Friday, December 31, 2010

Video misterius Mereana Mordegard Glesgorv - Hoax !

Menurut kisah yang beredar di internet, 153 orang mencongkel matanya sendiri setelah menyaksikan satu video misterius di situs Youtube. Video ini dianggap sebagai salah satu video paling mengerikan di dunia internet. Namun, kenyataannya ternyata tidak seperti itu. Video ini hanyalah salah satu dari sekian banyak hoax yang beredar luas di dunia maya.


Video ini termasuk salah satu topik yang paling sering ditanyakan kepada saya. Video yang bernama Mereana Mordegard Glesgorv ini konon telah menyebabkan 153 orang yang menontonnya mencongkel matanya sendiri. Banyak orang menganggap kisah ini sebagai kisah nyata dan tidak berani menonton rekaman tersebut.

Namun kali ini saya akan menunjukkan kepada kalian kalau video itu sama sekali tidak misterius atau mengerikan. Saya yakin sebagian dari kalian telah menduga kalau video itu hanya sebuah hoax. Karena itu saya akan melengkapi dugaan kalian dengan memberitahukan asal-usul hoax ini sehingga kalian tidak perlu lagi takut terhadap rekaman konyol tersebut.

Setiap kali video itu muncul di situs atau blog, ia selalu diawali dengan sebuah kisah yang membuat orang yang membacanya bergidik ketakutan. Begini kisahnya:
"Konon di Youtube ada sebuah video yang berjudul Mereana Mordegard Glesgorv. Jika kamu mencari video ini, kamu tidak akan menemukan apapun. Jika kamu mencari beberapa kali, kamu akan menemukan sesuatu. Namun apa yang bisa kamu lihat hanyalah video berdurasi 20 detik yang menunjukkan seorang pria sedang menatapmu tanpa ekspresi dan menyeringai pada 2 detik terakhir."

"Video aslinya berdurasi 2 menit dan disingkirkan oleh Youtube setelah 153 orang yang menyaksikannya mencongkel matanya sendiri dan mengirimnya (mata mereka) ke kantor utama Youtube di San Bruno. Menurut cerita, banyak orang yang juga melakukan bunuh diri dengan berbagai cara setelah menonton video itu. Sampai sekarang masih belum diketahui bagaimana mereka bisa mengirim mata mereka setelah mencongkelnya keluar. Dan pesan misterius yang diukir mereka di lengan juga masih belum bisa terpecahkan.
"

"Youtube secara periodik menampilkan rekaman 20 detik pertama untuk menghilangkan kecurigaan supaya orang-orang tidak akan mencari video aslinya dan menguploadnya. Video itu juga pernah disaksikan oleh salah seorang staf Youtube yang kemudian mulai menjerit setelah detik ke-45. Pria ini kemudian harus dikendalikan dengan obat penenang dan sepertinya ia tidak ingat dengan apa yang telah disaksikannya. Orang lain yang berada di ruangan yang sama dengannya sementara ia menyaksikan video itu dan yang mematikannya mengatakan kalau mereka hanya mendengar suara bor yang melengking tinggi. Tidak ada satupun dari mereka yang berani melihat ke layar.
"

"Orang yang mengupload video itu tidak pernah ditemukan, IP Adress yang tercatat ternyata tidak pernah ada. Dan pria yang ada di video itu tidak pernah teridentifikasi.
"
Ini video versi 20 detik yang disebut sengaja dipasang Youtube untuk menghilangkan kecurigaan:


(link youtube)

Ini screenshotnya. Video itu diawali dengan foto seorang pria dengan keseluruhan layar berwarna merah.


Pada beberapa detik terakhir, foto pria tersebut berubah menjadi seperti ini.


Dan video itupun berakhir.

Menarik.

Mungkin kisah ini mengingatkan kalian dengan film super mengerikan yang berjudul "The Ring". Jika film itu berdasarkan pada kisah nyata, maka saya rasa sebagian dari kalian akan memutuskan untuk berhenti menonton televisi.

Namun, jangan kuatir, kisah di atas ternyata bukan kisah nyata, melainkan hanya sebuah urban legend yang beredar di internet.

Pertama kali, kisah diatas ditulis dalam bentuk Creepy Pasta, yaitu istilah yang merujuk kepada kisah horor fiksi pendek yang ditulis oleh pengguna internet yang umumnya mengambil dari urban legend yang telah beredar.

Jadi, kisah ini memang hanya sebuah fiksi.

Kisah yang berjudul Mereana Mordegard Glesgorv ini pertama kali dimuat di creepypasta.com pada tanggal 17 April 2008. Lalu, seorang user internet dengan nickname Brokeanddrive membuat sebuah video berdurasi 20 detik dan mempostingnya ke Youtube pada tanggal 18 April 2008. Ia menghubungkan video tersebut dengan kisah Mereana Mordegard Glesgorv.

Video yang saya tampilkan di atas adalah video yang diposting oleh Brokeanddrive.

Namun, sebenarnya kisah ini tidak akan beredar dengan luas dan dipercaya sebagai kebenaran jika saja orang mau membaca keterangan yang diberikan oleh Brokeanddrive di video itu. Ia menulis dengan nada sarkastis:
"Omong-omong, untuk siapapun yang bersikap seakan-akan ini adalah video yang membuat kamu mengirim bola matamu ke Youtube...ayo, mari kita baca paragraf pertama bersama-sama:

'Konon di Youtube ada sebuah video yang berjudul Mereana mordegard glesgorv. Jika kamu mencari video ini, kamu tidak akan menemukan apapun. Jika kamu mencari beberapa kali, kamu akan menemukan sesuatu. Apa yang bisa kamu lihat hanyalah video berdurasi 20 detik yang menunjukkan seorang pria sedang menatapmu, tanpa ekspresi, dan menyeringai pada dua detik terakhir.'

..Kalian tahu, aku duduk dan menatap layar komputerku selama beberapa menit, mencoba untuk memikirkan cara untuk menjelaskan mengapa video ini bukan video pembunuhan "Ring" yang dimaksud. Namun, pada akhirnya, aku mengurungkan niatku karena menurutku itu sama saja seperti berusaha mengatakan kepada seseorang (yang tidak buta) di hari yang cerah, kalau cahaya matahari benar-benar terang.

