Setelah itu berkata kalau ia akan pergi ke Swedia untuk menyelidiki raja Gustavius III dan mencoba untuk mencegah terjadinya sebuah kejahatan besar.

Menurut Sang Comtesse, wajah dan penampilan St.Germain terlihat seperti seorang yang baru berusia 30 tahun lebih.

Lalu, pada tahun 1790, Franz Graeffer, seorang temannya yang berkebangsaan Austria mengaku menerima sebuah surat dari Count yang berbunyi:
"Besok malam, aku akan pergi lagi. Aku dibutuhkan di Konstantinopel, lalu aku akan ke Inggris untuk mempersiapkan dua penemuan yang akan kalian miliki di abad berikutnya, yaitu kereta api dan kapal uap. Pada akhir abad ini, aku akan menghilang dari Eropa dan pergi menyepi ke Himalaya. Aku akan berisitirahat, aku harus beristirahat."
Tidak ada yang tahu pasti kemana ia pergi pada tahun berikutnya. Kemunculannya yang berikutnya diketahui dari catatan Comtesse d'Adhemar yang sebelumnya telah berjumpa dengannya pada tahun 1789.

Pada tahun 1821, Comtesse d'Adhemar menulis:
"Setiap kali aku melihatnya, aku selalu takjub. Aku berjumpa dengannya ketika ratu dibunuh pada tanggal 18 di Brumaire dan aku kembali berjumpa dengannya satu hari setelah kematian duke of d'Enghien pada Januari 1815 dan juga sekali lagi pada malam kematian Duke de Berry."
Pada tahun 1821 itu, Mademoiselle de Genlis juga mengaku berjumpa dengan St.Germain selama negosiasi di Winna. Kesaksian ini diteguhkan oleh Comte de Chalons.

Apakah benar St.Germain masih hidup pada tahun itu?

Banyak orang yang mempercayai hal itu.

Pada tahun setelah tahun 1821, seorang penulis Inggris bernama Albert Vandam mengatakan kalau ia pernah berjumpa dengan seorang pria misterius yang mirip dengan Comte de Saint Germain.
"Ia menyebut dirinya Mayor Fraser. Ia hidup sendiri dan kaya raya. Ia juga memiliki pengetahuan luas mengenai Eropa dan dalam beberapa kesempatan, ia berkata kalau ia mengenal Nero dan telah berbicara dengan Dante."
Sama seperti St.Germain, Mayor Fraser juga terlihat seperti seorang pria berusia 40 tahun dan menghilang begitu saja pada tahun-tahun berikutnya. Menariknya, pada tahun 1820, seseorang bernama Mayor Fraser menerbitkan sebuah buku yang menceritakan mengenai perjalanannya ke Himalaya dimana ia berhasil mencapai Gangotri, yaitu sumber paling suci dari sungai Ganga dan mandi di sana. Ini sesuai dengan surat Count yang ditulis untuk sahabatnya. Jadi, banyak yang percaya kalau Mayor Fraser sesungguhnya adalah Count sendiri.

Pada tahun 1835, Count disebut muncul lagi di Paris, lalu di Milan tahun 1867 dan di Mesir pada tahun-tahun berikutnya. Napoleon bahkan disebut pernah bertemu dengan dirinya dan masih menyimpan catatan mengenainya.

Setelah itu, salah seorang pemimpin Teosofi bernama Annie Besant mengklaim kalau ia bertemu St.Germain pada tahun 1896 dimana sang guru mengajarkan kepadanya berbagai hikmat.

Anggota Teosofi lainnya bernama CW.Leadbeater juga mengklaim bertemu dengan St.Germain di Roma tahun 1926. Leadbeater mengatakan kalau saat itu, St Germain menunjukkan kepadanya sebuah jubah yang pernah dipakai salah seorang kaisar romawi.

Anggota Teosofi lainnya bernama Guy ballard juga mengaku pernah berjumpa dengan Count. Namun, kesaksiannya kali ini sedikit berbeda karena Ballard mengklaim kalau Count memperkenalkannya dengan para pengunjung dari Venus. Ballard bahkan menulis sebuah buku mengenai hal ini.

Jika melihat dari kehidupannya, maka sebenarnya tidak ada yang aneh dari Count St.Germain. Ia mungkin memang keturunan raja yang memiliki banyak keahlian, suka menghilang selama beberapa tahun dan memiliki kharisma yang luar biasa. Satu-satunya misteri yang ada padanya hanyalah rumor yang menyebutkan kalau ia adalah seorang alkemis yang mampu mengobah logam dasar menjadi emas (Philosopher's Stone) dan telah menemukan rahasia umur panjang (elixir of life).

Annie Besant pernah mengadakan penyelidikan mengenainya dan ia percaya kalau St.Germain adalah anak dari pangeran Transylvania bernama Francis Racoczi yang diasingkan oleh kerajaan. Pendapat ini dikonfirmasikan oleh fakta kalau salah satu dari anak-anak pangeran Racoczi yang dibesarkan oleh pihak keluarga kerajaan Austria pergi meninggalkan kerajaan Austria. Penulis lain bernama Raymond Bernard percaya kalau Count sebenarnya adalah Francis Bacon yang juga dipercayainya sebagai tokoh yang menulis dengan menggunakan nama Shakespeare.

Tapi, tetap saja tidak ada yang aneh dengan hal itu.

Beberapa peneliti yang skeptis percaya kalau legenda Count terlalu dibesar-besarkan. Rumor-rumor mengenai kehebatannya bisa saja tersebar akibat isu yang dihembuskan banyak orang yang mengenalnya.

Misalnya, tidak berapa lama setelah tahun kematiannya, seorang komedian Inggris bernama Milord Gower mulai menirukan karakter Count dalam aksi panggungnya. Tidak bisa disangkal kalau ia lebih menekankan pada sisi satir dibanding fakta, misalnya dengan mengatakan kalau Count adalah seorang alkemis yang hidup abadi dan bahkan mengenal Yesus.

Rumor seperti ini mungkin telah menyebabkan pengkultusan terhadap pribadi Count. Pengkultusan ini kemudian dinyalakan kembali oleh kaum esoterik yang anggota-anggotanya menulis banyak buku mengenai pria ini. Namun, sama seperti tokoh misterius lainnya di dalam sejarah, kita mungkin tidak akan pernah bisa memastikan identitasnya, entahkah ia seorang penipu, mata-mata, pesulap atau benar-benar seorang alkemis yang telah menemukan rahasia Elixir of Life.

Baca juga: Fulcanelli - alchemist yang misterius

(wikipedia, crystalink.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

152 comments:

  1. PERTAMAXXXX!!! diamankan... :P

    Count St.Germain - lukisan tahun 1745 lucu banget mukanya... cute2... wkwkwkwk! :P

    ReplyDelete
  2. pertamax..
    philo

    ReplyDelete
  3. pertamaxxx...

    baja dulu ahhh....

    ~The_Alf~

    ReplyDelete
  4. seorang tokoh misterius yang banyak membawa berita misterius pula :)
    very nice article!

    ReplyDelete
  5. kenapa situs ini sama seperti situs sebelah yah :)
    seneng amat kalo udah dapat pertamax, emang dapet hadiah paan ya kalo bole tau?

    ReplyDelete
  6. keduax

    ketigax

    keempatx

    kelimax

    udah di amankan..

    bro enigma.. panjang bener ceritanya.. tapi keren bro.. pantesan lama bener launch cerita selanjutnya.. :)

    ReplyDelete
  7. om, mau nanya nih. kalo ngomongin ttg exilir of life, kok saya langsung ingetnya ke nickolas flamel yah? bukan gara2 harry potter ya, om, tapi emang setau saya si nickolas flamel yg sering dikait2in sama cairan kehidupan itu... ada hubungannya ga si count ini sama flamel??

    ReplyDelete
  8. dea .
    ke 11 kah ?

    ReplyDelete
  9. @Anonymous: sebenarnya sudah mengedit banyak informasi supaya tulisan ini jadi lebih pendek. Yang tersisa itu adalah informasi yang "dibuang sayang". hehe

    @euniquemissy: Memang diantara para alkemis, Nicholas Flammel adalah yang paling beken.

    ReplyDelete
  10. mr. x

    sial...........


