Saturday, June 25, 2011

Fenomena misterius di langit Xian - UFO, Naga atau sesuatu yang lain?

Pada tanggal 1 September 2010, sesuatu yang menarik terjadi di langit kota Xian, Cina.


Pada tanggal itu, cahaya-cahaya putih misterius terlihat bergerak menari-nari di langit Xian yang gelap. Awan gelap yang menggantung pada saat itu menambah kadar kemisteriusannya.

Fenomena yang luar biasa ini disaksikan oleh ratusan orang dan diberitakan oleh media-media setempat.

Sebagian orang beranggapan kalau cahaya itu adalah armada UFO yang sedang berkeliaran di balik awan. Sebagian lain beranggapan kalau seekor naga mistik sedang terbang di balik awan kota Xian.

Bagi saya sendiri, ketika menyaksikannya, saya segera teringat dengan sebuah adegan di film-film horor dimana roh-roh jahat terlihat melayang-layang di angkasa.

Mungkin kalian punya pendapat yang berbeda.

Peristiwanya terjadi pada tanggal 1 September 2010 sekitar pukul 21:10 di barat daya kota Xian.

Deskripsi pada video youtube yang dikuti dari harian China Daily menyebutkan:
Di langit yang berawan, tiba-tiba muncul sekitar 8 atau 9 bulatan bercahaya yang kemudian membentuk tiga kelompok. Masing-masing kelompok bergerak membentuk lingkaran. Lima menit kemudian, bulatan-bulatan tersebut memecah dan membentuk dua kelompok. Masing-masing kelompok membentuk sebuah garis yang memotong kelompok lain hingga akhirnya membentuk huruf X di langit malam.

Beberapa detik kemudian, sebagian besar bulatan terlihat semakin terang. Lalu, bulatan-bulatan itu kembali memisahkan diri dan kembali membentuk pola seperti tadi.

Banyak penduduk Xian menyaksikan peristiwa tersebut yang terjadi tepat di atas ruas jalan yang cukup ramai.

Salah seorang saksi bernama Mr.Jiang berkata: "Objek-objek itu tetap berkumpul dan terus bergerak. Ketika berpisah, mereka terbang paling jauh berjarak 100 meter satu dengan yang lainnya."

Saksi lain bernama Ms.Chan yang ikut menyaksikannya berkata: "Objek-objek tersebut berbentuk seperti naga dan banyak terekam oleh ponsel."
Berikut rekaman fenomena tersebut yang diambil dari pemberitaan salah satu stasiun televisi:


(link youtube)

Mungkin kita segera menyimpulkannya sebagai Hoax. Tetapi, ada rekaman lain yang memperlihatkan fenomena tersebut dengan lebih jelas:


(link youtube)

Untuk melihat signifikansi fenomena ini, kalian harus memutar rekaman tersebut. Namun bagi kalian yang tidak bisa memutarnya, ini screen shot dari rekaman pertama:


Dan ini screen shot dari rekaman kedua.

Jadi, fenomena apa yang sedang terjadi sebenarnya?

Awan tidak bergerak seperti itu dan secepat itu.

UFO
?

Naga?

Roh-roh jahat di udara?

Atau sesuatu yang lainnya?

Lampu sorotkah?

Jika kita melihat bagaimana cahaya itu menari-nari di langit, kita memang melihat kemiripannya dengan refleksi cahaya lampu sorot.

Jika sebuah lampu sorot ditembakkan ke langit dan membentur awan, ia akan membentuk bulatan bercahaya seperti foto di bawah ini.

Namun masalahnya adalah, pada kasus Xian kita tidak bisa melihat jalur cahaya vertikalnya sehingga penjelasan lampu sorot menjadi tidak mungkin. Lagipula agak aneh kalau kita beranggapan warga Xian tidak bisa mengenali cahaya lampu sorot ketika melihatnya.

Ada lagi yang beranggapan kalau cahaya tersebut mungkin berasal dari layang-layang berlampu atau helikopter. Namun cahaya pada rekaman tersebut terlihat seperti berasal dari balik awan dan rasanya mustahil ada layang-layang atau helikopter yang terbang melebihi ketinggian awan.

Yang lain lagi percaya kalau cahaya-cahaya tersebut adalah refleksi lampu mobil pada awan rendah. Ini pun terdengar cukup mustahil. Bagaimanapun rendahnya segumpal awan, sepertinya masih terlalu tinggi untuk bisa merefleksikan cahaya-cahaya dari bumi.

Jadi, darimanakah cahaya-cahaya misterius itu berasal?

Atau apakah identitas cahaya-cahaya itu sebenarnya?

Bagaimana pendapat kalian?

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

163 comments:

  1. PERTAMAX

    akhirnya bisa pertamax di blog enigma T.T

    misterwew.woirdpress.com

    ReplyDelete
  2. itu mah awan gan. cuma bentuknya aja kayak gitu+ cahaya yang pas. jadi kebetulan aja

    btw ane pertamax gan

    ReplyDelete
  3. Wahh.. Mnurut saya itu dementor yg sdang mncari sirius black..
    Haha.. :D

    ReplyDelete
  4. sepertinya itu memang awan bro, awan bergerak yang terlihat karena sinar lampu kota sangat terang sehingga langit disekitar jadi kelihatan.

    desta bluedyst

    ReplyDelete
  5. Kalau menurut saya itu bukan naga ataupun lampu, karena dari video terlihat bentuk2 bulat dan bergerak ada yg beraturan dan tidak beraturan. seperti pada video pertama, barisan cahaya itu terbelah jadi dua jadi sepertinya tidak mungkin itu naga. Mungkin UFO

    ReplyDelete
  6. itu awan yang kebetulan berbenturan dan kebetulan pas mendung,jadi kliatan cuma perbagian kecil jadi terlihat seperti ada barangnya diawan itu..padahal klu silihat lebih jelas itu adalah gerakan awan keseluruhan yang menandakan hujan biasanya,,

    ReplyDelete
  7. cihuyyyyyyyy 10 besarrrr....

    baca dulu yaaaa

    >> www.mrdeskayz.co.cc

    ReplyDelete
  8. 10 besar
    by: Joshua

    ReplyDelete
  9. Sudah mengunjungi blog ini berkali-kali tapi baru pertama kali ini komeng.

