Tuesday, November 30, 2010

Buaya monster Normanton tertangkap kamera - diperkirakan memiliki panjang 8 meter

Lebih dari setengah abad yang lalu, seekor buaya terbesar di dunia yang memiliki panjang hingga 8,64 meter ditemukan dan ditembak mati di Normanton, Queensland, Australia. Sejak saat itu, tidak pernah ada buaya sebesar itu pernah ditemukan lagi dimanapun di dunia. Tetapi, semuanya mungkin akan segera berubah.


Minggu ini, Normanton, sebuah kota teluk kecil di Queensland dihebohkan dengan sebuah berita yang cukup mengerikan. Di sungai Norman yang mengaliri kota itu, diperkirakan hidup seekor buaya yang panjangnya mencapai hingga 8 meter. Jika ini benar, maka ini adalah buaya terbesar yang pernah ditemukan pada zaman modern ini.

Berita ini pertama kali datang dari seorang pendeta lokal bernama Elton Thompson. Ia mengakui kalau ia memang belum pernah melihat hewan monster itu, namun ia memiliki bukti berupa foto jejak makhluk raksasa itu.

Pendeta Thompson mengambil foto itu minggu sebelumnya di tepi sungai Norman sekitar 1 kilometer dari pusat kota Normanton. Ia juga mengukur besar jejak tapak itu.

Lebar tapak kakinya 25 centimeter dan sebagian jejak itu melesak ke dalam tanah hingga 2,5 centimeter.


Jarak antara dua kaki belakangnya adalah 1 meter.

Dengan melihat kepada ukuran jejak ini, buaya tersebut kemungkinan bisa memiliki ukuran hingga 8 meter. Katanya:
"Beberapa orang pernah melihat buaya itu di sungai. Semuanya mengatakan kalau ukurannya kurang lebih seperti itu atau lebih besar. Mereka menyebutnya buaya terbesar yang pernah dilihat."
Banyak orang menganggap sepi peringatan Pendeta Thompson. Namun, tidak berapa lama setelah itu, seorang nelayan bernama Clint Spry berhasil mendapatkan foto yang menunjukkan seekor buaya raksasa di sungai Norman. Spry percaya kalau buaya itu memang memiliki ukuran seperti yang diperkirakan oleh pendeta Thompson.

Menurut Spry, buaya itu memiliki ekor yang sama panjangnya dengan perahu yang dinaikinya, yaitu sekitar 3,8 meter.

Penemuan pendeta Thompson dan foto yang diambil Spry segera menyebar lewat media-media lokal dan warga Normanton pun berdebat mengenai ukuran buaya itu.

Beberapa warga tidak mempercayainya. Tetapi bagi yang lain, buaya sebesar itu bukan hal yang aneh. Apalagi mengingat sejarah kota tersebut.

Kota Normanton pernah menjadi sangat terkenal di seluruh dunia karena pada tahun 1957, seekor buaya sepanjang 8,64 meter ditembak mati oleh seorang pemburu. Buaya tersebut, yang kemudian diberi nama Krys, memecahkan rekor dunia karena sebelumnya dan bahkan hingga sekarang tidak pernah ada buaya sebesar itu pernah ditemukan.

Buaya raksasa itu ditembak mati oleh seorang perempuan bernama Krystina Pawlowski di teluk Carpentaria. Karena reputasinya yang membunuh buaya itu hanya dengan satu tembakan, Krystina mendapatkan julukan "One shot Krys".

Walaupun seorang wanita, Krystina adalah pemburu buaya profesional. Sepanjang karirnya sebagai pemburu, ia telah menembak mati 5.000 buaya dan hanya gagal membunuh 3 buaya.


Pada tahun 1965, ia berhenti menjadi pemburu buaya dan berkonsentrasi pada penelitian dan konservasi makhluk itu.

Saat ini, replika buaya yang dibunuh Krys masih dapat ditemukan di kota Normanton.

Lihatlah betapa besar ukurannya.

Sebagian warga lokal percaya kalau buaya sebesar Krys masih bisa ditemukan di kota itu. Pada tahun 1970an, Queensland melarang perburuan buaya untuk tujuan komersil. Sejak saat itu, sepertinya ukuran buaya menjadi semakin besar.

Terry Cummings, salah seorang warga, percaya kalau buaya berukuran 8 meter masih ada dan berkeliaran di kota itu.