So f**k it

Jika kalian masih juga tidak mengerti dengan kalimat yang aku sampaikan di paragraf atas, maka kalian adalah orang bodoh yang berbahaya bagi diri kalian dan bagi orang lain, dan seharusnya kalian dikurung di sel yang tertutup rapat.

I feel better now."
Memang sulit untuk memahami perkataanya dengan jelas. Sepertinya orang ini memiliki karakter yang cukup berandalan. Namun, dari kalimatnya yang bersifat sindiran, kita bisa tahu kalau video yang diuploadnya hanyalah sebuah hoax. Jika ia serius, maka kalimat yang digunakannya seharusnya juga lebih serius.

Dari kalimat pertamanya kita juga bisa mengetahui kalau kisah pencongkelan mata bukan berasal dari Brokeanddrive. Ia hanya membuat video untuk melengkapi kisah itu.

Bukti lain mengenai hoaxnya video ini bisa ditemukan di paragraf terakhir di kisah itu. Disebutkan kalau:
"Dan pria yang ada di video itu tidak pernah teridentifikasi."
Memang, nama pria itu tidak diketahui, namun Brokeanddrive ternyata hanya mengambil foto yang ditemukannya di forum cracked.com (diupload 12 Juni 2005) dan mengubahnya menjadi sebuah video. Foto pria yang sama juga bisa dijumpai di situs hillmancurtis.com, sebuah situs desain web.

Ini foto yang digunakan oleh hillmancurtis.com.


Ini dua foto lainnya yang bisa dijumpai di forum cracked.com.


Jadi pria tersebut sama sekali bukan pria misterius atau hantu dari dunia lain.

Hebatnya, setelah Brokeanddrive mengupload video tersebut, beberapa orang lain mulai membuat video serupa dengan berbagai versi dan durasi. Ini turut membuat kisah horor dan video tersebut menjadi kisah yang populer di dunia, termasuk di Indonesia.

Hoax ini kemudian dikonfirmasikan oleh Brokeanddrive sendiri. Ketika diwawancarai PBS.org, ia berkata:
"Selama beberapa hari pertama, aku menyaksikan dengan rasa takjub karena jumlah orang yang melihat video itu terus bertambah dan bertambah. Kalau aku tidak salah ingat, sepertinya pada hari kedua, videoku kembali diupload ke Youtube oleh orang lain. Satu, dua, lalu empat hingga dua belas video. Dan tindakan itu telah ikut berjasa membantu penyebaran parodi yang tiada henti."

"Aku paling suka dengan video yang menunjukkan adanya sorot lampu di kepala pria tersebut yang berakhir dengan teriakan Michael Jackson. Aku menerima beberapa email mengenai video itu, dan kebanyakan aku hanya membalas mereka dengan: 'Tidak, bukan aku yang mengupload video itu. Apa sih yang sedang kamu bicarakan?' Kalian tahu, aku hanya ingin membuat elemen-elemen hangat dalam kisah hantu ini terus bergulir."
There you go. Ternyata semuanya hanya sebuah hoax.

Nah, karena kalian telah mengetahui sejarah video ini dan menemukan kalau video itu hanya sebuah hoax, tentu kalian tidak akan takut lagi menyaksikan video tersebut. Karena itu sekarang saya akan menampilkan video yang berdurasi dua menit untuk kalian tonton. Saya yakin kalian tidak akan menjerit ketakutan, malahan saya yakin kalian akan berpikir betapa konyolnya video ini.

Selamat menonton.


(link youtube)

(Semua sumber dan linknya sudah saya sertakan di dalam tulisan)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

185 comments:

  1. aku pertamax Om Enigma.. si Uwaiz Spazio yg selalu jd komentator anonymus nya di Blog Enigma.. hihihi v^_^... tp aku masih agak2 takut Om, bisan ga ada yg nemenin nontonnya.. xixixi

    ReplyDelete
  2. Wah, saya pernah ketakutan gara-gara video ini. tnyata semuanya hoax! keren.

    ReplyDelete
  3. @Uwais: Nah, ayo ditonton sekarang. Saya temenin. haha.

    ReplyDelete
  4. wah, video yang mencongkel mata ya bang.E .. saya izin nyimak dulu ya bang,, yang penting komen teratas. :D

    ReplyDelete
  5. @Bang E : saya udah duga kalo itu hoax tapi sayaga berani ah bang nonton yg 2 menit..serem

    ReplyDelete
  6. logikanya, kalo video itu berbahaya, kenapa tetap ada di youtube? kenapa tidak diremove? dari situ saja mustinya sudah terlihat unsur HOAX nya.

    ReplyDelete
  7. @fauzieuy: berarti blm yakin kalau itu hoax ya?

    ReplyDelete
  8. sepuluh besar.....
    by: DCD

    ReplyDelete
  9. @bang. E : whahaha. ternyata videonya gtu doang toh, bukan ga yakin hoax bang. serem aja denger mata dicongkel.. hehe

    ReplyDelete
  10. luar biasa, memang permainan psikologi sangat berbahaya...
    bukan berakibat mencongkel mata, namun memberikan rasa ketakutan untuk menonton video tersebut...
    sangat keren...!!!

    ReplyDelete
  11. Habis Nonton Movie ini.... Jadi pengen Nyongkel... UPIL :) hahahahahhahaha

    ReplyDelete
  12. semua jenis video ny sudah saya lihat...
    videonya benar2 aneh....
    yang percaya jika video itu asli pun aneh
    hahahaa~

    ReplyDelete
  13. hmmm hebat video yg 2 menit konyol bngt ahahahah

    ReplyDelete
  14. 20 besar....
    Lo, hoax ya, ku kirain asli
    nice post mr.e

    ReplyDelete
  15. kagak bs nonton dah, coz ol dari operamini. Tp di tonton-pun percuma. Hoax aja toh? Hahaha :DDD

    ReplyDelete
  16. Si Devastria.

    Haha. Ternyata memang cuma hoax ya. Kirain ini sejenis video hipnotis ato cuci otak gitu ^^;

    ReplyDelete
  17. aaarggghh..
    saya ingin mencongkel mata saya......

    ReplyDelete
  18. setelah melihat video ini, saya jadi bingung.
    sisi mana yg seram ?
    keinginan untuk mencongkel mata. sama sekali tidak beralasan.
    haha..
    nice info brother.. )

    ReplyDelete
  19. Keren!!
    Inget the ring, liat dulu ah.....

    ReplyDelete
  20. Permainan psikologi tuh...

    Coba aja anda ajak temen anda saling berpandangan dalam suasana sepi dan suram selama 2 menit atau lebih, pasti muka temen anda akan tampak menyeramkan.

    Doegalz.

    ReplyDelete
  21. Sesuatu yang dibesar2kan di dunia maya kok ujung2nya hoax sih,,,banyak banget kan contohnya....

    ReplyDelete
  22. pertama kali denger gosip tentang video ini, saya malah ingin ketawa karena NGGAK MUNGKIN banget video bisa bikin orang nyongkel matanya,,
    hahahaha... :D

    ReplyDelete
  23. Keren... ternyata hoax yah..,
    pantas saja waktu saya nonton dulu, saya gak mencongkel mata saya (tapi saya mencongkel perut saya dan mengeluarkan semua isinya)...wkwkwkwk

    btw, jadi motivasi Brokeanddrive dgn video ini iseng ya bro??

    ReplyDelete
  24. Wew.. Mas enig postingnya tengah malem mulu jadi ga bisa pertamaxx deh.. T.T

    Btw baca dulu ahk.. :)

    xx HOERTER xx

    ReplyDelete
  25. Aaargh !!!!
    serem banget video-nya bang enigma
    rasanya saya pingin nyongkel mata !!!
    heheheheehehee

    ReplyDelete
  26. wah, setelah saya lihat videonya gak serem tuh. yang bikin merinding justru cerita yang menyertainya. berita hoax memang selalu bombastis dan sedikit lebay.

    ReplyDelete
  27. tadinya klo Om Enigma gk ngasi tauk klo ini tuh hoax, saya gak berani nonton, tapi setelah saya nonton kok lucu ya.. heheheheeee..

    ReplyDelete
  28. karena warna merahnya tuh makanya serem :D

    ReplyDelete
  29. A2T : apa iya film the ring itu berdasarkan kisah nyata?dimana kejadiannya,tahun berapa?

    ReplyDelete
  30. @A2T: Siapa yang bilang film the ring berdasarkan kisah nyata?

    ReplyDelete
  31. hal saya lakukan setelah melihat video tersebut:
    ngucek2 mata karena kelamaan melotot dan bilang dalam hati: "maksudte?"

    menarik. orang yg di dalem video bener2 serem. ^^b

    ReplyDelete
  32. misi. . .numpang comment. . . ^^
    gw dah bca enigma dr dlu tp bru bra post skrng. . .
    mnyedih kn ny q. . .

    salam Oswald

    ReplyDelete
  33. Serem tuhh orangnya,orangnya kayak mau ngebunuhh....!!!!

    ReplyDelete
  34. waahhh..saya nnton yg do youtube yg durasi 4 mnit..
    deg2an sendri..mna lagi di tmpat kerja sndiri'an. lagi...haha....
    muka tu co serem kgak ada expresi nya...
    nie masih dagdigdug...
    wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  35. Se7 ma komen yudhi.
    Dunia maya emang tempat yang paling pas buat ngebohongin orang lain. Saya ga berani nonton videonya, bukan karena takut nantinya saya nyongkel mata saya sendiri, tapi takut pulsa gprs saya habis... :D wkwkkwkw.... Lagi pula koneksi internet di tempat saya lemah banget. Terima kasih buat ENIGMA, karena BLOGnya ga berat buat dibuka pake koneksi lambat.

    ReplyDelete
  36. memang ga separah killerjo, tapi tetep aja serem, hahaha

    i hate it, bikin merinding

    ufo believer

    ReplyDelete
  37. hmm..
    alesan org" itu nyongkel mata'a, bunuh diri ataw smpe teriak" histeris itu kenapa?
    kena pengaruh "hipnotis" dri paragraf'a ataw emank imajinasi mereka terlalu kuat??

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  38. bang enigma, lupain comment yg tulis tdi.
    bang enigma taw kan kasus video d youtube yg istilah'a "Jebakan Betmen" klo d kaskus.

    ap ini video yg d mksd? krn sesuai penjelasan'a ketika link'a d tulis, video ini tdk akan muncul. tetapi ketika d refresh berkali" (sktr 26x)video ini baru muncul.

    ketika d play video itu tdk akan bs d close kecuali d tonton smpai habis. tdk peduli d mute ataw tdk, suara'a akan trus terdengar.

    klo gga salah ini link'a : http://www.youtube.com/666

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  39. ngeri muka nya kayak bokap gue...

    ReplyDelete
  40. Bang E, boleh saya meneliti sedikit...jika kalian melihat awal video (pada detik 0:00) kalian bisa melihat di kepala (kening) ada sebuah titik hitam berukkuran kecil yg seperti kotoran yg biasa saya temukan di lensa kamera saya....itu apa ya Bang E??..apakah itu bisa menandakan bahwa ini Hoax??..(ngaco mode : on)..sejujurnya, saya belum menonton video sampe habis

    By: IlyasFarid

    ReplyDelete
  41. @koe-chink: video yang kamu maksud sudah hilang dari youtube. Jd saya tdk bisa mengomentarinya.

    ReplyDelete
  42. memang itu apa sih isi video nya, sya smppe sekarang blum nnton.

    50 besar !!!!

    ReplyDelete
  43. test..test...kali pertama koment nih stlah ngikutin blog ini dari taon 2008 ,salam kenal ya Bung enigma,
    artikel yg sangat membantu.oya bung Enigma tolong dicek tentang ini apakah Hoax bukan : Penemuan Manusia
    Raksasa Kaum 'Ad Umat
    Nabi Hud AS,situsnya : http://zharifalimin.blogspot.com/2010/09/penemuan-manusia-raksasa-kaum-ad-umat.html ini blog punya org malaysia,lengkap dgn ftonya tolong dibahas ya bung...terima kasih,good luck

    ReplyDelete
  44. bang....
    bisa jelasin tentang Tritone Paradox gak....
    thanks ya...

    by : Dzaky

    ReplyDelete
  45. @anak baru: saya juga tidak terlalu suka menampilkan video karena saya tahu untuk menontonnya memang menghabiskan pulsa. Namun, kadang saya pasang karena saya rasa videonya bisa membantu untuk menjelaskan dengan lebih baik. Tetapi saya tetap mengusahakan untuk tidak menjadikannya sebagai media utama untuk memberikan penjelasan sehingga mereka yang browsing dari HP atau memiliki koneksi internet lambat bisa tetap mengerti isi tulisan tanpa perlu menonton videonya.

    @IlyasFarid: saya kira itu tidak bisa menjadi indikasi hoax.

    @Anonymous no.46: itu hoax. saya sudah pernah mempostingnya disini:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/01/penemuan-kerangka-manusia-raksasa.html

    ReplyDelete
  46. hahha cuma begitu isinya, gx ada pa''

    ReplyDelete
  47. @koe_chink
    bisa jadi itu adalah easter egg nya youtube,

    ReplyDelete
  48. kocak abis videonya mr.e

    ReplyDelete
  49. aaaaaa mata gw..
    KELILIPAN
    bgakgkgkgkgkgkk

    ReplyDelete
  50. aaaaaaaaaa mata gw kelilipan sendal

    ReplyDelete
  51. kirain orangnya mo ngapain, ehh cman gitu doang
    gada niat mw nyongkel mata
    lalu pernah liat d blog blgnya klo nonton bsa bkin kita pengen nyongkel mata, gak brani deh w ntn
    pass liat penjelasan om enigma, wah udah ketipu!
    wkwkwk

    ReplyDelete
  52. Bang E tolong bahas tentang hewan cryptid lagi dong

    ReplyDelete
  53. Aku dah pernah donlod & nonton ni video berdua ama teman aku (buat jaga2 aja kalo ada apa2 ntar) karena penasaran aja... Ternyata gak ada apa2. It's real hoax ternyata...

    ReplyDelete
  54. waaah hahahaha....seru tuh...saya salah satu korbannya..:hammer:

    ReplyDelete
  55. padahal baru aja nonton the ring td malam, hehehehehe telepati ni ma bg enigma :)

    ReplyDelete
  56. harusnya mukanya berubah jadi gini:http://bbsimg.ngfiles.com/1/16112000/ngbbs480b86e988176.jpg

    ReplyDelete
  57. Wahh, nonton pertama sih "agak²" seremm, pas yg kedua kalinya, wkwkwkwkwkwk, jadi ketawa...

    Oiiii................
    liat kumisnya...
    wkwkwkwkwkwkwk
    wkwkwkwkwkwkwk
    wkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  58. dari Tresna Asti

    hallo Kak Enigma..
    ^o^)/
    lama tak berkunjung...
    =,=V

    Saya tidak bisa buka videony dr hape.. Hehehe.. Blm coba buka dr kompi krn mnrt pengalaman, sy tetep ga bs nonton.. Mungkin krn pake google chrome..
    XD
    Kalo memang ini hoax, ada ga Kak laporan ttg org yg benarbenar nyongkel mata krn nonton video ini?
    Kalo mata kecongkel bisa bikin mati ga ya Kak?
    Sy jd inget, kornea yg didonorkan hny bs didapatkan dr org yg sudah meninggal.. Hmm.. Singkatnya, kalo mau donor kornea, kudu mati dulu..
    Truz, kalo mata dicongkel, mati ga ya Kak?
    O,o?
    Mati ga?

    ReplyDelete
  59. sumpah konyol banged videonya...

    jempol deh buat bang enigma :)

    tottemo daisuki....

    ReplyDelete
  60. -uzik-

    ngga serem sih, tapi ngagetin...

    ReplyDelete
  61. Wazzup bro enigma..
    saya menemukan kejanggalan d postingan bro enigma kali ini
    1. bro enigma bilang kalo video Mereana ini pertama kali di posting d situs creepypasta.com tp setelah d cek k tkp saya liat bahwa situs tsb mngatakan bahwa video itu dr youtube??
    2. bro enigma bilang orang yg ada di video tsb berasal dr foto dari situs hillmancurtis.com,, foto itu memang benar org yg d video itu, tp posisi kepala yg ada di situs hillmancurtis agak miring ke kiri sedangkan di videonya lurus menatap kamera??
    3. bro enigma bilang kalo setiap kali video itu muncul di situs atau blog, ia selalu diawali dengan sebuah kisah yang membuat orang yang membacanya bergidik ketakutan. Padahal kisah itu bersumber dr wikipedia, yg saya tahu wiki adlh sumber yg valid. apakah wikipedia hanya bercanda??
    4. terakhir saya mau meluruskan saja bahwa video Mereana telah diblokir oleh youtube itupun menurut wikipedia,, inilah link video yg diblokir tsb www.youtube.com/watch?v=Shnu__NJ5Wo. Saya mau bertanya apakah video yg diblok youtube itu asli apa tetap hoax??

    Terima Kasih,, mohon rinciannya :))

    ReplyDelete
  62. @Johny:
    1. Saya tidak pernah mengatakan kalau VIDEO itu pertama kali diposting di creepypasta.com. Yang saya katakan adalah:

    "KISAH yang berjudul Mereana Mordegard Glesgorv ini pertama kali dimuat di creepypasta.com pada tanggal 17 April 2008. Lalu, seorang user internet dengan nickname Brokeanddrive membuat sebuah VIDEO berdurasi 20 detik dan mempostingnya ke Youtube pada tanggal 18 April 2008. Ia menghubungkan VIDEO tersebut dengan KISAH Mereana Mordegard Glesgorv."

    Yang dimuat dicreepypasta.com adalah kisah itu, bukan videonya. Kisah di creepypasta.com menyebutkan kalau ADA VIDEO DI YOUTUBE. Tentu saja videonya sebenarnya tidak ada karena kisah itu hanya fiksi. Brokeanddrive yang membaca kisah ini kemudian MEMBUAT VIDEO ITU dan mempostingnya ke youtube untuk "melengkapi" cerita itu.

    2. Betul sekali, pose di hillmancurtis.com tidak sesuai dengan video. Kalau kamu mau melihat pose lainnya, ada di:

    http://www.cracked.com/forums/index.php?topic=15161.0

    Saya sudah menambahkan keterangan ini di tulisan atas beserta foto lainnya. Yang pasti foto pria ini telah beredar lama di internet dan seseorang telah mengambilnya dan menggunakannya untuk membuat video itu. Di cracked.com sendiri foto itu ada sejak 2005.

    3. Kisah itu bukan bersumber dari wikipedia. Wikipedia HANYA mengutip urban legend yang telah beredar luas. Wikipedia TIDAK PERNAH MENGATAKAN kalau berita itu valid. sebagai sebuah ensiklopedia, mereka wajib menulis artikel mengenai apapun, entahkah urban legend ataupun kisah fiksi.

