Sunday, October 24, 2010

Inbox: Objek aneh di atas Jakarta tertangkap kamera astronot NASA

Di bawah ini adalah email dari Yohanes Gitoyo yang dikirim kepada blog enigma. Isinya mengenai objek aneh di atas Jakarta yang tertangkap oleh kamera para astronot NASA.


Ini bunyi emailnya:

"Kemarin saya browsing di:
http://eol.jsc.nasa.gov. Disitu terdapat beberapa gambar image satelit diatas kota jakarta. Screenshootnya saya lampirkan. Apakah gambar ini adalah UFO? Minta tolong diselidiki untuk mengobati rasa penasaran saya. Terima kasih banyak."

Kode foto - ISS020 E 011200

Notes: jika kalian mengklik link yang saya sediakan di atas, kalian perlu mencentang "Show thumbnails if they are available" di atas daftar foto.


Apakah identitas objek yang terlihat di foto itu?

Sebelum kita membahas itu, mari kita lihat sekilas mengenai situs yang dimaksud oleh Yohanes.

Perlu diketahui, situs tersebut adalah situs milik NASA sendiri, yaitu: http://eol.jsc.nasa.gov/.

Huruf GOV di belakang situs menunjukkan kalau situs tersebut adalah milik pemerintah Amerika. Sedangkan huruf JSC pada alamat situs tersebut adalah singkatan dari Johnson Space Center, pangkalan milik NASA di Houston, Texas.

Judul situs tersebut adalah The Gateway to Astronaut Photography. Situs ini ternyata berisi kumpulan foto-foto yang diambil oleh para astronot dari stasiun luar angkasa ISS.

Nah, pada halaman web yang berisi daftar foto-foto wilayah Indonesia, kita hanya menemukan satu foto yang menunjukkan objek misterius tersebut. Dan foto ini adalah foto yang ditanyakan oleh Yohanes.


Jika kita klik foto tersebut, maka akan muncul halaman web yang berisi keterangan mengenainya. Anehnya, tidak ada penjelasan apapun dari NASA mengenai objek misterius tersebut. Entahkah mereka tidak peduli, atau hanya sekedar malas menjelaskan.

Berdasarkan keterangan yang menyertai foto ini, disebutkan kalau foto ini diambil di atas wilayah barat laut Jakarta. Di halaman web tersebut juga ditemukan file google earth (kml). Jika kita mendownload file tersebut dan menggunakan google earth untuk melihat lokasi yang sama, maka kita tidak akan menemukan objek tersebut.


Jadi, kita bisa menyimpulkan kalau objek tersebut hanya muncul pada foto yang berasal dari kamera astronot Internasional Space Station (ISS).

Sekarang kembali kepada pertanyaan Yohanes, apakah identitas objek yang tertangkap oleh kamera itu?

Ketika saya melihat foto itu, maka saya segera teringat dengan sebuah jamur. Mungkinkah objek itu sebuah jamur super jenis baru yang bisa terbang melayang di ruang angkasa? Atau mungkinkah objek itu sebuah pesawat alien berbentuk jamur yang sedang mengawasi kota Jakarta?

Saya tidak yakin soal ini.

Saya juga tidak yakin kalau objek itu muncul akibat kerusakan kamera.

Namun, saya akui, saya tidak memiliki jawaban yang pasti.

Satu hal yang segera menarik perhatian saya adalah kondisi objek tersebut yang kabur (blur). Ciri-ciri ini menunjukkan kalau objek tersebut berada sangat dekat dengan kamera, bahkan mungkin persis di hadapan kamera. Kalian yang suka dengan fotografi pasti memiliki pendapat yang sama dengan saya.

Tetapi, saya punya ide yang lebih baik dibandingkan hanya sekedar berspekulasi. Saya memutuskan untuk langsung bertanya kepada NASA. Kemudian saya mengirim sebuah email kepada Johnson Space Center di jsc-earthweb@mail.nasa.gov. Saya menanyakan identitas objek tersebut.

Kurang dari 24 jam kemudian, saya mendapat email balasan dari mereka (very good public relation). Ini bunyi email jawabannya:
Thank you for your message. The blurred object is something in the ISS crew cabin - unfortunately, I can't tell what it might be - that happened to be in the field of view when the image was taken. The situation is much like a photographer's finger accidentally moving across the camera lens when a picture is taken, leaving a blurry object in the frame. Thank you for your interest in astronaut photography of Earth!

Earthweb
The Gateway to Astronaut Photography of Earth
NASA Johnson Space Center
http://eol.jsc.nasa.gov
Terjemahannya kurang lebih seperti ini:
Terima kasih untuk pesanmu. Objek kabur itu adalah sesuatu yang ada di dalam kabin kru ISS - Sayangnya, saya tidak tahu objek apa itu. Ini (tertangkapnya objek itu) bisa terjadi karena objek itu masuk ke dalam jangkauan kamera ketika citra itu diambil. Situasinya kurang lebih sama seperti jari seorang fotografer yang tanpa sengaja bergerak melewati lensa kamera ketika sebuah foto diambil sehingga menyebabkan adanya objek kabur di dalam foto.

Terima kasih untuk ketertarikanmu atas astronaut photography of earth.

Sebenarnya ini bukan jawaban yang saya harapkan. Tetapi jawaban ini cukup masuk akal. Coba lihat bagaimana para astronot mengambil foto tersebut (foto-foto ini ada di situs mereka):


Awalnya, saya mengira kalau foto-foto bumi itu diambil dengan kamera super canggih yang terpasang pada ISS. Namun, ternyata para astronot mengambil foto ini dengan manual menggunakan kamera biasa (dalam kasus foto kita, mereka menggunakan Nikon D2Xs). Ini yang dimaksud oleh email NASA ketika ia mengatakan kalau objek tersebut berasal dari kabin para astronot. Ternyata para astronot memang memotret dari kabin mereka.

Lihat, tubuh mereka melayang ketika sedang memotret.


Jadi, kemungkinan sebuah benda dari kabin itu melayang dan masuk ke dalam jangkauan kamera ketika foto diambil. Cukup masuk akal.

Lagipula, kalau objek tersebut adalah pesawat alien yang tertangkap kamera, bukankah NASA akan memphotoshop foto tersebut terlebih dahulu sebelum dipajang di situs mereka? (Just kidding).

Mungkin yang bisa menjawab identitas objek tersebut hanya astronot yang mengambil foto itu. Tetapi paling tidak objek itu bukan sebuah misteri lagi. Bagi saya, satu-satunya misterinya adalah ketidakpedulian NASA dengan memasang foto "rusak" itu di situs mereka.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

72 comments:

  1. wohoho, menabjukan bro enig,

    DENIK

    ReplyDelete
  2. hm.....Fotonya nge blur ya, tapi kok aneh, ada cahaya di bagian teratas benda itu, menurut anda itu apa?

    ReplyDelete
  3. anaslis yg masuk akal Mr.E, kalo emang foto trsbt sesuatu yg penting, mustahil nasa mempublikasikannya.
    mereka akan simpan menjadi bahan penelitian mereka.
    :)

    ReplyDelete
  4. PERTAAAAAAAAAA.........mina..!!
    ...

    ReplyDelete
  5. Menurut saya, hampir tidak mungkin bila NASA memasukkan foto yang mengandung UFO di website mereka, karena sifat US yang selalu menutupi hal-hal berbau seperti itu (.gov) dan bila mereka mempost hal seperti itu, maka hanya akan membuat histeria massa.

    ReplyDelete
  6. "Lagipula, kalau objek tersebut adalah pesawat alien yang tertangkap kamera, bukankah NASA akan memphotoshop foto tersebut sebelum dipasang di situs mereka? (Just kidding)"
    wkwk..mantap bung enigma..LOL
    5 besarkah?

    ReplyDelete
  7. Keren bang, kok rasanya semakin banyak ya peristiwa aneh?

    ReplyDelete
  8. Wah, mungkin itu sekrup. tapi kalau sekrup terlepas di kabin, bahaya dong. haha. betul, anehnya kenapa dipasang juga tuh foto. aneh deh.

    ReplyDelete
  9. Ni Jhon Doe,
    Setuju kalo itu kemungkinan besar adalah objek di dalam kabin yang melayang dan tertangkap kamera. Mungkin kah itu air liur astronot ? hehehe

    ReplyDelete
  10. Kesepuluh kah?


    Baca dulu...

    Yans

    ReplyDelete
  11. wah kecolongan net lag batal 10 besar! tidakkk,
    -Krupuk alot-

    ReplyDelete
  12. Wah.. Wah.. Sekaliber NASA memasang foto "rusak" dalam web mereka. Sungguh memprihatinkan..
    Nice work bro enig...

