Monday, January 17, 2011

Oliver the Humanzee - Setengah simpanse setengah manusia?

Ketika Oliver pertama kali muncul ke publik, masyarakat dikejutkan dengan penampilan wajahnya yang sangat menyerupai manusia. Bukan itu saja, kemampuannya boleh dibilang luar biasa untuk ukuran seekor simpanse. Banyak yang percaya kalau Oliver adalah "Missing Link" antara manusia dan simpanse atau makhluk hybrid sehingga ia dijuluki Humanzee (Dari kata human dan chimpanzee).


Tentu saja anggapan itu tidak benar. Namun, tidak bisa disangkal kalau Oliver mungkin adalah simpanse yang paling banyak menyita perhatian para peneliti yang tertarik dengan karakteristiknya.

Jika kalian seorang ilmuwan, mungkin kalian juga akan tertarik dengan Oliver. Coba lihat, umumnya simpanse memiliki wajah seperti ini:


Namun, Oliver memiliki wajah seperti ini.

Ketika melihat wajahnya, saya yakin kalian akan sepakat dengan saya kalau Oliver adalah simpanse paling berwibawa yang pernah kita lihat!

Oliver lahir pada tahun 1958 di Kongo, Afrika. Pada saat usianya dua tahun, ia dibawa oleh pelatih simpanse Frank dan Janet Berger ke New Jersey, Amerika Serikat.

Pasangan Berger tertarik melihat fisik Oliver yang tidak biasa sehingga mereka memutuskan untuk membawanya ke Amerika. Berger bahkan benar-benar percaya kalau Oliver bukan murni seekor simpanse, melainkan hybrid antara kera dan manusia.

Wajah Oliver lebih datar dibanding simpanse lainnya. Ia memiliki kepala yang sedikit botak dengan hidung yang lebih kecil. Perbedaan ini membuat Oliver selalu dikucilkan oleh simpanse-simpanse lainnya.

Sejak kecil Oliver punya kebiasaan berjalan dengan dua kakinya. Ini berbeda dengan simpanse pada umumnya yang berjalan dengan kaki dan tangannya. Bahkan walaupun seekor simpanse diajarkan untuk berjalan dengan dua kaki, mereka akan tetap mengalami kesulitan karena struktur telapak kakinya.

Ia juga tidak pernah berjalan dengan menggunakan buku-buku jarinya seperti simpanse lainnya.

Ia suka menonton televisi dan merokok, persis seperti manusia.

Bahkan, bukan itu saja, menurut Janet Berger, Oliver lebih menyukai seorang wanita (manusia) dibanding simpanse betina.

Kepada Discovery Channel, Janet bercerita kalau saat Oliver berusia 16 tahun, ia mulai tertarik dengan Janet. Ini dibuktikan dengan kebiasaan Oliver menaiki tubuh Janet dan berusaha untuk berhubungan badan dengannya (Yup, kalian tidak salah baca).

Pasangan Berger yang melihat kebiasaan ini kemudian merasa terancam sehingga memutuskan untuk menjual simpanse hidung belang itu kepada orang lain.

Pada tahun 1977, Oliver telah berpindah tangan ke Ralph Helfer, pemilik sebuah taman hiburan, Enchanted Village di Buena Park, Amerika Serikat. Oliver dipekerjakan di taman hiburan itu sebagai simpanse atraksi.

Ketika taman hiburan itu bangkrut, Oliver terus dipamerkan oleh Helfer lewat sarana yang lain. Saat itu, media-media dan masyarakat mulai dihebohkan dengan keberadaannya. Los Angeles Time pernah menulis sebuah ulasan panjang mengenai Oliver. Mereka bahkan berspekulasi kalau Oliver mungkin adalah seekor sub spesies simpanse atau missing link yang telah lama dicari oleh para evolusionis.

Tidak berapa lama kemudian, kemashyuran Oliver mulai mendunia. Ia telah berubah dari seekor simpanse atraksi biasa menjadi primata selebritis yang dikenal dimana-mana.

Ketenaran Oliver bahkan hingga mencapai benua Asia. Pada suatu hari, Oliver pernah tampil dan diujicoba di televisi Jepang dengan disaksikan oleh 26 juta pemirsa. Lewat eksperimen keseimbangan gravitasi yang dilakukan oleh pihak stasiun televisi, disimpulkan kalau Oliver ternyata lebih mirip manusia dibanding simpanse.

