Sunday, May 26, 2013

Bridgewater Triangle yang Misterius

Di dunia yang penuh misteri ini, ada wilayah yang menjadi tempat penampakan-penampakan bigfoot, ada wilayah yang menjadi tempat penampakan monster air. Ada wilayah yang menjadi tempat penampakan UFO dan alien. Lalu.. ada Bridgewater Triangle. Di tempat ini, misteri UFO dan Cryptozoology bertemu. 
Lokasinya berada di selatan Massachusetts, tidak jauh dari tempat tinggal Lizzie Borden, sang pembantai legendaris. Luasnya kurang lebih 200 mil persegi dan berpusat pada sebuah rawa. Kelihatannya tidak ada yang menarik di lokasi ini, namun bagi para peneliti fenomena paranormal, tempat ini merupakan sebuah objek studi yang menarik. 
Bridgwater Triangle masuk ke dalam peta dunia paranormal ketika Loren Coleman, seorang Cryptozoologyst, menulis buku "Mysterious America" pada tahun 1983. Ia menceritakan bagaimana selama ratusan tahun, lokasi ini menjadi gudang penampakan-penampakan aneh. 
Mungkin itu juga yang menyebabkan penduduk dari suku Indian Wampanoag memberi nama rawa di tengah segitiga ini "Hockomock" yang berarti "Tempat dimana roh-roh berdiam". Sedangkan nama yang diberikan masyarakat koloni Inggris di sekitar tempat itu adalah "Rawa Setan". 
Seharusnya kalian sudah mulai bergidik sekarang. 
Tunggu sampai kalian mendengar fenomena apa yang ada di wilayah itu. Kalian hanya perlu menyebutnya. Apakah itu UFO, ataukah Bigfoot, Pterodactyl, mutilasi ternak, ukiran-ukiran aneh tidak terpecahkan, ular misterius, kutukan indian, ritual satanic, pembunuhan ala Jack the Ripper atau cahaya-cahaya aneh. Semuanya pernah dilaporkan muncul di Bridgwater Triangle.
Salah satu wilayah yang masuk ke dalam Bridgewater Triangle adalah kota Freetown dan Fall River. Pada tahun 1979, di dalam hutan lebat yang menjadi bagian kedua kota tersebut, tiga wanita muda ditemukan tewas termutilasi dengan tengkorak hancur. Tiga wanita ini ternyata pekerja seks di kota Fall River. 
Pihak kepolisian yang menyelidiki kasus ini kemudian menemukan unsur ritual satanic dalam pembunuhan sadis tersebut dan tiga tersangka belakangan ditangkap dan dijatuhi hukuman. 
Di wilayah itu juga, di dekat sungai Taunton, terdapat sebuah batu yang disebut Dighton Rock. Batu ini memiliki inskripsi aneh di permukaannya yang hingga kini belum diketahui maknanya. 
Beberapa orang menduga kalau inskripsi tersebut mungkin dibuat oleh suku asli wilayah Massachusetts. Spekulasi lain bermacam-macam. Ada yang menyebutkan kalau inskripsi itu buatan Norse, Portugis, orang Finisia atau bangsa Cina. Yang pasti, batu besar seberat 40 ton ini telah menambah aura misteri di lokasi ini.
Peristiwa-peristiwa misterius di Bridgewater Triangle kebanyakan dilaporkan setelah tahun 1970. Namun fenomena tidak terjelaskan di wilayah ini telah dimulai sejak berabad-abad lampau, bahkan sejak negara Amerika Serikat belum berdiri. 
Misalnya, pada tanggal 10 Mei 1760, para penduduk di daerah itu melihat sebuah bola cahaya bersinar terbang melayang di langit. Bola misterius tersebut mengeluarkan cahaya yang sangat terang seperti matahari dan bisa dilihat oleh penduduk Bridgewater dan Roxbury. Setelah peristiwa tersebut, penampakan serupa terus dilaporkan hingga sekarang. 
Pada malam Halloween tahun 1908, UFO kembali terlihat. Saat itu, dua penduduk sedang berjalan pulang ketika mereka melihat cahaya seperti lantera raksasa di langit. Cahaya itu melayang sekitar 40 menit di udara. 
Pada tahun 1968, lima orang mengaku menyaksikan sebuah bola cahaya aneh melayang-layang diantara pepohonan di wilayah Rehoboth. 
Pada tahun 1976, dua UFO terlihat mendarat di jalan Rute 44 dekat Taunton. 
Pada tahun 1999, Courtney Cullen menyaksikan UFO di dekat danau Nippenicket, dekat rawa Hockomock. 
"Tiba-tiba ada suara kencang. Lalu ada cahaya di udara. Tidak berwarna, hanya cahaya terang. Cahaya itu turun dengan cepat ke arah rumah di belakang tempat kami berada. Dan ketika ia terlihat seperti akan menabrak rumah tersebut, ia berbelok dan dengan kecepatan luar biasa menghilang begitu saja.
Bukan hanya cahaya misterius dan benda terbang aneh yang menyukai wilayah ini. Pada tahun 1970, laporan masuk ke aparat setempat mengenai penampakan seekor monster setinggi 2 meter dan berbulu seperti gorilla. Sebuah deskripsi yang serupa dengan Bigfoot
Pihak kepolisian segera menyusuri lokasi untuk mencari keberadaan monster tersebut. Namun tidak menemukan apa-apa. 
Peneliti paranormal Joseph M. DeAndrade mengklaim juga pernah menyaksikan makhuk seperti itu pada tahun 1978. Ia menyaksikannya sedang berjalan dengan pelan menuju pepohonan di rawa Hockomock. DeAndrade menceritakan kesaksiannya pada buku yang ditulisnya tahun 1997, Passing Strange: True Tales of New England Hauntings and Horrors. Saat itu usia DeAndrade 24 tahun dan ia sedang berdiri di tepi Clay Banks, sebuah kolam dekat rawa. 
"Aku sedang berdiri disana, dan karena satu alasan, aku menoleh. Pada jarak sekitar 200 yard ada makhluk itu. Well, aku tidak tahu persis makhluk apa itu. Seluruh tubuhnya berbulu berwarna coklat seperti campuran manusia dan kera. Ia sedang berjalan masuk ke dalam hutan. Tapi aku tidak berdiri mematung untuk menyaksikan kemana ia pergi. Aku lari ke arah jalan raya." 
Sekitar tahun 1983, John Baker, seorang veteran, sedang berkano menyusuri rawa Hockomock sendirian. Saat itu malam hari. Sementara menikmati aktivitasnya, tiba-tiba John mendengar suara gemerisik di balik pepohonan. Lalu, ia terdiam. Beku karena rasa takut. John melihat satu makhluk besar berbulu masuk ke air hanya berjarak beberapa meter darinya. 
"Aku tahu ia bukan manusia karena ketika makhluk itu melewatiku, aku bisa mencium baunya." Kata John saat ia diwawancara pada tahun 1998. "Baunya seperti sigung.. lembab dan kotor." 
Sampai akhir hayatnya pada tahun 2001, John tetap berpegang teguh pada ceritanya. 
Tahun 1970an itu juga ditandai dengan penampakan monster misterius lainnya. Kali ini berupa burung besar seperti Pterodactyl. Pada tahun 1971, burung semacam ini muncul dan terlihat di wilayah Bird Hill. Rentang sayap burung ini diperkirakan mencapai 2,5 hingga 3,5 meter. 
Pada tahun 1984, dua burung serupa konon terlihat sedang bertarung di udara.  Tidak ada yang tahu pasti burung jenis apa yang dilaporkan para saksi tersebut.
Peristiwa misterius lainnya yang terjadi di Bridgwater adalah dua kasus mutilasi ternak yang terjadi pada tahun 1998.
Kasus pertama adalah seekor sapi dewasa yang ditemukan termutilasi di dalam hutan. Sedangkan insiden lainnya adalah sekumpulan sapi yang ditemukan mati juga dengan tubuh termutilasi. Polisi menduga pembunuhan ini berkaitan dengan ritual satanic. 
Lalu, sama seperti kota-kota misterius lain di dunia, Bridgewater juga memiliki legenda mengenai hantu dan roh. 
Sejarah mengenai fenomena hantu di wilayah ini sudah bermula sejak berabad-abad yang lampau dengan kisah yang beragam. Namun yang paling terkenal adalah legenda mengenai penumpang berkepala merah di rute 44. Legenda ini dimulai sejak 1969 hingga tahun 1980an. 
Salah satu kisah yang paling terkenal adalah mengenai sepasang suami istri yang mobilnya mogok di malam hari. Sang suami lalu menyuruh istrinya diam di mobil sementara ia pergi mencari telepon. 
"Saya berharap menemukan sebuah rumah yang lampunya masih menyala." Kata sang suami. 
"Tiba-tiba, aku melihat seorang pria sedang duduk di pinggir jalan. Ia terlihat acak-acakan dengan rambut merah berantakan." 
Lalu ia menghampiri pria lusuh tersebut untuk menanyakan lokasi telepon terdekat. Pria misterius itu tidak menjawab. Ia kembali bertanya, lagi.. dan lagi. 
Masih tidak ada jawaban. Namun pria tersebut menyeringai. 
kemudian ia menanyakan apakah pria itu baik-baik saja. 
Tiba-tiba raut wajah pria lusuh tersebut berubah menjadi aneh. Ia berhenti menyeringai, lalu melipat bibirnya. Sang suami yang memperhatikan perubahan itu kemudian melihat matanya dan ia melihat sesuatu yang aneh.. sesuatu yang sangat salah. Bola mata tersebut seluruhnya berwarna putih!
Saat itu ia sudah mulai panik dan berlari dengan cepat kembali ke mobilnya diiringi tawa kencang pria misterius di belakangnya. Ia menoleh dan pria lusuh tersebut sudah hilang! 
Namun suara tawanya tetap menggema seakan-akan masih berada di belakangnya. 
Ketika sampai ke mobilnya, ia menemukan istrinya berdiri di samping mobil dengan wajah pucat pasi. Istrinya bercerita, sementara menunggu suaminya, ia menyalakan radio untuk mendengar musik ketika tiba-tiba siaran terputus. Lalu terdengar suara lirih pelan dari radio memanggil namanya dan kemudian... suara itu berubah menjadi tawa histeris!
Well readers, itu adalah cerita yang luar biasa.
Lalu apa yang menyebabkan wilayah ini menjadi begitu misterius? 
Chris Pittman, seorang peneliti paranormal yang telah meneliti Hockomock selama puluhan tahun, mengatakan bahwa rawa tersebut sesungguhnya berevolusi dari aktivitas glasial menuju ke penumpukan deposit alluvium hingga ke busuknya tanaman-tanaman di tempat itu sehingga membuatnya memiliki karakter tanah yang unik. Ini menyebabkan timbulnya anomali gravitasi yang memungkinkan munculnya hal-hal aneh dan misterius. 
"Di seluruh dunia, ada area-area yang memiliki vortex atau jendela dimana hukum gravitasi sepertinya tidak berjalan seperti yang dipahami oleh dunia nyata," Kata Pittman. "Walaupun memang tidak semua tempat ini dipenuhi aktivitas paranormal, saya sangat yakin kalau tempat dimana banyak laporan fenomena paranormal pastilah memiliki vortex dimana gravitasi tidak berlaku normal." 
Pittman memang belum mengalami hal-hal yang supranatural di rawa Hockomock, namun ia percaya kalau fenomena itu benar-benar ada. 
Christopher Balzano, yang mengepalai Massachusetts Paranormal Crossroads, juga mengaku punya jawaban atas anomali Bridgewater. 
Menurutnya ketika para pengungsi dari Inggris tiba dan berdiam di wilayah tersebut, terjadi konflik berdarah antara pihak pengungsi dengan suku asli. Kedua belah pihak melakukan pembunuhan sadis dan massal. Rawa Hockomock kemudian menjadi ladang pembantaian yang paling berdarah di Amerika. Ketika konflik berakhir, suku Wampanoag berada di pihak yang kalah. Tanah mereka diambil dan kebanyakan anggota mereka dibunuh. 
Balzano mengatakan,"Sebagian orang mengatakan bahwa roh-roh Wampanoag yang marah merupakan sebab terjadinya peristiwa paranormal di rawa. Ini cuma sebagian kecil dari penjelasannya. Namun saya akan berbicara lebih jauh. Saya rasa Vortex memang sudah ada di wilayah ini sebelum kedatangan pengungsi dan bahkan sebelum keberadaan suku asli. Vortex tersebut berkontribusi terhadap sadisnya konflik antara pengungsi Inggris dengan Wampanoag. Dan Vortex itu juga menyuburkan rasa sakit dan aura jahat di wilayah itu hingga hari ini."
Dengan kata lain.. misteri. 
Melihat seekor Bigfoot bercengkerama dengan alien, dinaungi sayap Pterodactyl dan diiringi suara tawa arwah penasaran.... That's my wildest dream..
referensi:

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

100 comments:

  1. big thumb big E

    ReplyDelete
  2. pembahasan yang luar biasa Mr. E

    ReplyDelete
  3. Bang E, artikel tentang Lizzie Borden itu yg mana bang? saya penasaran hehe

    -RA-

    ReplyDelete
  4. Wah, Bang E postingnya pagi-pagi banget, sambil nonton Liga Champions ya? HEHE

    ReplyDelete
  5. Oh ya, btw Katanya saya tidak akan menemukan posting mengenai hantu di blog ini?

    Hehe, peace!

    ReplyDelete
  6. Quad Erat Demonstradum ...

    ReplyDelete
  7. Kanjeng Sunan Polenk berkata :
    manteb postingan mas brow

    ReplyDelete
  8. puas rasanya baca enigma sebelum tidur... :)

    ReplyDelete
  9. Nice post bung E, lain kali bahas soal yg segitiga bermudanya Indonesia yg ada di antara jawa kalimantan dan sulawesi


    Salam D 81 rolling crew!

    ReplyDelete
  10. wow... mysteri sebelum tidur

    ReplyDelete
  11. Very interesting!

    Hahaha..
    Mungkin bkan itu bung E, tapi bigfoot yg suka bpergian dgn UFO dan mmpunyai hewan peliharaan Pterodactyl..

    Oya, ada beberapa kata "bridgewater" yg kkurangan huruf "E". Termasuk judulnya.

    ReplyDelete
  12. tempat yang menyeramkan banget kayaknya. All in one

    ReplyDelete
  13. guuuuuuut bang E

    "jp"

    ReplyDelete
  14. idih, your wildest dream ngeri amat bang.

    ReplyDelete
  15. Om, kayaknya tulisan 'Bridgwater'-nya kurang 'e' deh. Harusnya mungkin 'Bridgewater' bukan? :)

    ReplyDelete
  16. whoaaww misteriuss :x

    ReplyDelete
  17. Mantaaap... Daerahnya angker banget...

    ReplyDelete
  18. enak kyaknya klo punya rumah d wilayah sono, bisa liat semua penampakan dalam 1 paket..haha
    Btw mana analisis2 or opini yg kerenya mas..

    ReplyDelete
  19. bung e,bahas yg video orang yg dislametin pkek teleport di jalan China donk..itu hoax,viral marketing ato gmn dah??

    ReplyDelete
  20. Wah keren, kayaknya tempat liburan yang asyik tuh, Bagi saya yang suka misteri. (wkwkwkwk, beruntung dpt tempat kedua)

    ReplyDelete
  21. Saya justru bergidik saat paragraf terakhirnya, Bro :)

    salam kenal, saya reader setia - Violet

    ReplyDelete
  22. Iseng 2 buka
    trxta ad postingan baru

    ReplyDelete
  23. Absen pagi dolo , nice post bung E

    ReplyDelete
  24. Dibahas juga bro? what an interesting triangle

    Vahn S

    ReplyDelete
  25. Memang klo Tempat2 yg dlm kondisi vorteks/yg dsebutkan pasti membuat energi paranormal activity makin besar, ngeri~
    Mslh alien, bigfoot, dll msh belom ketemu kenapa bs dtemukan dsna, mungkin dan mungkin

    ReplyDelete
  26. Nightmare area
    keep posting bro...

    ReplyDelete
  27. aku bingung napa ya area aneh kayak gini bentuknya segitiga sama kayak segitiga bermuda

    ReplyDelete
  28. menurutku topiknya kurang menarik

    ReplyDelete
  29. @Yovi: Menyinggung sedikit tidak masalah.

    @HZ dan Gommu-Gommu: Fixed. Terim kasih untuk koreksinya.

    @Anonymous 22: tidak perlu menganalisis segala sesuatu. Yang perlu saja.

    @Tobirama: itu cuma viral marketing untuk prmo video game. Cek web ini: http://x.wanmei.com/

    ReplyDelete
  30. Aku paling mau liat batunya langsung~
    Iin

    ReplyDelete
  31. Keren bung E :D
    mungkin tempat itu adalah basecamp nya makhluk-makhluk aneh :D btw, this is AMAZING keep posting bro..

    ReplyDelete
  32. Katanya bang E tidak pernah akan bahas yang berbau supranatural???
    Tapi kok :-/

    ReplyDelete
  33. Kang enigma, keren nih. Jadi inget segitiga yang ada di Indonesia
    Saya lupa namanya, tapi ada di sekitar sulawesi - kalimantan, tempat jatuhnya pesawat adam air.

    http://epic-sharetime.blogspot.com/

    ReplyDelete
  34. Melihat seekor Bigfoot bercengkerama dengan alien, dinaungi sayap Pterodactyl dan diiringi suara tawa arwah penasaran.... That's my wildest dream..

    ReplyDelete
  35. Melihat seekor Bigfoot bercengkerama dengan alien, dinaungi sayap Pterodactyl dan diiringi suara tawa arwah penasaran.... That's my wildest dream..
    saya juga kepikiran gitu bang!!!
    coba ada di indonesia, hahaha

    ReplyDelete
  36. Bung E tolong dong bahas tentang peristiwa penyelamatan kecelakaan melalui teleportasi yg tertangkap kamera cctv di china ya Thanks...

    ReplyDelete
  37. Misteri keberadaan mahluk misterius seperti bigfoot memang menarik untuk diikuti, komentar juga ya di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. kenapa selalu segitiga? ada apa sebenarnya dengan segitiga? ._.

    ReplyDelete
  39. tidak ada penjelasan alternatif dari bung E seperti biasa? Bagian yang paling aku suka adalah penjelasan alternatif bung E.

    ReplyDelete
  40. mantap tuh kalau lokasi tsb dipakai buat syuting film horror... ijin share Bung E.

    Zal

    ReplyDelete
  41. Nice post
    two thumb up
    ari

    ReplyDelete
  42. Bung E
    bahas dong mahluk aneh di thailand yg kaya anak sapi itu ?
    pleaseee :-)

    ReplyDelete
  43. om enigma posting tentang grifon dong

    ReplyDelete
  44. yeah it's god job
    :D

    ReplyDelete
  45. Bang'E mau tanya ni, apa bener "LILIN misterius ditemukan dan menyala 1500 tahun" kalo bang'E tertarik diposting yak, thank's smoga tetep jaya :D

    ReplyDelete
  46. kayanya wilayah itu emng rumahnya makhluk2 crypt deh, ditambah keangkerannya...

    ReplyDelete
  47. Bang'E mau tanya ni, apa bener "LILIN misterius ditemukan dan menyala 1500 tahun" kalo bang'E tertarik diposting yak, thank's smoga tetep jaya :D

    ReplyDelete
  48. Sepertinya ini berhubungan sama hal ghaib saja

    ReplyDelete
  49. Lawie said :
    "mystery Lizie Borden menarik juga untuk ditulis Bung E-sam, sepertinya sampai sekarang pembunuh dari tragedi tersebut belum diketahui ya??"

    ReplyDelete
  50. ya bang-sam, mystery lizzie borden sepertinya menarik.

    sebab sepertinya ada konspirasi diantara para saksi dan polisi dengan orang2 di sekitar keluarga borden (saat sidang, kesaksian para saksi saling kontradiksi satu sama lain)

    ReplyDelete
  51. bang-sam, pernah denger konspirasi distributor cabai di indonesia???
    atau biasanya disebut MAFIA cabai???

    tujuan dari konspirasi ini adalah membeli sesedikit mungkin dari petani dengn harga murah dan menjualnya ke pasaran dengan harga mahal.

    (hukum ekonomi berlaku, karena petani cabainya hanya dibeli sedikit, maka harga nya menjadi murah. sementara karena distributor hanya mendistribusukan sedikit cabai, harga cabai dipasaran pun meningkat)

    sekarang rumornya sudah merambah ke bawang putih dan jamur tiram.






    np: saya dapet info dari teman saya, petani jamur tiram

    ReplyDelete
  52. Yg nama nya setan ato apa lah nama alternatif nya di mana2 emang ada mas!

    ReplyDelete
  53. ini kyny bro En nulisny pas bangun tengah malem abis mimpi buruk hehe.

    ReplyDelete
  54. Setau aku,Penjelasan alternatif dari bigfoot itu mungkin salah tafsir. Masak dari segitu banyak laporan ga ada yg ngefoto sama skali? Diperkuat lagi sama statement John Baker pd th 1983,dia berkano pada malam hari dan melihat makhluk besar berbulu. Apa iya yg diliat itu bigfoot? well,bukankah malam hari itu gelap bgt? Apalagi di rawa-rawa? Ditambah lagi yg ngeliat veteran yg mungkin sudah tua sehingga minus penglihatan. Berapa persen kemungkinan salah tafsirnya?

    ~ RAIN ~

    ReplyDelete
  55. Pterodactyl? ThunderBird? Teratorn? Kongamoto? Raptor?
    OR JUST Condor? Elang? Kelelawar?
    Well,who knows...

    ~ RAIN ~

    ReplyDelete
  56. seremmmmmmmmmmmmm

    ReplyDelete
  57. Hahaha Mantabs Bung, Topiknya satu paket dah kaya Van Helsing hahaha..Good Job Euy.

    R.Joe

    ReplyDelete
  58. Apa artinya mitos,legenda,cerita tanpa bukti yang jelas? Ibarat pengen beli sesuatu tapi ga ada uang. Pasti sampainya cuma di angan-angan seseorang aja kan?

    Meskipun belum tentu yg ga terbukti itu ga ada loh. ^^

    Bagaimana bung.E ?
    ~ RAIN ~

    ReplyDelete
  59. bigfoot indonesia dikenal dengan sebutan genduruwo
    wkwkwk

    ReplyDelete
  60. wah di luar negeri emang gudangnya misteri, but indonesia gak kalah misterius nya... sukses bung

    -Art Energic

    ReplyDelete
  61. Bahas kasus lizzie bordwn dong bung e.. Nicepost btw :)

    ReplyDelete
  62. all in one... bener2 kayak portal menuju dunia lain..

    ReplyDelete
  63. Wow,, tempat ini surga para pecinta misteri :D

    Sign : Ryuzaki

    ReplyDelete
  64. Menarik bung E, Ngomong-ngomong, udh ada laporan terbaru di awal tahun 2000-an belum?

    Oh ya, ini cuma dugaan saya, tp mungkin ngga rawa itu mengandung suatu gas alam yg bisa membuat 'siapapun' yg menghirupnya dalam waktu lama ngalamin keadaan seperti mabuk atau berhalusinasi? mungkin kalo pembunuhan atau mutilasi ternak memang kerjaannya si pemuja setan tapi untuk bigfoot, UFO, arwah, dll? Karena setau saya perasaan halusinasi itu ga mungkin bisa dibedain sama realita terutama oleh yg mengalami halusinasi itu.

    Mr.Y

    ReplyDelete
  65. Dear bro enigma,

    Ada 1 pertanyaan yg selalu terbesit di pikiran aku dari dulu. It's about you in this blog.

    "Apa ga ada bagian tubuh yg lain?"

    Of course,you know what I mean. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rain: Kamu tidak bisa melihat jiwa seseorang lewat jempol kakinya :)))

      Delete
    2. Hahahaha nice enough bro.
      Well,mungkin yg terlintas di pikiranku dulu dan skrg cuma mengacu pada kata2 di blog ini sendiri "selalu ada sisi yang lain". :)

      Delete
  66. keren..........selalu selangkah di depan

    ReplyDelete
  67. Bang E, bgmn mnurut abang soal pembantaian ternak kambing di Tebet & Bogor. Wkt pertama baca berita ini yg terlintas di kepala saya adalah "coba tnya pendapat Enigma" :)))

    http://news.detik.com/read/2013/05/29/091601/2258687/10/misteri-penjagalan-17-kambing-di-tebet-masih-diselidiki-polisi?nd771104bcj

    ReplyDelete
  68. Good post bang E, ngomong2 aku jadi malah pengen pegi ke Bridgewater Triangle ituu..hohoho

    ReplyDelete
  69. Mungkin tempat pendaratan pesawat Han Solo dan Chewbacca.

    ReplyDelete
  70. salah nih baca artikel ini malam2... sekarang ketakutan sendirian di kamar gara2 penumpang rute 44... T__T

    ReplyDelete
  71. Bung E, karena sudah mengulas sedikit tentang Lizzie Borden, saya jadi penasaran... request :D

    ReplyDelete
  72. cerita cerita tersebut juga bisa secara tidak langsung menjga keasrian alam disana...

    ReplyDelete
  73. muehuehuehuehue *siaran radio malam

    ReplyDelete
  74. Melihat seekor bigfoot nongkrong ddpan komputer, baca artikel ini sambil ketawa-ketawa....
    That's my wildest dream.

    ReplyDelete
  75. Bang enigma kembali... O.O q baru tahu... Welcome back Enigma!! (telat)

    ReplyDelete
  76. jangan2 urban legend yg berkembang mempengaruhi psikologìs org2 mk tbentuk persepsi2 dan halusinasi visual :)

    ReplyDelete
  77. kok aku jd merinding ya bro bacanya...

    ReplyDelete
  78. klo bus Pahala Kencana yang masuk hutan di sekitarran Blora gimana tuh bang'E..klo bisa diulas ya, penasaran..hehe..maju terus bang..

    ReplyDelete
  79. Mr. E...

    Sejak balik k dunia blog gaya tulisannya berubah yah? Ada rasa "lebih muda" di tulisannya :)

    Btw, Mr. E punya satu janji loh sama saya.. :)
    Jika kembali menulis akan....

    Oya, I prefer not to use my old nickname karena satu dan lainnya...

    Guess who I am? :)

    *sementara ini ga pake nickname baru krn blm dpt ide.. Mwuweheheheh

    ReplyDelete
  80. @Anonymous 92: saya tidak bisa memastikannya bro :)) soalnya berjanji kepada terlalu banyak orang. Haha.

    ReplyDelete
  81. Hmm, sampai sejauh ini penjelasannya baru sebatas teori ya? Apa hubungannya anomali gravitasi, vortex dengan peristiwa-peristiwa tersebut? Bagaimana penjelasannya?
    Istilah keren saja tidak cukup.

    Saya cenderung pada salah satu opini yg mengatakan itu karena gas halusinogen yg berada di kawasan itu. Mungkin bukan hanya gas, tapi mungkin juga spora jamur yg halusinogenik.

    ReplyDelete
  82. 2 helikopter hitamnya gak dimasukan bro? Makin misteri tempat itu makin bagus dijadiin markas rahasia,bisa jadi GI-joe,ty

    ReplyDelete
  83. sebenernya vortex itu apa ya koq dia pede banet ada yg salah sama gravitasi di sana.. hahaha.. dia cuma bilang ada aktivitas gravitasi yg gak normal, tapi gak ngejelasin apa2 lagi.

    ReplyDelete
  84. suka banget sama postingan yg ini bung enigma.. saya cuma penasaran kenapa tadi ada yg menyinggung tentang vortex2. kenapa dia bisa yakin banget disitu ada vortex2 itu, dia yakin ada aktivitas gravitasi yg gak normal, tapi dia sendiri gak ngasi penjelasan seberapa ga normalnya aktivitas gravitasi disana. saya cuma penasaran sama misteri ini. bener2 kompleks, semua masalah kesinggung.

    ReplyDelete
  85. Wilayah Yg ooparts dan cryptozoo kayanya lebih wokeh hahaha... jgn yg penganut ancient alien terus dong di manjai bro e... hehe keep writing masbro sukses selalu ya

    ReplyDelete
  86. kak E saya ijin Copas ya ?

    ReplyDelete