Monday, February 22, 2010

Misteri Raystown Ray - Monster dari danau Raystown

Bagi para pembaca yang suka dengan monster danau, ini sebuah kisah monster danau yang mungkin belum pernah kalian dengar, yaitu monster danau Raystown di Huntingdon County, Pennsylvania. Monster ini sering disebut dengan nama Raystown Ray.


Secara singkat, kita bisa menyebut makhluk ini dengan sebutan "Ray" saja. Ini mungkin adalah nama monster danau yang paling keren di dunia.

Selain namanya yang keren, ada satu lagi yang unik dari monster ini, yaitu tempat tinggalnya.

Danau Raystown adalah danau yang memiliki panjang sekitar 30 mil dan memiliki luas sekitar 8.300 hektar. Dalamnya sekitar 56 meter. Tidak seperti danau monster lainnya, danau Raystown sebenarnya adalah sebuah waduk yang dibuat di sebuah danau dan selesai dibangun pada tahun 1912.



Jadi boleh dibilang danau ini adalah semi buatan manusia. Tentu saja kita jarang mendengar ada monster yang tinggal di sebuah waduk.


Walaupun tidak jelas tahun pastinya, banyak penduduk lokal mengatakan bahwa penampakan Ray sebenarnya telah terjadi sejak puluhan tahun yang lampau. Namun baru beberapa tahun belakangan Ray mendapat perhatian luas. Apalagi setelah situs raystownray.com mempublikasikan foto terbaru monster ini.



Foto ini diambil pada tanggal 29 Agustus 2009 oleh seorang pengunjung danau yang sedang memancing bersama anaknya. Pria yang mengambil foto itu mengaku melihat makhluk itu memiliki kepala seperti ular dan badan yang besar. Ia tidak memiliki sirip dan muncul sekitar 6-7 kali ke permukaan air. Menurutnya, yang aneh dari makhluk ini adalah matanya. Tidak seperti mata ular yang terletak di sisi kiri dan kanan kepala, makhluk ini memiliki dua mata yang berada persis di depan kepala. Ia memperkirakan makhluk ini memiliki panjang sekitar 6 meter.

Foto ini menambah panjang daftar laporan penampakan monster danau Raystown.

Selain penampakan terbaru di atas, penampakan lainnya yang termashyur adalah penampakan yang dialami oleh John Pendel.

Pada Juli 1994, Ia, istrinya dan beberapa teman sedang berperahu di danau Raystown. Setelah mengitari danau sekitar 20 menit, mereka memutuskan untuk menghentikan perahunya untuk bersantai dan minum kopi. Beberapa saat kemudian, mereka melihat ada sebuah goncangan di sisi kapal. Lalu mereka melihat satu makhluk dengan tubuh yang panjang, hitam dan licin. Mereka tidak bisa melihat seluruh tubuhnya dengan utuh karena makhluk itu segera menyelam kembali ke dalam air. Makhluk itu memiliki panjang sekitar 3 - 3,6 meter.

"Apakah engkau melihatnya?" Tanya Istri John. Semuanya terdiam, terkesima dengan apa yang baru saja disaksikannya. Ketika mereka mendarat dan menceritakan penampakan itu kepada teman-teman lainnya, tidak ada yang mempercayainya.

Hingga saat itu, Penampakan Ray kebanyakan hanya diceritakan lewat mulut ke mulut. Namun pada Februari 2006, monster ini mulai mendapat perhatian lebih luas ketika sebuah foto yang disebut menampakkan seekor makhluk berbentuk ular di danau Raystown beredar luas.



Foto di atas disebut diambil oleh seorang nelayan lokal pada Februari 2006. Ia mengaku sedang memandangi danau itu dari Huntingdon Co. Visitor's Bureau Center ketika ia melihat makhluk itu.

Baca komentar saya mengenai foto ini di catatan kaki.


Sebuah foto lama yang menunjukkan adanya bayangan gelap besar di bawah air


Ini juga foto lain yang menunjukkan adanya bayangan gelap di bawah permukaan air


Penampakan lainnya setelah tahun 2006 yang juga lumayan terkenal adalah yang terjadi pada tanggal 3 Agustus 2008.

Saat itu Mike Sieber dan teman perempuannya bersiap bermain jetski di danau Raystown. Belum lagi mereka menyalakan mesin jetski, Mike mendengar teman perempuannya berteriak : "Lihat, itu Raystown Ray !"

Mike menoleh dan melihat sebuah leher dan kepala muncul dari permukaan air dan bergerak menuju sebuah kapal lain. Makhluk itu terlihat selama 3 menit sebelum akhirnya menghilang ke dalam air. Mike mengaku melihat makhluk itu menciptakan riak sepanjang sekitar 4,5 - 6 meter.

Mengenai makhluk ini, Jeff Krause, seorang ahli Biologi, mengatakan :
"Saya percaya makhluk itu adalah vegetarian. Saya tidak melihat bukti adanya makhluk pemakan ikan, angsa atau bebek di danau itu. Jadi saya percaya bahwa para perenang dan wisatawan akan tetap aman. Sepertinya makhluk ini punya kebiasaan dan karakter yang mirip dengan ikan duyung yang sepenuhnya herbivora dan punya perilaku yang lembut. Meningkatnya jumlah tanaman air di sekitar danau mungkin telah menyediakan lebih banyak makanan baginya sehingga menyebabkan jumlah penampakan menjadi lebih sering."
Setiap tahun, sekitar 2 juta pengunjung datang ke danau ini untuk berperahu dan berwisata. Ini juga yang membuat banyak orang bertanya bagaimana Ray bisa menyembunyikan diri dari orang sebanyak ini.

Menurut penduduk lokal, mungkin karakteristik danau Raystown yang memiliki banyak teluk, pohon dan tanaman lain yang telah membantu makhluk ini tidak terlihat oleh para turis.

Namun, bagaimanapun juga, sebagian orang yang skeptis tetap beranggapan bahwa kisah monster danau ini hanyalah rekayasa para penduduk lokal untuk menarik semakin banyak turis datang ke danau ini.

Tentu saja, kita mungkin tidak akan pernah tahu, kecuali jika kita menangkap atau berhasil menemukan monster itu hidup-hidup.


Catatan tambahan :

Kasus monster danau memang termasuk misteri yang kontroversial. Walaupun saya sendiri beranggapan keberadaan monster danau bukanlah sesuatu yang bertentangan dengan akal sehat, namun ternyata banyak orang yang tidak mempercayainya dengan menganggapnya hanya sebagai sebuah hoax.

Untuk mengerti misteri ini, kita harus melihat dasar terbentuknya misteri ini. Misalnya, dalam kasus Nessie. Ketika Dr.Robert Kenneth Wilson akhirnya mengaku telah merekayasa foto Nessie (Surgeon Photo) yang paling terkenal di dunia yang telah berusia 58 tahun, banyak media memberitakannya dengan headline seperti : "Akhirnya misteri Nessie Terpecahkan" atau "Nessie ternyata sebuah Hoax !" Dan lain-lain.

Ini jelas adalah sebuah salah kaprah.

Misteri Nessie telah terbentuk sejak 15 abad yang lalu dan misteri ini jelas tidak divalidasi hanya oleh sebuah foto. Bagaimana kita bisa menjelaskan ratusan laporan penampakan yang terjadi selama rentang waktu 1500 tahun ?

Jadi, sebuah foto rekayasa sama sekali tidak meniadakan misteri Nessie. Dalam kasus yang sama, jika seseorang merekayasa foto hantu, maka itu tidak berarti makhluk yang namanya hantu itu tidak ada.

