Tuesday, March 31, 2015

UFO pada karya seni religius abad pertengahan - Penjelasan

Adalah sesuatu yang telah kita ketahui bersama bahwa para penganut Teori Ancient alien percaya dengan keberadaan kunjungan alien di masa lampau. Kedengaran absurd bagi kita yang terbiasa untuk skeptis. Namun teori ini telah mendapat perhatian yang cukup luas, apalagi setelah history channel juga ikut membahas soal ini dalam tayangan mereka. Menariknya, mereka yang mendedikasikan diri untuk menemukan bukti kunjungan alien di masa lampau sepertinya telah menemukan petunjuk yang tidak terbantahkan dalam karya-karya seni abad pertengahan.

Sejak awal-awal saya menulis di blog enigma ini, saya selalu berusaha menghindari bahasan-bahasan yang menyentuh keagamaan. Internet adalah tempat dimana manusia-manusia tanpa wajah kadang berperilaku seperti banteng lepas. Hilang kendali. Ini menyebabkan postingan yang bersifat keagamaan akan segera menjadi bahan perdebatan yang panas. Tentu saja saya ingin menghindari hal semacam itu. 
Anyway, saat ini sudah lewat enam tahun dan saya rasa tidak ada salahnya untuk memposting sesuatu yang bersentuhan dengan topik keagamaan.
Postingan ini sendiri berasal dari buku enigma I yang memang belum pernah saya publish sebelumnya di blog. Saya memutuskan untuk mempostingnya karena kita masih bisa menemukan situs-situs UFO membahas mengenai hal ini.
Jadi, postingan ini sesungguhnya bukanlah sebuah postingan religius, melainkan sebuah bantahan terhadap isu. Bukan hanya itu, seperti yang selalu saya katakan, jika kita melihat sesuatu dengan tidak utuh, maka kita akan dituntun untuk menarik kesimpulan yang salah. Kita bisa melihat dengan jelas manifestasi dari pernyataan tersebut dalam bahasan ini.
UFO, Alien dan Karya Seni Eropa abad pertengahan. Kombinasi ini terdengar mirip dengan ramuan buku Dan Brown “The Da Vinci Code”, tentu saja dalam versi yang lebih futuristik. 
Namun yang lebih menarik adalah kita bisa melihat bagaimana kekurangpengetahuan seseorang bisa membawanya masuk ke dalam persepsi yang salah. Ini adalah sebuah pelajaran yang sangat baik bagi kita semua. 
Bagi kalian yang menganut teori Ancient Alien, mungkin kalian sudah pernah melihat gambar-gambar di bawah ini.
Gambar di atas adalah Fresco mengenai penyaliban Yesus yang dibuat pada abad ke-14 yang bisa ditemukan di biara Visoki Decani di Kosovo. Misterinya adalah dua buah objek di sudut kiri dan kanan atas. 
Kedua objek tersebut terlihat seperti seorang manusia yang berada di dalam wahana antariksa. 
Kehebohan yang ditimbulkan oleh fresco ini sudah terjadi sejak tahun 1960-an ketika dimuat oleh sebuah majalah Perancis. Sejak itu fresco ini bisa ditemukan di banyak situs UFO di dunia maya.  

Dalam pikiran-pikiran kita yang seringkali dipenuhi oleh imajinasi film Holywood, hampir bisa dipastikan, semua orang yang melihat objek tersebut akan mengatakannya sebagai pesawat luar angkasa dengan seorang pilot di dalamnya. 
Kalau begitu pertanyaannya adalah: Bagaimana sebuah karya seni abad ke-14 bisa menggambarkan sebuah wahana terbang yang baru tercipta pada abad ke-20? 
Apakah karya seni ini diinspirasikan oleh makhluk cerdas dari planet lain? 
Sama sekali tidak. 
Kekurangpengetahuan seseorang mengenai seni abad pertengahan telah menuntun mereka pada kesimpulan yang salah. 
Lalu, objek apa itu? 
Kedua objek tersebut sesungguhnya adalah simbol matahari dan bulan yang biasa ditemukan pada karya seni abad pertengahan, terutama pada lukisan penyaliban gaya Byzantine. 
Dalam berbagai karya seni abad pertengahan mengenai penyaliban Yesus, kita bisa menemukan simbol-simbol yang sama, walau dengan rupa yang sedikit berbeda. Seperti ini misalnya:
 
Dalam lukisan atau ukiran-ukiran di atas, kita juga bisa menemukan dua bulatan di sebelah kiri dan kanan. Tapi kali ini, terlihat jelas bahwa keduanya memang mewakili matahari dan bulan.

