Sunday, December 26, 2010

Mystery Spot - Penjelasan

Sesuatu yang aneh terjadi di tempat yang disebut Mystery Spot. Konon di tempat itu, hukum gravitasi tidak lagi berlaku. Kita bisa berdiri di atas dinding rumah dan tidak terjatuh. Bola mengalir ke tempat yang lebih tinggi. Bahkan tinggi badan kita bisa terlihat berubah-ubah. Benarkah ada tempat semacam itu di dunia? Apa yang menyebabkan terjadinya anomali seperti itu? Ini jawabannya.


Banyak tempat di dunia, terutama Amerika Serikat yang dijuluki Mystery Spot. Yang paling terkenal adalah di St.Ignace (Michigan), Santa Cruz (California), Oregon Vortex (Oregon) dan Spook hill (Florida).

Di tempat-tempat ini, para pemandu wisata akan menceritakan mengenai sebuah titik dimana hukum gravitasi tidak lagi berlaku. Jika kita masuk ke dalam rumah yang ada di titik tersebut, kita bisa berdiri di dindingnya tanpa tejatuh. Air atau bola akan mengalir ke arah yang lebih tinggi dan seseorang bisa berdiri di sudut-sudut yang mustahil. Bahkan seseorang bisa terlihat lebih pendek atau tinggi di tempat itu. Sepertinya sebuah fenomena yang mustahil.

Jika kalian bertanya kepada pemandu wisata, maka mereka akan mengatakan kepada kalian kalau fenomena yang terjadi di tempat itu berada di luar jangkauan sains dan muncul karena adanya aktifitas UFO atau paranormal.

Namun, kenyataannya ternyata tidak seperti itu.

Mystery Spot mungkin adalah salah satu fenomena yang paling banyak disalahartikan sehingga seringkali dikaitkan dengan peristiwa mistis. Namun, tempat ini sesungguhnya hanyalah sebuah atraksi turis yang sengaja dibangun. Karena itu ketika kita mengunjunginya, kita diwajibkan untuk membeli tiket, persis seperti dunia fantasi atau taman hiburan.


Setelah kita membeli tiket dan masuk, kita akan dibawa ke sebuah rumah yang menjadi Mystery Spot. Sebelum kita dibawa masuk ke dalam rumah, sang pemandu wisata akan berbicara soal fenomena anti gravitasi yang dibumbui dengan sedikit legenda mengenai UFO atau peristiwa paranormal lainnya. Sampai pada tahap ini, pikiran kita akan dipenuhi oleh berbagai imajinasi yang akan menambah kuat persepsi di dalam pikiran kita.

Nah, ketika kita diajak masuk ke dalam rumah, kita akan mengalami sendiri keajaiban-keajaiban mystery spot yang telah melegenda itu.

Bagaimana bisa hukum gravitasi tidak berlaku di tempat itu? Bagaimana cara mereka membuatnya?

Jawabannya cukup sederhana.

Sama seperti Gravity Hill yang pernah saya posting sebelumnya, fenomena yang terjadi pada Mystery Spot sesungguhnya terjadi karena ilusi visual yang muncul akibat kemiringan yang sedemikian rupa. Dalam kasus ini, rumah yang disebut sebagai Mystery Spot dimiringkan dengan sudut sekitar 20-25 derajat.


Untuk menambah kuat persepsi, sepanjang jalan menuju rumah, dibuat landscape yang menunjukkan seakan-akan terdapat anomali gravitasi di seluruh lokasi tersebut.


Lalu, interior di dalam rumah seperti perabot, lantai, dinding dan langit-langit, diatur sedemikian rupa sehingga seseorang yang berada di dalam akan memiliki persepsi kalau rumah itu sesungguhnya tidak miring.

Inilah yang menyebabkan seseorang bisa berdiri di dinding rumah tanpa terjatuh dan air bisa terlihat seperti mengalir ke tempat yang lebih tinggi.