Sekarang mengenai Ray, monster dengan nama terkeren di dunia. Untuk foto pertama (yang diambil tanggal 29 Agustus 2009) yang jelas menunjukkan sebagian kecil badannya, saya tidak melihat sentuhan Photoshop di foto itu. Jika foto itu adalah hasil photoshop, maka perekayasanya pastilah sangat hebat. Tapi mengenai apakah foto itu diambil di danau Raystown atau bukan, itulah yang masih menjadi teka-teki.

Sedangkan mengenai foto kedua yang disebut diambil pada Februari 2006 (yang menampakkan badan dan kepala), saya melihat ada sentuhan Photoshop di foto itu. Walaupun saya percaya foto kedua ini adalah sebuah rekayasa, namun saya harus tetap menampilkannya karena jika kita berbicara soal Ray, kita juga harus menyinggung foto tersebut. Ini juga yang dilakukan oleh cryptomundo.com, sebuah situs cryptozoology yang kredibel.

Sekali lagi, bahkan walaupun palsu, foto itu tidak membantah misteri Raystown Ray karena laporan penampakan monster itu sendiri telah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Viva Cryptozoology !

(raystownray.com)


Komentar Pilihan

inoshi said...

Menarik sekali
.

Namun ada beberapa keanehan di sekitar crypto ini, menurutku para penggemar crypto adalah juga penggemar foto kabur (samar-samar)hehe...karena memang secara naluriah, manusia selalu terpesona dengan sesuatu yang samar-samar, hampir tampak, tertutupi....manusiawi sekali, dan trigger dari segala hal fantasi liar...


mari bicara mengenai keanehan...


Berbicara mengenai monster ray ini, keanehannya adalah bahwa dia berdiam di waduk semi buatan manusia yang bisa dikatakan umurnya masih muda (1912). Kita bisa menyimpulkan bahwa sebelum tahun 1912, monster itu belum ada, atau bila dikatakan sudah ada, di mana dia sembunyi selama restorasi danau tersebut dilakukan? bila lari dihutan, dia itu makhluk air atau amphibi atau makhluk darat? sepertinya aneh bila dia makhluk darat, jadi perlu dicoret, kalaupun amphibi, monster ini pasti sering-sering nangkring di permukaan air seperti yang dilakukan temen-temen amphibinya, jadi ini juga perlu dicoret, karena danau ini danau yang ramai wisatawan.

Jadi ini makhluk air, dan pertanyaannya tetep sama, ngumpet dimana selama pembangunan danau? semasa pembangunan danau, pastilah kondisi air dan habitat danau tersebut mengalami perubahan...dan saya yakin dia harusnya terusik dan terlihat selama proses pembangunan tsb...nyatanya tidak bukan? tidak ada pemberitaan mengenai penampakannya selama proses pembuatan danau yang saya yakin melibatkan banyak orang.


jadi hipotesa mengenai adanya makhluk ini sebelum danau dibuat adalah perlu dicoret.


so, makhluk ini ada setelah waduk dibuat. darimana dia muncul? apakah dari senyawa protein yang tekena sambaran petir? ehm... kalau iya, sekarang dia adalah berupa makhluk bersel tunggal bukan segede plesiosaurus. (btw saya tidak percaya model sambar-sambaran petir). atau dia muncul dari hutan? kembali lagi pada hipotesa jenis makhluk ini yang jelas sudah dicoret kemungkinannya...


mungkinkah dia jenis ikan yang sengaja/tidak sengaja dilepaskan di danau ini. Bisa saja dia sejenis ikan pirarucu yang notabene dianggap sebagai ikan air tawar terbesar...


Atau bisa jadi itu adalah dongeng penduduk untuk menarik wisatawan...ini yang paling mungkin


segalanya memang memungkinkan....


nah untuk si nessie yang konon sudah terlihat sejak 1500 tahun...


keanehannya, makhluk apa yang mampu berusia hingga 1500 tahun? ataukah nessie ini beranak pinak? dan yang terlihat sekarang adalah cicitnya yang terlihat pada jaman pertengahan?

kalau iya, berarti ada bokap-nyokap, nenek, mbah buyut, yang menunjukkan bahwa nessie adalah banyak. Dan banyak berarti kemungkinan lebih sering terlihat juga lebih besar.....
hmmm...plesiosaurusku...

February 22, 2010 9:54 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

87 comments:

  1. pertamax g ya...

    tolong bahas mengenai klarifikasi "hitler tewas d indonesia"

    thx

    ReplyDelete
  2. Soal Hitler mati di Indonesia, tidak cukup data untuk ditulis. Yang ada cuma kisah yang sama hasil copas yang beredar di Indonesia. Bahkan tidak ada satupun peneliti asing yang pernah membahas teori itu. Jadi saya tidak tahu apa yang perlu ditulis soal itu.

    ReplyDelete
  3. i really love lake monsters

    ReplyDelete
  4. wah, blognya sangat menarik, aku suka banget ama enigma ...
    tapi di kasus seperti ini, kebanyakan orang yang melihat bayangan besar dan gelap di bawah permukaan air, akan berfikiran berlebihan, maksudnya menganggap bahwa itu bayangan monster danau dan lainnya, padahal masih banyak kemungkinan lain seperti bayangan batu besar atau perahu yang hanyut dan lainnya,
    kebanyakan orang juga setelah melihat hal tersebut dan berada di suasana seperti ini, pasti akan mengambil kamera dan mengabadikannya.
    hal ini terjadi kaarena sugesti yang terbawa dari dulu sampai sekarang. Kalau benar di danau tersebut terdapat monster, apalagi di waduk yang dibuat oleh manusia, mengapa tidak diintensifkan untu menangkapnya, bayangkan bila benar itu tertangkap dan di teliti.
    Dan juga kebanyakan monster seperti itu adalah HOAX, cerita yang saya yakini hanya Nessie dan lochness.

    ReplyDelete
  5. setiap saat jumlah monster danau bertambah kali ya?
    di Indonesia ada monster danau nya gak bung enigma?

    req valkriye dong mas

    ReplyDelete
  6. Anda memang benar-benar hebat, beberapa hari sekali pasti ada postingan yang baru. saya salut kepada anda. Saya jarang melihat ada blog seperti ini... Maju terus bung Enigma!...

    ReplyDelete
  7. @IRC dan SMK Strada : Di Indonesia sangat banyak monster danau. Tapi sayangnya di Indonesia tidak ada (setau saya) cryptozoologist yang mau menelitinya. Jadi monster danau di Indonesia tidak pernah go International.

    @Yorachinara : Kalau saya pribadi, percaya bahwa di sebagian besar danau di dunia ada monsternya sendiri, apapun bentuknya :)

    ReplyDelete
  8. tentang catatan tambahan, boleh tau dong... alasan bung enigma mensinyalir ada atau tidaknya sentuhan photoshop

    ReplyDelete
  9. tambah keren ajah nih bLog,,hmm kira2 bisa foto bareng tuh monster keren kali yah :D
    keep post om enigma !!

    ReplyDelete
  10. Makhluk di foto itu terlalu kaku. Tidak alamiah. Tapi tentu saja untuk membuktikkannya akan sangat sulit. Jadi anggap saja itu pendapat pribadi saya.

