Wednesday, January 6, 2016

Bola Api Misterius di Malam Pergantian Tahun Baru 2016 - Penjelasan

Pada malam pergantian tahun kemarin, warga masyarakat berkumpul di luar rumah untuk menyaksikan parade kembang api menghiasi langit Jakarta. Tepat saat waktu menunjukkan pukul 24:00, langit malam menjadi terang benderang oleh cahaya warna-warni kembang api. Diantara letupan ribuan kembang api, bola-bola cahaya berwarna kemerahan juga terlihat melayang di langit.
Sebagian orang menyebut bola cahaya itu Braja, dan fenomena ini kemudian memenuhi media online selama beberapa hari.

Ada yang mengaitkannya dengan Mistik (dan politik).


Ada pula yang sengaja pergi ke lokasi tertentu untuk mendapatkan feel dari penampakan tersebut.


Mungkin detikcom adalah media yang paling bersemangat meliput fenomena tersebut. Mereka melakukan investigasi dan crosscheck, bahkan hingga mengaitkan fenomena tersebut dengan bola api sungai Mekong yang juga pernah saya tulis di blog ini. Kehebohan ini tidak ada bedanya dengan peristiwa terompet langit beberapa waktu yang lalu.

Kita hidup pada era modern dimana sebagian masyarakat bisa memiliki benda kecil terbang yang bernama drone. Seiring dengan perkembangan teknologi semacam ini, kita akan melihat semakin banyaknya jumlah laporan penampakan UFO oleh masyarakat atau jumlah foto-foto benda terbang aneh berwarna-warni yang diposting di media sosial.

Oleh sebab itu, untuk kasus bola cahaya merah malam tahun baru 2016, tahan imajinasi kalian untuk sejenak. Bola cahaya tersebut belum tentu sebuah pesawat alien yang memutuskan untuk ikut merayakan malam tahun baru di bumi atau sesosok roh dari dimensi lain yang memutuskan untuk menghantui masyarakat di malam yang penuh keramaian.

Tulisan kali ini tentu saja lebih ke arah respons untuk pemberitaan yang bombastis dari beberapa media. Tapi satu hal lagi yang membuat saya tertarik untuk menanggapinya adalah karena saya sendiri menyaksikan bola cahaya yang menghebohkan itu dan bahkan sempat memotretnya.

Saat itu saya sedang berada di Jakarta. Ketika kembang api yang jumlahnya sangat banyak mulai menghiasi langit, saya melihat sebuah bola cahaya berwarna merah, terbang dengan lambat di langit. Bola itu melayang cukup lama di langit sebelum akhirnya mulai meredup dan turun, lalu menghilang.

Berikut adalah foto yang saya ambil. 

Padahal, jika kita melihat pola dan petunjuk yang berkaitan dengan penampakan bola cahaya tersebut, kita bisa dengan segera mengambil kesimpulan yang masuk akal mengenai identitas objek misterius tersebut.

Bahkan media yang menghebohkan diri dengan penampakan tersebut telah memberikan kepada kita petunjuk-petunjuk penting dalam isi berita yang diposting, seperti artikel detikcom berikut:
Cerita Bola Cahaya yang Muncul Setiap Malam Tahun Baru di Sawangan 
Fenomena penampakan bola cahaya yang dikaitkan dengan UFO pada malam pergantian tahun baru lalu sudah jelas tak bisa dibuktikan secara ilmiah. Namun, di Sawangan, Depok, Jawa Barat, ada sebuah cerita tentang bola api yang selalu muncul setiap malam tahun baru. Apakah itu peristiwa yang sama dengan bola cahaya? 
Informasi soal bola api di Sawangan diterima detikcom dari para pembaca yang merespons artikel terkait penampakan bola cahaya di kawasan Jakarta Utara dan Serpong. Menurut beberapa orang, ada sebuah fenomena unik yang selalu didatangi banyak orang di Sawangan, bernama braja. detikcom kemudian menelusuri kebenaran cerita tersebut. Hingga akhirnya bertemu dengan Udin Herman (52), pria yang sejak lahir tinggal di kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jabar.
Dia mengisahkan tentang rutinitas masyarakat saat malam Tahun Baru yang penasaran dengan kemunculan braja atau bola api di Sawangan. Menurut Udin, dulu ada sebuah waduk yang diberi nama Setu Gugur. 

Pada tahun 1960an, waduk tersebut jebol dan ikan-ikannya berhamburan. Belakangan, area waduk tersebut menjadi milik perorangan dan menjadi perumahan. Entah apa kaitannya, setelah waduk itu hilang, kerap muncul sebuah fenomena aneh setiap pergantian tahun. Fenomena tersebut bernama braja, atau kemunculan bola api. "Keanehan braja itu keluarnya pada jam 24.00 WIB malam pas waktu pergantian tahun masehi. Tetapi kalau orang beruntung melihat nggak cuma pas malam tahun baru. Kadang ada yang melihat waktu tertentu siang hari terlihat seperti payung terbang," ceritanya. 

Fenomena ini menyebar dari mulut ke mulut sejak tahun 2006. Alhasil, setiap malam pergantian tahun, banyak yang ingin melihat penampakan braja. "Braja sendiri mempunyai ukuran sebola sepak. Setiap orang bisa melihat benda tersebut. Warnanya merah api bersinar atau bercahaya," terangnya. "Dulu-dulu bisa 8-9 jumlah braja yang keluar. Tahun ini cuma 4 yang keluar kecil-kecil dan jauh letaknya," tambahnya. 

