Wednesday, April 20, 2011

Strategi marketing dan misteri - Kisah penjelajah waktu dan pria misterius di dalam mimpi

Pada abad ke-21 ini, para pakar marketing mulai berpikir keras untuk mencari sebuah cara yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada calon konsumen. Dari usaha ini, lahir dua buah kampanye marketing yang luar biasa. Yang pertama menyangkut seorang pria yang bertemu dengan dirinya di masa depan dan yang kedua melibatkan seorang pria misterius yang muncul di mimpi banyak orang.


Orang-orang mengatakan marketing adalah ujung tombak sebuah perusahaan. Dengan strategi kampanye yang tepat, penjualan sebuah produk akan meroket dengan cepat, sama cepatnya seperti naiknya popularitas Briptu Norman Kamaru.

Lalu, apa hubungannya dengan misteri?

Jangan kuatir, saya masih menulis soal misteri. Walaupun membahas soal kampanye pemasaran, tulisan kali ini akan menjawab dua "misteri". Berdasarkan pada paragraf pembuka tulisan ini, kalian pasti bisa menebak kalau dua misteri tersebut sebenarnya hanya bagian dari sebuah kampanye pemasaran.

Memang benar.

Dua misteri yang akan saya bahas merupakan bagian dari strategi pemasaran. Berbeda dengan berita-berita parodi hiburan yang dimuat oleh The Onion atau Weekly World News yang pernah saya posting sebelumnya, dua misteri yang akan saya bahas berikut ini bertujuan untuk menjual sebuah produk dan menanamkan sebuah ide ke dalam pikiran konsumen target. Mungkin kalian sudah pernah mendengar dua kisah ini.

Kisah Hakan Norkdvist

Kisah mengenai Hakan Norkdvist ini sangat populer di Eropa, terutama di Swedia, negara asalnya. Dalam sebuah video, Hakan menceritakan pengalamannya terlempar ke masa depan dan bertemu dengan dirinya yang sudah berumur 72 tahun. Mudah untuk menolak ceritanya dan menganggapnya sebagai sebuah bualan. Namun, Hakan memberikan sebuah bukti, yaitu rekaman yang menunjukkan dia dan dia (yang berusia 72 tahun) sedang berdiri berdampingan.

Hakan menuturkan kejadiannya:

"Peristiwanya terjadi pada tanggal 30 Agustus. Hari itu sangat indah dan aku sedang dalam perjalanan pulang ke rumahku di Farjestaden. Ketika masuk ke rumah, aku menemukan genangan air di lantai dapur. Sepertinya ada kebocoran. Lalu aku mengambil peralatanku, membuka pintu bak cuci piring dan mulai bekerja."

"Ketika aku masuk ke dalamnya untuk memeriksa pipa, sepertinya tempat itu menjadi lebih panjang daripada yang kuingat. Aku merangkak masuk ke dalam kabinet, dan ketika melakukannya, aku menemukan kalau ruangan itu terus berlanjut. Jadi aku terus merangkak lebih jauh ke dalam."

"Di ujung terowongan itu, aku melihat cahaya dan ketika aku sampai di sana, aku menyadari kalau aku telah tiba di masa depan. Aku bahkan bertemu diriku yang telah berusia 72 tahun. Saat itu adalah tahun 2042. Aku melakukan berbagai tes terhadap dirinya untuk memastikan kalau dia adalah benar-benar diriku. Anehnya, ia mengetahui segala sesuatu mengenaiku, dimana aku menyimpan benda-benda rahasia ketika aku masih duduk di kelas satu dan berapa skor pertandingan bola melawan Vaxjo Norra pada musim panas tahun 88. Ia mengetahui segalanya."

"Bahkan kami memiliki tato yang sama, walaupun kepunyaannya terlihat sedikit buram. Ia mengatakan kepadaku mengenai hal-hal yang akan terjadi di masa yang akan datang dan aku berjanji kepadanya untuk tidak mengatakan soal itu kepada siapapun. Aku membuat sebuah rekaman dengan ponselku. Sayangnya kualitas rekaman itu tidak begitu baik. Namun hanya itulah yang bisa aku dapatkan. Sebenarnya aku tidak peduli jika orang lain menganggap aku seorang pembohong. Aku tahu kalau aku bukan seorang pembohong. Aku bertemu dengan diriku di masa depan dan aku baik-baik saja. Itulah yang aku ketahui. Namun jika itu bisa terjadi kepadaku, mungkin hal yang sama juga bisa terjadi pada orang lain."



