Thursday, November 4, 2010

Tanggal 26, angka 66 dan bencana nasional - Tidak ada misteri disini

Numerologi lagi. Banyak media, bukan hanya forum, milis, twitter, facebook atau infotainment, melainkan juga media-media utama di Indonesia, mengangkat berita mengenai tanggal 26, angka 66 dan bencana yang menimpa Indonesia. Benarkah bencana nasional sering terjadi pada tanggal 26? Mari kita telaah akurasi berita ini bersama-sama.


Sebenarnya saya sama sekali tidak berniat menulis topik ini. Namun karena saya mendapat banyak pertanyaan mengenainya dan melihat berita ini masih disinggung-singgung di televisi, maka saya memutuskan untuk menulisnya supaya kita mendapatkan gambaran yang lebih tepat mengenai tanggal 26, angka 66 dan bencana nasional.

Disebutkan di media-media (salah satunya adalah okezone. klik disini) kalau tanggal 26 memiliki arti penting karena bencana-bencana nasional umumnya terjadi pada tanggal tersebut. Bencana-bencana yang dijadikan contoh adalah:

Tsunami besar Aceh yang terjadi pada tanggal 26 Des 2004. Lalu gempa Yogyakarta yang terjadi pada tanggal 26 Mei 2006. Kemudian gempa Tasikmalaya yang terjadi pada tanggal 26 Juni 2010. Tsunami Mentawai yang terjadi pada tanggal 26 Oktober 2010. Dan bersamaan dengan tsunami Mentawai adalah meletusnya gunung Merapi pada tanggal 26 Oktober 2010.

Karena kesamaan ini, banyak orang yang menganggap tanggal 26 sebagai tanggal spesialis bencana dan memiliki arti mistis.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, benarkah tanggal itu memiliki arti penting dalam kaitannya dengan bencana nasional?

Jawabannya adalah: Tidak sama sekali.

Mari kita lihat bencana-bencana yang disebutkan di atas satu persatu.


Tsunami besar Aceh yang terjadi pada tahun 2004 memang benar terjadi pada tanggal 26 Desember. Peristiwa ini memakan korban lebih dari 200.000 orang dan tercatat sebagai salah satu bencana alam terbesar di dunia. Jadi, klaim mengenai ini akurat.

Nah, masalahnya adalah gempa Yogyakarta yang terjadi pada tahun 2006. Gempa ini sesungguhnya bukan terjadi pada tanggal 26 Mei, melainkan pada tanggal 27 Mei. Kalian bisa mengeceknya di halaman wikipedia berikut ini. Klik disini. Jadi, gempa Yogyakarta tidak bisa dikaitkan dengan tanggal 26.

Lalu, Gempa Tasikmalaya tahun 2010. Gempa ini memang terjadi pada tanggal 26 Juni. Namun masalahnya gempa ini tidak bisa disebut bencana alam karena gempa yang terjadi berkekuatan kecil dan tidak menimbulkan kerusakan apapun. Kalian bisa mengeceknya di link dari vivanews berikut ini. Klik disini. Karena itu, memasukkan gempa Tasikmalaya Juni 2010 sebagai daftar bencana alam tidak pas sama sekali.

Berikutnya adalah Tsunami Mentawai tahun 2010. Sekali lagi, tsunami Mentawai sesungguhnya bukan terjadi pada tanggal 26 Oktober 2010, melainkan tanggal 25 Oktober 2010. Kalian bisa mengeceknya di link kompas.com berikut ini. Klik disini. Dengan demikian tsunami Mentawai juga tidak memiliki kaitan dengan tanggal 26.

Lalu, bencana terakhir yang disinggung adalah meletusnya gunung Merapi pada Oktober 2010 kemarin. Mengenai hal ini, kaitannya dengan tanggal 26 pun bisa diperdebatkan. Soalnya gunung Merapi sesungguhnya telah meletus dan mengeluarkan lava pada tanggal 25 Oktober, bukan 26 Oktober. Salah satu situs berita yang memuat kisah ini adalah Jakartapost.com pada tanggal 25 Oktober 2010.

The Jakarta Post, Jakarta | Mon, 10/25/2010 4:44 PM
"Mount Merapi erupted several times on Monday afternoon, spewing lava down its southern and southeastern slopes. Three major eruptions were recorded at 2:04 p.m., 2:24 p.m. and 3:15 p.m, according to reports from Merapi monitors and as reported by kompas.com."
Jadi, pada tanggal 25 Oktober itu, Merapi telah memuntahkan lava sebanyak 3 kali, yaitu pada pukul 14:04, 14:24 dan 15:15. Letusan tanggal 26 Oktober adalah letusan yang lebih diingat karena memakan korban jiwa akibat adanya wedus gembel.

Kesimpulannya adalah, dari 5 bencana yang disebut berkaitan dengan tanggal 26, hanya 4 peristiwa yang bisa disebut sebagai bencana. Dan dari 4 itu, yang terjadi pada tanggal 26 hanya 1 peristiwa, yaitu tsunami Aceh.

Jadi, mengkaitkan bencana-bencana tersebut dengan tanggal 26 sama sekali tidak beralasan.

Lagipula, kita selalu bisa bertanya dengan kritis kepada pembuat berita ini. Mengapa bencana alam besar lainnya seperti gempa Padang, tsunami Pangandaran dan banjir Wasior tidak dimasukkan? Padahal korban jiwa akibat bencana-bencana tersebut juga sangat banyak.

Tentu saja karena bencana-bencana tersebut tidak terjadi pada tanggal 26.

Gempa Padang terjadi pada tanggal 30 September 2009. Tsunami Pangandaran terjadi tanggal 17 Juli 2006 dan banjir Wasior terjadi pada tanggal 04 Oktober 2010. Lagipula, jika letusan Merapi bulan Oktober 2010 disinggung, mengapa letusan Merapi tahun 1994 dan 2006 tidak disinggung?

Mungkin karena pada tahun 1994, Merapi meletus tanggal 22 November (27 korban jiwa) dan pada tahun 2006, Merapi meletus tanggal 19 April.

Jadi, sekali lagi, bencana nasional di Indonesia tidak hanya terjadi pada tanggal 26. Dengan kata lain, ini adalah contoh kehebohan yang didasarkan pada data yang tidak akurat.

Lalu, saya menemukan sebuah daftar yang menarik dari sebuah media. Untuk memperkuat argumen mengenai kaitan antara tanggal 26 dengan bencana besar, media tersebut memberikan daftar 34 gempa bumi, 2 tsunami dan 1 gunung meletus yang terjadi pada tanggal 26. Kali ini bencana yang didaftar adalah bencana-bencana yang terjadi di seluruh dunia antara tahun 1531 hingga sekarang.

Berikut daftar bencana-bencana tersebut (saya harus menampilkan daftar ini agar kalian bisa memahami maksud saya):
  1. 26 Jan 1531 gempa bumi di Lisbon, Portugal, 30.000 orang tewas
  2. 26 Jan 1700 gempa di Laut Pasifik, dari Vancouver Island, Southwest Canada off British Columbia hingga Northern California, Pacific Northwest, USA. Dikenal sebagai megathrust earthquake.
  3. 26 Jul 1805 gempa bumi di Naples, Calabria, Italy, 26.000 orang tewas
  4. 26 Agt 1883 Gunung Krakatau meletus, 36.000 orang diperkirakan tewas
  5. 26 Des 1861 gempa bumi di Egion, Yunani
  6. 26 Mar 1872 gempa bumi di Owens Valley, USA
  7. 26 Agt 1896 gempa bumi di Skeid, Land, Islandia
  8. 26 Nop 1902 gempa bumi di Bohemia, sekarang Czech Republic
  9. 26 Nop 1930 gempa bumi di Izu
  10. 26 Sep 1932 gempa bumi di Ierissos, Yunani
  11. 26 Des 1932 gempa bumi di Kansu, Cina, 70.000 orang tewas
  12. 26 Okt 1935 gempa bumi di Colombia
  13. 26 Des 1939 gempa bumi di Erzincan, Turki, 41.000 orang tewas
  14. 26 Nov 1943 gempa di Tosya Ladik, Turki
  15. 26 Des 1949 gempa bumi di Imaichi, Jepang
  16. 26 Mei 1957 gempa di Bolu Abant, Turki
  17. 26 Mar 1963, gempa bumi di Wakasa Bay, Jepang
  18. 26 Jul 1963 gempa bumi di Skopje, Yugoslavia, 1.000 orang tewas
  19. 26 Mei 1964 gempa bumi di S. Sandwich Island
  20. 26 Jul 1967 gempa bumi di Pulumur, Turki
  21. 26 Sep 1970 gempa bumi di Bahia Solano, Colombia
  22. 26 Jul 1971 gempa bumi di Solomon Island
  23. 26 Apr 1972 gempa bumi di Ezine, Turki
  24. 26 Mei 1975 gempa bumi di N. Atlantic
  25. 26 Mar 1977 gempa bumi di Palu, Turki
  26. 26 Des 1979 gempa bumi di Carlisle, Inggris
  27. 26 Apr 1981 gempa bumi di Westmorland, USA
  28. 26 Mei 1983 gempa bumi di Nihonkai, Chubu, Jepang
  29. 26 Jan 1985 gempa bumi di Mendoza, Argentina
  30. 26 Jan 1986 gempa bumi di Tres Pinos, USA
  31. 26 Apr 1992 gempa bumi di Cape Mendocino, California, USA
  32. 26 Okt 1997 gempa bumi di Italia
  33. 26 Des 2004 Tsunami Aceh
  34. 26 Mei 2006 Gempa Jogja
  35. 26 Juni 2010 Gempa Tasik
  36. 26 Okt 2010 Tsunami Mentawai
  37. 26 Okt 2010 Merapi meletus.
Apabila kita hanya membaca sekilas, kita akan segera takjub melihat betapa banyaknya bencana (gempa bumi) yang terjadi pada tanggal 26. Tetapi masalahnya adalah, daftar ini sangat misleading karena telah ditarik keluar dari konteks. Ini adalah contoh bagaimana sebuah "kesan" bisa muncul karena tidak mendapatkan gambaran besarnya. Seharusnya daftar ini dibandingkan dengan daftar seluruh gempa bumi yang terjadi antara tahun 1500 hingga sekarang. Dengan demikian gambaran yang sesungguhnya baru bisa terlihat dengan jelas.