Di situs jejaring sosial YouTube banyak video yang menggambarkan cerita Udin. Seperti misalnya, video yang diunggah oleh akun Onez Lasso pada Januari 2014 ini. Di sela-sela kembang api tahun baru, ada semacam bulatan berwarna merah yang diyakini sebagai braja. Anda bisa percaya atau tidak. Yang jelas, peristiwa ini membuat banyak orang berdatangan ke Sawangan setiap malam pergantian tahun

Secara ilmiah, Kepala LAPAN Thomas Djamaludin sudah memastikan tak ada UFO atau kemungkinan penampakan makhluk luar angkasa di bumi. Berbagai kemungkinan soal penampakan bola cahaya berwarna merah di langit bisa jadi berasal dari suar, lampu pesawat, atau kembang api. 

Dari artikel di atas, kita mendapat dua petunjuk. 

Petunjuk pertama adalah, bola cahaya tersebut hanya muncul saat malam pergantian tahun dan petunjuk kedua adalah, fenomena tersebut mulai terkenal sejak tahun 2006. 

Pada artikel detikcom yang lain, kita mendapatkan sebuah kesaksian dari warga bernama Maya yang mengatakan bahwa bola cahaya itu: ".....bersinar merah dan meredup seiring dengan gerak turun ke bawah, kemudian hilang."

Jadi petunjuk ketiga adalah, benda itu bersinar merah dan meredup seiring dengan gerak turun ke bawah, dan kemudian hilang. 

Deskripsi saksi ini persis seperti yang saya saksikan. 

Setelah mendapatkan tiga petunjuk, sekarang kita menetapkan tersangka, di luar pesawat alien atau roh. Yang paling mungkin adalah: Drone yang memiliki lampu berwarna merah, Lampu suar, Lampu Pesawat dan Lampion. 

Lalu kita cocokkan dengan petunjuk yang kita punya. 

Petunjuk satu: Hanya muncul di malam tahun baru.
Petunjuk dua: Sudah ada sejak 2006. 
Petunjuk tiga: Bersinar merah dan meredup seiring dengan gerak turun ke bawah, kemudian menghilang. 

Drone bisa kita coret karena fenomena bola cahaya ini sudah ada sejak 2006. Pada tahun itu drone belum memasyarakat seperti sekarang. 

Lampu suar boleh diabaikan karena ia tidak melayang atau menggantung di udara. 

Lampu pesawat juga bisa diabaikan karena pesawat memiliki lampu yang berkedap-kedip.

Tersangka yang tersisa adalah Lampion dan saya yakin ini adalah Braja yang kita cari. 

Profil Lampion cocok dengan tiga ciri-ciri yang kita miliki. Pelepasan lampion hanya dilakukan saat acara-acara spesial, seperti malam tahun baru, karena mereka yang melepas lampion ini ke langit biasanya menyertainya dengan doa dan harapan untuk hari-hari yang akan datang. 

Lalu tidak lama ketika sebuah lampion terbang, ia akan kehabisan bahan bakarnya, sinarnya akan meredup, udara panas yang menyebabkannya terbang akan habis dan perlahan-lahan ia akan turun ke bumi. Ketika lampunya padam di langit malam, ia akan terlihat seperti menghilang di udara.

Pada Jakarta night festival yang diselenggarakan untuk menyambut malam pergantian tahun baru 2016 kemarin, ada lampion yang dilepaskan seperti yang direkam oleh kantor berita antara berikut ini:
 
Tradisi ini sepertinya sudah berlangsung sejak lama. Screenshot berita di bawah adalah pelepasan lampion untuk malam tahun baru 2014.

Seiring dengan meningkatnya popularitas ritual melepas lampion di saat-saat spesial, meningkat pula jumlah pedagang yang menjual lampion tersebut. Contohnya seperti yang terlihat dari salah satu situs jual beli online berikut ini.



Di masa yang akan datang, sepertinya kita akan melihat lebih banyak laporan penampakan UFO beraneka warna di langit malam.

Berikut adalah contoh pelepasan lampion yang sangat mirip sekali dengan penampakan bola cahaya di malam tahun baru kemarin.


Make a wish!

Update: 07 Januari 2016

Dari komentar yang masuk, banyak yang beranggapan bahwa teori flare yang ditembakkan dari flare gun lebih masuk akal dibanding lampion. Saya sendiri tetap berpegang pada pendapat bahwa bola cahaya tersebut berasal dari lampion.

Ada fakta yang lupa saya berikan, yaitu bahwa pada malam tahun baru tersebut, saya menyaksikan bola cahaya tersebut berada di udara lebih dari 15 menit. Fakta ini membuat saya meyakini bahwa bola tersebut bukan berasal dari flare.

Seperti yang bisa kita lihat dari video di bawah ini, tembakan flare memiliki trajectory, melengkung, lalu lenyap. Tidak sampai satu menit. 


Flare yang ditembakkan memiliki karakteristik seperti peluru yang ditembakkan ke atas. Sedangkan lampion memiliki karakteristik seperti balon udara. 

Tapi saya tidak perlu terlalu ngotot untuk berdebat lagi soal ini. Seseorang telah memposting video di youtube yang sepertiny dapat mengakhiri perdebatan ini. Video ini berisi rekaman sekelompok orang yang menerbangkan lampion pada malam tahun baru tersebut. 

 Berikut videonya.

Konklusif?

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

207 comments:

  1. waktu saya lihat di malam tahun baru jg saya sama sekali tidak berpikir itu adalah ufo (walaupun waktu itu pacar saya dgn hebohnya berteriak "ih, UFO!")

    sy melihat waktu itu ada 2x bola merah ini muncul di tempat yg berbeda.. jd tidak mungkin itu ufo..

    btw, nice post bro e, semoga makin sering posting lagi ya :)

    -L-

    ReplyDelete
  2. akhirnya bertahun tahun saya ikuti,,,baru kali ini pertamax,,,,!!!!