Ini screenshotnya. Dalam rekaman terlihat Hakan dan Hakan sedang berdiri berdampingan :

Ya. Ini adalah sebuah kisah yang luar biasa dan ini bukan adegan dari film The Chronicles of Narnia: The Lion, the witch and the wardrobe.

Kisah ini sempat menimbulkan perdebatan hangat di berbagai forum di Eropa dan Amerika hingga akhirnya turut dibahas di beberapa blog dan forum di Indonesia. Beberapa orang mengatakan kalau rekaman itu adalah bukti yang konkret mengenai kebenaran cerita Hakan.

Benarkah begitu?

Kedua pria di dalam rekaman tersebut memang terlihat sangat mirip. Namun banyak orang yang melihat adanya perbedaan pada ukuran kepala, hidung, telinga maupun ukuran tato di lengan mereka. Dari situ banyak yang percaya kalau kedua pria di dalam rekaman tersebut adalah dua orang yang berbeda.

Namun kita tidak perlu repot-repot menganalisa rekaman tersebut karena kita memiliki jawaban yang jelas atas misteri ini.

Rekaman ini ternyata merupakan bagian dari kampanye pemasaran (iklan) untuk sebuah perusahaan dana pensiun Swedia bernama AMF pension. Mereka membuat film ini dan menayangkannya di website mereka dengan tujuan membuat orang-orang muda berpikir mengenai masa depan.

Mereka juga membuat perlombaan dimana seseorang bisa mengambil foto dirinya dan mengirimnya ke AMF. Lalu AMF akan mengirim balik foto tersebut, namun terlihat 30 tahun lebih tua.

Kedengarannya sangat tidak relevan untuk menjual sebuah produk dana pensiun. Tetapi kampanye ini berhasil dengan sukses hingga mendapatkan respon berupa lebih dari 300.000 orang yang mengirimkan foto mereka. AMF Pension bahkan mendapatkan penghargaan atas strategi yang jenius ini.

Beberapa orang berargumen kalau rekaman itu dibuat oleh AMF Pension setelah pengakuan Hakan di blognya, www.ingentrormig.nu,
sehingga rekaman ini tidak membuktikan kalau kisah Hakan merupakan bagian dari strategi pemasaran. Bisa jadi Hakan menceritakan pengalaman yang sebenarnya.

Memang betul, kisah ini pertama kali diposting oleh Hakan di blognya. Setelah itu barulah muncul video AMF Pension. Namun setelah video AMF Pension muncul, blog Hakan sudah tidak bisa diakses lagi. Ini sangat sesuai dengan pola viral marketing.

Dengan kata lain, dari sejak postingan blog Hakan hingga iklan AMF, semuanya adalah bagian dari strategi pemasaran yang brilian.

Kasus pria misterius di dalam mimpi

Ever dream this man?

Kalimat di atas adalah sebuah kalimat yang muncul dalam sebuah website, thisman.org, yang disertai dengan sebuah sketsa wajah pria separuh baya.

Pria tersebut disebut muncul di dalam mimpi banyak orang di seluruh dunia. Identitasnya sendiri tidak diketahui.

Dalam website tersebut, terdapat keterangan sebagai berikut:

"Pada Januari 2006 di new York, seorang pasien wanita dari seorang psikiater ternama menggambar sesosok wajah seorang pria yang disebutnya berulangkali muncul dalam mimpinya. Dalam beberapa pertemuan itu, pria tersebut memberikan beberapa nasihat mengenai kehidupan pribadi wanita itu. Wanita itu bersumpah kalau ia belum pernah bertemu dengan pria itu seumur hidupnya."

"Gambar wajah itu terlupakan di meja psikiater itu untuk beberapa hari hingga suatu hari pasien lain mengenali wajah itu dan berkata kalau pria tersebut juga sering menjumpainya di dalam mimpi. Ia juga mengklaim kalau ia belum pernah melihat pria itu sebelumnya."

"Psikiater itu kemudian memutuskan untuk mengirim foto wajah itu ke beberapa koleganya yang memiliki pasien yang bermasalah dengan mimpi. Dalam tempo beberapa bulan, empat pasien mereka mengenali pria tersebut karena sering muncul di dalam mimpi mereka. Semua pasien tersebut menyebut pria itu This Man."

Website tersebut mengklaim kalau sejak Januari 2006 hingga hari ini, paling tidak ada 2.000 orang mengaku pernah menjumpai pria ini di dalam mimpi, mulai dari Los Angeles, Sao Paolo, Barcelona hingga New Delhi.

Kisah ini pertama kali diberitakan oleh blog presurfer yang kemudian dibantu penyebarannya oleh situs Neatorama dan situs-situs lainnya. Dalam tempo yang singkat, wajah pria tersebut telah menyebar ke seluruh dunia.

Pertama kali mendengar kisah ini, saya akui kalau kisah ini adalah misteri yang berbeda. Ada sesuatu pada wajah tersebut yang membuat kita berimajinasi. Siapa dia sebenarnya? Apakah pria misterius ini seseorang yang punya kemampuan memasuki mimpi orang lain untuk membawa pesan kebaikan?

Namun, ternyata ini pun bagian dari kreativitas marketing.

Misteri ini sesungguhnya hanyalah ciptaan dari seorang sosiolog dan marketer Italia bernama Andrea Natella (btw, ia adalah seorang pria). Natella memiliki sebuah situs yang disebut guerriglia marketing (marketing gerilya).

Petunjuk ini bisa didapatkan dari registrasi domain thisman.org. Terlihat kalau domain ini didaftarkan atas nama Andrea Natella. Dari alamat emailnya, kalian bisa mengetahui kalau Andrea adalah pemilik situs guerriglia marketing.

Dari namanya kita mengetahui kalau situs ini menyediakan jasa marketing. Namun, jasa yang ditawarkan Natella termasuk unik karena mereka mencari cara yang tidak konvensional untuk berkomunikasi dengan konsumen target.

Salah satu caranya adalah dengan menciptakan kisah "this man" ini.

Lihat saja konsep marketing yang disebutkan di halaman depan websitenya.

Pada poin nomor dua, disebutkan:

"Marketing gerilya berkontribusi pada pengembangan strategi marketing lewat penciptaan 'pseudo events' yang didesain untuk mengintegrasikan citra perusahaan."

Garisbawahi kata "penciptaan pseudo events" (peristiwa gadungan). Ternyata ini memang strategi utama mereka.

Selain menciptakan misteri "this man", Natella dan timnya pernah menciptakan rumor mengenai penampakan UFO di Emilia Romagna, Italia, pada tahun 2001, untuk mendorong industri pariwisata di kota itu.

Dalam wawancara dengan digicult.it, Natella berkata:

"We enjoy ourselves more when we play with what is false, we invent unlikely stories and the mass media bites."

Ya, mereka menciptakan cerita-cerita yang tidak biasa dan media massa menerimanya bulat-bulat.

Mengenai kisah "this man", masih belum jelas ide apa yang sedang dipromosikan oleh Natella. Namun yang pasti, jika kita mendapatkan sebuah kisah misteri yang terlacak berasal dari Andrea Natella, kita tahu tidak ada misteri di situ. Yang ada hanya sebuah kampanye marketing.

Baca juga: Fosil raksasa Jebal Barez - Salah satu hoax terbaik dunia maya.

(semua sumber dan linknya sudah saya sertakan di dalam tulisan)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

72 comments:

  1. wew, posting terbaru dari bang enigma

    ReplyDelete
  2. pertamax!! cihuyy..

    ReplyDelete
  3. wow.....nice strategy


    kalau Sun Tzu punya "Art of War", Andrea Natella punya "Art of Marketing".

    ?:^D

    ReplyDelete
  4. wow....impian semua orang adalah hidup bahagia.... namun lebih bahagia lagi bila bisa membahagiakan semua orang....(10 besar).....

    ReplyDelete
  5. yang kedua itu yang ditanya andika kapan hari di wall FB mr.E. lucu sekali ternyata semua hanya viral marketing. haha.

    desta bluedyst.

