Thursday, November 25, 2010

Time travel di piala dunia Chile tahun 1962 - Penjelasan

Setelah Foto time traveler di koleksi musem dan sebelum time traveler di film Chaplin, ada satu foto time traveler lain yang cukup ramai dibicarakan, yaitu foto yang diambil di piala dunia Chile tahun 1962. Mari kita lihat bersama.


Sebenarnya tulisan ini sangat basi karena misteri foto itu sebenarnya sudah dijawab sejak lama oleh banyak pihak. Namun karena saya masih menerima banyak email dan pertanyaan mengenai foto ini, maka saya memutuskan untuk menulisnya sebagai informasi tambahan bagi para pembaca. Tulisan ini ditujukan untuk kalian yang menanyakan persoalan ini kepada saya.

Nah, mari kita mulai.

Time traveler di piala dunia 1962?

Pertama, mari kita lihat foto yang menjadi kontroversi itu.

Di bagian bawah foto, kita bisa melihat satu tangan sedang memegang sebuah peralatan/gadget yang terlihat seperti sebuah ponsel flip. Posisi dan cara memegangnya mengingatkan kita pada cara kita memotret dengan menggunakan sebuah ponsel.

Pada tahun 1962, ponsel belum ada. Karena itu disimpulkan kalau foto ini menunjukkan seorang time traveler yang entah kenapa pada hari itu memutuskan untuk menonton final piala dunia dan tanpa sengaja tertangkap oleh kamera.

Mari kita asumsikan kalau orang yang memegang gadget tersebut adalah seorang pria. Jadi, sekarang pertanyaannya adalah: benarkah pria di dalam foto itu seorang time traveler?

Menurut saya tidak.

Saya akan memberikan alasannya.

Kesimpulan mengenai time traveler yang tertangkap kamera selalu didasarkan pada "kejanggalan" yang terlihat pada sebuah foto atau rekaman. Untuk gampangnya, mari kita menyebut kejanggalan tersebut dengan sebutan "Out of Place Activity" dan "Out of Place Tools", aktifitas atau peralatan yang tidak seharusnya ada pada waktu itu.

Dalam kasus ini, kejanggalan tersebut adalah sebuah gadget yang terlihat seperti ponsel flip dan posisi tangan yang terlihat seperti sedang menggunakannya untuk memotret.

Nah, disinilah masalahnya.

Kita bisa menarik kesimpulan yang keliru jika kita tidak memahami dengan baik teknologi dan budaya pada masa itu (dalam hal ini tahun 1962).

Contoh, dalam kasus foto time traveler yang tertangkap kamera pada tahun 1940an yang pernah saya posting sebelumnya, kesimpulan yang salah bisa diambil karena ketidaktahuan mengenai trend berpakaian saat itu. Kalian bisa melihat kembali postingan itu disini.

Dalam kasus time traveler piala dunia ini, kesimpulan yang keliru bisa muncul karena ketidaktahuan mengenai teknologi kamera pada masa itu.

Jika kita tidak memahami dengan baik perkembangan teknologi tahun 1962, bukankah menyebut gadget itu sebagai ponsel merupakan sebuah kesimpulan yang terburu-buru?

Lagipula, jika gadget itu sebuah ponsel, bisakah kita mengenali merek ponsel itu dan jenisnya?

Saya rasa kita tidak akan bisa.

Kesimpulan kalau gadget itu adalah sebuah ponsel muncul hanya karena kemiripan bentuk dengan sebuah ponsel flip dan cara memegangnya.

Karena itu, untuk membantah anggapan kalau gadget itu adalah sebuah ponsel, kita hanya perlu menemukan sebuah gadget lain yang cukup umum pada tahun itu dan yang memiliki bentuk serta cara penggunaan persis seperti yang terlihat di foto itu.

Jika kita berhasil menemukannya, maka asumsi ponsel, yang berarti juga asumsi adanya time traveler di foto tersebut, akan runtuh dengan sendirinya.

Sekarang mari kita mulai meneliti gadget yang sedang dipegangnya.

Light Meter
Ada yang beranggapan kalau gadget itu adalah sebuah light meter (aksesoris kamera untuk mengukur jumlah cahaya yang masuk) seperti yang terlihat di bawah ini:

Memang mirip, namun asumsi ini tidak tepat karena light meter seperti yang terlihat di foto atas adalah light meter produksi masa kini (tahun 2000an). Pada tahun 1962, light meter yang digunakan adalah light meter analog seperti yang terlihat di bawah ini:

Jadi, asumsi tersebut kurang akurat.

