Friday, June 19, 2015

Kasus Bocah Bertelur dari Gowa - Penjelasan Ilmiah

Minggu-minggu ini, media-media di Indonesia dihebohkan dengan seorang bocah berusia 12 tahun dari Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Bocah ini dikabarkan bisa bertelur, persis seperti seekor ayam.
Indonesia sedang dilanda misteri, mulai dari seorang perempuan yang tanpa sengaja melakukan video call dengan hantu hingga seorang bocah yang bisa bertelur seperti seekor ayam.
Saya skeptis. Tentu saja. Apalagi mengingat terbongkarnya rekayasa yang dilakukan oleh seorang kakek dari Jakarta yang bernama Sinin. Ia juga mengaku bisa bertelur. Tidak ada video, yang ada hanya sebuah pengakuan beserta telur-telur di dalam bungkusan.
Ketika dokter memeriksa telur yang diklaim keluar dari *blip*nya, mereka menemukan bahwa telur tersebut adalah telur ayam. Mukjizat memang kadang terjadi. Tapi ini terlalu jauh. Manusia tidak bisa menghasilkan telur ayam dari tubuhnya.
Jadi ketika media kembali diramaikan oleh seorang bocah yang mengklaim bisa bertelur, sikap awal saya adalah tidak mempedulikannya, walaupun saya ikut membagi link video proses bertelurnya bocah tersebut ke akun twitter @enigmablogger.
Entah apa yang merasuk pikiran saya waktu itu, tapi beberapa hari kemudian saya memutuskan untuk kembali menonton video tersebut dan berusaha memahaminya. Kali ini saya yakin bahwa bocah tersebut tidak sedang menipu atau melakukan rekayasa. 
Saya yakin ia benar-benar bisa bertelur.
Lihat saja sendiri, bagaimana mungkin seseorang bisa memalsukan proses yang terlihat di video tersebut?
Karena tontonan tersebut sangat mengganggu, saya tidak akan menampilkan video tersebut di blog enigma ini, tapi saya akan memberikan linknya kepada kalian yang ingin menyaksikannya, disini.
Jadi kali ini saya akan memberikan penjelasan yang paling mungkin atas peristiwa yang sangat langka ini.
Perlu saya ingatkan kepada kalian bahwa foto yang akan saya tampilkan berpotensi membuat sebagian dari kalian muntah dan bahkan mungkin sebagian dari kalian yang membaca tulisan ini akan berhenti makan telur untuk beberapa waktu lamanya.
Berikut adalah cuplikan dari merdeka.com ketika kasus ini mulai menjadi heboh:
"Bocah umur 12 tahun di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, diduga bisa mengeluarkan benda mirip telur dari anusnya. Benda yang keluar berwarna putih seperti telur ayam kampung.
Berdasarkan informasi dihimpun, bocah yang diketahui bernama Akmal ini sudah mengeluarkan tiga kali. "Sudah tiga kali (bertelur)," kata Akmal saat ditanya jumlah telur yang dikeluarkan.
Kasus tidak lazim ini diunggah lewat video oleh akun LoadinG Load dalam media sosial YouTube, Jumat (5/6). Warga yang merekam bahkan memperlihatkan saat Akmal di kursi panjang berposisi seperti wanita sedang proses melahirkan, berusaha mengeluarkan telur dari anus. Dengan dibantu seorang yang mengurut perutnya, Akmal mengeluarkan satu telur berwarna putih. Beberapa warga yang menyaksikan dibuat heboh.
Karena keanehan ini, rumah Akmal pun banyak didatangi warga yang penasaran. Dalam video terlihat Akmal dikelilingi warga bahkan salah satu di antaranya menyorot telur menggunakan lampu senter.
Merdeka.com berusaha menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa untuk menjelaskan hal tak lazim ini. Namun dua kali dihubungi lewat telepon belum juga direspons. Sementara itu berdasarkan informasi yang dihimpun, Akmal merupakan anak dari pasangan Ruslim dan Nawasiah. Warga Dusun Kampone Beru, Desa Mangempang, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, ini diduga sudah dua hari bertelur. Yang pertama hari Sabtu (6/6), dan kedua hari Minggu (7/6)."
Sampai saat ini saya tidak tahu pasti berapa jumlah telur yang sudah dikeluarkan oleh Akmal. Tapi ia mengklaim bahwa paling tidak ia sudah mengeluarkan sembilan butir telur dari *blip*nya.
Entah klaim mengenai jumlah ini benar atau tidak, yang pasti dokter yang merawat bocah ini percaya bahwa bocah ini benar-benar bisa bertelur. Tentu mereka sudah meneliti kasus ini dengan seksama sehingga kita bisa turut meyakini bahwa Akmal benar-benar bisa bertelur. Ini dibuktikan dengan sebuah foto rontgen yang diambil pihak rumah sakit.
Tapi tentu saja tidak ada dokter waras yang percaya bahwa ada manusia yang bisa bertelur sebagai ganti melahirkan. Demikian juga dokter yang merawat Akmal.
Dokter Adriana Galla dari Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf menduga bahwa telur yang dikeluarkan Akmal sesungguhnya adalah hasil dari pengapuran atau kalsifikasi. Kalsifikasi sendiri terjadi akibat terakumulasinya garam kalsium di dalam jaringan tubuh. 