    T-T


    Saya sedih semester ini turun lagi peringkatnya

    Quest for

    Mr. Engima... Who am I

    key word : I am Blogger

    ReplyDelete
  11. *cepty*
    licaaaa lagi!! sebel-sebel!!

    anyway, st. germain tuh narsis yah?
    dicerita-ceritain gitu. kalo dia memang panjang umur ngapa dicerita-ceritain? mungkin buat para penganut okultisme seperti Teosofi, itu buat penyemangat gitu kali yah?
    bisa aja kan, 'sebagian' keterangan itu gak bener atau dilebih-lebihkan?

    mr. enig, st. germain kan memiliki banyak permata dan emas yang dibawanya kemana-mana. lah, kalo alkemis bisa bikin emas, ngapa masih dibawa-bawa? masih penting juga ya?

    ReplyDelete
  12. @Mr.X: yang biasanya komplain kalau peringkat komennya turun cuma si Andika. hahaha.

    @Cepti: Namanya juga narsis, kan mau pamer. hahaha.

    ReplyDelete
  13. Waw , keren ! Biar ada yg ga ngertinya , tp ttep keren ah . . Great job kkaaa !
    Hmmm dea tambah yakin ada konspirasi ka lica ama ka enigma , hehehe ;)
    gnite kka2 smua.nyaaaa

    ReplyDelete
  14. ~The_Alf~

    wahh...wah...
    mungkin Counnt St. Germain merupakan tokoh inspirasi bagi penemu dunia atau tokoh besar lainnya...

    hhihihi :D

    hebatnya dia bisa tau peristiwa besar yang bakalan terjadi...

    hebat hebat....

    ReplyDelete
  15. UNIVERSAL n enigma lover, wkwkwkwkwkwk

    @enigma, hahahahahahaha saya telah menipu anda. itu cuma alibi.

    Saya adalah UNIVERSAL ( sama ya), hehehehe

    Pertanyaan saya ya bang Enigma, Saya tidak begitu tahu ttg St. German, namun disana hanya tertera dua gambar yang mendokumentasikan dirinya dan itupun hanya berselang beberapa puluh tahun. Jadi sebetulnya tidak ada bukti konkrit kalau dia itu berumur panjang atau bahkan abadi.

    Namun mengenai pernyataan pelayannya saya no-comment hehehee

    ReplyDelete
  16. wow
    elixir of life sama philosoper stone memang sebuah sesuatu yang sangat menarik,mau dibilang isu gak ada bukti ,mau dibilang bener juga masih ragu ragu ehehe



    Bambz

    ReplyDelete
  17. ahh.. menarik sekali bang enigma.. udah dari sore saya nunggu postingan baru abang.. nah sekarang baru bisa tidur nyenyak deh :D

    ReplyDelete
  18. wow panjang jg baca dl ah







    aprian saevenfoldism

    ReplyDelete
  19. seperti di dalam agama islam , ada nabi yang hidupnya sangat panjang , yaitu nabi khidir as ,
    tapi yang menarik dari sini adalah , pelayannya baru ikut 500 tahun ?
    hmm . . . mungkinkah dia manusia ? ataukah jin yang menyerupai manusia ?
    (karena umur jin sendiri ribuan tahun, dan dia tidak makan makanan manusia)

    ah , only God knows why kayaknya hehe

    ReplyDelete
  20. Gladiat:
    satu hal yg mencurigakan dan tdk saya mengerti adlh alasan kenapa st.germain itu pake akting meninggal segala (ini kalo dia tu benar2 abadi) jika dia tetap muncul di hadapan publik seperti itu.

    ReplyDelete
  21. Komen tengah malam. . .
    Hehe,
    nice post Mr. E!
    Udah saya tunggu lama lho

    ~BigmaN~

    ReplyDelete
  22. rahasia elixir of life sma dg ilmu kebal ga? atw kmampuan regenerasi sel yg sgt cepat? (seandainya) kalau kelindes truk, parah, msih idup ga y? hehe
    klo hidup abadi, mngapa skrg ga muncul lg? apa uda ga narsis lg y? hehe
    hexachlor

    ReplyDelete
  23. Kalau memang benar orang ini ada..
    apa maksud orang ini jalan2 sesuka hati kesana kemari. Dan kebanyakan penampakan yang keexpose adalah keberadaannya bersama raja2 atau orang2 penting..?
    Bro enigma.. apa dia tidak pernah memberitahukan kepada khalayak tentang misi utama hidupnya..?

    ReplyDelete
  24. Wah.. Hidup Lica...
    Kalau menurutku, tiap kali bro en posting, lica dapat sms. Aw.. Aw.. Aw.. Tul ga? :p

    Btw, cerita count germain sepertinya berlebihan ya. Dan dia narsis serta suka pamer. Menurutku bisa saja orang lain yang mengaku count germain, secara cerita mengenai count ini sudah banyak diketahui. Dan mungkin memang sudah mati.

    Hmm.. Tapi aku termasuk orang yang percaya manusia bisa hidup ratusan tahun. Bukan hidup abadi (hanya Allah yang abadi), cuma dianugerahi umur "sangat panjang".

    Wah, segitu dulu deh. Sudah malam. Nice post bro..

    ReplyDelete
  25. Pertamax!
    :3
    Dewa blog,naikkan pringkatku k nomer 1!

    ReplyDelete
  26. Giga said..
    jangan.jangan.
    di salah satu penyihir kyk di film THE SORCERER`S APPRENTICE..wkwk

    ReplyDelete
  27. apa nero dan dante?? bukan kah keduanya tokoh di game devil may cry 4?? siap sebenarnya nero dan dante??

    ReplyDelete
  28. Wow..
    Jadi umur st germain berapa ya?

    ReplyDelete
  29. Comte de saint Germain diperkirakan berumur 2000 tahun, pada sekitaran abad ke-18... berarti da juga sudah hidup pada tahun 400 - 300 SM. Koq aku merasakan related dengan sesuatu (seseorang) bro Enig?? Kalo memang benar 'legenda' ini ada, mungkinkah?? haha, atau jangan jangan aku sudah ikut ikutan membesar besarkan cerita ini!!
    Nice article bother...

    btw, bro Enig tahu gak aku siapa??
    cluenya, aku juga seorang blogger dan lumayan cukup lama baca blog anda...thanks

    ReplyDelete
  30. baca dulu ah ..
    siapa tau ada pembunuhan ..
    hehehh ..

    wahyenx666

    ReplyDelete
  31. Antony said :
    dalam islam ada tokoh bernama dajjal yang tidak akan mati sampai hari kiamat. berdasarkan postingan dia atas , count sering mengatakan kalau ia telah berumur ratusan tahun, pernah tinggal di masa Kaldea kuno dan mengetahui rahasia para master dari Mesir. yupp... pada jaman nabi musa hidup di mesir, dajjal sudah ada disana. kalau kisah itu memang benar adanya, count germain mungkin dan bisa jadi adalah dajjal sang terkutuk yang akan membuat bangsa manusia menjadi budaknya...

    ReplyDelete
  32. Land lord laie Said,

    bro enigma,
    Count St Germain di Bukunya Michael Scott itu memang manusia abadi =, tapi itu buku fiksi sih ...
    kalau di Irlandia, di disebut sang kaisar lo ...

    udah liat ufo yg dikemang belum bro ...

    http://bit.ly/kemang

    ReplyDelete
  33. Myheart2105 berkata...

    Waaah,,Lica pertamax lg..xixixi^_^

    Saint Germain...bnyk prtnyaan yg brseliweran dkepalaq..huhu...
    Ini cm dftr prtnyaan yg brseliweran itu,,kalo ada yg mo mnanggapi silakan ajah,,kalo gk jg gak pa2^^

    1. ''Saint'' itu syapa yg m'berikan?? Apkah dia yg mnybut dirix sndiri dgn gelar ''saint''?

    2. ''Saint'' khan artix ''org suci'' yach dlm ajaran Kristen? Tp koq gk prnh trdngar pngabdiannya di gereja bwt melayani Tuhan?? Yg ada cm cerita jalan2 dia kliling dunia, pukau sana pukau sini dgn ramalan,,n keahlianx yg 'luar biasa'...

    3. Kehadiranx/kisahx yg mulai kdngeran thn 1700an smpai thn 1926 m'buat qt mikir kalau dia itu pnjg umur atw lbh hbat lg: nemuin elixir of life...prtnyaanq: kalau itu artix gak mati2, alias hdup abadi,, apa bner ada org yg hdup abadi? Klw aq seyh gk prcaya, krn stiap yg brnyawa pasti mati,,..

