Monday, November 15, 2010

Mengenal sedikit media-media penyebar hoax - The Onion dan Weekly World News

Postingan ini bukan postingan misteri, tetapi memecahkan banyak sekali misteri. Saya akan mengajak kalian untuk melihat dua media asing yang mungkin paling bertanggung jawab dalam penyebaran hoax di Indonesia, yaitu The Onion dan Weekly World News.


Hari ini saya mendapat tantangan dari seseorang untuk memecahkan sebuah misteri, yaitu penemuan sebuah patung malaikat yang berusia 200.000 tahun. Mungkin tidak terlalu aneh, tetapi patung ini ditemukan di bulan. Ketika kalian mendengarnya, sensor di kepala kalian mungkin segera bereaksi dan mengirim satu kata ke pikiran kalian, yaitu "HOAX".

Benar sekali. Kisah penemuan itu memang hoax.

Kali ini saya akan menulis mengenai satu cara untuk mengetahui apakah suatu berita hoax atau bukan. Cara ini tidak membutuhkan analisa mendalam yang rumit. Cara yang saya maksud adalah melihat sumber pertama berita. Tentu saja, karena kebanyakan berita yang beredar adalah hasil copy paste, kita mungkin sedikit kesulitan menemukan sumber aslinya. Tetapi kita bisa melakukannya dengan bantuan google.

Di Amerika dan Eropa, ada banyak media yang mengkhususkan diri dalam berita parodi atau satir. Media semacam ini mencampuradukkan antara kisah fiktif dengan kisah nyata. Namun, tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan karena mereka menyatakan dengan jelas kalau mereka adalah media parodi dan satir. Semua pelanggannya mengetahui dengan jelas kalau kisah yang ditampilkan hanya fiksi. Tetapi mereka menganggapnya hanya sebagai sebuah hiburan. Tidak ada yang menganggapnya sebagai kisah yang serius.

Nah, jika kalian menemukan sebuah kisah spektakuler (yang sepertinya mustahil) yang bersumber dari media-media semacam ini, kalian boleh menganggapnya sebagai hoax.

Dua di antara media parodi yang paling terkenal adalah The Onion dan Weekly World News.

The Onion

The Onion adalah media parodi yang beredar dalam bentuk tabloid di Amerika Serikat dan berdiri pada tahun 1988. Ketika internet booming, media ini pun menciptakan theonion.com. Luar biasanya sirkulasi tabloid ini mencapai hingga 690.000 eksemplar.

Banyak berita parodi atau satir yang dimuat oleh the onion kemudian tersebar dan diberitakan oleh media-media utama lainnya. Contohnya, the onion pernah mempublikasikan berita parodi yang berjudul "Para anggota kongres mengancam akan meninggalkan Washington DC kecuali pemerintah membangun gedung DPR yang baru". Berita ini kemudian dikutip oleh Beijing Evening News yang kemudian juga dikutip oleh Reuters.

Hebatnya, walaupun The Onion sudah mengklarifikasinya, Beijing Evening News menolak mencabut berita itu dan menuntut adanya bukti kalau berita itu bohong. Luar biasa! Belakangan, Beijing Evening News menyerah dan mencabut berita itu sambil mengeluarkan respon marah: "Beberapa media kecil Amerika secara teratur memalsukan berita untuk menipu orang-orang dengan tujuan menghasilkan uang."

Memang benar. Tetapi The Onion telah memberitahukan kepada para pembacanya sejak awal kalau mereka adalah media parodi. Sayangnya media besar seperti Beijing Evening News tidak pernah membaca pemberitahuan itu.

Mayat Michael Jackson
Pada tanggal 16 Maret 2005, The Onion menurunkan berita kalau pihak kepolisian yang meneliti Ranch neverland milik Michael Jackson menemukan sebuah mayat yang setelah diidentifikasi ternyata merupakan mayat Michael Jackson. Menurut berita itu, mayat tersebut telah meninggal sekitar 18 atau 20 tahun yang lalu, yang artinya Michael Jakcson yang saat itu masih hidup adalah seorang penipu yang sedang menyamar!

Saya pernah diminta oleh dua pembaca untuk meneliti kisah ini. Sekarang kalian tahu kalau semuanya hoax belaka.

Neil Armstrong dan konspirasi pendaratan bulan
Pada September 2009, dua koran Bangladesh, The Daily Manab Zamin dan The New Nation memuat berita mengenai Neil Armstrong. Kedua media tersebut mencantumkan the onion sebagai sumber. Dalam berita tersebut dikatakan kalau Neil Armstrong telah mengadakan konferensi pers untuk memberikan pengakuan kalau pendaratan di bulan adalah palsu dan merupakan hasil rekayasa terencana. Setelah menyadari kalau berita itu adalah berita parodi, kedua media tersebut kemudian meminta maaf kepada pembacanya karena tidak memeriksa kebenaran berita tersebut sebelumnya.