Dengan demikian, yang disebut "telur" itu sesungguhnya bukan telur dengan cangkang berisi cairan putih dan kuning telur seperti telur ayam mentah. Objek tersebut hanya terlihat seperti telur. 
Jadi kali ini yang saya lakukan adalah memeriksa dugaan sang dokter dan saya menemukan bahwa dugaan ini masuk akal dan merupakan penjelasan yang paling mungkin.
Darimana saya bisa mengambil kesimpulan semacam ini?
Jawabannya adalah karena kita bisa menemukan contoh kasus yang serupa walaupun tidak se-ekstrim kasus Akmal.
Misalnya adalah kasus yang dilaporkan oleh Dailymail.co.uk pada bulan April 2015 kemarin. Kasusnya adalah mengenai seorang pria berusia 62 tahun yang mengeluhkan frekuensi buang air kecil yang tinggi. Ketika dokter melakukan CT scan, mereka menemukan sebuah "telur" yang menekan kandung kemihnya.
Berat "telur" itu adalah 220 gram. Ini lebih berat dari sebuah jeruk. Bentuk dan ukurannya kurang lebih mirip sebuah telur rebus. Menurut dokter, "telur" itu disebut "Peritoneal Loose Body".
Agak susah jika kita ingin menerjemahkan istilah kedokteran yang digunakan dalam kasus ini. Namun secara mudahnya, "telur" itu terbentuk ketika kantung lemak yang terbungkus oleh membran usus terlepas dan membentuk gumpalan yang kemudian mengalami kalsifikasi.
Berikut adalah penampilan ketika telur tersebut telah dikeluarkan. Para dokter mencelupnya ke cairan berwarna hijau, lalu memotong-motongnya untuk melihat lapisan protein yang terbentuk.
Kasus lain adalah yang terjadi pada pria berusia 60 tahun di Korea Selatan. Pria ini pun mengalami kasus yang serupa. Ketika ia menjalani laparoscopic, para dokter menemukan "telur" tersebut.
Kasus ini dicatat dalam jurnal kedokteran yang berjudul "Giant Peritoneal Loose Body in the Pelvic Cavity" oleh Joung Teak Jang, Haeng Ji Kang, Ji Young Yoon dan Seo Gue Yoon dari Department of Surgery, Seoul Song Do Hospital, Seoul, Korea.
Lalu ada juga kasus yang menimpa pria berusia 79 tahun yang tercatat di Japanese Journal of Oncology berjudul A Case of Giant Peritoneal Loose Bodies Mimicking Calcified Leiomyoma Originating from the Rectum. Peritoneal Loose Body yang terbentuk juga disebut berbentuk oval berukuran seperti telur ayam.
Sebagai tambahan bacaan, berikut adalah jurnal kedokteran dari Nepal dan Journal of Medical Case Reports. Tentu saja disertai dengan foto-foto menarik lainnya.
Setelah melihat contoh-contoh kasus diatas, maka dugaan dokter Adriana Galla memang terlihat sangat masuk akal. Jika para dokter yang merawat Akmal juga membelah dan meneliti telur tersebut dan menemukan kesamaan, maka kasus ini akan terpecahkan dengan sempurna.
Namun ada satu hal yang masih belum bisa saya temukan pembandingnya.
Yang saya maksud adalah, dari kasus-kasus yang ada, tidak pernah ada yang memiliki Peritoneal Loose Body lebih dari satu, dan tidak ada yang pernah bisa mengeluarkannya lewat *blip*. Dugaan saya, peritoneal loose body yang terbentuk di dalam tubuh Akmal berada pada posisi yang memungkinkan untuk dikeluarkan lewat *blip*.
Tapi kita tidak perlu heran. Dalam dunia medis, selalu ada yang pertama, dan kemungkinan Akmal adalah yang pertama di dunia.

