Monday, November 22, 2010

Misteri Nameless Thing of Berkeley Square

Lebih dari 100 tahun yang lalu, sesuatu yang mengerikan terjadi di Berkeley Square.


Nameless Thing of Berkeley Square adalah sebuah julukan yang diberikan kepada entitas misterius yang terlihat pada abad ke 18 dan 19 di sebuah gedung era Victorian bernama 50 Berkeley Square di Inggris.


Walaupun kebanyakan peneliti lebih condong memasukkan peristiwa ini ke dalam kategori supranatural, sebagian lainnya beranggapan kalau entitas ini dapat dimasukkan ke dalam kategori Cryptid atau Predator. Ini juga alasan mengapa saya mau menulis mengenai makhluk ini.

Gedung yang angker
Kisah misteri ini berpusat pada sebuah kompleks perumahan yang disebut Berkeley Square.

Kompleks Berkeley Square dibangun pada tahun 1740 oleh seorang arsitek bernama William Kent. Kompleks ini pernah menjadi tempat kediaman tokoh-tokoh penting, diantaranya adalah Winston Churchill yang tinggal di gedung no.48. Lalu, George Canning, perdana menteri Inggris tahun 1827. Ia tinggal di gedung no.50. Dan di gedung inilah, misteri ini berawal.

Tidak ada yang tahu pasti kapan dan bagaimana gedung ini mendapatkan reputasi angkernya. Namun, peristiwa aneh yang menyertai gedung ini sebenarnya sudah dimulai sejak akhir tahun 1700an. Konon menurut legenda, seorang anak perempuan yang tinggal di gedung itu dibunuh dengan sadis oleh pengasuhnya. Sejak saat itu, arwah gadis kecil itu sering terlihat sedang menangis di lantai atas.

Namun baru pada tahun 1840, gedung ini berhasil membangun reputasinya menjadi salah satu bangunan yang paling ditakuti di Inggris.

Horor di lantai dua
Pada tahun itu, Sir Robert Warboys yang baru berusia 20 tahun mendengar rumor mengenai gedung angker itu. Dibesarkan sebagai seorang terpelajar, Warboys menganggap rendah rumor itu dan memandangnya hanya sebagai sebuah urban legend. Rekan Warboys yang tidak setuju dengan pandangan itu segera menantangnya untuk bermalam di lantai dua gedung itu.

Dengan angkuh, ia menerima tantangan itu.

Setelah berhasil meyakinkan sang penjaga gedung, Warboys diberikan sebuah kamar di lantai dua, persis di atas kamar sang penjaga.

Di kemudian hari, kamar itu akan disebut sebagai salah satu kamar yang paling angker di Inggris.

Lalu Warboys naik ke kamar tidur itu berbekal sebuah pistol dan sebatang lilin.

Empat puluh lima menit kemudian, sang penjaga terbangun dari tidurnya. Ia mendengar suara ribut di kamar atas, kamar yang didiami Warboys. Beberapa detik kemudian, suara tembakan terdengar. Dengan tergesa-gesa, ia segera beranjak dan berlari menuju ke atas. Sesampai di pintu kamar, ia segera mendobraknya dengan paksa.

Apa yang dilihatnya tidak akan pernah dilupakannya seumur hidup.

Kondisi di dalam kamar itu hampir tidak berubah. Namun, di sudut kamar yang remang-remang, Sir Robert Warboys terbujur kaku sambil memegang erat pistolnya yang masih mengeluarkan asap. Ia sudah tidak bernyawa lagi!

Apa yang lebih mengerikan adalah ekspresi wajah Warboys.

Giginya mengatup dengan rapat, dan kedua matanya melotot seakan-akan hendak meloncat keluar dari tengkoraknya. Sepertinya ia telah melihat sesuatu yang mengerikan yang telah membunuhnya seketika.

Tidak ada petunjuk mengenai apa yang telah menyebabkan Warboys tewas dengan tragis. Sang penjaga hanya menemukan sebuah lubang di dinding akibat peluru yang ditembakkan dari pistolnya.

Apa yang telah ditembaknya?

Yang pasti "sesuatu" yang mengerikan.

Beberapa puluh tahun kemudian, "sesuatu" itu muncul kembali. Kali ini, ia terlihat oleh saksi yang hidup!

Pengalaman dua pelaut
Pada tahun 1887, dua pelaut dari kapal HMS Penelope di Portsmouth bernama Robert Martin dan Edward Blunden yang baru saja menghabiskan uang untuk mabuk-mabukan masuk ke kompleks Berkeley Square dan memutuskan untuk masuk ke salah satu gedung yang ada disitu untuk mencari tempat beristirahat. Kebetulan mereka memilih gedung no.50.

Saat itu, 50 Berkeley Street sudah tidak berpenghuni dan dalam keadaan kosong.

Kemudian mereka berhasil menemukan jalan masuk ke basement dan mendobrak masuk ke dalamnya. Karena menemukan kondisi lantai yang lembab, keduanya naik ke atas, lalu tidur di kamar yang sama dengan kamar yang ditempati Warboys.

Ketika memasuki kamar itu, Blunden yang sepertinya lebih tidak mabuk dibanding Martin segera menyadari kalau suasana di kamar itu membuatnya gelisah. Ia mengatakan kalau ia merasakan kehadiran "sesuatu". Namun Martin segera menenangkannya dengan membuka jendela kamar untuk membiarkan angin malam berhembus masuk.

Sekitar satu jam kemudian, sekitar tengah malam, Blunden terbangun karena mendengar suara pintu kamar berderik. Sambil menggosokkan matanya, ia melihat pintu kamar telah terbuka.