    ReplyDelete
  3. pertama x kenal blog ini waktu jaman sekolah, terakhir kali baca blog ini waktu lulus2an sekolah, eh ampe sekarang gak nyangka... tiba-tiba keingetan sama blog ini. lanjutin terus om enigma, tapi koq waktu di scroll ke bawah postingannya udh agak jarang ya? hehe

    ReplyDelete
  4. Masuk akal gan bagi yg senang penjelasan realistis, nmun bg yg pengin nampak heboh blum tentu mw terima. Kan lumayan bs jd konsumsi publik iklan jalan terus

    ReplyDelete
  5. Akhirnya case close mantabs Bang E' sy pikir malah ini kembang api

    ReplyDelete
  6. post pertama 2016... semoga semakin banyak ulasan-ulasan ilmiah lainnya

    ReplyDelete
  7. wah sungguh kecewa kalau itu ternyata lampion

    ReplyDelete
  8. Saya kecewa sekaligus puas. Kecewa karena itu bukan alien (HAHAHA) dan puas dengan penjelasan bung E.

    ReplyDelete
  9. Hanya karena perbedaan jumlah informasi yang didapat, bisa jadi bikin heboh begini ya :v
    lalu berita semacam ini dimanfaatkan oleh media-media dan blogger-blogger di internet untuk mendatangkan traffic yang banyak ke dalam website mereka. Pasang judul clickbait, yang fantastis. Untung besar. Hehehe, cerdik ya?

    ReplyDelete
  10. Bung e.. ungkap kasus pembunhan engline dong?

    ReplyDelete
  11. Masuk akal ulasannya, Thanks bung E .. GBU

    ReplyDelete
  12. Wah wah serangan bagus lainnya di taun baru,eh?

    Nice post btw bro!
    Keep going!

    ReplyDelete
  13. Bro, tapi kan lampion itu terbangnya cukup tinggi ya, sedangkan di atas sana banyak angin, kira-kira apa yang menyebabkan lampion tersebut cukup stabil di udara?

    Saya pernah liat pelepasan lampion, dan begitu lampion tersebut sudah cukup tinggi, biasanya dia bergeser cukup jauh karena tertiup angin.

    Atau mungkinkah setiap tahun baru kondisi angin di Jakarta tidak begitu kencang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun baru kemarin, cuaca cerah bro.

      Delete
    2. kemarin sy lihat dr tempat yg cukup tinggi, lampion itu sambil bergerak turun juga agak bergoyang ke kanan kiri walaupun tdk begitu terlihat :)

      -L-

      Delete
  14. kemarin waktu tahun baru di sekitar ujungberung bandung ada juga yang seperti lampion itu. terbang pelan sampai akhirnya redup menghilang.

    tapi kayaknya ada kembang api yang seperti itu yah? waktu di bandung (tepatnya area sekitar gasibu) pernah liat. dia naik pelan, kemudian ketika sudah tinggi dia turun lagi. dan waktu turun area sekitar menjadi sangat terang karena cahaya dia. sampai kemudian pelan-pelan cahaya dia habis.
    entah seperti kembang api atau lampion juga. tapi kalau dilihat dari ukurannya cukup besar. bisa jadi lampion dengan ukuran yang sangat besar.

    ReplyDelete
  15. yeahhh kk Enigma 2016 dia posting lagi.. HAHAHA ..

    God luck kak

    semoga di tahun baru ini semakin banyak misteri yang dapat dipecahkan oleh postingan blog dari kakak ya. !!

    ReplyDelete
  16. akhirnya bang enigma diupdated juga, kangen saya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    ReplyDelete
  17. Bro, kalau saya kira itu flare gun. Anyway, saya sendiri pernah koq liat braja/teluh/sihir. karena benar2 setinggi kepala lewat depan mata. Bentuknya bola api menyala2 dan terbang hehehe

    ReplyDelete
  18. Dari awal saya juga sudah menyimpulkan itu lampion. Media memang sengaja membesar besarkan

    ReplyDelete
  19. Terakhir post Juni 2015, dan post kembali pada Januari 2016.
    Super banget Bung E! Sering posting dong, aye udah baca semua postingan di blog Bung E.

    ReplyDelete
  20. akhirnya update.....
    Doa tahun 2016: Semoga nih blog jadi sering update kayak jaman2 taun 2009-2010.... :D

    ReplyDelete
  21. Itu bisa juga cahaya sinyal flare, atau suar tembak yang biasa digunakan para pelaut dalam situasi kecemasan, kebetulan malam tahun baru di Batam banyak yang nembak suar begituan keatas langit...nama alatnya flare gun..cmiiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, cahaya dari flare gun tidak menggantung di langit.

      Delete
    2. Jelas menggantung lah bro, memang jarang yang lebih dari 1 menit menggantungnya, tapi, itu tergantung dari arah angin dan kelembapan udara juga.

      Delete
    3. Bola api yang saya lihat melayang lebih dari 15 menit bro.

      Delete
    4. Kalau lama menyala benda tersebut memang biasa lebih dari 15 menit, sembari menurun. Tapi kalau menggantung diam di langit biasa tdk lebih dari 1 menit.

      Delete
    5. Ini contoh tembakan dari flare gun >> https://youtu.be/RQep2WPkgn0.Ada trajectory, menghilang dengan cepat. Bola cahaya yang saya lihat jelas bukan tembakan flare gun. Tapi saya tidak menutup kemungkinan kalau ada yang melihat cahaya lain yang berasal dari flare gun.

      Delete
    6. Mungkin bisa jadi keduanya benar karena setiap daerah mempunyai tradisi yg beragam dalam perayaan tahun baru tapi yg pasti bukan UFO Zzzz..

      Delete
    7. Kebetulan saya salah satu agen flare tanpa menyebutkan merek saya karena saya tidak ingin ada kontroversial.

      Saya membenarkan bung E. Flare memiliki trajectories. Dan tidak diciptakan untuk melayang bergerak. Karena fungsi utama sebagai penanda lokasi dan wilayah.