Tapi untuk saat ini, bagi saya kasus ini sudah terjelaskan dengan baik. 

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

187 comments:

  1. Replies
    1. Saya terharu melihat Bung Enigma menulis lagi dengan alamat baru!
      Pasang tombol "donate-me" saja Bung Enigma, buat biayai agar tetamenulis pemecahan misteri no-hoax!

      Delete
  2. Saya mual bang nonton videonya >.<

    ReplyDelete
  3. Menarik. Semoga kasus Akmal bisa diangkat untuk dijadikan jurnal oleh dokter/peneliti

    ReplyDelete
  4. wahh,, g jdi pertamax nih..
    baca dulu dah.. :D

    ReplyDelete
  5. semoga masuk 10 besar XD

    ReplyDelete
  6. Rata-rata yang ngalamin itu di atas 60 tahun semua tapi si akmal baru 12 tahun dan nyampe bisa ngeluarin 9 kali. lemes lemes dan ko bisa keluar semua ya padahal mah bisa aja nyumbat di dalem dan gk bisa keluar.

    ReplyDelete
  7. waw banyak sekali keanehan yang terjadi saat ini, dunia kedokteran pun tidak bisa mendiagnosanya

    ReplyDelete
  8. Yeaaayy akhirnya postingan baru lagiii... jujur, mual sih liat videonya 😩..
    And, as always, postingannya mas E selalu jempolan!!! 😄😄

    ReplyDelete
  9. wk wk wk... telur manusia enak gak ya ?

    ReplyDelete
  10. Penjelasan bung E pertamax dan saya suka itu...tp mungkin kasus Akmal ada beberapa yg tidak masuk penjelasan ilmiah, karena mungkin sumber berita yg utama disana tidak menjelaskan apakah itu semuanya peritoneal looseloose body atau ada cangkang luar dan inti telur seperti pada telur ayam....

    ReplyDelete
  11. Klw ngelahirin setelah ngimpi di lilut ular?http://m.tribunnews.com/regional/2015/04/27/kesurupan-ustadzah-di-sumenep-ini-tiba-tiba-melahirkan-tanpa-hamil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan itu jin atau siluman ular yg di mimpinya, mungkin dunia gaib :/

      Delete
  12. terima kasih, untuk posting lg. di tunggu posting selanjutnya

    ReplyDelete
  13. itu telur bisa pecah atau endak sih ? tellur ayam kan bisa pecah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Cukup mengherankan nggak ada keterangan lebih jauh tentang 'telur' itu. Setidaknya ada 9 kan, masa belum ada yang diteliti. Telur unggas kan bisa diceplok.

      Delete
  14. Bang E,itu gambar foto rontgennya dari hp ya? Bukan foto basahnya yg asli?,trus sy mau nanya,bisa ya telur itu ketangkep sinar X? Mohon penjelasannya bang E

    ReplyDelete
  15. @piyupiyut: itu memang foto rontgen dari HP. Bisa saja telur itu tertangkap sinar x mengingat telur itu juga objek fisik yang nyata.

    ReplyDelete
  16. Kalo ini gimana bang?

    http://www4.allvietnam.com/warning-an-asteroid-or-meteor-will-hit-the-earth-on-september-24-2015-12412.html

    ReplyDelete
  17. Trims penjelasannya, terus terang awalnya Saya mengabaikan sama spt Bung E

    ReplyDelete
  18. Hm.. setau saya kalsifikasi ini sering terjadi pada orang-orang usia lanjut karena gangguan pada metabolisme kalsium (like osteoporosis), contoh kasus yang diberikan bro E juga kebanyakan orang berusia lanjut.

    yang menarik adalah, Akmal masih berusia 12 tahun (jarang anak muda kena masalah pengapuran kan?) dan setuju dengan bro E, kejadianya yang lebih dari satu kali itu tidak biasa.

    so, menurut saya sih ada penyebab khusus yang berbeda dari kasus-kasus peritoneal loose body lainnya.mungkin metabolisme Akmal (yang masih muda) membuat Akmal dapat memproduksi "telur-telur" tersebut lebih produktif dari kasus-kasus peritoneal lainnya. maybe..

    ReplyDelete
  19. waduh serem juga ni
    itu kok bisa keliatan ya

    ReplyDelete
  20. Hmmm... Klo gitu bs dibilang telur yg terbuat itu kemungkinan klo ada yg nyobain rasanya semacam telur asin ya... *ughh...*
    Btw nice post bro, nambah pengetahuan :)

    -L-

    ReplyDelete
  21. baru sahur pake telor nih.. *kacau

    ReplyDelete
  22. Keren penejelasannya bang Sam,,,!