Kalau bukan light meter, apakah ada kemungkinan lain?

Kamera Lensa Kembar
Beberapa pembaca yang menanyakan soal foto ini di kotak komentar blog enigma sebenarnya telah mendapatkan jawaban dari pembaca lain yang juga ikut memberikan komentar.

Jawaban yang diberikan adalah, gadget itu bukan sebuah ponsel, melainkan sebuah kamera Rolleiflex.

Jawaban ini cukup akurat dan saya sepakat dengan jawaban ini. Saya akan berikan alasannya.

Sebelum saya menulis ini, saya telah menunjukkan foto yang menjadi kontroversi itu kepada dua orang yang paham mengenai kamera-kamera antik tanpa menyebutkan asumsi kalau foto itu menunjukkan seorang time traveler.

Kedua orang yang tidak saling mengenal itu juga mengkoleksi kamera-kamera antik. Saya meminta mereka untuk mengidentifikasi gadget tersebut.

Orang pertama memberikan jawabannya:
"Bagi saya benda itu terlihat seperti kamera Rolleiflex atau kamera lensa kembar (Twin Lense Reflex - TLR) lainnya."
Jawaban ini juga diteguhkan oleh orang kedua yang memberikan penjelasan yang lebih lengkap:
"Itu adalah kamera TLR (Twin Lens Reflex) seperti Yashica atau Rolleiflex yang terlihat dari belakang. View findernya dibuka dan orang itu memegangnya dengan satu tangan. Di samping kirinya kita bisa melihat dua kenop yang umum pada kamera jenis tersebut."
View finder adalah layar tempat kita melihat pemandangan yang ingin kita potret.

Ini adalah kamera Rolleiflex lensa kembar yang dimaksud.


Bentuknya yang berdiri tegak sangat mirip dengan dengan gadget yang ada di foto piala dunia.

Jadi, lihat perbedaannya, ketika melihat foto itu:

Mereka yang memahami teknologi tahun 1962 akan menjawab kalau gadget itu adalah sebuah kamera lensa kembar seperti Rolleiflex.

Sedangkan mereka yang kurang memahami teknologi tahun 1962 akan menjawab kalau gadget yang dipegang adalah sebuah ponsel, yang akhirnya membuat mereka mengambil kesimpulan kalau pria yang memegangnya adalah time traveler. Kesimpulan ponsel mungkin diambil karena ketidaktahuan adanya kamera yang berdiri tegak seperti itu.

Sebenarnya, kamera itu belum tentu dari merek Rolleiflex. Namun, seperti yang saya katakan, kita tidak harus menemukan kamera dari jenis yang sama persis. Yang terpenting adalah kita bisa menemukan gadget yang umum pada tahun 1962 dan mirip dengan yang terlihat di foto tersebut.

Dan saya menemukannya pada foto kontroversial tersebut.

Jika kita memperhatikan baik-baik, kita akan menemukan kalau kamera lensa kembar (TLR) juga digunakan oleh wartawan lainnya. Saya menemukan paling tidak ada dua kamera TLR lain di dalam foto tersebut.

Ini dia:


Bisakah kalian melihatnya?

Dua bulatan di kamera itu menunjukkan lensa kembar.

Nah, sekarang kita sudah memiliki bukti kalau kamera lensa kembar (TLR) ternyata gadget yang umum digunakan pada tahun 1962.

Tetapi, gadget yang dipegang oleh "time traveler" itu hanya terlihat bagian belakangnya. Bagaimana kita bisa yakin kalau gadget tersebut adalah sebuah kamera lensa kembar?

Kalau itu memang kamera lensa kembar, benarkah kamera itu bermerek Rolleiflex?

Apa merek kamera itu?
Untuk pertanyaan pertama, ada petunjuk yang mengindikasikan kalau gadget tersebut memang kamera lensa kembar.

Lihat kamera yang dipegang oleh pria nomor 3. Lalu kita bandingkan dengan gadget tersebut. Kita akan menemukan dua kenop yang serupa di samping kamera.

Bisakah kalian melihatnya?

Masih belum puas?

Saya akan berikan petunjuk lanjutan yang sekaligus menjawab pertanyaan nomor 2.