Ilustrasi bagaimana seseorang bisa berdiri di dinding rumah tanpa terjatuh

Ilustrasi bagaimana air atau bola bisa mengalir ke tempat yang lebih tinggi

Lihat contoh lain di bawah ini.

Perhatikan orang-orang yang berdiri di luar rumah itu. Dengan melihat mereka, kita segera mengetahui kalau rumah itu sesungguhnya miring ke kiri. Ini karena posisi berdiri mereka berfungsi sebagai patokan horizontal bagi kita. Jadi, ketika kita melihat pria di dalam rumah berdiri di dinding tanpa terjatuh, segala sesuatu terlihat wajar bagi kita.

Namun, bayangkan jika sebuah dinding dipasang dan menghalangi pandangan kita keluar rumah. Kita tidak lagi memiliki patokan horizontal untuk menentukan kemiringan rumah. Pastilah kita mengira sebuah mukjizat sedang terjadi karena teman kita bisa dengan mudah berdiri di dinding rumah seperti spiderman.

Sederhana kan?

Walaupun teknik ilusi ini telah diketahui umum, namun tetap saja tidak mengurangi keunikannya. Bahkan tempat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para dosen psikologi untuk menjelaskan kepada mahasiswanya mengenai ilusi dan persepsi.

Menurut William Prinzmetal, seorang profesor psikologi dari Berkeley University, Mystery Spot menjadi menarik karena adanya hasrat dari manusia untuk menentukan orientasi horizontal ataupun vertikal sehingga mereka akan segera mengambil sebuah patokan jika mereka tidak bia melihat batas horizon bumi.

"Kita ini benar-benar makhluk visual," Katanya. "mekanisme di dalam tubuh kita yang bertanggung jawab untuk menentukan horizontal dan vertikal paling terpengaruh oleh apa yang kita lihat. Jika konteks itu dikacaukan, maka patokan kita tentang horizontal dan vertikal juga ikut menjadi kacau."

Menurut Prinzmetal, bahkan walaupun ia sudah mengetahui rahasianya, ia masih saja terkagum-kagum setiap kali mengunjungi rumah itu.

Dari banyaknya lokasi Mystery Spot di Amerika, rata-rata mengklaim kalau lokasi mereka adalah yang pertama berdiri. Namun, berdasarkan hasil penelitian, ditemukan kalau Mystery Spot yang pertama adalah yang terdapat di Oregon Vortex yang didirikan tahun 1930an.

Setelah itu rumah anti gravitasi lain mulai bermunculan di seluruh Amerika Serikat, kemungkinan meniru Oregon Vortex karena kemiripan desain yang sangat luar biasa. Bahkan cerita legenda yang menyertainya pun sama di antara berbagai Mystery Spot tersebut. Hal ini tentu saja menimbulkan tuntutan hukum diantara para pemiliknya.

Untuk lebih jelas memahami mengenai Mystery Spot, kalian bisa melihat video di bawah ini:


(link youtube)

Baca juga: Misteri Gravity Hill - Penjelasan

(currents.ucsc.edu, berkeley.edu, psychologie.tu-dresden.de)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

83 comments:

  1. hyaaaa... kereeennn. pengen kesana.. >.<o

    ReplyDelete
  2. nice post!! I'm your blog fans :D

    ReplyDelete
  3. akirnya!!!
    pertamaxx!!
    yess!!
    baca dlu...

    ReplyDelete
  4. seperti di dufan ya klo ga salah Bung Enigma??

    ReplyDelete
  5. @the simmer: nah, kalau yang di dufan itu rumah miring maksudnya? kalau rumah miring justru terbalik. Rumahnya nggak dimiringin, interior dalmamnya yang justru dimiringin.

    ReplyDelete
  6. wah... ada bnyak juga temapt kyk gni yaw??

    apakah di indo ad juga yaw??
    hehee

    ReplyDelete
  7. Wahh.. Yg wktu tu saya tnyakan...
    Akhr'a djlaskn jg dsni..
    Bwt rmh ky gtu d indonesia bkal bnyg pngunjung'a ni ky'a..
    Haha..