"Saya sudah tinggal di kota ini sejak tahun 1950an dan melihat dengan mata kepala sendiri. Buaya-buaya itu memang berukuran besar." Katanya.

Herbie Harold, 52 tahun, yang pertama kali menemukan jejak buaya tersebut dan yang kemudian memberitahukannya kepada pendeta Thompson, mengatakan kalau ia pernah melihat buaya raksasa di sungai Norman. Ia juga percaya kalau seekor monster buaya berukuran besar ada dan berkeliaran di kota itu.

Bagi kota teluk seperti Normanton, buaya adalah pemandangan biasa sehingga sudah tidak menakutkan lagi bagi warga lokal. Namun, mungkin semuanya akan berubah jika seekor buaya berukuran 8 meter kembali muncul dan membuat keributan.

(couriermail.com.au, news.com.au)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

85 comments:

  1. SIIP... FIRST TIME?

    BY AND

    ReplyDelete
  2. pertamaxx kah ?

    apa ini salah satu tergolong hoax mas ?
    kok kayaknya buktinya kurang kuat gitu :D

    ReplyDelete
  3. @Ito: hoax mungkin tidak. tetapi buaya itu belum tentu 8 meter. Namun prediksi ukurannya wajar saja mengingat mereka lebih jago dalam soal buaya.

    ReplyDelete
  4. ohh jadi bukan hoax, sama kata2 ini mas

    "Herbie Harold, 52 tahun, yang pertama kali menemukan jejak buaya tersebut dan yang kemudian memberitahukannya kepada pendeta Thompson, mengatakan kalau ia pernah melihat buaya raksasa di sungai Norman. Ia juga percaya kalau seekor monster buaya berukuran besar ada dan berkeliaran di kota itu."

    berkeliaran maksutnya di sungai sungai gitu ?

    ReplyDelete
  5. @Ito: Iya, maksudnya berkeliaran di sungai dan sekitarnya.

    ReplyDelete
  6. LAKE PLACID, CROC, SNAPDRAGON

    ReplyDelete
  7. mkasih penjelasannya mas enigma :) sukses selalu :)

    ReplyDelete
  8. gw yakin d,nama senjata krys d point blank,diambil dari nama pmburu buaya.. Mungkin... Cmiiw..
    Cgit

    ReplyDelete
  9. Damn! Buaya yang ditembak Krystina besar sekali! Is she seriously killed that monster!?!

    ReplyDelete
  10. foto yang paling atas bukan hoax?!
    MANTAP!!
    Luar Biasa Misteri Dunia!!
    by.RAVEN

    ReplyDelete
  11. avgas-lah pokoknya... Sippp!

    ReplyDelete
  12. mantap bung, baru tau saya kalo ada buaya sebesar itu.keep posting

    ReplyDelete
  13. saya bersyukur tinggal ditempat dimana ga ada buayanya.. takut.. TT^TT"a

    ReplyDelete
  14. Besar banget buayanya....

    di Indonesia ada ga ya ???

    ReplyDelete
  15. menurut saya gambar itu mirip sekali dengan hasil photoshop. Saya mengatakan ini atas beberapa pertimbangan:
    1.gambar buaya itu nampak tidak alami, seperti digabungkan
    2.air yang bergerak hanya di bagian tengah badan, sedangkan di bagian ekor tampak tidak bergerak sedikitpun
    3.buaya yang menampakkan kepala akan tampak lebih lama, sedangkan jika sekedar menampakkan ekor, ia akan kembali menyelam.. Bagaimana ia bisa dengan cepat mengambil kamera, menghidupkannya dan memotretnya?
    Bro enigma, apakah anda punya penjelasannya? Saya sangat pernasaran lo..

    ReplyDelete
  16. @agung putra: bagi saya fotonya cukup alami. Bisa saja pada waktu itu buayanya masih menampakkan kepala, tp ketika kamera dijepret, buaya itu lari atau menyelam. Lagipula sy tdk menemukan alasan utk merekayasa foto itu mengingat foto itu tdk bs digunakan utk menunjukkan ukuran buaya yg besar (krn tdk ada benda perbandingan).

    ReplyDelete
  17. Buaya Darat lebih besar...