      Oleh sebab itu flare didesign untuk tidak mudah terbawa angin dan melaju turun selambat mungkin

      Delete
  22. Salam Hangat Bung Enigma,Malam
    Haha,Sawangan Tempat Tinggal Saya..
    Menurut Saya Bola Api Itu Memang Benar. Karena Saya Sempat Melihat Sendiri Bola Api Itu Saat Malam Tahun Baru Kemarin,Meski Saya Cuma Melihat Satu Saja.. Haha..

    ReplyDelete
  23. Sory bro E... Cahaya tersebut 100% dari flares gun (itu loh senjata yang untuk sinyal sos di kapal kalau mengalami kecelakaan). Kalau malam tahun baru di papua wajib benda itu di tembakan ke langit...
    Mau lebih jelas??!! Cari di youtube Kembang api malam tahun baru edisi Jayapura Papua pasti nemu tuu gituan.. 😄

    ReplyDelete
  24. kalau dimakassar jga ada ... tapi petasan SOS ... Kaya yg ada di film titanic ...

    ReplyDelete
  25. First comment nih mr.enigma semenjak ngikut dari 2009 :D. Akhirnya mr.enigma apdet juga~. Saya juga lihat yg begitu dirumah temen saya waktu bakar2an. Temen saya nanya itu apa, yg lain jawab itu lampion, tadinya saya ngiranya suar. Seperti biasa, mr.enigma selalu menjabarkan penjelasan yg logis dan terperinci. Selamat tauun baru mr.enigma, semoga apdet terus ya~

    ReplyDelete
  26. Tumben nih bang sam ato enigma salah dlm kesimpulan kl menurut saya. Itu sudah sangat jelas itu adalah flare dan kl menurut saya ga penting utk di bahas di media namun yg kita tahu sekarang adalah kualitas media dan jurnalistik kita yg jeblok ditambah pengetahuan masyarakat yg kurang. Saya pertama melihatnya saya sudah langsung mengambil kesimpulan bahwa itu flare dan saya bingung knapa di bahas di media. Hal ini sama kasusnya bila kita membawa senter ke suku pedalaman atau bahkan ke masa prasejarah dikira kita dapat menciptakan matahari :)) memang flare itu turun kebawahnya lama..dan saya yg sudah berpengalaman melihat flare dan lampion di borobudur itu sangat2 jelas berbeda. Dan juga para ahli sudah menjelaskan bahwa itu flare.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lampion, bukan flare gun.

      Delete
    2. Mana ada flare gun yg smpe bertahan dan menggantung hmpir 15 menitan bro :D

      Delete
    3. sotau ente, taun baru ke mari dah liat sendiri flare gun apa bukan. kita kita yg ngeliat aja bingung apaan

      Delete
  27. Bang E tolong dong penjelasanya mengenai john titor time travel. Masih penasaran tentang yang namanya time machine. Apakah benar? Kita dapat melakukan time travel juga?

    ReplyDelete
  28. Kalau menurut saya sendiri sih itu cahaya merah seperti pemberi isyarat bahwa pergantian tahun, ada org menyalakan kembang api untuk SOS biasanya ada warna merah dan ijo

    ReplyDelete
  29. Enter your comment...kangen bgt sm post blog ini, dr 2010 sy ikutin postingannya. Sblumnya sllu silent reader tp skrg coba tulis koment. Oh ya request dong bang Enigma ttg foto foto misterius sprti piramida di bulan dan sesuatu yg diduga koloni alien....mksih.

    ReplyDelete
  30. SAYA PEMBACA SETIA TAPI JARANG KOMEN ITU AJ..HEHE

    ReplyDelete
  31. akhirnya satu satunya blog yg gw suka update lagi.. lanjutkan bro.. sukses dunia akhirat

    ReplyDelete
  32. Request dong bang E ttg white holes,yg kabarnya kebalikan black holes,memuntahkan segala isi nya di luar angkasa...thanks

    ReplyDelete
  33. akhirnya bang E ngepost lagi
    jadi ada bahan bacaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah ada misteri baru lagi , kalo diliat kayanya itu bukan dari alam manusia deh ka , tapi terimakasih atas informasi berharganyah , go up terus

      Delete
  34. Selamat tahun baru bung E. Semoga tetap sehat dan panjang umur ya, jangan lupa jaga kesehatan dengan tidak begadang, rajin olaharaga dan makan makanan yang bergizi... :)
    Penjelasan sangat masuk akal. Terima kasih

    ReplyDelete
  35. Wah baru ngepost lagi ,tapi informasi nya keren banget, go up bang

    ReplyDelete
  36. Mungkin lampion jumbo kali..kalau tahun baru hijriah gimana?

    ReplyDelete
  37. Bang tahu baru misteri baru, kece deh bang

    ReplyDelete
  38. Akhirnya update juga nih blog, ayo bung engima terus update

    ReplyDelete
  39. dari Tresna Asti

    Selamat tahun baru 2016 Kak Enigma dan teman2 pembaca/pun komentator. Asik deh ada postingan baru. Sukses selalu kak Enigma Sam. Lanjuttt lagi. Suka saya.

    ReplyDelete
  40. Mudahan bang sam trus update ne blog.

    ReplyDelete
  41. Yah...Ini perkara ringan Bung. Saya berharap yang lebih berat berat lagi dong Bung..

    ReplyDelete
  42. Lah kalo di tempat saya itu sudah biasa,.. Memang itu lampion, malah kalo ada yang aneh dan bilang itu ufo malah di ketawain,.. Hahaha lampion aja sampe heboh bener, nora amat ya berita sekarang

    ReplyDelete
  43. kalau lampion kenapa cuman satu yang kelihatan atau bertahan?

    ReplyDelete
  44. itu mah parachute flare. dijual bebas ko. bisa dicek :)

    ReplyDelete
  45. Oke sip...padat, jelas, terarah.. as usual ... keren Bung E!