Selain Rolleiflex yang dibuat oleh perusahaan bernama Rollei, sebenarnya ada banyak perusahaan lain yang juga membuat kamera jenis TLR, diantaranya adalah Minolta atau Yashica. Rolleiflex disebut-sebut karena pada tahun 1962, kamera itu adalah salah satu jenis kamera TLR yang terpopuler. Jadi tidak ada salahnya jika kita meneliti lebih dalam kemungkinan ini.

Sebenarnya Rolleiflex memiliki banyak tipe yang berbeda. Namun karena foto itu diambil tahun 1962, ada kemungkinan kalau pria tersebut menggunakan kamera Rolleiflex automat yang populer pada tahun 1950an.

Di bawah ini adalah spesifikasinya, tampak depan dan tampak belakang:

Mungkin kalian heran karena saya tidak mencantumkan keterangan angka-angka yang ada di foto-foto tersebut. Namun, kita memang tidak memerlukannya.

Saya memotong foto time travel piala dunia dan memberikan keterangan angka pada spesifikasi gadget yang terlihat. Sekarang, bandingkan angka-angka tersebut dengan angka-angka di foto atas.

Bisakah kalian melihat kemiripannya?

Ukuran Rolleiflex
Lalu pertanyaan berikutnya adalah: Seberapa besarkah kamera tersebut? Apakah seseorang bisa memegangnya dengan satu tangan seperti yang terlihat di foto tersebut?

Jawabannya adalah: Bisa.

Lihat foto di bawah ini:

Kamera yang dipegang di foto ini memang belum tentu dari jenis automat, namun kita juga bisa menggunakannya sebagai perbandingan karena ukuran jenis-jenis Rolleiflex rata-rata hampir sama.

Jika kita mengukur proporsinya, maka kita malah bisa menemukan kemiripan lainnya.

Rolleiflex yang dipegang pria di bawah ini adalah Rolleiflex tipe 4 X 4 model 4RF. Ukurannya hanya 11cm X 7cm X 6,5 cm.

Cukup kecil untuk dipegang dengan satu tangan.

Cara memotret yang aneh

Nah, kita sudah melihat petunjuk-petunjuk yang mengarah kepada kemungkinan kalau gadget itu adalah kamera lensa kembar Rolleiflex.

Kalau gadget itu memang sebuah kamera, mengapa pria di dalam foto piala dunia itu memegangnya hanya dengan satu tangan?


Menurut saya, itu karena kondisi lapangan yang penuh sesak. Dalam kondisi berdesakan seperti itu, ia akan mengalami kesulitan untuk menggunakan kedua tangannya. Jadi, supaya tidak ketinggalan momen berharga tersebut (sang kapten tim Brazil mengangkat piala kemenangan), ia terpaksa menggunakan satu tangannya untuk memotret. Jika kita sering melihat berita di televisi, kita juga bisa melihat para wartawan yang berdesak-desakan melakukan kebiasaan seperti itu.

Untuk kamera lensa kembar Rolleiflex,
tombol untuk memotret terdapat di kiri bawah kamera.

Dalam posisi tombol seperti itu, tentu saja ia bisa memegangnya hanya dengan satu tangan dan menekan tombol itu dengan salah satu jarinya (Tidak harus telunjuk).

Pria misterius di dalam foto
Sebelum saya mengakhiri tulisan ini, saya perlu menambahkan satu aspek lain dalam kasus ini. Selain benda yang dicurigai sebagai ponsel, ada yang menduga kalau time travel yang terlihat di foto museum tahun 1940an juga muncul di foto piala dunia tersebut.

Yang dimaksud adalah pria di belakang sang kapten.


Ini pria yang diduga time traveler yang tertangkap kamera tahun 1940an.


Apakah pria di kedua foto itu adalah pria yang sama?

Saya kira tidak. Itu hanya ilusi.

Lihat sekali lagi foto piala dunia Chile tahun 1962. Mengapa orang-orang bisa mengambil kesimpulan kalau pria itu mirip atau sama dengan time traveler tahun 1940an?

Jawabannya adalah: kaca mata hitam.

Asumsi kalau foto itu memperlihatkan time traveler telah membuat orang menghubung-hubungkannya dengan foto time traveler museum. Lalu mereka menemukan kesamaan dari kedua foto tersebut, yaitu pria muda berkacamata hitam. Kebetulan memang hanya ada satu pria muda berkacamata hitam di foto itu. Imajinasi bermain dan muncullah kesimpulan kalau kedua pria tersebut adalah pria yang sama.

Tetapi, tentu saja itu hanya imajinasi.