    ReplyDelete
  18. waduuuh gede amat buayanya yak!

    meski temanku doyan mancing ikan, tapi gak perlu keahlian khusus buat mancing buaya di Dabo Singkep,nih contoh hasil pancingannya lebaran lalu. Asli buaya liar

    http://tinyurl.com/2czksdm

    Setelah diikat, tuh buaya di jepret2 lalu dilepasin lagi, sewaktu buaya ditarik kedarat, beberapa ekor buaya lainnya menunggu temannya dilepas ke air.

    peace for crocodile :)

    ReplyDelete
  19. aw.. ngeri kalo buaya yang 8 meternya masih ada.. apalagi kalo banyak..

    ReplyDelete
  20. bisa saja dengan tujuan komersil, seperti:
    1.ingin nama mereka populer
    2.ingin daerah itu terkenal agar banyak wisatawan yang datang.. Sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah itu..
    Tetapi saya masih penasaran dengan air di sekitar ekor buaya itu yang tidak bergerak sedikit pun.. Bukankah seharusnya gerakan buaya sebesar itu akan menimbulkan riak air yang cukup kuat? Tolong pencerahannya..

    ReplyDelete
  21. @agun putra: saya tdk yakin kalau isu adanya buaya monster mlh bikin turis datang. Bukannya mrk harusnya takut. Hehe. Soal riak air, buaya itu terkenal sbg predator air yg sangat efektif. Mrk itu spt ninja. Bs mengintai mangsa dan menghampirinya dgn goncangan air yg minimal. Kamu pasti sdh pernah menyaksikannya di televisi :)

    ReplyDelete
  22. Walah..lagi tren buaya nih, hehe
    tampaknya bang enigma sependapat dengan saya, pertama kali membaca tentang penampakan buaya raksasa ini di blognya HArits...memang sulit untuk memutuskan foto tersebut adalah foto buaya raksasa karena hanya ada satu foto dan tidak ada obyek pembandingnya...
    Saya juga percaya jika masih ada buaya dengan ukuran ekstra jumbo, mengingat mereka termasuk hewan prasejarah, CMIIW

    ReplyDelete
  23. wow... 8 meter... hampir menyamai lebar rumah saya... 0_0

    keren... XD
    keep posting, ya, om!!

    ReplyDelete
  24. pagi Mr E. Posting lagi, yeiii - jingrak2- hehehh...
    Ummz, hebat ya, besar sx...
    Pertama bc jdl'a sy kira hoax, seperti posting Mr E. yg duluuu, yg analisisnya dlm bgt, hehehhh...
    Again, nice posting Mr E..
    Hoshihime

    ReplyDelete
  25. wow... jagoan bgt Ms/Mrs Krys..... tapi akhirnya tobat juga n malah bekerja dikonservasi buaya. Mungkin dia tahu betapa bnyk buaya yg jadi yatim piatu gara2 dia...hahaha.... mudah2an aja yg dia tangkarin bukan buaya darat... I really hate it!!! hehehe

    Kalo ga salah aku pernah liat dokumenter yg judulnya "SUPER CROC" malah ada yg lebih besar dari 8m!!! Buaya muara emang OK!!!


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  26. guede bgt tu buaya..

    ReplyDelete
  27. oo begitu.. Thanks atas bro penjelasannya..

    ReplyDelete
  28. Marchel said..

    Yg bikin serem dari buaya 8 m itu bukan panjangnya. Badan sebesar itu tapi gesit dan mampu lari kencang bahkan di darat. Jika buayanya lapar lho, dan dgn seukuran segitu gw yakin banget tuh buaya pasti butuh makanan dgn jumlah besar.

    Sumpah serem banget liat foto buaya yg ditembak mati itu.

    ReplyDelete
  29. jdi inget film yg tetntang buaya diafrika, ckckck. .
    itu buaya bner2 gde bgt, gak nyangka ada buaya segede itu, baru liat.

    ReplyDelete
  30. Oh ya apa sudah diidentifikasi jenis species mana buaya yang bisa berukuran 8 meter, termasuk genus dan species mana.
    Menurutku itu mungkin saja, karena ada fosil yg menunjukkan pernah hidup buaya raksasa pada zaman dinosaurus yaitu Sarcosuchus. Saya kira ukuran buaya berevolusi menurut ukuran makanannya, kalo zaman dahulu makanannya dinosaurus, maka sekarang paling besar paling2 kerbau sejenisnya.
    Sekali lagi menurut saya, buaya yg besar justru tidak menguntungkan bagi dirinya karena gerakannya justru akan lebih lambat sehingga semakin lama buaya raksasa ini punah. Makannya tidak heran Crys butuh sekali tembakan untuk membunuh buaya ini.