    ReplyDelete
  10. Akhirnya saya masuk top 20

    Sashi

    ReplyDelete
  11. unik ya :D
    sudah pasti UFO tapi beneran pesawat alien atau fenomena alam atau manifestasi roh halus

    ufo believer

    ReplyDelete
  12. ahhhhhh...tak kirain pertamaxxxx.....ternyata keduabelaxxxxx....
    itu apaan ya.....atau mungkin ilmu santet yaaa....

    ReplyDelete
  13. kalau dilihat dari bentuknya lebih mirip asap..
    wah, tumben masuk 20 besar :D

    ReplyDelete
  14. wah nyerah deh mungkin brader enigma bisa menjelaskan?? saya yakin dengan kemampuan inteligensi yg tinggi yg dimiliki enigma bro enig pasti bisa memecahkannya 2 thumb up for enigma! By capriconus

    ReplyDelete
  15. 15 besaaar....
    btw menarik sekali postingannya yg ini Bang E.
    pendapat saya?? masih mikir,, ahaha

    junglemount

    ReplyDelete
  16. 20 bessaarrrr...
    so kl dah 20 besar ato pertamax napa??
    gaje dah jadinya
    -___-

    ReplyDelete
  17. Itu bisa jadi arus listrik di dalam awan,,,,


    wkwkwkw

    ReplyDelete
  18. kalo bung enigma aja belum bisa menganalisa fenomena ini apalagi kami, hehehe..

    ReplyDelete
  19. awan deh.... mengandung ion atau lisrik di suhu rendah. kayak aurora gitu mungkin?


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  20. Mungkin awan putih yang bergerak itu sebenarnya awan hitam yang bergerak karena tertiup angin menutupi awan putih yang masih belum terlihat gelap. .

    ReplyDelete
  21. Ms. Terry : menurut ane kayanya jalurnya terlalu rapi untuk sebuah aurora,.. CMIIW


    Darken

    ReplyDelete
  22. Roh dari naga mungkin itu Bro. .
    Wkwkwkwkwk...

    Kan Naga terkenal berasal dari negara China

    ReplyDelete
  23. waaaaaahhhh......... apaan itu.. kadang meliuk seperti ular naga, dan kadang pecah..
    bikin penasaran aja.. obyek apa itu yang bergerak2 seperti menari2 di atas awan sana..?
    (30 besar boleh nyombong ngga ya..? :P)

    ReplyDelete
  24. @Darken: ya udah, sementara "judul"nya belum diketahui...kita sebut UFO aja. sepakat?? kan masih UNIDENTIFIED.

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  25. Coba analisis, nih...
    Kalo dilihat berulang2, menurut gw cahaya tsb membentuk suatu pola teratur yang pergerakannya berulang. sekali lagi, walaupun kelihatannya gerakannya agak acak tp ternyata ada pengulangan. artinya? bisa jadi itu sorotan cahaya yang sengaja di program membentuk gerakan yg kl dilihat sepintas acak.

    kok gak ada cahaya vertikalnya yg menandakan itu lampu sorot? yang bisa memberikan cahaya ke awan kan bukan cuma lampu sorot. Ingat gak kejadian kiper timnas yg dilaser suporter malaysia. cahayanya napak di jidat markus tp jejak vertikalnya gak ada, itu ciri laser. bisa jadi, fenomena tsb diatas cuma sinar laser yang ditembakkan ke awan yang dimodifikasi agar membetuk cahaya yg agak blur dan menambah gadget tertentuk agar membentuk gerakan2 tadi.

    Kesimpulan : Sinar Laser yg di modifikasi
    begitulah menurut gw... ^_^ sori kl salah

    ReplyDelete
  26. wah jadi keinget anime jepang yg terinspirasi tradisi china , pasti dh pada tau . yaitu "dragon ball" .

    ketika di panggil shen long muncul dari bola2 naga yg di satukan , dan bila keinginan pemanggil dah terpenuhi ia akan jadi bola2 lagi .
    mungkin ini menjelaskan bentuk naga dan bola2 cahaya .
    -just my opinion-

    Lockerb00y

    ReplyDelete
  27. Hmmm...
    Mudah2an kejadian tersebut bukan krn ulah manusia. Krn saya percaya kita tidak sendirian di alam raya yg sangat luas ini.

    Btw knp kjadian2 aneh sperti ini tdk trjdi di daerah sy ya :(
    pdhl hmpir stiap hri mandangin langit brharap ada sesuatu yg aneh trlihat :hammer:

    Oya bung screenshotnya kurang atuh masa cm 2 :(
    krn sy buka blog ini slalu pke hp jd ga bs liat video :(

    Devata-

    ReplyDelete
  28. Cuy, hot news! Klik http://www.youtube.com/watch?v=QDIF-ZwJbF0 :p

    ReplyDelete
  29. menurut ane pribadi ntu sih kayakx Naga mistik/ arwah naga mistik penjaga langit, soalx bentukx mrip naga cina bangett ...

    ReplyDelete
  30. Kalo laser kemungkinan besar masih bisa terlihat sinar vertikalnya, lagi pula warna cahanya putih dan soft. Dan juga kalo misal itu laser, laser apa yang segede itu sorotannya? (belum pernah lihat laser sebesar dan selembut itu cahayanya)

    Mungkin saja itu cahaya sorotan dari lampu, tapi saya juga masih belum tahu pasti lampu apa. Mungkin juga hal lainnya, masih banyak kemungkinan mengenai fenomena ini.

    Ric~

    ReplyDelete
  31. Pernah dengar bola "plasma"? Mungkin bro enigma bisa mencari di google. Saya agak lupa namanya, tapi ada kata plasma-nya. Jadi, bola itu melayang, bisa dilihat, tapi bisa menembus benda padat. Saya pernah lihat siarannya di national geographic channel.

    Mungkin itu bisa jadi referensi penjelasan lain, tapi saya lebih percaya kalau itu benar-benar UFO :)

    ReplyDelete
  32. Pertama-tama, menurut saya jelas itu bukan awan. awan tidak bergerak secepat itu bahkan walaupun tertiup angin.

