Thursday, September 12, 2013

Apakah misteri crop circle sudah mulai terpecahkan?

Setelah lebih dari seratus tahun menjadi misteri yang menyenangkan bagi para pemburu fenomena aneh, apakah sekarang misteri crop circle telah mulai terungkap sedikit demi sedikit? Jika demikian adanya, apakah kita siap untuk mengakui bahwa crop circle hanyalah sebuah seni buatan manusia yang tidak ada kaitannya dengan ekstra terrestrials? 
Soal crop circle, komunitas peneliti dan media terombang-ambing. Antara mempercayainya sebagai pesan rahasia makhluk berintelejensia tinggi dari peradaban jauh di planet lain ataukah hanya sekedar sebuah karya fantastis dari seniman langka yang bekerja diam-diam untuk memuaskan diri. 
Pola-pola indah dan rumit crop circle telah menghiasi ladang-ladang gandum di Inggris selama puluhan tahun. Para petani yang kesal karena ladangnya yang rusak oleh crop circle umumnya masih bisa mengutip uang dari para turis yang ingin menyaksikan dan merasakan sensasi misteri ini. Namun, sepertinya atraksi turis semacam itu telah berakhir. Dan mungkin juga misteri crop circle akan bernasib sama. 
Pada tahun 2013 ini, para peneliti dan pemerhati crop circle menyadari satu hal yang tidak biasa, yaitu penurunan jumlah kemunculan crop circle yang sangat tajam di Inggris. Pada pertengahan tahun 2012, paling sedikit muncul 50 pola di ladang-ladang gandum Inggris. Tahun ini hanya 15. Tetapi bukan itu yang paling mengganggu, melainkan bentuk pola yang sangat sederhana sehingga memunculkan spekulasi bahwa siapapun yang membuat crop circle indah pada tahun-tahun sebelumnya telah memutuskan untuk pensiun. 
Lihat saja contoh-contoh crop circle berikut ini: 

Pola seperti ini jelas terlihat seperti dibuat oleh para amatir yang belum memiliki kemampuan untuk menyamai pola terdahulunya.
Atau bentuk hati yang muncul berikut ini. Jelas tidak menunjukkan kehebatannya sebagai crop circle kelas dunia. Bandingkan dengan crop circle berpola hati yang muncul sebelumnya.
 
Apa yang telah terjadi? Apakah alien dari planet lain telah dihinggapi rasa jenuh untuk menunjukkan karya-karya spektakulernya di ladang-ladang gandum Inggris. 
Well, memang iya, para pembuat crop circle itu dihinggapi rasa jenuh, atau malas, untuk melanjutkan karyanya. Tapi mereka bukan alien.
Menurut Dailymail yang mengutip sumber-sumber internal, para seniman rahasia yang sebelumnya rajin membuat crop circle memang telah memutuskan untuk berhenti. Salah satunya adalah Julian Richardson yang telah beralih ke seni Sand Circle. 

Julian Richardson
Matthew Williams, seniman lain, memutuskan berhenti setelah mengalami penyakit yang berhubungan dengan tanaman. Mundurnya dua seniman ini telah membuat seniman lain malas membuat crop circle yang baru dikarenakan tingkat kompetisi yang telah menurun jauh. 

Matthew Williams 
Kata Williams,"Masalahnya adalah para pembuat crop circle hebat telah pensiun atau beralih ke sesuatu yang baru. jadi sudah tidak ada kompetisi lagi. Seniman-seniman tersebut adalah orang-orang yang sangat kreatif, dan tanpa adanya persaingan persahabatan, banyak seniman lain menjadi tidak peduli lagi dengan crop circle." 
Ia melanjutkan,"Banyak dari crop circle terbaik yang muncul beberapa tahun belakangan ini dibuat hanya oleh segelintir orang dan sekarang mereka telah menggantung papan kayu dan pindah ke ladang yang baru." 
Mengenai Julian Richardson, Matthew berkata,"Ia ingin mencoba sesuatu yang baru dan saya rasa ia muak dengan orang-orang yang berusaha mendapatkan uang dari hobinya - walaupun ia sendiri tidak pernah mendapatkan apa-apa. Para petani menjadi semakin galak dan para penggemar crop circle menuntut semakin banyak dan kami masih tidak mendapatkan uang sama sekali." 
Matthew merujuk kepada Monique Klinkenbergh, seorang "ahli" crop circle belanda yang membuat sebuah skema dimana orang-orang yang datang harus membayar supaya bisa masuk dan berjalan di dalam pola crop circle.  

"Banyak dari rekan seniman berhenti membuat crop circle karena telah dirusak oleh orang-orang luar seperti Klinkenbergh yang berusaha mendapatkan uang dari hobi kami. Kami, komunitas pembuat crop circle tidak suka ada orang luar seperti dia yang mengambil alih dan berusaha ikut campur." 
Soal petani yang semakin galak, Matthew pernah mengalaminya sendiri ketika pada tahun 2006 ia ditangkap polisi dan dihukum karena dianggap merusak ladang gandum yang bukan miliknya. 
Menurut Matthew, jika keadaan ini terus berlanjut maka tahun depan bisa jadi tidak akan ada lagi crop circle yang muncul. 
Memang sejak dulu para peneliti crop circle meyakini bahwa sekitar 80 persen pola yang muncul adalah buatan manusia. Namun tidak ada dokumentasi yang jelas mengenai keaslian masing-masing pola.
Dengan adanya perkembangan terbaru ini, maka misteri crop circle berpola rumit memang patut dipertanyakan kembali.

Logikanya seperti ini,

1. Seniman crop circle aktif bekerja = Crop circle terus bermunculan.
2. Seniman crop circle pensiun = Crop circle tidak muncul.

Ini berarti,

3. Crop circle pastilah dibuat oleh seniman crop circle (manusia).

Cukup rasional. 

Tentu saja apa yang saya gambarkan lewat 3 poin di atas tidak persis menggambarkan apa yang sedang terjadi. Soalnya crop circle tidak bisa dibilang hilang sama sekali karena crop circle dengan pola-pola sederhana masih muncul. Kita tidak tahu ada berapa banyak seniman crop circle yang masih aktif atau mereka yang baru pertama kali mencoba membuat crop circle di luar sana sehingga mustahil rasanya untuk bisa benar-benar memecahkan misteri ini.

Namun, dengan pensiunnya seniman-seniman utama, jelas sekali bahwa kemunculan crop circle (berpola rumit) sendiri mengalami penurunan yang sangat signifikan sehingga kesimpulan poin 3 diatas adalah sebuah kemungkinan yang sangat besar.

Bukankah dengan demikian kita bisa mengambil kesimpulan bahwa crop circle berpola rumit sesungguhnya bisa jadi hanya merupakan karya tangan para seniman, dalam hal ini manusia biasa?

Bagaimana jika crop circle yang sejati sebenarnya hanya berupa lingkaran-lingkaran bulat biasa seperti yang muncul puluhan tahun yang lampau? 

Apakah kita masih akan mengakui keindahan misterinya? 

Tapi bukankah menurut para ahli pola rumit semacam itu tidak akan sanggup dibuat oleh seorang hoaxer?

Untuk itu, mari kita melihat crop circle dari sebuah perspektif yang baru, yaitu kemungkinan bahwa misteri ini sebenarnya tidak sehebat yang kita kira. Jika kita melihat kembali ke belakang, kita akan menemukan dua karakteristik utama yang membuat crop circle menjadi sebuah misteri yang menarik.  
Karakteristik pertama adalah pola yang indah dan rumit yang katanya mustahil bisa dikerjakan dalam waktu satu malam tanpa menarik perhatian.

Karakteristik kedua adalah ciri-ciri fisik dan perubahan (abnormalitas) yang terjadi pada tanaman dan ladang dimana crop circle muncul.

Mari kita melihatnya satu persatu.

Pola Rumit yang Mustahil

Argumen yang selalu diajukan adalah, "Mustahil crop circle bisa dibuat oleh manusia karena polanya terlalu rumit untuk ukuran kemampuan manusia. Lagipula, pola semacam itu tidak mungkin dibuat dalam semalam."

Memang benar. Yang mengajukan alasan di atas umumnya adalah: Para peneliti, penulis, wartawan, penggemar misteri, anda yang sedang membaca tulisan ini dan saya sendiri.   

Tentu saja kita akan menganggapnya sebagai suatu kemustahilan karena kita tidak pernah bergelut dengan proses konstruksi sebuah crop circle. 

Tapi, akan lain jadinya jika kita bertanya kepada para seniman yang telah menghabiskan puluhan tahun hidupnya untuk mempelajari dan menyempurnakan teknik pembuatan crop circle. Pola yang rumit bukan lagi suatu kemustahilan.

Kita juga sering mendengar bahwa manusia masa lampau tidak memiliki teknologi untuk mengangkat batu yang beratnya berton-ton atau membuat gambar raksasa semacam garis nazca. Namun berbagai eksperimen menunjukkan kalau semua itu sangat mungkin dilakukan walaupun hanya dengan peralatan yang sederhana. 
Pengambilan kesimpulan yang salah ini juga terjadi pada pola rumit crop circle.

Mengenai pola geometri yang rumit, Julian Richardson adalah salah seorang yang sangat ahli. Lihat saja karya seni sand circle yang dibuatnya. Jika kita melihat contoh lain dari halaman Facebooknya, jelas sekali terlihat bahwa Julian sangat mampu membuat pola-pola indah dan rumit. 

Jika ia mampu membuatnya di atas permukaan pasir, maka pastilah ia juga mampu membuatnya di atas ladang gandum.

Katanya,"Saya sudah terlibat dalam pembuatan crop circle sejak tahun 1990-an. Saya suka dengan geometri, seni dan fenomena paranormal. Apapun yang diklaim oleh para ahli crop circle, para seniman ini memang hanya menggunakan tali, patok dan bilah kayu untuk menciptakan seni yang sedemikian indahnya." 
Keahlian menggunakan tangan dan peralatan sederhana tersebut kemudian dikombinasikan dengan komputer yang digunakan untuk menghasilkan pola-pola geometri seperti fraktal. Menurut seorang seniman crop circle lain, semua kombinasi ini akan menyebabkan sebuah crop circle berpola rumit "Dead easy to make".

Mengenai kepindahannya ke seni sand circle, Julian berkata kalau ia ingin mendapatkan legitimasi dari masyarakat. Ini sepertinya membenarkan ucapan Matthew. 

Keahlian Julian dalam membuat crop circle berpola rumit juga dikonfirmasi oleh peneliti lainnya, George Wingfield. Ia adalah peneliti crop circle yang punya kaitan dengan komunitas pembuat crop circle. Menurutnya pola crop circle angka phi rumit yang muncul di Inggris tahun 2008 dan yang hanya bisa dipecahkan oleh seorang ahli astrofisika sesungguhnya adalah buah karya seorang seniman yang dikenalnya dibantu oleh Julian. Jadi bukan karya alien walaupun memiliki pola matematika yang rumit. 

Saya pernah memposting soal crop circle itu disini.

Keahlian Julian bahkan menginspirasi circle maker lainnya yang sering mendedikasikan karya-karya mereka untuknya. Dan mereka memberikan petunjuknya lewat sebuah inskripsi misterius.

Walaupun terlihat seperti bahasa dari planet lain, inskripsi tersebut sesungguhnya adalah huruf "FOJ" yang merupakan singkatan dari "Friends of Julian".

John Lundberg, seniman crop circle lainnya, mengaku bahwa ia tertarik membuat crop circle karena film Mel Gibson, Signs. Pada tahun 1991, ketika Doug Bower dan Dave Chorley mengaku bahwa mereka telah membuat crop circle, ketertarikan masyarakat akan pola-pola aneh ini mulai padam. Lundberg berniat membangkitkannya.
"Kami ingin memunculkannya kembali dengan membuat pola yang sedemikian besar dan kompleksnya sehingga orang-orang akan kembali bertanya: 'apakah mungkin semua ini dibuat oleh manusia?' "
Menurutnya, bulan terbaik untuk membuat crop circle adalah Juni untuk tanaman Barley dan pertengahan Juli untuk Gandum. Pada bulan-bulan itu kondisi tanaman akan membuat mereka terlihat lebih indah karena setiap batang tanaman berdiri tegak lurus. Mereka membuat pola-pola tersebut dengan bantuan komputer. Ketika sampai pada implementasi di lapangan, tidak dibutuhkan lagi teknologi rumit. Hanya pita, tali dan papan.
Ini adalah salah satu contoh bagaimana crop circle dibuat dalam semalam.

Dari pernyataan Lundberg, kita bisa membagi era crop circle menjadi dua. Yang pertama adalah era pola sederhana, hanya berbentuk  satu lingkaran sederhana. Yang kedua adalah era geometris berpola rumit. Jika dilihat dari pengakuan para seniman ini yang didukung dengan bukti menurunnya jumlah crop circle berpola rumit ketika mereka pensiun, maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa era crop circle berpola rumit sesungguhnya dimulai oleh para seniman ini. Manusia biasa dan bukan alien.

Abnormalitas Fisik Tanaman dan ladang Gandum

Baiklah, jika pola yang rumit bukan lagi sebuah kemustahilan, bagaimana dengan ciri-ciri fisik seperti adanya unsur logam pada tanah atau perubahan kecepatan pertumbuhan tanaman gandum?

Mungkin peneliti yang paling sering dikutip dalam kaitannya dengan penelitian crop circle adalah W.C Levengood. Ia meneliti 86 sampel crop circle yang muncul antara tahun 1990 hingga 1992. Penelitian Levengood kemudian menemukan beberapa perubahan (abnormalitas) pada sampel tanaman yang diteliti. 

Namun, Levengood dengan jelas memperingatkan bahwa sampel yang diambilnya berasal dari berbagai tanaman seperti kedelai, gandum atau jagung. Ia juga menekankan bahwa crop circle yang ditelitinya tidak memiliki bentuk geometri khusus. 

Pernyataan ini penting karena berarti ada kemungkinan kalau sampel yang ditelitinya adalah formasi crop circle yang berbentuk sangat umum, seperti lingkaran sederhana, dan bukan pola rumit yang baru muncul setelah tahun 1990 ketika para seniman seperti Julian mulai beraksi. 

Seperti ini misalnya.

Jika crop circle yang sejati adalah crop circle yang berbentuk seperti ini, apakah kalian masih tertarik dengan fenomena ini?

Sebagai catatan, dari lebih dari 80 formasi yang ditelitinya, tidak semua ditemukan abnormalitas. Misalnya, ia hanya menemukan 25 formasi yang batang tanamannya sedikit membesar dan 27 formasi yang mengalami perubahan kecepatan pertumbuhan.

