Monday, October 19, 2009

Mike Marcum - kisah seorang pria yang berusaha membuat mesin waktu

Mike Marcum membuat heboh ketika pada tahun 1995 muncul di acara radio Coast to Coast dan mengatakan bahwa ia memiliki konsep mesin waktu yang dapat direalisasikan. Entahkah mesin waktu itu bekerja atau tidak, tapi konon kabarnya, sejak tahun 1997, Mike Marcum menghilang tanpa jejak. Apakah ia berhasil melakukan perjalanan lintas waktu ?


Orang-orang menyebutnya Mike "Mad" Marcum. Pada tahun 1995, Ia mencoba untuk membuat sebuah mesin waktu dari serambi rumahnya di Missouri, Amerika Serikat. Ia memberikan alasannya membuat mesin waktu, yaitu untuk melihat nomor lotere yang akan keluar dari masa depan.

Pada tahun 1995, Marcum baru berusia 21 tahun dan kuliah di bidang kelistrikan. Menurut orang-orang yang mengenalnya, Marcum memang dikenal sebagai seorang yang cerdas.

Dalam wawancaranya dengan Art Bell, Host dari acara radio Coast to Coast, Marcum mengatakan bahwa ia menciptakan mesin waktu dengan "Tangga Yakub".

Tangga Yakub adalah sebuah peralatan yang memiliki dua batangan logam dengan percikan-percikan listrik diantaranya. Dalam film-film kuno, konsep tangga Yakub dapat kita lihat sebagai alat yang menciptakan kehidupan bagi Frankenstein. Dan seperti Frankenstein, menurut Marcum, sesuatu yang besar terjadi ketika Tangga Yakub-nya dijalankan.


"Tepat diatas Tangga Yakub, tercipta sebuah kondisi panas dengan lingkaran di tengahnya." Kata Marcum pada saat wawancara dengan Art Bell. "Pada mulanya, aku tidak mengetahui dengan pasti apa yang sedang terjadi. Bahkan sampai saat ini aku masih belum yakin."

Menurut Marcum, Ia kemudian melemparkan sebuah sekrup ke dalam lingkaran itu.

"Aku tidak tahu apa yang sedang terjadi, jadi aku mencoba melempar sekrup kedalamnya dan melihat apa yang terjadi," Katanya kepada Bell. "Setelah aku melemparnya, aku tidak melihat sekrup itu lagi."

Sekrup itu hilang, kata Marcum, lalu beberapa detik kemudian, muncul kembali secara tiba-tiba beberapa kaki dari tempatnya berdiri.

Dipenuhi rasa ingin tahu, Marcum lalu memutuskan melakukan sesuatu. Ia membuat Tangga Yakub sebesar manusia dengan 168 elektromagnetik di serambi rumahnya. Setelah Tangga Yakubnya selesai, Marcum masih memiliki satu masalah. Ia membutuhkan sumber listrik.

Jadi, dengan obsesinya yang menggebu, ia pergi ke sebuah gardu listrik di St Joseph dan mencuri 6 transformer dari situ.

Sherif Eugene Lupfer yang mengetahui hal itu segera menuju rumah Marcum dan menemukan keenam transformer tersebut telah terinstall ke Tangga Yakub-nya. Sebelum Marcum menyalakan peralatannya, Sherif telah memborgol tangannya dan menggiringnya ke penjara.


Setelah menjalani hukuman penjara selama beberapa lama, Marcum dibebaskan. Ia kemudian pindah ke sebuah Apartemen di St. Joseph dan mulai mengerjakan mesin waktunya kembali. Namun kemudian, pemilik apartemen mengusirnya. Menurut The New York Times, ia diusir karena memindahkan seekor kucing "sejauh satu blok". Entah apa maksudnya.

Pada tahun 1996, Marcum kembali muncul di acara radio Coast to Coast. Pada saat itu ia mengatakan bahwa 30 hari lagi ia dapat menyelesaikan mesin waktunya.

Itu adalah kemunculannya yang terakhir. Pada Januari 1997, Marcum menghilang.

