Sunday, October 10, 2010

Fenomena Street Light Interference yang membingungkan

Suatu malam, kalian sedang berjalan di pinggir sebuah jalan yang sepi. Ketika kalian melewati sebuah lampu jalan yang sedang menyala, tiba-tiba lampu itu padam, seakan-akan menolak kehadiran kalian di dekatnya. Ketika kalian berjalan menjauh, lampu itu kembali menyala. Dan kalian pun segera menyadari keanehan peristiwa yang baru saja terjadi.


Selama saya menulis di blog enigma, saya menerima banyak email dari pembaca. Kebanyakan berisi permintaan tulisan dengan topik tertentu. Sebagian lagi menceritakan mengenai fenomena yang terjadi dan meminta penjelasan. Nah, suatu hari, saya menerima email dari seseorang yang garis besarnya adalah sebagai berikut:
"Ketika saya berjalan di bawah sebuah lampu jalan, lampu itu padam. Ketika saya menjauhinya, lampu itu kembali menyala. Adakah penjelasan mengenai hal ini?"
Pertama kali saya membacanya, saya tergoda untuk menganggap kisah ini sebagai kisah yang mengada-ngada. Namun, saya memutuskan untuk melakukan sedikit riset, dan apa yang saya temukan cukup membuat saya takjub.

Fenomena yang dialami oleh pembaca tersebut ternyata juga dialami oleh banyak orang dari seluruh dunia. Bahkan fenomena ini sudah diberi nama dan memiliki halaman wikipedianya sendiri. Nama fenomena ini adalah Street Light Interference alias SLI.

Tulisan pendek ini mungkin bisa menambah perbendaharaan kalian mengenai fenomena-fenomena aneh di dunia.

Street Light Interference

"Malam itu, kami sedang keluar untuk berjalan-jalan. Lalu, saya mengalami tiga atau empat kali lampu padam. Salah satu lampu jalan yang saya dekati padam begitu saja. Ketika saya berjalan menjauh, lampu itu kembali menyala. Lalu, saya kembali mendekatinya dan lampu itu kembali padam. Saya mengulangi proses itu dan hal yang sama kembali terjadi. Pertama, saya mengira ada kerusakan pada sirkuit lampu. Namun saya melihat ke arah lampu itu dari jarak yang cukup jauh selama 10 menit, dan lampu itu tetap menyala"
Kesaksian di atas adalah salah satu dari 77 kesaksian yang dikumpulkan oleh Hillary Evans dari The Association for the Scientific Study of Anomalous Phenomena (ASSAP). Mr. Evans menuangkan penelitiannya mengenai fenomena ini dalam bukunya yang terbit tahun 1993 berjudul: SLIders: The Enigma of Streetlight Interference.

Mr. Evans juga adalah orang yang pertama kali menamakan fenomena ini dengan sebutan Street Light Interference (SLI) dan ia menyebut mereka yang mengalami fenomena ini dengan sebutan SLIders.

Walaupun banyak kasus yang dilaporkan mengenai SLI, kondisi masing-masing peristiwa bisa bervariasi. Ada SLIder yang hanya mampu mempengaruhi satu lampu jalan. Ada SLIder lain yang mampu mempengaruhi satu deret lampu jalan. Ada yang memadamkan lampu ketika berada tepat di bawah lampu tersebut, namun ada juga yang bisa memadamkan lampu tersebut hanya dengan berdiri beberapa meter darinya.

Variasi-variasi seperti ini membuat SLI menjadi semakin susah diteliti karena tidak memiliki pola yang teratur.

Umumnya para SLIders adalah orang-orang yang tidak memiliki ketertarikan dengan fenomena paranormal. Mereka juga seringkali menolak menceritakan pengalamannya karena kuatir dianggap gila oleh orang-orang yang mendengarnya.

Dalam sebagian kasus, para SLIders tidak hanya memadamkan lampu jalan. Ada laporan-laporan yang menyebutkan kalau tubuh mereka juga mempengaruhi peralatan elektronik lain seperti Televisi, Radio, Jam Digital dan CD Player. Kita sudah sering mendengar mengenai tubuh manusia yang mengandung magnet atau listrik yang kuat sehingga mampu mempengaruhi barang elektronik. Karena itu SLIders jenis ini tidak lagi terdengar aneh di telinga kita.

Namun, jika seseorang hanya mampu mempengaruhi lampu jalan, maka ini adalah sebuah teka-teki yang cukup membingungkan.

Apa yang menyebabkannya?

Gelombang listrik otak
Salah satu masalah utama yang dihadapi dalam penelitian mengenai fenomena "paranormal" adalah sulitnya mereproduksi ulang fenomena ini di dalam laboratorium, termasuk fenomena SLI. Para SLIders umumnya melaporkan kalau fenomena ini terjadi begitu saja tanpa disengaja. Karena itu, sebagian peneliti berpendapat kalau fenomena ini mungkin berkaitan dengan gelombang listrik di dalam otak yang tanpa disadari telah memicu SLI. Mungkinkah?

Setiap gerakan dan pikiran manusia sesungguhnya dihasilkan oleh gelombang listrik di dalam otak. Sepanjang pengetahuan sains, gelombang ini hanya memiliki pengaruh terhadap tubuh manusia itu sendiri. Namun, sebagian orang sejak lama percaya kalau gelombang ini juga bisa mempengaruhi benda-benda di luar tubuh. Inilah yang kita kenal dengan sebutan Mind Over Matter, yaitu pikiran yang mampu mempengaruhi benda-benda fisik. Contohnya adalah kemampuan telekinesis.

Beberapa SLIders melaporkan kalau fenomena ini terjadi ketika mereka sedang mengalami perasaan emosional yang ekstrem. Emosi yang berlebihan ini dipercaya telah menyebabkan gelombang otak yang dihasilkan mampu mematikan lampu jalan yang dilewatinya.

Salah seorang SLIder ternama dari Inggris bernama Debbie Wolf menceritakan kepada CNN:
"Ketika itu terjadi, biasanya saya sedang tertekan karena suatu hal. Tidak berarti stress berat, namun ketika saya benar-benar memikirkan sesuatu dengan keras di dalam kepala saya, maka hal itu terjadi."

Debbie adalah SLIder yang juga mampu mempengaruhi peralatan-peralatan elektrik lain.

Menariknya, Debbie menceritakan kalau ia pernah mematikan satu deret lampu jalan ketika ia melewatinya dengan sepeda motor.

Untuk kasus Debbie, mungkin kita bisa berasumsi kalau tubuhnya mengandung listrik yang cukup kuat sehingga bisa mempengaruhi lampu jalan dan juga peralatan elektrik lainnya.

Namun, untuk SLIder lainnya, mengapa gelombang otak mereka hanya bisa mempengaruhi lampu jalan? Kedengarannya sangat tidak masuk akal.

Apakah ada penjelasan lain yang lebih memadai?

Confirmation Bias
Bagi sebagian peneliti lainnya, Mind Over Matter mungkin berlebihan. David Barlow, seorang ahli astrofisika, berpendapat kalau fenomena SLI sesungguhnya tidak pernah ada. Yang terjadi hanyalah persepsi sang pejalan kaki.

Penjelasannya seperti ini:

Jika kita berjalan kaki di malam hari, umumnya, ketika lampu jalan menyala terus menerus, kita tidak akan menaruh perhatian padanya. Namun ketika lampu jalan itu padam saat kita berada di bawahnya, maka kita akan menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak biasa. Jika lampu jalan itu kembali menyala setelah kita menjauhinya, maka persepsi akan menciptakan kepercayaan di dalam diri kita kalau sebuah fenomena aneh sedang berlangsung.

Proses penciptaan persepsi ini disebut dengan Confirmation Bias, yang secara sederhana dapat diartikan sebagai kecenderungan seseorang untuk lebih menerima informasi yang mendukung teori mereka tanpa mempedulikan apakah informasi tersebut benar atau salah.

Ketika dikombinasikan dengan lampu jalan yang bermasalah, terciptalah SLI.

Lampu jalan di Amerika umumnya menggunakan lampu sodium. Menurut salah seorang insinyur dari General Electric, Lampu ini memiliki sistem keamanan yang mengatur suhu maksimal yang dapat diterima oleh lampu tersebut. Ketika umur lampu sudah cukup tua, sodium di dalamnya akan berkurang karena proses-proses kimiawi. Ini menyebabkan voltase akan menaikkan suhu lampu tanpa hambatan.

Jika suhu melebihi kapasitas normal, maka lampu akan mati. Ketika ini terjadi, ia akan mendingin dan suhunya akan kembali mencapai batas normal. Setelah itu, lampu akan kembali menyala. Proses ini bisa terjadi hanya dalam beberapa menit.

Jika kita kebetulan lewat di bawah lampu yang sudah usang ini, sebuah persepsi bisa tercipta di dalam pikiran kita kalau kitalah yang telah mempengaruhi lampu tersebut.

Karena itu, insinyur General Electric tersebut mengatakan kalau SLI sesungguhnya hanyalah sebuah "Kombinasi dari kebetulan dan pikiran yang mengada-ngada".

Walaupun jawaban ini cukup masuk akal, namun masih belum bisa menjelaskan beberapa hal.