Jika kalian sering menonton film mengenai mafia, triad atau secret service dan melihat beberapa pria berkacamata hitam di film itu, bukankah mereka semua terlihat mirip?

Yup. Bahkan saya pun mengalami ilusi itu.

(earlyphotography.co.uk, butkus.org)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

118 comments:

  1. okedeh...
    artikel baru...
    pertamaxkah ??

    by : Dzaky

    ReplyDelete
  2. No pertamax...!!!
    JANGAN JADIKAN BLOG BAGUS KAYAK GINI UNTUK JUNKERS....!!!
    betul bgt Bang...seperti komen gw kemaren...ini emang terlalu dibuat2...
    Coba cek di mbah google....cari kata kunci twin lens reflex camera...ntar ketahuan kok..
    Hanya karena model kamera flip jaman dulu makanya jadi dikira time traveler...padahal jaman doeloe sdh ada...CMIIW

    ReplyDelete
  3. wahhh...
    pertamax tumben.. (comenq yg pling atas)
    wkwkkwkwkk

    selamat mlemb guru mr. E
    :D

    ReplyDelete
  4. wah kayaknya bung enigma dah bosen njawab pertanyaan ini terus, dibuat artikel deh..haha...

    oh iya,thx sudah masang link saya ya bung enigma...

    ReplyDelete
  5. aku masih belum percaya adanya time travel...

    ReplyDelete
  6. Benar-benar ciri khas enigma. Teliti, sistematis dan selalu melihat lebih dalam. Gud info XD

    ReplyDelete
  7. wah bagus sekali artikelnya, mau tanya bang enigma apakah ada orang yang benar-benar termasuk "time travel" sungguhan...bahas dong

    Apakah "gayusss" termasuk time travel :-D

    ReplyDelete
  8. Nice posting, as always... Keep it up bro!!!

    ReplyDelete
  9. Hahaha saya selalu senyum yang lebar kalau ada orang yang dengan sangat yakinnya bahwa time traveler itu ada, setelah imajinasinya ter-trigger oleh fenomena2 misinterpretasi seperti ini; lack of hard evidence; bias; speculative; dogmatic;you name it...

    Bahkan mengaitkan2 dengan fisika kuantum untuk excuse pembenaran, yang totally misplaced, out of context.

    Artikel ini bagus Enigma.

    ReplyDelete
  10. horeeeee............15 besar.....hahahahahah..analisa setajam silettt

    ReplyDelete
  11. good job, i like it...... ^^

    ReplyDelete
  12. saya tidak pernah percaya dengan time traveller, kehidupan yang lalu ya sudah tidak ada, waktu hanya bisa berlalu, tapi tidak bisa dikembalikan, misalnya kita putus dengan pacar, trus pacar kita nikah,kita pergi kemasa lalu lalu menikah dengan pacar kita,... apa kata dunia
    bang Enigma saya suka dengan blog anda, tiap hari saya cek ada postingan baru apa tidak
    blog yang menarik
    kalau tidak keberatan nitip link blog:http://www.tokokomputer2010.blogspot.com
    salam kenal aan - malang

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata ketemu juga jawabannya dimari. Sempat bingung juga apa beneran time travel yak?

    @Ken:
    Tumben singkat, kemarin2 kan panjang banget wkwkwkwk. Kok gak ngomen di postingan2 lain?

    ReplyDelete
  14. ini yang aku tunggu-tunggu dari dulu....

    T.O.P lah...

    bertambah lagi ilmu pengetahuan kita, tentang kamera lensa kembar.. :D

    ReplyDelete
  15. @anonim 18: saya cuma komen di postingan yang menurut saya menarik.

    ReplyDelete
  16. um [E], yg sering dund artikel na ... lumayan wat referensi, tpi itu skilas juga kliatan itu paslu photona, coz perbedaan contrass ama warna hitamna beda ...

    ^-^
    =o= mi~aw

    ReplyDelete
  17. mejeng di page one gan

    ReplyDelete
  18. @kucing maling data: sebenarnya foto itu tdk palsu kok. Hanya interpretasinya yg salah.

    ReplyDelete
  19. salam kenal nich bung enigma,
    setelah baca-baca postingan enigma, aku cuma bisa bilang WOW . .
    tapi aku ada pertanyaan nih, menurut enigma, time travel itu benar-benar ada atau ngga sih ?

