Wednesday, April 13, 2011

Apakah memo FBI yang baru dirilis mengkonfirmasi adanya pesawat alien yang jatuh di Roswell tahun 1947?

Minggu ini, banyak media di seluruh dunia memberitakan mengenai dokumen-dokumen rahasia FBI yang mulai dirilis secara online. Satu yang menarik perhatian adalah adanya sebuah memo yang sepertinya mengkonfirmasi fakta jatuhnya pesawat alien di Roswell, New Mexico, pada tahun 1947, yang selama ini hanya dianggap sebagai bagian dari teori konspirasi. Jika memang ada konspirasi untuk menutup-nutupi peristiwa Roswell, lalu mengapa pula FBI merilis dokumen-dokumen tersebut? Bukankah seharusnya mereka merilis dokumen yang bersifat penyangkalan?


Apakah rilis memo ini bisa dianggap sebagai disclosure (pengungkapan)?

Apakah pemerintah Amerika akhirnya mengakui adanya pesawat dan mayat alien yang disita dan disimpan oleh militer?

Bagi yang belum tahu, insiden Roswell adalah salah satu teori konspirasi paling berpengaruh di dunia. Para penganut teori ini percaya kalau pada tanggal 8 Juli 1947, pesawat alien beserta penumpangnya jatuh di Roswell, New Mexico, dan sisa-sisa pecahan pesawat beserta mayat alien tersebut disita oleh militer dan disimpan hingga saat ini. Pemerintah Amerika sendiri menyangkal dan menyatakan kalau sisa-sisa pecahan yang ditemukan sesungguhnya adalah sebuah balon udara yang berasal dari Project Mogul.

Karena "konspirasi" ini sudah berusia lebih dari 50 tahun, tentu banyak orang akan berharap kalau pemerintah Amerika akan mengakui keberadaan alien tersebut lewat sebuah cara yang dramatis. Mungkin dengan sebuah konferensi pers yang heboh dengan presiden Obama yang memulai pidatonya dengan kalimat: "Yes, we lied".

Namun harapan tinggal harapan. FBI merilis secara online sebuah memo yang dipercaya sebagian orang mengkonfirmasi jatuhnya pesawat alien di Roswell.

Hanya lewat rilis sebuah memo!

Tidak dramatis sama sekali.

FBI merilis dokumen-dokumen tersebut ke dalam situs mereka http://vault.fbi.gov. Kalian bisa membaca secara online atau mendownload dokumen-dokumen tersebut.

Salah satu dokumen yang menghebohkan media adalah sebuah memo yang bertanggal 22 Maret 1950. Ini berarti memo ini dibuat sekitar 3 tahun dari tanggal terjadinya insiden Roswell.

Memo tersebut berasal dari seorang agen FBI bernama Guy Hottel dan ditujukan langsung kepada direktur FBI, yang pada waktu itu dijabat oleh J Edgar Hoover.

(link dokumen di situs FBI)

Isi dokumennya adalah seperti ini:

"Seorang penyelidik angkatan udara menyatakan kalau tiga objek yang disebut piring terbang telah disita dari New Mexico. Objek tersebut dideskripsikan berbentuk bulat dengan bagian tengah yang menonjol dengan diameter sekitar 50 kaki (15 meter). Setiap objek ini berisi tiga tubuh berbentuk manusia dengan tinggi hanya 3 kaki (90 centimeter), berpakaian metalik dengan tekstur yang bagus. Setiap tubuh dibalut dengan cara yang sama seperti pakaian yang dipakai oleh penerbang atau pilot uji coba."

Memo itu juga menyebutkan bahwa sang informan yang memberikan informasi itu mengklaim kalau piring terbang itu bisa ditemukan karena pemerintah memiliki sebuah radar berkekuatan tinggi yang dipasang di daerah tersebut sehingga mengganggu mekanisme kontrol piring terbang tersebut, dan evaluasi lebih lanjut akan dilakukan berkenaan dengan penemuan ini. Namun dokumen evaluasi itu belum dirilis oleh FBI.

Nah, bagaimana menurut kalian?

Apakah memo ini dapat dianggap sebagai bukti adanya pesawat alien yang jatuh di Roswell, New Mexico?

Apakah pemerintah Amerika telah memutuskan untuk mengungkapkan kebenaran Roswell dengan cara yang tidak dramatis seperti ini?

Mungkin tidak.

Menurut saya, kita harus lebih berhati-hati menanggapi memo ini sebelum menyimpulkan kaitannya dengan alien. Jika kita membaca dengan seksama, kita akan menemukan kalau memo ini sama sekali tidak menunjukkan kalau Amerika atau FBI mengakui adanya pesawat alien yang jatuh di Roswell.

Memo ini sendiri sebenarnya sudah dirilis sejak bulan Desember 2010. Namun baru bulan April ini diberitakan oleh media. Seingat saya, media yang pertama kali memberitakan memo ini adalah Salt Lake Tribune yang pada tanggal 8 April merilis berita dengan judul: New FBI "Vault" discuss Utah UFOs, others secrets.

Lalu pada tanggal 11 April, Dailymail.co.uk memberitakan mengenai memo ini dengan judul berita: The memo that 'proves aliens landed at Roswell'... released online by the FBI

Lihat, judulnya sudah sangat jauh berbeda. Namun Dailymail masih menggunakan tanda petik pada kalimat "proves aliens landed at Roswell". Tanda petik mengindikasikan kalau Dailymail tidak serta merta menganggap kalimat itu sebagai sebuah fakta riil.

Namun media lain sepertinya tidak menangkap maksud Dailymail. Mereka terbawa emosi dan menganggap rilis ini sebagai disclosure serta bukti kalau alien benar-benar telah mendarat di Amerika.

Misalnya, Tempointeraktif.com memberitakan rilis memo ini dengan judul artikel: FBI rilis bukti alien mendarat di Meksiko

Nah, disinilah dituntut ketelitian.

Kalian yang telah membaca isi memo agen Hottel di atas pasti akan menyadari adanya ketidakakuratan pada Judul ini. Paling tidak ada tiga.

Pertama, jika kita membaca memo dari agen Hottel, kita tidak akan bisa menemukan satu pun rujukan mengenai alien di dalamnya.

Kedua, memo itu sama sekali tidak menyinggung soal pendaratan.

Dan yang ketiga, lokasi penemuan piring terbang yang disinggung di dalam memo tersebut adalah New Mexico, bukan Mexico.

Ini adalah contoh yang sangat baik bagaimana teori konspirasi alien Roswell sangat mengakar kuat di dalam masyarakat sehingga setiap informasi yang menyinggung piring terbang dan New Mexico akan selalu dikaitkan dengan konfirmasi keberadaan alien.

Jika memang media telah salah menanggapi maksud memo ini, lalu apa maksud memo ini sebenarnya?

Mari kita pahami terlebih dahulu konteks dokumen yang bersangkutan.