    ReplyDelete
  31. jadi inget artikelnya enigma yang mbahas buaya kayak gini juga dulu, tapi akhirnya hoax...
    hahaha....

    ReplyDelete
  32. ka, si Krystina Pawlowski itu bunuh buaya buat apa?

    ReplyDelete
  33. wah smua blog jd ngebahas buaya ini ne
    jd terkenal buayany

    ReplyDelete
  34. @dewi: utk berbagai macam. Termasuk utk dimakan. Haha. Pd waktu itu populasi buaya di tmpt itu memang sangat banyak sehingga membahayakan manusia. Jd perburuan tdk dilarang.

    ReplyDelete
  35. serem ya..gede banget, kalah deh pitonku :(
    jago banget ya Krystina itu..ckckckck. mnurut bro en mungkin ga kalo buaya segede itu ada di zaman sekarang?

    ReplyDelete
  36. berarti...., queensland manx isi'a predator2 gede ya..., wkt tu Mr. E jg post ttg hiu sksasa yg digigit hiu lbh raksasa lg..., skg buaya... 8mtr ??! Melongo dr pintu depan rmh mpe pintu blkg rmh.. Kkkk... Ampunn..., pgsn x kalo ketemu, heheh.

    Hoshihime

    ReplyDelete
  37. Di pedalaman teluk balikpapan juga sering muncul buaya berukuran jumbo, sekitar 5 meter dan 7 meter. Dan ini sudah jadi rahasia umum bagi masyarakat di sekitar teluk balikpapan.

    ReplyDelete
  38. gede banget ya buayanya.kulit nya bagus utk dijadikan ikat tali pinggang. LOL.

    ReplyDelete
  39. bang enigma saya syarif..bang enigma tolong bahas donk yang lebih lengkap tentang yajuj dan majuz,suku yang katanya akan muncul diakhir jaman..please ulas ya

    ReplyDelete
  40. menurut saya memang benar buaya mingkin masalalah ukuran saja.

    ReplyDelete
  41. mantab sangat itu kalo beneran 8 meter panjangnya Bang E...
    klo mnrt ane sih ntu ukuran masih terbilang wajar untuk ukuran makhluk yg msh terbilang primitif,,
    seusia ma dinosaurus kalo d pilem2 National Geographic,, hehe
    jd penasaran,, moga2 aj bakal dateng peneliti wat ngungkapin misteri si buaya satu ini ,D

    ReplyDelete
  42. bang E ko rating di Alexa nya turun terus !!!

    ReplyDelete
  43. @Galih K On Lover: itu memang buaya (Crocodile), bukan aligator. Kamu bisa melihat perbedaannya di moncongnya.

    @Apakah arti sebuah kehidupan: Buaya yang terbesar di dunia itu adalah dari jenis buaya air asin. Si krys itu juga buaya air asin.

    @Arashita: kalau pernah ditemukan yang sepanjang 8 meter, maka kemungkinan memang masih ada lagi yang lain yang juga sepanjang itu.

    @Technology: Alexa rank itu biasa naik turun. Tidak perlu diperhatikan terus. hehe

    ReplyDelete
  44. Masuk akal sih, buaya kan tumbuh terus

    ReplyDelete
  45. limapuluxxx....
    biar, deh, ga bisa pertamax, ya limapulux ajahh...

    ReplyDelete
  46. mgkn tmennya nessie? :D wkwkwkwk

    ReplyDelete
  47. werlington
    tapi kan masih kalah ma foto buaya zimbabwe boz ???
    bagi laki-laki buaya darat awas tuh kalo ketemu ama krystina pawlowski bisa mampus.....tapi kayanya dia juga takluk ama buaya darat mahhh....hhahahahahhahahaha
    thanx boz enigma

    ReplyDelete
  48. analisa yang sangat menarik maz, ijin untuk aq masukin blog ku yahduniakita linknya juga sudah terpasang..