    ReplyDelete
  20. aRDANA IN BALI :
    Sungguh luar biasa analisa anda master!!! saya kagum sekali. Dengan disertai cintoh gambar dan gaya penulisan yang lugas..... Bravo...

    ReplyDelete
  21. Jeny said :

    bung E, komen saya yg di "naga parangtritis" tentang kamera roleiflek kok tidak ada yah? Apakah dihapus? Kenapa?

    ReplyDelete
  22. beuhhh,,
    penjelasannya detil banget bang...
    jadi puas ane bacanya,, hehe
    semua pertanyaan udah kejawab semua ...

    ReplyDelete
  23. menurtku itu hanya hoax alias photoshop, mungkin si photoshoper sendiri sengaja menempel kamera Rolleiflex automat itu hehehe, kenapa photoshop? karena ada yg janggal pd fotony, coba perhatikan kaki kanan sang pemegang piala terlihat jelas, lalu kemana perginya kaki KIRI-nya?? jgn2 ketinggalan :P, kurasa itu salah satu kecerobohan sang photoshoper, atau dia memang sengaja ya??!! ..hehehe
    dan kejanggalan kedua, kenapa harus ada orang yang mirip dg orang yg seperti di koleksi museum itu,, :), CMIIW

    ReplyDelete
  24. ..dan perhatikan jg kerutan-kerutan pada celana sang pemegang piala, sepertinya ada yg aneh pada bagian sekitar "yang dilingkarin", terlhat tidak natural, kesannya terlalu mencekung kedalam, seperti semacam kecerobohan memakai efek "stamp tool" dan sejenisnya (*bagi yg familiar pake photoshop).. apa dari penampakan gw aja y??

    tapi good job juga buat bro enigma.. artikelnya semakin menarik aja nih :P

    ReplyDelete
  25. @natalia: Menurut saya pribadi, time travel tidak dimungkinkan.

    @Jeny: Tidak dihapus. Komen kamu masih ada kok. Tapi bukan di postingan naga parangtritis, melainkan di postingan "mengenal sedikit media-media penyebar hoax - The Onion dan weekly world news". Komen kamu ada di urutan no.99. Lupa ya? :)
    Saya tidak mungkin menghapusnya karena komen kamu berisi informasi penting.

    @Bangteh:
    "....mungkin si photoshoper sendiri sengaja menempel kamera Rolleiflex automat itu.. "
    Mengapa seseorang mau memphotoshop rolleiflex automat ke dalam foto itu? bukankah roleiflex sendiri benda yang umum?

    Foto itu bukan phostoshop karena ada di arsip mengenai sepak bola. Cek disini:

    http://soccernet.espn.go.com/world-cup/feature?id=696764&cc=4716&ver=global

    Lagipula, interpretasi mengenai time travel itu cuma beredar di indonesia, tidak beredar di luar Indonesia.

    ReplyDelete
  26. Well..
    kamera kyk bginian ada satu dirumah nih..

    ReplyDelete
  27. awalnya sy ragu itu kamera relleiflex..., sepertinya terlalu besar untuk digenggam sebelah tangan, tapi ketika gmbr di zoom, sy malah lebih ragu itu ponsel, karena tidak ada ponsel yg bentuknya 'sejelek' itu hahahahha. Tidak ada layarnya sih. Lagipula, mr e sudah menjelaskan. Dan soal, photoshop, sy sempat kepikiran jg hahahahh.
    Oiya, ttg cowo yg berkaca mata itam itu memang aga mirip ya dgn yg mncl yahun 40an hahahhhh., hanya persepsi sy kkkkk.
    Nice posting mr e!
    Hoshihime

    ReplyDelete
  28. mgkn kalau benda seperti ponsel itu lebih menyerupai ponsel qwerty, bakal lebih heboh hahahahahhhh...
    Jwbn MR E. bwt natasha : menurut sy time traveler itu tidak mgkn, sdkt mmbwt sy syok, hhhhha. Jd Ga bs sedikit menghayal... -masih berharap time machine itu ada- kkkkkkk.
    Hoshihime

    ReplyDelete
  29. @enigma:
    Entahlah bro, gw juga gak tahu.. :D, tapi kalo memang kenyataannya seperti itu yaa mo gimana lagi.. :D
    mungkin ada yang lebih tahu, wth they did it??? :)

    ReplyDelete
  30. Benarkah pria didalam foto itu..... <== tau darimana dia seorang pria? :p

    ReplyDelete
  31. @Unyil Kucing: benar sekali, kita tidak tahu. Jadi, saya sudah menambahkan kalimat "mari kita asumsikan kalau orang yang memegang gadget tersebut adalah seorang pria".