Pada tahun 1947-1950, Militer Amerika memang disibukkan dengan penyelidikan mengenai banyaknya penampakan-penampakan UFO (istilah yang lebih populer waktu itu adalah piring terbang). Ini wajar karena pada saat itu, perang dunia II baru saja berakhir sehingga semua institusi pemerintah yang berhubungan dengan keamanan disiagakan untuk menghadapi serangan musuh yang mungkin datang.

Pada saat itu, memang ada teori yang menyebutkan kalau pihak Jerman telah berhasil menciptakan wahana militer yang sering dianggap sebagai UFO.

Ini juga tercermin dari memo FBI bertanggal 30 Juli 1947 yang ditujukan kepada anggota-anggotanya:

"Biro (FBI), atas permintaan badan intelijen angkatan udara, telah setuju untuk bekerjasama dalam penyelidikan mengenai piring-piring terbang...anda harus menyelidiki setiap kasus yang menarik perhatianmu mengenai penampakan piring terbang untuk menentukan apakah itu penampakan yang bisa dipercaya, khayalan atau gurauan." (link)

Dari memo ini kita bisa menyimpulkan kalau semua penampakan yang menarik, entahkan itu hoax atau bukan harus diselidiki oleh agen-agen FBI.

Sebelum tahun 1950, FBI masih disertakan dalam penyelidikan mengenai UFO. Setelah tahun 1950, penyelidikan itu diambil alih sepenuhnya oleh militer walaupun kadang biro itu masih dimintai bantuan untuk kasus-kasus khusus.

Dengan demikian, boleh dibilang FBI tidak lagi berurusan dengan UFO sejak lama. Ini memang bertentangan dengan citra FBI yang ditunjukkan oleh film seri The X File.

Jadi, rilis memo agen Hottel ini hampir bisa dipastikan tidak memiliki implikasi penting sama sekali karena dirilis oleh lembaga yang tidak memiliki akses ke dokumen-dokumen penyelidikan UFO.

Perlu dicatat kalau memo ini pun sama sekali tidak bisa dianggap sebagai bukti karena agen Hottel sendiri hanya mendapatkan informasi tersebut dari seorang informan. Boleh dibilang, informasi ini bukan berasal dari tangan pertama.

Hal lain yang turut memperkuat argumen kalau memo ini tidak memiliki arti penting adalah adanya bukti-bukti yang menunjukkan kalau memo ini sesungguhnya tidak sedang berbicara mengenai peristiwa Roswell tahun 1947.

Mari kita lihat bersama-sama.

Ada beberapa alasan mengapa memo ini bisa jadi tidak sedang berbicara mengenai peristiwa Roswell.

Alasan pertama adalah tanggal memo yang berjarak 3 tahun dari peristiwa Roswell. Hampir tidak mungkin lembaga sekelas FBI mendapatkan informasi yang begitu basi. Padahal insiden Roswell sendiri telah menghiasi media-media Amerika pada bulan Agustus tahun 1947.

Jadi, pastilah FBI telah mengetahui mengenai insiden Roswell sejak awal. Dan memang, di situs FBI sendiri, ada memo lain yang jelas merujuk kepada insiden Roswell. Memo ini bertanggal 7 Agustus 1947, kurang lebih satu bulan setelah insiden Roswell. Ini tentu lebih masuk akal.

(link dokumen di situs FBI)

Dalam memo ini disebutkan kalau pasukan kedelapan angkatan udara Amerika telah berhasil menyita objek yang dianggap piring terbang di Roswell. Piringan itu disebut berbentuk Hexagonal dan tergantung pada sebuah balon dengan kabel. Diameter balon tersebut sekitar 20 kaki (6 meter). Memo tersebut juga menyebutkan kalau objek yang ditemukan memiliki kemiripan dengan balon udara yang memiliki reflektor radar walaupun evaluasi lebih lanjut belum pernah dilepas ke publik.

Tidak ada keterangan mengenai tubuh alien yang ditemukan dalam memo tersebut.

Memo ini berisi fakta yang memang telah diperdebatkan selama puluhan tahun dimana pihak militer menyebutkan kalau objek tersebut hanyalah sebuah balon udara. Sedangkan peneliti UFO percaya kalau objek tersebut adalah pesawat alien.

Jadi tidak ada sesuatu yang baru dalam memo ini sehingga kita pun tidak bisa menyebutnya sebagai disclosure.

Alasan kedua yang menunjukkan kalau memo ini bukan merujuk kepada insiden Roswell adalah nama file yang diupload oleh FBI ke situs mereka. Nama file tersebut adalah Hottel_Guy_Part1 yang disimpan dalam folder bernama Guy Hottel. Sedangkan file memo mengenai roswell diberi nama Roswell UFO Part.1 dan dimasukkan ke dalam folder Roswell UFO.

Dengan pengelompokkan seperti ini, jelas FBI menunjukkan kepada kita kalau kedua memo ini memiliki subjek yang berbeda.

Alasan ketiga adalah, dalam memo tersebut agen Hottel tidak pernah menyebutkan tentang Roswell. Ia hanya menyebut New Mexico.

Nah, ini petunjuk yang cukup penting. Kalau memang agen Hottel tidak sedang berbicara mengenai peristiwa Roswell, apakah mungkin ia sedang merujuk ke peristiwa UFO lainnya yang juga terjadi di New Mexico?

Jawabannya: Ya.

Soalnya memang ada peristiwa UFO lain yang juga terjadi di new Mexico.

Peristiwa yang saya maksud adalah peristiwa jatuhnya pesawat alien di Aztec, New Mexico, yang disebut terjadi pada Maret 1948. Ada kemungkinan kalau agen Hottel sedang berbicara mengenai peristiwa ini (walaupun beberapa deskripsi agen Hotel berbeda dengan kisah Aztec yang secara umum beredar, seperti jumlah mayat alien dan ukuran pesawat).

Tetapi, kalau memang ada pesawat alien yang jatuh di Aztec, mengapa kita hampir tidak pernah mendengarnya?

Ini dikarenakan peristiwa itu telah diketahui sebagai sebuah hoax sejak tahun 1952. Seseorang bernama Silas Mason Newton dianggap sebagai orang yang telah bertanggung jawab menyebarkannya.

Salah satu fakta yang memperkuat argumen ini adalah tanggal memo tersebut, yaitu 22 Maret 1950.

Walaupun peristiwa Aztec disebut terjadi pada Maret 1948, namun insiden ini baru diketahui secara luas ketika Newton mengadakan ceramah di Denver University pada tanggal 8 Maret 1950, hanya selisih 14 hari dengan memo agen Hottel.

Pada dokumen-dokumen FBI lain yang telah dirilis belakangan, memang terungkap kalau FBI juga ikut memonitor ceramah Newton untuk melihat implikasi ceramahnya terhadap keamanan dalam negeri Amerika. Bisa dipastikan kalau hasil pantauan ini kemudian dilaporkan oleh agen Hottel ke otoritas biro. Jadi, agen Hottel melaporkan sebuah informasi hoax! Tidak ada piring terbang ataupun "tubuh berbentuk manusia" yang ditemukan.

