Wednesday, August 18, 2010

Memahami fenomena hujan hewan, darah dan materi organik

Hujan hewan dan darah. Ini adalah salah satu topik yang paling sering dibahas oleh para blogger misteri. Namun fenomena ini menjadi lebih familiar di telinga kita akhir-akhir ini karena siaran-siaran televisi mengkaitkannya dengan fenomena mistik (walaupun fenomena yang disinggung sebenarnya telah berlangsung beberapa tahun yang lalu). Karena itu, tidak ada salahnya kita kembali mereview fenomena ini dan melihat kaitannya dengan dunia sains.


Ketika kita mendengar nama "hujan hewan", mungkin kita segera beranggapan kalau sebutan ini adalah sebuah idiom. Tetapi, sesungguhnya nama ini benar-benar mencerminkan peristiwa yang sebenarnya, yaitu jatuhnya hewan-hewan seperti ikan atau kodok ke bumi. Walaupun berhubungan dengan hewan, fenomena ini lebih sering dikaitkan dengan fenomena meteorologi. Kita akan melihat sebabnya nanti.

Fenomena ini tidak terbatas pada jatuhnya hewan-hewan saja, melainkan juga materi-materi organik lainnya seperti daging atau darah.

Walaupun baru dihebohkan akhir-akhir ini oleh beberapa siaran televisi, catatan mengenai keberadaan fenomena ini sebenarnya telah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu. Contohnya Pliny the elder, seorang sejarawan Romawi kuno yang hidup pada abad ke-1 Masehi, pernah menyebutkan mengenai adanya badai kodok dan ikan.

Jadi, fenomena ini jelas bukan sesuatu yang baru.

Lalu, apa yang menyebabkannya? apakah fenomena ini berkaitan dengan peristiwa mistik? Jawabannya: tentu saja tidak.

Penyebab Fenomena
Pernahkah kalian menonton film berjudul Twister?

Dari judulnya saja, kita tahu kalau film ini bercerita mengenai tornado. Dalam salah satu adegan, kita bisa melihat sebuah tornado berskala 5 mengamuk dengan ganas. Setiap benda yang dilewatinya dihisap dan terangkat ke langit, entahkah itu rumah, pohon, sapi atau bahkan sebuah truk berukuran besar.

Setelah beberapa lama terbang di langit, ketika kekuatan tornado melemah, benda-benda yang diterbangkannya akan terhempas kembali ke bumi. Dengan kata lain terjadi hujan puing, pohon, truk dan tentu saja sapi.

Sama seperti apa yang digambarkan di film tersebut, fenomena hujan hewan kebanyakan disebabkan oleh angin tornado, baik yang terbentuk di darat atau di perairan (waterspout).

Salah satu deskripsi yang meneguhkan kesimpulan ini dapat ditemukan pada cuplikan berita yang dimuat di sebuah harian di Minneapolis, Amerika Serikat, pada Juli 1901:
"Ketika badai sedang bertiup dengan kencang-kencangnya, terlihat sebuah kumpulan besar berwarna hijau seperti sedang turun dari langit, lalu terdengar suara rintik-rintik aneh. Ketika badai reda, para penduduk menemukan berbagai jenis katak menutupi area seluas lebih dari empat blok, bahkan di beberapa ruas jalan, jumlah katak sangat banyak sehingga jalan itu tidak dapat dilewati."
Dalam kondisi badai petir, sebuah tornado mini bisa terbentuk. Ketika tornado mini ini bergerak melewati air dimana terdapat ikan atau kodok, angin ini akan mengangkat hewan-hewan tersebut hingga sejauh beberapa mil. Cepat atau lambat, hewan-hewan tersebut akan jatuh ke bumi. Dalam beberapa kasus, ada hewan yang masih hidup ketika jatuh ke bumi. Dalam kasus lain, hewan-hewan tersebut sudah berada dalam kondisi mati atau membeku.


Selain karena tornado yang terbentuk di darat, Hujan hewan juga bisa disebabkan oleh tornado yang terbentuk di perairan yang biasa disebut waterspout. Kolom udara ini diperkirakan telah menghisap hewan-hewan yang ada di air dan membawanya terbang hingga menjatuhkannya ke tempat lain yang berjarak cukup jauh. Ini bisa menjelaskan mengapa dalam banyak kasus hujan hewan, hanya ditemukan hewan-hewan air tanpa adanya benda-benda darat seperti rumput atau kayu.



Hujan hewan lainnya
Dari antara fenomena hujan hewan, hujan ikan adalah yang paling umum terjadi. Misalnya, peristiwa hujan ikan di Singapura yang terjadi pada tahun 1861. Lalu di Rhode Island pada tahun 1900 atau di India pada tahun 2009.

Yang menarik adalah, fenomena hujan ikan yang terjadi setiap tahun antara bulan Mei dan Juli di Honduras dan telah berlangsung selama lebih dari 100 tahun. Sebelum hujan ikan terjadi, memang para penduduk selalu melaporkan adanya badai petir yang mendahului.

Selain ikan, hewan lainpun tidak luput dari cengkeraman sang tornado.

Pada tanggal 1 Agustus 1869, seekor sapi dikabarkan jatuh dari langit di California. Peristiwa serupa juga dilaporkan pada tahun 1876 di Kentucky. Sekarang, dengan adanya teknologi kamera perekam, sapi yang dibawa angin dan jatuh bukan lagi sesuatu yang aneh. Ya, walaupun hanya satu ekor, sapi yang jatuh pun disebut "hujan sapi".

Pada tahun 1894, di kota Bath, Inggris, terjadi hujan ubur-ubur.

Pada tanggal 6 April 2007, terjadi hujan laba-laba di propinsi Salta, Argentina.


Pada tanggal 11 Juli 2007, terjadi hujan cacing di Louisiana, Amerika Serikat. Cacing-cacing ini dipercaya terbawa semburan angin dari Lacassine Bayou yang jaraknya 5 mil dari lokasi peristiwa.

Pada Juni 2009, terjadi hujan ikan dan kecebong di perfektur Ishikawa, Jepang. peristiwa Ishikawa ini adalah peristiwa yang paling banyak diberitakan oleh televisi Indonesia akhir-akhir ini.


Lalu, pada tanggal 11 Maret 2010, saya memposting mengenai peristiwa jatuhnya lebih dari 100 ekor burung jalak di Somerset, Inggris, yang dilaporkan oleh seorang perempuan bernama Julie Knight. Walaupun peristiwa ini belum tentu disebabkan oleh angin, tetapi peristiwa inipun bisa disebut sebagai "hujan burung".

Namun, masih ada satu misteri yang meliputi fenomena hujan hewan. Teori tornado mini memang dianggap bisa menjawab cara membawa hewan-hewan tersebut ke darat, namun para peneliti masih berusaha memahami mengapa pada umumnya hanya satu jenis hewan yang jatuh ke bumi setiap kali hujan. Teka-teki ini masih belum mendapatkan pemecahannya hingga saat ini.

Hujan Materi Organik
Sama dengan fenomena hujan hewan, masih ada bagian-bagian dari fenomena hujan organik yang belum dapat dipahami sepenuhnya oleh para peneliti.

Salah satu peristiwa yang berhubungan dengan hujan materi organik adalah peristiwa hujan daging segar yang terjadi pada tanggal 9 Maret 1876 di Olympia Springs, Amerika Serikat. Menurut saksi mata bernama Allen Crouch, potongan-potongan daging kecil berjatuhan dari langit di halaman rumahnya seperti butiran salju. Dua pria yang meneliti gumpalan daging itu menyimpulkan kalau daging itu kemungkinan adalah daging menjangan atau domba. Sebagian orang menduga kalau daging itu berasal dari domba-domba yang tercincang ketika terbawa angin.

Lalu, yang kembali dihebohkan pada akhir-akhir ini adalah hujan merah atau hujan darah Kerala yang terjadi pada Juli 2001 di India.

Hujan darah Kerala
Pada tanggal 13 Mei 2009, saya pernah memposting mengenai topik ini secara ringkas. Namun, pada tulisan tersebut saya memang belum menyampaikan hasil kesimpulan resmi para peneliti. Karena itu saya akan sedikit membahasnya kembali.

Pertama kita harus tahu kalau istilah "hujan darah" tidak berarti benar-benar terjadi hujan darah hewan atau manusia. istilah "darah" hanya digunakan untuk merujuk kepada materi air yang berwarna merah. Walaupun langka, namun peristiwa "hujan darah" bukan sesuatu yang asing dalam dunia sains. Contohnya, peristiwa serupa juga pernah terjadi di Columbia pada tahun 2008.

Beberapa peneliti telah mengajukan teori mengenai hujan merah Kerala. Salah satunya adalah teori yang mengatakan kalau materi merah yang bercampur dengan air hujan itu adalah darah sejumlah besar kelelawar yang terbunuh ketika melewati badai.

Sebagian lain percaya kalau warna merah itu adalah pasir gurun yang terbawa angin dan jatuh bersamaan dengan hujan.

Lalu, ada lagi teori yang menyebutkan kalau partikel merah itu sebenarnya adalah debu meteor. Pada kasus "Hujan darah" yang terjadi di Sisilia pada tahun 1872, peneliti berhasil menemukan adanya kandungan besi merah yang membuat mereka mengambil kesimpulan kalau partikel merah itu diakibatkan oleh debu meteor.

Sebagian lagi percaya kalau warna merah itu mungkin disebabkan oleh sejenis bakteri karena peristiwa serupa (walaupun bukan berupa hujan) pernah terlihat di Antartika dimana saljunya mengeluarkan cairan merah seperti darah. Saya pernah memposting mengenai ini pada tanggal 14 Mei 2010.

Namun, mengenai hujan darah Kerala sendiri, pemerintah India bersama Centre for earth Science Studies telah mengeluarkan pernyataan resmi kalau penyebab warna merah tersebut adalah spora sejenis alga yang termasuk ke dalam genus Trentepohlia. Alga jenis ini memang banyak terdapat di wilayah Kerala.

Penemuan ini didukung oleh Seffield University yang bersama dengan Dr.Chandra Wickramasinghe telah lama mempelajari spora stratosferik secara mendalam. Dr.Wickramasinghe mengatakan kalau partikel merah pada hujan Kerala mirip seperti jamur karat dan ia juga menegaskan tidak adanya darah pada hujan tersebut.

Namun, walaupun penyebab warna merah pada air hujan telah diketahui, para peneliti masih belum bisa memastikan bagaimana spora itu bisa menyebar dalam jumlah besar. Tetapi paling tidak, kita tahu kalau peristiwa ini sama sekali tidak berhubungan dengan sesuatu yang mistik.

Peristiwa Nelayan Jepang dan Sapi Langit
Sebelum saya akhiri tulisan ini, saya ingin menceritakan sebuah kisah untuk kalian para pembaca. Kisah ini mengenai seekor sapi yang jatuh dari langit.

Pada tahun 1997, Tim penyelamat Jepang berhasil menyelamatkan sejumlah nelayan yang telah berpegangan di puing-puing kapal mereka di laut lepas selama beberapa jam.

Yang menarik adalah, pengakuan mereka mengenai penyebab tenggelamnya kapal mereka.

Menurut nelayan-nelayan itu, seekor sapi telah jatuh dari langit, menimpa kapal mereka dan menyebabkannya tenggelam. Pihak berwenang yang mendengar pengakuan ini mengira mereka sedang bercanda dan segera menjadi gusar. Lalu, para nelayan yang malang itu segera dimasukkan ke dalam penjara.

Tidak lama kemudian, angkatan udara Rusia menginformasikan kepada pihak otoritas Jepang kalau salah satu kru mereka telah mencuri seekor sapi untuk dipotong. Sapi itu kemudian dimasukkan ke dalam pesawat dan dibawa terbang. Ketika pesawat sedang mengudara, sapi itu menjadi marah dan mulai mengacaukan situasi, mungkin karena panik atau mabuk udara.

Untuk menyelamatkan pesawat yang sedang terbang, para kru memutuskan untuk melempar sapi itu keluar.