Sampel dari tubuh Oliver juga diambil untuk diujicoba. Dari 40 sel yang diambil, 38 sel memiliki 48 kromosom, sedangkan 2 sel memiliki 47. Hasil eksperimen ini menggemparkan karena simpanse memiliki 48 kromosom sedangkan manusia memiliki 46 kromosom.

Jika Oliver memiliki 47 kromosom, itu artinya kemungkinan kalau ia adalah makhluk hybrid benar-benar mendapat dukungan sains!

Pada tahun 1985, Oliver berpindah tangan ke pelatih kera Bill Rivers. Rivers juga melaporkan kalau Oliver tidak pernah bisa akrab dengan simpanse lainnya.

Pada tahun itu, ketenaran Oliver telah memudar dan ia mulai dilupakan oleh publik.

Pada tahun 1989, Oliver dibeli oleh Buckshire Corporation, sebuah laboratorium yang bidang usahanya adalah menyewakan hewan-hewan untuk keperluan uji coba sains atau kosmetik. Ia tidak pernah digunakan sebagai eksperimen, tetapi selama sembilan tahun di tempat itu, Oliver ditempatkan di sebuah kandang kecil yang membuatnya menderita penyakit muscular atrophy.

Pada tahun 1996, presiden Buckshire Corporation, Sharon Hursh, melepaskan Oliver atas permintaan sebuah organisasi primata bernama Primarily Primates. Sampai saat ini, Oliver masih tinggal di fasilitas milik organisasi itu.

Lalu, pertanyaannya adalah, apakah Oliver adalah missing link yang telah lama dicari itu? Atau bigfoot?

Mungkin tidak, tetapi banyak yang percaya kalau Oliver adalah makhluk hybrid antara manusia dengan simpanse.

Sebagai informasi, simpanse dan manusia memiliki kesamaan urutan DNA hingga 95%. Karena itu beberapa ilmuwan sesungguhnya telah meneliti kemungkinan menghasilkan makhluk setengah simpanse dan manusia.

Usaha itu dimulai oleh ilmuwan Rusia bernama Ilya Ivanovich Ivanov pada tahun 1927. Ia menyuntikkan sperma manusia ke rahim tiga ekor simpanse betina. Namun, ketiganya ternyata tidak hamil. Eksperimen berikutnya mengalami hambatan sehingga tidak dilanjutkan. Tidak ada bukti kalau Ivanov berhasil menghasilkan makhluk hybrid manusia simpanse.

Ketika Oliver muncul ke publik, ada rumor yang berkembang di masyarakat kalau seekor simpanse di sebuah laboratorium di China berhasil hamil dari sperma manusia, namun mati sebelum sempat melahirkan.

Kisah serupa juga diceritakan oleh psikolog dari Universitas Albany, Gordon Gallup, yang pernah mendengar kalau Robert Yerkes, pendiri Yerkes national primate research Center di Florida, berhasil menghasilkan makhluk hybrid manusia simpanse pada tahun 1920an. Namun, makhluk itu segera dibunuh oleh Yerkes sendiri.

Walaupun tidak ada bukti yang mendukung kisah-kisah ini, namun spekulasi terhadap identitas Oliver terus berkembang.

Karena itu pada tahun 1996, Primarily Primate memutuskan untuk mengakhiri perdebatan ini dengan mengadakan penelitian ulang terhadap taksonomi Oliver.

Penelitian ini dilakukan oleh Dr.David Ledbetter, ahli genetika dari University of Chicago, yang kemudian memeriksa ulang kromosom Oliver. Ia menemukan kalau Oliver memiliki 48 kromosom, bukan 47 seperti yang disebutkan oleh penelitian sebelumnya.

Dr.Ledbetter juga menyebutkan kalau keunikan wajah dan tengkorak Oliver masih berada dalam batas-batas variasi simpanse yang wajar.

Hasil penelitian ini diumumkan dalam American Journal of Physical Anthropology dan dengan demikian mengakhiri spekulasi mengenai keanehan Oliver.

