Tuesday, October 26, 2010

Inbox: Cahaya-cahaya aneh terlihat di langit malam

Di bawah ini adalah foto-foto yang dikirim oleh M. Gen. Foto-foto ini menampakan cahaya-cahaya aneh berbentuk ular di langit malam.


Saya tidak memiliki penjelasan mengenai fenomena ini. Saya kira cukup menarik karena selain M. Gen, fenomena ini juga dilihat oleh orang lain pada waktu yang berbeda.

Foto-foto di bawah ini diambil pada tanggal 9 September 2010 pukul 18.32. Pada foto ini, kita bisa melihat adanya cahaya-cahaya kuning yang melayang di kejauhan. Ketika melihat cahaya-cahaya itu, mungkin kita akan menganggapnya sebagai balon atau lampion, namun, lihat foto berikutnya:


Cahaya tersebut ternyata tidak hanya berbentuk bola, melainkan juga berbentuk seperti ular atau tali.


Di bawah ini foto lokasi penampakan pada siang hari.


Seperti yang saya katakan di atas, penampakan ini ternyata bukan hanya dialami oleh M Gen. Cahaya-cahaya aneh ini muncul kembali dalam jumlah besar pada hari Minggu, 24 Oktober 2010, dan terlihat oleh banyak orang di wilayah Tangerang.

Joseph Chen dari Baltyra.com memforward link yang berisi foto-foto penampakan tersebut kepada saya. Ia berhasil mengabadikan objek-objek itu dengan sangat baik.


Dalam blognya, Joseph menulis:
Hari Minggu yang baru lewat, 24 Oktober 2010, petang hari itu kami sekeluarga sedang bersiap-siap untuk doa lingkungan bersama. Doa lingkungan ini diadakan 9 hari berturut-turut untuk menghormati bulan Oktober, bulan Maria.

Waktu sedang menata ruang tengah, tiba-tiba kami dikejutkan seruan tetangga depan rumah kami untuk keluar. Di luar kami lihat beberapa orang menengadah ke langit memandangi sesuatu sambil menunjuk-nunjuk.

Waktu saya menengadah juga, terbelalaklah mata karena melihat barisan titik-titik warna merah-jingga-kekuningan berpendar melaju ke arah yang sama. Titik-titik aneh di langit malam tsb berbaris dan berjajar dalam posisi teratur. Dan makin heran waktu melihat titik-titik itu tidak ada habisnya mengalir datang dari satu arah dan melaju ke arah lain. Formasi tertentu, jarak yang teratur, dan keseragaman yang aneh.
Menurut Joseph, cahaya-cahaya misterius tersebut terus mengalir selama sekitar 45-50 menit hingga habis.

Kalian bisa melihat foto-foto cahaya dengan bentuk-bentuk lainnya pada postingan Joseph di Baltyra.com. Klik disini.

Seperti yang saya katakan, saya tidak punya penjelasan mengenai fenomena ini. Untuk saat ini, saya tidak percaya kalau cahaya-cahaya itu berasal dari balon udara ataupun layang-layang karena balon atau layang-layang tidak akan bergerak mengalir secara teratur hingga 45-50 menit.

Tentu saja cahaya-cahaya tersebut juga tidak mirip dengan cahaya yang berasal pesawat komersil. Bisa saja cahaya itu berasal dari pesawat alien, tetapi saya tidak bisa memastikannya karena saya belum pernah melihat pesawat alien.


Bagaimana menurut kalian?


UPDATE 27 OKTOBER 2010 07:15 WIB
Objek tersebut ternyata tidak berbentuk ular. Dalam blognya, Joseph menyebutkan kalau objek itu berbentuk seperti titik. Saya sudah mengkonfirmasinya ke Joseph dan memang objek tersebut berbentuk titik seperti pada foto pertama dan kedua pada postingan ini. Jadi, bentuk ular tersebut hanya efek kamera. Dengan demikian, mungkin bisa mempermudah kita untuk menganalisanya.

Tambahan: Menurut berita yang beredar, cahaya-cahaya yang terlihat di foto-foto Joseph tersebut adalah 100 lampion yang dilepaskan dari sebuah vihara di BSD. Untuk konfirmasinya, tunggu update saya.