    ReplyDelete
  11. tapi mas enigma, kemungkinan danau memiliki monster seperti yang mas selalu posting, seperti monster dengan leher yang panjang dan volume yang besar sangat kecil kemungkinannya.
    bila benar begitu, seharusnya sudah ada monster yang tertangkap, karena ini adalah fenomena yang luar biasa dan dapat mengungkap teori-teori tentang masa lampau, dan juga dalam pengembangan keanekaragaman hayati, jadi minimal para ilmuan sudah seharusnya berusaha menangkapnya untuk diteliti, atau minimal memasang cctv di danau-danau, seperti yang dilakukan di ujung kulon. saya fikir memang ada, tapi sudah hilang entah kemana, karena hewan sebesar itu tidak mungkin bersembunyi selamanya ditengah sunyinya danau.
    terimakasih mas enigma sudah memuat comment saya :D

    ReplyDelete
  12. @Yorachinara : Memang, jalan pikiran kamu masuk akal. Dulu orang beranggapan bigfoot itu tidak mungkin ada karena kita tidak pernah menemukan bangkainya. Tapi percaya atau tidak, kita bahkan sangat jarang menemukan bangkai beruang !
    Menurut saya, monster danau tidak pernah ditemukan karena memang kita tidak mencarinya dengan tekun.
    Setahu saya, usaha yang paling tekun untuk menemukan monster adalah yang dilakukan terhadap Nessie. Malah tidak pernah ketangkap. Soalnya, air Lochness itu hitam sekali.
    Tapi, kamu sendiri mengatakan percaya kalau Nessie ada kan ?

    ReplyDelete
  13. hahahah,, iya mas. masalah Nessie saya percaya karena terlihat jelas pihak berwenang sangat serius utuk mendapatkannya dan kalo ga salah ada juga foto-fotonya yang bukan rekayasa, begiti pula ogopogo, yang ada buktinya dari google earth sekalipun belum dipastikan apakah itu benar mahluk air itu atau perahu nelayan yang karam.

    maksud saya, saya tidak setuju bila benar setiap danau atau lebih tepatnya sebagian besar danau memiliki monster sejenis itu. karena bila benar, setidaknya ada yang teratangkap dari ratusan bahkan ribuan danau di dunia.
    dan saya juga pernah dengar adanya monster sejenis di indonesia, apa itu benar mas ? bila benar tolong beritahu di danau mana? saya tertarik masalah ini, kalau saja Indonesia berfokus untuk mendapatkannya dan mempublikasikannya, sepertinya teori tentang evolusi zaman akan terbuka. hahahah ...

    ReplyDelete
  14. Di indonesia, salah satu kesaksian masa jepang pernah melaporkan adanya seekor hiu yang hidup di danau sentani. Walaupun tidak bisa disebut monster, tapi itu juga termasuk teka-teki dunia cryptozology. Soalnya hiu kan hidup di laut.

    ReplyDelete
  15. ada tiga kemungkinan :
    1, itu benar hiu, akan tetapi hiu air tawar, karena ada spesies hiu yg berada di air tawar, hanya ukurannya yang lebih kecil. mungkin pertanyaannya, mengapa bisa ada di danau ? saya berspekulasi itu adalah hiu yang sengaja disimpan di danau untuk menakuti musuh sewaktu perang dengan jepang. eh, tapi apa iya ya perangnya sampe ke papua ? ahahahh ...

    2. benar itu monster, karena hiu jaman dulu ama sekarang gak berevolusu secara ekstrim, maksudnya hanya berubah di ukuran saja. dan mengapa ada di danau ? mungkin terdampar sewaktu es mencair.

    3. orang jepang itu berbohong, dan diyakini kebenarannya sampai sekarang.
    makasih mas,, seru berbincang sama mas enigma :D

    ReplyDelete
  16. Ya, cara berpikir kamu masuk akal. hehe. sama2.

    ReplyDelete
  17. Ariel 10 said...
    E... sebentar Om foto yang ke-3 itu bukankah foto Nessie apakah Om Enigma memastikan foto-foto itu palsu dengan foto yang ke -3?Soalnya foto-foto itu sepertinya foto-foto Nessie yang pernah saya lihat.*_*

    ReplyDelete
  18. mr enigma yang saya hormati tolong dong postingin tragedy kapal mary celeste yang misterius tu
    thanks

    ReplyDelete
  19. ini diaaa baru uenakkk......yg ditunggu akhirnya keliatan batang idungnya.bang kalo boleh request.posting ttg" misteri leak" dr bali.berani nda bang.temen-2 pasti jg pada ingin tau misteri tsb.thx

    ReplyDelete
  20. ehmmm....monster danau ya...? jadi pengen meneliti sendiri nih....soalnya di Pasuruan, tepatnya di danau Grati juga pernah ada laporan makhluk cryptid disana....sayang masih belum ada waktu...still busy....hehehehe

    ReplyDelete
  21. danau ray kan selesai dibuat thn 1912, tp yg saya baca, kesaksian yg tertua itu dinyatakan terjadi pd thn 1994. apa ada kesaksian yg lebih awal dari 1994 n apa sebelum 1912 (sewaktu masih jd danau alam) sudah ada kesaksian penampakan? soalnya ketika dibuat waduk pasti banyak yg bekerja d sekitar danau n harusnya si ray terusik dan menyebabkan lebih banyak penampakan dalam kurun waktu pembuatan waduk. tapi kenapa kesaksian tertua ada d thn 1994?

    oya...mungkin wujud sebenarnya si ray itu manatee atau saudara nya x y? sebab d arsip foto bang wiki manatee tdk mempunyai sirip punggung n sirip samping (siripnya persis d bawah/area dada n panjangnya dpt mencapai sekitar 4,5m, jadi kalau muncul ke permukaan sirip bawahnya ga akan terlihat). mungkin lho :)

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  22. i love cryptozoology!
    oiya mungkin Dr.Robert Kenneth sadar dan kasian terhadap neesie yg makin diburu, dan mungkin ia mau nessie bebas, makanya supaya ga dicari lg dia bilang bahwa foto itu ia rekayasa :p HAHAHA

    ReplyDelete
  23. monster selalu menarik dibahas,....asal jangan bahas tentang pemusnah monster aja alias Ultraman...heheeh

    good job brader...

    ReplyDelete
  24. Menarik sekali

    Namun ada beberapa keanehan di sekitar crypto ini, menurutku para penggemar crypto adalah juga penggemar foto kabur (samar-samar)hehe...karena memang secara naluriah, manusia selalu terpesona dengan sesuatu yang samar-samar, hampir tampak, tertutupi....manusiawi sekali, dan trigger dari segala hal fantasi liar...
    mari bicara mengenai keanehan...

    Berbicara mengenai monster ray ini, keanehannya adalah bahwa dia berdiam di waduk semi buatan manusia yang bisa dikatakan umurnya masih muda (1912). Kita bisa menyimpulkan bahwa sebelum tahun 1912, monster itu belum ada, atau bila dikatakan sudah ada, di mana dia sembunyi selama restorasi danau tersebut dilakukan? bila lari dihutan, dia itu makhluk air atau amphibi atau makhluk darat? sepertinya aneh bila dia makhluk darat, jadi perlu dicoret, kalaupun amphibi, monster ini pasti sering-sering nangkring di permukaan air seperti yang dilakukan temen-temen amphibinya, jadi ini juga perlu dicoret, karena danau ini danau yang ramai wisatawan. Jadi ini makhluk air, dan pertanyaannya tetep sama, ngumpet dimana selama pembangunan danau? semasa pembangunan danau, pastilah kondisi air dan habitat danau tersebut mengalami perubahan...dan saya yakin dia harusnya terusik dan terlihat selama proses pembangunan tsb...nyatanya tidak bukan? tidak ada pemberitaan mengenai penampakannya selama proses pembuatan danau yang saya yakin melibatkan banyak orang.

    jadi hipotesa mengenai adanya makhluk ini sebelum danau dibuat adalah perlu dicoret.

    so, makhluk ini ada setelah waduk dibuat.
    darimana dia muncul? apakah dari senyawa protein yang tekena sambaran petir? ehm... kalau iya, sekarang dia adalah berupa makhluk bersel tunggal bukan segede plesiosaurus. (btw saya tidak percaya model sambar-sambaran petir)

    atau dia muncul dari hutan? kembali lagi pada hipotesa jenis makhluk ini yang jelas sudah dicoret kemungkinannya...

    mungkinkah dia jenis ikan yang sengaja/tidak sengaja dilepaskan di danau ini. Bisa saja dia sejenis ikan pirarucu yang notabene dianggap sebagai ikan air tawar terbesar...

    Atau bisa jadi itu adalah dongeng penduduk untuk menarik wisatawan...ini yang paling mungkin

    segalanya memang memungkinkan....

    nah untuk si nessie yang konon sudah terlihat sejak 1500 tahun...

    keanehannya, makhluk apa yang mampu berusia hingga 1500 tahun? ataukah nessie ini beranak pinak? dan yang terlihat sekarang adalah cicitnya yang terlihat pada jaman pertengahan?
    kalau iya, berarti ada bokap-nyokap, nenek, mbah buyut, yang menunjukkan bahwa nessie adalah banyak. Dan banyak berarti kemungkinan lebih sering terlihat juga lebih besar.....
    hmmm...plesiosaurusku...

    ReplyDelete
  25. Brother inoshi, selalu menarik mendengar kamu memberikan komentar. Pikiran yg tajam, kritis tapi tdk skeptis, sepertinya memang komentar kamu melengkapi tulisan saya. Hehe. Thks berat bro.

    ReplyDelete
  26. @ms terry: kamu juga sudah mulai kritis dlm memberikan komentar. Malah pikirannya ada yg sama dgn inoshi. Tp sy tdk pernah menulis bhw kesaksian tertua adl thn 1994 lho. Hehe.

    ReplyDelete
  27. Just another nessie's brother,who knows.nice posting mas,kisahny mmg bnyk yg jnggal,tp msh msteri bt q.boleh request ttg werewolf?q prnh bc,tp lpa dmana,mreka bner2 nyta n ad dsktr kita.hnya sja kmntas mrka mntup diri dr mnsia.klo ni emg msteri,bhas donk mas enigma,pnasaran..thx

    ReplyDelete
  28. Yang menjadi pertanyaan, dari sekian banyak foto tetang monster2 danau kenapa tidak ada satu foto pun yang menunjukkan gambarnya dengan jelas dalam arti secara penuh. kebanyakan semua foto monster2 danau tersebut hanya samar2 saja atw kurang jelas. malah ada foto yang ternyata hanyalah sebuah "HOAX".

    justru penampakan secaraa utuh yang di lihat oleh para saksi mata merupakan kebetulan yang menurut saya penuh pertanyaan dan tidak dapat di percayai begitu saja. dan juga seperti yang om katakan beberapa foto di atas ter lihat seperti hasil editing.

    Kesimpulannya buat saya monster2 seperti itu tidak pernah ada dan nyata. itu hanya sebuah kisah dongeng.

    Sekian

    Tetap PECAE!!!!! hehehehe :D

    ReplyDelete
  29. buat abzalom, emg situ kata moto monster gampang -__- lagian kan mereka takut terekpos, gw aja moto kucing gw sering samar2, abis tu kucing lari mulu ^_^

    ReplyDelete
  30. Sedikit tambahan lagi setelah tadi saya baca ulang pada pernyataan dari jeff krause mengenai mahkluk ini (RAY). saya agak heran?? jika seandainya pada suatu daerah wisata di dapati laporan mengenai kejadian-kejadian aneh seperti penampakan mahkluk2 aneh seperti crypto RAY saya rasa tentu dari pihak pemerintah / pengelolah memperingati setiap pengunjung untuk berwaspada dengan alasan keamanan. tatapi mereka malah membiarkan bahkan menjadikan RAY sebagai maskot danau itu. sungguh tidak masuk akal..????

    saya kutip pernyatan dari jeff krause Kutip dari http://raystownray.com/ : "So I would suggest that our swimmers and boaters are very safe. ("Jadi Saya menyarankan agar perenang dan boaters kami sangat aman")

    It's a bullshit..(hehe..ngatau artinya :P)

    mana ada orang yang merasa aman kalo di tempat dia berenang ada mahkluk raksasa yang belum di ketahui?? memang belum ada bukti yang menunjukan penyerangan terhadap manusia atau pun hewan2 di sekitar danau. namun perasaan orang saat berenang dekat daerah yang di tinggali oleh seekor mahkluk asing tentu saja akan lebih waspada. kok malah di bilng aman2 saja??? huh..!! memang ada2 saja yang di buat orang untuk meraut keuntungan.

    sekian

    PEACE!!!!!! :D

    ReplyDelete
  31. dunia cryptid memang penuh misteri

    ReplyDelete
  32. Buat BOC

    Bukan soal untuk memotonya yang susah. tapi, kebanyakan foto yang di ambil dari jarak yang kurang optimal, sehingga harus di zooming lagi agar terlihat dekat. eh..malah hasil zoomingnya kabur lagi..O_O!! itu yang sering membuat orang menjadi penasaran, seperti kata bung Inosi.

    salam PEACE!!!!

    ReplyDelete
  33. beuh... komennya pada berat2 semua... baidewei, saya suka dengan enigma.. huhu, penuh misteri,

    PS. walopun ini komen kedua saya, tapi saya sudah membaca hampir semua artikel di blog ini, lewat hape..

    oia bang enigma, ngomong2 ttg hape, sudah berapa bulan ini saya tdk lagi bisa baca enigma dari hape..kira2 3blnan lah..

    masalahnya gini bang, awal2 emang saya suka baca2 enigma lewat feedm8 itu, awal2 emang asik, baca2 artikel cuma teks doang, lah kan memang itu yang dibutuhkan, file kecil, tapi teksnya dapet semua.

    nah, kira2 dua mingguan saya ga buka enigma, saya cobalh iseng2, eh.. feedm8 ternyata tampilan baru, jadi terkesan ada hape dalam hape... lah ribet jadinya saya... scroll ke bawah ke atas kanan kiri pun ga ngaruh.. tau2 halaman depan aja..T_T hiks.. (tampilan dihape tuh persis kayak kita buka feedm8 nya enigma di desktop, cuman ini bukanya dari ahape..hiks lagi..

    perlu diketahui saya dari awal pake hape SE k770i dengan browser opera mini 4.x bagaimana itu kira2 bang??? thx ya bang...

    ReplyDelete
  34. Hmm..aku juga suka monster danau ^_^
    Disebut Cryptid karena kemisteriusannya, jika benar2 ada, maka dia tersembunyi dari pandangan mata...