    ReplyDelete
  6. liat foto "this man", jujur aja takut kebawa mimpi, hahaha :D btw, indonesia mulai ikut2an kaya begini, kan? itu lho iklan "dumin", "nokia" sama apa itu yang manggil guru les? tapi anak kecil aja bakal tau kalo itu cuma iklan :p

    ReplyDelete
  7. Keren.... strategi brilian. wah ntar bikin juga cerita, kalo dikota kelahiran saya baru saja ada BETA ikut ngantri isi BBM. Plus bikin video gadungan, trus aplot di Youtube, gembar gembor di Facebook, Twitter, Kaskus..... he he he.....

    Beben

    ReplyDelete
  8. wow...
    kren jg trik yg kaya gtu y..!!

    ReplyDelete
  9. 10 besar. Mantap..

    ReplyDelete
  10. postingan baru yang seru ro enigma..
    kasih tau donk..apakah bro enigma ndiri prnah bermimpi sketsa wajah "this man" itu???

    ReplyDelete
  11. jahh.. gagal pertamax,5 besar dehhehe..
    pertama denger isu ini trus liat videonya, ga yakin jg kalo ni beneran.. tp mereka nih emang para brilian marketing.

    ReplyDelete
  12. @hermanto yamada: tidak pernah bro :)

    ReplyDelete
  13. gan kmaren ane liat di vivanews tntang UFO terdeteksi radar rusia dan berkomunikasi seperti kucing.....
    mohon penjelasannya gan...
    thnx....

    ReplyDelete
  14. bro anaLisa juga berita bangkai ALien di Rusia yg heboh di youtube,
    bahkan udah masuk berita di @ntv. .

    _near_

    ReplyDelete
  15. wah emang marketing g tangkap disana pada kreatif semua yah. orang kan mikirnya misteri. ternyata ada misi terselubung nya

    ReplyDelete
  16. keren2 yach strategi pemasaran di sana

    ReplyDelete
  17. Apakah cara mereka seperti itu bisa dikatakan beretika ? Sampai mereka berbohong dan merekayasa kejadian yg tdk pernah terjadi ? Apakah mereka memikirkan dampak negatifnya ? Sy yakin mereka tdk mau ambil pusing , yg ada di otak mereka cuma memikirkan cara mendapatkan keuntungan yg melimpah,,
    Bro, tolong dibahas penemuan yg katanya mayat alien di rusia yg belakangan ini diberitakan, lumayan buat nambah wawasan , mksih bro,,

    ReplyDelete
  18. Wow...post baru, baca dlu ah !

    ReplyDelete
  19. wahhh....
    i like it br0 Enigma...
    saran gw ajha updat-an ny dperbanyak lagy... coz gw suka' tulisan'' bro Enigma/.///

    good job Enigma :D

    ReplyDelete
  20. Agak mengherankan perkembangan perilaku manusia. Pembenaran thd Kebohongan Publik sptnya sah2 saja, demi apa yg dinamakan penciptaan Brand Image.
    Sunguh menggelikan kita2 yg mau mengkonsumsi hoax dunia maya dan kemudian tanpa sadar dgn sukarela digiring seperti domba menuju apa dikehendaki pemasar.
    Saya lebih menghargai strategi penciptaan brand image ala Sampoerna Mild:

    utk yg tersandung tanpa harus jatuh..
    utk yg siap mencari dan tersesat..
    Go A Head

    ReplyDelete
  21. asiiik
    posting baruu
    (btw foto"ever dream this man"nya serem)

    ReplyDelete
  22. dari kasus Hakan Norkdvist mungkin cara mengetahui apakah ke dua orang diatas benar-benar 2 orang yang sama yaitu seharusnya mereka menyertakan bukti sidik jari mereka berdua yang sama, karena sidik jari tiap orang itu kan berbeda satu sama lain, mungkin hanya beberapa yg sangat mirip.

    ReplyDelete
  23. mr enigma.... udah dngr blm ?? di you tube heboh bngt uh..... ada mayat alien ditemukan di (Siberia) bnr gk sih itu mr enigma ? tolong jawaban nya ya ? alien nya mirip bngt ama tahun 1947....yg di (Roswell New Mexico)coba lht video nya......thank's

    ReplyDelete
  24. cerdas... bro enigma... perbanyak lagi tulisan soal marketing yaa...