    @Sudut jagad: menurut saya, kita tidak boleh menyamakan antara laser yang disorot suporter malaysia dengan cahaya spotlight. Soalnya beda jenis. laser itu menekankan pada fokus. Spotlight tidak. Bulatan-bulatan itu terlihat seperti cahaya yang menyebar/blur. Kalau cahaya itu berasal dari laser, kita pastilah hanya akan melihat titik-titik, bukan bulatan yang blur seperti itu. Lagipula, laser itu juga bisa keliatan jalur vertikalnya kalau diarahkan pada malam hari ke langit. Coba deh. :)

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  33. komentar kok ngaco semua.. --a

    ReplyDelete
  34. menurut saya, itu bukan pergerakan awan atau karena refleksi cahaya kota yang begitu terang....
    tetapi saya juga tidak dapat menjelaskannya 'apa itu?'....
    tapi dari apa yang saya lihat di video....
    terdapat 4 atau lebih di balik awan (rendah) tersebut....
    saya berpendapat mungkin itu UFO....
    karena naga mistik adalah suatu kesatuan....
    tidak muustahil bila badannya dapat bersinar terang....
    tapi itu hanya pendapat karena bisa saja itu adalah pesawat tempur percobaan yang di buat untuk dapat terbang khusus di malam hari atau langit gelap sepeti yang ada di video....

    ReplyDelete
  35. mas enig, ni yang dibahas berita lama yah..
    anyway kalo menurut sy, itu hanya pergerakan awan/ pergerakan cahaya saja..

    ReplyDelete
  36. Anonymous no 33 : maksudnya ektoplasma?

    maaf, daripada membahas kembali ttg teori naga atau ufo yang jelas2 keberadaannya saja tidak bisa dipastikan di kejadian ini, saya lebih suka menganggap cina sedang melakukan tes suatu kendaraan udara secara rahasia. tapi saya juga ragu dengan hal itu karena tidak mungkin mereka menembakkan lampu sorot dari kendaraan tersebut jika ingin merahasiakan hal tsb dan malah mereka seolah2 ingin memamerkan hal tsb.

    teori kedua mneurut saya yang mungkin paling masuk akal adalah, ini hanyalah keisengan seseorang dengan menempelkan lampu pada beberapa kelelawar atau burung. walau saya juga ragu karena burung atau kelelawar tsb tidak terbang dengan merubah ketinggian terbang mereka. lagi pula burung sekelas elang atau alap2, yang bisa terbang diketinggian awan pun tak akan terbang dengan pola seperti yang terlihat divideo tersebut. jadi teori ini juga saya coret.

    ReplyDelete
  37. Bung E pernah dengar tentang "Blue Beam Project" ?
    Saya ingin tau ulasan Bung E tentang itu,sapa tau ada hubungannya dgn peristiwa di xian itu.. CMIIW

    ReplyDelete
  38. menarik tuh..
    tapi menurut saya mah pasti semuanya bisa dijelaskan dengan logika dan akal sehat..

    ReplyDelete
  39. Petir dari awan di atas wan yang itu!

    ReplyDelete
  40. Langitnya sedang mendungkan? mungkin itu emang naga yg sedang bermain2 diawan menunggu hujan~ :)

    ReplyDelete
  41. Waow, ,
    Naiz, , naiz, ,

    Baru pertama x comen jadi nda taw maw ngomong ap, ,

    Ryuka

    ReplyDelete
  42. kk sy ngfans ama blog kk nich...^^
    artikel"ny bgus",,,

    smpai" sy nru blog kk ke site jejaring sosial sy (site gratisan sich)...

    gpp ya kk blh ya..^^

    klo m liat ni msih bru bgt..."http://grou.ps/charsens/"

    ReplyDelete
  43. Badai petir yang terjadi di balik awan? Tampaknya bukan, karena tidak terlihat kilatan-kilatan cahaya. Lagi pula dalam video tidak terdengar suara gemuruh berkepanjangan seperti yang biasa terdengar ketika terjadi badai petir.

    Dalam videonya bagaikan untaian bola bercahaya yang bergerak meliuk-liuk, dari balik awan memang seperti tubuh naga... Jika awan itu tersibak mungkin akan nampak ujud aslinya.

    ReplyDelete
  44. Bung enigma, link blog saya koq belum dipasang?
    Padahal link blog ini sudah saya pasang :D

    Mohon di linkback ya..
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  45. akhirnya postingan khas mr.E adalah postingan yg penuh intrik dan "ngganjel"

    ReplyDelete
  46. ewwwwww..........

    naga?

    andai itu benar" naga,....

    saya sangat ingin jumpa lol

    bisa kah sang naga kencan dengan saya?

    yoanna

    ReplyDelete
  47. wah keren2 semua opininya bagus,,, tapi saya lebih suka kalau itu sinar laser yang di modifikasi seperti kata "sudut jagat"

    ReplyDelete
  48. Jadi gini nih. Yang ada di video itu mungkin aja makhluk yang dinamakan ATMOSPHERIC BEAST. Makhluk ini dikatakan hidup di atmospher, dapat terbang walaupun tanpa sayap, dikarenakan mungkin dia mempunyai massa yang sangat kecil. Coba cari di Mbah Google yang namanya atmospheric beast.

    ReplyDelete
  49. seperti roh" klo nggak ya sebuah awan..... yg bergerak cepat tertiup angin .. atau memang benar mereka gumpalan roh yg membentuk suatu wujud naga

    ReplyDelete
  50. sejenis bangsa JIN kali ya bang......

    ReplyDelete
  51. waaah itu son goku lagi manggil shen long tuh

    ReplyDelete
  52. pusing bro bahasanya wkwkwk

    ReplyDelete
  53. kok malah nanya kita? sekarang Saya tanya balik, bagaimana menurut brother Enigma? Mana analisa anda yg biasany ad diakhir artikel? We really really miss that

    ReplyDelete
  54. mungkin awan tu.
    tp ndak tau juga y..

    ReplyDelete
  55. Ufo kok muternya begitu ya...kayak angin ribut itu mah

    ReplyDelete
  56. klo menurut ane sih gan, itu bukan awan biasa gan, awan itu seperti awannya sungoku heheh, bisa bergerak....!!!

