Sunday, January 2, 2011

Misterius! Lebih dari 1.000 burung blackbird berjatuhan dari langit Arkansas pada malam tahun baru 2011

Kira-kira satu setengah jam sebelum memasuki tahun 2011, penduduk kota kecil Beebe, Arkansas, dikejutkan dengan sebuah peristiwa misterius. Ribuan burung blackbird sayap merah tiba-tiba berjatuhan dari langit dan mati dengan sebab yang tidak diketahui.


Peristiwa itu kembali terjadi. Pada Maret 2010, saya pernah memposting mengenai jatuhnya 100 ekor burung jalak secara misterius di Somerset, Inggris. Kali ini peristiwa yang sama kembali terjadi di Arkansas, hanya dalam skala yang lebih besar.

Stephen Bryant, seorang penduduk lokal Beebe, mengingat kembali peristiwa malam itu:
"Jutaan burung blackbird beterbangan di wilayah ini setiap malam. Kita bisa melihat ke langit dan yang terlihat hanyalah langit yang hitam karena burung-burung itu. Lalu, tadi malam, sekitar pukul 10.30, saya keluar dan melihat burung-burung itu berjatuhan."
Hanya dalam hitungan jam setelah itu, persis saat pergantian tahun, ribuan burung itu telah jatuh ke tanah dan mati.

Melissa Weatherly, yang keesokan paginya menemukan bangkai-bangkai burung berserakan, berkata:
"Saya segera memanggil ibu saya karena saya harus pergi bekerja. Saya mengatakan kepada ibu untuk segera datang ke rumah saya dan menjaga anak-anak dan anjingku karena saya tidak tahu apa yang sedang terjadi. Benar-benar mengerikan. Bahkan kita tidak akan bisa menyetir di jalan tanpa melindas ratusan burung yang tergeletak. Benar-benar buruk."
Peristiwa misterius ini segera membuat siaga departemen-departemen terkait seperti Arkansas Game and Fish Commission. Pagi itu, dengan menggunakan pakaian pelindung dan masker, puluhan petugas dari departemen itu segera menuju lokasi dan membersihkan jalanan dari bangkai-bangkai burung.

Para petugas itu memperkirakan kalau jumlah burung yang jatuh adalah sekitar 1.000 ekor. Kebanyakan sudah mati, namun ada juga beberapa yang masih hidup. Bangkai-bangkai burung itu bertebaran hingga sejauh satu mil dan burung-burung yang mati kebanyakan adalah burung dari jenis blackbird bersayap merah (Agelaius Phoeniceus). Namun, jenis lain seperti bebek juga ditemukan.

Ketika salah seorang reporter dari stasiun TV THV berkeliling di area itu, ia menemukan ada seekor burung yang masih hidup. Burung itu terlihat bingung, terluka dan berjalan berputar-putar tanpa mengeluarkan suara ataupun mencoba terbang.

Sampai saat ini tidak ada satupun penduduk dievakuasi karena Arkansas Department of Environment Quality (ADEQ) telah melakukan pengujian terhadap kualitas udara dan tidak ditemukan bahan beracun sama sekali.

Para petugas akan segera mengumumkan temuan mereka, namun untuk menenangkan para penduduk, mereka membeberkan dugaan mereka, yaitu: Petir, stress, hujan es di ketinggian atau terkejut karena kembang api tahun baru.

Menurut Karen Rowe dari Arkansas Game and Fish Commission, Kelihatannya burung-burung itu tidak tewas akibat racun karena kebanyakan burung yang jatuh dan mati hanya berasal dari satu jenis, yaitu Blackbird bersayap merah. Namun Karen juga mengatakan kalau mereka akan menunggu hasil Laboratorium untuk kesimpulan pastinya.

Ia juga menyebutkan kalau peristiwa serupa juga pernah terjadi di seluruh dunia.