Namun, satu pertanyaan masih menggantung. Jika Oliver memang simpanse biasa, mengapa kita tidak pernah menemukan simpanse dengan karakter wajah dan perilaku seperti dia?

Hari ini, Oliver masih tinggal di fasilitas Primarily Primate. Usianya sudah lebih dari 50 tahun, cukup tua untuk ukuran simpanse. Matanya sudah hampir buta dan tubuhnya sudah tidak sehat lagi seperti dulu. Kondisi tempat tinggal yang buruk di Buckshire Corporation telah memberinya penyakit Arthritis sehingga ia sudah tidak bisa lagi berjalan dengan dua kaki.

Dari tempat tinggalnya yang terpencil, Oliver masih sering termenung sendiri. Mungkin memikirkan masa-masa ketika ia masih di Kongo, mulai termashyur dan kemudian dilupakan.

Itulah kehidupan.

Bagi kalian yang punya koneksi internet yang cepat, kalian bisa melihat satu dari enam video dokumenter mengenai Oliver. Lima video yang lain bisa kalian saksikan di Youtube.


(link youtube)

Selamat menyaksikan.

Baca juga: Kisah Zana - bigfoot Rusia yang melahirkan anak-anak dari manusia dan sekelompok simpanse berduka melihat kematian temannya.

(wikipedia, scienceray.com, austinchronicle.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

86 comments:

  1. pertamax

    hehehe

    'Freed'

    ReplyDelete
  2. wah bang e rajin posting sekarang, bang e tolong ulas atensi koment yang kemarin tentang perang mahabarata dari sisi bang e sendiri, mungkin ada penjelasan tentang perang nuklir tersebut hoax apa bukan dan sumber aslinya dari mana , kayaknya di internet sudah terlanjur beredar luas
    adlon79@gmail.com

    ReplyDelete
  3. @Adlon: saya sudah posting disini:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/reaktor-dan-ledakan-nuklir-purba-kisah_31.html

    ReplyDelete
  4. Haha ... masuk golongan pertama

    ReplyDelete
  5. kelaianan gen mungkin ya om?
    jadi ini simpanse yang mempunyai sifat manusia ya,waktu pertama baca kirain sebaliknya,hhe

    btw pertamax
    wolf

    ReplyDelete
  6. keberapax???
    baca dulu ah..

    ReplyDelete
  7. Sepuluh besar... Hihii...
    Leon.

    ReplyDelete
  8. thanks ini barusan saya baca mengenai nuklir india. tulisan yang bagus sayang kemarin terlewat tuk membacanya. sukses terus bang e
    adlon79@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Ksian bgt.. Kr2 bs d ajarn mengitung g sh.. He..
    Nice post bung enigma..

    Ema.

    ReplyDelete
  10. itu bisa bahsa manusia mas ? apakah hanya mukanya aja yang mirip ??
    aneh jugag.

    ReplyDelete
  11. @Ito: Oliver tidak bisa berbicara bahasa manusia. Hanya wajah dan perilaku saja.

    ReplyDelete
  12. tumben 20 besar nech :p

    ReplyDelete
  13. lahir di Kongo, apa ada yang sudah memastikan ga ada simpanse yang serupa dengan Oliver disana?

    ufo believer

    ReplyDelete
  14. Apa oliver bisa disamakan dengan Zana...???

    ReplyDelete
  15. Saya kira tidak. :), saya cuma menaruh link zana untuk merefer kepada makhluk "hybrid" lainnya.

    ReplyDelete
  16. teori darwin emang benar ternyata.semua manusia berasal dari monyet.

    ReplyDelete
  17. waaah, induk Oliver tidak diketahui.Apakah Frank dan Janet pemilik awal?

    Mungkin itu hasil "olah tekape" Frank, yang akhirnya terlahir Hybrid Chimpanzee.

    ReplyDelete
  18. bang enigma tolong bahas donk tentang anak dari rusia yang katanya dari mars..bahasannya yang update ya..soalnya penasaran azA dengan berita dia yang terbaru..syarif

    ReplyDelete
  19. Pertanyaan om E tersebut, mungkin dapat dijawab oleh berdasarkan hasil penelitian dari Konservasi Primata. Hal ini saya dapatkan saat mengikuti seminar konservasi Primata secara tertutup. Pembicara dari BOS dan Primate Researchers, khususnya wilayah kalimantan. Primata2 dg bentuk dan tingkah laku seperti manusia itu banyak. hal tersebut dikarenakan, mereka dekat dengan keberadaan manusia dan dilatih (cth : monyet yg dilatih tukang monyet keliling, serta ada pula yg mengalami kecelakaan oleh ulah manusia yg diakibatkan dari pembakaran dan pembalakan hutan serta perburuan. khususnya pada pembakaran hutan ada beberapa primata bentuk wajah dan postur agak mirip seperti manusia, karena luka bekas bakar. jika ditanyakan mengapa mereka tidak terekspos, itu karena pemerintah dan kekuasaan yg menutup-nutupinya. ini berdasarkan penelitian lapangan dan bukti2 gambar serta video yg mereka (peneliti) paparkan. tapi mereka sulit mengekspose karena berada dibawah tekanan kekuasaan. Pembalakan, kebakaran serta perusakan hutan tersebut, sengaja dilakukan utk membuat lahan industri kelapa sawit dan diselundupkan ke wilayah serta negara lain oleh pihak2 yg egois.

    btw, info yg lebih riskan lagi adlh para primata betina khususnya dikrangkeng utk tujuan prostitusi. jadi manusia yg memiliki kelainan seksual biasanya "memakai" mereka. dan para primata tersebut jadi memiliki kecendrungan suka terhadap manusia (Pria). jika Om E ada di depan mereka, walaupun dari luar kerangkeng, mereka (para betina) akan berlaku genit kpd Om E.

    jadi media itu disetir oleh kekuasaan, ini mengambil contoh penelitian di negara ini.

    -uwais-

    ReplyDelete
  20. 20 besar... akhirnyaa....hahaha

    -debby

    ReplyDelete
  21. tapi dengan ditemukannya monyet jenis ini tidak lantas membuktikan bahwa manusia berasal dari monyet kan?
    secara cuma ada satu monyet sejenis.

    ReplyDelete
  22. "Ketika melihat wajahnya, saya yakin kalian akan sepakat dengan saya kalau Oliver adalah simpanse paling berwibawa yang pernah kita lihat!"

    Saya ketawa bacanya...

    ReplyDelete
  23. @bang Enigma:
    apakah bang E setuju dgn komentar Jacobian #17 ini:

    "teori darwin emang benar ternyata.semua manusia berasal dari monyet."

    ???????????

    ReplyDelete
  24. dan 30 besar. Hhee,,
    Di tahun 1996 di adakan penelitian ulang. Adakah kemungkinan perubahan kromosom itu diakibatkan oleh pertumbuhan genetik oliver? Mungkinkah? Atau karena alat-alat penelitian waktu dulu yg kurang modern?
    Nice post om e.
    dk afandi

    ReplyDelete
  25. gw setuju dg komentar uwais, ini pertanda ga ada bukti bahwa monyet adalah asal mula manusia. kalau soal tingkah laku sangat wajar bisa seperti tingkah laku manusia. di kampung gw, beruk dan macaca yg dipelihara jalan sering berdiri, ngeroko, ngopi, dan gw udah ga aneh lagi liat begituan. padahal pas waktu ditemuin pertama di huta ga kaya' gitu, tapi pas udah ditangkep n tinggal lama sama manusia, mereka jadi seperti itu. oia, itu foto2nya pada kepotong semua ya, gw buka dari google crome. coba lo cek deh. thx

    ReplyDelete
  26. Kasian ya.,
    Mgkn oliver brpikir ttg kebebasan... Bkn popularitas, dia kn hewan..
    Teori evolusi darwin udh gugur, Jd oliver bkn bgn yg hlg klo mnrt aq.
    Apa mgkn oliver hasil kloning?
    Hybrid n kloning sm ngga?

