Wednesday, January 12, 2011

Legenda Unicorn dan laporan penampakannya di dalam sejarah

Di dalam Novel Harry Potter, membunuh Unicorn dianggap sebagai dosa besar melawan alam. Namun Lord Voldermort tetap membunuh makhluk itu karena darahnya dipercaya dapat memberikan hidup abadi bagi mereka yang meminumnya. Begitulah hebatnya penghargaan yang diberikan kepada makhluk misterius ini. Namun apakah ia benar-benar pernah ada di dunia ini? ataukah ia hanya muncul di imajinasi para penulis fiksi?


Unicorn dalam sejarah

Dalam legenda modern yang muncul pada abad pertengahan, Unicorn digambarkan sebagai makhluk berbentuk kuda dengan satu tanduk di kepalanya.

Dalam versi yang lebih tradisional, makhluk ini digambarkan memiliki kuku belah, janggut seperti kambing dan ekor seperti singa. Namun satu hal yang sama dari deskripsi tradisional dan modern adalah keberadaan satu tanduk di kepalanya.

Pertama kali makhluk ini dikenal adalah lewat kebudayaan-kebudayaan kuno India. Pada stempel berusia 2.500 tahun yang ditemukan di Mohenjo Daro dan Harappa, kita dapat melihat bentuk kuno dari seekor Unicorn beserta inskripsi yang masih belum terpecahkan.


Selain India, Cina juga memiliki Unicornnya sendiri. Makhluk ini dikenal dengan sebutan Qilin. Di Jepang, ia dikenal dengan sebutan Kirin dan digambarkan memiliki tubuh seperti rusa, sisik berwarna hijau dan sebuah tanduk panjang di kepala.

Pada abad pertengahan, pengaruh Unicorn sampai ke Eropa dan mulai digunakan sebagai objek seni dan simbol-simbol kebangsawanan. Pada masa ini, karakter Unicorn telah berubah menjadi makhluk yang benar-benar menyerupai kuda seluruhnya dengan satu tanduk di kepalanya.

Seiring dengan bangkitnya paham humanisme, Unicorn mendapatkan tempat tersendiri sebagai simbol cinta yang murni dan pernikahan yang setia.

Menurut legenda yang beredar di Eropa, Unicorn disebut hanya bisa ditaklukkan oleh seorang perawan. Karena itulah, para perawan seringkali digunakan sebagai umpan untuk menangkap makhluk ini di alam liar.

Dalam kepercayaan yang lebih populer, tanduk Unicorn disebut dapat menetralkan racun. Karena itu, menurut legenda, tanduknya pernah digunakan sebagai bahan pembuat gelas seremonial yang digunakan oleh keluarga kerajaan, walaupun banyak yang percaya kalau tanduk yang digunakan sebenarnya bukanlah tanduk hewan mitologi Unicorn, melainkan tanduk dari Narwhal, paus Unicorn.

Lalu, pertanyaannya adalah apakah makhluk misterius ini benar-benar pernah ada di dunia?

Unicorn lainnya

Sebenarnya kita memiliki makhluk Unicorn di masa modern ini.

Misalnya, makhluk yang telah umum kita jumpai ini, yaitu badak.


Atau Narwhal, paus Unicorn yang tanduknya bisa mencapai panjang hingga 3 meter.


Selain hewan yang memang memiliki karakteristik seperti itu, kita juga memiliki Unicorn yang terjadi karena kelainan yang tidak umum.

Misalnya, rusa Unicorn yang lahir di Italia.


Atau pria Unicorn yang berasal dari Cina.


Para seniman yang begitu ingin memiliki Unicorn sendiri bahkan bertindak lebih jauh. Mereka melakukan prosedur implantasi atau manipulasi pada tanduk hewan sehingga menghasilkan Unicorn.

Seperti yang bisa kita lihat pada kambing ini.


Atau sapi ini.


Tetapi, tentu saja kita tidak membahas makhluk-makhluk diatas. Kita sedang membahas makhluk yang gagah ini:


Mungkinkah ia pernah ada di dunia?

Ilmu pengetahuan modern mencatat kalau makhluk seperti itu tidak pernah ada. Namun ada catatan-catatan masa lampau yang sepertinya menunjukkan kalau makhluk misterius ini mungkin pernah hidup di beberapa bagian dunia.

Hal ini diperkuat dengan fakta kalau informasi mengenai Unicorn hampir tidak bisa kita temui di dalam mitologi Yunani. Para penulis Yunani kuno yang pernah menyinggung mengenai makhluk ini seluruhnya beranggapan kalau makhluk ini benar-benar ada, tepatnya di India. Ini mengkonfirmasikan penemuan stempel Mohenjo Daro dan Harappa.

Penulis yang pertama kali menyinggung mengenai keberadaan makhluk ini adalah Ctesias yang mendeskripsikan Unicorn sebagai keledai liar dengan satu tanduk berwarna putih, merah dan hitam sepanjang 1,5 cubit.

Ctesias mendeskripsikan makhluk itu sebagai berikut:
"Unicorn adalah makhluk asli India. Ukurannya sebesar keledai dengan kepala berwarna ungu kemerahan. Tubuhnya berwarna putih, matanya berwarna biru dengan sebuah tanduk muncul dari dahinya. Ujung tanduk itu berwarna merah terang, tengahnya berwarna hitam dan putih di pangkalnya. Panjangnya kira-kira 18 inci"
Ctesias juga yang pertama kali melaporkan kalau tanduk Unicorn bisa digunakan untuk menetralisir racun.

