Friday, June 12, 2015

Antara Refleksi Lensa dan UFO: Penjelasan Kasus Foto Ubur-Ubur Langit Groningen

Saat itu malam hari dan sebuah badai sedang terjadi di Groningen, Belanda. Harry Perton, seorang blogger spesialis alam, tidak melewatkan kesempatan itu. Ia segera mengambil kamera dan memotret suasana langit yang gelap. Ketika melihat hasilnya, ia terkejut karena menemukan sebuah objek bercahaya hijau yang terlihat seperti seekor ubur-ubur atau.... sebuah UFO?

Kasus foto Ubur-ubur Harry Perton ini memang tidak menghebohkan. Tapi saya memutuskan untuk mempostingnya karena penjelasan yang akan saya berikan di tulisan ini bisa menjawab banyak kasus foto "UFO" lainnya yang pernah muncul atau akan muncul di kemudian hari. Jadi mari kita lihat kasus ini bersama-sama.

Berikut adalah foto UFO Ubur-ubur yang berhasil diambil oleh Mr. Perton.

“Saya melihat dari jendela sebuah pemandangan langit yang sangat indah dan saya menunggu hujan reda sebelum saya keluar rumah.” Kata Mr. Perton. “Lalu, saya mengambil foto dan tiba-tiba muncul sebuah kilat. Awalnya saya mengira kilat itu berasal dari kamera yang saya bawa, namun lampu blitz kamera ternyata tidak menyala.”

“Jadi saya berkesimpulan bahwa kilat itu berasal dari petir. Ketika kembali ke rumah, saya melihat sesuatu yang aneh pada foto yang saya ambil – sesuatu yang terlihat seperti UFO." 

 
Mr. Perton sendiri percaya bahwa objek dalam foto itu memiliki penjelasan ilmiah.

“Secara pribadi, saya bukan orang yang percaya dengan keberadaan UFO. Saya rasa objek tersebut adalah sesuatu yang bersifat meteorologis. Mungkin seberkas sinar matahari yang mengintip menembus awan badai yang menciptakan efek ini.”

Foto itu diposting Mr. Perton dan perdebatan pun muncul. 
Wajar, soalnya objek dalam foto tersebut terlihat seperti sebuah UFO yang sedang memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan hypersonic. Too good to be true.

Beberapa orang yang menolak teori UFO percaya bahwa objek tersebut adalah sebuah “sprite”, yaitu pelepasan listrik dalam skala besar di atas awan badai, atau cumulonimbus. Fenomena ini memang bisa menciptakan cahaya merah oranye yang mirip dengan ubur-ubur.
Namun jika kita membandingkan kedua foto tersebut, maka kita akan melihat bentuk yang berbeda. Ubur-ubur Mr. Perton terlihat lebih rapi.

Menariknya, objek yang mirip dengan ini pernah juga terpotret sebelumnya pada Januari 2010. Saat itu, objek yang serupa berhasil diambil oleh Arne Milkalsen di atas Andenesm, Norwegia.

Mr. Mikalsen mendapatkan objek tersebut ketika sedang memotret Aurora yang terlihat di wilayah itu. Awalnya, Mr. Mikalsen mengira objek tersebut adalah pantulan dari lensa kamera. Namun ketika ia memposting foto tersebut ke situs spaceweather.com, ia mendapatkan tanggapan beragam dari para ahli. Salah satunya seorang ilmuwan bernama Lynn Hansen dari TromsΓΈ Geophysical Observatory.

Menurut Hansen, objek tersebut tercipta karena cahaya aurora yang terpantul ke objek eksternal seperti sebuah pesawat atau yang paling mungkin, sebuah satelit. Ini diperkuat dari warna objek tersebut, yaitu hijau, sama seperti Aurora.

Jika ini yang terjadi, maka satelit tersebut akan berfungsi sebagai Iridium Flare. Satelit iridium sendiri memiliki tiga antena utama dimana pada sudut tertentu, refleksi cahaya matahari dari salah satu antena tersebut akan menimbulkan bintik kecil di permukaan bumi dengan diameter sekitar 6,25 mil.

Lain lagi Pal Brekke, penasihat senior di Norwegian Space Centre. Menurutnya objek tersebut kemungkinan besar hanyalah refleksi dari cahaya lampu jalan. 
"...Saya juga belum bisa yakin sepenuhnya, tapi kita juga tidak bisa mengabaikan teori ini.” Kata Mr.Brekke.

Jadi, Apa identitas objek berbentuk ubur-ubur itu sebenarnya? UFO yang sedang bergerak dengan kecepatan hypersonic, ubur-ubur angkasa, pantulan satelit atau refleksi lampu jalan?