    ReplyDelete
  32. wah... kok pertamakali saya liat foto paling atas, lha saya langsung "menangkap" laki2 berkacamata hitam yg akan dibahas.

    oh ternayata, membahas soal kamera TLR. wah saya kena ilusi juga dong hehehehehhe.....

    ReplyDelete
  33. wah saya puas nih Bang E! soalnya saya termasuk salah satu yang meminta topik ini dikupas secara sistematis oleh Bang E! hehehe... thanku banget bang E!

    emang nih bang E selalu mengupas secara detail dan membuat pembacanya puas, ngomong2 bang E IQ-nya berapa ya? pasti sangat tinggi melampaui batas di atas rata-rata deh... keep posting bang E!

    -mia-

    ReplyDelete
  34. benar-benar merindukan the real time traveler....
    Bang E knp tidak pernah atau jarang bahas misteri lokal?

    -rick =p-

    ReplyDelete
  35. @rick: sebenarnya time travel piala dunia ini adalah misteri lokal karena interpretasi mengenai time travel itu bersumber dari indonesia. Dan lagi, saya juga sering kok membahas misteri lokal, cthnya foto naga parangtritis atau mengenai tgl 26. :-)

    ReplyDelete
  36. Seperti biasa nya, Bung Enigma mantap dalam menganalisa nya .... Salam bahagia selalu

    ReplyDelete
  37. huh........
    gla, tuan engima maf saya minta foto- foto diatas bolehkan buat hal penting saja....
    menurut pendat saya mungkin orang ini memiliki suatu organisasi rahasia tapi bukan time travel....

    ReplyDelete
  38. hahaha, saya aja masih punya warisan bapak saya, kamera TLR yashica, memang kayak gitu bentuknya, mantap bro enigma..

    ReplyDelete
  39. jenny said :

    oh ya.....maaf bung E, saya lupa ..hihihi you're the best muah...

    ReplyDelete
  40. nice gann!

    ENIGMA memang pemecah misteri~!

    ReplyDelete
  41. sebenarnya logika paradox kembar cukup utk menjawab semua teka2i ini.

    Salam...

    ReplyDelete
  42. Indah said:

    WWWWooooow....... bravo Bung Enigma. Luv it!!!! :)

    ReplyDelete
  43. Kalo time treveller ada,apakah masa depan sudah terjadi dan masa lalu masih terjadi?

    ReplyDelete
  44. agak basi om E tapi seperti biasa om E menyajikannya dengan cara yang berbeda :)

    ReplyDelete
  45. pencinta time traveler,pupus sudah....

    mantap bro...sungguh pemecahan misteri yg di luar nalar...seperti ny satu misteri lagi terpecahkan...

    the detective conan

    ReplyDelete
  46. Hehehehe.........., inox dr comment ys.........???

    ReplyDelete
  47. udah gw duga itu kamera jadul. bukan hengphone

    ReplyDelete
  48. wooh iya denk ane lupa.. . Koq bsa ga inget ya pdhl bru baca kemaren tuw yang langit di parang tritis.. hehehe maap ya Bang E
    ane kasih cendol.. Manteb bgd gan

    ReplyDelete
  49. oOo ... tpi ada yg aneh deh d photo itu ... saya menduga kalo yg dikira time traveler ntu adalah wartawati (wanita) dr majalah dewasa deh, coz yg diphoto bukan muka tpi .... , XD ... cacad bener tuh wartawan ...
    ^-^
    =o= mi~aw

    ReplyDelete
  50. very smart bro enigma
    dari jauh gambarnya keliatan seperti ponsel bro
    -Adjie-

    ReplyDelete
  51. Quod Erad Demonstrandum!
    Bang Enigma, mohon dibahas juga tentang fenomena "batu meluncur" atau "batu berjalan" Death Valley National Park di danau kering Race Track Playa, California, USA. Saya pikir cukup menarik untuk "diteliti". Keep posting and Thank a lot

    Best Regard,
    Teungku Dipasikaram

    ReplyDelete
  52. dari Tresna Asti

    kkkeeeeerrrreeeeennnnn!!!

    ReplyDelete
  53. pnejelasan yg menarik.time traveler tuh memang hanya suatu mitos.

    ReplyDelete
  54. belum...terjawab...hanya pandangan pribadi aja...