Saat ini, bangkai 65 burung telah dikirim ke Laboratorium Arkansas Livestock and Poultry Commission dan Laboratorium National Wildlife Helath Center di Madison, Wisconsin. Pemeriksaan awal akan dilakukan pada hari senin besok tanggal 3 Januari 2011.

Jadi kita tunggu saja.

Baca juga: Maut di langit! Lebih dari 100 ekor burung jalak tiba-tiba jatuh ke bumi dan mati.

(todaysthv.com, msnbc.msn.com)


UPDATE: 05 Januari 2011

Klik disini:
Terjadi lagi! 500 burung di Louisiana, 2 juta ekor ikan di Maryland dan 15 ton ikan di Brazil ditemukan mati.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

75 comments:

  1. yee baca dulu ahh

    ReplyDelete
  2. keduaxxxxxxxxxxx

    ReplyDelete
  3. Wah kejadian yang misteriuss..
    Burung'a jntungn tu gara2 ptasan..
    Haha.

    Hasil pnlitian'a bgaimna yha..
    Hhm.. :/

    ReplyDelete
  4. Izin Baca dlu...



    Banyu mukti

    ReplyDelete
  5. KeduaX.

    dk afandi

    ReplyDelete
  6. tapi kok dari foto2 burung yg mati tidak tampak seperti ribuan ya om? cuma seekor..

    ReplyDelete
  7. dari Tresna Asti

    yang gambar burung itu, merah itu darah ato emang warna bulunya Kak?

    Kasihan burungburungnya..

    Oy soal stress hewan..
    Anjing sy stress mendadak krn bunyi terompet, petasan n kembang api wkt thn baru kemaren..
    Anjing sy yg stress itu gemetaran, matanya spt panik lihat sana lihat sini. Kalo dimanusiain, tingkahny persis spt org yg merasakan kehadiran makhluk halus di pilempilem horor Kak.. Anjing sy itu, lgs tdk mau makan..
    *kok malah curhat ttg anjing*
    >o<
    apa ga mereka terjun bebas karena stress yg mirip dg anjing sy y Kak?
    Hmm..
    Jadi mari qt tunggu saja..

    ReplyDelete
  8. Wah, mungkin makanan burung2 itu yang salah? atau bolehkah saya bertanya dulu, apakah burung blackbird sering bermigrasi di daerah itu menuju daerah lain atau sebaliknya bang E?

    ReplyDelete
  9. mungkin burung-burung itu jatuh gara2 tornado ??
    soalnya saat tahun baru di beberapa kota di amerika terkena tornado ... saya lihat beritanya di TV

    ReplyDelete
  10. asiiik, akhirnya masuk 10 besar \(^_^)/
    baca dulu ah... ^_^

    ReplyDelete
  11. @Izzah: Bangkainya bertebaran hingga 1 mil, tentu saja dari satu foto saja kita tidak bisa menyimpulkan kalau burung yang mati cuma sedikit. Lagipula, bisa saja foto itu diambil ketika kebanyakan bangkai sudah dibersihkan.

    @Tresna: yang agak oranye itu sayapnya. yang merah gelap itu darahnya. Karena burung itu jatuh dari langit, wajar saja berdarah.

    @Yovi: dari kesaksian Stephen Bryant, saya kira burung itu memang penduduk lokal, bukan migran. hehe.

    @Anoymous 11: kalau ada tornado, Karen pasti sudah menyinggungnya.

    ReplyDelete
  12. Bang E, kenapa bila ada kejadian seperti ini pasti menimpa unggas yang sayapnya gelap ya?

    Lalu, bagaimana geografisnya Arkansas? Mungkin itu juga bisa berpengaruh.

    ReplyDelete
  13. jawabannya karna pada saat terbang bergerumun jdi pada tbrakan n hilang kendali jatoh decch..
    hehe

    peace bang E

    ReplyDelete
  14. mungkin pengaruh stress akibat kembang api, unggas adalah hewan yg mudah stress akibat peristiwa yg tidak biasa dlm habitatnya, disorientasi karena gangguan tsb berakibat kesyaraf.