Blunden yang heran kemudian memeriksa sekelilingnya.

Tiba-tiba ia melihat sesuatu!

Dalam kondisi yang remang-remang, Blunden melihat sesosok aneh berwarna abu-abu merayap dengan lambat di lantai kayu. Seiring dengan gerakan makhluk itu, Blunden bisa mendengar suara gesekan dengan lantai kamar yang membuatnya bergidik.

Dengan dicengkeram oleh ketakutan yang amat sangat, Blunden membangunkan Martin.

Martin yang terbangun segera menyadari apa yang sedang terjadi di kamar itu. Keduanya lalu melompat dari tempat tidur.

Makhluk itu terlihat berdiri dengan aneh di hadapan mereka. Di belakangnya terdapat pintu kamar yang menjadi satu-satunya harapan mereka untuk melarikan diri.

Blunden yang gemetar melirik ke arah senapannya yang tergeletak dekat jendela. Ketika ia mencoba meraihnya, tiba-tiba makhluk itu melompat dan mendarat di leher Blunden. Blunden panik, ia mulai berteriak dan bergumul dengan makhluk itu.

Melihat kesempatan itu, Martin dengan cepat berlari keluar kamar, menuruni tangga, keluar dari gedung dan segera berteriak mencari pertolongan. Tidak berapa lama kemudian, ia berjumpa dengan seorang polisi yang sedang berpatroli.

Ketika mereka kembali ke gedung itu, mereka menemukan kamar dalam keadaan kosong. Blunden tidak ada disitu!

Lalu, mereka mulai mencari ke seluruh gedung. Ketika sampai di basement, mereka menemukan Blunden. Namun, Ia sudah tidak bernyawa dengan kondisi tubuh terpotong-potong!

Sama seperti ekspresi kematian Sir Robert Warboys, wajah Blunden menunjukkan ekspresi ketakutan yang amat sangat.

Dalam versi lain, diceritakan kalau Blunden tidak tewas di basement, melainkan tewas karena jatuh dari jendela akibat ketakutan. Walaupun ada versi-versi yang berbeda, yang pasti semua sepakat kalau ada sesuatu yang mengerikan mendiami gedung 50 Berkeley Square.

Pengalaman Thomas Lyttelton
Kisah penampakan yang dialami oleh Martin mungkin akan dianggap sebagai cerita bohong pelaut yang sedang mabuk. Namun penampakan makhluk ini ternyata juga dialami oleh tokoh masyarakat yang sepertinya tidak punya alasan untuk berbohong. Salah satunya adalah anggota parlemen bernama Thomas Lyttelton yang pernah tinggal di gedung yang sama untuk beberapa waktu.

Pada suatu malam, ketika hendak tidur, Lyttelton melihat sesuatu seperti makhluk hidup di kamarnya. Ia segera mengambil senapannya dan menembak. Ia yakin kalau makhluk itu tertembak karena ia melihatnya jatuh. Namun ia tidak bisa menemukan jejak atau bangkainya.

Makhluk apakah itu?
Menurut para saksi yang mengaku pernah melihatnya, makhluk itu nyaris tidak berbentuk dan terlihat seperti cairan lengket. Ketika ia bergerak, ia akan menghasilkan suara-suara yang aneh. Deskripsi yang diberikan cukup berbeda-beda, namun paling tidak salah satu saksi mengaku menyaksikan kalau makhluk itu memiliki kumpulan tentakel seperti gurita.

Karena adanya deskripsi inilah, beberapa peneliti menyimpulkan kalau makhluk itu kemungkinan adalah jenis gurita air atau makhluk air lainnya yang telah bermutasi dan berhasil bermigrasi dari sungai Thames ke saluran bawah tanah kota London yang akhirnya membuat ia sampai ke gedung Berkeley Square lewat pipa ledeng.

Makhluk ini mungkin sedang mengincar kumpulan tikus yang tinggal di gedung itu ketika tanpa sengaja menemukan para pelaut-pelaut mabuk itu.

Namun, tidak ada penjelasan yang memuaskan mengenai rentang waktu penampakan yang cukup panjang. Jika makhluk itu memang seekor makhluk air yang bermutasi, sepertinya cukup mustahil karena penampakannya mencapai hingga dua ratus tahun.

Karena itu, banyak yang percaya kalau makhluk itu adalah makhluk supranatural, bukan cryptid atau predator.

Harry Price, salah seorang yang meneliti misteri ini secara intensif pada tahun 1920an menemukan beberapa fakta menarik. Misalnya, sebelum tahun 1790, 50 Berkeley Square ternyata pernah dijadikan markas para pemalsu dokumen. Price berspekulasi kalau kisah angker gedung itu mungkin telah dihembuskan oleh para pemalsu tersebut untuk menutupi aktivitas ilegal mereka. Namun, sementara Price meneliti lebih dalam, ia menemukan banyak kesaksian dan dokumentasi yang menceritakan kisah perjumpaan dengan Nameless Thing.

Misalnya, ia menemukan sebuah artikel di majalah "Notes and Queries" yang ditulis oleh W.E Howlett yang terbit tahun 1870. Disitu tertulis:
"Peristiwa Berkeley Square masih misterius. Kisah gedung berhantu di Mayfair itu bisa disimpulkan dengan beberapa kata: Gedung itu memiliki paling tidak satu kamar dengan atmosfer supranatural yang memilik efek buruk terhadap tubuh dan pikiran. Seorang gadis pernah melihat dan mendengar horor itu dan menjadi gila karenanya. Ia tidak pernah sembuh untuk bisa menceritakan apa yang telah dilihatnya."
Melihat dokumentasi yang cukup banyak, Price hanya bisa mengambil kesimpulan kalau memang aktivitas Poltergeist yang jahat aktif di gedung no.50 pada tahun 1800an. Namun ia percaya kalau aktivitas itu telah lenyap sekarang.