Penulis lain, Strabo, juga pernah menyinggung mengenai keberadaan seekor kuda bertanduk di wilayah Caucasus.

Deskripsi yang lebih lengkap kemudian diberikan oleh sejarawan Romawi, Pliny the elder. Mengenai Unicorn, Ia menulis:
"Makhluk yang sangat ganas ini disebut Monoceros dan memiliki kepala seperti rusa, kaki seperti gajah, dan ekor seperti babi hutan, sementara bagian tubuhnya yang lain seperti kuda. Ia mengeluarkan suara rendah yang dalam dan memiliki satu tanduk berwarna hitam yang keluar dari tengah dahinya dengan panjang kira-kira dua cubit."
Beberapa sejarawan mendebatkan deskripsi Pliny ini. Ada yang beranggapan kalau ia hanya mendeskripsikan seekor badak dan bukan kuda bertanduk. Namun badak sepertinya tidak "memiliki kepala seperti rusa dan bagian tubuh yang lain seperti kuda".

Selain Pliny, Julius Ceaser juga pernah menyinggung mengenai makhluk ini dengan deskripsi yang mirip dengan Pliny. Menurutnya:
"Kepalanya seperti rusa, kakinya seperti gajah, tanduknya memiliki panjang sekitar 90 cm dengan ekor menyerupai babi hutan."
Apakah mereka sedang membicarakan seekor badak?

Jika bukan, adakah catatan-catatan lain yang lebih modern yang mengkonfirmasikan keberadaan makhluk ini?

Jawabannya: ada.

Laporan penampakan
Pada tahun 1486, Berhanrd Von Breydenbach, seorang penatua di katedral Mainz, menceritakan sebuah kisah menarik mengenai perjumpaan dengan Unicorn. Ia menuangkannya dalam buku berjudul "Peregrinatio in Terram Sanctam"atau "Perjalanan ke tanah suci".

Perjumpaan ini terjadi pada tahun 1483 ketika ia bersama satu rombongan beranggotakan 150 orang pergi ke timur tengah untuk melakukan ziarah rohani. Dalam perjalanan ini, mereka berangkat dari Venice menuju Jaffa, lalu ke Ramala dengan karavan.

Dari situ mereka melanjutkan perjalanan ke Yerusalem dan mengunjungi semua tempat-tempat suci disitu. Setelah itu rombongan pergi menuju gurun Sinai dan mengunjungi biara Santa Catharina. Di tempat itu, salah seorang peziarah bernama Felix Fabri bersama sekelompok orang yang sedang bersamanya melihat seekor Unicorn sedang berdiri di atas bukit dekat kaki gunung Sinai. Felix bersama rombongan mengamati makhluk ini dengan seksama untuk beberapa lama. Penampakan ini terjadi pada tanggal 20 September 1483.

Pada tahun 1530, Ludovica de Bartema, seorang bangsawan Italia yang melakukan perjalanan ke Mesir, Arab dan India juga bertemu dengan makhluk misterius ini. Ketika hendak masuk ke Mekkah, ia menggunakan nama samaran Mussulman supaya bisa membaur dengan rombongan karavan peziarah lainnya. Di kota itu, Bartema mengaku melihat dua ekor Unicorn. Tubuh makhluk itu berwarna kuning coklat. Kepalanya seperti rusa dengan leher dan surai yang panjang. Kakinya pendek dan memiliki kuku seperti kambing. Menurut penduduk lokal, kedua hewan itu adalah pemberian dari raja Etiopia yang hendak dipersembahkan kepada sultan Mekkah.

Kesaksian Bartema menunjukkan kalau pada masa itu, Unicorn mungkin hidup di Etiopia atau Afrika. Ini ditegaskan dengan kesaksian lain dari Don Juan Gabriel, seorang kolonel Portugis yang tinggal di Etiopia selama beberapa tahun. Menurutnya, ia pernah melihat Unicorn di propinsi Damota. Makhluk itu berukuran seperti kuda dan berwarna agak gelap. Beberapa orang portugis lainnya yang tinggal di negara itu juga melaporkan pernah melihat Unicorn sedang merumput di sebuah bukit di distrik Namna.

Pada abad yang lebih modern, laporan penampakan Unicorn diceritakan oleh seorang naturalis Swedia bernama Dr.Sparrmann. Pada tahun 1772-1776, ia melakukan penelitian di Good Hope dan menulis dalam jurnalnya mengenai seorang pria bernama Jacob Kock.

Kock yang saat itu melakukan perjalanan menuju Afrika bagian selatan menemukan batu-batuan yang berukirkan Unicorn. Batu-batu ini ternyata diukir oleh suku setempat yang bernama Hottentots. Berdasarkan wawancara Kock dengan anggota suku tersebut, diketahui kalau Unicorn sesungguhnya telah dikenal dengan baik diantara suku Hottentots. Warga suku tersebut mengatakan kalau Unicorn memiliki bentuk seperti kuda dengan satu tanduk di kepalanya. Makhluk ini juga bisa berlari dengan sangat cepat.

Kisah yang diceritakan Dr.Sparrmann kemudian mendapatkan konfirmasi dari kisah lain yang diceritakan oleh Mr.Henry Cloete pada tahun 1792 kepada akademi ilmu pengetahuan Selandia Baru.