Well, misteri yang terlihat rumit ini sebenarnya tidak membutuhkan ilmuwan pemenang Nobel untuk memecahkannya. Cukup seorang fotografer profesional. 


Yang saya maksud adalah, Objek tersebut, yang terlihat seperti UFO, sesungguhnya hanyalah refleksi cahaya pada lensa kamera, seperti dugaan awal Mr. Mikelsen dan Mr. Brekke. 
Refleksi semacam ini biasa disebut ghosting flare.

Apakah saya memiliki bukti untuk mendukungnya?

Tentu saja.


Pernahkah kalian membaca kisah mengenai riwayat sebuah foto UFO dimana sang pemotret bercerita bahwa ia tidak bisa melihat apapun di langit, namun setelah melihat hasil jepretannya, ia baru bisa melihat keberadaan UFO tersebut? 
Jika kalian menemukan cerita semacam ini, maka jawaban atas misteri ini umumnya terletak pada lensa kamera tersebut. Penarikan kesimpulan yang sederhana, namun akurat.
 
Mungkin diantara kalian ada yang menolak teori ini karena objek yang ditangkap oleh Mr. Perton dan Mr. Mikelson sama sekali tidak mirip dengan refleksi cahaya pada lensa.

Ini tidak benar. Refleksi lensa memang membutuhkan kombinasi antara posisi pemotret, sumber cahaya yang terang, diafragma lensa dan tentu saja materi dari lensa itu sendiri. Dengan kombinasi yang tepat, refleksi lensa dengan bentuk yang unik bisa tercipta. Langka, tapi sangat mungkin.

Contohnya seperti refleksi semacam ini.
Dari foto diatas, kita bisa melihat terbentuknya dua piringan dengan satu diantaranya diikuti oleh objek lonjong berbentuk pemukul baseball. Dengan perpaduan ini, maka refleksi yang terbentuk di kanan bawah hampir menyamai bentuk sebuah ubur-ubur.

Kemudian contoh lain. Pada foto ini, refleksi cahaya terlihat membentuk sebuah bulatan seperti roda. Bahkan refleksinya pun berwarna hijau seperti foto Mr.Perton dan Mr.Mikelson. Namun tidak ada yang menganggapnya sebagai UFO karena sumber cahaya terlihat jelas di dalam foto.
Dan berikut adalah foto refleksi cahaya yang diberikan oleh komentator pada blog Mr.Perton. Bentuknya terlihat seperti payung, atau ubur-ubur, dan juga berwarna hijau.

Atau contoh lain yang sangat mirip dengan foto Mr. Perton.
Sekarang kita tahu bahwa refleksi lensa bisa menciptakan efek bentuk seperti ubur-ubur atau UFO. Tapi apakah kita bisa membuktikan bahwa objek tersebut adalah benar-benar refleksi pada lensa?

Ada satu cara yang paling mudah. Yaitu dengan menarik sebuah garis lurus panjang menembus bagian tengah piringan. Jika kita menemukan sumber cahaya diujungnya, maka itu adalah refleksi lensa.
Contohnya seperti ini.
Atau ini.
Atau, foto Mr. Mikelson.
Diikuti dengan foto Mr. Perton.
Solved?

Seperti yang saya katakan di awal postingan, jika kita memahami masalah refleksi lensa ini, maka ada banyak foto "UFO" lainnya yang bisa dijelaskan dengan mudah.

Berikut adalah foto-foto "UFO" yang sempat membingungkan sebagian orang. Bisakah kalian memecahkan misteri foto-foto tersebut?
Foto UFO Plasma di atas Chicago.
Foto UFO Annapolis.
Atau Foto UFO yang diambil di Eskisehir, Turki, berikut ini.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

103 comments:

  1. Foto ufo annapolis cahayanya banyak... Beda dengan foto2 lainnya bung e...

    -L-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar cahayanya byk, tapi lampu nya juga byk, arah refleksi nya sama semua, lihat lampu nya di bagian bawah foto

      Delete
    2. Sumbernya lampu dari atas dermaga atap merah..lol

      Delete
  2. Will you make third book of enigma?

    ReplyDelete
  3. yaaaaa......
    gk bisa pertamax

    ReplyDelete
  4. flying space jellyfish, definitely

    ReplyDelete
  5. salam kenal bang Enigma, walaupun saya baru tau blog ini tapi saya sdh baca hampir semua artikel nya .

    ReplyDelete
  6. Ok, solved. Thanks.