    ReplyDelete
  46. hmmm....bisa jadi.

    oh ya, buat agan enigma, saya MENANTANG agan untuk membongkar pemberitaan HANGAT 2 atau 3 tahun ini, yg di buat media internasional dan dikutib media lokal baik media cetak, elektronik dan internet.

    yaitu SIAPA ISIS ( ISLAMIC STATE OF IRAQ AND SYURIAH ) SEBENARNYA ?

    terlepas dari pemberitaan media barat yg notabene sering berbohong lewat media nya.
    contoh nya di saat amerika mengyerang iraq, dengan alasan memiliki senjata pemusnah massal. yg ternyata terbukti bohong.

    saat rasa ini bahasan ini cukup kontroversi untuk di bahas, karna logika sangat d butuhkan.

    trim's

    blog yg sangat menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka indocropcircles.wordpress.com,disitu teori konspirasi dibahas.

      Delete
  47. Sangat cerdas bung Enigma, ya benar braja tersebut memang lampion. Bukan Flare Gun.

    Sekali lagi saya salut atas analisanya!

    ReplyDelete
  48. waktu liat gambar awalnya ane menduga juga lampion, yang pasti sih buka hal gaib menurut ane

    ReplyDelete
  49. Keren2 infonya, kalo mungkin org yang masih percaya sama hal2 goib yaa mungkin itu bola santet heheee, tapi kalo dipikir logikamenurut yg ditulis di artikel saya lebih setuju hehehe :D

    Oiya yuk sekalian mau ngasih info buat yang mau bayar apapun tanpa harus keluar rumah nih solusiya cukup kunjungin aja di www.serbabayar.com yaa dijamin aman nyaman dan terpercaya

    ReplyDelete
  50. Tolong telusuri dong mengenai isu yg baru terjadi.
    Keterkaitan kejadian teroris di jakarta dengan perpanjangan Freeport (AS). Trma ksih. Sukses sllu.

    Btw sdh ikutin bung enigma sejak 2010 (kelas 1 SMA) dan sllu penasaran dgn teori" konspirasi. Syg belakangan ini mr.e jarang mosting lgi. Padahal analisanya sllu ditunggu ><
    ~ R ~

    ReplyDelete
  51. mas enig, saya dapat petunjuk tentang serangan di jakarta hari ini. kaitan kasus ini terkait bisnis kafe. ingat kan kasus kopi beracun beberapa hari lalu?
    ini kayak nya ada benang merah ama kasus penyeragan hari ini.
    coba mas lihat map di google ini:
    https://www.google.co.id/search?q=grand+mall+indonesia+map&oq=grand+mall+indonesia+map&gs_l=serp.3..0i8i30l4.379606.379606.0.380798.1.1.0.0.0.0.735.735.6-1.1.0....0...1c.1.64.serp..0.1.734.9UsMXHY8WlI

    lokasi kopi beracun kejadian di Olivier Cafe di Mal Grand Indonesia (GI). sedang kasus peyerangan di jl.thamrin persis de depan warung kopi Starbucks.

    di tunggu postingan ny, mas enig

    ReplyDelete
  52. menurut pendapat ane itu lampion, apa lagi kalimat ini "Dulu-dulu bisa 8-9 jumlah braja yang
    keluar. Tahun ini cuma 4 yang keluar kecil-kecil
    dan jauh letaknya" kalimat ini ngingetin ane sama lampion yang sering di terbangin tiap tahun baru ditempat ane dan emang tahun ini cuma 4 lampion doang, posisi ane ada di pasar minggu jakarta selatan, jangan jangan lampion bagian ane lagi yang tuh oramg liat

    ReplyDelete
  53. Yeyy bung E update lagi setelah sekian lama...Terimakasih bahasannya bang,dan saya suka. Bahasan lainnya update lebih cepat yaa,kangen sama tulisan dan pemecahan2 masalah dari Enigma

    ReplyDelete
  54. lah iyak itu mah emang lampion kok.. kalo ufo mah ane ga percaya..
    misalkan bola api santet jg itu yg pasti ga akan redup kecuali jika udah sampe ditempat yg ditargetkan pasti bola api santet akan menghilang dgn sekejap gak pake redup dlu.

    ReplyDelete
  55. yang masih misteri orang yang muncul kawat di perut bung e ..itu gimana ya ..dulu kan sempat rame itu ...di indonesia pula ..

    ReplyDelete
  56. Kapan mas Enigma menerbitkan buku lagi? Hehehe.... kan keren tuh "Enigma 3"!

    ReplyDelete
  57. semakin lama membaca semakin aneh misteri misteri di dunia ini. atau memang kita saja yang menganggap apa apa yang biasa, kita anggap sebagai misteri?

    ReplyDelete
  58. kayaknya itu memang lampion
    yang jelas bukan UFO

    ReplyDelete
  59. Alam semesta memang menyimpan banyak sekali misteri ya,,

    Mungkin kah BLACKHOLE adalah Cara masuk ke Dimensi lain?
    http://www.universe404.blogspot.com/2016/01/mungkin-kah-blackhole-adalah-cara-masuk.html

    Izin ya bang eningma,, Thanks :D

    ReplyDelete
  60. Bro E, kapan ada postingan baru ?

    ReplyDelete
  61. Di Kebumen sering beredar cerita tentang kemamang,katanya pertanda wahyu kekuasaan yang sedang mengarah pada calon pemenang yang akan memenangkan pilkades esok harinya.Di Kebumen,orang2 biasa menunggu ke arah mana kemamang akan meluncur pada malam hari sebelum pilkades.Di Gunungkidul,Yogyakarta katanya itu tanda ada orang mengirim santet,disana bola api semacam ini dinamakan pulung.

    ReplyDelete
  62. Saya di jakarta, tapi kok ga liat yaa?

    ReplyDelete
  63. tolong dong bahas kasus kopi sianida bang ..saya penasaran

    ReplyDelete
  64. Laler Ijo_

    Bro E,,gmna kalau kita ulas kasus meninggalnya Mirna dan kita coba analisa bersama,,kasusnya kan terbilang unik di indonesia,seperti kisah di conan saja..
    itung2 buat seru2an adu hipotesa bro..
    hehehe....

    ReplyDelete
  65. thanks infonya ya gan, ikut baca ya

    ReplyDelete
  66. Hmm... Jadi kepikiran buat bikin lampion yang bentuknya mirip UFO nih. hehe
    Trus nanti diterbangkan diem-diem ditengah kota..
    Hehehehehh.......

    ReplyDelete
  67. Bro E, kapan posting lagi? Atau jangan-jangan malah lg sibuk nulis buku yg ketiga ya...

    ReplyDelete
  68. Mas enigma, jika ada waktu bisa tolong postingkan ttg pendapat mas enigma dari berita berikut ini

    m.palingseru.com/14478/misteri-waktu-berputar-kembali

    https://id.crowdvoice.com/posts/misteri-selat-menai-dan-hugh-william-2yr9

    fenomenadidunia.blogspot.co.id/2013/10/fenomena-tentang-kembali-ke-masa-lalu.html?m=1

    Terimakasih

    ReplyDelete
  69. Mas enigma analisis kematiannya wayan mirna doong

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tolong ya bang enigma, karna otak saya ga nyampe berspekulasi sejauh bang enigma, jadi mau tau aja pedapat bang enigma.

      Delete
  70. bang e kapan ngadain " jumpa fans " :D

    ReplyDelete
  71. Jangan-jangan itu cuma bayangan lampu doang lagi hahaha. BTW kalau ada yang kebanyakan uang pengen invest, coba lihat deh perumahan citra maja raya banten, itu bener-bener rumahnya murah banget, seharga innova kira2. Kedepannya sepertinya akan besar seperti citraraya (taulah ciputra developer tahan banting) dan pasti harga tanahnya akan meroket.

    ReplyDelete
  72. bung enigma, sudah pernah cek google map 27°47'43.40"N 86°49'6.40"E ? kenapa bagian tersebut dihitamkan ya? apakah ada kesengajaan? kalau saya cek di google map, memang dibagian itu dihitamkan. dan jika saya search di google yang saya temukan adalah banyak yang bilang itu adalah pintu masuknya UFO.

    bagaimana menurut bung enigma hehe. memang banyak foto" dengan google map yang membingungkan

    ReplyDelete
  73. iya ya.. bang e kapan mau ngadain jumpa fans?
    kan blog ini bisa rame ky gni krna ad reader setia dn fans2 x bang e.. ya paling gak buat sesuatu lah buat fans dan reader setia blog ini.. jangan cuek gitu donk bang sama fans.. kami kan juga pengen di perhatikan sama bang e.. adain jumpa fans kek, buatkan desain baju enigma kek, bagi2 hadiah kek, nd bnyak lagi lah ide lain... ya kasih apresiasi gitu buat fans nd reader setia blog ini.. :D


    _GE

    ReplyDelete
  74. Kenapa bung E tidak mencoba memberi masukan kasus hangat yang berhubungan dengan teka teki pembunuhan cyanide yg sedang hangat ini

    ReplyDelete
  75. wkwkwkwkwk.. ternyata lampionnn.... kirain alien atau apa gitu hihi

    ReplyDelete
  76. sssttt.......lagi konsentrasi...

    ReplyDelete
  77. bung enigma...request tentang lagu led zepplin yang stairway to heaven dong atau deepweb gitu yang mistery" gitu

    ReplyDelete
  78. Kenapa gak dibikinin penyelidikan buat para pencinta Ufo kalo bener itu UFO, kan datengnya tiap tahun baru, udah ketauan jadwalnya. Menurut gw itu Braja sih Kek banaspasti gitu, atau bisa juga Santet kwkwkwkwk au ach jadi serem

    ReplyDelete
  79. Ternyata semua bisa dijelaskan secara ilmiah :D
    Pertamax gan
    lanjut bung Enigma
    www.rion-93.blogspot.com

    ReplyDelete
  80. jadi itu apa min? ufokah? kembang apikah?

    ReplyDelete
  81. Bola api kadang muncul kalau malam hari, ada yang percaya itu santet.. Kalau di luar negeri mungkin bisa disebut penampakan UFO

    ReplyDelete
  82. analisa bro enigma soal braja benar2 mantaaafff....saya jg yakin kalo itu adalah lampion, ditunggu analisa selanjutnya soal kematian mirna oleh secangkir kopi sianida yah bro, karena saya yakin banyak banget reader blog enigma yg ingin tau ttg kasus yg unik ini. godspeed! =)

    ReplyDelete
  83. Bung E, materi post Anda itu inspirasinya dari manaya? Hehe, saya nyoba buat blog. btw CNN,Yahoo, NatGeo ato apa?

    ReplyDelete
  84. Penalaran yang sangat bagus mas. kadang orang malas mengkaji hal-hal yang sebenarnya ilmiah. tapi selalu di kaitkan ini-itu. padahal sudah pada melek internet. hehe, klo gak di telan mentah-mentah bukan orang indonesia namanya. :D

    ReplyDelete
  85. Yang namanya ilmu jawa semua masih ada gan. Meski jaman sudah modern seperti ini. Apalagi khususnya dipulau jawa. Salam buat semuanya

    ReplyDelete
  86. Bung E... Belom ada postingan baru ya?? Wew.. Udah pgn baca baca lg.. Postingan lama udah kelar dibaca semua :-D

    ReplyDelete
  87. itu hanya terlihat di Jakarta apa ada tempat lain yang bisa melihat fenomena tersebut...