    Pembuatan waduk di mulai thn 1912. Tapi sayang tidak diuraikan data lengkap yang menunjukkan seberapa luas area pengerjaan waduk..dan juga penting untuk mengetahui seberapa lama masa pengerjaan waduk dan waktu pengerjaan waduk(saya yakin, waduk tsb dikerjakan oleh para pekerja pada sekitar pagi-siang-sore hari). Hal ini dapat membantu kita memperkirakan besarnya kemungkinan si Ray terekspose oleh (paling tidak) pekerja pembangunan waduk. Kalau masa pembangunannya hanya dlm beberapa tahun, dan tidak pernah bekerja petang dan malam hari (cukup logis saya rasa, karena tidak efektif bekerja dlm suasana gelap di area yg cukup luas ), saya kira kemungkinan si Ray untuk tidak terekspose lumayan besar. Karena kedalaman danau yg cukup dalam dan area danau yg cukup luas, ditambah lagi kemungkinan adanya gua-gua, lekuk-lekuk atau ruangan dalam danau itu, memungkinkan si Ray untuk tersembunyi selama periode pembangunan waduk.
    Saya juga memperkirakan makhluk ini bernapas dgn insang, sehingga memungkinkan dia bernapas dalam air, dan tetap berada dalam danau untuk waktu yg cukup lama, sehingga jarang tampak di permukaan.
    Makanannya juga mungkin tumbuhan di dalam danau atau ganggang dan sejenisnya, karena Ray herbivora.
    Kemudian, selain hal di atas, makhluk ini bisa saja hanya ke permukaan danau pada malam hari, mungkin sudah kebiasaan, atau kemungkinan lain, makhluk ini merasa TERINTIMIDASI karena aktivitas pembangunan waduk, bisa karena suara2 bising, perubahan pola dan debit air dan sebagainya, sehingga tidak berani muncul ke permukaan danau pada siang hari.
    Mengapa terintimidasi? Saya simpulkan dari informasi yang menyebutkan bahwa hewan ini vegetarian dan berwatak lembut, sehingga dengan adanya 'gangguan2' akibat pembangunan waduk, dia tidak mungkin menunjukkan 'kebuasannya' dgn melakukan intimidasi kepada para pekerja, yang ada malah dia yang merasa terintimidasi ^_^

    Menurut saya, kemungkinan kisah si Ray ini HOAX lebih kecil daripada 50 %, artinya saya cenderung menganggap ini bukan hoax.
    Mengapa?
    Selain dari pendapat yang di atas, juga berdasarkan penampakan oleh WISATAWAN. Yang pasti penampakan oleh wisatawan, adalah pada tahun 2009, dan mungkin jg oleh John Pendel beserta istrinya pd thn 1994 atau mgkn jg oleh Mike Sieber dan teman perempuannya pd thn 2008 (saya duga mereka juga wisatawan). Jika kisah Ray adalah hoax, maka seharusnya laporan yang paling banyak masuk adalah penampakan Ray oleh PENDUDUK setempat, karena merekalah yg berkepentingan atas manfaat ekonomi jika cerita ttg Ray berhasil menarik wisatawan lbh banyak. Tapi ternyata bukan demikian. Yang melihat penampakan Ray justru adalah wisatawan yg berkunjung ke danau itu.
    Terlebih lagi wisatawan yg pd thn 2009 BERHASIL mengambil gambar 'sesuatu' yg muncul ke permukaan danau, yg menurutnya adalah Ray. Dan mr Enigma menilai foto itu asli.
    Foto penampakan Ray yang bersumber dari PENDUDUK setempat adalah foto dari seorang nelayan lokal pd thn 2006, yg menurut penilaian mr Enigma ada sentuhan photoshopnya. Tapi hal ini TIDAK BISA memberi label HOAX pd kisah Ray, karena msh ada pengakuan dari wisatawan di thn 2009 yg mengambil foto (kemungkinan asli) yg dianggap sbg Ray, tentang penampakan Ray. Begitu juga pengakuan oleh John Pendel (1994) dan Mike Sieber (2008), yang saya asumsikan mereka juga wisatawan.

    (Bersambung.. maaf pake hp lg^_^)

    ReplyDelete
  35. Argumen berikutnya adalah cerita para wisatawan yang mengaku melihat Ray yg mendiskripsikan Ray sbg makhluk yg memang tidak dikenal sebelumnya. Wisatawan pd th 2009 yg berhasil mengambil gambar, mendeskripsikan Ray dgn kepala spt ular tp dgn kedua mata di depan dan mempunya badan besar, panjangnya ditaksir 6 meter. Hal hampir senada jg dideskripsikan oleh Mike Sieber (2008): Ray terlihat memiliki kepala dan leher, menciptakan riak sepanjang 4,5-6 meter.
    Bisa saja apa yg dilihat oleh wisatawan thn 2009 dan Mike adalah makhluk yg sama, Ray.
    Sedangkan deskripsi dari John Pendel tidak memberikan deskripsi spesifik.
    Dari deskripsi ttg Ray tersebut, maka Ray BUKAN seperti IKAN (seperti contoh kemungkinan yg diajukan oleh Inoshi, pirucuru)

    Mengenai jumlah kunjungan wisatawan ke danau Ray yg 2 juta/tahun. Berarti rata2 ada 5480 orang perhari. Mengapa sangat jarang kelihatan?
    Saya kira ada 3 kemungkinan: pertama, karena Ray makhluk berwatak lembut yg pemalu atau mgkn bs jg dsebut 'penakut' ^_^ jika ada 'kegaduhan' oleh para wisatawan di permukaan danau, atau yg kedua, Ray memang punya kebiasaan muncul ke permukaan pd malam hari. Dan yg ketiga, bs jadi kombinasi keduanya.

    Secara umum, seluruh opini saya mengarah pada kecenderungan saya menilai kisah Ray ini sbg bukan hoax.

    ReplyDelete
  36. misteri memang tiada abisnya...!!!

    ReplyDelete
  37. kalo menurut bang enigma sendiri ray it monster yang mana?
    plesiosaurus kah?manatee ?ato cadborosaurus???
    sekalian,req posting soal pnampakan naga laut di tanjung ann(masachussets) sama monster laut sargasso yang katanya udah bnyak bikin kapal karam sejak jaman dahulu. .

    ReplyDelete
  38. Tidak bisa dipastikan, apakah cadborosaurus, plesiosaurus atau manatee. Tapi saya akan sangat senang sekali kalau bisa melihat seekor plesiosaurus hidup2. hehe

    @Chris : senang akhirnya kamu muncul kembali dengan analisanya setelah kasus Taman Shud.

    ReplyDelete
  39. @scott : barusan saya buka feedm8, tampilannya masih sama persis dengan dulu. coba kamu buka lagi. Kemarin feedm8 memang ada masalah soalnya.

    ReplyDelete
  40. thanks postingannya bung enigma, klo saya boleh tau, danau mana aja di indonesia yang diperkirakan ada monsternya?

    ReplyDelete
  41. buseeeeeeeeettttttttt
    komentar bang inoshi keren gilak....
    sebenernya saya juga mikirin itu,, darimana makhluk itu datang,, kan itu waduk,, bukan laut...

    mantapp bener daaaaahhhh

    ReplyDelete
  42. Myheart2105 mengatakan:

    Q dah bbrpa hr ni gak main2 kesini,..ternyata dah banyak postingan baru..asyiik.
    Eh tumben om enigma pake komentar pilihan sgala, tapi rasanya di precognitive dream jg ada ya,,..

    Q jg mau dunk om jd komentar pilihan..wiw wiw..gmanaa gt :)
    Q jg mo mikir2 dl, mo bilan apa bguznya..

    Menurutq ada 3 komentar Qeren dsinih: komennya inoshi,,ms Terry ma chris..
    Yang ke-4 nya AQU! Heee.. :)
    ntar q tulis om..lg mikir...>#@*

    ReplyDelete
  43. Myheart2105 berkata:
    Nih analisisq om (maav klu da yg slh ya, q br blajar..hee)
    Q kayaknya ada yg gak s7 ma komen inoshi.
    Ini q kutip:
    '' Berbicara mengenai monster
    ray ini, keanehannya adalah
    bahwa dia berdiam di waduk
    semi buatan manusia yang
    bisa dikatakan umurnya masih
    muda (1912). Kita bisa
    menyimpulkan bahwa sebelum
    tahun 1912, monster itu belum
    ada, atau bila dikatakan sudah
    ada, di mana dia sembunyi
    selama restorasi danau
    tersebut dilakukan? ''
    Drmana dapat ksimpulan monster itu (ray) belum ada sblm thn 1912. Kan bisa aja monsternya memang dah ada dsitu sewaqtu danaunya msh alami belum jd waduk.
    Bila ray sudah ada sblm waduk dibuat dmana ray sembunyi? Bisa aja kan si ray sembunyi d dalam danau itu, danaunya kan dalem bangget 56 meter dan luas lagi. Bisa aja kan sembunyi dalam gua2 bawah danau, atau celah2 dalam danau. Kayaknya si chris dah membahas kemungkinan2 kenapa ray gak terlihat waktu acara bangun waduk. Q s7 dgn pendapatx chris.

    Kata om enigma qt musti memikirkan sgala kemungkinan.
    Kalau dtanya apakah ni si ray hoax? Q gak tau jg. Soalna fotonya pada gak jelas. Huhu..yaiyalah namanya jg makhluk misterius.
    Tp kalo baca komennya chris q bs ngerti dan mungkin aja benar. Mgkn ja si ray bukan hoax. Kalo nurut aq, para pelancong tuh gak punya motif buat populer2an, kayak promosi wisata gt. Nah kan yg seharusnya bikin kek gt penduduk setempat? Mestinya kalo hoax yg ngotot banget buat bikin foto ma gossip tentang si ray kan penduduk setempat,,biar orang2 jd pnasaran dan rame2 ke danau Ray. Lumayan kan untungnya?
    Hehehe...
    Q percaya kalo si ray tu bukan hoax.. Tapi kalau bukan hoax nanti bs ditangkap si ray-nya kan kasihan. Kalu gt mending drahasiain aja..hehe..
    Q tau komentarku belum ada apa2nya.
    Tapi Mr Enigma, kasih komen ke komenku dunk :)
    Hehehe..

    ReplyDelete
  44. @myheart2105: saya suka kalo bnyk pendapat yg berbeda. Krn itu berarti kita bs melihat sesuatu dari segala sisi. Yg pasti saya suka krn walau berbeda pendapat, komentator tdk mengejek pihak lain. Komentar km jg keren krn memberikan alasan yg msk akal. Hehe.

    ReplyDelete
  45. Myheart2105 berkata:
    Huhuhu.. senangnya sampai ke langit kalau om Enigma yg muji :)

    >>> girang! Lompat2! <<<

    Q suka suka suka blog ini!
    Q jd termotivasi utk mempertajam analisis biar bs jd komentar pilihan! @3@
    Ai ai ai.. biar bisa setajam: SILET :)

    ReplyDelete
  46. ya..., pendapat saya memang debatable banget... menyenangkan bila melihat perkembangan dari komentar2 yang begitu baik dan hebat, saya rasa pendapat ms terry, chris dan myheart sangat baik dan logis

    mari kita bersama belajar menelaah sesuatu secara logis, bukan hanya karena keyakinan yang emosional dan dipicikkan dengan pembenaran-pembenaran suyektif tanpa usaha mendengar dari pendapat orang lain...


    semoga di blog yang keren ini kita dapat memulai membuka sebuah wacana baru....dan tentunya izin dari sang empunya blog amazing ini... gan enigma

    kita bisa belajar sistematika analisa dan logika yang tidak terpakem oleh teori dan kepercayaan dari agan enigma

    ReplyDelete
  47. asyik 3X...
    psotingannya monster lagi..!!
    viva monster...

    ReplyDelete
  48. bha ttg perdukunan di Indonesia dong mas enigma....plisss

    ReplyDelete
  49. bang, request FOURTH KIND dong... Penasaran...

    ReplyDelete
  50. mas saya mau bertanya mungkin .kalo tidak salah hari jumaat lalu ada berita pagi jam 8an ...yang membertitakan ada hewan kambing yang di hisap darah nyah oleh sebuat monster hinga kering dan terbukti bahwa di leher/di bagian tubuh ada 2bentuk gigi yang menyedot darah kambing tersebut.....!!! buakn 1 kambing sampai puluhan kambinggg aneh sekali!!!! warga pun belu bisa memastikan apakah ituh anjing/srigala ! yang menyedot darah kambing tersebut atau kah hanya orang

    mohon bisa di bantu...untuk memosting nyah .apa kah inih bener atou hoax saja (mungkin video nyah bisa cari di youtube mungkin makasih

    ReplyDelete
  51. Dharma The Blue RagnarFebruary 23, 2010 at 7:01 PM

    Bro Enigma, coba dibahas tentang makhluk "Ningen" donk yg katanya hidup di laut antartika dan mirip sama manusia. thanks bro !!!

    ReplyDelete
  52. bang enigma!tolong post tnetang lucid dreams dong!!

    ReplyDelete
  53. Om Enigma, mungkin itu Pleiosaurus yang baru menetas setelah waduk itu dibangun. Thanks

    I LOVE MYSTERY

    ReplyDelete
  54. Aku pernah nonton di Discovery Channel (eh apa National Geographic yah) yang membahas tentang naga...di situ menyinggung naga air trus buaya,ma ikan hiu....di situ disebutkan binatang2 purba air itu kemungkinan selamat dari meteor karena mreka di dalam air ga kena imbas dari tabrakan meteor..
    Mungkin plesiosaurus juga gitu..soalnya di berbagai danau juga merujuk pada bentuk plesiosaurus...

    ReplyDelete
  55. MONSTER DANAU YA, jd inget sama film tentang nessie ..monster lochness ...film nya judulnya The Water Horse.ada yg udah ntn?
    yg menarik dari film ini . disebutin bahwa kejadian yg diceritakan tersebut kisah nyata, ..di film itu Nessie berkawan dgn seorang anak kecil pada waktu jaman Perang DUnia 2.
    hehe, ngomongin PD II ..jd inget gosip tentang adolf hitler yang menyamar jd dokter di SUmbawa setelah kabur dgn kapal selam dari bunker nya di JErman yg udah dibombardir sekutu, en kemudian meninggal di SUrabaya .

    ReplyDelete
  56. Wah blog ini smakin hbat dngan coment2 yg berat.
    Btw soal makhluk cryptid aku ini penggemar berat n sekaligus pembenci.aku yakin mahluk itu ada,bnyak alasan yg bisa membuktikanya,alam ini menyeleksi kehidupan,yg kuat bertahan dan yg lemah tersingkir,mungkin mahluk itu kuat dlm beradaptasi hingga hidup smpai sekarang sperti binatang2 purba yg lain,makhluk purba itu hidup di zaman yg moderen its amazing but jaman ini canggih,knp tidak di teliti dngan mesin yg canggih jg and kemana para ilmuan,tidak mencari bukti yg kuat untuk mengetahui kberadaan makhluk spt ini pdhal klw di teliti scara intensif dan menemukan hasilnya,aku yakin ini adalah penemuan terbesar pada abad ini.
    Let the story flow until finding limit.atau hanya cerita yg mewarnai misteri dunia ini

    _ALVIN17_

    ReplyDelete
  57. bang tompel berkata:

    mungkin saya bisa menjelaskan bagaimana "ray" bisa ada di waduk buatan itu.....

    kemungkinan pertama:
    seperti yang dikatakan oleh myheart2105 mungkin saja si ray itu sembunyi pas danau itu direnovasi dan baru keluar pas waduknya udah kelar

    kemungkinan kedua:
    mungkin si ray itu cari nesting ground (tempat nelor) kayak penyu. penyu selalu ingat tempat dimana dia ditelorin. berhubung si ray ini mungkin cuma satu satunya jadi kemungkinan ini bisa dibuang

    kemungkinan ketiga:
    si ray mungkin cari rumah baru, rumah yang lamanya mungkin digusur karena ga ada IMB-nya
    hehe peace om becanda
    serius lagi......

    pertanyaan yang muncul:
    1. kenapa si ray bisa pindah2 kan dia itu makhluk air...?
    bang tompel menjawab:
    kalo dia reptil ya pasti bisa contoh: penyu, buaya, pak aya, ular laut, labi-labi (kura2 tempurung lunak) bisa sesuka hati mereka jalan-jalan di darat

    2. seperti yang inoshi bilang "ngumpet dimana selama pembangunan danau? semasa pembangunan danau, pastilah kondisi air dan habitat danau tersebut mengalami perubahan...dan saya yakin dia harusnya terusik dan terlihat selama proses pembangunan tsb...nyatanya tidak bukan? tidak ada pemberitaan mengenai penampakannya selama proses pembuatan danau yang saya yakin melibatkan banyak orang."

    bang tompel menjawab:
    menurut pengalaman teman saya yang sedang meneliti harimau jawa, jika hewan terancam punah atau merasa terancam maka hewan itu bisa menyembunyikan atau bersembunyi beratus-ratus kali lipat lebih hebat........

    makanya tuh harimau kagak ketemu-ketemu cuma tokai-nya aja yang ketemu....
    hehe

    bos enigma blognya hebat pas gw masuk trus baca-baca artikel langsung gw bookmark nih blog

    ReplyDelete
  58. bang tompel berkata:
    bos......
    kalo tentang foto ular naga yang di ambil dikalimantan itu beneran gak ya....????

    tapi menurut gw itu fotoshop soalnya ketahuan jelas........
    coba liat di mbah gogel keywords-nya "naga di kutai barat"

    ReplyDelete
  59. monster danau... suka nggak suka...., apalagi zaman kecil aq penggemar komik or dongeng2, yang sering ada monster danau/lautnya...(aq yakin dongeng2 itu punya pengaruh besar dalam pola pikir pencinta monter...^_^)
    percaya nggak percaya aq jadi suka parno sendiri kalau sedang ada di/menyebrangi perairan yang agak luas...suka membayangkan kalau tiba2 bakalan ada mahluk yang keluar...sampai2 teman yg tahu jln pikiranku selalu ngeledek abiz..., tapi beneran...karenanya smpi skarang ku rada parno dan nggak mau naik kapal laut...., tapi kalau nyebrangi danau okelah...heheheh, tapi di dasar hati berharap itu memang ada...heheheh, soal naga,...aq percya banget ada..meskipun belum liat...tapi kepercayaanku naga itu hewan mistis yang munculnya sekali2...ya setype dengan jin dan teman2nyalah...mungkin monster2 danau yg terkenal di seluruh dunia ada yg mahluk mistis jua...(who knows???)
    tapi kenapa ya deskripsi monster danau selalu mirip....berleher panjang...berkepala besar...,

    Yang paling sering kepikiran ...knapa pembuat dongeng di masa lalu bisa mendeskripsikan/menciptakan profil monster itu bentuknya seperti itu....
    ada 2 kemungkinan...mungkin hanya sekedar imajinasi mereka yang luar biasa...mungkin juga...karena mereka pernah dengar...atau mungkin lihat wujud seperti itu...(kan rata2 dongeng yang udah ratusan tahunan ya...)
    seperti biasa luph u bgt sama postingan2 mu bung...., sedikit addict... (banyak ding...)karena kalau nggak ada postingan baru rasanya nggak nyaman bgt...n percaya nggak percaya...^_^, kalau lagi bt sedih or kesal...tuk nenangin diri...baca blog nya kamu...hahahaha, benar2 ngaruh....
    blog nya semistery penulisnya....
    aku pernah baca satu quote yg rada nyeleneh tapi ada benarnya juga..."penasaranlah, maka umur mu akan panajang...karena kamu nggak mau mati penasaran kan..." heheheh

    jadi biarlah kepenasaranku trhdp monster2 ataupun hal mistery lain dan sejenis nya sebesar penasaranku kepada bung enigma...
    biar aq panjang umur...heheheheheh....
    Luph..u r blog full ^_^

    ReplyDelete
  60. tolong dalam memposting sesuatu yang baru jangka waktunya 3 hari 1 berita


    atas pengertiannya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  61. enigma, sudahkah anda membahas tentang Cacing Kematian Mongolia (Mongolian Death Worm / Olgoi-Khorkhoi)?

    ReplyDelete
  62. Mongolian death worm belum pernah ditulis.

    ReplyDelete
  63. Bahas tentang ningen donk. katanya merupakan raksasa yang hidup di perairan es antartika. Apakah sekedar hoax saja? thanx

    ReplyDelete
  64. bro Enigma,fourth kind nya gimana? sudah menemukan bukti2 kah kalau itu benar atau rekayasa?hehe.
    Gw tunggu ya,thx.

    ReplyDelete
  65. saya kurang percaya pada sesuatu yang tidak tampak dan jelas, tapi saya sangat berharap sesuatu yang hebat, misterius, itu benar-benar ada haha

    ReplyDelete
  66. Apakah mahluk air dapat berhibernasi? sapa tau ja "Ray" berhibernasi selama proyek pembangunan:) Atau kali ja si"Ray" baru lahir dari telur setelah proyek(yang kebetulan) selesai:P hehe

    ReplyDelete
  67. salut 4 INOSHI,keren bo analis nya,setelah di perhatiin dari posting ke posting analis loe makin tajam,wah kayak nya enigma bakal ada saingan dalam analis dunia misteri .....bro klo ada blog boleh donk gue mampir...

    nb: mr enigma request donk yang di atas tragedi kapal merry caleste karna saya tidak puas baca dr blog ke blog yang isi nya copas dan saya harap mr enigma beda dari blog-blog laen....thanks

    from : N.O

    ReplyDelete
  68. mongolian death worm...? nih ...saya kasih satu di postingan saya....hehehehe

    http://mbahware.blogspot.com/2009/10/cacing-kematian-dari-mongolia.html

    ReplyDelete
  69. bang tompel berkata:

    Anonymous said...

    "Apakah mahluk air dapat berhibernasi? sapa tau ja "Ray" berhibernasi selama proyek pembangunan:) Atau kali ja si"Ray" baru lahir dari telur setelah proyek(yang kebetulan) selesai:P hehe"

    setahu saya makhluk air ngak bisa hibernasi (ikan dan kawan-kawan) kecuali ikan "paru", yang bisa hibernasi itu hewan berdarah panas (beruang, tupai)
    kalo "ray" itu hewan air dan kalo dia reptil dia gak bakalan bisa hibernasi........

    ReplyDelete
  70. IT IS A JET PACK !!!

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2866238

    ReplyDelete
  71. Request tentang monster antartika yang bernama ningen donk bang

    ReplyDelete
  72. @mbah ware: walaaah......tnyta si mbah ware ini tmn FB ku toh :)) btw, serius tuh kesaksian kamu soal UFO @lawang?hoax apa ga mbah?

    ReplyDelete
  73. saya pernah melihat di sebuah acara TV yang membahas tentang monster danau (tai saya lupa dimana dan apa nama monster itu) ternyata setelah ditelii itu bukan monster danau tapi sebuah kapal laut mini yang dibuat seperti sebuah monster dan dikendalikan dari jarak jauh oleh seseorang.

    dan saya rasa pendapat itu cukup masuk akal atas semua keganjilan yang ada.Tapi saya juga percayamungkin dibeerapa tempat di dunia ini mahluk seperti itu juga ada.

    Seperti biasa brow artikelnya keren,maju terus buat enigma

    ReplyDelete
  74. dear brother enigma...

