Saturday, March 26, 2011

Seorang penulis mengklaim telah berhasil memecahkan misteri El Chupacabra

El Chupacabra pertama kali muncul pada tahun 1995. Walaupun baru 16 tahun, legenda makhluk misterius penghisap darah ini begitu populer sehingga membuat seorang penulis yang juga skeptik bernama Benjamin Radford memutuskan untuk mengadakan penyelidikan mendalam mengenainya. Dan dari hasil penyelidikannya, ia percaya kalau ia telah berhasil mengetahui identitas monster itu yang sesungguhnya. Monster itu ternyata bukan seekor cryptid atau alien dari luar angkasa, melainkan manifestasi dari Natasha Henstridge.


Bagi kalian yang belum pernah mendengar nama Natasha Henstridge, ia adalah seorang aktris Holywood.

Ini fotonya:

Lalu apa hubungan antara wanita cantik ini dengan El Chupacabra yang jelek dan.menakutkan itu?

Semuanya bermula dari Benjamin Radford, seorang penulis untuk situs Livescience dan editor dari Journal of the Skeptical Inquirer, yang mengklaim telah berhasil memecahkan misteri monster ini. Ia menuangkan hasil penelitian dan teorinya dalam sebuah buku yang akan dirilis tahun 2011 ini.

Sekedar mengingatkan, El Chupacabra pertama kali muncul pada Maret 1995 di Puerto Rico dan segera menjadi headline di seluruh dunia. Pada saat itu, delapan ekor domba ditemukan mati dengan luka tusukan di dada. Apa yang membingungkan adalah kondisi domba-domba itu yang ditemukan dengan darah habis, seperti dihisap oleh Vampire.


Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada bulan Agustus, seorang saksi bernama Madelyne Tolentino memberikan laporan kalau ia menyaksikan seekor makhluk mengerikan di kota Canovanas. Di kota itu terdapat laporan mengenai adanya 150 ekor ternak dan hewan peliharaan yang mati terbunuh. Tolentino juga memberikan sebuah deskripsi yang kemudian diterjemahkan ke dalam sketsa. Sketsa ini kemudian dimuat di media-media lokal Puerto Rico.

Setelah serangkaian peristiwa ini, seorang komedian Puerto Rico bernama Silverio Perez mulai menyebut makhluk ini dengan sebutan Chupacabra yang berarti penghisap kambing. Nama itu segera mendunia dan dalam waktu singkat Chupacabra telah masuk ke dalam Hall of Fame dunia Cryptozoology.

Mungkin Benjamin Radford cukup terganggu dengan kenyataan kalau seekor monster yang mirip Iguana berdiri tegak telah menimbulkan ketakutan pada masyarakat Puerto Rico. Jadi ia memutuskan untuk menyelidiki persoalan ini dengan lebih serius.

Radford segera menginvestigasi laporan-laporan para saksi dan melakukan beberapa perjalanan ke Puerto Rico hingga akhirnya mengambil sebuah kesimpulan revolusioner yang dianggapnya merupakan jawaban final atas misteri ini.

Menurut Radford, Chupacabra sesungguhnya bukan seekor cryptid atau alien, melainkan hanyalah sebuah memori yang tertinggal dari seorang saksi. Saksi yang dimaksud adalah Madelyne Tolentino yang mengaku melihat Chupacabra pada Agustus 1995.

Menurutnya, kesaksian Tolentinolah yang telah menjadi dasar dari banyak kesaksian yang muncul berikutnya sehingga bisa disimpulkan kalau Tolentino keliru, maka kesaksian yang muncul setelahnya juga keliru.

Sebagai perbandingan, Ini sketsa Chupacabra yang dibuat berdasarkan kesaksian Tolentino.

Radford menemukan kalau sosok Chupacabra Tolentino sangat mirip dengan makhluk alien bernama Sil yang diperankan oleh Natasha Henstridge dalam film berjudul "Species".

Sekarang kalian tahu hubungan antara Natasha Henstridge dengan Chupacabra.

Tetapi, mungkin sebagian dari kalian masih bingung karena makhluk yang tergambar pada sketsa Tolentino sama sekali tidak mirip dengan Natasha. Tentu saja. Soalnya dalam film itu, Natasha memiliki wujud asli yang cukup menakutkan.

Jika ia berubah bentuk, jadilah ia seperti yang terlihat pada foto di bawah ini:

Sil
Miripkah?

Film Species dirilis pada tanggal 7 Juli 1995, hanya beberapa minggu sebelum sketsa Tolentino muncul ke publik.

Ketika Radford mewawancarai Tolentino, ia menemukan kalau wanita itu memang menonton film Species sebelum memberikan kesaksian penampakan Chupacabra.

Jadi, Radford mengambil kesimpulan kalau Tolentino telah memberikan kesaksian itu berdasarkan memorinya mengenai karakter Sil. Dengan kata lain, ia keliru, sehingga laporan lain yang muncul setelahnya juga keliru dan Chupacabra sesungguhnya hanyalah sebuah mitos.

Tolentino sendiri mengaku kalau ia melihat makhluk itu di jalanan dekat rumah ibunya pada minggu kedua bulan Agustus 1995.

Tetapi Radford percaya kalau wanita itu tidak berbohong, melainkan hanya mengalami masalah psikologis yang membuatnya sukar membedakan antara fiksi dan realita. Radford berani mengatakan ini karena ia sendiri memiliki gelar kesarjanaan dalam bidang psikologi.

Paling tidak ia cukup punya perasaan untuk tidak menganggap Tolentino sebagai pembohong!

Menurutnya: "Kita bisa menarik sebuah garis antara jadwal rilis film tersebut, laporan penampakan Madelyn, melihat Chupacabra di jalanan, membuat laporan dan masuk ke imajinasi publik."

Segera setelah Tolentino melaporkan kesaksiannya, makhluk-makhluk serupa yang digambarkannya mulai muncul dimana-mana. Ini adalah indikasi kuat kalau Chupacabra sesungguhnya hanyalah sebuah monster inspirasi Holywood.

Lalu, bagaimana dengan deskripsi Chupacabra yang memiliki sosok seperti seekor anjing yang jelas jauh berbeda dengan deskripsi Tolentino?

Deskripsi Chupacabra yang mirip seekor anjing sesungguhnya baru muncul belakangan. Pada tahun 2000, nama Chupacabra sebenarnya sudah mulai menghilang. Namun muncul kembali pada tahun 2004 ketika ternak-ternak di Texas diserang oleh hewan tak dikenal.

Kemudian seorang peternak berhasil menembak mati seekor hewan seperti coyote yang dianggap bertanggung jawab atas kematian-kematian tersebut. Hewan tersebut kemudian disebut Chupacabra karena para peternak belum pernah melihat coyote dengan sosok seperti itu. Padahal kenyataannya Coyote tersebut memiliki bentuk tubuh seperti itu karena memiliki kelainan kulit.

Bangkai-bangkai coyote seperti ini kemudian muncul di berbagai tempat sehingga Chupacabra kembali mendapatkan kepopulerannya, walaupun sekarang sosoknya telah menjadi seperti seekor anjing, jauh berbeda dengan deskripsi Tolentino.

Lalu bagaimana dengan kasus kematian hewan-hewan ternak itu?

Menurut Radford, kematian-kematian tersebut hanyalah kematian biasa yang diakibatkan oleh serangan binatang buas.

"Ketika diadakan nekropsi atas ayam dan kambing yang mati, ternyata ditemukan kalau hewan-hewan tersebut memiliki level darah yang normal." Kata Radford. "Ini menunjukkan kalau hewan-hewan ini tidak dihisap darahnya."

"Pada pertengahan tahun 2000, semua makhluk yang aneh dipanggil El Chupacabra. Coyote berpenyakit kulit, raccoon mati, bahkan ikan kering di New Mexico, yang sebenarnya sama sekali tidak terlihat seperti El Chupacabra."

Jika semua ini hanyalah sebuah hoax, mengapa legenda ini bisa bertahan?

Menurut Radford, jawabannya cukup sederhana. Chupacabra boleh dibilang monster pertama yang muncul pada era internet. Tentu saja legenda ini akan lebih cepat menyebar. Selain itu, legenda ini juga didukung oleh banyak pemercaya UFO yang berteori kalau makhluk ini sesungguhnya adalah alien atau hewan peliharaan alien.

Tidak butuh waktu lama bagi para cryptozoologyst untuk menyanggah teori Radford.

Loren Coleman, seorang cryptozoolgyst yang memiliki situs Cryptomundo.com berkata: "Salah satu bukti penting yang didapatkan Radford adalah deskripsi yang ditulis Scott Corrales dalam bukunya yang terbit tahun 1997 yang berjudul 'Chupacabra and Other Mysteries'. Dalam buku itu, Corrales jelas menyatakan kalau Tolentino sendirilah yang menghubungkan makhluk yang dilihatnya dengan Sil. Tolentino juga mengatakan di dalam buku itu kalau ia memang telah menonton film berjudul Species."

Jadi, teori Radford bukan sesuatu yang baru.

Radford memang banyak mendasarkan teorinya pada deskripsi dan laporan yang ada di buku Corrales.

Coleman juga mengutip ucapan Tolentino dalam buku Corales.

Tolentino berkata: "Kemiripan Chupacabra dengan Sil sangat menakjubkan..Saya menonton film itu dan berkata dalam hati, 'Tuhanku! Bagaimana mungkin mereka dapat membuat film seperti ini sementara peristiwa-peristiwa ini sedang terjadi di Puerto Rico."

Ucapan ini tidak terdengar seperti seseorang yang sedang mengalami kesulitan membedakan antara fiksi dan realita! Coleman percaya kalau Radford telah mengambil kalimat ini dan menarik kesimpulannya dengan asal-asalan. Radford juga tidak menjelaskan tanggapan Tolentino atas teori yang diberikannya.

Lagipula, mengapa Radford hanya menggunakan sketsa Tolentino sebagai patokan dan mengabaikan deskripsi saksi yang lainnya? Lalu mengapa Radford mengabaikan serangan sejenis yang pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, misalnya yang terjadi pada tahun 1975 di kota Moca?

Bagi Coleman, ini adalah sebuah lubang besar dalam teori Radford.

Tetapi Coleman setuju dengan Radford kalau kebanyakan makhluk yang disebut orang-orang sebagai Chupacabra sesungguhnya hanyalah seekor anjing atau Coyote yang berpenyakit kulit.

Scott Corrales, yang bukunya dijadikan dasar penelitian Radford juga mengkritik teori Radford.

"Seperti yang kalian ketahui, saya selalu berusaha untuk menjauhi semua perdebatan ini. Namun untuk menggantungkan seluruh narasi Chupacabra hanya pada satu saksi (Ms.Tolentino) sama saja dengan menyangkali ratusan laporan saksi lainnya dari seluruh Puerto Rico yang mengaku melihat makhluk yang sama, bukan seekor anjing, bukan kera liar ataupun 'singa'.


"Makhluk yang dilihat itu adalah entitas yang digambar oleh Jorge Martin berdasarkan pada laporan Tolentino yang mendeskripsikan seekor makhluk yang mengeluarkan bau tidak sedap dengan bentuk tubuh yang aneh."

"Sepertinya para Skeptis telah menganggap rendah fakta mengenai manifestasi dramatis makhluk ini yang muncul bukan hanya di Puerto Rico dan Mexico, melainkan juga di Brazil dan Chili."

Menjawab kritikan para cryptozoolgyst ini, Radford berkata:

"Saya tidak menyatakan kalau seluruh laporan penampakan didasarkan pada laporan Tolentino. Namun kesaksiannya dianggap sebagai kesaksian yang paling awal, paling lengkap dan paling berpengaruh."

Mengenai kritikan Corrales, Ia berkata:

"Mengenai komentar Scott, saya kaget ketika membaca pernyataannya yang menyebutkan adanya ratusan saksi di Puerto Rico yang melihat makhluk yang sama. Saya sudah membaca bukunya beberapa kali dan saya lupa dimana ada "ratusan" saksi seperti yang disebutkannya. Saya sudah berusaha mewawancarai Scott untuk buku saya. Jika ia punya catatan mengenai ratusan saksi itu, maka saya akan sangat senang kalau diberikan akses kepada laporan-laporan itu."

Radford bahkan begitu yakin kalau ia telah memecahkan misteri ini sehingga dalam bukunya ia menulis:

"Misteri Chupacabra runtuh dan jawabannya sudah lengkap."

Tidak cukup sampai disitu, ia juga berkata:

"Jika bulan depan atau tahun depan seseorang menemukan El Chupacabra yang menghisap darah hewan, dengan senang hati saya akan menelan kicauanku dan menambahkan satu bab di dalam buku saya."

Jika Radford benar, saya rasa akan ada banyak penggemar monster yang akan menjadi kecewa. Tetapi jika Chupacabra hanyalah sebuah hoax, menurut saya itu lebih baik. Bukankah kita tidak menyukai cryptid yang suka membunuh?

Baca juga mengenai anjing yang dianggap sebagai Chupacabra di Tennesee

(foxnews.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

87 comments:

  1. wokke...
    artikel baru...
    apakah ini pertamax saya yang ke-3 ??
    hehhe....

    maju terus bung enigma..!!

    ReplyDelete
  2. wew..
    nyimak dlu ah..

    ReplyDelete
  3. Nice solved mystery I think....

    ReplyDelete
  4. Coup de' Grace..

    ReplyDelete
  5. mungkin saja legenda ini "diciptakan" untuk mendukung film di atas kan?bung Enigma?

    ReplyDelete
  6. Akhirx masuk 10 besar,, Blog yg bagus, bisa follow blog sy di ichtechliomessi.blogspot.com.. Di tunggu bang enigma..:)

    ReplyDelete
  7. new update yah, mungkin ini bisa dibilang bagus jua bisa saja tidak, sebab penggemar cupakaba akan kecewa jika ternyata benar-benar hoax. best mr.E.


    desta bluedyst

    ReplyDelete
  8. HOREEE 20 besar.. hahaha. baca dulu

    ReplyDelete
  9. hmmm...nice post bung E

    lanjut trus postinganya..dtunggu.

    ReplyDelete
  10. brotha E,apakah prnytaan radford yg ngmong kalo binatang ternak yg mati tsb kadar darahny normal,bukanny bro E prnah ngulas korban ternak mangsa chupacabra dhisap habis darahnya.?yang mana yg bener nih ?? djawab y bro E.oh y.,ulas tentang pterodactyl yg dperkirakan msih hdup mpe skarang y..g' apa2 updatetany tntang misteri2 yg g' trbaru.jadul jg g' papa asal mnarik n brkaitan dg science.

    ReplyDelete
  11. pertamax plus plus... ( bosen liat n baca koment pertamax pertamax ) padahal saya suka sekali post2 dr bang enigma... Maju terus mr. E
    - combuck -

    ReplyDelete
  12. Mumpung blum terlalu banyak yg kumen, numpang kumen ah.. XD

    ...

    slama manusia masih punya imajinasi, kemungkinan masih akan ada "chupacabra-chupacabra" yang lain..

    hehehe

    ReplyDelete
  13. ijin menyimak, hm... makin menarik nih kayaknya misteri si El Chupacabra ini :D

    ReplyDelete
  14. wah, masih dikit komennya nih, di indonesia terutama di daerah2 juga sering ada tuh kasus2 hewan ternak mati dan darahnya seperti dihisap oleh sesuatu

    ReplyDelete
  15. ijin copas bung...

    ReplyDelete
  16. mantep mas enig bisa cari artikel konspirasi yg mantep lg ga?

    ReplyDelete
  17. Mungkin ini adalah sebuah kebenaran?

    ReplyDelete
  18. molotoft

    very interesting..!!!

    om e, sya mau nanya nih...
    knp slalu hewan ternak org luar indo yg jadi sasaran alien...???

    skali2 kambing atw ayam org indo yg d tangkap ap slhnya sih....

    ReplyDelete
  19. @anungcumai

    digigit kelelawar kali?

    salam unyu ihsan

    ReplyDelete
  20. kayaknya dari kebanyakan kasus yang bntuknya hmpir sama kyak gni.. pasti disangkut pautkan dengan hewan yang sakit kulit..
    apa sebanyak itu hewan yang sakit kulit atau mengalami kecacatan? jd bingung.. -.-a

    ReplyDelete
  21. Dulu waktu kecil, saya sering berlibur di rumah kakek yang rumahnya terletak di lereng gunung Muria. Kakek memelihara ayam, dan seringkali ayamnya mati dengan kondisi mengenaskan, penuh luka gigitan. Katanya "pitike dipangan garangan." (ayamnya dimakan garangan). Saya kurang tau Bahasa Indonesianya "Garangan", yang jelas saya waktu saya liat coyote yang berhasil ditembak mati seorang peternak di Texas itu, saya langsung ingat ama "Garangan" yang suka memangsa ayam-ayam kakek.
    /Shera_@ryo

    ReplyDelete
  22. bingung euy baca debat Radford vs Corrales, dua2nya saling menentang, mana yang bener ya?
    .
    .
    .
    s1ronald

    ReplyDelete
  23. P.R buat teman-teman yang lagi mampir di sini, siapa yang tau Bhs Indonesianya "Garangan" yang suka makan ayam itu?
    /Shera_@ryo

    ReplyDelete
  24. apakah anda sudah meneliti kasus di salah satu desa terpencil di Gunungkidul DIY? victim:(bekas gigitan di leher, darah di dalam tubuh mengering, tdk ada bercak2 darah...)
    nb: saya bukanlah orang yang menderita false memory seperti yang didugakan orang pada mrs.tolentino

    by: dopplewalker

    ReplyDelete
  25. gagal pertamax terussssss...
    ga papa lah, yg penting dapet bahan bacaan baru

    ReplyDelete
  26. wah, ayo coba diungkap tentang misteri "garangan" nya Bung Enigma..
    huehehe...

    ReplyDelete
  27. apa jangan2 makhluk nameless thing of berkeley square itu juga palsu? dunia ini penuh kebohongan

    ReplyDelete
  28. chupacabra lagi ya,,,
    btw klo g slah di indonesia pernah ada kejadian puluhan kambing yang mati dalam waktu semalam karena karena di didit hewan buas,,apa itu chupacabra versi indonesia ya????

    ReplyDelete
  29. slalu menarik membaca artikel dari mas enigma :)

    ReplyDelete
  30. mas bro enigma jgn lupa request saya soal vokalisnya van hallen ya mas bro..hehe thanks..

    *music addict*

    ReplyDelete
  31. akhir nya.... jawaban (El Chupacabra) terungkap' jd g gk penasaran lg ( thank's mr enigma )

    ReplyDelete
  32. garangan itu bkan'a ky sejenis musang ya.. Yg ska mkanin anak ayam..

    ReplyDelete
  33. the end? I think the answer is no

    ReplyDelete
  34. selalu gagal pertamax

    ReplyDelete
  35. @Anonymous 11: pandangan yang menarik sekali. Memang kedengaran seperti viral marketing ya? tapi masalah ini tidak ditemukan unsur viral marketing bro. Jadi sepertinya bukan.

    @Anonymous 16: Tentu saja tidak bisa membandingkan begitu saja karena saya tidak tahu kasus mana yang dimaksud Radford.

    @Anonymous 22: belum ada bro.

    @peot prad: who knows

    @molotoft: soal sasaran alien, itu cuma teori

    @shera_@ryo: Garangan itu sejenis musang.

    @Dopplewalker: saya pernah denger kasus itu. sayangnya pihak dari pemerintah yang meneliti menyebutnya kasus kematian biasa.

    ReplyDelete
  36. bang enigma bahas konspirasi lagi dong bang, saya bosen cryptozoology terus ;P

    ReplyDelete
  37. maaf bang enigma... tapi mungkin maksud bang enigma itu "penghisap kambing", bukan "kambing penghisap"... :)

    ReplyDelete
  38. (mr enigma) gue dngr2 kasus (THE jack RIPPER)
    udah terungkap ya ? betul gk sih (mr enigma)
    tolong jawab ya (thank's)

    ReplyDelete
  39. aaaaahhhh ga asik neeeehhh kalo udah hoax bang enig ;|
    bahas tentang konspirasi dong bang

    ReplyDelete
  40. @anonymous 43: betul sekali. Yang benar penghisap kambing. Sudah saya koreksi. Thanks ya.

    @kevinken88: soal jack the ripper, ada beberapa teori, tetapi tidak ada yang benar2 bisa bilang telah memecahkannya. Kamu bisa search di blog ini untuk melihat beberapa teori tersebut.

    @isa: belum tentu hoax lho. Ini kan teori radford.

    ReplyDelete
  41. berbagi info :
    tanggal 27/03/2011
    hari Minggu
    pukul 10 Wib
    lokasi pengamat (saya) Rohul Riau
    informadi :
    baru saja saya melihat sesuatu yang aneh dilangit, benda terang seperti bintang, tetapi bercaya mencolok, krbiru2an, begitu terang, tak lama redup n hilang. tolong beri penjelasan..

    ReplyDelete
  42. bro enigma, kayanya penampakan chupacabra cuman di sekitar amerika latin ya, kaya puerto rico, brazil, chili... mungkin ini hewan yang cuma ada di daerah sana. masalahnya si talentino ini orang sana atau bukan? kalo bukan, mungkin aja dia mengira monster padahal bagi orang sana itu cuma hewan biasa. jadi sesuai kata radford, publik sana terpengaruh dengan cerita talentino..

    ReplyDelete
  43. aku lbih suka kalo misteri yg ada akan tetap jadi misteri, sehingga kita bisa mengupas kulitnya tipis2 sedikit demi sedikit :D apa pendapat bung enigma sendiri ttg cryptid semacam ini?

    ReplyDelete
  44. nice posting.......................



    banyu mukti

    ReplyDelete
  45. well it's a very mysterious figure that we were talking about, but the only question that I have until now is "WHY DID NO ONE GUARD HIS/HER SHEEP SO IF CHUPACABRA REVEALED ITSELF AND EAT THE SHEEP AT LEAST THE ONE WHO GUARD THE SHEEP WILL HAVE A CLEAR PICTURE OF THE ANIMAL"

    ReplyDelete
  46. ini bacaan blog misteri yang paling panjang selama saia menjadi blog walking

    ReplyDelete
  47. hmm...masih kurang ngerti. hewan yang darahnya kosong di awal gimana? itu karena apa?

    ReplyDelete
  48. good work bung E...

    sedikit ikut nimbrung,... ada kasus di gunungkidul DIY yg korban darah habis itu kuk kyk viral marketing ya. film yg diprotes keras sma masyarakat gn.kidul "dedemit gunungkidul"
    kasus itu muncul setelah ada film itu atau karena ada kasus it,br muncul film itu?

    meiouse

    ReplyDelete
  49. @*music addict*(anonymous#36): What's up w/ Van Hallen vocalist? Is he an alien or what? I never heard bout him. Mungkin karena saya udah lama pensiun dari belantika musik rock... :-D

    @Englishmen : Maybe chupacabra affraid to comes out when he/she guards his/her sheep.

    ReplyDelete
  50. @Rohul: Susah diperkirakan bro. Bisa jadi memang bintang.

    @Ripnus: Tolentino orang puerto rico.

    @wool: saya tidak akan heran kalau makhluk semacam ini ada. dulu komodo dan panda pun termasuk cryptid lho.

    @Meiouse: kasus ternak mati di gunung kidul sudah lama sekali. Jauh sebelum film itu dibuat. jadi pasti bukan viral marketing.

    ReplyDelete
  51. Wah2, be2rpa minggu g nyimak artikel bung E, ternyata banyak reader2 baru, ya!!! :D

    ReplyDelete
  52. @Englishman: Of course they guard their sheep. But Chupacabra usually attacked at night. No predator want to attack a sheep if their sheperd nearby. This what make chupacabra so mysterious. Now u have the answer of your question.

    ReplyDelete
  53. Wah..wah..postingan dah 3 hari yg lalu, tp yg comment masih rame jg.. Bang E emg Top Markotop, can makes people open their eyes for any possibility.
    Btw, saya jg ikut-ikutan penasaran ma comment anonim #36, sbenarnya ada apa dgn vocalist Van Hallen? Temen rek.. Aku gak roh..(dasar wong ndeso)
    Brother E, tlg bantu jawab dunk..
    /Shera_@ryo

    ReplyDelete
  54. molotoft

    om e, sya boleh tau ga profil sama identitas om e yang asli...???

    serius. saya penasaran stadium 4 nich...?!!?!!

    sampe kapan om e mau smbunyi di balik ENIGMA ini??
    kyknya udah saatnya om e terkenal.
    n skali2 tmpil di TV.

    ReplyDelete
  55. nice post bro. menarik nih. jadi tau

    ReplyDelete
  56. waw.. mantab ni....
    Btw, dulu saya pernah baca artikel tentang aktivasi otak tengah disini (kalo tidak salah).. cuma, sekarang diamana ya artikel itu???
    saya cari ga ketemu..
    thx admin

    ReplyDelete
  57. @molotoft: tidak boleh. Haha.

    @Putra saburai: saya belum pernah menulis soal aktivasi otak tengah.

    ReplyDelete
  58. sama2 bang enigmaa... :D

    anonymous43

    ReplyDelete
  59. Interesting. Very Interesting. aku sendiri lebih percaya kalau chupacabra ini sejenis coyote atau anjing yang mengalami kelainan kulit, atau dari jenis yang langka. masuk akal sekali, karena ya itu, banyak penampakan yang dilaporkan dan seringkali mirip sekali dengan anjing/coyote.
    -melao

    ReplyDelete
  60. kalo misal ada beneran pasti mengerikan yah, heheee

    semoga saja hoax . , wkwkwkk

    ReplyDelete
  61. ne BLog yg Q carI ..
    peNUh dengan ceRita misterI ,
    good Luck gan..!! :))

    ReplyDelete
  62. its just me or???
    kok rasanya gaya penulisan enigma semakin berubah ya?
    apakah enigma bekerja sama dengan blogger lain?
    but whatever lah...

    ReplyDelete
  63. Itu makhluk cryptid paling legenda di internet

    ReplyDelete
  64. http://ghost666-supernatural.blogspot.com/

    dpasang ya

    ReplyDelete
  65. bro enigma artikel tentang bunyip kok gak ada ya.. uda dihapus???

    ReplyDelete
  66. Saya belum pernah menulis soal bunyip bro. sepertinya kamu membacanya di blog lain. :)

    ReplyDelete
  67. dunia ini penuh kebohongan ??

    ReplyDelete
  68. Lantas kenapa disangkutpautkan dengan Natasha Henstridge kalau yg mirip itu cuma dengan 'sil' ? Dan itu kan hanya film fiksi -,-" . Maklum , saya cuma menyatakan apa yg terlintas di benak saya .
    -archie-medan-6

    ReplyDelete
  69. believe or not . this is HOAX

    ReplyDelete
  70. yey,,,,,bikin penasaran,,,,,
    kunjungi balik bossss......

    ReplyDelete
  71. mr.enigma,,,aku punya misteri yg blum terpecahkan...yaitu misteri gadis terbang di rusia...mr.enigma tolong selidiki ya..

    ReplyDelete
  72. misteri anak terperangkap sepatu, di:
    http://sepatuqiu.blogspot.com

    ReplyDelete
  73. asyikkk juga nich trus mana postingan yang lebih freshhh....

    ReplyDelete
  74. mlm gan numpang ijin coment gan.
    Wow mantappp hbis..
    Salam bloger gan n sukss sllu.

    ReplyDelete
  75. Chupacabra juga berteman dengan Big Foot

    ReplyDelete