Berkeley Square - Sekarang
Sejak tahun 1938 hingga kini, lantai dasar gedung Berkeley Square telah digunakan sebagai toko buku langka yang bernama Maggs Brothers.

Ed Maggs - pemilik toko buku Maggs Brothers

Walaupun tidak ada penampakan lagi yang dilaporkan dalam kurun beberapa puluh tahun belakangan ini, perlu dicatat kalau para karyawan toko buku itu tidak diijinkan untuk naik ke lantai atas. Menurut mereka, sejak tahun 1950an, polisi telah menaruh sebuah tanda peringatan pada dinding di dalam gedung.

Peringatan itu menyebutkan kalau lantai atas gedung itu tidak boleh digunakan, bahkan untuk gudang sekalipun.

Tidak ada satu orang pun yang mengetahui alasan pastinya...tetapi, paling tidak mereka bisa menduga.

(americanmonsters.com,
londononline.co.uk)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

132 comments:

  1. Pertanaxxxx kah??

    2S_ID

    ReplyDelete
  2. solar..solar...minyak...dari dulu koq ngejar pertamax...minyak bumi dah mau abis...!!

    ReplyDelete
  3. ini kan di angkat ke layar lebar berjudul "Room 50".

    ReplyDelete
  4. Kok jadi keinget sama film alien ya. Makhluknya kayak cumi, lengket, nempel di leher. Jangan-jangan film-film alien terinsipirasi dari sini.

    ReplyDelete
  5. bang enigma update terus nih...
    sipp lah..

    ReplyDelete
  6. a.waHyu.s said..

    Waw.. Merinding disko euy ngbayngn'a..
    Klw d indonesia ky rmh d pndok indah x yha..
    Haha..

    Klw gurita gk mngkn dechh..
    Msa bsa brgrak cpt gtu..
    Ckck.

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  7. bro.E artikel yg Apakah the GOD .... masih ada?
    pingin baca lagi

    ReplyDelete
  8. @Anonymous no.11: yang mana ya?

    ReplyDelete
  9. gila nea rumah...

    keren abiss... jdi pngen nyoba tinggal sana..
    hahahahaa

    lok misalnya brother di suru tinggal sana maw gx?

    kunjungan brother..
    :D

    ReplyDelete
  10. Hmm,sepertinya kalau ini makhluk cryptid air apakah sudah berevolusi menjadi makhluk darat?

    Kalau menurut saya sih ini seperti alien...karena ada bentuk fisik alien yang memiliki tentakel, kalau menurut bang E gimana?

    ReplyDelete
  11. @Yovi: haha, seperti kata princess di atas.

    ReplyDelete
  12. jadi keinget Tren Krom, mahkluk crypt fiktif yg ada d novel bionicle (federation of fear, Reign of Shadows) cirinya sama kaya Nameless Thing "Tren Krom was horrifying and despicable in appearance His appearance was so terrible that it was known to drive lesser beings insane"
    ato kaya mahkluk myth Chtulu punya horror author HP Lovecraft, kaya gurita juga.
    btw, pertamax kah? peg 1 kah? only mr enigma know..

    ReplyDelete
  13. bro di paragraf pertama yg entitas itu mau nulis identitas ya??
    -faisal-

    ReplyDelete
  14. @faisal: bukan, itu memang entitas. Menurut wikipedia, entitas itu:

    "sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik."

    ReplyDelete
  15. mas, yang komentarnya cuma pertamaxx, saya gagal pertamaxx, dan yang semacam itu koq ditampilkan juga...saya jadi heran...........?????

    ReplyDelete
  16. ya nomor 13 gpp...walaupun angka sial, baca dulu aaaaaaahh

    ReplyDelete
  17. ngeri abiss... Bikin bulu kuduk merinding.. Tapi sayangnya ceritanya agak singkat.. Padahal saya mau tau lebih jauh..

    ReplyDelete
  18. itu yg "Apakah the GOD itu ada??" klo ngg salah...
    yg taun brpa gitu sudah ada peta yg detail
    pdhl dlam taun trsebut blum ada teknologinya

    yg berhubungan dengan bibit yg ditanam oleh alien
    berteknologi tinggi sehingga tercipta manusia2
    gitu... rada lupa e haha

    aq anim sebelas bro.E

    ReplyDelete
  19. @anonymous no.22: sori bro, saya tidak pernah menulis soal itu. Mungkin kamu pernah baca di blog lain. :)

    ReplyDelete
  20. OoO
    pdhl dri tadi aq cari2
    wkwkwkwkkwkwkwk
    sory ya Bro ganggu haha

    BLoGnya KEREEEEN bangett
    maju terus bro

    ReplyDelete
  21. Keren, Mr. Enigma...rasanya nggak berlebihan kalau saya berdiri dan bertepuk tangan untuk tulisan ini.. Benar-benar aneh ya peristiwa itu... saya nggak pernah dengar misteri seperti ini sebelumnya..terlepas dari apakah tempat itu emang digunakan utk pemalsuan dokumen, tapi saya seperti terbawa ke suatu masa dimana kisah misteri ttg kemunculan makhluk aneh "muncul" di masyarakat yang sudah mengenal industri maju...kalau sekarang kan jarang orang percaya dgn begituan (baca : masyarakat eropa)..krn sudah tertutup oleh kepopuleran teknologi

    ReplyDelete
  22. mantap...bang mau nanya nih pernah nonton video youtube yg bisa menghipnotis penonton sehingga mencongkel matanya?? klu ga salah nama videonya Mereana Mordegard Glesgorv...tp skrng udah di hapus di you tube...yg ada cuma 20 dtk pertama saja...mohon pencerahannya....

    ReplyDelete
  23. saya tahu itu mahluk apa..
    itu adalah ular BASILISK
    yang dipelihara oleh yang mulia SALAZAR SLYTHERIN untuk menjaga KAMAR RAHASIA

    ya..pasti dia...
    barang siapa yang melihat matanya yang berwarna kuning keemasan akan mati dalam keadaan yang mengenaskan..

    ha..ha..ha...

    ReplyDelete
  24. @y45h4: Video itu hoax. Saya sudah pernah menontonnya. Dan mata saya masih lengkap.:)

    Ini foto original pria serem yang ada di video itu.

    http://img267.imageshack.us/img267/5927/sujeitobizarropi2.jpg

    Tidak ada yang aneh. seseorang menggunakan foto itu untuk bikin video yang "serem".

    ReplyDelete
  25. atm_taufiq

    Bro, artikel ini agak bikin merinding ya awal nya. tp seperti ada hal yg protect pada lantai tersebut pd saat itu. mungkin jg dibuat makhluk buatan aneh plus cerita2 seram sbagai pelindung nya.

    ReplyDelete
  26. Wow..serasa masuk kedalam kisahnya..btw, bro enigma, mengenai pengalaman Thomas Lyttelton, pakah beliau juga menginap di gedung tersebut? memang sih, terlalu aneh jika gurita adalah pelakunya, tampaknya ruang basement-lah yang patut dicurigai..something out there..

    ReplyDelete
  27. Wiiihhh... Bnr2 misterius... Pastinya mengerikan...
    Ande aja si warboys sempet motret t mahkluk... *emg udh ada kamera di jaman itu? Wkwkwk*

    ReplyDelete
  28. ceritanya mengerikan bgt,, di ceritain ma abang tambah seremm

    ReplyDelete
  29. hahahha ternyata hoax ya.....thanks infonya bang enigma...semua tmn2 ga ada yg berani nonton video itu biarpun taruhan .. ga dpt info sih dr blog enigma :)..

    ReplyDelete
  30. @Vahn: Lyttelton tinggal di gedung yang sama. Definitely, something is out there.

    y45h4: sama-sama. kamu juga bisa kok menontonnya. Video mereana mordegard itu sudah ditonton lebih dari 200ribu orang di youtube. kalau semuanya mencongkel matanya, saya kira kita pasti sudah mendengarnya. Jadi, jangan kuatir.

    ReplyDelete
  31. Entiti! saya suka dengan kata itu. Malah kalau saya teringat dengan film ghostbusters yang identik dengan cairan lengket. Kalau roh mungkin bisa meninggalkan jejak ektoplasma berbentuk cairan. Tapi kalau dibilang si nameless ini adalah cryptid, saya tidak setuju. terlalu dipaksakan. Menurut saya, ini memang manifestasi dari roh jahat.
    By the way mr.e, saya suka dengan nama makhluk ini. Nameless Thing. Kesannya romantis. wkwkw.

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  32. Bang enigma, saya kok agak bingung y?

    Kasus warboys yg pertama dy meninggal dlm keadaan shock tingkat tinggi krn melihat 'makhluk' itu. Tpi d kasus kedua knp blunden meninggal dgn wajah n keadaan yg sama tpi terpotong" (ad yg blng jatoh krn shock juga sih..)

    nah, sebener'a knp makhluk itu memunculkan diri'a cuma bwat nakut"in doang, toh gga ad untung'a bwat dy. lagipula klo muncul d 1 kmr doang terkesan seperti ad hal yg d sembunyikan dri kamar tsb..

    sekian n terima kasih.
    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  33. poltergeist!

    Ada banyak gedung bahkan rumah di England yang bernuansa paranormal(paranatural?).
    http://tinyurl.com/u38w7

    Tulisan menarik ini mengingatkan saya ttg Uka Uka,..berani mencoba?

    ReplyDelete
  34. Bro Enigma, ada yang menarik dalam artikel sumber anda, dalam sumber tersebut dikatakan sebagai berikut
    "the Thing may actually be some kind of mutated FRESHWATER OCTOPI or an unknown, amphibious, marine animal"
    Kata mutated tersebut menarik bagi saya, karena memang mustahil jika gurita air tawar pelakunya, namun jika makhluk tsb adalah hasil mutasi, maka ada kemungkinan itulah cryptidnya..
    mungkin mereka membuat sarang di suatu tempat di basement atau di saluran bawah tanah..tapi ini hanya pendapat bro, yang masih menjadi pertanyaan adalah bagaimana mereka bisa bertahan selama itu sesuai yang anda katakan..Yang jelas kasusnya sungguh menarik.. i like that..

    ReplyDelete
  35. keren tp....syeremm. Tp begitulah adanya bahwa kita diciptakn tuk berdampingan dg mahluk ciptaan Alloh yg lain....

    sll menunggumu Mr. Enigma...suit suit!!

    ~romanchika~

    ReplyDelete
  36. seyyeeeemmmmm.... :S

    ReplyDelete
  37. bang enigma, ada yang copas artikel bang enigma lagi tuh.....gak tau deh udah minta ijin belum, soalnya gak ada linknya...