Misalnya, dalam banyak kasus, lampu yang dipengaruhi oleh para SLIders ternyata bukan hanya lampu sodium. Lalu, ada juga saksi yang melaporkan kalau ia mampu mempengaruhi satu deret lampu jalan (seperti Debbie) yang membuat penjelasan ini menjadi tidak mengena. Soalnya, hampir tidak mungkin kalau satu deret lampu jalan sama-sama usang dalam waktu yang bersamaan kemudian menyala dan padam pada waktu yang tepat.

Jadi, ini adalah satu lagi fenomena paranormal yang tidak bisa dijelaskan secara memuaskan oleh sains, dan mungkin akan tetap tidak terjelaskan karena dunia sains sepertinya tidak terlalu tertarik untuk mengeksplorasinya lebih dalam, berbeda dengan fenomena paranormal lain seperti telepati atau telekinesis.

Namun, sehebat apapun fenomena ini, Mr.Evans mengakui kalau fenomena ini sepertinya tidak memiliki arti apapun.
"Efek yang terjadi biasanya spontan dan sepertinya tidak memiliki arti. Ia tidak memiliki manfaat praktis atau memberikan kepuasan kepada individu atau dalam suatu cara menyediakan tujuan psikologis"
Jika saya adalah seorang SLIder, tentu saja, saya pun akan kebingungan dengan manfaat kemampuan yang satu ini.

(wikipedia, epoctimes.com, dailymail.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

155 comments:

  1. Wow, tumben updatenya jam segini. Nice post gan.

    ReplyDelete
  2. Gara gara koneksi lemot, pasti saya gagal PertamaX...T.T

    TYrips

    ReplyDelete
  3. Pertamaxx. Baca dulu ah..

    ReplyDelete
  4. memang membingungkan.. ZZZzz

    ReplyDelete
  5. Baru sekali denger soal fenomena ini. nggak tahu deh beneran atau nggak.

    ReplyDelete
  6. liat ah
    by ramdahni :p

    ReplyDelete
  7. "Suatu malam, kalian sedang berjalan di pinggir sebuah jalan yang sepi. Ketika kalian melewati sebuah lampu jalan yang sedang menyala, tiba-tiba lampu itu padam, seakan-akan menolak kehadiran kalian di dekatnya. Ketika kalian berjalan menjauh, lampu itu kembali menyala. Dan kalian pun segera menyadari keanehan peristiwa yang baru saja terjadi."

    Sepertinya Mr. Bean juga mengalami hal itu ketika mendekati TV pada salah satu episode..hehe

    ReplyDelete
  8. Sblum bca ..Komen dulu ah......

    ReplyDelete
  9. Kalau di indonesia, lampu jalannya lampu apa ya? sodium kah? kalau bukan, itu pembaca enigma bisa mengalami juga. jadi pasti ada penjelasan lain dong.

    ReplyDelete
  10. dari Tresna Asti

    plg ga saya mau ngabsen dulu..
    \(^,^ )/
    malam Kak Enigma...

    ReplyDelete
  11. Mr. E !
    tolong bhas ttg konspirasi lagi donk !
    :)
    thanks

    ReplyDelete
  12. Saya pernah mengalaminya, beberapa kali malah...terakhir ketika mobil saya rewel mesinnya, saya akan berhenti eh lampu jalan mendadak mati. saya kemudian langsung jalan lagi lalu lampu nyala ...

    ReplyDelete
  13. kayak di film harry potter the Prisoner of Azkaban....

    ReplyDelete
  14. tapi pernah juga 2 terjadi sm aku sendiri...
    tapi sebaliknya saat aku mendekat lampunya hidup dan saat aku menjauh lampunya mati...

    ReplyDelete
  15. masuk 20 besar nih...
    dr td bolak balik kokngaktau ada yg baru ya...
    baca dulu ah..

    ReplyDelete
  16. Wah dah update...

    Ijin baca ya Bro Enigma...

    ReplyDelete
  17. Sy ad pux kjadian bung enigma. kalo sy lwt dibwh lampu jaln dkt tmpt tgl sy.. Sy prhtkn lampux pas nyla swktu sy mau mlwtinya. Tp kalo udh menjauh eh padam.. Sy prnh nunjukin hal itu ke tman sy. Tp dia trtwa aj. Paling sring sminggu skli kalo cuaca pas lg mendung.. Apkh hal ini kebalikan dr informasi yg anda yg sampaikn?
    Salam.
    Andra kirana

    ReplyDelete
  18. aku juga pernah merasakannya, tapi dari jarak jauh dan malah mati terus dan nyala nya mlama banget..

    ReplyDelete
  19. @Andra Kirana: saya malah baru denger kalau ada kejadian sebaliknya. Namun, kita tidak tahu apa alasannya fenomena ini bisa terjadi, sehingga saya kira bisa saja apa yang kamu alami dimasukkan dalam kategori SLI. Lagipula, istilah SLI kan cuma berarti mempengaruhi lampu jalan, entahkan itu padam setelah didekati atau sebaliknya.

    ReplyDelete
  20. Om enigma tolong bahas tentang Nguma-monene donk
    pliz~!!!

    ReplyDelete
  21. ''Menariknya, Debbie menceritakan kalau ia pernah mematikan satu deret lampu jalan ketika ia melewatinya dengan sepeda motor.''

    Mungkin listrik otak + listrik sepeda motor yang membuat satu deret lampu mati semua, maksudnya kekuatan listrik otak bertambah kuat karena terdorong listrik sepeda motor.

    Kelabang's Blog (http://kalabang.wordpress.com/)

    ReplyDelete
  22. kok kyak yang saya alamin y? akhir2 ini terkadang lampu di sekitar saya juga nyala-mati kalo saya lagi berpikir, padahal udah dipanggil PLN tapi gak ada masalah......

    ReplyDelete
  23. hahahah ikutan komen....
    jdi teori mana nich yg bener?????
    hehehehehehehe......

    ReplyDelete
  24. Dear bang Enigma..
    Kalo menurut saya, mungkin saja satu deret lampu jalan usang semua, misalnya saat ada penggantian secara bersamaan....atau pada awalnya dilakukan pemasangan secara bersamaan... atau ada jadwal maintenance yg bersamaan...(ini cuma pemikiran dari sudut pandang yg lain)...

    ReplyDelete
  25. @Devy D: Haha, benar sekali, bisa jadi juga satu deret lampu usang bersamaan. Tapi, kalau padam dan nyala dalam waktu yang tepat, agak aneh juga ya.

    ReplyDelete
  26. Menarik bageet.. T.O.P B.G.T d^^b

    aku juga pernah ngalamin hal yg kayak gitu, waktu itu sekitar jam 7 mlm, aku naek motor, trus pas lewat, tiba2 lampu jalan mati, dan agak jauh pas liat dari spion, lampunya nyala, aku pikir ada hantu d situ, soalnya lampunya pas bgd d depan rumah kosong, hahaha
    apa aku juga bisa di sebuT sebagai SLIder kak??
    Oia, soal listrik dalam tbuh manusia juga, kalo aku megang layar kompuTer, almunium pada antene dalam , juga suka ada sengatan listrik, padahal orang laen g merasakannya, itu kenapa ya kak ??
    Jd bingung sendiri.. O.oa

    ReplyDelete
  27. Kalau saya yang alamin, pasti saya langsung kabur. takut ada apa-apanya...ato ada makhluk lain. wkwkwkw! XD'

    ReplyDelete
  28. @eMmA: Mungkin saja kamu juga bisa disebut slider. Tapi umumnya, slider mengalami hal tersebut berkali-kali. Jadi, kalau lain kali kamu mengalaminya lagi, maka kamu bisa disebut slider.

    Soal listrik di komputer, antena atau pegangan kulkas, itu memang karena ada aliran listriknya. Jadi, bukan pengaruh dari tubuh kita. Saya juga sering merasakannya kok. :)

    ReplyDelete
  29. haha, awal nya aku kira kalo lampu dijalanan udah mesti diganti. makanya sering idup-mati..
    but, siip banget, jadi nambah pengetahuan.
    mas enigma, request tentang masalah mimpi yang jadi kenyataan.
    apa hubungannya yah, mimpi sama kenyataan?
    kadang-kadang kan ada mimp yang jadi kenyataan,
    aku pernah denger di radio. pernah dibahas masalah ini. mohon kiranya, mas enigma mau membahas. thx.

    ReplyDelete
  30. @rohmatikal: soal mimpi yg jd kenyataan, sdh pernah saya tulis. Kamu liat sj di artikel terkait di bwh tulisan atas. Judulnya precognitive dream - fenomena mimpi yg jadi kenyataan.

    ReplyDelete
  31. kekuatan yg menarik.bagus neh kalau mau jadi maling.jd bisa matiin semua lampu secara otomatis pas mau merampok.haha...

    ReplyDelete
  32. Oh, gitu ya kak... Hmm,, lain kali eksperimen ah di lampu jalan, siapa tau kejadian hal yg serupa dan akan menjadi SLIder,, hahaha *ngarep mode on*
    thx y kak bwd info'n.. Hehee

    ReplyDelete
  33. pepoez a.k.a indra
    .
    apakah masalah ini baru muncul baru2 ini ato uda sejak jaman dlu?
    klo baru2 ini mungkin g ad semacam gangguan genetika?
    .
    tambah mumet aj ...
    @_@

    ReplyDelete
  34. Kalo menurut sy lampux kmungknan bsr lg konslet. Jd pas sy lwt dia mti lalu nyala lg. Hny kebetul aja. Tapi.. Siapa tau ad penunggunya kale,, by the way tanks mr enigma ats infox.

    ReplyDelete
  35. Gua juga pernah ngalaminya.....
    ketika saya mengangkat tangan saya... lampunya mati....
    sesudah saya melewatilampu itu sekitar 3 meter.... saya menoleh kelampu itu... lampunya langsung menyala....
    Sebenarnya ini mungkin adalah sebagian dari pengaruh kekuatan aura kita

    ReplyDelete
  36. Salam kenal kk enigma......

    ngikut koment ya bro....
    di daerah dekat kost2 an saya.... ada lampu jalan yang setiap orang lewat pasti menyala, tapi ketika gag ada orang lewat lampunya padam..?????

    tapi klo menurut saya itu lampu emang ada sensor buat setiap benda yang lewat di bawahnya..... klo menurut bro enigma gimana tu??? emang bedanya apa dengan SLi di atas.....
    terima kasih....

    blog misteri yang menarik...
    salam kenal kk

    ReplyDelete
  37. wow.. baru tau ada fenomena seperti ini. nice info banget bang E

    saya jg punya pengalaman aneh dengan lampu. sering banget saya ngerasa ketika di ruangan terang lampunya tiba2 padam, dan kemudian gelap sesaat. namun hanya sesaat, kemudian terang kembali. dan waktu saya tanyakan ke orang2 yg ada di sana mereka ga merasakan apa2.kejadian ini cuma saya alamin kalau di ruangan berlampu (ga pernah ngalamin kalau lagi di outdoor). dan frekuensinya cukup sering. kira2 kalau yg ini kenapa ya bang E?

    keep sharing the knowledge ^.^

    ReplyDelete
  38. @Pepoez a.ka.a indra: Fenomena ini bisa jadi sudah ada sejak lama, namun tidak pernah terdokumentasikan dan sepertinya baru terkenal ketika Mr.evans menulis buku tersebut.

    @Dhephok: saya rasa nggak ada lampu jalan yang dibuat dengan sensor gerak. Kalau diluar negeri ada lampu jalan dengan sensor cahaya. tapi sensor gerak sepertinya tidak. Fenomena yang kamu ceritakan mirip dengan komen Candra no.18.

    @butterQ: Kalau cuma kamu yang merasakan ruangan menjadi gelap, Saya rasa itu tidak ada hubungan dengan SLI. Bisa jadi kamu mengalami blackout sejenak. Ini bisa terjadi akibat penurunan tekanan darah secara tiba-tiba sehingga aliran darah ke otak berkurang. Tetapi, kalau kamu tidak pernah mengalaminya di outdoor, maka sepertinya bukan masalah kesehatan. Saya tidak bisa menjawabnya.

    ReplyDelete
  39. lama ga absen nih..
    sering tuh SLI d indonesia.
    krn seringnya pemadaman bergilir kali ya..
    nice post bro..

    loet

    ReplyDelete
  40. kalimat ini agak menggangu saya kayaknya Bang E ...
    "Jadi, ini adalah satu lagi fenomena paranormal ..."
    kalo saya rasa ini bukan (atau belum mungkin)masuk dlm kategori paranormal deh Bang ...

    just my opinion

    junglemount

    ReplyDelete
  41. tambahan bro...
    emang lampu jalan itu bukan lampu2 yang seperti dari pemerintah..... tapi melainkan punya orang (rumah orang) yang khusus di pasang di depan rumahnya......

    tapi emang setiap saya dan teman2 saya lewat di depan rumah tersebut lampu tersebut pasti dari yang awalnya mati saat kita lewat untuk sesaat manyala sebentar.....
    klo menurut saya itu menggunakan sensor, seperti kita masuk di mal kan ada pintu yang emang otomatis membuka sendiri ketika ada orang mau masuk.....

    nice blog bro... mohon ijin saya link apakah boleh???? link anda sudah saya pasang.... jika keberatan saya dengan senang hati menghapusnya kembali....
    terima kasih

    keep posting

    ReplyDelete
  42. SLI....yang saya alami lebih aneh lagi bro...
    di tempat saya ada sebuah jalan khusus yang katanya "seram" oleh penduduk setempat, jadi jika berkendara lebih dari pukul 24.00 disarankan membunyikan klakson sebanyak tiga kali di wilayah itu. Nah, saya pernah melewati tempat itu pukul 01.00 dan sengaja saya tidak membunyikan klakson, dan ternyata motor yang tumpangi mendadak mati di tengah jalan tersebut.
    saya mengalami kejadian tersebut sebanyak 3 kali, mungkin kedengarannya mengada - ngada, namun percayalah hal tersebut terjadi pada saya, hehehe
    NIce post bro...

    ReplyDelete
  43. @dhephok: berarti km harus menanyakannya ke sang pemilik lampu. Haha. Saya tdk keberatan km link. Nanti kalo saya pegang komp, akan saya link jg. Thks ya.

    ReplyDelete
  44. atm_taufiq

    Bro E, nice info...

    Oia, kalau secara teknis. bagaimana hubungan gelombang otak dengan terjadinya pemadaman lampu sementara? jika memang karena adanya hubungan dengan gelombang otak, bukankah gelombang tersebut akan menjangkau server pusat dari lampu2 yg ada di jalanan, jd membutuhkan waktu yg tidak sekejap. Satu lagi bro E, cerita para SLIders pd buku tersebut ada tidak yg sampai memecahkan lampu ketika mereka melewatinya? berarti seperti para mentalis saja ya Bro.

    Thx Bro Enigma

    ReplyDelete
  45. Saya baru tau fenomena ini. Hmm.. Memang tubuh manusia masih menyimpan misteri untuk digali.
    Nice info bro enig, tetap berkarya ya..

    ReplyDelete
  46. antony said :
    bukannya sy mo ikut2an ato mengada-ada. tp sy jg pernah mengalami hal tersebut ketika melewati lampu penerangan pom bensin dekat rumah sy. hal ini juga disaksikan istri sy yg membonceng motor sy. dianya juga kebingungan.awalnya sy berpikir mungkin lampunya yg gak beres. tp yg mengejutkan hal ini sering sekali sy alami. awalnyanya lampu berkedip2. stelah dlm jarak 2 meteran lmpu mati. dan ketika sy berlalu lampunya hidup lagi. btw thanks postingannya cozz telah menjelaskan segalanya

    ReplyDelete
  47. Kalau saya bermasalah dengan antena dalam TV. Ketika saya sedang asyiknya nonton, TV nya tiba2 bersemut, ketika saya mau berdiri dan membetulkan antena Layar Tvnya normal lagi.. Ketika saya duduk lagi Tvnya bersemut dan akhirnya normal lagi saat saya berdiri (NYEBELIIIIN....!) Akhirnya saya pergi ke kamar saya dan batal nontonya T-T
    Yah... Hal ini tak terjadi setiap saya nonton.. Tapi sudah terjadi beberapa kali.. Hahahahaha

    ReplyDelete
  48. Setuju dgn komen saudara dephok. Dikampungku jg ada yg pake lampu itu. Lampu yg nyala ketika ada orang lewat dan akan mati lg jika orang yg lewat telah menjauh. Mungkin ditambahin peralatan sensor(gerak) yg menghubungkan ke lampu itu. Ketika ku mencobanya lewat dgn berdiri tegak, lampu akan nyala. Tp klo lewatnya dgn sedikit menunduk, lampu akan tetap padam. But, nice posting bro.

    ReplyDelete
  49. Aneh yaa.. fenomena ini juga terjadi pada saya,dan saya sudah menyadarinya sejak 6 tahun lalu,. setiap kebetulan berjalan kaki sambil memikirkan hal2 yg teramat serius bila sampai didekat lampu jalan,pasti lampu itu mati,dan bila saya sudah jauh lampu kembali nyala,. bila hanya sekali sih saya ga begitu dirasakan ,tapi ini seringkali terjadi makanya saya menyadari itu sudah terjadi pada saya 6 tahun belakangan ini,. aneh juga.kenapa bisa begitu yaa.. '-'?

    ReplyDelete
  50. Wah sama tuh.. Saya jg klo lg betulin sinyal tv dengan antena dalam.. Klo dekat sm tvnya gambarnya bagus tp begitu di jauhin banyak semutnya...termasuk topik di atas kah?

    ReplyDelete
  51. a.waHyu.s said...

    Wah da jg yha fnomena ky gni..
    Ru twu..

    Dlu wktu SD saya jg pnah tu mngalami'a..
    Pz lwt jln yg gelap, cma da 1 lmpu lgy, twu2 pz jln dbwh'a lmpu'a mati.. Lngsung ja saya lari ktakutn(mklum msh anag2.. Haha) tpi pz dah agk jauh saya liat kblakng tu lmpu nyala lgy..
    Bnr2 aneh..
    Hha.

    Klw bnr gara2 glmbng otak ntar mlm prktekin bisa gk yha..
    Tatap mta saya.. @,@
    haha..

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  52. ii waw..
    :3
    apa sih yg ngbikin tbuh manusia jdi berlistrik??

    ReplyDelete
  53. Para Saintis yg kehabisan akal dan tidak bisa menjelaskan secara jelas dan pasti, pasti akan selalu beralasan kalau hal-hal semacam itu adalah hasil dari 'persepsi,imajinasi,dll'
    -_-'

    ~Herbal Tea~

    ReplyDelete
  54. nandar:

    manfaat SLIder? tentu saja bs bermanfaat klo pun itu benar terbukti. seperti hal nya EMP, alat yg d gunakan tuk mematikan peralatan elektronik yg sering d gunakan departemen pertahanan negara d kala perang ( biasa ny USA ^^ ).

    ReplyDelete
  55. Wah...bener banget nih... Kadang saya jg ngalami kayak gni. Saya pikir karena dari lampunya. Tp saya pikir2, sering banget kjdian kayak gni. Sempet brtnya2 jg sih. Klo menurut tmn saya yg dokter, otak manusia itu menghasilkan sebuah listrik... Ga tau deh brp watt....kwekekekekekek...

    Thx.

    ReplyDelete
  56. Bro, enigma. mo tyk.
    aku sendiri pernah mengalamin hal ini beberapa x. tapi ku pikir tu hanya kebetulan saja, ternyata byk org yg ngalamin juga y, mo tanyak, sesuai dengan pengalaman yg pernah aku alamin tu semuanya terjadi pada lampu jalan saja. apa bedanya lampu jalan dengan lampu TL yg di pasang di rumah?

    ReplyDelete
  57. hmm...numpang request sama bang enigma nih. barusan saya buka blog yang nampilin foto tentang ular cobra berkepala 5. bisa tolong konfirmasi gak apakah itu cuma hoax ato emang beneran. sekalian saya kasih link-nya ya....
    http://unik4u.blogspot.com/2010/10/anehular-berkepala-lima.html

    ReplyDelete
  58. "MJ.., HADIR!!??"
    "Hadir, pak guru!!"

    btw, cuma bisa absen! Lagi sibuk!
    By MJ

    ReplyDelete
  59. bro numpang OOT
    tau ga caranya bikin komen terbaru di atas(ascending)?

    ReplyDelete
  60. kalo di daerah saya jg ada yg kyk gituan. Bedanya ini terjadi pada semua orang yg lewatin lampu itu. Khususnya waktu lg sepi. Koq aneh ya?

    ReplyDelete
  61. ada salah satu seri mister bean saat dia berjalan melewati sebuah etalase toko yang berisi TV - TV dan TVnya berubah statis yang sebelumnya ada siaran, apakah mister bean termasuk STI (Street TV Interference) hehehe sorry just kidding, tapi menarik banget yah fenomena ini bang baru pertama nih baca tentang SLI ini, thanks nih bang infonya.

    ReplyDelete
  62. ternyata banyak juga yang pernah kejadian. aku baca rata - rata komennya ngadu semua! eh, ka, kenapa kurang diperhatikan ilmuan? kurang manarikkah? padahal ilmuan kan apa aja diteliti, katannya pengen "disebut dan dikenang sejarah", kan ini merupakan peluang yang cukup menjanjikan!

    ReplyDelete
  63. @junglemount: Istilah "paranormal" itu pertamakali digunakan pada awal abad 20 utk merujuk kepada pengalaman yg diluar normal dan blm bisa dijelaskan oleh sains. Jadi bkn cuma soal hantu atau mistik. Telekinesis, esp dll pun masuk dlm kategori paranormal. Dlm blog ini saya selalu menggunakan istilah paranormal yg umum seperti ini.

    @Jeffrey: saya kira itu tidak ada hubungannya. Sinyal tv itu cuma terganggu karena terhalang tubuh kita.

    ReplyDelete
  64. @Anonymous no.59: lampu TL itu terbuat dari neon. sedangkan lampu jalan di Indonesia, saya kurang tahu. mungkin juga dari jenis sodium.

    @Anonymous no.63: Saya tidak menemukan cara untuk blogspot. yang ada hanya untuk wordpress.

    ReplyDelete
  65. sy Penentu Masa Depan

    aaah nggak seru men....Kalo pas Jalan di bawah lampu tiba-tiba lampu mati...nggak bisa lihat jalan kan....aaaah nggak asyik tuh...

    Yang Asyik ini..nih...Kalo pas Lampu mati dari pusat..pemadaman bergilir men..sebenarnya bagus sih penghematan...tapi khan kalo pas lagi nonton TV acaranya bagus ato pas lagi baca khan bisa bikin jengkel tuh...Nah saya bayangin aja tuh seorang pegawai PLN yg sedang jaga trus ane bilang gini, " Ayo Nyalain-nyalain, Nyalain,,... Kalo enggak tahu sendiri akibatnya..." eehh akhirnya nyala deh tanpa beranjak dari kursi dan angkat telpon...Trus Kalo Pas TV lagi Gannguan Gambar semut ....tinggal Bilang begini..."eeh Lagi asyik nonton, diganggu lagi....ntar gua lempar pake asbak baru tau rasa....eeeeh bagus lagi gambarnya"....Tuh Asyik Khan

    ReplyDelete
  66. mmmmhhh fenomena aneh tapi g menarik kalo menurut saya ... hahahahahahahah

    ReplyDelete
  67. apakah pengaruh genetik jg ya? keturunan gitu?

    coz kakak sepupu (ibunya dia kakak tertua dari ibu saya) dahulu saat dia kecil pernah dia sakit panas, trus anehnya panasnya itu datang pd jam2 tertentu dan setiap saat dia panas orang2 pd ga berani deket dia, coz badannya nyetrum, ga tinggi sih cuman cukup mengagetkan, ampe jd bahan pembicaraan ditempatnya (tegal), tapi untungnya panas aneh dan mengeluarkan sengatan listrik itu hanya berlangsung beberapa bulan dan sampai sekarang ga pernah lagi seperti itu.

    dan juga pernah lagi kakak sepupu saya juga tapi beda orang (bapaknya dia kakak ibu saya) pernah juga mirip kayak gitu kejadiannya (di solo), saat lagi sekolah dia mendadak panas, lalu disuruhlah (oleh guru) temannya dia untuk mengantar kakak sepupu saya itu dgn sepeda onthel yg bahannya dari besi, konyolnya saat temannya dia mengayuh setelah beberapa meter dari sekolahannya tiba2 sang pengayuh itu seperti terkejut dan kemudian terjatuh bersama sepeda dan sepupu saya itu, ternyata katanya dia merasa tersengat listrik dari sepeda itu yang nyatanya sengatan listrik itu datang dari sepupu saya itu dan gegerlah satu sekolahan krn ada anak bisa ngeluarin sengatan listrik (hanya saja saat badan dia panas), dan seperti halnya kakak sepupu saya yg sebelumnya, panas aneh itu hanya berlangsung selama beberapa bulan dan hilang bgitu saja.

    satu lagi nih, saya sendiri (tinggal di jakarta) sering mengalami fenomena SLIders ini, pernah suatu ketika saat saya berjalan di suatu gang deket rumah saya, disekitar situ banyak lampu2 penerangan baik dari yg warga maupun dari pemerintah, anehnya saat berjalan didekat lampu2 itu sesuai langkah satu persatu mati dan sesuai langkah pula satu persatu nyala setelah saya melewatinya, tapi berhubung waktu itu saya masih kecil, kagetlah saya dan langsung ngibrit sambil teriak "hantuuu", karena saya kira saya dikerjain hantu, tetapi setelah makin beranjak dewasa ternyata sering juga satu atau dua lampu dijalan saat saya dekati mati dan nyala setelah menjauh bahkan kadang saat saya jauh itu lampu mendadak mati dan nyala saat saya makin menjauh dari tmpat itu, sampe2 temen2 suka pd heran, pernah lagi suatu ketika saat sedang main komputer saya kaget karena ada serangga terbang mendekati mata saya lalu kemudian secara reflek krn kaget saya menghindar dri serangga itu dan sesaat setelah itu saya lihat monitor layarnya mendadak bluescreen (error) seperti merespon kekagetan saya, walhasil saya restart lagi utk melanjutkan main komputernya.

    dengan panjang lebar dari cerita saya, smoga mr enigma tdk sungkan utk mnjawabnya, karena selama ini saya perhatikan fenomena2 yg brhubungan dgn listrik itu berasal dari keluarga ibu, apakah itu bisa jadi berhubungan dengan genetik atau keturunan?

    trima kasih atas artikel2nya yg slalu menarik
    salam untuk semua pecinta misteri
    by anung

    ReplyDelete
  68. Mas,Aku Ardana.... salam dari Bali,
    Aku punya istri, dia punya pengalaman seperti itu. Setiap dia pulang kerja pada malam hari, dan tepat melewati jalan itu(selalu), pasti LPJ-nya mati...dan anehnya lagi, LPJ tersebut pas di sebelahnya kuburan...apa da aneh itu???Tapi kalo bareng pulang dengan saya, LPJ tersebut da pernah mati...makin aneh khan???keep your post master....kapan2 main ke bali lagi ya...aku tunggu...

    ReplyDelete
  69. bro tutorial bikin kotak komen scroll kayak gni dapet dimana bro? mau dong berbagi?
    arman

    ReplyDelete
  70. Dari Phobos dan Dhemos...

    REQUEST...REQUEST...REQUEST.....

