Friday, May 29, 2015

Misteri Suara Terompet Langit - Penjelasan

Pada tanggal 11 Agustus 2011, di Kiev, Ukrainia, suara keras terdengar membahana di langit. Suara yang terdengar mirip terompet tersebut segera menjadi viral yang kemudian memunculkan semakin banyak laporan dari seluruh dunia mengenai suara terompet langit yang misterius ini. Apakah kita sedang mendengar bunyi sangkakala terakhir yang menandakan berakhirnya dunia ini?

Empat tahun yang lalu, tidak ada yang menaruh perhatian kepada video Kiev. Terima kasih untuk Youtube dan media mainstream, sekarang kita mendapatkan diskusi hangat tentang sangkakala akhir zaman. Kalian bisa melihat videonya disini:


Sebelum kita masuk ke soal Kiev, ada baiknya kita mengenal beberapa istilah yang berkaitan dengan fenomena suara-suara aneh semacam ini.
Beberapa media mengaitkan suara Kiev dengan fenomena fortean yang disebut “The Hum”. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda. 
The Hum sendiri adalah fenomena seperti suara dengungan yang berfrekuensi rendah dan tidak audible sehingga tidak akan bisa direkam untuk diperdengarkan kembali. Saya sudah pernah menjelaskan soal fenomena ini disini

Lalu ada lagi istilah yang disebut skyquake, atau gempa langit. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Charles Fort, peneliti peristiwa fortean yang legendaris. Fenomena ini adalah suara misterius yang tidak diketahui asalanya dan terdengar seperti tembakan meriam, sonic boom atau suara gemuruh atau gempa. Keberadaan fenomena ini sudah dilaporkan sejak ratusan tahun yang lalu. 

Sir George Darwin, putra dari Charles Darwin yang juga seorang ahli geofisika, pernah memantau fenomena ini dan menelitinya. Hasil penyelidikannya ini menjadi sebuah karya penelitian yang cukup komprehensif mengenai Skyquake.
Selain dikenal dengan istilah skyquake, fenomena ini juga punya beberapa istilah lain, yang paling terkenal adalah Guns of Seneca (merujuk kepada suara yang terdengar di sekitar Danau Seneca di Amerika Serikat), Guns of Barisal (merujuk kepada wilayah di Bangladesh), Mistpouffers (belgia), Fog Guns atau Uminari (Jepang). 
Jadi, jika kita ingin mengkategorikan fenomena Kiev, maka lebih pas jika kita menyebutnya “Skyquake” dibanding “The Hum”. 
Mengenai video-video yang heboh belakangan, kita bisa mengabaikan sebagian besar diantaranya karena video-video tersebut adalah hoax yang dibuat oleh para youtubers iseng. 
Paling tidak kita bisa mengkonfirmasi bahwa beberapa video terompet langit adalah hoax.
Contohnya adalah video terompet langit yang diambil di Edmonton, Canada. Video itu ternyata dibuat oleh pelajar lokal bernama Claudine Gladue yang menggunakan suara dari Video Terompet Langit Conklin, juga di Kanada. Ia merekam situasi kota dari balkonnya sambil memperdengarkan rekaman Conklin dari laptopnya.


Video Conklin sendiri juga terbukti hoax. Ketika suara terompet dari Kiev dan Conklin dibandingkan, keduanya memiliki gelombang suara dan background noise yang sama yang berarti bahwa suara terompet langit di video Conklin diambil dari suara terompet langit video Kiev. Mungkin saja dilakukan dengan cara yang sama dengan metode Claudine.


Lalu, ada juga video Amarillo. Ini juga hoax yang dibuat oleh Jason Boyett. Ia bahkan sampai mengupload video yang menunjukkan bagaimana mudahnya membuat video palsu semacam itu.

Kemudian ada video terompet langit Jerman. Analisis menunjukkan bahwa video itu menggunakan suara terompet langit Kiev dengan pitch yang diturunkan tiga semitones.

Memang ada banyak video suara-suara terompet langit yang lain yang tidak bisa kita verifikasi. Namun untuk kehebohan yang terjadi beberapa hari ini, kita dapat menyimpulkan bahwa semuanya bermula dari video Kiev.

Beberapa youtubers dengan tepat menunjukkan bahwa suara terompet Kiev memiliki kemiripan dengan suara alien tripod dari film Tom Cruise yang berjudul War of the Worlds yang dirilis pada tahun 2005 dan suara terompet dari film Red State yang dirilis pada tahun 2012.

