Friday, May 1, 2009

Giant Snakehead : Ikan monster dari pantai Inggris

Kita mengenal hiu dan piranha sebagai predator air paling ganas. Namun kelihatannya reputasi mereka mendapat saingan berat dari seorang pendatang baru. Seekor ikan liar yang lebih mematikan dibanding piranha dan telah membunuh orang baru-baru ini ditangkap di pantai Inggris untuk pertama kalinya.

The Giant Snakehead - disebut demikian karena tubuhnya yang panjang dan giginya yang menakutkan tertangkap oleh seorang pemancing di Lincolnshire, Inggris. Giant Snakehead adalah salah satu spesies dari bermacam-macam jenis ikan Snakehead.

Ikan ini diberi julukan "gangster" nya dunia ikan. Ia memakan apapun yang terlihat olehnya dan bahkan dilaporkan telah membunuh manusia. Monster ini yang diduga berasal dari Asia Tenggara juga dapat merayap di daratan dan bertahan hidup tanpa air hingga 4 hari. Walaupun baru ditemukan, ikan ini telah memiliki reputasi sebagai predator yang menakutkan di beberapa bagian dunia. Di Amerika Serikat, ikan ini dijuluki "Franken Fish" karena kelihatan seperti makhluk yang keluar dari film horor.

Ikan ini pertama kali ditangkap oleh Andy Alder dari Lincoln. Tanpa sengaja ia menangkap ikan sepanjang 60 cm ini ketika ia sedang memancing di sungai Witham dekat Hykeham utara, Inggris. Dia berkata,"Ikan itu memiliki mulut penuh dengan gigi setajam silet. Sejujurnya, saya takut setengah mati."

Setelah ditemukan, ikan ini bukan saja membuat panik para pemancing saja namun juga para aktivis konservasi alam. Sebuah organisasi lingkungan hidup berkata bahwa apabila spesies ini berkembang biak, maka ia dapat memusnahkan makhluk lain di dalam air dan mereka beranggapan bahwa ini adalah sebuah bencana besar. Ben Weir, seorang wartawan dari majalah memancing berkata,"Selama hidupku bekerja di bidang pemancingan, aku belum pernah mendengar banyak suara kekuatiran seperti sekarang. Ikan ini nyata dan mereka tidak segan-segan menyerang manusia untuk melindungi anak-anak mereka."

Para ahli telah meneliti foto-foto ikan ini dan mengkonfirmasi bahwa ikan ini adalah predator sejati. Sekarang, ikan ini telah masuk dalam daftar hitam spesies yang dilarang untuk diimpor oleh Inggris. Ada kekuatiran bahwa ikan ini dapat diselundupkan untuk hewan piaraan akuarium dan kemudian dilepaskan secara ilegal. Salah satu pemancing terkemuka didunia, Jean Francois Helias dari majalah Angling Adventures Thailand berkata bahwa ikan ini yang bernama latin Channa Micropeltes adalah ikan terjahat dari semua spesies Snakehead. "Giant Snakehead tidak mengenal rasa takut" Katanya.


Ikan yang sama juga telah menimbulkan kekacauan ketika mereka masuk ke perairan Amerika Serikat tahun 2002. Para penembak jitu disiapkan di pinggir sungai untuk menembaki mereka. Pada waktu itu, air sungai dipenuhi oleh darah untuk memancing mereka keluar.

Untuk diketahui, Snakehead dewasa dapat mencapai panjang 90 cm dan berat 20 kilogram, Dan tebak, darimana persisnya ikan ini berasal ? ya, Indonesia. Kita mengenal jenis snakehead dengan sebutan IKAN GABUS. Giant Snakehead adalah salah satu variannya.


(thesun.co.uk)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

48 comments:

  1. ganas banget neh ikan...

    ReplyDelete
  2. horeee dari indonesia!!!!

    ReplyDelete
  3. hi serem ntar klo gigit anu ku gimana??

    ReplyDelete
  4. Numpang copy

    tenanf aja, link ke blog ini udah siap di akhir post

    mungkin ada kesamaan sekitar 20% ato lebih

    mohon ijin dan kerjasamanya

    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. sorry, ternyata aku putuskan utk menulis hal2 yang berkaitan tentang IT aj

    mohon maaf

    ReplyDelete
  6. ris_pake_ti 0710July 4, 2009 at 4:50 PM

    Indonesia............. LUar.................Biasa........

    ReplyDelete
  7. ini namanya ikan toman bro, di kalimantan banyak banget dan suka nyerang manusia. kalo gabus kurang ganas dibanding ikan ini. kalo kita suka mancing ato kebetulan berada di pinggir sungai mahakam dan liat ikan patin besar tubuhnya sisa separo, itu kerjaan ikan toman ini.

    ReplyDelete
  8. mungkin ikan toman ama ikan gabus bersaudara yang dipost mungkin keluarganya juga yang lebih "gangster"

    ReplyDelete
  9. Om, gw copas gw blog gw yah,, gw tertarik asal muasal nya soal nya, hehehe,,

    ReplyDelete
  10. Copas sj. Tdk mslh. Yg ptg sesuai aturan yg sy ksh dibwh post. He..he. Tp kamu sopan ya, minta ijin segala.

    ReplyDelete
  11. Copas sj. Tdk mslh. Yg ptg sesuai aturan yg sy ksh dibwh post. He..he. Tp kamu sopan ya, minta ijin segala.

    ReplyDelete
  12. trus gmn itu org bunuh nya?
    apa ia dy bawa2 pistol kmn2?
    ga keburu d makan abis sama tu ikan?

    ReplyDelete
  13. Cepet2 patenin tu ikan milik Indonesia...tar diakui milik negara seberang pula kan berabe hehehehe....

    ReplyDelete
  14. itu mah iwak Kotok (sidoarjo), aku pernah menangkap yg panjangnya 70 cm,

    orang barat ternyata kuper ya.., padahal ditempatku ikan seperti itu biasanya dimakan, ternyata orang indonesia memang hebat buktinya ikan yang mampu memakan manusia di inggris yang sangat ditakuti, ternyata malah menjadi makanan lezat bagi penduduk indonesia..

    ReplyDelete
  15. nama inggrisnya kebanting sama nama lokal

    ReplyDelete
  16. kalau di Kalimantan Selatan namanya ikan Bakut, varian Gabus...tp sering dijadikan ikan asin.

    ReplyDelete
  17. Di Kalteng namanya haruan...nyaman jua di santap kalo...

    ReplyDelete
  18. SADIS!!!!

    IKAN YG BISA BERTAHAN D'DARATAN ND' BUAS LAGI,,,

    TERLALU SADIS UNTUK SEEKOR BINATANG BUAS,,,!!!

    ReplyDelete
  19. SADIS NWEH IKAN,,,!!!

    BAHKAN TERLALU SADIS UNTUK JADI BINATANG LIAR,,,!!

    ReplyDelete
  20. hahha ternyata di Indonesia sering dijadiin makanan, hebat juga ternyata orang kita dibanding bule2 itu :p

    ReplyDelete
  21. WOOOOOOOOOOO d goreng mah enak ikan gabus....

    ReplyDelete
  22. Memang kita lebih berani dari bule2 itu hahahahaha

    ReplyDelete
  23. salah satu daerah di surabaya nebut ikan gabus dengan "Ikan Bulldog", ...ga tau knapa di bilang gitu,yg pasti para tetua kampung bilang nya gitu, atau juga awam di sebut Ikan Kutuk...!!

    ReplyDelete
  24. kalo pake bhs inggris jadi keren nama ikan ni...wkwkwk...
    harusnya sterofom fish bukan franken/giant snakeheaded fish..
    don quixote

    ReplyDelete
  25. iwak kutuk ini...

    ReplyDelete
  26. tolong selidiki apakah area 51 asli atau tdk

    ReplyDelete
  27. ini mah ikan gabus

    ReplyDelete
  28. loh, tapi katanya ada varian ikan gabus yang beracun...
    ternyata giant snakehead itu ikan gabus to...

    ReplyDelete
  29. "ßя∆м المَلِكُ"March 23, 2010 at 7:55 AM

    di Palembang dibuat Pempek tuh Ikan.

    ReplyDelete
  30. orang inggris mah taunya teknologi doang...itu berti mereka pikirannya sempit, coz cuma memperhatikan human made doang. Soal yang God made mereka tutup mata dan aneh2 pendapatnya...terlalu extrem dan lebay

    ReplyDelete
  31. maap mas enigma....
    klo di t4 sya yg kya gitu nma'a ikan bogo

    ReplyDelete
  32. bener...ikan gabus tuh, haruan, kutuk, bogo, bakut... apa ajalah kata orang indonesia... kan tuh ikan emang indonesian bro... en setuju deh... mr. mr. emang biasa lebay kalo dah bicara soal 'kekayaan alam'...iyo tho?

    ReplyDelete
  33. wah itu banyak di Indonesia di daerah saya disebut kocolan, memang sih.... giginya tajem buanget, suka makan kodok

    ReplyDelete
  34. emank INDONESIA is The Best dah..~
    Luar Biasa Dan Luar Binasa..~
    PoKokna JOSH!!!!

    ReplyDelete
  35. sama aja, kocolan jg anak nya kutuk, ato ikan gabus

    ReplyDelete
  36. Kalau di Palemang itu namanya ikan TOMAN, paling enak kl di masak pindang hehehe... emang ganas ikannya, dulu sering banget parno kl lagi nyebur di sungai, takut digigit toman... :)

    Tapi orang2 dikampung saya mah biasa aja, nangkep tuh ikan pake jala, kail ataupun pake tangan....

    belum pernah ada sih orang mati di daerah saya karena di serang ikan toman... yang ada tomannya yang berakhir di dapur...

    ReplyDelete
  37. Kalo d kal-sel, d tempat aku cieh nma nya ikan haruan, ada jga ikan toman,
    tpi ngga bnuh mnusia, mlah ikannya yg d bnuh mnusia, di jdikan mknan.
    Trnyta di luar negri mlah di tkuti ya, smpai d lrang di perjual belikan, di sini mlah di jual di sna sni, hhehehe

    ReplyDelete
  38. wah...!!
    klo hiu ma piranha ma gak bakal tersaingi keganasannya,, coz dah sampe di film kan gitu kengeriannya,,

    ReplyDelete
  39. Kalau dikalimantan mah persisnya di kalimantan selatan ikan ini dibikin lauk taoman atau gabus

    ReplyDelete
  40. Hoax :/
    http://en.wikipedia.org/wiki/Giant_snakehead#Hoax

    ReplyDelete
  41. cerita diatas hoax..ini cuplikan dari wikipedia
    http://en.wikipedia.org/wiki/Giant_snakehead#Hoax

    Hoax
    In 2008, a specimen of C. micropeltes was reportedly caught by an angler while fishing for pike on the River Witham in Lincolnshire, England. The claim of this catch is highly peculiar as it was reportedly caught in late winter, and, being a tropical species it would not have been able to survive, let alone feed in an English river during winter. A source within the Environment Agency was quoted as saying “The reaction was, 'Oh s***'. This is the ultimate invasive species — if it starts breeding here it's a disaster." However, it was later determined to be a hoax; the fish had actually been found dead in a street

    ReplyDelete
  42. Kalo dibanten ikan bayong namanya,gk seseram itu gk nyerang manusia.

    ReplyDelete
  43. udaaaaahhhh

    gk usah di bahas
    goreng aja
    laper gan

    ReplyDelete
  44. itu kayak toman

    ReplyDelete
  45. pantes kodok di kolam gw abis. ternyata gabus toh tersangkanya

    ReplyDelete
  46. Saluut berat buat Enigma,....kami ingin banyak belajar mengenai ide2 kreatif dan kerjakerasnya,..mohon ijin untuk bisa link dengan posting yang satu ini, karena kami pikir akan bermanfaat untuk blog kami. Thank's berat.

    ReplyDelete