    ReplyDelete
  49. Bang enigma....i like ur post....blog ini mearik sekali....kalo bang enigma berkenan....saya request artikel mengenai bulu kuduk yang merinding....biasanya orang2 menganggap ada mahluk halus disekitar kita.....gmana tuh bang menurut sudut pandang bang enigma

    ReplyDelete
  50. salam, bung Enigma
    saya bisa dibilang salah satu penggemar anda, dan blog anda, terutama dengan gaya penulisan yang menarik, analisis yang tajam, dan kemampuan menemukan informasi yang luar biasa

    langsung saja,
    beberapa saat terkahir banyak blog yang marak memberitakan tentang sirsak sebagai obat kangker
    dengan tambahan informasi bahwa sisak ini bisa membunuh sel abnormal tanpa merusak sel lainnya, tidak seperti kemoterapi yang tidak hanya membunuh sel abnormal saja, namun juga membunuh sel sel reproduksi pada rambut atau semacamnya

    pada umumnya artikel tersebut mencantumkan bahwa penelitian tersebut telah dilakukan di tempat tempat berikut :
    Health Science Institute
    The National Cancer InstD
    The Journal of Natural Products
    South Korea Catholic University
    Purdue University
    Beyond Chemotherapy : New Cancer Killers, Safe as Mother's Milk

    pada saat saya mencoba mem-browse universitas dan institusi penelitian di atas, saya belum bisa menemukan kisah sirsak sebagai obat kangker tersebut

    oleh karena itu, saya meragukan berita di atas sebagai Hoax, dikarenakan apabila saya mem-browse tentang artikeltersebut, maka semua sumbernya adalah blog

    oleh karena itu, saya ingin meminta bantuan sekaligus bertanya kepada bung Enigma

    apakah Sirsak sebagai obat Kangker adalah HOAX semata?

    sekian dari saya, terima kasih banyak sebelumnya

    ps : saya tela mengirimkan email yang sama isinya dengan comment ini, untuk comment ini mohon tidak perlu di publish, terima kasih :D

    ReplyDelete
  51. Panjang benar buya tersebut. saya punya kamar panjangnya 4 meter, berati buaya tersebut panjangnya 2 kali kamar saya ...busyet ... benar-benar mengerikan ....

    Yang panjangnya 2,5 meter aja udah menakutkan ... apalagi yang panjangnya 8 meter ....

    Mungkin buaya tersebut dapat tumbuh sebesar itu karena terkontaminasi limbah kpta, misalnya limbah kimia yang banyak dibuang oleh pabrik dan industri ....

    siapa tahu ...cuma teringat film-film tentang buaya ...

    ReplyDelete
  52. Foto yg dari pak Spry Saya yakin Cuman Foto Hoax

    By:Binn

    ReplyDelete
  53. wa bnraan tu,,klu bnr kyk di film2 tu bang,,,buaya sebesar rumah,,mantap,,,

    ReplyDelete
  54. buaya air asinkah itu? 8m masih wajar kayanya
    atau jgn2 itu dinosuchus

    ReplyDelete
  55. gan, setau ane buaya itu butuh berjemur untuk metabolismenya, kenapa ga ada warga sekitar yg melihatnya? apa daerah buaya 8meter itu daerah terpencil dan sangat2 jarang penduduknya?

    tapi menurut ane, ukuran 8 meter masih wajar untuk ukuran buaya rawa/air asin

    ReplyDelete
  56. @Anonymous 59: itu memang buaya air asin.

    @gyz: Tempat terlihatnya sekitar 1 kilometer dari kota. Tidak terlalu jauh. Memang betul, seharusnya paling tidak bisa terlihat oleh warga. Kita tunggu saja updatenya.

    ReplyDelete
  57. @gyz

    tidak wajar om buaya mencapai 8m di jaman sekarang, walaupun buat saltwater croc yg merupakan jenis buaya terbesar saat ini.
    untuk mencapai size tsb membutuhkan supply mangsa yg berlimpah, genetik, dominasi, teritori, dll
    yg jelas harus alpha male.
    ibarat manusia dgn tinggi badan diatas 2.2 m, memang ada beberapa tapi khan tidak banyak jika dibandingkan seluruh jumlah manusia di bumi ini :)
    begitulah dgn buaya 8m atw lebih, ada tapi jumlahnya sangat sedikit. sangat beruntung sekali jika pernah terlihat atw terdokumentasi.
    sy harap jangan di bunuh buaya sebesar ini karena dia adalah harta genetika yg tidak ternilai, jika mati bisa jadi gen "raksasa" bakal ikut mati bersamanya ..

    ReplyDelete
  58. itu sih monyet buaya

    ReplyDelete
  59. klo memanng buaya itu ada,ga kebayang klo ada orang yang sanggup nangkep buaya itu hidup2?ayo ada yg berani?hehehe

    ReplyDelete
  60. Menurut saya buaya darat yang berkeliaran di daratan masih jauh lebih berbahaya daripada monster buaya ini..
    Jumlah buaya darat pun sangat banyak dan menyebar rata di berbagai belahan bumi ini..
    Tapi kabar baiknya, buaya jenis ini tidak berbahaya bagi kaum pria..
    Dia hanya berbahaya bagi kaum perempuan saja..
    wkwkwkwk..

    "Damn..!! Mantep bener tuh ukuran buayanya..."

    ReplyDelete
  61. dari Tresna Asti

    buaya ini mengerikan!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  62. http://www.youtube.com/watch?v=m2PznUSdM88

    ReplyDelete
  63. buaya ukuran 8 meter sbenarnya hal yang tidak aneh.
    bung enigma?! cari artikel yang unik dong kayak biasanya yang membuat saya hanya bisa menemukan kepuasan hanya setelah membaca blog bung enigma..

    klo yang kayak gini di mana" jg banyak.. baru 8 meter mah ga gde bangt.. Zaman kapur bahkan mencapai 10 meter

    ReplyDelete
  64. Bung Enigma..
    Saya Mw Tanya,Itu foto yg di atas Yg Jadul itu yg ada buaya raksasa sama orang megang senapan itu asli ap Hoax? Bsar skali buayanya?

    ReplyDelete
  65. tidak percaya....

    ReplyDelete
  66. jaman modern masih ada kok buaya jumbo.. contoh si fenomenal gustave. buaya itu real jumbonya. bahkan sempet dibikin film fiksi (based on true story) bikinan hollywood "Primeval".
    coba aja liat youtube, search wiki, dll.
    last report: he's 7 metres long.

    ReplyDelete
  67. cristian :

    part I...

    om E gini saya bingung soal buaya dr tulisan2 om E... saya pny beberapa pertanyaan nih om :

    1. om inget artikel om ttg buaya HOAX TVONE tgl 10 feb 2010... di artikel itu om menulis "Jadi, ketika mendengar berita itu, tentu saja saya sama sekali tidak percaya. Jangankan 15 meter, buaya dengan panjang 5 meter saja sudah sangat jarang."

    disini saya mau nanya om.. om E bilang "buaya dengan panjang 5 meter saja sudah sangat jarang." nahh sedangkan di artikel ini pjg buaya 8,64 meter... saya berasumsi klo buaya dgn pjg 5 mtr aja jrg apalg buaya yg 8 meter bahkan 15 meter spt yg dimuat di artikel buaya TVONE... mungkin sgt JARANG atau bahkan TIDAK ADA...
    - apa sbnr nya buaya Normanton ini jg HOAX?? ada update terbaru ga om??

    ReplyDelete
  68. Cristian :

    part II

    2. Di artikel buaya TVONE di bagian benar2 penutup om nulis
    "Buaya dengan panjang 2 meter - biasa
    Buaya dengan panjang 4 meter - luar biasa
    Buaya dengan panjang 7 meter - Rekor dunia yang baru
    Buaya dengan panjang 15 meter - Benar-benar HOAX !"
    nahh... saya memperhatikan point ke 3 di tulisan di atas "Buaya dengan panjang 7 meter - Rekor dunia yang baru"...

    saya berasumsi lagi om... disitu om blg 7 meter - rekor dunia yg baru sedangkan buaya Normanton ini 8,64 meter... sbnrnya JUJUR saya ngga tau ukuran buaya terbesar spjg sejarah yg pernah di temukan brp meter, tapi dr asumsi saya menimbulkan pertanyaan... seandainya buaya 7 meter yg om blg adalah rekor yg baru..
    * apakah buaya Normanton ini masuk rekor dunia baru?? mengingat buaya ini memiliki pjg 8,64 meter..
    * ada bukti nya ga om klo emg buaya ini msk rekor dunia??