    ~hzby~

    ReplyDelete
  15. @Yovi: soal sayap gelap, saya tidak tahu pasti. Kalau kondisi geografis Arkansas, pertanyaannya adalah, mengapa baru satu hari ini terjadinya?

    ReplyDelete
  16. Hmm,betul juga ya... Wah,kalah debat dengan Bang E, hehe

    ReplyDelete
  17. Jawaban kembang api sebenarnya cukup masuk akal, namun ada kelemahan. Mengapa hanya di beebe yang terjadi? bukankah kelompok burung seperti itu juga ada di banyak daerah? pada malam tahun baru, pastilah semua daerah itu juga menyalakan kembang api. Tapi kita tidak mendengar ada peristiwa serupa terjadi di tempat lain.
    Apakah penduduk kota beebe merayakan malam tahun baru dengan melemparkan DINAMIT ke angkasa? Haha

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  18. hoho...pasti terkena hujan meteor quandratids tuh bro E *kesimpulan ngawur

    ReplyDelete
  19. 30 besarrrrr
    baca dulu ahh

    ry

    ReplyDelete
  20. Om Enigma, ko' di berita TV dan Radio aku ngga' dapat informasi tentang ini ya? Padahal kan ini fenomena yang keren menurut ku. Aku Uwais Om.. xixixi.. ^_^

    ReplyDelete
  21. Alasan prof krauss lbih masuk akal.
    Dinamit mledak burung" putus komunikasi, trus mluncur deh kebawah.
    Hahaha

    nice
    RY

    ReplyDelete
  22. untung burung yg jatuhnya jumlahnya tidak sampai 2012 ekor.
    Bisa berabe urusanya.
    Fuih....

    ReplyDelete
  23. keren..
    Nggak sabar nunggu berita selanjutnya...

    Oh iya bang.. Akun fb dgan nama eningma itu beneran punyanya bang enigma??

    Iin

    ReplyDelete
  24. penasaran ama hasil pemeriksaannya

    nice post bang


    ufo believer

    ReplyDelete
  25. bang enigma , saya slalu mengikuti postingan anda, ada yang mau saya tanyakan sumbernya dari mana saja? kalau dari google bagaimana translate supaya hasilnya sebagus ini,apa ada software translate yang bagus. thanks

    ReplyDelete
  26. Pada kesaksian Stephen bryant mengatakan kalo pada jam 10.30 dia melihat burung blackbird berjatuhan, pada jam segitu pastinya kembang api belum pada dinyalakan, jadi menurutku bukan karena kembang api. Mungkin karena badai tadi.

    ReplyDelete
  27. o gitu.., serem juga ya om, aneh..

    ReplyDelete
  28. boleh gak bilang PERTAMAXXXX XDDD, dr awal kgak ada yg blg pertamax sih. Hohoho,

    kalo mnurut saya, mungkin stress. Ntah karena apa,, secara manusia kalo stres juga sering brbuat aneh2 sampe mati toh ? *just imo* lets wait n see O_O

    ReplyDelete
  29. @Uwais: Hari ini diberitakan juga kok di vivanews.

    @Iin: itu beneran.

    @Anonymous no.29: Saya tidak menggunakan google translate atau software lainnya. saya menerjemahkannya sendiri. Kalau software memiliki keterbatasan jika kalimat bahasa inggris yang digunakan tidak baku.

    @thekrim: jangan salah bro. Di jakarta, dari jam 8 malam saja kembang api sudah banyak yang dinyalakan. Haha.

    ReplyDelete
  30. biasanya kan burung terbangnya berkelompok..mungkin aja waktu terbang ada salah satu yg tabrakan dgn yang lainnya karena kaget liat kembang api mungkin..lalu muncul efek domino..hingga menyebabkan semua burung bertabrakan hingga terjatuh..hahaha..

    SS

    ReplyDelete
  31. 35 besar......
    barusan liat UFO di langit....
    gak ada suaranya,pdhl deket....
    mdh2an bsk ada beritanya...

    enigma lover!!!

    ReplyDelete
  32. Mungkin Burungnya Mati Akibat Menghirup Udara Saat DiLangit Banyak Kembang Api ,, Mungkin Asap Dari Kembang Api itu Sendiri Memiliki Efek Yg Berbahaya ..

    ReplyDelete
  33. nice infoh......

    ReplyDelete
  34. Sbnernya tu burung capek keliling dunia cari tmpt gratis bwt nnton kembang api.>.<

    chaplins_

    ReplyDelete
  35. hhMM...
    Baru update ya mas enigma...
    Ko' cman 3 aja updatenya..
    saya penggemar baru mas enigma,cman dalam waktu 1 hari setengah saya baca hbis artikelnya.. saya senang karena di jelasin dengan logika dan bukti2..
    ga kya kbanyakan blog laen saya senang dengan ini

    GOOD JOB Mr.Enigma..
    sampai2 ada manganya tu hahaha..

    cari artikel yg bagus Lg ya om

    ReplyDelete
  36. mungkin stress, lalu tubrukan satu sama lain, atau ada gangguan pd indra navigasi akibat melewati asap sisa kembang api

    ReplyDelete
  37. werlington
    boz apa mungkin burung-burung itu terkena virus semacam flu burung ?

    ReplyDelete
  38. misterius banget. smoga aja ada penjelasan saint nya. ataw gak ini suatu pertanda akan ada peristiwa besar di tahun ini. ingat gak kalo alam juga bisa memberi isyarat akan apa yg akan trjadi.

    ronald

    ReplyDelete
  39. Ka enigma..
    apakah ini penyebabnya karena gravitasi tekanan magnet di bumi?
    yg mnyebabkan jatuhnya brung trsbut.
    apakah ini sama dengan
    corp circle yg terjadi krna adnya tkanan magnet sehingga membentuk pola?

    maaf ka saya mnta penjelasanya ..

    kayrul

    ReplyDelete
  40. apakah foto mayat burung itu adalah foto kejadiannya..???

    ReplyDelete
  41. Bahkan burung - burung pun bingung menghadapi 2011...

    ReplyDelete
  42. kalau di bilang kembang api
    ini sudah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu
    kenapa baru sekarang jatuhnya
    saya rasa penyebab kembang api bisa dihilangkan

    pay a visit
    http://world-inf.blogspot.com/

    ReplyDelete
  43. coba kita lihat dari imajinasi saya : *ckckck*
    menurut saya, burung itu diterbangkan dari penangkaran burung secara bersamaan, namun sebelum dilepaskan, burung2 itu diberi racun terlebih dahulu. . .
    Nah, racunnya itu mungkin akan bereaksi setelah beberapa jam, dan si pemberi racun mengaturnya agar burung2nya mati pas dengan hari perayaan akhir tahun. . .dan menciptakan kehebohan . . .
    Hm. . .hmm. . .hmmm. . . .
    *salam imajinasi*
    ^,^

    ReplyDelete
  44. 50 besar
    baca dulu dah..

    ReplyDelete
  45. Ini memang benar2 misteri.. Kita tunggu hasil kajian makmal, namun kufikir mungkin tiada apa2 hasil yg bakal diperolehi, atau jika ada, ianya tak akan sampai pada umum krn bakal dikatogerikan sebagai kasus xfiles..

    ReplyDelete
  46. ternyata udah dibahas ya,, hehehe ga jd pertamaxx dee...
    mungkin akibat keracunan ataw mutasi, burung yang jadi korban kan yang jenis burung hitam kan, kalo katanya akibat kembang api kan harusnya burung jenis lain juga ikut jadi korban...

    ReplyDelete
  47. salam kenal ya enigma,,dah lama baca2 artikel bang enigma, tp bru ini isa ikut koment,, keep post yah,, saya suka.

    ReplyDelete
  48. Menurut dugaan saya.