Thanks.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

81 comments:

  1. kasusnya kaya itu kali... apa tuh, nama hewan yg misterius.. tp ternyata cm karna kesalahan kamera jd panjang gt... @__@"a

    ReplyDelete
  2. Pertamax kah :D


    nice post



    Handy344

    ReplyDelete
  3. eitsss... jangan2 malah ini meteor2 yg ketinggalan jatuhnya?? jd mereka bingung nyari2 temen2nya yg udh duluan pas tgl 21 lalu.. wkwkwkwk! XD

    ReplyDelete
  4. lagi-lagi objek terbang misterius,,sy harap itu bukan marshmallow terbang lagi....

    ReplyDelete
  5. Mungkinkah dpt prtmax?? Ga dpt jga ga apa apa lah... Yg pnting bsa ngukir nma d blog ini..
    Nice posting bro..


    F.junior

    ReplyDelete
  6. jiah gagal...
    tapi gpp lah nyimak dulu gan!

    ReplyDelete
  7. wah, apa mungkin itu ufo??
    Tapi..ah, nggak percaya sama ufo.

    ReplyDelete
  8. tulisannya kok berbentuk "muhammad". no sara

    ReplyDelete
  9. a.waHyu.s said...

    Wah apa tu yha..
    Hhm.. Apa mngkin tu smpah luar angkasa..
    Sprti pmbuangn urine astronot.
    Haha..

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  10. Wah, gawat itu...kayanya "The fourth kind" emang bener2 ada nih

    ReplyDelete
  11. mirip naga....??? cmiiw
    apa iya???
    yg bener gan, lejadiannya lama bener 45 menit??

    ReplyDelete
  12. Kalo lampion itu bentuk pola terbangnya sangat random karena ringan dan kena angin, ini seperti berbaris teratur, jarak satu benda ke benda lain teratur, terkadang membentuk formasi tertentu (yang kadang formasinya berulang). Singkatnya fenomena ini nampak ada suatu keteraturan yang tidak bisa dijelaskan, sementara kalo lampion itu jelas sangat-sangat random bentuk, pola, formasi, terbang dan jarak satu lampion ke lampion lain...

    Terima kasih Bro Enigma...

    salam misteri...
    JC (baltyra.com)

    ReplyDelete
  13. haha..serem ni jadi inget film knowing, tambah lagi bencana tambah lama tambah sering..

    ReplyDelete
  14. betul juga ya...

    mirip kaligrafi arab "Muhammad"

    ReplyDelete
  15. Betul odeode, itu berlangsung selama 45-50 menit, saya sendiri yang mengamati, berdiri jepret foto-foto itu beberapa puluh jepretan...

    ReplyDelete
  16. Fenomena ini termasuk UAP (Unidentified Atmospheric Phenomena) ga ya?

    ReplyDelete
  17. kalau gambar jadi kayak ular meliuk liuk itu sih efek dari kameranya.
    tp kalau bendanya tidak tahu apa.

    SPACE SERPENT kan?

    ReplyDelete
  18. @Anonymous no.18: mungkin bukan space serpent, tapi sky serpent.

    ReplyDelete
  19. ko foto ke 3 ntu sama semua ya bentuknya...

    ReplyDelete
  20. 1 lagi.. ketika foto diperbesar,, warna dekat cahaya itu ko buram gmn gtu, kaya editan...

    ReplyDelete
  21. objeknya teratur tapi tidak sama persis detailnya dan yang paling menarik, tiap frame memiliki pola yang berbeda, saya liat di blognya, masing2 frame beda bentuk garis cahayanya (saya ga ngerti hal ini umum ato enggak dalam dunia fotografi), seolah2 objek itu seperti bola dengan garis2 yang terus menerus melingkari objek itu jadi 1 frame berbeda dari frame yang lain. (susah jelaskannya :D)

    entah ini pesawat alien ato bukan, objek ini sangat menarik untuk disaksikan, saya penasaran bang, baru sekali saya lihat foto begini.

    ufo believer

    ReplyDelete
  22. maaf bang, ane kopas artikelnya ke kaskus. banyak yang komen kalo itu foto Hoax, efek kamera gitu. Sebenarnya itu benda apa ya bang, mohon penjelasannya...?