    knp saya menanyakan 2 pertanyaan ini... krn saya mericek dan menanyakan rekor buaya terbesar pada om WIKIPEDIA... 15 meter jelas Hoax... tapi saya menanyakan ukuran buaya terbesar pd 2 om WIKIPEDIA.. pertama dgn versi bhs indonesia dgn search kata "buaya" dan ini link nya http://id.wikipedia.org/wiki/Buaya#cite_note-nat-geog-1
    menurut om WIKIPEDIA versi bhs indo ttg bhs indonesia di tulis begini "Ukuran terbesar buaya muara hingga kini masih diperdebatkan. Buaya terbesar yang pernah tercatat adalah seekor buaya muara raksasa sepanjang 8,6 m, yang tertembak oleh seorang guru sekolah di Australia." saya tertuju pada buaya Normanton ini tapi saya tertarik dgn kata UKURAN BUAYA MUARA TERBESAR HINGGA KINI MASIH DIPERDEBATKAN.. hmmm.....???? confusing... mmg bgtulah om WIKI versi bhs indo... saya pun menanyakan lg ttg buaya Normanton ini lg pd om WIKI versi bhs indo dgn kata BUAYA MUARA krn om WIKI versi indo menyebutkan buaya yg tertembak di australia itu adlah buaya MUARA tp ngga ada spesifikasi mengenai ukuran buaya ini dlm artikel buaya muara menurut om WIKI ver indo...
    nahh... saya pun coba menanyakan pd om WIKI versi bhs inggris, dan sudah pasti bertanya dgn bhs inggris pula yaitu "crocodile" dan saya tidak menemukan kalimat BUAYA MUARA AUSTRALIA TERBESAR TERTEMBAK dlm artikel "crocodile" pd om WIKI ver bhs inggris, tp saya tdk menyerah dan mencoba dgn kata "saltwater crocodile" dan ini link nya http://en.wikipedia.org/wiki/Saltwater_crocodile#cite_note-monstercroc-11 dan saya menemukan kalimat yg membingungkan LAGI... (ohh nooo..) dan ini kalimat menurut om WIKI ver b.ing "A crocodile shot in Queensland in 1957 was reported to be 8.63 metres (28.3 ft) long, but no verified measurements were made and no remains of this crocodile exist." dan lagi2 ada yg menarik dlm tulisan nya yaitu "but NO VERIFIED MEASUREMENT were made and NO REMAINS of this crocodile EXIST" saya c mengartikan nya begini "tetapi tidak ada ukuran yg bisa di verifikasi dan tidak ada yg bisa menetapkankan keberadaan buaya ini" (cmiiw yaa klo salah bhs inggrisnya :p)...

    ReplyDelete
  69. Cristian :

    part III

    salah atw benar artinya kedua om WIKI ver indo dan english ini mmg membingungkan... dan saya pun berasumsi lagi klo masalah rekor dunia itu adalah tugas om GUINESS OF WORLD RECORD dan saya pun mengunjungi situs resmi nya http://www.guinnessworldrecords.com/ dan mencari CROCODILE pd mesin pencari nya disana, sbnrnya ketika saya mencari menggunakan kata itu ada 2 kemgknan hasil yg muncul... yg pertama berjudul "largest crocodile ever" dan ini menceritakan buaya purba (Sarcosuchus) berukuran 11-12 meter.. saya pun tidak tertarik dikarenakan saya mempertanyakan rekor buaya Normanton yg ditemukan pd masa yg modern bkn purba... saya beralih ke judul yg kedua "largest crocodile in captivity" ini link nya http://www.guinnessworldrecords.com/search/Details/Largest-crocodile-in-captivity/74939.htm dlm artikel itu berisi begini: Details

    Cassius, an Australian saltwater crocodile (Crocodylus porosus), is the largest crocodile in captivity at 5.5 m (18 ft). The Australian saltwater crocodile is the largest and most fearsome of today's species. Specimens can live for more than 100 years, can grow to 7 m (23 ft) and weigh more than 1 tonne (1.1 ton)!

    saya makin bingung lg ternyata buaya terbesar yg pernah di tangkap 5,5 meter... tp saya cukup lega krn disitu memiliki persamaan yaitu sama2 dari aussie.. hehe... emg c disitu gada point lainnya misalnya "largest crocodile has been shot" tp klo qta mencari pun dgn mesin pencari dgn ditambahkan spesifikasi kata shot (ditembak) malah ngga di temuin apa2... whewwww.... apalg buaya yg dicritain om WIKI jg mcm2 besarnya, di dunia buaya ada yg 5-7 meter aja... tp kq om GUINESS blg yg paling besar malah cuma 5,5 meter aja yaa.... yg 6-7 meter di sate apa di bkin abon kah??? itu data om guiness thn 2001 lagi... arggghhhh.....

    maka itu saya menanyakan pertanyaan kedua ini...