Dan akhirnya, kita mendapatkan sebuah kapal penangkap ikan yang tenggelam dan para nelayannya yang berjuang memegang puing-puing kapal sambil berusaha merenungkan peristiwa yang baru saja menimpa mereka.

Ini baru namanya hari yang sial.

Jadi, ketika kita melihat keluar dan masih melihat tetesan air bening yang turun ke bumi, mungkin kita harus mengucap syukur karenanya (ingat nasib para nelayan Jepang).

(wikipedia, bbc.co.uk, rulesmasters.com, thelivingmoon.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

201 comments:

  1. kalo tentang twister aku kurang stuju kayanya :D

    ReplyDelete
  2. PERTAMAX!!!!

    NINO

    ReplyDelete
  3. di Indonesia pernah ada gak ya hujan semacam ini?

    ReplyDelete
  4. jiahahahaha......

    nelayannya apes bener.....

    ReplyDelete
  5. o iya bro, kok tak memasukkan hujan ikan di yoro honduras?ntu kan hujan ikan yang selalu terjadi antara mei dan juli tiap tahun

    ReplyDelete
  6. HAHAHAHA lucu sekali cerita terakhir itu. Oh ya bukankah berita ttg hujan darah dan hewan itu sudah lama di enigma, atau saya yang berhalusinasi......

    ReplyDelete
  7. Semoga masuk 10 besar,,,baca dulu ah,,,
    _Tomat_Acem_

    ReplyDelete
  8. wah nice info nih..
    sekarang ud ga penasaran lagi..
    singgihsatch.

    ReplyDelete
  9. waks pertamaxxx gan.... seperti kapal nelayan itu kapal pertama ketiban sapi wakaaakka

    ReplyDelete
  10. 100% setuju. kbanyakan persitiwa ini mmg disebabkan angin.
    kcuali cerita nelayan Jepang, yg emang nasibnya lg apes.

    udah jatuh ketimpa sapi :)

    ReplyDelete
  11. @Thecampuraduk: Info soal Honduras sudah saya tambahkan. Tetapi, sama saja, sebelum terjadi hujan ikan di situ, selalu didahului oleh badai petir kok.

    ReplyDelete
  12. pinguin said...

    PERTAMAAAXXXXX...

    kl hujan uang pernah pa blom bang? hehe...

    ReplyDelete
  13. Tapi om saya mau tanya emangnya laba-laba selalu/kebetulan waktu itu lagi buat sarang/ngerumpi sama-sama di jarak yang saling berdekatan y om?

    kok laba-labanya banyak yang jatuh dari atas. Kalo kebawa angin mungkin mereka lagi berada d tempat yang saling berdekatan. Atau apa anginnya yang kebetulan bertiup lewat jalur sarangnya laba-laba ?

    Gimana menururt om2 semua ?
    saya masih bingung ?????

    ReplyDelete
  14. Apes banget tu nelayan jepang,...wakakkakkakkak
    Tapi ada satu hujan yang udah disebut sejak lama di Indonesia tapi belum terjadi...
    "duit duiit duiit hujan duuiiit" dari Bang Rhoma..huehehehehehe

    ReplyDelete
  15. Saya kira Bro Enigma akan membahas soal bongkahan es yang katanya 4 kali kota Manhattan itu, karena banyak yang mengatakan jika itu akibat global warming..
    Mengenai hujan hewan, apakah sebelum terjadinya hujan tersebut selalu didahului dengan angin/badai kencang bro? Sy penasaran, kalo hewan berukuran kecil memang bisa saja terbawa angin, namun kira - kira sekencang apa angin yang bisa menerbangkan sapi?he..he
    Penasaran saya yang kedua adalah, apakah ketika hujan tsb terjadi hanya ditemukan satu jenis hewan saja? tidak ada hewan lain yg iokut jatuh mungkin..
    yang terakhir adalah, soal nelayan itu bro, mereka menggunakan kapal kayu atau kapal modern?

    Trims :)

    ReplyDelete
  16. memang kita harusnya memikirkan sesuatu yang masuk diakal saja

    ReplyDelete
  17. Jadi, pada akhirnya, ketika kita melihat keluar dan masih melihat tetesan air bening yang turun ke bumi, mungkin kita harus mengucap syukur karenanya (ingat nasib para nelayan Jepang).

    ini pepatah bijak yang kocak! wkwkwkwk! XD

    ReplyDelete
  18. wuih..mantabb..

    ReplyDelete
  19. @I want to know: Kalau terbawa angin, berarti memang anginnya melewati tempat laba2 berada. Dalam sebuah tempat seperti hutan, wajar saja kalau banyak laba2 berada disitu.

    ReplyDelete
  20. Wah.. Bang enigma ikut2n brita infotaiment d tv nich..
    Tpi mlah jd jlas klw bang enigma yg jlasin..
    Haha..

    Crita akhr'a kocak ah..
    Hha..

    Bang tntng bayi matahri baru dah pnh dbhs lum dblog ni..?
    Klw lum leh donk mnta..
    Hhe.

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  21. Pemerintah India bersama Centre for earth Science Studies telah mengeluarkan pernyataan resmi kalau penyebab warna merah tersebut adalah spora sejenis alga yang termasuk ke dalam genus Trentepohlia. Alga jenis ini memang banyak terdapat di wilayah Kerala. [enigma]
    apakah jenis alga ini tidak berbahaya bagi paru-paru, Broer?

    @KraKen : hua..hua..hua... tambah asapnya...!

    ReplyDelete
  22. kalo bisa ada tornado mengamuk melewati sebuah bank dan menerbangkan semua uang yank ada..
    Niscaya ada hujan uang...
    Wkwkwkwkwk...

    ReplyDelete
  23. Yah, gagal pertamax gara2 loading mobile internetnya lemot!

    Bang E, aq punya pendapat, nih!
    1. Hewan2 maupun benda2 yang terlepar ketika tersedot tornado bukan hanya karena kekuatan tornado yg melemah, tapi juga karena momen puntir (kalo g slh namanya) benda yg berputar akan membuat benda menjauhi ti2k pusatnya, sehingga akan terlempar (bentuk tornado seperti corong, jadi ketika sampai di atas langsung terlempar karena tidak ada lagi gravitasi/gaya yg mengikat benda2 tsb).

    2. Masalah hujan daging dan darah. Ini bisa dipahami juga. Secara logika, puing2 (serpihan kayu, kaca dkk.) yg terbawa dan berputar bersama tornado akan setajam silet. Bukan karena tajam dari bendanya, tapi karena kecepatannya berputar. Shg, jika ada hewan (lebih exstrime lagi manusia) yg terhisap tornado akan tercincang2 menjadi daging2 kecil dan darahnya(daging juga) akan terlempar jika sampai atas menjadi hujan darah atau hujan daging. Tapi, ini tidak terjadi jika tornado berada di perairan, hewan yg tersedot tornado akan terlempar begitu saja dalam keadaan utuh (kadang masih hidup) karena di perairan minim puing2 seperti di darat

    MJ

    ReplyDelete
  24. dalam penyebaran spora dalam jumlah yang besar itu bisa disebabkan adanya fenomena "upwelling" spora alga (fitoplankton) atau bisa juga dikarenakan pada suatu perairan terjadi peristiwa "blooming" alga dikarenakan asupan nutrisi khususnya unsur N dan P yg membludak sehingga perkembangan alga (fitoplankton) bertambah pesat. Mungkin hal tersebut yang menyebabkan spora alga(fitoplankton) menyebar dalam jumlah besar pada peristiwa hujan merah(darah).

    atm_taufiq

    ReplyDelete
  25. Wah sayangnya gag ada peristiwa "Hujan Duit" ya..?? xD

    ReplyDelete
  26. @Vahn: Soal satu jenis hewan saja, saya sdh tambahin informasinya di postingan atas. Soal jenis kapal nelayan, yang pastinya kayu, kalau dari besi, sudah pasti sapinya yang hancur.

    @aWahyus: Apakah soal matahari kembar? kalau soal itu, saya sdh posting di sini:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/06/memahami-fenomena-matahari-kembar-sun.html

    @Linus tua: saya tidak punya info soal itu.

    @MJ: saya setuju dengan kamu.

    ReplyDelete
  27. "Jadi, ketika kita melihat keluar dan masih melihat tetesan air bening yang turun ke bumi, mungkin kita harus mengucap syukur karenanya."

    benar sekali bung! mari bersyukur... :)

    ReplyDelete
  28. Fenomena hujan lokal di tempat tidur kita gimana tuch...

    ReplyDelete
  29. hihihi... Ada-ada saja.. Untungnya di sini tidak terjadi.. Memang kita patut bersyukur...

    ReplyDelete
  30. LMF >>Entah kenapa...artikel-artikelnya makin kurang menarik..padahal saya penggemar berat blog ini lho..

    ReplyDelete
  31. di negeri kita cuma pernah kejadian hujan es yg d bogor kalo ga salah?hujan nya berupa bongkahan2 kecil es,nah itu napa tah kang?
    saya rasa pembaca blog ini juga ada yang belum tau soal itu...
    maaf kalo pertanyaannya terlalu remeh...

    ReplyDelete
  32. hehehehe.... duh kenapa ya? baca postingan kali ini saya ketawa2 aja dari awal... cengar cengir sendirian :D uuupsss... tapi kasihan juga nelayan2 nya :D

    berarti yg belum terpecahkan kenapa cuma satu jenis hewan, begitu y? hmm... kenapa y? *berpikir*

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  33. Sayang.di Indonesia g ada hujan ikan..lumayan tuh bwt lauk.adanya hjan batu doang.

    ReplyDelete
  34. Bkn yg tu bang...
    Klw tu saya dah bca..
    Tpi tntng lporn NASA yg kt'a ada bntang brsinar baru yg sprti mathari d luar angkasa yg tmbuh smakin besar..
    Shngga kmngknan akn jd sbsar mtahari..
    Dan kmngknan jd da 2 mtahari d glksi qta..
    Tu brita bnr pa gk yha bang..??

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  35. @Ian: memang betul, hujan es juga dianggap sebagai salah satu fenomena aneh lho, walaupun sering terjadi.

    ReplyDelete
  36. bro E kalo di Indonesia ada ga hujan hewan atau materi organik kayak gini??

    ReplyDelete
  37. @jabawock: saya belum pernah mendengar apakah ada atau tdk.

    ReplyDelete
  38. Memang masuk akal...
    Yang masih menjadi pertanyaan selain kenapa hanya satu jenis makhluk/organik, adalah bagaimana bisa terkumpul begitu banyaknya,karena yang di artikel Bung Enigma tentang Kerala, disebutkan jumlah yang luar biasa...

    "Jadi apabila dijumlah, maka dari Juli hingga September terdapat 50 ton partikel merah yang tercurah ke Bumi."

    ReplyDelete
  39. @a. Wahyu
    Mas, matahari itu juga bintang. Ada 5 milyar bintang d galaksi qta(bimasakti) yg juga dlm tanda kutip ada milyaran matahari. Buanyak bgt bintang yg masa *bkn ukuran* lbh besar dr bintang matahari. Jadi ini cuma akal2an media saja (saya rasa sumber bukan dr nasa, ga mungkin bgt)

    Silahkan cek 'matahari sebagai bintang' d google, banyak yg membahas.

    ReplyDelete
  40. Bang E . Kok yg sering jatoh cuma sapi , kodok , ama ikan aja sih ? . Apa pernah hujan mobil ? . Ahahaha
    mr . I

    ReplyDelete
  41. @anonymous no.42: saya setuju dgn kamu. Media tertentu tlh mengheboh-hebohkannya scr berlebihan.

    ReplyDelete
  42. lucu artikelnya..
    hehe
    keep posting mr E!