Kesamaan karakter suara yang unik ini sepertinya tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena itu banyak yang curiga bahwa video Kiev dibuat dengan menggunakan suara tripod dari film War of the Worlds sebagai bahan viral marketing untuk Film Red State atau untuk film lain yang akan dirilis seperti Godzilla atau Cloverfield II. 
Seorang Youtuber mencoba untuk menganalisis kesamaan suara terompet Kiev dengan suara tripod War of the Worlds dan menemukan adanya kesamaan pada background noise, yaitu suara burung.


Karena video ini agak panjang, kalian bisa menemukan analisisnya mulai dari menit ke-5. Namun, setelah saya melihat cuplikan scene film War of The Worlds, saya tidak bisa menemukan suara burung yang dimaksud. Adegan yang disebut memiliki suara burung yang sama persis dengan Kiev adalah adegan pada detik ke-50.



Jadi untuk sementara analisis itu bisa kita abaikan walaupun menurut saya sendiri, kesamaan antara suara tripod dan terompet Kiev sendiri sudah bisa membuat kredibilitas video tersebut runtuh dengan sendirinya. 
Dengan demikian, jika saya diminta untuk menilai Video Kiev, maka saya condong kepada hoax walaupun belum bisa dibuktikan secara konklusif. Namun itu tidak penting dan saya merasa bahwa kita tidak perlu berusaha mati-matian untuk menemukan unsur hoax dalam rekaman-rekaman tersebut karena, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, fenomena semacam ini adalah sebuah fenomena yang nyata dan sudah dilaporkan sejak ratusan tahun sebelumnya. 
Kita mungkin bisa membuktikan kepalsuan beberapa video, namun fakta bahwa masyarakat di sebagian wilayah di dunia ini memang mendengar suara semacam itu tidak bisa kita bantah. 
Lalu jika memang fenomena ini nyata, apakah ada penjelasan ilmiahnya? 
Tentu saja. Namun seluruh kasus yang ada tidak boleh digeneralisir. Masing-masing memiliki sumber masalahnya sendiri-sendiri. 
Salah satu laporan mengenai fenomena ini yang cukup terkenal adalah apa yang dijuluki “Moodus Sounds”. 
Moodus adalah sebuah kota yang terletak di Connecticut, Amerika Serikat, dimana para penduduk di kota ini telah mendengar suara-suara misterius di langit selama ratusan tahun. 
Suara-suara tersebut kadang terdengar seperti gemuruh yang aneh atau seperti pohon raksasa yang tumbang. 
Tidak ada yang pernah tahu darimana asal suara tersebut. Nama “Moodus” sendiri berasal dari bahasa suku Indian setempat, Wangunk, yang menyebut wilayah itu “Machimoodus” atau “Tempat dengan suara-suara yang tidak enak”. Mereka percaya bahwa suara-suara tersebut berasal dari Dewa Hobomoko yang memiliki karakter tidak tenang, kasar dan berisik. 
Jadi ketika kaum Puritan menetap di wilayah itu tahun 1600-an, mereka mengira kalau setan-lah yang menyebabkan suara-suara tersebut (Sementara kita mengira malaikat-lah yang menyebabkannya). 
Namun misteri Moodus ini telah dipecahkan oleh para ahli geologi. Menurut mereka, suara-suara misterius tersebut berasal dari gempa mikro yang terjadi di wilayah itu. 
Dr. John Ebel, asisten direktur dari Weston Observatory di Massachusetts, mengatakan bahwa gempa mikro tersebut terjadi di kedalaman sampai 1 mil di bawah permukaan bumi dan biasa memiliki kekuatan antara 0 hingga 2 skala Richter. 
Gelombang Seismik yang muncul lolos ke permukaan dan berubah menjadi gelombang suara. 
Aktivitas seismik memang bukan hal yang aneh untuk kota Moodus. Contohnya, antara bulan Agustus dan Oktober 1981 sendiri, terdapat sekitar 500 guncangan yang terjadi di bawah permukaan bumi dan itu tidak dirasakan oleh para penduduk di atasnya.
Kisah lain yang mirip adalah yang terjadi di Clintonville, Wisconsin, Amerika Serikat. 
Pada bulan Maret 2012, selama beberapa hari, kota kecil itu diguncang oleh suara-suara misterius yang tidak diketahui asalnya. Kadang suara itu terdengar seperti suara guntur, kadang seperti suara logam yang beradu dan bahkan kadang terdengar seperti sebuah ledakan. 
Kejadian ini membuat resah para penduduk hingga pejabat setempat memutuskan untuk mengadakan penyelidikan. Mereka mulai dari cara yang paling tradisional, yaitu dengan melihat getaran pada cangkir kopi. Pada suatu pagi, suara keras misterius terdengar pada pukul 5 pagi. Namun tidak terlihat tanda-tanda getaran pada cangkir kopi. 