    4. Klw dia ''mengenal Yesus secara pribadi''..umm..bkankah itu hal yg luar biasa dlm hdupx?? Bhkn prkenalanx dgn Yesus bs mengubh pndangan hdupx?? Msalx utk melayani Tuhan?? Atw bner2 setia pd ajaran Kristen,,krn mgkn sj mnyaksikan pnyaliban Yesus dan Kenaikan Yesus ke Surga??
    Sharusx dia sdh SANGAT GIAT mnybarkan agama Kristen??
    N bg dia prbdaan pndangan Islam n Kristen ttg pnyalibn Yesus sdh bkan misteri lg,,maxudx dia tau apa yg sbnerx trjadi saat itu...
    Tp knapa prknalanx dgn Yesus sptx tdk m'buatx spt layakx org suci??

    5. Prnytaan kalo dia udh hdup saat zman Yesus, brtntangan dgn prnyataan kalo dia anak/kturunan raja portugis..krn krajaan portugis q ykin blum ada 2000 thn lalu,,
    Prtnyaanq: knapa bs trjdi prbdaan prnyataan ini?
    Yg q kpikiran cm: itu cm karangan sj, bgn dr bumbu2 pnydap cerita,, atw mgkn st. germain sndiri yg blg bgtu,,..mngingat kalo dr ceritax dia suka mngganti2 indntitasx..tp kalo emg bner bgtu,,brarti st. Germain brbohong dunks,,yg kykx ironis bngt dgn gelar ''saint''x.

    6. Trus yg kpikiran lg: drmana cerita ttg kisah hdupx brasal?? Ksah hdupx khan spt kompilasi gtuh..bgn2 ceritax trpisah 1 dgn yg lain,,dgn idntitas yg brbda n tmpat yg brbda pula..so:
    A. Syapa yg mrangkai potongan2 crita itu??
    B. Drmana si pncerita tau, kalo si Anu itu sbnrx adlh st germain,,trus dia prgi ksini n trus prgi ksana..n brubh idntitas lg jd si Anu...waah,,hbt yach naratorx...

    7. Trus yg ini:

    ''Kepada Cobenz, Count mengungkapkan kalau ia adalah seorang keturunan raja. Belakangan, Cobenz mengaku kalau ia telah melihat count mengubah segumpal logam menjadi emas. Ini cukup menarik karena seorang menteri kerajaan tidak biasa mengucapkan sesuatu yang bohong. ''

    Kalo dpikir2 bner jg seyh,, utk apa seorang mntri krajaan brbohong?? Org kalo brbhong pasti ada alasanx..kykx si mntri gk pnya alasan bwt brbohong ttg st germain.
    Atau...
    Simpel aja,, cerita ttg st. Germain yg ktemu dgn Cobenz itu emg bner2 cuma cerita ajah alias gk prnh trjadi,, n mgkn jg hal2 yg 'waaah' lainx kyk ngubah logam jd emas,,elixir of life jg bgn dr bumbu cerita...

    8. Umm...q jg kpikiran sbnerx MISI khdupan st Germain itu apa y?
    Trus, apa moral dr kisah st Germain?
    Atw mgkn cerita St Germain SENGAJA direkayasa utk tujuan trtentu...
    Tujuanx?? Umm...gmana kalo utk MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI ALKEMIS yg mgkn sdh smakin pudar dgerus zman...(aduuh..bahasaq..xixi..:p )

    Ywdah dech,,sgtu dulu...^^

    ReplyDelete
  34. Elna_DaSKA
    Terakhir x

    bisa coment juga euy. . .
    dah lama pengin coment Di blog ini.

    ReplyDelete
  35. Jangan2 dia itu Vampire sodarany count Dracula :P, enak jg y jd pelayanny dikasih umur panjang jg.

    Iya nih jgn2 kl bro En mo posting Lica dismsin, curang! >.<

    ReplyDelete
  36. Walah telat banget saya ...
    hmmm...
    gaya banget yah yang namanya Count St. Germain itu ....
    udah narsis ehh munculnya cuma di kalangan raja ma pejabat tinggi doang..
    kalau emang udah isa nemuin (elixir of life). kenapa mpe sekarang dia kagak nongol di gedung putih atau di kerajaan arab saudi gitu khan sama2 parlente tuh ...
    dan kalo seumpama dia isa buat logam dasar menjadi emas ..
    mungkin dia dedengkotnya suku aztec atau eldorado ..
    atau jangan2 dia belajar ma mereka.
    wes ....
    jelas konspirasi ki ....
    mumet aku mikir orang gag manut ma takdir kayak gini...
    waktunya mati ya musti mati ...
    eh ...
    dia malah pengen awet muda ...
    hadu2 ,,,
    sifat dasar manusia
    ngomel2 gag jelas mode on.

    ReplyDelete
  37. Nice Post.. kalo ga baca ini saya ga tau ada St. Germain..

    but, ada pertanyaan2 kecil..

    1. Dalam rentang waktu kehidupan yg panjang, sejauh mana orang yang mengaku melihatnya itu adalah satu orang yg sama ? Bisa aja yang dilihat sama Horace Walpole pada th 1745 & Franz Graeffer pada th 1790 itu orang yg memiliki Karakteristik yang sama, tapi bukan orang yang sama. Karena Count St.Germain tidak disebutkan kalo mempunyai ciri fisik yg khas.

    2. "...Dalam perjalanannya menuju Inggris, ia melewati Rusia dan berdiam sementara di St.Petersburg. Kebetulan, pada saat yang sama, militer Rusia melakukan kudeta terhadap raja dan menempatkan Catherine the Great sebagai ratu. Ini membuat banyak orang percaya kalau St.Germain sebenarnya memiliki andil dalam peristiwa itu..."
    CMIIW, Setahu saya, Perancis & Inggris itu hanya dipisahkan dengan selat, knapa jalan2 dulu ke Rusia yang ada di sebelah Timur? Berikutnya malah muncul di Belgia.. Apakah Count ini seorang Pengelana ?

    Kesimpulan saya, mungkin aja ada bbrapa orang yg mengaku Count.St Germain. Ini mungkin disebabkan oleh kesamaan fisik/karakteristik.

    Malah kadang fisik/karakteristik tidak sama (asal mempunyai keahlian yg sama)pun kadang dianggap satu orang yg sama.. contohnya : Mak Er*t..banyak yang ngaku2 tuh huekekekeke..

    ReplyDelete
  38. heeheehee..
    Rasanya agak janggal kalo orang idup dengan umur sebegitu panjang
    Sampe kenal deket ama Yesus -_-a

    Nice posting om !! :D

    ReplyDelete
  39. misteri kemunculannya di katakan kalau setelah kehilangannya dia akan muncul setiap 45 tahun sekali yang menurut kepercayaan bahawa setiap 45 tahun sekali merupakan suatu hari perayaan bagi para kesatria tampler.

    beberapa sumber menulis kalo nama yang dia buat sebenarnya berasal dari bahasa prancis latin yaitu "Sanctus Germanus" , yang berarti "Saudara Suci".

    benar tidak om enigma?

    PEACE!!!!! :D

    ReplyDelete
  40. Mustahl mnusia bsa abdi..
    Yg brnywa pzty dtkdrkn mati..
    Klw dya msh da mpe skrng suruh tmuin w...
    Wkwkwkwk.. =9

    akhr'a bsa cmant jg stlh 6bln ngkutn blog ni..
    Good job bang enigma..
    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  41. tamabahan:
    di prancis pada tahun 1972 pada salah satu stasiun TV seorang pria pernah muncul dan mengaku sebagai st.germain,ketika seorang pria bernama "Richard Chanfray" muncul dan mengumumkan bahwa dia merupakan salah satu LEGENDARIS. dan dia juga pernah melakukan suatu aksi yakni dia mengubah sebuah kompor menjadi emas. setelah peristiwa itu Chanfray kemudian di temukan tewas bunuh diri dengan cara mengantung diri.

    Katanya sih begitu. benar tidak om?

    nie link nya
    Sumber:
    http://paranormal.about.com/od/humanenigmas/a/saint-germain.htm

    ReplyDelete
  42. @vhanz: nero itu kaisar romawi abad pertama masehi. Dante itu penyair abad ke-13.

    ReplyDelete
  43. @abzalom: memang betul, namanya kemungkinan memang dr kata sanctus germanus. Soal chanfray, dia percaya dirinya st.germain krn mimpi. Lgpula, byk saksi yg menyaksikan dia dr kecil. Jd saya anggap klaim itu mengada2 shgga tdk sy singgung di tulisan atas.