    ReplyDelete
  57. menurut saya : Itu adalah layang2 berekor, semacam layang2 hias yang ada di bali dan tiap2 layang2nya terdiri dari 3 dan 4 layang2 karena pergerakannya dari tadi saya lihat statis seperti mengikuti arah angin, kenapa kog Blur dan tidak nampak seperti layang2 ? bisa jadi didepan layang2 tersebut tiap2 ujungnya diberi "SMOKE" sehingga mengaburkan bentuk layang2 itu sendiri, yang jelas hal itu dibuat oleh orang yang sangat "kreatif" dan yang mendukung lagi cahaya lampu kota yg terang ikut mengaburkan layang2 tersebut terbukti detik 56-58 ada seekor burung melintas di video dan terlihat sangat terang sekali hal ini membuktikan bahwa cahaya lampu kota bersinar dengan kuat sekali, semacam ada festival di bawahnya (bandingan dengan lampu stadion saat ada pertandingan malam hari dan anda melihat dari luar stadion), hmmm lihat awal VT nya pembukaan jika ada liga Champion nah kira2 seperti itu, hmmm... bisa jadi layang2 tersebut bagian dari festival yang ada, kalo ada yg bertanya benangnya mana? bisa jadi karena besarnya layang2 benangnya menyangkut di sisi lain dari gedung tsb, sementara itu dulu pendapat saya, layang2 dan asap... sayangnya tidak dijelaskan ending dr video tsb apakah benda itu menghilang atau spt apa... terima kasih

    ReplyDelete
  58. ADA KASUS BARU..!!!
    ADA KASUS BARU..!!!
    UFO MUNCUL DI LANGIT LONDON INGGRIS..!!
    WATCH ON YOUTUBE : http://www.youtube.com/watch?v=0AouX-nWvv4

    ReplyDelete
  59. Menurut saya kejadian ini hampir mirip dengan kejadian cahaya di langit Geelong ,http://dunia.vivanews.com/news/read/146160-misteri_bola_cahaya_di_langit_geelong__ufo_
    tapi cahaya yang di Geelong sangat terang dan gerakan hampir mirip dengan kasus yang kita selidiki tetapi bedanya langit Xian memancarkan cahaya yang kurang jelas dan gerakannnya seperti zigzag.
    apakah kejadian itu sama..?????

    ReplyDelete
  60. mas Enigma tlong donk dbhas tu video ..
    http://www.youtube.com/watch?v=0AouX-nWvv4

    d'tnggu yah...

    ReplyDelete
  61. Itu ada kemungkinan videonya editan gak bro enigma?

    ReplyDelete
  62. akhirnya.....
    dengan membaca artikel ini hattam/tamat sudah saya membaca smua postingan bang E..
    dalam waaktu 6 hari..
    keren smua artikelnya bang E nih ...
    tpi saya paling suka artikel hoaxnya bang E soalnya anilisisnya ittu looh..
    Thx atas ilmu yang kau berikan bang E..
    kau memberikan cahaya dalam hidupku yang kelabu..

    by : Cānglóng

    ReplyDelete
  63. Hmmmm...kalo UFO ga mungkin..kan UFO konspirasi amerika doang yg sebenarnya ga ada kalo ga salah

    ReplyDelete
  64. Keknya naga ga mungkin deh...pola geraknya abstrak gitu and kadang2 berbenturan dan bentuknya kaya kebelah masa badan naga kebelah

    ReplyDelete
  65. mgkin percobaan militer cina buat nyaingi militer amerika.

    ReplyDelete
  66. sepertinya itu patronus yang diluncurkan laskar dumbledore

    ReplyDelete
  67. nothing in me :(June 28, 2011 at 4:37 PM

    salam bro enigma :) artikelnya bagus-bagus ya .
    OOH,, ya, mau nitip boleh nggak bro enigma buat artikel lebih tentang bulan yang misterius :)

    thx bro :)
    *^Arigatou^*

    ~Anddz~ :)

    ReplyDelete
  68. sama kaya ditempat gw gan....
    lebih parah di tempat gw, dibilang kaya kain kafan
    hi~~~~~~~~

    ReplyDelete
  69. mungkin kaya semacam petir gitu yang merambat-merambat di awan,kan itu juga lagi mendung (mungkin hehehe)

    ReplyDelete
  70. menurut ane itu AURORA SPERTI D KUTUB UTARA SELATAN...


    SO SIMPLE KAN..^^

    CASE CLOSED

    ReplyDelete
  71. Rasanya tidak mungkin itu:
    - awan (tidak bergerak secepat itu)
    - Layang-layang (tidak secepat dan sebesar itu
    - burung (tidak sebesar itu)
    - lampu sorot (tidak ada jejak vertikal sama sekali?)
    - aurora (lagi, tidak secepat itu)

    Jadi kemungkinan ya:
    - UFO
    - Naga
    - fenomena alam lainnya yg belum kita ketahui

    .
    .
    .
    ronald_interista

    ReplyDelete
  72. itu pasti militer! kerja sama antara negara2 besar..test untuk project yg bersifat massiv...xixixi sotoy ta gw..

    ReplyDelete
  73. bro enigma, bisa jelaskan gak videonya dengan pengamatan sains?

    1. pola gerakan awan putih itu kan monoton, apa bisa dikaitkan dengan cahaya seperti marfa? mungkin proyeksinya yang berbeda??

    2. apakah ada unsur yang dicurigai hoax?

    => Blogging boy

    ReplyDelete
  74. Oryza Sativa said...
    waw...keren banged y...kek gitu rasanya ngeliat sesuatu yg aneh bergerak di langit tnpa kita tau itu ap...
    mungkin di atas alien ny lagi ajeb-ajeb tuh, mknya "lampunya" muter-muter...
    atau ada naga yg lagi ngtrend make tali pinggang berlampu jadi org tu pmer sma kita,manusia,mumpung langit lagi gelap gulita dan berawan tebal...
    hehehehehehehe....ngayal mode off...

    ReplyDelete
  75. wahh naga beneran tuhh

    ReplyDelete
  76. Menurut saya, itu adalah refleksi Lampu Dugem yang berasal dari gedung tinggi sekitar..
    Peace...^^

    ReplyDelete
  77. menurut saya, lampu sorot ga mungkin krn arah cahayany brbentuk garis lurus. Kalau pesawat tempur juga ga mungkin, selincah apapun pesawat contoh: sukhoi buatan rusia ga mungkin bergerak secepat itu. Seandainy awan, brarti awan itu brgerak dlm kecepatan yg lbih tinggi dr awan sekitar dan hal itu ga mngkin trjadi (kcuali beda ketinggian)
    jadi, yang di video itu kalo ga UFO ya naga bneran

    ReplyDelete
  78. dari Tresna Asti

    wah.. Lama ga komen... :D
    aurora emg bs muncul di China? Kak Enigma? Emangnya di China bisa ada aurora?