Mr.Cloete menceritakan mengenai pengalaman Gerrit Slinger, salah seorang anggota suku Hottentots yang saat sedang berperang dengan suku Bushmen, menjumpai sembilan Unicorn dan menembak salah satunya. Menurut Slinger:
"Makhluk itu menyerupai seekor kuda dengan warna abu-abu terang. Di bawah rahangnya ada garis putih. Ia juga memiliki satu tanduk yang tumbuh tepat di tengah kepalanya. Kepala makhluk ini seperti kuda dan ukurannya pun kira-kira sama."
Mr.Cloete juga menegaskan kalau hewan ini telah dikonfirmasikan keberadaannya oleh suku Hottentots.

Menarik.

Walaupun mungkin tidak persis seperti gambaran yang kita miliki di buku-buku fiksi, sepertinya makhluk bertanduk satu menyerupai kuda benar-benar pernah ada di dunia!

Elasmotherium
Tentu saja sebagian peneliti akan tetap menolak keberadaannya dan menganggap Unicorn hanya sebagai makhluk rekaan atau makhluk mitologi seperti naga. Namun ada sebagian peneliti yang mencoba untuk melihat dasar pembentukan kepercayaan mengenai Unicorn.

Mereka percaya kalau Unicorn itu mungkin adalah makhluk yang disebut Elasmotherium, seekor badak Eurasia yang sudah punah jutaan tahun yang lalu.


Walaupun diperkirakan telah punah jutaan tahun yang lalu, anehnya, di beberapa suku purba di dunia ada legenda mengenai hewan besar berambut yang berbentuk seperti sapi dengan satu tanduk besar di kepalanya. Persis seperti Elasmotherium.

Legenda-legenda suku ini dipercaya telah menjadi dasar pembentukan legenda Unicorn modern.

Namun, apakah Elasmotherium terlihat memiliki tubuh seperti kuda seperti deskripsi para penulis kuno? Sepertinya tidak.

Kalau begitu mungkinkah di luar sana masih ada hewan misterius yang kita kenal dengan sebutan Unicorn?

Baca juga: Legenda naga Cina dan penampakannya di dalam sejarah

(wikipedia, theourworld.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

109 comments:

  1. wehehe,pertamax om enigma

    wolf

    ReplyDelete
  2. dengan sangat yakin Uwais dapat yg PERTAMXXX
    xixixi...^_^

    ReplyDelete
  3. keberapa yak.. comment dulu ahh

    ReplyDelete
  4. wow sepertinya memang ada unicorn.
    kalau berdasarkan ciri" saksi di timur tengah berbeda sekali dengan badak purba bung enigma.

    ReplyDelete
  5. sebel.. padahal uwais sm wolf kan sama jam n menit nya..
    ko' wolf siy yg dpt pertamax... ='(

    ReplyDelete
  6. om di prolog nya itu "..... para penulis-penulis"
    kalo para itu udah masuk jamak om
    jadi cukup dg para penulis...

    xixixi...^_^

    ReplyDelete
  7. gagal pertamax...
    by: DCD

    ReplyDelete
  8. @Anonymous no.7: Kamu benar. kalimat itu kurang tepat. Sudah dikoreksi. Thanks ya.

    ReplyDelete
  9. taht his name is BlackBurn

    Sepuluh besar... yah minimal mejeng pejwan.

    Ngutip:
    "Hal ini diperkuat dengan fakta kalau informasi mengenai Unicorn hampir tidak bisa kita temui di dalam mitologi Yunani. Para penulis Yunani kuno yang pernah menyinggung mengenai makhluk ini seluruhnya beranggapan kalau makhluk ini benar-benar ada, tepatnya di India. Ini mengkonfirmasikan penemuan stempel Mohenjo Daro dan Harappa."

    Ini bener "tidak" pernah kita temui dalam mitologi kuno?
    Maksudnya gimana Bung E?

    ReplyDelete
  10. Satu kalimat :
    " I HATE THIS CONNECTION, TONIGHT "
    ya, padahal saya baru melihat bro E, men-share link ini di FB "30 detik yang lalu", eh, saya baru bisa komen sekarang dan entah sudah berapa jauh lagi saya bisa dapat PertamaX... T...T

    anw, saya merasa Unicorn itu ada, entah kenapa, saya percaya saja...akakakaka
    (sama halnya seperti kita merasakan rasa panas dileher ketika kita meminum air mendidih)...
    hehehe

    oh iya, selamat buat yang PertamaX

    ReplyDelete
  11. setidaknya 20 besar. Horree...

    dk afandi

    ReplyDelete
  12. Jika memang ada, dimanakah bangkainya? lalu kenapa pada masa itu saja Unicorn ada. Seingat saya, Ctesias menuliskan Unicorn dengan deksripsi hewan bertanduk, lalu diburulah badak karena dianggap tanduknya adalah tanduk Uncorn yg sangat mujarab, lalu pengertian Unicorn berubah menjadi tanduk Narwhal, lalu diburulah Narwhal karena dianggap tanduknya juga mujarab...

    ReplyDelete
  13. 20 besar.............


    salam
    Oswald

    ReplyDelete
  14. Hore akhirnya bisa 20 besar juga.... :)

    ReplyDelete
  15. 1.Sori bro E...ane cm mo protes sama bro E...
    Tolong para jungkers mulai dikurangi...
    Sudah saatnya postingan2 pertamax di babat habis...bikin blog sebagus Enigma jd berkurang bobotnya..
    Udah berkali2 saran ini ane kirim lewat imel...tp ga ada tindak lanjutnya...
    2. KL mnrt ane ...Unicorn cm hoax...kayak Naga dlm legenda China...CMIIW

    ReplyDelete
  16. HeruE said...
    mudah2an masuk 20 besar ni...