    ReplyDelete
  70. 3. ketiga klo emg BUAYA NORMANTON ini pernah di tembak sama tante Krystina,
    * apa ada kuburan (makam) buaya tsb??

    klo mmg ada, berhubung itu thn 1957 pasti uda jd fosil donk.. nahh... menurut saya bisa aja dari fosil itu om guiness meriset ulang crta ini dan menjadikan buaya ini rekor dunia sepanjang sejarah modern... tp koq aneh nya om GUINESS lbh tertarik yg buaya 5,5 meter itu yahh.... ini sii memang kalo ada makam nya... makanya jadi pertanyaan saya yg ketiga...

    saya c ngga tw soal kadar ke-HOAX-an BUAYA NORMANTON ini krn ketiga pertanyaan di atas blm di jwb, tp saya c berpendapat klo ini mgkn cuma cerita rakyat yg di buat masyarakat di sekitar sungai entah utk tujuan apa... knp saya blg entah??? krn klo utk menarik wisatawan yaa serem juga ada buaya gede gtu... ATAU mungkin juga buat nakut2in org juga kl yaa... tp utk apa??? hmmm.... emg c blog om E kan blog misteri, dan selalu ada sisi yg lain... hehe... yg pasti sisi lain buaya ini uda bkin saya "KEDER".. hehehe... joke..

    salam....

    ReplyDelete
  71. @Cristian: Kalau buaya 5 meter itu jarang. tapi tidak berarti buaya 8 meter ada. iya kan? jangan samakan buaya 8 meter dengan 15 meter. itu dua kali lipat lho. kalau 8 meter, saya masih bisa percaya ada, kalau 15 meter saya tidak percaya.

    2. Rekor dunia itu tidak berarti yang "ter" di dunia. sesuatu bisa disebut rekor dunia kalau diukur oleh pihak resmi. kalau tidak diukur pihak resmi, maka dianggap tidak ada (walaupun ada).

    penelitian kamu benar-benar seksama bro. dan saya salut untuk itu. Kalimat yang menjadi kuncinya adalah ini:

    "but no verified measurements were made and no remains of this crocodile exist."

    Jadi, selama yang ngukur bukan "pihak resmi", maka buaya itu tidak akan dianggap memecahkan rekor. misal, jika rekor dunia menahan nafas di dalam air adalah 5 menit dipegang si A. Kamu bisa menahan nafas 6 menit. Tetapi kamu tidak pernah mempelihatkannya di depan pihak resmi untuk diukur, maka kemampuan kamu dianggap "tidak pernah ada".

    3. Soal Cassius, kata "captivity" itu jadi kuncinya. Captivity artinya penangkaran. jadi ia berbicara soal buaya yang ada di penangkaran. bukan buaya yang berkeliaran dengan bebas.

    3. Soal, buaya tante cristina, memang tidak ada sisanya bro sehingga rekornya dianggap tidak sah.

    ReplyDelete
  72. kalu buaya segede ntuh ...

    mnusia bsa jdi menu pengganti mkannya nui ...

    wah wah wah

    bkal jdi lmpu kuning nui ...

    sebaiknya d tngkap za,lalu d truh d kbun bntang,...

    tpi mau d muat pke pa ea ....??!!

    ReplyDelete
  73. seperti gustave ya brother enigma? di film primeval

    ReplyDelete
  74. terlalu cepat ngambil kesimpulan kalau buaya 8m jd yg terbesar, hehe bukan pgn mengada2, yg lbh dr 8m sebenar nya ada. Buaya muara ukuran nya ekstrim2, dan sudah menjadi hal yg biasa di kalimantan sudah gak asing sama nama nya buaya besar. ^^

    ReplyDelete
  75. pembandingnya adl orang di blkang fto buaya monster itu

    ReplyDelete
  76. kayaknya itu hewan kuchiyose
    wkwkwk

    ReplyDelete