    ReplyDelete
  25. Mantap artikelnya bung enigma, memang "Misteri Art Of Marketing" sebuah terobosan luar biasa dari Brand Image Produk, tanya bung enigma apakah diindonesia sudah ada program marketing seperti itu, satu lagi bung enigma kemaren aku ada minta tukaran link, sampai sekarang belum dijawab, aku yakin bung enigma nggk sombong meski sudah terkenal, Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  26. Bang, tolong postin ttg NII donx....

    ReplyDelete
  27. biarkanlah orang berkreasi,, dimana lagi mau cari $$$ kalo ga sperti ini.. BTW nice info bro.

    ReplyDelete
  28. orang jaman sekarang emang pada kelewatan kereatifitasnya :D

    ReplyDelete
  29. A2T : jadi penasaran dengan THIS MAN ...apa produk/jasa yang mereka jual???

    ReplyDelete
  30. werlington
    kalo THIS MAN adalah marketing strategy kenapa banyak orang yg mengaku pernah ketemu di mimpi ?apa semua yg ngaku itu juga bohong yah?pusing aku :(
    nice inpoh gan...di tunggu postingan yg bukan hoax nya lagi boz...

    ReplyDelete
  31. Pada subjudul "Kisah Hakan Norkdvist" baris ketiga. Linknya kurang sedikit om.

    Hayo siapa ini???

    ReplyDelete
  32. Yg thisman itu klo nggak salah pernah jd berita di situs berita, entah okezone atau apa. Dulu saya sempet percaya klo si thisman emang menghantui mimpi orang. Eh, tau2nya cuma strategi pemasaran. hehehe

    ReplyDelete
  33. Wew... Nice post bro.
    Media memang pnya pengaruh besar, apalagi d indonesia, 'ampun deh briptu norman.!!'

    ReplyDelete
  34. wahh emang kalo di pikir secara rasional emang ampuh banget cara itu ya gan,tapi yang ktemu orang dalam mimpi itu udah ketauan strategi marketing nya?
    oh ya btw do visit my site www.reza-theorigin.com
    thanks!

    ReplyDelete
  35. Bro enigma, tolong jelasin kpd saya yg bodoh ini apa hubungan mimpi org2 dgn si this man ini? Kenapa kok bisa dibilang strategi pemasaran?

    ReplyDelete
  36. @peuyeum bandung: kisah itu sukar dijelaskan bro.

    @near, anonymous 20 dan kevnken88: saya kira "bangkai alien" itu hoax bro.

    @The Divine Conspiracy: maaf bro, sepertinya saya tidak membaca permintaanmu. Mungkin kelewat. Tetapi sekarang sudah saya pasang linknya.

    @Andy: Sepertinya itu bukan bahasan misteri bro.

    @werlington: pengakuan itu juga rekayasa dari Natella.

    @Anonymous 34: Sudah diperbaiki bro. thanks atas masukannya. kemungkinan kamu si andika.

    @Imbeccyle: This man disebut-sebut muncul dalam mimpi orang bro. Tetapi ini cuma rekayasa saja. menurut saya ini hanya permainan saja. karena Natella juga seorang sosiolog, saya kira dia mau melihat bagaimana kelompok masyarakat bereaksi atas sebuah misteri. Soal apa yang ingin dia jual, saya juga belum tahu bro.

    ReplyDelete
  37. intinya semua itu hanya kebohongan belaka

    ReplyDelete
  38. molotoft

    om e... kira kira marketing apa yg sdg dilakukan natella dengan membuat this man itu.

    apa pendapat om e???

    ReplyDelete
  39. bang, tukeran link ya
    http://earthriddle.blogspot.com/
    makasih sebelumnya
    eh, mohon kritik dan saran juga. Hehehe

    ReplyDelete
  40. sayang banget ya itu cuman viral marketing, coba aja beneran bisa ketemu diri kita di masa depan, kan seru.. hehe

    ReplyDelete
  41. HAHAHA sepertinya enigma emang gak bisa dibohongi.

    Andika Hermawan

    ReplyDelete
  42. makasih bung enigma link anda juga udah nampang, Semoga saya bisa cepat belajar dari bung Enigma.
    Salam hormat dari saya bro.