    ReplyDelete
  88. yang saya tau itu kembang api yandigunakan oleh para pakerja migas apabila ada insiden kecelakaan kerja. saya pernah liat dengan jelas pas sudah turun, dia turun lambat karena ada parasut kecilnya. masa hal gini kalian gak tau.

    ReplyDelete
  89. gua setiap online selalu nge cek twitter, atau blog bung e buat skedar mengisi rasa haus akan misteri yang kayak gini

    ReplyDelete
  90. Ijinkan menyambung silaturahmi dengan anda dan semua pembaca melalui ruang komentar ini.

    ReplyDelete
  91. sebenernya seberapa jauh dan berapa lama lampion berada di udara ?

    ReplyDelete
  92. Itu emang lampion berooo

    ReplyDelete
  93. Jelas - jelas itu lampion tapi masih aja dibesar - besarkan oleh media. Parah emang.

    ReplyDelete
  94. Slmt siang bung E, siang ini saya dikejutkan dngn berita penemuan mayat alien,bisa bung E bahas di tulisan berikutnya! http://www.huntnews.id/p/detail/1998012305102146?uc_param_str=dnfrpfbivesscpgimibtbmntnisieijblauputoggdnw&pos=1460440320002&channel=interesting&chncat=category_indonesian

    ReplyDelete
  95. Penjelasan itu semua belum betul semua, karna belum terbukti kata buyut ane braja itu udah dibuktikan semacam cahaya bukan lampion dia akan muncul kalau di tempat ane mlem thun bru di sawangan katanya sih ditempat dia muncul disitu pasti ada benda pusaka semacam keris atau apa lah, ditempat ada yang coba menarik benda itu namun hasilnya nihil dari kyai,dukun,dll ga ada yang bisa mungkin itu suatu kuasa tuhan yaitu allah swt jdi percaya atau tidak itu nyata

    ReplyDelete
  96. Kalau di tempat saya itu namanya Hantu api.

    ReplyDelete
  97. ilmu seram tambah bikin penasaran gan

    ReplyDelete
  98. lambat informasi kayaknya nih -_- baru tau pas pergantian tahun kek gitu.

    ReplyDelete
  99. Setahun yang lalu aku liat cahaya gitu di langit... 3 titik yang ngumpul jadi satu membnetuk foramsi segitiga.
    Aku ngeliatnya pas mau tengah malam.
    Rada ngeri sie karna di tempatku ada legenda hantu Kuyang (hantu yang bisa melayang di udara gtu), tapi tuh cahaya melayangnya cepaaaaaaattttt banget..
    bentar uliat di kiri kepalaku, trus tiba2 aku mesti memandang ke kanan, gtu dah dia kaya akrobatik.. menari2...
    karena aku liat dengan mata kepalaku sendiri, aku jadi ga bisa digambarin pokoknya rasanya ngeliat tuh cahaya menari2 di langit *eeeaaaa*

    ReplyDelete
  100. Saya setujuh, orang kita memang masih snagat kental dengan msitik. Namun seperti kasus diatas bisa dijelaskan dengan logika

    ReplyDelete
  101. btw... bang E katanya maw ngeblog lagi??

    atau uda boseng ngeblog dan mau NgeVLOG ??

    ayoo dongs..semangat lagi untuk ngeblog dan menulis lagi.. minimal bukunya keluar lagi tahun ini..

    Fans setiamu masih menunggumu kapan pun kaw pergi. :)

    ReplyDelete
  102. Itu sama skali bukan flare.. Flare cahayanya berpijar menyilaukan,menyisakan asap dijalur jatuhnya.. Itu lampion seperti definisi bung enigma..

    ReplyDelete
  103. Terimakasih atas info yang telah di sajikan..

    ReplyDelete
  104. loh mas.. da 5 bulan loh, masih aja ga di update2

    ReplyDelete
  105. iya, sekarang ini dikit-dikit dihubungkan dengan hal-hal aneh, heboh...

    ReplyDelete
  106. Saya juga tdk pernah berpikir bahwa itu UFO.. Terlalu gegabah menyimpulkan demikian..

    ReplyDelete
  107. hahahahahaha, ternyata, walaupun sebenernya saya pribadi malah nga tau soal itu, tapi penjelasanya sangat ilmiah banget, super duper logis, pencerahan banget, harusnya semua masyarakat indonesia bisa berpikir seperti ini, walaupun percaya dengan hal hal ghaib saya kurang bisa percaya dengan kata orang, kecuali dengan penjelasan yang masuk akal.

    ReplyDelete
  108. wahh bola apinya misterius sekali.

    ReplyDelete
  109. Hmmm, bung E menghilang lagi
    Kemanakah bung E? mungkin sibuk kerja ato lagi nulis buku 'enigma 3'
    Who knows :D

    ReplyDelete
  110. penalaran yang masuk akal dan sangat membuat tegang..senang saya bacanya

    ReplyDelete
  111. Ane juga gak terlalu yakin -_- soal nya kalau di tempat ane kalau setiap tahun baru pasti ada yang kayak begituan

    ReplyDelete
  112. Bagus yaaaa... haha padahal tadinya tak pikir bola api misteris beneran hahaha

    ReplyDelete
  113. Request pembunuhan oleh jessica dong

    ReplyDelete
  114. Analisa bung e emang slalu keren :)

    ReplyDelete
  115. Bang E ayuuu update lagi dong.. uda ga tahan nih mau baca lagi..

    ReplyDelete
  116. Salam

    Bang Kok Udah Lama Gak Update... Pembaca Setiamu Menunggu Nihh

    ReplyDelete
  117. Itu smoke paracute mas.. biasa di pakai di kapal klo kapal karam.. saya tau karena saya sering pakai klo masa exfired nya habis saya bawa pulang buat tahun baru

    ReplyDelete
  118. terus coba di daerah sasya tepat nya di danau ciharus ,, tiap tengah malam sering muncul bola warna putih muter2 di tengah danau sekitar hampir 5 menitar terus sesudah muter2 langsung masuk ke tengah danau lagii ..ada penjelasanya ga?