    ReplyDelete
  55. penjelasan yang mantab selalu as always enigma..

    -bay-

    ReplyDelete
  56. hoho, penjelasane mantap bung..
    oya, bung, koq blm bwt postingan tentang orang yg kerap muncul di berita2 live itu??

    higeboy

    ReplyDelete
  57. bang mungkin ini sedikit OOT tapi please answer ya

    katanya ada kasus dimana 4 orang pemoeda dimakan seekor sea serpent itu beneran nggak ya bang kira" thn 1960-an

    ReplyDelete
  58. @joko: tidak ada yang bisa tahu itu benar atau tidak. saya tidak menemukan bantahannya. jadi bisa jadi benar.

    ReplyDelete
  59. hasil dari photoshop

    ReplyDelete
  60. wah..terlanjur saya yakin kalau itu time traveler mas enig :D haha

    ReplyDelete
  61. wah kalau benar ane harus hati" dong btw nais artikel and maju terus blog enigma

    ReplyDelete
  62. artikel baru dong...

    ReplyDelete
  63. Bala said...

    gak ada crop circle lagi bg E ?

    absennya udah lama nih

    ReplyDelete
  64. Sekali lagi, kudos untuk enigma.
    Penjelasannya masuk akal dan saya rasa sudah disertai bukti yang jelas. Tapi rasanya sedih juga ya kalau ada yang menolak untuk menerima kenyataan kalau benda itu bukan handphone hanya karena ingin mempertahankan imajinasi mereka :(
    satu lagi, foto ini bukan photoshop kok. cuma bedanya, di barat, nggak ada yang bilang itu handphone. So guys, just accept the fact.. that is not a cell phone.

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  65. kayaknya memang seperti photoshop

    ReplyDelete
  66. penjelasan dari bang enigma memang selalu mantap. tapi ane boleh koreksi sedikit ya bang, Piala Dunia 1962 diselenggarakan di Chile bukan di Brazil dan juaranya adalah Brazil (maklum ane penggemar bola sejati) tapi tetap ulasan bang Enigma kali ini patut untuk diberi 2 jempol! mantap gan!

    ReplyDelete
  67. @hendri_2387: haha. Iya, ternyata saya salah utk detail yang itu. Ok, segera dikoreksi. Thks ya.

    ReplyDelete
  68. analisa yang begitu mengagumkan....dan hasilnya begitu memuaskan,

    -dm-

    ReplyDelete
  69. kameranya lucu.. >.<

    sp tuh 2 org teman anda yg ahli kamera bro? :D

    ReplyDelete
  70. bobby said : untuk kamera emang aq prnh lihat pnynya tante..tp klo yang berkacamata hitam itu mgkn anggota men in black kwkwkwkwkwk pisss om admin

    ReplyDelete
  71. Wah komen mesti dapat terakhir-akhir terus,Saya juga dulu menganggap itu bukan handphone, soalnya bentuknya lurus banget. Dulu saya berpikir kalo itu adalah sebangsa Microphone jaman dulu, eh ternyata sejenis kamera.

    ReplyDelete
  72. saya kira waktu pertama liat itu hp flip lho. ternyata kamera jadul kayak di kamen rider decade. setelah saya baca penjelasan bro Enigma yg logis, saya baru percaya kalo itu buka time traveler. keep posting bro E


    Yoh

    ReplyDelete
  73. Analisa yang mantap, bro enigma. Lugas, jelas, & pastinya masuk akal. Jadi bisa dibilang isu soal "time travel" pada kasus ini sudah bisa dimentahkan

    ReplyDelete
  74. Hm....masuk akal juga, bro enigma pasti punya IQ yang tinggi

    ReplyDelete
  75. wah jaman dulu kameranya dah keren juga ya brarti.. lucu modelnya, hehe

    ReplyDelete
  76. emg hebat ea ......
    mnusia ni mmang makhluk ciptaan yang apling sempurna

    yg udah usang ja bsa jdi buah bbir yg bsa mnghebohkan seantero bumi...

    ReplyDelete
  77. okedeh ini cuma hoex, tapi gak kemustahilan kalau memang ada time traveller.

    ReplyDelete
  78. @ bang Enigma: Kayaknya ada komen yg hilang bang E? Komen debatnya Ken vs Bangteh tentang time travel. Apa sengaja dihapus? kenapa? Padahal saya belum selese bacanya.

    Oya bang E, pastinya udah baca semua argumen2 mereka. Menurut bang E setuju sama siapa, Ken apa Bangteh?

    ReplyDelete
  79. @Rotteneye: perdebatan ken dan bangteh itu bukan di postingan ini, tapi di postingan time travel chaplin.

    ReplyDelete
  80. god job enigma , i like that :)

    ReplyDelete
  81. Saya setuju sekali dengan penjelasan ini, karena saya masih punya kamera dengan tipe sama persis dengan itu... :)

    ReplyDelete
  82. beli kameranya satu bang,bungkus ya...ga pedes..
    :D :D :D

    ReplyDelete
  83. menurut saya,,kalau tombol pemotretnya ada di kiri bawah kamera tsb.Mengapa orang (time traveler) yang ada di foto itu jarinya berada di tengah kamera????

    ReplyDelete
  84. kl gw liat itu muka si kapten lg ngelihat ke arah si pemegang foto tsb... kyk wajah bingung gt

    ReplyDelete
  85. apaan nih penulis nya egois bgt kalo emg mau nulis jgn egois gitu dong jelas" keliatan kalo tulisan lo tu egois bgt....

    ReplyDelete
  86. itu semua bukan time traveler yg di thn 1940 itu mungkin seorang pendesain baju jadi ia membuat rancangan baju sendiri sehingga terlihat seperti orang yg modern sedankan yg memotert dengan ponsel itu hanyalah kamera rolleiflex

    ReplyDelete
  87. bro enigma di pasang dong kategori "TIME TRAVELER".

    TKS

    ReplyDelete
  88. Bagaimana dengan John Titor?
    Bisa Anda bahas?

    ReplyDelete
  89. saya rasa itu time traveller gan selain kacamatanya.....coba agan liat rambutnya

    ReplyDelete
  90. tapi mas yang terakhir nih
    rambutnya kelihatan sama sama lebar jidadnya

    ReplyDelete
  91. Btw.. itu rambutnya juga mirip

    ReplyDelete
  92. tapi di zaman segiitu kaca mata yang di pake di foto kedua apa ya namanya ?

    ReplyDelete
  93. bahas foto yang ke dua, saya kira mungkin saja dia (time traveller) sengaja datang ke foto itu karna dia tau dimasa mendatang (sekarang) foto itu akan dibicarakan banyak orang, jadi dia bersandar pada teori john titor, bukan teori paradox , TQ

    daviq Nur aly
    FB = mostwanteddave@yahoo.com

    ReplyDelete
  94. :D saya juga beranggapan time traveller itu ada,, entah sebetulnya ada atau enggak

    ReplyDelete
  95. Jadi intinya time traveller itu cuman hoax brooo?? maaf ga baca dengan teliti hehe -_- visiy juga ya www.ipb.ac.id

    ReplyDelete
  96. Cuma satu komentar aku bang. Kalo emang dia time traveler kan di masa kita aja udah ada Android dan Smartphone yang lain masa seorang time traveler yg notabene bukan dari masa kita atau misal, bisa pergi ke masa depan pasti dia akan mempunyai ponsel yg lebih canggih bukan flip.

    ReplyDelete
  97. Ngapain time traveler yg modern pake hp flip. Smartphone lebih canggih dan kamerannya lebih bagus. Hehehehe

    ReplyDelete
  98. wah blognya keren sekali akurat pembahasannya cocok kalo jadi penyidik he.....makasih gan mantep bgt kupasan materinya TEPAT DAN AKURAT

    ReplyDelete
  99. kepada anonymous
    topik `` time travel tentang pacar putus nikah ``
    menurut saya itu tidak bisa walaypyn kita yang jadi penjelajah waktu n nikahi tu cewek pasti akan ada kejadian dimana sang cewek akan tetep nikah dengan yang sekarang karna kalo elo bisa nikah elo pasti ga akan ke sein waktu itu
    lhat film time travel
    dan kerasakti ( patkai ) jadi pangeran tianfeng
    he......

    ReplyDelete
  100. gak ada yang namanya time traveller. logika singkatnya gini. jika seseorang balik ke masa lalu sebelum ibunya lahir ke dunia trus ktemu sama neneknya yang lagi hamil ibunya, terus tuh orang ngebunuh si nenek, berarti ibu si pembunuh gak pernah lahir ke dunia dong, terus siapa yang dianggap membunuh si nenek?

    ReplyDelete
  101. Relevan dan logis...............
    T.O.P. B.G.T.......

    ReplyDelete