    ReplyDelete
  43. iya... g jg dah dpt info alien nya hoax... g baca di (viva new) thank's (mr enigma)

    ReplyDelete
  44. mantaaab nih postingannya baca dulu ahhh yang lainn

    ReplyDelete
  45. Nice post...

    Tapi tolong bahas misteri tentang foto anak kecil yang muncul di puing-puing bangunan yang terbakar di eropa.

    Soalnya jelas banget fotonya... Tapi hitam putih.

    ReplyDelete
  46. keuntungan gambar itu diseba luaskan emang apa mas >>>>

    ReplyDelete
  47. multilevel marketing hehehe,,,,
    -rex-

    ReplyDelete
  48. Yang kedua kayaknya mau promosi tentang suatu produk yang unik deh

    ReplyDelete
  49. @molotoft dan ito: saya sudah memberikan sedikit pendapat di komen no.39

    ReplyDelete
  50. bro, siberian alien dibahas dunk.........

    ReplyDelete
  51. Very2 nice post bang...
    Saya salah satu penggemar artikel dari blog anda bang E...
    Izin copas ya bang :D
    Kalau berkenan tolong di link back ya bang :D

    ReplyDelete
  52. Hmmm.....nice article bang enigma

    Sekalian numpang promosi blo nih,hehe....
    visit ya www.mrdeskayz.co.cc

    ReplyDelete
  53. Kalaupun ada yang mengaku bertemu this man di dalam mimpinya, itu karena sifat manusia yang gampang berimajinasi. misalnya, kalau habis nonton film hantu, setiap kali ada suara berderik, akan dianggap sebagai hantu. Lalu ada lagi dorongan utk mengangkat dirinya dengan klaim-klaim bombastis walaupun sebenarnya tidak ada. itulah manusia. soal strategi natella, saya kira dia hanya mau melihat cara penyebaran sebuah ide yang nantinya bisa dipraktekkan untuk produk lain.

    ReplyDelete
  54. mas enigma, buat dong, artikel mengenai batu melayang di mekah, itu hoax apa bukan yah??
    soalnya gw sama temen2 gw debat soal ini..
    help yah pliss

    ReplyDelete
  55. enigma, batu melayang di mekah dibahas dong, itu hoax apa bukan sih???

    ReplyDelete
  56. waah makasih bro enigma req ane Kasus pria misterius di dalam mimpi ini dibahas.. hehehe

    ReplyDelete
  57. Saya aneh deh kalau ada orang yang bisa percaya dengan cerita hakaan. Wkwkw. absurd ah ^^

    ReplyDelete
  58. kaya film inception gitu ya ?

    ReplyDelete
  59. wah, dikirain beneran..
    taunya bkn...

    tp menarik jg nih :D

    ReplyDelete
  60. Ijin share ke facebook ya mas :)

    Thanks.

    -wandy popok-

    ReplyDelete
  61. mungkin di abad 22 telah dikembangkan mesin waktu,anehnya terjadi kecelakaan di dalam mesin waktu dan terjadi pergolakan ruang dan waktu,,mungkin itu kebetulan ruang waktu yang tidak stabil berada di dalam rumah lalu dia masuk dan terpental ke tahun 2042,mungkin saja bisa terpental ke zaman purba ataupun masa depan

    ReplyDelete
  62. terimakasih blognya bagus tentang misteri mampi juga keblog kami seputar misteri juga.

    ReplyDelete
  63. Apakah kisah tentang John Titor pernah di muat disini bang?

    ReplyDelete
  64. wkwk.. analisa yg bagus banget nich...
    ternyata semua untuk kepentingan bisnis semata.. strategi yg samar..namun menggigit :)

    ReplyDelete
  65. selalu ada ide yang kreativ dalam dunia pemasaran

    ReplyDelete
  66. bagus si pemasaran mereka.. tapi terkadang klo orang ngiklan itu rasanya bener-bener keterlaluan banget (kyk AD di internet)
    i wish those guys have a special place in hell for ruining my imagination :)

    ReplyDelete
  67. bro tulong selidiki nama angga yan paric yg punya rekening mandiri 103 trilyun apa benar pangeran duit

    ReplyDelete