    ReplyDelete
  7. UFO adlh sebuah misteri yang menarik.. mungkinkah nanti ada kasus UFO yang tidak dapat terbantah keberadaannya?

    di gramed enigma vol. 2 udh ludes.. cari kemna lagi??

    ReplyDelete
  8. Bung E, saya susah sekali mau beli buku Enigma yang seri ke 2, tiap ke Gramedia selalu saja kosong, lokasi saya di Bandung daerah Pajajaran, gimana ya Bung E :P

    -randymutsu

    ReplyDelete
    Replies
    1. di palasari ad bro, ane beli disana

      Delete
    2. iya sama...! aku juga..susah banget nyari bukunya :'(

      Delete
  9. udh cukup lama baca blog hebat ini, cuman ini pertama kalinya ikut komen, hehe, pokoknya si akang E ini hebat dah. cara berpikirnya bisa di jadiin inspirasi bwat para pecinta misteri . ahahaha

    ReplyDelete
  10. Ya solved bung..sangat sulit sekali benda asing dapat masuk ke bumi tanpa timbul efek apapun..harusnya jika ufo nyata tentu tidak ada bedanya dengan meteor..dgn kecepatan tinggi dan pergesekan yg akan terlihat efeknya secara gamblang...

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. eddo said : solved..good jab bung E.πŸ‘

    ReplyDelete
  13. Keren euy, Bang E..... !!! Bravo

    ReplyDelete
  14. Keren pencerahannya ^^

    ReplyDelete
  15. selamat pagi mas enigma,minta pencerahannya tentang misteri kematian Akseyna Ahad Dori /mahasiswa UI.yang sudah berbulan-bulan menjadi teka-teki di pihak KEPOLISIAN dan pakar grafolog atau ahli tulisan, karna kematiannya.bahkan Polisi tak memiliki satupun saksi dan bukti untuk menunjuk siapa pelakunya. polisi hanya yakin Akseyna dibunuh setelah menganalisa bukti-bukti seperti surat wasiat, hasil otopsi, serta kondisi beberapa barang pribadi yang dipakai Akseyna di hari kematiannya.bagaimna pendapat mas enigma tentang kematian akseyna ini?bunuh diri/dibunuh?tolong minta pencerahannya.TERIMAKASIH.

    ReplyDelete
  16. analisa yg keren bung E, mantaapp

    ReplyDelete
  17. Keren bang e, kupas tuntas maksimal
    Kalishna

    ReplyDelete
  18. Ok. Sangat baik kupasannya Enigma. Terima kasih ..

    ReplyDelete
  19. Edun emang Bang E' pinter bgt, ngidam apa sih dulu Mommy nya hehe πŸ˜… - R.joe

    ReplyDelete
  20. Sudak aktif lagi sejak sekian lama ya, udah ditunggu2 pikirin pemilik blognya udah passed away. Semoga sukses ya blognya

    ReplyDelete
  21. @L: Kan bisa ditarik garis satu persatu dg sumber cahaya yg ada di bawah.

    @om Enig: itu foto2 yg ga da watermarkna dan ga da keterangan sumberna, itu hasil jepretan sendiri ya? Bagus2. Jalan2 mulu nih om Enig kekna. Pantes aja blog pernah dianggurin lama. :v
    #eh, bukan ya?

    ReplyDelete
  22. Untuk -L- : UFO annapolis adalah pantulan dari lampu jalan yang ada di bawahnya.
    Bung E, apakah riddle di buku enigma II berhubungan dengan 9 gambar yang ada di halaman awal?

    ReplyDelete
  23. wiih terimakasih bung E udah update lagi XD

    ReplyDelete
  24. bung enigma ilmu analisanya keren,sayangnya cari aman melulu,coba bung enigma analisa kasus angeline,kita lihat apakah bung enigma memang benar2 top atau cuma teori doang..wkwkwkw

    ReplyDelete
  25. bang.. kasusnya angeline dong..kalau menurut sudut pandanf bang E
    -OR

    ReplyDelete
  26. @Anonymous: Polisi belum selesai menyelidiki kasusnya. Jadi jika kita berusaha menganalisanya tanpa meneliti TKP, memeriksa bukti dan menginterogasi saksi, maka itu adalah sebuah bentuk kebodohan.

