Monday, November 8, 2010

Misteri Dover Demon

Hanya sedikit makhluk misterius yang bisa dihubungkan dengan dunia cryptozoology dan dunia ufology sekaligus. Dover Demon adalah salah satunya. Namun karena nama itu diberikan oleh seorang cryptozoologist, maka Dover Demon akhirnya lebih dikenal sebagai makhluk cryptid ketimbang alien.


Tidak seperti Nessie yang terlihat selama rentang waktu sekitar 1.500 tahun, Dover Demon hanya terlihat selama 3 hari. Namun itu cukup untuk membuat makhluk ini masuk ke dalam daftar makhluk-makhluk cryptid paling misterius di dunia dan menjadi subjek penelitian cryptozoology yang cukup panjang hingga hari ini.

Perjumpaan Bill Bartlett
Semuanya bermula pada tanggal 21 April 1977, pukul 10:30 malam.

Saat itu, tiga orang pemuda berusia sekitar 17 tahun sedang mengendarai mobil di wilayah Massachusetts, Amerika Serikat. Bill Bartlett memegang kemudi sementara dua temannya yang lain asyik mengobrol.

Tiba-tiba, lampu mobil menyoroti satu sosok aneh.

Bill terkejut dengan apa yang baru saja dilihatnya. Semula ia mengira sedang melihat seekor anjing atau kucing, namun ia menyadari kalau makhluk itu tidak seperti yang disangkanya.

Tubuh makhluk itu tergolong aneh karena tidak proporsional dengan kepala besarnya yang terlihat seperti melon. Matanya bulat seperti kelereng, berwarna oranye dan terlihat bercahaya. Tangan dan kakinya sangat kurus dan panjang dihiasi dengan jari-jari yang sangat tipis.

Tetapi apa yang membuat Bill terkesima adalah penampilan wajahnya yang tidak biasa. Wajah itu rata, tanpa hidung, mulut atau telinga.

Walaupun tersorot oleh lampu mobil yang silau, makhluk itu sepertinya tidak peduli. Bill melihat ia merangkak dari dinding batu ke arah jalan raya dengan telapak tangannya yang tipis sebelum akhirnya menghilang di kegelapan malam.

Rekan-rekan Bill yang lain sedang sibuk berbicara satu sama lain sehingga tidak sempat melihat makhluk itu. Tetapi Bill tahu kalau ia tidak salah lihat - seekor makhluk aneh yang belum pernah dijumpainya sebelumnya.

Jadi, pada malam itu, makhluk yang di kemudian hari disebut Dover Demon tampil untuk pertama kalinya.

Beberapa jam kemudian, makhluk itu kembali muncul di hadapan saksi lainnya.

Perjumpaan John Baxter
2 jam kemudian, tidak jauh dari situ, John Baxter, 15 tahun, dan Pete Mitchell, 13 tahun, sedang berjalan pulang ke rumahnya sehabis mengunjungi rumah seorang teman.

Tiba-tiba, mata mereka tertuju kepada sebuah figur bertubuh kecil yang terlihat di kejauhan. John mengira figur itu adalah temannya yang bernama Bouchard yang juga bertubuh kecil. Jadi ia memanggil namanya.

Tidak ada respon. John dan Pete pun mendekat.

Sosok kecil itu kemudian berlari ke arah selokan, berhenti di samping sebuah pohon dan berdiri sesaat di situ. Pada saat itulah mereka berdua menyadari kalau figur itu bukan Bouchard.

"Makhluk itu berdiri pada jarak sekitar 15 kaki dari tempatku berdiri. Kami hanya berdiri disitu sambil memandanginya. Aku yakin kalau makhluk itu pun memandangiku." Kata John sambil mengingat peristiwa malam itu.

Beberapa saat kemudian makhluk itu menghilang ke arah hutan. John merasakan jantungnya berdetak dengan lebih cepat. Lalu ia berlari ke arah Farm Street dan pulang ke rumahnya. Malam itu ia menggambar sketsa makhluk yang dilihatnya dan sketsa itu ternyata mirip dengan sketsa yang juga digambar oleh Bill Bartlett.

Hari berikutnya, dua saksi lainnya kembali melihat makhluk itu.