    ReplyDelete
  17. yang ditunggu akhirnya datang juga.haha
    mr.enigma baru punya waktu skrg ya

    ReplyDelete
  18. Hmmm,
    menurut saya Unicorn hanya hasil ciptaan imajinasi manusia.
    Om enigm, klu kuda yang digambarkan bersayap itu sama dengan unicorn ngak, hehe

    bY: Mr.DougLaS

    ReplyDelete
  19. 30an aduh... gk pa pa!
    Unicorn kan kuda,pegasus juga kuda,jersey devil juga kuda, sbenernya apa sih istimewanya kuda?

    ReplyDelete
  20. Sparda, that is a good question.

    ReplyDelete
  21. kalau ada yg namanya unicorn ntar pasti ada yg namanya multicorn kan ya? ;-P

    ReplyDelete
  22. hippocampus jg kuda. manusia semakin modern semakin lupa akan hal2 magis, mitos dan legenda, yg sebenarnya telah lama hidup berdampingan

    ReplyDelete
  23. Saya pernah melihat acara d National Geographic, kalau Kuda itw hewan terindah d bumi dan sahabat terbaik manusia setelah anjing menurut sebagian besar orang Eropa dan Asia..maka dari itu mereka sangat mengagungkan Kuda dan bahkan memakan dagingny saja mereka akan merasakan sebuah penyesalan yang dalam atau merasa sangat berdosa dibandingkan memakan daging sapi,ayam maupun babi..

    ReplyDelete
  24. menurut gw sih itu kyk nya cma cacad biasa yg amazing.....
    bayangin bro seekor hewan yg ga ada sjarah nya pnya tanduk bsa tumbuh tanduk...kn ga logis....kalau pun ada mgkin itu suatu hewan perkawinan silang antra badak ama kuda (just kidding)...hehe..
    klo gw pribadi brpndapat unicorn itu ga ada....
    skian n trims.... ^_^


    salam
    Oswald

    ReplyDelete
  25. Cuba lihat video ini : http://www.youtube.com/watch?v=4PL1ns00h-4

    ReplyDelete
  26. unicorn kan dah ada pas jamannya Hercules..ketika d hutan dikeroyok unicorn,Hercules bisa bunuh semua termasuk calon gurunya.akhirnya dia dihukum deh..(cerita rasi sagitarius=kuda pemanah)
    CMIIW

    ReplyDelete
  27. kalau unicorn benar-benar ada,
    apa mungkin mermaid dan peri juga ada?

    ReplyDelete
  28. hal yg logis... mungkin pertemuan2 dengan unicorn, seperti kesaksian kesaksian selama ini... bukan pertemuan dengan kuda dengan kelainan tanduk di kepala seperti gambar kambing diatas ...

    Banyu mukti

    ReplyDelete
  29. Enigma,ini kan unicorn.bagaimana dengan phoenix? oh ia.masalah PANATROG itu tlg dong.di bahas.katanya ada hubungannya dgn film Hell boy.semacam portal aktif untuk alien/monster.di youtube sudah mulai heboh.plis ya enigma.hehe

    ReplyDelete
  30. bang E, elasmotherium kyk nya mirip tuh sama deskripsi Pliny n Caesar, mukanya sih mirip kambing, kakinya kyk gajah, ada tanduknya, tapi ekornya gak keliatan wakakkakakk

    ReplyDelete
  31. satu lagi bang E, saya stuju sama Anis (no.17), kalo bisa yang numpang ngejunk itu jangan diapprove. *maaf kalo nyinggung* hehee..

    ReplyDelete
  32. mas enigma, bisa post masalah facebook yang mo dihilangin itu gak, sepertinya hoax, tapi biar lebih jelas, tolong di ulas ya terima kasih

    ReplyDelete
  33. @Anonymous 28:

    itu centaur bro, bukan unicorn

    http://en.wikipedia.org/wiki/Chiron

    @bro e:
    qilin/kirin itu bukannya sebenernya jerapah ya?
    coba cek di http://en.wikipedia.org/wiki/Qilin deh, emang sering dibilang sebagai Chinese Unicorn sih

    ReplyDelete
  34. wah parah ketinggalan jauh T^T nggak bakat coment!! menurut ku Unicornn itu Badak!!! soalnya dalam catatan marcopolo dia mengira badak adalah Unicorn Hitam!! yah begitulah :) nice post Bro E!!

    ReplyDelete
  35. Sangat tidak rela kalau blog enigma dijadikan ajang kejar nomor postingan (pertamax etc)...
    walah ga da yg mirip ama deskripsi yg dceratain orang2 y...
    btw,bang enigma kelanjutan mengenai postingan bang enigma yg sebelumnya bagaimana y (burung,ikan mati misterius)??ada kabar terbaru??

    ReplyDelete
  36. Enigima_Genki said... 36

    wah parah ketinggalan jauh T^T nggak bakat coment!! menurut ku Unicornn itu Badak!!! soalnya dalam catatan marcopolo dia mengira badak adalah Unicorn Hitam!! yah begitulah :) nice post Bro E!!

    SETUJU...!!!!

    ReplyDelete
  37. Ketigapuluh tujux ..
    ‎​‎​Ήέέ♥Ήέέ♥Ήέέ♥

    Baca dulu gan!