    EL_ZEX

    ReplyDelete
  43. soal mengapa hanya satu jenis hewan aja yg jatuh munkin karena ada seleksi alami, yg ringan pasti terbawa lbh lama drpd yg berat, hehe, tp masih meragukan.
    hexachlor

    ReplyDelete
  44. mungkin agak menyimpang dari topik..
    Bro E,,sudah sejak lama saya penasaran sama benda terbang yang saya lihat sewaktu nyepi (nyepi adalah hari raya umat hindu,,datengnya setahun sekali,,pada hari itu tepat bulan mati dan seluruh bali jadi gelap gulita karena semua lampu dipadamkan). Naah pas hari itu,langit akan tampak indahh sekali,bintang2 terlihat sangat terang dan terhampar dgn begitu mempesona..
    Nah yang bikin saya bertanya tanya malam nyepi tahun lalu saya melihat sebuah objek seperti bintang tanpa lampu kelap kelip seperti pesawat (kalo ga salah pesawat harus isi lampu kelap kelip) terbang dengan konstan melintasi langit malam dan kalau dilihat dari jaraknya saya memperkirakan objek itu tinggi sekali..kira2 apa ya objek itu??

    Terima kasih sebelumnya bro E
    Dedy..

    ReplyDelete
  45. Hujan uang ada ga bro? cari infonya ya...kalo emang pernah ada, bisa siap siap neh...

    ReplyDelete
  46. @dedy: apa yang kamu lihat bs apa saja. Saya sukar memberikan pendapat kalau tdk ada fotonya. : )

    ReplyDelete
  47. Bro Enigma, tau tntang Laputa ga? Soalnya biasanya saya baca tentang hujan hewan aau benda2 suka dikaitkan ama Laputa..

    ReplyDelete
  48. Dear E,

    '' Jadi, ketika kita melihat keluar dan masih melihat tetesan air bening yang turun ke bumi, mungkin kita harus mengucap syukur karenanya (ingat nasib para nelayan Jepang). ''

    aku suka kalimat terakhirmu, dan aku juga suka postingan kali ini ( yang kemarin kemarin materinya agak ringan dan kurang detail ).

    anyway terima kasih banyak atas artikel ini karena kemarin teman teman kantor heboh mengenai hujan darah yang oleh infotainment lebay itu di gembar gemborkan sebagai darah manusia..

    salam,

    ReplyDelete
  49. Laputa itu kan cuma tempat di buku dongeng. Hehe. Apakah kamu yg dulu sekali kirim email ke saya minta ditulis soal laputa?

    ReplyDelete
  50. Laler_Ijo said :

    Mas bro E,,saya mau tanya/sekedar memastikan (mungkin untuk mempertegas prtanyaan Vahn diatas):
    -Apakah Hujan2 diatas selalu ter-klasifikasi dgn sempurna ?? Mksudnya saat hujan ikan maka cm "ikan saja",bgtu jg saat hujan katak mk yg turunpun jg "katak saja" ?
    Bknkh klo emang teori twister hrs ada material2 lain yg ikut terbawa jg ?? (misal potongan pagar rumah saya/sandal tetangga saya yg ikut kena tornado ?)
    soalnya saya kurang menangkap rincian sprti itu dlm tulisan diatas...
    Maaf klo merepotkan...
    ^_^

    ReplyDelete
  51. Nice Post.. om..

    @Ian : Sekedar info, Hujan Es bukan hanya pernah di Bogor saja. bbrapa bulan lalu di Bandung jg hujan es bro. Jadi menurut saya, ga terlalu aneh.

    Btw, Baca kalimat terakhir jadi inget keadaan sekarang yg ktnya "Kemarau Basah" / sering hujan saat kemarau..
    Jadi kita tetap harus bersyukur.. gmn kalo hujan nya malah sampah antariksa..?? wew.!

    ~salam~

    ReplyDelete
  52. saya rasa saya tau kenapa hanya satu jenis mahluk hidup saja yang menjadi hujan.

    menurut saya bukan hanya satu jenis hewan/mahluk hidup saja yang jadi hujan tapi hanya satu jenis mahluk hidup/hewan saja yang menjadi hujan di wilayah yang berpenduduk.sehingga itulah yang kita tahu.

    pada dasarnya angin atau tornado yang terjadi menghisap dan melontarkan semua hewan yang ada.
    akan tetapi harus diingat kekuatan lontaran/hisapan tornado tergantung dari berat hewan itu sendiri.

    semakin berat hewan maka dia hanya akan terlontar lebih dekat dibandingkan dengan hewan yang lebih ringan.

    hewan yang lebih ringan akan terlontar lebih jauh dan merata

    pada umumnya hewan yang masih satu jenis biasanya memiliki berat badan yang hampir sama.
    itu sebabnya nampak seolah2 hanya terjadi hujan satu jenis hewan saja

    padahal mungkin saja kalau mau ditelusuri lebih jauh nun jauh entah berapa kilometer dari terjadinya hujan katak pastilah ada hujan burung.

    lalu entah sekian kilometer lagi pastilah terjadi hujan rusa dan begitu sterusnya..

    CMIIW

    ReplyDelete
  53. @laler ijo: tidak selalu sempurna. Kadang ada bbrp jenis hewan jg. Dalam kasus hujan hewan, jgn dilihat persis spt twister. Itu cm perumpamaan. Krn ada hewan2 jatuh yg masih hidup, disimpulkan kalau angin tornado mininya hanya berlangsung sbtr dan tdk bergerak bnyk. Diperkirakan anginnya muncul di kolam atau laut.

    ReplyDelete
  54. @laler ijo: saya sdh menambahkan informasi mengenai waterspout ditulisan atas. Itu bs menjawab mengapa dalam sbgn kasus hujan hewan tdk ditemukan sandal tetangga kamu :p

    ReplyDelete
  55. bnyak misteri seh,,,
    nmun krang mnarik...
    hha,,,

    ReplyDelete
  56. Laler_Ijo said...

    Hahaha,,terima kasih masbro sudah memberi saya pencerahan bhwa ini hnya mslh perbedaan TKP (twister/waterspout),karena awalnya saya s4 bingung jg kenapa sandal2 tetangga saya yg beratnya kurang lbh sama dgn berat katak bisa tdk ikut turun dalam rombongan mereka,,,
    Maaf ya klo comment saya G pke bahasa2 teknis yg rumit2,,yg pnting mksudnya sama dn mudah dipahami teman2 yg lain...
    Saya tunggu dulu ah comment2 dr yg lain,,moga sblm ganti topik kasus ini sudah ditemukan kesimpulannya...
    kamsiya,,arigato,,matur tengkyu.....
    \(^_^)/

    ReplyDelete
  57. penjelasan yg menarik.anomali dari hujan ya.

    ReplyDelete
  58. Pengen Ujan Duitt....
    twisternya nyerang BANK...
    :) haha..

    ReplyDelete
  59. Akirnya terjawab juga ama bang E,keren2...

    ReplyDelete
  60. Saya pulang!!
    Akhirnya punya kesempatan lg balik ke 'peradaban' wkwkwk XD

    @Myheart sweety:
    How are you today Sweetheart? Abg doakan baik2 selalu n gak kurang 1 apapun. I thought you miss me! Wakakaka..(pd-nya saya! XD), I miss you too Sweetheart. Wah wah, tambah keren aja. Selalu menganalisis, sy makin suka! XD
    Sepertinya usaha Chris berhasil. You become the real you again. Sepertinya dia belum datang? Haha..2 bulan berarti sebentar lg. Kalau dia memegang janjinya, maka dia akan muncul bulan September! Haha.
    sy sdh gak sabar! Blog ini bakalan rame lg..Wakakaka XD

    Gimana kbrnya semua Enigma lover? Slmt puasa bg yg menjalankannya!
    Salam buat Bang E, Ms terry, Myhead, Myeyes, Lica, Dwiero, Vahn, Andika, Phenomena, Kraken, semuanya. Anakkucing kemana? Dea jg blm muncul.
    Wah ada yg br juga, Linus Tua! Slm kenal bung (atau 'kek'?) Hahaha, joke anda ok punya.

    Mau nimbrung.

    #1. Q: Kenapa pada hujan hewan, cuma 1 jenis aja?
    A: Disitulah letak misteri yg sebenarnya! Tapi kalau menurut sy, (coba2 menjawab) itu terjadi karena tornadonya umumnya melewati daerah perairan, seperti laut atau danau. Hal ini diperkuat dgn fakta bahwa hewan yg jatuh dari langit saat hujan hewan adlh hewan yg hidup di air, seperti ikan atau katak. Mereka terhisap bulat2 beserta air disekitarnya oleh tornado ke langit. Hewan ini (ikan atau katak) memang suka bergerombol, makanya bisa terhisap sekali banyak dan homogen.

    #2. Q: kenapa hewan2 ini (ikan atau katak) tetap utuh? Kenapa tidak tercabik2, tubuhnya hancur jd potongan2 daging?
    A: sy setuju dgn MJ. Itu karena yang terhisap adalah hewan2 air, gak ada benda2 asing yg bertindak sebagai 'pisau blender' (kaca, serpihan kayu benda2 keras, padat dan tajam lainnya), yg turut terhisap cuma air. Jika tornadonya cukup tinggi, mungkin airnya menjadi cukup jenuh dan suhu udara yg dingin menjadikan air ini sebagai es yg membekukan ikan atau katak, tidak mesti ikan atau kataknya diselimuti es, tp bisa jadi hanya membekukannya saja.

    #3. Q: kenapa bisa terjadi hujan serpihan daging?
    A: itu karena: 1) tornadonya sangat dahsyat 2) terdapat 'pisau blender' di dalamnya, seperti serpihan2 kaca, kayu, seng, besi, dsb. 3) ada yg jd korban buat 'daging cincang', mungkin domba atau sapi dari lahan peternakan 4)yg plg mungkin tornadonya mula terjadinya di darat.

    (Eh, ternyata bersambung..wkwkwk XD)

    ReplyDelete
  61. Part 2


    #4. Q: kenapa bisa terjadi hujan darah?
    A: lebih tepatnya bukan hujan darah, tetapi hujan merah. Karena warna merahnya bukan mutlak karena darah, tapi karena 'multiple causes', penyebab yang beraneka ragam:
    1. Asap/debu Belerang/sulfur dari aktivitas vulkanik, sampai ke zona terbentuknya hujan krn terbawa angin, dan bercampur dgn air hujan.

    2. Spt yg Bang E bilang. Spora jamur juga bisa. Spora berbentuk serbuk yg mudah diterbangkan angin, apalagi jika kena tornado. Kemungkinan besar spora2 ini berasal dari daerah habitat jamur, mungkin seperti tundra (walaupun sebenarnya lumut yang banyak tumbuh, tapi saya dengar jamur2 juga banyak lho..). Biasanya tundra terdapat di zona di atas zona tropis, seperti zona subtropis atau zona dingin. Nah, kalau India, memang berada di zona subtropis, memungkinkan banyak tundra.

    3. Bakteri merah?
    Saya jg kurang tau kalau ada bakteri yg melayang2/hidup di udara..
    Tapi, kalo kemungkinan lain bisa jadi terjadi tornado/puting beliung di perairan yg ada bakteri merahnya.
    Ehm, mungkin selain bakteri, bisa juga sejenis ganggang/alga merah bersel satu (uniselular) yg hidup di perairan.

    4. Ini yg gokil: serombongan besar burung atau kelelawar ditabrak meteor yg sedang terbakar di atmosfer. Memang rada2 nyleneh. Tapi mungkin terjadi. Terutama burung, terbang dalam kawanan yg banyak. Burung tertentu bisa terbang tinggi sekali, mencapai lapisan atmosfer yg lbh tinggi, dimana disini msh memungkinkan meteor masih belum habis terbakar. Dhuaar! Burung2 ini ditabrak meteor superhot dan jadi 'debu merah' dalam sekejap, angin bertiup, terbawa ke zona hujan. Alhasil, hujan darah atau hujan materi organik.

    P.S: Sebaiknya setiap ada hujan merah, sampelnya diambil untuk diteliti lbh lanjut. Apakah bersifat anorganik (seperti sulfur), ataukah organik (sel2, bakteri, alga uniselular, atau spora)

    Diharapkan kepada media2 agar lebih kritis dan selektif dalam menyampaikan berita, jangan berspekulasi yang bukan2 (biar beritanya sensional, rating bagus).

    Oya, mengenai hujan laba2, sy belum ketemu jwbnnya, masih mikir. Mgkn yg lain bisa bantu. Myheart Sweety??

    ReplyDelete
  62. Laler_Ijo said...
    @ Nakashima : Lho kok nama saya G disebut sih ???
    Mmnding saya pulang aja ah,,,
    mau main ma mas Chris aja...
    hiks...hiks...

    ReplyDelete
  63. klo saya pkir hujan kodok itu disebabkan oleh kodok2 yang nekat mencoba terbang dari lantai 50 gedung di india lalu tiba2 ada badai.. kbwa deh ntu kodok muter2.. sneng bgt ntu kodok2.. ehh.. tiba2 anginnya brhenti.. mreka kalap n mncoba terbang lagi ... dan akhirnya... innalillahi.. wainailaihi..rojiuunnn

    ReplyDelete
  64. nah saya jg mqir gtu..
    media trlalu lebay..
    hhe

    thx

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  65. Laler_ijo:
    Eeeh, gomen nasai! Bukan maksud hati berbuat sengaja, tp gak sengaja bro!
    Salam akrab n kompak bg bro Laler_ijo. Bro kan? Bukan sis?
    (Jiah..pake lari ke Chris, hehe..peace XD)

    ReplyDelete
  66. mas tlg dong jelasin dibandung katanya ada yg merekm fenomena ky UFO.Brita itu saya baca bbrp hr yg lalu di salah satumedia online.Tp saya lupa medianya,kata orang itu punya rekamannya.

    ReplyDelete
  67. knp gak ada hujan duit ya...??
    hmmm...
    :D

    ReplyDelete
  68. sekarang saya tahu jawabanya!!!! KENAPA DI INDONESIA GA PERNAH HUJAN HEWAN??? soale kan ada pepatahnya...

    "DARIPADA HUJAN HEWAN DI NEGERI TETANGGA, LEBIH BAIK HUJAN DUIT DI NEGERI SENDIRI>"

    Jadi tunggu aja.. ASAP akan hujan duit mungkin...kekekekek

    @Nakashima-san: Oya.....salam kenal juga buat bang nakashima... yoroshiku onengai shimasu!!! :) (soale namanya bau2 jepun)

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  69. mr. Enigma jelasin dong fenomena Alien Abduction, apa itu emang bner ada?? soalnya bnyk org yg meng-claim dirinya diculik alien, atw itu hanya fenomena lain yg tdk berhubungan dgn makhluk asing?

    thx

    ReplyDelete
  70. aku emang penasaran ama hujan-hujan kayak gitow...
    thx bung ertikelnya..
    matnab

    ReplyDelete
  71. sbenernya itu hewan diculik alien... wkwkwk

    ReplyDelete
  72. Hmm..ternyata alam punya mekanisme tersendiri ya untuk menyebarkan / memindahkan spesies dari tempat yang satu ke tempat yang lain tanpa harus melalui migrasi seperti halnya ikan salmon, Kupu-kupu Monarch, Bangau Whooping, dsb....

    Tapi kira2 masih ada kemungkinan gak kalo itu bukan disebabkan oleh tornado?
    pernahkah diidentifikasi asal muasal ikan, kecebong, laba2, cacing dan hewan2 lain yg terbawa angin tsb?

    ReplyDelete
  73. setuju dgn mas KISug bahwa berat benda yg terkena tornado sama jadi jatuhnya beda2 tempat, setuju juga dgn naka bahwa water sprout di air tidak ada material kayu atau benda lain, wah22 bANG naka lagi nafsu banget komen nih ampe puanjanggg analisisnya hehehehe, tenang nanti ada lawan yg seimbang (Chris ku tunggu dan ku nanti) ... tresna ati, anak kucing, mana nih..dea juga.. my heart ada yg nyari tuhhh

    ReplyDelete
  74. Untuk menyelamatkan pesawat yang sedang terbang, para kru memutuskan untuk melempar sapi itu keluar.
    Dan akhirnya, kita mendapatkan sebuah kapal penangkap ikan yang tenggelam dan para nelayannya yang berjuang memegang puing-puing kapal sambil berusaha merenungkan peristiwa yang baru saja menimpa mereka.
    Ini baru namanya hari yang sial..walaupun bung enigma tidak ada niat berkelakar(mungkin)..trs terang saya tertawa ngakak ngebacanya..bravo blog enigma.sy tunggu postingan selanjutnya.

    ReplyDelete
  75. @Ms Terry:
    Kochira koso, yoroshiku onegai shimasu :)
    Ogenki desu ka?
    Betapa senangnya diri sy disapa oleh Ms Terry :)

    @Dwiero:
    Bulan puasa gak boleh nafsu2an bro, haha XD
    Chris? Yeah, tentu. I wait for the day :)

    Myheart: dimana dirimu Sweety??

    ReplyDelete
  76. Setelah hujan sapi berakhir, pasti banyak ditemukan sapi yang sudah tidak berbentuk lagi alias hancur terserak di daratan karena jarak jatuhnya dari titik tertinggi lemparan yang sangat tinggi dan kecepatan jatuhnya yang sangat cepat... dan semoga saja tidak ada kejadian di masa lampau atau masa yang akan datang di mana ada orang yang kebetulan tertimpa sapi pada saat hujan sapi berlangsung... hehehe...

    ReplyDelete
  77. hihihi kerem om enigma bbaru kemaren aku tanyain di FB uda di simak ^^ thx yah

    by -Rama Dhani Yusda-

    ReplyDelete
  78. halo, sudah lama tak komen. pengin komen rasanya, hehehe....

    Hmmm, jadi ngeri lihat hujan laba-laba.

    ngomong2, ngapain ya Rusia datang ke jepang buat nyuri sapi buat dipotong? apa di Rusia ndak ada sapi potong? hehehehe......

    TTD:Aeshnir

    ReplyDelete
  79. Basi ceritanya gan

    ReplyDelete
  80. kalo yg hujan burung msih masuk akal krn trbwa tornado..
    ikan? ya, msh masuk

    tp kalo katak??
    dtmbh lg hanya hujan katak??
    misal ada danau, kena tornado, dn yg trbwa diantara ny adlh telur katak dn para kcebong yg sdang tumbuh..
    ap mungkin ttap hdup d awan smpe jadi katak?

    tornado ny milih2 cuma nerbangin katak doang x yah..
    pdhal dsblah ny mngkn ad kadal, ular, biawak, duit receh..

    tpi kalo emang tornado si mr.x ny..
    misal, knpa stlah ad tornado yg trindifikasi luar biasa mlanda suatu pemukiman hingga porak poranda..
    knpa gk pnah d rbutin ad hujan perabotan rmh tngga?

    emang menarik bwt dipikirin..

    ReplyDelete
  81. bang enig, kemarin ak coba comment tp kok g bisa y???
    o y, tanya dong. dari laporan, ada rincian kerusakan yang dialami setelah hujan hewan g? soalnya kalau benda jatuh dari ketinggian yang lumayan tinggi, pasti momentumnya gedhe, bisa merusak juga pasti... iya g?

    o y bang, noah ark ada info terbaru g? penasaran nih. kalau yg di mt. ararat itu palsu kan?

    ReplyDelete
  82. Myheart2105 berkata...

    Kyaaa...^0^
    Welcome home Naka ^0^,,iya miss u too..jgn GR yach ^.^
    Gmana kknx? Lncar? Thx udh doakan aq..I'm fine as always ^.^

    Uwaah,,lgsg smangat menganalisis nih yach,,^.^
    Q jg ktularan smangatx Naka neyh..huhu,,^.^

    Mau ikutan jg ah..hihi

    ''#1. Q: Kenapa pada hujan hewan, cuma 1 jenis aja? ''
    Umm,, q s7 sm pndapat km,,emg bener kmgknan itu brasal dr watersprout dahsyat yg brasal dr laut, so hujan hewanx seragam n utuh..
    Q mau mnambhkan dikit..sbnerx udh ada yg mnyinggungx jg..umm,,gmana kalau ada juga kmgknan 'filter' trhdp hewan2 yg trhisap tornado/watersprout, bs gak?
    Maxudx, msalx: mgkn pd awalx yg dihisap gk hnya ikan2 dilaut ajah, tp jg ikut biota laut lainx,,mgkn cumi2, jenis ikan lainx..tp mreka semua terfilter karena bobot mereka yg brbeda..apa yg trlmpar duluan n apa yg trlmpar belakangan kykx emg dipengaruhi olh bobot msing2 jenis biota laut ituh,, mgkn aja krn awalx di laut, hewan2 laut yg duluan trlempar masih jatuh di laut, yg smpai ke darat cm jenis trtentu saja..msalx tinggal ikan ajah...
    Mgkn gak yach..?
    Kalo slh jgn dketawain yach..xixixi^.^v

    Yg lain2x q s7 dech sm kamu..

    Kalo yg ini:
    ''Oya, mengenai hujan laba2, sy belum ketemu jwbnnya, masih mikir. Mgkn yg lain bisa bantu. Myheart Sweety?? ''

    Aduh,,apa yach..?
    Umm,, gmana kalo itu trjadi krn kebetulan yg luar biasa, langka, n (mgkn) br 1x trjadi khan?
    Maxudq, kbetulan tornadox lewat di hutan yg bnyak sarang laba2x, n menghisap mereka beserta daun2, ranting2, dan apapun yg bs dihisap di sekitarx..trjadix di Salta, Argentina khan? Umm,,brarti iklimx tropis dunks,, so kykx bnyak laba2 hutan dech..
    Knapa cm laba2 ajah? Daun2, ranting2, dll kmana?
    Umm..itu krn efek 'filterisasi' huhu..mereka udah trlempar duluan,,mgkn daun2 saking lebar n ringanx,,trlmpar duluan. So yg tnggal cm laba2x aja dech..krn laba2 bulat padat, mgkn gk lgsg trlempar, tp ikut berputar2 dulu smpai tornadox melemah..trus jd deh hujan laba2..hiiiiiiy >.<

    Sgtu dulu dech Naka,,jgn dktawain yach..^.^


    Dwiero:
    Halo Dwiero..iya, aq udh hadir neyh..^^

    ReplyDelete
  83. Myhead 5012 said :

    haha....

    sebenarnya tornado sangatlah saya butuhkan.... karena apabila terjadi tornado di sebuah Bank... banyangkan.. berapa lembar uang yang akan terbang dan jadi deh hujan uang...

    haha

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  84. @Myhead 5012: wah...aku sih boleh2 aja ujan duit.... asal jangan duit logam!! pa lagi duit seratus perak taun 1972-1978 yang tebel itu!!! bisa benjol kepala.... nanti nicknya berubah jadi "Myhead benjol 5012 buah"...xixixixixixix

    @Nakayoshi ummm...nakayama-san: Hai, watashi wa genki desu. Gombal ya dirimu? kesana kesini nempel, lebih dari perangko :D
    Kayaknya obsessed sama Myheart2105 y? hehehehe

    @Myheart2105: tumbenga nanyain bang Chris??? uda ada penggantinya? atau Chris takkan tergantikan???? kekekeke *seneng godain*

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  85. jd pngen mæn2 ma ujan, ayo k h0nduras, tp uda lewat :'(
    hexachlor

    ReplyDelete
  86. mr.x : tornado?
    ter filter yah..?
    yakin dlam 1 jenis hewan berat ny sama?
    1 jenis hewan punya koordinat dn 'LUCK' yg sama prsis sprti itu?

    ap mreka 'ngumpul' dulu di dlem tornado dn brsiap bwt trbang bbas brsama?
    tornado muter, lngsug nglemparin bnda yg sama ke 1 arah dn tmpat?
    bisa buat ngrim paket dong..

    atw mmang para korban tornado itu trtampung dhlu dilangit, makan dn minum dsna smbil mnunggu saat yg tepat untuk lompat brsama?
    agr swaktu mreka jatuh msh ttap dlm keadaan fresh?
    wew

    ReplyDelete
  87. wakwkakwa. ngakak dgn cerita terakhir

    ReplyDelete
  88. kalo orang jawa ada pepatah udan kethek(hujan kera),, itu karena hujanya cuman hujan bo.ongan ga jadi hujan.... ternyata ini ada hujan hewan ya... baru tau ane gan.... nice post!!!

    ReplyDelete
  89. ndak ada ruang angkasa lagi
    cabut...

    ReplyDelete
  90. artikel yang keren......

    ReplyDelete
  91. bro blh OOT ya
    Beberapa wktu yg lalau kyknya bro prnah pasang link blog misteri MENTAL REALM kalo ga salah. karang dimana bro?
    trus di blog roll misterinya belum ada blognya JOHN TITOR ya? saya sering mampir sana.
    mohon dikonfirm ya bro
    thnx

    Archangel

    ReplyDelete
  92. @archangel: blog mental realm sdh tdk bs dikunjungi lg dan terbatas pd invited member, jd utk sementara linknya saya cabut. Blog john titor saya blm pernah denger. Link2 di blogroll misteri itu yang pernah ngajak tukaran link.

    ReplyDelete
  93. Ayame said:

    *uwew, ngebayangin lagi jalan asik2 tau2 ada banyak laba2 jatoh dari langit* hiiiii

    Jadi, ketika kita melihat keluar dan masih melihat tetesan air bening yang turun ke bumi, mungkin kita harus mengucap syukur karenanya (ingat nasib para nelayan Jepang). <<< setuju banget Mr.E

    kapan y indonesia ujan duit,,

    q dah lama nongkrong di blog nie, tapi nie komen perdana q. salam kenal y semuanya \(^o^)/

    ReplyDelete
  94. ooh trims atas infonya bro...
    jgn sibuk terus ya bro, inget posting. bro enigma sampe ga dpt kerja jg g pa2 yg penting orang laen sneng,
    terutama saya

    NB: john titor tu blognya Who am i kalo ga salah.

    Archangel

    ReplyDelete
  95. @archangel: dasar! benar2 pembaca yang egois. Hahaha.

    ReplyDelete
  96. Kk Enigma
    Klo yg sy liat baru2 ini di tv ttg hujan darah di india, di tv disebutin klo kata ilmuan india yg meneliti kandungan hujan tersebut memang benar2 mengandung darah mahkluk hidup, jdnya ada spekulasi klo darah itu berasal dari makhluk luar angkasa (konyol sih), apa tu tv ngasih kabar bohong? tp maap klo sy emg salah.

    Btw nice inpo kk, terus semangat memposting y.
    -zaku-

    ReplyDelete
  97. Laler_Ijo said :

    Entah kenapa saya merasa msh ada bagian yg terlewatkan atas smua rincian pnjelasan di atas,,seems like uncomplete puzzle....
    hmmm....tp apa ya ???
    (msh menunggu kemungkinan jwbn alternatif dr Penghuni kota ATLAS lainnya)
    ^_^

    ReplyDelete
  98. Myheart, terimakasih sdh menyambut sy dgn ''kyaaa ^0^'', berarti km memang really miss me, and very happy (hik hik jadi malu XD)
    GR? haha gak lah, cuma GRS aja wkwkwk XD

    Good comment, filterisasi sepertinya memang ada. Haha, makin lengkap deh.
    Mengenai hujan laba2, ha...itu dia! Otak sy lg buntu, dan mgkn gak akan kepikiran hehehe...
    Myheart, kamu gak nanyain Chris?


    @Ms Terry:
    Waduh, nama keren sy kok ditukar2? ><
    nakayoshi? Nakashima?
    Aduh, sy dibilang gombal, n suka nempel lbh dr prangku. Hik hik.
    Memang sy senang diajak komunikasi oleh Ms Terry :)
    Sy gk gombal, sy selalu menepati janji lo..haha, tanya aja Myheart.

    ReplyDelete
  99. ikutan laler ijo lari k chris ah krn namaku ga disebut Naka :D

    ReplyDelete
  100. Aduh, telat baca lagi.. :(

    whaaa... ini menarik ya, memang kayaknya masuk akal teori Tornado mini, tapi kalo kenapa bisa cuma 1 jenis hewan aja, itu misterinya.
    Mungkin bisa di petakan, misalnya kayak Hujan ikan itu di wilayah mana aja, kalo di wilayah dekat laut itu sangat mungkin terjadi.
    Juga kalo teori Hujan laba2 itu, mungkin terjadi di daerah sekitar hutan2 gitu. :D
    Dan kalo hujan sapi, jangan2 deket situ banyak peternakan sapi.
    (sebenarnya pernah nggak sih hujan sapi beneram, salam artian sapinya lebih dari 1 ?soalnya agak ngeri juga ngebayangin kalo angin bisa ngebawa sapi banyak.. hehe )

    *pokoknya jangan sampai hujan katak.. ampun dah.. seremmm..


    -melao

    ReplyDelete
  101. @anonymous no.101: saya blm prnh nonton acara tv itu dan saya tdk tahu siapa ilmuwan india yg menyebutkan ada darah di air hujan itu. Jd saya tdk bisa berkomentar. Tapi, apakah km percaya kalau itu adalah darah makhluk luar angkasa?

    ReplyDelete
  102. DeeLaBeLle:
    Gomen nasai Cutie :)
    Serius, sy benar2 lupa. How is the day? :D hehe..

    @Laler-ijo:
    Apanya bro? Ada terasa tp gak terucapkan dgn kata2?
    Haha...kamu lg fall in love? (wkwkwk.. kidding)

    ReplyDelete
  103. Kayaknya tornadi mini bisa dibantah deh keabsahannya contohnya pada kasus hujan sapi kenapa hanya 1 sapi yg jatuh & sapinyapun dari sapi peternakan bukan sapi kesasar pasti donk jika terjadi tornado mini bukan 1 sapi yg terangkat (minimal jatuhnya berdua-n)

    ReplyDelete
  104. Myhead 5012 said :

    haha...

    @Master :haaaaaaaaaahhhh.... ternyata Master telah kembali ke pangkuan .... ehh salah, telah kembali k blog ini... Welcome home master...

    @Ms. Terry : huahuahua.... bener bener bener... bahaya juga kalo kena myhead...

    @Chip99 : oi.. d mana dirimu?

    haha

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  105. Anonym #108

    Eh, kok tornado mini?
    Rasanya brader E gak ada bilang hujan hewan krn tornado mini, oh wait. Iya ada. Kalau menurut sy apa yg disebut mini, mgkn tdk mewakili kekuatannya. Walaupun lebih kecil (mini), mgkn kekuatan putaran dan daya angkatnya lumayan dahsyat?
    Atau mungkin, memang terjadi tornado yg gak mini..haha..kemudian menyedot hewan2 malang ini dari habitat mereka. Hewan2 itu berputar-putar dlm tornado, tetapi belum terlempar, karena gaya yg dihasilkan tornado msh cukup kuat untuk menahan mereka dalam pusaran udara. Mereka terangkat tinggi ke langit sambil berputar kencang.
    Ketika tornado melemah, ia kehilangan gaya untuk mempertahankan hewan2 malang ini, walhasil, hewan2 yg sdh membumbung tinggi di langit ini, terlempar dan tersebar ke segala penjuru.
    Mungkin mengenai kenapa 1 jenis hewan pd saat terjadinya hujan hewan, dpt dijelaskan karena:
    1. Umumnya hewan2 air, atau yg hidup bergerombol dlm jmlh besar

    2. Di dalamnya ada efek filterisasi spt yg dibilang Myheart

    3. Jenis hewan yg jatuh terakhir di tempat yg ada penduduknya, menimbulkan kesan kalau hujan hewan itu cuma 1 jenis sj. Padahal mgkn saja pada awal tornado menyapu habitat mereka, misalnya perairan, berbagai jenis hewan (air) yg ikut tersedot.

    Mengenai, kenapa sapinya yg jatuh cuma 1, kemungkinannya:
    1. Yg tersedot tornado cuma 1 sapi saja. Misalnya memang ada 1 sapi di suatu wilayah, sdg merumput, kemudian tersedot tornado. Atau,
    2. tornado menyapu kawasan peternakan, tapi yg tersedot cuma 1, soalnya sapi2 yg lain berhasil menyelamatkan diri, lari, lari...wkwkwkwk
    Atau,
    3. Tornado menyapu kawasan peternakan, dan yg sapi2 yg tersedot lbh dari 1. Tapi ditengah perjalanan di daerah yg tdk ada penduduknya, ada sapi yang terjatuh dari pusaran tornado, krn efek filterisasi yg spt dibilang Myheart. Kebetulan saat mendekati kawasan pemukiman penduduk, tornadonya melemah, dan sapi yg tersisa terlempar jauh, dan jatuh di pemukiman penduduk. Saat itu yg teridentifikasi jumlh sapi yg jatuh dr langit (wkwkwkwk..gak nahan ketawa XD) cuma 1 ekor. Tapi jangan tanya saya bgaimana keadaan sapi yg jatuh itu...hahaha XD

    ReplyDelete
  106. @Nakashima: hayaaa... basa basi hahaha. The day is sucks :( mengurangi pahala puasa T_T

    ReplyDelete
  107. kk enigma
    sy juga lupa nama ilmuannya (biasa pikun)tp klo ga slh di acara infotament gtu dan sy ga terlalu suka sama pembahasannya (tp ujung2nya disimak juga hhe). Sy lbh suka pembahasan kk enigma kok, lebih logis, dan ttg darah MH luar angkasa tuh menurut sy rada aneh hha. tp wallohualam, hanya tuhan yg tau.

    -zaku-

    ReplyDelete
  108. Mybrain 0701 berkata :

    sptnya nick yg pake nm dpn "my" kaya myheart, myhead, n myeyes lg populer nih...kl gitu aq jg pke nick yg mirip ah, tp yg bgs tp blom ada yg make nick apa yaa? oya "My Brain" aja deh...lam kenal semua tmn2 analisator mistery blog ini..semoga kehadiranqu bisa lbh menghidupkan suasana blog ini...walo analisisq mngkn msh blm sbagus analisis kalian semua..hehe....

    ReplyDelete
  109. super skali blog anda ini . jgn lupa berkunjung ke website saya ya . . oh ia saya ingin bercakap" dengan yang punya web ini . YM nya apa ya ? add saya di YM :demoonash

    ReplyDelete
  110. @Myhead:
    Kamsiah, kamsiah, arigatou gozaimasu! XD
    Sy kira kamu sdh lupa dgn saya...hahaha..XD
    Bgmana kbrmu dan dunia hari ini? Matahari msh terbit di Timur kan?
    Haha...XD


    Wuhuuu...ada kmbarannya Sweety, haha...XD
    @Mybrain:
    Selamat bergabung kawan! :)
    By the way, ce or co?

    @Dee:
    What if I say you are smart , unique and my radar say that you are pretty :) Sincerely...
    Is the day still sucks? :)

    ReplyDelete
  111. @Nakashima-san: RADAR?
    Imi wa nan de gozaimasu ka?


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  112. @uniqpost: saya minta maaf, saya nggak menggunakan yahoo messenger.

    ReplyDelete
  113. Salam kenal buat para member n fans blog ini

    ReplyDelete
  114. Saya dl mau ngerequest fenomene hujan ikan..
    Eh mas enigma jelasin gag cm hujan ikan tp hujan2 aneh lainnya. Jadi ngerti sy soal ini...
    Oya saya ngerequest ttg time slip dong??
    Kalo peristiwa yg plg terkenal ya yg moberly/jourdain accident..Ya ya??
    Terima kasih

    kanz

    ReplyDelete
  115. @Ms Terry:
    Gomen nasai, jadi bingung. Seharusnya pake tanda kutip: 'radar'. Part of me that detect someone's 'aura' indirectly, shga sy bs mengatakan:
    ''anata wa kirei desu''
    Haha..

    Sweety, where r u??

    ReplyDelete
  116. @ Naka: OK, my day is better now (but still, u sound chessy hahaha kidding)

    ReplyDelete
  117. Link sudah dipasang bro..
    ditunggu linkbacknya ya..

    ReplyDelete
  118. Laler_Ijo said :

    Wahhhh.....next topic " Misteri Radar Gombal Nakashima"....
    hahaha.......

    kabuuuuuuurrrrr.....
    ^_^

    ReplyDelete
  119. @ Laler_Ijo: wahahahahahaha.... SETUJUUU!!!!! request k Mr. E....kekekek
    Lalerrrrrr tungguuuu...aku ikut kabur sebelum diusir Mr. E n ditimpuk Nakal-san!!! Ayo kita kabur bersama!!!

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  120. Nambahin dikit, buat yang ngebet ngarep hujan uang, saya dulu pernah baca sebuah blog (tapi saya lupa blog siapa) yg menuliskan bahwa dulu di suatu tempat (lagi-lagi saya lupa dimana yg pasti bukan di indonesia) pernah ada fenomena hujan uang yg dialami oleh beberapa orang anak kecil yg sedang kesulitan memperoleh uang untuk menjenguk gurunya yg sedang sakit, lalu tiba-tiba dengan amat sangat ajaibnya terjadilah hujan uang menimpa mereka .
    Cuco ya?! Saya tidak tahu cerita ini hoax atau bukan, tp kalau bukan, saya mau dong jadi anak kecil beruntung itu :D

    ReplyDelete
  121. E-san (Biar sejalan sama aliran saya X-P), rekuest tentang Orders of Nine Angels, dong. sama Hashissins juga.

    Penasaran bakal jadi apa ditangan E-san.

    ReplyDelete
  122. Myheart2105 berkata...

    Huwaaah...br dtnggal sehari komenx udh banyaak ^0^

    @Ms Terry:
    ''@Myheart2105: tumbenga nanyain bang Chris??? uda ada penggantinya? atau Chris takkan tergantikan???? kekekeke *seneng godain* ''

    Huhu...q dgodain T_*,,
    Q yakin dia bkalan menepati janjix,,so q gk khawatir,,cant wait till September comes,, ^_^
    Umm,, gak da siapa yg mggantikan siapa, smua warga enigma pnya tmpat masing2 di hatiq...^_^

    @Green_Fly:
    Yg mana yg rasax msh missing Green_Fly?
    Btw, maxudx ''kota ATLAS'' apa?
    ''(msh menunggu kemungkinan jwbn alternatif dr Penghuni kota ATLAS lainnya) ^_^ ''

    @Naka:
    ''Myheart, terimakasih sdh menyambut sy dgn ''kyaaa ^0^'', berarti km memang really miss me, and very happy (hik hik jadi malu XD) GR? haha gak lah, cuma GRS aja wkwkwk XD ''

    Huhu...GR!! :p
    Kok plg dr kkn km jd agresif gtuh? xixixi...
    Huhu,,pujianmu dblg gombal,,xixixi :p
    Umm..tp kalo mnepati janji,,iya, kykx km slalu mnepati jnji km,, bhkan melebihi ekspektasi..xixixi ^_^
    Huhu,, 2 org udh lari ke Chris...xixixi.. :p

    @Mybrain:
    Haloo Mybrain ^0^
    Met dtg yach,, slmt dtg dikeluarga bsar Enigma lover ^0^
    Analisis gk da yg jelek koq, smuax bgus2 n patut disyukuri n dihargai,, n jg bkan swatu yg dwajibkan,, smuax bebas brkmentar n berexpresi asal pd koridorx..smuax turut memperkaya khazanah blog ini ^_^v

    ReplyDelete
  123. Myheart2105 berkata...

    Sebeeeeeelll! >0<
    Dari td mau komen gak bisa2! Udh cb sampe pegel!
    'your comment should not be empty!'
    Padahal udh capek2 nulis! T_T
    Gak tau errorx dmana...hikz,,pa di operaminix, apa telkomselx, apa bloggerx,,
    Sebeeeell! >.<''

    Cm mau ngeluarin uneg2 ajah,,fiuh..lega o_o/~

    ReplyDelete
  124. @ Myheart2105 : Q yakin dia bkalan menepati janjix,,so q gk khawatir,,cant wait till September comes,, ^__^ ---> ada theme song nya.. "wake me up when september comes..." lagi hibernation ya bang chris? atau jadi kepompong?

    Mr. E: maaf ya, jadi OOT banget.


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  125. waahh.. 2 hari ga buka blog ini komennya sudah 130an.
    Hmm.. Penghangat suasana sudah datang, welcame back bro nakashima, how are u doing?
    Blog enigma jadi rame lagi.. Kita tunggu satu tokoh lagi di bulan september..

    Sdh lama tidak menyapa bro kraken. Hallo bro...

    ReplyDelete
  126. Myhead 5012 said :

    haha...

    @Mybrain : selamat datang saudara ku.....

    @MASTER : Doita master....

    Myheart : master bukan menjadi agresif, melainkan sifat asli nya keluar.... xixixixi peace master!!!

    haha Myhead 5012

    ReplyDelete
  127. wehew... dah lama gak buka enigma. ternyata persaingannya... gak selese-selese juga

    ayo, ms. terry, dea, myeyes, semua-muanya, team naka atau team chris?? huakakakak!!

    ReplyDelete
  128. MyBrain 0701 berkata :

    @Naka : emg kl member br disini hrs lngsng ksh tau dl ya kl dia tuh ce pa co...hmm...
    wah kl gtu mendingan q lngsung ngaku aja ah kl cow drpd kl smpet dikira cew, nnti bs2 aq mlh jd sasaran si "naka" berikutnya kl dia smpe gak brhasil dapetin my heart...ha.haha...*pndatang baru yg nakal*

    @Myheart2105 : Halo jg my heart...iya betul, smua mmg punya analisis yg baik krn suatu analisis bagus dr yg satu biasanya trus akan menginspirasi munculnya analisis baru yang lain yg gak kalah bagus atau bahkan lebih bagus dr sblmnya, shg kita sama2 saling melengkapi..:)

    @Myhead 5012 : haha..thanks buat sambutanya yg ramah saudaraku my head...:)

    ReplyDelete
  129. Myheart2105 berkata...

    @Ms. Terry:
    xixixixi,,^_^ bs aja sis ^.^
    Umm, mgkn maxudx, ''wake me up when september ENDS''? pnyanyix Green Day ^0^
    Hikz,, Chris khan bukan beruang,, masa berhibernasi, wkwkwk (he..udh rindu ktawa kyk gni :p)
    Umm, kalo kpompong...umm..
    ''persabatan bgai kpompong, merubah ulat mnjadi kupu2''
    Bwaanx jd kpingin nyanyi yach...^_^

    @Om E:
    Aduh,,maavkan kelancangan km ber-OOT ria hehe..^.^v
    Soalx gak kalah asyikx jg seyh ^.^v

    @Myeyes:
    Halo Myeyes ^0^
    Rasax udh lama gak main kmari..welcome home ^0^

    Mybrain:
    Betul betul betul ^0^

    ReplyDelete
  130. @myheart
    Iya sis, lg sok sibuk nih.. Biasanya tiap hari buka blog enigma, skr bisa 2 hari off dari internet. Dunia nyata memang lebih kompleks.
    Kita bertambah saudara ya, my my mulai lahir satu per satu. It's ok, tambah ramai.

    Halo mybrain.. (dulu pernah ada yang pakai nick ini, dirimu kah??)

    ReplyDelete
  131. Wedew, komennya bejibun, makin hot nih, haha XD
    Reply-nya sy rapel satu2 (haha..kayak gaji aja wkwkwk XD)

    @DeeLaBeLLe:
    'Chessy' apaan yah? *pasang tampang lugu yg ganteng..wkwk XD*
    Apa artix yg dsini: www.urbandictionary.com/iphone/#define?term=Chessy
    Kalo bner, masak sy dblg kyk gitu, gak nyambung dong Dee...wkwkwk XD

    @Laler-ijo:
    'Radar gombal' apaan yah? *Kok sy br dnger? wkwkwk*
    Eh, ms.terry katanya ikut km mau kabur bareng tuh, wkwkwkwk XD

    @Ms.Terry:
    Wedew, NAKAL-SAN? Jgn blg nakal dong, sy kan anak baik :)
    Eh, KABUR BARENG Laler-ijo ya? Hati2 di jalan, jgn lupa pulangnya bw oleh2 yg banyak..wkwkwk XD

    @Myheart Sweety:
    Agresif? Haha..rasanya sy biasa2 sj kok..cowok emang gitu Sweety :)
    Tp tunggu, pas pertama kenal, bukannya km bilang ini (postingan ttg Mermaid dan Merman)? :
    '' Thanks for liking me...You remind me to Chris. I think you're smart and gentle too...^^ You,..seems look like Chris with another version...as old as him,..smart, polite, but an AGGRESSIVE one..^^ ''

    So, gk ada yg berubah dgn diri Abg kan Sweetheart? Haha :)
    Gombal? You know what the truth is. And yeah, sy gk pernah main2 dgn namanya JANJI. A man should keep his PROMISE right?
    Haha :)
    And I know Chris will do the same, haha XD

    @Myhead:
    Kamsiah, kamsiah :)
    (udh cari di Google tp gak ketemu, ''doita'' itu apa? Wkwkwk XD)

    @Mybrain:
    Ooh, cowok toh. Slmt bergabung brader, ditunggu analisisnya.
    Haha..pendatang baru yg kreatif XD

    ReplyDelete
  132. Myheart2105: "wake me up when september ends?" emangnya Chris mo datengnya awal september apa akhir september? makanya aku bilang "when september comes" supaya Chris cepet dtg....


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  133. Huah, baru bisa malem meresapi bacaan ini.

    Soal "Kenapa cuma satu jenis hewan yang jatuh", saya mau coba jawab:
    Saya berpikir karena faktor koloni, dimana hewan yang disebutkan adalah kebanyakan hewan yang berkumpul dalam satu habitat.
    misalnya Laba-laba, di kamar belakang saya banyak bener, tuh, dan dalam satu kamar itu nyaris tidak ada hewan lain.
    lalu walaupun habitatnya berbeda, kemungkinan karena dalam badai hewan hewan tersebut berkomunikasi memanggil sejenisnya (kalo pendapat saya untuk mencari ketenangan, dalam kasus ini "mungkin" berpegangan satu sama lain.) karena dalam kondisi kritis, biasanya hewan akan memanggil bantuan. inget di TV dulu ada adegan dimana satu rusa disudutkan untuk ditangkap, tapi gagal karena teman-temannya datang, jadi menurut saya itu cuma semata-mata insting aja.
    TAMBAHAN: seandainya ada yang bilang kenapa hewan yang ada dalam tornado bisa mendengar satu sama lain? saya jawab "mungkin" karena frekuensi pendengaran mereka berbeda dengan frekuensi suara yang terjadi dalam twister.
    lalu saat sang twister kehabisan tenaga, pegangan iu terlepas karena saat turun, gravitasi menekan pernafasan jauh lebih kuat daripada saat naik, saya pernah sekali ke Ancol waktu studitur SMA (duh), naik halilintar dimana saat naik walaupun cepat (terutama di bagian loop) saya sempat narik nafas panjang karena saat turun (drop) nafas saya abis dan jadi lemes. hal yang sama juga berlaku pada hewan, pegangan mereka yang saya sebutkan diatas tadi terlepas karena lemas kehabisan nafas.
    TAMBAHAN 2: seandainya ada yang tanya "kenapa kalau pegangan dan lepas pada saat jatuh, tempat jatuhnya berbeda?" saya jawab "mungkin" karena posisi jatuh mereka. semua benda kalau jatuh cenderung yang memiliki titik terberat dan aerodinamik yang ada dibawah (silakan lempar pulpen, saya yakin yang ada di bawah pasti ujung runcingnya), tapi berbeda dengan struktur makhluk hidup yang memiliki tulang dan sendi, coba anda pegang kertas secara vertikal dan tekan kebawah, jelas kertas itu menggeber kanan & kiri. ini juga berlaku disini, dimana titik bawah mempengaruhi arah jatuh objek. apalagi bentuk tubuh objek melebar dan tidak runcing seperti pulpen.