Contoh lainnya juga bisa terlihat pada lukisan di bawah ini yang bisa ditemukan di Svetitskhoveli Cathedral, Mtskheta, Georgia. Kedua objek tersebut juga muncul dengan modifikasi rupa, walaupun kali ini lebih menyerupai dua ubur-ubur.

  Ini contoh karya lain: 

Dan sekarang semuanya terlihat begitu wajar.
Lalu, selain lukisan yang sepertinya memperlihatkan wahana terbang dengan pilotnya, ada lagi lukisan lain yang sepertinya menggambarkan sebuah piring terbang yang juga bisa kita temukan di banyak situs UFO.

Objek berbentuk piring terbang tersebut berada di sebelah kanan bawah salib yang terlihat seperti terbang dengan jejak berupa asap di belakangnya.
Mungkin kalian berkata dalam hati: "Kalau bukan piring terbang, lalu apa?” 
Saya tidak menyalahkan kalian jika kalian berpikir seperti itu. Tapi ada baiknya kita melihat gambar yang lebih lengkap.
Lukisan di atas sebenarnya adalah sebuah reproduksi dari lukisan “Scene di vita eremitica” atau "La Tebaide” oleh Paolo Uccello. Lukisan aslinya yang lengkap terlihat seperti ini. 

Jadi, reproduksi yang dimunculkan di berbagai situs UFO adalah potongan dari sebuah lukisan utuh. Lukisan ini sendiri menggambarkan berbagai kehidupan biara katolik abad pertengahan, termasuk di dalamnya St. Jerome yang sedang berdoa di hadapan salib. 
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, lukisan yang menggambarkan piring terbang tadi adalah sebuah reproduksi. Warna yang ditampilkannya juga tidak akurat. Jika kita mengambil potongan yang sama dari lukisan asli, maka kita akan menemukan lukisan seperti ini: 
Sekarang piring terbang tersebut tidak lagi terlihat seperti piring terbang, melainkan terlihat seperti… Topi. Dan memang, itu adalah sebuah topi, lebih tepatnya topi kardinal yang tergeletak di lantai gua. Simbol di atas biasa menyertai lukisan St. Jerome yang menanggalkan jabatan di dalam gereja untuk menjadi seorang pertapa. Ini contoh lainnya:

Di sebelah kiri atas adalah lukisan Petro Vanucci dan di sebelah kanan adalah karya Albrecht Bouts. Singa yang ada di lukisan tersebut dibuat berdasarkan legenda yang menyebutkan bahwa St. Jerome pernah menolong seekor singa dengan mencabut sebuah duri dari kakinya. Jadi tidak ada yang misterius dari objek berbentuk piring terbang tersebut. 
Seni berikutnya yang sering disalahpahami adalah lukisan abad ke-16, exaltation of eucharist, yang sering dijuluki “Sputnik of Montalcino”, karya Bonaventura Salimbeni, yang bisa ditemukan di gereja St. Peter di Montalcino.
Yang menjadi objek perdebatan tersebut adalah sebuah bola dengan dua antena yang terlihat seperti sebuah satelit. Dan memang, para penganut teori ancient alien mempercayainya sebagai sebuah satelit, sebuah objek modern yang baru tercipta pada abad ke-20.
Faktanya, dalam karya seni abad pertengahan, bola seperti itu adalah simbol dari bola penciptaan (Creation Globe atau Celestial Sphere) yang mewakili seluruh ciptaan. Dua antena tersebut sesungguhnya adalah tongkat yang dipegang oleh Yesus dan Bapa. 
Berikut adalah contoh lainnya dengan berbagai variasi bola penciptaan: 

Esensinya tetap sama. Bola tersebut bukan sebuah satelit atau bola misterius dari luar angkasa. 
Sekarang kita lanjut ke karya seni berikutnya yang juga sering muncul di situs-situs UFO, yaitu lukisan "Madonna and Child with the infant St. John" yang dibuat pada abad ke-15. 
Riwayat lukisan ini tidak terlalu jelas. Namun pada museum yang memajangnya di Florence, karya ini diatribusikan kepada Sebastiano Mainardi (1466-1513). 
Lihat di sebelah kanan atas. Kalian bisa menemukan sebuah UFO disana.