    -tandy-

    ReplyDelete
  38. Hartandy purnama plng cupu comentny

    ReplyDelete
  39. bung enigma cukup lama puasa postingannya....welcome & i'm waiting for your next issue....gaya bahasa dan isi tulisan anda sangat menarik

    Ray

    ReplyDelete
  40. nice post ! boleh tukeran link ga ? saya udah taampilin link enigma di blog saya !

    ini link saya
    http://leviathan-mystery.blogspot.com/

    thnx sebelumnya !

    ReplyDelete
  41. A2T : unicorn itu kalau menurut saya cuma makhluk mitologi sama seperti naga!kalau ada,pasti sudah banyak berita tentang perburuan tanduk unicorn yg katanya berkhasiat itu!

    ReplyDelete
  42. Mungkin itu hewan khayalan. Seperti layaknya Spinx .

    ReplyDelete
  43. makasi postingannya bung enigmaaa...
    kereeenn bgt :)
    pernah baca novelnya Peters S. Beagle, "The Last Unicorn" yg diterjemahkan dlm 20 bahasa ? n sempat difilmkan jg thn 80-an

    Unicorn melambangkan segala hal yang telah menjadi barang langka seiring dengan berjalannya waktu, yakni keyakinan hidup akan nilai kebajikan tertinggi, tidak mementingkan diri sendiri dan selalu memikirkan terlebih dahulu orang lain, serta berkomitmen tetap berada dalam jalur yang lurus hingga akhir. Keputusan penting yang dihadapinya adalah: dapatkah seseorang mengatasi penolakan batinnya yang timbul saat mengalahkan egonya, siap dan bersedia menghadapi segala macam kesulitan?

    "meskipun seekor Unicorn mungkin tidak melintas di depan Anda, akan tetapi mungkin Anda dapat melihat sesuatu yang tersembunyi di baliknya"

    http://www.epochtimes.co.id/serbi.php?id=142

    ReplyDelete
  44. Yg orang punya tanduk kayak musuh.a SunGoKong di Kera Sakti...
    Si Cula Perak...
    wakkakaka....

    ReplyDelete
  45. Unicorn...
    Sama seperti makhluk mitologi lainnya! Mungkin asal ceritanya dari kesalahan identifikasi+imajinasi.

    ReplyDelete
  46. Bagus.....bagus.....bagus.........................

    ReplyDelete
  47. bang enigma, mumpung lgi ngbahas makhluk mitologi ad yg saya pgn tanyain nih..

    -Gryfin
    -Wyvern
    -Unicorn
    -Dragon
    -Pegasus
    -Centaur
    -Minotaur
    -Faun
    dst..

    bahas mereka juga dong (kecuali dragon dan unicorn tentu'a) krn walaupun jrng ad penampakan'a tetapi popularitas mereka d dunia film, game, atawpun dongeng juga gga kalah tenar..

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  48. saya pribadi sih berpendapat yg dideskripsikan orang2 itu adalah... BADAK!
    Alasan:
    1. Mengutip kata Pliny "Kepala seperti rusa" --> Bukan berarti kepalanya "sama dengan" rusa kan? Mungkin kepalanya dibilang seperti rusa karena secara anatomi kepala badak itu berbentuk "moncong ke arah bawah". Orang2 tsb kesulitan mencari deskripsi yg tepat sehingga untuk menggampangkan mereka bilang aja "seperti kepala rusa" karena toh kepala rusa juga berbentuk "moncong ke arah bawah" kan? CMIIIW
    2. Bagian tubuh seperti kuda --> Sama seperti argumen mengenai anatomi kepala, anatomi tubuh kuda dan badak juga mirip
    3. Kaki seperti gajah, ekor seperti babi hutan --> Kaki dan ekor badak memang seperti itu kan?
    4. (Ctesais) Ukurannya sebesar keledai dengan kepala berwarna ungu kemerahan. Tubuhnya berwarna putih, matanya berwarna biru --> Oke kalo yg ini saya gak ngerti lagi :D

    .
    .
    .
    ron_interista

    ReplyDelete
  49. mito doang kyknya cmn dongeng sebelum tidur kyk putri duyung, raksasa, naga dll

    ReplyDelete
  50. kalo ada makhluk misterius yang aku suka, ada 3: unicorn, phoenix, sama centaurus.

    dan ampe sekarang aku masih nganggep mereka itu ada...

    ReplyDelete
  51. menurutku Unicorn itu ada... entah dia ada di Bumi ato mungkin di planet lain yg lebih "misterius" lagi hehehe....
    (imaginasiku mungkin terlalu naif jika harus mengganggap unicorn itu TIDAK pernah ada)

    "tikus Bujang"

    ReplyDelete
  52. aku percaya banget unicorn itu ada, seperti pegasus. Aku percaya mereka ada di "dunianya" sendiri. Dunia yg ga terjamah teknologi n eksploitasi manusia modern. Aku lebih senang mereka hidup damai disana tanpa diketahui oleh manusia modern.... Mungkin memang ada beberapa suku yang bertugas melindungi hewan itu dari kepunahan karena dianggap suci oleh suku2 tersebut. Lebih baik begitu daripada punah beneran..... :D

    Btw.. para "seniman" itu sungguh2 berani menentang hukum alam ya.... siapapun yang mencoba menjadi "Tuhan", sesungguhnya padahal ia tak bisa menciptakan sesuatu yg bahkan mendekati ciptaanNya yang asli. Kasihan...nafsu dan ego yang berlebihan dari manusia.