    1. Bisa krn terkejut oleh kembang api yg emang liar d mlm thn baru, tpi berhubung seluruh dunia kembang api'a juga liar tpi gga ad kasus burung jatuh jdi dugaan ini sdkt memudar.

    2. Bunuh diri massal yg emang skrng lgi trend d kalangan hewan. (oke lupakan saja yg satu ini)

    3. Suatu gelombang yg menyebabkan burung itu kehilangan kendali sehingga jatuh. Krn ad seekor burung yg jatuh n msh hidup tetapi terlihat kebingungan, berputar" dan tdk maw terbang, seperti shock yg arti'a ad sesuatu yg membuat koloni burung itu terjatuh.
    Sama hal'a seperti koloni semut, jika jalur'a kita usap maka semut" itu akan kebingungan beberapa saat. Dan hal yg sama juga mungkin terjadi pd koloni burung tsb.

    4. Bisa juga krn mereka kelelahan + stress krn kembang api. Walaupun agak mustahil tetapi jika kita lelah hal apapun mungkin terjadi.

    Masalah dugaan lain seperti petir ataw hujan es hmpr mustahil krn :
    I. kembang api d mlm thn baru lebih dashyat dri petir kecuali mereka terkena gelombang EMP dri petir yg mengacaukan 'radar' mereka.
    II. Jika d temukan sdkt saja tanda dmn ad bagian tubuh dri burung" itu yg membeku mungkin bs msk akal, tetapi krn tdk d sebutkan sama sekali jdi mnrt saya mustahil.

    Sekian saja hipotesis saya, maaf klo agak panjang.

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  49. A2T : mungkin karena medan magnet bumi yg udah berubah kali,kan burung menggunakan itu sebagai navigatornya,karena udah berubah,burungny jd bingung n terjadilah tabrakan massal di udara he.he...!(ngaco!)

    ReplyDelete
  50. barusan ada di Yahoo tuh

    http://news.yahoo.com/s/ap/20110102/ap_on_fe_st/us_odd_dead_birds_arkansas

    :)

    ReplyDelete
  51. Bung enigma, kira2 bener kagak ada jantung vampire beneran ? di eBay ada yg mau jual katanya.
    www.kaskus.us/showthread.php?t=6487829

    ReplyDelete
  52. Itu karena takdir, wakakaka...

    Ini kan udah tanggal 3, gimana hasil analisa pihak terkait mengenai peristiwa ini?

    ReplyDelete
  53. Misteri kembali..
    Semoga hasil dari penelitian laboratorium dapat memberikan penjelasan yang logis

    ReplyDelete
  54. Lho kan udah pernah di analisa sebab terjadinya kejatuhan burung/benda2/darah/ katak/ ikan dll dari langit?

    jawabannya karna adanya topan/badai yg mengangkat berbagai macam benda, apalagi burung yg notabene emang di langit. sehingga kekuatan angin yg besar itu membuat burung terluka dan tercampak di daerah tertentu

    ReplyDelete
  55. Wow... misterius sekali.. Apakah ada konspirasi dibalik ini oleh kelompok tertentu..

    Alasan karena alam juga masuk akal sih :D

    btw, nice posting :D

    ReplyDelete
  56. ada petasan/kembang api yang beracun mungkin...
    masuk akal nggak?

    ReplyDelete
  57. oh.. Beneran punyanya bang E, ya.. Sebenarnya di Fb kita bertemannya sudah cukp lama.. Hanya saja saya masih ragu itu punya Bang E ato bukan.. Makanya saya konfirmasi sekalian... Hehehe..

    Iin

    ReplyDelete
  58. hmmm, kira2 apa, ya....

    cuaca(badai,dll)?? ktanya Om Enigma kalo ada, pasti udah disinggung.

    soal kembang api, saya setuju sama Anonymous 21. kembang api beracun juga. memangnya ada kembang api gk beracun?? komposisinya saja ada racun tikusnya...

    UFO? rasanya gk ada satut pautnya... terlalu berlebihan jika dikaitkan dengan itu...

    kalo stres, mungkinkah ada ribuan burung & unggas (lha bebek itu) yg stres dalam waktu bersamaan dan berkelompok? kalopun mungkin, karena apa??

    jika burung2nya terkena virus(terutama flu burung), kenapa penduduknya gk ada yg dievakuasi? ADEQ saja sudah menguji kalo udaranya bersih, tak tercampur bahan suatu apa. kalo ADEQ menyadari udaranya tercampur virus, mestinya penduduknya dievakuasi. berarti bukan karena virus...

    hujan es di ketinggian... waktu burung2 itu jatuh, ada hujan gk(dalam bentuk cair maupun es)?? kalo gk ada trus esnya kemana?? trus kalo hujan apa mungkin menyalakan kembang api?

    trus karena apa, donk? apa ada yang melempar burung2 tersebut dari pesawat?? mungkinkah?? masa gk ada masyarakat yg nyadar??? lagipula rasanya jarak 1 mil itu... apa gk terlalu jauh?

    huwaa, jadi bingung...

    ReplyDelete
  59. akibat dari konspirasi-kah ini ? :p
    pengembangan teknologi militer terbaru ???
    HAARP ?????
    saya pernah membaca artikel bahwa teknologi EMP/sinyal elektrik dapat dimanfaatkan sedemikian rupa untuk mempengaruhi otak dari suatu makhluk hidup.

    ReplyDelete
  60. Berita ini muncul di harian K0mp4s hari ini di halaman 9. Di situ tertulis salah satu perkiraan penyebab adalah cuaca buruk.

    Tertulis sbb:
    "Mungkin saja ribuan burung sedang tidur bertengger di sebuah pohon ketika sebuah 'badai petir jenis mesin cuci' menyedot mereka ke udara, membuat mereka bingung, bahkan membasah kuyupkan mereka dan membuat mereka kedinginan.
    Cuaca buruk memang telah menerpa negara bagian itu sejak hari Jumat, tetapi yg terburuk telah terjadi di sebelah timur Beebe pd saat burung mulai berjatuhan.
    Puluhan ribu burung hitam bisa bertengger di pohon. Mereka tidak bisa melihat dengan baik pd malam hari saat mereka biasanya tidur."

    Sepertinya cukup masuk akal dugaan di atas...
    Rgds,

    Hendra

    ReplyDelete
  61. kak hawkson....
    barangkali keracunan asap dari kembang api?
    bisa jadi g?

    ReplyDelete
  62. kayaknya udah terpecahkan misterinya bro... ini beritanya http://teknologi.vivanews.com/news/read/197861-terjawab--misteri-hujan-5-000-bangkai-burung

    ReplyDelete
  63. udh diklarifikasi kn bang enig ? pnyebabnya gara2 kembang api...

    ReplyDelete
  64. Menurut bang enigma ni kasus kira2 karena apa yah? kok ganjil banget ada kejadian kyk gni ya bang. . .

    ReplyDelete
  65. bisakah ini kita hubungkan dengan HAARP?
    remember please?
    alat neraka itu masih ada?
    i guess

    ReplyDelete
  66. UNTUNG SAAT PERAYAAN TAHUN BARU BURUNG GUE GK PAPA. HEHE..

    ReplyDelete
  67. serem ya..... tapi ga mungkin kembang api dech.... kan pasti ada bekas terbakar. mungkin badai x ya atau turbulensi udara

    ReplyDelete
  68. jgan2 tu hoax.,
    soal na foto2 hanya menunjukkan sedikit burung yg mati,.
    cuma 3 ekor aja tuh bang enigma,.
    ga ada klihatan ampe ribuan,.

    -Liaeow-

    ReplyDelete
  69. Uda ada jawabannya di nat geo xfiles,,, ini linknya. isinya video... tapi dijelaskan koq... intinya gara2 kembang api... http://natgeotv.com/uk/omens-of-the-apocalypse/videos/bird-strike

    ReplyDelete