Sunday, October 31, 2010

Inbox: Objek-objek misterius tertangkap kamera di langit mendung Jakarta

Email di bawah ini datang dari Lia kepada blog enigma. Isinya mengenai objek-objek misterius yang tertangkap kamera di atas langit wilayah Jakarta.


Pada hari Jumat tanggal 22 oktober 2010, sekitar pukul 5 sore, Langit Jakarta terlihat gelap, memperlihatkan kalau sebentar lagi awan akan memuntahkan hujan yang sangat lebat. Saat itulah objek-objek misterius itu terlihat.

Ini bunyi emailnya:
Dear Om Enigma,

Saat kami sedang memotret-motret awan mendung dari tempat kerja, nggak sampai semenit, tiba-tiba muncul benda terbang. Dari kejauhan kami lihat (yang paling dekat) seperti gantole, ada sayap lancip dan semacam kaki-kaki. Tetapi yang lainnya cuma kelihatan seperti titik-titik. Kami hitung objek itu ada sekitar 7 buah.

Tetapi lama kelamaan (sekitar 2 menit) benda-benda itu bukannya turun, malah naik ke atas dan menghilang ditelan awan mendung. Logikanya kan kalau gantole pasti ke bawah. Lagi pula berani amat mereka main gantole saat petir jedar-jeder begitu. Di sekitarnya juga nggak ada helikopter ataupun pesawat, karena 1 menit sebelumnya nggak ada apa-apa di situ ketika kami memotret.

Perbandingan fotonya juga kami lampirkan. Kalau objek itu sesuatu yang dilepas dari bawah (balon) sepertinya tidak mungkin, soalnya sebelumnya juga kami nggak melihat objek itu terbang dari bawah ke atas.

Salah satu benda yang terlihat jelas itu kemudian menuju ke atas dan menghilang ditelan awan mendung. Benda lainnya (yang kami lihat seperti titik-titik) menjauh dan tidak terlihat lagi, apakah turun atau naik ke angkasa.

Note: Foto diambil dari ketinggian lantai 31, Menara Standard Chartered, Karet, Kuningan. Sedangkan foto tersebut mengarah ke daerah Jakarta Pusat, hari Jumat, 22 Oktober 2010, jam 5 sore.
Terima kasih, Salam, Lia
Mengenai objek ini, saya tidak punya kesimpulan pasti. Saya setuju dengan Lia kalau itu bukan gantole atau helikopter. Tidak ada yang mau terbang dalam kondisi cuaca buruk seperti itu. Saya rasa, objek itu juga bukan burung karena Lia pasti bisa membedakan antara burung dengan objek lain.

Bisa jadi objek-objek hitam tersebut sampah (seperti kantong plastik) yang terbawa angin. Namun, jika melihat pada ukuran objek tersebut dibandingkan dengan jarak pemotretan, maka sampah itu pastilah berukuran sangat besar sehingga membuatnya menjadi lebih tidak mungkin.

Lalu, bisa jadi objek-objek tersebut adalah balon yang beraneka bentuk. Jawaban ini cukup masuk akal.
Kemungkinan lainnya adalah, objek tersebut adalah potongan awan hitam yang terbang. Namun, untuk yang satu ini, saya tidak bisa memastikannya.

Akan tetapi, ketika saya melihat objek itu (yang bagi saya terlihat seperti jamur atau ubur-ubur), saya segera teringat dengan postingan saya sebelumnya mengenai fenomena UFO Viborg. Di postingan itu, saya menulis mengenai objek seperti awan berbentuk ubur-ubur yang dipotret di Denmark pada tahun 1974.

Belakangan, diketahui kalau objek tersebut ternyata tercipta akibat pelepasan uap air dari sebuah pabrik.



Mungkinkah objek yang dipotret oleh Lia terbentuk dari pelepasan uap air?

Lokasi pemotretan objek tersebut, yaitu kuningan, Jakarta, adalah lokasi perkantoran yang dipenuhi oleh gedung-gedung tinggi. Bisa saja, salah satu gedung tersebut memiliki instalasi yang melepaskan uap air ke angkasa sehingga membentuk objek-objek misterius tersebut. Tetapi sekali lagi, ini hanya sebuah teori yang tidak bisa saya buktikan.

Paling tidak, kita juga bisa menyebut objek-objek tersebut sebagai unidentified flying object.

Baca juga: Misteri fenomena ufo viborg.


Komentar Tambahan dari Lia


Lia said:

Kalau saya lihat, di hari-hari cerah, saya nggak yakin di situ ada cerobong asap. Dan benda itu tidak kelihatan ringan seperti awan hitam atau asap yang tertiup angin. Terbangnya juga bukan melayang seperti tertiup angin, tapi saya merasa benda itu punya berat. Karena itu semua orang yg melihat di tempat kejadian langsung berpikiran itu gantole, tetapi langsung menganulir karena makin ke atas dan tidak melayang. Terbangnya teratur. Benda yang paling jelas terbang ke atas, yg lainnya karena jauh dan awan tebal jadi menghilang aja lama-lama.


Itu datengnya tiba-tiba, kemungkinan muncul di sela-sela awan, karena sebelumnya kan kami foto di situ nggak ada apa-apa, pandangan kami juga belum berpaling ke mana-mana.. di imajinasi saya kayak kumpulan helikopter lagi patroli di perang vitekong gitu :D


Terima kasih om enigma sudah dipost :)


salam,

Lia


November 1, 2010 11:42 AM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

90 comments:

  1. pertamax apa gak yaa ??
    yg penting selalu baca blog ini :)

    ReplyDelete
  2. mejeng pejwan siapa tau pertamax


    aprian the fallen

    ReplyDelete
  3. Mungkinkah itu ufo??

    Fjunior

    ReplyDelete
  4. okedeh.. artikel baru....
    10 besarkah ?

    ReplyDelete
  5. Aduh, gara komen pk hape saya jd terlambat.


    Oh ya kayaknya itu bukan uap air deh bro. Mengingat cuacanya buruk, maka dpt di pastikan uap air akan segera hancur.
    disebabkan angin.

    Siapakah saya?

    ReplyDelete
  6. Hahaha,,, apaan tuh??
    -_- gk bisa omong deh itu apaan... Haha

    ReplyDelete
  7. @Anonymous no.6: Di postingan saya mengenai UFO Viborg, justru anginlah yang dianggap menyebabkan terbentuknya fenomena itu.
    soal identitas kamu, kalau kamu saja tidak tahu siapa kamu, apalagi saya? hehe.

    ReplyDelete
  8. Anonim no.6 itu saya

    ㄟ{· ·}ㄅ

    Haaa

    ReplyDelete
  9. Wow! Nice post! Beberap hari ini inbox terus ya? Ya gpp Mr. E...biasanya dari pembaca lebih seru..hehe

    ReplyDelete
  10. 10 besar :) kapan ufo lewat padang :P

    ReplyDelete
  11. menurut saya objek itu adalah sepotong kecil awan yg terlepas dr kumpulan awan besar.. Awan memang suka 'aneh' saat cuaca buruk.. Hehe..
    Bro E,, tolong bahas tentang AUTEC yg katanya 'Area 51'nya AL di Amrik.. Saya pernah menonton program UFO Hunter di History Channel,, yg katanya banyak penampakan USO dwilayah AUTEC trsebut.. Thanks Bro E,, keep posting bro!!

    ReplyDelete
  12. ufo mengintai jakarta

    ReplyDelete
  13. yang terakhir kayaknya pernah liat di postingan bung enigma juga deh..
    mulai rajin komen lagi ah..
    hehe...

    ReplyDelete
  14. @Ixan: belum baca ya? haha. kan itu memang dari postingan saya.

    ReplyDelete
  15. itu bkn burung yah ?

    hahaha

    ReplyDelete
  16. oh iya..di atas ada keterangannya,,hehe..
    maaf bung..belum baca semua tadi..:D

    ReplyDelete
  17. --;Jika diperhatikan fotonya yang sedikit kabur,sepertinya asap dari pembakaran,...ya seperti pembakaran dari sebuah knalpot/cerobong asap genset listrik atau sejenisnya yang menggunakan bahan bakar minyak solar begitu,, mungkin aja mesinnya lagi batuk- batuk alias ngandat karena pembakaran tidak normal..

    uncle me...

    ReplyDelete
  18. menurutku itu bukan sesuatu yang berarti.

    ReplyDelete
  19. Bro enigma Kenapa sih koment terakhir tidak muncul bila di akses via hp?

    ReplyDelete
  20. Itu efek dari scroll bar yang saya pasang di komentar. Seharusnya yang kebaca malah beberapa komen saja karena scroll bar biasanya tidak berfungsi di browser HP. Tapi kalau di Opera mini, hanya komen yang terakhir yang tidak kebaca. Kalau kamu menggunakan Bolt, hanya beberapa komen pertama saya yang kebaca.

    ReplyDelete
  21. klo benar uap air, coba lia cek lg pada saat langit mendung ataupun cerah. saya sih mrasa kurang puas dg penjelasan enigma

    ReplyDelete
  22. yang bikin penasaran, kata saksinya bentuk benda itu mirip gantole, punya sayap.

    kemunculannya juga tiba2 (ga keliatan muncul dari bawah) rombongan lagi.

    bang enigma kok analisisnya ga kayak biasa?
    jangan2 ini bukan bang enigma?


    ufo believer

    ReplyDelete
  23. bro enigma coba kunjungi link ini,,dari kaskus ada yg menarik,mudah2an bs di kasih penjelasna
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5241270

    ReplyDelete
  24. kalo itu uap, harusnya warnanya putih. .

    Near_

    ReplyDelete
  25. ngarepnya sich ufo

    ReplyDelete
  26. cimot...\
    plastik kali tu yg terbang.. pernah liat spt itu,cuma ga sempat di foto.. :D

    ReplyDelete
  27. kl pas angin lg kenceng & matahari udah ga menyilaukan mata, enaknya main layangan. Tp kl anginya kekencengan bisa2 layanganya putus.

    ReplyDelete
  28. Lia said:

    kalau saya lihat, di hari2 cerah, saya ga yakin di situ ada cerobong asap. dan benda itu tidak kelihatan ringan hingga bisa diperkirakan awan hitam atau asap yang tertiup angin. Terbangnya juga bukan melayang seperti tertiup angin, tapi saya ngrasa benda itu punya berat. maka itu semua orang yg lihat di tempat kejadian langsung berpikiran itu gantole tapi langsung menganulir karena makin ke atas dan tidak melayang. terbangnya teratur. benda yang paling jelas terbang ke atas, yg lainnya karena jauh, dan awan tebal jadi menghilang aja lama2.

    Itu datengnya tiba2, kemungkinan muncul di sela2 awan, karena sebelumnya kan kami foto di situ ga ada apa2, pandangan kami juga belum berpaling ke mana2.. di imajinasi saya kaya kumpulan helikopter lagi patroli di perang vitekong gitu :D

    terima kasih om enigma sudah dipost :)

    salam,
    Lia

    ReplyDelete
  29. Berwarna gelap & kemudian naik ke atas? Hmmm, kalau pikiran saya sih yg paling logis ya itu balon. Lagipula bisa saja kan saksi matanya baru melihat "balon" itu ketika sudah mendekati awan & tidak begitu memperhatikannya ketika sedang potret-memotret. Atau mungkin saja "balon" itu datang dari tempat lain & kemudian terbawa angin ke sana sehingga baru terlihat. Tapi sekali lagi, ini hanya teori saya

    ReplyDelete
  30. ubur-ubur????....

    ReplyDelete
  31. sekumpulan balon terbawa awan, mungkin saja... balon yang pekat (tidak juga hitam), tapi bukan berbentuk bulat :) karena punya sayap dan ada kaki2nya.

    Lia

    ReplyDelete
  32. Bang Enigma..
    boleh sya mnta profil lengkapnya?
    biar jelas identitasnya gto.
    hehe i like this post:)

    ReplyDelete
  33. jangan-Jangan Bro itu merupakan sekumpulan layang-layang.Karena saat cuaca mendung seperti itu angin bertiup kencang.terlebih lagi Layang-layang kan ada yang berbentuk seperti itu sdngkan kaki-kaki pada objek adalah rumbai-rumbai atau ekor pada layang-layang(hanya persepsi)
    -dm-

    ReplyDelete
  34. Bro Enig, pa kabar?

    Eem..
    Bintik hitam yang di foto itu seperti persawat, soalnya tanggal 22 oktober 2010, sekitar pukul 5 sore, saya lagi jalan-jalan di sekitar sana menggunakan persawat pribadi ( kalau tidak salah )..
    tolong di cari kebenarannya y..
    >.<

    ReplyDelete
  35. @Lia: Balon cukup masuk akal ya. Haha.

    @Miss Murder #2: Nickname kamu saja sudah cukup membuat saya takut untuk memberikan profil lengkap ke kamu.

    @dm: Saya suka dua kata yang kamu beri tanda kurung di akhir komentar kamu.

    @Sad'in Doubt: Kabar baik :)

    ReplyDelete
  36. Bro kata anda

    "Di postingan saya mengenai UFO Viborg, justru anginlah yang dianggap menyebabkan terbentuknya fenomena itu. Soal identitas kamu, kalau kamu saja tidak tahu siapa kamu, apalagi saya? hehe."

    Tadi saya baca uap itu terbentuk karena cuaca cerah.

    ReplyDelete
  37. Sorry ya bro Enig, comentnya aneh, soalnya tidak tahu mau coment ap... :p

    ReplyDelete
  38. @Andika: Di postingan itu ada kalimat seperti ini:

    "Jarak antara Mr Laursen yang mengambil foto dengan cerobong tersebut sekitar 350 meter. Saat itu ada angin kencang dengan kecepatan sekitar 20 knots yang bertiup dari barat daya. Angin inilah yang dianggap telah membawa uap dari cerobong dan menyebabkan terbentuknya ufo Viborg."

    Coba cek deh. :)

    ReplyDelete
  39. mngkin layang2 bung....


    dimas....

    ReplyDelete
  40. hemm,,tampaknya itu adalah payung sesorang yang terbawa angin,,haha,kan mau hujan tuh.he,.tapi ada 7 buah n terus naik keatas dan menghilang,.benar-benar payung yang aneh..

    ReplyDelete
  41. wismaem

    itu layang2 ukuran besar.

    http://akumassa.org/wp-content/uploads/2009/07/cimbacang-dan-palapeh-lalang.jpg

    http://3.bp.blogspot.com/_Qnjso0hJgw8/RqN-Qf88kNI/AAAAAAAAADo/2iDc7ZEbdHE/s320/Festival_Layang_Layang_Internasional_02.jpg

    http://www.beritajakarta.com/images/foto/festival_layang2_monas2.JPG

    ReplyDelete
  42. wismaem

    tambahan gambar2 layangan

    http://i616.photobucket.com/albums/tt246/penyo7/layangan1.jpg

    http://www.tribunnews.com/foto/berita/2010/4/4/maen_layangan.jpg

    http://i.ytimg.com/vi/Cv7AZjQRAPI/0.jpg

    http://farm1.static.flickr.com/60/196802605_6ed037e8a1_b.jpg

    ReplyDelete
  43. bisa saja sesuatu yang dliat itu memang uap air,.
    tp kemungkinan nya kecil bagi Saya,.
    karna knpa sebelum nya tidak ada yg pernah mliat yg sperti itu sebelum nya,kan tidak cma hari itu saja cuaca buruk,atau uap air akan naik...
    iya kan Bang E ???
    xixixixiiiiii

    ReplyDelete
  44. semua kan mash dlm bentuk "mungkin" tp sy th yg pasti itu adlh Unidentified Flying Object.

    ReplyDelete
  45. itu helikopter remote kontrol berkamera buat dokumentasi udara. mungkin memang lagi cari moment pas langit lg mendung. hihi
    tapi kalu layangan musti pakai tali sangat panjang.
    kalu dibilang UFO, saya SANGAT setuju. karena obyeknya memang belum teridentifikasi dengan baik.
    jadi reader bisa kirim artikel/inbox kah, bro enigma???wow!! ini saya baru tau! karena baru addicted sama blog ini.
    b >.< d

    _cornhead_

    ReplyDelete
  46. dari Tresna Asti

    @Andika: (۸_۸ ")a
    masih tetap mencobacoba icon baru ya..

    bagaimana kalau ternyata itu pterodactyl???
    hoh???
    O_o???

    ReplyDelete
  47. Memang kalau dalam kasus penampakan seperti ini, kesaksian yang mengalami sangat penting. Misalnya, kalau Lia tidak mengatakan objek itu naik dan masuk ke awan, maka bisa dipastikan itu cuma layang-layang. Kalau Lia tidak mengatakan benda itu tidak terlihat dari bawah, maka bisa dipastikan kalau itu balon.
    Walau ada foto, kesaksian yang tidak biasa bisa menyulitkan analisa. Hmm, tapi saya rasa itu memang balon kok.

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  48. Saya setuju kalau ini hanya atau seperti sampah yang tebang terbawa angin, namun mesti dilakukan penelusuran ulang bersama sipelapor.

    kesimpulan awal saya itu hanya sebuah BlurFo..
    http://www.rense.com/general49/blurfo.htm

    Salam UFOnesia

    ReplyDelete
  49. kalo menurut saya itu bukan uap air atau pun apalah namanya.
    itu hanya segumpalan awan yg berbentuk aneh,atau mungkin hanya editan , , , heheh

    ReplyDelete
  50. dari 7 buah benda hitam, cuma 2 yang terpotret ya?

    b i n g u n g juga XD
    mungkin asap yang naik ke atas

    -hafhaf-

    ReplyDelete
  51. editan? haha..saya tidak punya banyak waktu dan skill yang cukup untuk iseng bikin editan sprti itu. Bung Bobrok bisa cek aja data file nya diambil pake kamera apa tanggal berapa,bisa kan? kayanya pinter.

    Saya ga punya perkiraan apa-apa, have no idea apakah ini UFO utk pro ke UFO believers, atau hanya balon/sampah/layang-layang. Untuk itu saya share ke om enigma karena beliau bisa memberikan penjelasan yg logis (bagi saya). Om Enigma juga sudah kasi penjelasan apabila beliau tidak mampu mendapatkan jawabannya, maka akan dishare ke para pembaca siapa tau ada yg ngliat juga & bisa kasi pendapat juga. Selama belum ada yg bisa pastikan itu benda apa, bagi saya berarti itu jelas unidentified flying object atau bahasa indonesianya: benda terbang yang tidak terindentifikasi itu apa....bisa apa saja kan?

    Tapi saya bisa memastikan itu bukan awan (setebal dan sehitam apapun).

    Begitu. :)

    ReplyDelete
  52. bung enigma tolong cariin penyebab lunang yg di jerman ....salam kenal frengky

    ReplyDelete
  53. werlington
    biasa bos enigma,balon terbang !! hahahaha
    kayanya itu mainan parasut anak kecil boz,soalnya ane jg pernah ketipu dikirain ufo,eh taunya anak kecil lagi nerbangin parasut mainan

    ReplyDelete
  54. bisa aj itu cuma dead pixel om CMIIW

    ReplyDelete
  55. @ablehwawah: kalau itu dead pixel, maka lia tdk akan bisa melihat objek itu secara langsung.

    ReplyDelete
  56. Mungin itu memang benar layang2 jika dilihat dari pengakuan saksi dan layang2 sangat besar tentunya tpi klo menghilangnya dilangit dan disekitar awan tak menutup kemungkinan itu adalah UFO

    ReplyDelete
  57. bang enigma bukan alien kan?

    ReplyDelete
  58. 100% tersangkanya adalah doraemon, nobita, shizuka, giant, suneo, dhekizuki, dan yang satu lg doremi,
    mungkin mereka lagi shooting film terbaru mereka, kita tunggu aja konfirmasinya dari jepang,,,

    ReplyDelete
  59. klo balon seh kyak nya g mngkin y coz mnrut kesaksian ada 7 buah(klo g slah) objek yg dy liat, lgi pla dy g mlihat suatu objek trbang dr bwah, ia hnya mlihat objek tsb pd saat trbang d'angkasa,,,
    lgi pula klo misalnya balon, pzti balon nya berukuran ckup bsar shingga bsa trlihat sperti i2 dri lntai 31, sungguh aneh mlepaskan balon berukuran besar scara berkelompok (memangnya dy lgi mngdakan perayaan),,,
    mnurut sya , hal yg pling mngkin adalah objek tsb adalh sekelompok pesawat jet yg brpatroli(mungkin),,,
    sperti pesawat stealth nya USA,,
    haha,,,

    Ryu...

    ReplyDelete
  60. duh kpan posting lg bang,,,,, p.p

    ReplyDelete
  61. apatis said...

    Itu adalah ember yang ditendang sangkuriang
    awwkkwkwkw

    ReplyDelete
  62. sebenarnya foto itu hanya halusinasi

    ReplyDelete
  63. engg... ga jelas gambarnya... tapi... apa itu...


    KEPIK? =="a

    *wkwkwkwkwkwk!* :P

    ReplyDelete
  64. Angulus Ludovici:
    Bro Enigma, coba tolong tanyakan sama Lia, kira-kira berapa jarak antara benda tak dikenal tersebut dengan dirinya ya? Di foto tersebut terlihat banyak gedung besar dan crane yang bisa jadi patokan. Kira-kira lebih jauh atau lebih dekat daripada crane? Kalau lebih jauh maka benda tersebut sepertinya lumayan besar.

    Kemungkinan layang-layang sepertinya memang masuk akal, kalau langit tidak mendung. Tapi kalau langit mendung, siapa yang berani main layang-layang? Lagipula seperti dikatakan temen2 yang lain, kalau itu layangan, pasti benangnya puanjang buanget. Kecuali layangan besar dan tali nya putus.

    Lia juga tidak menyebutkan adanya manuver gerakan ekstrim. Kalau tiba-tiba benda tersebut terlihat satu arah lalu berbalik secara ekstrim dengan cepat, boleh jadi itu UFO.

    Saya pribadi lebih setuju kalau itu balon udara, mungkin balon untuk penelitian curah hujan.

    ReplyDelete
  65. mungkin kira2 7 meter, Pak Angulus.
    Tidak ada gerakan ekstrim, tapi menghilang begitu ada awan tebal. Bukan saya saja yg melihat, tapi ada 4 orang yg ikut melihat & keheranan.

    Apabila saya mau memperkecil keadaan, dalam suasana & kondisi seperti itu, ga masuk akal orang bermain-main layangan bersamaan dalam kondisi hujan. Kalau balon, berarti kemungkinan itu balon yang aneh (karena ga warna warni, warnanya pucat, sangat tidak menarik dan bentuknya aneh. letak benda 1 ke benda lainnya sepertinya berjauhan, karena saya hanya bisa jelas melihat 1 benda sedangkan yg lainnya titik2.

    @anonymous 68: halusinasi yang terjadi pada 4 orang? :)

    ReplyDelete
  66. sepertinya pesawat siluman yg mengintai indonesi, dimana OBAMA akan datang ke indonesia. :)

    ReplyDelete
  67. Ngengat? Lalat buah yang nempel di kaca? Apa ibu Lia melihatnya berbatasan dengan kaca?

    ReplyDelete
  68. yang terakhir kayak gambar asap kali gan

    ReplyDelete
  69. Apa itu salah satu balon udara yang biasanya digunakan untuk menghitung ketinggian awan ?

    ReplyDelete
  70. blog baruku nih bang

    http://xfile-enigma.blogspot.com/

    ReplyDelete
  71. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.....
    editannya keren......

    ReplyDelete
  72. Mungkin balon, orang iseng pengen nyoba ngeliat balon kesamber petir

    ReplyDelete
  73. tidak menutup kemungkinan kalau itu UFO. saat ini mereka semakin meningkatkan eksistensinya kepada publik. kalau benar itu UFO, nggak sabar pengen menjamu mereka :)

    ReplyDelete
  74. kalo gw liat sekilas sih..pendapat gw objek tersebut sudah muncul pada foto ke-2 dan dari foto ke-3 objek tersebut bergerak ke bawah dan terlihat mendekat .. di foto ke-2 terlihat objek titik hitam tersebut lebih pekat di bandingkan awan di sekitarnya .. seandainya objek tersebut adalah balon pasti memiliki ukuran yg sangat besar untuk sebuah balon .. ato mungkin itu adalah foto seseorang yg sedang terjun payung ?? tp apa mungkin ad org yg pngen terjun payung di saat cuaca seburuk itu ??

    its so complicated XD

    ReplyDelete
  75. kok saya perhatikan mirip payung mbak..

    ReplyDelete
  76. Kurang mnarik akh fotonya, nggak nyeremin !!!

    ReplyDelete
  77. menurut pengalaman saya di Karet,klau kantong plastik itu gak mungkin,soalnya saya sering melihat kantong plastik terbang terbawa angin yg kencang,tapi tingginya gak mungkin setinggi itu.

    ReplyDelete
  78. Ah!! ane ga2l PERTAMAX terusss!!! Sabar... -__-"

    ReplyDelete
  79. Saya pernah lihat yang seperti itu dan saya coba foto, dan persis seperti itulah hasil fotonya. Tau kah apa benda asing yang saya foto dari atas loteng apartemen lantai 21? Itu adalah plastik sampah warna hitam terbang-terbang di udara. Jakarta memang kotor.

    ReplyDelete
  80. saya juga pernah ngalamin hal yang sama. cuma bedanya saat itu malam hari.
    objek itu keliatan jelas bukan pesawat ataupun helikopter. karena kondisi listrik yg mati, benda itu seperti benda terbang bercahaya. saat itu jaraknya cukup jauh, namun masih dapat sangat jelas terlihat. Sangat menarik perhatian. Awalnya saya pikir itu kunang-kunang. tapi ia bergerak teratur sekali. dan mungkin tanpa disadari bahwa ia diamati, ia bergerak mendekat. Lalu saya putuskan bahwa pastilah itu pesawat. Tapi bukan. Jelas sekali bukan. Iseng, saya melambaikan tangan, tiba2 benda itu seolah bergerak mendekat, dan semakin mendekat.. lalu berhenti sejenak (seperti balik mengamati saya yang sedang duduk di teras rumah). Sekian menit, benda menghindar pergi pelan-pelan, begitu teratur, lalu melesat hilang di langit.
    sayangnya, tidak adanya sarana memadai untuk merekam moment langka dan aneh itu.
    saya tidak bisa memastikan benda apa itu sebenarnya.
    Benar-benar membingungkan... (mia.nurnaningsih@yahoo.com)

    ReplyDelete
  81. Clue pertama:Kalau menurut saya, piring terbang sudah berhasil dibuat oleh pihak rahasia di bumi ini.. Nth german, amerika, israel, rusia.. Dibawah naungan departement rahasia yg mungkin saja president negara tersebut juga tidak mengetahui aktivitasnya bahkan departementny itu.. Mereka mungkin memata-matai suatu negara, untuk memudahkannya aktivitasnya tnpa perlawanan, mreka membuat kisah ufo, jadi pihak yg melihat objek2 tersebut hanya bisa memotret dan berdiam tercengang..
    Padahal mereka sudah berhasil mendapat informasi rahasia dari suatu negara..
    Clue ke-2:
    Atau mungkin memang ada kehidupan rahasia diluar sana.. karena alam semesta ini begitu luas..
    Clue ke-3:
    Mungkin juga mreka itu jin.. Karena jin hidup pnjang, dan jin itu memiliki peradaban seperti bngsa manusia, tp mreka tidak boleh menampakkan dirinya ke manusia, dan jin2 yg nakal sengaja menampakan bentuknya untuk membuat teror dan merusak keyakinan manusia.. Bukankah penampakan mereka mengikuti imajinasi dari pikiran manusia? Karena bagi umat beragama kehidupan yg ada di kitab dan agama itu ada manusia, hewan, jin dan malaikat.. Bukankah kalau ada makhluk lain manusia akan berfikir terlalu jauh,dan akan merusak keyakinan kita akan tuhan?

    ReplyDelete