Friday, October 22, 2010

Misteri Unidentified Submerged Object - benda bawah air tak dikenal

Lebih dari 100 tahun belakangan, para awak kapal yang sedang menjelajahi lautan dibingungkan dengan penampakan-penampakan objek tak dikenal yang muncul dari dalam laut dan terbang dengan kecepatan tinggi. Objek-objek seperti ini kemudian diberi julukan Unidentified Submerged Objek (USO) atau Objek bawah air tak dikenal.


Banyak yang percaya kalau objek misterius ini sesungguhnya sama dengan
UFO yang sering terlihat di udara. Karena itu, kadang objek ini juga sering disebut dengan istilah UFO air.


Penampakan USO disebut-sebut telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Pada tahun 329 SM, pasukan Alexander agung disebut menjumpai dua objek berbentuk piringan yang muncul dari sungai Jaxartes di india. Menurut legenda, Alexander begitu terpesona dengan penampakan itu sehingga ia menghabiskan 6 tahun berikutnya untuk menjelajahi sungai itu dengan peralatan penyelam pertama di dunia.

Christopher Colombus juga disebut pernah menjumpai objek bawah air tak dikenal. Pada tanggal 11 Oktober 1492, kapal Santa Maria yang ditumpangi oleh Colombus sedang melewati wilayah segitiga Bermuda. Kemudian, mereka melihat cahaya-cahaya aneh berkelap-kelip di dalam air disusul dengan munculnya sebuah objek berbentuk piringan yang segera terbang dengan cepat ke angkasa.

Tidak ada yang bisa memastikan apa yang dilihat oleh Alexander agung atau Colombus. Ratusan tahun kemudian, kita kembali menemukan banyak laporan penampakan serupa. Contohnya seperti kesaksian-kesaksian di bawah ini:

Pada tanggal 18 Juni 1845, Malta Times melaporkan:
"Saat itu kapal brigantine Victoria berada sekitar 900 mil di sebelah timur Adalia ketika para awak kapal melihat tiga objek bercahaya muncul dari dalam air. Objek-objek itu terlihat selama 10 menit dan terbang setengah mil dari kapal."
Menurut para awak yang menyaksikannya, objek-objek itu terlihat berukuran seperti bulan purnama. Penampakan ini juga dilaporkan oleh saksi lain yang berasal dari Adalia, Siria dan Malta.

Pada tanggal 12 November 1887, di dekat tanjung Race, sebuah bola api besar muncul dari laut, naik 20 meter, lalu mendekati sebuah kapal yang ada di dekatnya, yaitu kapal uap Inggris bernama Siberian. Objek itu bergerak menentang arah angin, kemudian mundur dan terbang menjauh. Peristiwa ini dilaporkan dan didiskusikan oleh majalah Nature, L'Astronomie, dan Meteorological Journal.

Pada malam tanggal 10 Februari 1951 seorang pilot angkatan udara Amerika bersama rekannya sedang menerbangkan pesawatnya dari Islandia menuju Newfoundland. Ketika pesawatnya berada pada jarak sekitar 300 mil dari Newfoundland, mereka melihat sebuah objek bercahaya muncul dari dalam laut.
"Ketika kami semakin dekat dengan objek yang berkilauan ini, ia berubah menjadi lingkaran-lingkaran cahaya putih yang besar di atas air. Lalu, kami melihat sebuah lingkaran cahaya berwarna kuning yang kecil, lebih kecil dibanding objek yang melepaskan lingkaran cahaya itu, pada jarak 15 mil. Ketika objek itu terbang mendekati pesawat kami, kami bisa melihat sebuah pesawat berkubah yang melepaskan korona."
7 tahun kemudian, objek bawah air tak dikenal kembali menjadi subjek pemberitaan.

Pada bulan Mei 1958, sebuah kapal selam misterius terlihat oleh para awak kapal perang Argentina. Kapal selam itu, walaupun kadang terlihat oleh mata, tidak bisa terlacak oleh sonar, hydrophones atau radar. 14 kapal perang Argentina kemudian memburu kapal selam itu sambil sesekali menembakkan torpedo kearahnya. Namun tidak terlihat adanya tanda kerusakan dan kapal selam itu terus melaju hingga menghilang dari pantauan.

Pada Oktober 1959 dan Januari 1960, kapal selam serupa kembali terpantau oleh militer Argentina. Perburuan kembali terjadi, namun kapal selam itu kembali menghilang.

Kapten Ray.M Pitts, salah seorang spesialis peperangan kapal selam yang ikut dalam perburuan ketiga mengkonfirmasi kalau objek itu memang kapal selam. Namun ia juga mengatakan kalau ia dilarang untuk berbicara lebih jauh mengenai peristiwa itu.

Tahun 1963, perburuan USO yang lain kembali terjadi. Kali ini sonar kapal selam Amerika yang sedang berada di Puerto Rico menangkap sebuah objek yang bergerak dengan kecepatan 150 knots dan berada pada jarak 20.000 kaki di bawah kapal selam.

Kapal selam itu membuntuti objek itu selama 4 hari lamanya. Pada hari ke-4, objek itu tiba-tiba bergerak dengan kecepatan yang tinggi sehingga lolos dari pantauan sonar.

Pada Agustus 1965, para awak kapal Raduga dari Rusia, sementara sedang berlayar di laut merah, melihat sebuah objek elips berapi muncul dari dalam air dan melayang di permukaan selama beberapa lama. Jarak objek itu hanya 2 mil dari kapal. Para awak memperkirakan kalau objek itu memiliki diameter 60 meter dan melayang pada ketinggian sekitar 150 meter dari atas permukaan laut.

Pada tanggal 30 Juni 1967, para awak kapal Naviero dari Argentina melihat sebuah objek silinder di dalam air. Objek itu mengeluarkan cahaya berwarna biru putih dan panjangnya diperkirakan sekitar 33 meter. Yang aneh adalah, objek itu tidak mengeluarkan suara sama sekali walaupun ia bergerak di air dengan kecepatan yang cukup tinggi. Bahkan hampir tidak ada ombak yang tercipta karena pergerakan benda itu. Ketika objek itu nyaris menabrak kapal Naviero, ia segera berubah arah dan menyelam kembali ke dalam air.

Pada tahun 1967, para saksi yang terdiri dari belasan orang melihat sebuah objek tak dikenal jatuh ke air di Shag Harbour, Nova Scotia, Kanada. Objek tersebut, yang terlihat seperti sebuah pesawat aneh, diperkirakan memiliki panjang sekitar 18 meter. Para saksi mata juga menyebutkan kalau pesawat itu melayang sebentar, mengeluarkan cahaya berwarna oranye, lalu masuk ke dalam air.

Insiden ini sempat diberitakan oleh media-media seluruh dunia hingga menyebabkan pihak militer dan polisi Kanada melakukan pencarian besar-besaran. Namun, pesawat misterius tersebut tidak ditemukan sama sekali.


Insiden Shag Harbour adalah salah satu insiden UFO yang paling terkenal di dunia.

Salah satu peristiwa perjumpaan USO yang paling aneh, mungkin yang berhubungan dengan kapal Volga.

Pada tanggal 7 Oktober 1977, Volga, sebuah kapal Rusia yang digunakan untuk memperbaiki kapal selam, sedang berada di laut karena panggilan untuk memperbaiki sebuah kapal selam. Tiba-tiba 9 objek bulat terlihat muncul dari air dan segera mengelilinginya. Peristiwa ini berlangsung selama 18 menit. Saat itu juga, seluruh sistem komunikasi di atas Volga mengalami gangguan. Kapten Tarantin yang memimpin segera memerintahkan para awak untuk mengamati objek-objek tersebut:
"Aku ingin kalian mengamati objek tersebut dengan hati-hati dan mengingatnya baik-baik! Aku juga ingin kalian menggambarnya supaya ketika kita kembali ke Sovyet, tidak ada yang bisa bilang kalau kapten kalian ini gila dan mabuk!"
Pada tanggal 26 Juli 1980, para pelaut dari kapal Brazil, Caioba-Seahorse, melihat objek bulat berwarna abu-abu dengan diameter sekitar 10 meter sedang meluncur di air. Pada saat yang sama, cahaya terang muncul di horizon dan mendekati objek tersebut. Lalu, semua peralatan di atas kapal mati secara mendadak. Cahaya itu kemudian bergabung dengan USO yang ada di dalam air. Setelah itu, USO itu naik, melayang selama beberapa saat dan terbang dengan kecepatan tinggi ke angkasa.

Salah satu penampakan USO yang paling spektakuler mungkin adalah yang terjadi pada tanggal 14 Juni 1992. Para saksi mata di California, mengaku melihat ratusan pesawat aneh muncul dari laut tanpa mengeluarkan suara. Penampakan ini kemudian segera dilaporkan ke pihak kepolisian. Namun, karena sifat penampakan yang terlalu luar biasa, pihak kepolisian tidak menindaklanjuti laporan ini. Kisah penampakan California ini pernah diangkat oleh History Channel dalam sebuah film dokumenternya.

Hingga hari ini, tidak ada yang bisa memberikan penjelasan mengenai identitas objek-objek tersebut.


Bagi mereka yang percaya dengan keberadaan makhluk luar angkasa yang cerdas, USO adalah bukti kalau makhluk luar angkasa sesungguhnya memantau bumi secara terus menerus dari markas yang dibuat di dalam laut. Jika memang ada makhluk luar angkasa yang berniat membuat markas di bumi, maka pilihan mereka untuk membuatnya di dalam laut menjadi sebuah pilihan yang tepat karena memang sebagian besar samudera kita sesungguhnya belum terjelajahi.

Ivan T Sanderson, dalam bukunya yang berjudul Invisible Resident (1970) menyatakan kalau USO adalah bukti adanya intelijensi lain di bawah air yang sedang mengembangkan peradabannya.
"Jika memang ada sejenis peradaban teknologis yang unggul berkembang dalam planet di bawah air, maka peradaban ini tampaknya lebih maju dibandingkan dengan peradaban kita, sekitar beberapa juta bahkan mungkin miliaran tahun di depan kita."
Tentu saja, argumen ini tidak bisa dibuktikan. Namun, Sanderson tidak sendirian karena pemahaman ini juga dipercaya oleh banyak pihak.

Bagi mereka yang lebih skeptis, penjelasan mengenai penampakan ini bisa bervariasi, mulai dari salah lihat hingga rekayasa. Memang tidak bisa disangkal kalau ada kemungkinan para awak kapal telah melihat sebuah fenomena alam dan menyangkanya sebagai USO. Kejadian seperti ini banyak terjadi dalam kasus penampakan UFO. Namun pertanyaannya, fenomena alam apa yang memiliki ciri-ciri sesuai dengan deskripsi laporan para saksi?

Inilah yang masih belum dipastikan.

Beberapa orang lain percaya kalau USO yang sering terlihat sebenarnya adalah torpedo yang sedang melaju. Namun, torpedo tidak terbang ke udara. Ini tidak sesuai dengan deskripsi saksi.

Jadi, sebagian lain mengajukan teori kalau sesungguhnya USO adalah pesawat militer yang canggih.

Teori ini juga sering digunakan untuk menjelaskan laporan penampakan UFO. Jika kita kaitkan USO dengan pesawat militer, maka itu artinya cuma satu: pesawat itu haruslah sebuah pesawat yang mampu menyelam ke dalam air dan kemudian terbang dengan cepat.

Menariknya, pesawat jenis ini ternyata pernah ada, paling tidak dalam rupa prototipe.

Pada tahun 1934, Boris Petrovich Ushakov, seorang mahasiswa teknik dari akademi militer Sovyet, mengajukan sebuah rancangan pesawat yang bisa menyelam di dalam air. Pesawat ini ditujukan untuk menyergap kapal musuh yang lewat dengan cara menyelam di kedalaman tertentu, menunggu kapal musuh, dan menembakkan torpedo ketika kapal musuh itu lewat di atasnya. Konsep Ushakov tidak pernah dibuat karena dianggap tidak efektif.

30 tahun kemudian, ide Ushakov direalisasikan oleh Donald Reid, seorang insinyur di North American Aviation. Ia membuat pesawat itu pada tahun 1963 dan diberi nama Reid Flying Submarine (RFS-1). Hebatnya, Reid membuat rancangannya dengan menggunakan suku cadang bekas pesawat dan mengerjakannya hanya di waktu luang.

Dalam uji coba perdana, pesawat itu mampu terbang hingga ketinggian 10 meter, mendarat di air dan menyelam hingga kedalaman beberapa meter. Walaupun terlihat menjanjikan, pihak militer sepertinya tidak tertarik untuk membuat pesawat itu hingga RFS-1 berakhir hanya sebagai sebuah prototipe.

RFS-1
Namun, jangan salah. Militer Amerika tidak tertarik dengan RFS-1 bukan karena tidak menyadari manfaatnya, melainkan karena mereka sendiri sedang membuat pesawat sejenis yang disebut Convair yang kemudian sering disebut subplane. Menurut Eugene Handler, seorang insinyur dari pihak angkatan laut, pesawat ini sangat ideal untuk menyerang kapal Sovyet di laut Baltik dan Kaspia. Tetapi, Convair ternyata bernasib sama dengan RFS-1. Malah, convair tidak sempat dibuat prototipenya karena proyek ini dibatalkan kongres pada tahun 1966.

Hasrat mengenai pesawat sejenis USO tidak pernah pupus dari pikiran militer Amerika. Pada tahun 2008, DARPA, badan riset milik Pentagon, mengumumkan kalau mereka telah memulai proyek pembuatan subplane. Pada tahun 2010 ini, pesawat ini telah masuk kedalam tahap pengajuan proposal karena berbagai rancangan telah diterima oleh mereka.

Dalam beberapa tahun, sepertinya kita akan melihat banyak USO mondar-mandir di lautan lepas.

Mungkinkah USO yang terlihat oleh para pelaut itu adalah pesawat canggih milik militer?

Jika kita mempercayainya, maka pertanyaannya selanjutnya adalah apakah pada masa perang dunia I dan II, pihak militer (negara manapun) telah berhasil membuat pesawat secanggih itu?

Jika pertanyaan ini dapat terjawab, maka saya rasa jawaban ini dapat menjelaskan banyak pertanyaan mengenai penampakan UFO di seluruh dunia.

(newscientist.com, crystalinks.com, mercuryrapids.co.uk)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

114 comments:

  1. pertamax kah?XD
    wolf

    ReplyDelete
  2. am i pertamax ?

    -flo-

    ReplyDelete
  3. wah kok malam2 terus updatenya.............nomero duo.......di baca2 dulu.

    ReplyDelete
  4. wiiih mantep bro enigma !

    ReplyDelete
  5. wah kelimax., baca dulu ahhh..

    ReplyDelete
  6. Aduhhh saya gagal jadi yang keduaxxxxx, Dasar koneksi sialan!!!!!!!!!!

    Bang Jawabannya masih belum ketemu ya??

    ReplyDelete
  7. gyahaha,, top ten kah ??

    ijin baca dulu Bang E

    junglemount

    ReplyDelete
  8. atm_taufiq

    bro Enigma... ini postingan yg saya tunggu2
    USO... nice posting Bro E...

    ReplyDelete
  9. atm_taufiq

    bro E, gambar yg ketiga ko' hanya keliatan 1/4 saja ya? sedangkan yg lainnya kelihatan full.

    ReplyDelete
  10. Hore,,skian taun,br prtama x dpt 10 bsar.ijin bc dulu ah,he2

    ReplyDelete
  11. Bagaimana dengan cahaya marfa seperti pada kasus naga Thailand di blog Anda? Itu kan bisa jadi kemungkinan juga...

    ReplyDelete
  12. Mereka lg mabuk laut kale..makany liat ikan terbang dibilang USO..hehe
    Peace bang E ^^

    ReplyDelete
  13. saya yakin sebelum adam diciptkan sudah mahluk alien di bumi. makanya alquran menggunakan kata "Aku akan menciptakan pengganti (khalipha) di permukaan bumi"."
    Adam sebagai pengganti.
    Malaikat protes:"Apakah Engkau hendak menjadikan manusia yg saling menzumpahkan darah?".
    KArena malaikat traima dengan peperangan antar alien sebagai penghuni bumi pra Adam.

    ReplyDelete
  14. Kalo saya baca buku "Dialog Dengan Jin Muslim" karya Mohammad Isa Dawud, penampakan UFO di berbagai belahan bumi adalah penampakan 'Kendaraan Jin' yang memang bentuknya menyerupai piringan dan bergerak sangat cepat. Dan di sana disinggung pula mengenai banyaknya kerajaan / penduduk dari kalangan jin yang hidup di atas permukaan air laut ataupun di kedalaman samudera.

    Tidak menutup kemungkinan fenomena kemunculan objek aneh USO itu juga merupakan kendaraan jin yang tidak sengaja terlihat oleh manusia.

    Karena kalo kita pikirkan lebih lanjut penampakan UFO atau Alien selalu saja di ceritakan dengan 'tidak jelas' dan 'misterius'. Tidak pernah satupun objek tersebut tertangkap tangan langsung, untuk selanjutnya di pamerkan ke khalayak umum, misalnya.

    Di sisi lain agama-agama di dunia terutama agama samawi (Islam, Kristen & Yahudi) meyakini adanya makluk non-jasadi berupa jin dan malaikat. Tapi tidak pernah ada satu sumber agama tersebut yang menceritakan secara gamblang adanya kehidupan di planet yang jauh.
    Berbicara sesuatu dengan bingkai agama tidaklah membuat manusia kaku seketika atau kehilangan sifat kritis. Tapi harusnya kita meyakini Tuhan dan Apa Yang Dia Ceritakan.

    Piss, ah.

    ReplyDelete
  15. Keren bang..
    Keep posting..


    Chupu

    ReplyDelete
  16. kesaksian dari Iwan Gunawan mengenai fenomena USO di Indonesia:

    http://www.betaufo.org/sightings/uso-selat-malaka-2005.html

    http://www.youtube.com/watch?v=UfdsPfJ9LY8

    ReplyDelete
  17. Wow,.. Mantap.
    Lanjutkan pengamatan.!

    ReplyDelete
  18. USo ya? hmm... kata tetangga saya yang seorang pelayar, USo bukanlah hal asing lagi, katanya udah biasa liat USo di laut, hehehe
    Jadi bang Enigma blum menemukan jawaban misterinya nih?

    ReplyDelete
  19. Awesome..

    Saya sampai terbawa dan benar-benar bisa membayangkan apa yang ditulis bro enig. Saya benar-benar kagum dengan gaya tulisan anda.

    Btw, Saya baru tahu kalau ada USO. Tapi memang belum ditemukan jawabannya ya, apa sebenarnya USO tsb?
    Kalau begitu memang layak menyandang unidentified submerged object.

    ReplyDelete
  20. waduh...ud lama ditunggu ni......top 20....@_@...

    ReplyDelete
  21. a.waHyu.s..

    Waw.. Bnda apa yg bsa mnylam dan trbng dgn kcptn tnggi..
    Apa mngkin itu tknologi warga atlantis..
    Spa twu ja wrga atlantis skrng jd tnggl d bwh laut..
    Haha..

    Syng sx dr bnyg'a laporan tpi hnya sdkit yg da bkti konkrit'a..

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  22. jika USO adalah pesawat milik Militer Amerika ....mungkin saja ...Itu sebagai Pesawat Rahasia yang dibuat olah mereka ,

    Ga semua orang percaya itu milik AS , Tapi jika benar USO ....Maka Bisa terjawab bahwa UFO juga ada disekitar kita.Dan mereka sedang mengintai dari udara maupun darat dan lautan !!! karena sangat mungkin jika mereka ada di dalam Lautan dunia kita ...logika nya Manusia juga masih belum sepenuhnya telah menjelajahi lautan

    ReplyDelete
  23. Oh ea..........Bang E !!
    ko rating nya jadi turun setiap harinya ????

    ReplyDelete
  24. Mungkin UFO dari luar angkasa itu dirancang amfibi. Bisa di udara, air, darat.

    Apakah pernah ada UFO yang berjalan di jalan raya?

    Hehehe.

    ReplyDelete
  25. udara=ufo,air=uso,,klo darat apakah ada jg bang enigma? :)

    ReplyDelete
  26. klo gambar yang pertama ngambil dari adegan apa bang e? sebenernya yang cukup spooky adalah jules verne sudah menulis tentang ini pada 1869 dalam twenty thousand leagues under the sea

    ReplyDelete
  27. ke 19 ,lumayan 20 besar

    ReplyDelete
  28. anaktataumalu:
    gak suka tentang UFO...T.T
    but i like to comment ^_^

    ReplyDelete
  29. kendaraan penduduk atlantis

    -faisal-

    ReplyDelete
  30. wah, jangan-jangan ufo dari dalam air..

    Good Posting bang E..

    ReplyDelete
  31. Ikutan ralat y bro,he..he
    Di prgraf k 4(ato kelima y,he..he) ada kslhan ktik kta "wialayah",he..he
    Trims

    Vahn S

    ReplyDelete
  32. bang E..
    ntu lokasi penampakannya tersebar ato gmn.....???

    ReplyDelete
  33. Bung E. taw gak "MEREANA MORDEGARD GLESGORV", katanya itu video, dan yang nontonnya mencongkel matanya sendiri, sekarang video tersebut sudah diedit agar tidak menghipnotis (congkel mata) dan ada di youtube, coba search aja bung, sekitar seratusan orang udah jadi korban, hoax ato bukan bung?

    post yah tentang "MEREANA MORDEGARD GLESGORV"
    pliss

    ReplyDelete
  34. @Phenomena: cahaya marfa diakibatkan oleh lampu mobil. Kalau bola api nong khai, memang ada kemungkinan, namun kita belum bisa memastikannya.

    @Vahn: kalau saya bisa menjawab mengenai USO, maka saya juga pasti bisa menjawab soal UFO. hehe.

    @deshaika: rating itu naik atau turun tergantung seringnya saya posting. karena jarang posting, tentu saja turun. wajar.

    @yipad: saya belum tahu tuh ada UFO di darat.

    @Ibnu Nadzir: gambar itu kalau nggak salah persepsi seniman mengenai subplane. Jules Verne memang salah seorang yang pertama mempopulerkan subplane.

    @Vahn: sudah dikoreksi. thanks ya bro.

    Anonymous no.37: penampakannya tersebar di berbagai negara. kebanyakan di lautan luas.

    @Apunk: belum tahu, nanti saya cari ya.

    ReplyDelete
  35. cuman mau sedikit edit Bang:
    "Insiden Shag Harbour adalah salah satu insiden UFO yang paling terkenal di dunia."
    bukannya seharusnya "... satu insiden USO ..."

    Thx.

    ReplyDelete
  36. Jangan2 selain ada di udara dan di bawah air, mungkin nanti jg ad di bawah tanah trs djuluki UUO (Unidentified Underground Object) hehe. . Kidding. . :-)

    ReplyDelete
  37. @anonymous no.40: insiden shag harbour lbh dikenal sbg insiden ufo, bkn uso. Cm krn terlihat masuk ke air, maka ia jg bs dikaitkan dgn uso.

    ReplyDelete
  38. Oryza Sativa bilang....

    Dasar UFO cacad....
    Lebih canggih USO deh....
    ato mungkin sama????
    (mode PB on)
    om enigma req. wanita salju donk....
    termasuk mistis gag tuh....???

    ReplyDelete
  39. MR.E
    ane kemaren habis baca di blognya harits yg tentang 1 desa lenyap gara" ufo itu benerang ga sih bang ??

    MOHON PENJELASANNYA BANG...

    ReplyDelete
  40. Gak pa pa dech 50 Besar..

    hhmmmmm.... ada lagi ni misteri menunggu untuk dipecahkan.. kalo dibaca berkali-kali, USO terdengar aneh... mungkin sudah terbiasa dengan UFO... hehehe....

    Good Job Mr.E

    Request makhluk criptid dong....!

    Blackspace

    ReplyDelete
  41. Menanggapi komen dari deshaikha...
    Yang dimaksud rating itu Alexa Rank tha? wajar jika semakin turun, cuz sekarang semakin banyak sites yang menggunakan Alexa, sehingga Alexa Rank situs - situs yan telah terdaftar sebelumnya akan terkoreksi terus setiap harinya. Saya lihat banyak juga kok blog - blog misteri lain yang terkoreksi Alexa Ranknya, termasuk blog saya, wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  42. @joko pakusumo: kisah 1 desa lenyap gara2 ufo di cina adalah hoax. Terlihat sekali hoaxnya. Lagipula dlm tempo 4 hr sdh ketahuan hoax dan sdh diklarifikasi.

    ReplyDelete
  43. dari Tresna Asti

    hufp!! penasaran.. tapi ga tau musti dibawa kemana arah brfikirnya.. mau percaya tapi ga jelas.. mau ga percaya, tapi ada saksi..
    =,=

    ReplyDelete
  44. Mungkin hewan2 berpendar dalam air bisa jadi tersangkanya, seperti gerombolan ubur-ubur. Namun mereka tidak bisa terbang.

    ReplyDelete
  45. werlington
    kalo menurut ane uso=ufo ufo=uso kaga ada bedanya,mungkin aja kan apa yg dibilang ufo itu sebenernya dapat nyelem ke laut...who know kan....bener kata boz enigma,kalo bisa mengungkap uso berarti terungkap pula ufo
    thanx boz enigma....!!!!!

    ReplyDelete
  46. Jika alien berteknologi tinggi ada, maka UFO atau USO sama saja karena teknologi yg dipake untuk penerbangan sama. Lain halnya teknologi manusia yg menggunakan roket atau jet untuk terbang, sedangkan untuk submerge pake teknologi propeler biasa. Kalo pake roket dalam air kali kayaknya ga bisa nyala soalnya kena air he he he...

    Alien naik mobil kayaknya juga ga keren blas n gampang tertangkap media jelasnya. Kalo masuk kedalam tanah, barangkali alien yg bertanggung jawab sama gempa di indonesia selama ini he he..

    ReplyDelete
  47. Kalau kita mengesampingkan teori ufo, maka cahaya dari air itu bisa saja fenomena alam biasa, seperti efek dari gas. katanya di segitiga bermuda juga ada gas alam seperti itu yang menyebabkan kapal tenggelam. Jadi, bisa jadi itu cuma efek dari gas alam.
    Soal cahaya-cahaya di dalam air, seingat saya memang ada sejenis ikan yang bisa mengeluarkan cahaya berwarna hijau. Tolong Mr.e diklarifikasi.
    Lalu, bisa juga itu memang tekonologi rahasia. Kalau soal kapal selam, kecepatannya memang terbatas. kalau nggak salah kapal selam cuma 40 kilometer/jam. Tapi konon nazi punya teknologi tinggi, bisa saja mereka berhasil buat pesawat yang bisa nyelam.
    Selain itu, katanya Nkola Tesla juga pernah bikin UFO yang terbang dengan kecepatan super. Bisa saja teknologi itu memang ada. Tapi sayangnya Tesla juga subjek perdebatan.

    anyway, saya kira ini memang misteri alam yang menggugah ingin tahu. nice post bro.e.

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  48. bung enigma izin copast ya.. saya dari pertama sudah cinta sama tulisan2 bung E , saya mau belajar ngeblog jg gapapa kan saya copast? :)

    ReplyDelete
  49. mantap gan... lama dak basuo kangen nih...(dwiero)

    ReplyDelete
  50. mungkin orang" yang hilang d segitiga bermuda hilang gara" d tarik USO...
    hahahahaha

    ReplyDelete
  51. kayanya memang selalu dikaitkan dengan urursan militer dan konspirasi. yang namanya militer walaupun sudah berhasildengan teknologi canggih pasti yang akan dikemukakan cuma proyek gagal atau sejenisnya.

    kalau memang makhluk exstraterstrial yang mengembangkan peradaban yang sangat maju dibawah laut, ngapain dia harus sembunyi-sembunyi. kenapa dia tidak langsung menguasai bumi,toh dia punya teknologi yang sangat maju dan dia mungkin sdh ada sejakjutaan tahun lalu. dan bakalan muncul banyakpertanyaan lain jika dikaitkan dengan makhluk extraterestrial

    ReplyDelete
  52. bisa jadi itu buatan manusia, but kalo udah dari jaman dulu bisa jadi itu manusia bawah air (iye gila nih teori) tapi emang bener tuh, laut kan tempat yang paling belum terjamah oleh manusi

    ReplyDelete
  53. wah keren kalo ada teknologi seperti itu...namun apa iya isu ini telah ada bertahun tahun sebelumnya? cerita alexander agung apa bisa dibuktikan?

    ReplyDelete
  54. seep gan.....ayo gan cari jawabanya!!!!

    ReplyDelete
  55. kalo itu benar ada hubungannya dengan militer, itu hanya menjawab penampakan beberapa tahun terakhir.

    bagaimana dengan penampakan yang dialami alexander agung dan colombus?

    really nice artikel bang :)



    ufo believer

    ReplyDelete
  56. Epsilon said

    Halo bro E, nih comment pertama aku sejak blog ini berdiri, sebenernya aku org lama yg kgak pernah kesampean post comment lantaran ngejar pertamax ^^. ane kenal ama yg namanya lica, nate river, myheart 2015 n 51, dll, pokoke org lama, nah ada 1 pertanyaan yg dr dulu ane pngen bgt bro e slidikin!!

    "KENAPA DISETIAP IKLAN JAM TANGAN ANALOG, ENTAH DIKORAN, DIIKLAN TV, DI POSTER ,DLL JARUM JAM SELALU ADA DI : JARUM PENDEK DI ANGKA 10, JARUM MENIT DI ANGKA 2 , N DETIKNYA KLO GAK SALAH DI ANGKA 7 ATO 8, APA ITU SUATU KBETULAN OR MEMANG UDAH DIRENCANAIN ATAU TAHUN BERSEJARAH UNTUK JAM TANGAN?"

    DIMOHON DGN SANGAT HASIL ANALISIS BRO E, BTW I LOVE THIS BLOG SOOOOOOO MUUUUCCCCHHHH!!!

    ReplyDelete
  57. @epsilon: Ok, nanti saya akan posting soal request kamu.

    ReplyDelete
  58. Apaan?

    Kok aku gak pernah lihat ya? Padahal aku sering tidur di laut (waktu mancing malam).

    Paling2 cuma lihat sepasang cahaya kuning yg muncul trus nyelam lagi (mata buaya yg berpendar di malam hari!).

    Atau kadang juga sering terganggu tidurnya sampai bangun gara2 ada yg muncul dari dlm air di dekat kapal. Buoozz...(eh! Ternyata penyu yg ambil nafas. Ganggu tidur aja).
    Kok bisa tahu ato dengar? Maklum kapalnya cuma perahu kayu kecil.

    Siapapun yg mau, kunjungi blogku ya artikelnya sudah ada yg baru lho!

    ReplyDelete
  59. Koneksi lemot, sinyal antara ada dan tiada, mo komen jadi susah.
    (frustasi mode on)

    Maaf ya bang enigma, kalo komenku ada yg dobel2 isinya sama.

    MJ

    ReplyDelete
  60. Peswan aja deh :D

    Oiya gan..sekali2 bahas tentang fenomena manusia terbang dong kayak yang disini :

    - http://wahw33d.blogspot.com/2010/04/misteri-manusia-terbang.html

    Mungkin ada penjelasan ilmiah nya.. :)

    ReplyDelete
  61. cupazz

    waH bener nich, klo USO terjawab maka UFO juga terjawab... haaahaa...moga aja gak di jajah mau UFO/USO

    ReplyDelete
  62. benar2 luar biasa...
    cuma waktu yang bisa menjawab...
    [Argha]

    ReplyDelete
  63. pagi Bang E.
    Saya pikir misteri USO tidak bisa dipecahkan dengan mengatakan kalau ini adalah hasil teknologi militer yang paling canggih. Soalnya penampakan USO pernah terlihat pada 329 SM(seperti yang di tulis Bang E d atas), apakah perdaban manusia pada masa itu sempat terpikirkan dan mempunyai teknologi untuk membuat USO?
    Kalau Amerika berhasil merealisasikan USO,lantas bagaiman para ahli menjelaskan fenomena yang di alami Alexander Agung?
    Kesimpulannya USO ini bisa berarti ada peradaban lain di bawah laut sana,tapi saya tidak mengatakan ada makhluk Ekstrateresterial lain d bawah sana.

    ReplyDelete
  64. hmm, menarik juga ya, dan agak sedikit ganjil..kalau memang pada dasarnya mereka udah ada di bumi sejak jaman alexander the great dan memiliki teknologi secanggih itu,kenapa mereka mau repot2 tinggal dibawah laut, padahal dengan peralatan secanggih itu, sy yakin merebut permukaan bumi dari tangan manusia bukan perkara sulit..hmm, mungkin kejadian kaya di film independence day hanya tinggal menunggu waktu..

    ReplyDelete
  65. asem...
    aq hampir kena ini "MEREANA MORDEGARD GLESGORV" . .
    sumpa klo g kuad jangan liad..
    .
    bahaya!!!

    ReplyDelete
  66. Om enigma, saya pengen jawab pertanyaan epsilon..

    @Epsilon
    itu sengaja soalnya jarum pendek di angka 10 dan jarum menit di angka 2 di jam analog itu mirip sama wajah yang lagi tersenyum. jadi semua iklan sengaja kaya gitu. soal jarum detik di angka 7 gatau kenapa.

    eh saya juga sama kayak bang epsilon saya orang lama tapi baru pertama ngomen. hhe.

    Shad.

    ReplyDelete
  67. nice inpo bro enigma

    ReplyDelete
  68. Bisa jadi penjelasannya bukan cuma satu. Misalnya, waktu masa alexander dan colombus, yang dilihat cuma peristiwa alam. lagipula, kita tidak tahu pasti. bisa juga hewan laut yang bercahaya. bisa juga pesawat militer. semua penampakan yang disebut bro.enig mungkin tidak bisa dihubungkan dengan satu hal saja.

    ReplyDelete
  69. Angulus Ludovici:

    "MEREANA MORDEGARD GLESGORV" itu video hoax, saya sudah melihat dan menatapnya selama-lama-lama-lama mungkin dan berharap sesuatu terjadi, namun tangan saya tidak juga bergerak untuk mencungkil mata saya sendiri. Haha.

    Btw, tentang USO itu amat menarik. Pada topik UFO yang Bro Enigma postingkan sebelum-sebelumnya, kita sama-sama pernah membahas kenapa bentuk pesawat UFO (atau USO) melulu berbentuk piring terbang. Dari jaman Alexander Agung sampai sekarang tidak ada perbaikan bentuk samasekali. Alexander Agung lahir tahun 347 SM, berarti sudah 2357 tahun berselang, manusia sudah beralih dari kereta kuda ke mobil sport, tapi pesawat UFO masih setia dengan bentuk piring. Aneh bukan?

    Saya pernah mencoba berteori bahwa mungkin bentuk pesawat UFO yang kita lihat tidak berubah banyak dari abad ke abad ini berkaitan dengan perbedaan jalannya waktu di tempat UFO/Alien itu berasal dengan di bumi. Seperti yang dikatakan oleh teori relativitas Einstein bahwa jalannya waktu dipengaruhi oleh gravitasi dan kecepatan sebuah benda, maka mungkin saja planet tempat UFO berasal mempunyai gravitasi yang sangat besar sehingga jalannya waktu disana lebih lambat dibandingkan di bumi. Bila jarak antara dua kunjungan ke bumi adalah 10 tahun waktu planet UFO berasal, maka waktu di bumi sudah berselang 2000 tahun.

    Atau, bisa juga UFO bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya saat berkunjung ke bumi sehingga mereka seolah-olah bergerak ribuan tahun ke masa depan padahal waktu di pesawat mereka hanya berselang beberapa tahun.

    Kalo ini terjadi... maka bisa kita bayangkan, Alien yang ada di pesawat UFO pasti mengalami depresi berat bila mendapat perintah oleh komandannya untuk mengunjungi bumi. Kenapa? Mengunjungi bumi dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya berarti berpisah selamanya dengan keluarga mereka karena bila waktu di pesawat mereka taruhlah berselang 1 tahun, waktu ditempat asal planet mereka bisa jadi berselang 50 tahun. Isteri dan orangtua mereka sudah tiada saat mereka kembali lagi ke planet mereka... dan bahkan bisa jadi usia mereka akan lebih muda dibandingkan cucu-cucu mereka.

    Bila para tentara yang dikirim ke medan perang sering menuliskan kisah-kisah sedih mereka dalam buku diary, maka begitu pula dengan para Alien ini. Mereka mencurahkan kisah sedih mereka dalam bentuk lukisan-lukisan di ladang jagung. Dengan ini kita bisa mengerti bahwa "Crop Circle" itu sebenarnya tak lebih dari diary para Alien... berisi ratapan kisah sedih meninggalkan keluarga tercinta demi menunaikan tugas. Kalau saja manusia bisa mengerti.

    Kembali tentang USO, saya setuju sekali dengan Bro Enigma bahwa pangkalan Alien yang paling aman tentu saja di laut. Ini seperti di film "ABYSS" bila teman-teman pernah menontonnya.

    ReplyDelete
  70. Angulus Ludovici:

    Saya percaya bahwa mengenai UFO/USO ini tidak akan pernah dibuka ke publik secara luas oleh NASA biarpun mereka mengetahuinya atau pernah mengadakan kontak. Kontak dengan peradaban yang jauh lebih cerdas dari manusia berarti 'kiamat'. Saya pernah mempostingkan bagaimana pengetahuan Alien dapat mencederai tatanan psikologis manusia yang paling dasar: AGAMA.

    Pada akhirnya, makhluk luarbiasa cerdas akan berperan sebagai "juri" dari benar atau tidaknya sesuatu. Mereka akan menjadi "Galileo-Galileo" baru dengan pengetahuan yang mencengangkan. Bagi ras manusia, mengetahui kenyataan yang sesungguhnya bukan selalu berarti kebaikan. Kenyataan memang kebenaran. Tapi kebenaran bisa saja menyakitkan.

    Bila sampai saat ini Alien belum mengungkapkan jati diri mereka sesungguhnya, dan bukan karena alasan takut/segan bahwa manusia sudah menguasai teknologi nuklir, maka kita bisa simpulkan bahwa ras Alien ini cukup mempunyai etika...

    ETIKA??? Tunggu dulu!
    Coba anda renungkan...
    Semua setuju bahwa dibandingkan marmut, tentu saja manusia jauh lebih cerdas. Manusia beretika? Tentu saja ya. Tapi bila dihadapkan oleh persoalan tertentu, manusia lebih memilih mengorbankan marmut. Marmut dapat difungsikan sebagai hewan percobaan daripada mencobanya pada manusia lain.

    Dari sini muncul pertanyaan, buat apa Alien beretika, bila memang manusia 'bukan apa-apa' bagi ras mereka?

    Mungkinkah... mereka beretika terhadap kita, karena kita masih mempunyai hubungan saudara dengan mereka???

    Who knows...

    ReplyDelete
  71. Menurut gw UFO itu adalah kaum Elf yg telah meninggalkan middle earth, walaupun dahulu kaum Elf hidup rukun berdampingan dengan manusia, dan mengajarkan manusia banyak pengetahuan. Tapi Keserakahan manusia membuat kaum Elf meninggalkan bangsa manusia kemudian lari ke dalam lautan.
    (sorry klo ngaco ^_^)

    ReplyDelete
  72. @Epsilon No. 63: Jarum panjang & jarum pendek nunjuk angka 10 & 2 kl ga salah duluny biar ngebentuk huruf V yg artiny Victory, kl jarum detik nunjuk angka 6 itu cm buat kepentingan estetika aj (itu yg saya tau :P )

    ReplyDelete
  73. *bearti USO itu ada yg bs trbang dan nyelam.ada jg USO yg cm bs nyelam aja,ga bs trbang.
    *kalau cm bs trbang ga bs nyelam=UFO
    *k-2nya bnyk yg liat, brkomunikasi dLL,tp kbradaannya msh tanda tanya.
    *kalaaau ga bs trbang,g bs nyelam namanya FUSO.ini adalah prototipe awal UFO dan USO.bhn bakarnya pake sinar matahari dlm bentuk cair (solar-liquid) yg nyetir namanya Alie.N
    hihi.

    _cornhead_

    ReplyDelete
  74. WIIIH!!! BANG ENIGMA EMANG MANTEP!! KEEP IT UP BRO

    ReplyDelete
  75. gambar pertama kaya ikan pari... hahahahha!

    jangan2 itu yg membunuh Steve Irwin? :P

    ReplyDelete
  76. weis dibahas jg nih USO kirain cuma UFO doang mangstab lahhh....

    ReplyDelete
  77. MUNGKIN ADA YG PERNAH LIHAT DI UTUB? ADA VID 15 DETIK TTG PENYELAMYG DIAWASI GELEMBUNG AIR BERGERAK SANGAT CEPAT... TEMAN SI PENYELAM YG UPLOAD, SY PUNYA VIDNYA

    BTW MR E, CMIW REKAYASA KENDARAAN ANTI GRAVITASI TERNYATA DASAR2NYA TERPATEN DI US PATENTS SEJAK TAHUN 1800 AN !!!!

    ReplyDelete
  78. Interesting one ! :)

    lama nggak posting comment di sini karena online pake hp nggak bisa posting comment :(

    thanks enig :)

    -melao

    ReplyDelete
  79. Ran

    sy heran, dr mn yah mas enig tw soal2 info2 misterius ?

    ReplyDelete
  80. spertinya seh Atlantis memang bnar2 ada,,
    Negara itu hilang terbenam di dalam laut,,
    mreka dtang dgn cra diam2 spaya tdk d'ktahui olh manusia atas krna mrka tkut peradaban mreka yg jauh lbih maju mngakibatkan manusia atas menggunakannya untuk kejahatan...

    ReplyDelete
  81. @Angulus Ludovici:

    kalau saya perhatikan komen anda, kayaknya anda lebih tepat dibilang percaya keberadaan 'alien cerdas' deh daripada UFO atau USO, kayak yg anda bilang di komen 78.
    Kalau UFO kan emang ada, semua benda terbang gak teridentifikasi kan disebut UFO.


    "Angulus Ludovici:

    Saya percaya bahwa mengenai UFO/USO ini tidak akan pernah dibuka ke publik secara luas oleh NASA biarpun mereka mengetahuinya atau pernah mengadakan kontak. Kontak dengan peradaban yang jauh lebih cerdas dari manusia berarti 'kiamat'. Saya pernah mempostingkan bagaimana pengetahuan Alien dapat mencederai tatanan psikologis manusia yang paling dasar: AGAMA."


    dan kayaknya anda lebih percaya keberadaan alien cerdas ya daripada Tuhan.

    ReplyDelete
  82. Mistery is Among us, and God create anything that u don't know

    ReplyDelete
  83. bang enigma, kyk'a ad hal yg sedikit aneh deh soal UFO / USO.
    1. kenapa semua foto'a blur, jauh, gga jelas, dll?
    ap diambil'a buru" krn panik(yg plng mungkin), kamera'a jelek (tpi masa semua kamera yg ng-foto jelek semua?), ataw ada hal lainnya.

    2. pengecualian klo foto UFO itu ad d dkt bukit / hutan / tmpt yg jarang ada orang'a. tpi misal'a ad d perkotaan masa gga ad yg sadar / minimal org yg lbh dkt k arah objek ng-foto juga..

    sekian n terimakasih..

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  84. well...mungkin itu adalah bukti peradaban manusia di masa ramayana atau atlantis...peradaban mereka kan sangat maju dan dinyatakan hilang, tapi belum tentu hilang beneran, mungkin mereka bersembunyi...

    ReplyDelete
  85. PELAJARI LAGI ILLUMINATi!!!!
    PROJECT BLUEABEAM !!
    ckckck...

    ENTE MASIH KURANG GAN TEORINYA !!
    )UFO ITU ADA INI,CUMA PROYEK MEREKA:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5953735

    ReplyDelete
  86. It's just like a cyborg flying manta ray

    ReplyDelete
  87. mas, saya jadi kepikiran nih..
    setelah baca post tentang bola naga di sungai mekong, saya jadi berkesimpulan:
    jangan jangan cahaya yang pelaut pelaut itu liat adalah hal yang sama dengan di sungai mekong??

    menurut mas enigma gimana nih??

    san

    ReplyDelete
  88. San, bisa jadi juga sejenis bola api sungai mekhong.

    ReplyDelete
  89. Lillahi maa fissamaawaati wal ardh..
    apa2 yang ada dibumi dan dilangit semuanya milik Allah....

    ReplyDelete
  90. pertanyaannya, 'mereka'(yg nyetir USO maksudnya) kemungkinan ada/nyata, tapi knp gak mau berkomunikasi/bersosialisasi dgn kita/manusia?? benar2 egnima ya!!

    ReplyDelete
  91. walaupun pada perang dunia 1 atau 2 sudah ada yang bisa membuat pesawat atau kapal seperti itu,
    itu tetap tidak akan menjawab fenomena ufo dan uso,
    jgan lupa pada tahun 325 sebelum masehi alexander agung pernah melihatnya.
    Ckckck

    ReplyDelete
  92. Kalau betul ada UFO....macammana manusia akan percaya konsep ketuhanan??

    ReplyDelete
  93. Today, while I was at work, my sister stole my iphone and tested to see if
    it can survive a 30 foot drop, just so she can be a youtube sensation.
    My apple ipad is now destroyed and she has 83 views. I know this is completely off topic but I had to share it with someone!|

    Take a look at my homepage :: darmowy program pit 2014

    ReplyDelete
  94. Currently it appears like BlogEngine is the top blogging platform
    out there right now. (from what I've read) Is that
    what you are using on your blog?|

    my web-site :: program do rozliczania pit 2013 - nowyprogrampity2013.pl,

    ReplyDelete
  95. Unquestionably believe that which you said. Your favorite justification
    seemed to be on the net the easiest thing to
    be aware of. I say to you, I definitely get irked while people think about worries that they plainly
    do not know about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having
    side effect , people could take a signal. Will likely be back to get more.
    Thanks|

    my homepage :: darmowy program pit 2013 [http://dobryprogrampity.pl/]

    ReplyDelete
  96. Does your blog have a contact page? I'm having a tough time locating it but, I'd
    like to shoot you an email. I've got some ideas for your
    blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look
    forward to seeing it develop over time.|

    my web page pit 2013 program ()

    ReplyDelete
  97. I will right away grasp your rss as I can't find your email
    subscription hyperlink or newsletter service. Do you've any?
    Kindly allow me know in order that I may subscribe. Thanks.|

    Check out my blog post; pit 2014 program

    ReplyDelete
  98. Terrific work! This is the type of information that are supposed to
    be shared across the web. Shame on Google for no longer positioning this put
    up upper! Come on over and talk over with my web site .

    Thanks =)|

    Also visit my web site darmowy program pit 2013

    ReplyDelete
  99. My brother recommended I would possibly like this web site.
    He used to be entirely right. This submit actually
    made my day. You cann't consider just how much time I
    had spent for this information! Thanks!|

    Also visit my web site: darmowy program pit 2014 (dobreprogramypity.pl)

    ReplyDelete
  100. Kalau USO adalah pesawat militer yang canggih, tetapi mengapa columbus bisa melihat pesawat? Columbus hidup sebelum benua amerika ditemukan bagaimana bisa ada pesawat?

    ReplyDelete