Perjumpaan Abby Brabham
Pada pagi hari tanggal 23 April 1977, Will Traintor, 18 tahun, sedang menyetir di Springdale Avenue untuk mengantar pulang pacarnya yang bernama Abby Brabham, 15 tahun.

Sementara mobil melaju, tanpa sengaja Abby melihat satu makhluk aneh sedang berdiri di sisi kiri jalan raya.
"Makhluk itu terlihat seperti seekor kera. Lalu aku melihat kepalanya dan menyadari kalau kepala itu terlalu besar dan aneh..Matanya berwarna hijau terang dan terlihat bersinar dan sepertinya sedang memandangiku."
Makhluk itu menyentuh tanah dengan kedua tangan dan kakinya. Abby memperkirakan makhluk itu memiliki tinggi kurang lebih sama dengan seekor kambing. Deskripsi yang diberikan Abby sama dengan deskripsi yang diberikan Bill Bartlett. Bedanya, Abby menyebutkan kalau makhluk itu memiliki mata berwarna hijau terang, bukan oranye.

Sketsa yang dibuat oleh Abby Brabham

Ketika laporan penampakan ini sampai ke pihak yang berwajib, Bartlett, Baxter, Brabham dan Traintor memberikan sketsa makhluk yang dilihat oleh mereka. Dan ketiga sketsa itu memperlihatkan makhluk yang serupa!

Untuk menegaskan kembali pengalaman itu, dalam sketsanya, Bill menuliskan satu kalimat: "Aku Bill Bartlett, bersumpah di atas Alkitab kalau aku benar-benar melihat makhluk itu."

Sketsa yang dibuat berdasarkan laporan Bill Bartlett

Tidak lama kemudian, kisah perjumpaan itu sampai ke telinga Loren Coleman, seorang Cryptozoologist ternama yang tinggal di daerah itu. Ia kemudian mengajak peneliti UFO bernama Walter Webb dan Ed Fogg untuk menyelidiki kasus ini bersama-sama.

Sketsa yang dibuat berdasarkan laporan John Baxter

Mereka melakukan wawancara terhadap para saksi, para guru dan petugas polisi.

Setelah melakukan penyelidikan selama-berhari-hari, mereka menyimpulkan kalau para saksi ini tidak merekayasa penampakan ini karena mereka menceritakan perjumpaan dengan makhluk yang sama walaupun tidak saling mengenal sebelumnya.

Kemudian Loren Coleman menyebut makhluk ini dengan sebutan Dover Demon. Media menyukainya dan makhluk itu pun mendapatkan nama resminya hingga sekarang.

Sampai saat itu, tidak ada yang pernah tahu identitas makhluk itu sebenarnya.

Makhluk apakah itu?
Sebagian orang percaya kalau makhluk itu adalah alien karena kemiripannya dengan makhluk-makhluk alien di penampakan-penampakan UFO. Yang lain berpendapat kalau makhluk itu mungkin adalah hewan spesies baru yang belum dikenal, makhluk mutan atau hybrid.

Sebagian lainnya bahkan meragukan kredibilitas penampakan ini mengingat semua saksi adalah anak-anak remaja. Contohnya adalah teori Martin S.Kottmeyer. Ia percaya kalau apa yang dilihat oleh para saksi itu sesungguhnya hanyalah seekor rusa muda. Posisi mata di wajahnya, tidak adanya hidung serta mulut, mirip sekali dengan deskripsi kepala rusa muda. Lagipula semua penampakan terjadi pada malam hari sehingga imajinasi saksi akan dengan mudah menipu mereka.

Rusa muda

Tetapi Coleman percaya kalau makhluk ini lebih misterius daripada yang disangka. Menurut Coleman, sejarah kota Dover dipenuhi oleh hal-hal misterius.
"Di kota ini, kita memiliki tiga legenda besar yang terjadi. Pertama, penampakan kuda siluman, lalu legenda harta karun yang terkubur dan kemudian Dover Demon. Menurut saya hal ini saling terhubung."
Jadi, apakah mungkin para remaja itu telah melihat rusa atau anak kuda seperti yang dipercaya sebagian orang?