    "kamu juga SUDAH mulai kritis dlm memberikan komentar."

    itu pujian atau... >:I
    dari dulu saya juga kira2 sdh kritis loh (?)
    hanya sekarang lagi hoki coz nyrempet2 pemikiran bang inoshi. :)

    saya ga perlu sampai ganti nama jd Ms. Inoshi kan? ya ga bang inoshi? :)

    sepertinya, blog mas enig akan lebih lengkap jika memiliki emoticon yg "sangar". hehehehe

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  75. Monster danau lagi ya..makin banyak aja ya danau2 yg pnya monster.

    Baca komen2 di atas gw tringat sbuah danau di Pasuruan, tepatnya di danau Grati, bnar yg dkatakan mbah ware, dsana mmg prnah ada laporan2 dr pnduduk sktar ttg pnampakan mkhluk aneh (bhs kerennya mkhluk cryptid).

    Oya gw dr kediri, tp pas kuliah gw dpt tgs KKN di wil Grati tepatnya di desa Kedawung wetan. utk ke danau grati kr2 2-3 km.wktu senggang gw srg maen ksana..malah prnah diajak pnduduk sktar naik perahu ketengah danau, (gw ber3 sm tmn2).tngah danau sm pnduduk djadikan smacam kolam terapung + rumah2an kcil buat berteduh.
    Singkat cerita pas di rumah2an tsb sang pmilik crt ttg pnampakan 2 mkhluk (saksi mata/lht dg mata sndiri),mlm hari saat sdg buang ktoran kucing (mmg dplihara dsitu) tiba2 muncul 2 makhluk raksasa mirip penyu makan ktoran tsb, mkhluk tsb sangat luar biasa besar, penyu/kura2 tsb mempunyai diameter kr2 2mtr atau mgkn lbh.oya air danau tsb tdk bgtu jrnih, brwrna hjau, banyak lumut+ganggang, dan dasar danau brlumpur.serta ikan yg dpelihara dikolam salah satunya ikan patin..yg diatas adlah pnmpakan pertama.

    Penampakan kdua dialami oleh tmn pmilik kolam trapung td (dsna bnyak kolam2 trapung). kjadiannya jg mlm hr...shabis dr kolam org tsb berniat plang krmahnya dg naik prahu dayung kecil dg lntera dblakang..tiba2 dia dkejutkan dg seekor makhluk/ikan yg sangat bsar mengikutinya, mkhluk tsb sama atau bahkan lgh bsar dr perahu yg dinaikinya, makhluk/ikan tsb sngat mirip dg hiu, sebesar manusia dewasa katanya. mgkinkan ikan patin bs sebesar manusia?

    Selain itu prnah ada lporan (agak mistis) nelayan/peternak ikan yang jg diikuti ikan besar tetapi ikan tsb cm kerangka ikan (jg sebesar manusia).Jg prnah trjadi tragedi, TNI AL sdang latihan di danau Grati salah satu tank tnggelam bserta tentara didalamnya...kejadian tsb mmg sdh sngat lama mgkn th 70 atau 80an, tetapi bnyak saksi mata yg tdk bs mlupakannya....tim pencari konon smpai skrg tdk mnemukan korban tentara tsb jg bangkai tanknya...

    Laporan penampakan makhluk2 aneh banyak di danau grati..tp slain yg sy tulis di atas sy tdk tahu detilnya.

    Gmn brother Enigma...berminat meneliti....

    ReplyDelete
  76. Mantap.....
    Teruskan postingnya.......
    Wah banyak amat commentnya........

    ReplyDelete
  77. kenapa yah, monster2 air yang msh misteri banyak yang bentuknya kaya ular semua?

    ReplyDelete
  78. Ertho 12 said....

    menarik sekali artikelnya,
    monster danau tidaklah tidak mungkin pasti ada, tetapi saya pernah membaca buku ttg dinosaurus mengatakan plesiosaurus dan itchyosaurus sudah punah lebih awal dari kepunahan dinosaurus mungkinkah plesiosaurus itu masih ada?jikalau masih ada mungkinkah plesiosaurus itu dapat bertahan selama masa dinosaurus, masa mamalia? tidakkah plesiosaurus itu tergeser posisinya oleh Megalodon atau sejenisnya dan bertahan di masa ice age????

    mungkin itu adalah belut danau yang pertumbuhannya cepat karena adanya panganan yang cukup didaerah itu,... sama saja seperti lele sungai mekong yang kepalanya saja lebih besar dari kepala manusia.

    Oh iya saya pernah ke tmp pemancingan saya yg sedang berjalan mengitari kolam melihat ikan besar yang sedang berenang ia meloncat keluar tetapi tidak terlihat s'muanya padahal di kolam itu tidak boleh memancing mungkinkah ini penyebabnya?

    by :Ertho 12

    ReplyDelete
  79. Semua hal mengenai monster emang mnyenangkan.
    saya punya cerita sendiri.
    keluarga saya tinggal di kalimantan tepatnya di kalimantan timur.
    kk saya punya hobi memancing. area memancingnya mulai dari laut sampai pedalaman kalimantan. pada suatu saat dia melewati jalanan truk pembawa kayu ( kalo tidak salah punya roda lebih dari 12 ) nah saat dia melewti jalan itu dia melihat ada benda berwrna hitam yang mencoba menyebrang jalan. setelah di dekati ternyata benda tersebut adalah ULAR. sejenis ular cobra. bayangkan saja ular tersebut sepertinya habis memakan seekor rusa!!!!!. entah berapa panjangnya. yang membuat saya tau itu ular cobra yaitu kebiasaannya yang mengangkat kepala saat ada musuh dan mengembangkan kulit pada lehernya. saya tidak menganggap cerita ini HOAX karena itu adalah kk saya dan apa motiv dya untuk membohongi seluruh keluarga.....

    intinya adalah. dalam dunia yang luas ini terdapat anomali mkhluk hidup. mungkin saja monster ray itu adalah belut yang mengalami gigantisme ( yaitu suatu anomali pada makhluk hidup yang membuat penderitanya mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan abnormal. saya tau itu karena saya mahasiswa kedokteran hewan dari bali.). tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau itu bukan belut atau dino.
    dalam dunia ini masih banyak hewan yang Anomali , atau jenis yang belum ditemukan.
    dan saya rasa "makhluk" tersebut tak akan pernah terungkap ke permukaan karena itu merupakan objek wisata. apabila sudah di ketahui jenisnya dan itu merupakan makhluk yang biasa. Hancurlah penduduk sekitar yang mata pencahariaanya dari wisata.
    thax dah publish my comment. br enigma emang keren abiezzzz...( blog na loh ya bukan orangna )....

    ReplyDelete
  80. PENYAKAT NO 1 DUNIAJanuary 20, 2011 at 5:06 PM

    oh kisah ini ini hnya karutkarena aku prnh memonton Discovery yang mengatkn ia tdk bnr trik ini dgunakan untuk menaikkan nama siapa yang menulis article PADA ZAMAN DULU AJA TAPI TIMA KASIH INGAT DAN TULIS PASAL INI DONG YA SEMUA INI HANYA KARUT SI

    ReplyDelete
  81. klo mnurut gw, slama ada y pembangunan waduk, mungkin ja tu monster sembunyi d teluk krna mrasa takut ato mngkin ray ini trcipta krna mutasi sm sprti hewan aneh yg lain, ya, jka mmg da makhluk hdup dsna slain tu monster brarti msih da kmungkinan bgi monster tu utk ttp bertahan hdup

    sorry jka trlalu ngaco mngkin teori y

    ReplyDelete