Pada bulan September 1950, kisah-kisah yang berasal dari Silas Mason Newton ini diterbitkan ke dalam sebuah buku berjudul "Behind the Flying Saucers" oleh penulis bernama Frank Scully. Buku inilah yang membuat kisah Aztec menyebar hingga akhirnya dibongkar oleh JP Cahn pada tahun 1952. Belakangan, hoax ini juga diakui oleh Newton dalam buku diarinya yang ditulis pada tahun 1970an.

Jadi, memo agen Hottel boleh dibilang tidak memiliki arti penting apapun berkenaan dengan pengungkapan UFO oleh pemerintah. Menurut William Moore yang pernah meneliti insiden Roswell, memo agen Hottel ini tidak berharga sama sekali karena bersumber dari sebuah kasus hoax.

Kesimpulannya, FBI memang hanya merilis dokumen-dokumen biasa yang tidak memiliki arti penting bagi dunia ufologi.

FBI merilis memo-memo ini sebagai bagian dari kepatuhan terhadap undang-undang kebebasan informasi di Amerika sehingga terbuka untuk publik. Jika kalian masuk ke situs tersebut dan membaca memo dari agen Hottel, kalian bisa melihat kalau nama file memo ini adalah Hottel_Guy_Part1. Menariknya, file memo mengenai Roswell juga dinamai Roswell_UFO_Part.1.

Ini menunjukkan kalau di masa yang akan datang, FBI mungkin akan merilis dokumen-dokumen lain yang berhubungan dengan agen Hottel dan Roswell. Pada saat itu, mungkin kita bisa mengetahui konteks besarnya. Ini akan menjadi lebih menarik. Jadi, kita tunggu saja.

Baca juga: Perjumpaan Kenneth Arnold dengan UFO - permulaan era piring terbang

(Semua sumber beserta linknya telah disertakan di dalam tulisan)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

102 comments:

  1. oke..
    artikel baru..
    BACA..!!!

    ReplyDelete
  2. aw....pertamax nih..baca dulu..

    ReplyDelete
  3. ‎​​mkasih bro buat postingx n_n

    ReplyDelete
  4. Sori niy Bro E. Ini sumber hasil dari unik.com ya, coz 2 jam yang lalu buka di unik.com jg baca hal yang sama n beberapa gambarnya sama.

    ReplyDelete
  5. @Anonymous 6: apakah kamu memberikan komentar sebelum membaca tulisan ini?

    ReplyDelete
  6. pertamax kah ?????

    ReplyDelete
  7. saya (Anonymous 6) tidak memberikan komentar di unik.com, tetapi ketika baca blog ini, seperti pengembangan dari pembahasan dari unik.com (kalau di twitter itu > @klinikUnic) is it true bro?

    ReplyDelete
  8. sori bukan klinikUnik tapi klikunic

    ReplyDelete
  9. bro di ruanghati.com jg ada -->
    sumber :http://ruanghati.com/2011/04/11/inilah-dokumen-fbi-yang-menjelaskan-pendaratan-ufo-picture/

    ReplyDelete
  10. dari Tresna Asti

    *menyimak*

    ReplyDelete
  11. saya sudah mendengar kabar tentang dokumen FBI ini dari

    http://vigilantcitizen.com/latestnews/the-fbi-makes-secret-ufo-and-celebrity-files-available-online/

    kira2 data2 di situ cukup akurat tidak bro ? mengingat data tentang UFO tidak berarti penting. bagaimana dengan bidang lain, seperti konspirasi politik, dll ?

    ReplyDelete
  12. @Anonymous no.6: sebenarnya postingan ini adalah pengembangan dari dailymail bro. artikel di unik.com adalah hasil kopas dari ruanghati.com. Ruanghati.com menulis artikel tersebut dengan sumber tempointeraktif.com yang saya yakin bersumber dari dailymail.co.uk.

    ReplyDelete
  13. @Anonymous 12: justru tulisan ini mau membantah tulisan tersebut.

    @thementalrealm: saya belum baca dokumen yang topik lain bro.

    ReplyDelete
  14. rajin juga ya kamu Bro E, sampai kamu telusuri unik.com --> ruanghati.com dst. Coz saat membaca blog mu ini saya langsung bandingin lagi dg unik.com & ruanghati.com . tenang bro, tak akan rugi ko' kalau kita mengembangkan tulisan dari informasi lokal. lebih banyak referensi & valid kan lebih baik. okay (anonymous 6)

    ReplyDelete
  15. @anonymous 6: tidak kok. saya tidak rajin. saya buka unik dan ruanghati setelah kamu kasih tahu saya soal unik. Soalnya saya tidak mengerti maksud kamu tadi. ini bukan informasi lokal bro. bukankah sudah saya singgung sumbernya di atas?

    ReplyDelete
  16. Wah, anonymous 6, kamu rada lambat ya? seakan-akan sumber informasi yang kamu anggap pertama adalah yang pertama kamu baca. sebaiknya baca dulu sebuah postingan sebelum menyimpulkan. Nggak heran bro.e bingung. wkwkwkw.

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  17. ok, saya perbaiki, maksud saya tulisan lokal. coz tulisan lokal dg sumber dari ruanghati.com lebih dahulu saya baca dan lebih dulu di publish.(anonymous 6)

    ReplyDelete
  18. @anonymous no.6: sebenarnya tulisan lokal yang pertama dipublish adalah tempointeraktif bro. Tapi anyway, saya terima saran kamu untuk mengembangkan tulisan dari informasi lokal. :)

    ReplyDelete
  19. to : prof.krauss
    from : (anonymous 6)

    saya disini bertanya kepada bro E. Alhamdulillah mendapat share yg cukup asik. Bro E bingung dg komen saya, mungkin karena saya kurang detail dalam memberikan infonya. dan alhamdulillah lagi, dapat titik temu yg asik. Salam ta'aruf ya untuk prof. krauss. Barakallah Akhy

    ReplyDelete
  20. @anonim no 6: tulisan ini untuk mencerahkan berita2 yg tersebar spt pada Klikunic, gtu maksudnya bro.

    ReplyDelete
  21. (anonymous 6)ok trims pula atas share & info nya. harap maklum dengan keterbatasan saya. saya masih terlalu minim akan info2nya bro E. tetap semangat dengan tulisan2 bermutu kamu ya =)

    ReplyDelete
  22. @Anonymous 6: sama-sama bro :)

    ReplyDelete
  23. Artikel artikel seperti inilah yang musti di kembangkan. Artikel di mana memberikan penjelasan dan pengarahan terhadap hal hal positif dan tidak menyesatkan.

    Walaupun ada berita tentang hal hal buruk alangkah baiknya tetap menambahkan hal hal positif di dalamnya.
    Dan ini berlaku untuk semuanya termasuk saya,hehe.

    Bung E, Di youtube saya penah melihat ada sebuah video yg berjudul "ufo or something?"
    (klo tidak salah,hehe)
    klo anda tertarik mohon di ulas. Saya penasaran dengan apa yang bisa membuat efek seperti pada video tersebut.
    Dalam videonya sendiri objek yang di sorot adalah cahaya dengan pinggiran merah yang berada di atas tanah.
    Trima kasih.