“Tidak ada yang tahu penyebabnya," Kata Tom Mitchell, penduduk lokal. “Mungkin saja ini sesuatu yang sangat buruk atau bagus. Tidak ada yang tahu.” 
Penduduk yang panik kemudian berkumpul di aula sebuah sekolah untuk mencari solusi. 
Salah satu peserta berkata, ”Mungkin cuaca musim panas telah membuat batu granit di bawah tanah bergeser.” 
Tanpa penelitian yang sungguh-sungguh, para penduduk hanya bisa berspekulasi. Jadi akhirnya pejabat lokal memutuskan untuk berkonsultasi dengan Badan Geologi Amerika Serikat (USGS). 
Hasilnya, para peneliti di badan itu menyimpulkan bahwa suara tersebut disebabkan oleh sekumpulan gempa mikro yang di-amplified oleh bebatuan unik di dalam tanah. 
Lisa Kuss, pejabat lokal yang dimintai keterangan, menyebutkan bahwa kota itu memang mengalami gempa ringan berkekuatan 1,5 skala richter pada hari sebelumnya. USGS mendasarkan kesimpulannya berdasarkan pada data dari delapan stasiun pemantau seismik. 
Di wilayah lain, gempa kecil semacam ini tidak akan bisa dirasakan,” Kata Kuss. “Namun jenis bebatuan yang terdapat di wilayah Wisconsin dapat mentransfer energi seismik dengan sangat baik.” 
Jelas kasus yang terjadi di Clintonville mirip dengan kasus Moodus. Penjelasan ini masuk akal dan didukung oleh data yang ada.
Selain berhubungan dengan gempa, suara-suara aneh di langit juga bisa berasal dari hasil pekerjaan manusia seperti pada kasus yang terjadi di Malaysia pada subuh hari tanggal 12 Januari 2012. 
Menurut Borneo Post, suara misterius di langit terdengar oleh para penduduk di Kota Samarahan antara pukul 2 hingga pukul 3 pagi. Suara tersebut dideskripsikan seperti suara raungan atau dengkuran, tergantung persepsi yang mendengarnya. 
Salah seorang saksi bernama Mohd Ferdauz Jemain yang tinggal di Kampung Meranek bercerita, ”Saat itu sekitar pukul 2 pagi ketika saya terbangun oleh suara-suara aneh. Suaranya terdengar sangat keras dan mirip dengan seseorang yang sedang mendengkur. Lalu, saya bangkit dari tempat tidur dan melihat apa yang sedang terjadi. Situasi saat itu cukup membuat bergidik. Saya tidak dapat menentukan arah suara itu, seakan-akan ia datang dari langit.” 
Kejadian ini menjadi diskusi hangat diantara warga dan kemudian media mulai memberitakannya. 
Beberapa penduduk menduga bahwa suara itu datang dari perusahaan sawit milik Felcra yang ada di Kampung Endap, walau kemudian kesimpulan ini diragukan karena suara tersebut terdengar hingga jarak 8 kilometer. 
Namun dugaan ini kemudian terbukti ketika pemerintah lokal membentuk komite penyelidikan yang terdiri dari anggota Badan Angkasa Malaysia dan Badan Meterologi Malaysia. Mereka menemukan bahwa memang suara itu berasal dari pabrik sawit tersebut. 
Pada waktu suara tersebut terdengar, pabrik tersebut sedang menguji mesin uap dan uap yang dihasilkan oleh tekanan tinggi, dibantu oleh pipa yang mengarah ke Samarahan dan kondisi sunyi pada subuh hari, telah menyebabkan suara misterius tersebut terdengar sampai jauh. 
Boleh percaya boleh tidak. Namun sekali lagi, jawaban ini masuk akal dan bisa diterima. 
Lain lagi kasus yang terjadi di Terrace, British Columbia, Kanada. Pada September 2013, penduduk kota juga dibingungkan dengan suara-suara aneh di langit, terdengar seperti suara mesin yang sedang bekerja, namun sumber suaranya tidak diketahui. Jika kalian mendengar suara tersebut (video di bawah), saya yakin kebanyakan diantara kalian akan bergidik.Video ini diupload oleh Kimberley Wookey, penduduk Lokal, dan merupakan salah satu video yang paling banyak diberitakan oleh media mainstream, termasuk oleh detikcom.


Suara apa itu? 

Jawabannya tiba beberapa hari kemudian. Halaman resmi Facebook kota Terrace memposting sebuah pengumuman yang memberitahu bahwa mereka adalah pihak yang bertanggung jawab atas suara-suara tersebut.
Menurut mereka, suara itu dihasilkan oleh para pekerja pemerintah yang sedang menggunakan buldozer di Bukit Lanfear. Namun penjelasan itu tidak begitu saja dipercaya. Lalu salah satu penduduk lokal bernama Purnell Good bertekad untuk membuktikannya sendiri. Jadi ketika suara-suara aneh itu terdengar lagi, ia menyusuri asal suara itu.