Saya akan memberikan gambaran itu untuk kalian.


Namun, kita hanya akan melihat gambaran bencana yang terjadi pada abad 20 dan 21. Jadi, kita akan menghilangkan bencana no.1 sampai no.7 karena bencana-bencana tersebut terjadi sebelum tahun 1900. Lalu, saya akan membuang bencana no.33 hingga no.37 (yang terjadi di Indonesia) karena sudah saya bahas di atas. Lagipula, kita memang harus mengeluarkan bencana gunung meletus dan tsunami karena daftar itu seluruhnya berisi bencana gempa bumi.

Sekarang kita memiliki daftar 25 bencana gempa bumi dunia yang terjadi pada tanggal 26 antara tahun 1900 hingga sekarang.

Apakah jumlah ini cukup banyak sehingga kita bisa menganggap tanggal 26 memiliki arti mistis?

Tentu saja tidak. Saya akan tunjukkan dengan statistik.

Di wikipedia, ada satu halaman khusus yang mendaftar gempa-gempa bumi yang terjadi antara tahun 1900 hingga sekarang. Kalian bisa melihat daftar itu dengan mengklik disini. Dalam daftar ini terdapat 1.316 gempa yang terjadi di seluruh dunia (Bukankah luar biasa ada orang yang sedemikian rajinnya membuat daftar ini?).

Lalu, saya menghitung jumlah gempa berdasarkan tanggal terjadinya. Ternyata dari 1.316 gempa bumi tersebut, yang terjadi pada tanggal 26 hanya muncul sebanyak 50 kali (lebih banyak dari 25 gempa di daftar atas). Namun, jumlah ini hanya 3,8% dari keseluruhan daftar tersebut.

1.316 gempa itu ternyata terbagi hampir merata pada semua tanggal.

Tanggal terbanyak terjadinya gempa adalah tanggal 14 (57 kali - 4,33%). Lalu yang kedua adalah tanggal 25 (55 kali - 4,18%) dan disusul dengan tanggal 22 (54 kali - 4,10%).

Tanggal yang paling sedikit terjadi gempa adalah tanggal 31, yaitu hanya terjadi sebanyak 26 kali atau 1,98%. Ini wajar karena tanggal 31 hanya muncul 7 kali dalam 1 tahun.

Tanggal 26 menempati urutan ke 4 bersama-sama dengan tanggal 21 dan tanggal 13.

Saya mengkonversi data ini ke dalam sebuah chart untuk mempermudah melihat persentase tiap tanggal.

Hasilnya: sebuah roda yang sangat cantik.


Susunan warna pada roda tersebut menunjukkan kalau tidak ada tanggal yang mendominasi bencana. Semua mendapat jatahnya masing-masing.

Nah, sekarang, masihkah percaya kalau tanggal 26 adalah tanggal spesialis bencana?


Sekarang, secara singkat mengenai angka 66.

Orang-orang mulai menghubungkan angka 66 karena menghitung jarak antara gempa Yogyakarta tanggal 21 Agustus 2010 hingga meletusnya Merapi tanggal 26 Oktober 2010, yang jika dijumlahkan memiliki selang waktu 66 hari. Inipun bisa diperdebatkan karena jika kita berpatokan pada awal meletusnya Merapi, yaitu tanggal 25, maka selang harinya menjadi 65 bukan 66.

Kalau kita menghitung dari tanggal Merapi meminta korban jiwa, maka memang ada selang 66 hari.

Lalu, yang spektakuler adalah, angka 66 kemudian dihubungkan dengan nama Mbah Marijan, sang juru kunci gunung Merapi, yaitu dengan menghitung urutan abjad namanya dan menjumlahkannya.

M = 13, A = 1, R = 18, I = 9, J = 10, A = 1, N = 14

Jika dijumlah, kita mendapatkan total angka = 66.

Hitungan ini benar. Namun masalahnya satu. Penulisan nama mbah Marijan yang benar adalah MARIDJAN, bukan MARIJAN. Ejaan nama "Maridjan" ini bisa kalian lihat pada papan nama di rumahnya.


Jika menggunakan nama "Maridjan", maka kita mendapatkan angka 70.

Maka rusaklah hubungannya dengan angka 66.

Numerologi memang menarik. Dalam banyak kebudayaan, seperti kebudayaan Cina misalnya, numerologi memegang peranan cukup penting. Tulisan kali ini tidak dimaksudkan untuk menentang kepercayaan masyarakat tertentu. Saya hanya berusaha menilai sebuah berita dengan lebih objektif. Terima kasih.


Notes: Kalian bisa mengecek daftar gempa bumi besar di Indonesia dari situs earthquake.usgs.gov berikut ini. Dan kalian bisa melihat kalau tanggal 26 tidak mendominasi bencana-bencana tersebut.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

217 comments:

  1. oke..oke..
    artikel baru...
    pertamaxkah...??

    by. Dzaky

    ReplyDelete
  2. My Mind 0701 :

    hore...
    pertamaxx....

    ReplyDelete
  3. HI BANG ENIGMA, WAH AKHIRNYA BISA JADI POSISI 10 BESAR.....SIP....MAJU TERUS BUAT BANG ENIGMA YAH

    ReplyDelete
  4. anaktataumalu:
    yeeeeeeeeee....kedua kah???
    akhirnya...baca dulu ah..

    ReplyDelete
  5. Tetapi, bukankah kita belum tentu bisa mengatakan bahwa suatu angka berhubungan dengan suatu peristiwa dan yang lainnya?

    Yovi

    ReplyDelete
  6. 10 besar!!!
    wkakakakakakaka...

    arga

    ReplyDelete
  7. Baru 15 menit koment udh numpuk

    ReplyDelete
  8. masuk 10 besar !!!!

    KMR DCD

    ReplyDelete
  9. dasar..sneng bgt y orang cocok2in sesuatu.waktu ibu ribut soal tggl 26 ini jg saya mah ktawa2 aja.hehe

    ReplyDelete
  10. Ada juga yg menghubungkan dengan bulan purnama dan titik balik bulan. Gimana pendapat bung E?
    Sering/selalu baca tp baru coment

    ReplyDelete
  11. @Oman: saya tidak melihat ada kaitan antara bulan dengan bencana. Mungkin itu kaitan dari segi spiritual.

    ReplyDelete
  12. Wow! Ada pencerahan..bisa membungkam mulut mereka yang berlebih-lebihan dalam penggunaan tanggal..hahaha

    ReplyDelete
  13. betul sekali, Gempa Yogya terjadi pada tanggal 27 Mei 2006, bertepatan pada hari ulang tahun saya yang ke 21, jadi saya tidak akan pernah lupa :)

    ReplyDelete
  14. wow ... roda yang sangat cantik .. haha ..
    bagus broo postingannya .. :)
    tp bukannya maridjan dgn marijan itu sama ?
    "dj" kn ejaan lama dari huruf "J" =.=a

    saya tggu postingan selanjutnya broo .. :)
    GBU

    ReplyDelete
  15. Wow..... tulisan anda emang paling kereenn...

    Keep posting bro!!

    ReplyDelete
  16. Nice.. Mr. E,
    aku jg sempat gerah orang2 sekitar kantor, membahas hal ini, padahal ada bbrpa kejadian yg gak terjadi pd tgl 26. dan yg mengesalkan adalah sampai di hubung2kan dgn kitab suci agama segala.