    ReplyDelete
  13. BlackBurn

    20 besar lah minimal ...
    baca dulu ..

    ReplyDelete
  14. buat saya, blurry item itu mirip burung yang sedang terbang mengepakkan sayap

    ReplyDelete
  15. a.waHyu.s said..

    Waw.. Sngguh pmburu jwbn misteri sjati..
    Untk dpt info hruz Smpe ngrim email k NASA..
    Hebat Mr.E..

    Sdah lama saya ikuti blog ni..
    Ru prtma x da tulisan "(just kidding)"
    hahaha..

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  16. analisa dan pencarian sumber informasi yang bagus bro..... dari pada menerka2 yang gag jelas emang alangkah baiknya jika suatu hal itu di tanyakan langsung dari sumber yang bersangkutan.... dan mengirim email ke nasa emang hal yang tepat...

    suka dengan yang berbau detectif dan logika gag bro E..???? klo suka posting hal2 yang berbau itu .... hehehehe

    ReplyDelete
  17. marchel said..

    nice info bro E. Melihat objek itu lebih terang dari gambar latarnya, seperti sesuatu yg dekat lensa dan berada di dalam ruangan yg sama dgn kameranya.
    Jadi gw setuju dgn pendapat Mr Enigma. Cuma gw bingung aja, NASA kok kayak ga peduli itu gambar apa. Dan merasa ga perlu diedit atau malah ga diterbitkan sama sekali.
    Jadi kemungkinan memang bukan apa-apa...

    ReplyDelete
  18. Jika dilihat dari blurnya itu bisa dipastikan objeknya sangat dekat. Untuk ukuran gambar sebesar itu kalo jarak dari kamera ke objek cukup jauh anggaplah tepat di tengah2 diantara kamera dan daratan, pastilah objeknya sangat besar sekali. Seperti yg sudah kita pahami semakin jauh objek maka semakin kecil benda yg tampak. Kalo bendanya segede itu pasti orang jakarta pada bisa liat semua :D...

    Setuju dengan pendapat enigma, kalo memang ada pesawat alien yg tertangkap kamera pasti gambarnya malah dihapus pake photoshop.

    ReplyDelete
  19. Saya setuju dengan penjelasan bro enigma, oh ya bro, ada yang mau saya tanyakan..tapi agak OOT, ndak apa2 ya, hehe
    Apakah baru2 ini, akses blogger lewat hp bermasalah bro? karna sejak kmarin saya coba akses lewat hp slalu error yang muncul, komen jadi menumpuk dan baru bisa saya approve tadi, hehe

    ReplyDelete
  20. @vahn: tidak ada masalah tuh. Semuanya normal2 saja.

    ReplyDelete
  21. eh,, bang enigma berkata
    "Lagipula, kalau objek tersebut adalah pesawat alien yang tertangkap kamera, bukankah NASA akan memphotoshop foto tersebut terlebih dahulu sebelum dipajang di situs mereka? (Just kidding)."

    sepertinya bang enigma percaya kalau NASA merahasiakan semua hal mengenai UFO, ya..?

    ReplyDelete
  22. seperti nya itu baut kecil yang lepas

    ReplyDelete
  23. tebakan ane, Baut yg tercecer nih

    he he he :D

    ReplyDelete
  24. Kok foto kaya gitu dimasukin web NASA? kan foto yg lebih bagus banyak XD

    Hmm kalo ga sengaja, mungkin objek blur itu semacam sumbat... sumbat kuping astronot kalee... hehehe

    Buat Mas Enigma, tukeran link yuk, link blog ini sudah dipasang di BukanBegitu lho... :D

    -haf2-

    ReplyDelete
  25. Logikanya bung Enigma masuk akal sekali. Apalagi melihat jawaban dari Nasa sendiri, menurut saya kemungkinan benar seperti yg bung enigma perkirakan ada benda yg menempel pada kaca pesawat Nasa tersebut. Apalagi kamera mereka dengan lensa zoom yg luar biasa mantap pastilah benda kecil yg menempel menjadi sangat besar...

    ReplyDelete
  26. mungkin itu salah satu benda satelit yang tidak sengaja menghalangi kaca satelit. truz pegawai nasa yang iseng mengupload fto itu ke situs nasa tanpa bermaksud menghancurkan nasa. bener gak??? pendapat aneh!!! hahahaha

    ReplyDelete
  27. objek tersebut keliatan seperti jamur ya..