Apa yang ia temukan?

Ia menemukan bulldozer yang sedang bekerja di sebuah tempat parkir.
 

Terpecahkan?

Histeria massa memang menarik. Namun yang seringkali kita lupakan adalah, tidak semua pengguna media sosial itu jujur, termasuk youtubers, dan tidak semua media mainstream melakukan tugasnya dengan baik.

Ini menyebabkan kita sering menjadi objek eksploitasi keisengan sebagian orang. Manusia memang sering takut dengan apa yang tidak diketahuinya, namun itu tidak berarti kita harus berhenti mencari penjelasannya, termasuk soal suara terompet langit yang misterius.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

103 comments:

  1. A2T : pertamaxx....

    ReplyDelete
  2. great... bang E , terima kasih dah bahas, setauku dulu pernah jadi cuplikan di on the s*ot. Trus tadi diang juga jadi bahan berita di tr*ns7 dan tv lain.... pemberitaan ini mirip snowball yang memunculkan spekulasi2 dan ternyata video yang jadi rujuan merupakan hoax. hahah, welcome back...

    ReplyDelete
  3. Info yang menarik, sudah lama menuggu update blognya. :)

    ReplyDelete
  4. Akhirnya....setelah sekian lama....

    ReplyDelete
  5. Terimaksih penjelasannya ... Kalau bang E yg jelasin saya baru percaya

    ReplyDelete
  6. Mantab Bung, Trims analisanya

    ReplyDelete
  7. Yeeeeyyy.... Bang Enigma muncul lagi :D
    miss you so much :*

    -Diota

    ReplyDelete
  8. Gitu donk Bro E, sudah lama saya menunggu penjelasan ini muncul dari bro E, sejak awal memang saya jg sudah curiga, ini ulah org2 tertentu yang iseng membuat video hoax, sayangnya memang media itu ampuh utk membohongi publik. Jd saran saya percayailah apa yg kamu lihat dan dengar sendiri, setidaknya itu lebih baik, daripada mempercayai media yg belum jelas kebenarannya. Semoga utk mereka yg menjadi pelaku dibalik semua ini sadar akan perbuatannya.
    Lanjut Bro... Akhirnya muncul jg dikau... hehe :D

    ReplyDelete
  9. saya berharao itu Alien haha......

    ReplyDelete
  10. makasih penjelasannya bung!
    ane ijin copas, dan pasti ane kasih backlink keblog ente (y)

    ReplyDelete
  11. Saya dengan kata2 ini "Histeria massa memang menarik. Namun yang seringkali kita lupakan adalah, tidak semua pengguna media sosial itu jujur, termasuk youtubers, dan tidak semua media mainstream melakukan tugasnya dengan baik. "

    ReplyDelete
  12. Thank Bg E memna suara ini sudah lama saya lihat di youtube, cuma akhir2 ini media mainstream memblow up berita ini, apalai banyak sekali para pembaca yan percaya mentah".
    thank penjelasannya bg E

    ReplyDelete
  13. Naahh akhirnya bung E atau bang SAM balik lagi, hehe emang kalo ada misteri-misteri yang heboh mending langsung liat di blog ini biar bisa paham kejelasannya. Buat yg punya acara2 TV mending lansung nih di liat aja di Blog enigma sebelum bikin heboh masyarakat. thanks bang E infonya, ditunggu juga buku series ke 3 nya hehe

    ReplyDelete
  14. Right on the point, as usual.. Thanks, pal :))

    ReplyDelete
  15. Well.. Setidaknya fenomena ini bisa sedikit menyeret om E keluar dari keheningannya di blog ini... Hehehe...

    ReplyDelete
  16. Setidaknya fenomena ini bisa sedikit menyeret om E keluar dari keheningannya di blog ini... Hehehe...

    ReplyDelete
  17. Sudah ditunggu-tunggu, akhirnya update juga. Terimakasih atas penjelasannya Bung Enigma, saya suka dengan analisa Bung Enigma yang sangat logis dan tidak dikurangkan ataupun dilebihkan

    ReplyDelete
  18. Antara gempa mikro sama pekerjaan manusia. Menurut ane mah kayanya pekerjaan manusia itu. Mantep mas E

    ReplyDelete
  19. Akhir nyaa Kak E posting lagi dan postingan nya keren :3

    ReplyDelete
  20. good job, keep posting

    ReplyDelete
  21. Asal suara dlm video2 di youtube dihasilkan dari adanya kejadian geologi? Mesin yg sedang bekerja? Atau ternyata hanya video buatan yg mengadopsi suara lain? REVEALED? Saya rasa belum semuanya karena mungkin masih ada penyebab lain yg masih dpt dijelaskan secara SAINS dgn didukung data2 kredibel dan penjelasan2 masuk akal. *Note : Setidaknya 3 kemungkinan yg diajukan tersebut lebih masuk akal dan dpt diterima daripada mengkaitkannya dgn hal yg seharusnya bukan menjadi urusan manusia. Btw nice info & glad to see you back (on your blog,of course :)) ) bro.E.

    ReplyDelete
  22. bang enigma bangkit dari kubur :v

    ReplyDelete
  23. Nais inpoh gan enigma, tengs atas patromaxnye

    ReplyDelete
  24. Saya tidak mau berbohong karena tidak ada untungnya untuk saya. Saya tinggal di Jayapura, Papua, beberapa hari yang lalu kami di kagetkan oleh suara terompet yang sangat besar. Bukan sekali melainkan 3 kali. Saya tidak sempat merekamnya karena waktu kejadianya begitu tudak di sangka dan cukup membuat panik kami serumah. saya kira suara berasal dari dalam rumah tapi ternyata tidak, setelah bertanya ke tetangga sekitar mereka juga mendengar hal yang sama. Kemudian saya coba googling cari tahu suara apa sebenarnya itu dan hebatnya ketika saya ketikan "Terompet Sangkakala" ratusan situs yg membahasnya kurang dari seminggu. Apa semua kebetulan, atau?? Untuk catatan, saya tinggal di bibir pantai saya tertarik dengan ulasan anda yang berikut "sekumpulan gempa mikro yang di-amplified oleh bebatuan unik di dalam tanah."
    Mungkin penyebabnya cuma gempa.

    ReplyDelete
  25. duh kangen sekali baca analisis nya bang enigma,.. ^_^
    sekalinya baca artikel terbaru ini oo keren sekali

    ReplyDelete
  26. habis bertapa ya om E.. ?.. he..he.

    ReplyDelete
  27. sial...aku kira suara tersebut didengarkan secara bersamaan dibeberapa negara, nmn setelah di baca dan ditelaah, ternyata diwaktu yg berbeda.
    ya dari penjelasan bung E, mmg dpt diterima logika kalu suara terompet tersebut adalah suara buldozer (suara yg berasal dari amrik) akibat pantulan dinding bukit sehingga megarahkan gaung suaranya kearah yg lebih luas (dlm hal ini wilayah pemukiman), dan terdengar keras ya karena pantulan dari dinding bukit tsb.
    ini menurut pendapat saya.
    salam kenal bro E, saya newbie disini !

    by IT

    ReplyDelete
  28. Mantab bro ulasannya.. Lebih sering lagi dounk..

    ReplyDelete
  29. Ulasan yg masuk akal dgn bukti2....jgn asal cuap2 aja seperti media.....good job :)

    ReplyDelete
  30. Sempat terpikir mau kirim email ke bro E buat memgulas fenomena ini, ternyata udah diposting duluan. Mantap gan, nice post..

    ReplyDelete
  31. miss you so much bang E ...
    seperti biasa luar biasa banget penjelasan dan penelitiannya :D
    keep it up bang :*

    ReplyDelete
  32. Sipp, ane izin copy di FB ane.

    ReplyDelete
  33. Ane lebih penasaran sama suara "the bloop" dripad suara ini,klo bisa tolong dibahas yah bang E,soalnya penasaran bngt.
    Btw welcome back bang E.

    ReplyDelete
  34. Mantapppppsss...
    Devy D

    ReplyDelete
  35. nunggu lagi postingan yang unik dan menarik

    ReplyDelete

  36. hoax, seperti dugaanku,
    nice bung E.

    ReplyDelete
  37. bagus sekali artikelnnya kak bisa menambah wawasan jadi sebenarnya itu suarah berisik itu ternyata berasal dari bawah tanahnya

    ReplyDelete
  38. Akhirnya muncul kembali dengan url website ya bro E... Congrats! Makin sering posting ya! :D

    -L-

    ReplyDelete
  39. Akhirnya bung E' keluar hehe, mendingan Bung E yg diundang k tv one dibanding Lapan hahaha, buku ke 3 kapan? Tanda tangan ya jgn lupa- Guru yg doyan misteri hehe

    ReplyDelete
  40. Wah dibahas didetik.com nie artikel bung E' hehe http://m.detik.com/news/read/2015/05/26/060725/2924800/10/ilmuwan-menyebut-suara-misterius-di-langit-dengan-istilah-the-hum Bentar lg diundang tv nie haha

    ReplyDelete
  41. mungkin itu suara monster musuhnya ultraman yg mau bangkit dari dalam tanah....atau suara Godzila hasil mutasi gen dari ledakan reaktor nuklir di chernobyl!!!????hehehehhe....
    penjelasan bang E lebih logis dan mdh dipahami drpd penjelasan di surat kabar elektronik trkenal...tp yg pasti seandainya yg di Atas mau bikin kiamat ya Dia bs kasih tanda lewat media apa saja, jd siapkan diri masing-masing, mau masuk surga ato neraka...jalan menuju sorga sdh diajarkan kok sesuai dgn kepercayaan dan keyakinan masing-masing dan semuanya baik jd tinggal jalani sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing :D

    ReplyDelete
  42. Kemampuan Bung E is amazing.
    Ulasannya selalu terperinci dan wowable (wow banget). :D

    ReplyDelete
  43. Bikin hoax yang banyak viar bung e posting terus wkwkwk

    ReplyDelete
  44. Dari awal saya sudah mengira suara mirip trompet di Terrace adalah dari mesin, dengan adanya artikel ini semuanya jadi sangat jelas, bahkan gempa micro bisa menghasilkan suara aneh, terima kasih untuk postingannya bang, selama datang kembali di dunia misteri, selama nggak ada bang E banyak misteri yang terlewatkan dan tak terpecahkan :)

    ReplyDelete
  45. hebat bung E..,terus terang saya lebih menyukai pembahasan anda dari pd history channel,
    tetaplah aktif dalam memberikan informasi/ bahasan mengenai fenomena2 misteri. GBU

    ReplyDelete
  46. pada era di mana informasi begitu mudah didapat, kita harus tetap ingat untuk tetap menyaring informasi-informasi tersebut
    tidak semua orang jujur, apalagi di dunia maya
    apakah di antara berita tersebut ada yang benar? ataukah semua hanya rekayasa? kita tidak tahu, yang jelas ketika ada orang-orang yang membuat kepalsuan, akan selalu ada orang-orang lain yang akan membongkar kepalsuan tersebut . . .

    ReplyDelete
  47. tapi kok janggal ya... suara dalam video pembuktian diatas kok sama persis dg suara yg direkam kimberly wookey? trus kenapa dia gak mendekat spy benar2 terlihat apa yg menimbulkan bunyi tersebut? Jangan2 yg buat video pembuktian itu jg hoax, dia bikin video mencari suara lalu diedit dan dimasukkan suara video kimberly plus pengaturan volumenya.. :)

    ReplyDelete
  48. yey bang E kembali

    ReplyDelete
  49. Ijin share bang E,,,terima kasih :-)

    ReplyDelete
  50. Padahal saya berharap itu benar benar suara terompet sangkala gag...gag gag

    ReplyDelete
  51. hufftt.. akhirnya bang E muncul lagi :v , emang sih waktu awal denger berita gak percaya.... yah.... kalo bang E yang jelasin gini kan jadi lebih rinci ceritanya dan saya jadi maksud :v, gak kaya di berita2 yang cuman "sekilas info" :v :p

    ReplyDelete
  52. wah,,akhirnya dibahas juga sama Bang E.. :D

    ReplyDelete
  53. Saya condong ke pendapat video yang banyak beredar di youtube adalah hoax

    ReplyDelete
  54. bung E, saya mau share pengalaman pribadi terkait postingan diatas :

    Tahun 2006, setelah Gempa hebat yang meratakan hampir sebagian wilayah Yogyakarta, 4 hari setelah kejadian saya pergi mengunjungi kerabat dekat saya yang tinggal di daerah Bantul, Banguntapan dekat perbatasan Imogiri. Satu hari setelah kedatangan, siang hari sebelum jam 12 siang, saya tengah berjalan sendirian dipinggiran sungai tak jauh dari pemukiman, saat itu keadaan sangat sunyi karena memang keadaan desa yang tidak padat dan jauh dari jalan raya. saat sedang duduk dan melamun saya mendengar suara gemuruh-suara asing dan tidak mengenakan-dan memenuhi kepala saya (sulit mendeskrpsikannya), suara tersebut hanya berlangsung sekitar 10 - 15 detik, saya terhentak bangun dan mencari-cari sumber suara, sempat berpikir apakah suara tersebut suara air bah dari kejauhan yang akan menyapu saya di pinggiran suangai, saya memutuskan untuk berlari kembali ke rumah kerabat saya. kira-kira 3 - 4 menit dari lokasi sungai, saat tiba di muka halaman rumah.. tiba-tiba semua berguncang, gempa susulan terjadi lagi sekitar 3 menit.. setelah berhenti saya berlari mengecek kerabat saya yang ada didalam rumah sendirian, beruntung gempa susulan tersebut tidak destruktif...

    ReplyDelete
  55. problem solved, for now... :)

    ReplyDelete
  56. Bang E buku Enigma yang pertama udah habis...

    ReplyDelete
  57. Sebenarnya berkenaan tanda-tanda sangkakala bisa aka kits percayai Dari ketentuan yg telah digaris oleh Allah di dalam Al Quran Dan yang diperjelaskan oleh Rasulullah s.a.w melalui hadis-hadis baginda. Jadi mengapa kepoh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget:))
      buat kita yg beragama islam gaperlu heboh masalah beginian.
      kalo emg udh waktunya kiamat yaudah,kita jg udh gabisa apa2 lg. kita jggabisa bertahan hidup. yg namanya terompet sangakakala itu tiupan pertama makhluk mati semua. lalu tiupan kedua kita semua dibangkitkan lg.

      jd skali lg gaperlu heboh mslh gini:))

      Delete
  58. memang ini selalu jadi misteri.. terima kasih artikelnya... sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  59. welcome back bang E :v

    ReplyDelete
  60. wowww... penjelasan yg sanga tmudah dipahami buat orang awam..
    saya kira suara yg lagi rame ditayangkan di tv kemarin benar, ternyata tidak.. terimakasih atas info dan penjelasannya..
    btw blognya keren :D

    ReplyDelete
  61. suaranya dari langit mas bukan dari hutan

    ReplyDelete
  62. Info yang menarik nihh gann,, makasihh atas penjelasannya ;)

    ReplyDelete
  63. akhir nya pecah juga..
    miss you bang E..
    akhir nya nongol juga...

    ReplyDelete
  64. terompet buatan kayanya itu, selalu saja mengada ada

    ReplyDelete
  65. Bang E muncul d sambut bunyi terompet...hehehe

    ReplyDelete
  66. ternyata bouldozer, di indonesia sampe di buat team peneliti buat neliti suara itu loh :D

    ReplyDelete
  67. kalo buat org yg beragama (islam. nggatau di agama lain sama apa engga) namanya terompet sangkakala itu waktu ditiup pertama kali ya semua makhluk hidup mati. tiupan kedua manusia dibangkitkan lagi.

    jadi, waktu denger berita ttg terompet sangkakala terdengar di bla,bla dunia akan kiamat bla,bla jujur dalam hati ngomong "ini berita apaan sih gajelas" sama pengen ketawa aja gitu.

    ReplyDelete
  68. Ini ane masih penasaran sampe sekarang dari mana sumbernya. Banyak yang bilang dari sana, dari sini, suara ini suara itu. tapi belum sampe akal pikiran ane.

    ReplyDelete
  69. Kalo suara di media bs aja tipu tipu sehingga bs dibikin analysis.

    Kl ada suara terompet sangkakala ya mana sempet bs update untuk memberikan penjelasan seperti ini.

    Cukup bikin geli

    ReplyDelete
  70. Mantep analisisnya, as always bang Enigma!

    ReplyDelete
  71. Beberapa hari sebelum gempa dahsyat jogja, sodara+keluarga disana juga denger suara2 dengung di tiap tengah malem.. Sempet lapor ke pihak berwajib karena dikira suara pabrik plat besi\baja yg ganggu, tapi ga digubris.. Bberapa hari setelah gempa besar baru ketauan kalo sebelum hari "H" patahan jogja lagi bergerak, tapi ga terdeteksi (Liputan6).. Sayang, padahal kalo kita tau itu suara patahan bisa tolong banyak orang (Almh. Embah meninggal pas gempa bantul)..

    ReplyDelete
  72. Kyknya seru jg klo nyaksiin scara langsung, jd serasa dilokasi shooting the x-files

    ReplyDelete
  73. Paling serius klo menyimak penjelasan bang E ini, terus menulis ya... saya fan anda... :D

    ReplyDelete
  74. barusan juga ada bunyi misterius ky campuran suara pesawat, truk, atau pabrik. pas dini hari. sy ada di ciputat tangsel. tapi gak tau dari mana asalnya. apa ada gerombolan truk lagi cari jalan tikus ? entahlah. yg pasti saya sadar total dan listrik nyala. lagi main laptop. pas buka jendela, tetap ada suaranya.

    soal sangsakala menjelang kiamat, mungkin orang zaman dulu dengar suara misterius juga dan kebetulan berasal dari pergerakan lempeng atau patahan bumi sehingga terjadi gempa. jadi mereka berkesimpulan kalau terdengar bunyi seperti itu di seluruh dunia serempak maka dunia kiamat. well ga salah jg sich..

    ReplyDelete
  75. enggak nyangka ada blogger yang sejenius ini. lanjut terus gan!