    ReplyDelete
  17. G kredibel gpp yg penting beritanya laku wkwkwk..mungkin bgtu ya cara mikirnya yg bwt brta.

    ReplyDelete
  18. (Bukankah luar biasa ada orang yang sedemikian rajinnya membuat daftar ini?)

    luar biasa lg anda membuat chart dengan warna2 cantik itu.. ahahaha!
    dan tak henti2nya menulis artikel2.. ;D

    ReplyDelete
  19. @Anonymous no.17: Memang betul. Tetapi karena secara resmi menggunakan DJ, maka menurut saya, seharusnya menghitungnya juga dengan menyertakan kedua huruf itu.

    ReplyDelete
  20. thanks broo atas penjelasannya .. :)
    haha .. saya punya nickname baru ..

    Anonymous no.17 .. XD
    d tggu postingan selanjutnya broo ..

    ReplyDelete
  21. Perfecto..
    rajin amat bro.. ampe bikin prosentase.. :)

    loet

    ReplyDelete
  22. smua hanya kebetulan saja. yang pasti hanya yang maha kuasa yang mengetahui semua kejadian di alam semesta ini..

    uncle me...

    ReplyDelete
  23. Hahahhh.. emang Mas, kayak gini itu masalah psikologi manusia. Manusia itu cenderung mencari fakta yang mendukung hipotesanya dan mengabaikan fakta yang lain.

    Mirip kayak sindrom peramal.
    Peramal/fortune teller misalnya menjabarkan 10 point secara umum, lalu kita merasa ada 3 point yang pas dengan keadaan kita maka kita menganggap peramal tersebut hebat..
    Padahal 7 point yang lain dikemanakan?
    hahahh... emang dunia ini kan butuh sensasi dan hiburan buat jadi bahan obrolan kalau sambil ngopi kali..

    ReplyDelete
  24. antony said :
    memang infotainment itu kurang kerjaan..angka gak ada artine kok dibesar besarkan...wkwkwk..lain kali suruh aja ngebahas nomor togel bang..lumayan kalo tembus

    ReplyDelete
  25. mantap bang!!

    accank

    ReplyDelete
  26. wow.. analisa yang bagus..

    :D

    *_*
    Saya sudah sering baca blog anda..
    tapi belum pernah komentar <-- Komentar perdana.. ^^

    ReplyDelete
  27. bang E ikut-ikutan media pakai kata-kata wedus gembel juga.... :D

    ReplyDelete
  28. Memang seperti itulah media massa Indonesia mas, saya juga sudah jenuh mendengar numerologi, lagi-lagi membahas itu.

    Mercy 041110

    ReplyDelete
  29. betul... manusia memang kadang suka berlebihan. Membuat berita yg kadang belum tentu kebenarannya. Hanya membodohi masyarakat aja...
    Nice posting ^^

    ReplyDelete
  30. werlington
    luar biasa analisa boz enigma ini !!!
    wah aneh sekali kalo tanggal 26 adalah jadwalnya bencana,kaya sekolah aja ada jadwalnya...hahahahahaha
    bencana alam itu tidak bisa diprediksi,itu adalah rahasia tuhan.

    ReplyDelete
  31. penulis sepertinya orang atheis coz seala sesuatu selalu disesuaikan dengan realita&sain sedangkan dari segi spiritual nya dikesampingkan.brrti anda tdk objektif.............

    ReplyDelete
  32. Thanks ya Mr. E

    semoga mereka2 gak cuma hobi nyocok2in tanggal tapi juga hobi membantu sesama yang lagi kesusahan karena tertimpa bencana....

    @D-dheque

    ReplyDelete
  33. @anonymous no.37: Jika kamu membaca tulisan di atas, menurut kamu mana yg saya tolak, keberadaan Tuhan atau argumen yg didasarkan pada data yg tdk akurat?

    ReplyDelete
  34. atm_taufiq

    mungkin kalau ttg angka 26 itu cuma permainan media aja. Secara gitu, biar rating naik n jd berita yg komersil, tp data2nya dimanipulasi.

    btw, klo hubungan dg angka 66 itu hanya pd nama Marijan saja kan. Lg pula 66 itu beda arti dg 666 kan.

    ada2 saja media... ckckck...

    ReplyDelete
  35. ini salah satu blog misteri berkualitas yang paling sering saya kunjungi. mudah2an pikiran orang Indonesia lebih bisa waras & logis dalam menilai segala sesuatu.

    ReplyDelete
  36. @Anonymous 37 : jangan seenaknya ngatain orang kyk gitu Bro, lagi juga saya ngikutin hampir semua tulisan Bro E ini dan kalo menurut saya tulisan2nya objektif kq, Bro E ini menurut saya nulis apa adanya berdasarkan sumber2 yang jelas n kredibel.

    mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. ;)

    ReplyDelete
  37. yah bang enigma kan tau sendiri media2 di indonesia lebay2 smua..
    yg prasasti2 dari kerajaan sriwijaya ajha yg baru di temuin di kait2in sama bencana2 di indonesia

    gmn gk ngawur tuh???

    gmn orang2 di indonesai gk tambah bodoh??

    di bego2in sama medianya sendiri....

    ReplyDelete
  38. hahaha.. Keren gan!

    ReplyDelete
  39. Analisa yang cukup menarik mas, seringkali media massa malah membuat rumor yang gak jelas di masyarakat sehingga bukannya mencerdaskan masyarakat yang terjadi malah mencemaskan masyarakat.

    ReplyDelete
  40. Wah berarti seperti yang saya duga sebelumnya...
    14 februari : meletusnya gunung kasih sayang
    14 April : 13 hari setelah april mop
    14 Juni : Ulang tahun ibu saya
    14 November : 10 hari lagi...
    jadi yang keramat itu tanggal 14... sial
    ditambah...
    14 = 1 + 4 = 5
    5 = A
    A adalah bobot sempurna pada perkuliahan...
    wakakakakaakakakakaaka
    maaf bro Enigma, saya nge-junk

    ReplyDelete
  41. Indonesia banget bang E , kan selalu dihubung hubungkan sama hal mistis ... hahhahhahaha

    ReplyDelete
  42. Wkwkwkwkw...
    Kayaknya wartawan & wartawati di Indonesia mesti belajar sama bung E nih...
    Nice post, bung.

    Doegalz.

    ReplyDelete
  43. @ Anonymous 37: Kayaknya anda tidak bisa memahami tulisan dari bung E. Menurut saya, justru dengan sains dan realita kita dapat lebih merasakan kekuasaan Tuhan.

    Doegalz.

    ReplyDelete
  44. sngt mnrik.n pnltian yg sgt msk akal dbndg dgn prkiraan media yg tdk jlas.
    Nmun appn yg trjd n kpnpn i2 smw sdh dgriskn TUHAN.hanya bgmn cra qt mnggpix.
    Thx.Gbu

    ReplyDelete
  45. Marchel.

    Memang aneh media di Indonesia. Belum dicek kebenarannya lgsg diberitakan.

    Sebenarnya menurut saya, artikel ini garing. Sori bro...

    Tapi it's ok, lebih baik membetulkan sesuatu yang salah dari pada membiarkannya terjadi terus.

    Saya tunggu posting selanjutnya ya..

    ReplyDelete
  46. Niceee.. pencerahan buat rumor2 ga jelas di masyarakat

    ReplyDelete
  47. abang kok pinter banget sih??
    :3
    tambah kagum deh..
    cup cup mwah mwah..

    ReplyDelete
  48. "(Bukankah luar biasa ada orang yang sedemikian rajinnya membuat daftar ini?)" hahaha bang enigma juga rajin banget mengulas ini satu per satu dan dicari sumber beritanya..

    beberapa waktu lalu sekilas saya sempat menonton acara gosip yang mengangkat topik ini.. saya selalu penasaran kalau mereka mengangkat topik ini mereka melakukan riset tidak ya atas kebenaran klaim itu? ternyata tidak.. dan bisa-bisanya produk infotainment minta diakui sebagai produk jurnalistik.. =p

    tapi sekali lagi saya rasa yang patut diacungi jempol adalah bang e. karena kritisnya selalu diaktualisasikan dalam tulisan nyata..

    ReplyDelete
  49. Seringkali orang suka lebay

    ReplyDelete
  50. biasa bangsa kita masih agak primitif. percaya aja beginian

    ReplyDelete
  51. Berbahagialah orang-orang yg dikaruniai kepandaian dan berpikir.

    Karena dengan begitu kita akan selalu berusaha mencari kebenaran yg sebenar-benarnya dan gak mudah dibohongi dan dibodohi.

    Tidak seperti orang yg selalu menerima mentah-mentah dan selalu terbawa arus media kesana-kemari tanpa arah dan tujuan.

    Salut sama semua yg penulis ama yg kasih komentar, rata-rata sebagian besar orang-orang yg kritis.

    ReplyDelete
  52. Setuju!! Tidak ada yang tahu kapan kita akan dipanggil, hanya Tuhan semata!!

    Nice Posting...

    ReplyDelete
  53. @ anonymous 37: komennya lucu..dimana korelasinya ateis dan analisa...??

    ReplyDelete
  54. @anonymous no 37
    tau arti objective kan??
    not influenced by personal feelings, interpretations, or prejudice; based on facts; unbiased: an objective opinion.

    ReplyDelete
  55. Va..
    @ anonymous 31 : hey, aq jg mikirnya sama lho... Hihihi..
    @anonymous no 37 : justru org yg menganggap dirinya religius tp gak mw belajar itu yg disebut p.i.c.i.k.. Hati2 lho..
    @mr. E : blm liat beritanya di tv, tp bc artikel ini buat aq jd gemes dgn pola pikir masyarakat qta yg celakanya dipelihara jg sm media!!! - maaf ya da marah-marah ^~^

    ReplyDelete
  56. bencana gempa di yogya memang tanggal 27 Mei kok. Hanya orang2 banyak yang salah menyebutnya sebagai tgl 26. padahal gempanya sendiri terjadi tgl 27 jam 05.30. utk Merapi sudah erupsi sejak 25 oktober. Namun letusan dahsyatnya baru tgl 4 dan 5 Nov.

    ReplyDelete
  57. dan akhirnya... postingan yang banyak warnanya kak! gimana soal siluet petruk yang dibentuk dari awan? belom dibahas tuh kayaknya!!! makasi...

    ReplyDelete
  58. Ah, media kan suka cari sensasi bang Enigma...
    tapi bagi orang2 kritis kaya bang Enigma, emang itu bisa dibantah dengan mudah
    like this deh hehehe

    ReplyDelete
  59. kalau masalah foto awan mirip mbah petruk gimana mas? kayaknya hoax juga?

    Mas Enigma, kalau saya ngirim komen ke tulisan2 lama apakah tetap dilihat(dan dijawab) oleh mas?

    ReplyDelete
  60. @anonymous 65: tentu saja saya baca dan jawab. :)

    ReplyDelete
  61. wow, very good brother.. hehehehe.. kali ini saya kembail merasakan emosi anda di tulisan ini.. :D

    yups, saya baru mau membahasnya di blog saya tp uda keduluan..
    (*saya menduga, bro pasti bakalan bilang "gpp, tulis aja, karena setiap orang pasti menulis dengan cara dan gayanya sendiri yg pasti berbeda") hehehe..

    well, memang infotainment lebay bgt kl ada hal2 yg berbau "kebetulan".. trus kemudian lalu dan lantas dikait2kan, dipaksa2kan, kl lewat sehari-dua hari dianggap "it's okay" yg penting rimanya pas dan komersil! saya sudah bisa membayangkan headline di tabloid2 gosip: "MISTERI TGL 26 DAN BENCANA YANG MELANDA"
    oh cmoon.. -_-"
    dan yang sangat membuat saya jengah adalah overrated reaction dari masyarakat yg tidak mau berpikir dulu dari segala sisi, menelan bulat2 dan kemudian menyebarkannya via mouth to mouth tentu..
    "eh tau ngga jeung, misteri tgl 26 kata infotainment ini.."
    that kind of thing is like a very contagious virus..
    saya paham, tidak semua orang bisa menganalisa dengan tajam (ini komentar orang ketika saya bilang dicek dulu kebenarannya)..
    saya pikir tidak perlu dianalisa dengan tajam, cukup cek saja.. benarkah bencana2 yg disebutkan sesuai tgl kejadiannya? itu aja sebenarnya..

    euh, kok jadi curhat? dan sebagian calon isi blog saya jadi pindah ke sini.. ^^;

    btw, saya sungguh berharap narasumber infotainment itu rajin membuka blog enigma, biar dapet pencerahan..
    (*tp kl infotainment itu dapet pencerahan, gada lagi yg bisa saya cerca abis2an, wakakakaka..*)

    ReplyDelete
  62. Syok bgt liat mr e buat chart yg warna warni itu... Kkkk. Hebat bgt. Salut.
    Selalu ya, ga prnh setengah2, ^^
    @anonymous37 kuk, kyknya justru anda yg ga objektif. Fakta mana yg menunjukkan mr e. Terlihat atheis?? Mr e. Menyanggah paham numerologi yg berkembang di msyrkt, bkn membantah tentang tuhan.
    Hoshihime

    ReplyDelete
  63. terima kasih mr. E.Postingannya keren banget. Jd lebih tenang ada yang mau ngebahas bencana ini dengan pikiran yang sebaik mr.E, jurnalis kt udah ga mendasar lg kalo mau cari bahan pemberitaan... Ditunggu postingan lain yang ga kalah keren nih..

    ReplyDelete
  64. Bagus juga artikelnya, komentar juga dong di blog saya : http://tipshot.blogspot.com

    ReplyDelete
  65. Saya kebayang riset seblm menulis artikel ini...luar biasa bang.. anda bukan hanya asal tulis, tapi bener2 mengupasnya.... luar biasa

    ReplyDelete
  66. angka 26 itu ayat yg di al quran... saya lupa surat apa, tpi di ayat tersebut di sebutkan tentang bencana... :o

    ReplyDelete
  67. Tumben judul artikelnya langsung dikasih kesimpulan.
    "Tanggal 26, angka 66 dan bencana nasional - Tidak ada misteri disini"

    Langsung dikasih statement :
    -Tidak ada misteri di sini.

    Biasanya judulnya kan kalimat tanda tanya, seperti :
    "Benarkah tanggal 26 & angka 66 berhubungan dengan bencana nasional ?"

    Btw yang tidak berubah adalah ulasannya..
    Selalu dikupas secara kritis, disertai fakta2, dan gaya penulisan khas enigma..

    Well done Brother... :)

    ReplyDelete
  68. dari Tresna Asti

    @Anonymous no 37: hmm, segi spiritual itu maksudnya apa ya?? contohin donk!

    Hal-hal mistik ya? hmm.. Kalau kita percaya yang mistik malah kayaknya kita jadi mengesampikngkan Tuhan. Percaya akan realita seperti ini dan tidak menebak-nebak kekuasaan Tuhan untuk menentukan tanggal bencana malah kelihatan lebih spiritualis daripada sok tahu akan tanggal terjadinya bencana.. O_o

    berat nyari data seperti ini ya Kak.. Tapi, ada satu pertanyaan yang mengelitik saya.. itu bencana seluruh dunia kan Kak? yang jadinya roda cantik itu.. Tapi satu kalimat yang saya ingat di awal artikel ini..

    "Benarkah bencana nasional sering terjadi pada tanggal 26?"

    bencana nasional Kak Enigma.. bagaimana dengan tanggal 26 dan bencana nasional??
    >o<V
    saya iseng aja nanyak ini Kak. bukan berarti saya salah satu orang yang percaya tanggal tertentu punya tugas tertentu..
    CMIIW

    ReplyDelete
  69. Luar biasa......sy salut dg anda mr E.
    Anda benar2 mmbuktikan komitmen anda dg mengulas suatu masalh dg riset dan bukti2 yg cukup.

    Memang sebuah berita yg berpotensi "kontroversi" harus mmpunyai bukti dan dasar yg cukup sblum dpublikasikan.krena kalau berita itu "terpatahkan", maka bisa mnjadi "senjata makan tuan".

    Saya puya usul...anda tdk perlu (selalu) mencari berita yang mengandung unsur "misteri"....memang misteri selalu menarik (karena mngundang rasa penasaran).
    Tapi sesekali bisa dselipkan postingan (bukan misteri) yg berkualitas mengenai suatu keadaan/berita/peristiwa dengan riset dan bukti2 khas mr E.....itu jg sdh mmbuat kita (para pembaca) puas dan senang.
    dg catatan : jeda postingan tdk trlalu lama.

    Ok. good job.......terus berkarya

    ReplyDelete
  70. dari Tresna Asti

    oh ya satu lagi! judul yang BERANI kak!!
    saluuuttteeee...

    ReplyDelete
  71. Saya gak pernah percaya yg kayak beginian.
    Nice job bro E.

    ReplyDelete
  72. cari berita aja tuh..biar lebih heboh dan traficknya meloncak...

    ReplyDelete
  73. @tresna: bencana nasional pun tdk didominasi dgn tggl 26, seperti yg sy contohkan dgn wasior, tsunami pangandaran dan gempa padang.

    ReplyDelete
  74. haha...
    terkadang manusia itu selalu menghubung2kan hal yg nyata dgn hal yg mistis, mreka seharusnya sadar dgn adanya bencana tersebut, bkn malah membuat sebuah crita yg baru.
    postingan abang Enigma kali ini bnr2 bikin aku salut, postingan ini bisa membuka mata "mreka"

    seharusnya semua masyarakat membaca postingan ini!
    BRAVO BANG!

    ReplyDelete
  75. 90 besarrr!!! horeee!!!

    IVAN

    ReplyDelete
  76. aku sukaaaa sama post ini :D \m/

    ReplyDelete
  77. zaman gini masih percaya ama khurafat,,cape deeehh...

    ReplyDelete
  78. yap, saya juga tidak setuju..
    sebagai yang mengalami langsung kejadian gempa 27 Mei dan letusan merapi sekarang, tanggal-tanggal itu tidak benar..
    ngomong ngomong mohon doanya ya semua buat warga Jogja di sini..

    ReplyDelete
  79. sebanarnya yg membuat penasaran saya bukan masalah numerologi, tetapi ada apa dengan perut bumi dibawah indonesia, kenapa bencana yg berkaitan dengan bumi hampir sering terjadi bersamaan seperti lumpur lapindo, tsunami dan gunung meletus. Apa jangan-jangan kiamat udah dekat. Siapa tau intensitas bencana semakin meningkat tahun demi tahun.

    Tapi yg paling diuntungkan dari bencana ini adalah media dan pemerintah. Media dapat berita menarik dan pemerintah bisa mengalihkan perhatian masyarakat dari kasus2 besar di RI. Saya aja sampe susah mengingat kasus apa aja yg udah kelewatan. Yg aku inget kasus Susno, trus Gayus dll, kalian masih pada inget ga?

    ReplyDelete
  80. dari Tresna Asti

    walopun dilihat dari 100 tahun? hmm.. memang sih... tidak ada yang istimewa.. yang istimewaitu, letusan Merapi yang makin lama makin mengganas.. O_o

    ReplyDelete
  81. Itulah susahnya jd orang Indo,ane sendiri jg indo. Apa2 dikaitkan dengan gaib dan supra sebelum liat fakta² terlebih dahulu. Seharusnya supra dan realita harus berjalan seimbang. @anonymous no.37, jangan langsung men judge orang ... liat dulu faktanya.

    ReplyDelete
  82. Myhead 5012 said :

    haha...

    hhahahaha sangat benar, dan bahkan terlalu benar brother E... Semuanya itu terlalu memaksa sekali untuk menciptakan kehebohan dan kemudian dikait-kaitkan dengan sesuatu hal.. haha

    haha...

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  83. hmm..saya sangat setuju dengan analisanya. di awal saya baca berita itu juga sudah terlihat banyak data yg tidak valid dan dipaksakan.
    terima kasih, analisa anda membuat tenang warga yg sebelumnya terlalu mengkhawatirkan tanggal 26

    ReplyDelete
  84. Bang enigma akhirnya saya bisa komen setelah log in ke blogger hehehe
    oh iya....di blog saya yang ini saya udah sertakan link download untuk percobaan sekaligus tutorialnya :)

    ReplyDelete
  85. @Aditya: ok bro. nanti akan saya cek linknya. Thanks ya.

    ReplyDelete
  86. Bg Enigma, sy setuju bgt bhw tdk ada kaitannya angka 26 dengan "sial". org srg seenaknya aja...
    trus klo ntr ada pemimpin yg kelahiran tgl 26, gmna dunkzzz...
    Btw, tulisannya kaliini ini keren, pake analisa statistik jg. :)

    ReplyDelete
  87. Maaf OOT, bang enigma tlng dilihat link dibawah ini lebay gak sih
    http://id.wikipedia.org/wiki/Keajaiban_statistik_Presiden_Amerika_Serikat
    trims

    ReplyDelete
  88. yaelah.. ini ko' jd ada yg komen n saling serang ya.. ah, dmn niy bang e, katanya blog nya aman dr sara, tp ga di amankan komen2 yg kya gitu.. tuh lagi ada yg bilang2 picik... yah, makin ga ramah aje nih jd nya...

    ReplyDelete
  89. Om agak garing ya topik dan pembahasannya. mungkin om e bisa minta in put dari para pembaca. maap ya om, cuma mau kasih pandangan dan saran doang kok. piss

    ReplyDelete
  90. Sungguh analisa yang luar biasa Bung Enigma. Saya juga sempat berpikir artikel-artikel yang mengaitkan bencana dengan suatu tanggal bisa menimbulkan kesan akurat, melihat betapa banyak daftar bencana yang terjadi pada tanggal tsb. Tetapi curangnya, kita hanya disajikan even-even yang terjadi pada tanggal itu saja, tanpa ada pembanding keseluruhan. Sekali lagi, salut sama Bung Enigma.
    Kudos!

    ReplyDelete
  91. salut....keren bgtz.....

    ReplyDelete
  92. hhhhmmmm....saya iri banged dengan blog ini...lengkap dengan analisis juga,,,apa sich rahasianya??? hiks..hiks...saya juga pasti bisa.

    ReplyDelete
  93. saya sedang membaca tulisan orang yang cerdas dan rajin,,hehe,.

    ReplyDelete
  94. wow..artikelx superb! like this :)

    ReplyDelete
  95. @anakkucing: Karena cuma sebagian isi blog kamu yang pindah kesini, sebaiknya kamu tetap menulis soal ini. Soalnya saya jadi pengen baca yang sebagian laginya itu. :)

    ReplyDelete
  96. kekny bkln kluar pelem bencana yg jdlny '26' jd ini smcm viral marketing hehe

    ReplyDelete
  97. @Botang: lebay sih tidak. tahun2nya juga benar. Cuma tergantung cara memaknainya saja sebenarnya.

    ReplyDelete
  98. SEMOGA ADA GENERASI PENERUS SEPERTI ANDA.

    ReplyDelete
  99. oryza sativa said...

    senpai enigma, emg bner ya jakarta maw tenggelam???
    gra2 apaan nih....lumpur lapindo ato karena air tanah yg smakin mnyusut y......
    jakarta kenyakan pembangunan sih...
    medan mau ikut2an pula tu lagi...
    keknya yg aman cuma kalimantan...
    jadi mari kita bertransmigrasi kesana....
    maaf keluar jalur...

    ReplyDelete
  100. wah, info baru nih... tapi kalo di liat2 sepertinya tepat yah

    ReplyDelete
  101. Bro E, tulis hal2 yg bisa dianalisis dong oleh pembaca. Kalau yg kayak gini nih kurang seru. Saya tau sih kalau ini cuma berbagi info dan klarifikasi aja. Tapi tolong yg lebih menarik lagi buat di analisis bersama, lebih sering di angkat.

    Cuma saran aja.

    ReplyDelete
  102. Aditya KrispurwandaNovember 6, 2010 at 2:41 PM

    hmm.,.ya penjelasan anda lumayan nalar Bang Enigma :-)

    ReplyDelete
  103. sy jdi heran nih, sbenarnya identitas sesungguhny dri bung enigma ini siapa cii??? buat postingan baru bro yang judulnya "misteri bung enigma" dsitu diulas siapa sbenarnya bung enigma itu :) nice posting bro..

    ReplyDelete
  104. artikel bagus, biar masarakat pada ngga tersesat dan kembali ke agama masing-masing.

    ReplyDelete
  105. btul tuh saya penasaran dengaan jatidiri bang E ini :D

    ReplyDelete
  106. cuma bisa kluar 4 jempol doank bang E... >___<
    trutama bgn chart nya!
    niat banget datanya!! ga sia-sia nungguin tiap minggu!
    -sera-

    ReplyDelete
  107. @chocolatebear : stuju!!
    @heryanto : btoel btoel btoel!!

    ReplyDelete
  108. ada tambahan
    klo isa identitas asli bang enigma disembnyikan ke dlm teka/i..,pasti gada yg bs mecahin teka/i bang enig...hahhahah

    ReplyDelete
  109. Numerologi...topik yang menarik, walau terkadang banyak juga yang salah menafsirkan..top dah postingannya, sampe dibuat datanya sndiri. Btw, kapan2 jika bang enigma tertarik, posting kisah rumah gurita donk bang...walau mungkin ndak ada misterinya, namun saya rasa cukup menarik dibahas

    ReplyDelete
  110. BENER BRO ENIGMA!!!!!!
    Bahasan yg menarik!!!!!!!!
    Fenomena menarik tentu ada..
    Tapi jangan mudah terperdaya dengan pemberitaan yg tidak berimbang dan terkesan yg mengada2..
    Soalnya kebudayaan kita cenderung lebih percaya sama mistis...
    Ada baiknya kita lebih terbuka..

    Contohnya... Misalnya ada 2 pernyataan:
    1. Kalo kita baik pada orang lain/ memberikan sumbangan, maka Tuhan akan memberikan berkat pada kita berlipat kali.
    2. Kata orang jaman dulu, kalo tidur di kamar 13 ato tinggal di rumah nomor 13 bakalan sial.

    Mana yg lebih dituruti..?
    1.sumbang dikit aja ah..berkatnya ga terlalu kerasa.. jangan banyak2.. (turutin dikit.. kadang ga diturutin..ga terlalu percaya bakalan dapet berkat)
    2.jangan di kamar 13 ah, mending cari aman.. (cari aman tapi diturutin 100%,ngomong ga percaya ato mitos, tapi bilang lebih aman kalo ga dilakuin)

    Secara ga langsung malah mitos ato mistis yg lebih ditakuti ato dipercayai..

    JAngan terlalu percaya mitos ato mistis..
    Percayai agama mu...

    Setuju juga ama agan2 yg di atas..
    Orang Indonesia terlalu gampang dipengaruhi mistis ato pemberitaan konyol dari infotainment..

    Kaya
    1. Fenomena awan terbelah==> jiah ini sih udah dari lama, lagian ada penjelasannya ilmiahnya..
    2. fenomena mata besar memandang dari langit==> parah nie, baru hapenning taon2 ini.. perasaan gw udah liat video clip di youtube dari 2-3 taon lalu, ada yg bilang di Bali, makasar, dll..
    3. Fenomena burung terbang bergerombol seperti awan hitam==> parah kaya ga pernah belajar perpindahan,migrasi, ama populasi burung anak SMA aja..
    4. Fenomena ikan bisa terbang==> Jiah parah bgt, anak SD juga taw itu jenis ikan yg emang bs terbang pk sirip meski cuma sebentar di udara.. kaya ga bisa liat logo indosiar..
    5. Fenomena batu es yg ngeluarin darah merah==> jiah ga pernah ngaskus... Ini pernah jadi Hot thread.. itu karena ada nya ganggang merah, jadi kesannya kaya darah..
    6. Fenomena lubang yg dalemnya ada api abadi, dibilang lobang neraka..==> lagi2 dihubungin am mistis..Udah ada dari dolo kale..

    yg anehnya tuh infotainment ngegabungin trus buat kalo ini terjadi deket2 ini trus apakah ini pertanda akhir jaman? dll..

    Kalo diliat fenomena gitusn udah ada sejak ama kale...masa ikan terbang baru2 ini? burung migrasi bergerombol baru2 ini? Mata dari langit baru2 ini?

    Konyolnya mereka bahas ini dengan nada serius bgt...

    Parah...
    Lebih percaya mistis ato agama mu? wkwkwkwk
    ==============================================

    Btw bro Enigma, bahas tentang konspirasi BLUE BEAM PROJECT dunk...

    Saya liat di blog lain ada yg bahas tapi ga kumplit..
    Siapa yg merancang? Fremason kah? Iluminati? ato siapa?
    Apa tujuan dilakukan project itu?
    kira2 kapan bakalan dilakukan?

    penasaran banget nie...

    ReplyDelete
  111. wow, 25 oktober kmaren ultah saya dihadiahi bencana utk negri kita, 3 sekaligus! banjir jakarta, tsunami mentawai dan meletusnya gunung merapi

    ReplyDelete
  112. wismaem

    anonimus 37.

    anda mending kelaut aja.
    paling hobi anda nonton sinetron2 tv kan?
    baru baca tulisan gini langsung sewot.

    ReplyDelete
  113. BlackBurn:

    Salut buat Mr.E!
    Saya merasa bangga dan beruntung karena anda warga Indonesia.

    ReplyDelete
  114. good job bro.. enig,.. so gmana dengan angka 13 sebagai angka sial?... (aduh kangen nih ama kluarga enigma, my heart, anak kucing, lica, nakashima, chris, mbah ware, vahn sharyu, Dellabelle, ms.terry, Trena ati)

    by : dwiero

    ReplyDelete
  115. Bung Enigma memang luar biasa!!
    Kemampuan analisis anda ga pernah menurun. Meskipun sudah banyak tulisan yang anda buat.
    Terus Berkarya bung!

    Kaydoc23

    ReplyDelete
  116. nandar:

    aneh ya, sekarang infotainment pada nyerempet2 hal2 begituan, mungkin tuk ngeramein aja kali ya.
    ngejar rating.. rating gede, iklan banyak, ujung2 nya duit, hehehe...

    kek acara IMB ( indonesia mencari bakat ), dulu saya sempet kesal karena acaranya d lama2in, ketentuan finalis yg d undur2, dah gtu terlalu buang2 waktu. saya rasa dah kliatan bgt pengen ngejar rating, toh jebolan2 IMB juga masih kek gtu2 aj, dah d peras lalu d buang.

    btw, nice posting BRO.

    ReplyDelete
  117. "Wow, Bang E. anda pasti orang yg paling berpikiran kritis se indonesia....
    hahaha....
    good job, i like it...

    ReplyDelete
  118. numerologi itu ada jurusannya ga ya?bisa di pelajari di kuliah tuh bagi yg tertarik. :-P

    ReplyDelete
  119. Yang pasti tgl 26 harus sudah ada uang, karena gajian paling lambat mestinya tgl 25 :)

    ReplyDelete
  120. mas enigma..rumah saya di klaten juga dapet abu nya merapi hhuuu.. menurut saya itu cuman kebetulan aja mas..cuman di pas2in..

    tammbah artikel ttg crop cricle dong :D

    ReplyDelete
  121. bang E tolong bahas hal2 yg belum terbukti secara sains tapi ada potensi ke arah sana. Tolong bahas anything about fringe sciences.

    Setidaknya diskusi tentang hal itu bisa membuka cakrawala baru

    ReplyDelete
  122. iya nih, sering banget mengait2kan satu kejadian tengan sebuah angka. apalagi ini masalah bencana, tapi emang bener, tanggal 26 banyak gempa terjadi demikian juga tanggal 20, 21, dan tanggal-tanggal lainnya.

    ReplyDelete
  123. @anungcamui
    sama, saya juga waktu tsunami pangandaran 17 juli 2006 lagi ulang taun tuh, padahal saya juga orang tasik tapi bener2 ga ngerasa ada gempa.

    Pantesan pas pulang ekskul sore2 ga ada sinyal. Ternyata oh ternyata ada tsunami di pangandaran.

    ReplyDelete
  124. tuh kan,..bener gw bilang..gakda yang misteri pada tanggal itu....apalagi di bb messenger tersebar plud yang selalu mengaitkan tgl 26 dengan ayat2 suatu kitab suci segala,..sedangkan umat penganut kitab suci itu justru memakai kalender Hijriah yang jelas2 beda penanggalannya....pencerahan yang bagus buat yang terlanjur serius.

    ReplyDelete
  125. bagus dalam mencerdaskan bangsa..hehe.. agar terhindar dari segala yg berbau mistik yg jelas2 menurut statistik itu adalah kesalahan dan dibuat2 agar tanggal2 itu mempunyai makna tertentu. kerenn bang enigma.. terus menulis brother .. :)

    ReplyDelete
  126. @Yg komen ttg firman Allah pd Surat 26 tentang adzab Allah. Memang benar tu surat and ayat berisi ttg azab Allah,ttg bencana,tp dr 114 surat dan 6666 ayat yg membahas ttg azab Allah dan bencana kan bukan hanya surat dan ayat itu aja.ada banyak surat dan ayat lainnya.coba deh kamu buat statistik atau daftar kayak bro enigma.pasti hasilnya cantik jg. Once again..angka 114 surat dan 6666 ayat gak ada kaitannya dg numerologi loh ya..

    Brother enigma apa kabar? Baru skrg aku bisa kasi komen lg habis aku jengah banget ma pemberitaan media ttg tgl 26. Pengen menyangkalnya tp ga tau lewat media mana. Untung ktm disini. Meskipun aku agak lega dikit.untung tgl 26 dikait2kannya bkn tgl 27. Okelah silakan aja indonesia brduka tgl 26,tp tgl 27nya aku harapkan indonesia jg brbahagia. Kayak aku yg ultahnya tgl 27 bulan 7 jam 7 he.he.

    ReplyDelete
  127. wow..
    bukannya gempa jgja 27 mei bung???????????????

    ReplyDelete
  128. Bro katanya mau jawab komen di tulisan lama? saya komen di "jembatan tertua" tetapi tidak dijawab....

    Rahwana

    ReplyDelete
  129. ouhhh ... baru tau .. tapi bang kan ada juga bencana lainnya yang terjadi pada tanggal 26 . seperti gempa di chille itu kalo ga salah tanggal 26 deh ...

    ReplyDelete
  130. andaikanpun bener semuanya tanggal 26..
    lalu kenapa??
    itu bukan berarti kita harus takut ama tanggal 26kan??

    ReplyDelete
  131. @Anonymous no.135: sepertinya kamu memberikan komentar sebelum membaca ya?

    @Rahwana: saya sudah jawab komentar kamu.

    @Anonymous no.137: Gempa chile terjadi tanggal 27, bukan 26.

    ReplyDelete
  132. Saya sangat salut dengan tulisan bung E karena bisa memberi pencerahan pada masyarakat kita, terutama yang memang mencari kebenaran dalam pemberitaan / cerita / atau bahkan takhyul yang sudah terlanjur mendarah daging dalam kehidupan masyarakat di negara tercinta ini.

    Kalau kita melihat beberapa tahun ke belakang (masa2 jaya SDSB,PORKAS)semua hal dikaitkan dengan angka, yang tujuannya hanya mengharapkan tebakan angkanya tepat, sehingga memperoleh secara finansial.

    Disamping itu, nampaknya masyarakat kita emg suka sekali dengan pergunjingan, gosip dan lebih celakanya lagi akan mengarah kepada GHIBAH (membuka aib orang lain) yang telah dibudayakan oleh media cetak atau elektronik lain.

    Lebih celakanya lagi berita2 tersebut saat ini sangat mudah menyusup ke lingkungan masyarakat, sehingga masy jadi terlena ikut2an mengangkat berita2 sampah.

    Jadi dengan ini sangat mendukung dan selalu menunggu ulasan dari Bung E, dan tidak akan pernah peduli siapa bung E ini, apakah person atau kelompok, yang penting bisa ikut mencerdaskan masy di negara yang telah terhimpit berbagai masalah ini, diantara :
    * Bencana politik
    * Bencana alam
    * Bencana Moral
    * dan gak terhitung lagi bencana2 lain..

    Sekali lagi BRAVO bung ENIGMA

    asjun-doang

    ReplyDelete
  133. Semenjak saya ketemu web ini,hampir semua web tentang misteri tidak pernah saya buka lagi.. why?? cukup 1 alasan saya,semua yg di tulis sama mbah enigma menggunakan LOGIKA. saya sungguh senang bs bertemu dgn org terpelajar dan bijaksana dalam menanggapi sesuatu seperti mbah enigma. Untuk kasus ini saya setuju kalau di bahas,karna berita tentang tgl 26 ini saya yakin keluar dari tangan2 yg kurang bertanggung jawab,yg hanya ingin meresahkan masyarakat.. semenjak saya pegang HP BB banyak sekali saya menemui org yg iseng membuat berita,yg amat sangat tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.. sehingga saya mulai menyadari bahwa terlalu banyak org SOK pinter di negara kita ini.. Saya harap mbah enigma selalu hadir di sisi kita semua untuk meng-clear-kan keadaan ini,agar kita semua tidak mudah terjebak dalam hasutan org2 yg tidak bertanggung jawab.. sekali lagi thanks buat ENIGMA.. (VicS)

    ReplyDelete
  134. gue pengennya sehari ada satu artikel di blog ini.

    ReplyDelete
  135. @anonymous no.37 : penonton setia "SILIT" di RCTI ya... wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  136. kerenn gan.. saya suka gaya agan..
    tetep kritis trus gan.

    ReplyDelete
  137. ngomong2 saya kadang mikir, tujuan anda buat blog ini apa?terlebih anda tidak menunjukkan diri?karena ada maksud tertentu?karena dari yang saya lihat anda bukan orang sembarangan, anda punya wawasan yang sangat luas..maaf jika menyinggung.. :)

    _mndy

    ReplyDelete
  138. ralat ya mas bro...
    gempa jogja bukan tgl 26 Mei 2006,tp tgl 27 Mei 2006. :)

    ReplyDelete
  139. @_mndy: wawasan yang luas itu bisa dijangkau oleh semua orang. Ketik saja www.google.com.

    @Anonymous no.147: sepertinya kamu memberikan komentar sebelum membaca postingan ini.

    ReplyDelete
  140. @yuliasty : maaf kawan, klo sy ga salah sebenar'a ayat Al Quran itu jumlahnya 6236 ayat..

    tapi memang ada sebagian AL quran yang nulis 6666 ayat. Tp kebanyakan 6236 n stelah saya cek per surat ternyata bener, cuma 6236 ayat..

    coba tlg cek juga donk bung E?

    saya bener kaga??

    ReplyDelete
  141. Wow, pengen komen, tapi sudah penuh. untuk bro enig, walau banyak yang bilang garing, tidak usah pusingin. heran, di dunia ini masih banyak orang yang selfish. mereka lebih suka bro.enig mengentertain mereka dengan tulisan dibanding bro.enig memberikan pengetahuan yang bermanfaat. Maju terus bro. princess mendukung selalu. XD

    ReplyDelete
  142. wawasan yang luas yang saya maksud adalah anda, berani menganalisa hal yang sangat fenomena secara objektif..google gak akan bisa ngalahin otak manusia..google hanya bank data..apalagi anda punya nama skrg pasti banyak yang mengkritik.. :)

    ReplyDelete
  143. SPMD

    Apa kabar ? Masih ingat saya En,

    Di postingan tentang Misteri Kutukan Superman
    saya kan pernah bilang kalo bakalan muncul sosok starman dengan simbol bintang didada mirip GATOT KACA tapi kenapa yang muncul malah sosok PETRUK ya ? hihihi lucu dech
    Itu kisah mahabarata dan barata yudha saduran Kosasih asyik tuh, waktu Ane Masih SMP sering pinjem komiknya ama teman,....mulai dari kisah sebelum pandawa lima sampai mereka gugur....

    ReplyDelete
  144. saya suka yang seperti ini.. Subhanallah

    ReplyDelete
  145. 70 berawalan angka 7 yg dalam bhs jawa adalah 'pitu' yg berarti pitulungan 'pertolongan'

    ReplyDelete
  146. Bung E, sy mo nanya
    napa dalam kurun waktu 5 tahun terakhir bencana di indonesia terjadi berturut-turut ampe sunami aja 3x sedangkan dulu aj jarang mungkin 10th sekali ada bencana besar.., hmm..

    ReplyDelete
  147. Menghubung-hubungkan waktu kejadian peristiwa dengan angka-angka memang jadi salah satu hal yg digemari banyak orang karena seringkali banyak yg mengklaim bahwa mereka dapat menafsirkan sesuatu dengan bermodal angka-angka & tanggal kejadian bencana terdahulu. Tapi soal benar tidaknya ada hubungan angka tanggal dengan peristiwa yg bersangkutan, tak ada yg tahu pasti karena tidak menutup kemungkinan kebetulan terjadi lebih dari sekali...

    ReplyDelete
  148. Nadeem:

    Betul Bung Enigma.....
    Saat pertama saya dengar rumor mengenai pengkaitan antara tgl 26 dengan bencana2 alam belakangan ini, saya jadi heran sendiri... Apa maksud dari media tersebut menyajikan berita gosip yang tidak didasarkan fakta & hanya mengait-ngaitkan saja beberapa kebetulan menjadi suatu pola tertentu yang memiliki arti mistis..??? Bahkan beberapa di antaranya terkesan dipaksakan...???
    Apakah ingin beritanya laku, atau ada unsur kesengajaan untuk semakin membodohi masyarakat??
    Kekuatan media dalam menyajikan berita instan memang sangat hebat untuk membentuk opini publik, karena kebanyakan kita tidak punya banyak waktu ataupun metoda untuk mencari tahu sejauh mana kebenaran yang dibawa berita tersebut....
    Really thanks & salut buat Bung Enigma, karena masih mau meluangkan waktu untuk mencari kebenaran di balik pemerkosaan para penyaji berita terhadap keluguan intelektualitas pembaca/pemirsanya...!!
    Maju terus Bung Enigma...!!!

    ReplyDelete
  149. ^;^

    Sudah MENJADI naluri dasar MANUSIA untuk MEMPERTAHANKAN Eksistensinya.. Egonya.. Koneksi batinnya.. Itulah MENGAPA hampir segala hal SELALU dihubung- hubungkan DENGAN segala HAL yang LUAR BIASA.. Dan UNIKNYA biasanya dimulai dengan MENGHUBUNGKAN sesuatu tersebut DENGAN DIRINYA SENDIRI..

    Jika DITEMUKAN adanya sedikit saja KORELASI antara suatu KEJADIAN dengan segala hal yang dianggap sedikit saja BERKAITAN dengan ANGKA.. KEJADIAN.. PEMIKIRAN.. LOGIKA.. Maka SESEORANG akan segera MENGAMBIL kesimpulan bahwa SESUATU itu LUAR BIASA..

    Ini BISA JADI yang disebut MANIFESTASI dari HARAPAN.. Atau BISA JADI juga KEPUTUSASAAN.. Karena MANUSIA masih tetap MEMILIKI berbagai KETERBATASAN dibandingkan dengan KEBESARAN SYSTEM ALAM SEMESTA dan yang berdiri DI BELAKANGNYA..