    Mr.E,,baru2 ini ada berita bhwa produk mie instan Qta (ind*mie) di boikot di Taiwan karena disinyalir mnggunakan Hydroxy Methyl Benzoate yang seharusnya digunakan untuk kosmetik (bukan makanan)...
    Nah yg menarik justru ini ;
    "Pihak ICBP menekankan bahwa produk Perseroan telah sepenuhnya memenuhi panduan dan peraturan yang berlaku secara global, yang ditetapkan oleh CODEX Alimentarius Commission yaitu sebuah badan internasional yang mengatur standar makanan"
    Klo memang benar,berarti sdh ada bukti nyata dong,bhwa tujuan NWO dari "you know who" benar2 terlaksana,,trbukti dgn adanya regulasi global tentang makanan yg trnyata "Sengaja Disesatkan"...
    bisa G Mr E memverifikasi bhwa ICBP memang mengeluarkan statement bhwa mereka brlindung dibalik standarisasi CODEX trsebut ???

    ReplyDelete
  71. Nice Post Bro..
    Kebetulan kemarin abis liat di TV soal Kakek di Cina yang badannya mengandung magnet, benda2 yang mengandung logam bs nempel dan hebatnya tuh kakek bs mengontrol kekuatannya dan ternyata menurun ke 2 cucunya. Tolong dibahas lebih detail dunk kenapa tuh kakek bs mempunyai kekuatan seperti itu. thx..

    ReplyDelete
  72. tapi bener kemampuan ini gunanya apa ya...mungkin buat isengin orang aja hehehe

    ReplyDelete
  73. @ardana: soal kuburan itu, bisa saja membuat kt jd berpersepsi macam2. Haha. Thanks atas undangannya bro. Saya memang ingin sekali ke bali. Belumh pernah soalnya.

    ReplyDelete
  74. ANALISIS CONJURE
    hmmm...pernakah kalian mendengar tentang mausia magnet?tentu udah donk?klo belom cari aja di gugle...menurut pendapat saya,ada beberapa orang didunia ini yang memiliki tenaga magnet berlebih dalam tubuhnya,jadi ketika mereka lewat di dekat lampu jalan,medan magnet di tubuh mereka mempengaruhi listrik yang ada pada lampu jalan mungkin juga mereka bisa melakukannya dengan sengaja yaitu bisa mempengaruhi/mengendalikan listrik pada lampu.saia sebut mereka LAMP BENDER,penguasa lampu huahaha..ha...

    apa sih yang gak mungkn?setiap manusia pasti mempunyai kemampuan tersendiri seperti halnya"rain starter"(cari di gugle klo gk tw)
    SEKIAN DARI SAYA

    ReplyDelete
  75. wah thkz bro enigma akhirnya saya tahu juga ada fenomena seperti ini..
    soalnya saya sering bgt ngalamin hal2 seperti ini, biasa setiap malam saya bawa anjing jln2..nah biasa lampu jalan yg besar tinggi (ada didlm kompleks) setiap saya mau mendekat kok mati dan ini terjadi berulang2, dan bukan hanya lampu itu saja kadang sampe lampu rumah org juga mati...biasanya sih saya langsung lari karena takut kirain ada setan...hahahaha...soalnya setiap saya menjauh tuh lampu nyala lagi...haha...pernah juga saya kira satpam yg matiin tp masa lampu jalan itu bisa di on off, cuma satu pula..dan biasanya selalu yg ada dipojokan gitu..pdhl saya cuma jln sante ga ada pikiran apa2.. :(

    -love-

    ReplyDelete
  76. kalo yang kayak gini malah baru denger. tapi kalo lagi lewat suatu tempat yang bisa matiin mesin motor atau senter yang kita bawa, itu sih pernah beberapa kali.

    ReplyDelete
  77. werlington
    nice post boz......
    sebenernya everyone is SLIder !!! kalo kita ke mall trus ngedeket pintu ehh pintunya ngebuka,kalo kita ngejauh pintunya nutup !!! hahahahahahahahaha
    boz kayanya yg ngalamin fenomena slider itu lagi dikerjain kali ama orang dari jauh trus megang stop kontaknya tuh lampu.thanx boz enigma....

    ReplyDelete
  78. saya pernah menjadi saksi dalam fenomena ini, kejadian itu dialami oleh teman kuliah saya,peristiwa ini terjadi pada saat sidang proposal judul skripsi tepatnya 2 tahun lalu ketika itu teman saya yg berinisial B mempresentasikan proposal skripsinya, semula berjalan seperti sidang-sidang biasa, tapi disaat dia dihujani pertanyaan2 yang menyulitkan dan menyudutkan oleh2 dosen penguji, teman saya ini tidak bisa menjawab pertayaan sulit seputar makalahnya tersebut (karena memang bukan dia yg buat makalah nya hehehe),teman saya gelelapan, cemas, tampak sangat stress dan tertekan suasana di ruang sidang sunyi karena para peserta merasa iba melihat dia dan kebetulan dosen penguji proposal seminar terkenal killer sering mentidak luluskan peserta sidang.

    tidak beberapa lama mata teman saya berkedap-kedip dan hanya putih matanya saja yang terlihat, hal ini diiringi dengan mati nyala-nya lampu neon diatas kepalanya dengan ritme yg sama seolah mati nyala-nya lampu itu diatur oleh kedipan mata teman saya ditambah setelah itu lampu neon seluruh ruangan sidang mati, kami satu ruangan terkejut melihat fenoma itu termasuk para dosen penguji, ada yg mengira ini merupakan kesalahan teknis seperti mati lampu atau penurunan voltase, ada yg menganggap peristiwa itu sebaga peristiwa mistis seperti kesurupan, saya sendiri yg berada disana mengira teman saya memiliki kekuatan telekinesis.

    dan akhirnya para dosen penguji mengalah dikarenakan keadaan yg gelap kurang cahaya dan tidak memungkinkan untuk melanjutkan sidang proposal skripsi atau karena kasihan sama teman saya atau mungkin takut akan perisitiwa itu, mereka sepakat untuk tidak melanjutkan pertanyaan dan meloloskan proposal skripsi teman saya, mendengar pernyataan itu teman saya itu tampang tenang mata yang berkedap-kedip kembali normal, nafas kembali teratur, dan terjadilah peristiwa ajaib seluruh lampu ruang sidang yang tadinya mati kembali menyala, saya heran melihat ini apa peritiwa ini kebetula atau???

    dosen penguji tidak lama stelah lampu menyala menyatakan teman saya yg berinisial B ini lulus dab boleh membuat skripsi dng judul itu, kami spontan seruangan bertepuk tangan entah karena lega melihat berakhirnya penyiksaan mental terhadap teman kami atau karena melihat kejadian yg baru kami alami, teman saya waktu dipelakukan dan dianggap seperti pahlawan dan bnyk yg ngasih dia selamat mungkin karena berhasil menaklukan dosen killer penguji itu (tapi saya engga terlalu antusias sih karena tau proposal seminarnya nyontek orang punya hehehe)

    dan ketika keluar ruang sidang saya menayakan pada pegawai kampus dan teman2 sy yg berada diluar sidang atau sekitar kampus apakah tadi ada penurunan voltase atau mati lampu, dan jawaban mereka sama TIDAK ADA, semua penerangan di sekitar kampus normal, wow dan saya berasumsi teman saya memiliki kekuatan telekinesis atau suatu peristiwa yg kebetulan semata pada saat itu

    samapai pada saat ini akhirnya saya menemukan jawaban bahwa peristiwa yg terjadi pada teman saya merupakan sesuatu fenomena yg disebut SLI

    terima kasih infonya bro enigma keep posting

    ReplyDelete
  79. waah, postingannya hebat..
    oya, salam, s3 disini, penggemar baru blog mr.enigma..
    s3 tertarik sama postingan ini karena ada hal yg terjadi sama s3 sedikit mirip ini..
    s3 g inget sejak kapan, tapi lampu neon di kamar sy (hanya lampu ini), setiap sy nyalakan, klo saya 1 langkah berada melewati pintu, maka lampunya akan lamaaa sekali baru menyala,.tapi, klo sy menyalakan lampu, hanya tangan sy yang masuk untuk menekan saklar (berhubung saklarnya persisi di samping pintu), badan sy sepenuhnya di luar,,maka sekejap lampunya nyala..
    ini terjadi sy sadari lmyn sering terjadi..
    tpi ya, berhubung sy juga g ngerti kenapa, jadinya sy abaikan saja..
    sekarang kayaknya kadang masih ky gitu, namun sy sudah tidak terlalu memperhatikan kejadian ini lagi..

    makasi atas postingannya, ternyata ada fenomena hebat seperti ini..^^

    ReplyDelete
  80. @Arman: ini linknya:
    http://activekita.blogspot.com/2010/02/menambah-scroll-pada-kolom-komentar.html

    ReplyDelete
  81. Thaks alot bro, for sharing the tutorial.
    arman

    ReplyDelete
  82. Bro, saya jg pnya pnglman aneh.
    Skitar 2 tahun lalu saya brtemu dgn sdra saya dan saya brsalaman dgn dia, tp mndadak dia kaget dan teriak2, ktanya tngan saya nyetrum.
    Dan saya brsalaman lg dgn 2 org lainnya, dan mreka blg jg tngn saya nyetrum, pdhl d tngn saya tdk ada apa2.
    Bisa d beri pnjelasan?

    ReplyDelete
  83. @indra
    sepertinya ente terlalu lama didepan komputer
    tanganku juga dulu gitu
    bahkan plastik tipis bisa nempel di tangan waktu itu, pengaruh listrik statis

    ReplyDelete
  84. Mas Enigma

    Saya juga pernah mengalami kejadian yg mas enigma turunkan,ttp tidak pernah kepikiran untuk mencari tau jawabannya.Menurut saya itu hanya kebetulan atau karena lampu itu panas dan mati sendiri.
    Oh ya turunkan juga tulisan ttg air mata kristal gadis lebanon itu ya mas
    Enigma mistery selalu nomer satu.

    ReplyDelete
  85. nice post dach,, seneng baca di blog ini,, menambah wawasan saya ,, thanks Ka Enigma..

    Erik

    ReplyDelete
  86. Mas enigma, saya pas lewat jalanan yang lampunya mati, malah pas saya tepat lewat di bawah lampu jalanan lampunya jadi menyala.. kalau kayak gitu gimana penjelasannya?

    ReplyDelete
  87. kayak kasusnya mr. Bean aja..

    ReplyDelete
  88. Saya pernah mengalami beberapa kali.tapi kejadiannya kebalikan dari peristiwa tersebut.ya ketika saya akan melintas lampu di depan saya yg tadinya mati tiba2 menyala.

    ReplyDelete
  89. joe [^_^]

    wah saya jg pernah mengalami bbrpa kli, tp wkt naik motor, lmpu jln yg sy lewati yg tdnya padam jd nyala. sy pikir pling cm kebetulan sja tp kejadian ini terjadi bbrpa kli di tmpat yg berbeda.

    artikel yg sangat menarik.
    keep on workin' bro enigma

    ReplyDelete
  90. apakah ini sama dengan indera ke 6 mas enig ?

    ReplyDelete
  91. ^;^

    Ada EFEK laen dari FENOMENA tersebut.. Seseorang jadi MEMILIKI KEPEKAAN dan PEMAHAMAN intuitif yang BAGUS.. Kemudian juga MEMILIKI PSYCHO INFLUENCE dengan segala TINGKAH LAKU.. PERBUATAN.. TUTUR KATA.. etc.. Memiliki KEMAMPUAN untuk MEMPENGARUHI orang lain SECARA PSYKOLOGIS sadar ato tanpa DISADARI.. Dan MASIH banyak lagi HAL yang LAIN..

    SO.. Sepanjang yang gw TEMUKAN.. Ternyata LSI hanya AWAL dari satu KEMAMPUAN yang bisa DIKEMBANGKAN secara SENGAJA ato TIDAK DISADARI oleh PEMILIKNYA..

    Yang JELAS TUHAN tidak akan MEMBERIKAN suatu KEMAMPUAN tanpa MEMILIKI alasan dan TUJUAN tertentu.. Manusia HANYA berusaha MEMAKNAI hal tersebut SESUAI dengan KEMAMPUAN dan PEMAHAMAN yang dimilikinya.. Just MAKE your OWN destiny..

    I call that MIND POWER.. MIND HACK..

    Thanks ULASANNYA bagus banget.. Lama BARU BERKUNJUNG kembali.. xixxixixiix..

    ^;^ MINDHACK ^;^

    ReplyDelete
  92. akhirnya,...ternyata gw gak sendiri,dan bukan lagi berilusi ...tadinya gw pikir itu cuma ilusi doang,...kejadian pertama yang gw sadari mungkin itu cuma ilusi tapi kok berulang terus pada saat saat tertentu,...bahkan fenomenanya bukan cuma matiin lampu jalan tapi bikin lampu jalan yang tadinya mati setelah gw berada dibawahnya bisa hidup lagi,......thanks Mr.E ini bener bener bikin gw plong dan lega menyadari gw bukan orang yang suka berilusi dan mengada ada

    ReplyDelete
  93. Ternyata banyak juga yang mengalami fenomena ini ya...dulu saya pikir ini hanya dialami oleh saya saja atau malah cuaman perasaan saja. Bukan cuma sekali dua kali saya mengalaminya, sering kali terjadi sampai saat ini dan itupun terjadi di berbagai tempat..tapi kenapa cuma berpengaruh pada lampu jalan ya??seingat saya, tidak pernah terjadi pada lampu rumah atau lampu lainnya...so weird...

    ReplyDelete
  94. Iya om enigma, saya juga pernah mengalaminya, ketika keluar dari Masjid, tiba2 lampu jalan di depan masjid mati, begitu saya agak jauh, lampunya menyala lagi.... jadi takut....

    ReplyDelete
  95. Hebat ya. ternyata di Indonesia banyak juga yang ngalamin. Rata-rata komentatornya ngalamin.

    ReplyDelete
  96. diantara teman2 smua ad gk yg pernah mengalami kejadian sprti itu..??

    ReplyDelete
  97. wah kasusku nih....

    "Kombinasi dari kebetulan dan pikiran yang mengada-ngada"

    aq ngalamin itu selama 3tahun... apa selama itu bisa disebut kebetulan? kayaknya enggak jadi aq gak setuju ma statement diatas.

    waktu itu pas smk selama 3th kos di sala3.
    itu gak terjadi di semua lampu, hanya 1 lampu dan gak terjadi pada semua orang... cuma aq,kecuali orang lain itu jalan bareng ma aq... maka orang itu juga bisa ngrasain... temen2Q ampe pada heran kalo lewat situ bareng aq....

    "Ketika itu terjadi, biasanya saya sedang tertekan karena suatu hal. Tidak berarti stress berat, namun ketika saya benar-benar memikirkan sesuatu dengan keras di dalam kepala saya, maka hal itu terjadi."

    kalo untuk yang ini aq setuju soalnya aq kaya gitu... ada istilahnya gak wat orang yang setiap detik selalu memikirkan suatu hal entah hal apapun itu?? kapanpun dimanapun kecuali pas bener2 udah tidur.....

    ReplyDelete
  98. Saya juga pernah, waktu saya di Polandia, tapi kebalikannya, begitu saya mendekati lampu itu langsung menyala, dan sebaliknya.

    ReplyDelete
  99. Sepertinya fenomena2 aneh banyak sekali berkaitan dengan faktor psikologis seperti Confirmation Bias, False Memory, dan lain sebagainya. Kayaknya bang enigma sekali kali perlu membahas secara khusus faktor psikologis apa saja yang mungkin mempengaruhi manusia, terutama berkaitan dengan penampakan-penampakan ataupun kejadian-kejadian aneh.

    ReplyDelete
  100. fenomena ini sama seperti saya kalo deket2 televisi,,,kalo dideketin gambar makin jelas, kalo jauh makin kabur...

    ReplyDelete
  101. wkwkwkwkwkwkwkwk......
    ternyata aq bukan orang aneh hehe,,,
    radio d rumah ga pernah mau idup dkt2 aq...
    laptop yg kyk ngerti apa mau qu
    lampu jalan juga pernah :p

    thanks lg info nya ^_^

    ReplyDelete
  102. wah!!! mksh bgt udah bahas ttg SLI, soalnya aq jg prnah ngalamin hal ini & pertama kali kejadian 4 lmpu jalan mati saat prjalanan pulang kira2 waktu itu jam 11 malam. aq kira ada hawa mistis apaan koq smpe kejadian itu terjadi selama 3 hari dan lmpu jalan yg mati jmlnya bervariasi, paling banyak bisa matiin 7 lmpu jalan..
    mksh y infonya, jadi gak pnasaran lg ^^d

    ReplyDelete
  103. asal jangan spt ini:

    suatu malam saya mendekati tiang listrik..eh tiba2 tiang itu roboh!

    kan repot kalo ketimpa..:)

    ReplyDelete
  104. Mungkin manfaatnya adalah bisa mengendalikan barang elektronik dari jarak jauh

    ReplyDelete
  105. pernah ngalamin sih... cuman kalo dilihat dari sisi teknis, emang ada lampu halogen (jenis tertentu) yang kalo tlalu panas akan meredup (gak sampek padam) trus 2, 3 detik kemudian nyala lagi.

    ReplyDelete
  106. saya pernah mengalaminya persis apa yang sudah dituliskan bung enigma

    sudah tak terhitung berapa kali, setiap kali saya melintas di bawah lampu merkuri gang saya, pasti mati. Dan saat saya menjauhinya lampu merkuri tsb nyala.

    Pertama, saya ga seberapa menggubris fenomena itu. Tapi karena seringnya kejadian tsb n setelah membaca blog ini membuat saya jadi ragu, apakah saya punya kekuatan Sliders?

    ReplyDelete
  107. akhirnya yang jadi pertanyaan saya terjawab sudah
    saya juga sering mengalami hal yang sama persis spt yg bung enigma posting, tapi bedanya saya ga perlu stress/memikirkan sesuatu dengan dalam untuk fenomena sliders ini.

    Apakah sliders selalu berhubungan dengan mental/psikologi orang tsb? Saya jadi ragu

    ReplyDelete
  108. mungkin ini cuma kebetulan.....tapi saya pernah disuruh buat tugas video....nah saya dan teman2 saya membuat video tersebut....dalam semua video, semua video yang menampilkan teman saya yang bernama ( sebut saja irfan ) suaranya tidak jelas........saya tidak tahu kenapa tetapi di video yang tidak menampilkan teman saya itu suaranya jelas.....padahal diambil dari hp yang sama dan keadaan waktu menshoot video tersebut sedang sepi.....mungkin ini hanya kebetulan tapi saya pikir ini mirip dengan SLI itu....

    ReplyDelete
  109. wah ini dia yang aku cari , hahaha oh baru tau ni saya sebab saya sering begitu di malam hari lampu jalan nya kalo hidup, mati ketika aku lewat sewaktu aku menjahui lampu nya pake motor lampu itu hidup dan sebaliknya

    ReplyDelete
  110. saya kaget juga baca artikel ini,sebabnya karena dulu sewaktu masih SMP saya ingat sekali saya sering mengalami ini di lampu jalan yang sselalu saya lewati ketika malam hari berangkat shalat,pergi dan pulang saya lewati dan anehnya lampu itu mati ketika saya lewati dan nyala setelah saya lewati.tadinya saya berpikir positif aja, tp kadang kalo dipikir mmg ganjil.lampu yang saya lewati itu jenis yang biasa dipasang pemerintah dijalan-jalan dan sangat familiar kita lihat.sebenarnya saya masih penasaran dengan penjelasannya.

    ReplyDelete
  111. BOSS SUMPAH DMI ALLAH........!!!!! saya sering mengalaminya.... tpi, kjadianya ga di setiap lampu jalan. kjadianya ada di beberapa lampu jalan d kota t4 tggl saya.... tpi yg paling sering, d jlan mau k warnet dkat rmh saya. awalnya saya kira, mgkin itu karna getaran sepda motor saya wktu lewat... tpi waktu saya jlan kaki lwat situ, lampunya mati jg....... hampir stiap malam sya lewat t4 itu (mklum emang sring kluyuran mlam2). klo di hitung kjadian ini terjadi udh lebih 20 kali. ( ga stiap lewat situ lmpunya mati)

    sbelumnya saya tidak terlalu memiikirkn hal ini, tpi stlh saya baca2 karya boss enigma ini, pikiran saya jadi bercabang2 (bingung)

    apakah saya SLIder..??kira2 ada efek sampingnya ga boss??? mohon dengan sangat pencerahannya.....

    ReplyDelete
  112. hahaha...... saya anonymous 116.

    tiap hari ol, ngintip SLIder ini. nnggu jwban om E.

    di cuekin...

    tema nya udah basi bgt ya om...!!????????

    ReplyDelete
  113. Hehe. Sori bro, br jawab skrg. Apakah km seorang slider? Mungkin sj. Kalo kejadiannya sering, saya kira iya. Dan jgn kuatir, tdk ada efek samping kok, kecuali km slider yg tubuhnya bs mempengaruhi peralatan elektronik lainnya.

    ReplyDelete
  114. masih anonymous 116
    ooooo....
    kyknya cuma lampu jlan aja....
    makasii om E....

    tiap buka lptoop saya pasti bca2 blogny om E.
    ajarin donk bikin blog kyk gini...!!!

    kmarin sya udh bikin account di blogger. trus bikin 1 postingan... msih bnyk yg blum sya ngerti om...

    tukeran link tuh buat apa sih????
    klo saya mau jadi followernya om E gmn???
    BTW, untungnya bkin blog gini apaan ya om??
    apa om E di bayar??

    sblumny
    makasi banyak ya om.....!!!
    udah mau bls anonymous ga penting kyk gini.....

    ReplyDelete
  115. udah pernah ngalami sendiri, bener2 nyata....

    ReplyDelete
  116. Hahag.. Ternyata beneran..

    Selama ini saya emang jarang keluar malem, palingan keluarnya bulan puasa kalo mau tarawih..
    Beberapa kali kalo lewat lampu gang, lampunya mati sndiri..
    Selama ini sih ga pernah terlalu mikirin..sampai saya baca tulisan ini, jadi kaget..
    Thanks ya..

    ReplyDelete
  117. mmmm,, klo itu soal lampu,, aneh nggak klo anjing nggak menggonggong saat kita lewat(klo misalnya anjing itu biasanya menggonggong). tapi saat teman kita lewat, anjing itu menggonggong. gimaana tuh? atau tidak ada angin, tidak ada hujan,, anjing menggonggong,, biasanya itu karena hantu ya? tpi klo kita yg lewat tidak digonggongi padahal anjing nya lagi nggak tidur,, gimana?

    ReplyDelete
  118. Hm, akhir maret hingga awal januari tahun ini, saya sempat stress karena memikirkan banyak masalah sekaligus, ujian semester-lah, tugas akhir-lah, masalah cinta-lah. Nah, dalam periode yang saya sebutkan di atas, kompi saya suka mendadak mati, padahal suhunya masih normal. Kalau tidak mendadak mati, ya jalannya lambat. Padahal saya rajin membersihkan registri dan menyikat temporary file.


    Apakah ada hubungannya antara pikiran saya yang sedang dilanda masalah berat dengan sering matinya kompi saya pada periode tersebut?


    Begitu masalah-masalah menghilang (meskipun yang masalah cinta masih cukup menyakitkan jika diingat-curhat) sekarang kompi saya gak pernah mati sendiri lagi lho bung.

    Apakah saya seorang slider atau pernah menjadi seorang slider? (memang ada slider seumur hidup?)

    ReplyDelete
  119. Hmm, saya tidak bisa mengomentarinya bro. Bisa saja pikiran kamu mempengaruhi komputer itu, tetapi pertanyaannya mengapa hanya komputer yang terpengaruhi? Karena itu, saya kira kita belum bisa mengambil kesimpulan bro.

    ReplyDelete
  120. Betul, hanya komputer, kipas tidak, hp tidak, lampu tidak. Saya coba cari teman, siapatahu ada yang serupa mas. Seenggaknya kan kalau yang mengalami cukup banyak, bisa didapat sedikit pencerahan. Sedikit.

    ReplyDelete
  121. Kesemua proses yg disebut di kemukakan teorist di atas terjadi semuanya, dan masing2 untuk masing2, jadi tidak hanya fenomena confirmation bias saja sebagai penjelasan untuk seluruh kejadian serupa. Gelombang tubuh dapat mempengaruhi matters, masalahnya penolaknya adalah yg tidak mengalaminya, serta background pengetahuan sciencenya yg penuh dengan pembatasan/pengkategorian thd segala sesuatu. Gelombang yg mempengaruhi jelas dapat dimanfaatkan, sebagaimana segala sesuatu dapat bermanfaat baik ataupun buruk, bukankah kejadian2 tsb adalah petunjuknya untuk mencari dan menjadikannya manfaat?
    Science memang seperti dengan sengaja menempatkan supranatual sebagai 'musuh'... dia membuat batasan sendiri untuk dirinya... padahal segala sesuatu hanyalah belum diketahui/terjelaskan saja...

    ReplyDelete
  122. Wah.. jgn2 SLIders penyebab mati lampu nihh

    ReplyDelete
  123. maf bng enigma, saya baru baca yang ini,
    saya juga mengalaminya, entah itu hanya teori yang sudah dijelaskan bang enigma atau apa,,,,

    namun etiap saya berangkat kerja sebagai operator warnet tiap malamnya, saya melewati sebuah lampu yang aneh dipertigaan,

    ya, SLI,
    yang membuat aneh adalah, sudah sering saya melewati lampu itu, dan selalu mati setiap akan kulewati, lalu hidup kembali setelah aku jauh,

    menurut saya, yang saya alami sangat tidak masuk akal, karena belum pernah satu kalipun saya melewati lampu itu dengan keadaan menyala,,,,,,,,,,,,,

    maf curhat, hehehe

    ReplyDelete
  124. @Bro enigma: gan ane dlu juga pernah, klo kebanyakan SLIders mengalami SLI ketika mereka sedang emosi, namun saya tidak ketika saya melewati lampu jalan tersebut dengan sepeda motor tanpa sedikit emosi lampu itu padan lalu kembali menyala ketika saya cukup jauh darinya, jika di amerika punya sistem suhu atau sebagainya di setiap lampu jalan apa Indonesia di era 2010-2011 ini juga sudah memilikinya?

    rizky ferdy

    NB: topik Banshee saya bro?

    ReplyDelete
  125. @atas saya, kamu termasuk orang yang terkena Confirmation Bias, atau bahkan kamu cuma mengada ada untuk menarik perhatian saja.saya tau tipe oarng seperti kamu.

    ReplyDelete
  126. saya sering ngalamin ini...
    stiap pulang kerumah kalo malem hari.. ada satu lampu yg mati saat saya melewatinya..

    ReplyDelete
  127. wah saya sering tuh kalo pas saya berangkat jam 1/2 5 pagi saya sering melewati satu lampus jalan, pas saya belum lewat lampunya remang2, tapi begitu saya lewat lampunya tiba-tiba jadi terang sekali

    ReplyDelete
  128. Dulu teman saya juga pernah kejadian sperti itu
    tapi kali ini cuma redup" aja
    sama ngga ya bang enigma??

    ReplyDelete
  129. aku kira itu lampu punya alat pendeteksi sensor otomatis tuh..
    jadi bisa mendeteksi kalo ada manusia
    n bisa buat kejadian yang janggal kaya lampu mati sendri

    ReplyDelete
  130. Yapz, Pendeteksi sensor
    otomatis. Kebanyakan di
    komplek.

    ReplyDelete
  131. Sempat tertawa kecil dan berfikir ini 'aneh'..
    Dan peristiwa itupun sering pula terjadi pd diri saya....hmm

    ReplyDelete
  132. Saya sering mengalami kejadian seperti ini .
    saya kira cuma saya yang mengalami itu, ternyata banyak teman-teman yang serupa dengan saya.. hehehe

    ReplyDelete
  133. Nama saya hormalam silaen. Saya juga pernah mengalaminya beberapa kali

    ReplyDelete
  134. saya juga mengalaminya beberapa kali. awalnya saya menganggap itu biasa saja. namun seiring sering terjadi, maka saya menganggap ini luar biasa

    ReplyDelete
  135. Ea setelah sekian lama ku alami hal ini, akhirnya ak memantapkan diri untung mengetiknya di google search and ketemu dh post ini, ternyata bukan saya saja yang mengalami hal ini lbh dr 20x, namun ternyata banyak orang yang mengalaminya. Emang post ini betul sekali, saya sudah mengalaminya selama bertahun-tahun, baik saat berjalan kaki, bersepeda motor, maupun saat naik mobil, lampu jalan tiba2 mati saat saya melewatinya dengan keadaan melamun dan menyala kembali setelah beberapa meter melewatinya, dan lampu jalan itu tidak hanya satu namun lebih dari satu. I dont know why. And btw saat di mall pun percikan listrik bisa muncul saat tangan ku bergesekan dengan tangan orang lain. Terjadi juga saat ak menyentuh kursi besi di kantor, katanya si hal ini terjadi krn ion ion AC di ruangan tersebut (maaf out of topic sedikit untuk yang terakir, tp mgkin ada hubungannya), thx u..

    ReplyDelete
  136. Ea setelah sekian lamanya akirnya saya memantapkan diri untuk mencarinya di google search and nemu dh post ini. Ternyata bukan saya saja yang mengalami hal ini lbh dari 20x, ternyata banyak sekali yang mengalaminya. Post ini emang benar, dan hal ini saya alami sudah bertahun tahun, baik saat berjalan kaki, bersepeda motor, maupun saat mengendarai mobil, lampu jalan mendadak mati saat kita melewatinya, dan lampu akan segera menyala setelah beberapa meter kita melewatinya. I dont know why. thx u.

    ReplyDelete
  137. Saya mengalami hal ini dua kali , ketika berangkat dan pulang melewati sederetan lampu neon jalan pada dini hari di kompleks perumahan, ketika itu pikiran dalam keadaan yang sulit digambarkan , bukan dalam keadaan tertekan , berpikir keras atau mabuk , semacam ketenangan pikiran setelah berdoa. Tapi jelas ada gejolak/ aktifitas emosional yang tidak biasa saat itu, ( bukan emosi marah yg saya maksud ).
    Hal itu tidak pernah berulang di kesempatan lain. Saya bahkan awalnya merasa biasa saja melihat hal itu, tapi di hari berikutnya saya menduga ada kaitan antara aktifitas otak dengan fenomena tersebut , hingga saya membaca blog ini

    ReplyDelete
  138. Saya mengalami hal ini berulang2 kali dan memang sempat merasa aneh, mungkim lebih dari 20 kali juga seperti komen sebelumnya nathaniel halim,
    Saya berjalan kaki tiba2 lampu jalanan padam kadag tepat di kepala saya, ataupun dalam jarak pandang 45 derajat ke atas, awalnya saya menduga ini ada hubungannya dengan mistis, akhirnya saya riset dan nemu blog ini, ternyata saya.tidak.sendiri, padahal.saya permah bertanya pd org sekitar namun mereka.tidak.mengerti apa yang saya katakan atau maksd

    Dan seperti mas nathanael halim.di komen sebelum ini saya pun serig sekali kesetrum saat bergesekan dengan teman tanpa.semgaja, biasanya saya yang.kaget.dan mereka.terheran2

    Fenomena yang unik :)

    ReplyDelete
  139. Mas enigma saya mengalaminya didlm rumah sudah 2x. Rmh sy kosong semgu 1x saya tidur Dirmh sendiri pertama dikamar ketika saya hidupkan lampu nyala lalu mati Q pikir pts lampunya trus q matikan mau ganti yg baru ketika q hidupkan lagi ternyata nyala lagi q pikir ada aliran yg gak beres lalu q lupakan deh. Nah semalam pas magrib aq pulang kermh mau ambil wudhu utk shalat ditoilet lalu ketika aq mau masuk ketoilet perlahan lampu padam sy kaget dan teriak yah mati lampu tapi ketika aq menoleh keruangan lain semua nyala lalu aq mundur perlahan eh tiba2 lampunya hiduplagi semalaman aq ketakutan Q pikir ada hantu atau jin yg sedang usil. Tapi aq bersaha tenang dan mencari sebab yg ilmiah biar ga takut. Dan ketemulah blog ini الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّالْعَالَمِينَ tks ya mas. Tapi menurut mas enigma yg Q alami yg mistis apa yg ilmiah ya ? Q brsh untk tenang

    ReplyDelete
  140. sptnya info udah lama cuma baru ketemu

    ReplyDelete
  141. Sy sering sekali mengalami hal ini (sekitar 6 - 7 kali) tapi selalu sy anggap sebagai kebetulan belaka..
    Sering terjadi saat berkendara baik mobil atau motor di malam hari lampu jalan yg sy lewati tiba2 padam dan saat menjauh menyala kembali, dan lampu berikut yg sy lewati padam juga, mengikuti sy.. Dan akan menyala kembali setelah sy lewati. Dan hal ini sering terjadi ketika sy melalui jalan yang sepi (tidak ada kendaraan lain selain sy, dan saat sy berkendara sendirian).
    Sy tidak pernah menceritakan hal ini kepada orang lain karna sy anggap hanya kebetulan saja.

    Salam
    Chris

    ReplyDelete
  142. Sebenarnya problem ini telah terjelaskan di buku fisika SMA.
    Misalnya ada 2 speaker yg diletakkan bersebelahan, lalu kita coba berjalan di segala titik di sekitar 2 speaker itu. Di salah satu titik kita tidak akan mendengar sedikitpun suara dari speaker itu. Itu karena di titik itu terjadi interferensi yang saling melemahkan, dimana fase gelombang speaker A berkebalikan dengan fase gelombang speaker B, sehingga gelombang saling meniadakan.
    Posisi titik itu dapat dihitung secara fisika, coba saja buka buku fisika SMA.

    Prinsipnya persis dengan lampu jalan itu.
    Jadi di suatu titik diantara tiang lampu ada interferensi yang melemahkan antara gelombang cahaya lampu A dengan gelombang cahaya lampu B. Sehingga lampu jalan tampak seperti mati karena tak ada cahaya dari lampu jalan yang masuk ke mata kita. (Manusia dapat melihat suatu benda jika benda itu memantulkan cahaya ke mata kita).

    Jadi jika kita mengalami SLI, berarti kita kebetulan melewati bagian yang mengalami interferensi melemahkan itu.

    Salam,
    Ray

    ReplyDelete
  143. Benar bro
    Satu lagi kemungkinannya
    Lampu jalannya udah ada sensornya

    ReplyDelete
  144. Wow, gak nyangka ada artikel kayak gini. Saya kira ini hal normal jadi saya tidak terlalu mikirin. Waktu saya pulang, setiap papan nama toko atau supermarket yang pake lampu itu pasti kedap kedip pas saya deketin, dan ketika dijauhin normal lagi. Awalnya saya pikir cuma satu lampu saja dan lampu itu memang lagi konslet, eh papan yang lain malah ikutan. Saya pikir mungkin listrik statis di tubuh saya menpengaruhi listrik yang mengalir di papan itu.

    ReplyDelete
  145. wah ternyata ada namanya ya...kalau dibilang kebetulan kayanya untuk kasus yg saya alami rada susah kl dianggap kebetulan, soalnya saya dah ga ngitung lg brp kali hal itu terjadi. yg paling inget waktu pulang dr semarang ke klaten bw motor saya hitung 2lampu mati, 3lampu hidup waktu saya lewat, dan kelimanya berada di beda jaringan. sampe dl parno kl keluar abis magrib soalnya sering kejadian.

    ReplyDelete
  146. yang saya alami malah kebalikannya. belakangan ini agak sering. pas ke tempat mertua, ada lampu jalannya mati 1 buah. begitu didekati langsung hidup dan pas menjauhi lampunya mati. saya pikir lampu jalannya sudah dipasang sensor utk menghemat listrik tp kok cuma 1 lampu saja.jadi saya tanya dan ternyata tanpa sensor. waktu pulangnya juga terjadi hal yang sama. walau tidak selalu tp hari2 berikutnya kadang terjadi hal yg sama, kadang lampunya tidak hidup. mungkin jg pengaruh emosi atau apa ga pernah diriset :v

    ReplyDelete
  147. Bagaimana bung E jika saya telah mengalami lebih dari 20x .. dan saya menyadarinya karna sudah seperti kebiasaan.. hanya saja 1 lampu saja yg mati apakah hanya kebetulan?

    ReplyDelete
  148. saya mengalami hal yg d atas sudah lama .tp hal yg lucu tidak hanya mematikan lampu jalan tp juga menghidupkan terkadang disaat lampu jalan itu awalnya mati jd hidup disaat saya lewat..

    ReplyDelete
  149. Saya juga mengalaminya berkali2, saat emosi sangat berpengaruh sekali awalnya saya kira hanya kebetulan tapi saya bisa mematikan lampu jalanan dan bisa menghidupkan juga bang enigma dan semuanya membingungkan, apa gunanya kelebihan ini?

    ReplyDelete