    ReplyDelete
  27. Gw jadi takut komen asal asalan
    Takut doi ilang lg
    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  28. Mantap.....
    from Devy D

    ReplyDelete
  29. Solved! ternyata sederhana...
    Senangnya Bung E sudah aktif kembali :D

    ReplyDelete
  30. Haha ternyata memang benar hasil dari lensa bisa membuat berkas bulatan cahaya itu juga satu garis lurus dengan sumber cahaya yang paling terangnya. makasih bung E

    ReplyDelete
  31. Sepertinya sesuatu yang sederhana dapat menciptakan sesuatu yang lebih rumit, jika kita tidak mau untuk mencari dan meneliti hal itu sendiri

    ReplyDelete
  32. bisa bung E.... penjelasan yang sangat detail bung E....

    ReplyDelete
  33. Mungkin itu hanya pantulan sinar ke kaca lensa,, sehingga jadi seperti itu

    ReplyDelete
  34. Bung E...
    bisa bagi-bagi kemampuan analisanya gak Bung?
    10% aja cukup. :)
    gapapa ya aku nge-fans sama Bung E!!!
    Jayalah selalu Bung E, blognya dan bukunya.

    ReplyDelete
  35. saya reguest kasus pembunuhan bung,kalau bisa yang masih segar bung

    ReplyDelete
  36. menurut saya ada benarnya...kebanyakan tidaknya...ha ha ha apa ada ufo ? belum pernah lihat mas...

    ReplyDelete
  37. bung E, pinggin tau dong pemikiran bung E tentang konspirasi al gore isu global warming di tahun 2015 ini, soalnya itu menurut saya yang paling menarik. terimakasih XD

    ReplyDelete
  38. satu foto menyimpan banyak misteri

    ReplyDelete
  39. fenomena alam yang sulit untuk dijelaskan yaa

    ReplyDelete
  40. Solved !!! ... logika yang bermain

    ReplyDelete
  41. foto doi yang beris ubur-ubur jelas cuman refleksi.
    Kalo foto yang di ambil di Cicago, anapolis dan turki bisa jadi itu beneran UFO.
    Saya sendiri meyakini kebenaran ufo karena saya pernah melihat secara langsung "unidentified flying object" yang pada saat itu langsung saya yakini adalah alien's spacecraftshit.. :). Saat itu di tahun 2004 bulan september. Malam yang sangat indah bertabur jutaan bintang (lebay dikit ye). Namun ada satu yang saya kira bintang kemudian bergerak pelan lalu berhenti. jarak sekitar 3-4 cm(skala brdasarkan penglihatan saya ye) lalu kemudian setelah beberapa saat terbang memutar (MEMUTAR COY!) lalu menghilang. "Apakah itu hanyalah ilusi mata saya? I dont think so...,pesawat penumpang? hah?.. Ataukah kunang2 mungkin? Nope!.. atau Ufo? Hell yea!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah liat yg smcm itu. Itu ilusi. Yakin saya. Soalnya kalau kita ngeliat langit tanpa patokan batas, mata kita akan mulai ngawur. Percayalah dik, saya paham maksudmu.

      Delete
    2. jika itu ilusi karena mata saya ngawur mungkin saya tidak hanya melihat satu yang seperti itu, tapi lebih banyak.. terlalu jelas untuk di anggap ilusi...

      Delete
    3. Dek Insan, tidak ada hubungannya dgn jml penampakan. kalau yang namanya ilusi, sama saja. Ini masalah reaksi otak ketika kita lihat ke langit malam full.

      Delete
    4. if u say so kak Torotoro, then so be it... :)

      Delete
  42. kaya asli tp di pikir-pikir lagi deh..

    ReplyDelete
  43. Ini kasus yang tidak sulit. Terlalu gampang. Cari yg lebih berat lagi donk. Misalnya soal... Hmm.. Apa ya.. Blm kepikiran dink.

    ReplyDelete
  44. Salam kenal..met puasa bagi yg Muslim. Hanya ingin cerita sebuah "keanehan" aja, suatu pagi cerah saya berangkat kantor dgn motor, pandangan saya sedang ke jalanan aspal ketika saya menangkap bayangan di aspal berupa pesawat, lumayan gede bayangannya. Herannya, pas saya refleks liat ke atas, gak ada pesawat apapun. Perumahan kami mmg lumayan dekat bandara, pesawat yg lagi climbing sering lewat, suaranya berisik, tapi biasanya sdh tdk ada bayangan di tanah, menandakan pesawatnya udah tinggi. Namun suara mesinnya ribut banget, terdengar berisik walo di jalanan. Saya tdk berpikir aneh2 dulu klo itu bayangan apa. Hanya aneh aja klo ada bayangan pesawat yg gede di aspal maka jarak ke bumi dekat tapi kenapa tidak ada suara? Dan saat ditengok ke langit tidak ada apapun. Bukan hanya saya saja yg lihat, tapi suami saya juga melihat kejadian tsb. Adakah yg bisa jelasin dari "sisi yang lain"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya kalau sebuah objek dekat dengan sumber cahaya, maka bayangan yang dihasilkan menjadi lebih besar?