Dari situs ini, kalian bisa melihat bahwa abnormalitas yang terobservasi pada sampel tidak menyeluruh dan seragam. Walapun demikian, Levengood menyimpulkan bahwa abnormalitas ini bisa jadi disebabkan oleh plasma vortex yang kemungkinan juga bertanggung jawab terhadap pembentukan crop circle (yang sederhana). Stephen Hawking yang sempat membaca hasil penelitian Levengood belakangan juga setuju bahwa crop circle bisa dibentuk oleh plasma vortex. Dan ini adalah jawaban yang ILMIAH.

Dan misteri crop circle pun telah terpecahkan oleh Levengood!

Jika crop circle yang sejati hanya berbentuk satu lingkaran sederhana seperti di atas, bukankah kadar misterinya telah berkurang jauh?

Matthew Williams mengakui soal ini di dalam sebuah wawancara. Ketika memulai karirnya sebagai pembuat crop circle, ia menyadari bahwa crop circle yang memiliki pola rumit sama sekali tidak ada hubungannya dengan alien.

"Saya berteman dengan banyak kelompok pembuat crop circle dan menyaksikan sendiri bagaimana crop circle dibuat dalam berbagai kondisi. Pada waktu itu, saya percaya jika saya dapat bertanya kepada manusia pembuat crop circle, maka saya bisa menentukan crop circle mana yang dibuat oleh manusia dan mana yang dibuat oleh kekuatan yang tidak dikenal. Belakangan, saya mulai yakin bahwa crop circle buatan manusia adalah crop circle yang memiliki pictogram yang kompleks sehingga menyisakan hanya crop circle dengan pola yang sangat sederhana yang tidak diketahui asal-usulnya."

Dari dulu, faktor alam merupakan penjelasan yang paling banyak diajukan oleh para peneliti. Namun banyak yang menolaknya karena rasanya mustahil alam bisa membuat crop circle berpola geometri phi, burung kolibri atau wajah alien. Tentu saja. Sayapun menolak menerimanya. Namun jika crop circle hanya berbentuk satu lingkaran sederhana seperti yang muncul pada catatan-catatan masa lampau, maka saya yakin banyak diantara kalian akan bisa menerima faktor alam sebagai jawaban atas terbentuknya formasi crop circle.

Kesimpulan  

Kalau begitu, apakah crop circle tidak mengandung misteri sama sekali? 

Belum tentu juga. Ini mungkin bisa membuat kalian kembali bersemangat.

Para seniman crop circle mengakui kalau ada sesuatu yang aneh berkeliaran di Wiltshire. Ketika Julian Richardson dan teman-temannya sedang membuat sebuah crop circle mereka pernah melihat sebuah bola cahaya oranye aneh melayang di atas ladang. 

John Lundberg juga mengakui hal yang sama.

"Sebenarnya ini cukup memalukan. Namun saya pernah melihat UFO sementara membuat crop circle di Wiltshire. Penampakan itu merupakan penampakan UFO klasik berbentuk cerutu hitam dengan cahaya terang. Ia muncul di atas horison dan perlahan bergerak ke arah kami, tidak mengeluarkan suara sama sekali. Kami tidak tahu sama sekali benda apa itu. Saya juga pernah melihat bola-bola cahaya di tepi ladang yang membuat kami gugup. Tapi kebanyakan yang kami lihat adalah kilatan-kilatan cahaya seakan-akan seseorang sedang menyorotkan senter ke arah mata saya."

Rod Dickinson, seniman yang lain, bahkan pernah memotret sebuah objek berbentuk piringan putih pada tahun 1993. 

Pada tahun 1996, Rod kembali memotret objek misterius di Chibolton.

Dan semua penampakan ini masih merupakan misteri yang belum terpecahkan. Mungkin saja wilayah Wiltshire dan Chibolton memang penuh dengan misteri dan mungkin saja misteri ini akan menjadi misteri yang jauh lebih menarik dibanding fenomena crop circle itu sendiri.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

130 comments:

  1. akhirnya ada postingan baru lagi :D

    ReplyDelete
  2. Selama keberadaan alien masih belum bisa dibuktikan, maka panjelasan paling logis mengenai fenomena Crop Circle ya fenomena tersebut dibuat oleh manusia sendiri. Apalagi setelah munculnya pengakuan & demonstrasi langsung dari mereka yang sudah pernah membuat Crop Circle.

    ReplyDelete
  3. ah gagal petromax...

    baca dulu ya..

    ReplyDelete
  4. by Arief
    Manttap Bung E . . . Brarti kaya'nya bakal ada postingan Tentang wilayah Wiltshire dan
    Chibolton nih Bung E, ditunggu aja deh ?

    ReplyDelete
  5. siaal ga pertamax lagii...aduhh..,Nice Article as usual n thanks Bung E atas reply emailnya...yg hantu belum masuk listing yah hehe...

    R.Joe

    ReplyDelete
  6. Ternyata buatan seniman, masih berharap buatan alien.

    ReplyDelete
  7. Mau buatan alien atw buatan manusia.. Crop circle tetep mengagumkan. Terutama yg muncul dgn pola rumit. Salut bwt para pembuat crop circle..

    ReplyDelete
  8. halaman Facebook Julian tidak bisa di buka Mr. E. . kenapa yah ?

    Good Luck Mr. E
    makasih

    ReplyDelete
  9. Kesimpulan yang menarik bung, sesungguhnya akan lebih menjadikan misteri apabila tidak ada yang memberikan keterangan bagaimana cara membuat, seperti pada Coral Castle, apakah kejadian crop circle di Indonesia (daerah Sleman) juga ada "pekerja seninya" bung E,apakah maksud dan tujuan mereka?

    ReplyDelete
  10. Objek misterius di foto terakhir yg diambil oleh Rod Dickinson di Chibolton tahun 1996 lebih mirip dgn lampion/balon udara yg terbang dgn menggunakan tenaga api dgn kualitas gambar yg juga kurang baik

    ReplyDelete
  11. Memang akhir2 ini setelah tahun 2012 terlewati, dimana isu tentang kiamat beredar itu tidak terbukti, sepertinya Crop Circle sudah tdk muncul lagi.
    Tp, aku msh blm percaya kalo itu buatan manusia hanya dlm semalam? Atau konspirasi dibelakang ini semua?

    ReplyDelete
  12. Setelah dua bulan tidak ada postingan akhirnya mas enigma mebuat 2 postingan sampai tgl 2 sep 2013.. mudah-mudahan mas enigma bisa konsisten tiap bulan mengeluarkan postingan baru....

    ReplyDelete
  13. Nice Job
    Nice Article
    And Enigma Strikes Back !!! (kpd org2 yg meragukan Enigma) :P

    ReplyDelete
  14. Jadi penasaran sama wajahnya julian, bung. E kenapa foto2 mereka sang pembuat corp circle ga di share juga?? Jadinya bisa ngeliat wajahnya si tokoh utama dalam artikel ini.. hihi.. Jempol gede buat bung.E .. Infonya sangat menarik !! Terimakasiih.. ^_^

    ReplyDelete
  15. yang 'spongebob merah' mas enigma??
    Penasaran nih...
    Mohon untuk sudi mengulas...

    ReplyDelete
  16. Keren, itulah bukti kecerdasan manusia. Tapi, mungkin saja dr ratusan crop circle itu ada beberapa yg aseli buatan E.T, wallahu a'lam.

    ReplyDelete
  17. Cropcircle" selalu membingungkan haha

    ReplyDelete
  18. Kerenn,akhirnya bisa masuk 20 besar.jadi terharu

    ReplyDelete
  19. tpi bang E, gwa pernah liat video(ntah dmana lupa :p) ada 2 pesawat ufo yg brputar2 di ladang gandum, kmudian di gandum itu membntuk pola crop circle,, pernah liat gk bang ? N ada crop circle bentuknya manusia peri super besar, n itu hanya dkerjakn semalam,, itu gk mungkn kecuali dkerjakan oleh ratusan org,, n gmana dgn penjelasan di area crop circle itu mengandung radiasi,?