 
Adanya satu orang yang memandang ke langit menambah keyakinan sebagian orang kalau lukisan itu memang menggambarkan kunjungan sebuah pesawat ruang angkasa. 
Namun, kenyataannya jauh berbeda. 
Sekali lagi, pengetahuan mengenai karakter seni lukis masa lampau bisa memberikan kepada kita informasi yang sebenarnya. Dalam kasus ini, “UFO” tersebut sesungguhnya adalah lambang dari malaikat yang mengumumkan kelahiran Yesus. Aneh…Tetapi bisa dipahami jika kita melihat contoh simbol serupa di lukisan lain, seperti Vincenzo Foppa berikut ini:

Simbol yang sama, orang yang sama, namun terdapat modifikasi, yaitu adanya satu sosok malaikat. 
Variasi semacam ini juga bisa kita jumpai di banyak lukisan nativity lainnya. 

Model penggambaran Malaikat seperti ini juga bisa kita temukan di lukisan Carlo Crivelli yang menggambarkan Anunciacion (Peristiwa kunjungan Malaikat ke Maria) yang juga sering disalahartikan sebagai UFO. 

Bukankah semua terlihat lebih jelas sekarang?
Bagaimana kita bisa menyimpulkan semua ini? 
Mungkin substansi bahasan ini sendiri tidak terlalu penting. Apa yang kita pelajari justru lebih penting, yaitu informasi yang sepotong-potong akan menuntun kepada penarikan kesimpulan yang keliru. Dalam kasus ini, mirip dengan Ukiran Alien bermata besar di mastaba Ptah Hotep yang pernah saya posting sebelumnya.
Mungkin lain kali kita akan memiliki pikiran yang lebih kritis (tanpa perlu menjadi skeptis) ketika dihadapkan dengan suatu informasi yang berbau misteri. Saya harap begitu. 

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

132 comments:

  1. setelah sekian lama :)

    ReplyDelete
  2. Apa gw pertamax?????


    By molotoft..... yg masih setia menanti postinfan om e

    ReplyDelete
  3. akhirnya balik ngeblog lagi ya bung :)

    ReplyDelete
  4. Akhirnya ada yang baru.. :D ahoyy

    ReplyDelete
  5. Pertamax?

    Pembahasannya menarik sekali nih walaupun saya kurang tertarik dengan ufo dan juga kebetulan saya belum pernah baca buku anda

    btw sudah lama saya gak baca tulisan bung E.
    Keep posting ya walau gak sering-sering.

    ReplyDelete
  6. "...jika kita melihat sesuatu dengan tidak utuh, maka kita akan dituntun untuk menarik kesimpulan yang salah."
    quote yg bagus om.

    ReplyDelete
  7. Setelah sekian lama akhirnya postingan bung E keluar juga. Di tunggu bung E postingan selanjutnya, tpi jangan pakai lamaa.

    ReplyDelete
  8. dari sisi pandangan sekuler, Bung E terlihat sedikit berhati hati di posting kali ini, namun tetap menyajikan penjelasan terperinci, i'm enjoy that.. keep posting Bung E..

    ReplyDelete
  9. Sudah menunggu setelah sekian lama, akhirnya ada postingan abad pertengahan dengan ufo, kalo ngliat di History Chanel didunia ini semua ada campur tangannya alien..

    ReplyDelete
  10. Seperti biasa, singkat - padat - jelas.. Terimakasih untuk 5 menit pelajaran seni lukis abad pertengahan nya bang E, cukup mengobati rasa kangen tentang ulasan njenengan :))))))

    ReplyDelete
  11. Seperti biasa,,,cerdas dengan gaya yang "beralasan",,g asal klaim,, terima kasih bung e,,

    ReplyDelete
  12. comeback bung E, mantap
    semoga ada tulisan baru lainnya.


    ini blog favorit sejak jaman SMP hingga sekarang lulus kuliah.

    ReplyDelete
  13. Perbahasan yg sangat menarik.. Selamat kembali Enigma, setelah sekian lama menanti.. ✌

    ReplyDelete
  14. Akhirnya, setelah sekian lama... Ditunggu lagi postingnya ya bung

    ReplyDelete
  15. Baru aja slesai stalking blog ini, eh dah ada post yg baru ..
    Keren deh pokoknya,
    Slalu ada sisi yang lain!

    ReplyDelete
  16. akhirnya ada postingan baru dengan tulisan yang mencerdaskan seperti biasanya~
    baca ini jadi inget kemaren abis nonton marvels agent of s.h.i.e.l.d ada diceritain karya seni lukis dari abad pertengahan dimana di belakang lukisan itu ada tulisan alien hehe.
    btw emang para penganut ancient alien sono ga ngeh gitu ya sama fakta seni itu sendiri seperti yang bung E paparkan ini?

    ReplyDelete
  17. artikelnya selalu padat berisi. bagus dan selalu tersolusikan. blog saya-pun banyak terinspirasi dari blog Mr. enigma. thanx

    ReplyDelete
  18. Setelah sekian lama menunggu

    ReplyDelete
  19. Semagat buat professor kita... Bang E

    ReplyDelete
  20. Vakum berapa lama ? saya pembaca mu dari SMA dan pernah, semoga berlanjut

    ReplyDelete
  21. Bahagia nya blog ini update lagi. yg sering dong Bang E, seminggu sekali jg gapapa.

    ReplyDelete
  22. Kerinduan sekian lama telah terobati, terima kasih

    ReplyDelete
  23. Such a long time mr.E

    ReplyDelete
  24. Semoga lebih update lagi kaya dlu blog nya bang E.

    ReplyDelete
  25. ini pertama kalinya saya berkunjung ke blog ini lagi setelah satu tahun munggin karena kesibukan, rindu juga dengan pemikiran soal ufo dan misteri. yang saya tangkep mungkin imajinasi seniman masa lalu terkadang disalah artikan oleh orang jaman sekarang yang sudah kenyang dengan hal-hal misteri dan ufo..seperti permainan kata dari orang pertama sampe terakhir bisa beda.

    ReplyDelete
  26. bung E udh came back

    ReplyDelete
  27. Saya baru menemukan blog enigma sekitar mungkin satu bulan yang lalu. Bisa dibilang saya sangat terlambat.
    Dalam satu bulan terakhir ini saya melihat2 postingan2 lama blog ini. Rupanya pernah terjalin semacam 'keluarga' di sini. Menarik sekali!
    Sempat terpikir juga di mana MyHeart, Chris, Nakashima (?) dan lain- lain sekarang :) mereka orang2 yang sangat menarik.

    -Alc

    ReplyDelete
  28. Bang E!, setelah sekian lama

    -Kalishna

    ReplyDelete
  29. Ini seperti pembelajaran terhadap pemberitaan di blog ataupun media lokal yang kerap menampilkan informasi yang sepotong sepotong. Entah itu kutipan sesorang atau saduran dari media lain, sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda bagi pembacanya.

    Terima kasih atas updatenya, semoga pembacanya menemukan esensi yang luas dari sekedar ancient alien :)

    ReplyDelete
  30. Akhirnya bisa baca artikel terbaru lagi semangaaattttt......

    ReplyDelete
  31. Setelah berbulan bulannnn.....
    Welcome Back
    Bung E
    mantabs......

    ReplyDelete
  32. Kapan buku ke-3-nya nih om E? :-)

    ReplyDelete
  33. Wah, akhirnya ada postingan lagii.
    butuh asupan artikel dari bung E, karena banyak artikel tentang UFO ataupun misteri lain yang nggak menyajikan analisis secara jelas dan objektif kayak bung E.
    Misalnya kalo ane nyari tentang teori ancient alien, kebanyakan berangkat dari 'percaya' jadi gk terlalu mikirin fakta. tapi bung E beda, semua di bahas, bahkan ada juga beberapa yg gak disimpulin :D
    Semangat ya, lanjutin terus posting blog nya, atau buku Enigma 3 juga boleh, hehe. I'm your fans, and always be!

    ReplyDelete
  34. whoaa finally :D setelah beberapa minggu mulai baca lagi postingan2 lama bang E skdar muasin kehausan akan postingan misteri yang berkualitas, terus ada postingan baru, thanks bang :D

    by the way, kalopun boleh request, untuk postingan selanjutnya, tolong bahas fenomena Bloop bang, saya tau bang E lbh trtarik sma makhluk cryptid, dn Bloop adalah salah satu fenomena yang menyangkut makhluk cryptid yang menurut saya paling mengagumkan, sayang belum ada yang membahas secara lengkap fenomena ini,
    by the way, sekali lagi thanks bung E :D

    ReplyDelete
  35. Bang riddle di buku enigma 2 masih berlaku ga?? :D

    @the_unloved2013

    ReplyDelete
  36. akhirnyaaa ada yang baru bung E

    ReplyDelete
  37. Finally Enigma is back..again..keep posting :)

    ReplyDelete
  38. Dear bro sam, saya harap ini bukan postingan anda yang pertama dan terakhir di tahun 2015..
    Sering2 update ya, dan ditunggu buku ke 3 nya..

    I miss blog enigma to be much more update..more..more and more.. Just like it was..

    ReplyDelete
  39. om tukar link mau mas saya sudah meletakkan link sahabat di blog saya, kalo mas mau juga melatakkan link saya di blog nya yaitu blog http://filehipo2.blogspot.com/ , nanti mas koment di blog saya ya,

    ReplyDelete
  40. Wow, panjang umur bung E. Selamat datang kembali. Setelah sekian lama :)

    ReplyDelete
  41. Akhirnya muncul lagi, kangen saya sama Bung E, saya tunggu artikel selanjutnya

    ReplyDelete
  42. mantap bung E.

    From Devy D

    ReplyDelete
  43. Salam kenal kak Enigma. Nama saya Ika.
    Saya menemukan blog kak Enigma ini 3 bulan yang lalu dan selama 3 bulan itu saya membaca postingan blog ini secara maraton setiap hari dari awal postingan sampai kepostingan yang baru ini. Saya suka blog ini karena banyak ilmu yang bisa didapat dari cara kakak mengungkap misteri dari berbagai sisi. Selain postingan kak Enigma yang bagus para komentatornya pun bagus2. Saya sangat suka dan selalu menunggu komentar dari Crish dan Inoshi (salam kenal Crish dan Inoshi ^-^).
    Terima kasih atas postingannya kak Enigma dan tetap update ya kak.

    ReplyDelete
  44. bang sam, ditunggu buku ketiganya ya.

    ReplyDelete
  45. bung e,di tunggu postingan yang lainnya..

    ReplyDelete
  46. bung E, saya tetap setia jadi pengikut bung E dari SMP hingga sekarang di bangku kuliah XD. Bung E saya paling tertarik dengan analisis yang tentang konspirasi Al Gore isu global warming, saya berharap banyak bung E bisa mempost analisis-analisis yang lainnya terutama ya tentang isu global warming tersebut hehehe. terimakasih atas banyak ilmu yang telah di baginya XD

    ReplyDelete
  47. akhirnya kembali lagi om E, oh om E, saya mau nanya, video Alien Spider Creature Caught On Video In Russia Climbing On Building | Giant Spider In Russia ini benar atau tidak ya? apa udah diposting sebelumnya? terimakasih bung E
    https://www.youtube.com/watch?v=e3L9jmZnfBM

    ReplyDelete
  48. Ahhh... Miss your article so much! Glad you come back, bung E.

    ReplyDelete
  49. yupp sama seperti berita berita yang disampaikan ditelevisi saat ini, hanya satu sisi atau hanya sebagian yang disampaikan untuk menggiring opini masyarakat ke arah yang diinginkan orang/kelompok. huuuhh. maaf saya ngomen bukan hal tentang misteri,he.. ditunggu buku ke 3 nya bang

    ReplyDelete
  50. akhirnya ngeblog juga :)

    ReplyDelete
  51. Dari saya kelas 3 SD sampe sekarang SMP :') Masih setia dengan blog ini :') :3

    ReplyDelete
  52. Lanjutkan nulisnya dong...jangan break lama-lama..kami haus infomu bang,,,

    ReplyDelete
  53. Looks like this site isn't dead after all.

    ReplyDelete
  54. Postingan pertama di tahun ini x_x

    ReplyDelete
  55. Bang udh pernah analisa akashic record blm ya? Makasih..

    ReplyDelete
  56. Postingan Pertamax di Tahun ini di Blog Enigma... Hihihi 😁

    ReplyDelete
  57. postingan orang STRESS!!! MUKE GILE

    ReplyDelete
  58. terima kasih infonya........
    menarik dan bermamfaat.......

    ReplyDelete
  59. akhirnya update lagi thanks bung e atas artikel yg dibuat keep posting terus bahasannya sangat gamblang dan mudah dipahamin :)

    ReplyDelete
  60. akhirnya update juga bung E

    ReplyDelete
  61. ada post baru..... mau orgasme.....

    ReplyDelete
  62. ga rugi dah gue udah bolak balik ke blog ini ..... walau pun duu udah sempet lost hope juga kirain udah berhenti ngeblog....

    ReplyDelete
  63. "saya selalu berusaha menghindari bahasan-bahasan yang menyentuh keagamaan. Internet adalah tempat dimana manusia-manusia tanpa wajah kadang berperilaku seperti banteng lepas."

    Setuju, kenapa tidak buat private-forum untuk pembahasan yang sensitif bagi mereka yang open-minded?? ;)

    sudah lewat enam tahun, bukankah sudah saatnya untuk berbagi dan bersosial lebih luas tanpa menggunakan "mask"? dengan orang-orang yang sepaham tentunya..

    ReplyDelete
  64. Keren postingannya bung E. Saya suka nih yang kaya begini :)
    post lagi dunk bung E :D

    ReplyDelete
  65. Penjelasan yang bagus, kata2nya mantap bersifat kritis tanpa harus skeptis,hhehe

    http://sufarwi.blogspot.com

    ReplyDelete
  66. ini br bang e yg asli... beberapa postingan yg lalu gaya bahasa nya beda ama yg skrg ini.. gw harap bang e mo tetep update di neh blog..

    ReplyDelete
  67. jika kita melihat sesuatu dengan tidak utuh, maka kita akan dituntun untuk menarik kesimpulan yang salah

    kata2 bagus

    ReplyDelete
  68. welcome bakc Mr.E. Telat bacanya euy. lain kali tulis di blog dok..mau beli bukunya tapi terhambat belu susu 2 anak saya hihihihi

    ReplyDelete
  69. Yahhh...ketinggalan 6tahun...knpa sekArang Baru ktmu blog ini saat sudah semester 6ya...salam kenal...pendatang Baru dsini. Rivaldy

    ReplyDelete
  70. tau darimana pak? kalo si pelukis bermaksud menggambar malaikat dengan siluet ufo.

    Apakah pada masa itu orang sudah berimajinasi kalau malaikat menggunakan wadah seperti tampah, atau lingkaran bercahaya.

    Salam "out of the box"

    ReplyDelete
  71. David

    Bang Sam jangan lama-lama donk postingnya. Tapi tetap semangat dalam mengusut misteri.

    Bang Sam, tolong komentari video lucu buatan saya donk di https://www.youtube.com/watch?v=NTiJioI6MGA

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  72. salam kenal...blog enigma baru sekitar 2 bln ini saya baca..tapi saya langsung tertarik..sejak itu saya rajin berkunjung ke blog ini...walaupun belum saya baca semua postingan...terus berkarya dan slalu sehat bung enigma..^_^

    ReplyDelete
  73. udah sekian lama gak stalking blog ini, tau tau nya ada postingan baru .
    Lanjutkan om E !!
    tulisanmu selalu dinanti

    ReplyDelete
  74. lama banget gak baca postingan bang E, tadi tiba tiba kepikiran mampir, ternyata ada postingan baru .3.)d nice one :)

    ReplyDelete
  75. Akhirnya bang E datang juga...