    Udah, ah. capek.

    semua opini saya dibuat dalam asumsi dan logika.
    kebenaran tidak dijamin.

    ReplyDelete
  134. lagi di bahas tuh di silet, katanya ALIEN...
    jiakakaaakkakaaaa..

    ReplyDelete
  135. pertanyaan mas bondan prihastomo belum kejawab kayaknya, bagaimana kalo pemerintah india menganut teori konspirasi biar masyarakat tidak panik, karena memang itu sel dari ET, kalo memang kelelawar kena meteor pasti udah kering, kalo masih ada darah harus ada potongan sayapnya..

    ReplyDelete
  136. Myhead 5012 said :

    haha...

    @Master : Doita singkatan dari Dou itashi mashite

    @Mybrain : tenang saja.. master tidak akan "mengembat" sembarangan.... benarkan master

    oya... ada yang tau gak chip99 ke mana???

    haha

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  137. Iaah... Hi..hi..hi... Di silet tadi dibahas... Rasanya jadi pengen ketawa...

    ReplyDelete
  138. Bung Enigma,

    pertanyaan saya tidak ada hubungannya dengan artikel di atas.

    Saya cuma pengen tanya dan sekaligus usul. Sebagai penggemar misteri dan konspirasi dunia, tentu bung enigma tidak hanya hobi menulis, tapi juga membaca dan menonton.

    Nah.. saya pengen tau novel dan film apa saja yang bung enigma rekomendasikan untuk dibaca/ditonton?

    Kalo perlu bung enigma bikin review atau ulasan singkat dong, sekalian rating menurut bung enigma. Sekarang ini saya sedang membaca Deception Point-nya Dan Brown, dan menurut saya cerita konspirasinya sangat-sangat menarik. Mungkin biasa saja sih buat yang terbiasa dengan NASA, Delta Force, Gedung Putih, tapi alur ceritanya benar-benar bikin penasaran dan membuat mata malas untuk berhenti.
    Buat yang belum baca.. highly recommended deh.

    Ok.. ditunggu juga ulasan dari Bung Enigma..

    ReplyDelete
  139. gimana ya kalau badai tornadonya lewat sarang ular berbisa jadi hujan ular ihh sereeem

    ReplyDelete
  140. @Nakashima | number:63 -- salam kenal juga, semua yang terlibat di blog ini adalah orang-orang OK, Broer.
    @anonymous.:Aeshnir:.|number:82
    sapi itu diambil pas pesawat akan lepas landas oleh para prajurit rusia
    posisi lanud-nya di rusia, ngamuknya pas di atas perairan Jepang.
    nyuri sapi? hihihihihihi.....
    Nun jauh di timur Rusia sebuah pesawat kargo Antonov An-26 dari Lanud Leonidovo tujuan Lanud Vladivostok melapor kepada menara bahwa mesin pesawat telah dihidupkan. Tiba2 Co-Pilot Ivan Bugarev melihat seekor sapi di pinggir landasan kemudian berkata kepada pilot, "Kamerad, coba lihat di posisi pukul 11! Tidakkah ganjil ada seekor sapi merumput pada fasilitas militer?". Kemudian dengan sigap Pilot Vladimir Machovits melalui intercom memerintahkan Prajurit Tikhomirova dan Alex Kozyukov untuk segera menangkap sapi tersebut dan memasukkannya ke pesawat. Selama 30 menit perjalanan, sapi ini mengamuk! situasi sudah tak terkendali. Tak ada jalan lain, sapi tersebut dilempar dari pesawat.
    Beberapa hari kemudian pemerintah Jepang menerima telegram konfirmasi dari pemerintah Rusia yang isinya :
    ====================================
    “Yth. Pemerintah Jepang. Tanggal 15 Juli kemarin kami mengetahui adanya sapi yang jatuh dari langit dan menimpa kapal nelayan Anda. Dengan telegram ini dikonfirmasikan bahwa yang jatuh dari langit adalah mata-mata yang kami tangkap di Lanud Leonidovo. Dan rencananya akan dibawa ke Lanud Vladivostok untuk interogasi lebih lanjut. Mata-mata ini mengaku sebagai seekor sapi kepada kru pesawat dan kemudian mengamuk tak terkendali. Agar tidak membahayakan penerbangan militer, maka kru melemparnya ke luar pesawat. Itulah hukuman cara Rusia menghadapi mata-mata. Kami berikan peringatan kepada Pemerintah Jepang agar berhati-hati terhadap mata-mata ini. Dia sangat tempramental dan sangat kuat menyimpan identitas. Setelah dilempar dari pesawat dan menghancurkan kapal, dia masih saja mengaku sapi? --- Salam Hangat, Ka.Biro Luar Negeri Kolonel Olga Simunkova.
    ====================================
    Antonov An-26
    http://www.youtube.com/watch?v=DJXE-qi-SLo

    ReplyDelete
  141. Myheart2105 berkata...

    @anonim no 101 (Zaku) n Om Enig:
    Oh yg wktu itu di acara Kabar-Kabari rcti bkan? Iya bner, katax ada 2 ilmuwan India dr universitas manaa gtuh, yg blg kalo hujan merah di Kerala India ituh mngandung materi2 organik kyk sel. Di tayanganx ada kyk hasil gmbr smpel hjan merah yg tlah dprbsar mikroskop,, n tmpak bulet2 merah gtuh..n narator kabar-kabari blg itu kmgknan adlh sel drh merah. Trus narasix dlanjutkn, kalo gk slh, mngenai pndapt bbrp pihak yg blg itu adlh darah m.h luar angkasa (alien)...
    Kalo mnurut aq kalo emg bner ada mteri organikx knapa gk dcari tau aja skalian itu apa?
    Kyk yg dblg Naka, apkh itu sel mkhluk hdup, klu iya, sel apa, atw spora atw bkteri/alga, atw mteri anorganik...
    ---

    Iya yach,, Anakkucing kmana yach? Dea, Tresna Asti, Phenomena, dhe-deque, ade, Chip99 yg pntar bhs Malaysia, n Fulcanelli n teman2 yg lain yg blm ksebut...blm muncul...Chris...waiting,,..
    Ayo dunks komen...rasax ada yg kurang tnpa kehadiran kalian,, *_T

    @Ms. Terry:
    Oh trnyata theme songx yg versi modifikasi yach,, oh i c, i c...^_^
    Iya, q s7 dech...

    @Myhead:
    Iya bener, halo Chip..komen dunks ^0^

    @Myeyes:
    ''Halo mybrain.. (dulu pernah ada yang pakai nick ini, dirimu kah??)''
    Kykx bkan dech Myeyes, soalx kalo gk slh dulu, Mybrainx pkai susunan angka namaq 2105,,bkan 0701

    ReplyDelete
  142. ngikutin berita dari bro enigma seru sih, tapi saran saya, bagian commentnya di pisah saja... berita-nya cuma 1/5 panjang halaman... kebanyakan commentnya... jadi kek ada yg kebuang gitu... no offense, tapi cuma ngasih saran ^^

    ReplyDelete
  143. om enigma, komentarnya di kasih scroll-bar dong bang, biar gak terlalu panjang seperti ini..

    atau kalau gak scroll, komentarnya diberi "next.. next.." biar gak terlalu panjang ke bawah seperti ini..

    ReplyDelete
  144. @Myhead:
    Oh, you're welcome ternyata. Haha...
    Responding your reply to Mybrain, you know most people in the world say that woman's feeling is hard to fathom, but eventhough, I don't know exactly why I got crush on Myheart Sweety, it is part that words are fail to describe it. Haha. Thus man's feeling is not exceptionally hard to fathom (too) :D

    @Linus Tua:
    Wakakak, sukses brader! Perut sy sakit! XD XD

    @anonimus 149:
    Kalo menurut sy, justru komen pembaca merupakan bgn yg TAK TERPISAHKAN dr posting Bang E. Apapun komentarnya,( minumnya teh botol....???,eh bukan..) semuanya adlh harta karun berharga, ekspresi kreatif dari pembaca, yang sedikit banyak memberi kontribusi positif.

    @Myheart:
    Slmt malam,eh dini hari Sweetheart :D

    Selamat dini hari jg semuanya... XD

    ReplyDelete
  145. My brain 0701 :

    @Myeyes : oh iya toh, brati critanya dah prnh ada nih yg pake nm my brain. :P ...(maklum org baru gitu)hehe...wah kl gitu biar gak dikira org yg sma mndingan q ganti nm aja deh...hmm..apa ya???
    aha...eureka!!!
    gimana kl ak pake nm "my mind" dah da yg make blom? kl mmg blom ada kl gitu perkenalkan nm sy "my mind 0701" tp kl trnyata msh ada yg nyamain lg drpd ganti lg baiklah ak tambahin aja jd "my creative mind 0701" hahaha...*ngikutin kata brader nakashima yg ngatain aq pendatang baru yg creative.*
    btw...disini tradisinya hrs ada selamatan dulu gak kl sampe ganti nama? :P

    @ myheart : iya betul, seingatku msh ada lg tuh 2 nama yg disini cukup beken tp blum km sebutin kaya u-tell, inoshi. hmm...mrk smua pd kemana ya...?

    ReplyDelete
  146. @Naka: huahahahaha.... itu arti sampingan dr chessy yg paling lucu. Km mrasa ky gitu ga? :P

    ReplyDelete
  147. Myhead 5012 said :

    haha....

    eeehhhh malah jd pada curhat semua ini bukannya menganalisis.... xixixixixi

    @MASTER : Master..... I truly know what you feel now....
    "it is part that words are fail to describe it"
    just relax master.... human can change over time... just be patient... anyway, I also think that woman's feeling is hard to understand too...
    So, I think you're not the only one who got crush on who...
    Cheers Master..........

    @Mybrain : mau ganti nick jd Mymind??? terserah kamu deh.... yang penting saya tetap mengakui mu sebagai sodara

    haha

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  148. Laler_Ijo said....

    cape deh..cape deh..cape deh...ya capeeee..deeehh....
    Naka...I'm home.....nih oleh2nya,pakaian kotor,,tolong cuci'in ya,tar ane kasih seribu dah...
    ^_^
    @ Ms.Terry : Wooowww....it's a wonderfull escape,,kapan Qta kemana lg bibeh ???
    :)
    @ Myheart : Slow down baby...G nyampe September ends si Chris pasti udah nongol lg koq...

    ReplyDelete
  149. penjelasan yang komplit..
    thx

    ReplyDelete
  150. saya sebel banget ngliat infotainment kemarin yang ngebahas soal beginian dengan tidak disertai penjelasan logis seperti yang pak enigma paparkan di blog bapak ini, infotainment itu sangat provokatif, meresahkan masyarakat awam yang mempunyai pikiran simple, saya yakin banget banyak masyarakat kita yang jadi resah karena infotaiment lebay itu.

    Lia

    ReplyDelete
  151. good>>>!!!
    jadi manusia manusia yang cerdas bisa berpikir guna selamatkan bumi dan manusia

    ReplyDelete
  152. bang enigma.. saya punya sebuah kesimpulan sendiri tentang hujan darah yang berada di India..
    hujan itu kan prosesnya dari sebuah uap.
    di India itu kan terdapat banyak umat yang mempunyai tradisi membakar orang meninggal,, mungkin hujan darah dari uap pembakaran orang meninggal,. hehe

    ReplyDelete
  153. dari Tresna Asti

    huwweeeee.. >,,<

    ReplyDelete
  154. ngeri sangaddd bkin tambah penasaran

    ReplyDelete
  155. dari Tresna Asti

    huwweeeee.. >,<v
    saya hadiiirrrrr..!!! Saya dirindukan.. Saya terharu.. Kabar saya dipertanyakan..
    T,T
    hallooo semuuaaaaa.. Kak myheart, myhead, myeyes, mybrain? Hai!, anakkucing, ms.terry, kraken, dwiero, dee, dea, vahn, andika, mbah ware, chriss, lica, linus tua n laler ijo salam kenal, kak nakashima selamat datang,, dan semua kawan" yg uda datang atopun belum yang uda saya sebut ato belum yg baru dan yg lama,, saya merindukan kalian..
    \\(^,^ )//
    oh y tentuny,,
    uhuwalloo Kak Enigma..
    ^,^b

    waaahh.. Kok kacau komen sy yg duluan ya?
    Uda nulis byk" kq jd cuma segitu aja??
    =,=a

    ReplyDelete
  156. waw bagus banget artikelnya, numpang baca..

    ReplyDelete
  157. klo di indonesia , cocoknya hujan duit x ya :D
    ato hujan beras buat rakyat kecil :P

    ReplyDelete
  158. Disini makin rame jg haha

    @Laler-item, eh ijo:
    Baru jemput cucian dari rumah pelanggan ya bro? Wah, semoga usaha laudry-mu sukses ya! Ganbatte!
    Wkwkwk XD

    @Myhead:
    Thx bro for your understanding, sy jd terharu, wish me luck *hik*

    @Dee:
    Haha..sy kan ganteng, masa disamain sm b*nc* thailand? ya jauuuuhh..lah
    Wkwkwk...XD

    @Mybrain:
    Mybrain kayaknya sdh bagus bro. Tp kalau mau ganti ya terserah kamu sj. Asal jgn pake nick ''Mybutt''
    Wkwkwk :p

    ReplyDelete
  159. Ijin Share di Fesbuk ya om..
    biar pada ngeh...

    ReplyDelete
  160. bang enigma klo hujan darah tlah lama terjadinya kira-kira pada zaman nabi musa .diceritakan bahwa di mesir terjadi hujan darah yang menggenang sampai sekepala orang dewasa

    ReplyDelete
  161. My brain or my mind berkata :

    aq rasa para peneliti perlu memberi nama khusus nih utk menamai tornado yg memiliki perilaku uniq ini krn tingkahnya yg suka mengangkut hewan2 utk dipindahkan dari tmpat yg satu ke tempat yg lain...

    @Naka : "my butt" haha..ya enggak lah, soalnya aq kan nganalisanya pake otak ato pake pikiran bro, bukan pake ****** haha..XD. tp...kl bung naka sndiri kl menganalisa biasanya pake apa tuh..:P

    @MyHead : iya betul saudaraku my head, krn biar bagaimanapun kita tetap dianggp bersaudara krn sama2 berasal dr keluarga "anatomi"...mari kita tunggu munculnya keluarga baru yg pake nm my..oh..my...

    ReplyDelete
  162. Yang cerita nelayan Jepang ketiban sapi tuh konyol banget

    ReplyDelete
  163. sok tau kali para scientist ini, jelasin dulu kenapa cuma satu jenis, tanpa menjelaskan hal ini, teori tornado mini yang ngangkat hewan sama saja bullshit, mana ada tornado cuma ngangkat laba" doank, please deh...

    ReplyDelete
  164. seandainya itu tornado, kenapa hanya subjek2 tertentu aj, seperti ikan, laba, dsb, harusnya kan bercampur2...

    ReplyDelete
  165. Ilmu sains dgn klenik pasti bertolak belakang penjelasanya..klo sains lebih di depankan dgn logika2 kehidupan..sedangkan klenik lebih didasarkan dengan pertanda gaib kuasanya illahi. namun keduanya meiliki kesamaan yaitu kebesaran illahi yang telah menciptakanya dengan segala keunikanya...

    ReplyDelete
  166. wah blog nya makin keren aja nih bbro :D ..
    bro saya babbelen ! tukeran link lagi ya ^^ ..
    blog babbelen sudah saya hapus hehehe ..
    sekarang ganti http://goodfate.blogspot.com/ hehehe ..
    baru bkin 2 hari yg lalu ..
    masih mau ngutak-ngatik blogspot hehehe ..

    ReplyDelete
  167. ulasan yang sangat akurat sekali, fenomena alam yang menunjukkan betapa Allah Maha Segalanya

    ReplyDelete
  168. salam knal sblmnya
    izn copas yah ????????/

    ReplyDelete
  169. bung enigma bila kita lebih jauh fenomena ini ada dalam al-quran(al-a'araaf qs 133)dikatakan bahwa negeri mesir pernah dilanda topan kutu,belalang,kodok,dan hujan darah

    ps:bisa gak bahas mongolian desert worm

    ReplyDelete
  170. kali ini ulasanya gak pas bang, krg cermat cuma mengambil dari satu sisi tornado aja sebenarnya tdk demikian cari tahu lebih jauh dech bang..

    ReplyDelete
  171. Tu Nma na bkan hri yg sial tpi hri yg mnguntungkan.....
    Byangin aj siapa yg nolak di ksih sapi yg siap tuk d smblih ??

    ReplyDelete
  172. Kapan ya ada fenomena hujan uang? siapa tau ada tornado yg ngacak-acak bank. Atau hujan emas sekalian he he he

    ReplyDelete
  173. whoa, saya emang lebih percaya penjelasan ilmiah daripada mistik2an. thanks bro :)
    anyway yang terakhir konyol juga ya, sapi jatuh dari langit bikin apes. sampe masuk penjara segala :)

    ReplyDelete
  174. hmmm....... penjelasan nya kurang jelas om.....

    klo memang dari tornado atau semacam nya, apa anda bisa jelasin kenapa hujan tsb cuma membawa 1 spesies ikan, laba laba, atau hewan2 lain nya????

    kalau emang anda tau tolong di jawab sejelas jelas nya....!!!

    ReplyDelete
  175. waaaaaahh,,,,,,jgn smpe dech di indonesia kya gt..........
    sreeeeem.........

    ReplyDelete
  176. maaf tuan Enigma,,saya tadi copy paste tulisan anda,,saya mohon anda memeriksanya jikalau ada kesalahan,,,tapi tetap saya mencantumkan alamat anda....


    maaf saya masih cupu (GAPTEK) dalam membuat Blog..

    ReplyDelete
  177. hujan hewan memang sangat unik, dan memang yang aneh adalah, kenapa setiap hujan hewan, hanya satu jenis, misalnya hujan katak, yang jatuh cuma katak, hujan ikan, yang jatuh juga hanya ikan. dan hujan laba-laba, kenapa cuma laba-laba yang jatuh ?

    seandainya mengambil kesimpulan bahwa hewan itu dibawa oleh angin, seharusnya tidak hanya laba-laba yang terangkat oleh angin, dimana serpihan lainnya, seperti rumput, batu-batu kecil, atau potongan kayu, atau mungkin hewan lain.

    Tidak mungkinkan angin hanya memilih satu jenis untuk diterbangkan, jika menerbangkan sesuatu, tornado pasti akan menerbangkan semua benda (yang sanggup diterbangkan)yang dilewatinya. kenapa harus pilih-pilih ?
    atau angin tersebut secara tidak sengaja datang di perkumpulan laba-laba atau cacing, sehingga hanya laba-laba saja yang diterbangkan, wah wah, itu tidak mungkin kan :p

    jadi, menurut saya, angin bukanlah faktor utama yang menyebabkan terjadinya hujan hewan.
    bagaimana menurut Mr.E tentang hal ini ?

    ReplyDelete
  178. Memenag aneh, kenapa cuma satu jenis aja..?
    Meskipun aneh, tp nanti pasti ada penjelasan logisnyakan.

    Apapun pendapat/hasil penelitian para ahli (sciencetist),menurut sya ni adlh tanda2 yg nyata dari tuhan,khususnya buat Islam fenomena2 aneh ini adlh slh satu dekatnya hari akhir,jangan hnya meng-iya-kan hasil sains,tp jg jangan me-tidak-kan sains bgtu aja kerena tuhan membuat fenomena aneh apapun pasti desertai alasan logisnya.
    Ya ini komentar saya aja...

    Mr. E klo da info baru soal "knapa cma satu jenis hewan yg jatuh" segera postin ya, ane juga penasaran tuh..

    Thanks infonya, Mr. E.

    ReplyDelete
  179. Semoga ada tornado yang menimpa bank di terus hujan duit di halaman rumah gw.wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  180. menurut saya kenapa cuma ada 1 jenis hewan, karena perbedaan berat dari jenis hewan tersebut, mungkin sebenarnya si tornado membawa lebih dari 1 jenis hewan, misalnya begini, saya adalah tornado, setelah melewati area A, saya membawa oleh2 berupa sapi, musang dan laba2, sudah jelas perbedaan beratnya, seiring berjalannya waktu, kekuatan tornado mengecil dan perlahan2 semua hewan yang dibawa mulai turun, dilihat dari beratnya, pasti si sapi yang turun duluan, kemudian musang, sisa laba2, karena beratnya yang ringan, laba2 dibawa sedikit lebih jauh oleh si tornado, yang pada akhirnya jatuh juga, tinggal soal jumlah laba2 itu sehingga mencolok dan dikatakan sebagai hujan hewan

    ufo believer

    ReplyDelete
  181. Semoga tulisan ini bisa membantu memperkaya wawasan biar orang-orang gak melulu mengaitkannya dengan misteri gaib atau apapun. Capek saya nonton pembahasan di infotainment, yang ditonjolin justru sisi mistiknya melulu sehingga gak menambah pengetahuan penontonnya sama sekali

    ReplyDelete
  182. hahaha!, benar-benar apes itu nelayan!, ngakak bacanya, hehehe!, kalo twister mungkin agak suli, tapi kalo waterspout baru masuk akal,. kebanyakan dari hewan yang "hujan" itu adalah hewan yang hidupnya berkoloni,. selain itu mungkin massa juga menentukan jarak lempar si tornado tersebut,. misalnya ikan dan cumi, bobot dan lempeng tubuhnya berbeda menyebabkan jarak dan angel lemparannya berbeda,. Kalau itu berasal dari laut misalnya, si cumi terlempar duluan karena lebih berat atau sebaliknya yang membuat target jatuhnya masih di lautan, sedangkan si ikan jatuhnya lebih jauh dan lebih lambat soalnya ringan dan lempeng tubuh serta faktor lain juga berpengaruh,. jadi wajar kalau hanya satu jenis,. maaf nih kalau salah,.

    ReplyDelete
  183. hhaaaiii... sapii giLA...

    ReplyDelete
  184. Di Indonesia yang sering kita dengar berita dan lihat di televisi adalah hujan pesawat penumpang...dan pesawat militer..mungkin karena kecapean terbang xx ya...

    ReplyDelete
  185. nelayan kejatuhan sapi ya apes, kalau kejatuhan ikan mungkin rejeki he..he...

    ReplyDelete
  186. siapa bilang ga ada hujan duit? di indonesia pernah ada...ini link youtubenya.:p

    http://www.youtube.com/watch?v=22sSkI0sbcU&feature=related

    hehe

    ReplyDelete
  187. semoga indonesia mengalami hujan dollar...
    amin.

    ReplyDelete
  188. mudah-mudahan indonesia akan ada hujan ayam,,
    jadi si ayam itu ga mati karna jatuh ketinggian, tetapi mati di potong sama warga yg dapat ayam itu sndiri eheheheheh

    *asah golok

    ReplyDelete
  189. tentang kisah sapi jatuh menimpa kapal nelayan jepang sepertinya juga hanya urban legend: http://www.snopes.com/critters/farce/cowtao.asp

    ReplyDelete
  190. jika disebabkan karena tornado, kenapa hujannya hanya sejenis saja?
    semisal tornado yang mengangkat ikan di laut lepas, pastinya kan beberapa jenis ikan yang jatuh, tapi dlam tayangan hanya sejenis saja

    ReplyDelete