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  53. Btw...aku jadi inget sebuah relief di candi borobudur... kepalanya gadis cantik n dari pinggang kebawah berbentuk burung. Dicerita relief itu katanya namanya putri Manohara (bukan yg sok artis itu loh), n katanya memang dipersunting raja tanah jawa masa dulu tapi dia ga bahagia n kabur....

    apa yg ini juga makhluknya ada ya....??

    atau...jangan2 jaman dahulu sudah ada teknologi genetik yg bisa menciptakan makhluk2 seperti ini? lalu manusia2 cerdas tersebut dimusnahkan Tuhan gara2 "keterlaluan" menentang hukum-Nya??
    Hihihihi....makin ngelantur.... rupanya aku ngantuk :P

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  54. setuju miss itu pasti hasil rekayasa genetik para alien yang pernah datang ke bumi jutaan tahun lalu...ancient alien oii..

    ReplyDelete
  55. aku sudah curiga dari dulu alien2 itu telah melakukan berbagai macam eksperimen pada hewan2, bahkan mencampurnya dengan manusia (mermaid,centaur)....
    ternyata ada juga yg sependapat denganku..
    hmmmm hmmm...

    ReplyDelete
  56. werlington
    menurut ane makhluk itu memang pernah ada,soalnya ane belum menemukan alesan yang masuk akal buat menyangkal keberadaannya.kecuali cerita tentang tanduknya yang bisa menangkal racun sih ane gak percaya boz...
    nice posting boz enigma

    ReplyDelete
  57. Gw setuju ama Ron_interista!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  58. ka saya baca dulu ya.

    kayrul

    ReplyDelete
  59. unicorn tuh ga ada, naga juga ga ada, yang ada tuh populasi manusia yang udah milyaran.. menuh2in bumi aja..

    ReplyDelete
  60. Gw setuju ama Ms Terry...i love u...!!!!!

    ReplyDelete
  61. unicorn.. <3

    bagaimana dgn pegasus bro e? itu sepertinya msh sepupu sm unicorn.. tp pegasus ini ada sayap.. haha :D

    ReplyDelete
  62. dari jawa juga ada legenda mythical horse.
    yaitu kuda sembrani, menurut tetangga2 dikampung katanya buyut sy dulu melihara seekor, datangnya cuma di malam khusus.
    tidak tahu juga kebenaran cerita tersebut tapi jadi bumbu2 pemanis cerita tidur sy semasa kecil , kuda terbang gitu loh anak kecil mana yg tidak melayang2 imajinasinya diceritakan kalau moyangnya mempunyai hewan yg begitu majestic :)

    ReplyDelete
  63. nih... dari bang wiki (wikipedia.com):

    "Rhinoceros are killed by humans for their valuable horns, which are made of keratin, the same type of protein that makes up hair and fingernails.[2] Both African species and the Sumatran Rhinoceros have two horns, while the Indian and Javan Rhinoceros have a single horn."

    Nah... katanya di afrika itu cuma ada bacuda (badak bercula dua) n bacusa hanya ada di jawa (sekarang cuma di ujung kulon T_T). Jadi mungkin memang yg diberikan kepada penguasa arab mekkah saat itu bukan badak, krn badak afrika kan culanya dua ya....

    Dan saya pernah baca di NGI (National geographic indonesia, edisi kapan lupa..mungkin tahun 2008)... cawan raja (negrinya juga lupa , yunani mungkin? sorry :D) jaman dahulu terbuat dari cula badak, sehingga bisa diketahui jika minuman yg dituang mengandung racun maka cawannya bocor/pecah krn keratin peka terhadap racun (yg belajar medis/kuliah medis/ilmu kimia, tolong konfirmasi kebenarannya :D). Kalo soal menetralisir racun aku ga tau....

    Betul kata Mr. E. Badak, Narwhal, itu juga unicorn. Tapi mungkin yg kita bicarakan unicorn yg lain lagi kan? hehehehe


    Ms Terry.

    ReplyDelete
  64. oh ralat... aku kurang teliti rupanya.....

    bacusa bukan cuma di jawa... di india juga ada...
    jadi lain cerita kalo tu raja ethiopia mampir dulu ke india atau jawa, nangkep oleh2 buat sahabatnya...hehehehe


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  65. Visser_one said....

    Ms.Terry,,I luph u pull...
    keren jg y klo ada kemungkinan rekayasa genetik para alien,,
    ato mlh mrka berasal dr dimensi lain ??
    mungkin aja manusia2 jaman dulu punya cara membuka portal antar dimensi & berinteraksi dgn mkhluk2 di dlmnya (seperti naga,phoenix,peri,mermaid,dll)...
    Mungkin aja smpe skrng mrka msh exist di alamnya,di tempat yg sama dgn Qta tp pd dimensi yg berbeda,cmn G mau menampakkan diri cz karakter manusia masa2 skrng mrka pandang membahayakan untuk keberadaan mereka...
    he2,,,jd ketularan mengkhayal...

    ReplyDelete
  66. unik om, tapi kalo bener ada knapa sekarang ga ada laporan tentang saksi yang ngeliat unicorn baru2 ini?
    tapi tak apalah, walopun ada semoga aku bisa liat ya lwt nih blog
    ok thanks (penduduk baru nih)
    heheheh
    http://holooi-weblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  67. http://youthinker.blogspot.com/

    Mas tkaran link ya

    ReplyDelete
  68. gimana dengan penjelasan kendaraan Nabi Muhammad SAW, yang dikenal Buroq ? sewaktu Isra' Mi'raj...