    Dari masih gadis sampe skrg punya anak umur 4thn,tetep gk pernah bosen baca blog ini.

    ReplyDelete
  76. Good job ! Saya memiliki beberapa pertanyaan untuk anda
    1. Apa dengan segala pengetahuan anda , membuat anda menjadi seorang yg skeptik mengenai keberadaan Tuhan?
    2. Jika tidak bagaimana anda bisa mempercayai keberadaan Tuhan sendiri?

    ReplyDelete
  77. Geez.. i miss your post so much!

    ReplyDelete
  78. Tesa baru menggiring opini manusia untuk meninggalkan tesa lama ... Dan kisah klasik terus terulang ..... Good tesa ...

    ReplyDelete
  79. Akhir nya update juga bung e

    ReplyDelete
  80. http://vault.fbi.gov/9-11%20Commission%20Report
    tolong dong bahas tentang laporan FBI mengenai peristiwa 911. Klo saya si percaya dalangnya itu mereka sendri. Tapi mnrut data FBI bgmn?

    Ditunggu lagi postingannya. Semoga bisa sering posting lagi kayak dulu. Saya pnggemar blog ini sejak 2010. Tapi sejak 2014 hingga sekarang sudah jarang posting lagi ><

    #Ryu

    ReplyDelete
  81. Mungkin gw yg paling telat yah -_-"
    Baru minggu ini nemu blog sekeren ini dan sangat friendly (bisa di lihat dr comenan , bnyk yang menunggu" bung E tuk ngepost lg) .
    Analisis gw mungkin bung E lg membuat buku enigma seri 3 yang tak tau kapan di rilis .
    tp sangat d bnyk nama" seperti lica lawliet , harits , iin dan tman" yang biasa muncul d komenan sekarang belum muncul .

    Semangat terus bang ngepost nya , supaya orang di masa depan terbiasa membaca misteri dengan penjelasan yg logis dan tidak terjerumus ke kesimpulan yang salah dan di ceritakan ke orang lain .

    Nice post bang E, blog sangat inspiratif . mungkin ini sekalian award dr gw bang "BLOGGER INSPIRATIF" .

    Salkomsel dr pendatang baru ~valkrin~

    ReplyDelete
  82. Suara sangkakala misterius? fenomena alam atau sebuah viral marketting?

    http://m.cnnindonesia.com/teknologi/20150525072450-199-55416/suara-terompet-dari-langit-terdengar-di-as-hingga-jerman/

    ReplyDelete
  83. Ya ampuuun.. Baru sadar Enigma posting lagi.. seakan om E hidup kembali.. Terima kasih sudah membuka mata saya bertahun2 lalu..

    ReplyDelete
  84. Ko lma lma yg coment jdi dkit ya

    ReplyDelete
  85. bung e,bahas ttg foto rita swift 1977 dong,,

    ReplyDelete
  86. Mau tukar link masih bisa gan? blog PR 3
    kalo oke langsung saya pasang segera

    ReplyDelete
  87. mendifinisinya jangan dari1 agama aja dong

    ReplyDelete
  88. trimakasih,,
    infonya sangat menarik,,
    mantap,,,

    ReplyDelete
  89. Tapi bukan berarti UFO dan makhluk lain di luar sana tdk ada kan? Saya percaya bukan hanya bumi yg ada penghuni nya.

    ReplyDelete
  90. Mbah E....
    oh ya, terus lubang hitam itu bener-bener pakai yah, anu gimana ya, kalau kita lewat situ waktu berputar terbalik atau gimana sih mbah E...?

    ReplyDelete
  91. itu yang di lukisan atas bukannya simbol matahari dan bulan ya yang dimaksud? nah kalau yang lukisan bawah memang terlihat aneh dan menyerupai benda terbang yang belum diketahui :hammer:

    ReplyDelete
  92. luar biasa bung ENIGMA setelah sekian lama ini pertama kali saya buka kembali situs anda dan msh seperti dulu bahasannya luar biasa..... bravo...

    ReplyDelete
  93. Bang enigma bisa nggak buat postingan tentang "annunaki" yg katanya menciptakan manusia ..klo sya sih percayanya sama tuhan

    ReplyDelete
  94. finally setelah setahun vacum ya bang E

    ReplyDelete
  95. Mantab om postingannya! Akhirnya terjawab sudah teka tekinya oleh bang En :D
    Ini komen pertama saya om setelah bertahun2 mengikuti blog anda
    Salam kenal bang dari Jemis

    ReplyDelete
  96. dari semua kasus lukisan yang bung bahas semuanya dikatakan bahwa missunderstand, tapi ane masih penasaran sama ancient alien ada gk kasus ancient alien yg real

    ReplyDelete
  97. Salut pemecahan kasusnya mas enigma

    ReplyDelete
  98. I love blog enigma

    ReplyDelete
  99. selalu ada sisi yang lain...good job bung Enigma, bagai oase diantara serbuan media yang kering kerontang


    ----hendras----

    ReplyDelete
  100. jadi begitu penjelsan scara gamblangnya tentang ufo

    thanks bang suatu pencerahan

    ReplyDelete
  101. Ada yg bilang kalo teori Ancient Alien itu RASIS..., karena bangsa Barat tidak bisa menerima bahwa jaman dahulu orang-orang di Amerika Selatan dan Afrika sudah sangat maju...Mereka menganggap bahwa bangsa-bangsa tersebut masih primitif sehingga tidak bisa membuat Piramid atau Garis Nazca tanpa bantuan alien..gmn Bung Enigma???

    ReplyDelete
  102. akhirnya karya2 tulisannya kembali bangkit ......bookmark

    ReplyDelete
  103. aiiihh makasih dah nulis lagi...

    ReplyDelete
  104. mantap.. memberi pencerahan pikiran. saya sempat yakin pelukis masa lalu menyelipkan lukisan ufo di lukisan mereka.

    ReplyDelete
  105. Iy sering ntn ancient alien jg aku om..suka ttg UFO ny tpi agak risih krn sering sangkut pautkan dg agama..

    ReplyDelete
  106. SETELAH SEKIAN LAMA.. SEJAK SAYA HAMIL,SAMPAI ANAK SAYA UDAH BERANJAK SEKOLAH, AAHH..LEGA AKHIRNYA BISA BACA BLOG INI LAGI...

    ReplyDelete
  107. Pertanyaannya...apakah kalian dah bener2 nonton dan mengikuti acara ancient aliens di history channel ??? apa iya ilmuwan sebanyak itu mau seumur hidup mendedikasikan diri meneliti sampe keliling dunia dan mengeluarkan biaya yg tidak sedikit hanya untuk meneliti omong kosong??? Kenapa sampai history channel mau menayangkan acara ini??? Tonton dulu gan...

    ReplyDelete
  108. keren ini, mantau kelanjutannya dah

    ReplyDelete
  109. hahaha.. gw emang ga percaya sama org2 ancient alien.. semuanya ilmuwan yg bodoh..

    ReplyDelete
  110. Ini web sangat lengkap menurut saya (y)

    ReplyDelete
  111. Ilmu cocoklogi.. mencocokkan walau harus memaksakan,itulah yg banyak sekali terjadi saat ini. Saya setuju bung,bahkan pengetahuan yg setengah2 akan berakibat fatal bagi si manusia,efek ke psikologi dan spiritualnya.

    ReplyDelete
  112. saya bertahun2 lalu suka ikutin blog bang E. baru tahu ada vakum dan ada buku. apakah semua teori2 aa bisa di debunk? sy pernah lihat ini, yang mana di sebut ufo ternyata malaikat toh hehe. keep up the good work

    ReplyDelete
  113. Wah, bgus sekali, smoga da info2 yang lebih menarik lagi

    ReplyDelete