Coleman tidak yakin mengenai itu. Ia telah menyisir daerah itu dan tidak menemukan satu peternak pun yang kehilangan kuda. Mengenai rusa, hanya ada dua rusa yang pernah terlihat di Massachusetts, yaitu tahun 1977 dan 1978. Keduanya berada di Massachusetts tengah, bukan di wilayah terjadinya penampakan. Lagipula, jika memang makhluk yang dilihat para saksi adalah kedua rusa itu, maka ukurannya tidak mungkin sekecil itu. Dengan demikian identitas makhluk ini masih misterius.

Jika makhluk ini memang spesies yang tidak dikenal, mengapa hanya terlihat selama tiga hari?

Pertanyaan ini juga membingungkan Coleman. Menurutnya:
"Mengenai Dover Demon, tidak pernah ada makhluk seperti itu dilaporkan sebelumnya. Dover Demon tidak sesuai dengan deskripsi Chupacabra, alien Roswell ataupun kelelawar telinga besar yang pernah menyerang satu keluarga di Kentucky tahun 1955. Kasus ini unik karena tidak memiliki koneksi dengan fenomena yang lain."
Dan karena keunikan itu, misteri Dover Demon tetap tidak terpecahkan hingga saat ini.

Dover Demon - misteri abadi
Pada tahun 2006, wartawan dari Boston Globe menemui Bill Bartlett untuk mengenang kembali perjumpaannya dengan Dover Demon. Setelah 29 tahun berlalu Bill tetap bertahan pada kesaksiannya dan menegaskan kembali kalau ia tidak merekayasa kisah itu.

Bahkan Bill mengatakan kalau ia menyesal telah menceritakan kisah itu karena kredibilitasnya mulai dipertanyakan oleh banyak orang.
"Aku tidak tahu apa yang kulihat waktu itu."

"Yang pasti, aku tahu kalau aku telah melihat sesuatu. Aku tidak merekayasa kisah itu, walaupun kadang aku berharap telah merekayasanya. Aku tidak pernah mencoba untuk menjadi lucu. Semua orang yang mengenalku tahu kalau aku tidak mengarang semua ini."

"Aku berharap makhluk itu muncul kembali supaya semua orang tahu kalau aku menceritakan yang sebenarnya."

Loren Coleman memberikan refleksinya sendiri mengenai Dover Demon.
"Tidak apa jika kita mengatakan kalau kita tidak mengetahui jawaban atas misteri ini.’’

"Saya kira misteri Dover Demon akan terus hidup. Penampakan itu adalah fenomena tidak terjelaskan yang kemashyurannya telah tersebar ke seluruh dunia, dan saya kira kota Dover akan bangga dengan hal itu."
(strangene.com, boston.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

116 comments:

  1. ah, bang enigma, i love ur blog, inspiratif banget, oya, apa planet nibiru dah ga da kabarnya? apa ada hub sama bencana alam akhir2 ini?

    ReplyDelete
  2. kalau rusa rasanya tidak mungkin deh...kepalanya terlalu kecil

    ReplyDelete
  3. wow 3 besar.

    Ray On

    ReplyDelete
  4. jago nyari bahan postingannya ni si abang

    ReplyDelete
  5. 10 besar...ha..ha..

    ReplyDelete
  6. @vhanz Setubu..... bang.E banyak sumbernya.

    ReplyDelete
  7. @Dunia Qtoy: Saya malah nggak pernah denger lagi. saya kira kehebohan nibiru malah sudah lenyap bersamaan dengan kiamat 2012.

    @Vhanz dan Fauzieuy: Sumbernya cuma satu. GOOGLE.

    ReplyDelete
  8. a.waHyu.s said...

    Mkhluk apa yha itu..
    Hhm.. Syng sx cma hnya ada 3 laporn pnampkn'a.
    Mngkn klw lbh bnyg lporn pnampkn'a idntitas'a bsa trbkti..


    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  9. wow..akhirnya 5 besar
    izin baca dl bang

    NO~NamE

    ReplyDelete
  10. @bang.E : jhhiaaaah, kalo itu mah bukan sumber lagi, uda jadi gudang informasi, haha

    ReplyDelete
  11. kea na bkan deh ntu rusa, klo pun ntu bnatang yg mengalami ca2t genetik kog cma 3 hri muncul na ?
    Klo itu alien, ap ga da pnampakan cahaya2 aneh ato ufo sblum2 nya ? Ato itu bnatang piaraan alien yg ktinggalan d bumi waktu alien nya lgi on vacation di bumi ? = ]

    ReplyDelete
  12. Sketsa yang dibuat oleh Amy Brabham berbeda dengan sketsa yang dibuat oleh Bill Bartlett dan John Baxter.

    ReplyDelete
  13. @Anak baru: sebenarnya sketsa yang lain bukan dibuat oleh bartlett dan baxter, tetapi dibuat oleh orang lain berdasarkan deskripsi mereka (seperti yang saya tulis di caption). Kalau yang dibuat abby memang tidak mirip ya. malah mirip anjing tekel. yang mirip cuma kepalanya yang botak.

    ReplyDelete
  14. kalau alien iya gag sih bang enigma ?
    kok sebutannya beda..saya kira sama dengan alien ..hehe

    ReplyDelete
  15. maybe yes...maybe no... didunia ini gak ada yang gak mungkin..kita hidup berdampingan dengan sekitarnya...bahkan kita sedang diperhatikan makhluk lain..itupun tidak kita sadari..

    thanks to postingnya Mr.E.

    @uncle me

    ReplyDelete
  16. maklum aja deskripsi abby ga jelas..dia kan abiz pulang dari dugem ama pacarnya

    ReplyDelete
  17. @Ito: Makanya, karena peneliti utamanya Loren Coleman yang cryptozoologist, maka ia memasukkannya ke dalam kategori cryptid, bukan alien.

    ReplyDelete
  18. atm_taufiq

    kalau di lihat dari penjelasan para saksi n di tambah lagi dg sketsa, dan dilihat nya pd malam hari. saya rasa itu adalah Tarsius dewasa.

    ReplyDelete
  19. Benar. mengapa hanya tiga hari ya? apakah makhluk itu hilang ditelan bumi? ataukah makhluk itu sesuatu yang spiritual? Seperti tuyul misalnya. XD
    Karena ketiga anak itu tidak saling janjian, maka kisahnya menjadi lebih kredibel. Tapi saya rasa penampakan ini bisa jadi terkenal karena diblow up sama Loren Coleman. Kalau tidak, penampakan 3 hari itu cuma akan jadi berita tabloid sehari dua hari. Tapi saya sepakat. ini memang misteri yang tidak/belum bisa terpecahkan.

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  20. Dari bentuknya uda terbukti kalau dekripsinya sama dengan mahkluk alien. Kepala besar, mata besar, muka rata, kulitnya mirip dengan kadal. Om Enigma Bahas tentang Meteor 2030 donx..

    By.LoS NeyjaN

    ReplyDelete
  21. Kepala botak, nggak berambut. persis seperti alien gray. hihi. seharusnya dicek apakah ada penampakan ufo pada saat terjadinya penampakan. Hmm, menarik ya. XD

    ReplyDelete
  22. Mungkin aja peliharaan alien yang lepas, 3 hari kemudian baru bisa ditangkap lagi sama alien.

    ZULFA

    ReplyDelete
  23. waktu yg cocok ama orang yang 'lagi parno' plus publikasi yang bagus...klop deh...slalu jadi ramuan tuk sesuatu yang menarik

    ReplyDelete
  24. bung enigma
    bahas HAARP juga donk.
    apa iya gempa mentawai dan merapi akibat dari HAARP??

    ReplyDelete
  25. Saya sudah pernah menulis soal haarp disini:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/09/haarp-benarkah-amerika-telah-mendapat.html

    Kalau menghubungkan soal tsunami mentawai dan merapi dengan HAARP, itu spekulasi liar. Saya rasa tidak ada hubungannya.

    ReplyDelete
  26. Wah dh banyak komen nie..Baca dl ah.,

    ReplyDelete
  27. bro enigma tulis tentang blue beam project dunk!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  28. enigma said... 17
    @Anak baru: sebenarnya sketsa yang lain bukan dibuat oleh bartlett dan baxter, tetapi dibuat oleh orang lain berdasarkan deskripsi mereka (seperti yang saya tulis di caption). Kalau yang dibuat abby memang tidak mirip ya. malah mirip anjing tekel. yang mirip cuma kepalanya yang botak.


    yupz... benar... bung enig. mungkin yg di lihat si abby anjingnya DOVER DEMON.
    Bung Enig bahas tentang lubang raksasa guatemala donk...!

    ReplyDelete
  29. saya lebih cenderung menganggap itu si "grey", mungkin dia telat naik piring terbang, ditinggal temen2nya, hehehe

    ReplyDelete
  30. makhluk primata berkepala besar...
    kera hydrochepalus... -__-?

    ReplyDelete
  31. Dover demon ya??? emang mirip bangsa alien di lihat dari seketsanya dan emang makhluk yang misterius.. mungkin akan lama tetap jadi miisteri......dan saya sangat setuju dengan kata Loren Coleman yang terakhir itu......

    oh ya Klo Shadow Demon saya suka bro E. itu salah satu Hero favoritku di game Dota....... hehehhe

    ReplyDelete
  32. blog ni memang best . banyak memberi informasi misteri .

    love from malaysia . :)

    ReplyDelete
  33. Hmmm... Kejadiannya 3 hari di bulan April, ya?
    Lg April Mop kayaknya....

    ReplyDelete
  34. bisa tukeran link bro

    blog anda sudah saya pasang

    http://fenstermundo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  35. makhluk2 aneh itu munculnya di tempat2 yang sepi, membuat orang lain tak percaya ada.

    ReplyDelete
  36. Karena itulah blog misteri ini ada untuk mengupas hal2 yang menjadi misteri baik yang terungkapkan atau tidak.Karena kita hidup berdampingan dengan misteri2 tsb dan bhkan tdk bisa terlepas darinya. -dm-

    ReplyDelete
  37. jadi menurutku itu rusa

    ~ryan uchiha~

    ReplyDelete
  38. Wow.. Sketsanya si Jhon keren..
    Gambarnya Abby aneh.. Haha

    Jgn2 itu anak orangutan yg kurang gizi.. Haha XD

    ReplyDelete
  39. nunggun komentar dari phenomena, hihihi...
    Btw, rasanya saya pernah melihat sketsa Dover Demon, mirip dengan makhluk cryptid lain, tapi apa ya...mohon pencerahannya bro..

    ReplyDelete
  40. apa binatang jg bisa kena hydrochepalus... Truss, apa ada penderita hydrochepalus yg rambutnya subur... Hahhahh... Terlalu misterius sepertinya...
    HoshiHime

    ReplyDelete
  41. Ardana said..Apakah ada kemungkinan itu mahluk jadi2 an bro!Di bali banyak tuh..Coba aja datang ke tempat angker saban jumat kliwon.Dijamin da bisa tidur deh besoknya!

    ReplyDelete
  42. werlington
    untung penampakannya di amrik,kalo di indonesia udah pasti diteriakin seeetttaaannnn...
    aneh yah makhluk cryptid kaya gini banyak di temuinnya di amrik atau eropa,mungkin disana daerah pendemik mutan,monster,cryptid,alien,ufo(pokonya yg misterius aja lah..) kali yah.....
    thanx boz enigma...!!!!

    ReplyDelete
  43. Hahaha... Gambar abby lucu banget,,, hohohoho

    Yang jelas gak mungkin rusa muda.. Sketsanya aja gak ada kuping, jelas botak...
    trus keknya rusa gak punya jari2 halus gt deh *mklm. Lom pernah liat rusa asli*
    Apa lagi rusa bisa berdiri, wuiihh,, kecuali rusa sirkus deh... Wkwkwk....

    -ppong

    ReplyDelete
  44. numpang pendapat bung E..
    menurut saya itu mungkin sejenis rusa yang masih kecil, tapi kena kelainan genetis, dan sangatlah wajar kalau keburu mati sebelum dewasa...

    masalah warna mata bukannya kalo hewan kayak rusa gitu malem - malem disinari cahaya emang matanya memantulkan warna hijau gitu ya? g cuma rusa dink...

    oh iya, di blog saya ada yang tanya kuil abydos, saya kasih link ke enigma ya.. :D

    ReplyDelete
  45. keren enaigma...i a your fan

    ReplyDelete
  46. Yg seperti ini, kapan ada di Indonesia?

    Yg terdokumentasi dgn baik dan tdk dianggap hal2 gaib.

    ReplyDelete
  47. bang enigma, gimana ttg awan bentuk petruk itu? udah dapat informasinya?

    regards,
    arashita

    ReplyDelete
  48. waduh kecolongan pertamax
    ilustrasinya mirip alien di film" euy

    ReplyDelete
  49. hi bung enigma aku sering baca postingannya nice info

    ReplyDelete
  50. http://unic77.blogspot.com/2010/11/video-heboh-ufo-terlihat-jelas-di-atas.html

    tlng di cek hoax ga bang? ufonya kok kartun bgt?

    ReplyDelete
  51. Love topic....unidentified object......great job bang E

    ReplyDelete
  52. oh udah di cek sama Loren Coleman ya bang ..hehe
    yaudah aku percaya :P

    Crop circle nya ditambah dong bang :)
    sukses :)

    ReplyDelete
  53. makhluknya mengerikan jg ya?bikin mimpi buruk deh.

    ReplyDelete
  54. @anak baru: mengenai sinkhole guetamala, kamu bisa baca disini:
    http://uni-object.blogspot.com/2010/07/penjelasan-lubang-raksasa-di-guatemala.html

    @Boby_rn: sudah saya pasang di bagian blog misteri. Thanks ya.

    @Vahn: mungkin maksud kamu foto alien di taman Chili.

    @Ardana: Kalau bicara makhluk jadi2an, susah. haha.

    @Ixan: terima kasih banyak ya.

    @arashita apsari: menurut saya awan petruk itu bukan rekayasa. namun efek pareidolia.

    ReplyDelete
  55. @Anonymous no.55: saya setuju, ufonya kartun sekali. saya rasa itu hoax. tapi saya tidak bisa membuktikannya.

    ReplyDelete
  56. Coba kejadiannya siang, mungkin misteri ini bakalan gak ada

    ReplyDelete
  57. kenapa ya tulisan tangan orang barat jelek? Gak jelek sih, lebih tepat dibilang unik. Coba perhatiin di gambar di atas, atau di film2, OOT.

    ReplyDelete
  58. Kalau begitu cahaya matanya darimana ya?

    ReplyDelete
  59. mungkin hewan peliharaannya gremlin hehehe

    ReplyDelete
  60. @sebuah tips : cahaya matanya mungkin sama seperti mata kucing atau anjing kalau kena lampu senter, jadi itu cahayanya pantulan.....mungkin...

    ReplyDelete
  61. http://internasional.kompas.com/read/2010/11/09/1051167/Mencekam..UFO.Berkilauan.Cahaya.Biru.-7

    bahas ini dong bang e..

    ReplyDelete
  62. Bro En, artikelny ad yg ngopas http://www.apakabardunia.com/post/tahukah-kamu/5-makhluk-bumi-yang-mungkin-mampu-hidup-di-luar-angkasa

    ReplyDelete
  63. sama-sama bung E...
    itung-itung membenarkan kesalahan yang beredar...

    *tapi sebenernya kecewa juga sih, lebih berharap ukirannya beneran helikopter dsb soalnya,,hhe... :D

    ReplyDelete
  64. pareidolia, ya. btw makasih ya, bang, udah memberi teori.

    regards,
    arashita

    ReplyDelete
  65. Mr.E bisa jelasin nggak fenomena ini
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3483885

    ReplyDelete
  66. bang enig, pendapat saya, soal mata yang beda itu mungkin karna lampu mobil saja... kaya kucing kan...
    o y, pengartian kata2 Bill yang terakhir d artikel tersebut g enak d baca bang, pertama saya, trus jadi aku... jadi bingung... hhe...

    ReplyDelete
  67. Myhead 5012 said :

    haha...

    Whoa.... head nya gede amat.. mirip sama Myhead.. haha..

    keren, keep posting brother

    haha...

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  68. Om E, apa tempat penampakan pertama dan kedua berdekatan dengan tempat penampakan ketiga? Lalu apa jarak dari tempat penampakan yang satu ke yang lain semakin jauh? Kalo iya, apa mungkin makhluk itu sedang dalam perjalanan ke suatu tempat?

    Thanks before,
    ~ Nakamori Kyo ~

    ReplyDelete
  69. sipp mantap informasinya

    ReplyDelete
  70. @pradipta25: sudah saya perbaiki. terima kasih atas koreksinya.

    @Joko pakusumo: saya sudah pernah posting soal itu disini:
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/03/inbox-awan-dan-pelangi-aneh-di-atas.html

    @Nakamori Kyo: Saya tidak tahu lokasi persisnya. Yang pasti masih di kota dover.

    ReplyDelete
  71. sebenarnya misteri terbesar dari cerita ini adalah kenapa orang2 menganggap ini sebuah misteri?

    ***************** I don't get it **************

    hahahahahahaha :p

    ReplyDelete
  72. Mas, ini ada thread bagus misteri, ini linknya mas:

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5886597

    misteri yang ada di dalamnya, saya rasa patut dibahas oleh mas..

    oya mas, jika ingin mengirimkan email, saya kirim ke email mas apa ya? apakah nanti di feedback oleh mas?

    Mercy 111010

    ReplyDelete
  73. Beberapa dari link itu sudah pernah saya bahas. yang lainnya menyusul ya. Kalau mau kirim email, kirim saja ke: kingdom.enigma@gmail.com. akan saya balas nanti.

    ReplyDelete
  74. Ah ya saya ingat bro,meski ga terlalu mirip, namun menurut saya ada kemiripan dengan sketsa Hopskinsville Goblin.Kalo dibandingkan dengan foto alien taman Chili, bukannya terlalu kecil bro?

    ReplyDelete
  75. nyimak dolo gan,.hehe...lma ga koment nih ane,.hehe

    ReplyDelete
  76. Bung Enigma, coba cros cek dengan terekamnya sejenis mahluk halus oleh kamera hp di bogor ketika ada 3 anak remaja yang sedang main gitar di depan rumahnya pas malam2,cari di youtube, sepertinya ada. Dulu pernah saya lihat.mahluknya Kok mirip dengan yang di ilustrasikan ya. THx

    ReplyDelete
  77. Wah, kayaknya bung enigma ini potensi sejarawannya tinggi ya

    ReplyDelete
  78. Bung Enigma ini link-nya...Mirip Dover demon tapi lokasi Bogor. Coba Cek. THX.
    http://www.youtube.com/watch?v=zQ6_qQSaRvY
    Tolong bahas sekalian ya...hehe..

    ReplyDelete
  79. memangnya alien tu beneran ada ia?????
    jd penaran kyak gmna ia????

    ow ia mas E. bikin tulisan tentang ilmu neotic dong,,,saya penasaran kaya gmna si ilmu ituu...

    ReplyDelete
  80. bro enigma emang keren
    lebih banyak bahas tentang tempat & fenomena misterius dong
    boleh req g?
    bahas Spontaneous Human Invisibility bang
    udh pernah kah?

    ReplyDelete
  81. jgn2 ini ni bang E

    http://ide-gue.blogspot.com/2010/05/heboh-bangkai-makhluk-aneh-ditemukan-di.html


    ryan crb

    ReplyDelete
  82. halo...
    gua anak bru d blog
    add gua.

    ReplyDelete
  83. itu mungkin hewan yang kena hydrocepalus ya???
    hahaha...
    Udah ngikutin ni blog dari dulu tapi baru komen sekarang.
    My first comment.

    hehehe

    ReplyDelete
  84. lala said...

    halo brother udah lama nii ga kasih comment..
    ternyata di dunia ini masih penuh dengan misteri ya.. tapi itu justru yang menarik..
    keep posting brother!!!

    ReplyDelete
  85. Mr.E mo tanya nih soal ukiran atronot di salah satu pilar gereja Katedral Salamanca, pada abad ke-16. untuk lebih jelas liat di http://terselubung.blogspot.com/2010/06/beberapa-bukti-seseorang-melakukan.html

    ReplyDelete
  86. nice post bro enigma .



    by the way , saya boleh request satu topik tidak ?

    saya ingin mengetahui ttg "The Football" , tas hitam yang selalu ada disamping presiden amerika .

    kalau bisa tolong secepatnya ya , sebab saya sangat penasaran dengan tas tsb .

    trims.

    ReplyDelete
  87. Aditya KirspurwandaNovember 12, 2010 at 3:14 PM

    Penjelasan yg bagus Bung Enigma :)

    ReplyDelete
  88. Bang enigma kan selama ini selalu fokus mengetengahkan hal2 yg aneh2x dari luar tuh,. gimana kalau sekarang coba mengetengahkan hal22x yg aneh dari negeri sendiri semacam 'santet/teluh' 'jenglot' dll sebagainya.. kan cukup misteri juga dan made in dalam negeri :)

    ReplyDelete
  89. keren!! kalau makhluk ini sudah resmi tercatat dalam spesies tertentu, hal ini akan berbeda dengan zaman sebelum gorila resmi tercatat sebagai hewan mamalia karena makhluk ini benar-benar mirip alien dan gurita! hehe..

    ReplyDelete
  90. Hanya 3 hari, tapi benar-benar membuat penasaran. Omong-omong, apakah penampakan makhluk dengan ciri-ciri seperti itu hanya ada di wilayah Dover? Soalnya ciri-ciri fisiknya mirip dengan alien yang biasa digambarkan & mengingat kemunculan UFO itu termasuk lumayan mendunia, mungkinkah makhluk ini juga sempat muncul di belahan dunia lain?

    ReplyDelete
  91. oke terima kasih atas perhatiannya mas.

    Mercy 121110

    ReplyDelete
  92. seperti yang di katakan para saksi
    ngak mungkin itu ada lah sebuah rusa soalnya bisa memanjat di batu atau pohon kan tadi....
    mana ada rusa yang bisa manjat
    wkawkkawkkwa

    ReplyDelete
  93. waaa kakak chris ,myheart, nakashima gak muncul2...hmm padahal kakak chris mengikuti terus. and malas gak nemuin teman-temannya yang laen ,ckckckckckckck peace kak chris

    ReplyDelete
  94. menurut abang soal penemuan yang di duga kapal nabi nuh ntu gmn bang??

    ReplyDelete
  95. Nih OOt nih, (skip aja kalo gak mau baca)

    @anonim 101: ha? emangnya ka chris dsini y?

    ReplyDelete
  96. bung enigma,saya tertarik dengan blog anda...maukah anda tukeran link dengan saya??
    saya sudah memasang link blog anda di blog saya, imam-suryana.blogspot.com

    ReplyDelete
  97. @Imam: link kamu sudah saya pasang. Thanks ya.

    ReplyDelete
  98. lama bener updatenya broth....

    ReplyDelete
  99. bgus bgt bang thank's buat infonya....

    ReplyDelete
  100. Mas tlg ,kupas tuntas video mereana mordegard glesgorv ,...apakah bner,jujur aja sy ndak berani liat video ini,..

    ReplyDelete
  101. mas,
    saya mau tanya.
    apa bener di toraja ada ritual pembangkitan mayat?
    trus apa mayat itu jadi punya nyawa lagi?

    Arizal Z

    ReplyDelete
  102. Mirip tuyul yang videonya terkenal di youtube

    ReplyDelete
  103. maaf ya bukannya saya mau bersikap tidak menghormati, hanya saja saya beranggapan bahwa semua alien things yang Anda ungkap di sini adalah manifestasi dari jin saja, sebagai orang beragama saya meyakini adaknya jin dan juga sifat2nya, dia antaranya bisa berubah wujud, bisa bergerak dengan kecepatan cahaya, dan juga bisa menampakkan diri pada manusia, dan menurut saya itu semua ada hubungannya dengan penampakan2 alien ataupun makhluk cryptid di seluruh dunia, jadi sebenarnya misteri2 yang belum terpecahkan saat ini sudah ada jawabannya, tinggal hati kita saja bisa menerimanya nggak, terima kasih.

    ReplyDelete
  104. bisa ada bisa juga tidak, wallohu a'lam

    ReplyDelete
  105. siapa yg bilank 2012 kiamat? zzzzz.....

    soal nibiru & dll itu masih menjadi topic hangat karena masih dipikrkan mengapa info" seperti itu muncul & dari mana asal muasalnya....

    memank di bbrp belahan bumi ini byk sekali bekas" jejak kehidupan yang bukan dihuni oleh manusia tepatnya.....

    tp itu masih misteri.....

    ReplyDelete
  106. nice,,,kapan makhluk tu main ke sini yaa,,,,

    ReplyDelete
  107. gmana dgn Jack Reaper dan Elizabeth
    Pembunuh terkejam sepanjang Sejarah

    ReplyDelete
  108. manteb nie, bikin w penasaran artike artikelnya

    ReplyDelete