    ReplyDelete
  76. Bung E, mohon ada ulasan tentang i-dorse ya

    ReplyDelete
  77. mantap bang E analisisnya! hmm, saya salah satu yang percaya2 aja yg begituan cuma liat dr youtube n berita2 yang kadang ga jelas.. x.x akhirnya dapet pencerahan juga .. ^^

    http://www.rumahkayu88.com/

    ReplyDelete
  78. Akhir ny nulis lagi yha ,, dh lama gk keliatan hehe
    Update lgi dhonk hehe

    ReplyDelete
  79. dulu waktu saya masih kecil juga sering di buat bingung oleh suara2 aneh seperti gemuruh yang se olah2 datang dari langit, yang terdengar tiap malam dan shubuh, tapi pas saya sudah dewasa saya jadi sadar kalau suara2 gemuruh itu datang dari hangar pesawat merpati yang ada di bandara juanda, yg jrknya sekitar 20km dari rumah saya, XD

    ReplyDelete
  80. artikelnya memang mantap,,lanjut lg mas,,
    salam sukses,,

    ReplyDelete
  81. Super sekali anda ...
    Saya sendiri berspekulasi bahwa ini hoax, berdasar artikel ini saya kira spkulasi saya benar

    ReplyDelete
  82. Intinya sih bang kalo ada video kaya gitu lagi dan jatuhnya banyak warga yg mendengar itu berarti emang bener entah mungkin gempa atw apa, tapi klo tetiba cuma ada satu akun yg ngeuplod video di satu kota ada suara aneh tapi gk ada kesaksian warga lain nah video itu patut dipertanyakan

    ReplyDelete
  83. klo menurut ane malah mirip suara mesin serut kayu .....klo di tempat sepi suaranya kan kenceng tuh,gak pecaya coba aja

    ReplyDelete
  84. Tolong baca dari awal sampe abis, jangan lupa tonton videonya biar bisa jelas gan!

    Bahwa itu adalah hoax.

    ReplyDelete
  85. Hi Bang Enigma,

    saya mau share aja karena ini pengalaman pribadi saya sendiri mendengar bunyi terompet (sangkakala) secara langsung. Saya sedang ada project di Hanoi, Vietnam ketika suara ini nyaring terdengar di tahun 2015. Beberapa latar belakang yang ingin saya share antara lain:
    1. Saya mendengar suara ini pada 3 kesempatan yang berbeda di Hanoi
    2. Suara tersebut tidak terdengar di se-antero kota, melainkan hanya satu atau dua wilayah (sebesar radius 2-4 km)
    3. Saya dapat mendengar-nya hanya ketika malam hari / menjelang tengah malam (mungkin krn siang hari terlalu bising)
    4. Bunyi ini sungguh bunyi seperti sangkakala dengan nada yang naik dan turun.. kadang lebih keras dan kadang lebih lembut

    Memang banyak hal logis yang bisa menjelaskan hal ini sehingga mungkin saja suara tersebut adalah buatan manusia. Untuk saya yang mengalami sendiri, saya yakin itu adalah suara alam. Mungkin gema dari planet kita tercinta ini. Anyway, just want to share, bahwa itu memang ada :) have fun guys

    ReplyDelete
  86. Bener banget, dulu pas gempa jogja juga gitu. Bahkan sewaktu-waktu dan amplitudonya meskipun rendah tetapi memenuhi telinga. Suaranya gemuruh kayak suara runtuhan dan kadang kayak suara ombak besar. Tapi nggak ada yang mirip suara terompet.

    ReplyDelete
  87. mungkin suara itu suara alien yang sedang mengamuk

    ReplyDelete
  88. saya juga pernah mengalami hal serupa. waktu itu pagi sekitar jam 5 saya terbangun dr tidur dan mendengar suara yg aneh seperti suara geraman atau gemuruh. saya tdk bs memastikan dr mana suara tersebut. suaranya sperti menyebar dr semua arah dan samar2. sejenak saya merasa takut dan mengira ada yg salah dgn pendengaran saya atau semacam ada suara ghaib. kemudian saya bertanya pd ibu saya. dan ibu saya juga mendengar suara yg sama. lalu ibu menjelaskan kalau itu suara mesin pabrik gula yg jaraknya krg lebih 6 km dr rumah saya. kata ibu saya memang tdk setiap hari suaranya smpe k rmh. dan saya mendengar suaranya baru kali ini.

    ReplyDelete
  89. Bang enigma kalo boleh saya mau minta pendapatnya mengenai suatu proyek yang disebut bleu beam
    Terimakasih

    ReplyDelete
  90. Kadang misteri-misteri seperti ini yang buat orang-orang iseng,, biar pada heboh aj

    ReplyDelete
  91. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete