Tuesday, March 15, 2011

Misteri jejak-jejak kaki setan Devon

Pada tanggal 5 Maret 2009, Jill Wade dari Devon, Inggris, dikejutkan dengan adanya jejak-jejak misterius di atas salju di kebun belakang rumahnya. Jejak-jejak ini mengingatkannya kepada sebuah misteri yang terjadi lebih dari 150 tahun yang lalu.


Jill yang telah berusia 76 tahun berkata:

"Aku melihat ke kebun belakang rumahku dan sangat terkejut. Aku benar-benar tidak bisa mempercayainya. Jejak-jejak kaki itu berbentuk kuku belah dan tidak ada jejak lain di atas salju."


Jejak di kebun belakang rumah Jill Wade
Penemuan Jill segera menarik perhatian Centre for Fortean Zoology (CFZ), sebuah organisasi Cryptozoology, yang segera mengirim tim untuk memeriksa jejak-jejak tersebut. Jika mereka berhasil memecahkan misteri ini, mungkin mereka juga akan memecahkan misteri serupa yang telah berusia lebih dari 150 tahun, yaitu misteri jejak-jejak kaki setan Devon.

Mari kita flashback 156 tahun ke belakang.

Pada tanggal 8 Februari 1855, salju tebal turun di Devon selatan selama seharian. Hujan salju itu baru berhenti kira-kira pada tengah malam dan saat itu para penduduk Devon sudah lelap dalam tidurnya. Namun, sesuatu sedang terjadi di luar.

Pagi harinya, para penduduk mulai bersiap untuk melakukan aktivitasnya.

Tiba-tiba mereka melihat ada sesuatu yang tidak biasa di atas permukaan salju.

Mereka menemukan jejak-jejak aneh!

Jejak-jejak itu memiliki pola seperti kuku belah. Saksi lain mendeskripsikan bentuknya seperti huruf U atau seperti tapal kuda. Ukuran panjangnya adalah 4 cm hingga 6,25 cm dan jarak antara jejak kaki sekitar 20 cm.

Tidak ada jejak lain di permukaan salju.

Hebatnya, jejak-jejak tersebut terlihat hingga 160 km jauhnya dari Exmouth hingga Topsham.

Apa yang lebih membingungkan adalah letak jejak-jejak tersebut.

Pada beberapa lokasi, jejak-jejak tersebut terlihat menghampiri pintu rumah penduduk, namun kembali menjauh.

Di tempat lain, jejak tersebut terlihat di atap rumah.

Lalu, ada juga jejak yang terlihat menghadap sebuah tembok setinggi 4 meter dan muncul di sisi lain dari tembok, seakan-akan mahkluk tersebut berjalan menembus tembok.

Di sungai Exe, jejak tersebut terlihat pada dua sisinya, entahkah makhluk itu menyeberangi sungai tersebut atau ada dua makhluk yang berjalan di kedua sisi sungai.

Makhluk
apakah yang telah menciptakan jejak-jejak tersebut?

Setelah pagi itu, berita mengenai fenomena jejak kaki misterius telah menyebar hingga ke luar Devon.

Harian Times of London mendeskripsikan jejak tersebut sebagai berikut:

"Jejak itu lebih mirip makhluk yang berjalan dengan dua kaki dibanding makhluk yang berjalan dengan empat kaki dengan jarak antara jejak sekitar 8 inci. Kesan yang bisa ditangkap dari jejak tersebut adalah mirip dengan sepatu keledai."


Jika yang bertanggung jawab atas jejak tersebut adalah seekor hewan, maka para penduduk tidak pernah tahu hewan yang bisa meninggalkan jejak seperti itu. Jadi, rumor pun beredar.

Devon disebut-sebut kedatangan makhluk misterius yang tidak dikenal!

Karena faktor ini, beberapa pemuka agama menduga kalau jejak kaki tersebut ditinggalkan oleh setan yang sedang berkeliaran mencari para pendosa. Ide ini tentu saja ditolak oleh banyak orang. Namun dugaan ini memberikan nama untuk fenomena ini, yaitu Jejak-jejak kaki setan Devon.

Ketika mendengar istilah jejak-jejak kaki setan, jangan membayangkan kalau jejak-jejak tersebut berukuran raksasa. Ukuran panjangnya hanya 4-6 cm sehingga cukup masuk akal jika kita beranggapan jejak ini diciptakan oleh hewan.

Dan itulah yang segera dilakukan oleh beberapa orang yang menolak teori jejak setan. Mereka bergegas memberikan dugaan yang lebih rasional.

Misalnya Pendeta G.M Musgrave yang kemudian segera mengirim surat kepada harian Illustrated London news untuk memberitahukan mengenai adanya dua ekor kanguru yang terlepas dari kebun binatang pribadi milik Mr. Fische di Sidmouth.

Tetapi kalau memang ada kanguru yang terlepas, mengapa dua hewan ini tidak terlihat oleh penduduk desa?

Bahkan tidak ada kepastian lebih lanjut apakah benar-benar ada kanguru yang terlepas atau tidak sehingga berita itu kemudian hanya dianggap sebagai rumor.

Sir Richard Owen, seorang ahli biologi kenamaan, percaya kalau jejak itu ditinggalkan oleh seekor Badger (Hewan sejenis Musang) yang berkeliaran di desa untuk mencari makan. Menurutnya, jejak yang aneh itu tercipta karena kebiasaan hewan itu menaruh kaki belakangnya ke jejak yang dibuat oleh kaki depan.

Badger - Hewan sejenis Luwak
Namun, Sir Owen tidak pernah secara langsung mengobservasi jejak tersebut dan mendasarkan teorinya hanya pada deskripsi para saksi. Dan memang, teorinya tidak terbukti.

Selain Badger, ada yang menyebutkan racoon, keledai, tikus, berang-berang ataupun hewan lainnya. Sayangnya, tidak ada satupun diantara hewan tersebut memiliki jejak kaki yang serupa dengan jejak kaki Devon.

Sebagian lain percaya kalau jejak-jejak kaki tersebut dibuat oleh seorang iseng yang mungkin ingin menciptakan kehebohan. Namun teori ini memiliki kelemahan. Jika memang jejak itu dibuat oleh orang yang iseng, mengapa tidak terlihat adanya jejak lainnya di atas salju? Bagaimana bisa jejak tersebut terlihat hingga 160 km? Dan jika memang orang itu hendak menciptakan kehebohan, mengapa ia tidak menciptakan jejak kaki yang lebih besar dan lebih mengerikan seperti jejak harimau?

Jadi, misteri ini tetap tidak terpecahkan. Usaha untuk memberikan penjelasan rasional atas peristiwa ini berlangsung hingga abad 20 ketika sejumlah penulis modern mencoba untuk menawarkan alternatif penjelasan.

Misalnya, pada tahun 1985, terbit sebuah buku berjudul "The Devil's Footprints: The Great Devon Mystery as it was reported in the newspapaer of 1855" yang ditulis oleh Geoffrey Household.

Dalam bukunya, ia mengajukan teori kalau jejak-jejak aneh tersebut mungkin telah diciptakan oleh sebuah balon eksperimen. Ia mengaku mendapatkan informasi kalau sebuah balon telah terlepas tanpa sengaja dari galangan kapal Devonport. Balon itu terikat dengan sebuah tali yang menggantung dengan besi di ujungnya. Besi inilah yang dianggapnya telah membuat jejak-jejak misterius tersebut.

Sumber Household adalah seorang pria lokal bernama Major Carter yang mengetahui hal ini dari kakeknya yang bekerja di galangan kapal itu. Menurutnya, pada waktu itu, informasi ini dirahasiakan karena balon itu juga merusak beberapa rumah kaca dan jendela rumah penduduk sebelum akhirnya jatuh di Honiton.

Tetapi, pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin sebuah balon bisa menciptakan jejak yang konsisten dengan jarak 8 inci (20 cm)? atau jejak yang sampai ke pintu rumah penduduk dan kembali? Apakah balon itu memiliki kecerdasan artifisial yang membuatnya bisa berpikir?

Penulis lain, Mike Dash, yang menulis sebuah artikel mengenai jejak setan Devon di Fortean Studies, percaya kalau jejak tersebut ditinggalkan oleh hewan pengerat yang melompat seperti tikus hutan. Tidak heran kalau jejak-jejak ini juga bisa ditemui di atap rumah. Menurutnya, jejak yang ditinggalkan oleh lompatan tikus sangat mirip dengan jejak hewan berkuku belah karena pergerakan otot kakinya ketika melompat.

Teori ini bukan sesuatu yang baru karena memang sudah sering disinggung sebelumnya. Namun, sekali lagi, tidak ada hewan pengerat yang diketahui memiliki jejak seperti itu.

Penulis lain, seperti Joe Nickell yang skeptis, lebih percaya kalau kisah ini hanyalah sebuah hoax. menurutnya, bagaimana mungkin jejak itu bisa mencapai 160 km? Apakah ada penduduk yang mengikuti jejak tersebut hingga 160 km pada hari itu?

Cukup masuk akal. Namun, dokumentasi mengenai peristiwa ini cukup lengkap sehingga jika kisah ini sebuah hoax, maka pastilah hoax tersebut diciptakan oleh media yang terbit pada tahun itu. Tetapi pandangan ini pun tidak didasarkan atas bukti yang kuat.

Pandangan lain yang mirip dengan Joe adalah: jejak ini tercipta akibat histeria massa. Mungkin para penduduk telah melihat jejak-jejak hewan yang beragam dan menganggapnya sebagai jejak yang sama. Joe juga beranggapan seperti itu. menurutnya, deskripsi saksi yang berbeda-beda membuat kemungkinan ini menjadi lebih kuat.

Tentu saja teori ini adalah jalan keluar yang paling gampang. Namun, bagi peneliti lain, misteri ini menarik karena mungkin ada makhluk cryptid yang hidup di Devon. Selain itu, walaupun kasus Devon adalah yang paling terkenal, misteri sejenis ini ternyata juga pernah disinggung dalam beberapa catatan sejarah lainnya.

Salah satu penulis yang pernah menyinggungnya adalah Ralph of Coggeshall, seorang penulis yang hidup pada abad ke-13. Dalam tulisannya, Ralph menceritakan mengenai sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 19 Juli 1205 dimana jejak-jejak kaki misterius muncul setelah terjadi badai.

Lalu, Kapten Sir James Clark Ross, komandan kapal yang pernah menjelajah kutub selatan. Ia juga menceritakan peristiwa yang serupa. Pada Mei 1840, kapal mereka mendarat di pulau Kerguelen dan menemukan adanya jejak-jejak misterius di salju tanpa melihat adanya hewan yang bertanggungjawab atas jejak-jejak tersebut.

Dalam bukunya yang berjudul "Voyage of Discovery and Research in the Southern and Antarctic Regions", Kapten Ross menulis:

"Kami tidak melihat satu pun hewan darat. Dan kami menemukan jejak yang mirip dengan jejak keledai yang ditemukan oleh tim yang dipimpin oleh Letnan Bird. Jejak itu dideskripsikan oleh Dr. Robertson sebagai jejak yang berukuran lebar 3 inci dengan kedalaman sekitar 2,5 inci. Jejak itu juga memiliki tekanan di masing-masing sisi dan bentuknya terlihat seperti tapal kuda."

"Sangat tidak mungkin kalau hewan itu berasal dari kapal yang terdampar. Mereka mengikuti jejak itu selama beberapa jauh dengan harapan melihat hewan yang menciptakannya, namun tidak menemukan apa-apa hingga sampai ke daratan berbatu yang tidak bersalju."


Mungkin peristiwa-peristiwa yang disinggung Coggeshall dan Kapten Ross tidak ada hubungannya dengan peristiwa Devon. Namun jika sebuah fenomena misterius terjadi beberapa kali, maka ada sesuatu yang perlu diselidiki. Karena itu, ketika Jill Wade menemukan jejak-jejak misterius di kebun belakang rumahnya, antusiasme segera menjalar diantara para cryptozoologyst. Kali ini, mereka memiliki tempat kejadian perkara dengan jejak yang masih terlihat, mereka memiliki foto jejak tersebut dan mereka bisa memikirkan ulang misteri ini dengan mengacu kepada ilmu pengetahuan modern sambil berharap memecahkannya.

Jejak yang ditemukan Jill memiliki panjang 13 cm dan jarak antara jejak sekitar 28 sampai 43 cm. Ukuran ini tidak sesuai dengan jejak hewan yang dikenal saat ini. Tetapi Jonathan Downes dari CFZ optimis kalau misteri ini akan terpecahkan. Ia dan timnya sedang meneliti kemungkinan kalau jejak itu diciptakan oleh seekor kelinci yang cacat.

Ia juga berharap kalau misteri yang terjadi 156 tahun lalu ikut terpecahkan.

Mengenai Jejak di kebun belakang Jill, Downes berkata:

"Apakah aku percaya kalau setan telah datang dari lubang neraka dan berkeliaran di sebuah kebun di utara Devon? Tentu saja tidak.


"Jika kamu bertanya apakah ada hal-hal yang tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan modern, maka jawabannya adalah ya. Namun pengetahuan manusia selalu berkembang dan aku percaya kalau sesuatu yang saat ini dikategorikan sebagai fenomena paranormal, suatu hari nanti akan dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan."


Apakah jejak kaki di kebun belakang rumah Jill memiliki hubungan dengan jejak kaki setan Devon tidak diketahui dengan jelas. Namun kita berharap penelitian CFZ akan membawa sedikit titik terang, paling tidak alternatif kemungkinan yang baru.

Mengenai penemuan jejak-jejak kaki misterius di atas salju ini, Rupert T. Gould pernah memberikan sebuah pertanyaan yang menarik:

"Aku berpikir, jika mereka menemukan makhluk itu, apakah yang akan mereka lihat?"


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

116 comments:

  1. pertamaxxx.
    by:kiki

    ReplyDelete
  2. pertamax lah.....amiinnn

    ReplyDelete
  3. 10 besar, amin...

    ReplyDelete
  4. ke berapa yah?
    :p

    .die

    ReplyDelete
  5. Mantaappppp agan ENIGMA, bravo !!!!!
    @hen

    ReplyDelete
  6. wow jejak yg keren!
    Salam kenal..
    Pyras

    ReplyDelete
  7. seperti jejak tapal kuda yg di buat oleh manusia

    -uwais-

    ReplyDelete
  8. sepertinya dugaan bahwa itu adalah jejak binatang yang bertelapak kaki 'cacat' lebih masuk diakal walau para peneliti tidak dapat membuktikannya secara ilmiah... tapi yang jelas, kalo dianggap jejak kaki 'setan', apapun alasannya kayaknya terlalu berlebihan... nice post bung enigma, saya salah satu penggenar postingan anda, salam kenal... (yogel)

    ReplyDelete
  9. nice post bro enigma, mengenai foot print itu, jejak itu spt jejak tapal kuda, tapi sepertinya enggak deh, mungkin bro enigma tahu jawabannya ?, hahaha

    Fandi

    ReplyDelete
  10. heheh juara sebelas ahahaha...

    _silentisme_

    ReplyDelete
  11. mantaap ... nemu aja yg seperti ini...

    ReplyDelete
  12. Mengenai peristiwa di Devon, mungkin saja benar kalo itu adalah balon lepas yg terikat dengan tali dengan besi di ujungnya...
    Kalau jejak yg sampai ke pintu rumah penduduk dan kembali, mungkin itu jejak binatang lain..
    Ditambah dengan efek histeria massal, menyebabkan orang berpikir pelakunya hanya sebuah/satu subjek.. Padahal bisa saja pelakunya adalah gabungan dari beberapa peristiwa, yaitu balon yang lepas, binatang cacat, orang iseng dan lain-lain.

    Anyway saya suka kalimat yg jadi endingnya ^_^
    .
    .
    .
    ron_interista

    ReplyDelete
  13. Koq jejak di salju pada gambar yg pertama kelihatan aneh...man da satu kaki ja ????gak hoax tu gambarnya bang?kalo jejak yg bner antara kaki kanan dan kiri rus ada lebarnya dan tiap kaki rus tidak berada pada satu garis luruss?

    ReplyDelete
  14. molotoft

    baca dlu.

    ReplyDelete
  15. Salam kenal om enigma, ini komen saya sejak beberapa bulan ini menjadi pembaca setia blog anda hehehe...masuk 20 besar nih

    ReplyDelete
  16. Posting baru nih..baca dulu ah

    ReplyDelete
  17. mantap postnya bro enigma, teta[i masih ada yang mengganjal bagaimana mungkin hewan menembus tembok seperti yang bro enigma katakan diatas?

    ReplyDelete
  18. wah masi masuk dalam 30 besar...sippp

    ReplyDelete
  19. histeria massa...ah, itu yang lebih mungkin.

    ReplyDelete
  20. molotoft

    misteri yg trjadi 156 thn yg silam itu mmank sgt menarik...!!!!

    yg ga menarik, jejak di blkg rmh si jill tuh..!!!

    fotonya kyk jjejak kaki biasa. ga ada yg aneh.

    ReplyDelete
  21. @Anonymous 20: makanya makhluk itu disebut lebih mirip dengan makhluk bipedal (berjalan dengan dua kaki).

    @Anonymous 24: saya tidak bilang makhluk itu menembus tembok lho. Yang saya tulis adalah "SEAKAN-AKAN mahkluk tersebut berjalan menembus tembok." haha.

    ReplyDelete
  22. menarik...jangan jangan..alien jalan jalan...

    ReplyDelete
  23. wow,...bravo,...applaus buat Bung E... ^_^

    ada berbagai versi mengenai jejak kaki iblis devon,mnurut sy pribadi,ini jejak kaki iblis?sy krg begitu yakin. namun faktanya,dan yg mnjadi pertnyaannya. mengapa jejak ini muncul setelah badai salju ato wkt musim salju?
    menarik ga sih? kl ini jejak iblis,ap sang iblis lg ngadem didaerah bersalju dari panasnya neraka? ^_^
    jejak kaki binatang cacat?
    hmm,..teori yg msk akal,namun kembali lg...cuma teori bukan? buktinya mna?
    jadi tetep misteri mpe sekarang,..
    apakah hoax?
    bisa jadi,..tp,teori lg.kl bnr hoax.mungkin ini lelucon keluarga yg ditrunkan turun temurun,bukan?mengingat jejak ini muncul dari 156 th lalu,bhkan lbh lama lg.
    jejak kaki iblis devon,tetap mnjadi misteri yang tak terpecahkan.

    bravo bung E,thanks dh diposting request sy

    meiouse

    ReplyDelete
  24. menarik kali ini bung enigma. cukup misterius buat saya pribadi :)

    ReplyDelete
  25. Mr. E... jejaknya ada 2 jenis kah? ada yg berbentuk seperti tapal kuda/huruf u n ada yg berbentuk seperti "phi" terbalik. Apakah dua sampel jejak itu dari lokasi n waktu yang sama? Kalo ya... kenapa jejak2 nya ga autentik ya? berbeda2 gitu.


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  26. pasti itu jejak pegasus

    ReplyDelete
  27. Nice post bung E...
    Memang histeria massa bisa membuat hal-hal kecil di blow up menjadi besar.

    ReplyDelete
  28. "Apakah aku percaya kalau setan telah datang dari lubang neraka dan berkeliaran di sebuah kebun di utara Devon? Tentu saja tidak."

    "Jika kamu bertanya apakah ada hal-hal yang tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan modern, maka jawabannya adalah ya. Namun pengetahuan manusia selalu berkembang dan aku percaya kalau sesuatu yang saat ini dikategorikan sebagai fenomena paranormal, suatu hari nanti akan dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan."

    menurut saya, seharusnya seperti inilah pemikiran dari manusia abad 21


    -skeptic12

    ReplyDelete
  29. Lumayan seru nih, itu mungkin dari sejenis serbuka pohon tertentu yang tersebar dan beraksi terhadap salju

    ReplyDelete
  30. halah orang" pada gatau tuh bung E..

    fyi, itu jejak kaki ane waktu maen engkle pas tengah malem. coba dicek lagi pasti ada batu lempar ane di daerah sono hahahaha

    kalo yang 156th lalu itu juga ane kok. pan ane jugak maen time traveller hihi

    nahahahahaha

    nais inpoh, bung..

    ReplyDelete
  31. kira2, jejak kaki apakah itu???
    msh menunggu jawabannya...

    ReplyDelete
  32. bung .E di tulisan seakan-kan menumbus tembok itu, bagaimana jika kita aritkan bahwa 'makhluk tersebut melompati tembok? juga pada sungai yang terdapat jejak dikedua sisinya tersebut juga pada atap rumah bung E. entah 'makhluk" tersebut bisa terbang atau hanya dapat melompat dengan tinggi.

    ReplyDelete
  33. Mr. E, jika anda berkenan, bolehkah kita bertukar link? blog saya: http://funnysanctuary.blogspot.com

    ReplyDelete
  34. wuih lumayan cepat juga nih updatenya bung E, hmm kalo tentang artikel yg satu ini saya no comment karena jejak ini sulit untuk dikatakan hoax dan sulit juga untuk dikatakan nyata karna banyak sekali faktor-faktor yg bisa dikaitkan dgn itu, dan satu lagi media massa pada waktu thn-thn seperti itu biasanya selalu melebih-lebihkan

    ReplyDelete
  35. Tapal kuda? Dibuat oleh makhluk sejenis Jersey devil kah?

    ReplyDelete
  36. kalau jejak setan/iblis kayaknya gak mungkin.....! Merek kan gak nginjak tanah/ salju....

    ReplyDelete
  37. aku bisa koq bikin gitu... pake egrang aja nah ujung egrang kasi aja bentuk macem macem mo tapak setan tapak kucing tapak tapal kuda ??? ada yang mao coba??

    bikin gitu aja di kampoengmu biar di foto masuk fb /youtube trus terkenal deh

    ReplyDelete
  38. suka banget sama blog iniiiiiii X3 KEREEEEEN
    nggg... Bang Enigma, tau engga apa sih nggg... makhluk gitu kayak kelinci (? lupa)atau badut gitu yang suka nyerang pemake jalan raya di manaaaa gitu. Dulu pernah baca di Wikipedia. Lucu kayaknya manis imut unyu-unyu kelinci gimanaaaa gitu hehehe ya ya ya makasiiiih (ini requestnya engga jelas banget yakkk)

    terus, BLOGNYA BAGUS DEH IH LANJUTKAN!!! xD

    ReplyDelete
  39. Ini kok kayak...
    Orang yang kehabisan sepatu terus pake sepatu kuda???

    ReplyDelete
  40. hmm . masih misteri .

    tapi menurut saya ini tidak ada hubungan nya dengan setan :)

    ReplyDelete
  41. Komen2nya ''sangat bermutu''

    Peace

    ReplyDelete
  42. seperti biasa,, nice post kak.. ^^

    ReplyDelete
  43. wah..comment pertama neh....
    salam kenal-abang-abang semua

    ReplyDelete
  44. Memang segala sesuatu di dunia ini tak harus dijelaskan dengan logika. Biarlah ini ttp mnjadi misyeri agar bang Enigma bisa keep posting. Bravo Brother E.
    /Shera_@ryo

    ReplyDelete
  45. salam Bang E,
    tolong ulas ttg gunung2 di Indonesia yg konon ada piramida di dalamnya karena bentuknya yg presisi. Bikin penasaran...

    trims bang E:)

    -Amulet-

    ReplyDelete
  46. hmmm.....
    apakah 'makhluk' itu berumur panjang?
    atau sudah beranak pinak?
    jika memang makhluk itu Dover Demon, si makhluk supranatural, yah, ada kemungkinan memang umurnya panjang (bisa matikah makhluk supranatural?)
    Jika ternyata makhluk itu, apapun namanya, ternyata makhluk fana, .... brarti sudah beranak pinak.... langka, tapi tetap beranak pinak. yang berarti, individu yang membuat heboh jaman dulu itu beda dengan individu yang membuat heboh jaman ini...
    @#$#$%$^&! nglantur.... ^^!

    ReplyDelete
  47. Oya,Aq knl Blog Enigma sktr 3 bln yg lalu, and ga pernah melewatkan tiap postingan baru. Penjelasan Bang E. emg paling mudah dicerna,,paling logis,, paling sip markusip pokok'e
    Btw, ni commentku yg pertamax.. Salam knal tuk smua, especialy to bang enigma.
    /Shera_@aryo

    ReplyDelete
  48. Nice Nice..
    Keep Bloging bro ^^.

    ReplyDelete
  49. Menurut saya, jk mmg itu sengaja dibuat utk tujuan sensasi, rasanya gak perlu hrs pakai enggrang segala, terlalu ribet buat dipakai jalan, ckp dibikin spatu dgn bentuk tapak khusus (ladam kuda) dimana design bagian alas kakinya hrs lebih tinggi dr kedalaman/permukaan salju, sehingga tidak akan meninggalkan jejak lain (bentuk telapak sepatu normal).
    As always, nice post bro E.
    by. teungku dipasikaram

    ReplyDelete
  50. Mengenai kisah Mr. Wade mungkin itu adalah kerjaan seseorang yang menggunakan sepatu yang dimodifikasi. Namun ide tentang jejak setan atau pun unknown animal selalu lebih menarik untuk dibicarakan. :)

    ReplyDelete
  51. werlington
    jejak kaki dia kali....
    hahahaha
    nice boz

    ReplyDelete
  52. lahhhhh.... kemaren gk sempet buka nich blog gara2 pulsa modem abis. sekarang baru buka udah ada postingan baru.... akhhhhhhh ribet dehh

    ReplyDelete
  53. Terimakasih bung sudah berkunjung di blog saya yang sederhana. :)

    Saya tadi iseng2 googling dengan keyword "jill wade", kemudian di http://www.telegraph.co.uk/news/newstopics/howaboutthat/4983344/Ancient-legend-of-Satans-visit-reawakened-by-footprints-in-the-snow.html , dikatakan bahwa Jill Wade merupakan -a retired local government officer- jadi bisa saja ini adalah teror sesesorang yang ingin mengganggu Mr. Wade terkait dendam/masalah tertentu di masa silam saat Mr. Wade masih menjabat sebagai PNS. Mungkin kan?

    ReplyDelete
  54. Bang Enigma
    tolong bahas tentang kemampuan Kinesis donk..

    itu bener ga sih?!

    ReplyDelete
  55. Maaf sebelumnya,

    Apakah Enigma jg seorang illuminatus *tuh avatarnya mata sebelah* trus ada jg blog mysteri of the world , lambang mata sebelah
    cm mo konfirmasi aja no offense ya. Apakah ini agenda menyebarkan ktakutan2?

    ReplyDelete
  56. @Ms.Terry: saya kira perbedaan jejak itu cuma karena perbedaan pengamatan saja.

    @Anonymous 41: kalau melompati tembok, maka jejak yang ditemukan akan berbeda dan pastilah para penduduk sudah mengetahuinya.

    @Anonymous 48: Hmm, belum ada gambaran soal makhluk itu.

    @Anonymous 65: saya sudah pernah posting disini

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/08/telekinesis-benarkah-manusia-mampu.html

    @Anonymous 66: Bagaimana menurut kamu, apakah iluminati itu organisasi yang nyata? Apakah kamu merasa ketakutan oleh isi blog ini?

    ReplyDelete
  57. B4KS0T1KU5....

    bang enigma tolong di tampilkan ya ..tanggapan saya mengenai ramalan jucelino...mengenai gempa jepang......yg terbukti...

    ReplyDelete
  58. From Anonymous 66:

    hehehehe, yup bagi saya freemason itu nyata. Buktinya ada koq. Klo ketakutan sih ga, cm bertanya2. Mengapa organisasi seperti itu semakin lama semakin memunculkan diri,mrka mbiarkan org2 tahu mrka eksis, apa dg sengaja? untuk mciptakan ktakutan akan kkuatan mrka. Ada kesan, mereka menyebar ketakutan-kekuatan seolah2 mereka dpt melakukan segala-apa saja- di dunia ini, hehehe seperti tidak ada Tuhan saja -yang dpt menghentikan mereka-

    Banyak org yg tahu, tapi lbh byk yg tidak tahu dan tidak peduli sih walau tahu :))

    soal.......foto mata itu gmn ya *LOL :D

    ReplyDelete
  59. @anonymous 66: sebenarnya freemason itu tidak sama dengan iluminati lho. Haha. Soal foto mata, kalau saya memajang foto saya yang sedang berpose di samping bendera amerika, apakah saya sudah pasti presiden amerika?

    ReplyDelete
  60. @B4KSO T1KUS: sudah saya munculkan dan sudah saya tanggapi.

    ReplyDelete
  61. from anonymous 66:
    hahahahha yah mmg blom tntu presiden US/Warga US
    just asking :))
    anyway, sy pembaca setia anda koq, cuma curious aja.
    emg bedanya apa ya ? freemason kan organisasinya. Illumintai kan semacam ideologi/gerakannya, bkn?

    ReplyDelete
  62. @anonymous 66: haha. Betul sekali. Nah, penganut ideologi dan ideologi kan berbeda. Anyway, karena kamu pembaca yang setia, pasti kamu tahu kalau saya tidak pernah menyebarkan ketakutan lewat blog ini :)

    ReplyDelete
  63. hmm saya jadi teringat dgn kisah kolor ijo.
    Masyarakat terlalu melebih-lebihkan suatu kejadian.
    Mr. E, apa benar mereka mengukur jauhnya sampai 160km? Hmm

    ReplyDelete
  64. bahusssssssssss,,postingannya

    ReplyDelete
  65. jejak kaki dari lukisan ini

    http://3.bp.blogspot.com/-_LfIq4jwdSw/TX9V6MSRuRI/AAAAAAAAFn0/MMo6fEe9HSY/s1600/article-0-03E1004D000005DC-571_468x593.jpg

    tidak nampak berbentuk seperti huruf U atau seperti tapal kuda.

    ReplyDelete
  66. salam kenal bung enigma, saya penggemar blog anda, misteri jejak jejak kaki setan ini sudah lama muncul pada blog2 lain, kirain bung enigma sudah menemukan jwbnnya.. Sukses trs blog enigma

    ReplyDelete
  67. pas baca jejak kaki berkuku belah dengan 2 kaki inget Legenda Jersey Devil jadinya...

    ReplyDelete
  68. lengkap sangat ^_^...cuma masih jadi penasaran....hewan atau obyek apa yang membuat jejak itu ?

    ReplyDelete
  69. fenomena illuminati yg terjadi di Indonesia memang menarik,persepsi,sdt pndang dan cara berpikir org kn beda2,mungkin itu yg menjadi dsr kita buat menilai illuminati ato bukan,toh ga ngaruh ap2 bkn?kl kita memang ga trpengaruh lho.intinya jgn lngsung ngejudge,..arhnya ke fitnah aduh,..berat kl dh fitnah mah.
    bung E posting manuskrip brihat khata dunks,..katana ada keterkaitannya dg astronot masa purba.thanks

    meiouse

    ReplyDelete
  70. @anonymous#57: I like your theory bout makhluk supranatural yg beranak pinak :-D, but I just don't agree with U.
    Menurut anaalisis saya..(Sentilun mode : ON) seandainya fenomena itu terjadi di pekarangan rumah saya, (saya tinggal di Jawa), orang-orang pasti mengira itu adalah jejak pocong pincang yang berkaki kuda (halah...tambah ngawur).
    The point is : Fenomena yang sama bisa diartikan beda jika terjadi di tempat yang berbeda .
    /Shera_@ryo

    ReplyDelete
  71. bagus bagus mas artikelnya

    ReplyDelete
  72. @/Shera_@ryo (no.81)
    oh...no...that's not what I means. yang beranak pinak tuh jika ternyata si-Dover Demon itu makhluk fana.tau fana kan?nyata, hidup, bisa disentuh....
    Bukan supranatural....
    hey~tapi ku gak ngotot sama theory ini kok...cuma pemikiran sepintas lalu. (^_^)V

    ReplyDelete
  73. mas mau tukar link bisa ? :P

    ReplyDelete
  74. nice post kak .. (._.)v

    ReplyDelete
  75. akhirnya di post juga kategori yang cukup menyeramkan :D

    ReplyDelete
  76. From anonymous 66

    kalau yg dimaksud anonymous 80 itu sy yg fitnah E, *LOL, kynya gak deh, kan sy nanya lsg sm orgnya :)) bukan nulis artikel/apa lah. lagian klo emg E , freemason, dll Ga mgkn ngaku jg kan disini.
    Why So serious? :P

    ReplyDelete
  77. nich dy' cerita palink gokil....paling g suka'

    ReplyDelete
  78. @anonymous 66 : maap bro bukan anda yg di tuju,.. so,jgn tersinggung yah,..

    meiouse

    ReplyDelete
  79. ada maling pakai sepatu salju lagi nyatroni rumahnya, tuh!

    ReplyDelete
  80. hmmmmm bingung juga nih,,,, jejak apa ya itu sebenarnya??

    ReplyDelete
  81. mantebghh
    http://www.archivezt.com/871/misteri-tentang-angka.html

    http://www.archivezt.com/866/alien-planet-mars-adalah-nenek-moyang-manusia.html

    mampirr yaa br0 :D

    ReplyDelete
  82. under 100 comments............

    ReplyDelete
  83. apa mungkin itu jejak orang main enggrang yg pengen bikin eboh?

    ReplyDelete
  84. wah ada yang mbahas iluminati toh...
    hehe...

    ReplyDelete
  85. hmmm saya sedikit tergoda untuk ngomentari komentar nya anonymous 66 yang ngomongin soal eye symbol ama freemansory dan illuminati....

    . freemansory, illuminati hanya mengadaptasi eye symbol sebagai lambang, eye symbol sendiri udah ada digunakan jauh jauh sebelum adanya freemansory dkk,
    - misal pada peradaban egypt eye symbol adalah lambang horus,
    -eye symbology juga ada dalam ajaran budha, dimana dalam Mahaparinibbana Sutta, budha sering disebut sebagai "the eye of the world" dan dilambangkan dalam bentuk trinitas segitiga yang disebut "tiratna",
    - salah satu amulet shamantic mexico ojo de venado charm juga berbentuk eye symbolgy
    - belum lagi bentuk eye symbol pada pusat galaxy milky way dan black hole, bentuk pattern sacred geometry dll

    karena makna eye symbol sendiri adalah adanya tuhan atau sang pencipta tertinggi yang mengawasi manusia...

    jadi terlalu picik kalau anda melabeli seseorang hanya karena simbol yang tidak anda ketahui sejarahnya

    ReplyDelete
  86. Wow, di dunia ini masih banyak misteri ternyata

    ReplyDelete
  87. hehe diliat2 mirip lambang nya merk rokok *mild ya :D

    ReplyDelete
  88. Kyaknya itu telapak kaki ayam???.... Ayam cacat maksudnya,.... mungkinn.....

    ReplyDelete
  89. premium lah.....

    ReplyDelete
  90. solar deh haha .
    archi

    ReplyDelete
  91. Kalau orang yang membuat hak tinggi berbentuk U mungkin tidak? karena pengalaman saja, dulu saya sering jahilin tetangga dengan sepatu yang haknya dibuat dengan kayu :-)

    ReplyDelete
  92. baru nemu nih blog bagus" isinya,.. mantap bro!..

    syg yg komen byk junkers cuma bisa pertamax keduax dst.. pake amin segala..

    ReplyDelete
  93. susah emank wat memcahkannya...

    kalau mnrut pndptq sih..
    ntuh bsa za seseorang eskimo yg memakai tapal kuda,dan menghapiri ujung pntu rumah,agar bsa mndptkand tduhan/mkanan/minuman...

    tersrah anda maw menilai comment yg aq tulis ...

    >>..<<

    ReplyDelete
  94. Kl dl sekitar taon 1950an, disblh rmh kakek jg beberapa kali terlihat jejak spt tapal kuda, jejakx berderet sejajar kedepan dan orang tua saya n saudara2x jg beberapa kali meliahat mahluk berkaki kuda dan berbadan manusia dan kakix hny satu n mahluk itu tmn kakek moyang sy

    ReplyDelete
  95. jadi teringat salah satu cerita komik jepang detektif conan tentang salah satu trik membuat jejak aneh di salju. itu jejak, manusia yang buat, dan jadi masuk akal kalau tau triknya, makanya kejadiannya harus ada badai dulu.

    ReplyDelete
  96. mas izin copas buat naikin trafik...
    makasih

    http://joyzblogg.blogspot.com/

    ReplyDelete
  97. jika diwaktu itu sedang turun salju dan hewan itu lewat seharusnya jejak itu tertutup salju tapi jika tidak turun salju atau bahkan tidak turun kenapa tidak ada orang yang melihat jejak itu umum nya orang jika salju turun atau badai akan masuk kedalam rumah jika sudah reda akan keluar rumah jika jejak itu memang setelah salju tidak turun mengapa orang tidak ada yang meliht padahal sampai lebih dari 100 km bayangkan mana mungkin tidak ada penduduk yang melihat. maaf kepanjangan

    ReplyDelete
  98. Terima kasih infonya, artikel nice nih, di tunggu ah infonya lagi :)

    ReplyDelete
  99. other side ..
    ada hal yg bisa di cerna oleh akal dan ada yg tidak ..
    misteri adalah misteri ..

    ReplyDelete
  100. Logikanya seperti dipaksakan. Kalau memang belum ada jawaban yang masuk akal bilang saja masih misteri.

    ReplyDelete