    Adalah hal yang MUSTAHIL ketika kita MENGANGGAP sebuah LUKISAN PEMANDANGAN yang dihasilkan dari KOMPOSISI WARNA buatan manusia SEBAGAI HAL YANG SANGAT INDAH.. Sementara PEMANDANGAN yang ASLI yang BERASAL dari SANG PENCIPTA adalah HAL BIASA.. Adalah MENGHERANKAN seseorang TAKJUB dengan KEMAMPUAN otak dan logika SESEORANG sementara NURANI.. CINTA KASIH.. HATI.. KETULUSAN.. CINTA dan KESADARAN dan PEMAHAMAN akan KETUHANAN adalah HAL yang BIASA..

    MINDHACK

    ^;^

    ReplyDelete
  150. Wallahu 'alam bissawab... Hanya Allah Yang Maha Mengetahui rahasiaNya ...

    ReplyDelete
  151. LIKE THIS Banget Om Enigma... dengan telak menghancurkan pemikiran sempit... jangan sampai kita termakan media dengan mudahnya ^_^

    Gerz

    ReplyDelete
  152. Apik-apik,tambahan 26 Desember 1996 juga tanggal bencana

    ReplyDelete
  153. i,m ur big fan, mangtab tulisannya.

    ReplyDelete
  154. benar2 tidak ada misteri disini......... hahahahaha

    mungkin lain kali :P

    ReplyDelete
  155. angka 26 dan angka 66 adalah angka biasa...sebagaimana angka yang lain...golongan tertentu aja yang suka melebih2kan..yang akhirnya malah menyesatkan...salut untuk enigma...bongkar terus konspirasi distorsi informasi

    ReplyDelete
  156. thanx info nya, cariin ttg kasus kematian "pembakaran diri" yg hanya bisa membakar bagian tubuh sendiri sampe hangus menjadi abu,sedangkan bagian tubuh yg lain utuh.gak tau apa istilahnya tu.bener gak ya?
    thanx b4....

    ReplyDelete
  157. @Rina: itu sudah pernah saya bahas disini:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/11/spontaneous-human-combustion-pembakaran.html

    ReplyDelete
  158. bro enigma ini wawasannya luas bgtz...
    pasti bung e slalu mnemukan solusi dri byk masalah..
    ya gak??

    ReplyDelete
  159. Syukran.syukran.syukran....
    makasih..keren bang...

    ReplyDelete
  160. bagus banget ulasannya, saya suka blog ini karena mencari bukti apakah informasi itu benar ,,,tidak sekedar menelan mentah2 informasi dari sumber-sumber.... keep posting

    ReplyDelete
  161. hahahahaa mas enigma ngejelasin yg angka 26 kyk ngejelasin k ank SD,,palg ttg dftar gempa itu,,alhamdulillah baru bca stengah saya sudah menangkap mksdnya..

    ReplyDelete
  162. waaaaaaaaaaawwwwwwwwwwww.. luar biasa
    anda memang kredibel dalam hal mengklarifikasi.
    smpe roda2 cantik itu buat sndiri ya ?

    hebat, anda sllu mnyisihkan waktu unt menggali dan meberi informasi yg bermanfaat.
    Andai saya jg dpt mmnfaatkan wktu sprti anda.

    ReplyDelete
  163. SALAH GAN !!
    ENTE PELAJARI DULU LEBIH DALAm.. --'
    TEORI LEMAH..

    PELAJARI TTNG ILLUMINATI & FREEMASON
    ZIONIS.. LEBIH BANYAK !!

    BERGABUNG DENGAN ORANG'' LUAR DI FORUM DISCLOSE TV.. ENTE SALAH...

    ReplyDelete
  164. bagus banget blog nya, mau ga mengulas misteri tentang nyi roro kidul, aku penasaran banget sama misteri itu.

    sekalian promosi nih, hhhehehe
    ada yang mau dapat penghasilan tambahan ga . . ?
    beneran lho, bukan penipuan, aku sdh ngebuktiin sendiri, tapi ga banyak sih, emang ga bisa bikin kaya dalam satu hari tapi lumayan lho buat tambahan ^.^
    coba deh http://investasi10milyar.com/?id=kelinciputih

    ReplyDelete
  165. Thx bro Enigma, Ane salut ma kerja keras ente untuk menjelaskan misteri2 dengan sudut pandang ilmiah, supaya bangsa kita ni jangan selalu percaya dengan mitos dan takhayul...
    izin share ya....

    ReplyDelete
  166. maaf nich baru nemu Blognya... :)
    kbetulan aq org Tasik nich....

    Gempa yg besar & benar2 terjadi itu tepatnya tgl 2 September 2009.. dampaknya ada Tsunami di Cipatujah (Tsk Selatan), Pangandaran Ciamis) & Pameungpeuk (Garut). bangunan yg ada di kota pun banyak yg roboh

    Sedangkan yg tgl 26 Juni 2010, wlo mnrt BMKG biasa2 saja tp sbg warga dikhawatirkan gempanya bs sperti tgl 2 September..

    Klo perbuatan manusia wkt Krusuhan Tasik tgl 26 Desember 1996 itu misteri bkn? Hehe...

    ReplyDelete
  167. acara tv "silet" g ada "enigma" berjaya..!!!analysis y verygood.....
    bisa cariin ramalan joyoboyo masa mataram kuno g om??? katanya sih akurat.. jelasin analysisnya juga...

    ReplyDelete
  168. coba cek dulu yg di Indonesia, itu bukan tanggal 26 semuanya bung.

    ReplyDelete
  169. @anonymous 180: Saya cukup heran lho karena begitu bnyk org memberikan komentar sebelum membaca tulisan di atas.

    ReplyDelete
  170. Ya sekali lagi itu cuma permainan angka yang dikait-kaitkan saja

    ReplyDelete
  171. Jika semua bencana yang terjadi dilist tanggal kejadiannya maka semua tanggal dan hari pasti lah keramat, karena pasti disemua tanggal dan hari pernah dan akan terjadi bencana.
    Karena itu bersyukurlah karena hari ini masih diberi kesempatan untuk melihat matahari dan menikmati anugerah kebesaran Allah SWT.

    ReplyDelete
  172. wah,,
    aku lahir tanggal 26 juga,,
    hahahaha,,

    ReplyDelete
  173. wah bener tanggal 26 indonesia kalah lawan malaysia !!!!!! >:@

    ReplyDelete
  174. Muhammad Tegar Al FirdausyDecember 27, 2010 at 2:16 PM

    tanggal 26 desemebr 2010 - Indonesia kalah 0 - 3 dengan Malaysia

    ReplyDelete
  175. HeruE said
    lagi2,om.E mmbuat artikel yg enak dibaca.

    ReplyDelete
  176. wah, bro enigma.. two thumbs up untuk anda!.. walaupun nama blog ini agak-agak berkesan klenik, ternyata isinya justru sangat kritis.. tidak apriori menolak, tapi juga tidak langsung menerima mentah-mentah.. terutama yang soal tanggal 26 ini yang sudah muncul dimana-mana.. well done sir.

    ReplyDelete
  177. saya suka dengan analisanya bang enigma...
    intelek bangeet... siiip...!!!!
    maju terus bang...

    ReplyDelete
  178. cerdas....cerdas...cerdas...

    terkadang manusia selalu angkuh menyimpulkan segala sesuatu seenaknya tanpa dasar dan data yang akurat...seolah-olah mereka tau pikirannya Tuhan...wakakak...kebanyakan paranormal indonesia kyak gtu tuh...gk jelas...

    cara enigma mengupas...oke banget...lanjutkan..hehe

    ReplyDelete
  179. mas kalo kejadian kejadian yg terjadi pada hari jumat gmna tuh?

    ReplyDelete
  180. ya nih jadi tau info yang sesungguhnya, karena banyak banget isu ttg tanngal 26 itu,, makasih nih artikel nya

    ReplyDelete
  181. saya sebenarnya juga males waktu muncul hal ini ke media salah satunya gempa jogja weis saya ngalamin gempa itu sendiri dan itu terjadi tanggal 27 bukan 26 persis seperti yang anda bilang heheheh banyak temen saya yang makan mentah2 itu berita padahal dah dibilangin gempa jogja tanggal 27 waktu itu hari sabtu jam 6 pagi jam 8 kita ujian gitu saya ngomong ke temen saya eh dia ga percaya juga dasar mahluk indonesia kalo mistis ma silet langsung di percaya dasar

    ReplyDelete
  182. otak-atik gathok, yen ora gathok digathok-gathokke.

    (atau dalam bhs Indonesia, mencocok cokokan dengan mencari kesamaan bila tdk ada kesamaan dipaksakan sama)

    bahkan dg mengubah sedikit data statistik...
    huffzZ

    ReplyDelete
  183. @determity: yo iku, akeh2ane wong ndek indonesia (ya itulah, kebanyakan org di indonesia)

    ReplyDelete
  184. wah gimana dong,,, tgl lahirku aku ma kakak aku 66,,

    ReplyDelete
  185. Penjelasannya bagus dengan data dukung yang tepat dan akurat. Bravo.

    ReplyDelete
  186. munkin saja itu hanya kebetulan

    ReplyDelete