    4.Link video yang kamu berikan diblokir youtube. Saya tidak tahu isinya apa. Namun yang pasti youtube memblokirnya jelas karena ada pelanggaran hak cipta milik sony music, bukan karena faktor misterinya. mungkin seseorang telah menambahkan musik milik sony di bcakground video. Saya tidak tahu apakah video itu hoax atau bukan karena saya tidak bisa melihat isinya.

    ReplyDelete
  63. Nggak ngerti....
    Di mana letak seremnya???

    ReplyDelete
  64. rasa takut itu lebih berbahaya sebenarnya. Jadi, kalau pikiran sudah dipenuhi rasa takut, nonton video ini pasti akan menjerit-jerit ketakutan. hehe.

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  65. di balik sebuah lagu band indie padang ( sick-matt ) misteri 085263336664
    666 = setan
    333= sial

    Percayakah anda Tentang makna di balik sebuah nomor,,nah gua pengen cerita sedikit tentang digit nomor handphone yg akhir2 ini di sebut nomor pembawa sial atau nomor setan 666
    Masih ingat tentang peristiwa gempa 30 september 2009 di padang,sebuah fenomena alam yang akhir nya jadi misteri?ya,seorang vocalis band indie yang melantunkan lagu misteri 085263336664 menjadi bahan pembicaraan masyarakat padang,,korban ke ganasan gempa yg meluluh lantakan kota padang itu konon katanya menghatui warga yang tinggal di seputaran hotel ambacang,ada pula sebagian orang mengatakan sekitar hotel bumi minang,menurut saksi mata ,bapak andi yang merupakan sopir taksi di depan hotel ambacang dan sepanjang jalan hotel bumi minang pernah melihat sosok vocalis band indie tersebut,menurut penjelasan bapak andi tersebut ’’saya mengenal anak itu karna anak yg bergaya punk itu pernah saya lihat manggung di mall di kota ini,dan dia pun sering saya lihat ngumpul sama teman temannya di sepanjang jalan hotel ambacang dan bumi minang,tapi pada malam setelah sebulan gempa,saya melihat anak itu sendiri di sana di dekat puing hotel ambacang,,saya sempat menegur nya,tapi anak itu tak menyahut,biasa nya pun saya sering bertemu dia dan bertegur sapa,Cuma saya nggak tahu nama anak itu,saya Cuma tahu dia anak band,saya tahu nya karna melihat baju yg di pakai anak itu,waktu itu sempat bertanya juga,manggung dimana dek?tanya saya,,dia pun menjawab ngisi acara di hotel ambacang pak,30 menit setelah itu baru tejadi gempa yg sungguh dahsyat,,saya nggak tahu anak itu selamat atau nggak dari reruntuhan,saya melihat nya sebulan setelah gempa,dengan tampang yang pucat,,konon warga sekitar pun sering dengar nyanyian dan suara orang maen gitar,,tapi tidak lihat orang nya.terakhir yg saya tahu tentang misteri itu,sopir taksi yang pingsan karna melihat sosok anak itu,sampai sekarang pun masih ada juga yang bilang kalau sosok anak itu masih ada

    ini lagu yang sering tergiang ngiang di teliga warga bundaran hotel ambacang dsan bumi minang

    http://www.4shared.com/audio/pE-9peAb/Sick-Matt_-_Misteri_0852633366.htm

    Di kutip dari : salah seorang sopir taksi yang mangkal di depan hotel ambacang

    ReplyDelete
  66. bang E, sya mw tnya, kok klo video itu di dwnload gx bisa di buka ???

    ReplyDelete
  67. waah.....komen saya terhadap om enigma diturutin hooreee ^_^

    ReplyDelete
  68. om enigma gimana kalo video 666 itu? kasih penjelasan dong

    ReplyDelete
  69. biasa aja tuh ama videonya, g da yg aneh

    ReplyDelete
  70. Bang Enigma, gimana badut'a??
    pgn baca kisah'a nih..

    Anyway, mungkin video'a emank udh d apus sm youtube krn mengganggu.

    @Anonymous 51 : kyk'a bkn easter egg youtube deh. cuma org jail kyk'a..

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  71. sudah liat bang E yg durasi 2 menit....tekstur wajah brubah2 trz suara sringan yg mendadak semakin membuat rasa paranoid sdri tp mgkn menurut saya ini cmn hanya tekanan ke arah psikology aja dimana di liat dr segi gambar yg mgkn rada horor serta suasana video seakan sepi mencekam dengan tekstur wajah yg brubah2 di lengkapi dengan suara music menyeringai horor...membuat yg nonton jd serasa tegang dan takut dgn sdrinya....tp td ngelihat jg deg2an..tp g pa2 tuch...hhe...nice share bang E...


    Pengagum Rahasia mu !!

    ReplyDelete
  72. Enigma,aku ada topik hangat ni.jelaskan dong tentang panatrog.katanya itu gerbang aktif.ga tau deh gerbang apaan.yg jelas seseorang membuat portal itu dgn pilox,kemudian dia masuk ke dalamnya.

    ReplyDelete
  73. kayak nya aku kenal sama org itu nama nya kalau gak salah hamzah

    ReplyDelete
  74. bang E, ini aku baca ada ledakan yang aneh di tengah kota aku baca di link ini
    http://www.klikunic.com/2010/12/sebuah-ledakan-aneh-terjadi-di-tengah.html

    ReplyDelete
  75. Wah,mantap.. serem dimananya ya,, cuma perpaduan sound n latar berwarna merah aja yang membuatnya jadi seperti seram.. gak banget dach, yang iya benar adalah kata Bang Enigma.. K.O.Y.O.L banget video nya....

    ReplyDelete
  76. Wazzup bro enigma

    Thanx jawabannya bro,, Memuaskan sekali
    saya mau tahu apakah ada gugatan dr org yg fotonya dipake di video itu??
    bro enigma gmana kalo bahas misteri sajjad ali

    keep posting bro..

    ReplyDelete
  77. @Tresna: kalau mencongkel mata, bisa tidak mati kok.

    @Anonymous 70: mungkin kamu tidak punya player yang sesuai dengan jenis file video. Coba lihat jenis filenya apakah Flv, MP4 atau lainnya. lalu cari media player yang cocok.

    @Anonymous 72: bukankah yang 666 sudah diremove youtube? jadi saya tidak bisa komentar.

    @ira: ok, ntar saya lihat dulu ya.

    @Anonymous 78: kemungkinan besar itu hanya ledakan gas biasa.

    http://englishrussia.com/index.php/2007/03/29/gas-explosion-in-siberia/

    ReplyDelete
  78. asli saya bingung ini video apa maksudnya . . . .

    ReplyDelete
  79. dr awal sy ud ngira ni video hoax. dulu, br dgr critanya justru penasaran ky gmn c ni video, sy cri di youtube, dpt, lgsg sy tonton, trs.. ud d.. bengong sndiri liatnya.. "apaan c niii???"

    msh mendingan Gloomy Sunday, lgu yg katany dulu ngbwt byk org bunuh diri, smp2 dilarang penyebaranny. sy dgrin, lagunya emg sendu, bagus kok, tp g smp ngbwt gw bunuh diri jg c..

    btw, nice post bro E.

    ReplyDelete
  80. @Tresna:

    Kornea bisa dipindahkan atau didonorkan tanpa harus yg mendonorkannya mati dulu. Kornea kan lapisan paling luar dari mata, kalo rusak ya ga bisa melihat. Jadi kornea bisa dipindahkan ke orang laen tanpa yg "ngasih" mati dulu. Tapi masalahnya, ada ga yg mau mendonorkan selama masih hidup tapi jadi ga bisa melihat??? Kamu sendiri mau jadi buta karena mendonorkan kornea mata kamu???
    Gw pribadi sih ogah.

    -Marchel-

    ReplyDelete
  81. ahhhhh kata guru agama saya itu semua bohong itu hanya lelucon bodoh .........(SETELAH ITU SAYA INGIN MENYONGKEL LUBANG p@.....t SAYA)
    By (...nn...)

    ReplyDelete
  82. Jinx Said:
    WoW..mantap juga..baru tau ada video yang Mereana Mordegard Glesgorv..tapi, apa benar yang berdurasi panjangnya udah dihapus??& katanya dicari 1x ga dapet, nyatanya gw langsung dapet..aneh, atau nyari sensasi...??

    ReplyDelete
  83. noh kalo mau seram en nyongkel mata mu sndiri tonton noh dikuburan ato trowongan casablangka.......baru lo merinding

    ReplyDelete
  84. apanya yg aneh sih...videonya membosankan apalagi sambil nunggu buffernya ah bosan...

    ReplyDelete
  85. ia, videonya konyol, apa gw aja ya yang ga ngerti..nggg...

    ReplyDelete
  86. Menarik...Video ini seolah mempermainkan psikologi manusia. Warna merah darah yang kelam, pria di tengah layar yg diam menatap dingin tanpa bergerak sama sekali, & kesunyian sepanjang durasi.....bisa saja menimbulkan paranoid & gangguan pikiran pada siapa saja yg menyaksikannya. Meskipun nampaknya tidak ada unsur yg bisa dibilang 'seram', pada dasarnya manusia mudah gelisah pada sesuatu.Seperti misalnya pada hal seprti ini terjai pada pengidap phobia.

    Pria dalam foto itu tidak melakukan apa2 hingga akhir--hanya sedikit menyeringai di akhir video-namun entah karena suasananya atau faktrlain yang kurang bisa dijelaskan secara logis, orang bisa jadi gelisah hanya dgn menatap matanya selama sepersekian detik.

    ReplyDelete
  87. kasian yang jadi orang di vidionya..hahaha....

    ReplyDelete
  88. Dua menit itu cukup lama untuk dihabiskan dalam kesunyian dan untuk menatap orang yang di video itu.

    Cukup lama untuk berpikir macam-macam juga, kan.

    Menurutku, gambar di video kadang agak blur lalu menajam lagi, atau cuma perasaanku?

    Imajinasi kita memang keren. Nisa RF, aku setuju denganmu.

    -Nan

    ReplyDelete
  89. aku tetep masih gak berani nonton tuh video.....

    ReplyDelete
  90. Semuanya berasal dari pikiran,iya,'kan,Bro?
    klo tuh orang uda kebakar ama paragraf awal sebelum video,pasti pikirannya yang ngak-ngak

    ReplyDelete
  91. nice posting bang enigma, sy awalnya serem jg nontonnya, tp pas udah nonton emang konyol viedonya..

    ReplyDelete
  92. Emang agak serem, muka bapak2nya...Seolah2 dia bilang di kepala kita, "aku akan mencongkel matamu!" Hahaha... sugesti. Ditambah warna merah gitu...

    Weasley

    ReplyDelete
  93. Bagian mananya ya yg menakutkan?? hahaha benar2 konyol

    ReplyDelete
  94. wah dikirain kisah nyata jadi pnasaran makanya baca. tp trnyata cuma hoax doank toh !!! weleh3x

    ReplyDelete
  95. Wuiiih, blognya keren mas Enigma, cant take my eyes of this blog (Ihiiiy).. Harusnya belajar buat UAS kuliah, malah liat2 ni blog, hehe..

    Eniwei, yang nyongkel mata beneran tuh? jadi pengen liat video yang asli..

    FineBellatrix

    ReplyDelete
  96. wah Masa Dah Gw Putar yg durasi dua Menit Pas Waktu 1 Menit Lebih ada Suara Yg Bikin Bengeng

    ReplyDelete
  97. Bang serem videonya, lebih serem dari videonya smash yg boyband maho it lo

    ReplyDelete
  98. wakakkaaka smash band

    ReplyDelete
  99. wkwkwkwk.....
    muka orangnya mirip guru matematika ku
    wkwkwkwk.....

    ReplyDelete
  100. pertamanya takut om,ternyata abis nonton bknnya takut yg ada malah ketawa2.hhah,nice info as usual. love ur blog ^_^

    ReplyDelete
  101. hebat tu orang,matanya tahan g' ngedip2...
    apanya yg serem tuh,,,,trnyta mmg bner hoax-nya...
    untung gw g' pke speaker ekstrnal,klo pake bisa2 bangun semua ni org2 drumah....
    keren om enigma...
    saya pengggemar beratmu....
    -HeruE

    ReplyDelete
  102. kok saya mengindikasi ada gelombang alpha dan beta pada video itu yang dapat mempengaruhi kinerja otak.. mungkin saya salah.. hanya logika saya saja.. :)

    ReplyDelete
  103. video yg konyol... suara n warna yg sangat mempengaruhi suasana... bnr2 pengaruh psikologis yg sederhana namun mendasar,,

    -debby

    ReplyDelete
  104. bagus banget mr. E postingnya. :D
    saya nonton videonya sambil gendong adik saya nih, biar ada temen. hehehe
    ~ Fia

    ReplyDelete
  105. ane suka sama artikelnya kk enigma, ane izin copas ya?? cz ane baru bikin blog (xr-zone.blogspot.com), hehehe ^_^

    ReplyDelete
  106. haha...
    wah bikin ngeri jg tuh denger ada yg congkel mata.
    ga berani nonton

    ReplyDelete
  107. Sial, dulu sempet ketipu dan ga berani nonton gara-gara takut jebakan betmen

    ReplyDelete
  108. hoax ya?
    jadi males nonton, 2 menit lama juga.

    ReplyDelete
  109. wakakakaka.saya pikir orang yg di dalam vidio itu akan mencongkel matanya sendiri.saya tungguuin.aja XD
    (giel)

    ReplyDelete
  110. jangan2 di tengah2 video diselipin killerjo wakakakak

    ReplyDelete
  111. wow sebesar itukah power of suggestion

    ReplyDelete
  112. gw liat berkali kali kok gw malah laper ye?

    ReplyDelete
  113. mantaaaab penjelasannya,ga bosen2 saya baca smua analisis anda di link anda.

    ReplyDelete
  114. kadang kala sains dan supranatural emng ga pernah bisa sejalan...

    ReplyDelete
  115. horeee... 120 besar....
    hmm,jd videonya gitu...

    ReplyDelete
  116. Dulu pas denger ptama kali sempet parno...

    pas dah tau hoax malah pngen ktawa sendiri...

    ReplyDelete
  117. apanya to yg ngeri??? pertaanya aku juga takut liat kyak gitu tp stlh ku liat apanya yg ngeri??????? congkel mata........ org yg bodoh saja yg mau!!!!!!!
    just for fun

    ReplyDelete
  118. Owalah gitu... Hoax ternyata. Tp ane tetep takut klo disuruh nonton hahaha :D

    ReplyDelete
  119. gw dah liat dan ternyata biasa" aja

    ReplyDelete
  120. Syukurlah kalau ternyata itu cuma hoax. Saya sempet merinding sendiri pas pertama kali denger kisah orang yang ampe nyongkel matanya abis nonton video itu. Hahaha

    ReplyDelete
  121. orangnya emang agak menyeramkan.. atuuuttt.. :D

    ReplyDelete
  122. Wkwkwkw..... hanya orang penakut yang gak mau lihat Video ini... Tapi kok rasanya tangan saya bergerak sendiri ingin mengambil sendok... tolong..tolong... tangan saya ingin mencongkel mata saya.... Hahahaha

    ReplyDelete
  123. ommm.. yg asli tuh yg 2 menit atw 4 menit?

    ReplyDelete
  124. nih bleh ditonton gan ???

    ReplyDelete
  125. jaelaaaaaaaah capedeeh ane juga udah nonton hoax baget gajelas gan

    ReplyDelete
  126. begini, agan2 sekalian.
    video yg om enigma tapilkan itu, walau 2 menit, adalah video palsu yg sengaja tidak dihapus youtube agar memadamkan kecurigaan.
    video aslinya benaa2 beda dengan yg ditampilkan di atas.
    priview video aslinya dapat agan2 lihat di sini:
    http://apachan.net/183382.html#pwa

    ReplyDelete
  127. @enigma,apa tuh vidnya?,gw lum jg liat,tapi maksud kata 'dikeningnya ada sorotan lampu,dan terakhir video teriakan michael jakson,apa 5ksudnya? Apa di terakhir video ada gambar MJ dan teriakkanya?

    Tentang yutub.com/666 aku akan cerita sedikit,gw dh prnah liat, bener gx bisa diclose, dishut down jg nggak bisa,tapi bener bikin kaget,waktu di klik urlnya masuknya biasa di yutub tapi setelah direfres sekitar 11x berubh merah semua,ada darah mengalir(lebih tepatnya disebut tentakel gurita yang berjatuhan),dan ada sekitar 5 video yang bufer,dan yg saya lihat cuma seperti salon(sound) yang berdetak, saya gak tau apa maksudnya? Dan gak ada suaranya. Videonya bisa dicari divuclip.

    Fb.com/gravityrenta

    ReplyDelete
  128. coba nih aplikasi fb http://app.facebook.com/alrenaroushe tunggu sekitar 1 menit

    ReplyDelete
  129. Dulu - saat kisah ini baru muncul ke permukaan - kawan2ku sempat merasa ketakutan saat mendengar kisah ini. Lalu seseorang dari mereka meminta aku untuk menonton video tersebut (padahal dia juga cowok?)

    Akhirnya aku tonton video tersebut dan berpikir, "Apa sih?". Karna aku sama sekali nggak ngerti video apa ini n apa yang buat video ini jadi menakutkan. Aku sampai mencoba menontonnya pake haedset dan dalem suasana gelap untuk menangkap sense-nya. Tapi tetep aja bingung. Lalu aku buka lagi web yang jadi sumberku sambil membaca dengan lebih teliti dan menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang benar (yang jarang aku lakukan saat membaca artikel di internet 'sejak kapan orang yang posting di internet selalu menggunakan ejaan yang bener dan majas yang bagus'. Lalu dari kalimat2nya ternyata aku telah meremehkan pengarang satu ini. Hingga akhirnya aku sadar kita semua telah tertipu dengan permainan bahasa sang pengarang.

    Setelah itu kawanku bertanya mengenai aku sudah menontonnya atau belom.? Lalu aku bilang aja, "iiih, menakutkan!" - hahaha...

    ReplyDelete
  130. saya tau ternyata video ini mengandung hypnotist cz video ini udah diteliti sama dosen saya ahli metafisika ternyata divideo ini ada gelombang tersembunyi yang bwat kita merinding bahkan sampek menjerit tapi untuk mencongkel mata mungkin itu cuma hoax

    helios

    ReplyDelete
  131. Hah tolol banget video nya :ngakak

    ReplyDelete
  132. mana video aslinya

    ReplyDelete
  133. pas gua liat itu hoax, gua nyoba liat video itu dengan Fokus !!! mata gua itu gatel bukan karena alunan musik, orang misterius dsb. Tapi karena merah background yg mencolok. so menurut gua ini ga ada misteri nya. ini cuma effek saja. mungkin orang yg KATANYA mencongkel mata nya. itu karena gatel lalu mengusap usap mata nya, saking gatel nya sampai mata nya ke congkel
    -menurut gua- http://adityaekanugraha.blogspot.com/

    ReplyDelete
  134. yg punya blog & yg comment bego xD
    Pendek Akal

    ReplyDelete
  135. tapi kok saya masih binggung ya?dimana sih menakutkanya video ini,
    apa saya yang lola ya?

    ReplyDelete
  136. si agan yg buat blog ini jga ternyata ngerti kalimat itu,
    hahahaha,

    ga sengaja browsing tentang ini
    soal nya tmen gua takut liat video gembel tsb,
    udh gua jelasin tpi ank nya gk ngerti"
    jdi gua browsing eh ternyata ada di blog ini...
    Org yg bkin video nya kurng kreatif.

    ReplyDelete
  137. aduh , bang,
    mata ku kecongkel,

    [[kok bisa comment?]]

    ReplyDelete
  138. ciy.........
    barusan awak liat tuh video
    tapi beneran deh malah ketawa semua yg pada liat ama quw...........

    ReplyDelete
  139. nampaknya mr Q berhubungan dengan berita hoax yg mungkin pernah anda pecahkan....
    demikian kesimpulan sementara saya.....
    mohon maaf jika kurang berkenan...
    wassalam.....

    ReplyDelete
  140. nggak serem ah gaann ....

    ReplyDelete
  141. kisah n video ini buat saya terinspirasi untuk nulis cerpen horor

    ReplyDelete
  142. MUNGKIN KALI DI CONGKEL MATANYA, KARENA MAU DONOR MATA... HEHEHEHEHE

    ReplyDelete
  143. Saya sudah nonton selama 2 menit tapi aman aja, tapi latar musik yang ada suara sejenis lonceng meninmbulkan frekuensi yang membuat jantung berdebar juat jadi mungkin bisa jadi bukan gambarnya yang berbahaya tapi musiknya, mungkin ya , ini analisa saya saja, jangan di ambil jadi benar tapi kalau ada agan yang punya alat test frekuensi saya yakin ada perubahan mendasar pada frekuensi rendahnya sekian.

    ReplyDelete
  144. ini yg beredar bukan video asli... saya ada teman yang punya video asli nya.. dia dapat dari youtube versi pertamanaya, di posting pertamanya ada comment2 banyak yg komplain & bernada ga suka dengan adanya video tersebut, cuman ga berani upload nya kembali atau men-share nya...

    hmm... gini sekedar info, coba perhatiin 2 foto awal sama detik terahir itu beda orang nya kan, yg video asli nya foto nya 1 orang nya, awal dan akhir nya sama gambar muka nya... memang sepertinya video asli nya ada efect hipnotis,

    ReplyDelete
  145. takut ah.,.,.,.,
    ngeri.,.,.,.,

    ReplyDelete
  146. gan kalo video karlmayer yang konon bisa menimbulkan efek :
    1. Anda akan mendengar suara setan sampai berjam2
    2. Kuping anda biasanya jadi Pengang
    3. Pikiran Blank
    4. Parno (Ketakutan Tanpa Sebab)
    5. Merasa diikuti oleh Makhluk Halus

    bener gak sih

    ReplyDelete
  147. kwkwkwk kocak...
    tapi mending jangan deh, soalnya warna merahnya ga bagus.

    ReplyDelete
  148. memang gak pernah bosan yang namanya baca postingan dari bro enigma, sukses terus bang :0

    ReplyDelete
  149. alah aneh bner ampe congkel mata segala ...

    ReplyDelete
  150. sudah liat tapi gk apa apa

    ReplyDelete
  151. aslinya sih emang gak nyeremin...tapi yang bikin serem itu warna merah darahnya..jadi seakan-akan video itu nyeremin..

    ReplyDelete
  152. apanya yg serem??? nonton orang yg diema kyaorang bego

    ReplyDelete
  153. yang ada jdmembosankan nontonya

    ReplyDelete
  154. beneran saya blum di tonotn tuh takutan

    ReplyDelete
  155. Oh iya, kalo dengan Akun youtube "666" itu gimana??
    Soalnya akun itu langsung terhubung ke situs youtube tersebut
    Apakah itu suatu Bug atau perbuatan orang lain??

    ReplyDelete
  156. Itu Video Nya Keliatan Serem Cuma Karena Gambar Nya Dibikin Geter Trus Ditambah Warna Merah Doang

    ReplyDelete
  157. tar deh klo ada temen baru nonton bareng haha :p

    ReplyDelete
  158. walaupun dh tau hoax tapi serem ada suaranya pula ( suara brave fronter, mimir tepatnya ) hoax yg menyeramkan

    ReplyDelete
  159. Bagaimana dengan Username 666 ? Apa... itu hanya sebuah virus ?

    ReplyDelete
  160. aku nga berani nonton ntar takut mimpi

    ReplyDelete
  161. emg sih.. gk bahaya scr fisik tp scr mental.. bagi yg sebelumnya prnah baca artikel versi hoaxnya dari creepypasta ini.. itu yg membahayakan jika nonton videonya, krn semua fikiran sudah "terlanjur" mengikuti apa yg dibaca sebelumnya wkkwkw alias mengambil alih fikiran kita scr tdk langsung..(negative think) ditambah ilusi warna merah darah yg cukup merusak mental.

    ReplyDelete
  162. Hah?, jadi itu hoax! Terus kenapa aku nyongkel mata aku waktu itu!, wkwkwk

    ReplyDelete
  163. Ini beneran hoax, ane udh nonton ampe abis gan.. wkwkwkw

    ReplyDelete
  164. mau tau cara lebih serem pertama ambil cermin abis itu lu kacaan lu bayangin lama lama pasti serem sambil nyeringai tengah malem

    ReplyDelete
  165. Pas ane nonton yg 2 menit itu gan, mata ane berubah jadi merah dan di pupil mata ane ada 3 tomoe dan terbentuklah sharingan :v

    ReplyDelete
  166. wew..., merinding juga baca artikelnya.

    saya tahu gara2 ada yg komen di yutub watch?v=it_04dk_97E (lagu)

    cari2 di gugel, bawa saya ke sini.
    thanks infonya.

    ReplyDelete