Setelah hilangnya Marcum, seorang pria dari Orange County menelepon Art Bell. Ia mengatakan bahwa ia ingat dengan sebuah foto dari surat kabar edisi beberapa tahun lalu yang menceritakan sebuah peristiwa misterius yang terjadi pada tahun 1920an.

Menurut surat kabar tersebut, pada tahun 1920an, polisi menemukan mayat seorang pria di sebuah tabung besar yang aneh. Tubuh pria tersebut hancur berantakan. Disebelah tubuh tersebut ditemukan sebuah peralatan aneh. Para polisi saat itu tidak bisa mengidentifikasi peralatan itu atau identitas mayat itu. Penyebab kematiannya juga tidak dapat dipecahkan.

Pria dari Orange County ini kemudian ingat kepada foto tersebut dan ia mengatakan bahwa peralatan disamping mayat tersebut mirip dengan sebuah ponsel.

Apakah Marcum berhasil melakukan perjalanan lintas waktu ke masa lalu ? Apakah mayat pria tersebut adalah Marcum ?

Berbeda dengan Andrew Carlssin yang memang cenderung fiktif, kisah Mike Marcum adalah sebuah kisah nyata. Ia bukan tokoh fantasi. Kemunculannya di Coast to Coast juga nyata. Mesin waktu yang dibangunnya juga nyata. Pencurian enam transformernya juga nyata. Satu-satunya yang meragukan adalah keberhasilannya membuat mesin waktu.

Dan mungkin juga Marcum tidak menghilang, mungkin ia memutuskan untuk menyerah dan bekerja sebagai tukang listrik di Missouri. Atau mungkin ia sedang mencoba mengerjakan mesin waktu lainnya. Kita tidak tahu pasti.

Saya suka dengan Marcum karena ia adalah pria biasa seperti kita. Bila Prof. Ronald Mallet membuat mesin waktu untuk menyelamatkan ayahnya, Marcum, secara sederhana dan polos mengatakan bahwa ia hanya ingin mengetahui nomor lotere yang akan keluar. Ia tidak berusaha menjadi pahlawan dengan memberikan alasan mulia untuk usahanya.

Jadi, saya memutuskan untuk tetap menulis kisah hidup Marcum tanpa peduli apakah mesin waktunya benar-benar bekerja. Mudah-mudahan kisah Marcum bisa sedikit memuaskan fantasi kita mengenai Time Travel.

(ourstrangeworld.net)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

76 comments:

  1. waduh.... itu alat dimana energy positif dengan energy negatif bertemu. Jadilah itu yg namanya HALILINTAR....... koq tumben yah enigma ngebuat artikel spt ini? Tlng di check lagi.. siapa tau sy yg salah ^_^

    ReplyDelete
  2. hahaha. tujuannya pergi ke masa depannya polos bgt.

    ReplyDelete
  3. @anonymous : memang, itu cikal bakal halilintar. saya sih tidak percaya bahwa tangga yakub bisa menjadi mesin waktu. gambar diatas adalah gambar tangga yakub kecil yg saya ambil dari ibm.com. Hanya untuk tujuan ilustrasi. Oh ya, saya nulis ini cuma utk refreshing. nulis yang rumit2 belum mood. hehe.

    ReplyDelete
  4. nggak. saya nggak pernah pake fb. haha. jadi kayak chatting..

    ReplyDelete
  5. iya nih.. ooh.. jadi ga ada account kaya fb fs twitter gitu?

    ReplyDelete
  6. buzz...
    sayang, sbnre kl eksperimenya berhasil top mar kotop lho bisa kemasa lalu maupun masa mendatang, dan bisa ngalahin teori paranormal maupun dukun...untuk ngeliat apa yang terjadi di masa berikutnya maupun mengungkap yang masa lalu...

    ReplyDelete
  7. wah i see.... enigma kerja kantoran kah?

    ReplyDelete
  8. Heee--serem ih >.<

    T__T

    semoga mayat itu bukan mayatnya abang marcum :|

    ReplyDelete
  9. wah sama kaya guru les aku dong... keren $0$

    ReplyDelete
  10. wah..wah..wah...1x24 jam memang belum bisa mengembalikan mood.....hahahaha....
    rupanya anda sibuk membaca koran-koran tua ya...?
    patut di coba buat rekan-rekan yang lain....buat bahan postingan....
    jacob ladder ya...jadi ingat novel agatha christie tentang pembunuhan yang menggunakan jacob ladder.....nice posting...

    ReplyDelete
  11. wah, meranik, eh salah..... menarik..

    ReplyDelete
  12. hmm...teori yg sederhana...
    ako sih percaya banget bakalan ada mesin waktu...
    pertanyaannya,,kok g ada penjelajah waktu dari masa depan ke masa sekarang ini,
    coz masa depan udah g ada lagi...hohoho...

    marcum cerdas bgt...menggunakan energi halilintar mini,,buraq kan wujudnya kayak halilintar...

    halilintar mini udah, tinggal cara ngatur energi nya doank,biar ruang dan waktu yg melengkung karena energi tsb bisa pas ke jaman yg kita pengen...

    hohohooh....

    ReplyDelete
  13. salut deh tuk mike marcum yg gak pernah menyerah menyelidiki misteri dunia ini, tuk enigma trus up to date yah berita2 terbaru

    ReplyDelete
  14. bro tulis mengenai senjata pemusnah masal milik Prancis yg di bawah laut, kemudian rusia dan china atau australia yg denger2 mereka juga punya like HARP

    ReplyDelete
  15. ey pa ka tu bnar...
    believe it or not?

    ReplyDelete
  16. aduduh, jadi penasaran nih...

    ReplyDelete
  17. itu serius? mau tahu lebih lanjut soal peristiwa tahun 1920an-nya dong! fotonya, fotonya!

    memindahkan kucing sejauh satu blok? jangan-jangan dia tidak sengaja melakukan teleportasi dengan alat itu?

    ReplyDelete
  18. aKU BEHASIL BUAT MESIN WAKTU............

    WAKTU MALEM JADI PAGI HANYA DENGAN MEMEJAMKAN MATA...

    ReplyDelete
  19. satuju, saya juga penasaran dengan peristiwa 1920annya.. please carikan dong.. he..3x you are the best..

    saya juga setuju, mungkin ini orang menemukan cara teleportasi bukan time travel.. ya tapi si pembuatnya lebih tahu apa yang dia temukan..

    JADI BIKIN PENASARAN..

    ReplyDelete
  20. iya bolejuga 1920 dicari tuh huahahahaha btw ada permintaan nih bung enigma tulis mengenai HAARP versi negara lain ok juga tuh

    ReplyDelete
  21. satu2nya cara melakukan perjalanan waktu adalah dengan menumpangi kendaraan yang berjalan lebih cepat dari kecepatan cahaya

    ReplyDelete
  22. wah taun 1920 udah ditemukan benda macam ponsel, penasarn nih apa jangan jangan apa emang marcum haaaa....

    ReplyDelete
  23. lah klo yang John Titor itu gimana bang? di ulas juga dunk, hoax atau nyata

    ReplyDelete
  24. o iya! baru inget, mas enigma! beri penjelasan dong kalo suatu benda masuk ke blackhole [bintang mati] bendanya bakal kemanaa???

    ReplyDelete
  25. kaya dewa aja orang d suruh jelasin tentang lubang hitam... nasa aja belum tentu tau, mas mas

    ReplyDelete
  26. waw saya sangat suka dengan topik spt ini.
    jadi ingat dengan film 'the prestige', dimana seorang karakternya menggunakan alat yang ada nyetrum2nya gitu untuk teleportasi. hehe

    ReplyDelete
  27. bushettt !!!
    gua juga bs ilangin lo smua ke jaman puba ...
    hahahahaha
    keren lo mike marcum , kpn" gua ajarin yy ...

    ReplyDelete
  28. waduu ., keren bgt iahh .,
    pngn tao jg ni kjdian 1920 ny .,
    stju ma tmn2 d ats .,

    kl dpkr2 kcian jg iah si mike ,.

    but 1 thing ., u're cool for the time machine !!

    ReplyDelete
  29. but mesin waktu...???
    emang situ siapa..

    ReplyDelete
  30. @persona, time traveller udah pada datang kok. Pada pendaratan pertama di bulan, ada UFO yang berasal dari tahun 2247

    @manusiakendi, kalo blackholenya berputar, bisa kembali ke masa lalu

    Time traveler, 2 aja dulu :
    Alois Hiedler
    Kozyrev

    ReplyDelete
  31. klo mnurut gw tuh kyaknya mmang bner" mesin waktu,
    tp msalahnya msin waktu yg d'bwat mike itu kn brasal dr gelombang aliran listrik yg puanas kale,jadi bsa d'byangkan klo mnusia bsa mati pz mlewati tuh mesin,mkanya ada berita pda thun 1920-an yg mnurut gw itu adalah Mike yg mati krna tubuhnya gk kuat pas ngelewati gelombang listrik dri mesin waktunya,,,,,
    *y bgtulah,mhon mv klo ad yg salah*
    haha,,
    ~_~!!

    ReplyDelete
  32. analogi yang menghubungkan marcum dengan mayat tak dikenal menurutku terlalu spekulatif

    ReplyDelete
  33. rame euy cerita kaya gini ask di baca. tapi sulit di cerna.

    ReplyDelete
  34. woww. time travel is awesome...

    ReplyDelete
  35. christian thedorusFebruary 4, 2010 at 1:06 AM

    gini gw cuman mo share, dari kemaren gw liat deket kobon sebelah rumah gw yg tergolong luas sekali. Gw sering liat percikan kilat2 di atas pepohonan yang sesekali terasa panas, juga terkadang terdengar suara mesin yg aneh, gw udah coba cerita namun tak ada yang percaya :(

    ReplyDelete
  36. Jadi inget Philadelphia Exeperiment. Bang Enigma sudah menulis tentang ini belum?
    Kalo belum, saya tunggu ulasannya lho.

    ReplyDelete
  37. Wah saya salut sama om Mike Marcum ini....salut.
    mungkin saja dia sudah berhasil menemukan konsep mesin waktu dan mungkin saja belum. Tapi yang pasti dia sudah berani berusaha mencoba dan patut di kagumi. mengenai konsepnya yang menurut comment pertama salah, MUNGKIN saya rasa tidak juga. Coba kita liat teori Relativitas-nya Einstein.
    E = Mc^2
    dimana (kalo tidak salah ya)
    E = energy
    M = massa
    c = cepat rambat cahaya (dalam satuan waktu)

    berarti, saya contohkan dalam angka yang gampang.

    18 = 2 * (3^2)

    dimana,

    E = 18
    M = 2
    c = 3

    berarti, jika kita menginginkan nilai c (waktu) diperkecil maka secara otomatis untuk menghasilkan Energi yang sama maka nilai Massa harus di perbesar

    18 = 9 * 2

    disini nilai c^2 adalah 2 (waktu melambat)

    Jika masa tetap maka energy yang dihasilkan akan semakin kecil.
    Katanya, dalam proyek Philadelpia mereka menggunakan medan energy dan massa yang besar untuk memperlambat waktu. Tapi bagi saya itu sangat masuk akal.

    YANG PERLU DI INGAT, nilai c adalah Goal yang diinginkan, sehingga yang bisa di manipulasi adalah nilai Energy dan Massa.

    sehingga untuk menghasilkan nilai c sekecil mungkin (memperlambat waktu) ataupun sebaliknya (mempercepat waktu) maka otomatis nilai Energy dan Massa lah yang bisa dimanipulasi, dan itu yang dilakukan oleh Mike Marcum.

    hehehehe ini sekedar gambaran gampang2an aja, kalo yg rumit tanya aja langsung ke Einstein :D saya jg gelap :D
    nice post om Enigma

    ReplyDelete
  38. pecinta time travelerFebruary 16, 2010 at 2:53 PM

    bang enigma... saya masih penasaran dengan koran pada tahun 1920 yang mencantumkan penemuan mayat misterius dengan benda mirip handphone,, saya jadi penasaran pengen lihat korannya,,,, kalo ada tolong di post ya,,,,,!!!! makacihhhhh......
    i love this blog......

    ReplyDelete
  39. TOP MARKOTOP.........

    buat Jovi : thx penjelasannya.....bertahun2 saya gak ngerti tentang rumus einstein tsb......tapi sekarang jadi tercerahkan........

    ReplyDelete
  40. keren bud dah.. jd termotivasi nih....
    mesin waktu keren sih...
    time traveler jg keren..
    ak sneng bca brita ttng time traveler deh..
    pokonya ttng mesin waktu..
    k enigma postingan'a ckp smua.. hehehe...

    ReplyDelete
  41. Kasihan juga gw ma Mike Marcum..
    Tapi salut dah, bwat mesinnya...

    ReplyDelete
  42. emang mike marcum tuh otakny luar biasa hebat.. salut gw ama dia.. tapi yang bikin gw pusing darimana tu orang tau klo tahun 1920an ada orang mati..??ya itu misalny klo mike marcum beneran..

    ReplyDelete
  43. saya salut bgt ma Mike,
    tapi bukan.a mesiN waktu itu masih bisa dipake? ? ?
    kLo masih bisa, knp tiDak diSeliDiki aja pake mSin wkTu itu?
    apa tidak ada orang yg bRani?
    Q prNah kPikiran mBuat mSin wkTu sPerti itu. . .
    tApi saya tidak berani. . .
    kLo Mike ingin angka lotere di masa dPan, knp di masa lalu?
    apakah mSin wkTu itu bLum smPurna? ? ? thanks. . .

    ReplyDelete
  44. kasian tuu anag .

    ReplyDelete
  45. munkin kata "memindahkan kucing satu blok"itu pake mesin waktu

    ReplyDelete
  46. tulisannya bagus bro, pernah denger gak kejadian tentang manusia yang menghentikan waktu atau sejenisnya

    ReplyDelete
  47. sy pribadi mengangap ini hny khyalan sj tapi eits..! tunggu dulu bknkah semua teknologi yg ada sekarang berasal dari sebuah imaginasi tingkat tinggi he.. trbuka lah trhdp semua kemungkinan. thx brother

    ReplyDelete
  48. @susanto salim: kalau mesin atau org blm pernah dengar. Kalau peristiwa, pernah denger.

    ReplyDelete
  49. marcumm.marcumm...

    ReplyDelete
  50. WAKTU?

    Apakah sbnarnya WAKTU itu?
    WAKTU itu sbnarnya apa? pertanyaan sama kale!
    WAKTU itu hanya perhitungan yg dibuat manusia,
    coba kalo pas siang tengah hari kita terbang keatas sampe keluar dari atmosfir bumi gak usah jauh2 ntar gak bisa balik pula, yg pasti ampe
    kita gak kebawa putaran rotasi bumi kita diam aja disitu ampe bosenn pasti disitu gak pernah pagi gak pernah sore diaem dstu ampe tua pun gak bisa kita bilang satu hari krn emg gak ada mlm, jadi WAKTU yg tepat kita gunakan adalah DETIK hehehe.. jadi kalo ditanya umur kamu brp skrg? jawabnya 450 255 detik huahahaha.. lucu yah tapi itulah kenyataan, gmn msh pgen balik ke 100 milyard detik yang lalu?...

    ReplyDelete
  51. wow sesuatu yg keren...
    mungkin gw bisa tiru ide nya...
    hha.. bedanya yg gw lempar x ini bukan kucing atau skrup, melainkan sebuah robot
    siapatau aja berhasil atau menyebabkan sebuah ledakan hebat untuk menyaingi kekuantan nuclear

    ReplyDelete
  52. secara perhitungan fisika, manipulasi waktu bukan hal yg mustahil, masalah terbesarnya justru setelah alat itu ditemukan. karena untuk mengirim mahluk hidup, kondisi medan energi yang terjadi pasti menimbulkan efek biokimia yang luarbiasa...

    ReplyDelete
  53. kren tuh......nih fakta tau fiksi,cos bnyak berita beredar mengenai time traveller bahkan sampai kehilangan jejaknya.....

    ReplyDelete
  54. om enigma. saya (kalau tidak salah) pernah melihat foto koran yg dimaksudkan oleh "Pria dari Orange County" dari internet. seingat saya saya melihatnya di internet. apa om enigma punya link foto itu?

    ReplyDelete
  55. yg membingungkan menurut ku tuh, dia lempar skrup saat listrik nya naik keatas di antara kaki yakubnya ato lempar melewati tangga yakub nya?
    terus muncul nya seperti apa? bisa saja kan itu jatuhan skrup dari rumahnya..
    terus , kemunculn terakhirnya itu lho, 1997,berarti dia berhasil waktu bulan desember, tapi kok.. aneh sih, malah ada orang yg nyambungin ke tahun 1920 tentang marcum..
    ah saya tau kesimpulannya..
    saya pikir dia memang berhasil membuat mesin waktu, dia kembali ke tahun 1920,tapi dia juga pergi ke masa depan untuk meliat"
    lalu kembali ke 1920,tapi saat keluar dari tabung/mesin waktunya tubuh , tulang, otot nya tidak dapat menahan panas ato tekanan dari mesin waktunya,seperti naik jet coaster...
    apa kesimpulan saya bener kk enig?

    ReplyDelete
  56. penasaran dgn nasib marcum..

    ReplyDelete
  57. Brada Enigma, pernah nonton 13th Ghost kan?
    sebenarnya Dark Zodiac / Zodiak Hitam itu bener ada gak sih?

    ReplyDelete
  58. ANEH NIH YANG PUNYA BLOG..
    COMMENT SENDIRI JAWAB SENDIRI.. HADUUH HADUUUH

    ReplyDelete
  59. Gimana cara buat tangga yakub?
    penasara saya mau coba di rumah.

    ReplyDelete
  60. bang,pernah denger nggak peristiwa kamikakushi,kaya menghilangnya 1 kompi tentara dan tiba tiba muncul lagi 300 tahun kemudian,ashabul kahfi,apa gua itu adalah tempat pergolakan ruang dan waktu yang membawa pemuda itu ke 300 tahun yang akan datang

    ReplyDelete
  61. hhmmm..jelajah waktu ??
    Apa sama arti nya dengan sy yang terus membuka halaman demi halaman hngga sy sampai pada halaman ini yg di tulis bebrapa tahun yang lalu??dan sy meninggalkan pesan ini,seperti halnya sy seorang penjelajah waktu dan meninggalkan sebuah pertanda dari masa depan !
    Apa teori menjelajah waktu semudah seperti menjelajah halaman demi halaman blog ini..
    (membuka hlaman demi halaman bs lebih cpt dri kcepatan jk d bandingkan dgn jarak waktu yg d tmpuh)

    ReplyDelete
  62. ah, yang bener mas, bisa ya mesin waktu dibuat . hemm

    ReplyDelete
  63. betul2,jd teringat mungkin 15 thn yg lalu waktu hujan,tiba2 atap rumahku kejatuhan ikan lele yang jatuh dari atas,apa mungkin ikan lele trsbt di lempar dari mesin waktu untuk percobaan

    ReplyDelete
  64. Itu loh bener coeng

    ReplyDelete
  65. BODOH melawan kehendak dewa

    ReplyDelete
  66. kepegang = mati.
    ada video cara bikinnya di channel King Of Random...

    ReplyDelete
  67. semangat terus siapa tau berhasil

    ReplyDelete
  68. Jadi kesimpulanya nanti pada swatu hari saat kamu meliat film kesukaan km lwat vcd trus tiba" pemain filmnya njulurin tangan dari tv km terus ambil remot vcd km terus dy tekan tombl (fwd, rwd, atau pause) waktu it jg mesin waktu di temukan .JADII??????

    ReplyDelete
  69. Tapi, kalo marcum muncul th 1920 gosong krn "halilintar", knp sekrup sm kucingnya mulus-mulus aja?

    ReplyDelete