    ReplyDelete
  24. saya jadi mengerti, memo itu bukan ditujukan untuk alien. hanya saja masyarakat dan media terlalu membesar-besarkan hingga terjadi banyak kehebohan. kapan FBI akan membongkar rahasia sepertinya tidak ada gunanya menunggu. FBI itu agen rahasia tidak mungkin mereka membongkar rahasia mereka identitas saja dijaga apalagi sesuatu yang sangat dirahasiakan.

    desta bluedyst

    ReplyDelete
  25. Angulus Ludovici:
    Peristiwa sebesar peristiwa Roswell hanya dirilis dalam bentuk m-e-m-o ?
    Saya rasa tidak mungkin.

    Bila peristiwa Roswell benar-benar pesawat Alien yang jatuh, sampai kapanpun Amerika tidak akan membukanya. Menurut saya, sebuah pesawat UFO jatuh di suatu negara adalah suatu BERKAH MELIMPAH RUAH bagi negara tersebut. Bagai pengemis kejatuhan emas 1 ton dari langit tepat di depan matanya.

    Negara tersebut akan mendapatkan pelajaran tak terhingga, mulai dari teknologi, anatomi, biologi sampai kebudayaan dari makhluk dan peradaban yang tidak pernah disaksikan dan dipelajari sebelumnya!

    Misal, bila target kemajuan teknologi ruang angkasa Amerika dalam 5 tahun ke depan hanya bisa mencapai Mars, maka dengan jatuhnya UFO di halaman depan negara tersebut, dalam 5 tahun Amerika mungkin bisa membuat pesawat mencapai Pluto. Maka Amerika tidak akan mungkin membeberkan begitu saja jatuhnya pesawat luarbiasa hanya untuk mengakui kebohongan pada publik. Justru para petinggi militer Amerika akan berdoa dalam hatinya supaya lebih banyak lagi pesawat yang jatuh di wilayah Amerika.

    "Bad luck for those aliens is one giant leap for mankind."

    ReplyDelete
  26. bung E emg top abiz...apakh sebenernya ini rencana konspirasi dari new world order..supaya masyrakt percya ufo itu ada..pdhl itu sebagian dr rencna konspirasi mreka...

    ReplyDelete
  27. bro Mr.E aku mau tanya,
    kenapa bro dah jarang posting??
    padahaL (duLu) biasanya postingnya 3 - 4 kaLi seminggu tapi kok akhir2 ini hanya 1 - 2 kaLi postingnya??
    kenapa dah jarang posting??
    sorry OOT coz ini saLah satu bLog yg paLing aku tunggu postingannya hehe . .

    _near_

    ReplyDelete
  28. bro, tolong dong dibahas tentang alien hand syndrome. dari dulu bahas tentang alien, next time tolong dong bahas tentang alien hand syndrome. saya masih penasaran nih hehe.

    (Wonderkid31)

    ReplyDelete
  29. koreksi dikit bang e,

    Dalam memo ini disebutkan kalau pasukan kedelapan angkatan udara Amerika telah berhasil menyita objek yang dianggap piring terbang di Roswell. Piringan itu disebut berbentuk Hexagonal dan tergantung pada sebuah balon dengan kabel. Diameter balon tersebut sekitar 20 kaki (60 centimeter)

    mungkin yg dimaksud 20 kaki = 6 meter atau 600 centimeter

    K

    ReplyDelete
  30. there's no aliens out there..


    astral imprisonment..

    ReplyDelete
  31. Saya lebih cenderung tidak percaya dengan UFO. Dari sejak 'kemunculan' yang terlama sampai yang terbaru,tidak ada satu info pun yang meyakinkan saya tentang keberadaan UFO. Semuanya ngambang. Semua data dan info selalu akan terpatahkan dengan penelitian2 lanjutan. Saya lebih terarahkan bahwa isu2 seputar UFO selama ini memang sengaja dihembuskan untuk membentuk (mencuci otak?) opini publik untuk 'suatu rencana/konspirasi besar'. Dan ingat juga bahwa salah satu media dari Novos Ordo Sclorum adalah 'memegang dan membentuk opini publik'. Siapa yang bisa memegang 'otak' publik berarti dia memegang dunia..Wallahu 'alam

    ReplyDelete
  32. @Dewabrata: sepertinya saya perlu link video tersebut bro.

    @near: Karena sibuk saja bro. Tetapi sejak tahun 2010 awal saya sebenarnya sudah nggak pernah posting 3-4 kali seminggu kok.

    @wonderkid31: ok bro.

    @K: kamu memang benar bro. sudah saya koreksi. thanksya. :)

    ReplyDelete
  33. lalu apa yg dimaksud dengan ini "Objek tersebut dideskripsikan berbentuk bulat dengan bagian tengah yang menonjol dengan diameter sekitar 50 kaki (15 meter). Setiap objek ini berisi tiga tubuh berbentuk manusia dengan tinggi hanya 3 kaki (90 centimeter), berpakaian metalik dengan tekstur yang bagus. Setiap tubuh dibalut dengan cara yang sama seperti pakaian yang dipakai oleh penerbang atau pilot uji coba."

    kenapa memo diatas bisa mendepkripsikan seperti itu?
    tapi saya masih percaya alien itu tidak ada.

    ReplyDelete
  34. @sandy: isi memo itu (penemuan piring terbang dan tiga tubuh) adalah cerita dari silas newton yang dilaporkan ke FBI. Jadi, agen Hottel melaporkan sebuah hoax bro.

    ReplyDelete
  35. werlington
    keren boz postingannya :)
    boz kalo ane lebih percaya ama rilis wikileaks ketimbang rilis fbi mah....
    rilis mereka mengandung pencitraan dan kebohongan,walaupun ada yg mengandung kebenaran pasti mereka samarkan.ane akui mereka pintar tapi ane ga suka cara mereka menutupi sesuatunya.
    thanx boz enigma.....

    ReplyDelete
  36. wah wah sekali lagi saya takjub dengan postingan bro Enigma..

    cuma satu kata.. maaaaanntaaabbbbbbbbbbbb

    ReplyDelete
  37. Memo hottel:
    ''setiap objek ini berisi tiga tubuh berbentuk manusia dengan tinggi hanya 3 kaki (90 centimeter)''
    . Berarti objek tersebut lebih dari 1 bro. .

    ReplyDelete
  38. huhuhuuhuh...... kiraen udh di akui as ada nya alien atau ufo di roswell new mixsico......thn 1947....udh semangat bngt baca nya' tao2 hanya hoax....cape deh....

    ReplyDelete
  39. Invormasi yg bagus. Anda memang penulis jurnal sejati. Tidak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika invotaiment dan media invormasi lain di indonesia tervokus pada pemberitaan seperti ini. Mungkin evek pada masyarakat akan lebih mengejutkan dibanding dengan masyarakat amerika pada tahun 1950an, dimana mereka (media indo) dengan ringannya begitu membabi buta menyebarkan berita yang belum tentu 100% kebenarannya. Untung ketertarikan sebagian besar orang indo terhadap ufo tidak sebesar bangsa amerika...
    Provesi yang cocok untuk anda: jurnalis, arkeolog, peneliti, penasehat presiden...

    By: dopplewalker

    ReplyDelete
  40. selama masih ada imajinasi, UFO akan tetap ada. tapi aku cenderung enggak percaya. ka, katanya jerman bikin UFO ya? apa 'UFO' bikinan jerman yang selama ini kita liat???

    ReplyDelete
  41. Alien tu gak ada. Yg ada kreativitas pikiran + imajinasi + harapan = Alien

    ReplyDelete
  42. ijin sedot ya bang nigma

    ReplyDelete
  43. Akhirnya Konspirasi.... sudah saya tunggu2...,
    tapi saya gak ngikutin sih insiden ini.., numpang nyepam aja bro.., maaf yah... :p

    ReplyDelete
  44. puas banget nih bacanya :)
    mangtabssssss

    ReplyDelete
  45. kalo ada ufo beneran knp gx pnah jatoh di tempat yg rame selalu aja di tempat yg sepi, bingung ya?
    sekali2 gtu jatoh di tengah2 "big apel" biar smw org pada tau...............
    kan seru...hahahahhahahahaha

    ReplyDelete
  46. mungkin dulu setelah PDII ada ufo nazi yg nyasar and jatuh di roswell, dan setelah itu pihak amerika mulai meniru dan membuat ufo-nya sendiri dan sekarang ini pasti hampir semua negara-negara maju pasti mempunyainya tapi masih clasified, bagaimana menurut anda MR.E

    ReplyDelete
  47. Bang E knapa akhir-akhir ini postingannya sepi komentar ya dibanding yg dulu2?

    ReplyDelete
  48. bro bukannya di memo disebutkan ditemukan ada nya objek berbentuk manusia dengan tinggi 3 kaki???
    lalu mengapa bro sebutkan tidak ada hal tersebut yang disinggung? thanks

    ReplyDelete
  49. @anonymous 52: agen hottel tidak pernah menyebut kata "alien". Ia hanya merefer kepada tubuh berbentuk manusia setinggi 3 kaki. FBI tidak pernah langsung mengambil kesimpulan kalau tubuh itu adalah alien.

    ReplyDelete
  50. Angulus Ludovici:
    Kalau ada tubuh berbentuk manusia setinggi 3 kaki, kira-kira tubuh apa itu Bro?

    Kalau ngga manusia cacat, monyet, atau anak kecil. Apakah agen Hottel pernah melihat sendiri tubuh tersebut? Kenapa ia tidak segera menyebutnya "manusia cacat" atau "monyet" atau "anak kecil"?

    Atau bila bukan ketiga nya, mengapa ia tidak segera mengambil kata "alien"?

    Apakah ini berarti bahwa tubuh tersebut "bukan manusia-monyet maupun anak kecil" dan juga tidak dapat dikatakan "alien"?

    Bila benar demikian, maka mungkin FBI mempunyai sumber tertentu, yang kemudian mendasari isi memo tersebut bahwa memang benar tubuh tersebut tidak lazim, tapi ia bukan alien karena memang berasal dari BUMI. Ya... dari bumi. FBI mungkin sudah tahu bahwa yang disebut Alien itu adalah makhluk yang selama ini berdiam (bersarang) di bumi... jadi agen Hottel tidak mengambil kata "Alien"....

    Konspirasi lagi... :)

    ReplyDelete
  51. Angulus Ludovici:
    "Tiga tubuh berbentuk manusia",
    aneh bukan? Mengapa tidak segera berkata tiga manusia?

    Tentu karena tubuh tersebut BUKAN MANUSIA tapi mempunyai bentuk mirip manusia, punya kepala, mata, mulut, tangan dan kaki.

    :)

    ReplyDelete
  52. @Angulus Ludovici: Saya takjub begitu banyak orang yang mempertanyakan soal tiga tubuh itu. Seperti yang saya ungkapkan di atas, isi memo agen Hottel itu berdasarkan pada sebuah informasi Hoax yang dibuat oleh newton sehingga kita boleh melupakannya. Tidak ada piring terbang yang ditemukan dan tidak ada tiga tubuh yang ditemukan!!!!

    Jadi untuk membahas identitas "tubuh" tersebut sangat tidak relevan lagi.

    Misalnya, kita sudah tahu kalau doraemon adalah komik fiksi. Apakah relevan kalau kita kemudian bertanya: "Kenapa ya doraemon berbentuk seperti itu dan bisa berbicara? atau "darimana ya doraemon berasal?" etc

    Bukankah ini pertanyaan-pertanyaan yang absurd karena kita telah menanggapi sebuah fiksi seperti sebuah fakta?

    Mengenai memo ini, kronologisnya seperti ini: Agen Hottel mendengar dari Newton mengenai adanya "pesawat alien" beserta "alien"nya jatuh di New mexico lewat informannya. Lalu agen Hottel melaporkan soal ini ke atasannya.

    Sebagai penyelidik yang baik, tentu saja ia tidak akan serta merta menggunakan kata "alien" seperti yang digunakan oleh Newton karena ia sendiri hanya mendengar informasi ini dari orang lain.

    Tubuh yang mirip manusia, tetapi hanya setinggi tiga kaki itu bisa apa saja lho. entahkah boneka (dummies) untuk uji coba, manusia kerdil, anak kecil, monyet yang dikasih baju, manekin yang dikasih baju dan sebagainya.

    Jadi, untuk menghindari kesalahan identifikasi, ia mengganti istilah alien (yang didengarnya dari newton) dengan kalimat deskriptif - yang ditulisnya adalah "body of human shape, but only 3 feet tall".

    Ini namanya kehati-hatian. Kalau agen Hottel menyebutnya "alien", "monyet cacat" atau "anak kecil", tentu itu menunjukkan ketidakkredibelannya sebagai seorang penyidik karena itu berarti ia mengambil kesimpulan secara terburu-buru.

    Tetapi ketika hoax ini terbongkar, tentu saja FBI tidak lagi memikirkan soal tubuh tersebut karena penemuan pesawat dan tubuh tersebut ternyata hanya sebuah rekayasa.

    Dalam file-file FBI yang dirilis tahun 1970an, mereka memang mengidentifikasi Newton sebagai seorang penipu.

    ReplyDelete
  53. Bro E saya adl salah satu penggemar berat blog ini...tp entah kenapa ad yg hilang dr blog ini...gak kaya dulu..tp ak ga tau apanya ya...ayo dong bro E..tetep semangat...moga tetep jadi blog misteri terbaik.

    Anton

    ReplyDelete
  54. Agree brother e. tidak relevan membahas soal memo Hottel. justru yang harus dibahas itu memo yang Roswell karena tidak ada yang menyangkal sesuatu jatuh di sana. Jadi, identitas objek itu bisa kita diskusikan dan perdebatkan.
    Cuma mungkin orang tidak tertarik bahas memo itu karena isinya yang kurang menarik. mana ada ufo yang tergantung kabel. wkwkw. :D
    Mungkin karena itu para fans ufo lebih suka ngeliat memo hottel karena ada deskripsi makhluk seperti alien (walaupun hoax).
    dasar manusia, sukanya yang heboh saja.XD

    ReplyDelete
  55. walah, tempointeraktif.....
    tempointeraktif itu yang bikin heboh bro karena mereka banyak dikutip oleh blogger-blogger lain. kayaknya kompas.com, detik dan okezone nggak memberitakan ini deh.
    hihihi..ini akibatnya kalau wartawan cuma mau hebohnya saja.

    ReplyDelete
  56. -Mungkin dengan sebuah konferensi pers yang heboh dengan presiden Obama yang memulai pidatonya dengan kalimat: "Yes, we lied".-

    Mr. Obama memang merujuk ke Peristiwa di Roswell saat konferensi pers, ya kk Enigma?

    -ddhavi-

    ReplyDelete
  57. @ddhavi: Mr.Obama belum pernah konferensi pers soal Roswell bro. saya cuma mengandai-andai saja. :)

    ReplyDelete
  58. Hahahaha... Oh ya ! Gak teliti bacanya!!! XD

    *memang berharap ada yang konfirmasi keberadaan alien*

    Seperti yang kk Enigma bilang, gak ada asap kalo gak ada api !!!!!


    -ddhavi-

    ReplyDelete
  59. redditor spotted. sumber berita ini dari reddit.com

    ReplyDelete
  60. mantap bro e.
    logis analitis..
    profesi bro e. di dunia nyata apa sih? jadi penasaran.....

    ReplyDelete
  61. Mantap postingannya
    terus berkarya gan.

    saya juga mau promosi blog sy nich kunjungi yach teman2 di http://ichtechliomessi.blogspot.com/

    ada cerita misterinya juga loh, gak kalah sama bang enigma.. :)

    ReplyDelete
  62. @anonymous 63,
    konyol bro.. semua sumber sudah ada di artikel.. -_-"
    btw, saya sudah baca yg di reddit.. saya yakin kamu pinter english, tp saya heran kamu tidak bisa melihat perbedaan yg cukup jauh antara artikel ini dengan yg ada di reddit.. -_-"

    ReplyDelete
  63. lumayan panas neh argumennya ya bung E.
    BTW cukup salut dngn jawaban2 bung E.
    buat bung E, saya sbagai orang baru berharap bung E sudi kiranya tukaran Link dgn saya, mohon dimaaf jika sekiranya saya lancang.

    ReplyDelete
  64. Bang enigma itu mas-mas glodok ya? Kok saya ngerasanya gitu ya.....maaf bukan nyinggung.

    ReplyDelete
  65. Ck..ck..kok semakin banyak pembaca yang asal menilai ya? aneh, masa isi postingan ini dianggap dari reddit. apakah di reddit ada mengutip headline tempointeraktif?
    Menurut saya, kebiasaan buruk memberi komentar sebelum membaca itu perlu dihilangkan. mudah-mudahan yang pertamax-pertamax juga bisa hilang.
    Nice post bro.e. ^^

    **nababan**

    ReplyDelete
  66. Kamu teliti seklai ya :) well done!
    oh ya, Undang2 dokumen rahasia Amerika Serikat ,informasi rahasia akan diumumkan kepada publik setelah 50 tahun ya? yang top secret 75 tahun kalau tak salah? apa mungkin Roswell masuk kategori ini? bagaimana dangan kasus2 lain, misal Babuskha Lady bisa di buka bila ada yang mau membuka data2 rahasia?
    -melao

    ReplyDelete
  67. hmm, msh ttp misteri kan?
    aku akan ttp menunggu

    ReplyDelete
  68. Saya yakin kok artikel ini asli tulisan buah pikiran bang Enigma, karena saya udah lama ngikutin blog ini..
    Tambah lagi, bang E selalu ngasi link yg jadi sumber referensinya, kurang apa coba? =D

    Oh iya ada kalimat yg agak membingungkan saya, bang E:
    "Dan yang ketiga, lokasi penemuan piring terbang yang disinggung di dalam memo tersebut adalah New Mexico, bukan Mexico."

    Kenapa bang E menyinggung soal Mexico? Bukankah kedua peristiwa tersebut memang terjadi di New Mexico?
    Tempo Interaktif memang salah menulis judul, namun di bagian isi, mereka bener kok menyebut 'New Mexico'.
    Dan saya kira ini juga bukan hal yg terlalu penting untuk dibahas oleh bang E.
    Maaf, cuma pendapat pribadi saja :)

    .
    .
    .
    ronald_interista

    ReplyDelete
  69. There's no such thing like alien. Yg ada cuma manusia, malaikat dan jin. Manusia hidup berdampingan dengan jin, tp beda dimensi. Tapi ada 3 faktor yg membuat jin bisa "tampak" ;
    1. kondisi manusia,
    2. kondisi alam,
    3. keinginan dari jin itu sendiri (utk menampakkan diri)
    Kehidupan jin itu hampir sama dgn manusia, mereka punya rumah, kendaraan, pesawat. Na, ditunjang oleh salah satu faktor di atas, maka terjadilah penampakan piring terbang. Padahal itu hanyalah pesawat jin.
    Just my opinion :-)
    /Shera_@ryo

    ReplyDelete
  70. Postingannya bagus bro, kita emang harus teliti dg informasi yg kt dapat, jgn asal telan aja tanpa dikunyah,,Nanti keselek ,,hee

    ReplyDelete
  71. wah ketinggalan berita nih,, Ya sudah, yang penting 1000000xxxxxxx

    ReplyDelete
  72. Aliennya sebodoh apa ya sampe bisa jatuh ke bumi gitu

    ReplyDelete
  73. We_R_no-mercy a.k.a Oryza Sativa
    said...
    maklum ya senpai E...
    bisa diambil ksimpulan, klo rta2 pra p'baca yg udh ngasih postingan di atas, ngasi komen dlu bru baca makanya byk yg slah pham ttg isi dari postingan senpai...
    Cacad gmnaaa gtu...
    ato sbnarnya g ngudeng (g ngerti) postingannya senpai, jadinya salah paham...
    udah dibilang hasil dari hoax jg, msih aj dipertanyakan...
    no judgement from me...y wjar lah,tiap org kan otaknya beda2 btuk n kpasitasnya...
    harap sabar nanggepin komentator yg bginian y senpai...
    bon apetite...

    ReplyDelete
  74. explorative post... =)

    ReplyDelete
  75. From: Oryza sativa
    tiap org kan otaknya beda2 btuk n kpasitasnya...

    Wah dah mau menyinggung nih kacau lo mah

    ReplyDelete
  76. Angulus Ludovici:
    1 triliun triliun bintang...
    Lebih banyak dari pasir di Sungai Gangga...
    Sepertinya terlalu sepi bila kehidupan hanya ada di bumi saja bukan?