    ReplyDelete
  119. Yang namanya ilmu jawa semua masih ada gan. Meski jaman sudah modern seperti ini. Apalagi khususnya dipulau jawa. Salam buat semuanya

    ReplyDelete
  120. Bola api kadang muncul kalau malam hari, ada yang percaya itu santet.. Kalau di luar negeri mungkin bisa disebut penampakan UFO

    ReplyDelete
  121. Bang E, kpn ada update postingan baru lg? setia menunggu nih hehehe

    ReplyDelete
  122. panto aja masalah ilmu hitam

    ReplyDelete
  123. Admin bhs ttg keluarga hogson dari enfield. Yg dlm cerita conjuring2.

    ReplyDelete
  124. Dari dulu keren dah kalo Bang E ngeidentifikasi misteri, berpikir untuk lebih menggunakan logika dari fakta yg d dapat. Mantap kasih jempol...
    sering2 update bang Enigma

    ReplyDelete
  125. akhirnya, misteri terpecahkan..
    haha,,

    ReplyDelete
  126. Mr Enig kmna ya, lagi skripsi/Desertasi ya mr E? kok disappear

    ReplyDelete
  127. Waaah sangat menakjubkan tuh gan.. selain nonton kembang api kita juga bisa nonton bola api yang entah dari mana asalnya

    ReplyDelete
  128. Bang,kapan update lagi? kangen hahaha

    _LOCIOUS_

    ReplyDelete
  129. https://mobile.facebook.com/KumpulanFaktaDunia/?_rdr

    https://mobile.facebook.com/KumpulanFaktaDunia/?_rdr

    Tolong minta waktunya sebentar.

    Bagi anda yang haus akan informasi, anda dapat membaca tentang berbagai macam fakta di dunia, fakta yang berhubungan dengan misteri, dunia, mahluk hidup, dll. Semua dibahas di FansPage kami.

    ReplyDelete
  130. wuih seru nih....
    baca ampe beres dlu ack

    ReplyDelete
  131. bahasan yang sangat keren, misteri bola api = solved :D

    ReplyDelete
  132. terima kasih informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  133. belum update lagi bung enigma udah beberapa bulan ni ;(

    ReplyDelete
  134. berita unik & menarik. terus berkarya om

    ReplyDelete
  135. aku tinggal di balige. kota kecil dipinggiran danau toba yg mana tradisi lampion dimalam pergantian tahun belom pernah saya lihat di kota ini. tapi pernah pas bulan 12 dimalam hari saya melihat benda begituan pas perjalanan kerumah. jalan kaki loh. banyak juga yg liat sambil nanya nanya " itu apaan ya?" aku pikir sih kembang api tapi klo disini lom pernah liat festival lampion

    ReplyDelete
  136. Bang E, bahas flat earth dong..

    ReplyDelete
  137. ini kocak, ditempat saya sedang ramainya dengan bola api(santet). pas moment pergantian tahun ada kelompok wisata yang membawa balon api

    ReplyDelete
  138. Ka enigma ngeblog lagi dong

    ReplyDelete
  139. Banyak kejadian baru-baru ini yang butuh analisis cerdas.. Ayo ngeblog lagi ka :(

    ReplyDelete
  140. Om enigma, saya request bahas tentang teori flat earth

    ReplyDelete
  141. Moga om enigma bahas soal flat earth sociaty :)

    ReplyDelete
  142. Itu di'braja'kan/disebut braja adalah karena warnanya : wungu sirat dadu, dalam kepercayaan jawa lama, itu turun dan merasuk ke dalam seseorang dgn kepribadian durjana & menambah kekuatannya

    ReplyDelete
  143. tulisan terakhir sebelum bro e menghilang entah untuk berapa lama lagi...

    ReplyDelete
  144. mau menambahkan.. itu kan katanya ada yang lihat di siang hari bentuk braja seperti payung terbang, cocok kan, lampion juga bentuknya seperti payung terbang :D

    ReplyDelete
  145. Sangat puas gan jawabannya. oh ya, akhir2 ini kan di media indonesia cukup fenomenal kasus "kematian Mirna". karena kasus nya cukup berbelit untuk menetapkan tersangka. kenapa gak coba bikin tulisan tentang kasus itu juga gan. kadang kepikiran, ini seperti cerita di anime conan saja. He. tks.

    ReplyDelete
  146. Wah Saya Nga Liat Tu Uvo Waktu Itu Karna Saya Udah Tidur Heeehee Jadi Hanya Denge
    Cerita Temen Temen Aja

    ReplyDelete
  147. Jarang sekali nih bung e bales comen.. Bung e bisa tolong di uraikan pendapat bung e tentang hoax teori bumi datar. Atau bumi bulat hanya penipuan masal

    ReplyDelete
  148. Jarang sekali nih bung e bales comen.. Bung e bisa tolong di uraikan pendapat bung e tentang hoax teori bumi datar. Atau bumi bulat hanya penipuan masal

    ReplyDelete
  149. Fenomena bola api misterius perlu diselidiki lebih mendalam

    ReplyDelete
  150. Bang, pernah denger soal homunculus ga? kalo tertarik, bahas dong bang. saya penasaran itu beneran apa fake hehe. ini ada linknya dari youtube..
    https://www.youtube.com/watch?v=8YmLWnQGZhQ&oref=https%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3D8YmLWnQGZhQ&has_verified=1&bpctr=1473786787

    ReplyDelete
  151. Kapan ada postingan berikutnya bung E???

    ReplyDelete
  152. Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

    ReplyDelete
  153. Teruskan dunk.....moso artikel nya BERHENTI

    ReplyDelete
  154. bro e, boleh minta penjelasan anda tentang flath earth theory? dibahas dong, please..

    ReplyDelete