    ReplyDelete
  28. hahaha.. saya lebih setuju kalo itu Gasing!! *just kidding*

    ReplyDelete
  29. Ini baru enigma..
    .cgit.

    ReplyDelete
  30. awalnya saya kira itu foto objek super-duper-misterius,,ternyata hanya marshmallow terbang yang lewat didepan kameranya sang astronot..... :)

    ReplyDelete
  31. mirip ufo terbang dengan ekor di belakangnya, hehehe, padahal saya mengharap analisis abang menuju ke alien. ternyata susah ya cari foto2 dengan objek ga dikenal (kecuali hantu, saya ga suka), sekarang jadi sadar betapa beruntungnya orang2 yang mendapatkan foto dengan objek terbang ga dikenal di dalamnya.
    Nice post bang enigma d^^b

    ufobeliever

    ReplyDelete
  32. Analisis Conjure

    Menurut saya secara pribadi..ada 2 kemungkinan...
    1.gantungan kunci/gantungan/gelang/jimat yang disangkut di kamera.
    2.si pemotret potonya pas lagi makan jamur...terus jamurnya jatoh,kepoto deh(gak mungkin bgt yak?bodo ah...)

    yang pasti itu bukanlah jari si pemotret...karena saya lihat dengan sudut pandang apapun(sampe jungkir balik)itu gak mirip ama jari,kenapa saya tahu?karena sampai sekarang sya hisup dan gak pernah seharipun gak ngeliat yang namanya jari

    kemungkinan bahwa objek tersebut adalah benda yang melayang di depan lensa kamera menurut saya kecil sekali kemungkinanya,kenapa?karena jika ada objek yang menghalangi di depan kamera,maka si potographer gak akan langsung maen jepret aja(NASA loh...klo maen jepret aja apa bedanya ama tukang buat paspoto di dekat rumah saya =,=)mereka itu propesional,jadi poto gitu malah bikin malu diri sendiri namanya..

    HAHAHA sekian dari saya...conjure...

    ReplyDelete
  33. @ufo believer: saya pun berharap ada foto yang benar2 menunjukkan adanya pesawat alien. Tp sayangnya bnyk yg suka membuat hoax atau asal klaim. Ini membuat ufology sering dipandang rendah. Krn itu, yang terbaik adl menilai sebuah foto dgn apa adanya. :)

    ReplyDelete
  34. mas astronot, *maaf* kondomnya *maaf* jatuh tuh... hehehe

    ReplyDelete
  35. Tanya kak! Kira-kira, foto itu diambil dari ketinggian berapa? Sepertinya terlalu dekat untuk membuat sang fotografer melayang.

    ReplyDelete
  36. mungkinkah itu pantulan dari lampu di belakang???

    ReplyDelete
  37. @anonymous no.41: karena foto2 itu diambil dari ISS, maka ketinggiannya sekitar 348 km. Itu sdh cukup utk merasakan efek weightlessness.

    ReplyDelete
  38. jelas itu bukan alien, apa yang dipaparkan NASA benar... kenapa NASA tidak menjelaskan benda tersebut ? itu bukti keteledoran astronout dalam mengambil photo, maka nya NASA tidak mau mengungkit-ungkitnya .... Salam bahagia selalu Bung Enigma ....

    ReplyDelete
  39. Myhead 5012 said :

    haha...

    keren brother E seperti biasa...

    haha...

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  40. kalo saya liat2 kayaknya objek yang nge-blur itu mirip sekrup
    haha... XD

    ReplyDelete
  41. yah bisa aja itu ada halangan di kamera itu

    ReplyDelete
  42. saya liat malah itu kaya topinya vampir cina.. wkwkwkwkwk! XD

    ReplyDelete
  43. Va said :
    - jika foto yg cacat sm skali tdk ditmpilkan, dan suatu saat ada yg menemukannya, mk akan muncul teori dr qta2 yg bikin NASA puyeng.
    - Jika foto yg cacat diedit trlebih dahulu bru ditampilkan, lalu ada pihak yg mndapatkan foto asli sblm diedit, maka akan lbh byk teori yg muncul yg ujungnya bikin NASA lbh puyeng lg.
    - Jika foto yg cacat tetap ditampilkan apa adanya, maka NASA akan dicap tidak profesional.

    Jadi NASA memilih utk dianggap amatiran di bdg fotografi, hehehe.

    ReplyDelete
  44. Rama.
    saya yakin itu memang kesalahan NASA, tapi mungkin mereka salah karena lupa utk meng edit foto dan sdh terlanjur di upload dan disaksikan beribu orang, jadi mereka buat alesan deh, hhahaha .

    ReplyDelete
  45. om bahas ini donk..

    http://www.youtube.com/watch?v=Y6a4T2tJaSU
    time traveler in charlie chaplin video

    thanx om..

    ReplyDelete
  46. NASA memang hebat ya. sampe bela-belain foto bumi dengan kamera dan diupload ke website. Malah dikasih gratis lagi foto-fotonya. Benar-benar pengabdian terhadap ilmu pengetahuan.

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  47. Nice blog mr.Enigma -up-
    Saya punya pendapat sendiri mengenai gambar ini.
    ketika saya melihat gambar ini, saya langsung teringat akan 2 hal:

    1.The sign/Crop cyrcle
    entah sudah berapa kali saya menyaksikan video di youtube tentang hal ini. Dari yg hanya tanda biasa (yg kemungkinan buatan manusia besar) sampai tanda diladang yg luar biasa (dilihat dari luas, struktur, pola, kerapihan, yg mustahil manusia dapat membuatnya). Sampai yg paling aneh (pada waktu subuh terlihat beberapa bola cahaya yg mengitari di atas lahan dan bersamaan pula cahaya2 itu mulai membentuk pola2 the sign dengan kecepatan hitungan detik!).

    2.Alien/Ufo/mushroom Ufo
    Yang ini juga sudah tak terhitung berapa kali saya menonton video tentang UFO yg banyak juga yg terlihat nyata, atau bahkan "sangat nyata". Tapi hanya 1 yg saya bisa hubungkan dgn foto NASA ini.
    Di video itu terlihat sebuah Mushroom UFO. knp saya sebut demikian, karena bentuknya mirip sekali dengan object yg ada dalam foto NASA tersebut.
    Dalam video tersebut object itu melayang dilangit dgn jarak cukup jauh (sampai batas zoom camera siperekam) sambil sedikit berputar object itu dikelilingi 3 bulatan (yg menurut saya itu adalah bulatan cahaya yg membuat the sign di point ke 1) yg juga berputar mengelilingi Mushroom UFO itu, lalu dari Mushroom UFO itu seperti ada gerakan slide (seperti HP bertipe sliding yg di slide kewabah) lalu 2 dari 3 cahaya itu menyatu ke badan Mushroom UFO tersebut, sementara yg 1 terlihat pergi menjauh, lalu dengan sangat cepat Mushroom UFO itu melesat ke atas langit.(mungkin ini yg menyebabkan object di foto NASA tersebut tampak blur/tidak focus)

    Mungkinkah benda yg seperti mur/jamur yg tertangkap kamera NASA itu, adalah object yg sama pada video tersebut? Karena (bukan bermaksud sombong) mata saya ini sangat "JELI" dan tahu mana yg rekayasa dan mana yg asli tanpa harus diselidiki dulu di pc dengan software2 tertentu. Dan jujur video tersebut tampak 99% REAL !
    Dan soal mengapa NASA mengupload begitu saja foto tersebut, mungkin memang benar karena Teledor dan sudah terlanjur jadi mereka mengatakan kalau object itu bukan apa2.
    Dan baru2 ini parlement di eropa mengadakan vote untuk kepastian diungkap atau dipendam rahasia tentang UFO itu benar2 ada, dan masyarakat berhak untuk tahu.
    Thx b 4

    ReplyDelete
  48. Wahh Siip gan sip thanks bwat infonya..!

    ReplyDelete
  49. drai Tresna Asti

    kayak buah kenari...
    gantungan kunci..
    bandul kalung..
    =,=
    menyebalkan hal yang seperti ini alasannya sedangkal itu.. NASA adaada aja deh...!!!

    ReplyDelete
  50. awalny saya menduga itu bandul kalung yg bergerak, sehingga blur dan membentuk kesan benda lain. saya menduga itu bandul kalung salib.

    tetapi dalam fotografi, jika kita menggunakan lensa zoom yg sangat panjang, walaupun ada objek dekat di lensa tersebut, maka pada hasil foto, objek tersebut tidak hanya kabur, melainkan TIDAK AKAN TERLIHAT di hasil gambar.

    jadi, harapan saya adalah, gambar di atas diambil dengan lensa kit. atau setidaknya lensanya tidak terlalu panjang.

    ReplyDelete
  51. Itu kayak tutup botol minum yang biasa di sepeda deh

    ReplyDelete
  52. Mirror di depan sensorkamera DSLR nya terpengaruh gak ya akibat gravitasi,,,, Kan didalamnya ada gerak mekanik berputar gitu...

    ReplyDelete
  53. menurutku,alien (jin) serta setan saat ini berteknologi supercanggih n berpusat di s.bermuda, sehingga gedung/markass mereka tak terlihat (tek.kamuflase)

    ReplyDelete
  54. Askum mas, kalo menurut saya yang namanya Alien dan Pesawatnya itu tidak benar benar ada mas... saya punya beberapa bukti yang cukup baik nih

    1. Tidak ada manusia yang benar benar melihat dengan mata kepala sendiri dan berhasil memotretnya.

    2.Tidak ada kepercayaan ataupun tulisan di kitab kitab agama apapun bahwa yang namanya makhluk luar angkasa itu benar ada .

    3. ssetiap ufo yang tertangkap kamera tidak pernah di darat pasti di udara.. padahal banyak orang yang mngaku melihat ufo di depan mereka!

    Jadi??

    BACA JUGA BLOG SAYA !!!
    http://files-misteri.blogspot.com

    oh ya mas Enigma maaf kalau misalya saya punya omongan di sini terlalu lancang tapi saya hanya ingin mengemukakan pendapat saya .. terima kasih ass..

    ReplyDelete
  55. klo saya boleh berpendapat..seperti banyak teman2 bilang itu adalah baut atau mungkin Mur yang ada dua sisi jendela kabin berbentuk lingkaran tersebut..mengingat gravitasi sudah tidak ada,sehingga keseimbangan fotografer goyah dlam mengambil gambar .warna baut kuning keperakan krn terkena cahaya,bagian yang seperti jamur itu adalah bagian ujung bautnya,digambar baut kuning yg terlihat ada 2buah..

    ReplyDelete
  56. Itu bukan UFO atau benda terbang aneh atau apalah yang misterius..., liat coba dengan baik baik.., itu bisa jadi masih bagian dari satelit.., bisa jadi parabola atau Antena yang menjulur keluar..., ini sama sekali bukan hal yang misterius... Gambar itu terlihat mungkin karena sang sang fotografer mengambil gambar terlalu dari samping... Sehingga badan satelitpun hampir terpotret...

    ReplyDelete
  57. but still .. they have a very good public relation ... ^_^ .. *artikel tgl segitu, komen tanggal segini* ... nice article ..

    ReplyDelete
  58. bro enigma kok ada yang aneh, astronauts nya bsa brnapas d sana pdhal mlayang2?? apa uda d ciptakan yah pesawat yg sudah ada Oksigen d dalam tnpa pakaian astronaut???

    ReplyDelete
  59. @atas saya

    ketinggalan amat sih? Ngakak saya baca komen anda.

    ReplyDelete
  60. sebagai sesama Blogger, saya akan teramat amat sangat bahagia jikalau anda kembali menulis :)
    anda pernah ketemuan dengan penggemar blog anda yang orang bali kan? Sayangnya pas saya search alamat e-mail nya di FB ternyata dia (orang bali) tidak mempunyai acount FB :( andaisaja dia punya acount FB maka ada kemungkinan bisa ada info yang saya dapat mengenai alasan anda menghilang.

    By: BineX

    ReplyDelete
  61. Itu bandul kalung boss...seinget ane punya kalung model gitu.

    Salam Enigma

    ReplyDelete
  62. Menurut saya itu antara dua saja yaitu :
    Orang itu habis makan jamur gak sengaja ada jamur di depan lensanya ( 50 % real )
    Atau itu memang ada keberadaanya (40 % real ) . Kenapa soalnya ufo itu cahaya berwana putih buian berupa kilauan?

    ReplyDelete
  63. Menurut saya gambar berwarna putih dibawah itu awan .

    ReplyDelete
  64. atau memang mereka sengaja menaruh objek blur itu untuk menutupi sesuatu yang terfoto? lagi pula seperti yang bung enigma katakan "Bagi saya, satu-satunya misterinya adalah ketidakpedulian NASA dengan memasang foto "rusak" itu di situs mereka". yap!!! kenapa mereka tetap memposting foto yang "rusak" atau terdapat objek blur. apakah mereka tidak melakukan cek terlebih dahulu?.

    haha

    haha

    ReplyDelete