Friday, March 18, 2011

UFO Tsunami Jepang ternyata hanya sebuah helikopter

Ketika rekaman video menunjukkan saat-saat gelombang tsunami menghantam kota Sendai di perfektur Miyagi, Jepang, sebuah objek misterius terlihat keluar dari air dan bergerak menjauh. Banyak yang menyebutnya sebagai UFO. Namun, objek tersebut ternyata bukan sesuatu yang tidak dikenal, melainkan hanya sebuah helikopter berwarna putih.


Sebagian orang selalu bisa menemukan sesuatu yang menghebohkan dari sebuah bencana. Termasuk tsunami yang terjadi di Jepang pada tanggal 11 Maret kemarin. Walaupun berita ini belum banyak dibicarakan di Indonesia, namun di luar Indonesia, berita ini sangat populer sehingga saya kira hanya tinggal menunggu waktu sebelum infotaintment tertentu mengangkatnya.

Sebelum itu terjadi, biarkan saya mengklarifikasinya terlebih dahulu. Tulisan ini sekaligus merupakan jawaban atas pertanyaan dari sebagian pembaca mengenai UFO Tsunami Jepang.

Untuk itu, mari kita lihat rekaman itu bersama-sama.

Rekaman di bawah ini menunjukkan detik-detik ketika ombak tsunami yang dashyat menyapu daratan Jepang. Perhatikan baik-baik. Kalian bisa melihat sebuah objek putih terbang dari kiri ke kanan layar.


(youtube link)

In screenshotnya.

(Jika kalian menggunakan ponsel untuk membaca tulisan ini, mungkin kalian akan mengalami sedikit kesulitan untuk melihatnya).

Bisakah kalian melihat dan mengidentifikasi objek tersebut?

Sukar sekali. Karena itu sebagian orang beranggapan kalau objek itu adalah sebuah UFO yang sedang keluar dari air menuju daratan, mungkin melarikan diri dari keganasan ombak. Bahkan rasa humoris sang pengupload video membuatnya menyebut objek itu sebagai Goku (dari Dragon Ball).

Kita bisa melupakan soal Goku. Tetapi, apakah objek tersebut benar-benar sebuah UFO?

Jawabannya: Tidak.

Ini hanyalah sebuah kasus salah lihat.

Akan saya jelaskan.

Jika kita TIDAK melihat suatu objek dengan jelas, maka kita bisa salah mengenalinya. Bukankah begitu?

Salah satu masalah mengapa berita mengenai UFO ini bisa tersebar begitu luas adalah karena satu faktor, yaitu kualitas rekaman yang jelek. Rekaman dengan kualitas rendah ini diupload ke youtube dalam jumlah yang banyak sehingga membuat semua orang yang melihatnya percaya kalau mereka sedang menyaksikan sebuah UFO.

Karena itu, untuk menjernihkan masalah ini, kita perlu mencari sebuah rekaman yang "jernih".

Nah, saya akan memberikan rekaman itu kepada kalian. Rekaman ini adalah versi yang lebih lengkap dari rekaman pertama dan memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Adegan yang sama dengan rekaman pertama akan terlihat mulai dari detik ke-43.

Tetapi, kalian tetap harus melihat rekaman ini dari layar komputer. Jika melihatnya dari ponsel, maka kalian tetap tidak akan bisa mengenali objek itu.

Sekarang, perhatikan di sebelah kiri layar pada detik ke-43.


(youtube link)

Apa yang kalian lihat?

Ya, sebuah helikopter, tepatnya sebuah helikopter putih. Kalian bisa melihat baling-balingnya berputar pada detik ke-43. (Saya tidak menampilkan screenshotnya karena lewat screenshot baling-baling itu tetap tidak bisa terlihat).

Helikopter itu awalnya terbang di atas air sehingga menciptakan kesan kalau objek itu keluar dari air. Padahal tidak demikian adanya.

Nah, apabila objek itu adalah sebuah helikopter putih. Helikopter siapakah itu?

Jika sebuah helikopter terbang di atas sebuah lokasi peristiwa bencana, maka hanya ada dua kemungkinan:

Pertama, helikopter itu adalah milik otoritas yang berwenang, seperti kepolisian, pemadam kebakaran atau militer. Dan ternyata
helikopter milik penjaga pantai Jepang (Japan Coast Guard) memang berwarna putih.

Jika terjadi bencana yang berhubungan dengan laut atau pantai, maka memang tim dari lembaga ini yang ditugaskan untuk memantau situasi bencana.



Selain milik Japan Coast Guard, kemungkinan kedua adalah: Helikopter tersebut milik stasiun televisi.

Pada rekaman di atas, kita bisa melihat tulisan NHK World yang sedikit tertutupi oleh tulisan AP (Associated Press). NHK (Nippon Hoso Kyokai) adalah nama stasiun televisi pemerintah di Jepang sehingga wajar kalau kita memikirkan kemungkinan bahwa helikopter itu adalah milik stasiun NHK.

Jika kita memeriksa helikopter milik NHK, maka kita akan menemukan kalau helikopter mereka ternyata juga berwarna putih.


Huruf ANH pada helikopter tersebut adalah singkatan dari All Nippon helicopter, sebuah perusahaan jasa penerbangan yang menyediakan helikopter bagi NHK.

Walaupun kita tidak bisa memastikan apakah helikopter itu milik Japan Coast Guard atau stasiun televisi NHK, saya kira misteri ini tetap telah terpecahkan. Karena itu, jika kalian menemukan pemberitaan mengenai UFO tsunami Jepang, kalian tahu kalau UFO tersebut sesungguhnya hanyalah sebuah helikopter.

Tetapi, namanya manusia, pasti selalu bisa menemukan kehebohan dibalik sebuah tragedi. saya tidak akan heran jika setelah kontroversi rekaman UFO ini berakhir, akan muncul sebuah rekaman mayat putri duyung yang diklaim terdampar akibat tsunami Jepang atau rekaman sepasang mata di langit yang disebut sebagai tanda kemarahan Tuhan terhadap rakyat Jepang.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

99 comments:

  1. knp g' dmsukin ke label hoax om???

    ReplyDelete
  2. @Fear: saya tidak melihat adanya unsur rekayasa dalam kasus ini.

    ReplyDelete
  3. ternyata agak kebawah kotak komentar :nohope:

    ane udah tau bang.E
    udah keliatan jelas itu helikopter :D
    btw , nice job :thumbup

    ReplyDelete
  4. pertamax kah?

    wah keren ni blog,,,bisa melakukan analisis dengan cepat sehingga gak ada salah paham deh nantinya atau lebih tepatnya nguri kesalah pahaman

    :)

    ReplyDelete
  5. Oh saya baru tahu kl video itu disangka ufo... :D dr cara bergeraknya memang helikopter...

    ReplyDelete
  6. tengkyu Mr. E atas pencerahannya...

    ReplyDelete
  7. Wah analisisx top. Keep posting bang E
    _silentisme_

    ReplyDelete
  8. Nice.... ehm.....
    two thumbs up.

    ReplyDelete
  9. sepertinya video yg di atas itu hasil potongan dr video yg full di bawah dan dijadikan resolusinya agak rendah, sehingga gambar menjadi agak blur dan dibuat isu-isu deh.. kemungkinan itu bisa aja kan om... CMIIW

    _Uwais_

    ReplyDelete
  10. makasih ya bang atas beritanya, mau numpang comment aja.. semoga Rakyat Jepang bisa bangkit dari bencana ini.. Aminn...

    ReplyDelete
  11. haha :D sudah saya duga bang enigma mau posting ttg ini..

    memang tidak ada unsure rekayasa hanya saja orang menanggapi itu berbeda beda :) sip bang !!

    ReplyDelete
  12. Wow! Analisis yang bagus Mr. E
    Dan lagi-lagi saya kecewa bahwa itu bukan UFO...

    ReplyDelete
  13. yes masuk sepuluh besar.. belum dengar kabar ini tapi bisa menjelaskan kalau teman-teman saya nanti heboh sendiri. :)

    desta bluedyst

    ReplyDelete
  14. Nice post bang...bahas tentang mediasi midbrain juga dong...ilmiah ga?

    ReplyDelete
  15. om enigma.. Tolong bahas ttg teori moonhoax dong.. Katanya pendaratan amerika di bulan cuma hoax.. Semuanya rekayasa.. Benar gak sih?

    ReplyDelete
  16. Nice post bro E....!
    Btw sy masih penasaran dgn "Crop Circle" Jogja...... Apakah benar rekayasa spt analisa Polisi atau .......?????
    Thanks

    ReplyDelete
  17. molotoft

    bca dlu

    ReplyDelete
  18. Weleh...Weleh.. baru Offline semalam aja dah muncul postingan baru.. x_x.
    Yup, for the several times (or maybe million times) U absolutely right Brother E. In this case, we can't consider it as a Hoax. As U said above, ini hanya kasus salah liat. Jd saya kira fenomena ini ga ada misterinya babar blas.. Btw (once again) salut utk Bang E yg slalu up to date. Lima jempol utk anda.
    /Shera_@ryo

    ReplyDelete
  19. hahaha..om enigma bisa2 aja, tapi saya setuju itu..bahkan mungkin akan heboh juga dgn rekaman kemunculan cryptozoology.

    ReplyDelete
  20. its a bird, no its a plane, no its a man..
    hahaha.. its copper.. :D

    ReplyDelete
  21. wah saya malah ga nyangka kalo ada yg berpendat itu ufo...soale ane pny tuh video keals bgt kliatan baling2nye...hehehe,

    ReplyDelete
  22. jiakakaka.. wa kira itu ufo beneran.. keren om E.. Lanjutkan! hehehe

    ReplyDelete
  23. bung enigma,,,,,ane udah baca artikel ini 2 x pas pertama baca gambarnya ga kebuka sedangkan video nya bsa kebuka,,,terus ane coba reload lg dan gambar SS nya tetap ga kebuka karena penasaran ane buka gambarnya di tab baru dan ternyata not found,,,mohon di cek bang enigma,,,
    gambarnya ga bsa diliat ,,,

    trims

    ReplyDelete
  24. HELIKOPTER TERBANG DIKIRA UFO :D
    KHAYALAN TINGKAT TINGGI :P

    ReplyDelete
  25. Well bagi yang salah liat itu jelas UFO (Unidentified Flying Objects)karena dia ga bisa mengidentifikasi objek tersebut.. ha ha..nice post bro enigma, keep on posting, manusia akan selalu membutuhkan misteri dalam hidupnya, salut buat bro enigma!

    ReplyDelete
  26. sudah ku duga :D

    mas kalo yang ini kira-kira benda apa, temen ane yang jepret
    http://sangeunahna.blogspot.com/2011/03/ufo-tertangkap-kamera-di-garut.html

    ReplyDelete
  27. ENIGMA memang selalu manstabzzzz!!!

    ReplyDelete
  28. saya sich ngarepnya ufo hehehe,bang e ada berita mahkluk aneh yg terdampar ketika terjadi tsunami di jepang ga?

    ReplyDelete
  29. @Anonymous 15: beberapa psikolog sudah menyatakan kalau aktivasi midbrain tidak ilmiah.

    @anonymous 16: saya sudah posting disini:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/apakah-nasa-memalsukan-pendaratan-di.html

    @Anonymous 17: Atau???

    @spot misteri: Saya coba tidak masalah bro. Mungkin koneksi internet kamu lagi terganggu. Coba lagi saja bro. Coba juga dengan berbagai browser yang berbeda.

    @Rizki Mujizat: masalahnya dengan foto tersebut adalah tidak adanya foto yang menunjukkan landscape sekitarnya sehingga menyulitkan untuk menilainya.

    @X Zone: belum ada bro.

    ReplyDelete
  30. kalau piramid di bosnia itu asli atau hoax?tlg dijawab ya bro

    ReplyDelete
  31. Bocah WWW vs Peace MakerMarch 19, 2011 at 5:43 PM

    Wow Bro E emang hebat!!

    ReplyDelete
  32. menurut bro enigma piramid di Bosnia asli atau hoax?

    ReplyDelete
  33. mantap teliti sekali brother .... wah tulisannya hrs segera terbit nih utk menjadi majalah blog misteri model baru ..... krn punya penjelasan yg ilmiah dan pendpt yg cukup mencerdaskan slm genius brother

    ReplyDelete
  34. Mantabs Gan....
    Gan, bahas tentang Zionisme donk.....
    kan lagi hangat ni kasus Si Dhani.

    ReplyDelete
  35. Mr.E n tman2 yg brpengatahuan luas.sory kalo prtanyaan saya g' nymbung ma topik yg dbahas.begini..dlu waktu saya blajar tntang sistem tata surya.diantara planet saturnus n uranus trdapat bnda angkasa yang dgambarnya berbentuk sbuah satelit buatan manusia yg berbentuk oval.di sumberny dnamakan orion IV dan discovery II.Yg jd prtanyaan saya apakah itu sbenarnya.?sbuah planetkah,satelit dri suatu planet atau pesawat angkasa buatan manusia.?mhon jawabanya.ato kalo Mr.E berkenan mhon d ulas.Soalny saya pnasaran skali tntang prtnyaan sya td.Oh y mkin bnyakin dong tntang science xg jarang dktahui orang/g' umum.By ur old fans

    ReplyDelete
  36. .nice post


    .om bahas tentang k0nspirasi lg donk,,apa memang benar smw aspek dunia sudah dkuasai 1 k0nspirasi organisasi tertentu atw cuma skdar hoax -,-

    ReplyDelete
  37. maap pak enigma, bisa jelasin nggak...berhubung skrg terdapat fenomena alam Supermoon...apakah ada hubungannya mengenai bencana yg melanda di Jepang...karena banyak sumber yg mengatakan banyak bencana2 di dunia yg besar2 selalu diawali/diakhiri dgn fenomena alam supermoon...salah satu sumber dr kaskus _
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7532902

    ReplyDelete
  38. satu kata buat postingan kali ini... "MANTAFFFF"

    ReplyDelete
  39. I LIKE THE LAST PARAGRAPH.....^_^

    ReplyDelete
  40. benar2 terlihat bedanya, video 1 seperti goku sungguhan yg video 2 kebongkar wakakakka

    ReplyDelete
  41. terjawab sdh rasa penasaran saya...

    makasih bung Enigma.. ^_^

    ReplyDelete
  42. wah artinya bung E suka ngeliat forum dan berita" luar nih

    ReplyDelete
  43. mantabh bang E... apalagi postingan alinea yg trakhr...ada sdkit sindiran utk paredolia mania... go ahead..wkwkwkwk..keep it up..

    ReplyDelete
  44. Yang di rekaman yang kedua betul lebih kelas... itu helikopter! Yang pertama lebih mirip nimbus :)

    ReplyDelete
  45. ahahaaa . , kasus lama nih salah lihat dan dihubung2kan dgn UFO.

    oh iya, cara zoom gambar pada gambar helikopter itu gimana caranya bro?

    ReplyDelete
  46. Anonymous 15
    Lalu gmn anak yg bisa ngeliat dg mata tertutup setelah aktivasi midbrain???man hoax ja itu bang??

    ReplyDelete
  47. mgapa di tukar cra viewnya ini blog?susah amat dibaca mlalui ponsel,hrp dtukar sprti yg asal..maaf repotin,cma pndapat dri pminat stia ini site..hrap ditimbang.

    ReplyDelete
  48. Bro..tolong di bahas lebih detil tentang PROJECT BLUE BEAM dari NASA, Tx ya.

    ReplyDelete
  49. wih malah liat video tsunami dari atas yang saya tertarik. baru liat nih yang dari atas. benar benar mengerikan. oh ya kasus helicopter nya hmmm kok pada hubung hubung hubungin ke UFO yah. jelas jelas helicopter

    ReplyDelete
  50. @anonymous 31: kalau piramid bosnia itu klaim sari sebagian orang saja.

    @Anonymous 36: Kamu baca sumbernya darimana bro?

    @Heryanto: supermoon itu fenomena alam biasa. tidak ada hubungan dengan bencana alam.

    @Ladida Cafe: caranya, waktu nonton di youtube, videonya kamu fullscreen.

    @Anonymous 49: apanya yang ditukar bro? View Apa?

    ReplyDelete
  51. brotha E..sumberny dri bku solar system,g' tau tu pnerbitny apa.dah lupa.oh y dblog misteri hawkson coba cek kalo g' salah dbagian science..mhon dulas y brotha E..

    ReplyDelete
  52. tapi kenapa orang-orang beranggapan itu UFO ya ??
    apa cuma mencari sensasi?
    Nice Pos..ting bro

    ReplyDelete
  53. Mantab bro. Memang kebanyakan kasus Unidentified itu dikarenakan faktor kamera dengan kualitas yang jelek. Pada akhirnya tetap tidak jelas / unidentify. Mantb bro postingannya.. ^ ^

    ReplyDelete
  54. Tetapi, namanya manusia, pasti selalu bisa menemukan kehebohan dibalik sebuah tragedi. saya tidak akan heran jika setelah kontroversi rekaman UFO ini berakhir, akan muncul sebuah rekaman mayat putri duyung yang diklaim terdampar akibat tsunami Jepang atau rekaman sepasang mata di langit yang disebut sebagai tanda kemarahan Tuhan terhadap rakyat Jepang.

    haha.indonesia banget ya omm..

    ReplyDelete
  55. werlington
    boz bahas tentang dugaan piramid di kabupaten bandung yg katanya lagi di gali itu loh...
    thanks boz

    ReplyDelete
  56. suka banget deh...
    analisisnya sangat cerdas...

    ReplyDelete
  57. bang enigma, bahas tentang exorcism dong bang.. ane penasaran banget nih..

    ReplyDelete
  58. Yg kerennya lg di japan coast guard ada lambang bajak lautnya... Hahhaha...

    ReplyDelete
  59. saya tidak melihat adanya kemungkinan dibilang ufo malah

    kenapa bisa dibilang ufo ya???

    ReplyDelete
  60. aduh,..bung E,...UFo believer seperti tertampar,.. :D
    ga seru akh,... ahahaha
    nice post bung,..
    brihat katha nya gimana bung?

    meiouse

    ReplyDelete
  61. bro Enigma, gimana perkembangan nessie ? kok gak pernah posting lagi tentang itu ?

    aku penasaran sekali soalnya , hhehehe

    ReplyDelete
  62. Kebanyakan orang percaya kalau segala sesuatu di dunia ini ada yang mengatur. Ada yang percaya kalau sang pengatur adalah Tuhan, ada yang percaya kalau yang mengatur adalah alien. Wajar saja kalau banyak yang mencari-cari sesuatu dalam setiap bencana. Tetapi yang menjadi masalah adalah mereka yang sengaja menyebar hoax untuk memupuk ketakutan. Untung ada bro enigma. :)

    -prof.krauss-

    ReplyDelete
  63. Wooooh akhirnya terjawab juga. Sampe seharian kemarin gw bertanya2 benda apaan itu *lebay*

    ReplyDelete
  64. Salam

    Sebelumnya saya minta maaf karena komentar ini tidak secara khusus untuk artikel diatas melainkan sekedar pertanyaan secara umum untuk blog ini.
    Saya adalah pembaca setia yang secara periodik mengikuti posting demi posting dan selama ini tidak ada hal yang mencurigakan pada komputer saya, namun barusan agak kaget saat melihat WebRep (rating berdasarkan voting) blog ini diberi warna merah(kategory berbahaya) oleh Avast AV (Versi 6.0.1000). Mohon tanggapan nya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  65. Dari awal udah bisa diduga kok. Pasti ada yg berusaha menciptakan kehebohan baru dari fenomena bencana alam besar kayak gini

    ReplyDelete
  66. hehe... emang jls bgt itu helicopter kok..

    ReplyDelete
  67. mr.E..
    helikopternya kok bisa cepet amat ya geraknya ?

    ReplyDelete
  68. @meiouse: saya lihat dulu ya brihat kathanya.

    @Anonymous 65: memang belum ada perkembangan bro.

    @Anonymous 68: Saya belum pernah menggunakan webrep itu bro. Namun, karena kamu bilang kalau ratingnya didasarkan pada voting, maka mungkin banyak yang voting negatif terhadap isi blog ini. Haha. Kalau soal malware atau lainnya, di setiap browser ada fasilitas block attack site. Selama ini saya belum pernah mendapat laporan ada yang diblok oleh browser ketika mengakses blog ini.

    ReplyDelete
  69. wkwkwkwwk... Goku...
    tentu saja mereka salah besar... wong itu lebih mirip p-man... hihihihi
    ada - ada aja si pengupload video... mana video bencana lagi, eh dibuat becanda... aneh...

    ReplyDelete
  70. Coba liat DETIK KE-14 SAMPAI DETIK KE-24...
    Ada sesuatu yang bergerak lincah diatara puing2 yang terseret arus...

    ReplyDelete
  71. ia gan..
    ada yg cepet geraknya...
    kyk lompat²..

    ReplyDelete
  72. kalimat di paragraf terakhir itu lucu, om.
    I like it :))

    ReplyDelete
  73. memang kalo ada yang heboh dikit langsung nyebar padahal belum tentu kebenarannya sperti apa

    ReplyDelete
  74. under 100 comments again...............

    ReplyDelete
  75. Bang, di luar memang rame beritanya. Tapi di indonesia belum rame. tapi sudah dibicarakan di kaskus nih. Nice info bang.

    ReplyDelete
  76. saat di greja. Pendeta saya meanampilakan video itu pada khotbahnya. Saat itu saya jelas melihatnya kalau itu helicopter. Ternyata ini juga di bahas blog bro Enigma. Itu sudah sangat jelas kalau helcopter.

    ReplyDelete
  77. oke gan... artikelnya menarik.. sya sering baca disini menarik semua.. truas ijin copas yah gan.. di pasang ko sumbernya,..

    ReplyDelete
  78. di tunggu kedatangannya di blog ana http://inmystery.blogspot.com/

    ReplyDelete
  79. Bayangan Putih Apakah Itu yg Melompat-lompat?
    pd detik ke 14-26,..anda liat bagian tengah layar.lalu detik ke 19 anda liat atap bangunan yg berwarna abu2.jelas ada sosok puith yg terlihat kecil melompat2 dg lncahnya menetang arus tsunami.

    1. "akh itu cm sampah kotoran aja yg seolah-olah bergerak melompat".

    2. "bagiku itu terlihat seperti seekor hewan saja yg sedang menyelamatkan diri".

    3. "itu cuma efek kamera saja"

    4. "itu sih hanya bayangan kamu aja yg mengada-ada"

    5. "itu sun gokong asli"

    6. Dan komentar lain2

    answer :

    1. kl itu cm sampah,kok bisa sampah itu bergerak dg berpola seperti itu?seakan2/bhkan memang melompatmenetang tsunami.dan di atap bangunan berwarna abu-abu itu,klo kt liat atap itu miring yg klo itu benda mati.ga akn bergerak melompat seperti itu.apa krn terbawa angin yg kencang? tsunami itu bergerak maju,mungkin sj karena angin.tp kl angin hrsnya benda itu terbang kn?cb liat lg,benda itu ga terbang,tapi melompat.krn ada media yg dilompatinya.n bila terbentur atap abu2 miring itu ada gerakan yg semestinya ada,yaitu gerakan berhenti sesaat karena adanya perubahan tekanan angin dari atap miring itu.

    2. hmm,..hewan apa itu yg dapat melompat sejauh itu? (lihat detik 24-26) dan tentunya hewan itu sangat besar.hingga terlihat kamera.mungkin sapi yg mencoba menyelamatkan nyawa?mklum bro,mkhluk hdpp bila kepepet bisa malkukan hal yg luar biasa. mungkin jg teori itu benar.mungkin jg tidak.

    3. efek kamera?itu direkam langsung lho.bias cahayanya mungkin.siang hari lho.dan bias cahaya apa bisa melakukan gerakan melompat cepat seperti itu?

    4. mengada-ada ya? tapi rekaman itu ada lho...

    5. sun gokong? azzzz....hello bgt ga sih?

    6. dan lain2

    jadi silakan para pembaca menentukan sendiri jawabannya.krn "itu" adlh abstrak :p

    meiouse

    ReplyDelete
  80. Sebelumnya terima kasih atas video dgn gambar yg lebih baiknya.

    Yg menarik, di akhir video tersebut terlihat beberapa mobil yang juga berwarna putih sedang melintasi jalan yang sepertinya tidak terpengaruh dengan adanya tsunami.

    Sepertinya ini juga misteri. Kiranya bro enigma bisa sedikit membahasnya.

    ReplyDelete
  81. Buat Mas Enigma Coba Lihat detik ke 11 sampai ke 25 apa yang bisa disimpulkan? kalau detik ke 43 itu memang benar helikopter tapi detik ke 11 sampai ke 25 apakah helikopter bergerak se extrem itu.

    Lihat Link Video Saya di Youtube yang sudah saya tandai.

    http://www.youtube.com/watch?v=CVzulisXuD8

    dan

    http://www.youtube.com/watch?v=73C-Q3-fQbs

    Mohon analisanya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  82. buset jlas bgt itu heli hahaha

    ReplyDelete
  83. bos2 semua ....itu bukan helikopter!!! itu benda lebih mirip melompat2 dengan sangat cepat bukan bergerak stabil kayak helikopter.
    mohon kalau skeptis dengan UFO tidak membuat mencari2 bukti yang sesuai dengan keyakinannya. sekali lagi itu bukan helikopter coy. helikopter gerakannya tidak melompat seperti itu dan tidak secepat itu perubahan gerakannya, kalau tidak percaya, coba pake helikopter mainan terus direkam n lihat hasilnya , sama ga gerakan melompatnya seperti yang diyotube tsunami jepang ini.

    ReplyDelete
  84. @seagate: kalau soal objek itu, itu tidak aneh soalnya. Bisa saja itu sampah berupa kertas besar atau kain yang tertiup angin. Saya masih belum menemukan unsur keanehan dari objek-objek tersebut.

    @edward: Mereka yang percaya kalau objek itu adalah sebuah helikopter tidak berarti juga kalau mereka skeptis dengan UFO kok. Kita hanya bicara kasus per kasus, tidak bicara soal UFO secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  85. hahaha ...kliatan helikopter bneerraan ..nice job om ..^^d

    ReplyDelete
  86. blog ini slalu mematakan perkiraan saya:(
    nice info om :)

    ReplyDelete
  87. dari kejauhan tampak seperti cahaya yang bergerak dengan sangat cepat.

    ReplyDelete
  88. tapi d sleman dh d ksh tau tuh am om alien bakal terjadi tsunami n masalah nuklir...
    something make me crazy

    ReplyDelete
  89. iru salah satu peninggalan bangsa lemurian...
    nabi yunus yang dimakan "Ikan Paus" yang sebenarnya pesawat ABANESS (Peninggalan bangsa lemurian)
    alat ini berfungsi untuk menyelematkan siapa saja orang yang membutuhkan pertolongan pada saat dia tenggelam (secara otomatis menyelamatkan dengan mendeteksinya).. ABANESS tinggal 1 lagi karena semua sudah dibawa bangsa Lemurian ke planet Lemurian.

    ReplyDelete
  90. pembahasan yang menarik kang, jelas-jelas tontonan heboh di Youtube waktu itu tapi palsu. Saya juga sempet tertipu waktu itu , eh ternyata setelah lihat gambar di tv (lebih jelas) kok ada baling-balingnya. Penjelasan dari artikel diatas mengenai foto helikopter putih saya setuju pendapat akang Enigma :D.

    ReplyDelete
  91. semua hanyalah rekayasa manusia yang ingin tenar..

    ReplyDelete
  92. Gak bener semua analisa mas bro. Liat pas di atas tsunami, dia bisa terbang dengan zig zag begitu. kecepatannya tinggi seperti melompat2. apakah itu helikopter? liat baik2 videonya pada durasi2 awal.

    ReplyDelete
  93. Kalo emang helikopter kenapa terbangnya nggak nungging om? Dimana2 helikopter kalo terbang cepat pasti terlihat nungging kan alias moncongnya agak ke bawah. Dalam video terlihat datar aja, kan aneh cara terbang seperti itu jika memang helikopter, lagian dibelakang objek tersebut seperti bergerak2 mirip asap atau sirip
    Lumayan aneh deh jika itu disebut heli, coba di amati berkali-kali lagi, trims

    ReplyDelete