    ReplyDelete
  20. Wah wah, jika seandainya benar crop circle itu buatan manusia, saya ttp ngagumin hasil karya mereka kok bang E. Bikin pola aneh berupa simbol yg ga diketahuin org banyak kan salah satu 'ilusi optis' juga sebenernya. Pikiran kita kan dgn mudah bikin kesimpulan 'kalo hal itu ga prnh diliat oleh orang kebanyakan, pasti hal itu bukan diciptain dari sekitar sini' atau begitulah.
    tetep aja saya suka terutama cara mereka bikin tulisan F.O.J dengan pola vertikal & horizontal yg bikin keliatan kayak tulisan alien di film-film gitu hehe

    ReplyDelete
  21. Chibolton? Chilbolton mungkin maksudnya, om?
    Tadi ane googling, di dua daerah itu [Wiltshire dan Chilbolton] katanya ada pangkalan udaranya, RAF ato apa gitu kalo gak salah. Ada kemungkinan gak sih, pangkalan2 udara di dua daerah tersebut masih bisa digunakan (walau katanya udah ditutup)?

    Btw, meski para komentator utama yg genius mungkin udah pensiun buat ngasih komen di sini, dan yg ada tinggal komentator amatiran macam kami, om Enigma harus tetep semangat ngeblog ya. Kalo bahan misteri udah abis, pindah tema aja. Hehehe.
    ~dan ane pun pasti bakal ditimpuk oleh fans Enigma.

    ReplyDelete
  22. Apakah om enigma juga akan mengikuti jejak Julian? mungkin karena bosen sama pembaca yang terlalu banyak menuntut? atau karena bnyk yang kopas untuk cari uang? Saya baru tahu kalau para master itu ternyata sangat manusiawi ya. Jenuh, capek, sebel dan marah.

    ReplyDelete
  23. Adakah rekaman sejarah tentang crop circle dan pembuatnya??

    ReplyDelete
  24. Om Enigma, jadi ternyata tidak perlu banyak orang untuk mengerjakan proyek itu?

    Hmm, jangan jangan om Enigma juga ingin belajar bikin Crop Circle juga :D

    Mulai dari level 1 : Lingkaran biasa

    Hingga level 20 : Pola makhluk hidup raksasa

    Tertarik? :)

    ReplyDelete
  25. misteri nya kurang greget sekarang Mr. E.
    Apa karena misteri2 di dunia mulai sepi ya???

    ReplyDelete
  26. akhirnya posting lagi bang e :)

    ReplyDelete
  27. Gambar kedua yg diambil oleh Rod Dickinson pada tahun 1996 lebih seperti sebuah lampion atau balon udara.
    Dan walaupun rasanya sulit dipercaya bahwa crop circle dibuat hanya dalam waktu 1 malam,percayalah bahwa sebutan 'ahli' biasanya diperuntukkan bagi orang2 yg mahir dalam melakukan sesuatu. Dan crop circle telah dibuat oleh sang 'ahli' yg memang telah mahir membuat seni luar biasa seperti itu.

    ReplyDelete
  28. Pembuat crop circle udah bosen bikin cc dan mulai bikin hoax baru kalo liat ufo waktu bikin cc.

    ReplyDelete
  29. wah, setelah sekian lama balik lagi bahas crop circle nih bang?

    oh iya kenapa tidak disertakan foto julian richardson? padahal fotonya mudah ditemukan, contoh di link ini :

    http://swns.com/news/artist-creates-stunning-beach-sand-circle-80-metres-wide-36117/



    anyway, sebetulnya saya termasuk yg memegang faham bahwa crop circle itu buatan manusia
    saya termasuk orang yg skeptis

    ReplyDelete
  30. tambahan aja.
    mungkin julian dkk mengunakan software komputer matematika seperti "MATLAB" dan "MAPLE" untuk mendesain crop circle mereka, software yg saya sebutkan memang dilengkapi dengan kemampuan membentuk diagram/curva 2 dimensi. yang dibutuhkan hanya memasukan persamaan matematika.

    apakah dibutuhkan ahli matematika untuk mendisain crop circle?
    tidak juga, saya menggunakan software diatas dan sangat mudah menggunakanya.
    untuk persamaan matematikanya pun bisa diasal/coba2 saja, jika beruntung akan keluar kurva yg bentuknya bagus.

    jadi desain rumit yg selama ini menjadi bagian misterius dari crop circle sebetunya hasil rendering software saja.



    not so mysterious i think

    ReplyDelete
  31. Terus bang logika kalau terdapat magnetik field bagaimana? apakah para seniman ini punya alat canggih?

    ReplyDelete
  32. sayang sekali jika para pembuat crop circle memutuskan pensiun (alien atau manusia),kita tidak bisa menyaksikan salah satu dari karya seni terbaik.

    ReplyDelete
  33. bung E., kata komentar A_U diatas, Wiltshire sama Chilbolton punya pangkalan udara.
    Masih aktif kah? Dgn begitu, mungkin akan ada sedikit kerjaan buat UFOlog niieee,, hehe..

    ReplyDelete
  34. Crop Circle... tetap menjadi mistery bagi saya..
    Siapapun pembuatnya.. karyanya luar biasa... Awesome! \m/
    Tks Bung E...

    ReplyDelete
  35. hmmm..
    sepertinya susah nyari bahan misteri
    smpe bbrapa bulan baru up date

    ReplyDelete
  36. Hmm, menurut saya lebih aman mengatakan,
    "Misteri crop circle belum terungkap 100%."

    Setidaknya 80%, karena 20% lagi masih misteri, berdasarkan kalimat Enigma berikut yang saya anggap ini didukung fakta atau sumber yang kuat:

    "Memang sejak dulu para peneliti crop circle meyakini bahwa sekitar 80 persen pola yang muncul adalah buatan manusia. ..."

    Lagipula masih terbuka spekulasi untuk abnormalitas tanaman jagung yang tidak disebutkan dalam artikel ini (dalam artikel ini hanya disinggung 2 abnormalitas: "unsur logam pada tanah atau perubahan kecepatan pertumbuhan tanaman gandum." ),
    misalnya, batang jagung yang melengkung.

    Saya kutip tulisan Enigma dari artikel crop circle sebelumnya:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2013/09/apakah-misteri-crop-circle-sudah-mulai.html

    "Eltjo Haselhoff, seorang ahli fisika dan medis, menemukan kalau Pulvini pada batang gandum melengkung. Ini berbeda dengan kondisi batang gandum normal di luar crop circle. "

    "Walaupun beberapa faktor memang dapat menyebabkan Pulvini melengkung, seperti Gravitropism (Arah rundukan batang gandum karena gravitasi) dan Lodging (Rundukan batang gandum karena angin dan hujan), Haselhoff menolak keduanya sebagai penyebab karena rundukan yang simetris dari tengah lingkaran ke tepinya."

    Perhatikan paragraf ini:

    "Menariknya, sebuah kelompok peneliti crop circle bernama BLT Research mengklaim mampu mereplika perubahan yang terjadi pada Pulvini dengan cara mengeksposenya dengan gelombang mikro yang dihasilkan dari magnetron yang diambil dari oven microwave. Magnetron masa kini sangat kecil dan ringan dan hanya membutuhkan 12 volt batere."

    Walaupun proses tersebut disinyalir dapat dilakukan dengan menggunakan Magnetron, tapi kita tak menemukan pernyataan itu dari ahli pembuat crop circle, seperti Julian Richardson, bahwa dia menggunakan alat cangggih, justru dia mengatakan sebaliknya:

    "Katanya,"Saya sudah terlibat dalam pembuatan crop circle sejak tahun 1990-an. Saya suka dengan geometri, seni dan fenomena paranormal. Apapun yang diklaim oleh para ahli crop circle, para seniman ini memang hanya menggunakan tali, patok dan bilah kayu untuk menciptakan seni yang sedemikian indahnya."

    Jadi, bagaimana dengan efek melengkung pada batang jagung di crop circle? Siapakah atau apakah yang membuatnya?? Masih misteri...

    ReplyDelete
  37. keep posting bro saya selalu menanti :D

    ReplyDelete
  38. My bad,

    Kutipan ini, dst:

    "Eltjo Haselhoff, seorang ahli fisika dan medis, menemukan kalau Pulvini pada batang gandum melengkung. Ini berbeda dengan kondisi batang gandum normal di luar crop circle. ..."

    berasal dari artikel Enigma yang ini:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2013/04/crop-circle-menurut-ahli-fisika-richard.html

    ReplyDelete
  39. @Laili: sudah ditambahkan, foto Julian dan Matthews.

    @Anonymous 12 sept 9.00 PM: Video itu dibuat sama ahli komputer grafis. Kemungkinan besar hoax. Dan di crop circle tidak ada radiasi. Kalau ada, pasti sudah akan diisolasi oleh pemerintah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak bung. E .. fotonya Kereeen !! ^_^

      Delete
  40. Bisa jadi "miseri" soal cahaya, ufo, dsb sengaja dhembuskan para veteran crop circle tsb agar seniman junior tetap mendapat tempat di hati penikmat crop circle.
    Well, misteri pemilik grup ini sendiri lebih menarik daripada misteri di artikelnya :D

    ReplyDelete
  41. wow, info yg sangat bagus , thanks you MR E !

    ReplyDelete
  42. Keren buangeet artikelnya bang E :D

    by. Def

    ReplyDelete
  43. LUAR BIASA BUNG E,
    BICARA CROP CIRCLE APAKAH BUNG BISA MENJELASKAN SEDIKIT TENTANG "FENOMENA LINGKARAN PERI DI AFRIKA..?"

    BERKUT LINKNYA http://id.apocalisselaica.net/varie/miti-misteri-e-poteri-occulti/i-misteriosi-cerchi-delle-fate-africani-sono-vivi


    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  44. Briliant MR.E
    The Master Crop Circle MR Julian
    Terbongkar sudah fenomena ini

    ReplyDelete
  45. hi bang E, Gwa anonymus 12 sept 9.00 pm, mungkn bsa pnggil ainul saja, hehehe :)

    Ouw gtu ya bang, pa bang E pernah ulas ttg itu (video ttg crop circle yg dbuat oleh 2 pesawat ufo)? Trus yg giant pixie tuh gmana bang? N yg ttg radiasi itu gwa tau dr yg kejadian di indonesia dlu, klo ada radiasi di skitar situ brarti itu crop circle asli, klo gk da brarti buatan aja, gtu bang,, hehehe maap klo ada salah dlm penafsiran gwa,,

    ReplyDelete
  46. permisi ijin coment newbe Gan En..
    :)

    stelah sekian lma saya suka buka2 blog n mencri pngetahuan dari para bloger baru kali ni saya menemukan blog yg sngt2 super nice yg patut d acungi jempol bnyak.
    Knpa demikian?
    Jwb. It krna bbrpa alsan yg d antaranya.
    1.postingan2 nya yg super spektakuler yg mengandung argumen dan pndngan yg bgt baik dan mndidik.
    2.keramahan sang pemilik blog bgt smpurna seakan smua pembca it sudah akrab sehngga sang pengunjung tidak merasa d abaikan so seakan brada di sebuah keluarga besar, sungguh sngat menarik dan patut d cntoh oleh para bloger lainnya yg kdang mengabaikn pengunjungnya.
    3.para komentatornya pun patut d acungi jmpol krna keramhan nya dan kepeduliannya.
    4. Saya smpai tidak bisa brkta ap2 lgi wlw saya seorang pengunjung baru tp sya sngat merasa bngga stlah sya mmbca bbrpa post nya n para komentatornya, sampai2 sya gk merasa bosan untk membcanya..

    Untk it sya ucpkn salam sjahtera n pershbtn buat gan enigma n para komentatornya.
    Smga smuanya sllu ada dlm lindungan yg kuasa.
    Sukses n mga bhgia sllu menyertai kalian..
    Salam..
    By:dede.

    ReplyDelete
  47. Mungkin saja crop circle dibuat oleh alien. Untuk kesekian kalinya mengawasi proses pembuatan CC oleh para seniman akhirnya muncullah idesisasi dari pihak alien, "Manusia yang labil ekonomi saja bisa bikin sebuah mahakarya apalagi kita2 yang teknologinya jauh lebih canggih". Karena itulah tercipta konspirasi kemakmuran atas hak cipta Crop Circle.
    Daripada urat saraf jadi tegang mikirin semua ini mending 3 S (Santai Serius Sisasi) hehehe

    ReplyDelete
  48. mantab artikelnya....

    ReplyDelete
  49. Vicky prasetyo langue mode on:

    Oh.. Ufonisasi ternyata hanya manusianisasi dari kudeta keisengan konspirasi kelabilanisasi dari emosionalisasi dan tidak menutup kemungkinanisasi buatan ufo *saya juga ga ngerti maksudnya...

    Yg penting keep smile :)

    ReplyDelete
  50. Setuju bung E, terbukti pembuatan crop circle berbentuk firefox dilakukan oleh manusia hanya dlm waktu 24 jam...

    ReplyDelete
  51. Lord Enigma is Back!
    All Hail Lord Enigma!
    Enigma Above All!

    ReplyDelete
  52. By : mr.sixa

    Pola cc sperti pola julia set (yg prnah aku baca dari postingan mr.E) atau bntuk matematis sempurna yg laen.. kek.na itu ga mungkin kalo bikinan manusia,, soal.na udah pernah gw praktekin..
    Cc brpola julia set yg udh gw prktekin lwat komputer: itu ga bisa sembarang lingkaran #harus ada puluhan lingkaran brdiameter yg berbeda dg ukuran trtentu dan ratusan yg brdiameter sama. Kalo ukurannya ngawur ga mungkin bisa sempurna. Gw nyoba aja butuh wktu sbulan baru slesai itupun masih ada kekurangan..

    Apa mungkin seseorang bisa membuat
    Ratusan lingkaran sperti itu dalam waktu semalam? Kalo pun kek kata mr.E diatas kalo sang ahli cc udah pasti bisa , butuh ratusan ahli cc untuk melakukan itu!


    Ditambah lagi ada brita menyebutkan pola singgle julia set dibuat dalam waktu 15 menit?
    jadi tmbah ga yakin kalo cc yg smpurna bikinan manusia...

    Btw: nice posting
    Sorry gw suka baca tapi ga prnah koment,,

    ReplyDelete
  53. @mr.sixa : " Gw nyoba aja butuh wktu sbulan baru slesai itupun masih ada kekurangan.."
    Dilihat dari segi potensi dan kepandaian saya rasa mungkin hampir semua manusia memilikinya secara setara. Tapi yg terkadang harus kita akui adalah segi perbedaan pengalaman. Mungkin saat ini bro belum memiliki pengalaman seperti yg telah dimiliki oleh para ahli pembuat CC. Logikanya,seorang ahli masak dgn seorang yg bukan ahli masak jika dipertandingkan dgn adanya batasan waktu dan standard hasil pasti akan berbeda. Dan contoh2 lain pun masih sering kita jumpai dlm kehidupan sehari2.

    "Apa mungkin seseorang bisa membuat
    Ratusan lingkaran sperti itu dalam waktu semalam? Kalo pun kek kata mr.E diatas kalo sang ahli cc udah pasti bisa , butuh ratusan ahli cc untuk melakukan itu!"
    Saya rasa ahli crop circle tidak hanya 1 orang saja. Karena Ilmu matematika beserta penerapan dan penggunaannya sudah dikenali oleh cukup banyak orang. Tidak menutup kemungkinan juga kan, bahwa pembuat crop circle berbasic ilmu matematika juga sudah banyak? Lagipula hardware dan software pendukung juga selalu berkembang setiap harinya.

    "Ditambah lagi ada brita menyebutkan pola singgle julia set dibuat dalam waktu 15 menit?
    jadi tmbah ga yakin kalo cc yg smpurna bikinan manusia..."
    Pertama-tama yg harus kita tanamkan adalah berita tidak selalu benar. Jika memang berita itu benar, maka seperti yg saya katakan berkembangnya pesatnya IPTEK juga akan menjadi salah satu faktor penunjang,dalam hal apapun tentunya (dlm kasus ini seperti kecepatan pembuatan dan penerapannya).
    Jadi akan lebih bijaksana jika kita mengakui kehebatan saudara kita sesama manusia dibandingkan menarik kemungkinan yg terlalu jauh yg belum bisa dibuktikan kebenarannya(apapun itu) walaupun sekecil apapun kemungkinan masih bisa terjadi dan terbukti. Menurut saya yg dijelaskan oleh bro E saat ini sudah cukup logis untuk diterima.

    ReplyDelete
  54. Bung E, skali-kali bikin pembahasan tentang hal misteri di indonesia dong.. semisal pembunuhan Sisca Yovie yang lagi gencar dibicarakan karna banyak kejanggalannya... saya pikir pandangan bung E untuk kasus itu bakalan banyak membantu pandangan orang lain jg.. trims

    ReplyDelete
  55. mungkin alien itu ada, tapi belum saatnya keluar untuk menampakan diri.

    ReplyDelete
  56. Pembahasan yang menarik!!! Lanjut!!!

    ReplyDelete
  57. By: sixa

    @rain skywalkers:
    Thx atas pncrahannya gw bisa trima itu..


    Gw juga mw tnya: kira2 ada yg tw ga tntang garis2 nazca dan manuskrip peta brusia ribuan taun yg menggambrkan peta dunia wktu itu???

    ReplyDelete
  58. bentuk2 yang geometris sebenarnya menunjukkan kalau itu semua buatan manusia. mungkin mereka memiliki alat lain yang tidak mereka sebutkan saat mereka membuat cc. pembuatan di malam hari juga memungkinkan batang2 gandum tidak patah, mereka hanya melengkung. dengan adanya bentuk geometris malah memudahkan proses pembuatan cc, hanya karena kita tidak bisa melakukannya dengan cepat, bukan berarti tidak ada orang yang bisa. mengenai alien, saya rasa mereka ada dan sedang mengamati kita, pada saatnya jika ilmu kita sudah sampai pada puncaknya mungkin kita akan menjumpai mereka. dulu kita hanya bisa melihat bulan, kini kita bisa berdiri diatasnya, mungkin nanti kita bisa menjelajahi alam yang sangat luas ini dan menjadi nomaden di tiap planet yang kita jumpai. tapi kini belum saatnya...
    roy...

    ReplyDelete
  59. Yg blm ada crop circle di kolam kangkung..br stengah jd dimkn gurame hehe

    ReplyDelete
  60. yang di videonya bukan semalam lagi tapi sedetik

    ReplyDelete
  61. By: mr.sixa

    Bang E, kalo ufo yg muncul diair itu menurut abang hanya hoax atau apa? Soalnya banya juga saksinya bang..

    ReplyDelete
  62. lawie said :

    "bung E-Sam, have u read the Jacatra Secret by Rizky, there r lots of international enigma around our beloved city Jacatrawag ..., but i put my interest the most for the colaps of VOC and the super fund which belong to Indonesia GOV based on agreement made between Ind vs USA ... is that true or only other conspiracy ...."

    ReplyDelete
  63. welcome back bung E *big hug* #shakehand
    bung E,blog ini nih favorit saya banget nih sampe bikin blog juga walau bukan blog misteri,.. keep posting yaaaa

    ReplyDelete
  64. Bang E, kapan-kapan tolong bahas tentang kematian Lady Diana ya, apa bener itu jg konspirasi? Terima kasih sebelumnya :)
    Semoga anda selalu dalam lindungan-Nya.

    ReplyDelete
  65. postx lumayan detil bung E. bikin dahi makin berkerut.

    seniman CC membuka diri meski pensiun, g takutkah kena tuntut coz merusak ldg org?

    klo pola rumit kemungkinan besar made by human, para ufolog tinggal konsentrasi d pola yg simple. mungkin ketemu keanehan yg g ada d pola rumit (menghibur diri coz CC mulai kurang misterius).

    jd kepikiran, mungkinkah julian dkk prnah disewa olh pemilik ladang u/ buat CC agar ladangx dikunjungi turis dll, or mlh menyewakan jasax?
    biarpun dibilang g ada tujuan materi, tp tokh mungkin jg. lagipula kerjaan utama julian cs ku blm tau.

    ayo bung E & fans Enigma, tlg klarifikasix..trims

    ReplyDelete
  66. Hmmmm.....tapi akankah terungkap misteri tentang "corpcircle"&"UFO",mengingat kejadian ini sudah berlangsung lama,sementara semua yg pernah di lihat penampakan "UFO" hanya bayangan yg kurang jelas lain seperti corpcirclenya.Btw saya kagunm atas penjelasan anda tentang semua misteri yg anda postingkan singkat,mudah di mengerti dan ga bertele2 walaupun saya baru membaca tentang blog anda&semoga terus menyuguhkan postingan2nya karena saya salah satu penikmatnya....sukses untuk anda.

    ReplyDelete
  67. OK i got it, tapi saya masih belum yakin dengan crop circle yang sederhana :)

    Jika memang ada UFO, berarti ada kemungkinan kalau lingkaran sederhana itu dibuat oleh alien kan?

    ReplyDelete
  68. lingkaran cc kemungkinan adalah bekas mesin ufo yang hendak terbang/ mendarat. dengan ciri2batang gandum melengkung, adanya kandungan logam, dll. mungkin lingkaran cc disebabkan gerakan berputar dari mesin/ baling2, residu dari bahan bakar dan panas yang dihasilkan membuat lingkaran itu terjadi. mungkin diluar sana sudah ada yang mampu mengembangkan model ufo. mungkin 'alien' itu hanya pakaian para pengendara ufo. karena ufo dengan lajunya yang sangat cepat akan membuat tubuh manusia hancur, karena itu dibutuhkan pakaian yang sesuai dan dapat melindungi tubuh...
    roy...

    ReplyDelete
  69. xixixixi klo mgkin ufo tu bner2 ada, mgkin ufo yg diliat sama om julian dkk di wiltshire tuh ufo yg pgen bkin CC tapi keduluan sama om julian XD

    ReplyDelete
  70. Tidak ada yang namanya alien, kau tau? :)

    Betul kan Enigma? Alien itu hanya MITOS :D

    ReplyDelete
  71. Waaaaah bru baca lgi ni artikel nya bang E. Alhamdulillah udh mulai nulis lagi. Nice artikel. Komentatornya jg pada keren. Semangat Bang E buat new article nya.

    ReplyDelete
  72. Emm..ya Bisa Jadi..Bisa Jadi

    ReplyDelete
  73. mana nih postingan barunya Mr. E?

    ReplyDelete
  74. @roy : "lingkaran cc kemungkinan adalah bekas mesin ufo yang hendak terbang/ mendarat."
    -Sebenarnya akan sulit bagi kita mengatakan CC adalah bekas mesin UFO, bagaimana kita mengetahui ciri/tanda bekas mesin UFO sedangkan kita belum mengetahui apa itu sebenarnya UFO. Karena belum diketahui,maka disebut 'Unidentified' Flying Object. Jika berkesimpulan CC adalah bekas mesin UFO, harusnya kita lebih dulu mengetahui apa itu UFO,karena kita tidak bisa 'menuduh' sesuatu tanpa adanya bukti yg bisa dipertanggung jawabkan.

    "mungkin 'alien' itu hanya pakaian para pengendara ufo. karena ufo dengan lajunya yang sangat cepat akan membuat tubuh manusia hancur, karena itu dibutuhkan pakaian yang sesuai dan dapat melindungi tubuh..."
    -Saya kurang paham apa kaitannya antara alien dgn UFO dan mengapa keduanya seakan selalu dikaitkan. Dan dari penjelasan anda diatas,sepertinya anda cenderung menyimpulkan UFO adalah sebuah pesawat supercanggih yg berkecepatan tinggi dll. Tunggu dulu,bukankah arti dari Unidentified Flying Object adalah benda terbang tidak dikenal? Jadi kita bisa mengatakan bahwa UFO belum tentu pesawat bukan? Jika berbicara tentang pengertian UFO secara luas, maka benda terbang apapun yg belum diketahui/di identifikasi,kita bisa menyebutnya sebagai UFO. Kesimpulannya,kemungkinan CC adalah bekas dari mesin UFO masih 1% dan belum kredibel.

    ReplyDelete
  75. di tunggu postingannya yg baru bang..

    ReplyDelete
  76. Sebenarnya Misteri paling menarik yang ada di blog ini adalah tentang siapa anda, karena anda menulis blog bukan hanya sebagai penyedia informasi tapi juga sebagai penyidik.

    ReplyDelete
  77. Mr E...lma bgt mo posting lg???mpe uda brkali2 tamat bca buku Enigmany niih...Mr E bhas tt Himuro Mansion donk...bner åd̲̮̲̅͡å ato g??ato skedar viral marketing dr game'Fatal Frame'??

    ReplyDelete
  78. Nah ini baru postingan.. Banyak penjelasan serta analisis yg berkaitan dan bisa dibahas. Keep posting E.

    ReplyDelete
  79. enigma saya punya punya foto jin goblin nih, cuma bingung ngeshare nya dimana,Maaf bang engima, saya mau nanya, ini saya dapat dari fanpage nya salah satu saluran radio di Semarang yg setiap malam jumat ada acara yangmengupas cerita misteri, dan ternyata ada salah satu orang yang punya foto ketika KKN dari salah satu Universitas di Semarang yang ditempatkan di Magelang, dan ternyata fotonya asli dan biasanya di acara itu juga menyertakan orang yang ahli dibidang supranatural dan orang yang ahli itu juga bilang bahwa itu adalah mahluk astral yang mirip dg goblin punya telinga lebar dan leher agak panjang bisa dilihat fotonya, jika ingin minta bisa email ke email sya di dodydrogba@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  80. "MENCURIGAKAN" kaga pernah bales komen tapi slalu di update komennya, jngn2 udah mw pensiun nulis blog nih? gara2 udah jadi pnulis buku??????????

    adam&hawa

    ReplyDelete
  81. sorry rain, it's just an opinion.
    dari bentuk dan sisa2 yang ditinggalkan, seperti bekas sesuatu yang berputar. saya hanya sedikit menarik kesimpulan adanya percobaan sebuah pesawat dengan baling2 di bagian dasar, seperti sebuah helikopter dengan posisi terbalik. dengan adanya sisa2 seperti yang didapat pada cc kemungkinan adanya pelepasan bahan bakar yang mungkin belum kita kenali. ufo sendiri saya menganggapnya hanya benda terbang yang belum kita kenal. alien yang saya maksud hanyalah kostum yang mungkin kita salah identifikasi, karena hanya kelihatan sekilas saja, sekali lagi itu hanyalah sebuah opini. mengenai kecepatannya bukanlah hal yang mustahil, seperti sebuah email atau telpon yang dapat menjangkau lokasi yang jauh hanya dalam hitungan kurang dari satu detik. bukan tidak mungkin akan ada benda yang mampu bergerak dengan kecepata tsb, dan pasti akan dibutuhkan sebuah kostum untuk menjaga tubuh kita yang sangat rentan, karena dengan kecepatan yang sangat tinggi tentunya partikel tubuh akan ikut bergerak cepat yang memungkinkannya tercerai berai kalau tidak diselimuti dengan sesuatu yang mampu menjaga partikel tubuh terpecah...
    once again, hanya sebuah opini dari seseorang yang penasaran...
    roy...

    ReplyDelete
  82. jadi crop circle itu buatan seniman yang punya cita rasa tinggi ya bukan alien dari planet lain.apa mereka pakai gps ya soalnya hasilnya bagus sekali.
    Yang di sleman dulu crop circle juga buatan manusia juga ya?

    ReplyDelete
  83. menunggu postingan berikutnya.. terutama tentang tokoh misterius... :D

    ReplyDelete
  84. Bro E, request pembahasan tentang misteri kematian Bruce Lee dong, apakah dia benar2 karna sakit, konspirasi geng TRIAD, atau emang kutukan LEE itu bener2 terjadi :p

    klo boleh si brandon LEE nya juga ya :D

    semoga topik nya menurut bung E cocok dibahas, biar bisa di angkat jadi postingan :p :D

    ReplyDelete

  85. Mana
    postingan baru nya ? Mr E

    ReplyDelete
  86. kenapa di sebut 'alien' dan crop circle emang seni dgn sedikit sentuhan jd misteri , nasca linez jg sekarang kebanyakn seni , btw saya slalu liat crop circle setiap abiz hujan.yg slalu ada di sawah hehe sry kalo gk logis soalnya hasil khayalan

    ReplyDelete
  87. ini petaninya sendiri juga ikut maen, dulu waktu saya bikin crop circlr d yogya juga... harus rayu" petaninya terlebih dahulu, biar dikasih lahan buat bikin kerjaan. mungkin untuk masalah bentuknya yg rumit atau tidak itu tergantung orang" cerdas atau jumlah orang yang kerja...

    ReplyDelete
  88. Sayang sekali, sebenar nya saya lebih suka kalau fenomena ini menjadi sbuah misteri hingga smua orang akan meneka-neka apa dan bagaimana mereka membuat nya, hingga berbagai konspirasi ataupun hoax bermunculan, bukankah itu salah satu keinginan para circle maker? Dan sebab dari itu circle maker membuat pola yg begitu rumit hingga ahli geometris pun tidak percaya kalau seseorang atau sekelompok dapat membuat nya dalam satu malam..
    Saya seorang yg rasionalis, tp ada kala nya kita menikmati keindahan nya dgn sudut pandang yg lain..
    But thanks bung E, saya tidak pernah bosan membaca ulasan-ulasan yg anda posting..

    ReplyDelete
  89. kalau alien yang bikin pasti batang2 gandum itu melengkung ditengah2 batang, bukan dibagian bawahnya. dengan adanya lengkungan pada bagian bawah menandakan si pembuat pasti tidak dalam kondisi terbang, hanya menginjak atau menekannya. Karena jika pembuatan dengan menembakkan sinar panas, akan lebih mudah melengkungkan bagian tengah batang, karena lebih lunak dibanding bagian bawah. Itu pasti kerjaan mahluk yang menapak bumi...
    roy...

    ReplyDelete
  90. nice comment anonymous no 100, karena dari kebanyakan cc yang ada bikinnya pada saat panen telah selesai jadi petani juga gak rugi kalau lahannya dirusak...

    ReplyDelete
  91. hoax nya mana?????

    ReplyDelete
  92. Lalu yang di Jogja dulu itu? siapa yang buat? mana ada orang indo yang bisa kayak begitu...

    ReplyDelete
  93. akhir2 ini udah ngga ada misteri yang menarik untuk dibahas yah,, sampai jarang banget blog nya update.. :(
    NB: Just Silent Reader

    ReplyDelete
  94. bro tolong dibahas tentang "black knight satellite" donk.. penasaran nih.. thx

    ReplyDelete
  95. Ko nggak seru? :-(

    ReplyDelete
  96. Bung E,sudah pernah mengulas the green hilton memorial agreement ga?tolong diulas dong,tt misteri besar Indonesia itu.thanks

    ReplyDelete
  97. @Anonymous 106

    Emangnya menurut anda orang indo goblok semua kh? sampai anda bsa bicara begitu. Kenyataannya B.J. Habibie punya IQ lebih tinggi dari Einstein,

    ReplyDelete
  98. kayaknya memang buatan manusia itu,, haha

    ReplyDelete
  99. keberadaan alien masih belum bisa dibuktikan, tapi manusia terus mencari jejak dan hasil nya akan terbukti

    ReplyDelete
  100. wah akhirnya sudah jelas semuanya... legah rasanya, orang2 yang hebat..

    ReplyDelete
  101. benar-benar seni yang menakjubkan :)

    ReplyDelete
  102. Apakah anda datang pada waktu seminar crop circle berbah sleman DIY yang diadakan Undip Semarang?
    Ada pola matematika rumit, ada kenaikan natrium sekitar 400%, batang yang terbakar panas pada ruasnya, dan waktu yang sangat singkat (penduduk dengan rumah didekatnya tidak tahu sama sekali) dibawah guyuran air hujan.
    Apakah itu juga buatan para "seniman"? :-)

    ReplyDelete
  103. menurut saya itu tidak menjawab fenomena crop circle yang terjadi di indonesia karena menurut saya orang indonesia belum cukup mampu untuk membuat crop circle yang rumit hanya dalam satu malam

    ReplyDelete
  104. bro coba di bahas misteri pesawat hilang dan muncul lagi setelah 35 tahun

    ReplyDelete
  105. Well tapi di kandungan ladang yang terbentuk atau menjadi crop circle itu terdapat kandungan magnet? Kok bisa manusia yg bikin dari tali dan patok bisa menghasilkan magnet di ladang gandum? sumber: Ancient Aliens.

    ReplyDelete
  106. Kini kemungkinan crop circle sudah tidak muncul lagi..

    ReplyDelete
  107. Salam,
    Saya suka dengan yang misteri2, tapi sedikit orang yang membicarakan tentang Jinn, mungkin karena alasan agama??

    Ini salah satu rangkuman saya tentang Jinn, UFO, Alien dkk:

    http://indonesia-faith-freedom-ffi.blogspot.com/2014/10/mengenal-jin-makhluk-cerdas-selain.html

    Keep Search!

    ReplyDelete
  108. Foto yang terakhir itu foto lampion yaa?

    ReplyDelete
  109. Bro enigma sudah bertahun2 lamanya kita engga diskusi2 seputar misteri dunia, bro sebagai penyuka misteri hewan2 misterius dan saya sbg penyuka ooparts.

    Email2 bro masih saya simpan tapi pasti lupa hehe sukses selalu ya sampai skrg didoakan.

    Saya sgt setuju dgn pendekatan bro yg mengesampingkan agama dalam setiap tulisan yg dimuat demi menghindari perdebatan tanpa henti. Saya ingin sekali menggaris bawahi masalah crop cycle yg masih ramai saja tiap tahun ini.

    sayabsetuju bila ada pemahaman logika crop cycle banyak krn bnyk nya seniman dan cropcyle menurun ketika senimannya pensiun. Perlu bro ketahui awal mula crop cycle ramai dibahas adalah mengenai "lahan yg terbakar sempurna sehingga menciptakan semua pola" cropcyle asli membutuhkan pembakaran yg tepat yg merujuk pada tundukan2 batang gandum yg memiliki arah pembakaran yg tepat. Pada cropcycle asli tdk seperti yg ramai2 dilihat

    Crop cycle asli adanya pemanasan pada titik tengah batang gandum sehingga adanya pemuaian yg terjadi mengakibatkan batang tersebut merunduk. Pemanasan yg tepat pada beberapa btg gandum yg memiliki baris2 tertentu mustahil dilakukan manusia.

    Bayangkan kita memasak 100 buah jagung dlm panggangan, apakah mampu ke 100 jagung tersebut matang dalam kondisi kematangan yg sama persis? Percobaan pada cropcyce asli pernah dilakukan oleh NASA yg dilakukan oleh 5 ahlinya. Mereka sepakat pada dasarnya membengkokan gandum oleh panas yg tepat ntah plasma itu pada intinya dapat dilakukan. Namun memanaskan sekian batang gandum dengan tingkat kesamaan diatas 95% sehingga membentuk suatu pola mustahil dapat dilakukan oleh seorang manusia tanpa bantuan alat2 canggih. Kan ga ada jejak2 alat2 canggih disuatu tempat diaekitar situ bayangkan hanya semalam

    Cropcycle yg ada skrg saya setuju meruoakan hoax yg menutupi cropcycle yg sejati. Cropcycle pun yg asli tdk sebanyak yg hoax, meski demikian apapun asli atau tidaknya cropcycle menurut saya pribadi adalah upaya utk menciptakan sebuah karya seni yg menakjubkan dan pantas diapresiasi tapi tidak perlu dikait2 kan terlebih jauh terutama yg cropcyclenya jauh dr sifat cropcycle yg asli

    ReplyDelete
  110. Nama : Devi Faradillah
    Kelas ; X MIA-2
    SMA Sultan Iskandar Muda
    Assalamualaikum wr.wb
    Terima ksaih atas nformasinya.Sangat bermanfaat bagi saya.Saya sekarang baru tahu bahwa yang memmbuat crop cicle bukan makhluk luar angkasa(alien)melainkan adalah manusia.Tapi saya inin bertanya"Siapa yang membuat crop circle pertammmma kali?"Saya harap Ibu dapat menjawabnya.Terima kasih atas perhatiannya,Bu

    ReplyDelete
  111. kreatif banget tuh orang yg buat.
    terjawab sudah rasa penasaran selama ini.

    ReplyDelete
  112. dari awal saya jg percaya crope circle kerjaan homa sapien yg cerdasnya di atas rata"

    ReplyDelete