    Kalo lampu sorot pesawat terbang gimana? #emang pesawat pake lampu sorot ya?

    Kalo kunang-kunang?
    #ngaco maneh

    :))

    ReplyDelete
  79. tetapi awan tidak bergerak seperti itu

    ReplyDelete
  80. Pergerakan awan mungkin,

    ReplyDelete
  81. Gak mungkin awan, gerakannya terlalu teratur~ =="

    ReplyDelete
  82. kasus yang menarik nih...klo pun itu lampu sorot yang di tembakkan ke atas langit...tp kok ga klihtn tuh batang cahaya yang seperti terlihat pada sample klo itu lampu sorot ya...? kemudian seperti yg om enigma jelaskan memank tuh klo pun awan ga akan bisa bergerak secepat itu..asumsi ane mungkin itu bukan naga tp mungkin UFO..maaf ga ada yang mendasari penjelasan ane..tp pikiran ane hnya berkata demikian...hnya mengikuti naluri saja...maju trs om enigma..

    ReplyDelete
  83. Naga? kenapa ada yang menyimpulkan itu naga? karena lokasinya di Cina? tapi dalam hati sih saya kepingin percaya kalu itu naga :D
    -melao

    ReplyDelete
  84. Setuju sama kata melao (anonymous 87)
    agak sulit untuk dibilang naga krn dr video'a keliatan bulatan cahaya teratur, bukan cahaya panjang yg berbentuk naga atau ular.

    Tapi dari pola gerakannya saya kyk kenal sama sesuatu. Entahlah, mungkin emg UFO atau Roh.

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  85. hahahahah (dementor) XDDD

    ReplyDelete
  86. bro enigma gak nongol2 nih.. kemana yaaa???

    ReplyDelete
  87. No komen, karna emang cukup misterius kalo kita sebut awan bergerak, karna terlalu cepat kalo bukan di daerah bertopan, kalo pun kena cahaya lampu, be'arti tu lampu keren abis bisa setinggi itu tanpa meninggalkan jejak (baca:garis putih atau bercak2 yang menandakan cahaya dari bumi terdekat). Misteri tetaplah misteri...

    ReplyDelete
  88. konspirasi amerika

    ReplyDelete
  89. UFO mna bisa nge lingker kyak gitu!

    ReplyDelete
  90. Teori yang cocok untuk menjelaskan semua ini adalah teori Stephen Hawking bahwa Alien itu benar-benar ada. Dan tampaknya alien sudah mengetahui keberadaan planet bumi. Tapi saya tidak tahu secara persis apa yang mereka perbuat malam hari di Xian. TNT.

    ReplyDelete
  91. http://indonesianufohunterss.wordpress.com/2011/08/02/foto-hoax-ge-tangkap-ufo/

    ReplyDelete
  92. Sepertinya itu cahaya bulan dech. Coba dianalisa lagi

    ReplyDelete
  93. kemungkinan itu jalur petir yang mungkin terjadi dalam awan tebal... mungkin aja ya

    ReplyDelete
  94. melihat dari pergerakannya yang tetap berputar2 pada titik yang sama.....cahaya itu bergerak-gerak dan berputar di titik yang sama...seperti sebuah rekaman yang di ulan-ulang...ini trik kamera..pembiasan cahaya dari lampu sekitar yang di biaskan oleh lensa kamera...bagaimana?

    ReplyDelete
  95. bisa saja petir yang merambat di awan.

    ReplyDelete
  96. Menurut Analisis saya...
    Kejadian ini terjadi waktu bulan september khan?
    Bulan september itu kan musim peralihan tuh dari yang cuaca agak panas ke dingin, apa lagi tgl 1, berarti masih lagi panas2nya tuh di cina..

    Naaa..., kemungkinan sieh itu kilat (Langit yang gelap berarti itu mendung khan?)

    ini dia penjelasan soal TERJADINYA KILAT :

    "Sedangkan peristiwa kilat berkaitan dengan awan petir yang terbentuk ketika udara panas bergerak ke atas. Udara panas ini membawa uap air yang sangat besar. Ketika udara panas dengan uap air tersebut mencapai ketinggian tertentu kemudian udara tersebut menjadi dingin. Dalam keadaan ini udara mengandung uap air yang lebih sedikit dari pada ketika udara panas. Kelebihan uap air ini berkondensasi menjadi titik-titik air yang berbentuk awan. Awan merupakan kumpulan kristal es dalam udara di atmosfer karena adanya pengembunan atau pemadatan uap air yang ada dalam udara setelah melampaui keadaan yang jenuh.

    Air pada umumnya membeku pada suhu 0 derajat C, tapi sifat anomali air membuat air pada suhu dibawah – 4 derajat tetap dalam bentuk cair. Tetapi dalam keadaan ini air menjadi sangat dingin. Demikian pula dengan titik-titik air yang terbentuk dalam awan petir menjadi sangat dingin. Titik –titik air ini berada jauh melebihi ketinggian air yang berada pada suhu 0 derajat C dan akhirnya mencapai tingkat ketinggian yang bersuhu –40 derajat C. Titik-titik air ini kemudian berubah menjadi butir-butir es. Titik-titik air yang membeku itu bergabung dengan yang lain membentuk bekuan baru. Dengan demikian terjadilah hujan batu es. Batu-batu es tersebut mulai berjatuhan karena gaya beratnya. Tetapi ketika jatuh selalu berbenturan dengan titik-titik air yang sangat dingin yang sedang bergerak naik. Air di dalam setiap butiran air membeku menjadi satu dengan butiran batu es yang di tabraknya dan batu es itu lama-kelamaan menjadi besar. Setiap berbenturan dengan suatu butiran air, batu es menerima muatan negatif dan jutaan benturan antara benturan air dan batu es tersebut menghasilkan muatan listrik di awan dan akhirnya menimbulkan cahaya kilat."

    Comot dari :http://nurcha.wordpress.com

    hahahahahaha...., menurutku sieh gitu! :P
    ngarang....

    ReplyDelete
  97. eh,ka mungkin aja lampu dari pesawat pesawat yg ada di atas awan

    ReplyDelete
  98. awan???awan dari hongkong

    ReplyDelete
  99. pola gerakannya kok sama ya...

    ReplyDelete
  100. sekilas mirip asap.. tapi asap gakan bersatu kayak gitu..
    UFO? yang bener aja.. masa bentuknya begitu?
    naga? ngaco..
    dementor? Haha
    iya..
    kok mirip dementor yang di HarPot ya?

    ReplyDelete
  101. bang, tlg dicari penjelasannya dong.., penasaran bgt nih..., trimakasih :)

    ReplyDelete
  102. bo'ong, dari Ryadpos

    ReplyDelete
  103. Perlu di perhatikan bahwa pukul 21.00 merupakan jam yang sangat ramai, karena ada sebagian keluarga pulang kerja dan berlibur bersama keluarga, Hmm hari rabu... Aku blom bisa menjelaskan ini apakah ada kejahatan di dalamnya? apa pada waktu 1 september malam ada kejahatan? Hmmm, Kalo soal UFO aku blom percaya, kecuali ada pembuktian yang nyata, tapi bagaimana cahaya itu muncul? hmm... aku pikirkan

    ReplyDelete
  104. kayak anak petir yah. tapi yang aneh kok muter2 disitu aja [apa d lokasi ada aktivitas medan magnet yang gak biasa]

    ReplyDelete
  105. klo yg saya bisa menyimpulkan dengan video ini adalah awan biasa yg ketiup angin. kenapa begitu? saya sudah pernah melihat sendiri saat mendung diwaktu maghrib sampai jam 8 malam saya berada diatap gedung, saat itu angin kencang. kalau kita lihat, ada 3 tipe awan saat mendung, 1)awan hitam tebal. 2)awan putih yg tipis yg berada dibawah awan hitam. 3)awan tebal yg masih putih. coba dilihat saat agak malam, cuaca mendung & angin kencang. terangnya kota akan membuat efek awan terlihat dan angin kencang yg tidak karuan arahnya membuat awan tipis tertiup & berjalan cepat tidak karuan, sedangkan sinar dari pantulan cahaya bulan atau matahari disore-jam 8 membuat awan hitam & putih yg bercampur terlihat. itulah yg membuat efek seperti naga yg sedang bergerak.

    ReplyDelete
  106. Cahayanya meliuk liuk gitu kaya uler....
    Kalo lampu sorot kan dari atas ke bawah....
    tapi kayakya gak ada tuh cahaya vertikal....

    ReplyDelete
  107. Begitu hebohnya di china, knapa pemerintah china ngga hubungi depatemen luar angkasa mereka untuk melihat melalui satelit, rekaman pada tanggal dan jam tersebut di langit daerah tersebut...!

    ReplyDelete
  108. bener tuh ada dementor cari sirius black

    by aba gama

    ReplyDelete
  109. ada yang aneh dari video ini, kenapa penampakannya hanya berputar2 di situ aja?

    ReplyDelete
  110. kayak gitu aja diributin

    itu bayak lampu sorat yang miring dan berputar2

    ReplyDelete
  111. itu mah PROJECT BLUE BEAM. Jadi gak usah heran.


    http://arisubiakto.blogspot.com

    ReplyDelete
  112. menurut saya sih itu bukan apa-apa mungkin bisa awan saya sering melihat juga awan seperti itu atau hanya lampu sorot mall-mall gtulah tapi gak tau juga sih hahaha

    ReplyDelete
  113. gerakan yang terjadi membuat pola yang sama dan berulang - ulang....

    ReplyDelete
  114. Tuh mah cahaya matahari yang ketinggalan sm temen2nya.

    ReplyDelete
  115. Menurut saya sih itu kilat di balik awan..tertutup awan sehingga cahaya bias nya hanya terlihat sari awan saja...

    ReplyDelete
  116. Mudah saja,itu adalah formasi awan comulus nimbus, formasi awan gelap yg bertingkat, biasax ini terjadi sebelum hujan lebat dan badai, kumpulan awan yg berada diatas awan yg terlihat dr bumi kemungkinan melepaskan partikel listrik yg bs kita sebut petir, karna tebalnya lapisan awan yg ada dibawah maka petir itu hanya bisa terefleksi sebagai sebuah cahaya yg berkelap kerlip, tapi nampaknya alam memutuskan menampilkan keadaan yg cukup dramatis untuk menghibur manusia, hingga kejadian alam yg biasa terjadi tadi dibuat sedemikian rupa hingga menjadi sesuatu yg menakjubkan.

    ReplyDelete
  117. Bener atau ngak nya hanya Tuhan yang tau.

    ReplyDelete
  118. Menurut saya itu awan gan, sejenis awan ringan yang dapat cepat bergerak oleh angin atau faktor lainnya seperti gravitasi.
    nice post gan, erimakasih infonya.

    Silahkan mampir ke blog saya juga ya..
    http://holook.blogspot.com/

    ReplyDelete
  119. Hanya Tuhan yang bisa menjawabnya

    ReplyDelete
  120. 10 Makhluk Teraneh dalam Mitologi Jepang
    silahkan kunjungi link ini
    http://cybervolution.tk/

    ReplyDelete
  121. Itu kan cuma awan gan,,, orang dari xian aja yang berlebihan nanggepinnya !!!

    ReplyDelete
  122. kalau hanya beranggapan gk bakal selesai lebih baik disingkap kebenarannya ya gk bang enigma???

    ReplyDelete
  123. menurut sy...
    i2 adlh ufo....
    bukanx ufo gk ad....
    tp, ufo i2 mmg ad....
    terlihat melayang d roma tahun 1900 - an (kykx)
    dan juga tempat jatuhx ufo d AS...
    alien atau penghuni ufo i2 lbh pintar daripada manusia...
    kecerdasan yang menurut sy lbh tinggi daripada albert einstein ato orang yg lbh pintar daripada einstein...
    jadi gk heran klo ufo ntu bisa bergerak "acak tp teratur"
    mungkin saat cahaya i2 menjadi lbh kecil, Unidentified flying object i2 bertransformasi menjadi lbh kecil dgn teknologi yg sgt canggih...
    sehingga terjadilah fenomena tersebut...
    ingat, bkn cma kita yg hidup d alam semesta ini...
    dan ingat juga...
    ad makhluk yg lbh tggi tngkt kecerdasannya dari manusia...
    ini sebaikx menjadi bahan acuan utk para manusia d bumi sehingga menjadi motivasi tersendiri utk melebihi alien2 yg lbh cerdas daripada manusia...

    sekian pendapat sy...
    ingat...
    pendapat seseorang tdk selamax benar...
    tergantung dari cara pemikiranx...

    ReplyDelete
  124. pecahin sama bukti, jgn eyel-eyelan! itu menurut saya jelas kalo itu sebenarnya sekelompok onde-onde. >_<

    ReplyDelete
  125. itu adalah naga asli, karna terbang naga bukan berbelok" tpi bergerak vertikal

    ReplyDelete
  126. Itu adlh ...cahaya eh ktnya glaksi adromeda mndkati glaksi bima saktii...bahas donk mbah enigma

    ReplyDelete
  127. di video no. 2, keliatan gerakannya berulang2 sama polanya. kayaknya cuma permainan cahaya

    ReplyDelete
  128. aku kayak pernah lihat, dimana ya? di kartun? harry potter? :) oh, itu awan, tapi alasan awan itu bisa kayak gitu adalah karena ada naga yang mau keluar kayak kartun dragon ball ha ha #plak!

    ReplyDelete
  129. ASSALAMUALAIKUM,SAYA SEKELUARGA SANGAT MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI [RORO]…MELALUI PERTOLONGAN AKI SAYA BISA MENANG TOGEL DAN UANGNYA SANGAT BERGUNA BAGI SAYA..KARNA SAYA PAKAI UNTUK BEROBAT,SAYA SEMPAT PUTUS ASA NAMUN BERKAT SEMANGAT ISTRI SAYA YANG SELALU MENEMANI SAYA DNGAN PENUH KESABARAN MEMBUAT SAYA JUGA IKUT BERSEMANGAT MENJALANI HIDUP,KARNA SAYA MBAH TIDAK BISA BEKERJA KARNA PENYAKIT PARU-PARU YANG SAYA ALAMI SUDAH 5 TAHUN,BERKAT BANTUAN AKI DENGAN SEISIN ALLAH ALHAMDULILLAH KINI SAYA SUDAH BISA SEMBUH..SEMOGA KEBAIKAN AKI DI BALAS OLEH ALLAH,DAN BAGI ANDA YANG INGIN DI BANTU SAMA AKI [RORO] SILAHKAN HBG:085-298-168-017

    ReplyDelete
  130. JIKA BUTUH ANGKA GOIP HASIL RITUAL,2D_3D_4D_SGP/HK.YANG DI JAMIN 100% TEMBUS,JIKA INGIN MERUBAH NASIB HUB KI RORO DI NO:085298168017

    ReplyDelete
  131. Itu, menurut saya..!!
    Naga, ada 2..!!!

    ReplyDelete
  132. itu adalah awan kinton milik songoku bang,karena bingung nyari tuan nya kmana jd dia muter" ga karuan ky gtu,ahihihihi...

    ReplyDelete
  133. mungkin mas, mungkin ntu aurora

    hehe, aneh ya

    ReplyDelete
  134. keren videonya, bisa gerak kayak ikan lele aja.. haha

    ReplyDelete
  135. kalo kilat gak mungkin karena geraknya itu sesuai ritme.. apalagi awan.. bah.. naga itu tapi kita gak tau gimana munculnya

    ReplyDelete
  136. Menurut saya, hal tersebut adalah layang-layang yang sengaja di terbangkan oleh orang pada malam hari,,,,
    Tentunya mekanisme layang2nya seperti yang dijelaskan pada blog yang saya dapatkan neh http://golem3dholic.blogspot.com/2011/09/2-layang-layang-lampu-motoran-dan.html
    Alasannya :
    1. kalo malam ngk akan nampak tali kan gan?? he..he..he.. apalagi make warna hitam talinya
    2. layangan ini di desain khusus dengan membuat pola seperti yang terlihat di rekaman (tentunya menggunakan lampu yg kecil)
    3. spot bermain layangan pada atas gedung sangat baik untuk menipu para pengguna jalan...he..he.. (buktinya ngk ada tuh yang ngerekam diatas gedung)
    padahal kan lebih jelas juka dilakukan dsana ( mungkin udah kompak kali ya satu kabupaten) hehehe
    4. dilihat dari rekaman... benda tersebut berada di atas awan (jadi dapet tampilan yang blur pada object)
    5. pola gerakan kesana kemari dengan posisi tidak berpindah jauh,,, membuktikan hal tersebut dilkukan pada satu titik.
    Sekarang saya coba membahas Analisis lain menurut deskripsi harian china daily.
    1. tiba-tiba muncul sekitar 8 atau 9 bulatan bercahaya yang kemudian membentuk tiga kelompok.
    ( layangan dimainkan oleh 3 orang karena 3+3+3 =9 )
    2.Lima menit kemudian, bulatan-bulatan tersebut memecah dan membentuk dua kelompok. Masing-masing kelompok membentuk sebuah garis yang memotong kelompok lain hingga akhirnya membentuk huruf X di langit malam.
    ( salah satu pemain memotong pemain lain dengan membentuk huruf X sehingga layangan pemain yg satunya sudah terpisah dan hilang dari kelompoknya)
    3. Beberapa detik kemudian, sebagian besar bulatan terlihat semakin terang. Lalu, bulatan-bulatan itu kembali memisahkan diri dan kembali membentuk pola seperti tadi
    ( dikarenakan layangan turun pada awan yang rendah sehingga lampu terlihat jelas, kemudian pemain menaikkan layangn kembali dan membntuk pola asal kembali.)
    4. Banyak penduduk Xian menyaksikan peristiwa tersebut yang terjadi tepat di atas ruas jalan yang cukup ramai.
    ( kenapa ngk diatas gedung aja .he..he... lebih jelas n tidak mengandung konspirasi )
    5.salah seorang saksi bernama Mr.Jiang berkata: "Objek-objek itu tetap berkumpul dan terus bergerak. Ketika berpisah, mereka terbang paling jauh berjarak 100 meter satu dengan yang lainnya."
    (hal ini dikarenakan pemain berada pada satu spot sehingga objek tetap berkumpul, dan jarak terjauh adalah 100 meter..bisa dibayangkan ngk gan? temen ente main kira2 50 meter dari ente, hasilnya layangan ente paling jauh terbangnya sekitar kurang lebih 100 m dari punya ente.
    6. Saksi lain bernama Ms.Chan yang ikut menyaksikannya berkata: "Objek-objek tersebut berbentuk seperti naga dan banyak terekam oleh ponsel."
    ( layangan didesain khusus mirip ama naga hehhehe...