    ReplyDelete
  44. @richard rondonuwu: saya benar2 nggak tahu lho kamu hubungkan germain dgn siapa. Emang siapa lg yg sdh hidup sejak 3 atau 4 abad sblm masehi?

    ReplyDelete
  45. @land lord lawie: ufo kemang adalah hoax yg sangat jelas.

    ReplyDelete
  46. wah... Comte de saint Germain ini kayaknya seperti identitas Dajjal yg bisa bertukar2 rupa. banyak jejak2 Dajjal dalam lipatan sejara seperti dalam catatan Tamadun kuno.


    P/s: saya mau request ama Mas Enigma. Kerna penulisan Mas benar2 memberi pencerahan pada saya. Benarkah ESQ itu Sesat/menyimpang?????? terima kasih yah.

    ReplyDelete
  47. karena sama2 dikatakan berumur panjang, apa ga mungkin St. Germain dan fulcanelli itu sama? atau mungkin mereka pernah bertemu?
    Nicholas flammel itu siapa sih? Request

    R

    ReplyDelete
  48. Di website Randi.org saya membaca tentang pria ini,....dia mampu menghilang (invisible) alias tidak terlihat sama sekali (bukan minggat diem diem ya..) lalu dia tahu rahasia hidup abadi, dan hebatnya dia juga mengenal Ratu Sheba dan Salomon ( Sulaiman As dlm Islam )

    Pertemuannya dengan Yesus saat menghadiri pernikahan Cana di Galile, ketika itu Yesus mengubah air menjadi anggur (John 2:1)

    Hmmmm I'm not sure about him..., terlalu super duper greater mengalahkan usia Para Nabi dan Tokoh Agama lainnya,....jika dia Real, knp tidak satu Kitab pun menulis tentangnya ya? atau di patri kisahnya di sebuah Prasasti dari zaman Salomon gtu.

    Ooops...jangan jangan di The Highlander! hehehehhe kidding bro... ~_*7

    ReplyDelete
  49. bro E open ID itu apa sih? gimana caranya makai?
    thnk alot, sori kalau tidak nanya misteri. bt nice post

    Evantz

    ReplyDelete
  50. @evantz: open id itu identitas km di dunia maya. Kalo km pnya gmail atau yahoo mail atau blog, km bs menggunakannya sbg open id. Tggl klik sj open id dan ikuti instruksinya.

    ReplyDelete
  51. misteri itu indah brother..

    jika saya katakan,saya bisa merubah logam menjadi emas. apakah kalian percaya?
    tidak kan? tp jika presiden kita mengatakan'saya bisa merubah logam jadi emas' kalian akan mempertimbangkan lagi kalimat dia atas. betul?

    menurut saya,SG adalah orang terkenal yang benar eksis. tapi tentang kemampuanya saya masih gamang.
    tentang pengakuan orang- bukankah sesuatu yang keren bila kita mengenal orang terkenal?
    bersambu

    ReplyDelete
  52. hahaha...
    bro Enigma hebat bisa langsung tahu siapa saya...
    hihihi..
    padahal TYrips pikir bro akan mengira kalau yang komen diatas bukanlah TYrips (namun hanya menggunakan link TYrips buat pengalih)...wkwkwkwk

    btw, lupain aja bro, ternyata saya salah perhitungan dengan orang yang saya maksud..,
    lagian kayaknya gak mungkin..dan semoga saja gak mungkin...hehehe

    ReplyDelete
  53. sambungan

    jadi,menurut saya. mereka (mungkin semua/beberapa) memberikan kesaksian palsu,bahwasanya mereka pernah bertemu dengan SG. demi untuk MENDONGKRAK POPULARITAS mereka di mata umum. dan lagi masyarakat pada masa itu,tak akan berani menyangkal apa yang dikatakan para bangsawan dan orang terkenal,karena perbedaan kasta itu ada.
    tapi tidak menutup kemungkinan bahwa SG itu ada dan berumur panjang.

    bersambung:

    ReplyDelete
  54. sambungan:

    karena tiada yang tak mungkin di dunia ini,karena Tuhan itu maha kuasa dan dengan kuasaNya apapun terjadi.

    maaf panjang,saya tidak begitu pandai menuangkan apa yang ada dalam otak saya menjadi rangkaian alphabet..hehe..
    keep posting pak dhe..
    ps: yg ank smrng ada?

    ReplyDelete
  55. Zetta's opinion

    Sepertix cukup menarik utk dtelusuri
    First, sepertix dsetiap kisahx tdk djelaskan secara pasti perawakan si st.germain minimal apa yg dia pakai n dilakukan saat tampil di dpn umun
    Next, elixir of life >>> ramuan hidup abadi ato ramuan buat gak cepat tua gtu?
    Di salah stu ksahx dia meninggal, trus dmasa brikutx dsebutkan dia msh hidup, jka benar dia tdk meninggal, apakah ada sesuatu yg direkayasa utk menutupi sesuatu?
    The last one, btw apakah dia dtng dri msa dpn?

    Great Enigma

    ReplyDelete
  56. Menurut Bung Enigma, apa mungkin dia Nabi Khidir AS? Yang dikatakan hidup panjang umur dan hanya akan mati saat dunia berakhir? Dan yang mendapatkan pengetahuan dan ilmu langsung dari Yang Maha Kuasa?

    ReplyDelete
  57. Angulus Ludovici:
    Kok mirip Highlander? Jangan-jangan si Count matinya karena dipenggal pedang, bukan karena Pneumonia...

    ReplyDelete
  58. @mrcostello: film 4th kind itu hoax yg dibuat sutradaranya sendiri..
    sanctus germanus hanya istilah bagi orang-orang yang punya derajat tinggi dalam ilmu pengetahuan dan strategi perang, 'mereka' sama pintarnya dengan queen seon deok..gubraaakkkk!!!!!

    ReplyDelete
  59. Sangar! keren bro!,enigma emang idolaku! tapi bukan maksud saya lancang kalo nerbitkan postingan tolong dipercepat misal 2 hari 1x apa bro enigma yang sibuk?

    ReplyDelete
  60. HUAHHUAHUAHAA TYrips maen2 tebak2an, Susah banget sumpah HUAHAHUAHA

    ReplyDelete
  61. Apakah si st. Ini adalah seorang alchemist ? , karena cirinya mirip seperti seorang alchemist ..

    ReplyDelete
  62. Myheart2105 berkata...

    @Myeyes:
    Eh, yg kyk gtu jg bs yach..org lain yg mngaku mnjadi SG? Umm..bs jg kykx ^^,,tp orgx mgkn bnyak jg yach...tp knapa mreka ngaku2 jd SG? Apa mau trkenal ajah? Tp kykx mlihat ksah SG yg bergaul d kalangan elit n misterius,,kykx org2 biasa atw rakyat jelata gk bkalan kenal sm SG..so kykx kalo cm pngin populer kykx krg mgkn.
    Trus kalo ada yg ngaku2 jd SG kykx bs aja, soalx dr ceritax wajah/tmpang/ciri2 fisik SG bgtu misterius, infox mgkn gak ada. Yg lbh jauh lg, kalo ada yg ngaku2 jd SG, bkanx mdah ketahuan gadunganx, soalx khan yg palsu gk bisa mlakukan hal yg 'waaah' gt kyk ngubah logam jd permata. Tp pemikiran yg kyk gtuh dbngun atas asumsi kalo SG emg nyata n emg bs ngubah logam jd emas,,..
    Umm...q jg kpikiran kmgkinan yg lain,,mgkn saking melegendax SG lgkp dgn bumbu2 ceritax..ada yg ingin memanfaatkan tokoh SG dgn memanfaatkan misinterpretasi sosok org lain yg dicocok2an/diklaim sbg SG..n mgkn kalo diselidiki tokoh yg lain itu emg ada/real,,tp dia dikait2kan sbg SG. Umm..tujuanx mgkn utk MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI ALKEMI,,yg kykx sdh mulai tdk dilirik org lg zaman itu..so, ada suatu perkumpulan atw mgkn seseorang yg cinta thd Alkemi, brusaha mengkompilasi cerita2 trpisah n mnybrkan kisah ttg SG, atw mgkn jg Fulcanelli. St Germain n fulcanelli dijadikan sbg ICON ALKEMIS yg luar biasa...

    Trus jg ada hal2 yg agak aneh menurut aq:

    1. Yg ini:
    ''...Untuk sesaat, ia terdiam, lalu menoleh kepada pelayannya sambil bertanya: "Adakah yang saya lewatkan?" Tanpa diduga, pelayan itu berkata: "Tuan, anda lupa kalau saya baru tinggal bersama anda selama 500 tahun sehingga saya tidak hadir pada saat peristiwa itu. Mungkin pendahulu saya yang mengetahuinya."

    Apkh pelayanx jg mnemukan/minum elixir of life? Soalx usiax plg gak udah 500 thn. Atw apkah pelayanx itu jin?
    Lgian jg gak ada keterangan drmana/siapa yg menceritakan perkataan pelayan SG itu. So kmgknan bsar mgkn cm bgn dr bumbu cerita ajah.

    2. Trus yg ini:
    ''Lalu, pada tahun 1790, Franz Graeffer, seorang temannya yang berkebangsaan Austria mengaku menerima sebuah surat dari Count yang berbunyi: "Besok malam, aku akan pergi lagi. Aku dibutuhkan di Konstantinopel, lalu aku akan ke Inggris untuk mempersiapkan dua penemuan yang akan kalian miliki di abad berikutnya, yaitu kereta api dan kapal uap....''

    Konstantinopel? Kalo gk slh Konstantinopel udh gak ada lg zaman itu, soalx udh jd Istanbul, pusat pmerintahan Kekhalifahan Islam Turki Usmani...
    Trus, yg mengenai kapal uap, kykx dtemukan di abad yg sm kok, abad 18..bhkan patenx bkan d Inggris tp di Amrik,
    ''Percobaan pertama yang berhasil lari dari sebuah kapal uap telah dibuat oleh penemu John Fitch pada Sungai Delaware pada 22 Agustus 1787, di hadapan delegasi dari Konvensi Konstitusional.''
    (kisahpenemu.wordpress.com/2010/02/28/penemu-kapal-api/)

    Mengenai kereta api, dtemukan pd thn 1822 n emang olh org inggris George stephenson, tp lokomotif prtma oleh William Murdoch thn 1784.
    Tp ramalan SG gk bs dianggap bner jg..soalx gak bner pas ttg kapal uap...
    Kalo ada yg salah ksh tau yach...^^

    ReplyDelete
  63. bala bilang...

    mas enigma
    bahas dong tentang The Order of Nine Angles
    saya cari2 artikel nya di internet
    cuma seddikit

    ReplyDelete
  64. PERTAMAX wkwkwkwk
    om enig..kok komenku g pnh dimuat to..ap komen pke hp g bs y

    ReplyDelete
  65. :Tahun 1760, ia meninggalkan
    Perancis menuju Inggris
    karena salah seorang pejabat
    kerajaan Perancis bernama
    Duke of Choiseul yang iri
    melihat kedekatannya dengan
    raja memerintahkan
    penangkapannya dengan
    tuduhan penipuan.
    Dalam perjalanannya menuju
    Inggris, ia melewati Rusia dan
    berdiam sementara di
    St.Petersburg.

    Prancis ke Inggris kan dekat.tinggal menyebrang.knp harus mampir ke Rusia?

    ReplyDelete
  66. @ndrientheu dan @Yudh:

    "Dalam perjalanannya menuju Inggris, ia melewati Rusia dan berdiam sementara di St.Petersburg."

    Kalian berdua benar. Saya salah menerjemahkan. sudah saya koreksi. Yang benar adalah, setelah dari Inggris, St.Germain pergi ke rusia dan berdiam sementara di St.Petersburg.

    Thanks ya. Kalian memang teliti.

    ReplyDelete
  67. @mrcostello: Komentar kamu soal film fourth kind, sudah saya pindahkan ke postingan saya mengenai film fourth kind. Lebih pas disana. Ini linknya kalau mau cek:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/02/q-apakah-film-fourth-kind-berdasarkan.html

    ReplyDelete
  68. @Myheart2105: Memang betul. Jika ia adalah keturunan pangeran Transylvania, maka itu bertentangan dengan teori kalau ia telah berusia 2000 tahun.

    @anonymous said "om enig..kok komenku g pnh dimuat to..ap komen pke hp g bs y"

    Komen kamu yang mana? Kalau pake HP, kdang memang bisa gagal komen.

    ReplyDelete
  69. bro enigma saya mau request donk karena saya suka sekali dengan nocholas flamel jdi minta di buatkan tentang cerita dirinya.
    ohh iya d novel "the alchemyst, the sorcerres dll" ada saat dimana flamel bt=rtemu dgn st. germain. lumayan serulah bro hehe (just share buat para pembaca novel)

    ReplyDelete
  70. ...Lica lagi...????
    ck ck ck...haibat...!!!!!!!

    ...baru stngah jalan baca, mndadak ada lagu melintas dikpala ane bro En...
    now here we are...we're the princess of the universe...(queen klo g salah)
    coz mirip bgt sih...playannya aja dah sgitu tuanya...

    "Tuan, anda lupa kalau saya baru tinggal bersama anda selama 500 tahun sehingga saya tidak hadir pada saat peristiwa itu. Mungkin pendahulu saya yang mengetahuinya."

    ...g komen banyak bro En, maap...msh ribet dgn elpeje...hehehee...
    1 hal yg jlas...a page-full of mysteri...
    great...!!!

    ReplyDelete
  71. Euclid?? 300 SM

    ReplyDelete
  72. kisah hidup yg menarik.btw count itu suatu gelar ya utk bangsawan?

    ReplyDelete
  73. coment aaahhhhhhhh............
    post yg ni kok kurang menarik ya mas enig......
    terlalu pnjang & berbelit2....
    oiya,slamat bwt kerja keras bro enig,telah menggaet bnyk award di HAAW..........
    maaf telad ngucapin nya.....
    congrats pokoke

    ReplyDelete
  74. wah ternyata dibahas juga req saya :)

    thanks bro enigma, ternyata masih banyak hal yang belum saya tahu tentang St. Germain

    ReplyDelete
  75. ra mudeng...
    tapi josss tenanan!!!
    keep posting bung!!!

    Vamos Espana

    By: BeaN

    ReplyDelete
  76. misteri itu indah brother..
    saya pernah baca,tapi lupa dimana.
    alkimia itu adalah ilmu untuk mempelajari pertanda,magis,dan alam semesta (biologi,fisika,astrologi,geologi,kimia,dll). elixir of life adalah suatu ilmu/petunjuk untuk menjalani hidup dengan menyatu dengan alam,niscaya tubuh raga dan jiwa akan tetap kuat. bukan ramuan untuk hidup abadi,namun lebih pada bagaimana kita menjalani hidup.
    bersambung..

    ReplyDelete
  77. sambungan 2
    sedangkan untuk cairan awet muda,pendapat saya itu adalah ramuan herbal,yang dimana pada saat itu pengetahuan akan vitamin,suplemen dan obat masih sangat jarang di ketahui oleh orang awan. maka,setelah meminum ramuan tersebut tubuh terasa ringan dan sehat. mereka anggap ramuan itu adalah ramuan Dewa/the elixir of life.

    tentang merubah timah menjadi emas:
    dalam buku yang saya baca.

    bersambung:

    ReplyDelete
  78. @myheart
    Wah.. Sip.. Sip.. Sebenarnya ini yang ada di otakku. Hanya saja aku tidak pandai memberi penjabaran.
    Ehm.. Orang-orang yang mengaku SG bs bergaul dengan kalangan elit? Ehm.. Bukannya SG mengaku anggota fremason, so bisa saja yang ngaku SG anggota fremason juga. Jadi selain untuk mengeksistensikan alkemi, ada fremason juga yang ikut andil. Tapi timbul pertanyaan lagi, Apa sih tujuan dari semua itu?

    Bgm myheart?? :)

    ReplyDelete
  79. hmm.. baca2 dari dulu baru pengen komeng skarang.

    kalo ja bener2 abadi, tu orang psti gempar ampe skarang. liat pnampakannya ja dah buat mrinding.
    pengen punya kkuatan alkemi..!

    ReplyDelete
  80. great article brotha'!!!
    so, klo nicholas flamel?? apa dia bnr2 ada jg??
    jgn2 Count St.Germain temenan ama flamel ya??

    -the little countess-

    ReplyDelete
  81. salam buat lica, kraken, my heart, aduh kaman ya naka dan chris/ jgn2 mreka satu orang hehehe,....bisa ga ya alkemi di pelajari sekarang?... mungkinkah Saint German adalah malaikat yg mngajarkan sihir (HArut MArut dari cerita Islam) hehehe. di Islam byk cerita manusia yg umur panjang kok, nabi Uzair, ashabul kahfi, dan nabi khidir, atau mahluk sesat spt dajjal dan ya'juj ma'juj. karena jika mansua sudah mnjadi setan maka ia akan ditangguhkan hidupnya sampai kiamat hiiiiiii.

    ReplyDelete
  82. nice story..
    Mengingatkan saya ma buku isa daud tentang munculnya dajjal 'laknatulloh' dari segitiga bermuda..tindak tanduk n kelakuanna hampir sama ma dajjal..pa mungkin dia..atw mungkin pengikutnya..
    Only god know..

    ReplyDelete
  83. sorry bro en, numpang titip pesan.

    @kraken
    Aku pingin baca artikel-artikel kamu bro. Tapi sayang beraaaat banget loadnya. Ga bisa tuntas baca sdh hang duluan. Aku pake hp soalnya.
    Seandainya anda mau redesign blog kamu, aku menyarankan yg lite saja. Sayang blog kamu juga lumayan asyik..


    Hehe.. Thx a lot bro en..

    ReplyDelete
  84. @dwiero : hai dwiero.. salam balik dr lica.. hehe -n,n-v

    ReplyDelete
  85. Myheart2105 berkata...

    Haduuh,,gk bs tiduur >_<''

    @Myeyes:
    Umm...apa yach ?_?
    Mgkn mikirx harus dpisah2 dulu. Prtma,,anggapan bhwa SG mnjd anggota freemason itu gk bner,,soalx gk ada bukti yg konkrit,,cm cerita ajah,,gk jelas jg smber ceritax yg valid..n kmgknan bsar emg ini yg trjadi,,
    Atw yg kdua,,anggapan SG adlh anggota freemason adlh bner,,trlepas apkh dia adlh SG yg sbnrx,,atwkah org lain yg mngaku SG..

    ''Orang-orang yang mengaku SG bs bergaul dengan kalangan elit?''
    --Kykx bs ajah, kalo pnya slh 1 dr 2 syarat: pnya keahlian yg khas/unik n brmnfaat bg org bnyak atw sm2 anggota freemason dgn org kerajaan...

    ''Bukannya SG mengaku anggota fremason, so bisa saja yang ngaku SG anggota fremason juga.''
    --umm..gmana yach ?_?
    Kalo msalx emg bner SG itu ada, n emg bner2 anggota freemason, so kykx bs dmaklumi jg,,mgkn freemason ngeliat ada keuntungan dr brgabungx SG..
    Tp kalo ada yg ngaku2 SG mgkn gk bs otomatis mnjdi freemason, krn kykx freemason bkan organisasi yg bs smbrangan dsusupi org luar..freemason mgkn mngetahui jati diri SG yg sbnrx...
    Atw kmgknan lain dr prnytaan km ''..so bisa saja yang ngaku SG anggota fremason juga'' adlh freemason sengaja MEMANFAATKAN tokoh SG utk kpntingan mreka..wlwpun mgkn SG itu bs sj hnya tokoh fiktif, atw tokoh nyata yg karakterx diberi bumbu2 cerita agar trkesan 'waaah'...
    Prtnyaanx: kpntingan apa yg membuat freemason memanfaatkan tokoh SG? Apkh mreka ingin jg mempertahankn image Alchemy?? Kalo bgtu apa manfaat image Alchemy bg freemason?
    Kalo alchemy emg nyata, knapa harus diexpose k publik? Kykx gk ada keuntungan yg bs didapat freemason kalo ngaku2 jd SG...
    So, kykx kmgknan anggota freemason mngaku jd SG jg krg mgkn..atw SG yg jd anggota freemason jg gk bs dpercayai 100 prsen soalx cm cerita ajah..tnpa bukti konkrit yg valid...
    N itu jg mngntarkn kpd kmgknan yg sm (yg di awal)..kmgkinan bsar ksah ini cm mitos ajah..

    ReplyDelete
  86. wah. .kok kayak ciri ciri sang terkutuk Dajjal ya? hidup kekal smpai kiamat n bs dg mudah memukau org n membuat org percaya akan dirinya. . Subhanallah. . .

    ReplyDelete
  87. great. nunggu cerita ttg nikolas flamel juga :D

    banyak istilah yg saya tau pertama kalinya dari novel harry potter,wkwkww lord voldemort ada ga ya di cerita rakyat, :hammer:

    udah sy donlot ebuk nya kemarin bro,,nuhun

    ReplyDelete
  88. wah si alkemist kalau tersenyum kayak mr.bean.... wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  89. Om Enigma kan ga mau bahas hal yang berbau mistik & klenik tp klo penjelasan ilmiahnya seperti orbs mau ga om ?

    zero

    ReplyDelete
  90. salam kenal om...
    dulu sy pernah baca artikel di mana gitu (lupa), nyebutin Count St. Germain, tp baru skrg saya tau ceritanya. btw, izin copas ya om (dgn sedikit modifikasi), soalnya lg belajar ngelola blog sm analisa berita :)

    ReplyDelete
  91. Nice posting .
    BTW bang E . ko kayanya bang E ga pernah ngasih tau ke orang identitas bang E . Hehe , jadi penasaran .

    ReplyDelete
  92. bro en. . . ni coment yg k 100. . .shruzx dpt dorprez. . .hehehe. . .ngarep dikit. .hehehe

    ReplyDelete
  93. komen2 kakak2 d atas lucu2..enak kali ya punya umur panjang gitu tapi dengan fisik yang muda selamany.seperti kata joan baez 'forever young, i wanna be forever young'

    ReplyDelete
  94. to Bro Enigma (jangan dipublish)
    Balasan utk myeyes0125
    versi mobile blog saya http://mippin.com/kraken

    terima kasih

    ReplyDelete
  95. komen2 kakak2 d atas lucu2..enak kali ya punya umur panjang gitu tapi dengan fisik yang muda selamany.seperti kata joan baez 'forever young, i wanna be forever young'

    ReplyDelete
  96. @Myeyes

    Terima kasih sarannya,..saya sudah merubah script dan memindahkan slide yang cukup memberatkan, sebelumnya size blog 101.3kb, nah sekarang udah saya turunkan menjadi 98.73kb...rata rata normal blog adalah dibawah 100kb,..dan versi mobilenya bisa diakses melalui http://mippin.com/kraken

    Versi mobile cukup menekan Read, lalu pilih See Original Story lalu pilih Google Mobile Version.

    terima kasih

    ReplyDelete
  97. Posting yang sangat bagus, jadi tambah ilmu...

    ReplyDelete
  98. Dear E,

    Membaca tulisan tulisanmu, aku jadi bertanya tanya, keingintahuan apa yang membuatmu berspesialisasi di bidang ini ?

    Salam,
    Banyu

    ReplyDelete
  99. Myhead 5012 said :

    haha...

    waaaa @#!%&%^%#*^$#(#^*!!@@!@ sudah ke seratusan??? tak apalah yang penting masih masuk 1000 besar haha

    yang mau saya katakan adalah cerita tentang Count Saint Germain adalah "MEMANG BENAR ADANYA DAN TIDAK HOAX"

    maksudnya :
    haha... ceritanya memang benar ada akan tetapi kebenarannya sangat2 diragukan...

    masa dy sering keliling dunia dengan identitas yang berbeda - beda akan tetapi koq ada yang tau sih kalo org tsb SG? siapa sih menyusun rangkaian cerita tsb menjadi satu?

    kalo menurut saya pasti ada sesuatu yang membuatnya demikian dengan tujuan tertentu...

    haha

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  100. Menurut saya, bsa jadi sg d berikan anugrah, elixir of life cman bumbu cerita :)

    ReplyDelete
  101. bagaimana dengan kisah Nabi Khidir yang menurut riwayatnya masih ada hingga saat ini?

    ReplyDelete
  102. Akhirnya...Sy bs main kesini.oh gprs kapankah kau akan mampir ke tempat sy..wkwkwk XD

    Myheart, I miss U XD
    Udah ketinggalan banyak, arrgh...
    Ck ck ck, sy tambah suka km Myheart, kritis pinter maniez abiis.
    Otak sy kalo gk diasah lama2 jd buntu haha XD
    Pertanyaan kamu sini abang Naka jawab.

    1. Gak tau, penggemarnya kali
    2. Mungkin ''saint'' yg dimaksud artinya bukan ''org suci'' dlm agama Kristen
    3. Gak ada yg abadi, kecuali Tuhan. So, kalau St Germain abadi itu ngarang banget.
    4. Berarti dia gk pernah hidup di zaman Yesus. Itu cm cerita yg dibuat2 saja.
    5. Bener, tp kalau dia keturunan raja portugis kayaknya bakalan ada info lain/sumber/catatan tertulis/dokumen yg menyebutkan dirinya adalah keturunan portugis, mungkin sejenis silsilah keluarga.
    Mengenai identitasnya yg selalu berganti2, kalau dia memang ada, maka sepertinya benar kalau dia tidak jujur dan ironis dgn gelar ''saint'' (menurut ajaran Kristen).
    6. Nah yg ini sbenernya pertanyaan pamungkas haha..
    A. Entahlah, sepertinya ada yg menceritakan kisah SG pada awalnya, kemudian berkembang ceritanya dan bertambah bumbunya disana sini.
    B. Nah, itulah ajaibnya kisah SG ini. Kayaknya ada narator yg serba tau yg mengikuti perjalanan hidup SG. Tapi ini keliatan terlalu sempurna, yg justru jd kelemahan kisah SG.
    7. Setuju. Sepertinya cerita ttg Cobenz dan SG itu jg bgn dari bumbu2 cerita.
    8. Misi kehidupan? Kalau orangnya aja diragukan keberadaannya, maka misinya antara ada dan tiada..haha..mgkn tidak ada misi apa2. Karena dia sm sekali tdk mengubah kehidupan masyarakat secara nyata ke arah yg lbh baik.

    Jadi tujuan cerita SG ini untuk menjaga ke-eksis-an alchemy?
    SG identik dgn elixir of life dan apa itu istlilahnya, transmutasi, mengubah logam jd emas?
    Hmm..sepertinya bisa juga. Dan ah, kemungkinan besar mungkin itulah yg sebenarnya terjadi.

    Atau...

    Mungkinkah dia nabi Khidir? Ah, rasanya tidak mungkin, kegiatannya sama sekali tidak berpusat pada keagamaan atau mengajak orang menuju jalan Tuhan.

    Atau mungkin dia jin?
    Jin di dunia manusia? Hidup ratusan tahun, gak pernah keliatan makan, bisa melakukan hal2 yg luar biasa..
    Walaupun sptnya mungkin2 saja, tp jika itu terjadi, sepertinya ada juga SG-SG yg lain di seluruh belahan dunia, dgn cerita yg bertema sama. Tp kisah SG hanya berkutat di Eropa sj. hmm..sepertinya kemungkinan dia jin jg rasanya gk mungkin, karena kalau bgtu dia bisa mengacak2 peradaban manusia dan membocorkan rahasia masa depan sblm waktunya, yg seharusnya manusia itu sendirilah yg memperjuangkannya, jd kayaknya Tuhan jg gak akan membiarkan hal itu. Haha..semakin ngawur sy

    Wah anakkucing kemana nih?
    Salam damai buat Myhead, Myeyes, Dwiero, semuanya deh. Khususnya buat bro E.

    ReplyDelete
  103. Wah postingan bro enigma emang keren2!!!!

    Ijin jadi penggemar ya........
    Sering2 juga postingan barunya nambah..... hehehe

    ReplyDelete
  104. Hi.. Naka.. Salam damai juga

    @kraken
    knp aku tidak bisa komen diblog kamu ya? semua profile sudah aku coba tapi GAGAL. Apa aku yang gaptek ya? hehe

    Mau kasih saran lewat sini kok kurang nyaman

    @Bro en
    Sorry bro OTT

    ReplyDelete
  105. baca novel karangan Michael Scott deh "The Secrets of The Immortal Nicholas Flamel". Disitu ada byk tokoh" legendaris yg berhubungan sama alkemis" gitu kaya Nicholas Flamel, Perenelle Flamel, Saint Germain, Joan of Arc, John Dee, Nicolo Machiavelli, dll

    ReplyDelete
  106. hello e!
    aku udah lama baca artikel-artikelnya e!
    tapi baru kali ini bisa komen,,hehe..postingan yang ini aku suka bgt!
    bisa request bahas "Doctor John Dee" yang dari inggris ga?katanya sih dia ini 'the first 007' dia jadi mata-matanya ratu elizabeth...kalo bisa aku berterima kasih banget e!


    susah bgt post komen di sini!
    kalo pake account email yahoo ga bisa ya?

    ReplyDelete
  107. Myheart2105 berkata...

    @Naka:
    Welcome home Nakaaa... ^0^
    Umm..lg di daerah yg beda yach?? Met kkn yach..^_^
    Jwbnx bgus2...simpel n bgus dech pokokx...so, km stuju dunks kalo ni cm mitos?

    Jaga kesehatan yach...^_^

    ReplyDelete
  108. Hampir semua artikel blog eniigma saya baca.. hanya yang ini yang nda greget buat saya Bro...

    Ada denganmu Bro :D.. heheheh

    fakta-fakta pernyataannya ga bisa dijadiin acuan..
    jadi mirip sebuah novel.. heheh

    Ok.. Bro saya tunggu artikel2 seru khas Blog enigma..

    jgn2 saya jadi enigma addictive lagi .. hehehehe...

    Bro Link enigma udah gw pasang di blog gw... chekedot bro.. di wedget sebelah kanan.....

    ReplyDelete
  109. hahahha..good job

    ReplyDelete
  110. Mungkin juga ia hidup abadi, tapi mungkin juga kalau ia punya penerus, layaknya dalam film Saw.

    ReplyDelete
  111. Kalimat yg saya takjubkan dan saya bingungkan,,,,
    "Besok malam, aku akan pergi lagi. Aku dibutuhkan di Konstantinopel, lalu aku akan ke Inggris untuk mempersiapkan dua penemuan yang akan kalian miliki di abad berikutnya, yaitu kereta api dan kapal uap. Pada akhir abad ini, aku akan menghilang dari Eropa dan pergi menyepi ke Himalaya. Aku akan berisitirahat, aku harus beristirahat."

    mungkinkah dy itu seorang alkemis dr msa depan yg sdah menemukan Time Machine dan kembali karena ingin membenarkan dunia di masa depan krena ksalahan manusia,???
    klo tdak,kenapa dy bsa tw ttg kereta api dan kapal uap pada thn 1790???
    memangnya pda abad i2 dah ada kapal uap dan kereta api,,?
    apakah pda msa i2 sdah ada org2 yg tw ttg kata2 seperti i2(kapal uap dan kereta api),,?
    lalu jika semua itu adalah kebohongan belaka, lalu kenapa mereka yg bertemu dgn St.Germain adalah org2 dr kalangan bangsawan smwa yg namanya tertulis dalam sejarah dunia,dan ada sebagian dari mereka yg mengatakan klo mreka mmang mlihat Ct.Germain sndri merubah logam menjadi emas(pantas aja Mayor Feyer yg disangka/memang St.Germain i2 kaya) ,,???


    smwanya brada antara fakta,konspirasi,dan hoax semata,,,
    manakah yg benar,,??
    nmun mnurut saya 50% ksah d'atas bnar,30% konspirasi, dan 20% hoax,,,,
    But The Truth Is Out Here,anda aja saya pnya Time Machine saya akn k'jaman i2,,
    huahuhuhuhu,,,

    ReplyDelete
  112. Akhirx mas enigma, bs komen jg..
    Satu hal yang pasti, count st.germain lsg mengingatkan sy pada klub Paris St. Germain.
    Apakah mungkin ada hubungan antara klub sepakboa tsb dengan count?? Mungkinkah st. germain yg mendirikan klub tsb??
    Oya, salam bwd kak Myheart, sy seneng banget ama komen2x yg kritis n khas Myheart. Salam jg bwd kak Lica..
    Jgn diem aja dong kak, mampir lagi ke fb saya, masak gara2 perbedaan status pendidikan kakak ngambek sama saya...
    Saya tunggu wallnya lg.. Thanx,mas enigma

    ReplyDelete
  113. Count of Saint Seiya said...

    I think i found something
    C.St. Germain adalah freemason? dia berkata dia ada pada saat yesus ada, sedangkan freemason didirikan oleh templar dari masa perang salib. Saint germain seharusnya menyaksikan perang salib itu dan terbentuknya freemason itu. jadi kalau dia adalah bagian dari freemason, seharusnya dia menjadi raja-diraja freemason!!! kalaupun tidak, freemason tidak mungkin menyia-nyiakan samasekali kelebihan dari C. St. Germain. kecuali St. Germain adalah orang yang pura2 menjadi freemason supaya dapet makan dan tempat tidur.

    tentang kisah2 sejarah yang diceritakan oleh C. St. Germain, menurut pendapat saya pribadi itu adalah sebuah fenomena. Fenomenanya seperti ini:
    Teman saya penggemar kisah kaisar Nero, saking banyaknya dia mencari tau tentang kisah Nero, dia menjadi lebih tau tentang Nero lebih dari teman2nya yang lain. saat mendapat kesempatan pamer pengetahuan tentang kisah Nero,sesekali dia biasa sesumbar "gue ini saudaranya Nero!" ini adalah fenomena yang biasa terjadi dalam pergaulan kita kan?
    Satu lagi, ketika sang majikan bercerita panjang lebar tentang sejarah dunia, di akhir cerita dia beralih pada pelayannya, bertanya,"adakah yang saya lewatkan?"
    pelayannya, ditanya didepan banyak orang pintar, dia tak tau apa, tak tau apa yang dibicarakan tuannya tadi, dengan sedikit selera humor, dia mudah saja menjawab(ngeles): "Tuan, anda lupa kalau saya baru tinggal bersama anda selama 500 tahun sehingga saya tidak hadir pada saat peristiwa itu. Mungkin pendahulu saya yang mengetahuinya" Kita biasa mendengar jawaban ngeles seperti ini di acara OVJ.

    jika dua teori saya diatas dihubungkan saya rasa Urban Legend tentang C.St. Germain sedikit berkurang.
    ;p

    While you sitting there, mystery growing fast outside your door!
    Wake up!!

    ReplyDelete
  114. bang en :) sekali2 bahas misteri tabung gas elpiji yang entah kenapa meleduk terus, apa ada teori konspirasi, esoterik atau mungkin okultisme hhehehehehe :)

    ReplyDelete
  115. Wah mirip film "The Man From The Earth" .. jadi pengen nonton filmnya lagi. Walaupun cuma di dalam ruangan ini film kayak ngajak kita berpetualang kemana2.

    ReplyDelete
  116. KiRei.
    Mampir ^^
    wah sy bru dengar nih orang..
    apa dy pemilik klub bola paris st. german yak ?
    haha

    ya saya prcya saja ada org hdup lebih dr 100 tahun, malah umm lebih tepatnya tahu sseorang yang berusia 950.
    org dulu mmg panjang umur ^^

    klo dy bs mrubah emas, atw menimbuLkan mukjizat .. umm mgkn sj itu skedar legenda yg dilebih2kan
    org dulu kan imajinasiny tinggi..^^
    danau toba dr ikan yg menangis tiba2 jd danau (tuh ikan psti sbmnya nelan keran ><)
    atw tangkuban perahu, tiba2 sampannya guling jd gunung..

    btw nice posting
    10 thumbs ^^

    ReplyDelete
  117. Hmmm...
    gw jadi gak enak jadi pembicaraan 3 abad terakhir nie... sorry yah.. wooow hahahaha...

    st. germain

    ReplyDelete
  118. mungkin dy adalah "The Man From The Future"

    ReplyDelete
  119. Sebenarnya didunia ini ada banyak "manusia abadi" walaupun tidak sering diekspos.

    wassalam

    ReplyDelete
  120. gan..
    robert man kan lahir tahun 1920,,
    gk mungkin dia jadi tersangka,,
    haha

    ReplyDelete
  121. okeee bangeettt....,,

    ReplyDelete
  122. kk.... leh minta cariin tentang necromancy ga? lich dkk...

    ReplyDelete
  123. @35 n @93 nambahin satu lagi ciri dajjal :D SG juga bersalibat..tidak menikah..demikian pula dengan dajjal...

    tapi kalo yang lebih mirip ada seorang lagi ... Sai Baba (try googling about him)

    overall...semuanya masih teori bukan? :D selama belum terbukti tentu saja hanya Tuhan yang tahu...

    salah satu source http://dorazilanyetnyet.blogspot.com/2010/06/petande-kecil-dajjalsai-baba.html

    ReplyDelete
  124. kalau diliat lukisannya - 1745 & taun 1784 (berarti 39taun)Count St.Germain bisa ga tua-tua gitu ya. kalau ramuannya dipaten, bisa laku tu produk. tapi syaratnya berat : ga boleh makan...
    diet macam mana tu count? hihihi...
    _cornhead_

    ReplyDelete
  125. tebakan dah, dia sebenernya wujud lain Nabi Khidir, heheheh

    ReplyDelete
  126. fucanelli = st. germain
    kayanya satu orang yang sama..
    artikel yang bagus..bagus buat bikin otak yang lama nggak fungsi jadi fungsi lagi..wekekekekkekekekekekekekekeke

    ReplyDelete
  127. Hidup dari 1743-1926? org yg mengenal isa.as secara pribadi? orang yg menemukan rahasia Elixir of Life? seorang alchemist? dan yg paling bikin ane heran saat dia menulis surat ke temannya untuk menciptakan teknologi baru dan beristirahat di himalaya bnr2 org yg misterius thx ya agan enigma nice info

    ReplyDelete
  128. (menurut saya), tak diragukan lagi bhw;
    Count St.Germain = Dajjal !!!

    ReplyDelete
  129. o ya bro enigma, muatin juga donk tentang Nicholas Flamel. Kematian nya juga misteri tuh ...
    Boleh juga kalau di posting kan di web ini ...

    ReplyDelete
  130. klo orang jawa yg seperti namanya Gusti Amat, pangeran dr karton jogya, di luar skala waktu manusia

    ReplyDelete
  131. Mungkin sekarang dia jadi Yeti...

    (_peace_)

    -Firdaus 2000-

    ReplyDelete
  132. Mungkinkah count st.germain yang misterius itu fulcanelli?

    ReplyDelete
  133. Baca Seri Novel

    Nicholas Flamel...
    ada di bahas St.Germain sama istrinya Joan Of Arc..

    ReplyDelete
  134. kira2 sekarang dimana yaa ? Allahualam
    kunjungi balik dong

    silabusrppberkarakter.wordpress.com

    ReplyDelete
  135. Jadi merinding baca postingan ini.

    ReplyDelete
  136. aku dulu udah baca postingan Bang Enigma yang ini sih, tapi hari ini aku baca lagi, dan tiba2 aku teringat kisah Nabi Khidir. Mungkinkah Count Germain ini adalah salah satu perwujudan Nabi Khidir? Karena aku pernah baca buku yang ditulis oleh seseorang yang mengaku mendapatkan pengalaman spiritual bertemu dengan 26 Nabi, termasuk Nabi Khidir. Si penulis menyatakan bahwa Nabi Khidir hidup selamanya, hingga kiamat, dan selama masa hidupnya Nabi Khidir berkeliling ke seluruh dunia dengan identitas berbeda-beda, Nabi Khidir punya banyak KTP dan bisa melakukan pekerjaan apa saja. Tapi kalo COunt Germain ini beneran Nabi Khidir, ngapain juga Nabi Khidir join Freemasonry??? #garuk-garuk

    ReplyDelete
  137. Gua udh baca buku Enigma,keren bgt...buat lagi dong teori konspirasi,cryptozoology dan lain2.teorinya yg dijelasin di buku Enigma make it senese bgt

    ReplyDelete
  138. Mungkin Count St.Germain adalah time travel dan dia telah berkelana dari masa ke masa,atau mungkin St germain org yg dtg dri masa depan.yang ingin mencari tau kehidupan bumi sebelum masanya ...saint germain mungkin bukan vampir.misalkan dia vampir setidaknya dia sudah menggigit org dekat nya...dan pelayannya adalah org yg ingin mengikuti petualangannya.dan bisa jadi saint germain adalah shakespear..siapa nama asli shakespeare?bisa jadi count saint germain saya pernah ke tempat kelahiran shakespear..perkampungan yg sangat indah..semoga buku enigma selanjutnya bisa membaha count st.germain sampai selesai

    ReplyDelete
  139. Selamat siang

    saya yang kalian cari, saya adalah St.Germain saya sudah beberapa tahun di Indonesia ,saya menjelajah hutan papua di sana masih banyak misteri yang belum kalian ketehui.

    ReplyDelete
  140. saint german...jhon dee..dan machiavellii...satu dari sekian bnyk orang yg immortal.

    ReplyDelete
  141. Lukisan 1745 lebih tua dan 1784 lebih muda

    ReplyDelete
  142. Mirip filn The Man from Earth

    ReplyDelete