Justin Bieber dan Paedophilia
Berita terakhir dari The Onion yang cukup membuat heboh adalah mengenai Justin Bieber. The Onion menurunkan berita kalau Justin Bieber, idola para remaja yang baru berusia 16 tahun, sesungguhnya adalah seorang paedophilia berusia 51 tahun yang sedang menyamar.

Kisah ini tentu saja sangat lucu, aneh dan tidak dapat dipercaya. Tetapi banyak yang mempercayai kisah ini dan saya menerima banyak permintaan untuk menyelidiki hal ini. Sekarang kalian pun mengetahui kalau kisah ini hanyalah sebuah hoax.

Jadi, bagi para wanita, kalian bisa bernafas lega sekarang.

Weekly World News
Nah, majalah yang satu ini lebih hebat. Ia sudah berdiri sejak tahun 1979 dan paling banyak menghasilkan hoax yang beredar di Indonesia. Saat ini, edisi cetak majalah ini sudah tidak beredar lagi, namun masih beredar dalam bentuk online.

Salah satu kisah hoax yang dimuat oleh majalah ini dan dianggap sebagai kebenaran adalah kisah mengenai dua penumpang kapal Titanic yang ditemukan puluhan tahun setelah tenggelam tanpa menjadi tua sedikit pun. Saya sudah pernah menulis mengenai ini. Kalian bisa melihatnya disini.

Andrew Carlssin - Time Traveler dari tahun 2256
Pada tanggal 16 April 2009, saya menulis mengenai Andrew Carlssin, seorang pria yang mengaku berasal dari tahun 2256. Sebelum saya menulis mengenai Carlssin, saya masuk ke google.co.id dan mengetik nama "Andrew Carlssin". Tidak ada satupun hasil pencarian dari Indonesia yang muncul. Jadi, saya tahu kalau tidak ada satupun blogger Indonesia yang pernah menulis mengenai pria ini. Lalu, saya menulis dan mempostingnya pada tanggal 16 April 2009.

2 hari kemudian, tulisan itu masuk menjadi 10 besar berita top di lintasberita.com. Satu minggu setelah itu, saya kembali masuk ke google.co.id dan mengetik nama itu kembali. Kali ini, saya menemukan lebih dari 20 blog yang berisi kisah mengenai Carlssin. Tulisan itu telah dikopas dimana-mana!

Sekarang, jumlah itu lebih banyak lagi dan yang membuat saya menjadi tidak enak hati adalah banyak yang menganggap kisah itu sebagai kebenaran!

Pada saat itu, saya menulis mengenai Carlssin karena berita itu dimuat di yahoo news. Tetapi masalahnya, yahoo news ternyata mengutipnya dari Weekly World News (WWN).

Saat ini, sensor hoax saya telah bekerja dengan lebih baik dan saya percaya kalau Carlssin adalah hoax karena memang saya tidak menemukan bukti keberadaannya. Saya juga sudah memindahkan tulisan itu ke kategori hoax di blog ini.

Bayi naga di dalam toples

Kisah lain yang bersumber dari WWN dan sering dianggap sebagai kebenaran adalah kisah mengenai bayi naga di dalam toples atau pickled dragon. Kisah ini beredar pada Desember 2003 dan disertai dengan sebuah foto.

Disebutkan kalau seorang pria bernama David Hart dari Inggris memiliki bayi naga yang diawetkan di dalam toples di dalam garasi mobilnya di Oxfordshire. Namun, kisah tersebut ternyata cuma hoax karena bayi naga itu sebenarnya adalah sebuah model yang digunakan oleh BBC untuk membuat film dokumenter "Walking with Dinosaurus".

Patung Malaikat berusia 200.000 tahun di bulan
Kisah hoax lain yang bersumber dari WWN adalah penemuan patung malaikat yang berusia 200.000 tahun di bulan. Bahkan WWN menyertakannya dengan sebuah foto. Jangan heran karena WWN juga membuat foto-foto hoax untuk mendukung beritanya.

Mengapa kita mempercayai berita ini, Padahal bukan national geographic yang memberitakannya?

Bukankah aneh jika sebuah media parodi yang memberitakan penemuan spektakuler seperti ini? Mengapa media besar yang lain tidak memberitakannya?

Ataukah kita mengira pemerintah Amerika telah berkonspirasi meminta semua media besar untuk menutupi penemuan ini dan Weekly World News menjadi satu-satunya media pemberani yang tidak bisa dibungkam?

Ingat, sumber utama sangat penting untuk menilai kebenaran sebuah berita. Kisah penemuan patung malaikat yang berusia 200.000 tahun itu sesungguhnya adalah berita lama yang diambil dari majalah WWN edisi Mei 1995.

Masihkah kalian mempercayainya?

Bahkan ada berita lain yang lebih mengada-ngada dari WWN berkaitan dengan penemuan artefak misterius di bulan, yaitu penemuan janin bayi berusia 200.000 tahun (usianya sama dengan patung malaikat itu). Berita ini dimuat pada edisi februari 1993.

Semakin mengada-ngada?

Tunggu, ada lagi. Lihat contoh-contoh berita lain yang diangkat oleh WWN.


Setelah melihat judul-judul majalah itu, kita akan semakin tertawa geli karena tagline majalah WWN adalah: The world's only reliable newspaper.

What a great sense of humor!

Megan Fox adalah Pria
Ini cuma intermezzo. Tidak ada hubungan dengan misteri. Saya memasukkan kisah ini karena saya menemukan berita ini beredar cukup luas di internet.

Megan Fox, pemeran wanita utama di film Transformer, pernah berkata dengan nada sarkastis kalau ia terlihat seperti pria. Orang-orang mulai berbisik-bisik, lalu masuklah WWN di saat yang tepat seperti ini.


Kemudian mereka menurunkan berita kalau Megan Fox memang seorang pria yang dulunya bernama Mitchell Fox. Berita ini segera menyebar seperti jamur di musim hujan dan banyak yang menganggapnya sebagai berita yang benar.

Tetapi, ini juga hoax. Megan Fox is not a man!

Jadi, bagi para pria, kalian bisa bernafas lega sekarang.

Cina akan meledakkan bulan
Saya pernah mendapat email dari pembaca yang meminta saya untuk menyelidiki kisah ini. Menurut kisah yang beredar, pemerintah Cina sedang merencanakan untuk menyingkirkan bulan dengan cara meledakkannya dengan nuklir. Tujuannya supaya bisa mengendalikan cuaca.

Bayangkan betapa konyolnya berita ini! Bulan mau disingkirkan? Kalau bulan disingkirkan, siapa yang akan membantu menerangi malam di bumi?

Saya cukup heran karena berita ini bisa tersebar luas dan dianggap serius. Soalnya, tidak ada satupun media utama yang memberitakan soal ini.

Tunggu...ehem, ternyata ada satu media utama yang memberitakannya, yaitu kompas.com.

Lihat sumbernya.

Ternyata sumber berita ini berasal dari WWN!

Kompas dengan sukses turut menyebar hoax ini sehingga kemudian dibahas di forum-forum dan dicopy paste ke banyak blog.

Hebatnya Weekly World News!

Lain kali, jika kalian menemukan sebuah berita yang spektakuler dan sukar untuk dipercaya dan sumber utamanya adalah The Onion atau Weekly World News, anggaplah berita itu hanya sebagai hiburan. Jangan dianggap serius.

Jika kalian ingin melihat berita-berita yang ditampilkan oleh The Onion dan Weekly World News, kalian bisa mengunjungi situs mereka.

(wikipedia, wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

153 comments:

  1. wiih, mantep sekali bahas kayak gini, om enig

    MANTAPPP !

    ReplyDelete
  2. 5 besar??hehe..

    -viona-

    ReplyDelete
  3. Ooooo...ternyata begitu ya om,cuma bo'ongan aja semuanya,hahaha...nice share....
    -viona-

    ReplyDelete
  4. 5 besar...

    -tommy-

    ReplyDelete
  5. met pagi bang enigma.

    ijin baca,ya...

    ReplyDelete
  6. dasfafafafa
    gagal pertamax...
    :(

    dari tadi nungguin

    ReplyDelete
  7. pantesan lama posting,, ternyata bang,E ditantang,,, hehe

    ReplyDelete
  8. Hahaha... ternyata semuanya adalah HOAX.

    ReplyDelete
  9. wah belum muncul ni komentar,,

    untung penampakan wanita ga diberitain sama the union dan Weekly World News..hehe

    ReplyDelete
  10. Yang paling gak setuju adalah hoax tentang megan fox....padahal mbahware sudah terlanjur ehem sama nih cewek.....wakakakakakaka

    ReplyDelete
  11. hmmm. . . .mantap info na gan.

    ReplyDelete
  12. ya sy sering mengunjungi WWN. memang asyik ya kayak beneran gitu.

    ReplyDelete
  13. Hoax nya mantap hahahaha......
    Lama gak nengok Mr.ENIGMA,waduh ketinggalan banyak postingan nih..

    ichabod_CRANE

    ReplyDelete
  14. Bang.E ketiduran?? belum muncul juga,

    ReplyDelete
  15. memang bohongan majalah online itu, aq uda pernah buka tapi hoax semua. :D

    ReplyDelete
  16. He....he......
    ada-ada aja media di dunia ini apalagi yang sudah dikuasai sekelompok elit untuk mengubah wacana dunia.

    ReplyDelete
  17. Beritanya terlalu luar biasa untuk sebuah fakta =hoax

    ReplyDelete
  18. Apakah berita mengenai John Titor sang time traveler juga merupakah berita Hoax.?, soal y aku ragu dg kbnrn brita ini, meskipun d blog ini jg prnh membhs y..tpi..kyk y..hoax jg ya.?

    ReplyDelete
  19. Saya juga sekarang ndak begtu percaya sama media massa bro, terlalu dibesar2kan beritanya, hehehe...
    btw, topik yang nggak pernah saya bayangkan sebelumnya, gud job bro

    ReplyDelete
  20. Tagline Weekly World News : The World's only Reliable News...sangat kontras sekali dengan faktanya.
    Setelah saya sambangi situsnya, ternyata banyak sekali berita2 yang kesannya dibuat2..
    Btw, apakah artikel ini kesimpulan anda sendiri bro Enigma? hebat dah :)

    ReplyDelete
  21. para hoaxer ya bang?? hahaha hidup tanpa hoax ga rame kali ya? heheh

    ReplyDelete
  22. Wow! Keren banget nih! Saya juga sempat berpikir akan memposting kebenaran soal Patung Malaikat di Bulan (Benar2 haox maksud saya) tapi saya rasa dari Mr. E sudah sangat cukup dan memadai...saya paling suka dengan naga dalam botol...seperti gingseng saja bentuknya..hehe..

    ReplyDelete
  23. jadi jangan percaya ama berita dari the onion dan weekly world news ya haha

    ReplyDelete
  24. Bung Enig hebaaatt!!

    ReplyDelete
  25. Dan ternyata yang membahayakan dari berita hoax ini adalah sistem copy paste yang dilakukan oleh situs berita lain untuk mengabarkan berita tsb.
    -dm-

    ReplyDelete
  26. Wuaooww... Great job om E :D

    ReplyDelete
  27. emang jaman sekarang kudu ati-ati ama berita yach...klo nggak hoax..black propaganda.....
    good job bang enigma......

    ReplyDelete
  28. Berita tentang penumpang kapal Titanic yang muncul kembali dan orang yang memegang handphone dari film Charlie Chaplin pernah muncul di Silet RCTI. Dan disandingkan dengan berita bencana alam yang terjadi di Indonsia. Parah banget tanpa memastikan fakta mereka membuat kepanikan publik Indonesia. Mau gak mau saya jadi berpikir infotaiment memang benar2 sampah. Yah kesimpulannya pasti redaksi Silet belum baca blog mas enigma ini jadi gak bisa bedain fakta dan fiksi hehehe.....

    ReplyDelete
  29. huuuuff....
    yang menarik dari posting di atas adalah Megan Fox BUKAN LAKI2!!! she's a woman!!! yuuuhuuuuy..
    nice posting mr enigma :)

    ReplyDelete
  30. hahaha, menarik sekali bung enigma
    mencerahkan ;)

    ReplyDelete
  31. Lam kenal bang enig!!!
    Biasanya jadi silent reader doang tapi akhirnya memberanikan diri buat komen XD

    Good job bang enig..I Like It!!!

    ReplyDelete
  32. sangat informatif en melegakan
    XD XD

    keep posting Bang E

    ReplyDelete
  33. mantab mantab mantab..
    thanks berat bro enigma. kyny byk org indonesia perlu tw informasi ini nih. dmulai dr temen dulu x ya.. izin sebar bang.. cayoo

    ReplyDelete
  34. iya tuh bener banget.the onion emang sering dibahas situs reddit.benar2 penipuan.haha...

    ReplyDelete
  35. om enig bahas tentang teori evolusi vs adam hawa donk.. sampai sekarang msh membingungkan.. thanx om..

    ReplyDelete
  36. emang weekly world news dari dulu begitu ya bang ?
    saya baru tahu :D hehe
    crop circle nya bang :P

    ReplyDelete
  37. setiap baca postingan baru om enigma gw selalu dapat pencerahan, rupanya om enigma turut membantu pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa, hehe :)

    ReplyDelete
  38. BlackBurn

    Sayang sekali Megan Fox bukan laki2...
    padahal boleh juga tuh hihihi... (lho?)

    ReplyDelete
  39. udah lama gq comment, apa kabar bung enigma???
    biasa'y commen pake anonymous "antonny kid"
    hehehehe...
    Hey frens, ada yg lebih konyol lagi neh!!
    berita tentang cina ngeledakin bulan, di wwn.com masih ada yg nanggepin serius. wahahahaha
    abis baca artikel ini, gw coba buka2 lagi wwn. com n ketemu satu artikel kocak..
    "Megan fox marries, but she's still a man"
    WAKAKAKAKAKAK,, konyol.
    keep on your msteri mr E

    ReplyDelete
  40. Angulus Ludovici:
    Postingan Bro Enigma kali ini mahal harganya, ibarat main truf, postingan kali ini adalah kartu truf yang tinggi nilainya.

    Mantap Bro Enigma!
    Btw, Alien Interviewnya kok gak diposting2 sih? Hoax kah?

    ReplyDelete
  41. entahlah, mungkin kisah Justin Biber itu membuat Bro Enigma cukup bernapas lega. bukankah Bro Enigma adalah fans Justin Biber... hohoho.. (^.^)

    ReplyDelete
  42. Koreksi sedikit, sebetulnya bulan tidak menerangi bumi, tapi mataharilah yang meneranginya. Karena bulan hanya bertugas menyerap dan memantulkan sinar kebumi.

    ReplyDelete
  43. Om Enigma, emangnya kalo di blog, tulisan nya ngga' bisa di protect ya? ntar di copas lagi tanpa backlink lg lho.

    itu jg udah sy info in di IMFo ttg tulisan "Misteri Dover Demon" yg di copas tanpa backlink. hati-hati ya om...

    ReplyDelete
  44. Mr e.anda memang hebat

    ReplyDelete
  45. ngakak bc klmt terakhir ttg bieber ma megan fox... ^.^d
    gud job mr e!
    Tp mnrt aku, wwn ma tu the onion sgt menghibur c... Apalagi kalau kita uda tau itu hoax... Ga cpk geleng2 kepala ajah liad mereka bs dapat imajinasi segila itu...
    En semoga salah satu redaksi kompas bc artikel ini, so ga bkl membantu menyebarkan berita hoax di indo lg...
    Keep posting mr e...!
    Hoshihime

    ReplyDelete
  46. hahahhaa.
    ngga nyangka berita hoax : cina akan menghancurkan bulan di copy sama kompas :ngakak

    ReplyDelete
  47. iyah teh onion emang gilaa wa suka yg ngomongin justin biber 50 years old

    malah ntuh berita di pake troll buat buli2 fans jB
    u bisa liat artikelnyah disini

    http://encyclopediadramatica.com/Main_Page

    oh iyah dah pernah liat lom Film yg diadaptasi dari the onion news

    bisa di cari filenyah di indowebster ceers

    ReplyDelete
  48. @Anonymous no.49 (kang uwais): memprotect tulisan itu sepertinya tidak ada gunanya. Kalau orang memang mau copas, pasti akan ketemu cara untuk membobolnya. Yang penting itu kesadaran saja. Terima kasih ya untuk perhatiannya. :)

    ReplyDelete
  49. alhamdulilah, ternyata meganfox perempuan beneran..

    by: mr. atheist

    ReplyDelete
  50. anaktataumalu:
    hahaha...i like it...

    ReplyDelete
  51. Email ke kingdom.enigma@gmail.com. kok gak bisa?

    ReplyDelete
  52. SUMPAH DEH, POSTINGAN OM ENIGMA DARI DULU EMANG MANTAP2 !!!!

    ga sia2 nunggu posting lama,
    wekkekekke

    ReplyDelete
  53. Postingan yg keren..
    Gw setuju sm yg d ats, "Mencerdaskan khidupan bangsa"
    ;-)

    Btw, bln ini kok bung enig jrg bner posting..
    Pdhl tiap hr w slalu cek, apa ad postingan yg baru..

    -andra-

    ReplyDelete
  54. ahahaha yang megan fox benar2 bikin lega :D, nice banget bang enigma, bener2 menginspirasi :)

    ufobeliever

    ReplyDelete
  55. aaaaaaaarrrrrrggggghhhhhh..!!!! padahal baru kemarin sore aku ngecek blog ini..! waktu kuliat lagi, udah ada posting baru+60 comments..!! klo gini cranya gimana bisa pertamaxx.... T_T

    huuu...huuu...
    bang Enigma! nice post! :')

    ReplyDelete
  56. wah keren bung E,ternyata banyak Hoax yg dianggap nyata oleh orang-orang di indonesia..

    cyberpillar

    ReplyDelete
  57. membayangkan megan fox ternyata lelaki,... ;|
    hahahaha,!

    nice post bang E,!

    ReplyDelete
  58. wahaha...
    baru tau...
    ternyata WWN...
    bagus bung Enigma!!

    ReplyDelete
  59. Good job, bang Enigma!!!
    Sangat informatif.

    ReplyDelete
  60. nice info gan... baru tahu neh, waspada aja dengan webnews hoax...

    ReplyDelete
  61. hakakakka.... keren banget.. XD

    ReplyDelete
  62. berita2 hoax seperti itu seperti sebuah imajinasi yg sulit dipercaya tetapi membuat kita lebih bersemangat untuk mempercayainya, mungkin karena kita menginginkan sesuatu yang benar2 berbeda dari apa yang sebelumnya kita percayai, hehhe..

    ReplyDelete
  63. Terima kasih atas infonya kok ada ya orang yg suka bikin hoax?

    ReplyDelete
  64. niat bener mereka bikin hoax begitu.

    ReplyDelete
  65. wihh.. master Hoax emang tuh !! hhe
    mas enigma punya FB ga ?

    ReplyDelete
  66. Waaa..
    aku ketinggalan.. T,T

    Yasudah yang penting komen..

    KEREN!!

    Terbukti kalo orang indonesia tuh sukanya copas aja..

    ReplyDelete
  67. saya kasih jempol buat the onion dan weekly world news.. menertawakan kekonyolan dunia dengan parodi2 cerdas, bahkan bisa menghasilkan uang dari situ.. XDD

    ReplyDelete
  68. untunglah megan fox benar-benar cewe tulen,,

    ReplyDelete
  69. hahahahahaha! justin pedofil ato ga sy biasa aja tuh.. bukan fansnya soalnya.. :P
    btw, naganya kereeennn.. :D

    ReplyDelete
  70. werlington
    lebih parah lagi infotainment indonesia yg suka mengangkat berita yg wahhhh tanpa mikir 2x,contohnya tentang sms gempa yogyakarta and time traveler di film caplin.kalo ane jd menkominfo bakal buat satu situs resmi yg khusus meluruskan berita yg wahhh terutama yg dari luar negri biar masyarakat kita gak kemakan ama hoax (mulianya cita-cita ane...hahahahaha)
    bos enigma kasih tau donk tuh media besar yg suka blunder biar gunain metode sensor hoax nya boz enigma (sapa tau boz jd penasehatnya...hahahhaha)
    thanx boz enigma....

    ReplyDelete
  71. Aditya KrispurwandaNovember 16, 2010 at 9:53 PM

    Thanks infonya Bro.E

    ReplyDelete
  72. Bro, enigma kenal Blog the Noock kan?? What happened to him?? Karya anda berdua adalah bacaan favorit saya, thank's... GBU

    ReplyDelete
  73. ROTFLOL............wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  74. dari Tresna Asti

    saya ketinggalan banyak hal... T,T

    ReplyDelete
  75. baca setiap posting demi posting membuat kita jadi lebih pinter dgn analisis nya sang guru ^^

    ReplyDelete
  76. postingan bang E yg paling kerennnnnn :)

    4 thumbs up !!


    ryan crb

    ReplyDelete
  77. bung Enigma, bisa tolong selidiki foto ini
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4507596

    ReplyDelete
  78. walaupun BOHONG, tetapi bisa membuat geger dunia
    bagaimana dengan kebohongan yang lebih halus lagi ya? diberbagai bidang, misalnya ekonomi, politik, dan sejarah..... :(

    thx infonya enigma, izin salin ya...

    ReplyDelete
  79. om enigma,makin keren aja nih postingannya..!
    hehehe
    thx buat infonya..

    izin salin ya.. X)

    ReplyDelete
  80. bener2 Hoax yang luar biasa.....

    nice info Mr.E
    tapi sebenarnya yg membuat saia heran sekaligus kagum foto2nya kelihatan nyata banget
    apa pake photoshop ya???

    ReplyDelete
  81. werlington
    boz itu anak alien yg di gendong tangannya kurang ajar banget yah......hahahahaha
    ane jg mau di gendong kaya gt mah....

    ReplyDelete
  82. gila manteb analisanya
    kompas kena juga (-_-')

    ReplyDelete
  83. infotaiment indonesia kadang nggak jelas acaranya harusnya nguak tentang kasus2 ma kisah2 sebriti malah ngasih berita nggak jelas........, pokoknya nice info Bro E.......

    ReplyDelete
  84. Benar2 keren...saya mau coba buat ah....hahahhaha sukses gak ya kira2.

    ReplyDelete
  85. HUAHAHAHHAHAA... Tks infonya Bro Enigma!! Ternyata saya kena tipu!! saya pernah baca kisah China yang ingin nge-bom Bulan.. bahkan dengan serunya saya sempat bertukar pikiran dan argumen dengan istri... hahha... gubluk!!

    Tapi nggak papa... jadi tau juga..!!

    ReplyDelete
  86. muantap cara pengkajian asal usul beritanya...gua angkat Jempol dah Buat Om Enigma....Salut dah

    ReplyDelete
  87. Jenny said:

    @Anonymous
    yg di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4507596

    gw rasa itu bukan time traveller menggunakan HP berkamera tapi...
    yg di gunakan memotret menggunakan jenis kamera jadul merk Rolleiflex buatan Rollei, Jerman

    ini gbr2 nya..

    http://3.bp.blogspot.com/_trYfM1m9OGY/S0puE96bqvI/AAAAAAAAD7s/T8UO0s8IoX0/s200/40.jpg

    http://1.bp.blogspot.com/_trYfM1m9OGY/S0puCNBMVtI/AAAAAAAAD7U/oiWeBZX3GDM/s200/37.jpg

    http://1.bp.blogspot.com/_trYfM1m9OGY/S0puEOzsbpI/AAAAAAAAD7k/NpfdIy6dqa4/s200/39.jpg

    http://farm3.static.flickr.com/2745/4021043975_3a25021a23.jpg

    ReplyDelete
  88. Bro, bro mungkin sudah membaca ini dan malas menanggapi tulisan blog lain. tetapi sebelum bro enigma yang memberikan analisanya, kami penggemar2 misteri merasa kurang puas. yak, ini linknya dari blog vahn saryu:
    http://vahn-saryu1.blogspot.com/2010/11/benarkah-pesawat-induk-alien-ditemukan.html
    vahn nya sendiri belum menemukan jawaban lebih lanjut jadi kami mohon bro membantu mencari jawaban, karena ini salah satu misteri paling besar yang pernah saya dengar!
    please paling tidak temukan apakah berita ini bersumber dari WWN/UNION?
    trims

    ReplyDelete
  89. yang pendaratan di bulan itu sempet di bahas di beberapa forum ... geli gw ... temen2 pada percaya kalo neil amstrong gak pernah kebulan .. pake ngeyel lagi ...

    ReplyDelete
  90. Ataukah kita mengira pemerintah Amerika telah berkonspirasi meminta semua media besar untuk menutupi penemuan ini dan Weekly World News menjadi satu-satunya media pemberani yang tidak bisa dibungkam? (Ini 100% Setuju)

    Untunglah Megan fox cwe tulen.. Whahaha...

    ReplyDelete
  91. wah bukan cuma surat kabar di infotimen juga menyebar luaskan hoax

    ReplyDelete
  92. The Onion emang spesialisasinya bikin berita2 plesetan kok. Cuma emang masih banyak orang yg ga ngerti soal itu sehingga banyak yg langsung menelan beritanya mentah2

    ReplyDelete
  93. TheOneWhoShouldNeverEverEverEverToBeNamedNovember 19, 2010 at 3:33 PM

    O... jadi ledakan di bulan itu palsu toh, sampe sampe beritanya juga kesebar di kaskus.. kirain ane beneran....

    ReplyDelete
  94. keren banget bang. i like this

    ReplyDelete
  95. Terima kasih atas pengetahuan ini, enigma.

    ReplyDelete
  96. saya paling suka yang alien salaman ma presiden amerika yang lama!! bush... keliatannya akrab banget!!!

    ReplyDelete
  97. wah bagus blog na gan,, muantap pembahasannya.

    ReplyDelete
  98. walaupun menyebarkan berita bohong, tapi masih ada juga orang yang percaya ya...

    ReplyDelete
  99. iya juga.... berita ttg penumpang titanic yg selamat yg hoa juga dari WWN......

    ReplyDelete
  100. kalo bulan pernah terbelah, menurut bung Enigma Hoax apa bukan?

    ReplyDelete
  101. Ada satu tuh blog Indonesia yg hobi menerjemahkan berita dari situs-situs itu. Beberapa berita hoax blog ini juga sempat membuat aku tertipu. Masa katanya Hudson IMB bukan manusia.

    Yang lucu waktu blog itu tulis berita hoax soal FPI bilang Miyabi penyebab bencana Indonesia. Beberapa hari kemudian, FPI benar-benar bilang begitu wkwkwkwk

    ReplyDelete
  102. Makanya jangan gampang percaya terhadap segala sesuatu

    ReplyDelete
  103. wah, baru tahu neh ada yang beginian..
    thanks buat infonya pak :D

    ReplyDelete
  104. Iye,kayak project Apollo dibilang hoax.. aya -aya wae banget orang sini, kena mental padang pasir kali ya...

    ReplyDelete
  105. gosip aja

    http://serbakulit.weebly.com/hubungi.html

    ReplyDelete
  106. Hahahaha Coool.. Makasih OM.. :)

    ReplyDelete
  107. ha ha
    lagi2 weeklyworld news bikin ngakak
    http://www.facebook.com/l.php?u=http://weeklyworldnews.com/headlines/27321/facebook-will-end-on-march-15th/&h=0bdb9

    ReplyDelete
  108. waduh, baru2 ini ada berita facebook akanm ditutup di WWN. Hoax donk tuh, hahahahaaa :D

    ReplyDelete
  109. ternyata begitu, berarti berita ini bisa juga di bilang hoax ya...

    http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fweeklyworldnews.com%2Fheadlines%2F27321%2Ffacebook-will-end-on-march-15th%2F&h=93a0b

    ReplyDelete
  110. hehe baca berita Facebook tutup hari ini jadi inget artikel sampean ini....lucunya di akhir artikel mereka (OkeZone, vivanews, ada lagi?) mengatakan bahwa WWN cuma WWN yang memberitakan dan WWN terkenal jauh dari kebenaran....Lhah maksudnya apa wartawan kita ini nulis berita ini? mau janiin News mereka Hoax?
    bahkan media Indonesia aja serius...duh emang kebablasan wartawan kita http://www.mediaindonesia.com/mediagadget/index.php/read/2011/01/10/596/1/Tidak-Mustahil-Facebook-Ditutup-

    ReplyDelete
  111. Ya itulah manusia
    terutama hoak yg membesar2kan kebohongan yg berhubungan dengan agama. PASTI SUKSES !!!
    Manusia membutuhkan Berita bohong untuk mendukung kebesaran dan kebenaran agamanya. Malaikat, Bulan terbelah, Batu melayang....
    Sukses untuk enigma yg tidak mudah menerima 'kehebatan' dan 'kemukjijatan' sesuatu, tetapi membahsanya dengan akal pikiran tenang

    ReplyDelete
  112. bharu baru ini malah facebook dikabarkan mau ditutup sama mark zuckerberg..ada-ada aja tuh weekly world news..

    ReplyDelete
  113. eweuh gawe nyieun berita hoax

    ReplyDelete
  114. ahahaha ampe media sekelas kompas pun tertipu ...

    ReplyDelete
  115. Merlin!
    Ternyata berita mayatnya MJ tu cuma hoax, toh?

    (komat-kamit alhamdulillah 1000x)

    MJ masih hidup!

    ReplyDelete
  116. wah canggih ni TS nya, mantab infonya bung, gw jd sering2 maen ke blog enigma deh :D

    ReplyDelete
  117. kasih List donk bang pa ja sumber berita yg suka menampilkan berita hoax, krn saya sering mencari berita di internet, dan yuppzz sering sekali saya tertipu dengan berita" hoax tsb,, mksh...kasih List donk bang pa ja sumber berita yg suka menampilkan berita hoax, krn saya sering mencari berita di internet, dan yuppzz sering sekali saya tertipu dengan berita" hoax tsb,, mksh...

    ReplyDelete
  118. wah gw jg kemakan hoax nih kalo megan fox tuh katanya cowo
    cowo ato cewe yg penting sexy :D wkwkwk

    ReplyDelete
  119. The Onion & WWN MEMANG mengada-ngada,, agar berita dari dia laku keras di pasaran ahahahah

    ReplyDelete
  120. the onion & WWN memang rajanya hoax,, jangan" perusahaannya the onion dan WWN juga hoax ahahaha

    ReplyDelete
  121. bagus ni berita!!..
    saya minta izin copas ya..

    ReplyDelete
  122. keren infonya
    makasih gan
    salam kunjung

    ReplyDelete
  123. Ringan namun bermanfaat :)

    Trims bung E

    ReplyDelete
  124. Thanks informasinya Bang Enigma...BRAVO

    ReplyDelete
  125. "Megan Fox is a Man :!!"
    Wkwkwk.. ga bisa berhenti ketawa gue. Bnr bnr ya hoax nya. Eh pas baca komen yg lain bilang di situs hoax tsb ada lagi berita Megan Fox:
    "Megan Fox now married. But she still a man..!!!"
    WKWKWKWK... Sumpa ini posting terlucu. Blog ini emang hebat. Selama ini gue cuma baca doang, silent readers, suka ama postingan Bang Enigma ini. Tapi skrg udah ga kuat lagi pengen komen, gara gara Megan Fox

    ReplyDelete
  126. ane sebagai pembaca hanya bisa menikmati aja...!!!
    makasih min udah share..ane pembaca setia ENIGMA !!!

    ReplyDelete
  127. Ehem, itu sumber beritanya dari wikipedia? Padahal wikipedia sendiri dikenal sumber hoax. Silahkan para praktisi akademisi, kalau ga pertanya silahkan tanya lecturer anda, boelh ga ngutip dari wikipedia? Kebanyakan pasti bakal kasih lampu merah.
    No offence, cuma lain kali artikel jangan ngasih sumber zonk juga.
    Ini mah sama aja berita anti kebohongan yang ternyata bersumber dari kebohongan

    ReplyDelete
  128. biarpun ente ngejelasin kalo berita tentang justin bibir paedofil itu hoax, tetep aja gua masih percaya oawkoawkawko :v

    ReplyDelete
  129. Bang, mau tanya bagaimana caranya agar bisa bikin buku seperti blog ini ?

    ReplyDelete
  130. tgok media kalian sendiri dulu.. jgn diamalkan tabiat suka memburukkan kepunyaan negara lain sdngkan media kalian sendiri mengeluarkan berita gk benar.. itu yg dinamakan tak sedar diri.

    ReplyDelete
  131. agak sama dengan media indonesia, berita bohong ngakunya fakta!
    bingung-bingung

    ReplyDelete
  132. WWN emang media aneh bin ajaib... haha
    bisa menimbulkan kehebohan

    ReplyDelete
  133. gimana kalo seandainya WWN adalah sebuah media konspirasi amerika? membuat semuanya jadi lelucon jadi jika ada satu berita yang benar dan lepas ke publik mereka tinggal masukin aja ke WWN trus semua orang akan beranggapan kalo semua cuma hoax..

    ReplyDelete