    JADI seperti itulah analisis saya... kira2 ada yg lebih spesifik lagi dalam menambahkan ...monggo gan,,,,,, :)

    ReplyDelete
  137. Setan banyak menyesatkan manusia dengan cara seperti ini agar iman manusia lemah....

    ReplyDelete
  138. odhier nama sayaJune 17, 2013 at 8:00 PM

    pergerakannya yg ga beraturan lebih mirip aurora borealis ,,,,

    ReplyDelete
  139. Aaaaaah. Shit! Padahal uda ngetik panjang lebar buat ngoment, ttpi krn sesuatu dan lain hal maka tdk jd panjang lebar. :'(
    Intinya menurut saia itu hanya fenomena alam d saat cuaca sdng buruk (mendung -_-)
    D stu tuh kyk lg trjadi badai petir, tp trjadinya bkn d bagian bawah awan rendah, melainkan di atasnya, sekitar lbh dr 10.000 km dpl lah mnurut saia.
    Kita tau klau semisal lg ad petir gtu kan kilatnya bakalan nyebar n menjalar2 seperti pohon (ranting maupun akarnya), n ini dpt mnjelas mngapa cahaya tsb terlihat memisah. Utk mnjelaskan mngapa cahaya nya berkumpul, sbnrnya itu bkn berkumpul, mnurut saiaaa, itu adlah pusat/sumber kilatnya td, makanya keliatannya gede.
    Trus knp petirnya ga kliatan n knp suaranya ga kedenger??
    Mnurut saiaaa (lagi), suaranya gak kedengar krn sumber suaranya tu sndiri sangat2 jauh dr prmukaan bumi, plus awan2 tebal yg ad dibawahnya meredam suara keras dr ptir tsb. Trus wujud aslinya gak keliat yaaa ga beda jauh lah penjelasannya ma alsan suaranya ga kedenger, cuz jauh bngt, trus d tutupin awan yg tebel banget n item pula (abu-abu sih sbnrnya :/).
    Itu sih mnurut opini saiaa. Maaf kalau kliatan banget ngarangnya dan mngandung teori yg tak berdasar >_<
    #nervous bikin komen >_<
    Bnr2 deh minta maaf klau pndapat saia salah n susah d pahami plus sangat2 tdk berguna n hanya menyemak kolom comment ini. Ampuuun >_<

    Btw, my name is Valdi (twitter:: @valdipakefi) :p

    ReplyDelete
  140. saya pikir itu Ъϊśå jadi cahaya dari lampu mobil , mungkin ϑ¡ sekitar situ ada jalan raya , soalnya disini saya pernah melihat 'fenomena' seperti itu , tp saat saya ambil foto/vdo , cahaya2nya gak terlihat jelas , dari tempat saya tinggal,ăϑα̲ jalan bypass lurus Чǝлƍ cukup panjang,saat hari belum begitu malam tp juga sore sudah lewat ϑαπ cuaca agak mendung,saya pernah mengira itu sesuatu Чǝлƍ aneh ϑαπ saya berdiri sebentar menyaksikannya, namun,setelah saya amati,cahaya2 Чǝлƍ tampil ϑ¡ awan Чǝлƍ mungkin ckup rendah itu,selalu berpasang2an(kyak lampu mobil ğî†ΰ
    ) terus bergantian ğî†ΰ nyorot ke langit,
    ,asumsi sya ,, itu Ъϊśå jadi lampu2 jauh dari mobil Чǝлƍ jalan ϑ¡ sekitar situ,mungkin Ъϊśå dicari tau barangkali ada jalan raya juga ϑ¡ sekitar tempat pengambilan vdo nya..

    ReplyDelete
  141. gan.barusan ane lhat kejadian yang sama seperti tulisan agan ini. awan itu bergerak seperti naga / ular gan. lokasi ane di tangerang,sumpah demi tuhan kalo ane bohong. ane rela melarat 7 turunan gan.ane lihat awan itu +- 15 menit..ane lagi bawa motor sama istri ane.ane pastiin ga da lampu di sekitar Tkp.soal nya awan itu bergerak di tempat yang bawah nya cuma ada sawah dan sungai..

    ReplyDelete
  142. Kayaknya Goku terbang Ke China
    Manggil Naga Pake Dragonball

    ReplyDelete
  143. Gw liat coment2nya jadul, haha.. Soalnya post nya juga dah lama, tapi agan E kaga nongol2, mungkin masih di teliti sama agan E,

    Kalo menurut gw
    1. Fenomena alam
    2. Bisa jadi awan mendung yang akan mengeluarkan petir
    3. Layang2 juga bisa jadi,
    4. Apa mungkin satelit ?? Yang mencoba mengeluarkan cahaya ke bumi???

    Ya itu baru spekulasi kasar aja sih,,,
    Mungkin skerng fans2 agan E lagi di uji utk riset ini.. Sampe mana sih kemampuan kita? Atao emang agan E butuh bantuan kita??
    Heheheh...

    ReplyDelete
  144. nukedevil said,,,,,,

    zeus lagi disko bang...

    ReplyDelete
  145. Ini salah satu dari sekian banyak postingan yang saya tunggu klarifikasinya, Hoax atau Something, memang segala sesuatu tidak selalu ada jawabannya, tapi untuk hal ini, saya PENASARAN 7 turunan... Semoga terselesaikan. Sukses dan Jaya selalu Bro "E".

    Sincerely,

    Your Admirer.

    ReplyDelete
  146. apa mungkin ini HAARP ??

    sebagai bagian dari pelemahan mental manusia..

    #loveTeoriKonspirasi

    ReplyDelete