    ReplyDelete
  8. Mystery Solved

    WHAT!!!!

    Baru dishare 14 detik saya sudah diposisi ke enam!!!!

    ReplyDelete
  9. wah ilusi yg ckup mnarik...
    di indnesia blum ada ya.

    ReplyDelete
  10. hahaha 10besar gw.. topik yg sederhana..

    ReplyDelete
  11. salam kenal bung enig... dah lama baca artikelna baru komen skrang...


    bung Koes..

    ReplyDelete
  12. werlington
    kalo menurut ane boz ini salah satu marketing strategi kota tersebut buat narik turis.ane pernah baca nih topik di internet,anehnya orang amerika yang terkenal maju justru banyak yang nganggap tempat itu emang bener-bener tempat mistery !!!! (atau mungkin orang amrik sekarang udah jd oon yah...)
    boz sekalian nanya nih,menurut boz mungkin gak kalo "nessie" juga salah satu marketing strategi buat narik turis?soalnya ane punya pertanyaan "kenapa nessie gak mati2 yah pdahal udah tua banget?kalo emang ada lebih dari 1 kenapa gak beranak yah?"
    sory boz enigma ane nanya diluar topik nih
    thank boz enigma....

    ReplyDelete
  13. wah, sayang ya, tempat seperti itu tidak dibuat di Indonesia

    ReplyDelete
  14. mantap deh,,tiap ada artikel baru dari mas enigma slalu ok!!!

    ReplyDelete
  15. ka apakah bisa kalau kita bangun rumah d gravity hill terkena persis anti grafitasi?

    kayrul

    ReplyDelete
  16. 20 besar lumanyun hehehe,keren miring2 gitu,jgn ampe otaknya miring juga dech hehehe

    ReplyDelete
  17. Om E.... Mystery Spot Udah Om E pecahkan... Gimana Kalo topik berikutnya Om E bahas tentang the G-Spot Mystery ???? :) :) Peace...

    ReplyDelete
  18. kaya rumah miring ya bro enigma di dufan!,kok bisa jadi mysteri ya padahal gak aneh biasa aja
    --------------------------------------------------
    KLIK INI

    ReplyDelete
  19. haha...
    di dufan juga ada ini kan??
    rumah miring

    ReplyDelete
  20. perasaan saya ini udah dibahas sama akang enigma deh... kok dibahas lagi y???(ini hanya perasaan saya saja lho...)

    ReplyDelete
  21. tidak terlalu spektakuler kalo di bandingin ama yg gravity hill. Saya lbh suka yg gravity hill, keren. . . Alam memang hebat, banyak bgt 'karya2' alam yg keren yg lain, smoga alam selalu bersahabat dg kita, agar kita bisa tetap menikmati apa yg disuguhkan alam pd kita .

    Btw, 2-0 bwt Indonesia. INDONESIA!!! Haha haha ha \>_</

    ReplyDelete
  22. benar-benar luar biasa penjelasannya...
    jadi pengen membuat yang seperti ini... :D

    ReplyDelete
  23. oh ternyata begitu y, thx atas penjelasannya om E. Keep posting. Btw, Wlaupun misterinya terungkap, tp knapa msh bnyk yg trtarik yah, kalo aku mrasa sperti di bohongin. :)

    dk afandi

    ReplyDelete
  24. wew, keren jga kalo bsa bgtu.

    ReplyDelete
  25. ada saja ide untuk menarik turis sehingga bisa menghasilkan $..
    cari ide aaahhh..

    ReplyDelete
  26. @Werlington: Kalau soal nessie, dia bukannya nggak mati2, tapi karena beranak pinak. Bisa saja makhluk itu ada, namun dibesar2kan untuk strategi marketing.

    @Kayrul: Saya kira tidak.

    @Anonymous no.23: Persepsi saja bisa salah. apalagi perasaan.

    ReplyDelete
  27. nice gan . . . .
    aq jg pernah bikin miniaturnya ...
    yg kyk di pideo itu . . .

    ReplyDelete
  28. biasa aja. ga ada misterinya

    ReplyDelete
  29. om Enigma, kalau yg di California ko' pohon2nya jg menjadi miring semua di dawrah itu? apa semuanya disetting, tp kan kbanyakan pergerakan pohonnya mengikuti cahaya matahari (fototaksis)?

    ReplyDelete
  30. bang enigma, ada blog yg bilang einstein jadi time traveler.
    Pengen tau siapa bapak tua yg mirip dy di iran.
    hahahahahaa

    ReplyDelete
  31. haha..kaya di dufan nih..versi bulenya..
    kreatif

    ReplyDelete
  32. bang ini kan kyknya udah pernah dibahas, soal ilusi visual.

    bahas extraterestrial atau cryptozoology lagi donk


    ufo believer

    ReplyDelete
  33. saaya kira sama kayak yang di gravity hill :D dan saya kira juga mneggunakan medan magnet :D

    ReplyDelete
  34. mas enigma,, aku ngirim pesan ke email ttg enstein.

    kalo blom dibahas tolong dibahas ya ,,
    thanks

    ReplyDelete
  35. Wah! Postingannya terlalu ringan, Bang!
    Jadi, kurang seru.

    ReplyDelete
  36. bro enigma lagi intermezzo nih.. :)

    ReplyDelete
  37. nice info bang enigma...

    ReplyDelete
  38. Mr. E kok nggak pernah bahas tentang konspirasi lagi ?

    ReplyDelete
  39. lah? beginian juga udah ada lama di DUFAN ya??

    ReplyDelete
  40. om, kok baru nge-post? padahal sudah saya tunggu, lho... lagi kehabisan misteri, ya, om??

    NB: mohon maaf kalau ada perkataan yang salah/ menyinggung...

    ReplyDelete
  41. oriza sativa said...
    senpai...putri duyung udah pernah dibahas belum....

    ReplyDelete
  42. bro gimana caranya dapet format mobile seperti versi mobile 1? dan ada scriptnya ga biar yang pake hp langsung menuju halaman tsb?

    tlng kasi alamat tutorialnya kalau ada.
    Thnx anyway

    ReplyDelete
  43. @Anonymous no.32: itu cuma landscape yang dibuat. lagipula kalau tempat itu anti gravitasi, pastilah pohon tidak akan miring karena miring menunjukkan adanya tekanan ke bawah.

    @Cumi idiot: itu cuma rambut dan kumis saja yang sama. Plus imajinasi, jadilah einstein time traveler.

    @Yuki: sudah dibalas.

    @Anakkucing: ini memang postingan ringan. tapi kamu akan kaget jika tahu berapa banyak yang menanyakan soal "fenomena" ini ke saya. :)

    @Oriza sativa: putri duyung sudah posting disini (ada di artikel terpopuler):

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/06/legenda-mermaid-dan-merman.html

    @Hanjaya: nggak ada tutorial. itu cuma pake google reader. Kamu tinggal kopi url link di sidebar saya, lalu ganti alamat blognya dengan alamat blog kamu. Lalu Jadikan url itu sebagai link di sidebar.

    ReplyDelete
  44. Jandres "+_[M]eta[L]head[s]_+"December 27, 2010 at 7:26 PM

    Hmmm, emang orang2 sana lebih pintar darikita. . .

    mantaaap mbah enigma...
    posting yg lebih seru lagi dunk, kayak misteri segitiga bermuda, walo pun udah, tapi cari info yg lebih memuaskan lagi yahh,...
    seeepp

    ENIGMA mantaaap......

    ReplyDelete
  45. pandangan mata kan bisa menipu^^
    karena itu jangan langsung percaya apa yang kita lihat.

    keren!

    NaN

    ReplyDelete
  46. Jinx said:
    Ni yang pgen di request dari waktu itu, tapi lupa nama tempatnya... haha..
    But, nice one

    ReplyDelete
  47. bro,,
    jadi kek yg di dufan itu ya??
    yang rumah miring ato apa gitu..
    hahaha...
    nice post bro !! :D

    ReplyDelete
  48. bung enigma tolong bahas tentang trit ini dong http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3620949

    ReplyDelete
  49. Mr. E... aku baca ini nih:

    http://www.weirdpalace.com/ever-dream-this-man/?utm_source=avalanchers.com&utm_medium=referral&utm_campaign=avalanchers

    itu hoax atau apa sih? kok banyak org diseluruh dunia yg melaporkan pernah bertemu "this man" dalam mimpinya... malah satu teorinya katanya dia adalah org yg bener2 bisa menyelinap ke mimpi org lain... mohon bahas... penasaran :D link resminya kalo ga salah www.thisman.org

    terima kasiiiiih :)

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  50. Blog sama artikelnya bagus, komentar juga ke web blog saya juga ya www.when-who-what.com

    ReplyDelete
  51. @Anonymous 53: saya pribadi percaya kalau itu hoax.

    @Ms.Terry: That is a hoax. Haha. Kalau Ms.Terry mau, nanti saya posting.

    ReplyDelete
  52. ini yg kyk di dufan kan?

    ReplyDelete
  53. bang enigma, saya kira pas ngliat ini bang enigma kelupaan sesuatu tpi krn gga ad update-an'a berarti saya maw nanya.

    penyebab tinggi org yg keliatan berbeda" itu apa? pengaruh kemiringan juga? ataw itu cuma akal"an pemandu wisata pdhl sebener'a tinggi'a gga berubah sama sekali?

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  54. mas bsa tukeran link????

    ini link blog misteri milik saya ::
    http://seputarcashback.blogspot.com/

    makasih ya mas,,dtunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  55. bro enigma....
    yang pasti ini merupakan salah satu strategi marketing tourism, untuk menyedot wisatawan yang berkunjung kesana karena penasaran dan ingin membuktikannya dengan mata kepala sendiri......

    once again, nice post bro..

    ReplyDelete
  56. wew keren mas.E bisa miring-miring

    oia mas tolong bahas tentang Dead sea mas,soalnya saya itu penasaran banget,
    Dead sea itu termasuk kandidat finalist new 7 wonders mas,saya penasaran kenapa di sebutnya bisa dead sea,kan kalo mas.E yg bahas kayaknnya bagus gitu sangat akurat,,

    tolong ya mas.E
    ini webnya,:

    new7wonders.com

    oia,sekalian voting buat pulau komodo juga mas.E
    kalau mau voting harus login,jadi harus buat account dulu mas,

    tolong di bahas ya,,

    by:Lighto

    ReplyDelete
  57. @ Mr. E: ow.... hoax toh.... ya sud. setelah aku baca ttg this man, sebetulnya aku malah berharap ketemu dia di mimpi...banyak yg aku mau tanya k dia...hahaha...
    itu semacam rangsangan/stimulus otak ya? maksidnya supaya mahin banyak org "percaya" pernah ketemu this mman di mimpinya, gt? kalau Mr. E mau bahas, saya akan sangat senang sekali membacanya,,,hahay!!

    @Lighto: setau saya, deadsea kadar garamnya sangat tinggi. saking tingginya manudia dewasa bisa ngambang tanpa tenggelam, ditepian2 pantainya banyak bukit2 garam berkualitas tinggi yg mengendarm dan daga makhluk yg bisa hidup dlm air laut dengan kadar garam setinggi itu, makanya dinamakan deadsea
    naaf ya,,,kok jadi saya yg jawab...kekeke ini kalo g salah ya...

    @Koe-Chink: kan ada tuh penjelasannya di video.. karena lantai bangunan itu dibuat dengan kemiringan tertentu, tapi interiornya dibuat seolah2 normal....


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  58. kayak di ghostbusters

    ReplyDelete
  59. tapi lw yg kayak dijalan menuju Gunug Kelud itu gmna?
    botol bahkan truk bisa menggelinding ke arah yg lebih tinggi?

    ReplyDelete
  60. wah itu jadinya sdikit menipu ya, gmana dengan daerah bermagnet di arab saudi yang supir tidak harus menginjak gas tapi mobil maju sendiri tertarik magnet

    ReplyDelete
  61. Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di web saya www.when-who-what.com

    ReplyDelete
  62. ooowh jDI CUman tipuan mata ya

    ReplyDelete
  63. Kalo saya sih gak akan kemakan omongan pemandu wisata begituan

    ReplyDelete
  64. HeruE said

    mudah buktiinnya,pas ddalem rmah lompat2 aja...

    ReplyDelete
  65. Blog nya sangat informatik sekali, banyak sekali informasi yang belum saya temui tetapi di blog ini saya banyak menemukannya...good info..

    ReplyDelete
  66. menanggapi werlington diatas (no.15) "kenapa Nessie gak mati-mati?"
    mungkin... jika dilihat dari perkiraan usia makhluk-makhluk jaman bahuela dulu yang bisa sampai ratusan bahkan ribuan tahun, yah, bukan tidak mungkin kan jika si Nessie satu ini (jika memang dia nyata) mempunyai usia yang memang ratusan tahun.
    Atau itu memang keturunan Nessie yang lain. Makhluk langka kan cendrung cendrung memiliki siklus reproduksi yang lamaa.....apalagi jika memang jangkauan usia panjang.Udah gitu telur (?) nya hanya satu lagi!
    Hmm...tapi kan, untuk bereproduksi butuh lawan jenis y????

    ReplyDelete
  67. Mysteri oregon vortex belum terpecahkan semuanya alasannya
    1.Kenapa sapu bisa berdiri tegak di sekeliling orang tanpa penopang apapun liat di http://didikm.eu5.org
    2.Kenapa hanya satu rumah itu saja di muka bumi ini,kalau memang itu rekayasa ilusi optik,semestinya ada yang mampu mendemostrasikan di wilayah lain atau bikin tempat wisata sendiri :-)
    3.Masih terlalu premature untuk di katakan setiap kasusnya fenomena alam dapat di jelaskan karena itu akan berdampak banyak pada bidang aplikasi teknologi
    4.Banyaknya fenomena alam berkembang maka nampak kebodohan kita terhadap alam ini karena ilmu pengetahuan dari alam tidak ada habisnya hanya menambah perpustakaan buku data base terus menerus

    ReplyDelete
  68. @anonymous 76:
    1. Soal sapu itu memang banyak yang salah paham. Sebenarnya sapu itu tidak bisa otomatis berdiri tegak bro. Para pemandu wisata di oregon vortex sendiri mengakui kalau sapu itu baru bisa berdiri dengan latihan. Ini jadi seperti latihan menyusun tumpukan kartu saja.

    2. Bukan rumah kuncinya bro, melainkan lokasi berdirinya rumah. Dan tentu saja tidak semua lokasi memiliki karakteristik seperti oregon vortex. Yang saya maksud adalah posisinya terhadap bukit. Soal reka ulang, itu sudah sering lho. Salah satunya video youtube yang saya tampilkan itu.

    3. Saya tidak pernah mengatakan kalau setiap kasus fenomena alam dapat dijelaskan.

    ReplyDelete
  69. keren gan!! tapi di indonesia juga ada tuh Rumah Miring hehehehe!!!

    ReplyDelete
  70. whoa... baru tahu aku

    ReplyDelete
  71. Mata memang bisa menipu tetapi , Aspek - aspek tentang Alam tidak menipu mata , melainkan mengusahakan supaya mata bisa lebih memperdalam sesuatu yang bagi anda presepsi.

    ReplyDelete
  72. maaf bang E, lo yg di gunung kelud itu gimana bang? pernah liat di berita ni tempat katanya anti gravitasi (with vid). Plus, di sana gak ada rumah ato semacam wahana kayak postingan bang E ini. yg ada hanya jalanan biasa, dan pepohonan.

    Salam -s4lvotere-

    ReplyDelete
  73. bagaimana penjelasan tentang pohon yang juga tumbuh miring ?
    apa itu jg ilusi buatan ?

    ReplyDelete