    ReplyDelete
  38. Lord Lawie Said :
    "jangan2 berhubungan sama tulisannya J.K Rowling ya .. si Heri Puter itu lo ....
    bung Enigma emang manstaps ... tulisannya enak di baca dan perlu, tapi bahas juga dunks tentang Indonesia Enigma - tulisannya peneliti brazil yang menyebutkan Indonesia itu adalah Atlantis... dan sebutan para ahli yang menyebut belua Asia Selatan dengan Daratan Sunda .... karena suatu hal ...
    manusia kate dari flores yang sedang heboh dan terdokumentasi dengan baik juga boleh tuh bung ...
    cayoo ."

    ReplyDelete
  39. REY REY REY REY REYNALDINovember 23, 2010 at 8:10 AM

    wah ane curiga nih makhluk udah mokad bang soalnya dia pastinya tinggal di basement dan semua korban selalu ke basement dahulu nah mungkin makhluk itu mengikuti orang yg ke basement itu dan akhirnya sampai juga di kamar 50 atau kalo nggak dia ngedengar suara yg bikin dia jengkel dan memutuskan untuk menemukan suara itu alias korban

    it's just a theory

    ReplyDelete
  40. Postingannya sangat mengerikan. . .

    ReplyDelete
  41. knp ga da org yg berpikiran buat stay dkamar itu tp rame2? :D

    ReplyDelete
  42. wew, good posting bang! bang enigma, saya lagi tunggu postingan soal foto yang katanya ada 'time traveller' di piala dunia tahun 1962 (Brazil yang menang)... beneran ga tuh bang handphone camera? sya sangat tertarik dengan misteri time traveller bang, walaupun saya percaya itu mustahil, thanks bang!

    ReplyDelete
  43. bang enigma,,, saya tadi keliling blog-blog indonesia yang memposting UFO,, lalu saya menemukan artiel ini..
    http://ufo-database.blogspot.com/2010/11/suherman-warga-sukabumi-diculik-alien.html

    dari http://www.ufologi.com/

    kira-kira ini HOAX bukan ya..? mohon di cek bang...

    ReplyDelete
  44. kalo jaman sekarang si sbenernya bisa aja buktiin mahkluk apaan yang di room 50 itu.pasang aja cctv, trmasuk thermal camera.trus kasi satu kambing disitu.tar kan bisa tau mahkluk apa yang keluar...hihiii serem

    ReplyDelete
  45. bro E, maksud tulisan aktifitas di atas itu aktivitas ya?

    ron

    ReplyDelete
  46. @Ron: kamu benar. Yang benar adalah "aktivitas", bukan "aktifitas". Sudah saya edit. Terima kasih atas koreksinya.

    ReplyDelete
  47. Aga aneh ya. Sepertinya ada dua pelaku... Kasus pertama mati 'hanya' dgn wjh mengerikan, sdgkan pelaut itu mati dengan tbh terpotong2.
    Lagipula, pd kasus pertama, dikatakan pemilik mendobrak pintu, berarti pintu tertutupkan? Bgmana benda itu bs masuk, lalu, bagaimana jg menghilangnya.
    Pemilik menemukan lubang bekas tembakan di dinding, apa masih ada pelurunya?
    Ummmz, aneh aneh aneh.
    Kalau dibilang semacam gurita, sy setuju, agak maksa kyknya. Apa tentakel bisa menyebabkan bunyi gesekan di lantai yg mengerikan?
    Yah, kembali, good posting mr e!
    Hoshihime.

    ReplyDelete
  48. Glek.. Tp bnr2 makhluk misterius yang menggelitik rasa penasaran. Oya bang enigma, tolong dibahas jg ttg legenda makhluk misterius lokal yg kalau di sumatra barat dan sekitarnya dikenal dengan sebutan orang bunian. Makhluk yg disebut2 berukuran kerdil ini jg sgt misterius, bnyk yg mengaku prnh melihat lgsg, bahkan dlm budaya masyarakat saya di aceh jg mempercayai ttg keberadaan makhluk sejenis ini. Kami menyebutnya sbg "ureung (orang) manteu", "ureung mantee" atau "ureung bantee".
    Thank a lot, keep on posting, bro!
    by tgk. dipasikaram

    ReplyDelete
  49. walah, serem amat, ternyata di "sono" juga ada kayaka ginian toh....

    ReplyDelete
  50. keren bro! tpi kenapa ya kejadian2 misterius kayak gini ga ada di tahun2 90an? atau 2000an? kayanya kuno banget gitu... hehehe

    ReplyDelete
  51. Yudha
    ^_^
    waw kren skali ya.....
    tp kenapa gak d cba ya, banyak orang untuk mask kesana sambul membawa rekaman biar d ketahui kebenarannya.
    miniman kirim 10 orang kesana dengan membawa beberapa peralatan yang lengkap jwiajwiaiw.....

    ReplyDelete
  52. Bung Enyg...nanya nech..
    Acara UFO hunters pada The History Channel apakah termasuk acara konspirasi...

    ReplyDelete
  53. Ngeri banget ada kepotong potong gitu badanya

    ReplyDelete
  54. wow...sangat mengerikan ya?seharusnya seh kasihan mah jika ada gedung yg ga dipake.dijadiin sebagai tempat wisata ajah tuh yg lantai 2. :-P

    ReplyDelete
  55. wooow..nice post! saya selalu kagum kalo baca blog ini!^^
    bro en, saya boleh taya gak? menurut bro en, apakah penampakan hantu d Indonesia bisa dijelaskan secara ilmiah?

    ReplyDelete
  56. @anonymous no.58: saya belum pernah menontonnya. jadi saya tidak bisa memberikan komentar.

    @Arashita: Penampakan hantu itu masuk ke wilayah spiritual. Dan soal spiritual tidak akan bisa dijelaskan secara ilmiah.

    ReplyDelete
  57. sendirian di rumah nih..
    ceritanya cukup menyeramkan (baca : saya sangat ketakutan, merinding, dan bulu kuduk saya berdiri)

    ReplyDelete
  58. bagus.. untung sy bacanya pas di sekolah.. hehe
    knapa hrus gurita ya.. =="a

    ReplyDelete
  59. klo misalnya itu terjadi di Indonesia sudah pasti orang menduganya sebagai hantu ataupun makhluk gaib lainnya,,,!
    tetapi ini terjadi di dunia barat yang banyak penduduknya tidak mempercayai hal-hal semacam itu,,,
    menurut saya itu merupakan sesuatu tempat dimana terdapat energi supranatural yang tinggi, sehingga dapat mempengaruhi pikiran manusia ,,,

    ReplyDelete
  60. Bung Enigma pernah bahas MK Ultra?

    ReplyDelete
  61. kayak judul film, eh persis

    "berkeley square"

    ReplyDelete
  62. gila merinding abis gw bacanya..
    pengen coba rame2 uji nyali nginep disana semalem..
    sambil bawa" granat kalo misalnya tuh makhluk dateng langsung bom terus lompat lewat jendela *ngakak*

    ReplyDelete
  63. enigma gak mau bahas soal spiritual karena tidak bisa dijelaskan secara ilmiah, tp perasaan anda tidak pernah bisa menjelaskan secara ilmiah ditiap postingan anda..?

    ReplyDelete
  64. @anonymous 70

    Postingan yang mana ya? Kayanya klo saya baca ada tuh penjelasan2nya

    ReplyDelete
  65. sy tau knapa skarang makhluk itu dah g muncul...

    sepertinya takut sama "penghuni" yang sekarang.

    liat tuh, pemilik toko buku maggs brother aja dah serem tampangnya... :D

    "kodok bulan"

    ReplyDelete
  66. Yg bikin aye bingung kok penjaga yg tinggal di gedung itu waktu kejadiannya si warboys kok g knapa2 yak?

    ReplyDelete
  67. Tukang tipu said...

    Klo mnurut pendapat saya kemungkinan paling logis ya dari sisi konspirasi,,bs saja sampai skrng ruangan lantai2 sengaja ditutup dgn tujuan digunakan untuk agenda prtemuan2 rahasia organisasi2 tertentu,,(illuminati,freemason,mafia berkeley,ato sekedar ikatan jomblo2 misterius kota london):)
    Karena sdh disebutkn dlm pemaparan Mr E diatas,,
    -Klo memang cryptid,kenapa kisah penampakannya bs dlm kurun wktu selama itu ?
    -Klo memang cryptid bgaimana dia bertahan hidup selama ini,,dgn mkn tikus got saja ??
    -Klo memang cryptid yg tinggal di ruang lingkup sesempit itu bknkh shrsnya laporan saksi jauh lbh bnyk drpd itu ?? (TKP-nya bkn di danau besar/hutan lho)
    # Karena menurut saya keterangan dr para saksi pun kurang bs digunakan sbgai acuan,,trbukti dr versi matinya Mr Blunden pun bisa brmacam2,,kecuali ada fakta2 pendukung,misal foto,rekaman ato apalah,karena cukup aneh jg mkhluk dgn ilustrasi sprti gurita bs muncul d t4 sprti itu..
    => Kecuali kalo itu bner2 poltergheist ato squidward yg lg jalan2,,no comment deh...
    @_@

    ReplyDelete
  68. Bung Enigma, apakah project Blue Beam itu asli atau cuma hoax?
    Lalu apa itu WTC hoax?

    ReplyDelete
  69. Sepertinya makhluk Cryptid untuk kasus yang pertama.
    Dan kasus yang menyebabkan mayat orang terpotong kemungkinan adalah pembunuh (manusia)
    Mungkin?

    ikut link blog boleh Bang E?
    http://atrozio.blogspot.com

    ReplyDelete
  70. wew emang bener-bener ngeri bang.....,btw bang katanya ada orang yg bisa menjelaskan keberadaan hantu bang katanya gini nih "Has anyone ever thought, perhaps Ghosts aren't dead, they are just images we see through time. Example The Soldiers that he saw, were real people in their own time in history, but he saw them in his time, Its hard to explain, but maybe ghosts are created through ripples n time."

    ReplyDelete
  71. kok saya serasa membaca buku/novel horor dr pada blog misteri...
    heheheheheh...mungkin perasaan saya saja.

    ReplyDelete
  72. @yoyoy : wow....penjelasan yg bagus... =D

    ReplyDelete
  73. yeah~
    dan bulu kuduk saya-pun berdiri~ (brr)

    ngomong2, saya lebih percaya cerita tentang Blunden yg versi "tewas jatuh dari jendela karena ketakutan", ketimbang "tewas terpotong2". jatuh dari jendela karena ketakutan jauh lebih logis. bisa jadi si Blunden ingin melarikan diri lewat jendela, tapi karena (terlalu) ketakutan ia tidak hati2 hingga akhirnya terpeleset dan jatuh.

    ReplyDelete
  74. Pokoknya sipppplah...

    ReplyDelete
  75. Aditya KrispurwandaNovember 24, 2010 at 7:59 PM

    thx Bang.E infonya :)

    ReplyDelete
  76. ke berapa ya baca dulu ah

    ReplyDelete
  77. Salam kenal, Om Enigma..
    Saya udah lama ikutan baca artikel dari blog ini, tapi bingung mau kasih comment apa (artikelnya bikin speechless).

    Setelah baca artikel ini, mau coba menyampaikan pendapat saya nih, kenapa gak pernah dicoba pasang kamera tersembunyi yang dilengkapi infrared biar bisa "melihat" dalam gelap dan dilengkapi sensor gerakan? Bukannya itu lebih gampang daripada menerka-nerka ?

    ReplyDelete
  78. kalau pihak otoritas MEMANG berniat untuk membongkar misteri berkeley ini sebetulnya gampang saja, geladah/bongkar satu per satu ruangan yang ada di gedung 50.
    Kenapa mereka tidak melakukan itu ?
    mungkin karena ada suatu pihak yang tidak ingin rahasia di gedung 50 itu terungkap

    another conspiracy

    ReplyDelete
  79. gurita air atau makhluk air lainnya yang telah bermutasi??
    jadi teringat salah satu episode the x-files "aquamala" season 7...mirip persis yg bro ceritakan hehehe

    ReplyDelete
  80. bung E ngomong-ngomong pelaut yg ada di foto itu kok nggak di jelasin sih si blunden dan si martin itu yg kanan apa yg kiri ? tapi kalo menurut ane si blunden itu yg kanan please answer...

    ReplyDelete
  81. @joko: Nah, dari sumbernya jg nggak ada keterangan. Jd saya juga tdk bs memastikannya.

    ReplyDelete
  82. request : MK Ultra
    menarik untuk dibahas tuh
    ---------!!----------------!!------------!!------------
    How much deception can you take?
    How many lies will you create?
    How much longer until you break?
    Your mind ' s about to fall
    MK - Ultra by Muse

    ReplyDelete
  83. hmm..rada-rada mirip kaya kisah kamar hotelnya Nyi Roro Kidul kayanya ya?
    apa mungkin ada kesamaan?

    ReplyDelete
  84. satu lagi kisah yg ada di bukuku (Misteri Hantu Terbesar di Dunia) muncul disini. ak jd penasaran, seberapa akurat crita2 di bukuku itu ~--a


    -lia-

    ReplyDelete
  85. dari Tresna Asti

    kenapa ditutup oleh polisi? kenapa polisi/pemerintah situ malah mengisolasi gedung lantai dua itu?? kenapa ga diselidiki? kan teknologi sekarang udah canggih... hmm,, baubau konspirasi nih...
    hahahahahahahaha
    *pertamanya saya baca artikel ini malam-malam Kak, baru setengah baca lalu saya tidak teruskan. ini baru tadi pagi baca sampai habis.*
    >o<a
    sensasi mencekam dan seramnya terasa..

    ReplyDelete
  86. Wew...ini dia posting paling mengerikan yang pernah saya baca di blog ini. Emang hebat si Mas Enigma ini.... Kalo bisa, diperbanyak dong artikel2 serem kayak begini!

    ReplyDelete
  87. gila serem banget, kayak suatu makhluk yang keluar dari novel Stephen King..
    every rumour has it's own truth..

    ReplyDelete
  88. ktnya karyawan d maggs brother ga boleh k lantai atas..
    tp ternyata lantai 2 nya dipake bwt toko buku juga... silahkan cek d www.maggs.com

    ReplyDelete
  89. Hm...ada konspirasi pemerintah nih kayaknya

    ReplyDelete
  90. seren cara matinya...
    kayak kena kutukan avadra kedavra trus langsung kaku...


    yoh

    ReplyDelete
  91. Joe [^_^]
    tempat yg cocok untuk uji nyali...

    ReplyDelete
  92. gilaa 1.am. ngerii boss

    online-muda

    ReplyDelete
  93. Bungenigma, mungkin gak sih klo ternyata malah c Blunden itu memanfaatkan rumor gedung itu untuk bunuh temannya? Bisa jadi aja kan? Apakah kesaksiannya itu sudah dicek kebenarannya, termasuk alibinya? Trus terlepas dari yang kasus Warboys, bisa aja kan yang anggota parlemen itu juga bohong buat cari sensasi aja? Terima kasih atas penjelasannya ya.

    ReplyDelete
  94. Mantab artikel2nya, lumayan buat cari inspirasi :D

    ReplyDelete
  95. hmm, jika makhluk tsb lewat saluran pipa ledeng.. Berarti sudah sejak kecil dia berada di situ, menginggat ukuran pipa yg tidak begitu besar.

    Jika itu memang makhluk perairan, maka tak menutup kemungkinan jumlahnya lebih dari satu karena sifat makhluk hidup juga suka berkoloni membentuk suatu komunitas.

    Namun yg jadi pertanyaan, makhluk itu berdiam di mana kok bisa muncul secara tiba-tiba di depan pintu kamar itu??

    ReplyDelete
  96. tri gayuh w said..
    bikin penasaran si.
    tp lumayan, buat cerita sebelum tidur.
    sipp!

    ReplyDelete
  97. Yg diheranin legenda awalkan cuma anak kecil dibunuh terus kenapa jadi monster gurita?? Apa anak kecil jdi monster karena dimutilasi??

    ReplyDelete
  98. Di zaman yang serba modern sekarang ini mungkin orang akan berpikir dua kali untuk mempercayai hal-hal yang seperti itu.

    Apalagi ditambah beberapa penjelasan yang berbeda-beda dari setiap saksinya.

    Tapi mungkin saja ada hal terselubung yang mungkin masuk akal dibalik peristiwa tersebut...
    Ya, anggap saja seperti film kartun Scooby Doo yang menutupi sebuah kejahatan dengan cerita hantu dan urban legend...

    Apabila kita pikir tentang Barkeley Square yang pernah menjadi tempat pemalsuan dokumen. Mungkin hal itu bisa dijadikan alasan atas kejadian-kejadian diatas. Modusnya pasti akan sama seperti film kartun Scooby Doo.,..

    Tapi, mengingat saat itu (1880-an) Inggris mengalami masa dimana Politik sedang memanas. Konon katanya partai sosialis di Inggris berjaya, namun menganut aliran Fanatisme Ketuhanan.

    Hal itu lama-kelamaan membuat sebagian warga Inggris kembali pada kebudayaan kepercayaan pada hal supranatural.

    (Dapet dari Google, kira-kira garis besarnya kaya gitu deh ... Kalo salah maaf2 ya, maklum susah nerjemahinnya)

    Jadi menurut saya, Mungkin momen inilah yang dijadikan oleh si pelaku untuk melakukan kegiatan kejahatan terselubung dengan modus "menutupi kejahatan dengan cerita hantu dan semacamnya".

    Masalah horor di lantai dua, mungkin sang pelaku berpikiran bahwa orang akan jarang mengunjungi lantai atas dibanding lantai bawah.

    Kalau begitu kenapa tidak sekalian di basement saja?
    Mungkin di lantai basement terlalu gelap dan lembab. Mungkin tidak cocok untuk melakukan kegiatan seperti pemalsuan dokumen.

    Tapi kebenaran tidak akan terungkap sebelum ada penyelidikan mendalam masalah kasus tersebut...

    Yang saya curigai adalah mengapa tidak ada penyelesaian kasus atas kematian dua orang saksi di gedung itu.

    Apakah saat itu tidak ada penyelidikan mendalam tentang kematian dua orang itu?
    Apabila memang ada, dokumen dan catatan tertulis tentang kematian mereka seharusnya bisa menjadi bukti yang cukup untuk menjawab alasan misteri itu....

    ReplyDelete
  99. gila tubuhnya terpotong potong.

    ReplyDelete
  100. seru, kalo ada filmnya beneran mesti beli

    ReplyDelete
  101. semaleman ini kerjaan saya hanya muter-muter di blog ini, pas banget jam 2an saya tiba di tulisan nyang ini, kebetulan pula lagi sendirian di kamar, akhirnya memutuskan untuk ngabur dulu nemuin suami di studionya di bawah hiks..

    blognya asli keren nih om (atau bang??).. saya jadi ketagihan, pengen baca semuanya.. salam kenal yah! (^__^)//

    ReplyDelete
  102. Wah ada yg nyolong tulisan ini bulet2 tanpa ngasih source link nih bang enigma. check link ini: http://jelajahunik.blogspot.com/2010/12/misteri-kamar-paling-angker-di-inggris.html

    ReplyDelete
  103. Jadi pengen masuk kesana n menggeledah lantai atas...
    hehehe

    ReplyDelete
  104. enigma, gak ngebahas tol cipularang bandung? di km 64-70, kan disana sering ada kejadian2 aneh tuh

    ReplyDelete
  105. saya copy paste ya bang enigma
    ke facebook.saya copy paste ya bang enigma
    ke facebook.

    ReplyDelete
  106. sya stuju bngut ma comment yg nmor 112...
    si ikoy ..

    aq juga sependpat dngan dia ..
    aq rasa ini adlh permainan pmerintah atw tkoh msyarkat yg mempunyai bukti" peemalsuan dta" ...

    bsa sja kand menggunakan kostum ..
    tapi mna ad kostum jman sgtu ....??!!

    bang E , tlong d bhs tntng horor atu tempt angker yg ad d indo ...

    d tunggu ....

    ReplyDelete
  107. eehhh, itu kan gurita sy di akuarium yang kabur beberapa tahun lalu!!!!

    ReplyDelete
  108. boleh tanya?apakah Sir Robert Warboys itu ada sungguan kah?karena dicerita itu dia masi umur 20 dan meninggal disana...lantas kapan dapet gelar SIR nya?

    ReplyDelete
  109. Rasanya pengen kesana...
    mau coba XD

    #mati baru tau rasa

    ReplyDelete
  110. Mungkin perlu dipanggil team uji nyali, agar bisa terlihat real atau rekayasa.

    ReplyDelete
  111. Mungkin perlu dipanggil team uji nyali, agar bisa terlihat real atau rekayasa.

    ReplyDelete
  112. Ga mungkin gurita, gmana cara gurita potong orang,, hmm... menarik..

    Sign : Ryuzaki

    ReplyDelete
  113. terus berkarya ya brooooooooooooo E

    ReplyDelete
  114. nih misteri dah hampir berumur 200+ . kemungkinan emang ada kaitannya dengan supernatural toh 200 yg lalu yg belum cukup modern sedang marak sekte sekte "Sesat" yg memuja selain tuhan..mayat ditemukan dengan perassaan yg shock berat kemungkinan krana melihat sesuatu yg mengerikan{kalau menurut saya mahlukk ini penuh/terlemuri darah kalau soal di potong mungkin saat pelaut membela diri dgn pisau{tp saya gk tau kalau disana ada pisau}biasaunya lepas dan jd senjata mkan tuan.

    ReplyDelete
  115. hihhh mengerikan......
    jadi takut tidur sendirian di kamar >_<

    ReplyDelete
  116. mirip dalam cerita2 nya HP Lovecraft gan.. yg mitos Chulthu..

    ReplyDelete
  117. Keren bang e, walaupun sedikit ngelanggar pantangan bang e, tapi kereeeeeeeenn
    -kalishna-

    ReplyDelete
  118. kenapa ga dihancurin aja tuh gedung biar tidak ada lagi penampakan.hehheehe

    ReplyDelete