      Delete
  45. Oh ya masih soal bayangan pesawat, entah ini berguna ato tidak, lokasinya di kota Manado di tahun 2014 lalu

    ReplyDelete
  46. keren dah, penjelasannya mantab

    ReplyDelete
  47. salam kenal, penjelasan om enigma emang bener2 yahut, penuh perhitungan dan analisa yang cukup akurat dan masuk logika. . . salam dari saya rangga

    ReplyDelete
  48. sip om. alur penjelasannya mantep. jadi kebawa alur pemikiran om enigma.

    ReplyDelete
  49. benar benar fenomena alam yang misterius ya...

    ReplyDelete
  50. terima kasih atas share teorinya . yang saya pake dalam reasear saya yang saya pake adalah teori yang ini dan teori yang dari tipepedia yang berjudul Teori Perubahan Sosial Menurut Pendapat Para Ahli. and riset ku berhasil, thnks :D

    ReplyDelete
  51. Coba dibaca ini dulu mas. Siapa tau mnarik dijadikan bahan postingan.
    Watch "7 and Tioga ufo sightings" on YouTube - https://youtu.be/SHXK048cX8U

    Terima kasih :)

    Best,

    ReplyDelete
  52. dah 5 tahun mantengin blog bung E. analisisnya bener2 buat saya kagum dah

    ReplyDelete
  53. Apakah semua foto ufo berasal dari refleksi lensa bung Enigma ? Ada ga foto yg paling sulit dibantah bahwa itu bukan ufo? Trima Kasih. Hendri

    ReplyDelete
  54. Analisis yg sempurna

    ReplyDelete
  55. Saya mulai kenal blog ini sekitar th 2010 dan selalu menunggu sesuatu yg baru . Mantap terus lah berkarya bung E

    ReplyDelete
  56. Saya udah nonton anime 'Hyouka'. Terkadang memang hal-hal rumit punya penjelasan, tapi seperti kata Chitanda Eru "Watashi Kininarimasu!!!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira-kira Bung E seperti Oreki, ya. Kemampuan analisis yang top-notch dan penyampaian yang menarik hati ;)

      Delete
  57. Bung E bisa jelaskan gak tentang sesuatu yg terbang di LA berapa hari yg lalu ?

    ReplyDelete
  58. Bung E setelah sekian lama meredup dan akhirnya kembali terang saat beberapa postingan update dengan cepat, namun sekarang kembali lagi meredup, Bung E pernah blang misteri tidak akan pernah habis dan tidak dapat disimpulkan karena itulah yang membuat misteri itu menarik

    ReplyDelete
  59. lama nggak berkunjung ke blog ini...

    ReplyDelete
  60. Baru tau blog ini hari ini. Gila! Keren bgt semua artikelnya! Mantap!!!!

    ReplyDelete
  61. Mantap mas, terima kasih ...
    Artikelnya sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  62. Mr. Enigma, bisa tolong post tentang perjalanan waktu gak?

    ReplyDelete
  63. daebak! penjelasannya detail n bukan asal2an... di tunggu postingan berikutnya ya bang E!!

    http://www.rumahkayu88.com/

    ReplyDelete
  64. Saya photographer dan punya banyak photo seperti itu.. saya tidak merasa heran karena sesuai dengan penjelasan bung E, itu cuma pantulan cahaya di lensa, dan menurut saya kecepatan (speed) camera belum dapat menangkap kecepatan hipersonic.. analisa yg bagus bung E

    ReplyDelete
  65. salam kenal

    mantap gan , artikelnya sangat menarik , terimakasih atas infonya


    nit1971

    ReplyDelete
  66. Flare seperti itu juga dikarenakan lensa menggunakan UV filter. Kalo UV filter dilepas akan mengurangi/menghilangkan flare.

    ReplyDelete
  67. kalo untuk ufo mah masih kurang yakin ane masgan..
    ane sendiri ga percaya sama yg nama nya ufo

    ReplyDelete
  68. Mantab banget ulasannya... yang ini baru bisa diterima dengan logika, banyak foto memang menghasilkan refleksi gambar demikian. Mantab.

    ReplyDelete
  69. menaik sekali ka, penjelasannya masuk di akal juga

    ReplyDelete
  70. Ternyata efek cahaya dapat membentuk hal-hal aneh yang biasa kita anggap UFO

    ReplyDelete
  71. makasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete