Friday, February 19, 2010

Draco Sumatranus - Naga Avatar dalam kehidupan nyata

Apakah ada sesuatu yang menarik selain Halelujah Mountain di film Avatar ? Ya, naga terbang berwarna merah yang disebut Toruk. Jika Halelujah Mountain terinspirasi dari sebuah gunung di Cina, maka mungkinkah naga merah terbang di film itu terinspirasi dari seekor hewan yang bisa ditemukan di Indonesia ?

Naga merah terbang atau Toruk terbukti menjadi kunci bagi Jake untuk menaklukkan hati suku Na'vi. Memang, makhluk terbang berbentuk seperti itu tidak pernah kita jumpai di dunia ini. Namun, bagaimana dengan makhluk yang berukuran jauh lebih kecil, merayap dan suka berlompatan kesana-kemari ?

Perkenalkan : Draco Sumatranus atau Common Gliding Lizard. Dari nama latinnya, kita tahu bahwa makhluk ini dijuluki Naga Sumatera oleh para ilmuwan. Walaupun disebut naga, makhluk ini sesungguhnya adalah seekor kadal yang memiliki kulit berbentuk sayap di kedua sisinya.


Hewan indah ini bisa ditemukan di pulau Sumatera dan merupakan kekayaan fauna Indonesia yang tiada duanya. Selain Sumatera, hewan ini juga bisa dijumpai di Kalimantan, Malaysia dan Singapura. Umumnya, ia tinggal di pohon. Namun ketika hendak bertelur, yang betina akan turun ke tanah.


Kedua kulit di sisi badannya dapat berfungsi sebagai sayap yang membantu kadal ini melompat dari satu pohon ke pohon yang lain. Sayangnya (atau untungnya) makhluk ini hanya memiliki ukuran tubuh sekitar 9 cm dengan ekor yang sedikit lebih panjang dari itu.

(ecorazzi.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

110 comments:

  1. wah keren..Yang Penting Ane PERTAMAXXXXXX

    ReplyDelete
  2. pertamaxxxxxxxxxxxx kah?

    from : lintang kemukus

    ReplyDelete
  3. sy pernah liat.. di jawa juga ada.. tapi bentuknya lebih mirip cicak.. tp udah lama bgt.. kalo di sumatra masih ada banyak kah?

    from : lintang kemukus

    ReplyDelete
  4. Heh...... Gunung yang menginspirasi Hallelujah Mountain di Cina dulu namanye (dlm bhs Inggris) Southern Sky Column trus sekarang digenti sama pem. Cina jadi Avatar Hallelujah Mountain ........ Cari saja dengan keyword "Hallelujah Mountain" pasti banyak postingan dengan inti bacaan di atas.

    @ lintang kemukus:
    Di daerah saya namanya cleret gombel....
    Apa Bener ??????

    ReplyDelete
  5. ga mirip ah... kurang gede hehehehe
    kayaknya asli tuh dari sumatra diliat dari namanya

    From: bang tio

    ReplyDelete
  6. Sma sya jga pnah liat d jawa...
    bhkan sya jga pnah mmgangnya..

    ReplyDelete
  7. dulu di rumahku juga banyak hewan seperti itu,,
    kami menyebutnya "Klarap"..

    tapi sekarang pohon-pohon di tempatku sudah banyak yang ditebang jadi jarang sekali melihat hewan itu..

    ReplyDelete
  8. hmmmm,,
    gagal deh jadi pertamaxx

    ReplyDelete
  9. Agak mirip seperti tokek, cuman kayaknya lebih kecil

    ReplyDelete
  10. aku di kalimantan gk pernah liat beginian juga...wah langka...toruk macto

    ReplyDelete
  11. di tempatku masih bnyag. . namanya ''klarap''

    ReplyDelete
  12. sekaligu dua nih post.a
    nice inpo

    ReplyDelete
  13. kalo hewan itu kayaknya gak cuman disumatra aja bro..
    sepertinya tersebar di seluruh indonesia.
    dulu saya tinggal di ungaran(semarang) menemui, skrng di kebumen jg menemui.

    ReplyDelete
  14. Ariel said...
    Maaf yang memberikan komentar diatas yang namanya:(BANG TIO)itu bang Tio Jejak petualang ya?

    ReplyDelete
  15. aku di jogja juga juga pernah ngilat di kos, bisa disentuh2 lg ^^ *di depan kompi ngliatnya hahaha*

    ReplyDelete
  16. nga taw mau bilang apa, jadi:

    PEACE!!!!!!! aja deh.. :P

    ReplyDelete
  17. Keren2..mantaps, bang..

    Aq dari sumatera, dengar2 dlu binatang ini pernah ada yang gedenya, katanya sebesar Anjing lho ^^. Memang ga ada yang pernah buat dokumentasinya, tapi banyak yang ngaku klo pernah liat secara langsung mengacak2 pondok kebun mereka..Sering terlihat di hutan, tapi sekarang dah ga pernah ketemu lagi kata mereka..mantaps!!!..mungkin ja klo zaman dlu segede di film Avatar y?! hehehe..

    ReplyDelete
  18. di jawa banyak kok, di deket rumah gw aja masih banyak, cuma namanya sleret gombel,

    ReplyDelete
  19. wah, keren, kalo kita bisa nangkep yang gede, jadi toruk makto deh, by the way klo yang naga merah namanya tarik matruk, toruk makto artinya pengendara tarik, sedangkan ada juga naga yang lebih kecil berwarna hijau namanya ikran...

    ReplyDelete
  20. ini sempet hits juga di Kaskus kan? hehe
    binatang yg indah :)

    ReplyDelete
  21. D papua ada yg punya sayap d leher. Ukurannya lbh besar.

    ReplyDelete
  22. di bali saya sering liat kadal ini...namanya "dangap-dangap", kalau ketangkep anak2 mulut kadal itu biasanya dimasukkan sedotan trus ditiup ampe kembung perutnya...hehehe

    ReplyDelete
  23. yah.... wuakeh nok daerah omahku [Kota Ungaran, Kel. Beji, Semarang] ndek biyen pas aku ijeh cuilik, sering dolanan kewan iku. tak sebul nganggo sedotan.
    nok daerahku jenenge KLARAP, yen nok daerah liyo ku gak reti....
    woke bung Enigma, keep de post, nice post bung!!!

    ReplyDelete
  24. di tempat saya namanya cicak terbang, terakhir ngeliat kira2 10 tahun yg lalu, waktu itu masih SD. Skrg habitatnya udah berubah jadi pemukiman pasti hewan itu udah punah

    ReplyDelete
  25. bung enigma, kalo gak salah sampeyan pernah posting tentang Dr. Takeshi Yamada ya? yang suka bikin 'penemuan' tentang hewan aneh.....

    itu bukan salah satu 'karya'nya kan?

    Btw, @b3d 0wn3r: ngesakaken klarap'e di'nggo dolanan sebulan, kaya plembungan wae...

    -cah ndeso-

    ReplyDelete
  26. mas enigma, itu gambar torucnya dari plesetan kisah avatar di you tube itu ya?? hahaha! eh btw... udah taukah mas enigma bahwa tulisan mas enigma ada di majalah tabir ato apa gtu... ya... majalah misteri2 gtu lah... yang ular terbang ama apa gtu... ada dua... itu mas enigma yang bikin kah?? ato gimana? cz sama persis...

    ReplyDelete
  27. @cah ndeso: sy tdk pernah posting ttg takeshi y. Percaya deh. Hewan ini benar2 ada. Baca saja komen2 yg lain.

    ReplyDelete
  28. @dossy: sy tdk pernah menulis utk koran atau majalah. Jika ada artikel di mjlh itu yg kalimatnya sama persis, maka artinya wartawannya copas dr sini. seharusnya sang wartawan ijin dulu krn dia copas utk tujuan komersil. Tapi namanya jg manusia :)

    ReplyDelete
  29. bang enigma,saya tadi baca di koran SURYA edisi 19 feb 2010.di koran tersebut dituliskan tentang adanya hewan ternak yang mati dengan kehabisan darah seperti korbannya chupacabra di daerah DAU malang.kebetulan saya mempunyai teman di daerah sana,nah kata teman saya emang ada berita kaya gitu di daerah itu.kelinci ibu kosnya teman saya juga mati dengan kondisi darahnya habis.kata penduduk setempat hewan tersebut mirip srigala.bisa tolong diselidiki ga bang???


    TEDY

    ReplyDelete
  30. klarap, klerep ato cleret gombel, yg jelas orang2 sumatra+jawa udah pada jadi toruk macto duluan sbl avatar...ups, cleret macto...heheheee....

    ReplyDelete
  31. waaaa kerennn,, toruk macto namanya klo di filmnya

    ReplyDelete
  32. @teddy: iya. Td ada yg infoin jg. ini kasus chupacabra. Saya jd tertarik untuk menelitinya. :D

    ReplyDelete
  33. di aceh jga da tu cecak, sya pernah lihat tpi warna sayapnya coklat kyak gambar k2, klo yg syap warna mrah da y g' d daerah q ?. Postingan ttg chupacabra ! sya akan sangat menantikan ini

    ReplyDelete
  34. udah pernah baca di kaskus, cuma tulisan bung enigma emang lebih enak dibaca..keep it up...

    ReplyDelete
  35. terkadang orang-orang memang aneh..

    Orang kota yang tahu segala teknologi atau semua yang berbau modern,, tapi tidak tahu dengan hewan seperti ini yang banyak ditemui di seluruh desa atau hutan di indonesia..

    dapat dilihat dari komentar-komentar yang ada di postingan ini,,terlihat jelas banyak yang tidak tahu hewan unik ini. bahkan ada yang menyebutkan kalau hewan ini adalah hasil karya ilmuan jepang, ada juga yang tidak tahu harus komen apa,, ahahaha.. very funny..

    ReplyDelete
  36. wah indonesia emg kaya akan berbagai hewan unik. Klo diliat dari nama latinnya berarti asli Sumatra yah??

    ReplyDelete
  37. ya ampun...
    kalo di bali iti namanya 'dangap-dangap' dan 'pepetet'. Itu obat kulit paling mujarap. suatu hari saya pernah disuruh mencari hewan itu untuk obat. Hari telah ditentukan, karena untuk mencari obat memang dibutuhkan hari yang baik dan kondisi yang baik pula. Kurang lebih 16 ekor hewan ini dapat saya tembak mati plus 2 bunglon. Saya terkejut, karena saya tinggal dan besar di Denpasar dan Kuta, kok bisa2 dapet 16 untuk hewan yang saya tidak kenal, dan mendapatkannya dengan tangan sendiri. Tpi itu pertama dan terahkir. Dan saya makin sadar hewan itu unik sekali, tidak pantas untuk dibur.

    ReplyDelete
  38. Coba ulas tentang the wall of Jericho donk..

    ReplyDelete
  39. @korobucle
    Saya Anonymous yang nulis Avatar Halelujah Mountain di Cina

    Kok namanya sama ?????
    Anda tinggal di daerah sekitar mana ??????
    aku orang Ambarawa (yg ad Museum KA-nya)...

    ReplyDelete
  40. kalo ukuran ny gede ribet tuh

    ReplyDelete
  41. hmmm... mirip sama kadal yang bisa terbang (loncat tapi agak jauh) tapi warnanya hijau muda... mereka bilang namanya "hap-hap". saya menemukannya dulu di sekitar sungai kecil di daerah tempat tinggal saya di jawa barat.

    ReplyDelete
  42. Waahh..pasti sebentar lagi malaysia akan mengklaim (mempatenkan) hewan ini sebagai hewan asli malaysia untuk menarik turis..hehe kita tunggu saja..

    ReplyDelete
  43. Baru liat hewan kaya gitu (kaya tupai terbang), baru tau juga hewannya ada di Indonesia.
    Bung Enigma, menurut saya untung bukan sayang kalo tubuh hewannya kecil, ngeri juga kalo tubuhnya segede komodo, ihh serem..

    ReplyDelete
  44. "Ditempat saya penduduk lokal menyebutnya cicak kobeng sih.."

    ReplyDelete
  45. hewan ini emang endemik di asia, tapi tidak spesifik di suatu pulau. Sepertinya menyebar. Dulu waktu kecil, saya suka bermain2 dengannya di jawa tengah. Namanya 'cleret gombel'. Bila dilihat dari design tubuh toruk(Great Leonopteryx) dalam film avatar, boleh jadi James Cameron mendapat ide dari "cleret gombel" ini.

    Bila dilihat design toruk dia merupakan penggabungan antara banyak hewan seperti, Draco sumatranus, capung, dan pterodactyl

    ReplyDelete
  46. Bang Enigma,
    waktu saya di hutan Tangkoko Sulawesi Utara, saya pernah lihat dan memfoto binatang ini, cuma fotonya terlalu kecil nggak kelihatan jelas tuh, krn binatang ini terlihat di pohon yg secara tak sengaja saya lewati...jadi di SULUT juga ada yg kayak binatang ini...(fyi) ...keep posting yah bang...

    ReplyDelete
  47. mas Enigma saya mau nanya tentang segitiga bermuda lagi walaupun mas udah pernah bikin artikelnya hehe..

    ada teori yang menyatakan bahwa di dalam segitiga bermuda ada alien yang sedang menyelidiki manusia. mereka mengambil data dengan membuka otak manusia untuk mencari lost technology mereka yang udah punah sejak sebelum manusia ada.

    bagaimana tanggapan mas terhadap teori itu? apa lost technology yang lebih maju dari peradaban manusia itu benar2 ada?

    sumber saya dari perjalanan metafisika seseorang di tret kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2753102&page=4
    kurang reliable sih tapi tetap membuat penasaran untuk dibahas,,

    ReplyDelete
  48. wah, udah pernah liat mas,, sering malahan
    biasannya sih di phon2 kelapa gitu.. hehe
    klo di jogja disebut Cleret gombel.. hehe

    ReplyDelete
  49. keren Indonesia!!!

    ReplyDelete
  50. bang enigma.....
    sbnrnya mngapa bumi ini bsa ngapung di angkasa???
    da gak dsar dari angkasa ne??

    ReplyDelete
  51. bang request chupacabra yg di jawa timur ya . tq

    ufo believer

    ReplyDelete
  52. wau...kalo tu kadal terbang ukurannya diperbesar 20x lipat dari ukuran aslinya, jadi deh naga seperti dlm film2.

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  53. bravo bung .... aku orang baru...baru sekarang comment maksudnya hi hi ...ini juga coba-coba ..kalo masuk..ntar tak sering' comment..thanks...met berkarya...

    ReplyDelete
  54. kalau ukurannya ratusan meter bisa berabe donk bang,jadi kata yg tepat "untungnya saja".wakakaka.tengkyu bang jadi bangga py fauna yg exotic.keep posting.gbu

    ReplyDelete
  55. iya itu klarap katanya bisa buat obat asma juga

    ReplyDelete
  56. @ren : soal alien di segitiga bermuda, memang ada teori itu. Teori itu artinya belum bisa dikonfirmasi kebenarannya, termasuk yang satu ini.

    ReplyDelete
  57. bro En, kapan-2 bisa ngulas Adam bridge g?
    trmasuk oopart ato gimana?
    thx b4...
    keep outstanding bro...

    ReplyDelete
  58. Cleret GomBeL Mode ON

    ReplyDelete
  59. mas enigma bahas jga dunk tentang fosil hewan raksasa di jebal barez(iran),, apakh ntu hoaxxx,, klo bkan hoax apakh hewan trsebut sejenis dinosaurus baru,, tlong ya mas enigma saya pnasaran bgt niy..

    ReplyDelete
  60. MANTAB GAN........

    TERAKHIR XXXXXX sekali

    ReplyDelete
  61. @b3d 0wn3r
    d tempat saya (malang) hewan ini juga disebut dg nama KLARAP.biasanya "akrab" dijumpai d berbagai pepohonan yg rindang,juga d kebun2.hewan yg saya temui ini secara umum panjangnya kira2 20cm.

    ReplyDelete
  62. itu adalah cicak kobeng.cicak yang boleh terbang.

    ReplyDelete
  63. Wah Kok di Palembang susah ya nemuin nya ?????
    Klo memang di Sumatra aku harus cari tu cicek, eh apa kadal ya ???

    ReplyDelete
  64. itu kan "perkak"(dalam bahasa jawa).. sejenis cicak tapi punya sayap. jadi kesannya bisa terbang..


    Dar...

    ReplyDelete
  65. di jawa jg ada bang hewan ky gini.
    hidupnya dipohon dan sekilas bisa terbang (tp sebenarnya melompat jarak jauh dan di bantu sayap nya)
    kl di jawa (sragen-daerah timur solo) biasa disebut wewe gombel

    ReplyDelete
  66. kalo orang betawi bilang hewan itu namanya "Tekiber" lucu ya.. namanya..,yaitu sejenis toke atau kadal pohon yang mempunyai sayap pada bagian dua belah sisi badannya. banyak di jumpai di pohon Kecapi, Rambutan, dan lain-lain waktu sya kecil saya suka tangkep tekiber itu.. tapi yang bersayap merajh tidak pernah saya jumpai hanya yang abu-abu aja sih...

    ReplyDelete
  67. Ni John Doe,
    Kenapa tiga komentator pertama diatas sama2 menulis pertamaxx?
    Mohon dijelaskan fenomena ini bung enigma..

    ReplyDelete
  68. Itu karena settingan komentar yg dimoderasi. Jd kalau komen blm sy approve, blm tampil. Mereka yg melihat tdk ada komentar akan mengira mrk yg pertama. Pdhl sblmnya sdh ada yg komen pertamax, cm blm muncul krn blm diapprove. Stlh sy approve, br ketauan siapa yg plg pertama.

    ReplyDelete
  69. Wah saya orang Sumatra tp ga pernah liat hewan ini. Apa gara2 banyak yg buka ladang sawit ya? habitatnya lenyap....

    Kalo bisa komen2 yg isinya pertamax doang, ga usah di approve. Saya kurang suka sama perilaku seperti ini. Cuma ngejar posting pertama tanpa melihat dulu isi artikel. Kesannya ga menghargai penulis.
    klo di forum2, langsung di ban tuh orang, karena membebani bandwith server dgn sia2 (mending langsung isi komentar berbobot)
    Tapi yah, tergantung kebijakan om Enigma aj dh ^_^

    ReplyDelete
  70. tuh bunglon!! sering mgt w liat dikali-kali!!

    ReplyDelete
  71. mas enigma, gimana klo bikin postingan tentang seperti apa wajah cleopatra sebenarnya, sampe sekarang kan masih jadi misteri tuh, apa bener dia perempuan paling cantik di bumi ini atau bukan...thx

    ReplyDelete
  72. hemmm...kalo di daerah pekalongan binatang itu disebut "ngGok - ngGok Teng"
    mungkin masih bisa ditemui di daerah pedesaan di pekalongan, biasanya suka loncat-loncat di pohon kelapa

    ReplyDelete
  73. Tadinya sih gak mo coment soalnya udah kelamaan, tp ngeliat gambarnya jadi pengen coment jg.Di jakarta, hewan macam ini disebut Cikiber, skrng emang udah jarang lihat, mungkin karna habitatnya udah jadi hutan beton semua bro.

    ReplyDelete
  74. halo mas enigma sekali 2 ngebahas tentang hipnosis yg skrg lg marak dunk,terus aktifasi otak tengah yg konon katanya dpt buat kita persis kaya spidermen ...Hehe...joke ^_^ .

    ReplyDelete
  75. kalau ditempatku mananya klarap

    ReplyDelete
  76. saya dulu pernah megang itu.... kira2 7 tahun yang lalu waktu maen petak umpet ama temen2...

    N Blognya bagus broo... Moga2 tambah rame...

    ReplyDelete
  77. AVAtar....cicaknya AaNG TUH wkwkwkkw

    ReplyDelete
  78. It is amazink..
    i want to meet it..

    ReplyDelete
  79. By SULTAN
    Bang, untuk binatang yang satu ini sangat banyak di daerah tempat lahir saya di NTT-Atambua. kami menyebutnya CICAK TERBANG. hehehe.. Bravo Enigma

    ReplyDelete
  80. hehe kebetulan sy punya tuh di rumah, yg sudah diawetkan, disimpan di figura bersama kupu2 aneh lainnya, dari sulawesi. emang kekayaan indonesia itu bagus2 bagnet

    ReplyDelete
  81. mr. E quote "Sayangnya (atau untungnya) makhluk ini hanya memiliki ukuran tubuh sekitar 9 cm dengan ekor yang sedikit lebih panjang dari itu."

    hee... kalo ukuran tubuhnya 9 m, pasti dah termasuk kdlm Cryptozoology.

    faboulus blog with a smart writer, cool!

    -kodok bulan-

    ReplyDelete
  82. binatang ini kalau di dareahku disebut CLERET GOMBEL, kebiasannya selalu melompat dari satu pohoon ke pohon yang lain dan sambil mengepakkan sayapnya untuk menjaga kesetabilan dia terbang dan salah satu fungsinya untuk "mengerem" supaya tidak membentur keras ketika mendarat di batang pohon

    ReplyDelete
  83. iini namanya cleret gombel mas kalok di klaten :D persis banget

    ReplyDelete
  84. yup, begitu lihat toruk di film avatar, saya langsung ingat waktu kecil dulu hewan yang suka saya buru. di sunda namanya Hap-hap.

    ReplyDelete
  85. Ngomong soal naga, tolong dibahas soal naga beneran dnk.
    Soalnya pernah baca beberapa cerita yang katanya ada naga (yang seperti ular yak, bukan yang bersayap) yang terlihat di Cina.
    Thanks. hehe :)

    ReplyDelete
  86. Wah betuah indonesia ya banyak perkara embanggakan belaku di indonesia I love indonesia

    ReplyDelete
  87. jancok.. klarap ae sampek terkenal ngono.. cok cok.. ckckckckck....

    ReplyDelete
  88. wakakaka... mungkin dolo binatang2 pada gede2 trus kena radiasi jadie mengecil... akhire jadi klarap deh para naga itu...
    dino? jadi ayam akakakka

    ReplyDelete
  89. io kang iku klarap... nangkene akeh (Malang).
    (ia bro itu kralap namanya... disini banyak (di Malang))

    ReplyDelete
  90. Info booss hewan ini dipulau jawa juga ada dikenal dengan nama Klarap, saya berkata ini karena hewan ini pernah saya lihat benerapa kali n pernah juga menangka bersama-sama teman-reman cara pindah dari pohon-kepohon benar dengan cara terbang biasanya terbang rendah tidak lebih dari ketinggian lima meter. Seperti juga teman yang komentar biasa ditangkap dan ditiup sampai menggelembung bahkan sayapnya bisa ikut menggelembung untuk mainan anak-anak.

    ReplyDelete
  91. klw ini sih bnyak didaerah q....biasa didapat di pohon kelapa
    kadal yg punya selaput seperti sayap dan di dagu jga....
    di daerah q dinamai lompatkuduk

    ReplyDelete
  92. yupz di jawa timur tepatnya di balongbendo sidoarjo namanya klarap, waktu SD dulu aku bahkan pernah makan ni binatang, kata orang tua dulu se buat obat batuk, tau bener apa enggak. (namanya jg anak kecil, manut-manut wae)tpi rasanya gurih xixi

    ReplyDelete
  93. sangat sains dan relaita, blog ini sangat bagus...

    ReplyDelete
  94. Wuihhhh,,,,,,keren keren mas bro. Di daerah saya itu namanya KLARAP mas. Itu di percaya masyarakat untuk mengobati sakit sesak dada
    By : admin http://www.furniturerotan.com http://www.carvingfurniture.com http://www.furnitureindoor.com http://www.karimun-jawa.info

    ReplyDelete
  95. di jawa namanya cleret gombel....
    d kampung kakek ane d pacitan banyak tuh....
    and biasa aja ane liatnya...

    ReplyDelete
  96. thu klo d solo dan sekitarnya d sebut cleret gombel gan,

    ReplyDelete
  97. Mantep deh emang Indonesiaa

    ReplyDelete
  98. di jawa tptnya di kmpung ku tu hewan nmanya trelep.gk trlalu biasa aja

    ReplyDelete
  99. aku juga pernah ngliat ini waktu itu dia terbang dari pohon, di tempatku (tegal) namanya trelep. Pertama kali ngeliat 'wow amazing' tapi temenku bilang biasa ajah -_-

    ReplyDelete
  100. ini kat-kat namanya di probolinggo..
    kwokwo

    keren juga padahal waktu masih kecil suka cari ini hewan

    http://jualfurniturerotan.wordpress.com
    http://sketselrotan.wordpress.com

    ReplyDelete
  101. kalo di bekasi namanya Cikiber. hahah

    ReplyDelete
  102. di tempat ane banyak hewan gituan mr.E jadi udah gak anehh hehehe

    ReplyDelete
  103. klo saya mikirnya inspirasi turok dari game ps2 monster hunter(kalo ada yg maen pasti tau)

    ReplyDelete
  104. Di Bali ada kok dangap dangap ini, cuma jarang keliatan

    ReplyDelete