    ni trit yang ane kopas dari blog abang: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5720201

    ReplyDelete
  23. ada yg kebakaran ne hutannya kalo gak gtu keq ladang tebu kalo kebakaran

    ReplyDelete
  24. Maaf ya kalau semisal sedikit ceroboh nih kesimpulan saya...Tapi sepertinya, efek ular tersebut berasal dari goyangan bidikan foto...Coba lihat yang satu ini :

    http://baltyra.com/wp-content/uploads/2010/10/Aneh.jpg

    Atap rumahnya terlihat sedikit ngeblur (terkesan seperti tremor-goncangan). Dan juga Baltyra.com mengatakan di blognya seperti ini :

    1."Titik-titik aneh di langit malam tsb berbaris dan berjajar dalam posisi teratur. Dan makin heran waktu melihat titik-titik itu tidak ada habisnya mengalir datang dari satu arah dan melaju ke arah lain. Formasi tertentu, jarak yang teratur, dan keseragaman yang aneh"

    2. "Jelas tak mungkin menyia-nyiakan kesempatan langka itu. Saya mengambil kamera dan mulai jeprat-jepret ke langit untuk mengambil adegan langka tsb. Karena langit gelap gulita total dan sumber cahaya hanya titik-titik aneh di langit, kamera aku set ke Night Scene dibantu dengan flash, untuk kompensasi speed yang sedikit cepat karena dengan kondisi seperti itu bukaan lama tidak akan berhasil mengingat objeknya bergerak cukup cepat. Setting yang lain lupakan saja, karena aku coba dan semuanya berantakan."

    Jadi, yang difoto Baltyra.com sepertinya bentuknya sama seperti M. Gen, hanya saja, pada Baltyra.com, obyeknya bergerak cepat, jadinya efeknya seperti ular, bukan dari awal bentuknya seperti ular.

    ReplyDelete
  25. baru pertama k0men nh, sepertinya bung enigma jg bingung yha sm fen0mena di atas, ayo bung enig cb analisis dunk, kalo dah ada updatenya segera posting ya

    -Ryan Uchiha-

    ReplyDelete
  26. mmm.... sudah kuduga sih... di setiap foto masing2 cahaya memiliki bentuk yang sama.... but i really wonder, what was that..??? ku pikir tadinya kunang2... tapi ga mungkin setiap kunang2 sadar kamera n memiliki pose seragam di tiap jepretan.... sadar kamera kah? :D xixixixi
    oh ya, aku paling tertarik liat foto yg pertama n kedua dari bawah....


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  27. Mungkinkah itu proses dr proyek HARPA (lupa namany) amerika to mengendalikan cuaca di indonesia..
    Krn itu trjadi gempa dan gunung merapi meletus..
    Ayo temen2 sadar donk kalo qta skrg lg djajah amerika, tp bkn scr fisik..

    Lam kenal prof enigma

    -andra-

    ReplyDelete
  28. menarik..
    teman saya sering melihat objek yang mirif difoto tersebut.. bahkan hampir setiap malam katanya,
    dia sering bertanya kepada saya dan karena saya tidak seahli bung enigma dalam menyelidiki suatu hal. jadi, saya serahkan masalah ini kepada bung enigma..


    oh, maaf kalo selama ini ga pernah comment blognya bung enigma.

    ReplyDelete
  29. Bang Enigma,
    saya juga pernah lihat tapi beberapa minggu yang lalu, didaerah bekasi. waktu itu saya tidak begitu mempedulikan karena saya mengira itu adalah lampion, karena terbangnya sangat lambat dan bentuknya mirip dengan lampion terbang yang biasa dilakukan di china.

    ReplyDelete
  30. Klo menurut saya apa bukan sisa2 pecahan meteorit?? Biasanya klo kita naik kapal laut di malam hari sering sih kita lihat pecahan2 meteorit yg jth bentuknya sih kayak debu rokok.. Nyala sebentar trs hlng deh...

    ReplyDelete
  31. another Flying Rod effect??

    apa sih nama buat balon dari kertas yang diberi sumbu api dibawahnya??

    saya pernah lihat teman menerbangkan balon kertas bersumbu api malam hari, dan kalo dilihat2 mirip sih.

    ReplyDelete
  32. waduuuh....lampion terbang ternyata namanya, kebaca komen diatas :malu2in:

    Deretan lampion terbang bertali memiliki kecepatan dan keteraturan jarak yang sama.tapi sepertinya bukan nih....

    ReplyDelete
  33. siang semuanya..

    hmm.. sepertinya saya punya jawabannya..
    informasinya saya dapat dari twitter, yg tinggal di sekitar bsd pada ngetwit kl itu adalah 100 lampion, ada acara di vihara di sekitar bsd.. dan memang, saya cek di http://www.samaggi-phala.or.id/berita_dtl.php?cont_id=1482
    ada jadwal hari kathina pada malam itu (di tangerang jg ada lho)..

    bagi yg mau cek ke twitter silakan search dengan kata kunci "lampion" pada kolom search dan lihat pada tgl 24 oktober, banyak twit yang menjelaskan soal itu.. ohya, di elshinta juga ada penjelasannya.. ^^

    cmiiw

    ReplyDelete
  34. hmm.. Bisa jd puluhan lampion yang diikat dengan tali panjang. Jadi kan terbangnya tidak jauh-jauh dan lebih beraturan. Ketika sudah 45 menit atau lebih lampion-lampionnya sudah mati. Maybe kan..

    ReplyDelete
  35. FOR ANDRA: ITU HAARP NAMANYA, KALO PROYEK DARPA ITU TESLA DEATH RAY (REAGEN'S STARWARS) UDAH BEBERAPA KALI DITEMBAKKAN UNTUK MENCEGAH UFO MASUK KE AMERIKA UTARA, SAYA ADA VIDEONYA, TERTANGKAP DARI KAMERA INFRARED STASIUN LUAR ANGKASA...

    ReplyDelete
  36. atm_taufiq

    penjelasan utk obyek pd toro tersebut, bisa jadi seperti fenomena ROD yg Bro E pernah jelaskan.

    btw, saat pengambilan fotonya saat geris atau tidak? n menggunakan kamera apa?

    kemungkinan itu adalah lampion.

    ReplyDelete
  37. @anakkucing: memang betul. Kemungkinan itu lampion. Jadi saya sdg melacak asalnya. Saya sdh menghubungi bbrp vihara yg merayakan kathina pd tggl 24 okt kmrn, tmsk vihara yg ada di link km. Ternyata tdk ada satupun yg melakukan pelepasan lampion. Jd saya perlu mencari lagi. Hehe.

    ReplyDelete
  38. hehehe, coba cari yg di sekitar bsd bro.. soalnya menurut twit itu dilepaskan dari vihara yang di sekitar bsd..

    haduuh, jadi merepotkan, maaf brother enigma.. ^^;
    saya juga akan mencoba mencari informasi lebih lanjut ya bro..

    ReplyDelete
  39. @anakkucing: tdk masalah. Sbnrnya saya mencari tahu krn saya ingin tahu bagaimana cara mereka melepaskan lampion sehingga bisa terbang dgn seragam. Kalau mslh ini diketahui, saya kira bnyk penampakan yg bs terpecahkan. Yg saya tahu, vihara yg melepas ada di lengkong, tp saya belum ketemu nama viharanya. Thanks ya utk infonya. :)

    ReplyDelete
  40. hihihi.... aku tadi ketawa sendiri bro enigma. setelah asik-asiknya mbaca postingan bro enigma, trus baca-baca komen. eh, ms.terry ada istilah baru: kunang-kunang sadar kamera.
    gimana pose kunang2 c.s. itu yaaa...,ms.terry? XD

    _cornhead_

    ReplyDelete
  41. Saya sudah lihat link dari baltyra.com. Sebenarnya gambar tersebut hanya sebuah/beberapa titik, tetapi karena diambil dalam kegelapan dan jarak yg sangat jauh maka secara otomatis bukaan lensa (expossure) kamera akan lebih lama, sehingga jika ada getaran sedikit pada kamera akan membuat alur seperti garis mengikuti getaran kamera, ini dibuktikan mengapa pada hasil jepretan yg sama menghasilkan bentuk cacing yg identik.

    Sekarang coba perhatikan gambar berikut
    http://i781.photobucket.com/albums/yy91/quantumbox/Aneh.jpg

    Bentuk seperti cacing akibat getaran kamera, sekarang bandingkan dengan antena diatas atap rumah

    ReplyDelete
  42. Angulus Ludovici:
    Bro Enigma, kayaknya gambar-gambar di atas lebih cenderung ke arah lampion ya?
    Alasannya:
    1. Cahaya tersebut hanya berwarna oranye, tidak ada warna lain disitu. Pada penampakan UFO, seringkali terlihat cahaya berwarna lain. Petunjuk bahwa cahaya tersebut berwarna oranye memang cocok untuk sebuah lampion.

    2. Pelepasan lampion bukan cuma upacara Kathina, tapi juga bisa acara lain yang dilakukan oleh warga bukan? Dan ini pasti tidak terdeteksi. Saya pernah melihat benda persis UFO di Yogyakarta, tapi setelah didekati ternyata lampion berbentuk kotak yang diterbangkan penduduk lokal.

    3. Cahaya tersebut bergerak konstan, tidak melakukan manuver ekstrim khas pesawat modern. Penampakan cahaya dilangit malam yang dipercayai sebagai UFO seringkali disertai manuver sangat ekstrim dari cahaya tersebut, entah berbelok tajam, menukik lalu menghilang dengan cepat. Lampion atau balon udara tidak dapat melakukan hal tersebut.

    Karena cahaya tersebut sangat kecil, maka tidak mungkin bagi kita didarat mengetahui bentuk sebenarnya, kecuali anda menghubungi vihara2 tsb. Tapi dari 3 alasan di atas, point terakhir yaitu ada/tidaknya manuver ekstrim menurut saya sangat besar pointnya.

    Jadi, saya hanya percaya benda langit yang berupa titik itu adalah UFO bila benda langit tersebut tiba-tiba melakukan manuver ekstrim.

    ReplyDelete
  43. makasih bang enigma sdh menanggapi komen saya.
    saya anonymous no 18.

    salam kenal semuanya. sdh lama mengikuti blog ini baru komen sekarang.

    semoga sukses dengan penyelidikannya bang enigma...

    ReplyDelete
  44. Itu menurut saya layang" yang diberi lampu,,karena di bali banyak sekali layang" yg berlampu dan sering diterbangkan pada malam hari,,katanya sih supaya layang"nya bisa dilihat pada malam hari dan terlihat lebih indah,,so hal" seperti itu biasa terlihat di bali,,khususnya di kota denpasar..

    ReplyDelete
  45. @andra: lu gila ya dra, amerika ngapain jg ngelakuin kya gitu,kurang kerjaan bgt

    ReplyDelete
  46. Bro enigma, sorry baru sempat baca, sedikit info tambahan, di daerah asal saya, sekitar tahun 2000an juga sempat heboh dengan cahaya2 seperti dalam artikel ini, dan keesokan harinya barulah terungkap bahaya cahaya tersebut berasal dari lampion2 yang dilepas dari klenteng di daerah saya tersebut, mungkin hal yang kurang lebih sama terjadi di tangerang :)

    ReplyDelete
  47. Yah itu kn cm spekulasi w..
    Bnyk alasan amerika mau ngelakuin hal itu..
    Krn negara qta sumber daya alamny brlimpah, tp sbagian besar dkelola pihak asing..
    Sarjana qta skrg kbanyakan hanya brorientasi mjd pegawai, bkn mnciptakan dan mngembangkan ilmu yg ddapat smasa skolah..

    W jd inget film 3 idiot..
    Knp qta gak brpikir kayak rancordas..

    Bnyk konspirasi yg trjadi dnegara qta..
    (Haha, jd ngelantur)

    Ne bkn trmasuk sara kn bung enigma, cm mau mngingatkn kpd org2 cerdas yg ad dsini yg w yakin bs mmbangun indonesia mjd lbh baik..

    -andra-

    ReplyDelete
  48. nah saya pernah melihat cahaya tersebut pada saat 5 bulan yang lalu, tapi sayang waktu itu kamera saya tidak bisa merekam karena pada saat itu kabut tebal.
    tapi cahayanya berjalan terus secara horizontal dan bergerak ke atas ke bawah berulang ulang...

    ReplyDelete
  49. Salam kenal bang Enigma,ini pertama saya koment di blog ini,Bang boleh tukeran link,link blog bang E udh ada di blog saya,ini link blog saya http://capsulx368.blogspot.com/,Thank's Bang

    ReplyDelete
  50. bang enigma,..posting tentang iguana selayar donk,...seruu nie kyaknya iguananya mirip dinosaurus,..
    ini link artikelnya yang barusan saya baca:
    http://unik.kompasiana.com/2010/08/20/perginya-iguana-selayar-dan-kisah-yang-menyertainya/

    ReplyDelete
  51. Aku juga lihat .. banyak banget tapi karena gerakannya lambat seperti tergantung pada angin, kukira itu balon ... Setelah baca update di atas, lampion lebih masuk akal karena cahaya apinya terlindung dari angin dan panas udara di dalam lampion membuat dia terbang..
    - baru ngeh juga kalo di Jelupang Raya ada Vihara-

    ReplyDelete
  52. maaf Bro Enigma baru berkunjung dan komentar . ,

    wah . , ternyata dari lampu lampion yah , dan bentuk ular hanya efek kamera . . ,

    nice info Bro Enigma . , saya tunggu info berikutnya . ,

    ReplyDelete
  53. @bang Enigma: kalau gimana caranya menerbangkan lampion2 itu?? apa pake gas kayak balon udara gitu?? saya kok gak mudeng ya?? mohon penjelasannya

    dan ngomong2 kok alexa rank blog ini turun lagi?? apa karna bang enigma jarang posting?? atau jumlah pengunjung blognya yg berkurang??

    ReplyDelete
  54. Bro ak kok ngerasa ne pic hax y,,sori ne,,klo pendapatku kenapa ak ngomong kayak gini,,karana pada gambarnya tidak ada kedalaman warna dalam cahaya iyu,kedua tidaklah mungkin suatu obyek bs sama bentuknya ssampai 100% kecuali obyek itu d copy paste,,kalaopun itu lampin kenapa dalam fotonya bs benrbentuk seperti itu, padahal klo lampion terbang tidak memiliki kecepatan yg tinggi jadi kamera bisa menangkapnya dengan sempurna,,tp kenapa kok di setiap pic selalu berbentuk yg macam2 gt,,ini menurut pendapat ak y bro enigm,thx

    ReplyDelete
  55. @Anonymous 57: saya kira bukan hoax. efek fotografi memang bisa begitu. saya rasa itu memang benar lampion walaupun bro enig belum bisa menemukan vihara yang melepaskannya.

    ReplyDelete
  56. Setuju dengan pendapat phenomena (coment no 26).
    Gambar berbentuk cacing itu didapat kerna kamera yang bergoyang.
    Dan sebelumnya kamera tlah di setting khusus untuk membuat gambar seperti itu. (lupa apa namanya).
    Cz aku pernah liat teman saya punya foto yang mirip dengan foto diatas.
    Dan memang aku dikasih tahu caranya.
    Gandeng akunya gak ngeh tentang kamera..
    Lupa deh

    nice post bro E.
    Konspirasi'a ditunggu.
    Hehehe
    ~RY~

    ReplyDelete
  57. Knapa ufo harus melakukan manuver ekstrim memang anda sudah mengenal smua ufo pernahkah trpikir bahwa ufo jenisnya banyak?
    Yang saya takutkan klo penampakan ini ada hubungannya sama beberapa musibah akhir2 ini, prnah di isukan bahwa alien mendirikan markas didasar samudra yang memang masih perawan yg belum disentuh manusia , dimana pusat gempa juga berasal dari laut...

    ReplyDelete
  58. Mungkin lebih baik memang menunggu wihara yg kabarnya melepas lampion2 itu supaya kita semua bisa mendapatkan penjelasan logis yg kita inginkan. Kalau saya pikir sih, mungkin itu emang lampion secara jumlahnya sangat banyak & waktu penampakannya lama. Terlalu absurd kalau dikaitkan dengan UFO karena sejauh pengetahuan saya, menurut catatan2 manusia UFO saja biasanya hanya menampakkan diri sangat sebentar

    ReplyDelete
  59. dari Tresna Asti

    kok saya lebih yakin foto yg kayak ular itu ada kekeliruan yg berhubungan dg kamera yak??!!! liukliukannya sama..

    Kak Enigma sampai sebegitunya mengejar informasi.. saya salut!!!
    ^o^b
    (5000 jempol buat Kak Enigma.. sapa mau nambahin lagi?????)

    @anonymous no 47: di Klungkung juga ada.. ^o^

    aha! apa tidak burungburung yang terbang di malam hari? saya pernah terkejut melihat benda terbang bercahaya yang terbang rendah di malam hari... eh ternyata setelah makin dekat itu seekor burung yang bagian bawahnya terkena pantulan sinar lampu.. O_o
    (ngelantur mode On)

    ReplyDelete
  60. Zigma E'10
    Sepertinya itu bukan lampion coba saja lihat saat di zoom bentuknya sangat tidak teratur.

    ReplyDelete
  61. eh itu didekat rumah saya

    ReplyDelete
  62. saya juga lihat waktu itu, dan langsung tau kalo itu lampion... Banyak kok warga BSD yang keluar rumah maupun yg melintas di wilayah BSD yang melihat lampion itu

    ReplyDelete
  63. Bisa jadi memang lampion, tapi siapa tau terdapat "lampion" ke-101

    ReplyDelete
  64. PERMISI SEMUANYA..saya bimo warga bintaro, bekerja sebagai jurnalis di liputan 6 sctv .., SAYA JUGA LIHAT PENAMPAKAN BENDA ITU..DAN SEMPAT ADA FOTO-FOTONYA.., jadi ini jelas bukan hoax..karena saya lihat sendiri dan ambil fotonya..seperti gambar diatas itu....
    sejak SMP saya sudah gemar menganalisi soal UFO ini ...dan menurut saya benda ini bukan lampion..yang tidak semua lihta adalah ..ada satu benda terbang itu yang bermanufer bebas..seolah mengawasi ..gerakannya kekiri dan ke kanan , naik turun..hanya sulit ditangkap kamera.., dan selama 45 menit itu benda ini tidak padam atau menghilang..tapi menjauh secara beratutan..jadi silahkan teman-teman punya pendapat berbeda..ta[pi saya yang liat benda ini kaget ketiga puluhan benda itu diam sejenak selama hampir 30 detik utnuk membentuk formasi seperti rasi bintang.. woow..disitu saya bilang dalam hati.." jelas bukan lampion kalo bisa berhenti serentak " .. trisms... ( bimocs@yahoo.com )

    ReplyDelete
  65. bdw..dlu wkt bln puasa taon 2008 klo ga slh.,sy plg dr mshla shlt sbuh,pas dkt rmh liat k langit (pgi2 cuaca crah dn langitny bru glp sy sk) ad yg aneh.. ad bbrpa titik yg sy kra bintang.. 3 buah mmbntk sgtga brptar kmudian satu prsatu brgbung jd 1 (yg 1 diem 2 lainy brgrk brgbg k yg diem) ,. kira2 it apa ya?masa ad bnda langit muter2 jd 1 .. oiya t benda hilang seiring trangny mthri pgi sy jgkok pke sarung ddpn rmh kali aja brgrk lg..

    ReplyDelete
  66. perlu di ingat ..
    bahwa lama sebelum manusia di ciptakan...
    bumi sudah di isi oleh kehidupan 2 yang kita tidak banyak ketahui..
    dan kita sebagai manusia sedikit sekali di beri pengetahuan oleh TUHAN akan hal itu ...

    ReplyDelete
  67. Saya setuju dengan saudara Anonymous #47, itu ada lah layang2 khusus yg memiliki lampu... karena kebetulan saya pernah melihat festival layang2 di bandung, dan pada malam hari mereka menerbangkan layang2 seperti di atas.

    utk yg berbentuk ular, kemungkinan adalah layang2 yg memiliki ekor panjang dan terdapat lampu di sepanjang ekornya.

    Ini saya sertakan link utk foto2 yg saya ambil ketika festival tsb. Terima kasih :)

    http://www.flickr.com/photos/59317724@N05/

    ReplyDelete
  68. nice shoot bro. ane juga punya pengalaman sama, tapi ne dah terjadi tahun 2000 lalu pas takbiran. critanye gini, habis buka aku ma dua temanku cari rokok kondisinya hujan jadi kita cuma jalan. pas sampe di perempatan jalan memeang kita di pedesaan, jadi jarak rumah satu dengan yang laen berjauhan kita lihat ada benda melayang berwarna merah terang bahkan termasuk terang sekali karena pada waktu itu kita berasumsi benda itu tingginya kira-kira dua atau tiga kali tinggi tiang sutet tapi kita bertiga melihat benda itu jelas sekali. kita berlari menghampiri benda tersebut memang kebetulan ada dipersawahan sehingga kita bisa melihat jelas bentuk benda tersebut namun waktu kita melalui sebuah pohon besar benda itu menghilang begitu saja, sampai sekarang aku masih menunggu kemunculan benda tersebut. karena pada saat itu belum ada kamera.

    ReplyDelete
  69. Sorry Om.E ,,, cuma ngasih pendapat nich,,..

    kalau mnurut saya, itu sich photo editan,,, ya... cahaya2 itu tu sepertinya Brush photoshop,,...
    karena bentuknya tu sama persis... tidak ada beda seditkitpun....

    thanks...

    ReplyDelete
  70. bro Enigma .... gambar keilima dari atas kok obyeknya sama ya ukurannya, bentuknya, dsb. ??? kesannya malah lebih terlihat seperti efek photoshop ...!!!

    ReplyDelete
  71. itu benar UFO, itu hanya cloak shield yang ditimbulkan oleh pesawat mereka, mereka berdatangan ke bumi untuk memperingatkan kepada bumi bahwa BUMI TELAH RUSAK DAN MANUSIA HARUS BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MEMPERBAIKINYA....

    ReplyDelete
  72. itu huruf arab
    saya tau benda apa itu

    ReplyDelete
  73. wktu itu gue juga gitu,waktu itu aq sekeluarga pulang dari bandung terus pulang lewat puncak.dah malam,gue ngeliat dari kaca mobil,gue ngeliat banyak cahaya cahaya aneh berwarna warni,makin dekat cahaya nya,ga sampe 2 menit cahanya hilang.

    ReplyDelete
  74. sumpah!!!
    aku juga pernah liat yang pertama itu 100% mirip.
    aku liat di daerah kebumen jawa tengah

    ReplyDelete
  75. Melihat cahaya..jatuh perlahan....menuju pepohonan.

    ReplyDelete
  76. Tadi malem saya sama Bapak saya liat benda oval tak bercahaya dari arah tenggara ke barat laut debgan kecepatan yang stabil (cepat). kalau itu balon saya rasa gak mungkin karena benda itu besar dan tidak terombang ambing (stabil) munhkin burung, kalau burung kok gede bingit ????

    Kalau kalian pengen liat fenomena aneh sprti itu, coba gelar tikar dan lihat kelangit dan lakukan setiap hari dan paling gk 1x ada hal hal aneh yang bakal kamu temui.

    yg pernah saya alami : bintang diam tak bergerak tiba tiba bergerak dengan cepat, bintang bisa seperti pecah ke berbagai penjuru (pecahnya beda) mungkin pangkalan .

    ReplyDelete
  77. kemarin malam tepatnya jam 9.30 saya melihat hal yang sama seperti gambar diatas tetapi hanya beberapa menit di daerah pavilion BSD, seperti dua bintang tetapi yang satunya bentuknya aneh, kalo menurut saya itu bukan seperti lampu lampion karna jaraknya sangat jauh. dari situ saya ga bisa tidur (pikir saya mungkin itu alien )hheheh

    ReplyDelete
  78. 04 januari 2016, pukul 21:05 wib.di lampung... Ane gx sndrian wktu mlm itu.. Tp hmpir smua orng dan temen2 ane yg nongkrong lihat dengan jelaz... Penampakkan Sinar berwarna hijau terbang di atas kepala kita saat itu... Dan arah ke ladang singkong... Tapak jelaz bangetz karna sinar itu melintas cukup lambat... Bisa di jelazin sinar apa itu Gan?? Maaf gx ada foto.... Karna Kami orang kaget waktu melihat kejadian itu.. Thankz

    ReplyDelete