    ReplyDelete
  23. Kalau masalah video call hantu tanggapan bung E bagaimana?

    ReplyDelete
  24. out of topic, sebenarnya apa sih pentingnya menjadi komentator pertamax keduax dll sehingga harus segera komen "pertamax" gitu... how annoying, ndak penting banget kalau menurut saya, malah mengganggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Who Are you?,Don't Make A Comment,If You Don't Like that Annoying

      Delete
    2. RIP English

      Delete
    3. moment of silence for Mr.anonymous's english

      Delete
  25. blog ini dapat top 10 blog indonesia, makanya saya langsung lihat.
    Salam

    ReplyDelete
  26. Analisis yg keren Bang E' seperti biasa

    ReplyDelete
  27. Ternyata ada penjelasan ilmiah nya. Saya kira bohongan lagi..
    Tpi masih gak ngerti dengan proses pengapuran/ kalsifikasi itu.

    ReplyDelete
  28. Wow.....banyak postingan baru nih....jadi ingat dulu2 sering mampir disini baca2 dan sambilan kerja di kantor hehe.....smoga byk postingan baru lagi ke depan Bro...dan good luck yooo.... ;)

    ReplyDelete
  29. Lanjutkan Bung E

    ReplyDelete
  30. Mudah2 bukan hoax lagi. Hoax tidaknya sebetulnya bisa dibuktikan dengan mudah oleh tim medis. Kan tidak mungkin telur tersebut tiba2 saja besar dalam beberapa jam atau hari. Jika tim medis bisa mengungkap dengan rontgen proses terbentuknya telur tersebut sehingga menjadi sebesar ukuran tersebut, kita akan tahu hoax dan tidaknya dengan sangat mudah.

    ReplyDelete
  31. Lagi puasa, jadi belom brani liat videonya.
    muntah = batal.
    nice post Bung E.

    ReplyDelete
  32. Hmmm, ane msh blm percaya bro... terkecuali seperti yg ente bilang tadi, telur si akmal itu hrs dibelah biar tau isinya, lalu disebarkan beritanya.

    ReplyDelete
  33. Fotonya bikin mual...
    Btw keren postingannya!

    ReplyDelete
  34. Waowwww dapat reply pertama kali dari bang E, kerennn...

    ReplyDelete
  35. Duh foto kya gitu apa lagi vidionya

    ReplyDelete
  36. Pendapat yang agak nyleneh ya...
    itu telur asli,
    yang dimasukkan sendiri kedalam anus oleh ybs,
    bagaimana caranya dan kenapa, itu perkara lain.

    hanya saat ngeluarinnya dia minta di rekam/video in.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Impossible kayaknya kalau begitu. Manusia super deh.

      Delete
  37. 9 kali ? Ni anak makanya garem bata kali yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan garem bata kang tapi kapur barus,, kan pengapuran wkwkwk

      Delete
  38. kl saya bilang kasus di atas kaya kasus terbentuknya mutiara oleh kerang salah ga bang??

    tpi saya tetep heran sama jumlahnya...

    ReplyDelete
  39. Apakah ada penelitian lanjut tentang "telor" itu? kalo dilihat dari rontgennya, seperti telur asli terlihat dari adanya lapisan luar/cangkang. bocah tersebut bisa saja melakukan rekayasa dengan cara memasukkan telur ayam ke anusnya. Entah tujuannya untuk menunjukkan potensi mistis (di perkampungan anak yg dianggap memiliki kekuatan mistis akan menjadi objek orang berobat. otomatis duit mengalir) atau mungkin bocah yang bersangkutan ternyata Maho, dimana telur hanyalah korban. NAH LOH!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buwwakakakakkakkakakkkk. setuju abis dah

      Delete
  40. tahun 2015, 5 artikel, dan semuanya berisi penyanggahan.. kemana artikel-artikel yang memicu kami untuk berimajinasi liar dalam misteri?

    ReplyDelete
  41. zaman ini semakin aneh aj ya sobat...

    ReplyDelete
  42. Selama ini saya silent reader. Skrg saya ingin bertanya tpi maf out of topic. Tolong donk bang E buat artikel untuk menjelaskan tentang kejadian 28 september 2015 mendatang yang banyak di beritakan di media internet.. Sebenarnya itu apa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada tanggal itu ada gerhana bulan total. Banyak yang percaya kiamat akan terjadi pada tanggal tersebut. Tapi itu hoax saja. Sama seperti isu Desember 2012.

      Delete
    2. Yup, hoax... Jangan percaya issue kiamat, kecuali ada asteroid seukuran bulan jatuh ke bumi...

      Delete
    3. jika ada asteroid seukuran bulan jatuh ke bumi. Tidak usah berfikir lagi, itu pasti kiamat

      Delete
  43. maaf bung enigma,sebagai pembaca setia blog enigma,ane merasa kecewa sejujurnya,altikel2 bung kualitasnya semakin berkurang menurut ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan kualitasnya yang kurang mas. Tapi bahan pembahasannya yang kurang

      Delete
  44. Wajar kalau tulisan kadang ada yg turun kualitasnya. Komentar pembaca saja banyak yg ora mutu. Buakakakkakak.

    ReplyDelete
  45. Wajar kalau tulisan kadang ada yg turun kualitasnya. Komentar pembaca saja banyak yg ora mutu. Buakakakkakak.

    ReplyDelete
  46. Wajar kalau tulisan kadang ada yg turun kualitasnya. Komentar pembaca saja banyak yg ora mutu. Buakakakkakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang,jualan dipasar ya?




      Delete
  47. Mantap Bang E.
    From Devy D

    ReplyDelete
  48. Seperti kisah naruto dimana awal komik baru naruto dijadiin kisah yang santai tapi kita ga tau penulis mw bikin kisah apa (naruto.red) sama halnya dng bung E, dia tidak menulis hal-hal yg berat di awal, padahal banyak topik yg bagus untuk dibahas.. Tulisannya hanya sebatas pelepas rindu terhadap para FANS Enigma..

    Kita tunggu karya tulis ilmiah dari bung E

    ReplyDelete
  49. Tapi bung sepertinya kasus2 yang terjadi di luar negeri itu cuma satu kan telurnya? Kalau yg anak Sulawesi itu sepertinya berulang kali bertelur. Sekalipun yg aneh di hasil rotgennya cuma menunjukkan 1 telur.
    -Melao

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Memang saya tidak menemukan bandingannya soal itu. Dalam hal ini, klaim jumlah telurnya mungkin perlu diperiksa.

      Delete
  50. Ah hoax neh. Videonya cuma ngeliatin pas ngeden tuh telor sm tau" sudah kluar th telor (coba liat video berulang ulang).
    Tapi pas keluarnya itu loh videonya kepotong.

    ReplyDelete
  51. Bang coba bahas ini dong http://youtu.be/di3jHR_p73g ini berita lama sih sebenernya

    ReplyDelete
  52. terimakasih atas informasinya yah.

    ReplyDelete
  53. Benarkah ini bung E? Dari gaya tulisan dan tata cara analisa kasusnya, sangat berbeda jauh...

    ReplyDelete
  54. Bung Enigma, maaf sebelumnya. Saya tau memang anda bukan seorang "gamers" tapi saya cuma mau request satu hal.

    Pernah dengar game bernama Counter Strike? Game tembak tembakan yang terkenal itu lho. Nah, baru baru ini ada isu yang beredar soal adanya sesosok hantu di salah satu mapnya yang bernama cs_estate

    Kira kira menurut anda, itu hoax atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bukan gamer. Belum pernah dengar soal Counter Strike. Yang saya tahu soal Baphomet di COC. Nanti saya lihat ya.

      Delete
    2. Kalo mnurut gua paling juga cuman easter egg lagi karna emang CS terkenal kaya akan easter egg yg melimpah

      Vian ojink

      Delete
  55. Bung E come back? liat notif diblog enigma update langsung kemari.
    salam IMFO.
    Regrads.

    ReplyDelete
  56. rada" jijik liat foto telor yg ada di dalem nya :3

    ReplyDelete
  57. hahh emg bnran tuh gan, bisa bertelur ??
    :o

    ReplyDelete
  58. saya jd pengen tau "telur" yang dikeluarkan akmal itu komposisinya sama atau nggak sama kasus2 sebelumnya

    ReplyDelete
  59. Bung E , saya sangat penasaran dengan kasus video call hantu itu.. berharap sekali bung E mau membahas bahkan menjelaskan kasus itu.. terimakasih :)

    ReplyDelete
  60. gan ane belum nonton, mau tanya pas keluar ada darahnya gak?

    ReplyDelete
  61. Bung Enigma, monster Loch Ness muncul lagi -_-

    http://thaitourism.info/entertainment-arts/loch-ness-monster-appear-again-after-1-year-15073.html

    Hoax paling ya?

    ReplyDelete
  62. URL blog ini harus pake "www" ya ternyata,tanpa www kita nyasar

    ReplyDelete
  63. Widihhh ternyata sehabis ntn videonya saya gk bisa apa" >_<

    ReplyDelete
  64. Maaf bung e, gimana pendapat bung e ttg monster laut rusia yg heboh akhir* ini
    ane nyari* di mana-mana blm ada penjelasan

    ReplyDelete
  65. Apkah struktur n kandungan telur sudah d teliti oleh para dokter yg merawat akmal?
    Jika belum berarti mslh ni belum kelar.
    Dan harus d kaji lagi.

    ReplyDelete
  66. 9 kali???
    mual saya lihat videonya >_<

    ReplyDelete
  67. jangan2 kasus kakek betelor juga sama ya?? ato bedakah? entahlah, yang pasti ilmu sains bakal menjawab pertanyaan itu

    ReplyDelete
  68. Replies
    1. ke gowa aja noh, truss minta telorrnya satu, bawa pulang truss masak dirumah ente... ckckck

      Delete
  69. Yg baphomet d COC mgkin konspirasi om,
    Klo yg vdeo call hantu tampaknya hoax?
    Bole minta request talking angela ga om?

    ReplyDelete
  70. Mungkin seperti nya menuru saya, Sudah saya riset beberapa jam lalu, Pertama Si anak tidur di kandang ayam tak sengaja ada ayam yang masuk kedalam mulut, ayam yang masuk itu terkejut dan mengeluarkan telor lalu ayam itu berhasil keluar, terlur itu nyangkut.

    :v

    ReplyDelete
  71. Buset... dunia ini benar penuh hal-hal yang ajaib dan aneh, apalagi di Indonesia

    ReplyDelete
  72. Bung engima, bisa tolong mengulas mengenai deep web? Seseram apa deep web itu? Bahkan ada mitos mengenai ada nya rahasia besar umat manusia di dasar deep web itu..
    Terima kasih bung, atas posting2an anda selama ini, sangat menambah wawasan kita semua

    ReplyDelete
  73. Bro enigma koq gk ada postingan lgi.?? Sedih nihhh.. huhu

    ReplyDelete
  74. Bro Enigma udah pernah posting tentang LHC sama HAARP???
    Thx

    ReplyDelete
  75. nice post as always. d tunggu next post nya bang .

    ReplyDelete
  76. Mengerikan klo emg bnr bnr ada di indonesia..

    ditunggu next postnya enigma :)

    ReplyDelete
  77. seperti biasa, analisa bung enigma selalu mantap dan masuk akal.
    keren bung (y)

    ReplyDelete
  78. terimakasih buat infonya sobat, mantep nih artikelnya

    ReplyDelete
  79. baca blog ini udah berapa tahun ya, meski menurun artikelnya tapi tetap inilah inspirasi aku bikin blog investigasi ala-ala aku sendiri

    ReplyDelete
  80. Om enigma, barusan saya liat di merdeka.com, ada berita mengenai penampakan UFO gitu di jepang. Gambar nya sih gak terlalu jelas, cuma lampu aja gitu yg keliatannya banyak dan kaya melayang gitu. Menurut om, tu beneran gak sih???

    ReplyDelete
  81. apa mungkin ini merupakan sebuah penyakit baru
    Aneh sekali jika manusia bisa mengeluarkan telur, kecuali kalau telur yg putih-putih itu..

    ReplyDelete
  82. sepertinya hoax,
    harusnya muncul di NatGeo kalau bener nih

    ReplyDelete
  83. Maaf bung E, kalau baphomet di game COC itu bagaimana, matur suwun...saya mulai suka dengan blog ino, teruskan bung E...hiraukan anjing menggonggong kafilah tetap berlalu..good job bung E..

    ReplyDelete
  84. maaf bung E...salam kenal dari Blitar, saya mulai suka membaca blog ini...

    ReplyDelete
  85. Salam kenal bung Enigma, maaf oot ya. Jika berkenan, saya minta tolong dicari penjelasan mengenai kawah" raksasa(perbandingan ukuran manusia normal) yg katanya bekas(hasil) dari tabrakan benda langit (meteor/asteroid), dimana kah benda langit yg menimbulkan kawah tsb ?.

    ReplyDelete
  86. Wah, saya pembaca lama Enigma. Gak terasa sudah 6 tahun lebih ya. Lebih update lagi donk, Enigma! Perbanyak konspirasi dan misteri terselubung. hehehe

    ReplyDelete
  87. Ampun bang gak kuat kalo kaya gini, mual hehe mitos kaya gini paling cuman bertahan bentar, udah itu terlepaskan

    ReplyDelete
  88. wah sekian lama gk liat enigma, ternyata beliau udah kembali... semangat bang enigma keep update ^_^

    ReplyDelete
  89. Videonya hilang dari youtube. Kira2 ada link video lainnya tdk bung E?

    ReplyDelete
  90. Jujur, saya juga ikut jijik melihat videonya min.

    Tapi penjelasan mengenai fenomena manusia bertelur ini sangat ilmiah sekali dan sangat masuk akal, baiknya ini juga diberitahukan kepada masyarakat agar tidak kembali terjadi kesimpang siuran berita tentang manusia bertelur yang akhir2 ini sudah beberapa kali muncul di Indonesia.

    ReplyDelete
  91. Ini salah satu bukti dari sekian banyak bukti yang ada bahwa Tuhan Maha Besar

    ReplyDelete
  92. Mungkin di indonesia efek mistis masih lebih banyak yang mempengaruhi, jadi ya kaya gitu hasilnya. Bisa bertelur berkali2. bahkan di tempat lain beberapa tahun tang lalu ditemukan kawat dalamjumlah yang banyak tiba2 keluar dari perut seorang wanita. Inilah pengaruh mistik itu (mungkin).

    Salamhangat dari seorang pencinta trekking

    ReplyDelete
  93. Seandainya si bocah menelan telur yg masih bercangkang, apakah nantinya telur tsb akan keluarnya lewat "blip" juga dalam bentuk utuh?

    ReplyDelete
  94. tadinya juga ga peduli, malah sempet heran,, kok dibahas disini? malah sekarang baru nyempetin baca,.. cuma karna mau liat "sisi lain" dari cerita mistis tentang telur aja :p

    ReplyDelete
  95. Bocah itu emng beneran bertelur atau cuma boong aja aya? serem banget ..

    ReplyDelete
  96. wah aneh sekali ya. makin lama sepertinya makin aneh saja dunia kita ini.
    Makin banyak kejadian yang tidak masuk di akal terjadi di mana mana.

    ReplyDelete
  97. g ada postingan terbaru nih ?????????

    ReplyDelete
  98. Akhirnya bang enigma menulis lagi dan mempunyai domain sendiri. Sukses buat bang enigma selalu.
    Saya juga sering berfikir di negara kita sendiri saja sudah banyak misteri yang baik secara logika dan spiritual mempunyai daya tariknya masing-masing.
    itu baru yang ada di Indonesia dan belum terungkap semuanya.
    bagaimana di negara lain??
    Mungkin seumurhidup bahkan seiring berjalannya waktu misteri akan selalu terjadi. Hal-hal yang bisa di buktikan dan tidak menjadi antusias bagi masing-masing pecintanya. Kami dari Warrior Camp akan mendukung terus hal-hal yang menarik dari dunia ini yang membuat kehidupan kita tidak sebatas roda yang berputar saja.

    ReplyDelete
  99. Benar-benar misteri, manusia bisa bertelur. Bisa ga ya dijelaskan secara ilmiah? pertanda apa dibalik peristiwa langka ini?.

    ReplyDelete
  100. wah aneh banget gan, masa bisa bertelur gitu.
    kayak ada gangguan mistis ya

    ReplyDelete
  101. Masih antara percaya nggak percaya ane gan, kasus sebelumnya jg pernah kan tapi ternyata bohong..

    ReplyDelete
  102. Menarik untuk disimak, dan saya ingin meninggalkan jejak dengan berkomentar disini.

    ReplyDelete
  103. kakak aku boleh nanya gak? kalo kesurupan yang sering terjadi sekitar kita penjelasan ilmiahnya gimana? https://www.youtube.com/watch?v=rql5h96h2N0

    ReplyDelete
  104. Coba bang kalo telornya segede telor dinosaurus, ngeluarinnya gimana (serem) :(

    _mampir ya di blog saya_

    ReplyDelete
  105. Bang E kok jarang sekali posting disibukkan apa ?


    Just ask bang .. Penggemar abang dari thn2009
    -Renz

    ReplyDelete
  106. woyyy itu *blip* apa artinya?

    ReplyDelete
  107. Telur nya kaya telur rebus kah?
    Aneh...

    ReplyDelete
  108. wah bung engima posting lagi ya, atau saya saja yang udah lama ga main kesini haha.
    btw saya request dong soal flying city di cina yg baru" ini heboh beritanya. Kalo dugaan saya mirip sama "kota di tengah danau" yang pernah bung E posting.

    ReplyDelete
  109. Halo bung E, anda pernah membahas soal kecelakaan pesawat MH 370 dan MH 17? ada teori konspirasi yang mengatakan kalau mereka sebenarnya TIDAK PERNAH KECELAKAAN melainkan DIBUNUH DAN DIBUAT SEPERTI KECELAKAAN.

    salah satu teori lengkapnya ada di blog ini, maaf jika agak sulit dibaca karena pure dari Malaysia sendiri

    http://bumiyangtercinta.blogspot.com.tr/2015/08/misteri-pesawat-mh370.html

    ReplyDelete
  110. Bung E, kok di stop updatenya? Azzzz jgn2 mau release enigma jilid 3 nih ya? Rasanya kyk disengaja bgt deh, ganti domain, update dikit, lalu ngilang. Azzzzz well played

    ReplyDelete
  111. ikut nyimak gan..
    buat tambah wawasan dan pengalaman aja...
    thanks ulasan nya ya gan...

    ReplyDelete
  112. Informasi nya unikk "bocah bertelur" wahh jadi pengen liat telurnya langsung , seperti apa yahh ??

    ReplyDelete
  113. Hello.

    Bisa tolong dianalisa dan dibahas mengenai insiden Dyatlov Pass yang mengakibatkan tewasnya 9 pendaki di daerah sekitar Rusia? Thanks

    ReplyDelete
  114. Blognya jarang di update lagi bang. banyak yang menunggu artikel terbaru dari blog enigma.

    ReplyDelete
  115. kok ada ada aja sih manusia bertelur :O

    ReplyDelete
  116. Sekalinya gw nemu blog misteri yang keren, ehh ternyata udah koit, nggak update lagi... sayang banget.. :(

    ReplyDelete
  117. Udah gk ada videox d youtube. Itu dhapus atau gmn?

    ReplyDelete
  118. Bung, enigma, tolong pecahkan misteri yang baru terjadi 2015 ini "

    'Misterius', Mobil di China Tiba-Tiba Melayang di Tengah Jalan

    terima kasih :3

    ReplyDelete
  119. menarik sekali mas .. lanjut lagi bang enigma !

    ReplyDelete
  120. gak ada bahasan lg om?? apakah hanya sampai di sinikah??

    ReplyDelete
  121. Bung E, kalau ada waktu boleh dong dibahas tentang lighting ball, yang bisa masuk rumah Dan melayang-layang. Di Polandia beberapa kali saya melihatnya langsung, tapi ga berani Pegang. Makasih

    ReplyDelete
  122. Paten ini penjelasannya.. ternayata bukan telur toh... tapi bagian dari organ dalam manusia.. hmm

    ReplyDelete
  123. Aneh bisa bertelur...tapi bagusnya ada penjelasan ilmiahnya

    ReplyDelete
  124. Itu mah akal akalan dia buat tenar , tuhan juga kasih mukjizat pasti yang bener gk kaya gitu , bener gk bang ?

    ReplyDelete
  125. asli itu mirip ya kaya telor beneran..
    tapi ternyata bukan hahaha, allahualam dah itu penyakit bertelur bisa disembuhin atau enggak ya..

    ReplyDelete
  126. masa iya sih rasanya gak mungkin deh

    ReplyDelete
  127. wow jika luar negeri tau pada kesini di teliti seperti mutan hihihi

    ReplyDelete
  128. Penyakit sih menurut saya itu, ada kelainan apa gitu dalam metabolisme tubuhnya. Kalo buat tenar2an sih, segitunya amat mau tenar gak juga kali hahahha.

    Buat admin: KK Link video Youtubenya sudah di hapus sama Youtube Baiknya di remove aja, ganti yang lucu2 hahaha

    ReplyDelete
  129. waduh serem amat bisa bertelur haha, makin lama makin aneh aja nih dunia.

    ReplyDelete
  130. jangan jangan mutan lagi ini orang, hahaha
    Anyway artikel E mantapss !

    kunjungi blog saya juga ya E, www.depoqq.net

    ReplyDelete
  131. Jangan lupa mampir ke blog ku ya

    ReplyDelete
  132. Pengen lihat link videonya tapi gak jadi ah...takut jadi gak doyan makan telur hahaha...

    ReplyDelete
  133. Ilmu pengetahuan dapat menjelaskan kejadian yang sering kita anggap tabu.

    ReplyDelete
  134. Memang sebuah keanehan seorang manusia bertelur, apakah itu kelainan genetik? perlu diteliti

    ReplyDelete
  135. Aneh bener tu anak, bisa ngeluarin benda semacam telur dari itunya, sukses terus ya bung E :D sangatmisteri.blogspot.co.id

    ReplyDelete