    ReplyDelete
  69. Mr e,knp ada dugaan bahwa bulan itu adalah pangkalan alien,masih bnyk kn misteri aneh ttg bulan beserta dgn kesaksian Apollo dan NASA
    posting dong ^^

    Reza

    ReplyDelete
  70. Zigma E'10
    Om Enigma saya mau tanya, apa bedanya unicorn dan pegasus? tolong di jawab ya om.

    ReplyDelete
  71. Ms.Terry: Cawan raja-raja di Eropa juga dibuat dari tanduk unicorn untuk mencegah racun. Betul sekali, badak atau narwhal itu unicorn juga, tapi tidak sesuai dengan deskripsi para saksi. haha. Jadi, mungkin masih ada sejenis hewan lain yang bisa disebut unicorn juga.

    ReplyDelete
  72. @Yuan: itu hoax.

    @Ira: Panatrog itu sukar untuk ditulis lho. Hehe

    @Anonymous no.35: Kirin itu dalam bahasa Jepang bisa merujuk ke jerapah atau unicorn sehingga banyak yang beranggapan kalau unicorn itu sebenarnya Jerapah.

    @Dodo: sudah saya jelaskan teorinya di postingan yang terakhir.

    @Lica lawliet: Nanti saya cari info pegasus.

    @Holooi: Tentu saja karena sudah punah.

    @ZigmaE10: bedanya, pegasus bersayap. unicorn tidak.

    ReplyDelete
  73. bohong tuuuuuuu hahahahah by(...R4M80...)

    ReplyDelete
  74. gan tolong dicari kebenaranna ...

    saya baca di sini ...

    http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=22260

    ReplyDelete
  75. Bang E,,,tolong donk ulas soal perang mahabarata yang katanya pake senjata nuklir dan piring terbang(vimana),,padahal menurut cerita aslinya kan ga seperti itu(contoh: arjuna mengendarai kereta perang dengan kusir kresna bersenjata panah pasopati,tp di versi ngaco nya di bilang kalo arjuna mengendarai vimana(piring terbang) dengan senjata nuklir...trus sisa2 perang nuklir masih ada di situs kota kuno (lupa namanya),,padahal jelas2 perang itu terjadi di tegal kurusetra.......maaf kalo menyimpang tp dah gemes ni ma pendapat orang soal perang nuklir jaman pra sejarah,,,,,kalo saya yg membantah banyak yang protes,,tp kalo bang enigma yg membahas pasti semua pada setuju & ga protes.....please bahas ya bang
    *raden samba*

    ReplyDelete
  76. nice posting...
    ^viechan^

    ReplyDelete
  77. aneh juga sih, percaya nggak ya...soalnya belom ada catetan fosilnya juga sih...

    ReplyDelete
  78. mmm klo itu manusia betanduk...itu yg serem

    ReplyDelete
  79. Siapa tau itu salah satu spesies kuda yang unik cuma bagian tanduk tidak dapat bertahan lama apabila menjadi fosil.

    ReplyDelete
  80. i never though a horse with thorn could give a big impact to our society......mungkinkah unicorn hanyalah jenis kuda bercula ????? yang sudah punah populasinya...yang jelas mulai dari alkitab, confucius, alexander the great, julius caesar dan genghis khan pernah menyebut soal makhluk ini....

    tetapi kalau menurut saya pribadi mungkinkah ini hanya wording yang terlalu berlebihan dari satu mulut ke mulut lain, sehingga mengakibatkan interpretasi imajinasi di pikiran orang yang tidak melihat objek itu secara langsung.....misal orang yang pertama kali melihat oryx, erland, narwhal atau bahkan badak pasti akan terkesima dengan bentuk fisik yang belum pernah mereka lihat sebelumnya....lalu dengan kebiasan kata2 yang poetric pada abad itu mulai deskripsi2 yang sedikit berlebihan dari mulut ke mulut.....well itu hanya menurut teori saya....karena berdasarkan catatan :

    1. ornamen peninggalan yang ada di museum vienna yang dulunya disebut sebagai tanduknya unicorn rupanya hanya tanduk spiral dari Narhwal
    2. catatan Marco Polo yang mengatakan kalau dia menemukan Unicorn di Java....yang deskripsinya lebih mengarah ke Badak, apalagi ditemukannya di pulau jawa.
    3. orang cina pada dinasty Han sudah pernah sampai ke afrika timur. bahkan Zheng He , admiral pada dinasti Ming yang membawa jerapah pulang ke cina, sempat disebut2 sebagai perwujudan dari Qilin itu sendiri, yang menurut saya pribadi seharusnya Zheng He membawa antelope daripada jerapah, disebabkan lebih miripnya antelope dengan deskripsi qilin....

    terlepas dari bener adanya unicorn, saya menyukai quote dari inggrid benette yang ngaku kalo dia kehidupan sebelumnya hidup di atlantis, dia bilang “Saat ketika kondisi dunia kembali pada keseimbangan dan keharmonisan, semua orang saling menerima, saling mencintai, saat itu Unicorn akan kembali"........such a positive quote for today....

    ps: kadang orang suka campur aduk antara unicorn dengan pegasus.....

    ReplyDelete
  81. dari deskripsinya memang tidak ada yg menunjukan kalau unicorn itu persis seperti kuda. bisa saja itu memang bukan kuda bertanduk satu...

    ReplyDelete
  82. kenapa gak ada unicron yg lewat ya kali2 aja gitu
    hehehehehe

    ReplyDelete
  83. saya agak keganggu cz dideskripsiin unicorn bermata biru,,,, mmmm emang khusus dongeng buat bule tuh..

    ReplyDelete
  84. haha unicorn, jadi inget saya...

    ReplyDelete
  85. Ada yg aneh bang, klu memang unicorn cuma bsa dtaklukkan oleh perawan, knapa mancing unicorn harus pake perawan, bkannya mereka justru akan tkut?

    ReplyDelete
  86. tolong, search donng keberadaan naga.........

    ReplyDelete
  87. saya rasa unicorn itu bentuknya menyerupai rusa bukan menyerupai kuda (mungkin biar kelihatan lebih gagah kali yee.. rasanya disini ada penyelewengan imaginasi huehuehue..)

    ReplyDelete
  88. unicorn exist?

    kenapa ga?? mungkin mereka adalah makhluk yg sudah punah dan mejadi fantasi.

    ga usah jauh2 tentang sumilidon dan burung pemangsa seperti burung onta setinggi 3 meter yg uda punah ratusan ribu taun lagi

    mungkin 100 tahun lagi, di buku, film dan game2 fantasi akan menceritakan burung dodo atau serigala jepang atau badak jawa yg punah belum terlalu lama ini. dan perdebatan tentang mereka pun dimulai

    ReplyDelete
  89. om enigma saya pernah baca buku yang tentangnya tengtang makhluk misterius salah satunya unicorn. di dalam bku tertulis unicorn bisa bicara.Salah satun penampakanya tahun 1389 (maaf saya lupa daerahnya) di situ terulis unicorn air sungai penduduk mulai terkena racun, seorang laki2 yang sedang merenung di dekat sungai melihat sosok unicorn dan unicorn itu menaruh tanduknya di atas permukaan air dan sekejap racun dia air itu menghilang seketika. jadi dengan ini saya kira unicorn itu hewan yg sangat baik. peace!

    ReplyDelete
  90. Elasmotherium lebih bisa dimiripin ke Pliny tuh.

    ReplyDelete
  91. Sejarah memang sulit di buktikan tanpa ditemukannya fosil, menurut logika / sains,
    tp mungkin, bukan berarti tidak ditemukannya fosil, mengindikasikan "sesuatu / benda" itu tidak ada kan?

    ReplyDelete
  92. Mas enigma, bisa bahas tentang legenda burung phoenix gak? katanya di sejarah burung phoenix bisa hidup ratusan tahun lamanya, saya jadi penasaran

    ReplyDelete
  93. kalo beneran ada pengen ane pelihara

    ReplyDelete
  94. setuju dgn MJ # 47 bisa jadi unicorn jadi mitos krn salah identifikasi dan ditambah dgn sedikit bumbu imajinasi. merujuk TEI # 84, bisa jadi mitos unicron muncul dari peziarah eropa yg dlm perjalanan ke timur tengah bertemu dgn gemsbock/oryx arab (oryx gazella). kalau dilihat dari samping, posturnya 90 % mirip kuda, dan punya tanduk yg lurus dan panjang.

    ReplyDelete
  95. kalau unicorn memang pernah ada, fosil yang ditemukan mungkin hanya berbentuk seperti kuda biasa yg tidak mamiliki tanduk. karena tanduknya kan sudah digunakan orang sebagai penawar racun.....

    ReplyDelete
  96. om E, mau tanya dunk..
    sejauh ini, aq udah baca banyak postingan tentang cryptozoology di blognya om E..
    dan belum nemu bahasan mengenai Kappa..
    aq udah coba googling utk tahu lebih banyak ttg Kappa..
    tapi hasilnya gak terlalu memuaskan..
    jadi mohon om E utk menjelaskan mengenai keberadaan Kappa sbg salah satu bagian dr cryptozoology..
    karena baru2 ini aq dapet tugas kuliah bikin sinopsis novel yg judulnya Kappa.. novel ini karya orang Jepang, namanya Ryunosuke Akutagawa..
    sejak baca novel itu, aq jadi penasaran ttg benar atau enggak'nya keberadaan Kappa itu..

    ReplyDelete
  97. ane pernah liat tuh di youtube.

    ReplyDelete
  98. Unicorn itu beragam warna yah?

    ReplyDelete
  99. Udah pada tau belom kalau di india sono pernah ditemukan semacam prasasti yang bergambar orang naik perahu karna banjir dan gunung berapi meletus hebat?juga adu tuh gunung padang yang usianya lebih tua dari peradaban manapun.pertanyaanya dibagian mana india yang ada gunung berapi?pernah tidak india dilanda banjir?knapa percaya sama gambar unicorn di india?sedangkan mereka saja berasal dari sundaland.unicorn ga lebih dari badak cula 1...

    ReplyDelete
  100. Hoax om.percaya sama orang barat: percaya pembodohan

    ReplyDelete
  101. unicorn asli ada gk yah

    ReplyDelete
  102. Menurur ane ya... si unicorn ini memang ada tapi sudah punah... kalau bentuk fisikny tidak ad yg tau... yg pasti memiliki satu tanduk dengan ukuruan tubuh sebesar kuda atau keledai.

    Just my opinion

    ReplyDelete