    ReplyDelete
  77. Angulus Ludovici:
    Sorry Bro, saya gak teliti membacanya. Kalau Agen Hottel mendapatkan informasi berdasarkan berita hoax dari Newton, untuk apa lagi anda berkata bahwa perstiwa Roswell adalah "suatu teori konspirasi yang sangat berpengaruh di dunia"?

    Bukankah dengan adanya memo berita hoax itu berarti peristiwa Roswell dengan 3 orang manusia kerdilnya hanya isapan jempol semata?

    Menurut anda pribadi, setelah membaca sekian banyak sumber-sumber, apakah anda PERCAYA bahwa peristiwa Roswell hanya sekedar hoax?

    ReplyDelete
  78. @Angulus Ludovici: Kamu masih "terpeleset" bro. Memo agen Hottel tidak ada hubungan dengan peristiwa Roswell. Memo itu sedang berbicara soal peristiwa Aztec yang hoax.
    Mengenai peristiwa Roswell, tidak ada yang menyangkal kalau "sesuatu" jatuh di Roswell, termasuk pihak militer. Yang jadi kontroversi adalah identitas objek tersebut.

    ReplyDelete
  79. To anonymous 73 ;
    apakah km yakin penampakan ufo itu adalah pesawat milik para jin ? Apakah km bisa berkomunikasi dg jin , dan apakah para jin ini memperlihatkan pesawatnya pd km ? Apakah km sudah dpt konfirmasi dan klarifikasi dari para jin bahwa penampakan ufo selama ini adalah ulah mereka ( jin ) ? Apakah km sdah pernah melihat ufo ? Tolong dijawab y, sy butuh informasinya, pengetahuan sekecil apapun sy terima dg senang hati, karena sy haus dg ilmu pengetahuan, dan sy yakin ilmu Tuhan itu luas, sampai kt menganggapnya tanpa batas, klo hari ini kt anggap tdk mungkin maka besok lusa menjadi mungkin, artinya di dunia ini tdk ada yg tdk mungkin, ayo kt berpikiran lbih luas lagi, jngan mau dikotak kotak dan dibatasi, alam ini luas sampai kt saat ini blum bisa mencapai batasnya, seperti halnya pikiran manusia dg ukuran otak yg sekecil ini, mempunyai pemikiran yg luas juga seluas alam ini,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luas menurut manusia, bagaimana menurut tuhan?, banyak dan luas sesuatu tergantung pada pengamat "observer", bagi kita alam ini sangat luas dan kemungkinan ada kehidupan lain itu dimungkinkan, pemikiran tentang sesuatu yang "random" dan tak bisa dijabarkan secara ilmiah tidak ada salah dan benar, serta dikatakan pemikiran itu luas atau sempit. karena bagaimana kita bisa menjudge kalo bukti ilmiahnya tidak ada? , ditambah pula dewasa ini sudah mulai dikenalkan teori multiple universe, dimana menyatakan terdapat ribuan bahkan miliyaran Bubble universe selain dari realita universe sekarang kita tinggali, artinya apa bahwa Alien itu mungkin ada tapi di Bubble universe lainnya yang berbeda dengan realita yang kita tinggali pada saat ini. dan yang masalah jin itu kan hanya pendapat dari seorang saja jangan dibuat untuk mencari masalah dan berujung ke SARA akhir"nya.

      Delete
  80. Om Enig
    Coba klarifikasi video tntang alien yg ditmukn tewas di rusia nie link nya

    http://www.youtube.com/watch?v=bMGatrWkG2c&feature=topvideos_mp

    plisssss
    gerard

    ReplyDelete
  81. Apakah memo FBI yang baru dirilis mengkonfirmasi adanya pesawat alien yang jatuh di Roswell tahun 1947?

    JAWAB: TIDAK. karena yang dibicarakan oleh memo itu adalah peristiwa hoax Azte, bukan tentang jatuhnya UFO di Roswell
    haha, apakah yg ditulis Masbro Enigma itu terlalu sulit dicerna????????? ngakak gw, wkwkwkwkw

    @Angulus:

    "Angulus Ludovici:
    1 triliun triliun bintang...
    Lebih banyak dari pasir di Sungai Gangga...
    Sepertinya terlalu sepi bila kehidupan hanya ada di bumi saja bukan?"

    ...

    "Menurut anda pribadi, setelah membaca sekian banyak sumber-sumber, apakah anda PERCAYA bahwa peristiwa Roswell hanya sekedar hoax?"

    komen gw: Angulus, kayaknya kamu berharap banget ya alien itu ada. Apa yg kamu percayai atau masbro Enigma percayai GAK PENTING. Yang penting faktanya, mendukung gak??
    Kalau cuma masalah percaya, itu urusan pribadi masing2 ajah, tul gak?

    ReplyDelete
  82. Memang dunia ufologi penuh dengan konspirasi dan argumen-argumen yang menyakinkan namun penuh ilusi...........

    ReplyDelete
  83. New mexico kan memang perbatasan america mexico :D ane percaya

    ReplyDelete
  84. Shera_@ryo: Haha..Masa sih UFO itu penampakan jin? ngeri dong...hahah

    ReplyDelete
  85. sebentar, aku ada pendapat nih. aku dload file FBI (Guy Hottel, dll) dari link yg di sertakan.
    nah setelah saya teliti, saya berpendapat bahwa lembar itu palsu. kenapa? saya bisa menandai setiap kata dan mengkopinya. jika itu dgn proses scanning file yg asli, harusnya tidak bisa aku tandai begitu saja. karena saat ini belum ada teknologi mengubah text yg ada dalam gambar menjadi sebuah text yg bisa kita ubah.
    sekian, arigatoo matur suwun.

    ReplyDelete
  86. Saya kira bukan palsu bro. soalnya bersumber dari situs FBI langsung.

    ReplyDelete
  87. kok gk di taruh di labels hoax???

    ReplyDelete
  88. Rey

    hehehehehehe aku OFFline 1 bulan ,, huhuhuhuhu akhirnya nambah beberapa artikel :p asikkk baca baca baca :p

    bro enigma ,, bahas ttg NII dong ... lagi HOTLINE .. aq ada di ADD anggota NII , tapi mungkin juga anggota teroris kali ya ... karena dia company nya di densus 99 , posisi : perakit bom .. huhuhuhu Profile Pic nya SEREM .. heheheheheehehe :p

    ReplyDelete
  89. tolong dong yang ngomong terkesan ngejek seperti, "apa benar ufo itu jin?bagaimana kamu bisa tahu?" dan lainnya, juga pakai ketawa, KAYA GAK BISA BERFIKIR OTAKNYA.

    sebelum berkata seperti itu sebaiknya menambah ilmu dulu deh!

    sorry2 aja kalau Anda menanyakan itu berarti dalam konteks ini Anda ingin membahas dalam kacamata agama dan bukannya kacamata ilmu pengetahuan secara universal.

    nih gw kasih tahu:
    karena itu adalah kepercayaan umat Islam yang sudah difirmankan oleh Allah dalam Al-Quran yang dari awal turun ke bumi hingga akhir jaman selalu terjaga keasliannya 100% bahwa hanya ada 6 makhluk ciptaan-Nya di bumi ini: manusia, tumbuhan, hewan, iblis, jin dan malaikat.
    jadi Kami percaya kalau alien adalah perbuatan iseng dari makhluk yang berusaha untuk membuat manusia menjadi syirik kepada Allah, bisa jin ataupun iblis. syirik itu apa?syirik itu artinya menduakan Allah, dalam artian kita percaya sesuatu yang lain selain Allah, padahal Al-Quran berkata kita umat Islam HANYA boleh percaya, meminta, berdoa, bersujud dan menyembah Allah SWT.

    Dah segitu aja, kalau dibahas lebih dalam gw juga pegel nulisnya..dan itu tujuannya bisa berubah menjadi niat memberi tahu menjadi ikut2an ngomongin dari sudut Agama..T.T

    tapi setidaknya yang gak tahu jadi tahu, dan gw harap yang tadinya niat ingin ngejek jadi ikut menghormati kepercayaan agama lain, dan yang tadi mulai bahas tentang jin duluan, SITU JANGAN JADI PEMICU NGOMONGIN SARA DONG!lihat konteksnya ini blog yang bersifat universal tanpa memandang SARA karena agama sifatnya pribadi, kalau ngomong kaya gitu di tempat yang salah dan dibaca oleh orang yang kurang paham arti saling-menghormati-antar-agama, bisa memicu pertengkaran! ngomong kaya gitu di blog yang khusus Islam aja. walau opini, Anda harus hati2!karena sekarang semakin sedikit orang yang mau saling menghormati antar agama.. >:(

    sorry ya!gw bukan maksud ngomongin agama juga, tapi gw udah bete banget kaya berita di Yahoo sekarang tiap ngomongin berita tentang SARA, disana selalu terjadi keributan SARA yang saling ngejek satu sama lain antar komentator!apalagi kalau udah tentang kepercayaan agama masing-masing..udah ancur tuh liatnya kaya perang..=,=

    padahal SARA itu HAK ASASI!


    MAU SAMPAI PALA LO BOTAK BEJEJER KEK, ATAU BUMI KEBELAH 12 TETEP AJA YANG NAMANYA SARA ADALAH HAK, DAN GIMANA JUGA ELO GAK AKAN BISA MENGUBAH ATAUPUN MEMPENGARUHI, APALAGI MENGEJEK KEPERCAYAAN PADA DIRI SESEORANG TERHADAP SARA, TERUTAMA AGAMA!!

    *kesel =.=

    thanks gitu aja deh, -,-



    semoga Anda-anda mengerti maksud saya apa -,-
    tolong jangan berkomentar dalam sudut SARA ataupun Agama sendiri di blog ini ataupun blog2 lain yang bersifat umum tanpa menyinggung SARA, biar pun gw percaya dengan kepercayaan agama gw (Islam) tapi gw menghormati dari sudut ilmu pengetahuan yang bersifat universal ataupun dari sudut agama lain tentang apapun, tanpa mempercayainya 100%. karena dengan begitu, tujuan anda hanya ingin menambah pengetahuan umum akan lebih tepat untuk dikatakan..karena pada akhirnya percaya atau tidak percaya akan kembali pada ditemukan fakta ataupun tidak ditemukan fakta.. :)))


    semoga bhineka tunggal ika kita tidak hanya terpahat di patung garuda, tapi di hati kita secara ikhlas..salam damai! :D v

    _syalala -,-

    ReplyDelete
  90. Artikelnya ane tempel di blog ane ya, agan enigma


    www.kirraryuzaki.blogspot.com

    ReplyDelete
  91. dari Tresna Asti

    banyak yang masih terjebak dan tetap terjebak dalam kesalahan/ketidaktepatan penafsiran berita walaupun sudah membaca keseluruhan artikel (ato mungkin baru setengah)nya kak Enigma ini... :)
    sehingga, habis baca ini, masih juga ada yg 'terpleset'.. Hohoho
    lama ga ngomen..
    V>o<v

    ReplyDelete
  92. @93 : knp km marah marah bgt ? Ktnya km menghormati pendapat org lain, nyantai aj lah,,

    di atas ada yg menanyakan, apakah bnar penampakan ufo selama ini adalah ulah jin ? Krn ada yg berpendapat seperti itu, makanya ditanyakan lg, ingin ada klarifikasi, jd jgn sampai info yg kt ungkapkan pd org lain malah info yg salah, nanti yg lain jd ikutan salah,,
    apakah pertanyaan itu menurut km salah ? Pdhal tdk ada yg salah dg pertanyaan itu, pertanyaan itu wajar dan mudah dipahami siapapun, kecuali klo km tdk paham dgn pertanyaan itu,,
    makanya disini kt dituntut untk berpikiran logis, jgn cuma mistis saja, jgn cuma bs menyalahkan jin, krn mereka mahkluk hidup jg, mereka jg bs marah klo dituduh sembarangan oleh manusia,,
    Sekarang sy mau tanya, knp pesawat terbang benda seberat dan sebesar itu bs terbang ? apakah mau km jwb krn itu ulah jin ?
    Knp HP yg km pny bs dipake berkomunikasi dg org lain, bs nyambung , pdhal tdk ada kabelnya ? Apkah mau km jwb itu krn ulah jin ?

    ReplyDelete
  93. Email bang enigma ap yah? Saya mau mngirimkan ebook stebal 600 pages yg terbit thn 2011 berisi fakta2 area 51.

    Brdasar bku itu saya brani bcara bahwa benar ad 'UFO' jtuh bserta 'alien' di Roswell. Tapi itu kiriman dari Rusia, dgn teknologi dr Nazi, dan alien adlh anak2 yg tubuhna di-experimen

    Knp amerika slalu mnutupi? Mrka pnya kalimat khas utk org yg slalu ingin tahu. "you don't have the need-to-know"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah itu dokumen berjudul Anti-Gravity and The World Grid?

      Delete
  94. nO PROBLEM bro.................

    Info Anda sangat menarik.................

    coba juga untuk Anda (sang Penulis) untuk
    menuliskan link-referensi Anda................

    agar tidak saling tuduh PLAGIAT.................

    ReplyDelete
  95. Benar atau tidaknya peristiwa di Roswell jatuhnya UFO tetap saya percaya ada makhluk cerdas lain di luar bumi. Pertama keyakinan saya bahwa Tuhan tidak sia2 membikin semesta maha luas ini hanya untuk didiami oleh makhluk naif seperti manusia di bumi ini. Kedua saya telah beberapa kali melihat fenomena UFO, yang saya lihat tidak serupa sama sekali dengan fenomena gejala alam biasa, atau benda2/ pesawat dibuat manusia. Apalagi berbagai bantahan dari pihak yang skeptis selama ini terasa seperti mengada2 bagai seorang pengacara mencari2 alibi untuk membela kliennya,

    ReplyDelete