    ReplyDelete
  27. saya ga pernah setuju klo manusia awalnya dr kera! tp oliver ttp bjiwa hewan.. udah dipelihara mlh krg ajar.. hehehe
    sayangnya ga ada kterangan bgmn bentuk induk dan family oliver yahh

    -debby

    ReplyDelete
  28. 30 besar.....

    klo mnurut gw sih itu cma simpanse yg memiliki cacat fisik.....
    sekian....thx.. :D


    salam
    Oswald

    ReplyDelete
  29. kasian juga si Oliver ini,,
    sekarang udah mulai dilupakan

    XDXD

    ReplyDelete
  30. no 20
    wah ternyata ada praktek prostitusi hewan primata di dunia ini.
    monyet yang berprilaku seperti manusia tapi ternyata banyak juga manusia berprilaku binatang

    ReplyDelete
  31. u/ no. 20: emangna bnr tuh???,tp sya bnr2 ingn ktwa sja dgn critana...
    (o_0)

    ReplyDelete
  32. Kasian Oliver saat ini... :(

    ReplyDelete
  33. saya pernah liat di On The Spot nih. hehe. . .

    ReplyDelete
  34. bang enigma.......bisa minta tolong g kasus Gayus, mafia peradilan diselidiki......

    ReplyDelete
  35. gokil pas naikin tubuh seorang perempuannya... hahaha

    ReplyDelete
  36. A2T : saya kira itu cuma mutasi gen sama seperti orang indonesia yg berambut pirang dan berkulit putih yg seperti org bule,padahal orang tuanya seperti kebanyakan orang indo lainnya berkulit sawo matang dan berambut hitam,masalah dia berprilaku seperti manusia mungkin karena dia diasuh dari kecil oleh manusia makanya dia hanya mengetahui habitat dan prilaku orang disekelilingnya.

    ReplyDelete
  37. Bro,,gw pembaca setia bloq loe... Barusan pagi ini gw nonton Seputar Indonesia pagi (18 Januari 2011). Ada video "hantu merah" yang diputar di berita itu. Kok bisa2nya stasiun televisi swasta memutar video itu. Apakah video itu asli a.k.a bukan hoax? Tolong dicari kebenarannya bro... Thx a lot. :)

    ReplyDelete
  38. Mungkin Oliver cuma simpanse yg cacat fisik. perilakunya yg seperti manusia mungkin karena dia hidup bersama Frank dan Janet cukup lama (17 tahun). keep posting bro :)


    Nameless

    ReplyDelete
  39. Anonymous 38
    Gw udah liat vidoinya di yutub.. bused dah editan, norax.. Jiakakakaak...

    ReplyDelete
  40. "Sebagai informasi, kera dan manusia memiliki kesamaan urutan DNA hingga 95%."
    sebagai informasi cacing dan manusia memiliki kesamaan DNA hingga 70%.
    bahkan sebenarnya semua makhluk vertebrata darat, memiliki kesamaan DNA yg cukup tinggi, dan yang paling tinggi kesamaannya dengan manusia adalah buaya.
    ..sayangnya gw lupa sumbernya.. -_-

    ReplyDelete
  41. mungkin itu hanya terbiasa dengan kehidupan manusia biasa!

    ReplyDelete
  42. kasian ya si oliver..... turut bersedih saya :(

    ReplyDelete
  43. dari Tresna Asti

    bagi saya simpanse ini lebih terlihat sebagai simpanse yang mengalami kelainan.. Hahaha.. Kenapa manusia yang keliatannya seperti kera tidak dibilang missing link jg ya Kak? Wakak

    btw, saya suka banget sama postingan ini.. Kocak dan segar!
    >o<m

    ReplyDelete
  44. siapa yang berani tanggung jawab? hehe

    ReplyDelete
  45. Baracuda:
    Ehmm...
    sepertinya postingan bro enigma kali ini bisa mengundang perdebatan yang panjang lagi :)

    http://www.sciencedaily.com/news/fossils_ruins/human_evolution/

    ReplyDelete
  46. Paus sendiri berkata bahwa Charles Darwin itu benar.

    http://www.timesonline.co.uk/tol/comment/faith/article5705331.ece

    ReplyDelete
  47. @Baracuda: sudah cukup satu postingan saja yang diisi dengan perdebatan panjang soal evolusi. Jika ada yang memberikan komentar untuk memperdebatkan teori evolusi di postingan ini akan saya reject. :)

    ReplyDelete
  48. Dg teknologi kedokteran modern sekarang ini, mungkin saja bisa terjadi. Dg adanya cloning dan stem cell dimungkinkan utk rekayasa genetika. Masih ingat dg Embryonic stem cell yg sangat kontroversial! Sekarang memungkinkan membuat makhluk hidup hanya dari sel telur belaka tanpa sel sperma, dg mengambil inti sel telur dan menggantinya dengan sel dewasa dari jaringan tubuh lain,dan akan menghasilkan embryo. Dg adanya teknologi xenotransplant pada teknologi stem cell, dimungkinkan untuk mengganti inti sel tsb dengan sel dewasa dari hewan utk menghasilkan embryo yg menjadi alternatif pengobatan penyakit pada dewasa ini yg perkembangannya sangat pesat. Sebagai manusia yang mempunyai keingin tahuan yg besar, bisa saja ada ilmuwan yg keblinger, membiarkan embryo hasil rekayasa stem cell itu (xenotransplant stem cells) membiarkannya tumbuh dewasa.

    ReplyDelete
  49. hmmmm,bukannya DNA terdekat ke manusia adalah DNA Babi,bukan buaya....
    BTW kalau dilihat emang gak aneh...
    ane di daerah medan,banyak beruk yang kayak dia,ngopilah,rokok lah,karena udah berbaur sama manusia....
    jadi ya gak heran lagi sih liatnya :D

    ReplyDelete
  50. Klo sy si lbh s7 dgn faktor "ngidam". Wkakakak

    Mknya tu hwan jd gtu. Jd kl mo d slhin y slhin ema'nya

    Ngkak sndri gw.
    Asli jd skt perut nih.

    T.t

    ReplyDelete
  51. for : fitri

    itu adalah fakta yg diambil dari lapangan langsung, prostitusi hewan memang benar ada. anda mungkin tertawa, tetapi kami ketika melihat dokumentasi2 tersebut sangat miris dan bersedih.

    -uwais-

    ReplyDelete
  52. bro, postingan kali ini bukan utk memulai debat ttg asal mula manusia kan? ternyata bisa bercanda jg ya, saia kira brother ini kaku. hahaha...

    ReplyDelete
  53. Wah, nice info lagi nih...
    btw, bro apakah gak ada hasil penelitian lain dari "humanzee" ini??
    oh iya, "termenung dan memikirkan masa lalu" apakah itu tebakan bro enigma atau?? hehehe
    kalo misalnya dia bisa berpikir begitu, saya bisa menebak kalo oliver sebenarnya lagi sedih karna selama 50 tahun dia tidak bisa...ehem...uhuk...
    berhubungan...ehem... wkwkwkwkwk
    Saya bercanda...LOLs

    ReplyDelete
  54. Kera itu di bagi 2 family.

    Manusia itu termasuk family Hominidae.

    Simpanse juga termasuk family Hominidae,

    from http://en.wikipedia.org/wiki/Ape

    Pada paragraf

    "Sebagai informasi, kera dan manusia memiliki kesamaan urutan DNA hingga 95%. Karena itu beberapa ilmuwan sesungguhnya telah meneliti kemungkinan menghasilkan makhluk setengah kera dan manusia."

    apa tidak sbaiknya mengganti kata kera dengan simpanse?

    ReplyDelete
  55. om enig ni pertama kalinya saya komen padahal udah lama baca disini he...he...he(penggemar rahasia)
    om teori darwin tuh bener-bener ada ga sih?

    ReplyDelete
  56. Teori darwin tentu saja ada :-)

    ReplyDelete
  57. @adi pratama: benar. Kata "simpanse" di kalimat itu memang lebih pas dibanding "kera". Akan segera saya koreksi.

    ReplyDelete
  58. ada aja orang yang bepikiran untuk kawin sama monyet....
    jadilah begini...?

    ReplyDelete
  59. wajahnya sangar juga ya, bro?

    ReplyDelete
  60. ceritanya makin panjang dan makin asyik..
    mantab bro E..

    uncle Me

    ReplyDelete
  61. pertanyaan besarnya: kenapa Robert Yerkes membunuh sendiri manusia kera hybrid hasil penelitiannya?

    -melao

    ReplyDelete
  62. ga seperti biasanya, explorasinya kok ga dalam kali ini bung enigma..

    ReplyDelete
  63. yg jadi masalah adalah mengapa oliver sukar bergaul dgn sesama simpanse,dan bahkan konon menyukai wanita.
    Bro,klo boleh tolong ulas tentang misteri harta karun soekarno dong,,,,,,??!!
    tulisan Lo kadar kemisteriusannya ampe 100%

    ReplyDelete
  64. Bung Enigma, salut untuk informasi2 yg anda berikan :) jarang-jarang saya bisa obrak abrik blog orang indonesia karena mutunya...

    Saya pernah mendengar cerita tentang sebuah kapal yang bersama awak penumpangnya mengalami 'time wrap'. garis besarnya kapal tersebut berlayar untuk berdagang, namun dalam kurun waktu beberapa minggu kapal tersebut kembali. Berbeda dengan Mary Celeste yang kehilangan awak kapal, kapal yang satu ini kembali dalam keadaan kusam dan awak kapalnya menua beberapa tahun secara tidak wajar. Para awak berpendapat mereka telah sampai ke tempat tujuan, padahal jangka waktu pelayaran belum selama itu yang memungkinkan mereka tiba ke tempat tujuan.

    Saya cukup penasaran dan sudah mencoba mencari tentang itu, namun tidak berhasil menemukan referensi apapun. Mungkin Bung Enigma punya referensi yang bisa diandalkan mengenai hal tersebut atau mengulasnya lebih jauh?

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  65. Mungkin juga kelainan gan ... Soalnya kan ada juga manusia, yang mirip kayak seperti itu ...

    ReplyDelete
  66. Wah postingannya keren om, numpang copy-paste ya om....thanx...!

    ReplyDelete
  67. wew
    1. mukanya oliver serem
    2. ko bisa tertarik ama manusia?
    3. nice post.b^^d

    ReplyDelete
  68. Bang bahas juga tentang bohemian group

    ReplyDelete
  69. Bang enigma..
    Posting terus dong yang banyakk ...
    seru nih bang ane baca'nya.. hehe^^

    ReplyDelete
  70. kalo masalah suka sama manusia mah...selain oliver pun jg banyak...
    itu, banyak monyet2 berpantat merah di PTPN Pekanbaru kalo udah liat perempuan, tingkah lakunya macam kesetanan alias bertindak tidak senonoh...
    sampe merinding jadinya...

    ReplyDelete
  71. thanks 4 share ...

    ReplyDelete
  72. Tu cuma primata dgn kelainan genetika,STOP!!!

    ReplyDelete
  73. mirip topeng monyet bro...
    kayaknya di sonoh ga ada topeng monyet kalih...

    ReplyDelete
  74. si oliver py anak ga?
    bntuk nya gmn?

    ReplyDelete
  75. keren gan :)
    vie yg paling gx bisa ditrima, masa' dya pgn brhubungan intim ama manusia

    ReplyDelete
  76. Untuk Info:
    USSR pernah mencoba ytk men-hibrid manusia dgn simpanse.
    lebih lengkap:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Humanzee

    ReplyDelete
  77. "senang ya manusia disamakan oleh monyet?"
    ini pertanyaan yang ada di otak saya

    itu mah monyet yang udah dilatih berperilaku seperti manusia, kayak yang di sirkus2 itu

    ReplyDelete
  78. sedih banget perjuangan nya

    ReplyDelete
  79. Subhanallah bagusnya,,,
    Keajaiban allah...

    ReplyDelete
  80. Dari bentuk-bentuknya, dia lebih mirip Bonobo daripada simpanse. Bonobo juga lebih sering jalan bipedal, rambut lebih botak dan postur berbeda dari manusia.

    ReplyDelete
  81. Dari bentuk-bentuknya, dia lebih mirip Bonobo daripada simpanse. Bonobo juga lebih sering jalan bipedal, rambut lebih botak dan postur berbeda dari manusia.

    ReplyDelete
  82. wah bang e rajin posting sekarang, bang e tolong ulas atensi koment yang kemarin tentang perang mahabarata dari sisi bang e sendiri, mungkin ada penjelasan tentang perang nuklir tersebut hoax apa bukan dan sumber aslinya dari mana , kayaknya di internet sudah terlanjur beredar luas

    ReplyDelete